Last Updated on December 6, 2022 by
Ingin website bisnis Anda banjir traffic di search engine (seperti Google, Bing dan Yahoo)? Solusinya gampang! Yuk coba berpromosi dengan paid search.Paid search adalah iklan-iklan online yang muncul di hasil penelusuran search engine. Iklan ini sangat ampuh dalam menjaring konsumen karena mempunyai tampilan natural serta sengaja disematkan di posisi teratas SERP.
Penasaran bagaimana cara kerja paid search bagi bisnis digital? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Daftar Isi
Pengertian Paid Search Adalah
Paid search adalah iklan online yang sengaja dimunculkan pada laman SERP (Search Engine Result Page). SERP adalah list hasil penelusuran berdasarkan keyword tertentu.
Semisal Anda menelusuri kata kunci “dagang martabak terdekat” di Google. Sebagai hasilnya akan muncul sekumpulan rekomendasi situs bisnis, foto, dan/atau artikel terkait dagang martabak—inilah yang dinamakan SERP.
Paid search juga dikenal dengan nama lain, yakni SEM (Search Engine Marketing) dan Google Ads/Adwords. Cara kerja trik marketing ini sepintas mirip dengan SEO (Search Engine Optimization) di mana iklan ditampilkan menurut tingkat kecocokan kata kunci.
Sebagai contoh, Anda mempromosikan bisnis kasur dengan keyword “kasur empuk”. Iklan tersebut nantinya akan otomatis muncul jika ada orang yang mencari topik seputar kasur atau furnitur rumah tangga.
Perbedaan Paid Social VS Paid Search
Banyak orang keliru menyamakan iklan paid search dengan paid social. Meski sama-sama iklan online berbayar, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.
Perbedaan utama paid social dan paid search adalah tempat iklan Anda dipublikasikan. Paid search menampilkan iklan di SERP browser, contohnya Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.
Namun paid social mempromosikan bisnis Anda di sosmed. Misalnya Twitter Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads dan seterusnya. Iklan sosmed berbayar cenderung lebih “agresif” karena bisa muncul di timeline pengguna tanpa perlu dicari terlebih dahulu.
Target sasaran paid social juga lebih luas dan terbuka untuk umum; ia bisa menyasar siapa saja tanpa terkecuali. Sedangkan paid search selalu bekerja mengikuti ketetapan customer persona agar menyasar kelompok konsumen yang tepat.
Cara Kerja Paid Search Adalah
Lalu bagaimana cara kerja iklan paid search? Iklan online ini bekerja dengan metode PPC (Pay Per Click), di mana sang pengiklan harus membayar kalau ada orang yang mengklik materi promosinya.
Untuk bisa mencoba iklan paid search, Anda harus memilih platform search engine terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan media-media besar Google, Yahoo atau Bing.
Kemudian, lakukan registrasi sesuai pedoman masing-masing penyedia paid search. Tetapkan juga keyword utama iklan dan karakteristik konsumen yang hendak disasar. Jika sudah, cek tarif yang dibebankan per klik nantinya dan konfirmasi. Iklan Anda akan langsung aktif.
Penting untuk diingat bahwa sistem paid search terbaru yang makin efektif untuk menjaring konsumen. Penempatan iklan online di SERP kini lebih beragam, bisa disesuaikan dengan lokasi, bahasa dan jenis perangkat yang dipakai konsumen saat browsing.
Jadi Anda bisa memadukan paid search dengan strategi marketing lain, seperti local SEO, demi memperoleh hasil kunjungan pembeli yang maksimal.
Contoh Paid Search: Google Adwords
Google Adwords merupakan contoh paid search terbaik. Selain karena dikelola langsung oleh search engine terbesar abad ini, tarif Adwords cukup terjangkau di Indonesia, bahkan tak sampai $1 USD per kliknya.
Proses pendaftaran Google Ads juga gampang. Anda hanya perlu menyiapkan akun Gmail aktif dan langsung mengikuti tata cara sign up-nya di https://ads.google.com/.
Lalu setiap pengguna Adwords akan memperoleh dashboard khusus dan akses ke Google Keyword Planner. Di sinilah Anda bisa mencari kata-kata kunci terbaik untuk disematkan di dalam iklan.
Tersedia beragam pilihan posisi penayangan iklan yang juga bisa Anda pilih di Adwords. Misalnya di bagian teratas SERP, terbawah, di halaman Google Image, maupun terkoneksi langsung dengan ecommerce dan Google Business Anda.
Kelebihan Paid Search Adalah
Masih ragu mencoba beriklan paid search? Tenang saja, iklan online search engine mempunyai segudang keuntungan bagi bisnis Anda.
Beberapa kelebihan paid search adalah:
Mengungguli Konten SEO
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, konten-konten berbayar (SEM) bisa secara otomatis menduduki peringkat teratas di SERP. Kelebihan ini sering dimanfaatkan oleh situs-situs bisnis baru untuk mendulang popularitas (awareness). Jika mengandalkan SEO, tentu saja itu akan memakan waktu dan hasil yang lebih lama.
Menghasilkan Konversi Lebih Tinggi
Banyak penelitian di bidang digital marketing menemukan bahwa paid search mempunyai nilai konversi yang lebih tinggi daripada social paid/iklan sosmed. Hal ini disebabkan oleh tingkat keseriusan belanja konsumen yang mengklik iklan berbayar SERP.
Pengguna yang menjelajahi konten paid ads cenderung sudah tahu produk atau jasa apa yang mereka butuhkan saat itu. Begitu pula keyword yang disematkan dalam iklan biasanya bersifat long tail dan mempunyai nilai penawaran tinggi. Dari sinilah muncul peluang besar terjadinya konversi.
Mengefektifkan Promosi Sesuai Target
Kelebihan menarik lainnya dari iklan SEM adalah langsung menjurus menyasar target-target konsumen tertentu. Alhasil iklan dianggap sangat relevan dan menarik sesuai kebutuhan pembeli.
Misalnya Anda mempromosikan bisnis merchandise dan album musik KPOP. Jadi Anda dapat mempersempit target konsumen ke gadis remaja dan wanita dewasa pecinta KPOP, misalnya.
Menghemat Budget Iklan
Ingin mempromosikan bisnis secara efektif namun tetap murah meriah? Paid search adalah jawabannya!
Paid ads search engine terbilang murah karena mengadaptasi sistem PPC. Anda tidak perlu membayar sepeserpun kalau iklan tidak pernah diklik pengunjung.
Cukup daftarkan materi promosi lalu atur periode penayangan iklan di platform pilihan. Setelahnya iklan Anda akan langsung terposting secara gratis!
Catat! 5 Strategi Paid Search yang Manjur Menarik Pembeli
Paid search adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat direkomendasikan saat ini. Selain menguntungkan, menjalankan paid search juga cukup mudah, lho!
Langsung dapatkan lebih banyak konsumen dengan mempraktekkan kiat-kiat paid ads berikut ini:
1. Tentukan Keyword Utama Iklan
Kekuatan iklan SEM berbayar terletak pada keyword utama yang Anda gunakan. Sebisa mungkin pilihlah kata kunci yang spesifik, populer, dan mempunyai nilai jual tinggi. Hindari memilih keyword yang bersifat umum karena frasa-frasa ini “kurang menjual”.
Contoh keyword yang bisa digunakan dalam paid ads misalnya:
- Jasa website murah Jakarta.
- Serum jerawat under 50 ribu.
- Baju custom design anime.
- Es milk tea boba Chatime.
Tips tambahan:
- Gunakan tool riset keyword untuk mengetahui kata-kata kunci terbaik maupun yang sedang viral/terkenal.
- Pilih keyword dengan volume pencarian besar namun tingkat kompetisinya rendah.
- Tambahkan kata-kata sifat agar keyword Anda menjadi lebih natural plus memikat. Misalnya “murah”, “gratis”, “terlaris”, “bergaransi”.
- Jika memungkinkan, buatlah keyword brand (kata kunci produk/jasa + nama brand).
- Riset keyword-keyword negatif yang berkaitan dengan iklan Anda, lalu atur agar konten Anda tidak muncul di topik-topik tersebut.
2. Perkirakan Waktu Terbaik Berpromosi
Tips berikutnya adalah memperkirakan waktu terbaik promosi Anda. Jangan pasang ads jika ranah produk/jasa Anda masih sangat baru atau terlalu asing di telinga masyarakat. Pastinya sedikit sekali orang yang akan menelusuri topik tersebut.
Produk-produk yang inovatif memang sebaiknya dipromosikan secara agresif agar lebih cepat terkenal. Namun jangan bersedih, karena Anda masih bisa menyiasati masalah ini dengan sejumlah cara lain:
- Mengubah penargetan iklan SERP menjadi berdasarkan demografi audiens.
- Memadukan paid search dengan local SEO.
- Memanfaatkan keyword/topik yang lebih umum untuk menciptakan celah promosi.
- Mengombinasikan keyword dengan trend terkini di masyarakat.
- Mengadakan kampanye social paid untuk menumbuhkan rasa penasaran masyarakat terhadap produk/jasa.
3. Perhatikan Tingkat Kompetisi Niche Bisnis
Tidak hanya waktu saja, tingkat kompetisi niche bisnis pun perlu mendapat perhatian saat menjalankan paid search. Poin ini berkaitan dengan efisiensi biaya promosi.
Biasanya, semakin tinggi popularitas dan kompetisi sektor bisnis maka makin mahal pula biaya PPC iklannya. Begitu pun kebalikannya. Penyesuaian ini dilakukan karena bisnis yang terkenal pasti mempunyai target pasar yang besar di baliknya.
Semisal industri produk teknologi berkembang sangat pesat dan saling bersaing ketat di Indonesia. Otomatis, tarif paid search untuk keyword bisnis IT akan lebih mahal dibandingkan sektor lain—seperti kesehatan, misalnya.
4. Buat Struktur Iklan
Beberapa bisnis sengaja menjalankan banyak paid search sekaligus. Jika Anda juga harus mengiklankan banyak produk/jasa bersamaan, maka sebaiknya pecahlah kampanye ke sejumlah kelompok ads.
Strategi ini membantu menjaga fokus tim marketing Anda serta mempermudah proses evaluasi hasil akhir pemasaran. Caranya mudah, cukup kelompokkan iklan-iklan yang sejenis baik dari segi substansi, tujuan atau periodenya. Lalu berikan nama bagi setiap grup agar tidak tertukar.
5. Padukan dengan Copywriting
Tips jitu bermain paid ads yang terakhir adalah menulis deskripsi iklan Anda dengan strategi copywriting. Copywriting adalah teknik penulisan bisnis dengan gaya persuasif. Tujuannya agar pembaca bisa terpengaruh dan mau mencoba produk/jasa kita.
Keyword yang sudah Anda pilih harus “dilebur” ke dalam berbagai posisi dalam iklan: judul, isi (deskripsi), metadeskripsi, bahkan ALT teks. Hasilnya, iklan Anda akan lebih nyaman dibaca serta dimengerti konsumen.
Tips tambahan:
- Lakukan uji A/B testing untuk mengetahui teks copywriting yang paling sukses mencuri perhatian konsumen.
- Lengkapi deskripsi penawaran dengan info-info penting. Misalnya info harga, keuntungan, spesifikasi produk, fitur-fitur, dan seterusnya.
- Pakai kata-kata yang bisa membangkitkan emosi konsumen. Contohnya “Promo terbatas hanya hari ini!” atau “Diskon limited edition buat siapa yang cepat!”
- Tunjukkan empati pada konsumen. Perlihatkan betapa bisnis Anda peduli dengan permasalahan pembeli dan mempunyai solusi terbaik bagi mereka.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar paid search sebagai bagian dari SEM. Bagaimana, tertarik untuk mempopulerkan website toko dengan strategi marketing ini?
Jangan lewatkan informasi, tips dan trik bisnis online terbaru dari MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaik di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.