Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 36

Siap Pakai! 15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop

0

Mau produk atau jasa Anda terjual lebih cepat? Yuk promosikan bisnis Anda dengan 15 contoh copywriting yang menarik berikut ini!

Copywriting adalah strategi pemasaran dengan kalimat persuasif yang kuat. Trik ini mampu menghipnotis pembaca supaya mau bertindak sesuai keinginan kita. Maka dari itulah kegunaan teknik copywriting tak pernah lekang oleh waktu.

Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan ketika menyusun kalimat copywriting yang menarik. Daripada ikut galau, mari langsung simak aneka tips menulis copywriting yang menarik untuk olshop disertai contohnya di sini.

15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop Masa Kini

 

contoh copywriting yang menarik

 

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari inspirasi caption promosi yang memikat. Langsung simak rangkuman tips dan contoh copywriting yang menarik bagi olshop kekinian berikut ini:

1. Copywriting Headline Kontroversial

Tulisan headline yang kontroversial sukses menjadi contoh copywriting yang menarik dan layak dicoba. Ini karena tulisan kontroversial mempunyai gaya bahasa yang “menantang” serta tak lazim, sehingga lebih mudah mencuri perhatian audiens.

Selain itu, copywriting dengan nada kontroversi juga banyak memakai kosakata yang “mengejutkan” atau “menggebrak” perhatian pembaca.

Contohnya:

  • AWAS!!! Ada kopi susu gula aren terenak 10 ribuan di sini!
  • Hari gini masih percaya krim pemutih? Mending ganti ke serum whitening “Sakura”.
  • Rusak saja buku ini: solusi cepat atasi kegalauan dan overthinking.

2. Copywriting dengan Kategori “Terbaik”

Contoh copywriting yang menarik sekaligus termudah lainnya adalah dengan memakai kata-kata kategori ‘terbaik’. Misalnya seperti “termurah”, “terlaris”, “paling berkualitas”, “terpopuler”, “terviral”, “terbaru” dan seterusnya.

Kosakata tersebut dapat menonjolkan produk atau jasa Anda di mata audiens nantinya. Contoh copywritingnya:

  • Finance ABC: Layanan asuransi terlengkap dan termurah se-Indonesia.
  • Sudah cobain makaroni pedas terviral “Sambalado”? Segera order di sini!
  • Ribuan hotel termurah di Bali sekarang bisa kamu pesan langsung dari “Jalan-Jalan App”. Download sekarang!

3. Copywriting dengan Quotes

Punya quotes atau jargon unik yang memikat perhatian? Jangan ragu untuk menggunakannya sebagai kalimat pembuka tulisan copywriting promosi!

Menyematkan quotes populer ke tulisan copywriting terbukti ampuh menarik perhatian masyarakat. Dengan catatan, jargon yang digunakan tetap sesuai konteks/tujuan promosi.

Contohnya:

  • Selalu ada selalu bisa! Beli semua di Tokopedia.
  • Si paling bikin happy! Cuma hari ini ada promo seru B1G1 di Sunshine Beauty, kuy mampir!

4. Copywriting dengan Jaminan (Klaim)

Anda boleh mengklaim bisnis/online shop milik sendiri sebagai yang terbaik di bidangnya. Strategi marketing ini dapat menarik perhatian audiens sekaligus memperkuat branding.

Contohnya:

  • Dijamin super hemat belanja di We Buy! Ada yang lebih murah? Kami ganti belanjaanmu 2x lipat!
  • Rahasia ampuh turun berat badan tanpa menyiksa diri, cuma dengan 1 botol saja.
  • Gerai fashion terbesar se-Asia Tenggara kini hadir spesial di kotamu.
  • Jadi lebih pintar berbisnis online bersama MARKEY, ribuan orang sudah membuktikannya!

5. Copywriting dengan Pertanyaan untuk Audiens

Pernahkah Anda menemukan deskripsi copywriting dalam kalimat tanya? Bentuk tulisan yang seperti itu memang sengaja dilakukan guna membangun keakraban penulis dan audiens.

Namun Anda harus bisa memahami kesulitan-kesulitan audiens agar dapat membuat rumusan kalimat tanya yang tepat. Dengan begini, konsumen akan merasa bahwa Anda mengerti permasalahan mereka dan menyajikan solusinya dalam tulisan copywriting/promosi.

Contohnya:

  • Sering nggak PD karena jerawat membandel? Baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Siapa yang nggak mau dagangannya laris manis diburu pembeli? Kami punya tips dan trik khusus untuk memaksimalkan omset olshop!
  • Mau pesan apa hari ini? Yuk cobain menu terbaik khas Indonesia di Lunch Resto, bonus diskon hingga 60% menanti!

6. Copywriting dengan “Warning”

Contoh copywriting yang menarik selanjutnya adalah warning headline (headline dengan peringatan). Penulis dengan sengaja membangkitkan rasa takut audiens sehingga mereka terdorong untuk menyimak isi teks hingga tuntas.

Namun jangan hanya sekadar memicu ketakutan pembaca saja. Berikanlah juga jawaban/solusi terbaik agar audiens merasa puas dan tidak mencemaskan masalah.

Sudah ada banyak contoh copywriting yang menarik dengan warning headline, misalnya:

  • Waspada jika sering galau! Bisa jadi tanda awal gangguan kecemasan. Ini solusinya.
  • Hati-hati frozen food berbahan kimia! Sayangi keluarga dengan belanja makanan siap santap di NomNom Food, 100% organik.

7. Copywriting Tutorial

Inspirasi tulisan copywriting lainnya adalah mengawali kalimat dengan pertanyaan tutorial (how to). Konten how to banyak dicari audiens karena sering menyediakan jawaban atas pertanyaan mereka. Alhasil, tulisan copywriting ini ampuh untuk meningkatkan engagement sekaligus branding bisnis.

Contoh:

  • Bagaimana cara mendaftar Shopee affiliates? Ini tips dan triknya [100% berhasil!]
  • Panduan komplit make up flawless untuk pemula [Disertai rekomendasi produk]

8. Copywriting Perbandingan

Sesuai dengan namanya, trik copywriting perbandingan menjanjikan ulasan dua atau lebih produk. Konten perbandingan cukup banyak dicari masyarakat karena membantu mereka dalam memutuskan produk/jasa terbaik.

Anda bisa membandingkan apa saja, mulai dari varian produk yang Anda jual atau spesifikasi produk sendiri versus milik pesaing. Meski begitu, Anda tidak boleh menjelekkan salah satu item. Cukup beri penjelasan yang detail terkait perbedaan antar produk, lalu biarkan audiens yang memilih.

Contoh:

  • Moisturizer varian ABC versus XYZ, mana yang paling cocok untuk kulit sensitif? Ini jawabannya!
  • Keuntungan dan perbedaan utama IG Reels dan TikTok, content creator wajib tahu!

9. Copywriting dengan Kalimat Perintah

Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan produk/jasa memakai kalimat perintah? Ternyata ada banyak contoh copywriting yang memikat dengan kalimat-kalimat suruhan, lho!

Tulisan copywriting dengan kalimat perintah ditujukan untuk mengarahkan pemirsa agar bertindak sesuai tujuan kampanye. Kalimat yang digunakan biasanya bersifat mendesak serta jelas alasannya. Misalnya seperti:

  • Join live streaming sale untuk menangkan undian iPhone 13 terbaru gratis.
  • Segera klaim voucher belanja hingga 100 ribu di aplikasi BukuKu, gratis siapa cepat dia dapat! Download appnya di Playstore sekarang.

10. Copywriting dengan Angka (Number Headline)

Sejumlah studi digital marketing menunjukkan fakta menarik: sebagian orang ternyata lebih mudah dibujuk dengan tulisan copywriting dengan angka di dalamnya. Ini karena angka mendongkrak rasa kepercayaan konsumen terhadap isi tulisan. Otomatis, engagement audiens dengan konten promosi tipe ini terbilang cukup tinggi.

Contohnya:

  • 9 dari 10 orang berhasil turun berat badan hingga 10 kg dalam 3 bulan! Apakah kamu yang berikutnya? Daftar kelas work out spesial di sini.
  • Join program affiliate Toko Mebel sekarang juga! Gratis tanpa syarat dan bisa cuan hingga 80% per transaksi.
  • Spesial Senin Happy! Diskon hingga 50% all item di toko Mom and Baby tanpa minimal belanja, cusss sikat!!

11. Copywriting dengan Rasa Penasaran

Rasa penasaran adalah bentuk emosi baik lainnya dalam hal promosi memakai strategi copywriting. Emosi ini dipandang lebih positif dari rasa takut, plus bisa meningkatkan keinginan audiens menyimak isi konten hingga tuntas.

Contoh:

  • Mau dapat omset belasan jutaan sebulan? Tentu bisa! Ini caranya…
  • Memutihkan gigi secara alami tanpa obat kimia, ini rahasianya…

12. Copywriting yang Menantang

Tidak ada salahnya memancing rasa penasaran pembaca dengan sedikit bumbu tantangan di headline copywriting. Jika dikemas dengan baik, konten ini bisa meninggalkan kesan mendalam yang positif di benak pemirsa.

Contoh terbaik copywriting dalam kategori ini jatuh pada brand Tolak Angin. Melalui jargon khasnya, “Orang pintar minum Tolak Angin”, mereka ‘menantang’ masyarakat untuk ‘membuktikan diri sebagai orang pintar’ dengan menggunakan produk mereka.

13. Copywriting Mendalam

Penulisan copywriting dengan ulasan mendalam cocok dipakai dalam konten berupa artikel. Pasalnya, tulisan sejenis ini bertujuan mengedukasi audiens terkait alasan/penyebab terjadinya sesuatu hal.

Semisal Anda ingin mempromosikan produk skincare anti kulit kering dan kemerahan secara meyakinkan. Anda dapat membungkus iklan secara soft-selling dengan menjelaskan penyebab terjadinya kulit kering serta kemerahan terlebih dahulu.

