Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 35

Paid Search Adalah: Arti, Contoh dan Cara Kerjanya

0
paid search adalah

Ingin website bisnis Anda banjir traffic di search engine (seperti Google, Bing dan Yahoo)? Solusinya gampang! Yuk coba berpromosi dengan paid search.Paid search adalah iklan-iklan online yang muncul di hasil penelusuran search engine. Iklan ini sangat ampuh dalam menjaring konsumen karena mempunyai tampilan natural serta sengaja disematkan di posisi teratas SERP.

Penasaran bagaimana cara kerja paid search bagi bisnis digital? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Paid Search Adalah

paid search adalah

Paid search adalah iklan online yang sengaja dimunculkan pada laman SERP (Search Engine Result Page). SERP adalah list hasil penelusuran berdasarkan keyword tertentu.

Semisal Anda menelusuri kata kunci “dagang martabak terdekat” di Google. Sebagai hasilnya akan muncul sekumpulan rekomendasi situs bisnis, foto, dan/atau artikel terkait dagang martabak—inilah yang dinamakan SERP.

Paid search juga dikenal dengan nama lain, yakni SEM (Search Engine Marketing) dan Google Ads/Adwords. Cara kerja trik marketing ini sepintas mirip dengan SEO (Search Engine Optimization) di mana iklan ditampilkan menurut tingkat kecocokan kata kunci.

Sebagai contoh, Anda mempromosikan bisnis kasur dengan keyword “kasur empuk”. Iklan tersebut nantinya akan otomatis muncul jika ada orang yang mencari topik seputar kasur atau furnitur rumah tangga.

Perbedaan Paid Social VS Paid Search

Banyak orang keliru menyamakan iklan paid search dengan paid social. Meski sama-sama iklan online berbayar, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan utama paid social dan paid search adalah tempat iklan Anda dipublikasikan. Paid search menampilkan iklan di SERP browser, contohnya Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. 

Namun paid social mempromosikan bisnis Anda di sosmed. Misalnya Twitter Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads dan seterusnya. Iklan sosmed berbayar cenderung lebih “agresif” karena bisa muncul di timeline pengguna tanpa perlu dicari terlebih dahulu.

Target sasaran paid social juga lebih luas dan terbuka untuk umum; ia bisa menyasar siapa saja tanpa terkecuali. Sedangkan paid search selalu bekerja mengikuti ketetapan customer persona agar menyasar kelompok konsumen yang tepat.

Cara Kerja Paid Search Adalah

Lalu bagaimana cara kerja iklan paid search? Iklan online ini bekerja dengan metode PPC (Pay Per Click), di mana sang pengiklan harus membayar kalau ada orang yang mengklik materi promosinya.

Untuk bisa mencoba iklan paid search, Anda harus memilih platform search engine terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan media-media besar Google, Yahoo atau Bing.

Kemudian, lakukan registrasi sesuai pedoman masing-masing penyedia paid search. Tetapkan juga keyword utama iklan dan karakteristik konsumen yang hendak disasar. Jika sudah, cek tarif yang dibebankan per klik nantinya dan konfirmasi. Iklan Anda akan langsung aktif.

Penting untuk diingat bahwa sistem paid search terbaru yang makin efektif untuk menjaring konsumen. Penempatan iklan online di SERP kini lebih beragam, bisa disesuaikan dengan lokasi, bahasa dan jenis perangkat yang dipakai konsumen saat browsing.

Jadi Anda bisa memadukan paid search dengan strategi marketing lain, seperti local SEO, demi memperoleh hasil kunjungan pembeli yang maksimal.

Contoh Paid Search: Google Adwords

Google Adwords merupakan contoh paid search terbaik. Selain karena dikelola langsung oleh search engine terbesar abad ini, tarif Adwords cukup terjangkau di Indonesia, bahkan tak sampai $1 USD per kliknya.

Proses pendaftaran Google Ads juga gampang. Anda hanya perlu menyiapkan akun Gmail aktif dan langsung mengikuti tata cara sign up-nya di https://ads.google.com/

Lalu setiap pengguna Adwords akan memperoleh dashboard khusus dan akses ke Google Keyword Planner. Di sinilah Anda bisa mencari kata-kata kunci terbaik untuk disematkan di dalam iklan.

Tersedia beragam pilihan posisi penayangan iklan yang juga bisa Anda pilih di Adwords. Misalnya di bagian teratas SERP, terbawah, di halaman Google Image, maupun terkoneksi langsung dengan ecommerce dan Google Business Anda.

Kelebihan Paid Search Adalah

paid search adalah

Masih ragu mencoba beriklan paid search? Tenang saja, iklan online search engine mempunyai segudang keuntungan bagi bisnis Anda.

Beberapa kelebihan paid search adalah:

Mengungguli Konten SEO

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, konten-konten berbayar (SEM) bisa secara otomatis menduduki peringkat teratas di SERP. Kelebihan ini sering dimanfaatkan oleh situs-situs bisnis baru untuk mendulang popularitas (awareness). Jika mengandalkan SEO, tentu saja itu akan memakan waktu dan hasil yang lebih lama.

Menghasilkan Konversi Lebih Tinggi

Banyak penelitian di bidang digital marketing menemukan bahwa paid search mempunyai nilai konversi yang lebih tinggi daripada social paid/iklan sosmed. Hal ini disebabkan oleh tingkat keseriusan belanja konsumen yang mengklik iklan berbayar SERP.

Pengguna yang menjelajahi konten paid ads cenderung sudah tahu produk atau jasa apa yang mereka butuhkan saat itu. Begitu pula keyword yang disematkan dalam iklan biasanya bersifat long tail dan mempunyai nilai penawaran tinggi. Dari sinilah muncul peluang besar terjadinya konversi.

Mengefektifkan Promosi Sesuai Target

Kelebihan menarik lainnya dari iklan SEM adalah langsung menjurus menyasar target-target konsumen tertentu. Alhasil iklan dianggap sangat relevan dan menarik sesuai kebutuhan pembeli.

Misalnya Anda mempromosikan bisnis merchandise dan album musik KPOP. Jadi Anda dapat mempersempit target konsumen ke gadis remaja dan wanita dewasa pecinta KPOP, misalnya.

Menghemat Budget Iklan

Ingin mempromosikan bisnis secara efektif namun tetap murah meriah? Paid search adalah jawabannya!

Paid ads search engine terbilang murah karena mengadaptasi sistem PPC. Anda tidak perlu membayar sepeserpun kalau iklan tidak pernah diklik pengunjung. 

Cukup daftarkan materi promosi lalu atur periode penayangan iklan di platform pilihan. Setelahnya iklan Anda akan langsung terposting secara gratis!

Catat! 5 Strategi Paid Search yang Manjur Menarik Pembeli

Paid search adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat direkomendasikan saat ini. Selain menguntungkan, menjalankan paid search juga cukup mudah, lho!

Langsung dapatkan lebih banyak konsumen dengan mempraktekkan kiat-kiat paid ads berikut ini:

1. Tentukan Keyword Utama Iklan

Kekuatan iklan SEM berbayar terletak pada keyword utama yang Anda gunakan. Sebisa mungkin pilihlah kata kunci yang spesifik, populer, dan mempunyai nilai jual tinggi. Hindari memilih keyword yang bersifat umum karena frasa-frasa ini “kurang menjual”. 

Contoh keyword yang bisa digunakan dalam paid ads misalnya:

  • Jasa website murah Jakarta.
  • Serum jerawat under 50 ribu.
  • Baju custom design anime.
  • Es milk tea boba Chatime.

Tips tambahan:

  • Gunakan tool riset keyword untuk mengetahui kata-kata kunci terbaik maupun yang sedang viral/terkenal.
  • Pilih keyword dengan volume pencarian besar namun tingkat kompetisinya rendah.
  • Tambahkan kata-kata sifat agar keyword Anda menjadi lebih natural plus memikat. Misalnya “murah”, “gratis”, “terlaris”, “bergaransi”.
  • Jika memungkinkan, buatlah keyword brand (kata kunci produk/jasa + nama brand).
  • Riset keyword-keyword negatif yang berkaitan dengan iklan Anda, lalu atur agar konten Anda tidak muncul di topik-topik tersebut. 

2. Perkirakan Waktu Terbaik Berpromosi

Tips berikutnya adalah memperkirakan waktu terbaik promosi Anda. Jangan pasang ads jika ranah produk/jasa Anda masih sangat baru atau terlalu asing di telinga masyarakat. Pastinya sedikit sekali orang yang akan menelusuri topik tersebut.

Produk-produk yang inovatif memang sebaiknya dipromosikan secara agresif agar lebih cepat terkenal. Namun jangan bersedih, karena Anda masih bisa menyiasati masalah ini dengan sejumlah cara lain:

  • Mengubah penargetan iklan SERP menjadi berdasarkan demografi audiens.
  • Memadukan paid search dengan local SEO.
  • Memanfaatkan keyword/topik yang lebih umum untuk menciptakan celah promosi.
  • Mengombinasikan keyword dengan trend terkini di masyarakat.
  • Mengadakan kampanye social paid untuk menumbuhkan rasa penasaran masyarakat terhadap produk/jasa.

3. Perhatikan Tingkat Kompetisi Niche Bisnis

Tidak hanya waktu saja, tingkat kompetisi niche bisnis pun perlu mendapat perhatian saat menjalankan paid search. Poin ini berkaitan dengan efisiensi biaya promosi.

Biasanya, semakin tinggi popularitas dan kompetisi sektor bisnis maka makin mahal pula biaya PPC iklannya. Begitu pun kebalikannya. Penyesuaian ini dilakukan karena bisnis yang terkenal pasti mempunyai target pasar yang besar di baliknya.

Semisal industri produk teknologi berkembang sangat pesat dan saling bersaing ketat di Indonesia. Otomatis, tarif paid search untuk keyword bisnis IT akan lebih mahal dibandingkan sektor lain—seperti kesehatan, misalnya.

4. Buat Struktur Iklan

Beberapa bisnis sengaja menjalankan banyak paid search sekaligus. Jika Anda juga harus mengiklankan banyak produk/jasa bersamaan, maka sebaiknya pecahlah kampanye ke sejumlah kelompok ads.

Strategi ini membantu menjaga fokus tim marketing Anda serta mempermudah proses evaluasi hasil akhir pemasaran. Caranya mudah, cukup kelompokkan iklan-iklan yang sejenis baik dari segi substansi, tujuan atau periodenya. Lalu berikan nama bagi setiap grup agar tidak tertukar.

5. Padukan dengan Copywriting

Tips jitu bermain paid ads yang terakhir adalah menulis deskripsi iklan Anda dengan strategi copywriting. Copywriting adalah teknik penulisan bisnis dengan gaya persuasif. Tujuannya agar pembaca bisa terpengaruh dan mau mencoba produk/jasa kita.

Keyword yang sudah Anda pilih harus “dilebur” ke dalam berbagai posisi dalam iklan: judul, isi (deskripsi), metadeskripsi, bahkan ALT teks. Hasilnya, iklan Anda akan lebih nyaman dibaca serta dimengerti konsumen.

Tips tambahan:

  • Lakukan uji A/B testing untuk mengetahui teks copywriting yang paling sukses mencuri perhatian konsumen.
  • Lengkapi deskripsi penawaran dengan info-info penting. Misalnya info harga, keuntungan, spesifikasi produk, fitur-fitur, dan seterusnya.
  • Pakai kata-kata yang bisa membangkitkan emosi konsumen. Contohnya “Promo terbatas hanya hari ini!” atau “Diskon limited edition buat siapa yang cepat!”
  • Tunjukkan empati pada konsumen. Perlihatkan betapa bisnis Anda peduli dengan permasalahan pembeli dan mempunyai solusi terbaik bagi mereka.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar paid search sebagai bagian dari SEM. Bagaimana, tertarik untuk mempopulerkan website toko dengan strategi marketing ini?

Jangan lewatkan informasi, tips dan trik bisnis online terbaru dari MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaik di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai jumpa lagi!

Indirect Selling Adalah: Arti, Contoh dan Cara Eksekusinya

0
indirect selling adalah

Anda sedang mencari strategi marketing yang murah-meriah tapi efektif menciptakan transaksi? Jika iya, maka Anda wajib mencoba indirect selling.Indirect selling adalah strategi menawarkan produk/jasa secara halus yang sudah terbukti manjur mendatangkan pembeli. Taktik marketing ini juga sedang sangat direkomendasikan karena mudah, minim modal, serta ampuh meyakinkan konsumen.

Penasaran seperti apa itu indirect selling? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Indirect Selling Adalah

indirect selling adalah

Indirect selling adalah taktik penjualan produk atau jasa secara tidak langsung. Pengertian tersebut sesuai dengan kata “indirect” yang berarti “tidak langsung”. Ada juga yang menyamakan indirect selling sebagai marketing soft selling.

Trik marketing indirect memang tergolong cukup unik. Pasalnya, kita tidak hanya fokus kepada penjualan saja, tetapi juga turut membangun awareness (kesadaran), trust (kepercayaan) dan loyalty (loyalitas) konsumen.

Maka dari itu, bisnis-bisnis yang menerapkan indirect selling cenderung lebih populer, disukai, serta mempunyai citra yang baik di masyarakat. Hubungan erat konsumen dengan brand juga tercipta dengan baik karena indirect selling memberi pengalaman belanja terbaik bagi masyarakat.

Perbedaan Direct Selling VS Indirect Selling Adalah

Selain indirect, Anda mungkin juga akan mendengar istilah marketing lain bernama direct selling. Keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan meski sepintas tampak mirip.

Secara harfiah indirect selling adalah kebalikan dari direct selling. Kata direct dalam bahasa Indonesia berarti “langsung”. Jadi, pemasaran direct adalah strategi menjual produk secara terang-terangan alias hard selling.

Perusahaan yang menerapkan marketing direct akan terang-terangan mendorong target konsumen untuk membeli produk/jasa mereka. Semua informasi penawaran disuguhkan secara gamblang demi memantik keinginan belanja konsumen.

Sedangkan indirect selling sebaliknya. Di sini Anda memperkenalkan produk secara halus, nyaris seperti tidak sedang berpromosi. Misalnya melalui konten-konten edukatif atau menghibur. Lalu penonton yang tertarik dengan brand akan terdorong mencari lebih banyak info seputar produk/jasa yang ditawarkan.

8 Jenis dan Contoh Indirect Selling Adalah

Seperti apa contoh-contoh indirect selling? Tanpa kita sadari, ada banyak jenis pemasaran tidak langsung yang berseliweran di sekitar kita saat ini.

Berikut adalah beberapa jenis dan contoh indirect selling terpopuler kekinian:

1. Strategi Content Marketing

Content marketing adalah contoh terbaik dari indirect selling. Tentunya Anda sendiri sudah familiar dengan bentuk pemasaran satu ini, bukan?

Content marketing adalah strategi pemasaran halus melalui penerbitan konten informatif dan bermanfaat. Para content creator membuat beragam konten dengan berbagai tema lalu diunggah ke platform tertentu.

2. Search Engine Optimization

SEO (Search Engine Optimization) juga termasuk sebagai pemasaran indirect, lho. Ini karena tujuan utama SEO yaitu menaikkan ranking website atau akun bisnis Anda di hasil penelusuran. Alhasil calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan website ecommerce Anda dan berbelanja.

3. Reseller

Praktik reseller diyakini sebagai indirect selling karena konsumen membeli produk dari tangan kedua atau ketiga. Ambil contoh pada bisnis smartphone. Konsumen rata-rata membeli HP baru dari penjual reseller atau agen yang mewakili produsen.

4. Media Sosial Marketing

Tidak lengkap rasanya membicarakan jenis indirect selling tanpa menyebut media sosial marketing. Kasus pemasaran tidak langsung terbukti paling banyak ditemukan di platform ini.

Sosmed marketing hampir selalu berjalan bersamaan dengan content marketing. Perpaduan kekuatan sosmed dan konten dapat dengan mudah menumbuhkan awareness sekaligus menarik calon-calon konsumen potensial.

5. Referral/Affiliate Marketing

Trend kode referral sedang naik daun akhir-akhir ini. Banyak brand menjanjikan keuntungan luar biasa bagi orang-orang yang aktif memasarkan produk, jasa atau merekrut pengguna baru lewat kode unik tersebut.

Strategi bisnis ini dikenal dengan nama affiliate marketing. Brand sengaja mengajak para konsumen lamanya bekerjasama melalui sistem komisi. Hasilnya, promosi dilakukan oleh sesama konsumen, brand tidak perlu turun tangan lagi.

6. System Integrator

Siapa bilang indirect selling tidak bisa diterapkan pada marketing B2B? System integrator adalah contoh pemasaran indirect untuk level Business to Business.

System integrator sering muncul dalam industri teknologi, khususnya jual beli perangkat keras dan lunak. Cara kerjanya ialah dengan menyelipkan produk kita ke dalam solusi permasalahan klien. Jadi kita tidak terang-terangan menawarkan produk kepada konsumen.

Perusahaan konsultasi bisnis IBM dikenal mempraktekkan sistem marketing ini. Mereka sering memasukkan komponen perangkat buatan sendiri ke rancangan solusi klien. Akibatnya konsumen pun akan membeli produk mereka.

7. Humas (Public Relation)

Jauh sebelum era digital marketing melanda, pemasaran indirect dilakukan secara tradisional lewat tangan-tangan humas.

Tim public relation bisnis akan membuat press release lalu membagikannya ke berbagai media massa, klien, atau partner usaha. Publikasi humas masih ampuh untuk membangun kepercayaan audiens.

8. Endorsement/Influencer Marketing

Contoh indirect selling terakhir adalah influencer marketing atau endorsement. Trik pemasaran ini bekerja memadukan content dan sosial media marketing.

Pemasaran dilakukan oleh orang-orang terkenal sekaligus berpengaruh di masyarakat. Mereka akan merekomendasikan produk Anda di berbagai platform populer, lalu memancing banyak orang agar tertarik membeli.

Kelebihan dan Kekurangan Indirect Selling Adalah

indirect selling adalah

Sama seperti taktik pemasaran lain, indirect selling mempunyai beragam kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda wajib mengetahuinya sebelum mencoba strategi penjualan ini.

Apa sajakah sisi plus dan minus dari pemasaran tidak langsung? Berikut jawabannya:

Manfaat Indirect Selling

  • Menjadikan bisnis lebih mudah diingat konsumen. Ini karena indirect sellingsering dijalankan dengan strategi brand awareness.
  • Menambah angka kepercayaan dan loyalitas konsumen. Brand menampilkan rincian informasi produk/jasa secara lengkap, mulai dari deskripsi hingga testimoni. Jadi konsumen bisa lebih percaya dengan kualitas produk/jasa.
  • Memperkecil peluang skip iklan.Masyarakat zaman sekarang cenderung melewati iklan hard selling karena dianggap mengganggu. 
  • Mudah membangun hubungan konsumen jangka panjang. Audiens yang menyukai konten-konten Anda akan selalu antusias menunggu unggahan baru, termasuk beragam promo spesial.
  • Memakan sedikit biaya, khususnya untuk jangka panjang. Anda tidak perlu keluar modal besar untuk menjalankan strategi indirect selling. Misalnya menggunakan sosial media dan aplikasi-aplikasi pembuat konten yang gratis.
  • Menurunkan resiko negatif bisnis. Anda tidak langsung menawarkan produk/jasa di depan mata, jadi tidak ada tuntutan bahwa item dagangan harus segera laku terjual. Anda bisa menguji popularitas produk sembari berpromosi.

Kekurangan Indirect Selling

  • Promosi memakan waktu lama. Membangun awarenessdan kesiapan belanja konsumen memang tidak mudah. Jadi hasil indirect selling cenderung tidak instan.
  • Bisa menghabiskan banyak sumber daya di awal. Indirect sellingdapat diartikan sebagai investasi awal brand. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya secara rinci. Misalnya ketika mengawali YouTube marketing, Anda perlu menyiapkan materi serta peralatan editing videonya.
  • Adanya potensi sharingpendapatan. Jika Anda menjalankan strategi reseller atau affiliate, maka Anda harus membagi pendapatan dengan pihak-pihak terkait.
  • Jumlah pemasukan tidak menentu. Proses promosi yang lama juga berdampak pada jumlah pemasukan yang tidak menentu.

5 Strategi Indirect Selling yang Efektif Menciptakan Penjualan, Yuk Coba!

Tertarik membesarkan nama brand Anda dengan indirect selling? Kabar gembiranya, membuat promosi soft selling sejatinya cukup mudah—bahkan untuk pemula yang belum berpengalaman.

Anda hanya perlu mengikuti lima cara di bawah ini saja:

1. Pahami Siapa Konsumen Bisnis

Sebelum mulai berpromosi, pastikan dulu Anda sudah memahami tipe konsumen yang ingin dituju. Anda bisa melakukan riset karakteristik konsumen untuk mendapatkan data-data penting terkait calon pembeli potensial.

Informasi ini nantinya akan berguna ketika Anda menyusun isi konten. Penawaran harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan audiens agar konten kita ramai dilihat.

Sebagai contoh, bisnis merchandise menargetkan konsumen gadis remaja dan wanita muda pecinta KPOP. Agar bisnis tersebut laris, sebaiknya perbanyaklah konten-konten yang membahas update dunia KPOP.

2. Pilih Jenis Indirect Selling Terbaik

Ada delapan jenis indirect selling yang bisa Anda coba gunakan, namun tidak harus langsung semuanya sekaligus. Cukup pilih satu atau dua indirect selling yang dirasa terbaik sesuai kondisi dan tujuan bisnis.

Misalnya Anda baru membuka online shop dan ingin menumbuhkan brand awareness. Untuk itu, strategi content dan sosial media marketing bisa dicoba.

Fokus menjalankan satu model pemasaran juga merupakan langkah yang baik karena mengurangi beban kerja dan menjadikan Anda lebih fokus.

3. Gali Trend dan Isu Viral di Masyarakat

Tarik perhatian audiens dengan menyelipkan isu-isu yang lagi ngetrend di masyarakat. Konten indirect Anda akan lebih mudah diterima karena relevan dengan berita terkini.

Contohnya sensasi TikToker Alif Cepmek dengan tagline-nya, “Kamu nanya?”. Banyak brand membubuhkan jargon tersebut ke konten promo mereka sendiri, seperti “Kamu nanya lagi ada promo apa hari ini?”.

4. Selipkan Solusi dan Penawaran secara Halus

Konten yang menarik biasanya terdiri atas komposisi permasalahan dan solusi. Sajikan isu utama atau permasalahan yang mungkin dihadapi audiens sebagai pembuka, lalu tutup dengan rekomendasi solusi.

Nah, pada bagian solusi tersebutlah kita bisa menyelipkan penawaran secara halus ke konsumen. Semisal Anda menjual produk-produk skincare, lalu menulis konten artikel bertema jerawat meradang.

Buka artikel dengan pemahaman apa itu jerawat meradang beserta faktor-faktor pemicunya. Lalu di akhir barulah Anda menyelipkan beberapa solusi untuk mengatasi masalah—di mana salah satunya yakni dengan menggunakan skincare yang Anda jual.

5. Buat Konten Sesuai Niche Bisnis

Tips terakhir, selalu buat konten indirect selling yang sesuai dengan niche bisnis. Jika Anda berbisnis di bidang IT, maka konten indirect selling yang dibuat haruslah bertopik seputar IT. Jangan asal mengikuti trend random yang tidak relevan.

Kaitkan juga topik konten dengan penawaran agar tujuan marketing Anda tersampaikan ke audiens. Contohnya seperti menjadikan produk sebagai jawaban masalah konsumen; mengadakan kampanye sesuai trend yang lagi naik daun; atau mencoba memperkenalkan produk lewat video review bergaya kekinian.

Itulah pembahasan lengkap seputar indirect selling, mulai dari pengertian, jenis, manfaat hingga strategi menjalankannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Yuk sukseskan bisnis online Anda bersama MARKEY. Dapatkan aneka tips marketing terbaru dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai bertemu lagi!

