Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 36

5 Cara Membentuk Brand Character untuk Perkuat Awareness

0
brand character

Brand character mempunyai pengaruh yang besar dalam kampanye kesadaran merek. Perusahaan Anda juga tidak mungkin dikenal baik oleh masyarakat luas tanpa karakter bisnis yang tepat.

Kira-kira seperti apa contoh persona merek yang disukai konsumen kekinian? Anda beruntung karena kami telah merangkum seluk-beluk karakter brand secara tuntas dan mendalam di sini. Yuk langsung kita simak penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Brand Character (Karakter Brand)?

brand character

Pernahkah Anda mendengar istilah brand character sebelumnya? Brand character adalah wujud, sifat atau karakter selayaknya manusia yang dimiliki oleh sebuah merek perusahaan.

Istilah ini juga mempunyai beragam julukan lain, seperti karakter brand, karakter merek, persona merek dan brand personality. Namun tujuan karakter brand hanya satu, yakni mempermudah konsumen mengenali brand favorit mereka.

Seseorang terbukti lebih mudah mengenali orang lain lewat sifat-sifat unik yang dimilikinya. Oleh sebab itu, banyak perusahaan mengadaptasi berbagai karakter manusiawi demi mempererat hubungan mereka dengan konsumen.

Perbedaan Brand Character VS Brand Identity

Selain character brand, ada juga istilah lain yang tak kalah penting di dunia marketing yakni brand identity. Lalu apa bedanya brand identity dengan character?

Kedua istilah tersebut memang sepintas tampak mirip. Karakter brand adalah image bisnis yang mengandung persona manusia di dalamnya. Sedangkan brand identity adalah kumpulan elemen buatan perusahaan untuk membangun image tertentu.

Dari sisi character brand, konsumen akan melihat perusahaan Anda selayaknya manusia dengan beragam sifat unik. Misalnya Gucci yang sangat menonjolkan aura elegan (sophistication), atau Nike yang identik dengan nuansa atletiknya.

Sementara brand identity tidak hanya berfokus pada satu watak kuat saja, melainkan kombinasi beberapa hal sekaligus yang menjadi ciri-ciri perusahaan. Contohnya seperti nama brand, visi misi, bentuk logo, warna dan jargon bisnis.

Tujuan brand identity tetap menguntungkan perusahaan seperti mempermudah konsumen mengenali produk dan mendorong terjadinya transaksi. Jadi sangat disarankan bagi bisnis untuk memiliki brand identity dan character sekaligus.

Apa Saja Karakteristik Brand Character?

Karakter brand yang baik dan efektif dalam pemasaran hendaknya memuat empat karakteristik, yaitu kesadaran, targetabilitas, loyalitas dan konsistensi.

Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing karakteristik brand personality:

1. Kesadaran Brand

Kesadaran (awareness) adalah sifat penting dalam pembangunan brand personality. Adapun pengertian kesadaran brand adalah jumlah orang yang menyadari kehadiran merek/bisnis Anda.

Kesuksesan sebuah perusahaan pun bisa diukur dengan persentase kesadaran brand-nya. Semakin besar angka awareness maka itu berarti makin tenar juga bisnis Anda di masyarakat.

Perusahaan dengan awareness yang tinggi juga cenderung lebih mudah bertahan dalam persaingan pasar. Ini karena mereka berhasil mempunyai konsumen yang tetap sekaligus loyal.

2. Targetabilitas Brand

Karakter berikutnya dari persona merek adalah targetabilitas. Anda tidak bisa membuat karakter brand tanpa mempertimbangkan target audiensnya. Sebab masyarakatlah yang akan mengingat persona brand Anda.

Ketepatan character brand dengan sifat audiens akan menghasilkan hubungan timbal balik yang menguntungkan. Kebanyakan orang lebih tertarik berbelanja di toko yang image-nya sesuai dengan karakter mereka.

Misalnya, seorang konglomerat yang menjunjung nilai ekslusivitas tinggi akan lebih memilih berbelanja di toko-toko dengan nilai yang sama. Lain halnya dengan masyarakat kelas menengah ke bawah yang lebih mengutamakan sisi ekonomis.

3. Loyalitas Brand

Loyalitas brand mengacu pada orang-orang yang setia berbelanja dari sebuah merek. Unsur ini juga menjadi salah satu sifat penting dalam perwujudan image perusahaan.

Tingginya angka loyalitas perusahaan menandai banyaknya masyarakat yang memilih produk atau jasa Anda. Maksimalkan poin ini dengan membangun customer relationship yang baik setiap hari.

4. Konsistensi Brand

Perhatikan cara branding bisnis-bisnis besar di sekitar tempat tinggal Anda. Salah satu kunci rahasia di balik keberhasilan mereka adalah konsistensi. Poin ini terdiri atas beberapa sikap, yakni kejujuran, keterbukan dan siap memprioritaskan kebutuhan publik.

Anda harus mampu memenuhi seluruh janji yang ditawarkan kepada konsumen. Jangan sampai Anda mengklaim sesuatu namun tidak bisa mewujudkannya. Hal ini dapat mencoreng image brand di kemudian hari.

Contohnya, katakanlah perusahaan Anda menawarkan garansi bagi produk yang tidak sesuai dengan katalog. Garansi tersebut hendaknya diberikan tanpa prosedur yang bertele-tele di kemudian hari.

Apa Manfaat Karakter Brand bagi Perusahaan?

Mengapa perusahaan Anda sebaiknya memiliki sebuah karakter tertentu? Posisi produk Anda tentu bisa menjadi lebih kuat di pasaran kalau memiliki image branding yang tepat.

Selain itu masih ada sejumlah manfaat lain dari brand personality terhadap bisnis, di antaranya:

  • Menumbuhkan kedekatan di masyarakat. Konsumen akan merasa bahwa produk/jasa Anda lebih bisa memahami diri dan kebutuhannya.
  • Membantu konsumen mengenali produk. Pembeli akan selalu mengingat nama perusahaan Anda di antara jutaan produk/jasa lainnya.
  • Menambah kepercayaan pembeli. Imagepositif yang kuat akan membuat konsumen lebih betah sekaligus percaya untuk terus bertransaksi di toko Anda.
  • Mengungguli persaingan. Kompetitor akan lebih susah menguasai pasar karena nama brand Anda sudah lebih dikenal dan dicintai.
  • Menambah jumlah transaksi. Semakin populer bisnis Anda, otomatis makin besar peluang transaksi baru tercipta setiap harinya.

5 Contoh Brand Character yang Disukai Konsumen Saat Ini

brand character

Seperti apa contoh karakter perusahaan yang disukai konsumen kekinian? Setiap perusahaan tentunya memiliki image dan nilai jual yang berbeda-beda. Maka dari itu ada banyak sekali contoh brand personality yang bisa kita petik, seperti:

1. Competence (Kompetitif)

Persona kompetitif kini banyak digunakan oleh brand-brand di bidang teknologi. Sebut saja seperti Apple, Samsung dan Redmi. Karakter ini dipilih karena sukses menggambarkan kecanggihan, kecerdasan, serta rasa inovatif dan dapat diandalkan banyak orang.

Brand Apple secara konsisten menampilkan image kompetitif yang kuat untuk mengungguli persaingan pasar gadget. Melalui produk-produknya yang visioner dan eksklusif, ia pun sukses menjadi pentolan industri IT seluruh dunia.

2. Excitement (Kegembiraan)

Apa yang melintas di benak Anda ketika memikirkan kata “excitement (kegembiraan)”? Betul. Kebanyakan orang pasti akan langsung menjawab “tempat hiburan”.

Bisnis-bisnis di bidang entertainment selalu menggunakan persona kegembiraan, mengingat salah satu tujuan layanan mereka adalah melepas penat masyarakat. Contohnya seperti brand Netflix, Disney, dan game-game online kekinian.

Namun Anda juga mungkin menemukan karakter-karakter pendukung lain yang masih relevan seperti “relaksasi”, “kebebasan” dan “semangat muda”.

3. Sophistication (Kemewahan)

Ada juga brand-brand yang memiliki image mahal, eksklusif dan bergengsi. Perusahaan dengan nilai kemewahan tinggi biasanya menyasar konsumen kelas atas dan menghadirkan produk nomor satu baik dari segi harga, material, maupun kualitas.

Contoh terbaik dari kelompok ini adalah brand Gucci, Louis Vuitton, Michael Kors dan Corkcicle. Tak tanggung-tanggung, nilai eksklusivitas brand yang kuat turut menjadikan konsumen setianya dipandang berkelas di masyarakat.

4. Sincerity (Ketulusan dan Kasih Sayang)

Image bisnis tidak melulu harus terkesan “wah” dan mahal. Sifat-sifat sederhana, jujur, tulus dan penuh kasih sayang juga ampuh untuk menarik konsumen.

Semua orang menginginkan pelayanan bisnis yang jujur, baik dan penuh empati terhadap kebutuhan pelanggan. Oleh sebab itu, sifat-sifat ini berpotensi mendatangkan pembeli dari berbagai kalangan.

Jadi tak heran kalau karakter sincerity sangat sering ditemukan di beragam niche bisnis. Contohnya seperti perusahaan produk kebutuhan sehari-hari, bisnis kesehatan, skincare, hingga komunitas dan organisasi kemanusiaan.

5. Ruggedness (Ketangguhan)

Belum menemukan persona yang tepat menggambarkan bisnis Anda? Bisa jadi sifat ruggedness atau ketangguhan adalah jawabannya!

Image brand ini identik dengan sifat-sifat yang kuat, atletis serta penuh semangat dalam menghadapi berbagai rintangan. Contoh merek yang menggunakannya adalah Jeep dan Nike.

Semua orang tahu bahwa Jeep adalah mobil off road yang tangguh untuk rute-rute petualangan seperti hutan dan tanjakan. Sedangkan Nike adalah brand alat-alat olahraga yang menjadi favorit para atlet.

5 Cara Mudah Membuat Brand Character Sendiri

Sudahkah bisnis Anda mempunyai karakter unik tersendiri? Jangan risau kalau belum! Membangun persona bisnis yang kuat ternyata cukup mudah, lho.

Ada lima strategi sederhana yang bisa Anda pakai untuk menciptakan persona bisnis yang baik di mata konsumen:

1. Menentukan Nilai Unik Brand

Langkah pertama, cari dan tentukan dulu nilai-nilai unik yang dimiliki bisnis Anda. Sebab salah satu fungsi dari character brand adalah memperkuat nilai bisnis di mata konsumen.

Nilai unik ini juga bisa membantu pelanggan membedakan bisnis Anda dari pesaing. Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah poin karakter yang belum digunakan perusahaan lain, namun tetap relevan dengan niche/jenis usaha Anda.

Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan membuat daftar kata sifat yang mampu menggambarkan usaha Anda di mata konsumen.

Semisal Anda memiliki bisnis kedai kopi rumahan. Lalu buatlah list kata-kata sifat yang dapat mewakili karakter brand, seperti “menenangkan”, “kenyamanan”, “kehangatan”, “penuh nostalgia”, “keakraban” dan lain-lain.

Kemudian pilihlah satu atau dua kata dirasa paling dekat dengan keunggulan brand Anda. Kata-kata inilah yang nantinya bisa Anda tonjolkan sebagai karakter bisnis.

2. Meriset Target Audiens Brand

Jangan lupa menyesuaikan persona bisnis dengan target audiens. Tujuannya supaya kehadiran brand Anda lebih mudah diterima masyarakat.

Cari tahu seperti apa sifat, minat dan kebutuhan target konsumen melalui riset customer persona. Riset tersebut umumnya mencakup identitas pelanggan, latar belakang, profesi, gender, kelas ekonomi, perilaku belanja dan lain-lain.

Data-data tersebut kemudian bisa digunakan untuk membangun brand personality yang memikat. Lalu orang-orang pun akan tertarik mendatangi toko Anda sebab mempunyai image sesuai preferensi mereka!

Misalnya bisnis kedai kopi Anda mempunyai karakter berupa “kenyamanan” dan “keakraban” yang kuat. Image tersebut cocok dengan target konsumen yang suka mengobrol atau nongkrong menghabiskan waktu bersama rekan-rekannya.

Alhasil promosi bisnis Anda akan lebih banyak menyasar target konsumen sesuai karakter di atas.

3. Menentukan Brand Voice

Langkah ketiga adalah menentukan brand voice (suara merek). Brand voice adalah pesan-pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada audiensnya.

Contohnya dari kasus bisnis kopi sebelumnya, pesan yang ingin disampaikan bisa berupa layanan tempat berkumpul yang nyaman dengan harga murah. Anda bisa menawarkan ruang bercengkrama yang estetik namun tak menguras isi dompet anak muda.

Di samping itu, Anda juga harus menentukan cara terbaik mengomunikasikan pesan tersebut. Semisal Anda menggunakan media sosial Instagram untuk menjangkau target konsumen anak-anak muda yang hobi nongkrong di kedai kopi.

4. Menyesuaikan Karakter Brand dengan Layanan

Tidak cuma tepat sasaran audiens saja, karakter brand juga wajib menyesuaikan dengan layanan atau produk utama bisnis. Jangan sampai image bisnis tidak cocok dengan servis toko Anda.

Brand produk olahraga Nike adalah contoh yang baik dalam kasus ini. Karakter atletis dan energik perusahaan ini sangat cocok dengan produk olahraga yang dihadirkan serta target konsumennya, yakni para atlet dan masyarakat umum.

Selain itu, slogan Nike “Just Do It” juga serasa memotivasi konsumen setia mereka untuk senantiasa aktif berolahraga menggapai kebugaran yang diimpikan.

5. Menerapkan Image Brand secara Konsisten

Usai merancang karakter brand, kini waktunya menerapkan persona tersebut dalam kehidupan berbisnis secara konsisten.

Pastikan image unik brand tercermin di berbagai aspek bisnis Anda, mulai dari logo, slogan, hingga aktivitas pelayanan konsumen sehari-hari. Proses ini juga bisa dijalankan bersamaan dengan kampanye brand awareness.

Tahapan ini bisa memakan waktu yang lumayan lama mengingat penumbuhan kesadaran merek cenderung berlangsung setahap demi setahap. Jadi ada baiknya untuk selalu bersabar dan menikmati prosesnya.

Memang tidak ada proses bisnis yang instan, namun tekun bekerja keras tentu akan membuahkan hasil yang manis. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait brand character yang bermanfaat untuk mempertajam branding. Jadi karakter brand seperti apakah yang kira-kira cocok mewakili bisnis Anda?

Ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore) ya, karena ada ratusan tips sukses bisnis online menanti Anda. Sampai bertemu lagi!

Alt Text adalah: Ini Fungsinya agar Web Tembus SEO Rank 1

0
alt text adalah

Sebuah konten website pasti terasa kurang lengkap tanpa kehadiran gambar di dalamnya. Nah foto-foto tersebut juga bisa menarik pengunjung web kalau dimaksimalkan dengan alt text. Alt text adalah atribut tulisan yang bisa menjelaskan isi foto kepada mesin pencari. Dengan begini, foto Anda dapat dimunculkan secara tepat ke audiens yang mencarinya. Alt text juga merupakan komponen wajib dalam optimalisasi SEO gambar.

Masih penasaran seperti apa contoh alt text dan cara membuatnya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Pengertian Alt Text Adalah

alt text adalah

Alt text adalah elemen wajib ketika Anda mengoptimalkan kualitas gambar di website (SEO Image). Sesuai namanya pula, alt text adalah keterangan tulisan dalam sebuah gambar atau video.

Ada pula yang menjelaskan pengertian alt text yakni atribut HTML yang menerangkan judul, isi dan maksud dari foto yang ter-upload. Jadi mesin pencari bisa memahami, memilah dan menampilkan foto yang tepat sesuai penelusuran pengguna.

Sebab secanggih apapun teknologi search engine, faktanya ia masih belum mampu memahami isi konten visual secara langsung. Atribut teks juga berguna sebagai keterangan penjelas bagi pengguna ketika browser gagal me-loading sebuah foto di website.

Cara Kerja Alt Text Adalah

Bagaimana cara kerja alt text? Kurang lebih ada tiga cara kerja alt teks, yakni:

  • Mengoptimalkan konten foto website.
  • Menjelaskan foto yang gagal dimuat kepada audiens.
  • Membantu komunitas tuna netra ketika menyimak foto di internet.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari masing-masing fungsi dan cara kerja alt teks:

1. Mengoptimalkan Konten Foto Website (SEO Image)

Alt berupa judul atau deskripsi singkat dalam satu kalimat yang menggambarkan komponen visual di situs Anda. Contohnya seperti foto konten, deskripsi tombol, banner dan komponen-komponen grafik lainnya.

Mengingat alt text adalah komponen HTML, maka kita tidak bisa melihat atribut ini secara gamblang di halaman depan (front end) website. Elemen ini tersemat di sisi belakang atau sisi mesin website (back end page).

Setelah teks ini dimasukkan, mesin pencari akan melakukan proses indexing website. Tujuannya supaya foto bisa dipahami maksudnya, lalu dikelompokkan ke kategori yang tepat. Foto Anda juga bisa lebih mudah ditemukan pengunjung saat mereka melakukan penelusuran.

2. Menjelaskan Foto yang Gagal Loading

Alt text juga berguna untuk menjelaskan foto-foto di website yang gagal dimuat browser. Semisal proses loading terlalu lama dan berat, maka teks alt akan keluar menjelaskan isi dari gambar yang seharusnya tampil. Dengan begini, audiens tetap dapat memahami isi konten visual di situs Anda dengan baik.

3. Membantu Komunitas Tuna Netra

Akhir-akhir ini, atribut teks alt turut dimanfaatkan untuk membangun website yang ramah bagi penyandang disabilitas tuna netra. Keterbatasan dalam melihat tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menyimak sebuah gambar berkat komponen alt teks.

Ini karena teks alt bisa dieja oleh fitur penerjemah suara yang mulai disediakan bagi komunitas cacat buta. Jadi pengguna tetap bisa mengetahui isi gambaran foto dari deskripsinya.

Contoh Alt Text Adalah

alt text adalah

Seperti apa contoh alt text pada website? Meski dibuat dengan HTML, contoh teks alt sesungguhnya cukup sederhana. Contoh alt text selalu mengikuti gambar yang diwakilinya.

Misalnya Anda menulis artikel dengan kata kunci utama: “es kopi susu aren”. Tulisan tersebut juga disertai gambar ilustrasi berupa foto minuman es kopi segar. Jadi alt teksnya bisa berupa keyword “es kopi susu aren” atau deskripsi yang lebih rinci, “gambar segelas minuman es kopi susu dicampur gula aren”.

Contoh lain semisal Anda mengunggah artikel bertopik KPOP dengan foto boyband BTS. Maka teks alt-nya dapat berbunyi “Foto Grup KPOP BTS”. Cukup simpel, bukan?

5 Fungsi Alt Text Adalah

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa alt text berperan banyak dalam optimalisasi SEO web. Berikut adalah 5 fungsi utama dari teks alt yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mendongkrak Ranking Website di SERP

Semua orang pasti ingin kontennya menduduki peringkat teratas hasil penelusuran (SERP). Nah, salah satu cara praktis menggapai impian tersebut adalah dengan memasukkan alt teks ke foto-foto web.

Keyword-keyword yang tersemat dalam alt text otomatis menambah nilai visibilitas konten. Mesin pencari akan menganggap gambar Anda lebih relevan dan menjadikannya lebih mudah ditemukan.

2. Meraih Lebih Banyak Traffic Organik

Fungsi kedua dari atribut teks alt adalah mendatangkan lebih banyak traffic organik. Ada kalanya audiens mendatangi situs Anda karena tertarik dengan foto yang muncul di rekomendasi SERP. Jadi mereka tertarik menyimak sumber asli foto dan melihat-lihat lebih lanjut ke dalam situs Anda.

3. Membangun Website User Friendly

Alt teks menjadikan website Anda lebih ramah pengguna (user friendly), baik untuk pengunjung biasa maupun yang mempunyai keterbatasan penglihatan. Semua orang bisa memperoleh informasi gambar yang tepat sesuai deskripsi alt.

Kepuasan audiens juga selalu terjaga sekalipun browser gagal menampilkan media visual web. Situs Anda akan menunjukkan teks alt yang menerangkan gambar alih-alih hanya layar putih kosong.

4. Menjadi Anchor Text

Anchor text adalah elemen SEO lainnya yang amat penting. Kehadirannya memperkuat relevansi topik Anda dengan konten-konten lain yang sejenis. Artikel yang dilengkapi anchor text juga sering kali memperoleh sorotan lebih dari Google untuk ditampilkan di SERP.

Nah, cara termudah membuat anchor text adalah dengan menggunakan alt text! Cukup sisipkan link ke halaman lain di kolom alt text saja, lalu Google akan memahami keterkaitan antara tulisan Anda dengan tautan.

5. Mempercepat Proses Crawl dan Indexing

Setiap konten yang terunggah ke mesin pencari (seperti Google) harus melewati proses crawl dan indexing terlebih dahulu. Langkah ini berupa pengelompokkan dan perankingan konten agar lebih mudah ditemukan pengguna.

Namun mesin crawl dan indexing masih belum bisa memilah konten visual. Mereka butuh penjelasan tambahan berupa keyword dan deskripsi tertulis agar bisa mengelompokkan miliaran foto ke kategori yang tepat.

Catat! 4 Cara Menulis Alt Text Web yang Benar sesuai Pedoman SEO

Penasaran bagaimana cara menulis alt text website yang benar menurut pedoman SEO? Tenang, berikut kami sudah rangkumkan cara-cara termudah membuat atribut alt khusus untuk Anda:

1. Tulis dengan Akurat dan Detil

Pastikan teks alt Anda menggambarkan isi gambar secara akurat hingga mendekati 100%. Jangan terlalu melebihkan atau mengurangi deskripsinya karena bisa mempengaruhi pemahaman terhadap konten.

Misalnya foto yang Anda gunakan adalah gambar seekor kucing ras abu-abu. Jangan buat teks alt yang terlalu umum, luas dan kurang akurat seperti “kucing”. Lebih baik buat kalimat yang mendetil seperti “kucing ras berbulu warna abu-abu”. Alt teks ini lebih mudah dibayangkan.

Contoh lain, misalnya foto produk di website bisa Anda tulis lengkap seperti “smartphone android 2022 Samsung lipat Zlip”. Foto Anda akan otomatis terdeteksi ketika ada konsumen menelusuri keyword “Samsung Zlip”.

2. Hindari Spam Keyword

Anda boleh memasukkan keyword ke dalam alt teks, tapi jangan terlalu banyak dan berulang-ulang. Aksi menyelipkan banyak keyword sekaligus dikenal dengan spam atau keyword stuffing, dan tergolong sebagai pelanggaran SEO.

Sebaiknya masukkan keyword utama atau deskripsi singkat yang paling menggambarkan foto. Beberapa sumber juga menyebut Anda tidak perlu menambahkan keterangan penjelas seperti “image of…”, “picture of…”, “gambar dari…”, atau “foto dari…”.

3. Sisipkan di Foto yang Fungsional

Tips penting selanjutnya dalam menulis alt text adalah menyisipkan keterangan di foto-foto yang fungsional. Misalnya di gambar header, foto produk, banner iklan, tombol navigasi dan seterusnya.

Jangan selipkan alt text di “gambar-gambar clickbait” yang mengelabui audiens agar mengklik konten Anda. Tindakan ini bisa menjadi bumerang karena konsumen tidak menemukan informasi sesuai harapan lalu menaikkan bounce rate.

4. Panjang Kalimat Maksimal 125 Karakter

Terakhir, pastikan panjang alt text Anda tak lebih dari 125 karakter. Penetapan panjang deskripsi ini diambil dari kemampuan fitur pembaca konten bagi penyandang tuna netra.

Tools tersebut secara otomatis berhenti membaca deskripsi alt ketika melebihi 125 karakter. Maka dari itu teks alt tidak akan berfungsi maksimal kalau dibuat terlalu panjang.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung karakter gratis ketika menulis teks alt. Contohnya Word Counter, Small Seo Tools, Easy Word Count dan lain-lain.

 

Demikianlah pembahasan lengkap seputar strategi SEO alt text untuk Anda. Semoga wawasan di atas bermanfaat, ya!

Mau lebih jago belajar SEO secara gratis? Yuk baca MARKEY sekarang juga! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk langsung terhubung ke ratusan artikel SEO terbaru. Sampai jumpa lagi!

Concentrated Marketing Adalah: 6 Cara Jitu Dominasi Pasar

0
concentrated marketing adalah

Concentrated marketing adalah strategi pemasaran terpusat yang ampuh untuk menguasai target konsumen. Seperti apa manfaat, contoh dan cara menerapkannya ke bisnis sendiri? Tidak perlu khawatir, kami punya jawaban selengkapnya di sini khusus untuk Anda!

Semua orang tentu ingin bisnisnya menjadi pilihan nomor satu di hati masyarakat. Namun ketatnya persaingan antar produk dan jasa sering kali membuat semangat kita menciut. Belum lagi jika bisnis kita masih tergolong baru dan berskala kecil.

Namun Anda masih bisa mempercepat pertumbuhan bisnis dengan strategi concentrated marketing. Taktik pemasaran ini lebih ampuh karena langsung menyasar target konsumen potensial (serious buyer). Otomatis jumlah penjualan produk/jasa bisa dua kali lipat lebih banyak.

Simak penjelasan lengkap terkait apa itu concentrated marketing di sini, yuk!

 

Pengertian Concentrated Marketing Adalah

concentrated marketing adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah “concentrated marketing” sebelumnya?

Pengertian concentrated marketing adalah strategi pemasaran bisnis yang berpusat pada suatu target konsumen (niche). Kelompok pembeli potensial ini bisa beragam jumlahnya, baik satu atau beberapa grup sekaligus.

Concentrated marketing mempunyai cukup banyak nama lain dalam bahasa Indonesia, seperti strategi pemasaran terpusat atau pemasaran terkonsentrasi.

Dari namanya juga sudah terlihat bahwa concentrated marketing jauh lebih sempit dan spesifik tujuan pemasarannya. Anda juga dituntut untuk meriset buyer persona secara rinci sebelum menjalankan strategi ini.

Nah, akibat sifatnya yang mengkhusus itulah, concentrated marketing terbilang sangat ampuh untuk menciptakan penjualan. Bisnis yang menerapkannya terbukti dapat selalu menjawab kebutuhan market dan menjaring lebih banyak konsumen setia.

Siapa yang Bisa Menggunakan Concentrated Marketing?

Sesungguhnya hampir semua bisnis dapat menerapkan taktik pemasaran terkonsentrasi. Namun penelitian dari SendPulse memperlihatkan bahwa concentrated marketing bekerja paling baik pada UMKM, bisnis rumahan dan usaha rintisan.

Implementasi pemasaran terpusat membawa beragam dampak positif bagi usaha-usaha kecil-menengah, seperti:

  • Mengefisiensikan sumber daya serta biaya modal promosi.
  • Memperkuat branding di masyarakat.
  • Mengungguli persaingan dengan bisnis lainnya.
  • Menciptakan nilai brand yang lebih kuat.
  • Mendulang lebih banyak hasil promosi berupa jumlah transaksi.
  • Mengefektifkan laju supply chain managementyang terdiri dari produksi, distribusi dan pemasaran.

Seluruh keuntungan-keuntungan tersebut tentunya akan mendorong pertumbuhan bisnis menjadi lebih besar. Pada akhirnya usaha Anda akan sanggup mendominasi pasar target.

Contoh Penerapan Concentrated Marketing Adalah

Mungkin Anda masih bertanya-tanya seperti apa contoh penerapan concentrated marketing di dunia nyata. Tidak perlu bingung, berikut ada sejumlah contoh pemakaian strategi pemasaran terpusat yang bisa turut menginspirasi Anda:

1. Produk Bebas Gula “Tropicana Slim”

Tropicana Slim adalah contoh brand yang memanfaatkan concentrated marketing. Mereka menyasar beberapa kelompok konsumen tertentu, yakni penyandang obesitas, diabetes, dan masyarakat umum yang menggencarkan pola hidup sehat.

Strategi pemasaran terpusat tersebut berjalan selaras dengan produk yang mereka kembangkan, yakni gula rendah kalori dan pemanis bebas gula berbahaya. Alhasil produk-produk Tropicana banyak dicari karena mampu memenuhi kebutuhan target konsumen yang tepat.

2. Motor Eksklusif “Ducati”

Lalu ada perusahaan Ducati yang sengaja mengeksklusifkan penawarannya pada kelompok konsumen kelas atas. Mereka merilis banyak motor mewah limited edition dengan harga dan kualitas terbaik. Jadi pemilik kendaraan Ducati tentu akan memperoleh nilai sosial dan keistimewaan yang berbeda dibandingkan masyarakat umum.

3. Bisnis Warung Makan Kampus

Sedangkan contoh pemakaian concentrated marketing untuk bisnis kecil adalah warung makan dekat kampus. Target konsumen utama bisnis ini tentu saja para mahasiswa yang rata-rata mempunyai budget menengah atau ke bawah.

Otomatis pemilik warung harus menyesuaikan harga supaya tetap terjangkau oleh pembeli. Begitu pula dengan varian makanan yang tersaji agar tidak membosankan.

Kelebihan dan Kekurangan Concentrated Marketing Adalah

concentrated marketing adalah

Sebelum mulai menjalankan strategi concentrated marketing, yuk kenali dulu aneka kelebihan dan kekurangan dari trik pemasaran ini!

6 Manfaat Concentrated Marketing Adalah

Adapun beberapa manfaat positif dari pemasaran terpusat untuk bisnis Anda adalah:

  1. Mampu menyediakan kebutuhan sekaligus memenuhi keinginan masyarakat secara tepat.
  2. Memperbesar terciptanya peluang transaksi karena bisnis Anda menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen.
  3. Mengefektifkan pemakaian sumber daya manusia, waktu, serta modal biaya pemasaran. Anda tidak perlu khawatir membuang-buang banyak budget hanya untuk mempromosikan produk/jasa tanpa hasil nyata.
  4. Lebih mudah melacak dan mengevaluasi hasil promosi mengingat alur pemasaran sudah terarah dan spesifik.
  5. Gampang menciptakan pesan-pesan marketing yang menarik perhatian masyarakat. Bisnis Anda pun bisa otomatis menarik konsumen baru setiap hari.
  6. Mudah menguasai target pasar, mengungguli kompetisi, dan mempertahankan pelanggan-pelanggan setia. Ini karena nama bisnis Anda sudah terkenal atau mempunyai reputasi (image) yang unik.

Kekurangan Concentrated Marketing Adalah

Di samping kelebihan yang berlimpah, ternyata strategi pemasaran terpusat juga punya beberapa kekurangan yang wajib diwaspadai. Kelemahan-kelemahan ini wajib segera diatasi dengan cermat agar tidak menghambat laju kesuksesan bisnis.

Beberapa kekurangan concentrated marketing adalah:

  1. Tingkat produksi dan distribusi yang lebih sempit karena pemasaran hanya ditujukan pada kelompok-kelompok tertentu.
  2. Di beberapa kasus, pertumbuhan usaha yang memanfaatkan pemasaran terpusat bisa jadi tidak merata atau menyeluruh.
  3. Lebih susah untuk memperluas pasar terutama ketika terjadi penurunan permintaan konsumen terhadap produk/jasa.
  4. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mendorong produk/jasa supaya menjadi pilihan utama konsumen.
  5. Perubahan pasar dapat langsung berdampak pada sales.
  6. Perusahaan cenderung mengabaikan peluang yang datang dari segmentasi konsumen lain.

Adapun cara mengatasi kekurangan di atas antara lain:

  1. Menargetkan lebih dari satu kelompok konsumen untuk memperbesar pemasaran, distribusi dan produksi.
  2. Rajin berinovasi supaya produk atau jasa tetap menarik perhatian konsumen.
  3. Membangun hubungan akrab dan hangat untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
  4. Sering melakukan riset trend agar konsep marketing senantiasa dinilai relevan.
  5. Mengadakan evaluasi secara berkala untuk memperbaiki kualitas pelayanan bisnis. Mendengarkan keluhan, kritik serta saran konsumen juga akan sangat membantu dalam hal ini.

6 Strategi Ampuh Menjalankan Concentrated Marketing untuk Pemula

Sekarang tibalah waktu yang tepat untuk mencoba menerapkan strategi pemasaran terfokus di bisnis Anda sendiri! Menjalankan concentrated marketing cukup mudah, bahkan untuk level pemula. Yuk langsung praktekkan 6 kiat simpel berikut ini:

1. Kenali Konsumen Lewat Riset

Tahap paling pertama dari concentrated marketing adalah mengenali konsumen secara mendalam dengan riset “buyer persona”.

Buyer persona merupakan rincian karakter seseorang yang berpotensi menjadi pembeli Anda. Ada cukup banyak aspek yang perlu Anda gali terkait hal ini, misalnya:

  • Usia pelanggan.
  • Jenis kelamin.
  • Domisili (tempat tinggal).
  • Latar belakang pendidikan.
  • Jumlah pendapatan dan kelasnya (bawah, menengah, atas).
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui apa saja hal-hal yang memotivasi seseorang untuk membeli produk/jasa Anda, maka selanjutnya Anda pasti bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Sebisa mungkin buatlah analisis konsumen secara mendalam, rinci dan spesifik demi mempermudah promosi.

2. Gali Kebutuhan Konsumen Target

Langkah berikutnya adalah menggali kebutuhan utama dari kelompok konsumen target Anda. Tahapan yang ini bisa dijalankan melalui survei riset kebutuhan dan minat pembeli.

Isi survei pun harus mengarah pada permasalahan konsumen, serta spesifikasi produk/jasa yang sekiranya tepat sebagai solusi. Dari sini kita bisa mengetahui apa saja ekspektasi pembeli dan hal-hal yang mendorong mereka bertransaksi.

Jangan lupa untuk turut menanyakan kisaran dana yang rela mereka bayarkan untuk mendapatkan produk/jasa sesuai impian. Informasi ini penting supaya penawaran Anda sesuai dengan kondisi kantong mereka.

3. Riset Pesaing Bisnis Lainnya

Persaingan memang tidak mungkin kita hindari dalam bisnis. Apalagi dalam permainan concentrated marketing di segmentasi pasar yang “sempit”. Untuk itu, meriset kekuatan pesaing lain di niche kita sangatlah penting dilakukan.

Kehadiran kompetitor ternyata tidak selamanya buruk. Kita justru bisa memetik banyak hal yang bermanfaat dari mereka, seperti cara-cara berpromosi yang menarik, kekuatan produk yang ditawarkan, atau menemukan inovasi baru dari kelemahan pesaing.

Semakin pintar Anda memanfaatkan celah yang tak disadari kompetitor, maka semakin besar pula peluang usaha kian maju di masyarakat.

4. Tetapkan Nilai Unik Penawaran (USP)

Setiap bisnis wajib mempunyai Unique Selling Point (USP), atau nilai unik yang menjadikan produk/jasa/penawaran mereka lebih menarik di mata konsumen. Produk dengan nilai USP yang khas sering menjadi pilihan belanja utama oleh banyak konsumen.

USP bisa hadir dalam berbagai wujud. Misalnya seperti harga, kualitas bahan baku, manfaat nyata produk/jasa, kreativitas kemasan, rasa, hingga pelayanan dari bisnis.

Yang terpenting adalah tingkat kejelasan nilai USP produk Anda. Semakin besar nilainya, tentu makin menarik pula produk/jasa tersebut.

5. Buat Promosi yang Kreatif

Setelah semua informasi dan data marketing siap, kini waktunya membuat promosi atau iklan! Sebisa mungkin buatlah promosi yang kreatif, fresh mengikuti trend, serta memuat pesan yang jelas bagi audiens.

Mengiklankan bisnis saat ini pun sudah semakin gampang, murah dan fleksibel. Anda bisa menggunakan strategi iklan online maupun offline sesuai karakteristik target konsumen.

Pastikan juga iklan Anda memuat konten visual (foto atau video) berkualitas tinggi serta caption copywriting yang lugas. Kombinasi unsur-unsur tersebut akan menjadikan iklan Anda lebih mencuri perhatian, cobalah!

6. Pakai Channel Marketing yang Efektif

Tips terakhir, iklankan bisnis Anda di channel marketing yang terbaik dan paling efektif. Beberapa contoh media promosi terlaris kekinian adalah sosial media, website, artikel, siaran video dan televisi.

Optimalisasi channel marketing juga dapat ditempuh demi memaksimalkan persebaran dan daya jangkau iklan Anda. Gunakan rumus-rumus SEO marketing agar iklan cocok dengan algoritma internet dan lebih mudah ditemukan konsumen. Selamat mencoba!

Itulah penjelasan lengkap terkait concentrated marketing atau strategi pemasaran terpusat, mulai dari definisi, kelebihan-kekurangan, hingga strategi implementasinya. Semoga ulasan kali ini mampu menambah wawasan bisnis Anda, ya!

Yuk update terus pengetahuan digital marketing Anda setiap hari bersama MARKEY. Langsung baca gratis ratusan artikelnya dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Mau Jualan Keluar Negeri? Pasang Amazon Ads, Begini Caranya!

0
amazon ads

Amazon ads adalah media promosi terbaik untuk Anda yang mau memperkenalkan bisnis ke luar negeri. Bagaimana cara memasang iklan Amazon yang efektif menggaet konsumen asing? Tenang, semua strateginya sudah kami kupas tuntas di halaman ini!

Amazon.com merupakan ecommerce global terbesar dengan jumlah pengguna jutaan. Platform jual-beli online ini didirikan oleh Jeff Bezos sejak tahun 1994, lho! Sampai hari ini Amazon sudah mempunyai banyak cabang di berbagai negara, termasuk Indonesia (“Amazon Indonesia”).

Tidak cuma mewadahi transaksi online saja, Amazon juga menghadirkan layanan iklan dengan target pasar berskala internasional. Seperti apa cara kerja dan keuntungannya? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Bagaimana Cara Kerja Amazon Ads?

amazon ads

Iklan-iklan online di Amazon.com bekerja dengan sistem Pay Per Click (PPC), mirip dengan sistem Google Ads atau iklan website pada umumnya. Jadi Anda selaku pemasang iklan hanya perlu membayar tarif ketika ada seseorang yang mengklik ads Anda.

Daya jangkau Amazon advertisement juga sama luasnya seperti platform periklanan raksasa lainnya, sebut saja Google Ads dan FB Ads. Diketahui pendapatan iklan Amazon sukses menembus 12,75 miliar di tahun 2020 lalu.

Menariknya lagi, meskipun ecommerce Amazon sudah sangat besar dan terkenal, ternyata mereka baru merilis sistem ads PPC per tahun 2018 lalu. Media ini diharapkan mampu mendongkrak visibiltas dan transaksi vendor-vendor Amazon.

5 Jenis Amazon Ads Terbaik untuk Promosi Bisnis

Sebelum mulai meluncurkan iklan di Amazon, ada baiknya mengenal beragam jenis ads yang tersedia di platform ini. Terdapat lima jenis Amazon ads yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan marketing dan kondisi budget, yakni:

1. Amazon Sponsored Ads (Iklan Bersponsor)

Iklan bersponsor Amazon adalah ads PPC yang menargetkan keyword produk Anda. Di sini Anda harus memilih kata kunci deskripsi terbaik supaya produk lebih mudah ditemukan calon pembeli.

Demi meningkatkan visibilitas produk, setiap keyword yang dipakai hendaknya berupa frasa spesifik atau long tail keyword. Contohnya seperti “seprai adem aesthetic ala Korea” atau “serum jerawat meradang”.

Kelebihan Amazon Sponsored Ads adalah penetapan keyword bisa diatur secara manual ataupun otomatis. Pengaturan otomatis berarti keyword produk dipilihkan langsung oleh algoritma website Amazon.

Selain itu, pengguna juga akan memperoleh fitur khusus untuk memantau laju ads. Contohnya seperti biaya ads, jumlah klik, dan laporan transaksi terkait produk yang dipromosikan.

2. Amazon Video Ads (Iklan Video)

Sesuai namanya, Amazon Video Ads adalah iklan produk atau jasa yang berupa video pendek. Jenis promosi ini mulai banyak dipilih perusahaan mengikuti kebiasaan masyarakat sekarang yang lebih suka menyimak konten video.

Namun tidak seperti iklan Amazon yang lain, khusus konten video akan ditayangkan lebih banyak tipe platform: Amazon.com, Fire TV, Prime, dan IMDb. Semua media tersebut masih dalam naungan perusahaan Jeff Bezos.

Uniknya lagi, iklan video bisa dimiliki oleh siapa saja—baik pedagang Amazon atau bukan. Pengiklan juga diperbolehkan mengustomisasi isi video promosi dan menautkannya dengan website bisnis sendiri.

3. Amazon Ads Product (Iklan Tampilan Produk)

Jenis iklan Amazon yang menarik berikutnya adalah iklan tampilan produk. Media promosi ini biasanya muncul di halaman-halaman terbaik yang tinggi views-nya dalam ecommerce, yakni:

  • Halaman ulasan konsumen.
  • Halaman info detail produk.
  • Di bawah hasil pencarian.
  • Di atas daftar penawaran terbaru.
  • Email rekomendasi produk/penawaran ke pelanggan.

Akibatnya, produk Anda bisa berkesempatan untuk dilihat lebih banyak pengguna Amazon di berbagai negara sekaligus. Supaya lebih berhasil, Amazon Ads Product hendaknya dijalankan dengan strategi penargetan produk dan minat:

  • Penargetan produk: menautkan dan mengelompokkan produk sesuai kategorinya. Tujuannya supaya barang dagangan lebih mudah muncul atau direkomendasikan.
  • Penargetan minat: mencocokkan penawaran produk dengan minat, kebutuhan dan hal-hal yang disukai konsumen. Strategi ini ampuh untuk memperluas daya jangkau iklan.

4. Amazon Native Ads Amazon (Iklan Native)

Sedangkan native ads adalah iklan-iklan yang tampak natural, sehingga jarang disadari sebagai promosi berbayar oleh konsumen. Iklan native di Amazon akan dibuat semirip mungkin dengan fitur-fitur yang ada di web ecommerce.

Native ads Amazon sendiri hadir dalam tiga bentuk berbeda, yaitu iklan custom, rekomendasi dan penelusuran. Ketiga hadir dalam posisi beragam:

  • Iklan custom: Bebas pilih sendiri produk yang mau dipromosikan beserta posisinya di website atau postingan Anda.
  • Iklan rekomendasi: Muncul sebagai “artikel yang direkomendasikan” pada laman profil Anda. Sifatnya dinamis dan relevan mengikuti niche konten dan tujuan penelusuran pengunjung.
  • Iklan penelusuran: Jenis iklan yang muncul menyesuaikan dengan keyword yang digunakan konsumen ketika menjelajahi Amazon atau web bisnis Anda.

5. Amazon Search Ads (Iklan Penelusuran)

Jenis iklan Amazon yang terakhir adalah Search Ads. Cara kerjanya mirip dengan Sponsored Ads, namun dengan titik fokus utama pada judul produk/penawaran.

Jika memilih untuk memasang iklan ini, maka Anda bisa menargetkan sejumlah kata kunci sekaligus: keyword brand/merk, keyword target utama, dan keyword produk gratis:

  • Keyword brand: perpaduan nama produk dan brand Anda. Misalnya: “Serum jerawat Azarine”, “Tas sekolah Miniso”, atau “Smartphone Samsung A03”.
  • Keyword target utama: kata kunci utama dari produk Anda, biasanya sudah teruji atau pernah digunakan langsung untuk mempromosikan barang dagangan.
  • Keyword produk gratis: paket keyword berisi dua nama produk yang sering dijual bersamaan, saling terkait atau saling melengkapi. Contohnya: “Saus tomat dan cabe botol”, “garam dan gula dapur”.

Memadukan ketiga keyword ini tentu saja dapat menambah jumlah konsumen yang menemukan produk Anda. Servis lain yang menguntungkan dari search ads adalah bisa menampilkan hingga maksimal tiga produk best seller dalam satu iklan.

7 Cara Buat Amazon Ads yang Ampuh Tarik Konsumen

amazon ads

Tertarik mencoba beriklan di Amazon.com? Tentu inilah waktu terbaik bagi Anda untuk memperkenalkan produk dan brand ke kancah internasional!

Memposting iklan ke Amazon juga cukup gampang, lho. Anda bisa menarik sebanyak mungkin calon konsumen hanya dengan 7 tips berikut ini:

1. Cermat Pilih Produk Best Seller

Sebisa mungkin promosikan produk-produk yang paling laku keras alias best seller. Cara ini selalu ampuh menarik keinginan belanja konsumen. Dengan catatan, produk tersebut mempunyai harga yang kompetitif sesuai pasaran dan masih tersedia stoknya.

Peluang terjadinya transaksi pun bisa meningkat dua kali lipat jika Anda menambahkan promo menarik pada produk best seller. Namun Anda harus melakukan riset terlebih dahulu supaya bisa memilih produk dan diskon terbaik.

Tips tambahan:

  • Sesuaikan produk pilihan dengan trend atau kebutuhan masyarakat saat ini.
  • Alternatif lainnya, Anda boleh mempromosikan produk dengan nilai unik tersendiri.

2. Pasang Target Promosi

Setiap aktivitas marketing wajib memiliki tujuan yang hendak dicapai. Begitu juga kegiatan beriklan di Amazon. Buatlah rancangan target promosi jangka pendek ataupun panjang supaya proses pengiklanan berjalan dengan terarah.

Tujuan promosi juga bisa menjaga kestabilan pengeluaran modal beriklan. Anda dapat memantau seluruh pemasukan dan pengeluaran iklan, lalu menimbang apakah hasilnya sepadan, menguntungkan, atau malah merugikan bisnis.

Kabar baiknya Anda tidak perlu bingung menentukan target iklan di Amazon. Ini karena Amazon.com sudah menyediakan beragam saran dan kategori khusus untuk mempermudah pengarahan promosi. Beberapa contoh tujuan memasang ads antara lain:

  • Menumbuhkan brand awareness.
  • Memperluas popularitas brand.
  • Menjaring konsumen baru.
  • Mempererat hubungan/loyalitas dengan pelanggan lama.
  • Memperkenalkan produk baru.
  • Menciptakan penjualan.
  • Memberikan diskon menarik.

3. Tentukan Posisi Iklan

Tidak seperti media periklanan lain, Amazon ads bisa disiarkan di beragam tempat yang unik dan ramai dikunjungi warganet sehari-hari, contohnya:

  • Website dan aplikasi ecommerce Amazon.com.
  • Asisten digital sekaligus pemutar lagu “Alexa”.
  • Layanan streaming Amazon “Fire TV” dan “Prime”.
  • Website eksklusif Amazon “IMDb”.

Anda bebas memilih sendiri mau memasang iklan di mana sesuai jenis dan kebutuhan. Misalnya merilis iklan dalam bentuk video di Fire TV, atau audio mp3 di Alexa.

4. Pakai Fitur Penargetan Atribut Produk

Tips berikutnya adalah beriklan dengan fitur Penargetan Atribut Produk. Fitur ini hanya tersedia di Amazon dengan fungsi utama menampilkan produk Anda persis di samping rekomendasi item nomor satu.

Selain itu iklan juga akan muncul pada menu bertanda: “Produk Bersponsor yang Terkait dengan Item Ini”. Alhasil nama produk Anda akan selalu mengekor produk-produk milik brand pesaing. Dari sinilah brand Anda bisa mendapat perhatian lebih dari konsumen.

5. Pakai Copywriting di Halaman Produk

Jangan lupa untuk menerapkan ilmu copywriting saat menyusun halaman deskripsi produk. Tujuannya supaya informasi item tampil dengan menarik, memikat, serta tetap ringkas dan jelas.

Nyatanya kekuatan iklan saja masih belum cukup untuk meyakinkan konsumen berbelanja. Amazon advertisement hanyalah kail pancing yang mendorong pembeli mendatangi lapak Anda. Pada akhirnya rincian produk yang persuasif lah yang akan memperkuat keinginan mereka untuk check out.

Lengkapi juga halaman deskripsi dengan foto atau video item berkualias tinggi supaya konsumen makin tergiur mencoba produk. Kolom testimoni/review pun perlu mendapat perhatian karena calon konsumen cenderung membeli produk dengan rating 4.5 bintang ke atas.

6. Hindari Pemborosan dengan Keyword Negatif

Takut iklan Amazon Anda jadi kurang efektif? Anda bisa menghindari pemborosan modal beriklan dengan menyematkan keyword-keyword negatif ke dalam konten.

Kata kunci negatif adalah kata-kata penelusuran yang Anda hindari supaya produk tidak muncul di sana. Keyword ini sengaja dipasang untuk memfilter calon pembeli yang serius dan tidak.

Misalnya produk Anda mengandung pemanis buatan. Jadi cantumkanlah keyword negatif “bebas pemanis buatan” agar produk tidak ditemukan oleh konsumen yang menolak pemanis.

Pun Anda juga bisa memasukkan lebih banyak kata kunci yang panjang dan spesifik sebagai target utama iklan. Dengan begini produk bisa tampil bersaing di antara target konsumen yang benar.

7. Lakukan Pengujian

Langkah terakhir, lakukan pengujian terhadap iklan Anda. Evaluasi secara berkala akan membantu Anda mengetahui apakah iklan sudah berjalan sebagaimana mestinya atau belum.

Anda juga bisa melihat hal-hal yang perlu dimaksimalkan kembali, serta menghitung untung-ruginya secara umum. Jangan ragu untuk berinovasi dan menguji ide-ide baru demi memperoleh hasil promosi terbaik.

 

Demikianlah pembahasan lengkap terkait Amazon ads. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda di ranah global, ya!

Mau mendapat lebih banyak info menarik seputar digital marketing? Langsung kunjungi MARKEY di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) agar tak ketinggalan update artikel seru dan kaya wawasan spesial untuk Anda. Sampai bertemu lagi!

Cara Monetisasi YouTube Short: Wajib Penuhi Syarat Ini!

0
monetisasi youtube short

Kabar gembira, program monetisasi YouTube Short akan segera dimulai awal tahun depan! Yuk persiapkan diri Anda dengan mempelajari cara dan syarat wajib untuk dapat adsense YT Shorts di sini.

Ada banyak cara unik untuk meraup uang dari internet. Salah satunya adalah dengan join program monetisasi YouTube. Banyak orang pun terbukti sukses menjadi miliarder lewat jalur ini, sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Deddy Corbuzier.

Namun tak cuma bisa untung lewat vlog saja. CEO YouTube baru-baru ini mengumumkan bahwa konten kreator bisa meraih uang tambahan lewat video Shorts. Seperti apa cara kerja dan persentase profitnya?

Nah, tidak perlu bingung karena semua pertanyaan Anda terkait monetisasi YouTube Shorts telah kami jawab tuntas di sini. Mari langsung kita simak bersama ulasan selengkapnya!

 

Apa Itu Monetisasi YouTube Short?

monetisasi youtube short

Sesuai namanya, monetisasi YT Shorts adalah program pemasangan iklan di konten Short Anda. Dari sini Anda bisa memperoleh profit sesuai persentase yang ditetapkan pihak YouTube.

Monetisasi Shorts resmi memperluas cara kreator memperoleh pemasukan dari YouTube. Pun tidak seperti program monetisasi vlog biasa, kreator Short turut berkesempatan menerima fasilitas pendamping lengkap seperti Super Chat, Monthly Subscriber dan Fan Funding.

Semua orang tentunya boleh bergabung ke program ini, mulai dari pengguna baru hingga member YPP (YouTube Partner Program). Fitur Shorts sendiri telah ada sejak pertengahan 2021 silam, dalam format ringkas menyerupai TikTok. Oleh karena itulah jumlah penggemar konten Shorts meledak dengan cepat.

Peluang tersebut lantas dimanfaatkan oleh tim YouTube sebagai inovasi segar dalam program adsensenya. Kabar monetisasi Shorts YouTube pun sudah diumumkan resmi dalam event “Made On YouTube” di Los Angeles, Amerika beberapa waktu lalu.

Berapa Jumlah Pendapatan Monetisasi YouTube Short?

Berapa jumlah profit dari program monetisasi Shorts? Untuk Anda yang bertanya-tanya, persentase keuntungan adsense YouTube Shorts nantinya terbilang cukup besar hingga 45%.

Mengutip dari pernyataan resmi pengelola YouTube, pendapatan monetisasi Shorts diambil dari tayangan total iklan yang dimuat video Anda. Perhitungan pun dilakukan setiap bulan sebelum disalurkan ke rekening YouTuber.

Perlu dicatat juga profit tersebut masih terbagi lagi mengikuti pemakaian musik dalam video. Jika Anda menggunakan musik tanpa membayar lisensinya, maka profit Shorts akan dibagi setengah untuk sang musisi/artis.

Tapi apabila Anda sudah membeli lisensi, otomatis seluruh keuntungan adsense Shorts akan jatuh ke tangan Anda. Di samping keuntungan uang, konten kreator juga dapat menerima cuan tambahan dari Fan Funding (sumbangan dukungan penggemar).

 

Kapan Monetisasi YouTube Short Dimulai?

monetisasi youtube short

Program monetisasi Shorts YouTube akan resmi dimulai pada awal tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki, di acara “Made On YouTube”.

Kelak penonton akan melihat tayangan iklan dalam video Shorts per tahun 2023 nanti. Tidak seperti sekarang yang mana semuanya masih serba gratis tanpa adsense.

Begitu pula para kreator yang akan menerima upah apabila video mereka berhasil menembus ribuan hingga jutaan view. Namun untuk saat ini, tim YouTube masih dalam proses mengembangkan fitur-fitur eksklusif penunjang adsense Shorts.

Catat! Ini Syarat dan Ketentuan Bergabung Monetisasi YouTube Short

Sama seperti program adsense YouTube lainnya, ada syarat wajib yang harus dipenuhi jika ingin bergabung ke layanan monetisasi Shorts. Apa sajakah? Ini dia jawabannya:

1. Status YPP

Kreator Shorts diwajibkan bergabung ke YPP atau YouTube Partner Program terlebih dahulu. YPP adalah program yang memberikan akses luas ke beragam fitur adsense, referensi dan laporan bagi hasil ke kreator. Anda bisa mendaftar ke YPP melalui aplikasi YouTube saja.

2. Jumlah Subscriber

Syarat berikutnya adalah akun channel YouTube Anda wajib mempunyai minimal 1000 subscriber aktif. Hal ini dimaksudkan supaya jumlah penonton Shorts lebih banyak dan luas jangkauannya.

3. Jumlah Minimal View

Selain subscriber, jumlah minimal view konten juga wajib diperhatikan. Konten-konten Short yang punya 10 juta penayangan dalam 3 bulan terakhir mempunyai peluang lebih besar masuk monetisasi.

4. Originalitas Konten

Tentu saja video YouTube Shorts Anda harus original, tidak menjiplak karya orang lain dari media manapun (baik berupa video, audio, dokumen, artikel, foto dan lain-lain).

Shorts Anda juga tidak boleh berupa konten daur ulang atau repost dari platform lain. Konten yang ketahuan memplagiat dapat dilaporkan untuk diberi sanksi tegas, mulai dari takedown, suspend hingga persidangan hukum.

5. Menautkan Akun Adsense

Jangan lupa untuk menautkan akun Google adsense ke channel YouTube. Syarat ini bersifat mutlak supaya bonus penayangan iklan di video bisa langsung ditransfer ke rekening Anda.

6. Batas Usia Kreator (Minimal)

Kreator Shorts wajib berusia minimal 13 tahun untuk bergabung. Anda mungkin akan memerlukan surat pernyataan dari wali atau pendamping jika belum mempunyai kartu identitas (KTP) sendiri.

7. Jumlah Video Shorts

Syarat terakhir, kreator wajib pernah memposting minimal satu video Shorts di channelnya sebelum mendaftar program monetisasi. Video tersebut pun harus terunggah minimal dalam 6 bulan terakhir.

Bonus : Cara Mudah Membuat YouTube Short Lewat HP

Sekarang tiba waktunya untuk membuat video Shorts! Buatlah konten YouTube Shorts yang menarik agar bisa memperoleh banyak adsense, view dan uang. Namun bagaimana caranya?

Ternyata membuat Shorts cukup mudah, lho. Anda pun bisa langsung berkarya dengan modal smartphone saja. Langsung ikuti langkah-langkah membuat konten Shorts yang bagus di HP berikut ini:

  1. Instal aplikasi YouTube di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi > login ke akun atau channel YT.
  3. Scroll ke bagian terbawah > klik menu “Shorts”.
  4. Anda akan masuk ke halaman khusus YouTube Shorts. Di sinilah jutaan Shorts dari seluruh kreator berkumpul dan bisa dinikmati.
  5. Untuk membuat konten sendiri, klik icon kamera di pojok kanan atas.
  6. Pencet halaman “create” (buat).
  7. Jika ingin langsung merekam gambar, cukup gunakan fitur-fitur kamera yang telah tersedia di app.
  8. Namun apabila ingin mengunggah video hasil editan di aplikasi lain (ekspor dari galeri), Anda tinggal memencet icon galeri > memilih file > “OK”. Video akan langsung terupload.
  9. Jangan lupa untuk melakukan pengeditan untuk menyesuaikan video dengan frame YouTube Shorts. Di bagian kanan layar tersedia beragam fitur editing siap pakai (Sound, Filters, Timeline dan Text).
  10. Tambahkan caption menarik di menu Title. Gunakan skill copywritinguntuk membuat penonton penasaran dengan isi video.
  11. Atur penonton video Anda, apakah Public (terbuka untuk umum) atau Selective Audience (hanya orang/kelompok tertentu).
  12. Pencet “Upload” di pojok kanan atas layar.
  13. Selesai! Video Shorts pertama Anda kini sukses mengudara di YouTube.

 

Itulah dia rangkuman informasi terbaru seputar program monetisasi YouTube Shorts. Fitur ini bisa menjadi peluang cuan baru Anda yang tak kalah menguntungkan. Jadi tunggu apa lagi, segera buat karya Shorts terbaik Anda untuk didaftarkan ke monetisasi tahun depan!

Jangan sampai ketinggalan info-info terbaru dari dunia bisnis online hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga untuk menikmati ratusan artikel terhangat setiap hari. Sampai jumpa lagi!

6 Cara Mencari LSI Keyword yang Tepat Sesuai Topik Konten

0
lsi keyword

Menyelipkan LSI keyword ke dalam artikel atau caption terbukti dapat menambah view konten. Namun bagaimana cara mencari keyword LSI yang tepat sesuai isi konten kita?

Memakai kata kunci adalah cara terbaik supaya konten lebih mudah ditemukan masyarakat. Sayangnya, kita tidak pernah tahu persis kosakata apa yang akan mereka gunakan saat melakukan pencarian. Di sinilah ada baiknya untuk mencoba trik SEO “kata kunci LSI”.

Menambahkan beragam kata kunci LSI bisa meningkatkan nilai visibilitas konten Anda di Google, lho. Apa itu keyword LSI dan manfaatnya menurut SEO? Yuk langsung saja kita simak beberapa cara gampang mencari LSI keyword di sini!

 

Pengertian LSI Keyword

lsi keyword

Terdapat tiga jenis keyword yang biasa digunakan dalam dunia SEO, yakni short tail, long tail dan LSI (Latent Semantic Indexing). Kali ini kita akan berfokus pada apa itu keyword LSI beserta manfaatnya.

LSI keyword adalah kata, frasa atau kalimat dengan arti (nilai semantik) yang mirip dengan kata kunci utama penelusuran. Sederhananya, kata kunci LSI berupa kumpulan kata-kata yang relevan dengan topik konten.

Teknologi mesin pencari masa kini mempertimbangkan kehadiran kata kunci LSI saat mengurutkan peringkat konten. Artikel Anda bisa dengan mudah menduduki peringkat 1 jika menggunakan banyak ragam varian kata kunci LSI.

Contoh LSI Keyword di Konten SEO

Seperti apa contoh pemakaian kata kunci bersemantik dalam konten SEO? Semisal Anda memposting artikel bertopik “Jaguar” (hewan). Lalu ketika ditelusuri, artikel Anda muncul bersama konten fauna lain, bukan di laman “Jaguar” (merek mobil).

Mengapa demikian? Penyebabnya adalah penggunaan kosakata yang relevan dengan topik Jaguar (hewan), seperti “Jaguar animal”, “Panthera Jaguar” atau “Jaguar National Geographic”. Otomatis Google memahami maksud tulisan Anda sebagai deskripsi satwa, bukan Jaguar dari brand otomotif.

Bisa dikatakan bahwa keyword LSI turut membantu memilah dan mengelompokkan konten ke dalam kategori yang tepat. Pengguna jadi dapat menemukan artikel yang pas sesuai maksud dan tujuannya.

Cara Kerja LSI Keyword di Konten

Kata kunci LSI sangat berperan dalam proses penelusuran semantik SEO. Dibutuhkan proses telaah mendalam ke sistem serta rumus algoritma untuk memahami cara kerjanya dengan rinci.

Meski begitu, cara kerja LSI pada konten internet masih bisa dijabarkan secara sederhana ke beberapa tahap:

  1. Pengguna/pembaca memasukkan kata kunci informasi ke dalam mesin pencari.
  2. Mesin pencari mengelompokkan kata-kata kunci ke berbagai kategori yang lebih spesifik.
  3. Terjadi proses filter kata kunci dan isi konten dengan pemahaman Latent Semantic Index.
  4. Konten dipilah dan dipilih yang paling tinggi tingkat kecocokannya dengan kata kunci dari pengguna.
  5. Konten pilihan ditampilkan sebagai hasil penelusuran.

3 Manfaat Utama LSI Keyword untuk SEO Bisnis

lsi keyword

Mengapa konten-konten yang kita buat sebaiknya disisipi keyword LSI? Tidak cuma artikel saja, konten video, dokumen, deskripsi produk, hingga caption sosmed juga hendaknya memuat aneka kosakata yang bervariasi.

Kembali lagi, ada banyak manfaat yang bisa Anda petik jika mengembangkan deskripsi konten dengan kosakata semantik ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menghindari Spam

Kata kunci LSI membantu menghindari aksi spam keyword yang bisa berujung pada penalti oleh Google. Selain itu, ragam varian kosakata yang luas bisa menambah nilai kenyamanan pembaca kala menyimak pembahasan.

2. Lebih Mudah Ditemukan Pembaca

Kita tidak pernah tahu kata kunci apa yang akan digunakan oleh pembaca untuk berselancar di internet. Maka dari itu ada baiknya menggunakan keyword LSI yang beragam supaya konten selalu ditemukan audiens.

3. Menduduki Peringkat Teratas Penelusuran

Memakai keyword LSI juga termasuk bentuk praktek SEO yang direkomendasikan saat ini, lho. Istilah-istilah yang Anda gunakan dalam artikel otomatis memperkaya wawasan sekaligus kualitas pembahasan. Lalu ranking konten Anda pun akan melejit dengan sendirinya.

6 Cara Menentukan LSI Keyword Termudah sesuai Topik Konten, Catat!

Masih bingung bagaimana cara mencari LSI keyword yang pas dengan topik konten kita? Jangan panik, berikut ada 6 strategi praktis yang bisa Anda coba:

1. Riset dengan Google Trend

Cara pertama, Anda bisa melakukan riset keyword LSI memakai Google Trend. Aplikasi rilisan Google ini memang didesain untuk mengetahui berbagai topik dan kata kunci yang sedang ramai dibicarakan di suatu wilayah.

Cara pakainya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuka laman Google Trend di https://trends.google.co.id/trends/, kemudian memasukkan topik utama konten. Nantinya akan muncul beragam varian keyword yang relevan untuk dipakai.

2. Kembangkan dari Sinonim Kosakata

Anda juga bisa mengembangkan sinonim kosakata untuk memperoleh lebih banyak jenis keyword. Namun Anda harus banyak membaca dan sering brainstorming ide supaya pikiran Anda lebih terbuka luas.

Misalnya keyword utama konten Anda adalah “tempat liburan di Bali.” Kalimat tersebut bebas Anda kembangkan sesuai kreasi menjadi “paket jalan-jalan murah Bali”, “wisata kuliner Bali”, “villa aesthetic Bali”, “rekomendasi wisata Bali” dan seterusnya.

3. Menggunakan Saran Penelusuran Terkait

Inilah cara termudah untuk menggali referensi LSI. Hampir semua mesin pencari kekinian dilengkapi dengan menu saran penelusuran terkait.

Biasanya fitur ini bisa ditemukan di akhir/bagian bawah halaman pencarian. Beberapa platform mungkin menggunakan nama yang berbeda untuk menandainya seperti “People Also Ask”, “Penelusuran Terkait”, “Orang Juga Bertanya” atau “Telusuri Juga”.

Contohnya, keyword “jasa website” di Google mempunyai sejumlah rekomendasi penelusuran terkait:

  • Jasa website profesional.
  • Jasa website murah.
  • Jasa pembuatan website murah dan berkualitas.
  • Contoh jasa pembuatan website.
  • Jasa pembuatan website toko online.

Nah, kumpulan frasa tersebut sudah tergolong sebagai LSI yang langsung bisa dipakai. Sayangnya, keyword-keyword ini tidak dilengkapi dengan keterangan volume pencariannya. Jadi besar kemungkinan bagi kita memilih keyword yang tidak punya nilai penelusuran (search volume nol).

4. Gunakan Tag yang Ada di Foto

Cara unik mengumpulkan kata kunci LSI lainnya adalah lewat tag foto di Google Image. Banyak konten kreator sengaja membubuhkan tag agar foto/video mereka tersortir ke kategori yang tepat.

Bagaimana caranya? Cukup ketik keyword utama atau topik konten di halaman Google Image. Selanjutnya, cek boks-boks tag yang muncul di bagian teratas hasil pencarian. Sekarang Anda bisa langsung memilih keyword-keyword yang dirasa cocok mendukung isi konten.

5. Riset dengan Tools Keyword LSI

Selain Google Trend, masih banyak aplikasi riset keyword LSI gratis yang bisa digunakan. Setiap tool tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Anda hanya perlu memilih aplikasi yang fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan:

LSIKeywords

Sesuai namanya, website ini dikhususkan untuk meriset kata kunci LSI konten apa saja. Setiap keyword yang disarankan pun dilengkapi dengan nilai CPC, volume pencarian per bulan, dan tingkat persaingannya di Google. Keunggulan lain dari situs ini adalah bisa mencari kata kunci LSI untuk 10 topik secara bersamaan.

Ubersuggest

Siapa yang tidak tahu web app SEO populer yang satu ini? Ubersuggest adalah tool riset keyword gratis terbaik yang wajib Anda coba. Pasalnya, ia bisa digunakan untuk mencari beragam jenis keyword mulai dari LSI, long atau short tail, hingga keyword brand.

Kata-kata pilihan Ubersuggest juga dilengkapi nilai CPC, volume, dan referensi artikel-artikel terkenal yang menggunakannya. Sayangnya jumlah penelusuran untuk akun gratis masih terbatas.

Google Keyword Planner

Google juga merilis aplikasi riset kata kunci khusus bernama “Keyword Planner”. Namun Anda wajib memiliki akun Google Ads karena fiturnya eksklusif diperuntukkan bagi pengguna layanan Ads.

Pun ketika mencari keyword LSI di Planner, usahakan untuk selalu memilih kosakata dengan tingkat kompetisi rendah dan volume search tinggi. Strategi ini adalah “jurus andalan” supaya konten lebih unggul di algoritma Google.

6. Pilih dari Fitur Autocomplete

Mesin pencari juga punya fitur autocomplete yang bermanfaat untuk menggali referensi LSI. Autocomplete adalah sistem cerdas yang bisa menyarankan lanjutan kata yang Anda ingin ketik. Jadi Anda tidak perlu berlama-lama mengetik secara lengkap.

Contohnya jika Anda mengetik “download lagu” di Google, secara otomatis akan muncul sejumlah saran autocomplete seperti:

  • Download lagu mp3.
  • Download lagu mp3 gratis.
  • Download lagu mp4.
  • Download lagu gratis.
  • Download lagu tiktok.

Dari sini saja Anda sudah bisa mengumpulkan banyak jenis keyword LSI sesuai topik bahasan konten. Selamat mencoba!

 

Demikianlah serangkaian tips dan strategi memilih keyword LSI sesuai topik konten/niche bisnis. Tidak sulit, bukan? Ayo segera maksimalkan visibilitas konten Anda dengan mempraktekkan kiat-kiat di atas!

Ikuti terus MARKEY untuk memperoleh lebih banyak tips dan trik bermanfaat seputar bisnis online. Baca gratis aneka artikel penuh insight-nya dengan klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Eksposur? 3 Cara Manfaatkan Exposure untuk Bisnis

0
eksposur

Eksposur (atau exposure; pemaparan) adalah efek popularitas yang diterima seseorang/sesuatu berkat bantuan influencer. Promosi dengan exposure kini tengah menjadi tren karena terbukti dua kali lipat lebih efektif dalam memperkenalkan produk. Bagaimana cara kerjanya?

Anda mungkin sudah cukup akrab dengan strategi endorse ala influencer di sosial media. Nah, salah satu efek samping dari taktik marketing tersebut dikenal dengan istilah ‘exposure’. Dengan exposure, bisnis bisa lebih mudah dan luas dikenal banyak orang.

Namun memperkenalkan usaha lewat paparan exposure tentu tidak bisa sembarangan. Ada kiat-kiat khusus supaya hasil pemasaran via influencer jadi lebih maksimal. Apa sajakah? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

Apa Itu Eksposur? Pengertian Exposure

eksposur

Eksposur adalah nilai ketenaran yang diterima suatu pihak usai dipromosikan oleh orang berpengaruh, seperti influencer dan artis. Pihak yang menerima exposure bisa beraneka ragam jenisnya, mulai dari produk, identitas brand, jasa ataupun individu (perorangan).

Biasanya kekuatan exposure ikut ditentukan oleh besar-kecilnya pengaruh sang promotor. Bisnis yang diendorse oleh selebriti kancah nasional tentu akan lebih cepat populer dibandingkan influencer kabupaten, misalnya.

Jenis-Jenis Eksposur

Exposure endorsement merupakan jenis exposure yang paling dikenal masyarakat. Namun lebih jauh lagi ada 3 tipe pemaparan yang hadir di masyarakat, yakni:

Marketing Exposure

Pemaparan marketing adalah ruang-ruang pemasaran bisnis yang bisa mendatangkan hasil nyata berupa keuntungan perusahaan (uang). Contoh exposure ini adalah media-media iklan seperti sosial media, website ads, reklame, televisi, dan sejenisnya.

Economic Exposure

Sedangkan exposure ekonomi berarti dampak perubahan mata uang asing terhadap nilai serta keberlangsungan perusahaan di sebuah negara. Paparan nilai valuta sangat memengaruhi naik-turunnya laju bisnis.

Business Exposure

Inilah tipe eksposur yang kita kenal selama ini. Bisnis dapat menjalin kerjasama spesial dengan para influencer atau konten kreator untuk mempromosikan sebuah produk/jasa. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan brand awareness sekaligus menarik konsumen baru.

 

4 Manfaat Eksposur Bagi Pertumbuhan Bisnis Online

eksposur

Mengapa olshop kita sebaiknya diperkenalkan oleh orang-orang yang berpengaruh? Setidaknya ada 4 manfaat exposure bagi pertumbuhan usaha masa kini, yaitu:

Mempercepat Pertumbuhan Brand Awareness

Pertama, exposure selebriti dapat mempercepat pertumbuhan brand awareness. Nama produk/jasa Anda akan sering disebut dalam konten-konten influencer, sehingga bisa menarik minat pemirsa untuk menggali info lebih lanjut.

Mempermudah Mendapat Pengakuan dari Audiens

Manfaat lainnya adalah mempermudah bisnis meraih pengakuan dari audiens. Bisnis online yang baru dirintis sering tidak dilirik dan diragukan kualitasnya. Namun toko Anda justru dapat lebih mudah dipercaya berkat bantuan ‘rekomendasi’ influencer.

Menjaring Lebih Banyak Konsumen

Paparan endorse yang kuat akan memancing lebih banyak konsumen berdatangan ke lapak Anda. Kekuatan brand awareness yang muncul berkat exposure akan menarik pembeli-pembeli baru yang mau mencoba produk atau jasa Anda.

Menambah Omset Penjualan

Terakhir, exposure endorsement juga dapat menambah omset penjualan Anda secara signifikan. Semakin banyak konsumen yang datang otomatis semakin besar pula pemasukan bisnis Anda.

3 Langkah Cerdas Berpromosi dengan Eksposur Influencer

Inilah bagian yang paling ditunggu-tunggu! Setelah mengetahui apa itu exposure beserta manfaatnya bagi bisnis, kini ada strategi jitu memajukan usaha lewat pengaruh influencer. Seperti apa caranya?

Exposure memang merupakan “jalan pintas” terbaik untuk menambah popularitas brand. Untungnya, strategi ini dapat dilancarkan dengan mudah lewat tiga cara sederhana:

Mulai dengan Riset Customer Persona

Lakukan riset karakteristik target konsumen sebelum memilih influencer dan merancang konten endorse. Langkah ini sebaiknya dilakukan paling awal supaya kampanye marketing berjalan lancar dan memperoleh exposure sesuai ekspektasi.

Hasil riset ini dapat memberitahu Anda banyak hal terkait kebutuhan iklan. Mulai dari permasalahan konsumen, minat produk, ekspektasi terhadap produk, dan ide-ide konten yang sesuai selera mereka.

Riset customer persona pun hendaknya dilakukan pada dua kelompok, yaitu target konsumen dan followers milik influencer. Usahakan bekerja sama dengan selebriti yang mempunyai pengaruh kuat di kalangan target pembeli Anda, ya.

Misalnya Anda menjual produk kecantikan dengan target pembeli wanita remaja dan dewasa. Otomatis carilah influencer di bidang beauty and skin agar karakteristik followersnya sesuai incaran.

Screening Portofolio Influencer

Langkah kedua adalah melakukan screening atau pengecekan portofolio influencer. Terdapat beberapa hal penting yang wajib dipastikan sebelum menjalin kerja sama seperti:

  • Tingkat reputasi.
  • Kekuatan pengaruh (exposure).
  • Track record
  • Riwayat kerja sama brand dengan influencer tersebut.
  • Kualitas konten yang dibuat.
  • Kesesuaian influencer dengan niche bisnis.
  • Kecocokan tarif endorsement dengan jumlah engagement.

Tahapan ini tidak boleh dilompati sekalipun selebriti pilihan Anda sudah mempunyai nama yang besar. Proses screening dapat membantu menyelamatkan Anda dari beragam kerugian tak terduga, seperti penipuan, scam, dan kualitas asli konten yang buruk.

Maksimalkan Kualitas Konten

Jangan lupa untuk memaksimalkan kualitas konten promosi Anda. Exposure tidak akan berhasil jika isi konten masih buruk, seperti tidak jelas maksud pesannya atau tampilan foto/video beresolusi rendah. Akibatnya, penonton akan men-skip iklan Anda.

Jadi buatlah konten yang menarik dan bagus dengan influencer yang Anda ajak kerjasama. Anda boleh melakukan review dan revisi postingan sebelum diunggah untuk memastikan isinya sudah pas sesuai rencana pemasaran.

4 Contoh Promosi Unik untuk Mendapat Eksposur Gratis

Mendapatkan exposure tidak melulu harus dengan bantuan influencer, apalagi jika perusahaan Anda masih baru dan belum punya cukup modal. Sebagai gantinya, berikut ada 4 contoh promosi unik gratis untuk mendulang lebih banyak viewers di sosial media:

Join Komunitas Sesuai Niche Bisnis

Lakukanlah promosi halus di komunitas-komunitas online sesuai niche bisnis Anda. Grup-grup sosmed adalah ladang exposure gratis karena diikuti oleh ribuan member dari berbagai asal daerah.

Semisal bisnis Anda bergerak di bidang teknologi. Jadi, bergabunglah ke komunitas-komunitas IT agar konten menyasar target pembaca yang sesuai. Ingatlah juga untuk mengikuti pedoman grup supaya Anda tidak dianggap spamming konten lalu berakhir dikeluarkan.

Merilis Press Release

Banyak brand mendapat exposure cuma-cuma dengan cara merilis kabar pers (press release) saja. Press release adalah rangkuman singkat dalam satu halaman terkait event penting dari bisnis Anda. Contohnya seperti momen launching produk baru, kolaborasi atau ekspansi.

Press release yang baik dapat menarik perhatian awak berita dengan mudah. Para wartawan akan mempublikasikan tulisan Anda ke platform mereka dan exposure dapat diraih.

Mengadakan Giveaway yang Seru

Bagi-bagi hadiah gratis alias ‘giveaway’ juga efektif menambah ketenaran brand, khususnya di kalangan pengguna sosial media. Sudah menjadi rahasia umum bahwa konten giveaway selalu sukses meraih engagement tinggi.

Audiens yang berminat mengikuti giveaway akan terdorong melakukan berbagai interaksi terhadap konten. Misalnya memberi likes, comment dan share postingan ke lebih banyak teman. Dari sinilah exposure dan awareness brand akan terbentuk.

Mengadakan Acara Sosial

Strategi memperoleh promosi gratis yang terakhir adalah dengan mengadakan acara sosial yang bermanfaat. Contohnya seperti bakti sosial, seminar edukasi, atau sekadar aksi gerak jalan santai.

Brand yang sering berinteraksi dengan masyarakat secara langsung umumnya lebih cepat terkenal. Ini karena orang-orang menganggap bisnis Anda punya rasa kepedulian sosial yang tinggi, alhasil citra bisnis juga menjadi lebih positif.

 

Demikianlah ulasan komplit mengenai eksposur bisnis mulai dari pengertian, manfaat, contoh hingga strategi penggunaannya yang tepat. Inilah kesempatan baik bagi bisnis Anda untuk terus bertumbuh lewat exposure yang intens!

Dapatkan lebih banyak tips dan trik bisnis online mujarab di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore), lalu langsung baca ratusan artikel kaya wawasannya setiap hari secara gratis. Sampai bertemu lagi!

Native Ad Adalah: 6 Jenis Iklan Favorit Konsumen Saat Ini

0
native ad

Ingin iklan bisnis Anda disimak calon konsumen tanpa diskip? Segera ubah gaya promosi Anda dengan strategi native advertising atau native ad!

Iklan native mulai populer semenjak banyak orang merasa jenuh dengan iklan. Bentuk promosi secara gamblang (hard selling) mulai kurang menarik dan dianggap mengganggu. Lambat laun, para marketer mulai berinovasi menghadirkan iklan yang lebih user friendly.

Lalu seperti apa pengertian, jenis dan contoh nyata dari iklan native? Bagaimana pula cara membuat konten promosi yang disukai masyarakat kekinian? Yuk langsung scroll ke atas untuk mengetahui jawaban selengkapnya!

 

Pengertian Native Ad Adalah

native ad

Native ad adalah iklan-iklan promosi berbayar yang bentuknya menyerupai konten organik. Iklan jenis ini ditampilkan secara natural atau soft selling, sehingga pemirsa tidak akan merasa seperti sedang menyimak materi bisnis.

Iklan native hadir pada beragam jenis platform, mulai dari website, ecommerce, hasil penelusuran Google, hingga sosial media. Apabila Anda pernah menelusuri sosmed dan menemukan konten dengan label “Promoted/Sponsored”, maka itulah contoh dari iklan native.

 

Perbedaan Native Ad dengan Sponsored Content

Iklan native dan sponsored content mempunyai satu persamaan yang cukup kuat, yakni sama-sama merupakan iklan berbayar. Meski begitu, keduanya tetap berbeda lho.

Iklan native memiliki bentuk, isi, serta penempatan yang natural (soft selling) sehingga tampak mirip dengan konten asli (organik).

Sedangkan sponsored content lebih menyerupai konten endorsement. Ia dibuat oleh influencer atau content creator dengan format tertentu: video, foto, vlog, atau artikel. Isinya juga cenderung disesuaikan dengan permintaan perusahaan, sehingga terkadang kurang terasa natural (hard selling).

6 Jenis Native Ad Bisnis Online yang Disukai Konsumen

Lalu apa sajakah contoh-contoh native ad bisnis online yang disukai konsumen? Berikut adalah 6 jenis iklan native terbaik saat ini:

1. In Ad Native Elements

Contoh iklan native pertama adalah in ad native elements. Iklan ini sering muncul di situs-situs website secara ‘halus’, alias, tidak mengganggu konten utama atau tampilan layar.

Isi iklan in ad native elements juga selalu menyesuaikan dengan niche website yang menayangkannya. Dengan begini audiens tidak akan sadar bahwa mereka tengah menyimak konten marketing.

2. Produk Bersponsor (Promoted Listings)

Sedangkan iklan promoted listings selalu muncul di situs toko online (ecommerce). Konten iklan native ini akan tampil berbaur dengan produk-produk lain yang ada di ecommerce, namun mempunyai tag penanda khusus seperti ‘Sponsored’.

3. Konten “Rekomendasi untuk Anda”

Pernahkah Anda menelusuri sebuah website, lalu di bagian akhirnya menemukan menu “Rekomendasi untuk Anda”? Nah, ini adalah contoh iklan native yang menarik lainnya!

Contoh iklan native ini dijuluki content recommendation engine widgets. Menu content recommendation sering digunakan oleh pebisnis yang aktif berpromosi lewat strategi konten marketing. 

Content recommendation bekerja dengan cara menghadirkan lebih banyak konten yang relevan dengan sebuah topik. Tujuannya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan (user experience), menambah jumlah traffic, dan mengurangi bounce rate.

Misalnya, Anda sedang membaca artikel bertajuk “Apa itu dropshipper?”. Lalu di bagian akhir artikel bisa terdapat rekomendasi artikel-artikel lain seperti “Cara menjadi dropshipper”, “Beda dropshipper dengan reseller”, dan seterusnya.

4. Native Paid Search Ad

Sedangkan native paid search ad kebanyakan muncul di laman searching Google. Iklan ini ditampilkan sebagai hasil penelusuran teratas atau terbawah dengan keterangan “iklan”, “ads”, atau “sponsored”.

Iklan paid search lumayan ampuh menjaring konsumen karena tampak seperti hasil penelusuran organik Google. Audies tidak akan menyadari bahwa mereka tengah mengklik dan menyimak konten pemasaran. Untuk bisa memasang iklan ini, Anda harus mengikuti ketentuan pay per click ads milik Google.

5. Custom Ads

Punya ide-ide promosi yang unik dan menarik? Jika iya, maka Anda bisa mencoba custom ads. Custom ad adalah konten marketing yang dikembangkan berdasarkan kreativitas serta tujuan masing-masing perusahaan.

Contoh iklan custom yang banyak digunakan saat ini adalah filter Instagram dan Snapchat. Anda bisa membuat aneka filter interaktif dengan ciri khas atau identitas perusahaan. Kemudian, adakan kampanye kreatif untuk mengajak banyak orang memakai filter tersebut.

6. In Feed Units

Contoh iklan native yang terakhir adalah in feed units. In feed units adalah konten bersponsor yang muncul di beranda sosial media.

Mirip dengan in ad native elements, konten in feed units sengaja ditampilkan semirip mungkin dengan konten feeds atau stories. Namun tentu saja konten ini ditambahkan tag “Sponsored” kecil sebagai pembeda dari konten organik.

 

4 Cara Membuat Native Ad yang Memikat Calon Pembeli

native ad

Tertarik mencoba berpromosi dengan iklan-iklan native? Jika iya, maka Anda wajib mengikuti empat strategi simpel membuat iklan native yang ampuh menarik audiens berikut ini:

Gunakan Headline yang Ringkas

Setiap iklan native hendaknya menggunakan judul atau headline yang ringkas, lugas dan jelas informasinya. Hal ini penting guna mempermudah menarik perhatian audiens.

Judul yang ringkas dan memikat sudah terbukti ampuh dalam mencuri perhatian pembaca. Orang-orang akan dibuat penasaran sehingga mereka tertarik menyimak isi iklan sampai tuntas.

Sebaliknya, headline iklan yang terlalu panjang dan tidak jelas poinnya dapat membuat pemirsa kurang tertarik.

Sisipkan Angka dalam Judul

Pernahkah Anda terhipnotis oleh kalimat judul seperti, “9 dari 10 orang berhasil menurunkan berat badan dalam 30 hari tanpa rasa sakit.” Ini adalah contoh headline iklan yang efektif karena sering sukses menjaring konsumen.

Penggunaan angka dalam judul atau kalimat pembuka iklan terbukti sangat mudah memancing rasa penasaran pemirsa. Kehadiran angka menambah keyakinan pembaca terkait kredibilitas informasi, sehingga mereka pun tertarik mencoba produk/jasa yang ditawarkan.

Gambarkan Keuntungan Penawaran

Tips selanjutnya adalah gambarkan keuntungan penawaran Anda secara gamblang. Mayoritas konsumen hanya ingin tahu dampak positif yang bisa mereka raih melalui produk/jasa Anda. Dari sinilah akan tercipta keinginan untuk berbelanja.

Adapun cara termudah untuk menggambarkan poin keuntungan tersebut adalah dengan memposisikan diri Anda sebagai konsumen. Cobalah untuk membayangkan hal-hal apa yang sekiranya dibutuhkan atau diharapkan pembeli dari produk/jasa Anda.

Jangan pula terlalu menggembar-gemborkan kehebatan bisnis. Strategi ini hanya akan membuat konsumen merasa iklan tidak relevan dengan kebutuhan mereka.

Tutup dengan CTA (Call To Action)

Selalu akhiri iklan native Anda dengan CTA (Call To Action). CTA adalah kalimat-kalimat persuasif yang mengajak pemirsa untuk bertindak sesuai keinginan Anda.

Contoh CTA yang baik misalnya:

  • Klaim voucher belanja gratis ongkir Anda di sini.
  • Beli sekarang sebelum kehabisan!
  • Pesan produk pertama Anda via link berikut.
  • Punya pertanyaan? Hubungi admin CS kami di sini.
  • Yuk tambahkan produk ke keranjang sekarang!
  • Tidak mau ketinggalan konten menarik lainnya? Subscribe sekarang!

Satu hal yang perlu diingat, buatlah CTA dengan gaya bahasa yang ramah, sopan, dan tidak terkesan memerintah. Selain itu, sesuaikan juga CTA dengan tujuan utama iklan Anda, ya. Selamat mencoba!

 

Demikianlah pembahasan terkait pengertian, jenis dan cara membuat native ad yang bagus. Yuk segera tingkatkan kualitas promosi bisnis Anda dengan menggunakan iklan native!

Ingin mendapat lebih banyak tips dan trik jitu mengelola bisnis online? Caranya gampang! Dapatkan akses gratis ke ratusan artikel digital marketing terbaru semudah mengklik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai bertemu lagi!