Baru nantinya dilanjutkan dengan tawaran solusi (produk Anda). Dengan begini, audiens akan merasa lebih yakin untuk mencoba produk Anda.

Beberapa contoh judul copywriting mendalam yang menarik perhatian:

  • Terkuak! Ini 5 penyebab kulit kemerahan yang tak disadari, baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Keuntungan rahasia memiliki website sendiri bagi UMKM [+Jasa Pembuatan Web Murah]

14. Copywriting dengan Urgensi

Satu lagi trik psikologi yang dimanfaatkan dalam strategi marketing: copywriting dengan urgensi/kepentingan. Strategi ini mirip dengan copywriting warning yang memanfaatkan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) audiens.

Hasilnya, pembaca didorong untuk harus segera bertindak usai membaca tulisan copywriting Anda. Tulisan headline dengan unsur urgensi kerap ditemukan dalam promosi diskon, flash sale, sale limited edition, dan sejenisnya:

  • Hanya hari ini! Diskon 90% all item di Bali Beauty Shop, plus free ongkir ke seluruh Indonesia!
  • Flash sale banting harga semua koleksi sepatu terkece di Shoes Kita! Check out sekarang sebelum kehabisan stoknya!

15. Copywriting Headline “Gimmick”

Strategi copywriting unik yang terakhir untuk mempromosikan usaha adalah headline gimmick. Trik ini memaksimalkan penggunaan gaya bahasa berupa kata-kata pengulangan, click-baiting dan permainan suara (rima).

Menulis headline gimmick bisa jadi sedikit sulit karena penulis harus benar-benar selektif dalam menyusun kata-kata. Beberapa contoh copywriting dengan headline yang bersifat gimmick adalah:

  • Rasa baru untuk tujuan yang baru.
  • Menu spesial snack wrap, it’s a wrap!
  • Olshop sepi? Atasi segera dengan tips ini agar bisnis tak mati.

Itulah aneka tips dan contoh copywriting yang menarik untuk semua online shop. Anda bebas memilih hendak menggunakan ide copywriting yang mana dari kelima belas poin di atas. Selamat mencoba!

Ikuti terus update terhangat seputar kiat-kiat sukses bisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee agar Untung

0
Cara menentukan Harga Dropship di Shopee

Tertarik mencoba dropship tapi masih bingung bagaimana cara menentukan harga jual dropship di Shopee? Tenang, kami punya jawabannya khusus untuk Anda di sini!

Menetapkan harga jual adalah hal yang penting dalam semua jenis bisnis, termasuk dropship. Banyak online shop yang berujung bangkrut karena salah mematok harga ke target konsumennya. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut menimpa usaha sendiri.

Tidak perlu cemas, berikut ini ada 6 cara mudah menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba. Yuk langsung simak dan praktekkan kiat-kiatnya!

Apa Itu Dropship di Shopee?

 

Cara menentukan harga jual dropship di Shopee

 

Ada banyak cara mencari uang lewat Shopee, salah satunya adalah dengan mencoba dropship. Dropship adalah strategi bisnis online tanpa modal berbasis kerjasama dengan supplier.

Tugas Anda hanyalah mempromosikan produk dari supplier ke konsumen dengan harga baru. Lalu ketika ada pesanan, Anda bisa langsung memesannya atas nama pembeli ke agen. Seluruh pengelolaan produk juga ditangani oleh supplier, sehingga Anda tidak perlu menyetok barang sama sekali.

Mengapa Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee?

Mengetahui cara menentukan harga jual dropship di Shopee sangat penting karena keuntungan dropshipper datang dari selisih harga asli dan harga jual produk.

Misalnya harga asli barang A dari vendor adalah Rp 20.000, lalu Anda menjualnya sebesar Rp 25.000. Otomatis keuntungan Anda adalah Rp 5.000 per item.

Sayangnya para pebisnis dropship tidak bisa sembarangan mematok harga jual. Memasang harga terlalu tinggi akan mempersulit penjualan dan sering gagal menarik pembeli. Begitu juga sebaliknya, harga yang terlalu rendah bisa berbalik merugikan olshop.

Belum lagi ada banyak faktor yang memengaruhi harga jual dropship di Shopee, seperti harga produk dari supplier dan ongkos kirim. Jadi daripada merugi, lebih baik buat perhitungan harga jual yang tepat supaya dagangan terus laris manis.

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee yang Benar

Menentukan harga jual dropship yang menguntungkan memang agak sulit. Buat Anda yang masih sering bingung, yuk atasi masalah tersebut dengan 6 cara menentukan harga jual dropship di Shopee berikut ini:

1. Strategi Psikologi Permainan Harga Produk

Strategi pertama yakni dengan permainan psikologi. Taktik penentuan harga berbasis ilmu psikologi cukup marak dilakukan akhir-akhir ini karena berhasil meningkatkan penjualan.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membuat nominal harga produk yang tidak ‘bulat’ atau ‘genap’, seperti Rp 14.999.

Sekarang bandingkan harga Rp 14.999 (produk A) dengan Rp 15.000 (produk B). Kebanyakan konsumen pasti akan memilih produk A karena dianggap lebih murah—meski sesungguhnya nilai keduanya sama saja.

2. FMOC (Fixed Markup on Cost)

Cara menentukan harga dropship di Shopee yang kedua adalah FMOC (Fixed Markup on Cost) alias penentuan harga markup tetap. Strategi ini dilakukan dengan menambah margin keuntungan dari harga asli produk.

Semisal Anda ingin mendapat profit dengan markup 20% dan harga asli produknya adalah Rp 10.000. Itu berarti besar keuntungan tetap per produknya adalah Rp 10.000 x 20% = Rp 2.000.

Sehingga nilai jual produk dropship Anda nantinya sebesar Rp 10.000 + Rp 2.000 = Rp 12.000.

Tips tambahan:

  • Gunakan rentang markup yang tidak terlalu besar supaya harga jual produk dropship tetap terjangkau, seperti 10% sampai 30%.
  • Jika Anda menjual produk dalam dollar, maka Anda bisa membuat margin profit sebesar $4 per produk.

3. Markup Berjenjang

Selain fixed markup, ada juga strategi penetapan harga jual dropship dengan markup berjenjang.

Taktik ini sangat disarankan jika Anda menjual produk yang bervariasi—mulai dari produk supplier termurah sampai termahal. Tentunya keuntungan paling besar akan datang dari produk yang harga aslinya rendah.

Contoh markup harga berjenjang:

  • Produk dari supplier A mempunyai harga asli di bawah Rp 40.000, sehingga dapat di markup keuntungannya sampai 50%.
  • Produk dari supplier B memiliki harga asli Rp 100.000, jadi, markup harganya dibatasi hingga 20% saja.

Anda boleh menentukan sendiri parameter (batasan) markup harga tiap produk sesuai contoh.

4. Harga Sesuai Ongkir

Ada juga dropshipper yang mematok harga produk mengikuti ongkos kirim. Taktik ini juga termasuk salah satu permainan psikologi yang membuat konsumen merasa tak perlu membayar lebih untuk pengiriman.

Misalnya harga produk A yang Anda jual sebesar Rp 20.000, ditambah ongkir Rp 5.000. Anda bisa menjual produk A tadi seharga Rp 30.000 tanpa ongkir. Nantinya Anda akan memperoleh  profit sebesar 5 ribu rupiah.

Faktanya hampir semua konsumen saat ini lebih senang berbelanja tanpa ongkir. Maka dari itu, strategi ini patut untuk dicoba!

5. MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price)

Masih bingung menentukan margin keuntungan per produk? Anda bisa meminta saran MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price) dari supplier.

Sesuai namanya, Manufacturer Suggested Retail Price adalah cara menentukan harga jual dropship di Shopee dengan harga jual eceran yang disarankan oleh supplier. Anda tidak perlu pusing memikirkan peningkatan harga jual, cukup ikuti nominal harga yang disarankan saja.

Strategi ini juga sama menguntungkan dibanding yang lain karena membantu menjaga harga produk serta mencegah perang harga antar dropship. Namun Anda mungkin perlu memastikan kembali sistem bagi hasil penjualan dengan agen.

6. Menggunakan Harga Diskon

Siapa bilang dropshipper tidak bisa berjualan dengan harga diskon? Anda justru bisa meraup cuan lebih mungkin dengan strategi yang satu ini!

Harga diskon bisa dihitung dari harga tertinggi produk yang selanjutnya dikurangi. Bisa dibilang, ini adalah trik psikologi harga lainnya di dunia marketing.

Semisal harga produk A adalah Rp 50.000 dan Anda ingin mendapat keuntungan 5% (Rp 2.500) per item. Alhasil harga jual asli produk A adalah Rp 52.500.

Kemudian, Anda juga ingin memberikan diskon 10% pada produk A supaya cepat laku terjual. 10% dari harga jual adalah Rp 57.750 rupiah.

Sekarang Anda hanya perlu mencantumkan ‘harga markup’ Rp 57.750 sebagai harga jual produk A. Bubuhkan caption diskon 10% dan ‘harga baru’ usai potongan yakni 52.500 ketika berpromosi.

Strategi ini akan membuat konsumen merasa berhasil berbelanja dengan harga termurah.

Tips tambahan:

  • Tentukan produk yang layak diberi diskon dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  1. Kebutuhan/permasalahan konsumen (Apakah produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka?)
  2. Nilai produk yang dijual (Apakah nilai utama dari produk Anda?)
  3. Kebiasaan belanja konsumen (Apakah konsumen Anda cenderung membeli produk apapun yang tersedia, atau mereka hanya mencari satu produk secara spesifik?)

Selain dengan 6 cara di atas, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang kerap muncul dalam aktivitas dropship seperti:

  • Harga jual produk yang serupa di pasaran/oleh kompetitor.
  • Margin keuntungan rata-rata.
  • Jenis dan kelangkaan produk jualan.
  • Target konsumen.
  • Harga yang diberikan oleh supplier.

Anda bisa melakukan riset bisnis yang mendalam agar lebih tepat dalam memilih produk, supplier, serta menetapkan harga jual dropship di Shopee.

Itulah cara-cara menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba demi meraih pemasukan lebih banyak. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Temukan lebih banyak tips, trik dan strategi mudah menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Cara Dropship di Lazada: 6 Tips Dagangan Mudah Laku

0
Cara Dropship di Lazada

Ingin mendapat banyak cuan di Lazada? Berikut ada 6 cara dropship di Lazada yang menjamin keuntungan besar untuk Anda!

Apakah Anda sering berbelanja online di marketplace Lazada? Jika iya, maka ada kabar gembira menanti Anda di sini.

Lazada adalah salah satu ecommerce terpopuler di Indonesia. Di samping menjual produk murah harga miring, mall online ini juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk meraih pemasukan tambahan sebagai dropshipper.

Seperti apa cara dropship di Lazada yang menguntungkan bagi pemula? Langsung simak penjelasan lengkap seputar cara dropship Lazada di bawah ini!

Apa Itu Dropship di Lazada?

cara dropship di lazada

Dropship adalah aktivitas jual beli online dengan media perantara. Para pelakunya disebut sebagai dropshipper. Saat ini ada banyak ecommerce yang membuka layanan dropship untuk meningkatkan keuntungan, salah satunya adalah Lazada.

Dropshipper Lazada bertugas mempromosikan produk-produk di etalase ecommerce kepada calon pembeli. Kemudian Anda perlu memberitahu merchant kalau ada pesanan masuk. Ini karena seller yang bertanggung jawab menyiapkan dan mengirim produk ke konsumen.

Sistem dropship berbeda dari reseller sebab Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. Keuntungan dropship Lazada berupa komisi sebesar 10% sampai 30% per produk yang terjual.

Perbedaan Cara Dropship di Lazada dengan Seller Biasa

Seller Lazada adalah akun-akun merchant yang menjual produk. Mereka menyediakan segala sesuatunya mulai dari mengelola stok barang, berpromosi, hingga mengurus semua proses pengiriman paket.

Sedangkan dropshipper tidak perlu melakukan semua itu. Dropship di Lazada berlangsung melalui sistem kerjasama antara Anda dan supplier (seller).

Seller akan menyediakan katalog, produk, hingga menetapkan harga. Sementara dropshipper hanya perlu menjaring konsumen sebanyak mungkin.

6 Cara Dropship di Lazada Agar Dagangan Laris Manis

Dropship menjadi metode bisnis online tergampang karena bisa dimulai tanpa perlu banyak modal. Meski begitu, Anda tetap perlu mengetahui 6 cara dropship di Lazada berikut agar dagangan laris manis tiap hari:

1. Usahakan Fast Response (Cepat Tanggap)

Tips pertama, selalu berikan pelayanan terbaik bagi konsumen Anda. Salah satu contoh pelayanan prima online shop yang patut ditiru adalah bersikap fast response.

Konsumen akan merasa lebih senang dan dihargai jika Anda menanggapi pesan mereka dengan cepat, ramah dan solutif. Manfaatkanlah fitur live chat yang ada di Lazada untuk mempermudah komunikasi tersebut.

Hindari juga mengajak konsumen mengobrol di luar aplikasi Lazada karena bisa dianggap sebagai upaya penipuan.

Tips tambahan:

  • Anda bisa mengaktifkan fitur pesan otomatis atau menambah chat bot untuk membalas pesan yang masuk di luar jam operasional.

2. Pasang Foto dan Deskripsi Barang Dagangan yang Menarik

Umumnya, para seller Lazada sudah langsung menyediakan foto dan deskripsi produk sebagai bahan promosi. Namun akan lebih baik jika Anda mengemas ulang materi tersebut supaya lebih memikat audiens.

Gunakan foto produk yang asli, beresolusi tinggi (HD) dan dijepret seapik mungkin dengan pencahayaan alami. Lalu bubuhkan caption copywriting produk yang memikat agar konsumen terdorong untuk membeli produk.

3. Promosikan Dagangan dengan Fitur Promo Lazada

Rajin-rajin promosikan dagangan Anda dengan fitur promosi bawaan marketplace Lazada. Menu-menu ini tentu dapat memperluas daya jangkau produk Anda di kalangan konsumen Lazada.

Ada dua jenis fitur ads yang bisa Anda coba, yakni promosi gratis (fitur “Naikkan Produk) dan berbayar (seller voucher, layanan gratis ongkir, dan lain-lain).

4. Promosikan di Sosial Media Olshop

Selain promosi internal, Anda juga dapat menggencarkan iklan di sosial media yang populer seperti Instagram, Twitter dan TikTok. Banyak dropshipper sukses menjajakan dagangan mereka melalui strategi ini, lho.

Konten-konten sosial media saat ini mempunyai kekuatan yang luar biasa besar, khususnya dalam memikat hati calon konsumen. Namun Anda harus kreatif mengemas promosi semenarik mungkin supaya orang-orang tertarik.

Tips tambahan:

  • Promosikan dagangan dalam bentuk konten soft selling karena lebih menarik untuk disimak.
  • Bangun brand awareness olshop di sosmed untuk meningkatkan ketertarikan sekaligus kepercayaan audiens.
  • Sesekali adakan interaksi seru demi menambah engagement, seperti giveaway, quiz berhadiah, atau promo lainnya.

5. Nilai Sampel Produk Sebelum Berjualan

Salah satu kendala besar bisnis dropship adalah ketidaksesuaian produk dengan katalog. Ada banyak supplier yang ternyata menyediakan barang abal-abal sehingga mengecewakan konsumen. Jangan sampai masalah ini berbalik mengancam reputasi toko Anda!

Namun tenang saja, Anda masih bisa menghindari kerugian dengan membeli satu sampel produk yang mau dijual terlebih dahulu. Lakukan penilaian terhadap sampel sebelum memutuskan apakah produk layak dijual kembali atau tidak.

Penilaian sampel bisa mencakup poin-poin penting seperti:

  • Tekstur.
  • Warna
  • Keaslian dan komposisi bahan.
  • Manfaat
  • Kualitas packing dan pengiriman ekspedisi, dan lain-lain.

Tips tambahan:

  • Cek juga rating serta testimoni seller/agen untuk menghindari para penjual produk abal-abal di ecommerce.

6. Tonjolkan Rating Toko Anda

Cara dropship di Lazada yang terakhir adalah dengan menonjolkan rating toko Anda. Rating dan review sebuah toko terbukti ampuh menarik banyak konsumen baru di masa depan. Ini karena baik-buruk pelayanan toko online bisa dilihat dari besar-kecilnya rating toko tersebut.

Sekarang coba bayangkan ini: seller A mempunyai rating 4,9 bintang sedangkan toko B hanya 3 bintang. Manakah toko yang akan Anda pilih? Kebanyakan orang sudah pasti langsung berkunjung ke seller A.

Cara Mendaftar Dropship di Lazada untuk Pemula

Setelah mengetahui tata cara dropship di Lazada yang memikat, kini tiba waktunya untuk mendaftar sebagai dropshipper! Berikut cara memulai bisnis dropship mudah dan gratis di Lazada:

  1. Instal aplikasi Lazada di Google Play Store (android) atau Apple AppStore (iOS). Alternatif lainnya, Anda bisa mengunjungi website Lazada via browser.
  2. Buat akun Lazada baru Anda. Caranya cukup dengan mengisi data diri sesuai formulir yang tersedia.
  3. Pilih opsi pengguna ‘perorangan’ karena Anda akan menjadi dropshipper.
  4. Aktivasi akun dengan mencantumkan nomor telepon yang aktif. Anda akan menerima kode OTP.
  5. Masukkan kode OTP dan konfirmasi. Anda akan otomatis diarahkan ke dashboard Lazada usai login.
  6. Mulailah mencari produk yang ingin dipromosikan dari beranda atau kategori produk Lazada.
  7. Promosikan katalog produk di sosial media atau di akun Lazada Anda.
  8. Jika ada konsume yang memesan, teruskan orderan dengan cara men-check out produk dari supplier.
  9. Beri tanda centang pada opsi “Kirim sebagai Dropshipper”.
  10. Lengkapi identitas pengirim (nama dan nomor telepon) dengan milik Anda. Poin ini akan membantu agen/seller mengirimkan pesanan konsumen Anda.
  11. Selesai! Kini Anda hanya perlu menunggu pesanan dikirim oleh seller.

Itulah 6 cara dropship di Lazada yang tepat agar dagangan Anda mudah laku. Cukup mudah, bukan? Semoga tips di atas bermanfaat, ya!

Yuk ikuti terus MARKEY karena akan ada lebih banyak tips, strategi dan insight menarik seputar dunia bisnis online. Baca gratis artikel-artikelnya sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai jumpa lagi!

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Terbaru dan Artinya

0
istilah dalam bisnis online

Tertarik menjalankan olshop tapi masih sering bingung dengan istilah-istilah dalam bisnis online masa kini? Tenang, berikut ini kami punya 30 istilah dalam jual beli online terbaru lengkap dengan artinya khusus untuk membantu Anda!

Seorang pebisnis online wajib selalu up to date dengan beragam hal, mulai dari trend jualan hingga aneka istilah yang mewarnai transaksi online. Jangan sampai Anda kebingungan menanggapi pembeli gara-gara tidak tahu arti kosakata mereka!

Yuk perkaya wawasan Anda dengan simak berbagai istilah dalam bisnis online yang lagi ramai digunakan olshop kekinian berikut ini!

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Kekinian Beserta Artinya

 

Istilah dalam bisnis Online

 

Inilah kumpulan 30 istilah dalam jual beli online yang akan membantu aktivitas jualan Anda sehari-hari, segera dicatat!

1. Official Store

Istilah dalam bisnis online yang paling sering digunakan akhir-akhir ini adalah official store. Istilah ini sering dijumpai di ecommerce atau marketplace kekinian.

Official Store dalam bahasa Indonesia berarti “Toko Resmi”. Arti official store adalah toko-toko resmi dari sebuah brand, sehingga produk/jasa yang disediakan dijamin 100% original.

2. Merchant

Dunia ecommerce juga memiliki istilah merchant yang berarti pemilik toko online atau penjual. Jika Anda saat ini menjalankan bisnis online di marketplace, maka Anda adalah merchant.

3. Preloved

Pernahkah Anda menemukan produk online shop dengan deskripsi “preloved”? Preloved adalah istilah dalam bisnis online yang berarti barang bekas pakai milik pribadi/penjual, alias barang second.

4. Like New

Selain preloved, terdapat pula produk ecommerce berlabel like new. Secara harfiah, like new berarti kondisi barang yang masih seperti baru.

Produk-produk yang dijual ‘like new’ biasanya juga merupakan item second/preloved. Bedanya, item like new masih dalam kondisi super mulus karena belum pernah digunakan penjual.

Andaipun terdapat kerusakan pada barang like new, biasanya kecacatan tersebut tidak terlihat atau mengganggu pengguna. Istilah lain dari like new adalah mint condition.

5. Refurbished

Sedangkan istilah refurbished umumnya disematkan pada barang-barang elektronik yang dijual online, seperti smartphone, laptop, komputer dan sejenisnya. Item refurbished adalah barang-barang elektronik yang sempat mengalami perbaikan sebelum dijual kembali.

Barang refurbished sering dicap buruk karena banyak yang gampang rusak saat dipakai. Tapi di beberapa kasus ada juga gadget refurbished yang kualitasnya setara baru (greenpeel).

6. Greenpeel

Greenpeel adalah sebutan untuk produk yang masih dalam segel bawaan produsen; produk baru; belum pernah dibuka sama sekali.

Istilah greenpeel awalnya digunakan oleh Apple untuk menandai iPhone baru keluaran pabriknya. Tapi sekarang orang-orang menggunakan istilah tersebut untuk menyebut semua barang yang masih tersegel.

7. Sold

Berikutnya ada istilah sold yang merupakan singkatan dari sold out. Istilah dalam bisnis online satu ini diambil langsung dari bahasa Inggris yang berarti “habis” atau “semua laku terjual”.

8. Re-stock

Re-stock juga termasuk istilah jual beli online yang banyak dipakai, baik oleh pedagang maupun pembeli. Re berarti “kembali”, dan stock adalah “stok produk”. Dengan kata lain, arti re-stock adalah stok produk kembali tersedia/diisi ulang.

9. No Afgan No Rossa

Seluruh warga Indonesia pastinya tahu siapa Afgan dan Rossa. Lalu apa hubungan dari dua nama penyanyi tersebut dengan dunia jual beli online?

Ternyata, arti no Afgan no Rossa adalah “tidak boleh menawar sadis dan tega”! Istilah tersebut diambil dari lagu populer berjudul “Sadis” milik Afgan, dan “Tega” oleh Rossa.

Jadi kalau ada merchant yang mencantumkan deskripsi ini di katalog produk mereka, itu artinya Anda dilarang menego dengan harga sadis atau bersikap tega pada penjual.

10. WTS atau WTT

Istilah bisnis online kekinian berikutnya adalah WTS dan WTT. WTS adalah akronim dari Want To Sale yang berarti “ingin menjual produk/jasa”.

Sementara WTT merupakan singkatan dari Want To Trade yakni “ingin menukar produk/barter”. Anda dapat menemukan banyak contoh postingan WTS dan WTT di platform komunitas seperti Twitter.

11. WTB

Tidak cuma penjual yang punya istilah bisnis, konsumen juga punya! Istilah dalam online shop kekinian untuk pelanggan adalah WTB atau Want To Buy.

Anda bisa memakai keterangan WTB disertai nama produk untuk memudahkan pencarian produk impian di sosmed. Contohnya seperti “WTB photocard V BTS”, atau “WTB sharing app subscription 1 bulan”.

Setelah itu para penjual lah yang akan datang menawarkan produk kepada Anda sesuai keinginan.

12. BNIB

BNIB atau Brand New In Box adalah produk-produk baru yang masih ada dalam boksnya (tersegel). Ungkapan ini mempunyai arti yang sama dengan greenpeel.

13. BNOB

Sedangkan BNOB adalah kebalikan dari BNIB, yaitu Brand New Open Box (produk baru yang sudah dikeluarkan/tidak ada dalam boks).

BNOB dan BNIB sering dipakai pada produk online yang perlu dicek kondisi fisiknya sebelum transaksi. Contohnya gadget bekas, sepatu preloved, aksesoris komputer, peralatan gaming second, dan lain-lain.

14. HNR atau H&R (Hit and Run)

Berikutnya ada arti dari hit and run (HNR atau H&R). Mungkin Anda pernah menemukan deskripsi toko/produk yang mencantumkan, “NO HIT AND RUN” atau “HIT AND RUN = BLOCKED”.

Pengertian istilah hit and run dalam dunia jual beli online adalah konsumen yang meninggalkan penjual tanpa kejelasan. Maka dari itu, “NO HNR” sering digunakan merchant untuk menghindari calon konsumen yang cuma iseng.

Contoh kondisi hit and run ada bermacam-macam. Misalnya calon pembeli sudah mengisi form pemesanan namun tak kunjung melunasi tagihan (menghilang). Ada juga yang sudah bertanya-tanya perihal harga produk/jasa tapi tidak memberi info kepastian akan memesan/tidak.

15. Booked

Produk online dengan label booked artinya sudah dipesan oleh orang lain, namun belum di-check out atau masih dalam proses pengiriman. Maka dari itu konsumen baru dilarang membeli produk booked karena dianggap “menyerobot” dan mengambil pesanan orang.

16. PO (Pre Order)

PO atau pre order adalah istilah populer dalam jual beli online lainnya. Barang dengan label PO berarti masih belum tersedia di toko, sehingga konsumen harus menunggu lebih lama.

Item-item PO umumnya produk handmade (buatan tangan), barang custom sesuai request, atau produk impor luar negeri.

17. Ready Stock

Ready stock adalah kebalikan dari PO. Barang-barang ready stock bisa langsung dipesan dan dikirim karena sudah tersedia di toko merchant.

18. OEM (Original Equipment Manufacture)

Lalu ada OEM, singkatan dari Original Equipment Manufacture. Masih banyak orang salah kaprah menyamakan produk berlabel OEM dengan KW. Padahal, barang-barang OEM 100% original.

OEM adalah produk asli yang dibuat oleh sebuah perusahaan, yang kemudian dibeli oleh brand resmi lainnya. Nantinya barang tersebut akan dipasarkan oleh brand yang membeli dari produsen.

19. Resi

Resi atau nomor resi adalah seri nomor pelacak yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Setiap paket wajib mempunyai nomor resi agar mudah dilacak keberadaan atau status pengirimannya. Namun ada juga resi yang berupa gabungan huruf dan angka.

20. Sis dan Gan

Pernahkah Anda disapa “sis” atau “gan” oleh admin olshop? Itulah dua bentuk sapaan yang paling marak digunakan di dunia bisnis online Indonesia.

Sis adalah singkatan dari “sister” (untuk menyebut konsumen perempuan). Sedangkan gan merupakan kependekan dari “agan” atau “juragan” (untuk konsumen laki-laki). Anda dapat mengakrabkan diri dengan memanggil calon pembeli/followers olshop memakai dua julukan tersebut.

Namun ada juga olshop yang menyebut konsumen mereka dengan “kak” atau nama panggilan langsung demi menghindari kesalahan penyebutan gender.

21. Thrift Shop

Thrift shop adalah toko-toko online yang menyediakan barang-barang second berkualitas, baik produk dari dalam atau luar negeri. Salah satu contoh thrift shop kekinian adalah thrift baju bekas.

22. COD

Anda juga pasti sudah sering mendengar istilah COD, bukan? COD (Cash On Delivery) adalah sistem pembayaran tunai yang dilakukan saat barang diantar ke konsumen.

Pembeli bisa melakukan COD secara langsung pada penjual atau ke kurir ekspedisi yang menyediakan metode tersebut.

23. Nett

Nett adalah harga akhir produk/jasa yang diberikan oleh penjual. Anda tidak diperbolehkan untuk menawar harga nett karena inilah nominal terendah yang bisa ditetapkan merchant. Konsumen yang tetap bersikukuh menego akan dianggap “Afgan dan Rossa”.

24. Nego

Nego adalah kebalikan dari nett. Produk dengan keterangan nego artinya masih bisa ditawar sesuka hati konsumen.

25. Cek Kondi / Condi

Jangan bingung ketika calon konsumen Anda mengirimkan pesan yang berbunyi “cek kondi/condi”. Arti cek kondi adalah pemeriksaan kondisi asli produk/barang sebelum memesan melalui video pendek atau foto dari penjual.

26. Slot Available

Slot available menandakan bahwa masih ada kesempatan bagi konsumen yang ingin ikut dalam pre order suatu produk, jasa, atau tiket sebuah acara. Penjualan dengan sistem slot biasa dilakukan jika kuantitas produk sifatnya terbatas.

27. Sharing

Istilah sharing baru muncul seiring merebaknya jasa layanan aplikasi premium. Sharing artinya ada lebih dari 1 konsumen yang memakai layanan dalam satu waktu. Mekanisme ini dimungkinkan berkat keluwesan app premium itu sendiri yang bisa login di banyak perangkat.

Misalnya Anda memesan jasa sharing 1 bulan aplikasi streaming film. Anda akan mendapat akses ke akun aplikasi premium dengan durasi 1 bulan. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ada konsumen lain yang juga ikut login ke akun Anda di saat yang sama.

28. Cancel

Cancel adalah istilah dalam bisnis online yang merujuk pada pembatalan transaksi oleh konsumen maupun penjual karena alasan tertentu.

29. Fix and Deal

Fix and deal adalah kebalikan dari cancel, alias konsumen yang serius membeli produk/jasa Anda.

30. Gratong

Istilah dalam jual beli online yang terakhir adalah gratong, yaitu singkatan dari gratis ongkos kirim. Kata gratong dipopulerkan oleh ecommerce modern yang menyediakan servis gratis ongkir ke berbagai wilayah.

Itulah 30 istilah dalam bisnis online terbaru beserta artinya. Istilah-istilah di atas tentunya bisa Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari dengan konsumen.

Ingin belajar lebih banyak seputar dunia bisnis online? Ikuti terus MARKEY karena ada ratusan artikel digital marketing yang informatif dan menarik. Baca gratis sekarang hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sayonara!

 

4 Rahasia Sukses Lewat Tokopedia Affiliate, Sudah Tahu?

0

Apakah Anda pengguna setia Tokopedia? Jika iya, maka ada kabar gembira untuk Anda! Pelanggan Tokopedia sekarang bisa mendapat uang gratis dari ecommerce ini dengan cara join Tokopedia affiliate.

Tokopedia affiliate adalah program afiliasi marketing resmi dari Tokopedia. Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk Tokped via link untuk mendapatkan komisi persenan setiap bulannya.

Akan tetapi, ada 4 tips yang harus Anda jalani supaya bisa meraup banyak untung dari program affilate Tokopedia. Apa sajakah? Daripada penasaran, yuk langsung simak tips dan trik mendaftar program affiliate Tokopedia selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tokopedia Affiliate?

 

Tokopedia Affiliate

 

Tokopedia affiliate adalah program kerjasama berbayar antara Tokopedia dengan masyarakat untuk mempromosikan produk-produk yang ada di ecommerce tersebut. Orang-orang yang tertarik bergabung akan menjadi afiliator resmi Tokped.

Cara kerjanya pun sangat gampang. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai afiliator, membagikan link produk dari power merchant/official store Tokped, dan mendapat bayaran.

Pemasukan afiliator berupa uang komisi yang dihitung dari pembelian produk yang diiklankan. Semakin banyak orang membeli produk lewat link afiliator, otomatis semakin banyak juga komisi yang diperoleh.

Berapa Jumlah Komisi Tokopedia Affiliate?

Program affiliate Tokopedia menjanjikan komisi transaksi hingga 10% dari harga produk dengan batas maksimum 100 ribu rupiah. Upah tersebut bisa diperoleh per produk.

Misalnya produk affiliate yang Anda promosikan berhasil terjual sebanyak 10 buah. Jika komisi untuk 1 produk adalah 100 ribu, maka total keuntungan yang diperoleh adalah 10 x 100 ribu, yakni 1 juta rupiah.

Menariknya lagi, ada juga s“komisi kunjungan Tokopedia” di samping komisi transaksi reguler. Komisi kunjungan adalah bayaran atas kunjungan konsumen ke laman link afiliasi Anda. Besar upah tambahan ini sebesar 50 rupiah per 1 kali klik.

Akan tetapi, komisi kunjungan hanya berlaku di periode tertentu. Nominal pencapaian maksimumnya juga dibatasi per hari sekitar 25 ribu rupiah.

4 Tips Memaksimalkan Profit Tokopedia Affiliate

Tertarik mencoba join affiliate Tokopedia? Program ini memang sangat pas untuk Anda yang ingin mendapat cuan tambahan di waktu senggang. Anda bisa bekerja dari mana saja, tanpa modal (gratis) dan tentunya meraih pemasukan tanpa batas.

Namun ada 4 tips khusus untuk memaksimalkan profit affiliate Tokopedia Anda. Berikut tips dan trik yang wajib dilakukan supaya strategi affiliate Anda makin sukses:

1. Promosikan Produk yang Lagi Viral

Pertama, promosikanlah produk-produk yang sedang viral. Produk yang sedang naik daun biasanya lebih cepat laku sehingga Anda bisa mendapat komisi lebih cepat.

Namun Anda wajib menyimak perkembangan trend secara berkala supaya tahu produk apa saja yang tengah populer. Caranya cukup mudah. Rajin-rajinlah menyimak informasi dari sosmed, berita online, atau memanfaatkan tools seperti Google Trend.

2. Verifikasi Data Diri Sebelum Menarik Komisi

Beberapa orang gagal menarik komisi karena belum memverifikasi diri di Tokped. Aturan ini merupakan syarat wajib bagi semua afiliator.

Verifikasi akun Tokopedia untuk program affiliate dilakukan dengan cara scan KTP dan wajah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik “Pengaturan” > “Keamanan Akun” > “Verifikasi Diri”.
  3. Siapkan KTP dan scan sesuai petunjuk.
  4. Lanjutkan dengan verifikasi wajah (post foto selfie).
  5. Klik submit.

Proses verifikasi akan berlangsung paling lama 1 x 24 jam. Setelahnya, barulah akun Anda dinyatakan aktif dan siap untuk digunakan berafiliasi.

3. Gunakan Strategi yang Sesuai Aturan

Setiap afiliator juga wajib mematuhi aturan klaim komisi Tokped affiliate. Salah satunya yang sering terlewatkan adalah: hanya bisa klaim komisi dari 5 transaksi dari 5 pelanggan berbeda per hari.

Semisal Anda memperoleh 7 transaksi dalam sehari. Alhasil hanya 5 yang tercatat sebagai pemasukan, dan 2 sisanya tidak.

Maka dari itu Anda perlu menyiasati aturan ini dengan strategi khusus. Contohnya seperti mengedepankan promosi produk-produk mahal agar nominal komisinya lebih besar.

4. Kemas Link sebagai Konten Soft Selling

Tips terakhir, gunakan kreativitas Anda dalam mempromosikan link. Anda bisa mengemas iklan dalam berbagai bentuk: video Reels/TikTok seru kekinian, caption copywriting menarik, artikel blog, thread Twitter dan seterusnya.

Cari tahu juga kebutuhan calon konsumen Anda supaya isi iklan lebih memikat sekaligus tepat sasaran. Hindari memposting terlalu banyak link affiliate dalam sehari karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain (spam).

Bonus: Cara Mendaftar Tokopedia Affiliate via Aplikasi

Setelah mengetahui tips dan trik sukses berafiliasi di Tokopedia, kini tibalah waktunya mendaftarkan diri sebagai afiliator!

Anda bisa bergabung ke program affiliate marketing Tokopedia melalui aplikasi ecommerce resminya. Berikut tutorial lengkap cara mendaftar affiliate Tokopedia:

  1. Instal aplikasi Tokopedia di Google Play Store (android) atau Apple AppStore (iOS).
  2. Buat akun pengguna baru (kalau belum punya akun). Anda juga bisa log in ke akun yang telah dimiliki.
  3. Anda akan tiba di beranda Tokopedia.
  4. Klik “Semua Kategori”.
  5. Pilih menu “Tokopedia Affiliate”.
  6. Pencet tombol “Daftar Sekarang”.
  7. Isi lengkap data diri akun sosial media yang dimiliki. Akun-akun inilah yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan link affiliate. Pilihan akunnya ada banyak, seperti FB, IG, TikTok, YouTube, dan opsi “Tambah Media Sosial” untuk memilih platform lain.
  8. Jika sudah, pencet tombol “Selanjutnya”.
  9. Baca syarat dan ketentuan program affiliate Tokopedia > beri tanda centang pada boks “Saya sudah membaca dan setuju”.
  10. Klik “Daftar”.

Selesai! Anda akan langsung resmi terdaftar sebagai member affiliate Tokopedia dan mendapat dashboard khusus berisi rincian pendapatan, jumlah transaksi affiliate dan riwayat konversi/penarikan saldo.

Cara Mempromosikan Link Tokopedia Affiliate

Berikutnya adalah cara mempromosikan produk sebagai afiliator. Berikut langkah mudah mencari dan mengiklankan link affiliate Tokped yang bisa Anda coba:

  1. Anda bisa mempromosikan banyak produk sesuai keinginan, termasuk di antaranya:
  • Produk yang pernah dibeli dari menu riwayat transaksi.
  • Produk dalam daftar wishlist atau like.
  • Produk-produk di etalase toko berlabel PM (Power Merchant), PM Pro (Power Merchant Pro), dan Official Store.
  1. Perhatikan bahwa hanya transaksi afiliate dari produk-produk di poin 1 sajalah yang berhak mendapat komisi. Anda tidak bisa mempromosikan barang dagangan di toko sendiri sebagai afiliator.
  2. Pilih produk yang mau dipromosikan.
  3. Masuk ke halaman katalog produk.
  4. Pencet ikon berbagi atau share.
  5. Pilih opsi “sosial media”.
  6. Salin dan tempel link produk sebagai caption sosmed.
  7. Unggah postingan tersebut. Selesai!

Jangan lupa juga untuk mengecek laman report di dashboard affiliate secara berkala, ya. Seluruh laporan hasil penjualan beserta komisinya akan langsung ditampilkan otomatis di sini.

Demikianlah pembahasan seputar cara daftar Tokopedia affiliate beserta tips-tips sukses menjalaninya. Bagaimana, sudah siap mencoba program afiliasi ini? Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore & AppStore) untuk baca gratis artikel-artikel terbarunya! Sampai bertemu lagi.

Apa Itu Affiliate Lazada? Ini Cara Daftar & Tarik Komisinya!

0
affiliate-lazada

Saat ini ada banyak cara memperoleh uang gratis dari internet yang bisa Anda coba seperti Lazada Affiliate. Program ini menjanjikan komisi berlimpah hingga 15% per transaksi, lho!

Lazada adalah salah satu marketplace ternama di Indonesia. Namun tidak hanya sebagai tempat belanja online, Lazada juga menyediakan lapangan pekerjaan yang mudah untuk mendapat uang tambahan yakni “Lazada Affiliate”.

Penasaran bagaimana caranya bergabung ke program affiliate Lazada? Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait cara kerja, komisi dan tutorial pendaftaran Lazada affiliate di sini.

Cara Kerja Affiliate Lazada

affiliate-lazada-1

Cara kerja affiliate Lazada hampir mirip seperti program marketing afiliasi pada umumnya.

Tugas Anda hanyalah membagikan link produk kepada orang lain. Anda bisa menyebarkan berbagai tautan produk di sosial media atau via chat pada teman, keluarga, dan warganet lain.

Link produk afiliasi Lazada dikenal juga dengan nama “tracking link”. Tautan ini didesain khusus agar bisa mengarahkan calon pembeli ke halaman produk yang dipromosikan. Link dapat tetap aktif meski dikemas dalam berbagai bentuk konten pemasaran.

Selanjutnya Anda berhak menerima komisi jika ada orang yang membeli produk dari link yang Anda bagikan. Semakin banyak orang yang memesan maka semakin besar pula total komisi yang diraih. Pun seluruh progres penjualan, nominal saldo, invoice dan riwayat penarikan dapat dikelola mandiri di dashboard affiliate Lazada.

Jumlah Komisi Affiliate Lazada yang Menggiurkan

Berapa jumlah komisi yang ditawarkan oleh program afiliasi Lazada? Pertanyaan ini sering dicari oleh banyak orang.

Tak tanggung-tanggung, Lazada memberikan jumlah komisi affiliate yang terbesar hingga maksimal 15%. Besaran upah juga menyesuaikan dengan kategori produk yang dibeli, seperti pada tabel berikut:

Kategori Produk Lazada Komisi Lazada Affiliate
Pembeli Baru Pembeli Lama
Kebutuhan sehari-hari 7% 5%
Furnitur dan dekorasi rumah 7% 5%
Pakaian dan aksesoris fashion 7% 5%
Mainan anak-anak 7% 5%
Peralatan olahraga dan outdoor 7% 5%
Tas dan peralatan travel 7% 5%
Perkakas dan DIY 7% 5%
Perabotan kasur, kamar tidur, dan kamar mandi 7% 5%
Perabotan dapur dan makan 7% 5%
Kesehatan dan kecantikan 7% 5%
Laundry dan alat-alat kebersihan 7% 5%
ATK 7% 5%
Perawatan hewan 7% 5%
Buku, musik dan hiburan 7% 5%
Kebutuhan ibu dan bayi 3% 2%
Kebutuhan rumah tangga 3% 2%
Kamera 3% 2%
Laptop dan komputer 3% 2%
Televisi, smart-gadget (smart watch), game online, audio/video 3% 2%
Digital goods (streaming, ebook, voucher, dll) 3% 2%
Smartphone dan tablet 2% 1%
Sepeda motor 1,5% 1%

 

Affiliator juga tidak dibatasi dalam mempromosikan produk kategori apa saja. Misalnya Anda mempromosikan link produk laptop (3%), furnitur (7%) dan kitchen (5%). Jika ada konsumen yang membeli dari seluruh link, otomatis Anda langsung menerima komisi total 15%.

Tentunya program ini jauh lebih menguntungkan dibanding affiliate lain dengan persentase komisi tetap (standar; flat).

Kapan Komisi Affiliate Lazada Cair?

Komisi affiliate akan langsung dicairkan ke rekening bank Anda paling lama (maksimal) 21 hari pasca penarikan di setiap bulan. Akan tetapi, saldo Anda harus memenuhi jumlah syarat minimal terlebih dahulu:

  • Transfer lokal ke rekening bank: minimal 350 ribu rupiah (IDR)
  • Transfer internasional (bank luar): minimal 100 USD/EUR/GBP atau setara 1,5 juta rupiah (IDR).

Jika saldo affiliate belum memenuhi target, maka komisi Anda akan tetap tertahan dan diakumulasikan dengan pendapatan di bulan selanjutnya. Begitu seterusnya hingga saldo mencukupi.

Cara Cepat Mencairkan Komisi Affiliate Lazada

affiliate-lazada

Sistem Lazada secara otomatis memvalidasi transaksi yang Anda peroleh beserta persenan komisinya. Anda bisa mengecek jumlah saldo pemasukan secara praktis lewat dashboard Lazada Affiliate.

Sedangkan cara mencairkan komisi di Lazada adalah sebagai berikut:

  1. Anda akan mendapat notifikasi pesanan baru beserta nominal komisi ketika ada konsumen yang membeli produk lewat link Anda. Status dana Anda dalam tahap ini adalah ‘PENDING’.
  2. Seluruh komisi yang masuk divalidasi dan direkap oleh sistem.
  3. Apabila transaksi sukses terselesaikan, status dana akan berubah menjadi ‘APPROVED’ dan masuk ke dashboard. Jika sebaliknya, komisi akan berstatus ‘FAILED’ dan tidak terhitung.
  4. Rekapan invoice afiliasi akan muncul otomatis di dashboard setiap bulan.
  5. Untuk memulai penarikan, masukkan rekening bank Anda terlebih dahulu ke menu yang tersedia di dashboard.
  6. Komisi yang telah memenuhi syarat akan langsung ditransfer otomatis ke rekening paling lama 21 hari usai pencairan.

Tutorial Bergabung ke Lazada Affiliate untuk Pemula

Program afiliasi Lazada terbukti sangat menguntungkan sekali bukan? Nah untuk Anda yang tertarik bergabung bisa langsung mencoba tutorial mendaftar affiliate Lazada berikut ini:

  1. Buka browser Anda di smartphone atau laptop.
  2. Klik halaman program Lazada Affiliate di https://adsense.lazada.co.id/.
  3. Login ke akun Lazada Anda.
  4. Apabila belum memiliki akun Lazada, Anda dapat mendaftarkan diri dengan mengklik tombol “Sign Up”. Lengkapilah data diri Anda di form dan klik “Daftar”.
  5. Anda akan diarahkan otomatis ke laman registrasi Lazada Affiliate. Begitu Anda memulai proses pendaftaran ini, sistem akan mengirimkan kode verifikasi otomatis ke email Anda yang terhubung dengan akun Lazada.
  6. Masukkan email dan kode verifikasi tersebut, lalu klik “Continue”.
  7. Lanjutkan dengan melengkapi identitas diri sebenar-benarnya di kolom “Basic Information”. Identitas ini mencakup:
  • Nama depan dan nama belakang (sesuai KTP).
  • Member type (Anda bisa pilih ‘Individual’).
  • Tanggal lahir.
  • Gender
  • Bukti identitas diri (KTP).
  1. Klik “Continue” jika seluruh data diri telah terisi lengkap.
  2. Pilih jenis akun yang akan digunakan untuk menyebarkan link afiliasi (sosial media, blog atau website). Masukkan juga link URL username sosmed/blog/website Anda.
  3. Terakhir, baca seluruh syarat dan ketentuan afiliator Lazada lalu klik “Submit Now”.

Seluruh data akan diproses dan divalidasi kembali oleh tim. Tunggu sejenak hingga muncul notifikasi pendaftaran telah sukses dilakukan. Setelah itu barulah Anda bisa memilih produk dan membagikannya ke sosial media/web/blog dan sejenisnya.

Anda juga dapat langsung mencantumkan informasi bank untuk menarik komisi saat proses pendaftaran. Namun langkah ini bersifat opsional, Anda bisa mengisinya nanti kalau saat ini masih belum mempunyai rekening bank sendiri. Selamat mencoba!

Demikianlah serba-serbi lengkap seputar cara kerja, jumlah komisi beserta cara pendaftaran program affiliate Lazada. Sangat mudah, bukan? Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips dan trik bisnis online kekinian lainnya hanya dari MARKEY. Yuk baca gratis ratusan artikelnya sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

0
jualan-online-yang-lagi-hits

Apa ide jualan online yang lagi hits di tahun ini? Nah, artikel kali ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis online kekinian!

Membuka bisnis online dapat menjadi strategi yang baik untuk menambah pemasukan. Masalahnya, masih banyak orang bingung menentukan ide atau produk jualan yang terbaik.

Apakah Anda juga mengalami kendala serupa? Tenang, kami sudah merangkum ide-ide jualan online terbaik yang lagi viral di tahun ini. Semuanya bisa langsung Anda coba dari rumah tanpa perlu mengumpulkan banyak modal.

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits dan Beromset Besar, Wajib Coba!

jualan-online-yang-lagi-hits

Inilah dia 15 ide jualan online yang lagi hits, menjanjikan omset besar, dan bisa dimulai tanpa banyak modal di tahun ini. Yuk langsung disimak bersama listnya!

1. Frozen Nugget Ayam Sayur

Ide jualan online pertama adalah frozen nugget ayam sayur. Lauk olahan satu ini mulai menjadi buah bibir di sosial media karena praktis dan bergizi tinggi. Menu ini juga membantu para ibu untuk membiasakan anak-anak mereka mengonsumsi sayuran.

Nugget ayam sayur bisa Anda buat sendiri di rumah lalu jual online di sosmed. Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan sehari-hari: cukup blender daging ayam cincang dengan aneka sayur-mayur sesuai selera Anda.

Selanjutnya, bentuk nugget menjadi bola atau kotak dan bekukan di freezer. Packing nugget ke dalam plastik yang bersegel kuat agar produk tidak rusak selama proses pengiriman.