Outbound Marketing Adalah: 4 Manfaat Rahasianya untuk Bisnis

0
outbound marketing adalah

 

Outbound marketing adalah cara promosi tradisional yang masih relevan bagi bisnis online masa kini. Sudah tahu apa itu pemasaran outbound dan kelebihan-kelebihan menariknya?

Beriklan di media online (digital advertising) memang mudah dan praktis. Kita hanya perlu memilih platform dan membuat konten sesuai trend atau isu yang sedang viral.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa pemasaran digital mempunyai keterbatasan. Tidak semua orang mahir menggunakan teknologi, atau bisa memiliki akses internet yang baik. Di sinilah kita perlu aktif menggencarkan promosi dengan strategi outbound marketing.

Lalu seperti apa taktik marketing outbound tersebut? Yuk langsung kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Outbound Marketing Adalah

outbound marketing adalah

Outbound marketing adalah strategi pemasaran bisnis yang berorientasi ke luar. Istilah bisnis ini digagas dari arti kata outbound sendiri, yakni “out” (keluar) dan “bound” (ikatan).

Namun pengertian populer dari outbound marketing adalah metode pemasaran yang sengaja “mengganggu” konsumen secara terang-terangan demi mendapatkan perhatiannya. Outbound disebut mengganggu karena konsumen bisa menerima penawaran tanpa persetujuan/keinginan mereka.

Proses outbound marketing juga sering kali dilakukan dengan cara-cara tradisional, seperti menggunakan baliho, panggilan telepon, koran, email dan SMS marketing.

Contoh Outbound Marketing Adalah

Meski terkesan kuno, rupanya masih ada banyak perusahaan yang tetap menjalankan strategi outbound marketing. Berikut beberapa contoh outbound marketing yang masih eksis hari ini:

  • Mengirimkan penawaran diskon atau promo kilat lewat SMS dan pesan flash.
  • Menelepon konsumen untuk menawarkan produk/jasa (telemarketing).
  • Mengirim email marketing dan newsletter secara berkala pada konsumen.
  • Memasang banner, baliho atau spanduk besar di tempat umum untuk mencuri perhatian publik.
  • Menyelipkan iklan dalam siaran berita, tayangan film, halaman koran ataupun majalah.
  • Membagikan brosur kepada masyarakat di titik-titik pusat keramaian kota.

Perbedaan Inbound Marketing VS Outbound Marketing

Outbound marketing sering disandingkan dengan strategi pemasaran inbound. Keduanya mempunyai sifat bertolak-belakang yang saling melengkapi dalam bisnis.

Jika outbound marketing cenderung gamblang dan lugas (hard selling), maka inbound marketing sebaliknya. Jenis iklan inilah yang marak digunakan bisnis online kekinian.

Konten-konten inbound tergolong soft selling dan memberi peluang bagi konsumen untuk menerima iklan yang mereka inginkan. Contoh inbound marketing misalnya iklan sosmed, native ads, artikel SEO dan content marketing.

Ciri-Ciri Outbound Marketing Adalah

Setiap strategi marketing pasti mempunyai ciri-ciri tersendiri. Begitu pula outbound marketing.

Secara umum, karakteristik outbound marketing adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Media Tradisional

Ciri pertama outbound marketing yakni menggunakan media-media tradisional, seperti SMS, baliho dan panggilan telepon.

Media marketing lama dipilih karena lebih mencolok dan ampuh ‘menginterupsi’ perhatian seseorang dari kegiatannya. Alhasil kecil kemungkinan iklan Anda diabaikan oleh konsumen.

2. Menjangkau Banyak Target Sekaligus

Pemasaran outbound menerapkan model mass communication, yakni menjangkau banyak audiens sekaligus. Tujuannya agar penawaran produk atau jasa bisa menarik perhatian calon pembeli potensial sebanyak mungkin.

Target promosi juga cenderung berada di posisi yang jauh dari sumber informasi. Contohnya seperti promosi SMS dan telemarketing yang bisa menjangkau warga seluruh Indonesia.

3. Mengandalkan Komunikasi Langsung

Terakhir, iklan outbound juga disusun dengan gaya komunikasi langsung (direct communication). Cara ini terbukti berhasil meningkatkan peluang transaksi sekaligus ikatan antara konsumen dan brand.

Kebanyakan orang lebih tersanjung dengan penawaran yang bersifat langsung dan spesifik sesuai minat mereka. Konsumen pun akan merasa bahwa perusahaan Anda sangat memahami segala kebutuhan, masalah dan ekspektasi mereka.

Manfaat dan Kelemahan Outbound Marketing Adalah

Tertarik mencoba pemasaran outbound? Sebelum itu, simak dulu berbagai kelebihan dan kekurangan outbound marketing berikut ini.

Kelebihan Outbound Marketing

Pemasaran outbound masih banyak digunakan perusahaan modern karena mempunyai manfaat yang menarik. Beberapa di antaranya yakni:

  • Mempercepat pencapaian target pemasaran. Proses promosi berlangsung lebih lugas, mencolok dan luas. Akibatnya banyak masyarakat tertarik mencoba produk/jasa yang ditawarkan.
  • Mempercepat pencapaian ROI (Return of Investment). Seluruh modal marketing yang Anda keluarkan akan lebih cepat kembali mengikuti laju pencapaian target.
  • Menjadikan brand lebih mudah diingat. Iklan-iklan outbound yang tampil mencolok tentunya lebih mudah diingat oleh masyarakat sekitar. Lalu konsumen dapat lebih mengutamakan membeli produk/jasa brand Anda.
  • Mudah membangun koneksi dengan konsumen. Brand lebih mudah membangun hubungan akrab dengan konsumennya berkat penawaran outbound yang bersifat spesifik dan direct(langsung).
  • Mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Faktanya, tidak semua orang melek teknologi atau sekadar mempunyai akses internet yang baik. Namun iklan Anda tetap bisa tersampaikan dengan baik melalui outbound marketing.
  • Mendapat perhatian lebih dari audiens. Kecil kemungkinan iklan Anda di-skip pemirsa karena penawaran disuguhkan langsung ke hadapan mereka.

Kelemahan Outbound Marketing

Meski mempunyai banyak kelebihan, outbound marketing tetap tak lepas dari kekurangan yang wajib diwaspadai. Jangan sampai kelemahan-kelemahan ini justru berbalik menghambat pertumbuhan usaha Anda:

  • Hasil yang rendah. Sejumlah perusahaan justru mendapat hasil returnpromosi yang rendah.
  • Disiasati dengan blokir. Konsumen yang tidak ingin melihat iklan cenderung memilih memblokir nomor pengirim pesan atau mengaktifkan fitur filter spam.
  • Agak sulit menganalisis ROI. Analisis dan evaluasi agak sulit dilakukan mengingat seluruh aktivitas marketing dilakukan melalui media tradisional. Proses pengumpulan datanya lebih sulit dibandingkan kampanye iklan online.

6 Strategi Outbound Marketing untuk Melariskan Bisnis Online

outbound marketing adalah

Tidak selamanya pemasaran outbound itu “kuno” atau “tidak mengikuti zaman”. Jika diterapkan dengan tepat dan sesuai trend kekinian, outbound marketing justru bisa mendatangkan pelanggan yang berlimpah-ruah!

Untuk itu, berikut ini kami telah rangkum 6 strategi outbound marketing yang tepat demi melariskan bisnis Anda. Yuk langsung dicatat cara-caranya!

1. Riset Target Audiens

Mula-mula, lakukanlah riset mendalam terkait target audiens iklan Anda. Poin ini selalu menjadi langkah awal dari setiap aktivitas pemasaran.

Tujuannya agar iklan yang Anda buat sesuai dengan keinginan calon pembeli. Hanya dengan cara inilah kita bisa meyakinkan konsumen untuk mencoba produk atau jasa Anda.

Riset target audiens bisa dilakukan dengan mencari tahu karakter umum pembeli potensial bisnis Anda. Lakukanlah penelusuran terkait identitas mereka, mencakup:

  • Demografis (tempat tinggal).
  • Usia
  • Jenis kelamin.
  • Latar pendidikan.
  • Pekerjaan
  • Upah pendapatan atau kelas ekonomi.
  • Kebutuhan dan minat belanja.

Ada juga cara lain untuk menentukan target audiens iklan outbound, yakni dengan meriset tiga poin penting bernama seeds, spears dan nets. Poin-poin ini membahas asal-usul kedatangan pembeli ke toko Anda:

  • Seeds: Pembeli potensial tingkat tinggi karena mempunyai keseriusan berbelanja yang kuat. Mereka bisa datang ke toko karena promosi word to word(mulut ke mulut) yang kencang di masyarakat.
  • Spears: Pembeli yang datang dari outbound marketing leads. Sebagian dari mereka membutuhkan follow up berkala supaya benar-benar mau melakukan transaksi.
  • Nets: Pembeli yang mengetahui brand Anda lewat strategi inbound marketing. Mereka tidak memerlukan banyak follow up karena bisa mendatangi toko online Anda secara mandiri.

2. Buat Tujuan Promosi

Jangan lupa untuk membuat tujuan promosi (goals). Sebuah tujuan akan membuat alur pemasaran lebih terarah dan terfokus. Anda juga bisa menghemat budget marketing karena iklan dibuat sesuai porsinya.

Goals promosi bisa digolongkan menjadi dua, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Sesuai namanya, goals jangka pendek adalah hal-hal yang ingin Anda capai sesegera mungkin. Misalnya mampu menjual 100 produk di bulan ini, atau menambah angka followers akun bisnis.

Sedangkan tujuan jangka panjang membutuhkan proses realisasi yang lebih lama. Contohnya membangun brand awareness melalui promosi rutin.

3. Pilih Model Iklan sesuai Buyer Persona

Efek iklan outbound Anda akan lebih manjur kalau cocok dengan karakter target audiens-nya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh terkait hal ini, seperti:

  • Memadukan isi iklan dengan trend-trend terkini.
  • Menawarkan produk/jasa sesuai keinginan dan minat audiens.
  • Mempromosikan produk/jasa best-seller sesuai permintaan terbanyak konsumen.
  • Mencuri perhatian lewat strategi copywriting dan gaya bahasa sesuai preferensi audiens.
  • Mencoba strategi cold messages, yaitu melakukan kontak rutin dengan orang-orang yang belum pernah berbelanja di toko Anda.

Yang terpenting di sini adalah Anda harus mau terus berusaha dan menilai tingkat keberhasilan model iklan pilihan. Jika bentuk penawaran saat ini dirasa kurang sesuai, jangan ragu untuk segera menggantinya dengan yang lain.

4. Bentuk Tim Marketing Hunter dan Closer

Komposisi tim marketing juga tak sangat memengaruhi keberhasilan pemasaran. Semakin handal sumber daya manusia di tim Anda, otomatis makin besar pula peluang keberhasilan bisnis.

Perusahaan yang menjalankan outbound marketing biasanya mempunyai tim profesional berisikan “Hunter” dan “Closer”. Keduanya saling bahu-membahu dalam meyakinkan konsumen potensial untuk mencoba produk:

  • Tim Hunter: Bertugas melakukan kontak awal dengan calon konsumen. Mereka menghubungi konsumen lalu menjadwalkan meeting untuk diskusi produk/jasa lebih lanjut.
  • Tim Closer: Bertanggung jawab mendemonstrasikan produk kepada konsumen. Mulai dari menyiapkan proposal, kontrak, hingga menjelaskan spesifikasi penawaran dan membujuk konsumen sampai deal.

Namun tak menutup kemungkinan bagi bisnis yang lebih kecil untuk ‘meringkas’ komposisi tim marketingnya. Anda bisa merekrut anggota yang sanggup mengemban tugas Hunter-Closer sekaligus demi efisiensi biaya, waktu dan tenaga pemasaran.

5. Lakukan Uji Coba

Dalam outbound marketing juga terdapat sebuah fakta pahit, di mana tidak semua target audiens akan tertarik atas penawaran yang disuguhkan. Namun Anda tetap bisa meminimalisir kerugian dengan menguji materi marketing outbound yang sudah dibuat.

Salah satu caranya adalah melakukan uji coba A B testing untuk mengetahui model iklan yang lebih sesuai dengan selera audiens. Hasil identifikasi bisa memberitahu Anda secara jelas konsumen-konsumen mana yang berminat dan tidak.

6. Follow Up dan Evaluasi Akhir

Tahap terakhir dari pelaksanaan outbound marketing adalah melakukan follow up dan evaluasi hasil akhir. Proses follow up bisa memperbesar peluang terjadinya transaksi.

Sesungguhnya ada banyak orang yang tidak tertarik pada sebuah produk/jasa pada awalnya. Namun, mereka jadi juga mengambil penawaran tersebut akibat sering di-follow up oleh tim marketing.

Setelah proses follow up dan promosi berlangsung beberapa saat—seperti 1, 3 atau 6 bulan—lakukanlah evaluasi guna mengetahui efektivitas strategi outbound marketing yang dijalankan.

Hasil evaluasi akan memberitahu letak kekurangan dan keberhasilan dari kampanye iklan. Perbaiki dan maksimalkan kembali strategi outbound bisnis demi hasil yang lebih baik di masa depan!

Demikianlah penjelasan lengkap seputar strategi outbound marketing. Meski dinilai kurang populer lagi oleh sebagian orang, namun nyatanya sampai hari ini masih banyak perusahaan yang juga menerapkan taktik pemasaran outbound. Bagaimana dengan bisnis Anda sendiri?

Dapatkan lebih banyak tips dan trik digital marketing menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk baca gratis ratusan artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

5 Cara Membentuk Brand Character untuk Perkuat Awareness

0
brand character

Brand character mempunyai pengaruh yang besar dalam kampanye kesadaran merek. Perusahaan Anda juga tidak mungkin dikenal baik oleh masyarakat luas tanpa karakter bisnis yang tepat.

Kira-kira seperti apa contoh persona merek yang disukai konsumen kekinian? Anda beruntung karena kami telah merangkum seluk-beluk karakter brand secara tuntas dan mendalam di sini. Yuk langsung kita simak penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Brand Character (Karakter Brand)?

brand character

Pernahkah Anda mendengar istilah brand character sebelumnya? Brand character adalah wujud, sifat atau karakter selayaknya manusia yang dimiliki oleh sebuah merek perusahaan.

Istilah ini juga mempunyai beragam julukan lain, seperti karakter brand, karakter merek, persona merek dan brand personality. Namun tujuan karakter brand hanya satu, yakni mempermudah konsumen mengenali brand favorit mereka.

Seseorang terbukti lebih mudah mengenali orang lain lewat sifat-sifat unik yang dimilikinya. Oleh sebab itu, banyak perusahaan mengadaptasi berbagai karakter manusiawi demi mempererat hubungan mereka dengan konsumen.

Perbedaan Brand Character VS Brand Identity

Selain character brand, ada juga istilah lain yang tak kalah penting di dunia marketing yakni brand identity. Lalu apa bedanya brand identity dengan character?

Kedua istilah tersebut memang sepintas tampak mirip. Karakter brand adalah image bisnis yang mengandung persona manusia di dalamnya. Sedangkan brand identity adalah kumpulan elemen buatan perusahaan untuk membangun image tertentu.

Dari sisi character brand, konsumen akan melihat perusahaan Anda selayaknya manusia dengan beragam sifat unik. Misalnya Gucci yang sangat menonjolkan aura elegan (sophistication), atau Nike yang identik dengan nuansa atletiknya.

Sementara brand identity tidak hanya berfokus pada satu watak kuat saja, melainkan kombinasi beberapa hal sekaligus yang menjadi ciri-ciri perusahaan. Contohnya seperti nama brand, visi misi, bentuk logo, warna dan jargon bisnis.

Tujuan brand identity tetap menguntungkan perusahaan seperti mempermudah konsumen mengenali produk dan mendorong terjadinya transaksi. Jadi sangat disarankan bagi bisnis untuk memiliki brand identity dan character sekaligus.

Apa Saja Karakteristik Brand Character?

Karakter brand yang baik dan efektif dalam pemasaran hendaknya memuat empat karakteristik, yaitu kesadaran, targetabilitas, loyalitas dan konsistensi.

Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing karakteristik brand personality:

1. Kesadaran Brand

Kesadaran (awareness) adalah sifat penting dalam pembangunan brand personality. Adapun pengertian kesadaran brand adalah jumlah orang yang menyadari kehadiran merek/bisnis Anda.

Kesuksesan sebuah perusahaan pun bisa diukur dengan persentase kesadaran brand-nya. Semakin besar angka awareness maka itu berarti makin tenar juga bisnis Anda di masyarakat.

Perusahaan dengan awareness yang tinggi juga cenderung lebih mudah bertahan dalam persaingan pasar. Ini karena mereka berhasil mempunyai konsumen yang tetap sekaligus loyal.

2. Targetabilitas Brand

Karakter berikutnya dari persona merek adalah targetabilitas. Anda tidak bisa membuat karakter brand tanpa mempertimbangkan target audiensnya. Sebab masyarakatlah yang akan mengingat persona brand Anda.

Ketepatan character brand dengan sifat audiens akan menghasilkan hubungan timbal balik yang menguntungkan. Kebanyakan orang lebih tertarik berbelanja di toko yang image-nya sesuai dengan karakter mereka.

Misalnya, seorang konglomerat yang menjunjung nilai ekslusivitas tinggi akan lebih memilih berbelanja di toko-toko dengan nilai yang sama. Lain halnya dengan masyarakat kelas menengah ke bawah yang lebih mengutamakan sisi ekonomis.

3. Loyalitas Brand

Loyalitas brand mengacu pada orang-orang yang setia berbelanja dari sebuah merek. Unsur ini juga menjadi salah satu sifat penting dalam perwujudan image perusahaan.

Tingginya angka loyalitas perusahaan menandai banyaknya masyarakat yang memilih produk atau jasa Anda. Maksimalkan poin ini dengan membangun customer relationship yang baik setiap hari.

4. Konsistensi Brand

Perhatikan cara branding bisnis-bisnis besar di sekitar tempat tinggal Anda. Salah satu kunci rahasia di balik keberhasilan mereka adalah konsistensi. Poin ini terdiri atas beberapa sikap, yakni kejujuran, keterbukan dan siap memprioritaskan kebutuhan publik.

Anda harus mampu memenuhi seluruh janji yang ditawarkan kepada konsumen. Jangan sampai Anda mengklaim sesuatu namun tidak bisa mewujudkannya. Hal ini dapat mencoreng image brand di kemudian hari.

Contohnya, katakanlah perusahaan Anda menawarkan garansi bagi produk yang tidak sesuai dengan katalog. Garansi tersebut hendaknya diberikan tanpa prosedur yang bertele-tele di kemudian hari.

Apa Manfaat Karakter Brand bagi Perusahaan?

Mengapa perusahaan Anda sebaiknya memiliki sebuah karakter tertentu? Posisi produk Anda tentu bisa menjadi lebih kuat di pasaran kalau memiliki image branding yang tepat.

Selain itu masih ada sejumlah manfaat lain dari brand personality terhadap bisnis, di antaranya:

  • Menumbuhkan kedekatan di masyarakat. Konsumen akan merasa bahwa produk/jasa Anda lebih bisa memahami diri dan kebutuhannya.
  • Membantu konsumen mengenali produk. Pembeli akan selalu mengingat nama perusahaan Anda di antara jutaan produk/jasa lainnya.
  • Menambah kepercayaan pembeli. Imagepositif yang kuat akan membuat konsumen lebih betah sekaligus percaya untuk terus bertransaksi di toko Anda.
  • Mengungguli persaingan. Kompetitor akan lebih susah menguasai pasar karena nama brand Anda sudah lebih dikenal dan dicintai.
  • Menambah jumlah transaksi. Semakin populer bisnis Anda, otomatis makin besar peluang transaksi baru tercipta setiap harinya.

5 Contoh Brand Character yang Disukai Konsumen Saat Ini

brand character

Seperti apa contoh karakter perusahaan yang disukai konsumen kekinian? Setiap perusahaan tentunya memiliki image dan nilai jual yang berbeda-beda. Maka dari itu ada banyak sekali contoh brand personality yang bisa kita petik, seperti:

1. Competence (Kompetitif)

Persona kompetitif kini banyak digunakan oleh brand-brand di bidang teknologi. Sebut saja seperti Apple, Samsung dan Redmi. Karakter ini dipilih karena sukses menggambarkan kecanggihan, kecerdasan, serta rasa inovatif dan dapat diandalkan banyak orang.

Brand Apple secara konsisten menampilkan image kompetitif yang kuat untuk mengungguli persaingan pasar gadget. Melalui produk-produknya yang visioner dan eksklusif, ia pun sukses menjadi pentolan industri IT seluruh dunia.

2. Excitement (Kegembiraan)

Apa yang melintas di benak Anda ketika memikirkan kata “excitement (kegembiraan)”? Betul. Kebanyakan orang pasti akan langsung menjawab “tempat hiburan”.

Bisnis-bisnis di bidang entertainment selalu menggunakan persona kegembiraan, mengingat salah satu tujuan layanan mereka adalah melepas penat masyarakat. Contohnya seperti brand Netflix, Disney, dan game-game online kekinian.

Namun Anda juga mungkin menemukan karakter-karakter pendukung lain yang masih relevan seperti “relaksasi”, “kebebasan” dan “semangat muda”.

3. Sophistication (Kemewahan)

Ada juga brand-brand yang memiliki image mahal, eksklusif dan bergengsi. Perusahaan dengan nilai kemewahan tinggi biasanya menyasar konsumen kelas atas dan menghadirkan produk nomor satu baik dari segi harga, material, maupun kualitas.

Contoh terbaik dari kelompok ini adalah brand Gucci, Louis Vuitton, Michael Kors dan Corkcicle. Tak tanggung-tanggung, nilai eksklusivitas brand yang kuat turut menjadikan konsumen setianya dipandang berkelas di masyarakat.

4. Sincerity (Ketulusan dan Kasih Sayang)

Image bisnis tidak melulu harus terkesan “wah” dan mahal. Sifat-sifat sederhana, jujur, tulus dan penuh kasih sayang juga ampuh untuk menarik konsumen.

Semua orang menginginkan pelayanan bisnis yang jujur, baik dan penuh empati terhadap kebutuhan pelanggan. Oleh sebab itu, sifat-sifat ini berpotensi mendatangkan pembeli dari berbagai kalangan.

Jadi tak heran kalau karakter sincerity sangat sering ditemukan di beragam niche bisnis. Contohnya seperti perusahaan produk kebutuhan sehari-hari, bisnis kesehatan, skincare, hingga komunitas dan organisasi kemanusiaan.

5. Ruggedness (Ketangguhan)

Belum menemukan persona yang tepat menggambarkan bisnis Anda? Bisa jadi sifat ruggedness atau ketangguhan adalah jawabannya!

Image brand ini identik dengan sifat-sifat yang kuat, atletis serta penuh semangat dalam menghadapi berbagai rintangan. Contoh merek yang menggunakannya adalah Jeep dan Nike.

Semua orang tahu bahwa Jeep adalah mobil off road yang tangguh untuk rute-rute petualangan seperti hutan dan tanjakan. Sedangkan Nike adalah brand alat-alat olahraga yang menjadi favorit para atlet.

5 Cara Mudah Membuat Brand Character Sendiri

Sudahkah bisnis Anda mempunyai karakter unik tersendiri? Jangan risau kalau belum! Membangun persona bisnis yang kuat ternyata cukup mudah, lho.

Ada lima strategi sederhana yang bisa Anda pakai untuk menciptakan persona bisnis yang baik di mata konsumen:

1. Menentukan Nilai Unik Brand

Langkah pertama, cari dan tentukan dulu nilai-nilai unik yang dimiliki bisnis Anda. Sebab salah satu fungsi dari character brand adalah memperkuat nilai bisnis di mata konsumen.

Nilai unik ini juga bisa membantu pelanggan membedakan bisnis Anda dari pesaing. Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah poin karakter yang belum digunakan perusahaan lain, namun tetap relevan dengan niche/jenis usaha Anda.

Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan membuat daftar kata sifat yang mampu menggambarkan usaha Anda di mata konsumen.

Semisal Anda memiliki bisnis kedai kopi rumahan. Lalu buatlah list kata-kata sifat yang dapat mewakili karakter brand, seperti “menenangkan”, “kenyamanan”, “kehangatan”, “penuh nostalgia”, “keakraban” dan lain-lain.

Kemudian pilihlah satu atau dua kata dirasa paling dekat dengan keunggulan brand Anda. Kata-kata inilah yang nantinya bisa Anda tonjolkan sebagai karakter bisnis.

2. Meriset Target Audiens Brand

Jangan lupa menyesuaikan persona bisnis dengan target audiens. Tujuannya supaya kehadiran brand Anda lebih mudah diterima masyarakat.

Cari tahu seperti apa sifat, minat dan kebutuhan target konsumen melalui riset customer persona. Riset tersebut umumnya mencakup identitas pelanggan, latar belakang, profesi, gender, kelas ekonomi, perilaku belanja dan lain-lain.

Data-data tersebut kemudian bisa digunakan untuk membangun brand personality yang memikat. Lalu orang-orang pun akan tertarik mendatangi toko Anda sebab mempunyai image sesuai preferensi mereka!

Misalnya bisnis kedai kopi Anda mempunyai karakter berupa “kenyamanan” dan “keakraban” yang kuat. Image tersebut cocok dengan target konsumen yang suka mengobrol atau nongkrong menghabiskan waktu bersama rekan-rekannya.

Alhasil promosi bisnis Anda akan lebih banyak menyasar target konsumen sesuai karakter di atas.

3. Menentukan Brand Voice

Langkah ketiga adalah menentukan brand voice (suara merek). Brand voice adalah pesan-pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada audiensnya.

Contohnya dari kasus bisnis kopi sebelumnya, pesan yang ingin disampaikan bisa berupa layanan tempat berkumpul yang nyaman dengan harga murah. Anda bisa menawarkan ruang bercengkrama yang estetik namun tak menguras isi dompet anak muda.

Di samping itu, Anda juga harus menentukan cara terbaik mengomunikasikan pesan tersebut. Semisal Anda menggunakan media sosial Instagram untuk menjangkau target konsumen anak-anak muda yang hobi nongkrong di kedai kopi.

4. Menyesuaikan Karakter Brand dengan Layanan

Tidak cuma tepat sasaran audiens saja, karakter brand juga wajib menyesuaikan dengan layanan atau produk utama bisnis. Jangan sampai image bisnis tidak cocok dengan servis toko Anda.

Brand produk olahraga Nike adalah contoh yang baik dalam kasus ini. Karakter atletis dan energik perusahaan ini sangat cocok dengan produk olahraga yang dihadirkan serta target konsumennya, yakni para atlet dan masyarakat umum.

Selain itu, slogan Nike “Just Do It” juga serasa memotivasi konsumen setia mereka untuk senantiasa aktif berolahraga menggapai kebugaran yang diimpikan.

5. Menerapkan Image Brand secara Konsisten

Usai merancang karakter brand, kini waktunya menerapkan persona tersebut dalam kehidupan berbisnis secara konsisten.

Pastikan image unik brand tercermin di berbagai aspek bisnis Anda, mulai dari logo, slogan, hingga aktivitas pelayanan konsumen sehari-hari. Proses ini juga bisa dijalankan bersamaan dengan kampanye brand awareness.

Tahapan ini bisa memakan waktu yang lumayan lama mengingat penumbuhan kesadaran merek cenderung berlangsung setahap demi setahap. Jadi ada baiknya untuk selalu bersabar dan menikmati prosesnya.

Memang tidak ada proses bisnis yang instan, namun tekun bekerja keras tentu akan membuahkan hasil yang manis. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait brand character yang bermanfaat untuk mempertajam branding. Jadi karakter brand seperti apakah yang kira-kira cocok mewakili bisnis Anda?

Ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore) ya, karena ada ratusan tips sukses bisnis online menanti Anda. Sampai bertemu lagi!

Alt Text adalah: Ini Fungsinya agar Web Tembus SEO Rank 1

0
alt text adalah

Sebuah konten website pasti terasa kurang lengkap tanpa kehadiran gambar di dalamnya. Nah foto-foto tersebut juga bisa menarik pengunjung web kalau dimaksimalkan dengan alt text. Alt text adalah atribut tulisan yang bisa menjelaskan isi foto kepada mesin pencari. Dengan begini, foto Anda dapat dimunculkan secara tepat ke audiens yang mencarinya. Alt text juga merupakan komponen wajib dalam optimalisasi SEO gambar.

Masih penasaran seperti apa contoh alt text dan cara membuatnya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Pengertian Alt Text Adalah

alt text adalah

Alt text adalah elemen wajib ketika Anda mengoptimalkan kualitas gambar di website (SEO Image). Sesuai namanya pula, alt text adalah keterangan tulisan dalam sebuah gambar atau video.

Ada pula yang menjelaskan pengertian alt text yakni atribut HTML yang menerangkan judul, isi dan maksud dari foto yang ter-upload. Jadi mesin pencari bisa memahami, memilah dan menampilkan foto yang tepat sesuai penelusuran pengguna.

Sebab secanggih apapun teknologi search engine, faktanya ia masih belum mampu memahami isi konten visual secara langsung. Atribut teks juga berguna sebagai keterangan penjelas bagi pengguna ketika browser gagal me-loading sebuah foto di website.

Cara Kerja Alt Text Adalah

Bagaimana cara kerja alt text? Kurang lebih ada tiga cara kerja alt teks, yakni:

  • Mengoptimalkan konten foto website.
  • Menjelaskan foto yang gagal dimuat kepada audiens.
  • Membantu komunitas tuna netra ketika menyimak foto di internet.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari masing-masing fungsi dan cara kerja alt teks:

1. Mengoptimalkan Konten Foto Website (SEO Image)

Alt berupa judul atau deskripsi singkat dalam satu kalimat yang menggambarkan komponen visual di situs Anda. Contohnya seperti foto konten, deskripsi tombol, banner dan komponen-komponen grafik lainnya.

Mengingat alt text adalah komponen HTML, maka kita tidak bisa melihat atribut ini secara gamblang di halaman depan (front end) website. Elemen ini tersemat di sisi belakang atau sisi mesin website (back end page).

Setelah teks ini dimasukkan, mesin pencari akan melakukan proses indexing website. Tujuannya supaya foto bisa dipahami maksudnya, lalu dikelompokkan ke kategori yang tepat. Foto Anda juga bisa lebih mudah ditemukan pengunjung saat mereka melakukan penelusuran.

2. Menjelaskan Foto yang Gagal Loading

Alt text juga berguna untuk menjelaskan foto-foto di website yang gagal dimuat browser. Semisal proses loading terlalu lama dan berat, maka teks alt akan keluar menjelaskan isi dari gambar yang seharusnya tampil. Dengan begini, audiens tetap dapat memahami isi konten visual di situs Anda dengan baik.

3. Membantu Komunitas Tuna Netra

Akhir-akhir ini, atribut teks alt turut dimanfaatkan untuk membangun website yang ramah bagi penyandang disabilitas tuna netra. Keterbatasan dalam melihat tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menyimak sebuah gambar berkat komponen alt teks.

Ini karena teks alt bisa dieja oleh fitur penerjemah suara yang mulai disediakan bagi komunitas cacat buta. Jadi pengguna tetap bisa mengetahui isi gambaran foto dari deskripsinya.

Contoh Alt Text Adalah

alt text adalah

Seperti apa contoh alt text pada website? Meski dibuat dengan HTML, contoh teks alt sesungguhnya cukup sederhana. Contoh alt text selalu mengikuti gambar yang diwakilinya.

Misalnya Anda menulis artikel dengan kata kunci utama: “es kopi susu aren”. Tulisan tersebut juga disertai gambar ilustrasi berupa foto minuman es kopi segar. Jadi alt teksnya bisa berupa keyword “es kopi susu aren” atau deskripsi yang lebih rinci, “gambar segelas minuman es kopi susu dicampur gula aren”.

Contoh lain semisal Anda mengunggah artikel bertopik KPOP dengan foto boyband BTS. Maka teks alt-nya dapat berbunyi “Foto Grup KPOP BTS”. Cukup simpel, bukan?

5 Fungsi Alt Text Adalah

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa alt text berperan banyak dalam optimalisasi SEO web. Berikut adalah 5 fungsi utama dari teks alt yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mendongkrak Ranking Website di SERP

Semua orang pasti ingin kontennya menduduki peringkat teratas hasil penelusuran (SERP). Nah, salah satu cara praktis menggapai impian tersebut adalah dengan memasukkan alt teks ke foto-foto web.

Keyword-keyword yang tersemat dalam alt text otomatis menambah nilai visibilitas konten. Mesin pencari akan menganggap gambar Anda lebih relevan dan menjadikannya lebih mudah ditemukan.

2. Meraih Lebih Banyak Traffic Organik

Fungsi kedua dari atribut teks alt adalah mendatangkan lebih banyak traffic organik. Ada kalanya audiens mendatangi situs Anda karena tertarik dengan foto yang muncul di rekomendasi SERP. Jadi mereka tertarik menyimak sumber asli foto dan melihat-lihat lebih lanjut ke dalam situs Anda.

3. Membangun Website User Friendly

Alt teks menjadikan website Anda lebih ramah pengguna (user friendly), baik untuk pengunjung biasa maupun yang mempunyai keterbatasan penglihatan. Semua orang bisa memperoleh informasi gambar yang tepat sesuai deskripsi alt.

Kepuasan audiens juga selalu terjaga sekalipun browser gagal menampilkan media visual web. Situs Anda akan menunjukkan teks alt yang menerangkan gambar alih-alih hanya layar putih kosong.

4. Menjadi Anchor Text

Anchor text adalah elemen SEO lainnya yang amat penting. Kehadirannya memperkuat relevansi topik Anda dengan konten-konten lain yang sejenis. Artikel yang dilengkapi anchor text juga sering kali memperoleh sorotan lebih dari Google untuk ditampilkan di SERP.

Nah, cara termudah membuat anchor text adalah dengan menggunakan alt text! Cukup sisipkan link ke halaman lain di kolom alt text saja, lalu Google akan memahami keterkaitan antara tulisan Anda dengan tautan.

5. Mempercepat Proses Crawl dan Indexing

Setiap konten yang terunggah ke mesin pencari (seperti Google) harus melewati proses crawl dan indexing terlebih dahulu. Langkah ini berupa pengelompokkan dan perankingan konten agar lebih mudah ditemukan pengguna.

Namun mesin crawl dan indexing masih belum bisa memilah konten visual. Mereka butuh penjelasan tambahan berupa keyword dan deskripsi tertulis agar bisa mengelompokkan miliaran foto ke kategori yang tepat.

Catat! 4 Cara Menulis Alt Text Web yang Benar sesuai Pedoman SEO

Penasaran bagaimana cara menulis alt text website yang benar menurut pedoman SEO? Tenang, berikut kami sudah rangkumkan cara-cara termudah membuat atribut alt khusus untuk Anda:

1. Tulis dengan Akurat dan Detil

Pastikan teks alt Anda menggambarkan isi gambar secara akurat hingga mendekati 100%. Jangan terlalu melebihkan atau mengurangi deskripsinya karena bisa mempengaruhi pemahaman terhadap konten.

Misalnya foto yang Anda gunakan adalah gambar seekor kucing ras abu-abu. Jangan buat teks alt yang terlalu umum, luas dan kurang akurat seperti “kucing”. Lebih baik buat kalimat yang mendetil seperti “kucing ras berbulu warna abu-abu”. Alt teks ini lebih mudah dibayangkan.

Contoh lain, misalnya foto produk di website bisa Anda tulis lengkap seperti “smartphone android 2022 Samsung lipat Zlip”. Foto Anda akan otomatis terdeteksi ketika ada konsumen menelusuri keyword “Samsung Zlip”.

2. Hindari Spam Keyword

Anda boleh memasukkan keyword ke dalam alt teks, tapi jangan terlalu banyak dan berulang-ulang. Aksi menyelipkan banyak keyword sekaligus dikenal dengan spam atau keyword stuffing, dan tergolong sebagai pelanggaran SEO.

Sebaiknya masukkan keyword utama atau deskripsi singkat yang paling menggambarkan foto. Beberapa sumber juga menyebut Anda tidak perlu menambahkan keterangan penjelas seperti “image of…”, “picture of…”, “gambar dari…”, atau “foto dari…”.

3. Sisipkan di Foto yang Fungsional

Tips penting selanjutnya dalam menulis alt text adalah menyisipkan keterangan di foto-foto yang fungsional. Misalnya di gambar header, foto produk, banner iklan, tombol navigasi dan seterusnya.

Jangan selipkan alt text di “gambar-gambar clickbait” yang mengelabui audiens agar mengklik konten Anda. Tindakan ini bisa menjadi bumerang karena konsumen tidak menemukan informasi sesuai harapan lalu menaikkan bounce rate.

4. Panjang Kalimat Maksimal 125 Karakter

Terakhir, pastikan panjang alt text Anda tak lebih dari 125 karakter. Penetapan panjang deskripsi ini diambil dari kemampuan fitur pembaca konten bagi penyandang tuna netra.

Tools tersebut secara otomatis berhenti membaca deskripsi alt ketika melebihi 125 karakter. Maka dari itu teks alt tidak akan berfungsi maksimal kalau dibuat terlalu panjang.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung karakter gratis ketika menulis teks alt. Contohnya Word Counter, Small Seo Tools, Easy Word Count dan lain-lain.

 

Demikianlah pembahasan lengkap seputar strategi SEO alt text untuk Anda. Semoga wawasan di atas bermanfaat, ya!

Mau lebih jago belajar SEO secara gratis? Yuk baca MARKEY sekarang juga! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk langsung terhubung ke ratusan artikel SEO terbaru. Sampai jumpa lagi!

Concentrated Marketing Adalah: 6 Cara Jitu Dominasi Pasar

0
concentrated marketing adalah

Concentrated marketing adalah strategi pemasaran terpusat yang ampuh untuk menguasai target konsumen. Seperti apa manfaat, contoh dan cara menerapkannya ke bisnis sendiri? Tidak perlu khawatir, kami punya jawaban selengkapnya di sini khusus untuk Anda!

Semua orang tentu ingin bisnisnya menjadi pilihan nomor satu di hati masyarakat. Namun ketatnya persaingan antar produk dan jasa sering kali membuat semangat kita menciut. Belum lagi jika bisnis kita masih tergolong baru dan berskala kecil.

Namun Anda masih bisa mempercepat pertumbuhan bisnis dengan strategi concentrated marketing. Taktik pemasaran ini lebih ampuh karena langsung menyasar target konsumen potensial (serious buyer). Otomatis jumlah penjualan produk/jasa bisa dua kali lipat lebih banyak.

Simak penjelasan lengkap terkait apa itu concentrated marketing di sini, yuk!

 

Pengertian Concentrated Marketing Adalah

concentrated marketing adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah “concentrated marketing” sebelumnya?

Pengertian concentrated marketing adalah strategi pemasaran bisnis yang berpusat pada suatu target konsumen (niche). Kelompok pembeli potensial ini bisa beragam jumlahnya, baik satu atau beberapa grup sekaligus.

Concentrated marketing mempunyai cukup banyak nama lain dalam bahasa Indonesia, seperti strategi pemasaran terpusat atau pemasaran terkonsentrasi.

Dari namanya juga sudah terlihat bahwa concentrated marketing jauh lebih sempit dan spesifik tujuan pemasarannya. Anda juga dituntut untuk meriset buyer persona secara rinci sebelum menjalankan strategi ini.

Nah, akibat sifatnya yang mengkhusus itulah, concentrated marketing terbilang sangat ampuh untuk menciptakan penjualan. Bisnis yang menerapkannya terbukti dapat selalu menjawab kebutuhan market dan menjaring lebih banyak konsumen setia.

Siapa yang Bisa Menggunakan Concentrated Marketing?

Sesungguhnya hampir semua bisnis dapat menerapkan taktik pemasaran terkonsentrasi. Namun penelitian dari SendPulse memperlihatkan bahwa concentrated marketing bekerja paling baik pada UMKM, bisnis rumahan dan usaha rintisan.

Implementasi pemasaran terpusat membawa beragam dampak positif bagi usaha-usaha kecil-menengah, seperti:

  • Mengefisiensikan sumber daya serta biaya modal promosi.
  • Memperkuat branding di masyarakat.
  • Mengungguli persaingan dengan bisnis lainnya.
  • Menciptakan nilai brand yang lebih kuat.
  • Mendulang lebih banyak hasil promosi berupa jumlah transaksi.
  • Mengefektifkan laju supply chain managementyang terdiri dari produksi, distribusi dan pemasaran.

Seluruh keuntungan-keuntungan tersebut tentunya akan mendorong pertumbuhan bisnis menjadi lebih besar. Pada akhirnya usaha Anda akan sanggup mendominasi pasar target.

Contoh Penerapan Concentrated Marketing Adalah

Mungkin Anda masih bertanya-tanya seperti apa contoh penerapan concentrated marketing di dunia nyata. Tidak perlu bingung, berikut ada sejumlah contoh pemakaian strategi pemasaran terpusat yang bisa turut menginspirasi Anda:

1. Produk Bebas Gula “Tropicana Slim”

Tropicana Slim adalah contoh brand yang memanfaatkan concentrated marketing. Mereka menyasar beberapa kelompok konsumen tertentu, yakni penyandang obesitas, diabetes, dan masyarakat umum yang menggencarkan pola hidup sehat.

Strategi pemasaran terpusat tersebut berjalan selaras dengan produk yang mereka kembangkan, yakni gula rendah kalori dan pemanis bebas gula berbahaya. Alhasil produk-produk Tropicana banyak dicari karena mampu memenuhi kebutuhan target konsumen yang tepat.

2. Motor Eksklusif “Ducati”

Lalu ada perusahaan Ducati yang sengaja mengeksklusifkan penawarannya pada kelompok konsumen kelas atas. Mereka merilis banyak motor mewah limited edition dengan harga dan kualitas terbaik. Jadi pemilik kendaraan Ducati tentu akan memperoleh nilai sosial dan keistimewaan yang berbeda dibandingkan masyarakat umum.

3. Bisnis Warung Makan Kampus

Sedangkan contoh pemakaian concentrated marketing untuk bisnis kecil adalah warung makan dekat kampus. Target konsumen utama bisnis ini tentu saja para mahasiswa yang rata-rata mempunyai budget menengah atau ke bawah.

Otomatis pemilik warung harus menyesuaikan harga supaya tetap terjangkau oleh pembeli. Begitu pula dengan varian makanan yang tersaji agar tidak membosankan.

Kelebihan dan Kekurangan Concentrated Marketing Adalah

concentrated marketing adalah

Sebelum mulai menjalankan strategi concentrated marketing, yuk kenali dulu aneka kelebihan dan kekurangan dari trik pemasaran ini!

6 Manfaat Concentrated Marketing Adalah

Adapun beberapa manfaat positif dari pemasaran terpusat untuk bisnis Anda adalah:

  1. Mampu menyediakan kebutuhan sekaligus memenuhi keinginan masyarakat secara tepat.
  2. Memperbesar terciptanya peluang transaksi karena bisnis Anda menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen.
  3. Mengefektifkan pemakaian sumber daya manusia, waktu, serta modal biaya pemasaran. Anda tidak perlu khawatir membuang-buang banyak budget hanya untuk mempromosikan produk/jasa tanpa hasil nyata.
  4. Lebih mudah melacak dan mengevaluasi hasil promosi mengingat alur pemasaran sudah terarah dan spesifik.
  5. Gampang menciptakan pesan-pesan marketing yang menarik perhatian masyarakat. Bisnis Anda pun bisa otomatis menarik konsumen baru setiap hari.
  6. Mudah menguasai target pasar, mengungguli kompetisi, dan mempertahankan pelanggan-pelanggan setia. Ini karena nama bisnis Anda sudah terkenal atau mempunyai reputasi (image) yang unik.

Kekurangan Concentrated Marketing Adalah

Di samping kelebihan yang berlimpah, ternyata strategi pemasaran terpusat juga punya beberapa kekurangan yang wajib diwaspadai. Kelemahan-kelemahan ini wajib segera diatasi dengan cermat agar tidak menghambat laju kesuksesan bisnis.

Beberapa kekurangan concentrated marketing adalah:

  1. Tingkat produksi dan distribusi yang lebih sempit karena pemasaran hanya ditujukan pada kelompok-kelompok tertentu.
  2. Di beberapa kasus, pertumbuhan usaha yang memanfaatkan pemasaran terpusat bisa jadi tidak merata atau menyeluruh.
  3. Lebih susah untuk memperluas pasar terutama ketika terjadi penurunan permintaan konsumen terhadap produk/jasa.
  4. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendorong produk/jasa supaya menjadi pilihan utama konsumen.
  5. Perubahan pasar dapat langsung berdampak pada sales.
  6. Perusahaan cenderung mengabaikan peluang yang datang dari segmentasi konsumen lain.

Adapun cara mengatasi kekurangan di atas antara lain:

  1. Menargetkan lebih dari satu kelompok konsumen untuk memperbesar pemasaran, distribusi dan produksi.
  2. Rajin berinovasi supaya produk atau jasa tetap menarik perhatian konsumen.
  3. Membangun hubungan akrab dan hangat untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
  4. Sering melakukan riset trend agar konsep marketing senantiasa dinilai relevan.
  5. Mengadakan evaluasi secara berkala untuk memperbaiki kualitas pelayanan bisnis. Mendengarkan keluhan, kritik serta saran konsumen juga akan sangat membantu dalam hal ini.

6 Strategi Ampuh Menjalankan Concentrated Marketing untuk Pemula

Sekarang tibalah waktu yang tepat untuk mencoba menerapkan strategi pemasaran terfokus di bisnis Anda sendiri! Menjalankan concentrated marketing cukup mudah, bahkan untuk level pemula. Yuk langsung praktekkan 6 kiat simpel berikut ini:

1. Kenali Konsumen Lewat Riset

Tahap paling pertama dari concentrated marketing adalah mengenali konsumen secara mendalam dengan riset “buyer persona”.

Buyer persona merupakan rincian karakter seseorang yang berpotensi menjadi pembeli Anda. Ada cukup banyak aspek yang perlu Anda gali terkait hal ini, misalnya:

  • Usia pelanggan.
  • Jenis kelamin.
  • Domisili (tempat tinggal).
  • Latar belakang pendidikan.
  • Jumlah pendapatan dan kelasnya (bawah, menengah, atas).
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui apa saja hal-hal yang memotivasi seseorang untuk membeli produk/jasa Anda, maka selanjutnya Anda pasti bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Sebisa mungkin buatlah analisis konsumen secara mendalam, rinci dan spesifik demi mempermudah promosi.

2. Gali Kebutuhan Konsumen Target

Langkah berikutnya adalah menggali kebutuhan utama dari kelompok konsumen target Anda. Tahapan yang ini bisa dijalankan melalui survei riset kebutuhan dan minat pembeli.

Isi survei pun harus mengarah pada permasalahan konsumen, serta spesifikasi produk/jasa yang sekiranya tepat sebagai solusi. Dari sini kita bisa mengetahui apa saja ekspektasi pembeli dan hal-hal yang mendorong mereka bertransaksi.

Jangan lupa untuk turut menanyakan kisaran dana yang rela mereka bayarkan untuk mendapatkan produk/jasa sesuai impian. Informasi ini penting supaya penawaran Anda sesuai dengan kondisi kantong mereka.

3. Riset Pesaing Bisnis Lainnya

Persaingan memang tidak mungkin kita hindari dalam bisnis. Apalagi dalam permainan concentrated marketing di segmentasi pasar yang “sempit”. Untuk itu, meriset kekuatan pesaing lain di niche kita sangatlah penting dilakukan.

Kehadiran kompetitor ternyata tidak selamanya buruk. Kita justru bisa memetik banyak hal yang bermanfaat dari mereka, seperti cara-cara berpromosi yang menarik, kekuatan produk yang ditawarkan, atau menemukan inovasi baru dari kelemahan pesaing.

Semakin pintar Anda memanfaatkan celah yang tak disadari kompetitor, maka semakin besar pula peluang usaha kian maju di masyarakat.

4. Tetapkan Nilai Unik Penawaran (USP)

Setiap bisnis wajib mempunyai Unique Selling Point (USP), atau nilai unik yang menjadikan produk/jasa/penawaran mereka lebih menarik di mata konsumen. Produk dengan nilai USP yang khas sering menjadi pilihan belanja utama oleh banyak konsumen.

USP bisa hadir dalam berbagai wujud. Misalnya seperti harga, kualitas bahan baku, manfaat nyata produk/jasa, kreativitas kemasan, rasa, hingga pelayanan dari bisnis.

Yang terpenting adalah tingkat kejelasan nilai USP produk Anda. Semakin besar nilainya, tentu makin menarik pula produk/jasa tersebut.

5. Buat Promosi yang Kreatif

Setelah semua informasi dan data marketing siap, kini waktunya membuat promosi atau iklan! Sebisa mungkin buatlah promosi yang kreatif, fresh mengikuti trend, serta memuat pesan yang jelas bagi audiens.

Mengiklankan bisnis saat ini pun sudah semakin gampang, murah dan fleksibel. Anda bisa menggunakan strategi iklan online maupun offline sesuai karakteristik target konsumen.

Pastikan juga iklan Anda memuat konten visual (foto atau video) berkualitas tinggi serta caption copywriting yang lugas. Kombinasi unsur-unsur tersebut akan menjadikan iklan Anda lebih mencuri perhatian, cobalah!

6. Pakai Channel Marketing yang Efektif

Tips terakhir, iklankan bisnis Anda di channel marketing yang terbaik dan paling efektif. Beberapa contoh media promosi terlaris kekinian adalah sosial media, website, artikel, siaran video dan televisi.

Optimalisasi channel marketing juga dapat ditempuh demi memaksimalkan persebaran dan daya jangkau iklan Anda. Gunakan rumus-rumus SEO marketing agar iklan cocok dengan algoritma internet dan lebih mudah ditemukan konsumen. Selamat mencoba!

Itulah penjelasan lengkap terkait concentrated marketing atau strategi pemasaran terpusat, mulai dari definisi, kelebihan-kekurangan, hingga strategi implementasinya. Semoga ulasan kali ini mampu menambah wawasan bisnis Anda, ya!

Yuk update terus pengetahuan digital marketing Anda setiap hari bersama MARKEY. Langsung baca gratis ratusan artikelnya dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Mau Jualan Keluar Negeri? Pasang Amazon Ads, Begini Caranya!

0
amazon ads

Amazon ads adalah media promosi terbaik untuk Anda yang mau memperkenalkan bisnis ke luar negeri. Bagaimana cara memasang iklan Amazon yang efektif menggaet konsumen asing? Tenang, semua strateginya sudah kami kupas tuntas di halaman ini!

Amazon.com merupakan ecommerce global terbesar dengan jumlah pengguna jutaan. Platform jual-beli online ini didirikan oleh Jeff Bezos sejak tahun 1994, lho! Sampai hari ini Amazon sudah mempunyai banyak cabang di berbagai negara, termasuk Indonesia (“Amazon Indonesia”).

Tidak cuma mewadahi transaksi online saja, Amazon juga menghadirkan layanan iklan dengan target pasar berskala internasional. Seperti apa cara kerja dan keuntungannya? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Bagaimana Cara Kerja Amazon Ads?

amazon ads

Iklan-iklan online di Amazon.com bekerja dengan sistem Pay Per Click (PPC), mirip dengan sistem Google Ads atau iklan website pada umumnya. Jadi Anda selaku pemasang iklan hanya perlu membayar tarif ketika ada seseorang yang mengklik ads Anda.

Daya jangkau Amazon advertisement juga sama luasnya seperti platform periklanan raksasa lainnya, sebut saja Google Ads dan FB Ads. Diketahui pendapatan iklan Amazon sukses menembus 12,75 miliar di tahun 2020 lalu.

Menariknya lagi, meskipun ecommerce Amazon sudah sangat besar dan terkenal, ternyata mereka baru merilis sistem ads PPC per tahun 2018 lalu. Media ini diharapkan mampu mendongkrak visibiltas dan transaksi vendor-vendor Amazon.

5 Jenis Amazon Ads Terbaik untuk Promosi Bisnis

Sebelum mulai meluncurkan iklan di Amazon, ada baiknya mengenal beragam jenis ads yang tersedia di platform ini. Terdapat lima jenis Amazon ads yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan marketing dan kondisi budget, yakni:

1. Amazon Sponsored Ads (Iklan Bersponsor)

Iklan bersponsor Amazon adalah ads PPC yang menargetkan keyword produk Anda. Di sini Anda harus memilih kata kunci deskripsi terbaik supaya produk lebih mudah ditemukan calon pembeli.

Demi meningkatkan visibilitas produk, setiap keyword yang dipakai hendaknya berupa frasa spesifik atau long tail keyword. Contohnya seperti “seprai adem aesthetic ala Korea” atau “serum jerawat meradang”.

Kelebihan Amazon Sponsored Ads adalah penetapan keyword bisa diatur secara manual ataupun otomatis. Pengaturan otomatis berarti keyword produk dipilihkan langsung oleh algoritma website Amazon.

Selain itu, pengguna juga akan memperoleh fitur khusus untuk memantau laju ads. Contohnya seperti biaya ads, jumlah klik, dan laporan transaksi terkait produk yang dipromosikan.

2. Amazon Video Ads (Iklan Video)

Sesuai namanya, Amazon Video Ads adalah iklan produk atau jasa yang berupa video pendek. Jenis promosi ini mulai banyak dipilih perusahaan mengikuti kebiasaan masyarakat sekarang yang lebih suka menyimak konten video.

Namun tidak seperti iklan Amazon yang lain, khusus konten video akan ditayangkan lebih banyak tipe platform: Amazon.com, Fire TV, Prime, dan IMDb. Semua media tersebut masih dalam naungan perusahaan Jeff Bezos.

Uniknya lagi, iklan video bisa dimiliki oleh siapa saja—baik pedagang Amazon atau bukan. Pengiklan juga diperbolehkan mengustomisasi isi video promosi dan menautkannya dengan website bisnis sendiri.

3. Amazon Ads Product (Iklan Tampilan Produk)

Jenis iklan Amazon yang menarik berikutnya adalah iklan tampilan produk. Media promosi ini biasanya muncul di halaman-halaman terbaik yang tinggi views-nya dalam ecommerce, yakni:

  • Halaman ulasan konsumen.
  • Halaman info detail produk.
  • Di bawah hasil pencarian.
  • Di atas daftar penawaran terbaru.
  • Email rekomendasi produk/penawaran ke pelanggan.

Akibatnya, produk Anda bisa berkesempatan untuk dilihat lebih banyak pengguna Amazon di berbagai negara sekaligus. Supaya lebih berhasil, Amazon Ads Product hendaknya dijalankan dengan strategi penargetan produk dan minat:

  • Penargetan produk: menautkan dan mengelompokkan produk sesuai kategorinya. Tujuannya supaya barang dagangan lebih mudah muncul atau direkomendasikan.
  • Penargetan minat: mencocokkan penawaran produk dengan minat, kebutuhan dan hal-hal yang disukai konsumen. Strategi ini ampuh untuk memperluas daya jangkau iklan.

4. Amazon Native Ads Amazon (Iklan Native)

Sedangkan native ads adalah iklan-iklan yang tampak natural, sehingga jarang disadari sebagai promosi berbayar oleh konsumen. Iklan native di Amazon akan dibuat semirip mungkin dengan fitur-fitur yang ada di web ecommerce.

Native ads Amazon sendiri hadir dalam tiga bentuk berbeda, yaitu iklan custom, rekomendasi dan penelusuran. Ketiga hadir dalam posisi beragam:

  • Iklan custom: Bebas pilih sendiri produk yang mau dipromosikan beserta posisinya di website atau postingan Anda.
  • Iklan rekomendasi: Muncul sebagai “artikel yang direkomendasikan” pada laman profil Anda. Sifatnya dinamis dan relevan mengikuti niche konten dan tujuan penelusuran pengunjung.
  • Iklan penelusuran: Jenis iklan yang muncul menyesuaikan dengan keyword yang digunakan konsumen ketika menjelajahi Amazon atau web bisnis Anda.

5. Amazon Search Ads (Iklan Penelusuran)

Jenis iklan Amazon yang terakhir adalah Search Ads. Cara kerjanya mirip dengan Sponsored Ads, namun dengan titik fokus utama pada judul produk/penawaran.

Jika memilih untuk memasang iklan ini, maka Anda bisa menargetkan sejumlah kata kunci sekaligus: keyword brand/merk, keyword target utama, dan keyword produk gratis:

  • Keyword brand: perpaduan nama produk dan brand Anda. Misalnya: “Serum jerawat Azarine”, “Tas sekolah Miniso”, atau “Smartphone Samsung A03”.
  • Keyword target utama: kata kunci utama dari produk Anda, biasanya sudah teruji atau pernah digunakan langsung untuk mempromosikan barang dagangan.
  • Keyword produk gratis: paket keyword berisi dua nama produk yang sering dijual bersamaan, saling terkait atau saling melengkapi. Contohnya: “Saus tomat dan cabe botol”, “garam dan gula dapur”.

Memadukan ketiga keyword ini tentu saja dapat menambah jumlah konsumen yang menemukan produk Anda. Servis lain yang menguntungkan dari search ads adalah bisa menampilkan hingga maksimal tiga produk best seller dalam satu iklan.

7 Cara Buat Amazon Ads yang Ampuh Tarik Konsumen

amazon ads

Tertarik mencoba beriklan di Amazon.com? Tentu inilah waktu terbaik bagi Anda untuk memperkenalkan produk dan brand ke kancah internasional!

Memposting iklan ke Amazon juga cukup gampang, lho. Anda bisa menarik sebanyak mungkin calon konsumen hanya dengan 7 tips berikut ini:

1. Cermat Pilih Produk Best Seller

Sebisa mungkin promosikan produk-produk yang paling laku keras alias best seller. Cara ini selalu ampuh menarik keinginan belanja konsumen. Dengan catatan, produk tersebut mempunyai harga yang kompetitif sesuai pasaran dan masih tersedia stoknya.

Peluang terjadinya transaksi pun bisa meningkat dua kali lipat jika Anda menambahkan promo menarik pada produk best seller. Namun Anda harus melakukan riset terlebih dahulu supaya bisa memilih produk dan diskon terbaik.

Tips tambahan:

  • Sesuaikan produk pilihan dengan trend atau kebutuhan masyarakat saat ini.
  • Alternatif lainnya, Anda boleh mempromosikan produk dengan nilai unik tersendiri.

2. Pasang Target Promosi

Setiap aktivitas marketing wajib memiliki tujuan yang hendak dicapai. Begitu juga kegiatan beriklan di Amazon. Buatlah rancangan target promosi jangka pendek ataupun panjang supaya proses pengiklanan berjalan dengan terarah.

Tujuan promosi juga bisa menjaga kestabilan pengeluaran modal beriklan. Anda dapat memantau seluruh pemasukan dan pengeluaran iklan, lalu menimbang apakah hasilnya sepadan, menguntungkan, atau malah merugikan bisnis.

Kabar baiknya Anda tidak perlu bingung menentukan target iklan di Amazon. Ini karena Amazon.com sudah menyediakan beragam saran dan kategori khusus untuk mempermudah pengarahan promosi. Beberapa contoh tujuan memasang ads antara lain:

  • Menumbuhkan brand awareness.
  • Memperluas popularitas brand.
  • Menjaring konsumen baru.
  • Mempererat hubungan/loyalitas dengan pelanggan lama.
  • Memperkenalkan produk baru.
  • Menciptakan penjualan.
  • Memberikan diskon menarik.

3. Tentukan Posisi Iklan

Tidak seperti media periklanan lain, Amazon ads bisa disiarkan di beragam tempat yang unik dan ramai dikunjungi warganet sehari-hari, contohnya:

  • Website dan aplikasi ecommerce Amazon.com.
  • Asisten digital sekaligus pemutar lagu “Alexa”.
  • Layanan streaming Amazon “Fire TV” dan “Prime”.
  • Website eksklusif Amazon “IMDb”.

Anda bebas memilih sendiri mau memasang iklan di mana sesuai jenis dan kebutuhan. Misalnya merilis iklan dalam bentuk video di Fire TV, atau audio mp3 di Alexa.

4. Pakai Fitur Penargetan Atribut Produk

Tips berikutnya adalah beriklan dengan fitur Penargetan Atribut Produk. Fitur ini hanya tersedia di Amazon dengan fungsi utama menampilkan produk Anda persis di samping rekomendasi item nomor satu.

Selain itu iklan juga akan muncul pada menu bertanda: “Produk Bersponsor yang Terkait dengan Item Ini”. Alhasil nama produk Anda akan selalu mengekor produk-produk milik brand pesaing. Dari sinilah brand Anda bisa mendapat perhatian lebih dari konsumen.

5. Pakai Copywriting di Halaman Produk

Jangan lupa untuk menerapkan ilmu copywriting saat menyusun halaman deskripsi produk. Tujuannya supaya informasi item tampil dengan menarik, memikat, serta tetap ringkas dan jelas.

Nyatanya kekuatan iklan saja masih belum cukup untuk meyakinkan konsumen berbelanja. Amazon advertisement hanyalah kail pancing yang mendorong pembeli mendatangi lapak Anda. Pada akhirnya rincian produk yang persuasif lah yang akan memperkuat keinginan mereka untuk check out.

Lengkapi juga halaman deskripsi dengan foto atau video item berkualias tinggi supaya konsumen makin tergiur mencoba produk. Kolom testimoni/review pun perlu mendapat perhatian karena calon konsumen cenderung membeli produk dengan rating 4.5 bintang ke atas.

6. Hindari Pemborosan dengan Keyword Negatif

Takut iklan Amazon Anda jadi kurang efektif? Anda bisa menghindari pemborosan modal beriklan dengan menyematkan keyword-keyword negatif ke dalam konten.

Kata kunci negatif adalah kata-kata penelusuran yang Anda hindari supaya produk tidak muncul di sana. Keyword ini sengaja dipasang untuk memfilter calon pembeli yang serius dan tidak.

Misalnya produk Anda mengandung pemanis buatan. Jadi cantumkanlah keyword negatif “bebas pemanis buatan” agar produk tidak ditemukan oleh konsumen yang menolak pemanis.

Pun Anda juga bisa memasukkan lebih banyak kata kunci yang panjang dan spesifik sebagai target utama iklan. Dengan begini produk bisa tampil bersaing di antara target konsumen yang benar.

7. Lakukan Pengujian

Langkah terakhir, lakukan pengujian terhadap iklan Anda. Evaluasi secara berkala akan membantu Anda mengetahui apakah iklan sudah berjalan sebagaimana mestinya atau belum.

Anda juga bisa melihat hal-hal yang perlu dimaksimalkan kembali, serta menghitung untung-ruginya secara umum. Jangan ragu untuk berinovasi dan menguji ide-ide baru demi memperoleh hasil promosi terbaik.

 

Demikianlah pembahasan lengkap terkait Amazon ads. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda di ranah global, ya!

Mau mendapat lebih banyak info menarik seputar digital marketing? Langsung kunjungi MARKEY di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) agar tak ketinggalan update artikel seru dan kaya wawasan spesial untuk Anda. Sampai bertemu lagi!

Cara Monetisasi YouTube Short: Wajib Penuhi Syarat Ini!

0
monetisasi youtube short

Kabar gembira, program monetisasi YouTube Short akan segera dimulai awal tahun depan! Yuk persiapkan diri Anda dengan mempelajari cara dan syarat wajib untuk dapat adsense YT Shorts di sini.

Ada banyak cara unik untuk meraup uang dari internet. Salah satunya adalah dengan join program monetisasi YouTube. Banyak orang pun terbukti sukses menjadi miliarder lewat jalur ini, sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Deddy Corbuzier.

Namun tak cuma bisa untung lewat vlog saja. CEO YouTube baru-baru ini mengumumkan bahwa konten kreator bisa meraih uang tambahan lewat video Shorts. Seperti apa cara kerja dan persentase profitnya?

Nah, tidak perlu bingung karena semua pertanyaan Anda terkait monetisasi YouTube Shorts telah kami jawab tuntas di sini. Mari langsung kita simak bersama ulasan selengkapnya!

 

Apa Itu Monetisasi YouTube Short?

monetisasi youtube short

Sesuai namanya, monetisasi YT Shorts adalah program pemasangan iklan di konten Short Anda. Dari sini Anda bisa memperoleh profit sesuai persentase yang ditetapkan pihak YouTube.

Monetisasi Shorts resmi memperluas cara kreator memperoleh pemasukan dari YouTube. Pun tidak seperti program monetisasi vlog biasa, kreator Short turut berkesempatan menerima fasilitas pendamping lengkap seperti Super Chat, Monthly Subscriber dan Fan Funding.

Semua orang tentunya boleh bergabung ke program ini, mulai dari pengguna baru hingga member YPP (YouTube Partner Program). Fitur Shorts sendiri telah ada sejak pertengahan 2021 silam, dalam format ringkas menyerupai TikTok. Oleh karena itulah jumlah penggemar konten Shorts meledak dengan cepat.

Peluang tersebut lantas dimanfaatkan oleh tim YouTube sebagai inovasi segar dalam program adsensenya. Kabar monetisasi Shorts YouTube pun sudah diumumkan resmi dalam event “Made On YouTube” di Los Angeles, Amerika beberapa waktu lalu.

Berapa Jumlah Pendapatan Monetisasi YouTube Short?

Berapa jumlah profit dari program monetisasi Shorts? Untuk Anda yang bertanya-tanya, persentase keuntungan adsense YouTube Shorts nantinya terbilang cukup besar hingga 45%.

Mengutip dari pernyataan resmi pengelola YouTube, pendapatan monetisasi Shorts diambil dari tayangan total iklan yang dimuat video Anda. Perhitungan pun dilakukan setiap bulan sebelum disalurkan ke rekening YouTuber.

Perlu dicatat juga profit tersebut masih terbagi lagi mengikuti pemakaian musik dalam video. Jika Anda menggunakan musik tanpa membayar lisensinya, maka profit Shorts akan dibagi setengah untuk sang musisi/artis.

Tapi apabila Anda sudah membeli lisensi, otomatis seluruh keuntungan adsense Shorts akan jatuh ke tangan Anda. Di samping keuntungan uang, konten kreator juga dapat menerima cuan tambahan dari Fan Funding (sumbangan dukungan penggemar).

 

Kapan Monetisasi YouTube Short Dimulai?

monetisasi youtube short

Program monetisasi Shorts YouTube akan resmi dimulai pada awal tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki, di acara “Made On YouTube”.

Kelak penonton akan melihat tayangan iklan dalam video Shorts per tahun 2023 nanti. Tidak seperti sekarang yang mana semuanya masih serba gratis tanpa adsense.

Begitu pula para kreator yang akan menerima upah apabila video mereka berhasil menembus ribuan hingga jutaan view. Namun untuk saat ini, tim YouTube masih dalam proses mengembangkan fitur-fitur eksklusif penunjang adsense Shorts.

Catat! Ini Syarat dan Ketentuan Bergabung Monetisasi YouTube Short

Sama seperti program adsense YouTube lainnya, ada syarat wajib yang harus dipenuhi jika ingin bergabung ke layanan monetisasi Shorts. Apa sajakah? Ini dia jawabannya:

1. Status YPP

Kreator Shorts diwajibkan bergabung ke YPP atau YouTube Partner Program terlebih dahulu. YPP adalah program yang memberikan akses luas ke beragam fitur adsense, referensi dan laporan bagi hasil ke kreator. Anda bisa mendaftar ke YPP melalui aplikasi YouTube saja.

2. Jumlah Subscriber

Syarat berikutnya adalah akun channel YouTube Anda wajib mempunyai minimal 1000 subscriber aktif. Hal ini dimaksudkan supaya jumlah penonton Shorts lebih banyak dan luas jangkauannya.

3. Jumlah Minimal View

Selain subscriber, jumlah minimal view konten juga wajib diperhatikan. Konten-konten Short yang punya 10 juta penayangan dalam 3 bulan terakhir mempunyai peluang lebih besar masuk monetisasi.

4. Originalitas Konten

Tentu saja video YouTube Shorts Anda harus original, tidak menjiplak karya orang lain dari media manapun (baik berupa video, audio, dokumen, artikel, foto dan lain-lain).

Shorts Anda juga tidak boleh berupa konten daur ulang atau repost dari platform lain. Konten yang ketahuan memplagiat dapat dilaporkan untuk diberi sanksi tegas, mulai dari takedown, suspend hingga persidangan hukum.

5. Menautkan Akun Adsense

Jangan lupa untuk menautkan akun Google adsense ke channel YouTube. Syarat ini bersifat mutlak supaya bonus penayangan iklan di video bisa langsung ditransfer ke rekening Anda.

6. Batas Usia Kreator (Minimal)

Kreator Shorts wajib berusia minimal 13 tahun untuk bergabung. Anda mungkin akan memerlukan surat pernyataan dari wali atau pendamping jika belum mempunyai kartu identitas (KTP) sendiri.

7. Jumlah Video Shorts

Syarat terakhir, kreator wajib pernah memposting minimal satu video Shorts di channelnya sebelum mendaftar program monetisasi. Video tersebut pun harus terunggah minimal dalam 6 bulan terakhir.

Bonus : Cara Mudah Membuat YouTube Short Lewat HP

Sekarang tiba waktunya untuk membuat video Shorts! Buatlah konten YouTube Shorts yang menarik agar bisa memperoleh banyak adsense, view dan uang. Namun bagaimana caranya?

Ternyata membuat Shorts cukup mudah, lho. Anda pun bisa langsung berkarya dengan modal smartphone saja. Langsung ikuti langkah-langkah membuat konten Shorts yang bagus di HP berikut ini:

  1. Instal aplikasi YouTube di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi > login ke akun atau channel YT.
  3. Scroll ke bagian terbawah > klik menu “Shorts”.
  4. Anda akan masuk ke halaman khusus YouTube Shorts. Di sinilah jutaan Shorts dari seluruh kreator berkumpul dan bisa dinikmati.
  5. Untuk membuat konten sendiri, klik icon kamera di pojok kanan atas.
  6. Pencet halaman “create” (buat).
  7. Jika ingin langsung merekam gambar, cukup gunakan fitur-fitur kamera yang telah tersedia di app.
  8. Namun apabila ingin mengunggah video hasil editan di aplikasi lain (ekspor dari galeri), Anda tinggal memencet icon galeri > memilih file > “OK”. Video akan langsung terupload.
  9. Jangan lupa untuk melakukan pengeditan untuk menyesuaikan video dengan frame YouTube Shorts. Di bagian kanan layar tersedia beragam fitur editing siap pakai (Sound, Filters, Timeline dan Text).
  10. Tambahkan caption menarik di menu Title. Gunakan skill copywritinguntuk membuat penonton penasaran dengan isi video.
  11. Atur penonton video Anda, apakah Public (terbuka untuk umum) atau Selective Audience (hanya orang/kelompok tertentu).
  12. Pencet “Upload” di pojok kanan atas layar.
  13. Selesai! Video Shorts pertama Anda kini sukses mengudara di YouTube.

 

Itulah dia rangkuman informasi terbaru seputar program monetisasi YouTube Shorts. Fitur ini bisa menjadi peluang cuan baru Anda yang tak kalah menguntungkan. Jadi tunggu apa lagi, segera buat karya Shorts terbaik Anda untuk didaftarkan ke monetisasi tahun depan!

Jangan sampai ketinggalan info-info terbaru dari dunia bisnis online hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga untuk menikmati ratusan artikel terhangat setiap hari. Sampai jumpa lagi!