Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 35

10 Usaha Online yang Laris Tahun Ini, Dijamin Laku Tiap Hari

0
Usaha Online yang Laris

Bingung memilih usaha online yang laris saat ini? Tenang, kami telah merangkum 10 macam jualan online produk dan jasa terbaik di tahun ini khusus untuk Anda!

Rekomendasi usaha online yang laris nyatanya terus berkembang. Di setiap tahunnya selalu ada produk dan jasa terbaru yang banyak diincar konsumen. Menariknya lagi, bisnis-bisnis ini menjanjikan omset berlimpah tanpa menghabiskan banyak modal.

Lalu apa sajakah produk dan jasa yang tinggi peminatnya saat ini? Tanpa basa-basi lagi, berikut rekomendasi usaha-usaha online yang laris dan wajib Anda coba dari sekarang!

10 Usaha Online yang Laris Manis Saat Ini (Rekomendasi Produk & Jasa)

 

Usaha online yang laris

 

Bisnis online adalah cara termudah memperoleh banyak pemasukan setiap hari. Apalagi jika Anda cerdas menawarkan penjualan produk/jasa yang banyak diminati konsumen alias “high demand”.

Sayangnya masih banyak orang bingung memilih bisnis terbaik untuk dicoba. Penyebabnya tak lain karena ada terlalu banyak rekomendasi usaha online yang laris dan menggiurkan.

Apakah Anda sendiri juga mengalami kendala serupa?

Kabar gembiranya, Anda bisa menggali inspirasi dari 10 usaha online yang laris manis berikut ini. Semuanya bisa dimulai dari rumah dengan modal seadanya sekaligus berpeluang untung besar, lho!

1. Bisnis Skincare dan Make Up

Produk skincare dan make up sedang menjadi item primadona di tahun ini. Saat ini pun konsumen pengguna skincare sudah merambah hingga kaum laki-laki, lho. Jadi tak heran jika aneka varian skincare for men mulai bermunculan di berbagai toko/brand.

Menariknya lagi, bisnis skincare dan make up dapat dicoba dengan modal yang kecil sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah saja. Pasarkanlah berbagai jenis skincare dan make up yang lagi viral dengan harga terjangkau agar toko lebih sering kedatangan pembeli.

2. Olshop Fashion

Bisnis fashion selalu menjadi rekomendasi usaha yang laris manis dari tahun ke tahun. Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan busana/pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Bahkan menurut survey Google Trend, bisnis fashion masih berada di peringkat teratas untuk kategori “inspirasi bisnis online tersukses”. Usaha pakaian memang tidak ada matinya, dan jumlah peminatnya kian meledak usai pandemi mereda akhir-akhir ini.

Modal bisnis ini juga tidak banyak. Anda bisa mulai mendirikan toko baju online dengan modal 500 ribu hingga 2 juta, atau mengawali karir sebagai dropshipper.

Namun jangan lupa untuk sering-sering mengupdate wawasan terkait trend busana terbaru. Hal ini penting agar koleksi toko Anda selalu fresh dan membuat penasaran konsumen.

3. Jual Casing Smartphone Custom

Pesatnya perkembangan variasi smartphone membuka peluang emas bagi para pedagang casing HP. Casing adalah aksesoris yang berfungsi sebagai pelindung luar HP agar ponsel tidak gampang retak saat jatuh atau basah terkena air.

Namun produk ini ramai diminati karena tersedia dalam banyak varian bentuk, desain serta warna. Hampir semua orang menganggap case custom yang bagus bisa menambah nilai estetika ponsel mereka.

Pun ada banyak cara untuk berjualan case custom, seperti membuat desain sendiri atau join reseller/dropshipper di ecommerce.

4. Berjualan Sembako

Rekomendasi bisnis online yang laris berikutnya adalah bisnis sembako. Kebutuhan pokok ini mencakup aneka bahan makanan seperti beras, tepung, minyak goreng, mie instan, dan bumbu-bumbu dapur lainnya.

Semua produk sembako kini bisa dipasarkan di ecommerce. Strategi ini justru dapat memperluas daya jangkau bisnis serta melipatgandakan profit. Keuntungan lain berjualan sembako online adalah pasti dibeli setiap hari dan tetap untung meski dijual murah.

5. Bisnis Frozen/Instan Food

Produk jualan online yang pasti laku lainnya adalah makanan beku dan minuman instan siap saji. Anda bebas mau menjual aneka camilan, lauk siap olah dan minuman kekinian yang ramai disukai masyarakat. Contohnya seperti:

  • Camilan street food Korea: tteokbokki, hottang, corndog, bungeoppang.
  • Camilan pedas nikmat: seblak, mie lidi, makaroni pedas.
  • Baso aci.
  • Jajanan manis: oreo, cokelat, sereal kiloan, biskuit, wafer.
  • Nugget beku, bakso beku, sosis, kentang goreng.
  • Bubble drink, es kopi susu, soda, bubuk minuman siap olah.
  • Dan masih banyak lagi!

Namun pastikan Anda mengemas makanan dan minuman siap saji sebaik mungkin demi menjaga kualitas rasa serta kehigienisannya. Terutama jika Anda menjual makanan kering dan beku yang dikirim keluar kota.

6. Layanan Content Writing SEO

Sedari tadi kita sudah melihat aneka usaha online yang laris berupa produk. Sekarang tiba waktunya untuk mengintip rekomendasi bisnis online berupa jasa.

Apakah Anda punya hobi menulis? Jika iya, maka manfaatkanlah kemampuan tersebut dengan menyediakan layanan content writing SEO! Jasa ini tergolong high demand karena dibutuhkan oleh para pemilik website/blog bisnis dan ecommerce.

Nantinya tugas Anda adalah menulis artikel yang ramah SEO sesuai permintaan klien. Semakin baik hasil karya Anda maka semakin besar pula upah yang diperoleh. Bayaran jasa content writing pun biasanya cukup mahal karena dihitung per kata dalam artikel.

7. Freelance Website Developer

Faktanya hampir semua orang saat ini memerlukan sebuah website, baik untuk mempromosikan bisnis atau portofolio pribadi. Di sinilah Anda dapat mengambil peluang bisnis baru dengan menjadi jasa pengembangan web custom.

Membuat sebuah website custom sederhana juga tidak sulit. Anda bisa mempelajari dasar-dasar coding di berbagai media online, YouTube, atau mengambil kursus bootcamp gratis. Minimal Anda harus menguasai tata cara pembuatan web yang sering direquest klien, seperti:

  • Website bisnis online.
  • Website media berita.
  • Website portofolio individu.
  • Website profil bisnis (landing page/business page).

8. Jasa Desain Grafis

Kemudian untuk Anda yang punya passion di bidang seni desain, Anda bisa mencoba peruntungan sebagai desainer grafis online! Layanan jasa ini bergerak di bidang kreatif dengan membuat aneka desain sesuai kebutuhan konsumen, contohnya:

  • Desain logo produk atau usaha.
  • Header, banner/flyer promosi.
  • Merchandise
  • Jasa ilustrasi.
  • Desain website dan aplikasi.
  • Dan seterusnya.

Jasa desain grafis termasuk sebagai usaha online yang laris dan menguntungkan. Harga sebuah desain bisa menjadi mahal mengikuti tingkat kerumitan permintaan klien. Anda dapat menjajakan jasa ini beserta portofolio di lapak sosmed pribadi atau join komunitas freelancer desain grafis seperti Fiver dan Sribu.id.

9. Jasa Personal VA (Virtual Assistant)

Pernahkah Anda mendengar layanan personal virtual assistant (VA)? Profesi online ini mulai banyak dibutuhkan seiring kemajuan teknologi di abad ini.

Pun sesuai namanya, personal virtual assistant adalah orang/staf yang bertugas membantu klien menghadapi berbagai masalah secara online. Seorang klien menyewa jasa VA untuk mengurusi beragam keperluan bisnis seperti:

  • Memanajemen aktivitas ecommerce/toko online.
  • Mengelola sosial media dan engagement.
  • Mengupdate dan mengisi konten di website.
  • Dan lain-lain.

Profesi ini cukup menyenangkan bagi sebagian orang karena bisa dijalankan dari mana saja, serta dibayar berdasarkan jam kerja.

10. Jasa Penerjemah (Translator)

Rekomendasi usaha online yang laris terakhir adalah jasa penerjemah bahasa. Peluang ini wajib dicoba jika Anda saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik.

Jasa penerjemah juga dapat bekerja dimana saja, misalnya menerjemahkan dokumen, narasi lisan (interpretasi), komik, laman web, hingga membuat subtitle film. Bayaran jasa penerjemah tak kalah menjanjikan karena dihitung per kata/per halaman file.

Demikianlah 10 jenis bisnis online berupa produk dan jasa yang laris manis saat ini! Cukup pilih tipe usaha yang dirasa paling sesuai dengan passion Anda saat ini, lalu mulailah berbisnis. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak kiat sukses menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sayonara!

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta, Omsetnya 2x Lipat!

0
10 Franchise makanan dibawah 10 juta

Memulai bisnis franchise makanan tidak selalu mahal, lho. Inilah 10 franchise makanan dibawah 10 juta yang sedang ramai dicari tahun ini. Anda wajib coba karena omsetnya bisa tembus hingga 2x lipat dari modal!

Franchise adalah opsi terbaik jika Anda ingin berbisnis di bidang kuliner tanpa repot. Usaha ini bisa langsung dimulai tanpa modal besar atau pengalaman bisnis mendalam. Anda hanya perlu membeli lisensi sebuah merek lalu mengelola outlet yang sudah disediakan. Praktis, bukan?

Nah untuk Anda yang tertarik mencoba, yuk simak dulu 10 rekomendasi usaha franchise makanan dibawah 10 juta terbaik berikut ini.

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta Terlaris Saat Ini

 

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

 

Bisnis franchise makanan dulunya dipandang sebagai usaha yang mahal dengan modal ratusan juta rupiah. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini justru ada banyak rekomendasi bisnis franchise makanan dibawah 10 juta.

Jangan salah, walau bermodal tipis, bisnis-bisnis franchise berikut sanggup mendatangkan omset hingga dua kali lipat dari modal awal:

1. Roti “Mr. John” ala Singapura

Siapa yang tidak tahu brand roti terkenal “Mr. John” asal Singapura? Bisnis camilan lezat aneka rasa ini sekarang menyediakan peluang franchise di Indonesia dengan budget kurang dari 10 juta rupiah.

Roti Mr. John dikenal mempunyai tekstur serta varian rasa yang unik, seperti durian dan srikaya. Jadi tidak heran kalau penggemar makanan ini sangat banyak dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa menyiapkan budget awal sebesar kurang lebih 8 juta rupiah. Sedangkan jumlah omset bisnis roti Mr. John rata-rata berkisar antara 9 hingga 18 juta per bulan.

2. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Pedagang Jasuke kian menjamur di Tanah Air saat ini. Bagaimana tidak, selain lezat dan manis, bisnis Jasuke dapat ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi strategis. Misalnya seperti areal perkantoran, pasar, depan supermarket dan sekolah.

Jasuke adalah camilan manis berbahan dasar jagung dengan taburan keju parut dan susu kental manis. Bisnis ini bisa Anda rintis dengan join sistem franchise-nya seharga 2,5 sampai 3 juta rupiah. Biaya tersebut pun sudah termasuk booth Jasuke beserta alat dan bahan-bahannya.

3. Ayam Goreng “Sabana”

Nama ayam goreng “Sabana” mulai viral di berbagai kabupaten Indonesia karena harganya yang terjangkau. Kualitas dan rasanya juga tak kalah juara, lho!

Banyak orang menilai rasa ayam goreng Sabana 11:12 dengan yang ada di resto ternama. Alhasil tidaklah mengherankan jika banyak orang tertarik membuka bisnis franchise ayam Sabana.

Bisnis ini menjanjikan omset hingga 20 juta per bulan dengan modal kurang dari 10 juta saja. Sangat disarankan untuk membuka outlet di lokasi yang strategis serta menggiatkan penjualan di platform online demi memaksimalkan omset.

4. Es Capcin (Cappucino Cincau)

Bisnis franchise makanan dibawah 10 juta selanjutnya adalah es capcin (cappucino cincau). Perpaduan manis, segar dan menyehatkan dari cincau dan cappucino sering menjadi incaran warga—khususnya di hari-hari yang panas dan terik.

Usaha waralaba es capcin juga terbilang murah, hanya berkisar antara 2 hingga 5 juta tergantung dari besar kecilnya booth. Salah satu vendor penyedia franchise es capcin terpercaya di Indonesia adalah www.cappucinocincau.org.

5. Crepes Manis

Apakah Anda pecinta makanan manis? Kalau iya, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka franchise snack Crepes manis aneka rasa.

Crepes adalah adonan tipis dari tepung yang dilipat-lipat, lengkap dengan beraneka ragam isian seperti cokelat, keju, kacang, hingga buah-buahan, selai dan Oreo. Satu porsi crepes manis mempunyai harga yang berbeda tergantung pilihan isiannya.

Bisnis makanan ini dijamin laris manis karena sering dinikmati banyak orang dari beragam kalangan. Modal usaha franchise crepes juga masih sangat terjangkau, maksimal hanya 6 juta rupiah saja.

6. Tahu Krispi

Kalau tadi sudah ada makanan manis, sekarang waktunya untuk yang gurih plus asin. Bisnis franchise tahu krispi berbumbu bisa menjadi pilihan karena omsetnya tak kalah menggiurkan.

Bisnis tahu krispi bisa dimulai dengan budget kurang dari 5 juta dan tanpa sistem bagi hasil per bulan. Dengan kata lain, seluruh keuntungan penjualan akan langsung masuk menjadi milik Anda.

7. Hottang dan Corndog Korea

Demam budaya Korea juga membuka peluang franchise yang menarik. Ya, Anda bisa meraup untung lewat franchise street food populer Korea yakni hottang, corndog dan tteokbokki!

Ketiga makanan tersebut sangat sering muncul di berbagai film drama Korea dan membuat para penonton ngiler. Gerai Anda dijamin laris manis setiap hari diburu konsumen yang penasaran dengan kelezatan sajian hottang, corndog dan tteokbokki.

Modal usaha ini juga tidak banyak, cukup dengan 3,5 sampai 5,5 juta di awal saja. Anda juga dapat memaksimalkan kunjungan pembeli lewat cara-cara unik seperti mendekor booth dengan nuansa K-Pop.

8. Chicken Popcorn

Berikutnya ada chicken popcorn atau chicken pop. Franchise chicken pop memakan modal sebesar 7 juta rupiah, namun sudah termasuk outlet ukuran sedang, alat masak, bahan-bahan, serta kompor gasnya.

Chicken pop sendiri merupakan camilan ayam goreng krispi tanpa tulang yang dipotong kecil-kecil. Selanjutnya ayam tersebut dibalur bumbu sesuai request. Franchise ini sangat mudah ditemui di berbagai mall Indonesia, oleh sebab itu omsetnya terbilang lumayan besar.

9. Es Boba / Bubble Drink

Kurang lengkap rasanya jika tidak menyebut usaha es boba kekinian saat membicarakan rekomendasi franchise makanan yang murah. Peluang bisnis bubble drink sangat besar mengikuti tingkat popularitasnya di masyarakat.

Bisnis es boba bisa dimulai dengan modal super kecil yakni 500 ribu rupiah saja! Sedangkan omset yang bisa digapai lebih bervariasi, mulai dari 3 juta sehari hingga 120 juta per bulan. Fantastis, bukan?

Anda bebas memilih sendiri brand es boba yang diinginkan sebagai waralaba. Beberapa merek franchise boba drink ngehits saat ini adalah Dum Dum, Nyot Thai Tea, Xie Xie Boba, Kamsia, dan lain-lain.

10. Takoyaki “Shizuka”

Inspirasi franchise makanan dibawah 10 juta yang terakhir adalah Takoyaki “Shizuka”. Dari namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa makanan ini berasal dari Jepang.

Takoyaki adalah jajanan pinggir jalan khas negeri Sakura dengan isian cumi, nori, dan saus yang khas. Meski merupakan makanan luar, jumlah pecinta Takoyaki di Indonesia juga cukup banyak, lho. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba peluang franchise makanan murah yang satu ini!

Satu set franchise Takoyaki Shizuka dihargai sebesar 2,5 juta rupiah saja. Paket tersebut sudah mencakup set alat masak, resep, daftar menu, booth kecil dan bahan baku, jadi Anda bisa langsung mulai berjualan!

Cara Memilih Franchise Makanan Dibawah 10 Juta yang Menguntungkan

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja 10 bisnis franchise makanan murah dibawah 10 juta yang sedang hits saat ini. Pertanyaan selanjutnya yang tak kalah penting adalah: “Bagaimana cara memilih bisnis franchise yang murah, berkualitas dan menguntungkan?”

Menjamurnya ragam usaha franchise murah dapat menyulitkan kita saat memilih. Tapi tenang saja, Anda bisa menyeleksi franchise makanan terbaik dengan 5 tips simpel berikut ini:

1. Selalu Pelajari Seluk Beluk Bisnis Pilihan

Langkah pertama dalam memulai usaha franchise makanan adalah mempelajari seluk beluk bisnis pilihan Anda. Pasalnya, bisnis franchise tetap tak luput dari beragam rintangan walaupun kebutuhan operasionalnya sudah disediakan oleh vendor.

Beberapa contoh masalah yang dimaksud bisa berupa keterlambatan suplai bahan baku, kenaikan harga sewa, promosi yang kurang efektif, dan lain-lain. Maka dari itu Anda perlu mempelajari seluruh peluang dari bisnis franchise yang hendak dijalani.

Tips tambahan:

  • Pilihlah franchise makanan yang sedikit jumlahnya di domisili tempat tinggal Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi level persaingan dengan usaha makanan lainnya.
  • Atau, pilihlah franchise makanan yang selalu diminati/sesuai selera target konsumen. Contohnya Anda bisa membuka franchise seblak pedas berlevel di lingkungan masyarakat pecinta kuliner pedas.

2. Memilih Franchise Sesuai Minat

Tips simpel berikutnya adalah memilih usaha franchise makanan sesuai minat atau passion Anda sendiri. Strategi ini dapat membantu Anda lebih mudah mengembangkan usaha dalam jangka panjang.

Misalnya Anda seorang pecinta kopi dan punya wawasan yang luas terkait pengolahan minuman tersebut. Otomatis Anda akan lebih gampang mengelola bisnis franchise kopi ketimbang makanan jenis lain.

3. Periksa Profil dan Ulasan Kerjasama Franchise Incaran

Jangan lupa untuk selalu memeriksa keseluruhan identitas dari opsi franchise incaran Anda. Tahapan ini sangat penting guna menyelamatkan diri dari aksi penipuan berkedok franchise.

Selalu periksa profil, izin operasional, dan mekanisme kerja franchise pilihan sedetil mungkin. Anda juga bisa melihat ulasan (testimoni) dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan vendor franchise guna memperoleh penilaian lebih akurat.

Lalu jangan cepat tergiur dengan penawaran franchise makanan murah dibawah 10 juta, atau franchise makanan yang didukung oleh artis-artis terkenal. Usaha tersebut memang terdengar menjanjikan, tapi cross check tetaplah penting demi memastikan bisnis pilihan 100% bersih dari skandal.

4. Sesuaikan Pilihan dengan Budget

Setiap orang mempunyai modal awal franchise yang berbeda. Oleh karena itu tidak ada salahnya memilih bisnis franchise yang sesuai dengan kondisi kantong kita sebagai langkah awal. Begitu bisnis berjalan dan mendatangkan omset, barulah Anda bisa mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

5. Buat Strategi Pengembangan Usaha Franchise

Tips terakhir adalah melengkapi usaha Anda dengan strategi marketing yang tepat. Tanggung jawab marketing franchise tetap berada di tangan Anda selaku pemilik. Vendor hanya menyediakan sarana dan prasarana pendukung operasionalnya saja.

Alhasil sangat penting untuk menyiapkan strategi pemasaran sebelum mengelola outlet franchise. Pastikan rencana bisnis Anda cocok dengan karakteristik usaha yang mau dijalankan, ya.

Itulah 10 rekomendasi bisnis franchise makanan dibawah 10 juta terlaris saat ini. Kini Anda hanya perlu memilih tipe usaha terbaik menurut Anda. Selamat mencoba!

Jangan lewatkan inspirasi bisnis menarik lainnya hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk mendapat akses gratis ke ratusan artikel terbaik dari dunia digital marketing. Sampai jumpa lagi!

10 Cara Mudah Membuat Iklan Penawaran Jasa [Disertai Contoh]

0
Iklan penawaran jasa

Seperti apa iklan penawaran jasa yang mudah memikat perhatian konsumen? Daripada bingung, mari gali inspirasi dari 10 contoh iklan penawaran layanan perusahaan terbaik berikut ini, yuk!

Iklan adalah komponen terpenting dalam setiap usaha. Tanpa adanya iklan, mustahil layanan perusahaan Anda bisa dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hanya saja, bentuk iklan jasa agak sedikit berbeda dibandingkan dengan penawaran produk. Agar tidak salah buat, mari simak dulu pengertian, contoh dan cara membuat iklan penawaran jasa paling kreatif berikut ini.

Apa itu Iklan Penawaran Jasa?

 

Iklan penawaran jasa

 

Iklan penawaran jasa adalah taktik marketing dengan tujuan memperkenalkan layanan jasa sebuah perusahaan kepada target konsumen. Bentuk pemasaran ini juga dikenal dengan iklan niaga.

Setiap perusahaan jasa sebaiknya memperkenalkan layanan yang dimiliki melalui iklan penawaran. Ini karena iklan-iklan niaga jasa terbukti ampuh menjangkau banyak konsumen dengan cepat. Selain itu, iklan promosi jasa juga bermanfaat untuk membangun brand awareness perusahaan.

Sebuah iklan penawaran layanan jasa yang efektif umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Disampaikan secara luas di berbagai media/platform (misalnya sosial media, website, TV, koran, baliho, brosur, e-book, dan seterusnya).
  • Menjelaskan manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat apabila menggunakan jasa yang diiklankan.
  • Mendeskripsikan fitur-fitur unggulan dari jasa kepada calon konsumen.
  • Berisi ajakan atau mendorong masyarakat untuk mencoba layanan jasa dalam iklan.

10 Cara Membuat Iklan Penawaran Jasa yang Menghipnotis Konsumen

Lalu bagaimana cara membuat iklan penawaran layanan/jasa yang bagus? Tidak perlu bingung, cukup ikuti 10 langkah mudah berikut ini dan iklan Anda akan tampil dengan sempurna:

1. Rancang Strategi dan Tujuan Promosi

Langkah pertama, susunlah strategi sekaligus tujuan promosi Anda terlebih dahulu. Prosedur ini penting dalam menciptakan iklan penawaran jasa yang tepat sasaran.

Terdapat sejumlah poin yang wajib Anda riset terkait pelaksanaan promosi, di antaranya:

  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa permasalahan atau kebutuhan utama konsumen Anda?
  • Apa tujuan jangka pendek atau panjang dari promosi ini?
  • Bagaimana cara terbaik mendekati pelanggan?
  • Bagaimana cara kompetitor Anda mempromosikan layanan mereka? Adakah yang bisa Anda improvisasi dari strategi tersebut?
  • Kapan waktu terbaik mempromosikan jasa?
  • Berapa budget promosi yang bisa Anda anggarkan?
  • Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

2. Tentukan Platform Promosi

Langkah selanjutnya, tentukanlah platform/media yang ingin Anda gunakan saat berpromosi. Pemilihan media akan memengaruhi bentuk konten Anda nantinya.

Semisal Anda ingin menggencarkan iklan di website. Otomatis, materi promosi akan lebih banyak berupa artikel atau tulisan copywriting. Namun jika Anda memilih promosi di sosmed seperti Instagram, maka konten yang cocok adalah aneka foto/video.

Anda boleh memasang iklan lebih dari 1 platform promosi sesuai kebutuhan. Namun jangan terlalu memakai terlalu banyak media demi menjaga efektivitas serta fokus kampanye. Cukup pilih platform yang paling diminati/sering diakses oleh target calon konsumen.

3. Riset Ide dan Tren yang Sedang Viral

Kemas iklan dengan aneka ide atau tren yang sedang viral supaya hasilnya lebih menarik.

Banyak penelitian membuktikan bahwa brand yang up to date dengan isu terhangat lebih gampang mendapat sorotan di masyarakat. Dengan kata lain, nama perusahaan Anda dapat lebih cepat terkenal.

Nah, cara termudah untuk mengetahui tren yang lagi viral adalah dengan memanfaatkan tools analisis seperti Google Trends. Anda juga bisa menyimak informasi terbaru di dunia maya lewat menu ‘explore’ atau ‘now trending’ yang dimiliki hampir semua sosmed kekinian.

4. Gunakan Judul yang Memikat

Langkah selanjutnya adalah membuat kalimat pembuka atau judul iklan yang memikat. Sebisa mungkin kreasikan judul iklan Anda demi menciptakan rasa penasaran audiens. Sangat disarankan untuk memakai strategi copywriting supaya tulisan Anda jadi lebih menarik.

5. Lengkapi dengan Informasi Terkait Jasa

Berikutnya lengkapi iklan Anda dengan beragam informasi terkait jasa. Bagian ini merupakan inti pesan yang mau Anda sampaikan ke calon konsumen.

Bentuk informasi yang dicantumkan dalam iklan promosi jasa juga berbeda-beda, tergantung pada servis yang Anda sediakan. Namun semakin relevan isi informasi dengan kebutuhan pembeli, maka makin besar pula keinginan mereka mencoba layanan.

6. Sisipkan Keyword ke dalam Iklan

Selipkan 1 hingga 2 kata kunci terkait layanan jasa ke dalam deskripsi iklan Anda. Hal ini dapat mendongkrak visibilitas iklan agar lebih mudah ditemukan calon pembeli.

Semisal Anda ingin mempromosikan jasa fotografi murah. Nah, Anda dapat menggunakan banyak varian kata kunci yang relevan seperti: jasa sewa fotografer atau fotografer murah.

Hanya saja, penentuan kata kunci tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Manfaatkanlah alat riset keyword gratis seperti Google Keyword Planner, Semrush atau Ubersuggest, untuk memperoleh rekomendasi yang tepat.

7. Paparkan Manfaat dan Keunggulan Jasa

Poin berikutnya yang wajib ada dalam setiap iklan penawaran adalah manfaat dan keunggulan layanan. Dua hal ini akan membuat audiens merasa kian tertarik mencoba servis brand Anda. Maka dari itu, Anda perlu menulis manfaat jasa dari kacamata konsumen.

8. Jelaskan dengan Sederhana

Semua informasi dalam iklan sebaiknya dipaparkan dengan sederhana, lugas, dan tidak bertele-tele. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mencerna isi iklan. Kesederhanaan iklan sebaiknya dicerminkan dari sisi kepenulisan (copywriting) dan juga desain.

9. Tutup dengan Call To Action

Selalu akhiri iklan Anda dengan ajakan untuk bertindak (Call To Action). Misalnya seperti:

  • “Pesan sekarang”.
  • “Beli di sini”.
  • “Order sebelum kehabisan”.
  • “Langganan langsung dengan klik link ini.”
  • “Ketuk banner untuk mendapat promo.”
  • “Klaim voucher Anda”.
  • Dan masih banyak lagi sesuai tujuan iklan masing-masing.

Poin CTA juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan copywriting, elemen desain grafis, hingga desain tombol khusus dengan warna-warni mencolok.

10. Buat Iklan yang Mobile Friendly

Tips terakhir, cobalah untuk membuat iklan penawaran yang mobile friendly. Trik ini bermanfaat untuk memaksimalkan daya jangkau iklan layanan Anda di masyarakat, mengingat hampir semua orang kini mengandalkan smartphone untuk mengakses informasi terbaru.

Membuat iklan yang mobile friendly tidak begitu sulit. Minimal Anda perlu menyesuaikan tampilan serta format iklan agar pas sesuai standar ukuran layar ponsel. Cara lainnya, Anda bisa menggencarkan promosi di sosial media.

Contoh Iklan Penawaran Jasa dari Berbagai Bidang Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh iklan penawaran jasa dari berbagai ranah yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Iklan Penawaran Layanan Ojek Online

  1. Kesiangan dan takut telat atau macet? Tenang, pesan jasa Ojek Online kami sekarang lewat app, dijamin auto sat-set-sat-set!
  2. Pergi kemana saja, tarif tetap sama! Order OjolKu sekarang, tarif hanya 10 ribu rupiah plus banyak diskon menarik!
  3. Anti laper di jam genting dengan pesan makan siang gratis ongkir di YukFood! Ketuk banner untuk melihat rekomendasi top resto di lokasimu & klaim puluhan voucher diskon menariknya.

2. Iklan Penawaran Layanan Servis

  1. Spesialis sedot WC mampet/penuh dan keran bocor di rumah. Dikerjakan langsung oleh tenaga profesional. Hubungi @servisandalanku sekarang, harga bisa nego!
  2. Barang elektronik kesayangan Anda rusak? Jangan panik, kami siap menyelamatkan gadget Anda! Hubungi 081237482xx sekarang untuk konsultasi, GRATIS.

3. Iklan Penawaran Pembuatan Website dan Aplikasi

  1. Hari gini masih belum punya website bisnis sendiri? Tingkatkan performa olshop Anda bersama APPKEY! Kami menyediakan konsultasi gratis seputar masalah bisnis online dan pembuatan web/app murah se-Indonesia, langsung klik https://appkey.id/ ya!
  2. 9 dari 10 bisnis online sukses meraup omset ratusan juta dengan website sendiri buatan JagoWeb! Melayani custom website bisnis dan personal sesuai kebutuhan, cek portofolionya di www.jagoweb.com.

4. Iklan Penawaran Bimbel dan Kursus

  1. It’s time to back to school!! Yuk gapai cita-cita dan jadi juara di sekolah bersama Bimbel Kidi, les privat online dan offline terbaik se-Bali untuk semua mata pelajaran. Segera book slot belajar spesial untuk bulan ini sebelum penuh.
  2. Mau jago cas-cis-cus bahasa Inggris seperti orang Amerika? Join program Speaking Mastery bersama Mr. Robert sekarang di www.robertenglish.id. Ada cashback hingga 50% bagi 10 pendaftar pertama!

5. Iklan Penawaran Jasa Finance

  1. Sedang butuh dana cepat?? Ajukan cicilan bunga ringan hingga 0% di BaliBali Credit! Limit besar hingga 80 juta dan langsung cair dalam 24 jam tanpa syarat.
  2. Buka tabungan bonus iPhone 14 terbaru hanya di AirBank mobile. Banyak program menarik lainnya juga menanti untuk nasabah baru di akhir tahun. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di sini!

6. Iklan Penawaran Jasa Travel

  1. Galau diputusin ayang? Jangan sedih lama-lama, bestie! Manjakan dirimu dengan program spesial staycation di Gili Trawangan bersama Travel2You. Info selengkapnya klik @travel2you_promo.
  2. Mari sambut New Year bareng keluarga dengan paket jalan-jalan super hemat ke Singapura, cuma 10 juta untuk 4 orang. Book tiketmu sekarang juga sebelum kehabisan!

7. Iklan Penawaran Jasa Konten Kreator

  1. Abadikan memori indah pernikahan/ulang tahun/gathering/wisuda dll bersama Ayana Gallery Bandung. Ditangani oleh fotografer dan videografer profesional, ada studio khusus dan set outdoor. Harga terjangkau bisa nego.
  2. Calling all UMKM se-Indonesia!!! Ruang Kreatif membuka jasa desain produk/kemasan/logo murah dengan hasil bintang 5. Limited slot only; tidak puas, uang kembali! Cek portofolio & info pemesanan di www.ruangkreatif.com.

Demikianlah pembahasan seputar cara membuat iklan penawaran jasa yang menarik beserta contoh-contohnya. Bagaimana, menyusun iklan promosi jasa itu ternyata cukup mudah, ‘kan?

Gali lebih banyak tips dan inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Jangan lewatkan koleksi artikel terbarunya setiap hari dengan mengklik https://markey.id/ atau instal MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Siap Pakai! 15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop

0

Mau produk atau jasa Anda terjual lebih cepat? Yuk promosikan bisnis Anda dengan 15 contoh copywriting yang menarik berikut ini!

Copywriting adalah strategi pemasaran dengan kalimat persuasif yang kuat. Trik ini mampu menghipnotis pembaca supaya mau bertindak sesuai keinginan kita. Maka dari itulah kegunaan teknik copywriting tak pernah lekang oleh waktu.

Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan ketika menyusun kalimat copywriting yang menarik. Daripada ikut galau, mari langsung simak aneka tips menulis copywriting yang menarik untuk olshop disertai contohnya di sini.

15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop Masa Kini

 

contoh copywriting yang menarik

 

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari inspirasi caption promosi yang memikat. Langsung simak rangkuman tips dan contoh copywriting yang menarik bagi olshop kekinian berikut ini:

1. Copywriting Headline Kontroversial

Tulisan headline yang kontroversial sukses menjadi contoh copywriting yang menarik dan layak dicoba. Ini karena tulisan kontroversial mempunyai gaya bahasa yang “menantang” serta tak lazim, sehingga lebih mudah mencuri perhatian audiens.

Selain itu, copywriting dengan nada kontroversi juga banyak memakai kosakata yang “mengejutkan” atau “menggebrak” perhatian pembaca.

Contohnya:

  • AWAS!!! Ada kopi susu gula aren terenak 10 ribuan di sini!
  • Hari gini masih percaya krim pemutih? Mending ganti ke serum whitening “Sakura”.
  • Rusak saja buku ini: solusi cepat atasi kegalauan dan overthinking.

2. Copywriting dengan Kategori “Terbaik”

Contoh copywriting yang menarik sekaligus termudah lainnya adalah dengan memakai kata-kata kategori ‘terbaik’. Misalnya seperti “termurah”, “terlaris”, “paling berkualitas”, “terpopuler”, “terviral”, “terbaru” dan seterusnya.

Kosakata tersebut dapat menonjolkan produk atau jasa Anda di mata audiens nantinya. Contoh copywritingnya:

  • Finance ABC: Layanan asuransi terlengkap dan termurah se-Indonesia.
  • Sudah cobain makaroni pedas terviral “Sambalado”? Segera order di sini!
  • Ribuan hotel termurah di Bali sekarang bisa kamu pesan langsung dari “Jalan-Jalan App”. Download sekarang!

3. Copywriting dengan Quotes

Punya quotes atau jargon unik yang memikat perhatian? Jangan ragu untuk menggunakannya sebagai kalimat pembuka tulisan copywriting promosi!

Menyematkan quotes populer ke tulisan copywriting terbukti ampuh menarik perhatian masyarakat. Dengan catatan, jargon yang digunakan tetap sesuai konteks/tujuan promosi.

Contohnya:

  • Selalu ada selalu bisa! Beli semua di Tokopedia.
  • Si paling bikin happy! Cuma hari ini ada promo seru B1G1 di Sunshine Beauty, kuy mampir!

4. Copywriting dengan Jaminan (Klaim)

Anda boleh mengklaim bisnis/online shop milik sendiri sebagai yang terbaik di bidangnya. Strategi marketing ini dapat menarik perhatian audiens sekaligus memperkuat branding.

Contohnya:

  • Dijamin super hemat belanja di We Buy! Ada yang lebih murah? Kami ganti belanjaanmu 2x lipat!
  • Rahasia ampuh turun berat badan tanpa menyiksa diri, cuma dengan 1 botol saja.
  • Gerai fashion terbesar se-Asia Tenggara kini hadir spesial di kotamu.
  • Jadi lebih pintar berbisnis online bersama MARKEY, ribuan orang sudah membuktikannya!

5. Copywriting dengan Pertanyaan untuk Audiens

Pernahkah Anda menemukan deskripsi copywriting dalam kalimat tanya? Bentuk tulisan yang seperti itu memang sengaja dilakukan guna membangun keakraban penulis dan audiens.

Namun Anda harus bisa memahami kesulitan-kesulitan audiens agar dapat membuat rumusan kalimat tanya yang tepat. Dengan begini, konsumen akan merasa bahwa Anda mengerti permasalahan mereka dan menyajikan solusinya dalam tulisan copywriting/promosi.

Contohnya:

  • Sering nggak PD karena jerawat membandel? Baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Siapa yang nggak mau dagangannya laris manis diburu pembeli? Kami punya tips dan trik khusus untuk memaksimalkan omset olshop!
  • Mau pesan apa hari ini? Yuk cobain menu terbaik khas Indonesia di Lunch Resto, bonus diskon hingga 60% menanti!

6. Copywriting dengan “Warning”

Contoh copywriting yang menarik selanjutnya adalah warning headline (headline dengan peringatan). Penulis dengan sengaja membangkitkan rasa takut audiens sehingga mereka terdorong untuk menyimak isi teks hingga tuntas.

Namun jangan hanya sekadar memicu ketakutan pembaca saja. Berikanlah juga jawaban/solusi terbaik agar audiens merasa puas dan tidak mencemaskan masalah.

Sudah ada banyak contoh copywriting yang menarik dengan warning headline, misalnya:

  • Waspada jika sering galau! Bisa jadi tanda awal gangguan kecemasan. Ini solusinya.
  • Hati-hati frozen food berbahan kimia! Sayangi keluarga dengan belanja makanan siap santap di NomNom Food, 100% organik.

7. Copywriting Tutorial

Inspirasi tulisan copywriting lainnya adalah mengawali kalimat dengan pertanyaan tutorial (how to). Konten how to banyak dicari audiens karena sering menyediakan jawaban atas pertanyaan mereka. Alhasil, tulisan copywriting ini ampuh untuk meningkatkan engagement sekaligus branding bisnis.

Contoh:

  • Bagaimana cara mendaftar Shopee affiliates? Ini tips dan triknya [100% berhasil!]
  • Panduan komplit make up flawless untuk pemula [Disertai rekomendasi produk]

8. Copywriting Perbandingan

Sesuai dengan namanya, trik copywriting perbandingan menjanjikan ulasan dua atau lebih produk. Konten perbandingan cukup banyak dicari masyarakat karena membantu mereka dalam memutuskan produk/jasa terbaik.

Anda bisa membandingkan apa saja, mulai dari varian produk yang Anda jual atau spesifikasi produk sendiri versus milik pesaing. Meski begitu, Anda tidak boleh menjelekkan salah satu item. Cukup beri penjelasan yang detail terkait perbedaan antar produk, lalu biarkan audiens yang memilih.

Contoh:

  • Moisturizer varian ABC versus XYZ, mana yang paling cocok untuk kulit sensitif? Ini jawabannya!
  • Keuntungan dan perbedaan utama IG Reels dan TikTok, content creator wajib tahu!

9. Copywriting dengan Kalimat Perintah

Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan produk/jasa memakai kalimat perintah? Ternyata ada banyak contoh copywriting yang memikat dengan kalimat-kalimat suruhan, lho!

Tulisan copywriting dengan kalimat perintah ditujukan untuk mengarahkan pemirsa agar bertindak sesuai tujuan kampanye. Kalimat yang digunakan biasanya bersifat mendesak serta jelas alasannya. Misalnya seperti:

  • Join live streaming sale untuk menangkan undian iPhone 13 terbaru gratis.
  • Segera klaim voucher belanja hingga 100 ribu di aplikasi BukuKu, gratis siapa cepat dia dapat! Download appnya di Playstore sekarang.

10. Copywriting dengan Angka (Number Headline)

Sejumlah studi digital marketing menunjukkan fakta menarik: sebagian orang ternyata lebih mudah dibujuk dengan tulisan copywriting dengan angka di dalamnya. Ini karena angka mendongkrak rasa kepercayaan konsumen terhadap isi tulisan. Otomatis, engagement audiens dengan konten promosi tipe ini terbilang cukup tinggi.

Contohnya:

  • 9 dari 10 orang berhasil turun berat badan hingga 10 kg dalam 3 bulan! Apakah kamu yang berikutnya? Daftar kelas work out spesial di sini.
  • Join program affiliate Toko Mebel sekarang juga! Gratis tanpa syarat dan bisa cuan hingga 80% per transaksi.
  • Spesial Senin Happy! Diskon hingga 50% all item di toko Mom and Baby tanpa minimal belanja, cusss sikat!!

11. Copywriting dengan Rasa Penasaran

Rasa penasaran adalah bentuk emosi baik lainnya dalam hal promosi memakai strategi copywriting. Emosi ini dipandang lebih positif dari rasa takut, plus bisa meningkatkan keinginan audiens menyimak isi konten hingga tuntas.

Contoh:

  • Mau dapat omset belasan jutaan sebulan? Tentu bisa! Ini caranya…
  • Memutihkan gigi secara alami tanpa obat kimia, ini rahasianya…

12. Copywriting yang Menantang

Tidak ada salahnya memancing rasa penasaran pembaca dengan sedikit bumbu tantangan di headline copywriting. Jika dikemas dengan baik, konten ini bisa meninggalkan kesan mendalam yang positif di benak pemirsa.

Contoh terbaik copywriting dalam kategori ini jatuh pada brand Tolak Angin. Melalui jargon khasnya, “Orang pintar minum Tolak Angin”, mereka ‘menantang’ masyarakat untuk ‘membuktikan diri sebagai orang pintar’ dengan menggunakan produk mereka.

13. Copywriting Mendalam

Penulisan copywriting dengan ulasan mendalam cocok dipakai dalam konten berupa artikel. Pasalnya, tulisan sejenis ini bertujuan mengedukasi audiens terkait alasan/penyebab terjadinya sesuatu hal.

Semisal Anda ingin mempromosikan produk skincare anti kulit kering dan kemerahan secara meyakinkan. Anda dapat membungkus iklan secara soft-selling dengan menjelaskan penyebab terjadinya kulit kering serta kemerahan terlebih dahulu.

Baru nantinya dilanjutkan dengan tawaran solusi (produk Anda). Dengan begini, audiens akan merasa lebih yakin untuk mencoba produk Anda.

Beberapa contoh judul copywriting mendalam yang menarik perhatian:

  • Terkuak! Ini 5 penyebab kulit kemerahan yang tak disadari, baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Keuntungan rahasia memiliki website sendiri bagi UMKM [+Jasa Pembuatan Web Murah]

14. Copywriting dengan Urgensi

Satu lagi trik psikologi yang dimanfaatkan dalam strategi marketing: copywriting dengan urgensi/kepentingan. Strategi ini mirip dengan copywriting warning yang memanfaatkan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) audiens.

Hasilnya, pembaca didorong untuk harus segera bertindak usai membaca tulisan copywriting Anda. Tulisan headline dengan unsur urgensi kerap ditemukan dalam promosi diskon, flash sale, sale limited edition, dan sejenisnya:

  • Hanya hari ini! Diskon 90% all item di Bali Beauty Shop, plus free ongkir ke seluruh Indonesia!
  • Flash sale banting harga semua koleksi sepatu terkece di Shoes Kita! Check out sekarang sebelum kehabisan stoknya!

15. Copywriting Headline “Gimmick”

Strategi copywriting unik yang terakhir untuk mempromosikan usaha adalah headline gimmick. Trik ini memaksimalkan penggunaan gaya bahasa berupa kata-kata pengulangan, click-baiting dan permainan suara (rima).

Menulis headline gimmick bisa jadi sedikit sulit karena penulis harus benar-benar selektif dalam menyusun kata-kata. Beberapa contoh copywriting dengan headline yang bersifat gimmick adalah:

  • Rasa baru untuk tujuan yang baru.
  • Menu spesial snack wrap, it’s a wrap!
  • Olshop sepi? Atasi segera dengan tips ini agar bisnis tak mati.

Itulah aneka tips dan contoh copywriting yang menarik untuk semua online shop. Anda bebas memilih hendak menggunakan ide copywriting yang mana dari kelima belas poin di atas. Selamat mencoba!

Ikuti terus update terhangat seputar kiat-kiat sukses bisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee agar Untung

0
Cara menentukan Harga Dropship di Shopee

Tertarik mencoba dropship tapi masih bingung bagaimana cara menentukan harga jual dropship di Shopee? Tenang, kami punya jawabannya khusus untuk Anda di sini!

Menetapkan harga jual adalah hal yang penting dalam semua jenis bisnis, termasuk dropship. Banyak online shop yang berujung bangkrut karena salah mematok harga ke target konsumennya. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut menimpa usaha sendiri.

Tidak perlu cemas, berikut ini ada 6 cara mudah menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba. Yuk langsung simak dan praktekkan kiat-kiatnya!

Apa Itu Dropship di Shopee?

 

Cara menentukan harga jual dropship di Shopee

 

Ada banyak cara mencari uang lewat Shopee, salah satunya adalah dengan mencoba dropship. Dropship adalah strategi bisnis online tanpa modal berbasis kerjasama dengan supplier.

Tugas Anda hanyalah mempromosikan produk dari supplier ke konsumen dengan harga baru. Lalu ketika ada pesanan, Anda bisa langsung memesannya atas nama pembeli ke agen. Seluruh pengelolaan produk juga ditangani oleh supplier, sehingga Anda tidak perlu menyetok barang sama sekali.

Mengapa Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee?

Mengetahui cara menentukan harga jual dropship di Shopee sangat penting karena keuntungan dropshipper datang dari selisih harga asli dan harga jual produk.

Misalnya harga asli barang A dari vendor adalah Rp 20.000, lalu Anda menjualnya sebesar Rp 25.000. Otomatis keuntungan Anda adalah Rp 5.000 per item.

Sayangnya para pebisnis dropship tidak bisa sembarangan mematok harga jual. Memasang harga terlalu tinggi akan mempersulit penjualan dan sering gagal menarik pembeli. Begitu juga sebaliknya, harga yang terlalu rendah bisa berbalik merugikan olshop.

Belum lagi ada banyak faktor yang memengaruhi harga jual dropship di Shopee, seperti harga produk dari supplier dan ongkos kirim. Jadi daripada merugi, lebih baik buat perhitungan harga jual yang tepat supaya dagangan terus laris manis.

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee yang Benar

Menentukan harga jual dropship yang menguntungkan memang agak sulit. Buat Anda yang masih sering bingung, yuk atasi masalah tersebut dengan 6 cara menentukan harga jual dropship di Shopee berikut ini:

1. Strategi Psikologi Permainan Harga Produk

Strategi pertama yakni dengan permainan psikologi. Taktik penentuan harga berbasis ilmu psikologi cukup marak dilakukan akhir-akhir ini karena berhasil meningkatkan penjualan.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membuat nominal harga produk yang tidak ‘bulat’ atau ‘genap’, seperti Rp 14.999.

Sekarang bandingkan harga Rp 14.999 (produk A) dengan Rp 15.000 (produk B). Kebanyakan konsumen pasti akan memilih produk A karena dianggap lebih murah—meski sesungguhnya nilai keduanya sama saja.

2. FMOC (Fixed Markup on Cost)

Cara menentukan harga dropship di Shopee yang kedua adalah FMOC (Fixed Markup on Cost) alias penentuan harga markup tetap. Strategi ini dilakukan dengan menambah margin keuntungan dari harga asli produk.

Semisal Anda ingin mendapat profit dengan markup 20% dan harga asli produknya adalah Rp 10.000. Itu berarti besar keuntungan tetap per produknya adalah Rp 10.000 x 20% = Rp 2.000.

Sehingga nilai jual produk dropship Anda nantinya sebesar Rp 10.000 + Rp 2.000 = Rp 12.000.

Tips tambahan:

  • Gunakan rentang markup yang tidak terlalu besar supaya harga jual produk dropship tetap terjangkau, seperti 10% sampai 30%.
  • Jika Anda menjual produk dalam dollar, maka Anda bisa membuat margin profit sebesar $4 per produk.

3. Markup Berjenjang

Selain fixed markup, ada juga strategi penetapan harga jual dropship dengan markup berjenjang.

Taktik ini sangat disarankan jika Anda menjual produk yang bervariasi—mulai dari produk supplier termurah sampai termahal. Tentunya keuntungan paling besar akan datang dari produk yang harga aslinya rendah.

Contoh markup harga berjenjang:

  • Produk dari supplier A mempunyai harga asli di bawah Rp 40.000, sehingga dapat di markup keuntungannya sampai 50%.
  • Produk dari supplier B memiliki harga asli Rp 100.000, jadi, markup harganya dibatasi hingga 20% saja.

Anda boleh menentukan sendiri parameter (batasan) markup harga tiap produk sesuai contoh.

4. Harga Sesuai Ongkir

Ada juga dropshipper yang mematok harga produk mengikuti ongkos kirim. Taktik ini juga termasuk salah satu permainan psikologi yang membuat konsumen merasa tak perlu membayar lebih untuk pengiriman.

Misalnya harga produk A yang Anda jual sebesar Rp 20.000, ditambah ongkir Rp 5.000. Anda bisa menjual produk A tadi seharga Rp 30.000 tanpa ongkir. Nantinya Anda akan memperoleh  profit sebesar 5 ribu rupiah.

Faktanya hampir semua konsumen saat ini lebih senang berbelanja tanpa ongkir. Maka dari itu, strategi ini patut untuk dicoba!

5. MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price)

Masih bingung menentukan margin keuntungan per produk? Anda bisa meminta saran MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price) dari supplier.

Sesuai namanya, Manufacturer Suggested Retail Price adalah cara menentukan harga jual dropship di Shopee dengan harga jual eceran yang disarankan oleh supplier. Anda tidak perlu pusing memikirkan peningkatan harga jual, cukup ikuti nominal harga yang disarankan saja.

Strategi ini juga sama menguntungkan dibanding yang lain karena membantu menjaga harga produk serta mencegah perang harga antar dropship. Namun Anda mungkin perlu memastikan kembali sistem bagi hasil penjualan dengan agen.

6. Menggunakan Harga Diskon

Siapa bilang dropshipper tidak bisa berjualan dengan harga diskon? Anda justru bisa meraup cuan lebih mungkin dengan strategi yang satu ini!

Harga diskon bisa dihitung dari harga tertinggi produk yang selanjutnya dikurangi. Bisa dibilang, ini adalah trik psikologi harga lainnya di dunia marketing.

Semisal harga produk A adalah Rp 50.000 dan Anda ingin mendapat keuntungan 5% (Rp 2.500) per item. Alhasil harga jual asli produk A adalah Rp 52.500.

Kemudian, Anda juga ingin memberikan diskon 10% pada produk A supaya cepat laku terjual. 10% dari harga jual adalah Rp 57.750 rupiah.

Sekarang Anda hanya perlu mencantumkan ‘harga markup’ Rp 57.750 sebagai harga jual produk A. Bubuhkan caption diskon 10% dan ‘harga baru’ usai potongan yakni 52.500 ketika berpromosi.

Strategi ini akan membuat konsumen merasa berhasil berbelanja dengan harga termurah.

Tips tambahan:

  • Tentukan produk yang layak diberi diskon dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  1. Kebutuhan/permasalahan konsumen (Apakah produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka?)
  2. Nilai produk yang dijual (Apakah nilai utama dari produk Anda?)
  3. Kebiasaan belanja konsumen (Apakah konsumen Anda cenderung membeli produk apapun yang tersedia, atau mereka hanya mencari satu produk secara spesifik?)

Selain dengan 6 cara di atas, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang kerap muncul dalam aktivitas dropship seperti:

  • Harga jual produk yang serupa di pasaran/oleh kompetitor.
  • Margin keuntungan rata-rata.
  • Jenis dan kelangkaan produk jualan.
  • Target konsumen.
  • Harga yang diberikan oleh supplier.

Anda bisa melakukan riset bisnis yang mendalam agar lebih tepat dalam memilih produk, supplier, serta menetapkan harga jual dropship di Shopee.

Itulah cara-cara menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba demi meraih pemasukan lebih banyak. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Temukan lebih banyak tips, trik dan strategi mudah menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Cara Dropship di Lazada: 6 Tips Dagangan Mudah Laku

0
Cara Dropship di Lazada

Ingin mendapat banyak cuan di Lazada? Berikut ada 6 cara dropship di Lazada yang menjamin keuntungan besar untuk Anda!

Apakah Anda sering berbelanja online di marketplace Lazada? Jika iya, maka ada kabar gembira menanti Anda di sini.

Lazada adalah salah satu ecommerce terpopuler di Indonesia. Di samping menjual produk murah harga miring, mall online ini juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk meraih pemasukan tambahan sebagai dropshipper.

Seperti apa cara dropship di Lazada yang menguntungkan bagi pemula? Langsung simak penjelasan lengkap seputar cara dropship Lazada di bawah ini!

Apa Itu Dropship di Lazada?

cara dropship di lazada

Dropship adalah aktivitas jual beli online dengan media perantara. Para pelakunya disebut sebagai dropshipper. Saat ini ada banyak ecommerce yang membuka layanan dropship untuk meningkatkan keuntungan, salah satunya adalah Lazada.

Dropshipper Lazada bertugas mempromosikan produk-produk di etalase ecommerce kepada calon pembeli. Kemudian Anda perlu memberitahu merchant kalau ada pesanan masuk. Ini karena seller yang bertanggung jawab menyiapkan dan mengirim produk ke konsumen.

Sistem dropship berbeda dari reseller sebab Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. Keuntungan dropship Lazada berupa komisi sebesar 10% sampai 30% per produk yang terjual.

Perbedaan Cara Dropship di Lazada dengan Seller Biasa

Seller Lazada adalah akun-akun merchant yang menjual produk. Mereka menyediakan segala sesuatunya mulai dari mengelola stok barang, berpromosi, hingga mengurus semua proses pengiriman paket.

Sedangkan dropshipper tidak perlu melakukan semua itu. Dropship di Lazada berlangsung melalui sistem kerjasama antara Anda dan supplier (seller).

Seller akan menyediakan katalog, produk, hingga menetapkan harga. Sementara dropshipper hanya perlu menjaring konsumen sebanyak mungkin.

6 Cara Dropship di Lazada Agar Dagangan Laris Manis

Dropship menjadi metode bisnis online tergampang karena bisa dimulai tanpa perlu banyak modal. Meski begitu, Anda tetap perlu mengetahui 6 cara dropship di Lazada berikut agar dagangan laris manis tiap hari:

1. Usahakan Fast Response (Cepat Tanggap)

Tips pertama, selalu berikan pelayanan terbaik bagi konsumen Anda. Salah satu contoh pelayanan prima online shop yang patut ditiru adalah bersikap fast response.

Konsumen akan merasa lebih senang dan dihargai jika Anda menanggapi pesan mereka dengan cepat, ramah dan solutif. Manfaatkanlah fitur live chat yang ada di Lazada untuk mempermudah komunikasi tersebut.

Hindari juga mengajak konsumen mengobrol di luar aplikasi Lazada karena bisa dianggap sebagai upaya penipuan.

Tips tambahan:

  • Anda bisa mengaktifkan fitur pesan otomatis atau menambah chat bot untuk membalas pesan yang masuk di luar jam operasional.

2. Pasang Foto dan Deskripsi Barang Dagangan yang Menarik

Umumnya, para seller Lazada sudah langsung menyediakan foto dan deskripsi produk sebagai bahan promosi. Namun akan lebih baik jika Anda mengemas ulang materi tersebut supaya lebih memikat audiens.

Gunakan foto produk yang asli, beresolusi tinggi (HD) dan dijepret seapik mungkin dengan pencahayaan alami. Lalu bubuhkan caption copywriting produk yang memikat agar konsumen terdorong untuk membeli produk.

3. Promosikan Dagangan dengan Fitur Promo Lazada

Rajin-rajin promosikan dagangan Anda dengan fitur promosi bawaan marketplace Lazada. Menu-menu ini tentu dapat memperluas daya jangkau produk Anda di kalangan konsumen Lazada.

Ada dua jenis fitur ads yang bisa Anda coba, yakni promosi gratis (fitur “Naikkan Produk) dan berbayar (seller voucher, layanan gratis ongkir, dan lain-lain).

4. Promosikan di Sosial Media Olshop

Selain promosi internal, Anda juga dapat menggencarkan iklan di sosial media yang populer seperti Instagram, Twitter dan TikTok. Banyak dropshipper sukses menjajakan dagangan mereka melalui strategi ini, lho.

Konten-konten sosial media saat ini mempunyai kekuatan yang luar biasa besar, khususnya dalam memikat hati calon konsumen. Namun Anda harus kreatif mengemas promosi semenarik mungkin supaya orang-orang tertarik.

Tips tambahan:

  • Promosikan dagangan dalam bentuk konten soft selling karena lebih menarik untuk disimak.
  • Bangun brand awareness olshop di sosmed untuk meningkatkan ketertarikan sekaligus kepercayaan audiens.
  • Sesekali adakan interaksi seru demi menambah engagement, seperti giveaway, quiz berhadiah, atau promo lainnya.

5. Nilai Sampel Produk Sebelum Berjualan

Salah satu kendala besar bisnis dropship adalah ketidaksesuaian produk dengan katalog. Ada banyak supplier yang ternyata menyediakan barang abal-abal sehingga mengecewakan konsumen. Jangan sampai masalah ini berbalik mengancam reputasi toko Anda!

Namun tenang saja, Anda masih bisa menghindari kerugian dengan membeli satu sampel produk yang mau dijual terlebih dahulu. Lakukan penilaian terhadap sampel sebelum memutuskan apakah produk layak dijual kembali atau tidak.

Penilaian sampel bisa mencakup poin-poin penting seperti:

  • Tekstur.
  • Warna
  • Keaslian dan komposisi bahan.
  • Manfaat
  • Kualitas packing dan pengiriman ekspedisi, dan lain-lain.

Tips tambahan:

  • Cek juga rating serta testimoni seller/agen untuk menghindari para penjual produk abal-abal di ecommerce.

6. Tonjolkan Rating Toko Anda

Cara dropship di Lazada yang terakhir adalah dengan menonjolkan rating toko Anda. Rating dan review sebuah toko terbukti ampuh menarik banyak konsumen baru di masa depan. Ini karena baik-buruk pelayanan toko online bisa dilihat dari besar-kecilnya rating toko tersebut.

Sekarang coba bayangkan ini: seller A mempunyai rating 4,9 bintang sedangkan toko B hanya 3 bintang. Manakah toko yang akan Anda pilih? Kebanyakan orang sudah pasti langsung berkunjung ke seller A.

Cara Mendaftar Dropship di Lazada untuk Pemula

Setelah mengetahui tata cara dropship di Lazada yang memikat, kini tiba waktunya untuk mendaftar sebagai dropshipper! Berikut cara memulai bisnis dropship mudah dan gratis di Lazada:

  1. Instal aplikasi Lazada di Google Play Store (android) atau Apple AppStore (iOS). Alternatif lainnya, Anda bisa mengunjungi website Lazada via browser.
  2. Buat akun Lazada baru Anda. Caranya cukup dengan mengisi data diri sesuai formulir yang tersedia.
  3. Pilih opsi pengguna ‘perorangan’ karena Anda akan menjadi dropshipper.
  4. Aktivasi akun dengan mencantumkan nomor telepon yang aktif. Anda akan menerima kode OTP.
  5. Masukkan kode OTP dan konfirmasi. Anda akan otomatis diarahkan ke dashboard Lazada usai login.
  6. Mulailah mencari produk yang ingin dipromosikan dari beranda atau kategori produk Lazada.
  7. Promosikan katalog produk di sosial media atau di akun Lazada Anda.
  8. Jika ada konsume yang memesan, teruskan orderan dengan cara men-check out produk dari supplier.
  9. Beri tanda centang pada opsi “Kirim sebagai Dropshipper”.
  10. Lengkapi identitas pengirim (nama dan nomor telepon) dengan milik Anda. Poin ini akan membantu agen/seller mengirimkan pesanan konsumen Anda.
  11. Selesai! Kini Anda hanya perlu menunggu pesanan dikirim oleh seller.

Itulah 6 cara dropship di Lazada yang tepat agar dagangan Anda mudah laku. Cukup mudah, bukan? Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

Yuk ikuti terus MARKEY karena akan ada lebih banyak tips, strategi dan insight menarik seputar dunia bisnis online. Baca gratis artikel-artikelnya sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai jumpa lagi!

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Terbaru dan Artinya

0
istilah dalam bisnis online

Tertarik menjalankan olshop tapi masih sering bingung dengan istilah-istilah dalam bisnis online masa kini? Tenang, berikut ini kami punya 30 istilah dalam jual beli online terbaru lengkap dengan artinya khusus untuk membantu Anda!

Seorang pebisnis online wajib selalu up to date dengan beragam hal, mulai dari trend jualan hingga aneka istilah yang mewarnai transaksi online. Jangan sampai Anda kebingungan menanggapi pembeli gara-gara tidak tahu arti kosakata mereka!

Yuk perkaya wawasan Anda dengan simak berbagai istilah dalam bisnis online yang lagi ramai digunakan olshop kekinian berikut ini!

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Kekinian Beserta Artinya

 

Istilah dalam bisnis Online

 

Inilah kumpulan 30 istilah dalam jual beli online yang akan membantu aktivitas jualan Anda sehari-hari, segera dicatat!

1. Official Store

Istilah dalam bisnis online yang paling sering digunakan akhir-akhir ini adalah official store. Istilah ini sering dijumpai di ecommerce atau marketplace kekinian.

Official Store dalam bahasa Indonesia berarti “Toko Resmi”. Arti official store adalah toko-toko resmi dari sebuah brand, sehingga produk/jasa yang disediakan dijamin 100% original.

2. Merchant

Dunia ecommerce juga memiliki istilah merchant yang berarti pemilik toko online atau penjual. Jika Anda saat ini menjalankan bisnis online di marketplace, maka Anda adalah merchant.

3. Preloved

Pernahkah Anda menemukan produk online shop dengan deskripsi “preloved”? Preloved adalah istilah dalam bisnis online yang berarti barang bekas pakai milik pribadi/penjual, alias barang second.

4. Like New

Selain preloved, terdapat pula produk ecommerce berlabel like new. Secara harfiah, like new berarti kondisi barang yang masih seperti baru.

Produk-produk yang dijual ‘like new’ biasanya juga merupakan item second/preloved. Bedanya, item like new masih dalam kondisi super mulus karena belum pernah digunakan penjual.

Andaipun terdapat kerusakan pada barang like new, biasanya kecacatan tersebut tidak terlihat atau mengganggu pengguna. Istilah lain dari like new adalah mint condition.

5. Refurbished

Sedangkan istilah refurbished umumnya disematkan pada barang-barang elektronik yang dijual online, seperti smartphone, laptop, komputer dan sejenisnya. Item refurbished adalah barang-barang elektronik yang sempat mengalami perbaikan sebelum dijual kembali.

Barang refurbished sering dicap buruk karena banyak yang gampang rusak saat dipakai. Tapi di beberapa kasus ada juga gadget refurbished yang kualitasnya setara baru (greenpeel).

6. Greenpeel

Greenpeel adalah sebutan untuk produk yang masih dalam segel bawaan produsen; produk baru; belum pernah dibuka sama sekali.

Istilah greenpeel awalnya digunakan oleh Apple untuk menandai iPhone baru keluaran pabriknya. Tapi sekarang orang-orang menggunakan istilah tersebut untuk menyebut semua barang yang masih tersegel.

7. Sold

Berikutnya ada istilah sold yang merupakan singkatan dari sold out. Istilah dalam bisnis online satu ini diambil langsung dari bahasa Inggris yang berarti “habis” atau “semua laku terjual”.

8. Re-stock

Re-stock juga termasuk istilah jual beli online yang banyak dipakai, baik oleh pedagang maupun pembeli. Re berarti “kembali”, dan stock adalah “stok produk”. Dengan kata lain, arti re-stock adalah stok produk kembali tersedia/diisi ulang.

9. No Afgan No Rossa

Seluruh warga Indonesia pastinya tahu siapa Afgan dan Rossa. Lalu apa hubungan dari dua nama penyanyi tersebut dengan dunia jual beli online?

Ternyata, arti no Afgan no Rossa adalah “tidak boleh menawar sadis dan tega”! Istilah tersebut diambil dari lagu populer berjudul “Sadis” milik Afgan, dan “Tega” oleh Rossa.

Jadi kalau ada merchant yang mencantumkan deskripsi ini di katalog produk mereka, itu artinya Anda dilarang menego dengan harga sadis atau bersikap tega pada penjual.

10. WTS atau WTT

Istilah bisnis online kekinian berikutnya adalah WTS dan WTT. WTS adalah akronim dari Want To Sale yang berarti “ingin menjual produk/jasa”.

Sementara WTT merupakan singkatan dari Want To Trade yakni “ingin menukar produk/barter”. Anda dapat menemukan banyak contoh postingan WTS dan WTT di platform komunitas seperti Twitter.

11. WTB

Tidak cuma penjual yang punya istilah bisnis, konsumen juga punya! Istilah dalam online shop kekinian untuk pelanggan adalah WTB atau Want To Buy.

Anda bisa memakai keterangan WTB disertai nama produk untuk memudahkan pencarian produk impian di sosmed. Contohnya seperti “WTB photocard V BTS”, atau “WTB sharing app subscription 1 bulan”.

Setelah itu para penjual lah yang akan datang menawarkan produk kepada Anda sesuai keinginan.

12. BNIB

BNIB atau Brand New In Box adalah produk-produk baru yang masih ada dalam boksnya (tersegel). Ungkapan ini mempunyai arti yang sama dengan greenpeel.

13. BNOB

Sedangkan BNOB adalah kebalikan dari BNIB, yaitu Brand New Open Box (produk baru yang sudah dikeluarkan/tidak ada dalam boks).

BNOB dan BNIB sering dipakai pada produk online yang perlu dicek kondisi fisiknya sebelum transaksi. Contohnya gadget bekas, sepatu preloved, aksesoris komputer, peralatan gaming second, dan lain-lain.

14. HNR atau H&R (Hit and Run)

Berikutnya ada arti dari hit and run (HNR atau H&R). Mungkin Anda pernah menemukan deskripsi toko/produk yang mencantumkan, “NO HIT AND RUN” atau “HIT AND RUN = BLOCKED”.

Pengertian istilah hit and run dalam dunia jual beli online adalah konsumen yang meninggalkan penjual tanpa kejelasan. Maka dari itu, “NO HNR” sering digunakan merchant untuk menghindari calon konsumen yang cuma iseng.

Contoh kondisi hit and run ada bermacam-macam. Misalnya calon pembeli sudah mengisi form pemesanan namun tak kunjung melunasi tagihan (menghilang). Ada juga yang sudah bertanya-tanya perihal harga produk/jasa tapi tidak memberi info kepastian akan memesan/tidak.

15. Booked

Produk online dengan label booked artinya sudah dipesan oleh orang lain, namun belum di-check out atau masih dalam proses pengiriman. Maka dari itu konsumen baru dilarang membeli produk booked karena dianggap “menyerobot” dan mengambil pesanan orang.

16. PO (Pre Order)

PO atau pre order adalah istilah populer dalam jual beli online lainnya. Barang dengan label PO berarti masih belum tersedia di toko, sehingga konsumen harus menunggu lebih lama.

Item-item PO umumnya produk handmade (buatan tangan), barang custom sesuai request, atau produk impor luar negeri.

17. Ready Stock

Ready stock adalah kebalikan dari PO. Barang-barang ready stock bisa langsung dipesan dan dikirim karena sudah tersedia di toko merchant.

18. OEM (Original Equipment Manufacture)

Lalu ada OEM, singkatan dari Original Equipment Manufacture. Masih banyak orang salah kaprah menyamakan produk berlabel OEM dengan KW. Padahal, barang-barang OEM 100% original.

OEM adalah produk asli yang dibuat oleh sebuah perusahaan, yang kemudian dibeli oleh brand resmi lainnya. Nantinya barang tersebut akan dipasarkan oleh brand yang membeli dari produsen.

19. Resi

Resi atau nomor resi adalah seri nomor pelacak yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Setiap paket wajib mempunyai nomor resi agar mudah dilacak keberadaan atau status pengirimannya. Namun ada juga resi yang berupa gabungan huruf dan angka.

20. Sis dan Gan

Pernahkah Anda disapa “sis” atau “gan” oleh admin olshop? Itulah dua bentuk sapaan yang paling marak digunakan di dunia bisnis online Indonesia.

Sis adalah singkatan dari “sister” (untuk menyebut konsumen perempuan). Sedangkan gan merupakan kependekan dari “agan” atau “juragan” (untuk konsumen laki-laki). Anda dapat mengakrabkan diri dengan memanggil calon pembeli/followers olshop memakai dua julukan tersebut.

Namun ada juga olshop yang menyebut konsumen mereka dengan “kak” atau nama panggilan langsung demi menghindari kesalahan penyebutan gender.

21. Thrift Shop

Thrift shop adalah toko-toko online yang menyediakan barang-barang second berkualitas, baik produk dari dalam atau luar negeri. Salah satu contoh thrift shop kekinian adalah thrift baju bekas.

22. COD

Anda juga pasti sudah sering mendengar istilah COD, bukan? COD (Cash On Delivery) adalah sistem pembayaran tunai yang dilakukan saat barang diantar ke konsumen.

Pembeli bisa melakukan COD secara langsung pada penjual atau ke kurir ekspedisi yang menyediakan metode tersebut.

23. Nett

Nett adalah harga akhir produk/jasa yang diberikan oleh penjual. Anda tidak diperbolehkan untuk menawar harga nett karena inilah nominal terendah yang bisa ditetapkan merchant. Konsumen yang tetap bersikukuh menego akan dianggap “Afgan dan Rossa”.

24. Nego

Nego adalah kebalikan dari nett. Produk dengan keterangan nego artinya masih bisa ditawar sesuka hati konsumen.

25. Cek Kondi / Condi

Jangan bingung ketika calon konsumen Anda mengirimkan pesan yang berbunyi “cek kondi/condi”. Arti cek kondi adalah pemeriksaan kondisi asli produk/barang sebelum memesan melalui video pendek atau foto dari penjual.

26. Slot Available

Slot available menandakan bahwa masih ada kesempatan bagi konsumen yang ingin ikut dalam pre order suatu produk, jasa, atau tiket sebuah acara. Penjualan dengan sistem slot biasa dilakukan jika kuantitas produk sifatnya terbatas.

27. Sharing

Istilah sharing baru muncul seiring merebaknya jasa layanan aplikasi premium. Sharing artinya ada lebih dari 1 konsumen yang memakai layanan dalam satu waktu. Mekanisme ini dimungkinkan berkat keluwesan app premium itu sendiri yang bisa login di banyak perangkat.

Misalnya Anda memesan jasa sharing 1 bulan aplikasi streaming film. Anda akan mendapat akses ke akun aplikasi premium dengan durasi 1 bulan. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ada konsumen lain yang juga ikut login ke akun Anda di saat yang sama.

28. Cancel

Cancel adalah istilah dalam bisnis online yang merujuk pada pembatalan transaksi oleh konsumen maupun penjual karena alasan tertentu.

29. Fix and Deal

Fix and deal adalah kebalikan dari cancel, alias konsumen yang serius membeli produk/jasa Anda.

30. Gratong

Istilah dalam jual beli online yang terakhir adalah gratong, yaitu singkatan dari gratis ongkos kirim. Kata gratong dipopulerkan oleh ecommerce modern yang menyediakan servis gratis ongkir ke berbagai wilayah.

Itulah 30 istilah dalam bisnis online terbaru beserta artinya. Istilah-istilah di atas tentunya bisa Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari dengan konsumen.

Ingin belajar lebih banyak seputar dunia bisnis online? Ikuti terus MARKEY karena ada ratusan artikel digital marketing yang informatif dan menarik. Baca gratis sekarang hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sayonara!

 

4 Rahasia Sukses Lewat Tokopedia Affiliate, Sudah Tahu?

0

Apakah Anda pengguna setia Tokopedia? Jika iya, maka ada kabar gembira untuk Anda! Pelanggan Tokopedia sekarang bisa mendapat uang gratis dari ecommerce ini dengan cara join Tokopedia affiliate.

Tokopedia affiliate adalah program afiliasi marketing resmi dari Tokopedia. Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk Tokped via link untuk mendapatkan komisi persenan setiap bulannya.

Akan tetapi, ada 4 tips yang harus Anda jalani supaya bisa meraup banyak untung dari program affilate Tokopedia. Apa sajakah? Daripada penasaran, yuk langsung simak tips dan trik mendaftar program affiliate Tokopedia selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tokopedia Affiliate?

 

Tokopedia Affiliate

 

Tokopedia affiliate adalah program kerjasama berbayar antara Tokopedia dengan masyarakat untuk mempromosikan produk-produk yang ada di ecommerce tersebut. Orang-orang yang tertarik bergabung akan menjadi afiliator resmi Tokped.

Cara kerjanya pun sangat gampang. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai afiliator, membagikan link produk dari power merchant/official store Tokped, dan mendapat bayaran.

Pemasukan afiliator berupa uang komisi yang dihitung dari pembelian produk yang diiklankan. Semakin banyak orang membeli produk lewat link afiliator, otomatis semakin banyak juga komisi yang diperoleh.

Berapa Jumlah Komisi Tokopedia Affiliate?

Program affiliate Tokopedia menjanjikan komisi transaksi hingga 10% dari harga produk dengan batas maksimum 100 ribu rupiah. Upah tersebut bisa diperoleh per produk.

Misalnya produk affiliate yang Anda promosikan berhasil terjual sebanyak 10 buah. Jika komisi untuk 1 produk adalah 100 ribu, maka total keuntungan yang diperoleh adalah 10 x 100 ribu, yakni 1 juta rupiah.

Menariknya lagi, ada juga s“komisi kunjungan Tokopedia” di samping komisi transaksi reguler. Komisi kunjungan adalah bayaran atas kunjungan konsumen ke laman link afiliasi Anda. Besar upah tambahan ini sebesar 50 rupiah per 1 kali klik.

Akan tetapi, komisi kunjungan hanya berlaku di periode tertentu. Nominal pencapaian maksimumnya juga dibatasi per hari sekitar 25 ribu rupiah.

4 Tips Memaksimalkan Profit Tokopedia Affiliate

Tertarik mencoba join affiliate Tokopedia? Program ini memang sangat pas untuk Anda yang ingin mendapat cuan tambahan di waktu senggang. Anda bisa bekerja dari mana saja, tanpa modal (gratis) dan tentunya meraih pemasukan tanpa batas.

Namun ada 4 tips khusus untuk memaksimalkan profit affiliate Tokopedia Anda. Berikut tips dan trik yang wajib dilakukan supaya strategi affiliate Anda makin sukses:

1. Promosikan Produk yang Lagi Viral

Pertama, promosikanlah produk-produk yang sedang viral. Produk yang sedang naik daun biasanya lebih cepat laku sehingga Anda bisa mendapat komisi lebih cepat.

Namun Anda wajib menyimak perkembangan trend secara berkala supaya tahu produk apa saja yang tengah populer. Caranya cukup mudah. Rajin-rajinlah menyimak informasi dari sosmed, berita online, atau memanfaatkan tools seperti Google Trend.

2. Verifikasi Data Diri Sebelum Menarik Komisi

Beberapa orang gagal menarik komisi karena belum memverifikasi diri di Tokped. Aturan ini merupakan syarat wajib bagi semua afiliator.

Verifikasi akun Tokopedia untuk program affiliate dilakukan dengan cara scan KTP dan wajah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik “Pengaturan” > “Keamanan Akun” > “Verifikasi Diri”.
  3. Siapkan KTP dan scan sesuai petunjuk.
  4. Lanjutkan dengan verifikasi wajah (post foto selfie).
  5. Klik submit.

Proses verifikasi akan berlangsung paling lama 1 x 24 jam. Setelahnya, barulah akun Anda dinyatakan aktif dan siap untuk digunakan berafiliasi.

3. Gunakan Strategi yang Sesuai Aturan

Setiap afiliator juga wajib mematuhi aturan klaim komisi Tokped affiliate. Salah satunya yang sering terlewatkan adalah: hanya bisa klaim komisi dari 5 transaksi dari 5 pelanggan berbeda per hari.

Semisal Anda memperoleh 7 transaksi dalam sehari. Alhasil hanya 5 yang tercatat sebagai pemasukan, dan 2 sisanya tidak.

Maka dari itu Anda perlu menyiasati aturan ini dengan strategi khusus. Contohnya seperti mengedepankan promosi produk-produk mahal agar nominal komisinya lebih besar.

4. Kemas Link sebagai Konten Soft Selling

Tips terakhir, gunakan kreativitas Anda dalam mempromosikan link. Anda bisa mengemas iklan dalam berbagai bentuk: video Reels/TikTok seru kekinian, caption copywriting menarik, artikel blog, thread Twitter dan seterusnya.

Cari tahu juga kebutuhan calon konsumen Anda supaya isi iklan lebih memikat sekaligus tepat sasaran. Hindari memposting terlalu banyak link affiliate dalam sehari karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain (spam).

Bonus: Cara Mendaftar Tokopedia Affiliate via Aplikasi

Setelah mengetahui tips dan trik sukses berafiliasi di Tokopedia, kini tibalah waktunya mendaftarkan diri sebagai afiliator!

Anda bisa bergabung ke program affiliate marketing Tokopedia melalui aplikasi ecommerce resminya. Berikut tutorial lengkap cara mendaftar affiliate Tokopedia:

  1. Instal aplikasi Tokopedia di Google Play Store (android) atau Apple AppStore (iOS).
  2. Buat akun pengguna baru (kalau belum punya akun). Anda juga bisa log in ke akun yang telah dimiliki.
  3. Anda akan tiba di beranda Tokopedia.
  4. Klik “Semua Kategori”.
  5. Pilih menu “Tokopedia Affiliate”.
  6. Pencet tombol “Daftar Sekarang”.
  7. Isi lengkap data diri akun sosial media yang dimiliki. Akun-akun inilah yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan link affiliate. Pilihan akunnya ada banyak, seperti FB, IG, TikTok, YouTube, dan opsi “Tambah Media Sosial” untuk memilih platform lain.
  8. Jika sudah, pencet tombol “Selanjutnya”.
  9. Baca syarat dan ketentuan program affiliate Tokopedia > beri tanda centang pada boks “Saya sudah membaca dan setuju”.
  10. Klik “Daftar”.

Selesai! Anda akan langsung resmi terdaftar sebagai member affiliate Tokopedia dan mendapat dashboard khusus berisi rincian pendapatan, jumlah transaksi affiliate dan riwayat konversi/penarikan saldo.

Cara Mempromosikan Link Tokopedia Affiliate

Berikutnya adalah cara mempromosikan produk sebagai afiliator. Berikut langkah mudah mencari dan mengiklankan link affiliate Tokped yang bisa Anda coba:

  1. Anda bisa mempromosikan banyak produk sesuai keinginan, termasuk di antaranya:
  • Produk yang pernah dibeli dari menu riwayat transaksi.
  • Produk dalam daftar wishlist atau like.
  • Produk-produk di etalase toko berlabel PM (Power Merchant), PM Pro (Power Merchant Pro), dan Official Store.
  1. Perhatikan bahwa hanya transaksi afiliate dari produk-produk di poin 1 sajalah yang berhak mendapat komisi. Anda tidak bisa mempromosikan barang dagangan di toko sendiri sebagai afiliator.
  2. Pilih produk yang mau dipromosikan.
  3. Masuk ke halaman katalog produk.
  4. Pencet ikon berbagi atau share.
  5. Pilih opsi “sosial media”.
  6. Salin dan tempel link produk sebagai caption sosmed.
  7. Unggah postingan tersebut. Selesai!

Jangan lupa juga untuk mengecek laman report di dashboard affiliate secara berkala, ya. Seluruh laporan hasil penjualan beserta komisinya akan langsung ditampilkan otomatis di sini.

Demikianlah pembahasan seputar cara daftar Tokopedia affiliate beserta tips-tips sukses menjalaninya. Bagaimana, sudah siap mencoba program afiliasi ini? Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore & AppStore) untuk baca gratis artikel-artikel terbarunya! Sampai bertemu lagi.