Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Ini Strategi B2B Agar Tetap Untung Selama Pandemi

Ini Strategi B2B Agar Tetap Untung Selama Pandemi

-

Saat pandemi, banyak perusahaan yang lesu dalam penjualan sehingga membahayakan keberlangsungan para pengusaha distributor sektor bisnis B2B.

Apakah Anda juga sedang ketar-ketir mengkhawatirkan bisnis B2B saat ini? Anda beruntung karena menemukan artikel yang tepat berisi jawaban atas permasalahan tersebut!

Istilah marketing B2B adalah hal yang sudah kita pelajari sewaktu duduk di bangku sekolah. Dalam dunia ekonomi, terdapat 3 bentuk marketing yakni B2B, B2C, dan C2C.

Marketing B2B adalah taktik berdagang dari bisnis ke bisnis sesuai dengan definisi dari marketing B2B adalah Business to Business.

Berbeda dengan teknik bisnis biasa dari pedagang ke konsumen, alur kerja sales B2B adalah sebuah perusahaan supplier yang menjual produk kepada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil. Sales B2B adalah transaksi yang terjadi di antara kalangan perusahaan saja.

Namun saat pandemi Covid-19 di tahun 2020, ada banyak perusahaan yang mengalami kelesuan dalam penjualan. Otomatis, kejadian ini amat membahayakan keberlangsungan para pengusaha distributor sektor bisnis B2B.

Bahkan masa pandemi memberikan imbas yang lebih parah terhadap perekonomian nasional hingga mengakibatkan resesi. Dampaknya pun akan lebih membahayakan bagi keberlangsungan usaha B2B.

Logikanya, resesi terjadi karena rendahnya minat masyarakat konsumen berbelanja. Sedikitnya konsumen yang berbelanja mengakibatkan semakin banyak perusahaan pedagang ke konsumen yang mengalami kebangkrutan.

Alhasil, perusahaan distributor supplier yang berada di atasnya juga akan mengalami kerugian bisnis. Lalu apa saja yang harus Anda lakukan selaku pebisnis B2B?

Jangan khawatir, karena kenyataannya justru banyak bisnis B2B mampu bertahan mendapat keuntungan selama masa pandemi Covid-19. Mari cari tahu tips dan strategi marketing B2B bertahan selama masa pandemi dan resesi 2020 pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Pertumbuhan Gemilang B2B Selama Masa Pandemi

b2b-adalah

Tahun 2020 adalah tahun paling sulit dan suram bagi perekonomian Indonesia dan dunia. Pandemi Covid-19 membawa banyak dampak negatif pada kehidupan perekonomian dan menyerang semua skala bisnis, mulai dari bisnis besar, menengah, hingga kecil.

Bagaimana dengan bisnis B2B?

Kabar mengejutkan justru datang dari kalangan pebisnis B2B. Di tengah-tengah masa pandemi, strategi sales B2B adalah taktik yang justru menguntungkan pengusaha. Mengapa bisa? Jawabannya ternyata sederhana, sales B2B adalah strategi bisnis yang banyak mengandalkan kecanggihan teknologi internet.

Saat masa pandemi dan ketidakmungkinan masyarakat untuk berbelanja secara langsung, maka banyak pedagang memutuskan ‘banting setir’ menghidupkan sektor bisnis online atau digital.

Dengan menjual dan membeli barang secara online, masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan banyak orang dan mendapatkan resiko terpapar penyakit di luar sana. Berdagang dan berbelanja online jauh lebih efektif, praktis, cepat serta murah-meriah karena ada banyak diskon yang diberikan oleh pedagang online.

Itulah mengapa dunia bisnis online membawa banyak keuntungan bagi kehidupan jual-beli di tahun 2020, bahkan masih memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk bisnis setipe B2B yang bergerak di ranah online. Penggunaan media online untuk bertransaksi merupakan alasan B2B adalah tipe bisnis yang sangat cocok dijalankan dalam semua situasi.

Ada banyak survei dan penelitian yang sukses membuktikan keberhasilan B2B tetap berbisnis selama masa pandemi. Penelitian Reedser menemukan hasil bahwa terjadi peningkatan pembelian barang B2B via online sebesar 51% semasa pandemi Corona. Bahkan volume penjualan online juga melonjak hingga 5-10 kali lipat dibanding biasanya.

Demikian halnya dengan laporan penelitian bisnis dari EigenRe, yang memprediksi bahwa pasar bisnis B2B Indonesia mengalami peningkatan dan penguatan serta diprediksi mampu memperoleh value (nilai) hingga US$ 21,3 miliar per 2023.

Sementara fase pandemi Covid-19 menjadi peluang emas bisnis B2B untuk menguatkan strategi berbisnis serta melakukan rebounding sistem bersamaan dengan terjadinya peralihan sistem belanja tradisional menjadi online/digital di masyarakat.

Peralihan sistem belanja menjadikan sistem transaksi menjadi lebih cepat, transparan, efektif dan praktis. Tak sedikit juga masyarakat yang lebih nyaman berbelanja online yang lebih murah ketimbang repot berbelanja langsung untuk mendapatkan barang yang sama.

Kira-kira bisnis B2B apa saja yang berhasil sukses bertahan di masa pandemi dan bisa dijadikan teladan motivasi oleh kita semua? Jawabannya ada pada pembahasan selanjutnya, yuk lanjutkan scrolling!

Artikel terkait  Pembahasan Lengkap Tentang CPA (Cost per action) dan Cara Kerjanya

Ini Dia Perusahaan B2B yang Sukses Selama Pandemi

Kelesuan ekonomi selama pandemi banyak membuat pebisnis putus asa dan terpaksa menelan pil pahit kebangkrutan. Namun tidak demikian dengan 3 perusahaan B2B di bawah ini. Alih-alih merugi, mereka justru sukses menguat dan  mendapatkan lebih banyak keuntungan! Siapa sajakah mereka? Ini jawabannya:

Bhinneka (Bhinneka.com)

Nama perusahaan B2B yang sukses pertama adalah Bhinneka.com yang sudah beroperasi di Indonesia lebih dari 25 tahun lamanya. Bhinneka B2B merupakan perusahaan yang berorientasi pada kesejahteraan serta inovasi UMKM, UKM, korporasi dan bisnis-bisnis kecil lain yang ada di masyarakat.

Selama masa pandemi Covid-19 pun, bisnis Bhinneka.com tetap sukses mendulang nilai positif walaupun memang mengalami progres pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan momen sebelum pandemi.

Saat pandemi, para merchant UKM Bhinneka sukses meraih pertumbuhan sebesar 30% lebih tinggi dari pertumbuhan kuartal Bhinneka sebelumnya, dikarenakan tim Bhinneka pintar mengaplikasikan sistem bisnis baru yang sesuai dengan situasi pandemi. Pun hal ini sukses menjadi kabar baik bagi B2B Bhinneka.

Ralali (Ralali.com)

Kesuksesan bisnis B2B juga menghampiri platform B2B Ralali.com. Berbeda dengan Bhinneka, Ralali adalah platform B2B yang bekerja sama dengan BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia.

Bersama-sama, Ralali dan BNPB beroperasi untuk mempertahankan ketahanan pangan dan kebutuhan lainnya dengan menjual produk-produk tersebut ke beragam industri.

Bagaimana dengan hasilnya? Tentu saja positif. Ralali sukses mendulang banyak keuntungan melalui penjualan dan distribusi masker 3 lapis bermerk Primero. Masker Primero ini mempunyai kemampuan untuk menyaring dan menahan micro doplets, sehingga sangat aman untuk digunakan masyarakat guna melindungi diri dari virus.

Selain itu, masker Primero direkomendasikan resmi dari BNPB dan bebas dari bahan-bahan yang mampu melukai kulit. Tak mengherankan banyak perusahaan dan industri pun akhirnya memborong masker tersebut dari Ralali.com.

BukaLapak ‘Buka Pengadaan’

Selain Bhinneka dan Ralali, e-commerce BukaLapak juga sukses menjadi bisnis B2B yang tetap bertahan dan menguat selama masa pandemi. BukaLapak memang lebih dikenal sebagai e-commerce C2C seperti Shopee dan Tokopedia, akan tetapi e-commerce ini juga ternyata mempunyai unit bisnis B2B bernama ‘BukaPengadaan’.

B2B ‘BukaPengadaan’ milik BukaLapak sukses memperoleh peningkatan transaksi sebesar 2x lipat di masa pandemi. Bahkan di pertengahan tahun 2020 kemarin, volume transaksi online di BukaPengadaan meningkat hingga 50% dengan 80 juta produk laku dan terdapat sekitar 6 juta bisnis yang bergabung ke program B2B ini.

Tipe produk yang banyak laku di BukaPengadaan adalah alat-alat medis seperti APD (alat pelindung diri), masker dan handsanitizer yang dibeli untuk beragam industri. Disusul dengan bahan-bahan sembako yang menjadi permintaan banyak pedagang eceran.

Produk sembako di BukaPengadaan sukses laku hingga 50 ribu paket. Di peringkat ketiga, terjadi peningkatan penjualan spare part elektronik dan mesin-mesin lain secara online di BukaPengadaan.

Artikel terkait  Semakin Praktis! Inilah 7 Manfaat Konsultasi Dokter Online dengan Aplikasi Klinik

3 Tips Simpel Sukses Berbisnis B2B di Masa Pandemi

b2b-adalah

Anda telah melihat bagaimana bisnis B2B justru semakin sukses gemilang di masa pandemi, lengkap dengan pembuktian dari 3 perusahaan B2B yang sukses beroperasi di Indonesia: Bhinneka, Ralali dan BukaLapak. Untuk Anda yang memiliki brand B2B sendiri, kini tibalah  juga waktunya bagi Anda untuk ‘menjemput rejeki’ dari trik bisnis online.

Anda juga bisa mengikuti 3 trik simpel berikut ini agar bisa semakin sukses berjualan ala B2B selama pandemi di 2020 dan nanti di tahun 2021:

Jual Produk Kebutuhan Masyarakat

Trik sederhana agar bisnis Anda laku keras di pasaran adalah menjual  aneka produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan  masyarakat akan selalu bergonta-ganti sesuai  dengan fenomena yang terjadi di kehidupan saat itu. Semisal saat masa pandemi Covid 2020, masyarakat membutuhkan banyak peralatan kesehatan sendiri seperti handsanitizer, vitamin, dan masker.

Data-data dari Kominfo Indonesia menunjukkan bahwa persentase penjualan dan pembelian produk  medis dan sanitasi secara online meningkat hingga 600%. Apa artinya itu? Tentu saja maksudnya adalah menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat mempunyai prospek keuntungan yang lebih besar.

Berikan Diskon dan Pelayanan Prima

Siapa yang tidak suka diskon dan pelayanan konsumen yang prima? Dua poin tersebut adalah hal terbaik yang selalu sukses menggaet hati dan kesetiaan konsumen terhadap brand. Toko yang sering mengadakan diskon serta menawarkan produk termurah dengan kualitas baik akan lebih cepat diserbu pengunjung, ketimbang toko lain yang jarang memberikan diskon atau menjual produk dengan harga mahal.

Konsumen juga senang dengan pelayanan prima yang diberikan oleh toko. Semisal Anda mempunyai layanan customer service yang responsive dan siap membantu konsumen kapanpun terjadi kendala saat bertransaksi. Anda juga bisa memberikan loyalti cards dan hadiah menarik bagi para konsumen yang sudah setia berbelanja di tempat Anda.

Artikel terkait  5 Cara Pemasaran Seluler (mobile marketing) Untuk Smartphone Era Pertama?

Selain Promosi, Tunjukkan Pula Empati

Tips terakhir adalah selalu menunjukkan empati kepada masyarakat melalui konten-konten yang Anda posting di akun bisnis Anda. Semisal di masa pandemi Covid yang membuat banyak orang bersedih, tetaplah untuk menunjukkan empati berduka dan memberikan pesan hangat yang mengingatkan bahwa brand B2B Anda juga turut berjuang lebih keras bersama-sama dengan konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa berpartisipasi dalam aksi donasi kemanusiaan, mengedukasi masyarakat dengan aneka info bermanfaat seputar pandemi atau menjalankan bisnis UMKM sendiri, serta memberikan produk gratis/hadiah seperti masker dan handsanitizer untuk pembelian jumlah tertentu.

Aksi kecil-kecilan ini dapat menarik perhatian dan sorotan yang berbeda dari masyarakat ataupun perusahaan konsumen. Mereka yang tadinya hanya memandang bisnis Anda sebagai brand B2B biasa, kini bisa tertarik untuk mendukung brand dan memberikan feedback yang positif. Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengaplikasikan cara ini?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang strategi B2B agar tetap untung dalam berbisnis selama masa pandemi. Jadi, jangan khawatir jika saat ini Anda juga sedang menjalankan bisnis B2B! Tetaplah tenang dan berfokus penuh kepada progres usaha Anda agar bisnis tetap dapat berjalan baik. Semoga berhasil!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini. Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia bisnis dan marketing online hanya dari Markey. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya