Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 34

7 Rahasia Agar Tim Kerja Bisnis Lebih Produktif, Catat!

0
tim kerja

Tim kerja di perusahaan Anda mulai terasa lesu dan menurun performanya? Tenang saja, berikut ada 7 rahasia meningkatkan produktivitas dan semangat tim kerja yang bisa langsung Anda coba praktekkan.

Menjaga produktivitas team merupakan sebuah keharusan bagi tiap perusahaan. Ini karena tim karyawan adalah roda penggerak kehidupan bisnis yang berdampak langsung pada hasil produksi dan transaksi.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang mengalami masalah penurunan semangat dan solidaritas tim marketing. Masalah ini tentu bisa mengganggu keseimbangan work flow perusahaan jika tidak segera diatasi.

Jadi bagaimana cara menjaga kualitas kinerja tim di tempat kerja? Mari simak tips dan trik selengkapnya di sini!

7 Cara Membangun Tim Kerja yang Solid, Produktif dan Efisien

tim kerja

Mempunyai tim kerja yang solid, produktif dan efisien tentu merupakan impian setiap pengusaha. Namun dibutuhkan usaha tersendiri agar tim Anda bisa selalu bekerjasama dengan baik.

Berikut adalah 7 cara efektif membangun tim bisnis dengan produktivitas tinggi dan dalam suasana kerja yang menyenangkan:

1. Menyediakan Suasana Kerja yang Aman dan Nyaman

Semua orang tentunya suka bekerja di lingkungan yang aman dan nyaman. Maka dari itu, Anda wajib memulai dengan menyediakan atmosfer kerja terbaik bagi setiap orang.

Masih banyak pengusaha yang menuntut produktivitas tinggi dari para pegawainya, namun lalai dalam menyediakan suasana kerja terbaik. Padahal kenyamanan ruang kerja dapat meningkatkan fokus, efisiensi, dan produktivitas para pekerja.

Kenyamanan lingkungan kerja bisa dilihat dari beragam sisi, mulai dari:

  • Kelengkapan fasilitas kerja.
  • Keapikan penataan ruangan dan alat-alat kerja.
  • Regulasi dan cara komunikasi antar karyawan.
  • Suasana yang kondusif di mana setiap orang merasa kehadirannya diterima satu sama lain.
  • Ketersediaan jaminan keamanan bagi karyawan, seperti asuransi pelindung dari kecelakaan di tempat kerja.

Memiliki suasana kerja yang nyaman merupakan keharusan terlepas dari cara kerja yang diterapkan perusahaan Anda. Jika bisnis Anda berbasis Work From Home atau Work From Anywhere, Anda tetap bisa menyediakan sejumlah fasilitas portable bagi pegawai seperti laptop atau kuota internet.

2. Menetapkan Fokus dan Tujuan Tim

Kunci sukses membangun tim kerja yang baik selanjutnya adalah dengan menetapkan fokus serta tujuan tim.

Anda harus memastikan setiap karyawan memahami tujuan, target atau misi divisi masing-masing. Dengan begini, semua orang akan lebih mudah saling bekerja bahu-membahu untuk mewujudkan impian bersama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menetapkan fokus tim. Misalnya dengan mengomunikasikan tujuan saat rapat, berdiskusi di sesi brainstorming, atau ketika mengadakan evaluasi progres kerja.

3. Memberi Tugas Sesuai Porsi dan Kemampuan Karyawan

Ada kalanya target perusahaan terlalu besar dan rumit untuk diwujudkan. Namun tenang saja, Anda dapat memecah goals tersebut ke porsi-porsi kecil lalu memberikannya pada karyawan sesuai kompetensi mereka.

Sebuah tim perusahaan yang baik hendaknya terdiri dari orang-orang dengan berbagai skill. Tujuannya ialah untuk saling melengkapi jobdesc mengingat setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya.

Mari ambil contoh sebuah tim digital marketing. Tim tersebut bisa terdiri atas marketing manager, copywriter, content planner, data analyst, designer, ads specialist, dan SEO specialist. Bersama-sama, mereka akan saling bahu-membahu menggapai target marketing yang telah ditetapkan.

Tips tambahan:

  • Tetapkan beban kerja setiap orang dengan jelas, termasuk batasan-batasan hal yang menjadi tanggung jawab mereka dan yang bukan.
  • Buatlah alur komunikasi kerja atau struktur koordinasi sebagai pedoman bagi setiap karyawan.
  • Hindari penugasan tumpang tindih karena bisa membingungkan para pekerja.
  • Selalu pastikan setiap orang memahami jobdescmereka dengan baik.

4. Membuat Perkiraan Waktu dan Prioritas Kerja

Jangan lupa untuk membuat perkiraan waktu dan prioritas pekerjaan. Kedua hal ini penting demi menjaga efektivitas kinerja tim.

Perkiraan waktu kerja mencakup jadwal kegiatan dan deadline pengumpulan tugas-tugas. Memberikan alokasi waktu bagi setiap tugas akan memacu tim untuk bekerja lebih giat, fokus dan tepat waktu.

Agar lebih mudah, Anda bisa menentukan alokasi waktu kerja berdasarkan skala prioritas tugas tersebut. Contohnya seperti menempatkan tugas-tugas genting dan mudah di awal, baru kemudian mencicil pekerjaan yang lebih memakan waktu.

5. Mengeliminasi Distraksi Pekerjaan

Distraksi menjadi ancaman besar dalam penjagaan fokus dan produktivitas kerja tim saat ini. Kemunculan pengganggu di jam kerja terbukti semakin sering semenjak penerapan Work From Home selama pandemi Covid.

Bentuk distraksi pun bermacam-macam, seperti notifikasi ponsel, rasa bosan, jenuh, dan suara-suara berisik dari luar area kerja. Sebisa mungkin Anda dan tim harus bekerjasama mengatasi segala bentuk gangguan tersebut.

6. Menjadi Contoh dan Panutan bagi Tim

Sosok pemimpin (leader) juga wajib tersedia sebagai pemberi contoh bagi karyawan dalam tim. Selain mengawasi dan mengatur jalannya pekerjaan, ketua-ketua divisi hendaknya turut memberikan motivasi, semangat dan pengaruh-pengaruh baik lainnya untuk memacu kinerja anggota.

Namun Anda harus cermat dalam menentukan gaya kepemimpinan (style leadership) yang cocok bagi perusahaan. Pasalnya, style leadership memengaruhi kualitas hubungan antar pimpinan dan anggota di tim bisnis secara langsung.

7. Mengadakan Evaluasi Tim Kerja

Tips terakhir adalah rajin-rajin mengadakan evaluasi kerja tim. Sesi evaluasi dapat menjadi wadah bagi semua orang untuk mengutarakan masalah dan pertanyaan yang dihadapi ketika bekerja. Alhasil, diskusi diperlukan untuk memantau progres kerja, menyelesaikan masalah, serta mempererat teamwork.

5 Faktor Penting untuk Meningkatkan Kualitas Tim Kerja

tim kerja

Mewujudkan kerja tim yang baik memang memerlukan usaha keras dari berbagai pihak. Berikut ini pun ada sejumlah faktor penting yang dapat memengaruhi kualitas kinerja tim bisnis:

1. Kemampuan Komunikasi (Communication)

Komunikasi adalah faktor penting di berbagai hal dalam kehidupan, termasuk membina kerjasama tim. Tanpanya, seluruh karyawan di perusahaan Anda bisa sering terlibat dalam konflik internal seperti saling salah paham.

Sebuah tim bisnis terbukti baru bisa berkembang jika setiap anggotanya mampu berkomunikasi dengan baik. Dalam hal ini, setiap orang diharuskan untuk bisa mengutarakan isi pikiran serta memahami lawan bicaranya.

2. Kepemimpinan (Leadership)

Peran pemimpin juga menentukan keberhasilan kinerja sebuah tim. Pimpinan yang baik akan memberi contoh positif sekaligus mendorong pertumbuhan anggota-anggotanya. Alhasil, mereka pun dapat mencapai target perusahaan dengan lebih maksimal.

Begitupun sebaliknya. Pemimpin yang buruk dan cenderung otoriter bisa menciptakan suasana kerja yang kurang nyaman. Apabila dibiarkan, kinerja tim tentu dapat jatuh merosot. Saat ini pun orang-orang lebih membutuhkan sosok atasan yang open mind, mampu menghargai dan memanusiakan karyawannya.

3. Ketersediaan Dukungan (Support)

Kehadiran beragam bentuk dukungan dalam tubuh internal tim merupakan hal penting lainnya. Kita perlu mengapresiasi segala usaha, aspirasi dan masukan dari rekan kerja untuk mempererat hubungan satu sama lain.

Strategi ini juga bermanfaat dalam efisiensi modal bisnis. Pasalnya, karyawan yang merasa dihargai oleh perusahaan akan menjadi lebih loyal, tidak gampang resign, dan mau memberi kontribusi lebih. Anda jadi tidak perlu pusing mencari karyawan baru setiap saat.

4. Rasa Percaya (Trust & Security)

Semua hubungan yang baik pastilah dilandasi oleh rasa kepercayaan yang baik. Karyawan yang memiliki rasa percaya (secure) juga akan merasa aman dan fokus untuk bekerja di posisinya. Mereka pun berkesempatan untuk mewujudkan work life balance karena selalu bekerja sesuai tanggung jawabnya saja.

Sedangkan orang-orang yang tidak memercayai rekan kerjanya berpotensi melakukan beragam perbuatan buruk yang mengganggu keharmonisan ruang kerja. Contohnya seperti ikut-ikutan mengambil jobdesc orang lain, selalu negative thinking, dan ingin menjatuhkan teman kerja sendiri.

5. Pengaturan Tim (Team Role)

Faktor terakhir yang memengaruhi kerja tim adalah pengaturan beban kerja tim. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap karyawan mempunyai jobdesc dan tanggung jawab yang berbeda sesuai skill masing-masing.

Oleh sebab itu, para pemimpin harus mampu mengatur komposisi timnya dengan cermat. Pastikan setiap divisi memiliki orang-orang dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk menggapai goals masing-masing.

Pun sebisa mungkin jangan sampai ada anggota yang bekerja merangkap, alias mengerjakan tugas yang seharusnya dipegang oleh posisi yang berbeda. Contohnya seperti jobdesc desain grafis dan mengelola sosmed yang digabung untuk satu orang. Sudah pasti karyawan tersebut akan kewalahan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar rahasia membangun tim kerja yang produktif, solid dan efisien. Yuk segera praktekkan kiat-kiat di atas agar kualitas team bisnis Anda jadi semakin baik, selamat mencoba!

Ingin membaca lebih banyak tips-tips sukses mengelola bisnis? Simak terus MARKEY di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore) sekarang juga, dan dapatkan ratusan artikel digital marketing gratis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

9 Jenis Style Leadership Terbaik, Mana Gaya Anda?

0
style leadership

Setiap pebisnis memiliki style leadership (gaya kepemimpinan) yang berbeda-beda. Sudah tahu style apa yang paling pas dengan karakter bisnis Anda saat ini?

Leadership style adalah metode, karakter dan perilaku seorang pemimpin saat mengelola tim bawahannya. Gaya kepemimpinan wajib dipilih dengan cermat karena bisa memengaruhi banyak aspek dalam bisnis, seperti strategi marketing, cara penanganan konflik dan lain-lain.

Lantas apa sajakah style leadership bisnis terbaik dan banyak dianut saat ini? Daripada penasaran, yuk langsung simak 9 model kepemimpinan (leadership) perusahaan terbaik berikut ini!

9 Style Leadership Pebisnis Sukses di Seluruh Dunia

style leadership

Di dunia ini sejatinya ada banyak ragam model kepemimpinan. Setiap leadership style terlahir akibat beragam faktor. Mulai dari karakter individu sang pemimpin, nilai-nilai yang dipegang bisnis, hingga situasi di lapangan dengan para karyawan.

Secara umum ada 9 style leadership yang bisa kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Kesembilan model kepemimpinan ini telah digunakan oleh beragam perusahaan serta publik figur ternama di dunia:

1. Democratic atau Participative Style Leadership

Pertama ada democratic atau participative leadership. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat identik dengan gaya kepemimpinan satu ini.

Democratic style adalah model leadership yang adil karena melibatkan suara dan pandangan dari semua orang di suatu perusahaan atau organisasi. Semua anggota mempunyai hak, kewajiban serta kedudukan yang setara.

Perusahaan dengan democratic leadership style cenderung memiliki nilai moral dan produktivitas yang tinggi. Pemimpinnya juga dianggap lebih bersahaja karena open minded, mampu memahami beragam perspektif, dan rajin memberikan apresiasi.

2. Autocratic Leadership

Berbanding terbalik dengan prinsip sebelumnya, autocratic leadership lebih menekankan pada kepatuhan dari bawahan terhadap atasan. Pemimpin autocratic tidak menerima masukan atau memahami pandangan orang lain.

Model autocratic sangat bermanfaat jika bawahan tidak pernah merespon dengan baik terhadap instruksi. Atau ketika pemimpin tidak punya waktu banyak untuk mengambil keputusan.

Meski model leadership ini terkesan negatif, pengikutnya ternyata tetap banyak. Contohnya seperti Presiden Korea Utara Kim Jong Un, Presiden Indonesia Ke-2 Soeharto, dan tokoh Perang Dunia II Adolf Hitler.

3. Authoritative Leadership

Authoritative leadership tidak sama dengan autocratic leadership, walau nama keduanya sepintas tampak mirip.

Pemimpin authoritative mempunyai wibawa khusus yang membuat orang-orang segan dan tertarik menjadi pengikutnya. Seluruh bentuk kepatuhan tercipta atas keinginan bawahan sendiri, bukan melalui cara pemaksaan.

Biasanya pemimpin authoritative mempunyai image positif dan pengaruh yang kuat di masyarakat. Mereka adalah orang-orang yang mampu menetapkan tujuan, strategi, serta feedback dan motivasi untuk menyemangati lingkungan sekitarnya.

4. Transactional atau Managerial Leadership

Transactional leadership adalah strategi kepemimpinan yang paling umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Itulah mengapa ia juga dikenal sebagai managerial leadership.

Sistem transactional leadership juga termasuk yang paling menguntungkan bagi kedua belah pihak (atasan dan bawahan). Atasan akan memberi bawahan sejumlah penghargaan jika mereka berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai target bisnis. Penghargaan tersebut bisa berupa upah, gaji atau bonus. 

Begitu juga sebaliknya, bawahan bisa menerima sanksi apabila melakukan kesalahan yang merugikan perusahaan. Seluruh ketentuan beban kerja, upah dan sanksi wajib didiskusikan bersama antara perusahaan dan karyawan untuk menjaga kenyamanan kerjasama.

5. Delegative Leadership (Laissez Fair)

Pernahkah Anda melihat seorang manajer yang memberi banyak keleluasaan bagi bawahannya? Orang yang seperti itu disebut sebagai penganut delegative leadership atau laissez fair.

Seorang delegative leader mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi terhadap kemampuan kerja anak buahnya. Presiden Amerika ke-41 George Bush dikenal mempraktekkan prinsip ini selama periode kepemimpinannya.

Sayangnya tipe kepemimpinan ini mempunyai pro dan kontra. Tim yang dinaungi seorang delegative leader sudah pasti bisa bekerja dengan baik secara mandiri. Di sisi lain, kemandirian tersebut berpotensi menjadikan pemimpin tidak memahami tanggung jawabnya sendiri.

6. Affiliative Leadership

Jika Anda selama ini cukup lihai merekatkan keharmonisan antar karyawan di perusahaan, maka bisa jadi Anda adalah penganut affiliative leadership.

Faktanya, semua anggota tim bisnis Anda selalu mempunyai pandangan yang berbeda. Hal ini bisa memicu perselisihan yang wajib diwaspadai dan diatasi setiap pemimpin.

Nah, seorang affiliative leader tidak akan takut untuk terjun menghadapi tantangan tersebut. Mereka selalu membantu menuntaskan masalah yang terjadi dalam badan internal tim, seperti meluruskan kesalahpahaman, menengahi, mengayomi dan membantu mengakrabkan setiap orang.

7. Transformational Leadership

Transformational leadership style mudah dijumpai pada bisnis yang adaptif dengan perubahan, contohnya seperti startup. Bukan tanpa sebab, metode transformational style memang menekankan perubahan dan transformasi di masa depan.

Ciri-ciri pemimpin yang menganut gaya transformational adalah mempunyai visi ke depan yang kuat. Mereka juga selalu tergerak untuk menginspirasi banyak orang di sekitar agar mau bertindak membuat perubahan yang positif.

8. Coaching Leadership

Apakah Anda mencari gaya kepemimpinan yang memberi dampak besar jangka panjang? Jika iya, maka coaching leadership adalah jawabannya.

Sesuai namanya, coaching leadership berfokus kepada pengembangan kualitas diri setiap orang di tim kerja. Pemimpin memahami seluk-beluk kelebihan dan kekurangan anggota timnya, dan tak ragu mengembangkan skill mereka demi menggapai goals perusahaan.

9. Pacesetting Leadership

Tipe leadership yang terakhir adalah pacesetting. Gaya kepemimpinan ini tergolong agak “kejam” karena para bawahan selalu dituntut untuk memenuhi target secepat mungkin.

Selain itu, pemimpin pun kerap menetapkan aturan berstandar tinggi dengan alasan menjaga mutu dan kualitas bisnis. Maka dari itu gaya pacesetting leadership banyak dianggap memberatkan karena terlalu berfokus pada pekerjaan alih-alih kesejahteraan karyawan.

3 Cara Menentukan Style Leadership sesuai Karakter Masing-Masing

style leadership

Anda sudah melihat beragam leadership style yang dianut banyak orang di luar sana. Namun pertanyaan berikutnya merujuk ke dalam diri Anda: “Kira-kira apakah leadership style saya?”

Nah, satu-satunya orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut hanyalah diri Anda sendiri. Namun tidak perlu cemas, sebab ada 3 cara mudah untuk menentukan style leadership sesuai karakter kita, yaitu:

1. Tentukan Target Anda

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu target bisnis yang ingin Anda capai. Lalu pilihlah model kepemimpinan dan strategi bisnis yang dirasa paling sesuai dengan goals tersebut.

Jika masih ragu, Anda bisa membuat daftar kepribadian diri sendiri untuk dicocokkan dengan ciri-ciri sebuah leadership style. Cukup buat list kata sifat yang menggambarkan watak Anda, misalnya “open minded”, “bisa melihat perspektif lawan bicara”, “suka bernegosiasi”, dan seterusnya.

2. Lakukan Uji Coba

Tidak ada model leadership yang langsung sempurna dalam sekali percobaan. Anda harus mau melakukan beragam uji coba demi mengetahui leadership style terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

Anda mungkin juga akan bertemu dengan situasi tertentu yang mengharuskan penggunaan lebih dari satu gaya leadership. Contohnya seperti autocratic leadership untuk mengambil keputusan penting darurat.

3. Dapatkan Feedback dan Renungkanlah

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi setiap model kepemimpinan yang Anda gunakan. Anda dapat mengumpulkan feedback jujur dari anggota tim terkait model kepemimpinan Anda. Cari tahu segala hal yang perlu ditingkatkan maupun dipertahankan.

Demikianlah ulasan kali ini terkait macam-macam leadership style di sebuah perusahaan maupun organisasi. Sudahkah kini Anda menyadari gaya kepemimpinan mana yang cocok dengan jati diri saat ini? Yuk segera cari tahu dan kembangkan skill leadership Anda untuk membina perusahaan lebih baik lagi ke depannya, ya!

Ikuti terus MARKEY agar tidak kelewatan info-info menarik terbaru seputar dunia bisnis. baca gratis beragam artikelnya hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Quick Commerce? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

0
quick commerce

Quick commerce disebut-sebut sebagai dunia bisnis online terbaru pengganti ecommerce dan marketplace. Bukan tanpa sebab, bisnis online tersebut mulai populer karena memiliki inovasi terbaik dibandingkan para pendahulunya.

Kelebihan utama online shop ini adalah menyediakan pengiriman paket secepat kilat. Alhasil pengalaman belanja konsumen menjadi dua kali lipat lebih baik daripada sebelumnya. Keunikan tersebutlah yang menjadikan bisnis Q commerce tumbuh subur, termasuk di Indonesia.

Lalu seperti apa cara kerja dan manfaat dari Q commerce? Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya terkait quick commerce berikut ini!

Pengertian Quick Commerce

quick commerce

Quick commerce adalah bisnis online cepat yang mampu menuntaskan pesanan dalam waktu singkat. Bisnis ini juga dikenal dengan serangkaian nama lain, seperti Q commerce, niaga cepat dan ecommerce jarak pendek.

Ciri khas utama dari Q commerce adalah waktu pelayanannya yang tidak lebih dari sehari usai pesanan dibuat. Mereka mengedepankan pengiriman di hari yang sama (same day logistic) atau di hari berikutnya (next day).

Oleh sebab itu, pesanan pembeli akan sampai dalam kurun waktu bervariasi, namun maksimal selama satu jam—misalnya 15 menit atau 30 menit. Begitupun untuk pengiriman next day. Paket akan dikirim dan langsung sampai ke tujuan pada keesokan hari usai check out.

Namun karena sifat gesitnya itulah, kebanyakan Q commerce hanya menyediakan produk-produk praktis dan termasuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya seperti makanan siap santap, sembako eceran, bahan makanan, hingga produk rumah tangga dan skincare.

Perbedaan Quick Commerce dan Ecommerce

Q commerce tidak sama dengan ecommerce, meski keduanya sama-sama menawarkan barang dagangan di platform online. Adapun perbedaan keduanya dapat dilihat pada tabel berikut:

Aspek Kerja Quick Commerce Ecommerce
Waktu Pengiriman Pengiriman cepat, kurang dari 1×24 jam usai konsumen melakukan check out. Bisa memakan waktu berhari-hari, tergantung pada kecepatan ekspedisi dan jarak toko dan alamat pembeli.
Daya Jangkau Konsumen lokal yang berada dalam satu wilayah dengan store. Daya jangkau lebih luas, bisa mencakup konsumen nasional maupun luar negeri.
Tipe Produk Produk-produk skala kecil, eceran dan instan bisa langsung dikonsumsi. Contohnya seperti makanan, obat-obatan dan kebutuhan sehari-hari. Bisa berupa produk eceran maupun grosir dalam skala besar. Kategori produk lebih lengkap, contohnya gadget, kebutuhan rumah tangga, fashion, otomotif, dan lain-lain.
Pengelolaan Logistik Menggunakan dark store yang terletak di jantung kota atau posisi paling strategis untuk mempercepat pengiriman. Memiliki gudang lebih besar dan terletak di daerah pinggiran kota.

 

Beberapa ecommerce dan marketplace kini juga menghadirkan fitur same day dan next day delivery untuk menghemat waktu proses pesanan. Namun fitur tersebut bisa lebih mahal daripada ongkos kirim reguler serta belum tersedia merata akibat perbedaan lokasi toko dan konsumen.

Menjual makanan online—baik yang siap santap ataupun bahan baku—juga tidak dianjurkan memakai ecommerce. Pengiriman yang lama berhari-hari bisa membuat makanan basi atau rusak di perjalanan. Akan lebih baik jika Anda memanfaatkan layanan niaga cepat.

Model Bisnis dan Cara Kerja Quick Commerce

Q commerce bekerja dengan cara khusus untuk mempercepat proses pengiriman setiap pesanannya. Adapun metode yang digunakan bisnis niaga cepat adalah dark store atau cloud store.

Dark store adalah suatu rangkaian hubungan logistik yang sengaja ditempatkan di posisi-posisi strategis sebuah wilayah. Contohnya seperti jantung kota atau area padat pemukiman warga. Dengan penempatan khusus ini, diharapkan proses penjualan bisa lebih ringkas, cepat dan banyak jumlahnya.

Seperti apa bentuk dark store? Rupanya, gudang-gudang Q commerce berbentuk sebagaimana minimarket biasa, di mana produk-produk jualan disusun dalam rak-rak sesuai kategori. Hanya para mitra atau kurir saja yang bisa mengambil barang sesuai pesanan di aplikasi Q commerce.

Namun menyediakan dark store saja masih belum cukup. Setiap Q commerce haruslah memaksimalkan bisnis mereka dengan strategi marketing tertentu, di antaranya:

  • Lebih fokus menawarkan produk yang laris atau banyak diminati pembeli. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya penyimpanan dan perawatan stok di dark storedan memperbesar peluang transaksi.
  • Menghitung tarif belanja sesuai metode pengiriman. Total biaya check out dihitung dari jarak store ke alamat konsumen, jumlah pesanan dan metode pengiriman yang dipilih (same day atau next day). Beberapa bisnis juga menambahkan biaya admin sesuai syarat dan ketentuan masing-masing.
  • Merancang strategi pengiriman dengan matang. Seluruh bisnis Q commerce sudah merancang strategi pengirimannya dengan matang. Ada yang sengaja membagi jumlah orderan untuk zona dalam dan luar kota per harinya; atau mengarahkan kurir mengirim lebih dari satu paket sekaligus. Semua aktivitas pengiriman pun selalu dipantau melalui GPS dan dievaluasi.

Kelebihan dan Kekurangan Quick Commerce

quick commerce

Salah satu kelemahan besar marketplace adalah belum bisa menyediakan pengiriman kilat selayaknya Q commerce. Apabila memungkinkan pun, tetap masih sedikit ecommerce yang sanggup memenuhi fitur tersebut.

Namun toko-toko kilat tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang harus diantisipasi. Adapun keuntungan dari Q commerce mencakup:

  • Memberikan kepuasan belanja yang lebih baik. Konsumen bisa menerima pesanan dalam hitungan waktu singkat. Mereka tidak perlu khawatir menunggu lama untuk menuntaskan kebutuhan yang mendesak.
  • Praktis dengan pengiriman setiap saat. Anda bisa memesan produk di Q commerce melalui aplikasi dan paket akan tetap diantar kapan saja dimana saja (24 jam).
  • Menyediakan harga produk lebih murah. Banyak toko Q commerce menyediakan harga produk lebih murah disertai diskon. Ini karena mereka membeli produk grosir dan dijual eceran.
  • Menghadirkan banyak kategori produk. Bisnis niaga cepat kini telah merambah industri selain kebutuhan sehari-hari, misalnya gadget, baju, buku, sepatu dan lain-lain.
  • Membuka kerjasama mitra kurir. Q commerce tentunya membutuhkan sebanyak mungkin kurir untuk meningkatkan pelayanan. Dengan membuka bisnis ini, Anda bisa turut menghadirkan lapangan kerja baru di masyarakat.
  • Tersedia fitur pelacak pesanan. Konsumen bisa langsung mengecek proses pengiriman melalui GPS di aplikasi Q commerce.

Sayangnya, bisnis niaga cepat tetap belum terlepas dari berbagai kekurangan, seperti:

  • Menghabiskan cukup banyak modal bisnis. Sistem operasi yang efisien membutuhkan biaya operasional yang lebih tinggi dari ecommercedan marketplace.
  • Dapat menginterupsi sistem perekonomian lokal. Kehadiran q commerce dikhawatirkandapat mengganggu kelancaran warung, pasar tradisional dan UKM-UMKM yang masih mengandalkan transaksi offline.

6 Contoh Quick Commerce Terbaik di Indonesia

Penasaran apa saja contoh bisnis Q commerce yang populer berkembang di Indonesia? Berikut sejumlah contohnya:

1. Astro

Pertama ada Astro yang bergerak khusus di bidang jual beli kebutuhan sehari-hari secara daring (e-groceries). Astro diminati karena sanggup mengirimkan pesanan konsumen selama 15 menit dan menawarkan garansi produk. Berkat popularitasnya, Astro berhasil memperoleh pendanaan sebesar 27 juta US Dollar.

2. Allo Fresh

Nama Allo Fresh mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bisnis online kilat tersebut dimiliki oleh korporasi CT Corp milik Chairul Tanjung dan Bukalapak.

Allo Fresh menawarkan sekitar 150 ribu item dari berbagai kategori yang bisa dibeli langsung melalui aplikasi. Proses pengirimannya juga dipastikan secepat-cepatnya, tak sampai tiga jam usai check out.

3. Tokopedia Now

Setelah sukses sebagai startup Unicorn di Indonesia, Tokopedia kini turut merambah dunia Q commerce, lho! Mereka pun merilis layanan Tokopedia Now yang siap memenuhi pesanan dan pengiriman kurang dari 2 jam.

Namun Tokopedia Now baru akan dirilis untuk wilayah Jawa dan Bali usai masa PPKM di Indonesia. Q commerce Tokopedia ini pun direncanakan dapat diakses selama 24 jam oleh konsumen.

4. Dropezy

Berikutnya ada Dropezy yang didanai oleh Forge Ventures—investor ternama di balik Bukukas dan Kopi Kenangan. Dropezy saat ini masih beroperasi di wilayah sekitar Jabodetabek. Bisnis Q commerce ini menjanjikan layanan delivery pesan online selama 20 menit.

5. GrabMart Kilat

Tak mau kalah dengan startup lokal lainnya, Grab juga membuka layanan niaga cepat bernama GrabMart Kilat.

Cara kerja GrabMart Kilat sama seperti pesan GrabMart biasa. Bedanya, proses pengiriman GrabMart Kilat yang lebih singkat yakni 30 menit. Sedangkan pesanan GrabMart reguler bisa berlangsung hingga satu jam.

6. Bananas

Terakhir ada Bananas, sebuah startup Q commerce yang dirilis pada bulan Maret 2022. Bananas beroperasi di Jakarta dengan menyediakan pengiriman paket dalam waktu 10 menit ke alamat konsumen.

Hebatnya, Bananas adalah niaga kilat asal Indonesia yang termasuk Y Combinator—sebuah program akselerator startup di Silicon Valley, USA. Mereka juga telah tembus pendanaan sebesar 1 juta Dollar Amerika.

Demikianlah ulasan hal-hal penting terkait bisnis Q commerce, mulai dari pengertian hingga perkembangannya di Indonesia. Jadi bagaimana, apakah Anda sendiri turut tertarik mencoba merintis bisnis Q commerce?

Yuk terus perkaya wawasan bisnis online Anda bersama MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk membaca gratis beragam berita, info terupdate, dan tips-tips sukses bisnis online setiap hari. Sampai jumpa lagi!

8 Alasan Social Media Management Sangat Dibutuhkan Olshop

0

Social media management adalah pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Kenapa? Berikut rincian tugas, manfaat dan skill penting social media management yang wajib Anda ketahui.

Hampir semua bisnis menggunakan sosial media untuk berpromosi saat ini. Bagaimana tidak, sosmed menyediakan peluang terbaik bagi pemasaran karena digunakan oleh ratusan juta orang dari berbagai belahan dunia.

Namun mempromosikan usaha di sosial media jelas bukan perkara mudah. Diperlukan management social media yang baik agar profil online shop Anda terus bersinar di dunia maya.

Apa itu sosmed management beserta tugas-tugasnya? Buat Anda yang belum tahu, yuk langsung kita simak bersama penjelasan selengkapnya di sini!

Apa Itu Social Media Management?

social media management

Social media management adalah proses pengelolaan konten-konten marketing di platform sosmed menggunakan berbagai tools.

Membuat konten bisnis tentunya tidak bisa asal-asalan selayaknya memposting di akun pribadi. Proses manajemen ini terdiri dari berbagai tahap, mulai dari proses pembuatan, penayangan hingga analisis hasil akhirnya.

Tujuan melakukan management social media adalah memperoleh berbagai data dan masukan terkait pertumbuhan brand di masyarakat. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menciptakan lebih banyak peluang transaksi dengan memancing kedatangan calon konsumen di sosmed.

Tugas-Tugas Social Media Management

Secara umum, tugas-tugas social media management sebuah perusahaan adalah:

  • Membuat konten untuk diunggah ke sosmed secara berkala.
  • Mempublikasikan konten sesuai jadwal penayangan atau timeline.
  • Meriset trend dan isu-isu yang sedang hangat untuk bahan konten.
  • Melakukan brainstorming ide-ide segar bagi konten.
  • Melakukan evaluasi dan analisis dari postingan (seperti traffic, engagement, dan lain-lain).
  • Mengukur tingkat keberhasilan sebuah konten dalam mencapai target.
  • Membuat dan melaporkan kinerja platform sosial media bisnis.
  • Mencari masukan, feedback atau menyimak percakapan-percakapan online dengan konsumen untuk mengetahui kebutuhan mereka.
  • Membuat jadwal posting (timeline).
  • Menentukan target marketing dan strategi konten terbaik untuk mencapainya.
  • Mengadakan kolaborasi dengan influencer, brand, atau mengadakan acara-acara kreatif.

Cukup banyak, bukan? Oleh sebab itu, pengelolaan sosial media cenderung dilakukan dalam sistem tim untuk mengurangi beban kerja.

Sangat disarankan juga untuk merekrut orang-orang dengan keahlian berbeda-beda, terutama jika bisnis bisnis Anda menjalankan sosmed marketing di banyak platform. Sebuah tim yang ideal minimal memiliki copywriter, desainer, data analyst dan customer service. Lalu mereka akan dipimpin oleh seorang social media manager.

Namun ada juga perusahaan yang memiliki satu orang social media manager saja. Biasanya ini terjadi di kalangan bisnis berskala kecil atau rumahan. Berikut adalah rangkuman tugas yang wajib dijalankan kalau ingin sukses mengelola sosmed olshop sendiri:

  • Aktif membalas dan menanggapi seluruh komentar, pesan ataupun repost UGCdari audiens.
  • Melakukan riset target konsumen bisnis dan platform sosmed terbaik untuk berpromosi.
  • Menetapkan target marketing, baik yang bersifat jangka panjang maupun pendek.
  • Mengikuti perkembangan isu, berita, topik dan tren di masyarakat sebagai inspirasi konten.
  • Membuat dan memposting konten secara teratur sesuai jadwal.
  • Mengevaluasi dan mengukur keberhasilan kampanye memakai tools-tools marketing yang relevan.

8 Manfaat Penting Social Media Management bagi Pertumbuhan Bisnis

social media management

Lalu mengapa media sosial management penting bagi perusahaan kita? Ada 8 manfaat yang bisa diraih bisnis jika Anda mulai mengelola sosmed brand dengan benar:

1. Mempertajam Image dan Kualitas Brand

Semua pebisnis pasti ingin usahanya terkenal dan mempunyai reputasi positif di masyarakat. Cara termudah untuk menggapai impian tersebut adalah dengan mengelola konten sosmed brand.

Setiap konten wajib dipoles sedemikian rupa agar menampilkan ciri khas brand. Misalnya dengan menambahkan logo toko, membubuhkkan jargon bisnis ke caption, dan menonjolkan warna-warni khas brand dalam postingan.

2. Mempromosikan Produk Bisnis Seluas-Luasnya

Inilah manfaat paling utama dari mempromosikan bisnis di sosmed: memperkenalkan produk atau jasa kita ke sebanyak mungkin orang.

Banyak studi digital marketing terbaru memperlihatkan peranan sosmed yang kini bergeser. Jika dulu media sosial hanya untuk hiburan, kini orang-orang juga menggunakannya untuk menggali info terkait produk brand.

Orang-orang lebih mudah percaya karena mendapat informasi langsung dari akun sosmed resmi brand. Alhasil, keinginan mereka untuk mencoba produk jadi lebih tinggi.

Menggali info di sosmed juga dirasa lebih praktis berkat fitur komentar dan direct message. Pelanggan bisa langsung bercakap-cakap dengan admin sebelum melakukan transaksi.

3. Menumbuhkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Pernahkah Anda berkenalan dengan sebuah brand di sosmed? Peristiwa tersebut merupakan tujuan lain dari manajemen sosial media, yakni penumbuhan brand awareness.

Brand awareness adalah kesadaran masyarakat terhadap suatu produk, jasa atau merek bisnis. Ibarat pepatah “tak kenal maka tak sayang”, dalam dunia bisnis, konsumen cenderung mau mencoba produk yang sudah mereka kenal sebelumnya.

Sosmed dipandang sebagai tempat pembangunan awareness terbaik karena traffic-nya yang tinggi. Pun semakin sering memposting unggahan di sosmed, maka makin besar peluang terciptanya brand awareness.

4. Memudahkan Konsumen Menerima Informasi

Selain memasarkan produk, sosmed juga membantu kita untuk menyebarkan berbagai info menarik ke masyarakat. Contohnya info promo dan diskon di store; launching outlet atau produk baru; serta event-event seru seperti giveaway.

Bentuk promosi bisnis memang sebaiknya dibuat bervariasi agar konsumen tidak bosan menerima info produk melulu. Setiap konten baru akan langsung tersampaikan dalam hitungan detik. Anda juga tidak perlu membayar untuk memposting apapun sebanyak-banyaknya.

5. Memperluas Pasar Bisnis

Ingin memperluas cakupan target konsumen bisnis Anda? Kini Anda bisa melakukan ekspansi pasar dengan mudah di dunia maya!

Analisis konten sosmed dapat menguak siapa saja yang sering menyimak atau berinteraksi dengan unggahan. Jadi kita bisa tahu kelompok masyarakat mana yang tertarik dengan produk kita. Setelahnya Anda bisa mulai mencoba mempromosikan produk ke warga di wilayah tersebut.

6. Mendongkrak Jumlah Penjualan

Seluruh manfaat sosmed management di atas dapat berujung pada terciptanya transaksi di lapak Anda. Promosi sosmed yang gencar akan membangun rasa penasaran warga untuk mencoba produk kita. Alhasil terciptalah peluang transaksi baru dan profit bisnis.

7. Mengoptimalkan Dukungan terhadap Konsumen

Tim manajemen sosmed memberikan dukungan secara langsung terhadap kebutuhan konsumen. Mereka dengan sigap membalas pesan-pesan yang masuk, serta berinteraksi membangun hubungan erat dengan calon pembeli.

Dengan kata lain, pengelolaan sosmed bisa berdampak terhadap loyalitas konsumen dalam jangka panjang.

8. Memudahkan Kontrol Image Bisnis

Manfaat terakhir dari pengelolaan konten sosmed adalah memudahkan proses pengendalian image bisnis.

Penting untuk diingat bahwa sosial media adalah platform yang bebas. Dalam artian, semua orang bisa memberikan komentar semaunya—baik yang positif maupun negatif. Inilah tugas Anda untuk mengendalikan segala bentuk feedback dari warganet.

Kritik negatif juga perlu mendapat perhatian selayaknya pujian atau testimoni positif. Namun Anda harus membalasnya dengan strategi customer service yang tepat. Lakukan pengecekan feedback secara berkala lalu balas dengan sebaik mungkin.

6 Rekomendasi Skill untuk Social Media Management

Sudah siap mengelola konten sosial media bisnis Anda? Dibutuhkan beragam skill yang mumpuni Agar bisa menjalankan tugas-tugas sosmed management dengan baik.

Adapun keterampilan-keterampilan dasar yang wajib dimiliki untuk mengelola sosmed marketing adalah:

1. Analisis Data

Proses analisis dibutuhkan pada hampir semua aktivitas pengelolaan sosial media. Misalnya pada tahap persiapan pembuatan konten, Anda perlu menganalisis tren, karakteristik konsumen, dan ide-ide konten yang tepat sesuai target. Lalu di tahap evaluasi diperlukan analisis hasil performa konten.

2. Kreativitas

Kreativitas sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang menarik dan jauh dari kata membosankan. Anda juga akan dituntut untuk berinovasi menghadirkan konten-konten baru yang belum pernah ada sebelumnya.

3. Customer Service

Skill customer service yang dimaksud di sini adalah keterampilan kita saat berhadapan dengan pembeli. Contohnya cara mengatasi keluhan; menunjukkan simpati atas masalah konsumen; dan menyelesaikan kendala secara praktis.

4. Komunikasi

Komunikasi selalu menjadi skill wajib dalam berbagai pekerjaan. Keterampilan ini mencakup kemampuan bernegosiasi, public speaking, menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas, serta menjadi pendengar yang baik.

5. Pembuatan Konten

Terdapat sejumlah skill khusus dan penting dalam pembuatan konten, yaitu:

  • Copywriting: menulis deskripsi dengan gaya persuasif untuk memikat pembaca.
  • Desain grafis: membuat aneka desain gambar digital.
  • Fotografi: memotret foto dengan kualitas terbaik.
  • Videografi: merekam video dengan kualitas terbaik.
  • Editor: mengedit setiap konten sebelum siap dipublikasikan.

6. Skill Manajemen

Terakhir ada skill manajemen yang berperan mengatur jalannya pekerjaan Anda. Keterampilan ini mencakup kemampuan mengatasi masalah, membuat rencana strategi, hingga manajemen proyek.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait social media management. Sekarang Anda bisa mulai mengoptimalkan sosial media marketing bisnis demi meraih hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak tips sukses menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore) untuk baca gratis koleksi artikel-artikel terbarunya. Sampai bertemu lagi!

9 Tren Live Shopping Inovatif dan Mudah Curi Atensi Pembeli

0
live shopping

Live shopping adalah strategi marketing online yang sedang ramai digunakan saat ini. Taktik ini mengombinasikan penjualan tradisional dan online secara dinamis.

Penjual dapat memperlihatkan bentuk asli produk sembari menjelaskan keunggulan produk kepada penonton selama sesi live. Lalu konsumen yang tertarik dapat langsung memesan produk sesuai arahan penjual. Praktis sekali, bukan?

Tingkat keberhasilan live shopping di Indonesia juga cukup tinggi. Studi dari Ipsos memperlihatkan lebih dari 70% orang pernah menonton live shop; dan hampir 60% membeli produk dari sana.

Tertarik mencoba metode live streaming shopping? Nah, pas sekali, berikut kami punya 9 tren live shopping inovatif yang ampuh menarik perhatian calon konsumen. Yuk langsung saja kita simak bersama!

9 Tren Live Shopping Terbaru dan Inovatif untuk Ramaikan Olshop

live shopping

Bagaimana cara agar sesi live shopping olshop kita ramai ditonton? Selain memastikan kualitas koneksi dan kejernihan video, Anda juga harus aktif meramaikan acara dengan ide-ide segar yang membuat audiens penasaran.

Tidak perlu bingung, Anda dapat memulai sesi live streaming yang menarik dengan 9 tren inovatif berikut ini:

1. Bagi-Bagi Diskon

Semua orang menyukai diskon dan promo. Apalagi jika diskon tersebut hanya berlangsung selama live streaming. Para penonton live pun pasti akan terdorong untuk membeli produk impian mereka karena takut kehabisan promo.

Jangan lupa untuk selalu menghitung margin profit dan besar diskon yang bisa diberikan agar Anda tidak merugi, ya.

2. Interaktif Dua Arah

Live streaming menjadi dua kali lebih seru karena memungkinkan interaksi dua arah antara penyiar dan penonton. Apapun yang Anda ucapkan akan langsung terdengar ke audiens, dan mereka bisa memberi tanggapan lewat kolom komentar atau reaction.

Dari sini Anda dapat membangun keakraban dengan para pemirsa. Jangan ragu untuk meminta audiens memberi tanggapan, menjawab pertanyaan, atau memotivasi mereka untuk membeli produk sebelum live berakhir.

3. Live Shop di Ecommerce

Mengadakan live streaming di ecommerce kini menjadi tren semenjak fitur live ditambahkan ke platform tersebut. Strategi ini dinilai lebih praktis karena konsumen bisa langsung memesan produk memakai fitur check out ecommerce. Penjual pun tidak perlu repot mengirim banyak link dagangan dan memberi arahan ke penonton.

4. Live Streaming di Sosial Media

Selain ecommerce, platform sosial media juga banyak digunakan untuk live streaming bisnis. Beberapa sosmed memang menyediakan fitur live stream yang praktis, sebut saja Instagram, Facebook dan TikTok.

Keuntungan utama live di sosmed adalah lebih mudah mendulang traffic dan engagement karena jumlah penggunanya mencapai ratusan juta orang dari berbagai wilayah. Jadi acara Anda bisa dihadiri sebanyak mungkin orang, baik yang merupakan followers atau bukan.

Keunggulan sosmed sebagai media live streaming bisnis pun diyakini akan melampaui ecommerce. Ini karena sejumlah sosial media mulai menghadirkan fitur belanja selayaknya ecommerce, misalnya TikTok Shop dan Instagram Shopping.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Inovasi strategi live shopping berikutnya adalah berkolaborasi bersama influencer. Banyak brand pernah mencoba strategi ini dan rata-rata terbukti sukses mendulang profit.

Influencer adalah orang-orang dengan pengaruh yang kuat di masyarakat. Apalagi jika nama mereka tengah naik daun dan mempunyai banyak penggemar. Dengan menggandeng influencer, acara Anda akan lebih ramai ditonton, dipercaya dan disukai masyarakat.

Namun bekerjasama dengan influencer tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus mempunyai modal sesuai tarif sang selebriti. Selain itu, jangan asal pilih tokoh sensasional. Pastikan memilih influencer yang sesuai dengan ranah bisnis Anda, misalnya seorang beauty influencer jika Anda berbisnis di bidang kecantikan.

6. Copywriting Judul Bombastis

Beri judul acara Anda menggunakan teknik copywriting yang memikat. Judul-judul bombastis akan memancing warganet untuk mengklik link join live streaming.

Menulis judul acara yang menarik tidak begitu sulit. Anda dapat menggunakan kata-kata pemancing perhatian seperti “Diskon Besar-Besaran”, “Promo Khusus” dan “Hanya Hari Ini!”. bisa juga dengan menonjolkan poin terpenting dari kegiatan, misalnya jenis produk yang dijual.

Contoh:

  • Diskon besar-besaran semua skincare bagi penonton live shop hari ini!
  • Obral baju anak model Korea terbaru. Harga promo khusus + gratis ongkir.
  • End year sale cuci gudang toko buku 70% off.

7. Umumkan dengan Flyer

Jadikan acara live shop Anda lebih booming melalui serangkaian pengumuman. Mengumumkan informasi detail acara dari jauh-jauh hari akan membangun antusiasme khalayak dengan baik.

Anda bisa menggunakan flyer atau brosur digital dengan desain kreatif agar promosi berjalan lancar. Cantumkan poin-poin yang mengundang rasa penasaran, seperti topik live, info diskon, waktu dan tempat pelaksanaan. Kemudian sebarkan flyer di berbagai sosmed.

8. Prime Time Show

Pemilihan waktu live streaming dapat memengaruhi jumlah penonton. Sesi live hendaknya dilakukan saat mayoritas followers sedang online (prime time) supaya lebih banyak penonton.

Setiap bisnis bisa memiliki prime time show yang berbeda karena mengikuti karakter target audiens masing-masing. Sebagai contoh, hasil riset melaporkan bahwa 80% followers Anda aktif membuka sosmed di pukul 7 malam. Singkatnya, pukul 7 malam itulah prime time Anda.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti sesi prime time universal, yakni waktu-waktu senggang diketahui secara umum. Contohnya seperti jam makan siang, weekend, atau jam pulang kerja di atas pukul 5 sore.

9. Aesthetic Display

Tren live streaming terakhir yang tak kalah penting adalah menggunakan display yang menarik dan estetik.

Latar menjadi hal penting dalam live streaming yang sayangnya masih sering diabaikan sejumlah orang. Semakin apik background dan properti yang Anda pakai, otomatis audiens akan semakin betah dan percaya dengan penawaran Anda.

Sebisa mungkin pilih lokasi yang mendukung tema atau tujuan acara live. Semisal Anda ingin berjualan baju, maka tampilkanlah koleksi-koleksi baju dagangan memakai rak gantung. Apabila diperlukan, Anda juga bisa menghias lokasi agar tampak lebih estetik dan rapi.

Manfaat Berjualan Online dengan Live Shopping

live shopping

Mengapa online shop kekinian wajib mencoba live streaming shopping? Faktanya, taktik pemasaran ini sudah terbukti ampuh menarik banyak konsumen dan omset hingga jutaan rupiah dalam sekali sesi live.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat positif yang bisa Anda raih saat berjualan secara live seperti:

  • Meningkatkan loyalitas konsumen. Anda bisa mengakrabkan diri pada audiens melalui interaksi yang hangat dan akrab saat live.
  • Mengetahui minat masyarakat. Feedbackdan engagement yang Anda peroleh ketika live streaming dapat menjadi patokan minat masyarakat terhadap produk/jasa.
  • Meningkatkan rasa kepercayaan pembeli.Calon pembeli akan lebih mempercayai kualitas produk karena mereka melihat bentuk asli produk saat sesi live.
  • Memungkinkan tawar-menawar. Salah satu kekurangan bisnis online adalah tidak bisa ditawar. Namun streaming live shopmemungkinkan pembeli untuk bernegosiasi dengan penjual.
  • Memudahkan komunikasi secara real time.Pembeli bisa lebih leluasa bertanya atau berpendapat pada penjual dalam sesi live.
  • Memberikan pengalaman belanja yang baru.Semua orang menyukai hal-hal baru. Alhasil, live streaming Anda akan menarik perhatian banyak orang yang penasaran dengan gaya belanja online interaktif.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar inovasi-inovasi live streaming shop. Semoga tips di atas bermanfaat untuk melariskan sesi live shopping bisnis Anda, ya!

Ikuti terus update berita, info dan strategi digital marketing terbaru hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya setiap hari dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai jumpa lagi!

8 Manfaat Workshop Bisnis bagi Usaha [+Rekomendasi Workshop]

0
workshop bisnis

Mengikuti workshop bisnis terbukti dapat menambah keuntungan perusahaan. Bagaimana caranya?

Setiap pengusaha—baik pengelola bisnis besar, kecil maupun UMKM—wajib untuk terus mengupdate ilmu bisnisnya. Ini karena dunia marketing selalu mengalami perubahan sesuai zaman. Jangan sampai bisnis Anda kalah saing karena masih menerapkan ilmu-ilmu ‘kuno’.

Nah, mengikuti workshop bisnis adalah salah satu cara termudah untuk menjadi pengusaha sukses. Kegiatan tersebut memungkinkan kita memperoleh banyak hal; mulai dari ilmu baru hingga koneksi dengan brand ternama. Menarik sekali, bukan?

Anda beruntung, sebab artikel kali ini diperuntukkan bagi yang masih awam dengan kegiatan workshop entrepreneur. Yuk langsung simak rangkuman arti, manfaat dan rekomendasi workshop digital marketing terbaik berikut ini!

Apa Itu Workshop Bisnis?

workshop bisnis

Workshop bisnis adalah momen perkumpulan para pebisnis di mana mereka dapat saling sharing ilmu dan pengalaman. Biasanya, setiap sesi workshop akan menghadirkan sejumlah praktisi ahli sebagai narasumber.

Momen ini juga dikenal dengan nama seminar dan webinar (seminar online). Peserta workshop pun beragam, menyesuaikan dengan topik atau tema acara. Khusus untuk workshop bisnis, maka pengunjungnya sudah pasti orang-orang yang berkecimpung di dunia wirausaha.

4 Jenis Workshop Bisnis untuk Mengembangkan Ilmu Marketing

Workshop memberi kesempatan bagi semua orang yang ingin memperdalam ilmu marketing mereka kapanpun dimanapun. Tahukah Anda bahwa kini telah hadir berbagai program belajar bisnis yang menarik untuk dicoba?

Ada empat bentuk workshop marketing yang cocok untuk mengisi waktu luang Anda. Mereka adalah seminar entrepreneurship, bootcamp marketing, kursus/training dan sertifikasi digital marketing.

1. Seminar Entrepreneurship

Seminar entrepreneurship bisa menjadi opsi termudah untuk menambah ilmu bisnis Anda. Tidak perlu merogoh kocek mahal-mahal, kini ada banyak seminar bisnis gratis dengan narasumber profesional yang bisa didatangi.

Apalagi saat ini banyak seminar berlangsung secara online via aplikasi Zoom. Alhasil Anda bisa mengumpulkan banyak wawasan bisnis tanpa perlu jauh-jauh mendatangi suatu kota.

Selain belajar, seminar juga menjadi wadah untuk memperluas koneksi bisnis. Caranya adalah dengan berkenalan ke sesama peserta, panitia, atau bahkan para narasumber. Ada juga seminar yang menyediakan hadiah bonus seperti doorprize, konsumsi dan sertifikat.

2. Bootcamp Marketing

Bootcamp adalah kegiatan belajar intensif yang bisa berlangsung selama beberapa bulan. Aktivitas bootcamp mirip dengan pembelajaran di sekolah, mulai dari penjelasan materi, penugasan, hingga proses evaluasi. Lalu peserta akan mendapat sertifikat tanda kelulusan di akhir program.

Bootcamp marketing menjadi program workshop terpopuler di tahun ini karena ilmunya dinilai mendalam dan hampir setara dengan pendidikan akademik formal. Program bootcamp terbagi menjadi dua, yakni:

  • Live online: Peserta dan tutor bertemu di suatu platform sehingga bisa langsung belajar dan berdiskusi. Agenda belajar cenderung dijadwalkan.
  • Online bootcamp: Peserta diberikan akses materi secara online dan dipersilahkan untuk belajar sesuai waktu dan keinginan masing-masing. Di sini mereka tidak bisa bertanya secara langsung ke tutor.

3. Kursus atau Training

Kursus dan training sepintas tampak mirip dengan bootcamp. Namun kursus online biasanya berlangsung lebih cepat. Semisal bootcamp berjalan selama 6 bulan, sedangkan kursus dapat selesai dalam beberapa minggu saja.

Biaya kursus dan training juga rata-rata lebih murah mengingat periodenya yang singkat. Anda bebas memilih topik training marketing sesuai kebutuhan, misalnya kelas copywriting atau pengelolaan ecommerce.

Menariknya lagi, varian kelas kursus marketing saat ini sangat beragam. Dari segi komposisi, Anda bisa memilih kelas privat atau grup. Bisa juga dari sisi level, ada kelas beginner (pemula), intermediate (menengah) dan advance (tingkat lanjut).

4. Sertifikasi Digital Marketing

Kegiatan terakhir namun tak kalah penting adalah sertifikasi digital marketing. Program ini berupa pelatihan sekaligus ujian keterampilan untuk membuktikan skill yang dimiliki seseorang.

Sertifikasi digital marketing mulai dipandang wajib karena peserta yang lulus ujian akan langsung dianggap profesional di bidangnya. Bukti sertifikat bisa menjadi poin plus untuk meningkatkan jenjang karir di samping bekal ilmu yang Anda miliki.

8 Manfaat Workshop Bisnis bagi Pengusaha Kecil dan UMKM

workshop bisnis

Mungkin saat ini Anda masih bertanya-tanya apa saja manfaat workshop marketing, khususnya bagi pengusaha bisnis kecil? Tidak perlu khawatir, sebab aneka seminar dan pelatihan marketing justru akan mendorong pertumbuhan usaha ke arah yang lebih baik!

Berikut adalah delapan manfaat utama dari rajin mengikuti workshop marketing:

1. Menambah Ilmu dan Pengetahuan Bisnis

Manfaat paling pertama dari workshop marketing sudah tentu menambah ilmu bisnis. Sering kali bisnis kita “macet” akibat kekurangan strategi, oleh sebab itu, kita perlu belajar dari ahlinya. Setiap ilmu yang kita peroleh di workshop boleh langsung dipraktekkan agar segera terasa dampaknya.

2. Mengupdate Wawasan Dunia Marketing

Tak hanya sekadar ditambah, ilmu bisnis Anda juga perlu diperbaharui. Banyak perubahan terjadi setiap hari di masyarakat, yang mana dapat memengaruhi perjalanan bisnis. Apa yang kita pahami hari ini pun belum tentu relevan di masa depan.

Untuk itulah Anda wajib mengupdate pengetahuan dan isu-isu bisnis terbaru melalui workshop. Setiap sesi seminar dapat memberitahu Anda hal-hal yang belum pernah Anda hadapi sebelumnya.

3. Memetik Inspirasi dan Inovasi

Apakah Anda sempat merasa buntu ketika berbisnis? Mengikuti seminar kewirausahaan dapat membantu memulihkan kembali stok inspirasi dan inovasi Anda. Pemaparan materi dan sesi diskusinya dapat mengasah daya kreativitas Anda. Dari sinilah ide-ide marketing yang segar dan unik kembali bermunculan.

4. Menambah Jaringan Relasi Bisnis

Inilah manfaat penting workshop yang selalu diincar pebisnis! Memperluas koneksi adalah kunci sukses menciptakan transaksi dan mengukuhkan usaha di masyarakat.

Semakin luas jaringan Anda, otomatis makin mudah bagi bisnis untuk masuk ke berbagai lapisan konsumen. Brand Anda bisa juga memperoleh kesempatan kolaborasi dengan merek-merek besar yang menjadikannya kian terkenal.

5. Memperoleh Sesi Mentoring

Ada kalanya bisnis sedang diterpa masalah dan kita membutuhkan pertolongan dari orang lain yang lebih berpengalaman. Nah, bala bantuan tersebut kini bisa diperoleh melalui sesi mentoring di workshop.

Setiap seminar dan bootcamp pasti menyediakan ruang tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Manfaatkanlah momen tersebut untuk mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah langsung dari ahlinya.

Ada juga peserta yang menjapri narasumber seminar dan memintanya menjadi mentor khusus bisnisnya. Hal ini sah-sah saja dilakukan, asalkan Anda mempunyai modal biaya mentoring dan sang calon mentor bersedia.

6. Belajar dari Kasus Nyata

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, Anda bisa mempelajari beraneka studi kasus bisnis dari pengalaman nyata para mentor. Tak menutup kemungkinan ada satu dua pengalaman bisnis mereka yang juga menimpa usaha Anda. Kini Anda bisa menerapkan langkah yang sama untuk mengatasi masalah pribadi.

7. Menambah Prestise dan Pengalaman Hidup

Pengalaman bertemu dan belajar langsung dari tokoh-tokoh marketing ternama tentu merupakan prestise sendiri dalam hidup. Sebab tidak semua orang bisa mendapat kesempatan emas yang sama seperti Anda.

Image bisnis Anda juga bisa ikut terdongkrak jika berhasil meraih kesuksesan besar, atau melampaui keberhasilan mentor Anda kelak.

8. Memperkuat Visi Usaha

Manfaat terakhir dari rajin mengikuti seminar marketing adalah menemukan celah untuk memperkuat visi usaha.

Kisah-kisah inspiratif para narasumber dapat meneguhkan semangat bisnis dalam diri kita. Lalu secara sadar maupun tidak, kita akan mencontoh tindakan tokoh-tokoh sukses tersebut di kehidupan nyata.

Dari sesi sharing pengalaman ini juga Anda akan melihat bagaimana jatuh-bangun dunia bisnis yang sesungguhnya. Anda tidak perlu sampai mengalami kegagalan secara nyata; cukup mempelajari dan memetik strateginya dari pengalaman orang lain.

6 Workshop Bisnis dan Bootcamp Terbaik Saat Ini, Ayo Daftar Sekarang!

Bagaimana, apakah kini Anda tidak sabar untuk bergabung ke kelas-kelas workshop marketing? Yuk intip deretan kelas kursus marketing terbaik saat ini. Semuanya menyediakan sesi belajar mendalam dengan mentor profesional dan harga sepadan:

1. Google Digital Garage

Mau belajar dasar-dasar marketing langsung dari Google? Anda beruntung, karena sekarang ada Google Digital Garage yang menyediakan program belajar marketing dari nol.

Google Digital Garage adalah kelas bisnis online gratis yang dikelola langsung oleh tim profesional Google. Anda hanya perlu mendaftarkan diri di https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage/courses untuk memperoleh modul bahan belajar.

Tersedia sekitar 26 buku marketing yang diakreditasi langsung oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe. Peserta bebas memilih sendiri ingin mendalami topik marketing mana terlebih dahulu. Nantinya Anda akan memperoleh sertifikat begitu menuntaskan studi.

2. Pakar Academy (PDMA)

Rekomendasi bootcamp online berikutnya adalah Pakar Academy dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Di sini Anda bisa menemukan ratusan bahan diskusi seputar digital marketing. Setiap materi pun dikemas dalam model video sehingga lebih mudah dipelajari.

Anda juga tidak perlu bingung mulai belajar darimana, karena setiap materi sudah langsung terurut susunannya. Tapi Anda juga masih bisa memilih mempelajari modul tertentu sesuai kebutuhan. Sangat fleksibel, bukan?

Dari segi harga, kelas-kelas Pakar Academy masih cukup murah, ditambah beragam diskon menarik yang bisa langsung diklaim. Daftarkan diri Anda di https://pakar.co.id/.

3. Google Ads Class

Google Ads adalah salah satu komponen yang wajib dikuasai para marketer digital. Namun tidak semua orang bisa cepat mempelajari fitur, metriks dan cara kerja Google Ads yang lumayan rumit.

Tapi tenang saja, Anda bisa menyiasati kendala ini dengan mengikuti bootcamp pelatihan Google Ads. Kelas-kelas ini banyak diadakan oleh lembaga edukasi baik dalam maupun luar negeri, seperti Coursera, Udemy, SkillAcademy dan MySkill.

Melalui kursus, Anda akan dibimbing secara intensif untuk mempelajari cara pakai Google Ads, membaca metriks iklan, hingga merancang strategi kampanye yang efektif.

4. Sekolah Bisnis Online

Sesuai namanya, Sekolah Bisnis Online adalah ruang belajar entrepreneurship bagi siapapun yang ingin merintis bisnis online sendiri. Platform edukatif ini murni buatan lokal Indonesia dan sudah berhasil mencetak banyak wirausahawan online sukses.

Sekolah Bisnis Online adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin belajar face-to-face dengan mentor-mentor profesional berpengalaman puluhan tahun. Anda bisa mempelajari seluk-beluk dunia ecommerce dengan lengkap, mulai dari pembuatan web bisnis hingga pengelolaannya.

Informasi lengkap terkait pendaftaran dan ketentuan kelas bisa Anda simak langsung di https://sekolah-bisnis-online.business.site/.

5. Google Analytics Academy

Selain Digital Garage, Google juga punya kelas belajar riset khusus dengan Google Analytics bernama Google Analytics Academy.

Kursus online ini hadir mengikuti tingginya angka pemakaian Google Analytics di berbagai bisnis. Bagaimana tidak, Analytics adalah tool paling ampuh untuk meriset dan mengolah data bisnis menjadi strategi marketing.

Analytics Academy menjadi pilihan workshop terbaik karena dikelola langsung oleh pihak internal Google, gratis, dan menyediakan sertifikasi profesional bagi para pesertanya. Selain itu, Anda akan belajar menggunakan modul video yang praktis dan bebas memilih sendiri levelnya.

Workshop Google Analytics bisa diakses di https://analytics.google.com/analytics/academy/.

6. HubSpot Academy

Rekomendasi training marketing online yang terakhir adalah HubSpot Academy.

Berbeda dari kelas-kelas sebelumnya, materi HubSpot Academy lebih condong mengarah pada sertifikasi inbound marketing. Ini karena spesialisasi perusahaan HubSpot sendiri sebagai penyedia layanan inbound marketing.

Durasi kursus HubSpot Academy juga cenderung singkat, sehingga cocok untuk Anda yang tidak punya banyak waktu. Setiap peserta akan memperoleh 11 modul berupa teks dan video, dengan total durasi belajar sekitar 4,5 jam. Tak lupa sertifikat sebagai bukti penyelesaian kelas di akhir masa studi.

Tertarik mencoba? Daftarkan diri Anda ke HubSpot Academy di https://academy.hubspot.com/.

Itulah dia aneka manfaat positif yang bisa Anda peroleh dengan join workshop bisnis. Segera daftarkan diri Anda ke seminar atau bootcamp favorit agar tak kelewatan ilmu-ilmu bisnis dan kesempatan networking emas!

Baca lebih banyak artikel, tips dan trik digital marketing terbaik hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ sekarang juga, atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk lebih praktisnya. Sampai bertemu lagi!

9 Ide Unik Thrift Store yang Laku Keras Saat Ini, Catat!

0
thrift store

Mau berbisnis thrift store yang unik dan anti mainstream? Pas sekali, berikut ini kami punya 9 ide bisnis thrift shop paling laris dan inovatif di pasaran khusus untuk Anda.

Thrift store adalah opsi terbaik jika Anda ingin membeli produk branded dengan harga murah. Bisnis ini berkembang mengikuti kebiasaan jual beli preloved yang sudah ada dari tahun 2013.

Kata thrift sendiri berarti “penghematan (uang)”, dan store artinya “toko”. Jadi, thrift store adalah toko barang bekas berkualitas dari dalam dan luar negeri dengan tujuan menghemat pengeluaran konsumen.

Lalu apa sajakah produk thrift yang sedang ramai diburu masyarakat kekinian? Yuk langsung kita simak aneka ide dan strategi bisnis thrift selengkapnya di bawah ini!

Keuntungan Bisnis Thrift Store yang Jarang Diketahui

thrift store

Kenapa Anda harus mempertimbangkan membuka toko barang bekas? Tentunya ada sejumlah keuntungan bisnis thrift shop yang menarik dan sayang untuk dilewatkan, seperti:

1. Memiliki Target Pasar yang Spesifik

Keuntungan pertama bisnis thrifting adalah pasarnya yang tidak pernah sepi. Bagaimana tidak, ranah usaha ini sudah mempunyai target pasarnya yang spesifik.

Toko-toko item preloved sangat digemari oleh remaja, pemuda-dewasa, bahkan orang tua. Harga produk yang super miring pun mencari incaran masyarakat dari berbagai kalangan, apalagi jika barang dagangan Anda bermerek asli (ori).

2. Menyediakan Produk Murah Berkualitas (Branded)

Barang bekas yang dijual di thrift shop tentu tidak sembarangan kualitasnya. Anda bisa menemukan banyak item branded layak pakai dengan harga jauh di bawah mall.

Contohnya kaos bermerek Uniqlo dan H&M yang bisa dijual preloved senilai 15-20 ribuan. Sangat jauh dibandingkan harga baru yang bisa mencapai ratusan ribu, bukan? Tentu saja toko thrift Anda akan mampu meraih banyak konsumen setiap hari.

3. Mendukung Kelestarian Lingkungan

Membuka bisnis thrift berarti Anda ikut berkontribusi pada kelestarian lingkungan. Secara tidak langsung Anda berperan aktif mengolah barang bekas layak pakai agar tak menjadi sampah. Alhasil image brand thrift Anda menjadi lebih positif sekaligus disukai masyarakat.

4. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Keuntungan lain dari usaha barang bekas adalah bisa dimulai dengan modal yang kecil. Barang-barang dagangan bisa diperoleh dengan harga murah dari supplier, atau dikumpulkan sendiri secara cuma-cuma.

Ada juga yang bekerjasama thrifting dengan membantu menjualkan barang milik orang lain. Lalu hasil dagang dibagi dengan sang pemilik barang.

5. Mudah Dikelola Secara Online

Anda tidak perlu bingung mencari cara memulai bisnis thrift shop. Kini sudah tersedia banyak platform gratis untuk menjalankan bisnis, seperti sosial media (Instagram, Facebook dan Twitter) serta ecommerce (Shopee dan Tokopedia).

Media bisnis tersebut memiliki banyak fitur marketing siap pakai sehingga mempermudah perkembangan toko Anda di masyarakat. Konsumen juga bisa lebih cepat berdatangan mengingat banyaknya jumlah pengguna sosmed dan ecommerce saat ini.

9 Ide Bisnis Thrift Store Terbaik, Unik dan Anti Mainstream

Pernahkah Anda tertarik menjalankan bisnis jual beli produk bekas? Jangan salah kira. Bisnis ini bisa mendatangkan omset hingga puluhan juta dalam sebulan, lho!

Apalagi jika toko thrift Anda menjual produk-produk pilihan terbaik berikut ini—dijamin akan selalu laku keras diburu pembeli setiap hari:

1. Buku Bekas (Impor, Komik, Novel)

Rekomendasi produk thrift shop yang pertama adalah buku-buku bekas berkualitas. Toko ini banyak dicari oleh remaja dan mahasiswa karena menyediakan koleksi buku pelajaran dengan harga murah.

Tak cuma itu, di Indonesia pun ada banyak kolektor buku-buku langka dan jadul yang sering berburu di thrift shop. Anda bisa menyediakan aneka buku terbaik, mulai dari komik, novel populer, kamus, buku kuliah, hingga buku-buku impor.

2. Perabot Rumah Tangga

Siapa bilang membeli alat rumah tangga harus di toko perabot? Nyatanya banyak produk kebutuhan rumah yang kini dijual setengah harga di thrift. Contohnya seperti alat-alat masak, piring, lampu duduk, hingga gelas dan karpet.

Namun ada juga thrift shop yang khusus menjual “perabot besar” seperti kasur, lemari jati, mesin cuci dan sofa bekas. Tentunya item-item tersebut lebih cepat laku karena dijual super murah.

3. Koleksi Jam Tangan

Konsumen juga memburu aneka jam tangan branded seperti Rolex, Woodka, Eiger, dan Hublot di thrift shop. Walaupun bukan produk baru, jam-jam tangan tersebut masih memiliki kualitas dan spare part asli yang bagus.

Akan tetapi para penjual thrift jam wajib memastikan produk mereka bisa menyala. Anda mungkin perlu mengganti baterai jam atau mengecek mesinnya.

4. Tas Branded Bekas

Jualan tas bekas bermerek juga tak kalah menguntungkan. Uniknya, harga jual tas second tetap tinggi mengikuti popularitas merek tas tersebut. Jadi jangan heran kalau Anda mendapati bisnis thrifting tas dengan omset tinggi hingga berjuta-juta.

Namun tidak sedikit pula yang memilih menjual tas biasa untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Beberapa jenis tas preloved yang dapat ditawarkan misalnya tas tote, ransel atau tas sekolah anak, tas wanita, hingga koper dan slingbag pria.

5. Baju Bekas

Inilah produk thrift shop terfavorit: jual beli pakaian bekas. Bisnis fashion memang mempunyai pasar yang luas dan selalu diminati, baik untuk pasar reguler maupun pecinta thrifting.

Anda bisa menemukan banyak agen baju bekas berkualitas dengan harga miring di ecommerce. Ada yang menawarkan paket 50 potong baju seharga 75 ribu, atau 1 karung pakaian campur random seharga 1 juta rupiah.

Lalu setiap pakaian tersebut bisa dijual ulang dengan harga bervariasi, mulai dari 10 hingga 30 ribu. Menarik, bukan? Nah, agar toko lebih ramai lagi, sebisa mungkin hadirkan koleksi busana thrift yang lengkap dari segi jenis dan bahannya.

6. Gadget dan Aksesorisnya

Gadget sudah menjadi kebutuhan wajib dalam kehidupan kita saat ini. Banyak orang pun sudah memiliki ponsel, laptop maupun tablet pribadi.

Namun sebagian masyarakat lebih tertarik menggunakan gadget lama karena dinilai lebih murah. Selain itu, kualitas mesinnya juga masih setara teknologi baru. Hal ini terjadi akibat perkembangan produk teknologi yang super cepat sehingga harga gadget cenderung menurun drastis.

Jadi inilah kesempatan emas bagi Anda yang mempunyai passion dan minat di bidang IT. Anda bisa membuka toko gadget thrift murah lengkap dengan aksesoris pendukungnya (seperti case, charger, kabel USB dan lain-lain).

7. Koleksi Merchandise

Inspirasi barang dagangan bekas unik lainnya adalah koleksi merchandise. Contohnya seperti album CD, figurine, album KPOP, photocards, dan kostum cosplay. Sayangnya, target market bisnis thrift merchandise agak sempit karena item-item yang dijual hanya diminati oleh kelompok masyarakat tertentu.

8. Perhiasan Emas

Tahukah Anda bahwa emas bisa dijual secara thrifting? Bisnis jual beli perhiasan emas second nyatanya sangat diminati di sejumlah daerah karena harganya yang selalu naik setiap tahun.

Namun toko emas tentunya membutuhkan modal awal yang banyak. Pasalnya Anda harus membeli emas dari orang lain sebelum bisa menjualnya kembali.

9. Sepatu dan Sandal

Ide thrift store unik terakhir adalah jual beli sepatu dan sandal, khususnya untuk item limited edition. Bisnis ini cocok dijalankan untuk Anda yang hobi mengoleksi sepatu dari berbagai brand. Harga sepatu pun bisa lebih mahal lagi kalau dijual lengkap beserta bukti nota dan kardus aslinya.

Bonus: 6 Strategi Menjalankan Online Thrift Shop yang Laris Manis

thrift store

Tertarik menjalankan bisnis thrifting? Setelah mendapat banyak ide jualan di atas, kini waktunya mendirikan usaha jual beli item preloved sendiri dan meraih banyak cuan.

Tidak perlu khawatir kalau Anda masih bingung bagaimana caranya. Berikut telah kami sajikan juga 6 tips simpel memulai bisnis online shop thrift yang laris manis:

1. Buat Rencana Bisnis Thrift Anda

Langkah paling pertama dari mendirikan olshop barang preloved adalah membuat rencana bisnis. Rencana tersebut terdiri dari business plan dan penentuan target market.

Business plan hendaknya mencakup seluruh identitas usaha, produk pilihan, tujuan bisnis dan strategi marketing yang hendak dijalankan nantinya. Sedangkan target market adalah orang-orang yang akan menjadi konsumen Anda kelak. Cari tahu apakah bisnis Anda bisa dijangkau semua kalangan atau khusus orang-orang tertentu saja.

2. Menentukan Produk dan Supplier

Lalu lanjutkan dengan menentukan produk beserta suppliernya. Semisal Anda ingin menjual buku-buku bekas impor. Maka dari itu Anda harus bekerjasama dengan agen penyedia buku.

Namun bagaimana caranya menemukan supplier yang tepat? Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, seperti:

  • Mencari agen di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.
  • Mencari rekomendasi supplier berkualitas di internet (ecommerce).
  • Bergabung dengan forum atau komunitas jual beli barang bekas, contohnya Facebook, Kaskus dan OLX.
  • Mendatangi pameran atau pasar thrift dan menjalin kerjasama dengan pedagang-pedagang tersebut.

Jangan lupa untuk selalu mengecek syarat dan ketentuan supplier agar proses kerjasama berjalan lancar kedepannya. Periksa juga kualitas dan harga barang yang ditawarkan. Apabila diperlukan, Anda boleh membandingkan beberapa supplier sebelum menjatuhkan pilihan.

3. Buat Katalog Produk

Setelah mendapatkan produk, kini waktunya membuat katalog barang dagang. Katalog nantinya dapat digunakan sebagai materi promosi ke calon konsumen.

Ada beberapa tips penting yang wajib diingat dalam pembuatan katalog, yakni:

  • Gunakan background yang terang dan polos untuk memperjelas gambar produk.
  • Cantumkan logo olshop agar katalog tidak gampang dicuri.
  • Pakai konsep atau tema foto yang menarik agar katalog tampak lebih rapi dan menarik.
  • Pastikan foto dan video dalam resolusi tinggi (HD).
  • Jangan terlalu banyak mengedit foto/video katalog karena bisa mengubah keaslian foto produknya.
  • Pakai strategi copywriting supaya captionpromosi katalog lebih memikat rasa penasaran audiens.

4. Hitung Harga Jual Produk

Salah satu tantangan besar dalam bisnis thrift adalah menetapkan harga jual barangnya. Anda tidak boleh menawarkan produk dengan harga terlalu murah ataupun terlalu mahal hingga menyetarai produk baru.

Cara termudah menetapkan nilai jual adalah dengan menyimak harga pasaran item thrift tersebut. Semisal harga jual baju kaos thrift rata-rata 15-20 ribu rupiah. Jadi Anda dapat berjualan di rentang harga serupa.

Alternatif lainnya, Anda dapat menghitung harga jual dari sejumlah faktor:

  • Brand/merek produk.
  • Keaslian produk.
  • Tahun rilis produk.
  • Harga pasaran.
  • Kualitas barang saat ini.
  • Modal beli produk.
  • Biaya operasional.

5. Gencarkan Promosi Produk di Internet

Setelah semua persiapannya matang, kini Anda bisa mulai membuka bisnis thrift store secara online! Gencarkan beragam bentuk promosi di dunia maya, seperti di sosmed atau ecommerce.

Contoh promosi yang bisa dilakukan adalah:

  • Content marketing– membuat konten-konten promosi yang menarik dalam bentuk artikel, foto atau video.
  • Sosmed marketing– mempromosikan bisnis di sosial media (FB, Instagram, Twitter, dll).
  • SEO – mengoptimalkan website bisnis agar bisa menduduki ranking 1 di pencarian Google.
  • Giveaway– mengadakan lomba berhadiah barang gratis.
  • Promosi bundling – menawarkan paket hemat dengan membeli 2 item.
  • Cashback – promo uang kembali sekian persen untuk transaksi tertentu.

6. Jual Produk Branded

Tips berbisnis thrift terakhir yang tak kalah penting adalah menjual produk-produk branded. Faktanya, barang bermerek jauh lebih laku di pasar second karena harganya “jatuh” namun kualitasnya tetap juara.

Sejumlah barang branded pun masih memiliki nilai eksklusif yang mampu menaikkan prestise penggunanya. Pemilik tas Gucci tetap akan dipandang berkelas terlepas dari apakah tas tersebut dibeli baru atau second.

Itulah dia aneka ide bisnis thrift yang unik untuk dicoba. Jadi tunggu apa lagi? Segera pilih produk terbaik Anda, lalu dirikan toko preloved mengikuti tips-tips jitu di atas. Selamat mencoba!

Yuk update terus wawasan dan inspirasi bisnis online Anda bersama MARKEY. Baca gratis aneka artikel informatifnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi!

Social Proof Adalah: Contoh, Sumber dan Teknik Marketingnya

0
social proof adalah

Social proof adalah senjata marketing terampuh saat ini. Iklan-iklan dengan social proof pun selalu terbukti sukses membius konsumen. Sudahkah Anda mencobanya?

Meyakinkan calon konsumen lewat iklan tentu tidak mudah. Ini karena seseorang selalu mempertimbangkan banyak hal sebelum berbelanja, mulai dari harga, kualitas, hingga reputasi brand pilihan.

Belum lagi masyarakat kekinian yang cerdas sehingga sulit tergoda bujuk rayu iklan biasa. Alhasil, menunjukkan keunggulan produk saja masih belum cukup untuk membuat konsumen tertarik berbelanja di toko kita.

Namun tidak perlu pusing, sebab Anda bisa dengan mudah menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen melalui strategi social proof (bukti sosial).

Apa itu social proof dan bagaimana cara beriklan memakai bukti-bukti sosial tersebut? Semuanya telah kami rangkum spesial untuk Anda di sini. Yuk disimak!

Pengertian Social Proof Adalah

social proof adalah

Social proof adalah kejadian di mana seseorang tergerak melakukan sesuatu karena terpengaruh oleh keberhasilan yang digapai orang atau kelompok lain. Secara teori, social proof adalah salah satu fenomena psikologi sosial.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mau mengikuti tindakan orang lain. Misalnya mereka ingin memperoleh keuntungan yang sama, atau menganggap tindakan tersebut adalah hal yang benar.

Namun dalam dunia marketing, arti social proof adalah bukti-bukti keberhasilan bisnis yang menjadikannya lebih terpercaya dan menarik. Maka dari itu setiap bisnis hendaknya mencantumkan bukti sosial yang dimiliki agar namanya lebih dikenal masyarakat.

Contoh Social Proof Bisnis di Sekitar Kita

Contoh paling sederhana dari social proof adalah testimoni dan review bisnis dari konsumen. Semakin banyak review positif yang diperoleh sebuah brand, maka makin menarik pula bisnis tersebut di mata calon pembeli.

Hampir semua konsumen online juga memilih berbelanja di brand online shop dengan rating 4,5 bintang ke atas. Menurut studi dari Nielsen, hampir 70% konsumen mengukur kualitas asli produk atau jasa olshop melalui kolom testimoni dan rating.

Contoh lain, semisal Anda melihat sebuah toko yang sangat ramai hingga antrian pengunjungnya mengular panjang. Tentu Anda akan langsung berpikir bahwa toko tersebut memiliki kualitas terbaik hingga sangat populer, bukan?

Pada akhirnya, Anda mungkin rela ikut mengantri demi mengetahui keistimewaan bisnis tersebut atau sekadar mendapat keuntungan yang sama dengan para pembeli lainnya.

Jenis-Jenis Social Proof Adalah

Testimoni adalah bentuk bukti sosial yang paling dikenal masyarakat. Namun masih ada varian social proof lain yang sama efektifnya untuk marketing, yaitu:

1. Rekomendasi Influencer

Siapa yang tidak pernah menyimak rekomendasi produk/jasa dari influencer atau selebriti? Tahukah Anda, ternyata rekomendasi artis adalah jenis social proof terpopuler abad ini!

Banyak brand telah membuktikan keampuhan influencer marketing. Taktik promosi ini bekerja dengan memanfaatkan daya pikat dan pesona dari influencer. Pengaruh selebriti inilah yang menciptakan keinginan sosial untuk mencoba suatu produk/jasa.

2. Pendapat Profesional/Para Ahli

Pendapat profesional atau ahli juga termasuk social proof. Orang-orang ini mempunyai kredibilitas dan keahlian khusus sehingga pendapatnya lebih terpercaya.

Dengan catatan, pernyataan profesional yang Anda kutip harus sesuai dengan niche bisnis Anda. Semisal Anda menjalankan kedai kopi, maka ambillah testimoni produk dari seorang pakar kopi.

Strategi marketing yang melibatkan pendapat ahli dikenal juga sebagai KOL (Key Opinion Leader).

3. Angka Pengguna/Konsumen

Pernahkah Anda membaca kalimat seperti, “9 dari 10 orang sudah sukses membuktikan…” atau “20 ribu masyarakat Indonesia pernah mencoba produk…” dalam sebuah iklan? Ya, kalimat-kalimat tersebut juga termasuk contoh social proof.

Banyak penelitian digital marketing menemukan bahwa pemakaian angka dalam copywriting mampu menambah kredibilitas iklan. Angka dianggap sebagai bukti sosial yang valid, akurat, sekaligus efektif untuk membangun opini baik masyarakat.

Anda bisa mencantumkan data angka dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Mulai dari bilangan bulat, pecahan hingga persentase. Contoh:

  • Produk hand sanitizer efektif membunuh hingga 99%kuman di tangan.
  • 9 dari 10 orangsukses menjalani hidup sehat tanpa siksaan dengan beralih ke gula organik kami.
  • Brand internasional dengan 000 cabang tersebar di berbagai negara.
  • Dan lain-lain.

4. Testimoni dan Rating

Jenis bukti sosial yang terakhir adalah testimoni dan rating kepuasan konsumen. Pembeli dapat memberikan penilaian atas kualitas produk, jasa, maupun pelayanan bisnis secara umum.

Hampir semua platform bisnis online—seperti ecommerce, Google Business, website dan aplikasi olshop—menyediakan kolom testimoni mengingat pentingnya kumpulan ulasan ini. Review-review baik dapat lebih cepat membangun rasa percaya dan dorongan untuk berbelanja, begitu pula sebaliknya.

Manfaat Social Proof Adalah

social proof adalah

Efek psikologis social proof terbukti sangat bermanfaat dalam strategi pemasaran digital. Namun masih ada brand yang belum memasukkan bukti-bukti sosial dalam konten iklannya.

Padahal berpromosi dengan social proof bisa memberi banyak manfaat menarik bagi bisnis, seperti:

1. Meningkatkan Traffic Olshops

Social proof marketing bisa menjadi solusi jitu menambah traffic website bisnis Anda. Promosi dengan berbagai review positif akan menciptakan rasa penasaran yang tinggi terhadap brand. Lalu banyak orang pun akan berbondong-bondong mengunjungi situs olshop Anda.

2. Meningkatkan Efektivitas Marketing

Iklan menjadi lebih efektif berkat sentuhan bukti sosial. Kehadiran social proof memperkecil peluang iklan di-skip mengingat testimoni merupakan bahan perhitungan konsumen sebelum berbelanja. Rekomendasi orang lain juga membantu konsumen menentukan pilihan belanja terbaik.

3. Membangun Brand Awareness dengan Cepat

Dampak positif lainnya dari social proof adalah membangun brand awareness dengan cepat. Ambil contoh promosi influencer. Paparan eksposur dari selebriti bisa langsung mengenai jutaan orang di dunia maya, yang mana menjadikan bisnis Anda melejit populer.

4. Menambah Nilai Kredibilitas Usaha

Selain menambah awareness, bukti sosial turut menambah nilai kredibilitas usaha Anda. Kualitas online store dengan rating bintang 5 jelas lebih unggul dibandingkan yang bintang 1, baik dari segi produk, jasa, maupun pelayanannya. Secara tidak langsung toko Anda juga akan memenangkan persaingan di pasaran.

7 Strategi Marketing Simpel dengan Social Proof

Setelah mempelajari apa itu social proof beserta jenis-jenisnya, kini tibalah saatnya mengintip cara menggunakan bukti-bukti sosial untuk promosi!

Kabar gembiranya, melakukan promosi dengan social proof itu cukup mudah. Anda pun bisa memanfaatkan strategi marketing ini untuk pemasaran online maupun offline (tradisional).

Sudah siap mencoba? Yuk langsung saja praktekkan 7 strategi social proof berikut ini:

1. Aktif Menyapa Konsumen di Sosmed

Langkah termudah membangun bukti sosial adalah dengan aktif berinteraksi menyapa konsumen di sosial media. Contohnya seperti membalas komentar konsumen di postingan Anda, atau meminta pendapat mereka terkait sebuah isu.

Brand yang aktif berinteraksi dengan masyarakat dinilai lebih ramah serta berpeluang meraih awareness yang lebih luas. Jadi jangan ragu untuk membalas ulasan positif konsumen yang Anda temui di sosial media, ya!

2. Manfaatkan UGC (User Generated Content)

Tidak lengkap rasanya membahas strategi social proof tanpa melibatkan UGC (User Generated Content). Bagaimana tidak, UGC adalah taktik terbaik untuk meraih bukti-bukti sosial.

Sesuai namanya, UGC adalah konten-konten buatan konsumen terkait review produk/jasa brand. Selanjutnya konten tersebut akan di-repost oleh brand sebagai tanda terima kasih, apresiasi, sekaligus social proof.

UGC tidak hanya menguntungkan brand, tapi juga para pelanggan. Konsumen akan merasa tersanjung dan jadi lebih loyal terhadap brand karena merasa dihargai. Calon pelanggan pun bisa menilai baik-buruk kualitas asli toko karena konten UGC dianggap memberi penilaian yang netral—tanpa bumbu promosi.

3. Tampilkan Review dan Testimoni Konsumen

Selain UGC, tampilkan juga review dan testimoni konsumen di platform toko online Anda. Review pembeli bermanfaat membentuk image brand sekaligus menarik calon pembeli baru setiap harinya.

Agar lebih efektif memikat konsumen, Anda bisa mengedit kumpulan ulasan tersebut ke dalam bentuk foto atau video marketing. Pastikan untuk selalu jujur dalam menampilkan review pembeli, seperti tidak membuat komentar palsu atau melebih-lebihkan testimoninya.

4. Mencoba Endorse Influencer

Perluas lagi social proof Anda lewat strategi endorse influencer. Review produk atau jasa yang dikemukakan influencer akan sangat memengaruhi opini konsumen. Dari sini toko Anda bisa mendulang banyak kesempatan transaksi baru.

Namun jangan asal memilih selebriti untuk diajak bekerjasama. Pastikan influencer yang Anda ajak memiliki reputasi yang baik dan sesuai dengan niche bisnis Anda. Perhatikan juga syarat dan strategi endorsement agar promosi berjalan lancar.

5. Menggandeng Tenaga Profesional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kutipan para ahli juga terhitung sebagai social proof bisnis. Jadi tidak ada salahnya untuk menggandeng tenaga profesional dalam sebuah kerjasama marketing, seperti menjadikannya KOL atau brand ambassador.

Strategi lainnya adalah dengan mengadakan sesi bincang-bincang (misal webinar atau live chat) dengan tenaga ahli sebagai narasumber. Inilah kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan produk/jasa Anda kepada audiens.

6. Mengadakan Event Kecil yang Seru

Anda juga bisa menyebarkan social proof bisnis lewat acara-acara sederhana yang menarik. Misalnya mengadakan mini games dan giveaway kecil-kecilan, atau mengajak followers mengikuti aksi tantangan (challenge).

Strategi ini bisa menjadi pilihan bagi brand yang belum punya modal untuk berkolaborasi dengan tenaga profesional atau influencer ternama. Di samping menambah bukti sosial, keuntungan lain event online adalah dapat meningkatkan nilai engagement serta traffic olshop.

7. Mengevaluasi Strategi Social Proof Marketing

Terakhir, jangan lupa mengevaluasi social proof marketing Anda. Anda boleh mencoba berbagai strategi untuk mengetahui jenis bukti sosial mana yang paling berhasil mendulang engagement. Evaluasi juga akan mengungkap letak kekurangan promosi saat ini sebagai masukan perbaikan ke depannya.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait social proof. Inti utama dari bukti sosial adalah menunjukkan bahwa brand Anda terpercaya dan memiliki nilai yang disukai konsumen. Dengan begini, diharapkan lebih banyak orang akan tertarik datang—khususnya mereka yang belum pernah menggunakan produk/jasa brand Anda.

Yuk ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan berita, tips dan trik bisnis online terbaru. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga, ya! Sampai jumpa lagi!