2. Camilan Korea Beku (Tteokbokki, Corndog, Hottang, Dll)

Film drama Korea tidak hanya membuat para penontonnya baper, tetapi juga ngiler ingin mencoba makanan-makanan khas yang ditampilkan seperti corndog, tteokbokki, hottang, dan ramen. Kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea hanya untuk mencicipi makanan tersebut.

Kini sudah ada banyak resep camilan Korea lezat yang bisa dibuat memakai bahan-bahan lokal. Mirip seperti ide sebelumnya, Anda bisa membuat sendiri camilan Korea dan menjualnya dalam bentuk beku (frozen).

3. Jualan Aplikasi Premium

Berikutnya ada ide jualan online berupa aplikasi premium, seperti Netflix, Spotify, dan Canva. Bisnis ini sangat mudah dijalankan secara online serta tidak memakan banyak modal.

Layanan-layanan streaming memang sedang banyak diminati, namun, tidak semua orang mengerti cara berlangganannya. Ada juga yang tidak bisa memakai app prem karena tidak memiliki kartu kredit sebagai syarat berlangganan.

Di sinilah peluang Anda untuk menjadi jasa subscription aplikasi premium. Misalnya membuka sharing akun streaming dengan harga murah per bulan.

4. Sarung Bantal dan Seprei Aesthetic

Item dekorasi dan furnitur rumah tangga juga tidak ketinggalan dari list ini. Aneka sarung bantal, seprei serta selimut aesthetic mulai menjadi incaran di berbagai ecommerce, lho!

Permintaan atas seprei dan sarung bantal aesthetic mencuat akibat konten-konten bedroom make-over yang viral di sosial media. Konsumen, khususnya anak muda, mulai tertarik mendekorasi kamar tidur mereka supaya terlihat lebih rapi, minimalis serta estetik seperti di film-film.

Selain itu, penjualan sarung bantal juga semakin menjanjikan setelah tumbuhnya kepekaan warga terhadap kesehatan kulit. Orang-orang membeli banyak sarung dan seprei supaya mereka bisa rajin mengganti alas tidur untuk menghindari jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Wewangian (Parfum, Scented Candle, Essential Oil)

Rekomendasi produk hits berikutnya adalah aneka wewangian seperti parfum, essential oil dan scented candle. Produk wewangian ini bermanfaat sebagai pengharum badan, ruangan, mobil, hingga metode relaksasi.

Sayangnya, memproduksi item wewangian sendiri masih cukup sulit. Namun tidak perlu bersedih, Anda masih bisa berjualan aneka parfum melalui metode reseller di online shop.

6. Skincare

Siapa yang tidak mengenal produk-produk skincare? Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas pecinta skincare dari berbagai kalangan. Alhasil bisa dikatakan bahwa skincare sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat kekinian.

Omset bisnis ini juga tidak main-main. Sudah banyak orang sukses mendapat pemasukan ribaun hingga jutaan dari berjualan skincare di ecommerce. Anda sendiri dapat mencoba memasarkan aneka produk kosmetik dari brand lokal maupun luar.

Namun jangan lupa untuk mempelajari isi kandungan skincare dan mencocokkannya dengan kebutuhan konsumen Anda supaya proses pemasaran berlangsung tepat sasaran.

7. Rice Bowl

Untuk Anda yang punya hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba ide jualan online yang lagi viral ini: bisnis rice bowl. Rice bowl adalah paket mangkuk nasi lengkap dengan aneka lauk pauk di dalamnya.

Makanan ini banyak diburu karena praktis, bergizi, dan bisa disantap sebagai sarapan, bekal makan siang, ataupun makan malam yang murah. Anda dapat memasarkan aneka menu rice bowl buatan rumah di sosmed/ecommerce, lalu menjualnya dengan sistem online delivery.

8. Fashion (Pakaian dan Aksesoris)

Fashion adalah ide jualan online yang lagi hits yang wajib Anda coba. Mengapa? Banyak survey digital marketing membuktikan bahwa bisnis fashion tidak pernah mati di masyarakat, termasuk ketika pandemi Covid-19 melanda dunia akhir-akhir ini.

Hal ini masuk akal mengingat pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Alhasil tidak heran jika usaha-usaha fashion dapat meraup untung hingga puluhan juta dengan mudah. Apalagi perkembangan sosmed dan ecommerce kekinian turut mempermudah pemasaran produk fashion saat ini.

Meski begitu, bisnis ini bisa sangat menantang karena perkembangan trend fashion yang super cepat. Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba menjual produk-produk fashion seperti:

  • Busana wanita (blouse, kulot, dress, dll).
  • Kaos dan kemeja untuk pria.
  • Aneka celana jeans dan kain.
  • Pakaian anak-anak.
  • Baju setelan (seragam), hoodie, jaket.
  • Aksesoris pendukung pakaian (syal, pin, cardigan, sepatu, sandal, cincin, kalung, dll).

9. Snack Kiloan

Warga Indonesia terkenal sebagai juaranya ngemil. Camilan selalu menjadi pilihan terbaik untuk menemani waktu kerja, belajar, atau bersantai. Dengan kata lain, Anda punya peluang besar untuk berbisnis snack camilan kiloan.

Snack kiloan mulai viral karena menawarkan porsi besar dengan harga murah. Ragam varian camilan besar ini juga banyak, mulai dari snack yang gurih, pedas hingga manis. Beberapa contoh snack kiloan yang sedang populer saat ini adalah:

  • Biskuit cokelat seperti oreo crumbs.
  • Mie lidi pedas.
  • Makaroni asin dan pedas.
  • Kue-kue kering.
  • Kerupuk ikan.
  • Keripik kulit ayam, dan masih banyak lagi.

10. Frozen Instant Food (Seblak, Baso Aci, Dll)

Menjual aneka frozen instant food seperti seblak, baso aci, cimol dan mie juga merupakan ide jualan online yang lagi hits. Anda bisa menemukan banyak distributor frozen food di e-commerce yang produknya bebas dijual kembali.

Ide bisnis ini pun dijamin laris manis, sebab semua orang suka menyantap makanan siap saji yang murah meriah. Data dari Google Trend juga memperlihatkan bahwa penjualan frozen food selalu stabil dari tahun ke tahun.

11. Merchandise K-Pop dan Anime

Masyarakat Indonesia tengah dilanda demam K-Pop dan anime. Jadi mengapa tidak memanfaatkan fenomena ini dengan berjualan merchandise K-pop dan anime?

Merchandise atau pernak-pernik fandom menjadi item yang wajib dikoleksi oleh para remaja kekinian. Ada banyak sekali contoh merch K-pop dan anime yang bisa Anda buat sendiri dan jual, seperti:

  • Totebag custom.
  • Photocards
  • Standee akrilik.
  • Boneka
  • Lightstick K-pop.
  • Kaos anime.
  • Album, sticker, pin, case hp dan lain-lain.

Namun Anda harus stay up to date agar tidak ketinggalan info item K-pop dan anime yang sedang hits saat ini. Selain itu, buatlah merchandise yang berkualitas supaya produk Anda tidak mengecewakan konsumen.

12. Reseller Case HP Custom

Pesatnya perkembangan smartphone android dan iOS melahirkan kebutuhan berupa casing HP custom, khususnya dari konsumen milenial. Case HP lucu menjadi item tambahan wajib untuk melindungi ponsel sekaligus meningkatkan nilai estetikanya.

Anda bisa memulai bisnis case HP dengan menjadi reseller atau dropshipper. Cukup cari distributor casing yang menarik di e-commerce, kemudian pasarkan ulang produk-produk mereka dengan harga baru. Disarankan untuk berjualan di e-commerce atau sosmed karena lebih mudah dijangkau pembeli.

13. Es “Kopsu” (Kopi Susu) Kekinian

Es “Kopsu” (kopi susu) juga masuk ke list rekomendasi ide jualan online yang lagi hits tahun ini. Minuman segar dan manis ini mulai ramai diminati masyarakat terutama semenjak pandemi.

Bagusnya lagi, peluang bisnis es kopsu tidak memerlukan banyak modal. Anda tidak perlu repot membuka kedai mewah, cukup buat minumannya di rumah sesuai resep lalu pasarkan secara online.

Anda juga bisa menjual es kopsu rumahan di aplikasi food delivery untuk mempermudah konsumen saat memesan.

14. Hijab Pashmina

Selain fashion umum, Anda juga bisa meraup banyak cuan dengan menjual hijab pashmina. Produk ini sangat diminati oleh wanita-wanita Muslim se-Indonesia mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Hijab pashmina menjadi viral karena kualitasnya yang premium, lembut, dan murah harganya. Warna-warni kain hijab yang tersedia juga cukup beragam dan menarik seperti warna pastel. Alhasil tak heran kalau produk ini selalu diburu oleh masyarakat baik di hari biasa maupun menjelang hari raya Idul Fitri.

15. Endorse ala Content Creator

Ide jualan online yang lagi hits terakhir adalah menjadi content creator lalu mengumpulkan adsense dan endorse. Selain menguntungkan, profesi ini juga sangat menyenangkan, lho.

Pasalnya, Anda bisa berkarya sesuai passion sembari berjualan produk alias melakukan endorsement. Keuntungan Anda pun bisa berlipat ganda dari iklan adsense serta jualan endorse. Belum lagi kesempatan emas lain yang mungkin Anda peroleh seperti menjadi brand ambassador.

Tertarik mencoba? Nah, Anda bisa mulai dengan membuat konten edukatif atau lucu sesuai passion masing-masing.

Misalnya Anda mencintai dunia skincare dan kosmetik. Maka dari itu, Anda bisa mulai berkonten dengan mereview produk-produk skincare populer. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mulai memasarkan produk dalam video (seperti TikTok affiliate) atau merilis brand skincare sendiri.

Demikianlah 15 ide jualan online yang lagi hits dan bisa Anda coba dari rumah. Gali juga beragam tips dan trik digital marketing sukses di MARKEY supaya bisnis online Anda lebih lancar! Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

0
cara foto makanan untuk jualan online

Ingin bisnis makanan Anda kebanjiran order? Ikuti 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini, dijamin bikin konsumen tergoda mencicipi!

Tampilan makanan dan minuman yang lezat selalu ampuh memikat perhatian konsumen. Kesegaran komposisi makanan dapat dengan mudah memicu rasa lapar sehingga orang-orang tertarik memesan di resto Anda.

Maka dari itu, memfoto produk makanan tidak bisa sembarangan. Buat yang belum tahu bagaimana cara foto makanan untuk jualan online, berikut kami punya tips rahasianya secara lengkap. Yuk langsung disimak!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online dengan Smartphone

cara-foto-makanan-untuk-jualan-online

Membuat katalog makanan yang bagus sekarang tidak mesti menggunakan kamera DSLR canggih. Cukup gunakan smartphone Anda saja dibarengi 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini:

1. Foto Makanan yang Masih Segar atau Panas

Tips pertama, fotolah makanan yang masih segar atau masih panas, alias, baru keluar dari kompor. Kondisi makanan yang segar tentu akan menjadikan foto katalog lebih menggugah selera. Anda sendiri pastinya lebih menikmati makanan yang masih panas daripada dingin dan melempem, bukan?

2. Sajikan dalam Porsi Kecil

Sangat disarankan untuk memfoto makanan dalam porsi yang kecil atau secukupnya saja. Audiens bisa lebih gampang fokus menikmati foto hidangan yang porsinya pas.

Bahkan ada juga fotografer makanan yang meyakini, “Semakin sedikit sajian makanan di piring, maka semakin baik.” Anda juga bisa menambahkan properti seperti sendok dan garpu di sekitar piring agar hasil foto tidak terlalu sepi.

3. Utamakan Pencahayaan Alami

Gunakan pencahayaan alami (sinar matahari) supaya hasil foto makanan tampak natural dan memikat. Namun jika situasi tidak memungkinkan, Anda dapat menyiasatinya dengan cahaya lampu dan reflector.

Jangan pernah menggunakan flash kamera karena akan menjadikan foto terlalu terang, susah diedit, dan kurang alami. Lebih baik soroti objek dengan lampu, lalu perbaiki pencahayaannya di aplikasi pengedit foto seperti Photoshop.

4. Maksimalkan Cahaya dengan White Paper

Sudah menggunakan cahaya alami tapi masih ada bayang-bayang gelap? Tenang, Anda bisa memaksimalkan kualitas sinar dengan kertas putih (white paper).

White paper terbukti ampuh mengurangi bayangan yang timbul akibat pencahayaan alami yang terlalu keras dari satu arah. Pasang kertas di bawah objek (sebagai background), lalu ia akan memantulkan sinar dan menghapus bayang-bayang objek di foto.

5. Sisakan Ruang dalam Foto

Salah satu kesalahan umum ketika membuat foto katalog makanan adalah tidak memberikan ruang (space). Sebaiknya berikan ruang kosong di sisi kiri, kanan, atas dan bawah untuk memudahkan proses editing foto seperti men-crop atau menyisipkan tulisan.

6. Tentukan Angle Foto

Angle atau sudut pengambilan gambar selalu menjadi pertimbangan dalam setiap pemotretan, termasuk foto makanan. Model angle foto pun bisa bermacam-macam, seperti landscape, potrait, atau miring dalam beberapa derajat saja.

Lalu bagaimana cara menentukan angle foto yang bagus? Sejatinya tidak ada aturan baku mengenai bentuk angle yang pas. Fotograferlah yang berhak menentukan sudut kemiringan pengambilan gambar masing-masing.

Namun untuk pemula, Anda bisa menentukan angle gambar dengan cara sederhana berikut:

  1. Posisikan makanan di bagian tengah kamera.
  2. Untuk mempermudah, aktifkan mode grid di kamera, lalu posisikan menu di kotak bagian tengah.
  3. Jepret gambar dan lakukan cropping sesuai kebutuhan.
  4. Lakukan eksplorasi dengan mencoba memotret menu dari berbagai sisi: atas, sisi kanan, kiri, agak miring, tegak lurus, dan lain-lain.

7. Pakai Rumus KKB (Kanan Kiri Belakang)

Rumus KKB (kanan, kiri dan belakang) adalah cara foto makanan untuk jualan online yang populer diterapkan. Seperti apa trik KKB ini?

KKB adalah rincian jarak proporsional untuk foto produk, yaitu kiri 9 cm, kanan 3 cm dan belakang 12 cm. Angka-angka ini masih bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, angle, dan tingkat ketajaman cahaya yang digunakan.

Namun jangan sampai Anda memotret makanan dari depan karena hasilnya cenderung kurang baik.

8. Tonjolkan Komposisi Makanan

Cara foto makanan untuk jualan online yang berikutnya adalah dengan menonjolkan komposisi menu Anda. Misalnya Anda memfoto minuman es kopi susu. Di sekitar gelas es kopi susu tersebut, Anda dapat meletakkan bahan-bahan dasarnya yakni biji kopi.

Atau Anda ingin mempromosikan camilan pie buah. Supaya foto lebih memikat, usahakan buah-buah lezat sebagai topping pie tersorot kamera dengan sempurna.

9. Potret dari Atas

Anda boleh memfoto menu dari sisi mana saja, namun angle terbaik tetaplah dari atas. Banyak orang sudah membuktikan teori ini.

Pengambilan foto makanan dari sisi atas akan menjadikan hasil jepretan lebih jelas, detil dan menyeluruh. Anda dapat mengaplikasikan cara ini untuk berbagai item makanan, seperti sop, kopi, mie, kue-kue, buah, pizza dan seterusnya.

Khusus hamburger, lebih disarankan untuk menjepretnya dari sisi samping agar komposisi dan kelezatannya lebih mudah tertangkap kamera.

10. Mainkan Fitur Kamera Smartphone

Hampir semua smartphone kekinian memiliki fitur kamera lengkap dan canggih. Pun tak jarang fitur-fitur tersebut berkualitas setara dengan kamera profesional.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali seluruh fitur yang ada di kamera ponsel Anda sebelum memotret. Beberapa fitur kamera HP yang sering digunakan untuk memfoto produk makanan adalah:

  • Grid: membantu menempatkan objek di tengah frame foto.
  • Aspek ratio: perbandingan panjang dan lebar foto.
  • Titik fokus: memfokuskan cahaya dan eksposur pada objek utama.
  • HDR: menjadikan hasil foto tampak lebih terang dan hidup.
  • Scene: berisi filter bawaan untuk memaksimalkan kualitas jepretan foto.
  • Mode manual: mengaktifkan ISO, bukaan lensa dan kecepatan rana.
  • Dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda temukan, tergantung pada merk smartphone masing-masing.

Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan lensa kamera supaya tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Dengan begini hasil foto Anda bisa jadi lebih jernih.

11. Pakai Fitur Wide Lens

Salah satu fitur yang direkomendasikan untuk fotografi makanan adalah wide lens (lensa wide). Fitur wide lens akan menjaga resolusi gambar supaya tidak mudah pecah ketika di-zoom. Anda wajib memanfaatkannya, terutama untuk memotret detil isian makanan dalam jarak dekat.

12. Jepret Saat Chef Beraksi

Beberapa orang berkreasi dengan menambahkan sedikit ‘aksi’ dalam foto makanan mereka. Strategi ini dapat menambah daya tarik foto serta keinginan konsumen untuk mencicipi makanan Anda.

Aksi yang dimaksud pun bisa beragam. Misalnya foto ilustrasi tangan sedang memarut keju di atas cheese cake; tangan barista yang membentuk latte art di kopi susu hangat; atau chef yang meniriskan ayam goreng krispi dari wajan penggorengan.

13. Buat Dekor Simpel di Sekitar Objek Utama

Berikan dekorasi simpel di sekitar hidangan Anda agar hasil foto tampak lebih menarik. Anda dapat menambahkan alat peraga sederhana saja, seperti pisau, sendok, sumpit atau garpu.

Yang terpenting adalah menyesuaikan dekorasi dengan tema foto katalog makanan. Misalnya foto Sushi ala Jepang dilengkapi dengan seperangkat sumpit dan piring kecil berisi saus Wasabi.

Selain itu, atur juga jarak antar alat peraga agar tidak terlalu dekat atau jauh dari menu utama. Singkirkan objek-objek lain yang tidak relevan supaya tidak mengganggu pemandangan.

Tips tambahan :

  • Pakai alat peraga yang sederhana, bermotif polos dan tidak mencolok. Jangan sampai perhatian audiens justru teralihkan dari makanan ke alat peraga.

14. Terapkan Filter Terbaik

Anda boleh saja menggunakan filter saat memfoto hidangan. Akan tetapi, jangan pakai filter yang terlalu kaya efek atau kontras karena dapat mengubah wujud menu secara drastis. Contohnya seperti filter B&W (Black and White), Sepia, Vintage, dan lain-lain.

Pilihlah filter yang bisa memperbaiki warna, cahaya, atau mempertajam fokus objek. Misalnya seperti efek HDR.

15. Selalu Gunakan Latar yang Simpel

Cara foto makanan untuk jualan online yang terakhir adalah selalu menggunakan latar yang simpel. Hindari pemakaian background yang ramai, penuh pernak-pernik, atau terlalu warna-warni karena dapat mengaburkan fokus pada objek utama.

Sedangkan background yang polos dan bersih dapat mempertajam fokus menu. Alhasil katalog Anda bisa lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

Nah, itulah 15 cara foto makanan untuk jualan online yang bisa Anda coba. Segera praktekkan tips-tips di atas agar foto katalog makanan Anda lebih kuat memikat konsumen, ya. Selamat mencoba!

Temukan juga lebih banyak tips, inspirasi dan inovasi menarik bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!