Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Key Opinion Leader Adalah: Rahasia Sukses Brand Awareness

Key Opinion Leader Adalah: Rahasia Sukses Brand Awareness

-

Istilah KOL (Key Opinion Leader) cukup sering kita temukan dalam dunia bisnis. Bukan tanpa sebab, Key Opinion Leader adalah salah satu kunci penting di balik kesuksesan brand awareness sebuah perusahaan.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa masyarakat lebih mudah menerima barang/jasa yang direkomendasikan orang-orang terpercaya. Mereka akan menilai bahwa kualitas produk sama baiknya dengan reputasi sang promotor.

Strategi iklan seperti ini biasanya dijalankan oleh Key Opinion Leader (KOL). Apa itu KOL dan manfaatnya bagi perusahaan? Yuk langsung kenalan dengan Key Opinion Leader selengkapnya di bawah ini!

 

Pengertian Key Opinion Leader Adalah

key opinion leader adalah

Key Opinion Leader adalah orang-orang yang mampu memengaruhi masyarakat untuk membeli, memesan, atau mencoba sebuah penawaran. Maka dari itu, KOL memegang peranan krusial dalam periklanan dan brand awareness.

Orang-orang yang menyandang status sebagai KOL juga memiliki kriteria khusus. Misalnya tenaga profesional di bidang tertentu, influencer, artis papan atas, dan lain-lain.

Mirip seperti strategi pemasaran influencer, Key Opinion Leader haruslah mempunyai pengaruh positif yang besar dan terkenal di masyarakat. Popularitas merekalah yang akan mempermudah aksi kampanye produk/jasa.

Semakin baik citra sang Key Opinion Leader, tentu makin banyak pula orang yang tertarik mengenal brand Anda.

Contoh Key Opinion Leader di Kehidupan Nyata

Perusahaan biasanya menjadikan orang-orang yang ahli di niche mereka sebagai Key Opinion Leader.

Misalnya Chef Juna yang digandeng oleh perusahaan Keju Wincheeze. Chef Juna sebagai koki terkenal sekaligus selebriti dipandang sebagai icon yang tepat untuk mempromosikan merek keju tersebut.

Contoh lainnya adalah dr. Tirta sebagai pentolan Relawan COVID-19 Indonesia. Selain bekerja sebagai tenaga medis, Tirta Mandira Hudhi juga aktif di dunia maya sebagai influencer. Inilah mengapa ia menjadi salah satu Key Opinion Leader terkait perkembangan pandemi Covid di Tanah Air.

Pemilihan Key Opinion Leader sesuai kategori bisnis akan memperkuat dampak persuasif iklan Anda di masyarakat. Jadi kalau Anda saat ini menjual produk IT, usahakan menjadikan seorang tenaga ahli teknologi sebagai KOL—dan seterusnya.

Artikel terkait  Relevansi Hashtag IG | Bagaimana Cara Melakukan Analisis Hashtag yang Benar?

Perbedaan KOL dan Influencer dalam Dunia Marketing

Key Opinion Leader memang sepintas tampak mirip dengan influencer. Namun jika diteliti, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, lho!

Perbedaan influencer dan Key Opinion Leader adalah sebagai berikut:

1. KOL Berkomunikasi Satu Arah, Sedangkan Influencer Tidak

Key Opinion Leader cenderung berkomunikasi dengan audiens dalam satu arah (one way communication). Mereka hanya memberikan pandangan atau pendapat terkait sebuah isu dari sisi profesional. Lalu audiens dapat menyimak informasi tersebut dan menjadi terpengaruh.

Sementara influencer biasanya berinteraksi aktif dengan para followersnya (two ways communication). Cara komunikasi mereka pun beragam, misalnya melalui live streaming, sesi QnA (tanya jawab) di sosmed, hingga games dan chats.

2. KOL Bekerja di Banyak Media, Influencer Hanya di Sosmed

Perbedaan lain terlihat dari media yang digunakan Key Opinion Leader dan influencer. Seorang KOL umumnya memberi pendapat di media-media satu arah, seperti berita koran, iklan TV, wawancara, artikel, jurnal dan seterusnya.

Sedangkan influencer membutuhkan media yang lebih interaktif seperti sosial media. Sosmed mempunyai banyak fitur yang memungkinkan mereka bercakap-cakap dengan banyak orang secara langsung, seperti live stream, reply comment, dan direct messages.

Tapi seiring perkembangan teknologi dan gaya hidup, Key Opinion Leader kini bisa menyampaikan pandangan mereka di media yang lebih aktif sejenis sosmed.

3. Konten KOL Tidak Mengikuti Trend seperti Influencer

Key Opinion Leader tidak membuat konten mengikuti trend yang sedang naik daun. Sebagai tenaga profesional, seorang KOL wajib bertanggung jawab atas kredibilitas dan keakuratan pernyataannya. Maka dari itu, mereka selalu menganalisis sebuah isu dengan teori-teori yang mereka kuasai.

Berbanding terbalik, influencer dituntut untuk membuat konten yang fresh, up to date, sesuai trend yang lagi viral. Maka dari itu, jangan heran kalau Anda sering melihat konten influencer yang sebatas mengikuti minat orang banyak saja.

Artikel terkait  Upload Video di Youtube Untuk Perkuat Citra Brand Anda

5 Jenis Key Opinion Leader (KOL) Menurut Jumlah Followers

Key Opinion Leader juga dapat dikelompokkan dalam lima grup menurut jumlah pengikut (followers) sosial media mereka. Dampak seorang KOL juga bisa ditentukan menurut besar-kecilnya angka di kolom pengikut mereka.

Kelima jenis Key Opinion Leader adalah:

1. Mega Key Opinion Leader

Ini adalah KOL dengan peluang pengaruh terbesar. Bagaimana tidak, jumlah pengikut Mega Key Opinion Leader bisa lebih dari 1 juta followers aktif! Biasanya mereka adalah tokoh publik yang sangat populer di sebuah negara atau bahkan internasional.

2. Macro Key Opinion Leader

Sedikit lebih kecil dari Mega KOL, seorang pemengaruh berstatus “Macro” mempunyai followers antara 500 ribu sampai 1 juta orang. Macro KOL banyak dijumpai di kalangan artis nasional.

3. Mid Tier Key Opinion Leader

Lalu ada “Mid Tier” yang dapat diartikan sebagai kelas menengah. Mid Tier KOL memiliki pengikut kisaran 50 sampai 500 ribu di sosmed. Key Opinion Leader ini biasanya mempunyai daya jangkau berskala daerah.

4. Nano Key Opinion Leader

Jika Anda adalah seorang pakar dengan followers 10 sampai 50 ribu, maka Anda sudah bisa dijuluki Nano Key Opinion Leader. Dampak dari Nano KOL tentu jauh lebih kecil dari kelompok sebelumnya.

5. Micro Key Opinion Leader

Jenis Key Opinion Leader yang terakhir adalah Micro KOL. Mereka mempunyai jumlah pengikut tersedikit yakni seribu sampai 10 ribu orang saja. Contoh Micro KOL misalnya dosen di sebuah universitas, tokoh masyarakat lokal, peneliti, dan seterusnya.

Artikel terkait  Tips Strategi Marketing Online : Memasarkan Usaha Jasa Anda Supaya Laris!

4 Manfaat Key Opinion Leader Adalah

key opinion leader adalah

Mengapa kita sebaiknya melibatkan seorang Key Opinion Leader dalam marketing? KOL mampu memberikan sejumlah dampak positif yang tidak dimiliki orang lain, yakni:

1. Menyukseskan Kampanye Brand Awareness

Ketenaran sang Key Opinion Leader adalah jalan pintas untuk mempopulerkan nama brand di masyarakat. Mirip seperti saat Anda memperkenalkan bisnis lewat influencer.

Anda tidak perlu bersusah payah meyakinkan target konsumen agar mau mencoba produk/jasa. Mereka sudah pasti tertarik begitu mendengar ada tokoh terpercaya yang mempromosikan bisnis Anda.

2. Mendongkrak Rasa Kepercayaan Konsumen

Kredibilitas seorang KOL juga mendongkrak rasa kepercayaan konsumen secara langsung. Bayangkan jika Anda mempunyai bisnis skincare yang produknya direkomendasikan oleh seorang ahli kulit ternama. Tentunya masyarakat akan lebih mempercayai kualitas produk Anda, bukan?

3. Mempromosikan Bisnis secara Halus

Pendapat seorang KOL bisa dikategorikan sebagai promosi bisnis secara halus. Ini karena mereka memberikan tanggapan terhadap produk alih-alih terang-terangan membujuk masyarakat untuk membeli. Jadi iklan Anda dapat lebih mudah diterima audiens.

4. Menarik Lebih Banyak Konsumen

Manfaat terakhir dari promosi KOL adalah ampuh menarik lebih banyak konsumen. Hal ini dapat tercipta ketika image (reputasi) dan trust (rasa kepercayaan) bisnis Anda meningkat.

KOL sejatinya hanyalah pemancing yang mempopulerkan produk/jasa agar bisa diterima konsumen. Selebihnya konsumen lain bisa berdatangan berkat testimoni positif dari pembeli awal.

Artikel terkait  Cara Mengatasi Web Server yang Down Saat Banjir Traffic

5 Strategi Mengembangkan Bisnis dengan Key Opinion Leader Adalah

Lalu bagaimana caranya mengembangkan bisnis dengan bantuan Key Opinion Leader? Caranya cukup mudah! Anda hanya perlu mengetahui cara memilih KOL yang tepat sesuai karakter bisnis.

Langsung saja, berikut adalah cara-cara memilih Key Opinion Leader terbaik untuk bisnis:

1. Pilih Influencer yang Sesuai Niche Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seorang Key Opinion Leader sebaiknya mempunyai kredibilitas di bidang yang sama dengan bisnis Anda.

Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang jasa fitness dan olahraga. Untuk itu Anda sebaiknya merekrut atlet, binaragawan, atau pakar olahraga untuk mempromosikan usaha.

Hindari menjalin kerja sama dengan orang yang tidak relevan sekalipun mereka cukup terkenal. Hal ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kualitas promosi Anda.

2. Cek Reputasi Calon KOL Pilihan

Pastikan calon Key Opinion Leader Anda mempunyai reputasi yang positif di dunia nyata dan maya. Publik figur dengan wawasan seluas apapun akan tetap dipandang buruk jika mereka mempunyai reputasi yang negatif.

Lebih jauh lagi, reputasi sang promotor juga akan mempengaruhi nama baik perusahaan. Masyarakat zaman sekarang sudah terbilang cerdas. Mereka mampu menilai baik-buruk kualitas brand dari citra Key Leader Opinion-nya.

Untuk itu Anda harus sangat teliti saat mencari dan menggali image asli seorang influencer. Berhati-hatilah karena saat ini siapapun bisa dengan mudah melakukan pencitraan di sosial media. Alhasil kehidupan nyata dan maya seseorang bisa berbeda drastis.

3. Mengecek Nilai Engagement dan Pengaruh KOL

Nilai engagement Key Opinion Leader adalah faktor penting yang bisa menyukseskan promosi. Engagement yang dimaksud di sini adalah keterlibatan masyarakat terhadap konten dari promotor.

Bentuk engagement pun bermacam-macam, bisa berupa komentar publik, transaksi produk/jasa, mengikuti akun, berlangganan, atau sekadar memberi like dan share postingan.

Anda bisa mengecek daya pengaruh seorang KOL dari engagement rate yang mereka punya. Rate tersebut bisa diperoleh dengan membagi jumlah followers dengan total interaksi (likes, comment, respond, dan share).

4. Perhatikan Jumlah Pengikut KOL

Jumlah followers memang tidak terlalu diperhitungkan dalam strategi marketing KOL, namun memilih promotor dengan pengikut yang besar tetaplah menguntungkan. Terlebih jika Anda ingin membangun brand awareness lewat strategi satu ini.

Dalam hal ini Anda harus turut mengecek keaslian followers KOL pilihan. Cari tahu apakah pengikut mereka merupakan akun asli sesuai buyer persona bisnis, atau malah akun robot. Jangan sampai promosi Anda sia-sia karena disimak oleh akun palsu.

5. Pilih Key Opinion Leader yang Aktif di Banyak Platform

Tips terakhir, pilihlah KOL yang aktif di berbagai platform. Minimal mereka mempunyai akun profesional beserta pengikut di media-media populer kekinian. Misalnya seperti Instagram, Twitter, TikTok dan Facebook.

Seorang KOL memang biasanya mengutarakan pendapat di media konvensional, namun perubahan zaman tetap tak bisa dipungkiri. Anda bisa meraih lebih banyak peluang promosi jika KOL pilihan turut aktif mengedukasi audiens di media sosial.

Demikianlah pembahasan terkait definisi, peranan dan strategi Key Opinion Leader (KOL) untuk mendukung bisnis. Apakah kini Anda juga tertarik bekerja sama dengan seorang KOL? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan tips dan trik seru seputar digital marketing. Baca gratis ratusan artikelnya sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya