Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 37

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Terbaru dan Artinya

0
istilah dalam bisnis online

Tertarik menjalankan olshop tapi masih sering bingung dengan istilah-istilah dalam bisnis online masa kini? Tenang, berikut ini kami punya 30 istilah dalam jual beli online terbaru lengkap dengan artinya khusus untuk membantu Anda!

Seorang pebisnis online wajib selalu up to date dengan beragam hal, mulai dari trend jualan hingga aneka istilah yang mewarnai transaksi online. Jangan sampai Anda kebingungan menanggapi pembeli gara-gara tidak tahu arti kosakata mereka!

Yuk perkaya wawasan Anda dengan simak berbagai istilah dalam bisnis online yang lagi ramai digunakan olshop kekinian berikut ini!

Catat! 30 Istilah dalam Bisnis Online Kekinian Beserta Artinya

 

Istilah dalam bisnis Online

 

Inilah kumpulan 30 istilah dalam jual beli online yang akan membantu aktivitas jualan Anda sehari-hari, segera dicatat!

1. Official Store

Istilah dalam bisnis online yang paling sering digunakan akhir-akhir ini adalah official store. Istilah ini sering dijumpai di ecommerce atau marketplace kekinian.

Official Store dalam bahasa Indonesia berarti “Toko Resmi”. Arti official store adalah toko-toko resmi dari sebuah brand, sehingga produk/jasa yang disediakan dijamin 100% original.

2. Merchant

Dunia ecommerce juga memiliki istilah merchant yang berarti pemilik toko online atau penjual. Jika Anda saat ini menjalankan bisnis online di marketplace, maka Anda adalah merchant.

3. Preloved

Pernahkah Anda menemukan produk online shop dengan deskripsi “preloved”? Preloved adalah istilah dalam bisnis online yang berarti barang bekas pakai milik pribadi/penjual, alias barang second.

4. Like New

Selain preloved, terdapat pula produk ecommerce berlabel like new. Secara harfiah, like new berarti kondisi barang yang masih seperti baru.

Produk-produk yang dijual ‘like new’ biasanya juga merupakan item second/preloved. Bedanya, item like new masih dalam kondisi super mulus karena belum pernah digunakan penjual.

Andaipun terdapat kerusakan pada barang like new, biasanya kecacatan tersebut tidak terlihat atau mengganggu pengguna. Istilah lain dari like new adalah mint condition.

5. Refurbished

Sedangkan istilah refurbished umumnya disematkan pada barang-barang elektronik yang dijual online, seperti smartphone, laptop, komputer dan sejenisnya. Item refurbished adalah barang-barang elektronik yang sempat mengalami perbaikan sebelum dijual kembali.

Barang refurbished sering dicap buruk karena banyak yang gampang rusak saat dipakai. Tapi di beberapa kasus ada juga gadget refurbished yang kualitasnya setara baru (greenpeel).

6. Greenpeel

Greenpeel adalah sebutan untuk produk yang masih dalam segel bawaan produsen; produk baru; belum pernah dibuka sama sekali.

Istilah greenpeel awalnya digunakan oleh Apple untuk menandai iPhone baru keluaran pabriknya. Tapi sekarang orang-orang menggunakan istilah tersebut untuk menyebut semua barang yang masih tersegel.

7. Sold

Berikutnya ada istilah sold yang merupakan singkatan dari sold out. Istilah dalam bisnis online satu ini diambil langsung dari bahasa Inggris yang berarti “habis” atau “semua laku terjual”.

8. Re-stock

Re-stock juga termasuk istilah jual beli online yang banyak dipakai, baik oleh pedagang maupun pembeli. Re berarti “kembali”, dan stock adalah “stok produk”. Dengan kata lain, arti re-stock adalah stok produk kembali tersedia/diisi ulang.

9. No Afgan No Rossa

Seluruh warga Indonesia pastinya tahu siapa Afgan dan Rossa. Lalu apa hubungan dari dua nama penyanyi tersebut dengan dunia jual beli online?

Ternyata, arti no Afgan no Rossa adalah “tidak boleh menawar sadis dan tega”! Istilah tersebut diambil dari lagu populer berjudul “Sadis” milik Afgan, dan “Tega” oleh Rossa.

Jadi kalau ada merchant yang mencantumkan deskripsi ini di katalog produk mereka, itu artinya Anda dilarang menego dengan harga sadis atau bersikap tega pada penjual.

10. WTS atau WTT

Istilah bisnis online kekinian berikutnya adalah WTS dan WTT. WTS adalah akronim dari Want To Sale yang berarti “ingin menjual produk/jasa”.

Sementara WTT merupakan singkatan dari Want To Trade yakni “ingin menukar produk/barter”. Anda dapat menemukan banyak contoh postingan WTS dan WTT di platform komunitas seperti Twitter.

11. WTB

Tidak cuma penjual yang punya istilah bisnis, konsumen juga punya! Istilah dalam online shop kekinian untuk pelanggan adalah WTB atau Want To Buy.

Anda bisa memakai keterangan WTB disertai nama produk untuk memudahkan pencarian produk impian di sosmed. Contohnya seperti “WTB photocard V BTS”, atau “WTB sharing app subscription 1 bulan”.

Setelah itu para penjual lah yang akan datang menawarkan produk kepada Anda sesuai keinginan.

12. BNIB

BNIB atau Brand New In Box adalah produk-produk baru yang masih ada dalam boksnya (tersegel). Ungkapan ini mempunyai arti yang sama dengan greenpeel.

13. BNOB

Sedangkan BNOB adalah kebalikan dari BNIB, yaitu Brand New Open Box (produk baru yang sudah dikeluarkan/tidak ada dalam boks).

BNOB dan BNIB sering dipakai pada produk online yang perlu dicek kondisi fisiknya sebelum transaksi. Contohnya gadget bekas, sepatu preloved, aksesoris komputer, peralatan gaming second, dan lain-lain.

14. HNR atau H&R (Hit and Run)

Berikutnya ada arti dari hit and run (HNR atau H&R). Mungkin Anda pernah menemukan deskripsi toko/produk yang mencantumkan, “NO HIT AND RUN” atau “HIT AND RUN = BLOCKED”.

Pengertian istilah hit and run dalam dunia jual beli online adalah konsumen yang meninggalkan penjual tanpa kejelasan. Maka dari itu, “NO HNR” sering digunakan merchant untuk menghindari calon konsumen yang cuma iseng.

Contoh kondisi hit and run ada bermacam-macam. Misalnya calon pembeli sudah mengisi form pemesanan namun tak kunjung melunasi tagihan (menghilang). Ada juga yang sudah bertanya-tanya perihal harga produk/jasa tapi tidak memberi info kepastian akan memesan/tidak.

15. Booked

Produk online dengan label booked artinya sudah dipesan oleh orang lain, namun belum di-check out atau masih dalam proses pengiriman. Maka dari itu konsumen baru dilarang membeli produk booked karena dianggap “menyerobot” dan mengambil pesanan orang.

16. PO (Pre Order)

PO atau pre order adalah istilah populer dalam jual beli online lainnya. Barang dengan label PO berarti masih belum tersedia di toko, sehingga konsumen harus menunggu lebih lama.

Item-item PO umumnya produk handmade (buatan tangan), barang custom sesuai request, atau produk impor luar negeri.

17. Ready Stock

Ready stock adalah kebalikan dari PO. Barang-barang ready stock bisa langsung dipesan dan dikirim karena sudah tersedia di toko merchant.

18. OEM (Original Equipment Manufacture)

Lalu ada OEM, singkatan dari Original Equipment Manufacture. Masih banyak orang salah kaprah menyamakan produk berlabel OEM dengan KW. Padahal, barang-barang OEM 100% original.

OEM adalah produk asli yang dibuat oleh sebuah perusahaan, yang kemudian dibeli oleh brand resmi lainnya. Nantinya barang tersebut akan dipasarkan oleh brand yang membeli dari produsen.

19. Resi

Resi atau nomor resi adalah seri nomor pelacak yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Setiap paket wajib mempunyai nomor resi agar mudah dilacak keberadaan atau status pengirimannya. Namun ada juga resi yang berupa gabungan huruf dan angka.

20. Sis dan Gan

Pernahkah Anda disapa “sis” atau “gan” oleh admin olshop? Itulah dua bentuk sapaan yang paling marak digunakan di dunia bisnis online Indonesia.

Sis adalah singkatan dari “sister” (untuk menyebut konsumen perempuan). Sedangkan gan merupakan kependekan dari “agan” atau “juragan” (untuk konsumen laki-laki). Anda dapat mengakrabkan diri dengan memanggil calon pembeli/followers olshop memakai dua julukan tersebut.

Namun ada juga olshop yang menyebut konsumen mereka dengan “kak” atau nama panggilan langsung demi menghindari kesalahan penyebutan gender.

21. Thrift Shop

Thrift shop adalah toko-toko online yang menyediakan barang-barang second berkualitas, baik produk dari dalam atau luar negeri. Salah satu contoh thrift shop kekinian adalah thrift baju bekas.

22. COD

Anda juga pasti sudah sering mendengar istilah COD, bukan? COD (Cash On Delivery) adalah sistem pembayaran tunai yang dilakukan saat barang diantar ke konsumen.

Pembeli bisa melakukan COD secara langsung pada penjual atau ke kurir ekspedisi yang menyediakan metode tersebut.

23. Nett

Nett adalah harga akhir produk/jasa yang diberikan oleh penjual. Anda tidak diperbolehkan untuk menawar harga nett karena inilah nominal terendah yang bisa ditetapkan merchant. Konsumen yang tetap bersikukuh menego akan dianggap “Afgan dan Rossa”.

24. Nego

Nego adalah kebalikan dari nett. Produk dengan keterangan nego artinya masih bisa ditawar sesuka hati konsumen.

25. Cek Kondi / Condi

Jangan bingung ketika calon konsumen Anda mengirimkan pesan yang berbunyi “cek kondi/condi”. Arti cek kondi adalah pemeriksaan kondisi asli produk/barang sebelum memesan melalui video pendek atau foto dari penjual.

26. Slot Available

Slot available menandakan bahwa masih ada kesempatan bagi konsumen yang ingin ikut dalam pre order suatu produk, jasa, atau tiket sebuah acara. Penjualan dengan sistem slot biasa dilakukan jika kuantitas produk sifatnya terbatas.

27. Sharing

Istilah sharing baru muncul seiring merebaknya jasa layanan aplikasi premium. Sharing artinya ada lebih dari 1 konsumen yang memakai layanan dalam satu waktu. Mekanisme ini dimungkinkan berkat keluwesan app premium itu sendiri yang bisa login di banyak perangkat.

Misalnya Anda memesan jasa sharing 1 bulan aplikasi streaming film. Anda akan mendapat akses ke akun aplikasi premium dengan durasi 1 bulan. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ada konsumen lain yang juga ikut login ke akun Anda di saat yang sama.

28. Cancel

Cancel adalah istilah dalam bisnis online yang merujuk pada pembatalan transaksi oleh konsumen maupun penjual karena alasan tertentu.

29. Fix and Deal

Fix and deal adalah kebalikan dari cancel, alias konsumen yang serius membeli produk/jasa Anda.

30. Gratong

Istilah dalam jual beli online yang terakhir adalah gratong, yaitu singkatan dari gratis ongkos kirim. Kata gratong dipopulerkan oleh ecommerce modern yang menyediakan servis gratis ongkir ke berbagai wilayah.

Itulah 30 istilah dalam bisnis online terbaru beserta artinya. Istilah-istilah di atas tentunya bisa Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari dengan konsumen.

Ingin belajar lebih banyak seputar dunia bisnis online? Ikuti terus MARKEY karena ada ratusan artikel digital marketing yang informatif dan menarik. Baca gratis sekarang hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sayonara!

 

4 Rahasia Sukses Lewat Tokopedia Affiliate, Sudah Tahu?

0

Apakah Anda pengguna setia Tokopedia? Jika iya, maka ada kabar gembira untuk Anda! Pelanggan Tokopedia sekarang bisa mendapat uang gratis dari ecommerce ini dengan cara join Tokopedia affiliate.

Tokopedia affiliate adalah program afiliasi marketing resmi dari Tokopedia. Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk Tokped via link untuk mendapatkan komisi persenan setiap bulannya.

Akan tetapi, ada 4 tips yang harus Anda jalani supaya bisa meraup banyak untung dari program affilate Tokopedia. Apa sajakah? Daripada penasaran, yuk langsung simak tips dan trik mendaftar program affiliate Tokopedia selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tokopedia Affiliate?

 

Tokopedia Affiliate

 

Tokopedia affiliate adalah program kerjasama berbayar antara Tokopedia dengan masyarakat untuk mempromosikan produk-produk yang ada di ecommerce tersebut. Orang-orang yang tertarik bergabung akan menjadi afiliator resmi Tokped.

Cara kerjanya pun sangat gampang. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai afiliator, membagikan link produk dari power merchant/official store Tokped, dan mendapat bayaran.

Pemasukan afiliator berupa uang komisi yang dihitung dari pembelian produk yang diiklankan. Semakin banyak orang membeli produk lewat link afiliator, otomatis semakin banyak juga komisi yang diperoleh.

Berapa Jumlah Komisi Tokopedia Affiliate?

Program affiliate Tokopedia menjanjikan komisi transaksi hingga 10% dari harga produk dengan batas maksimum 100 ribu rupiah. Upah tersebut bisa diperoleh per produk.

Misalnya produk affiliate yang Anda promosikan berhasil terjual sebanyak 10 buah. Jika komisi untuk 1 produk adalah 100 ribu, maka total keuntungan yang diperoleh adalah 10 x 100 ribu, yakni 1 juta rupiah.

Menariknya lagi, ada juga s“komisi kunjungan Tokopedia” di samping komisi transaksi reguler. Komisi kunjungan adalah bayaran atas kunjungan konsumen ke laman link afiliasi Anda. Besar upah tambahan ini sebesar 50 rupiah per 1 kali klik.

Akan tetapi, komisi kunjungan hanya berlaku di periode tertentu. Nominal pencapaian maksimumnya juga dibatasi per hari sekitar 25 ribu rupiah.

4 Tips Memaksimalkan Profit Tokopedia Affiliate

Tertarik mencoba join affiliate Tokopedia? Program ini memang sangat pas untuk Anda yang ingin mendapat cuan tambahan di waktu senggang. Anda bisa bekerja dari mana saja, tanpa modal (gratis) dan tentunya meraih pemasukan tanpa batas.

Namun ada 4 tips khusus untuk memaksimalkan profit affiliate Tokopedia Anda. Berikut tips dan trik yang wajib dilakukan supaya strategi affiliate Anda makin sukses:

1. Promosikan Produk yang Lagi Viral

Pertama, promosikanlah produk-produk yang sedang viral. Produk yang sedang naik daun biasanya lebih cepat laku sehingga Anda bisa mendapat komisi lebih cepat.

Namun Anda wajib menyimak perkembangan trend secara berkala supaya tahu produk apa saja yang tengah populer. Caranya cukup mudah. Rajin-rajinlah menyimak informasi dari sosmed, berita online, atau memanfaatkan tools seperti Google Trend.

2. Verifikasi Data Diri Sebelum Menarik Komisi

Beberapa orang gagal menarik komisi karena belum memverifikasi diri di Tokped. Aturan ini merupakan syarat wajib bagi semua afiliator.

Verifikasi akun Tokopedia untuk program affiliate dilakukan dengan cara scan KTP dan wajah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke akun Tokopedia Anda.
  2. Klik “Pengaturan” > “Keamanan Akun” > “Verifikasi Diri”.
  3. Siapkan KTP dan scan sesuai petunjuk.
  4. Lanjutkan dengan verifikasi wajah (post foto selfie).
  5. Klik submit.

Proses verifikasi akan berlangsung paling lama 1 x 24 jam. Setelahnya, barulah akun Anda dinyatakan aktif dan siap untuk digunakan berafiliasi.

3. Gunakan Strategi yang Sesuai Aturan

Setiap afiliator juga wajib mematuhi aturan klaim komisi Tokped affiliate. Salah satunya yang sering terlewatkan adalah: hanya bisa klaim komisi dari 5 transaksi dari 5 pelanggan berbeda per hari.

Semisal Anda memperoleh 7 transaksi dalam sehari. Alhasil hanya 5 yang tercatat sebagai pemasukan, dan 2 sisanya tidak.

Maka dari itu Anda perlu menyiasati aturan ini dengan strategi khusus. Contohnya seperti mengedepankan promosi produk-produk mahal agar nominal komisinya lebih besar.

4. Kemas Link sebagai Konten Soft Selling

Tips terakhir, gunakan kreativitas Anda dalam mempromosikan link. Anda bisa mengemas iklan dalam berbagai bentuk: video Reels/TikTok seru kekinian, caption copywriting menarik, artikel blog, thread Twitter dan seterusnya.

Cari tahu juga kebutuhan calon konsumen Anda supaya isi iklan lebih memikat sekaligus tepat sasaran. Hindari memposting terlalu banyak link affiliate dalam sehari karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain (spam).

Bonus: Cara Mendaftar Tokopedia Affiliate via Aplikasi

Setelah mengetahui tips dan trik sukses berafiliasi di Tokopedia, kini tibalah waktunya mendaftarkan diri sebagai afiliator!

Anda bisa bergabung ke program affiliate marketing Tokopedia melalui aplikasi ecommerce resminya. Berikut tutorial lengkap cara mendaftar affiliate Tokopedia:

  1. Instal aplikasi Tokopedia di Google Play Store (android) atau Apple AppStore (iOS).
  2. Buat akun pengguna baru (kalau belum punya akun). Anda juga bisa log in ke akun yang telah dimiliki.
  3. Anda akan tiba di beranda Tokopedia.
  4. Klik “Semua Kategori”.
  5. Pilih menu “Tokopedia Affiliate”.
  6. Pencet tombol “Daftar Sekarang”.
  7. Isi lengkap data diri akun sosial media yang dimiliki. Akun-akun inilah yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan link affiliate. Pilihan akunnya ada banyak, seperti FB, IG, TikTok, YouTube, dan opsi “Tambah Media Sosial” untuk memilih platform lain.
  8. Jika sudah, pencet tombol “Selanjutnya”.
  9. Baca syarat dan ketentuan program affiliate Tokopedia > beri tanda centang pada boks “Saya sudah membaca dan setuju”.
  10. Klik “Daftar”.

Selesai! Anda akan langsung resmi terdaftar sebagai member affiliate Tokopedia dan mendapat dashboard khusus berisi rincian pendapatan, jumlah transaksi affiliate dan riwayat konversi/penarikan saldo.

Cara Mempromosikan Link Tokopedia Affiliate

Berikutnya adalah cara mempromosikan produk sebagai afiliator. Berikut langkah mudah mencari dan mengiklankan link affiliate Tokped yang bisa Anda coba:

  1. Anda bisa mempromosikan banyak produk sesuai keinginan, termasuk di antaranya:
  • Produk yang pernah dibeli dari menu riwayat transaksi.
  • Produk dalam daftar wishlist atau like.
  • Produk-produk di etalase toko berlabel PM (Power Merchant), PM Pro (Power Merchant Pro), dan Official Store.
  1. Perhatikan bahwa hanya transaksi afiliate dari produk-produk di poin 1 sajalah yang berhak mendapat komisi. Anda tidak bisa mempromosikan barang dagangan di toko sendiri sebagai afiliator.
  2. Pilih produk yang mau dipromosikan.
  3. Masuk ke halaman katalog produk.
  4. Pencet ikon berbagi atau share.
  5. Pilih opsi “sosial media”.
  6. Salin dan tempel link produk sebagai caption sosmed.
  7. Unggah postingan tersebut. Selesai!

Jangan lupa juga untuk mengecek laman report di dashboard affiliate secara berkala, ya. Seluruh laporan hasil penjualan beserta komisinya akan langsung ditampilkan otomatis di sini.

Demikianlah pembahasan seputar cara daftar Tokopedia affiliate beserta tips-tips sukses menjalaninya. Bagaimana, sudah siap mencoba program afiliasi ini? Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore & AppStore) untuk baca gratis artikel-artikel terbarunya! Sampai bertemu lagi.

Apa Itu Affiliate Lazada? Ini Cara Daftar & Tarik Komisinya!

0
affiliate-lazada

Saat ini ada banyak cara memperoleh uang gratis dari internet yang bisa Anda coba seperti Lazada Affiliate. Program ini menjanjikan komisi berlimpah hingga 15% per transaksi, lho!

Lazada adalah salah satu marketplace ternama di Indonesia. Namun tidak hanya sebagai tempat belanja online, Lazada juga menyediakan lapangan pekerjaan yang mudah untuk mendapat uang tambahan yakni “Lazada Affiliate”.

Penasaran bagaimana caranya bergabung ke program affiliate Lazada? Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait cara kerja, komisi dan tutorial pendaftaran Lazada affiliate di sini.

Cara Kerja Affiliate Lazada

affiliate-lazada-1

Cara kerja affiliate Lazada hampir mirip seperti program marketing afiliasi pada umumnya.

Tugas Anda hanyalah membagikan link produk kepada orang lain. Anda bisa menyebarkan berbagai tautan produk di sosial media atau via chat pada teman, keluarga, dan warganet lain.

Link produk afiliasi Lazada dikenal juga dengan nama “tracking link”. Tautan ini didesain khusus agar bisa mengarahkan calon pembeli ke halaman produk yang dipromosikan. Link dapat tetap aktif meski dikemas dalam berbagai bentuk konten pemasaran.

Selanjutnya Anda berhak menerima komisi jika ada orang yang membeli produk dari link yang Anda bagikan. Semakin banyak orang yang memesan maka semakin besar pula total komisi yang diraih. Pun seluruh progres penjualan, nominal saldo, invoice dan riwayat penarikan dapat dikelola mandiri di dashboard affiliate Lazada.

Jumlah Komisi Affiliate Lazada yang Menggiurkan

Berapa jumlah komisi yang ditawarkan oleh program afiliasi Lazada? Pertanyaan ini sering dicari oleh banyak orang.

Tak tanggung-tanggung, Lazada memberikan jumlah komisi affiliate yang terbesar hingga maksimal 15%. Besaran upah juga menyesuaikan dengan kategori produk yang dibeli, seperti pada tabel berikut:

Kategori Produk Lazada Komisi Lazada Affiliate
Pembeli Baru Pembeli Lama
Kebutuhan sehari-hari 7% 5%
Furnitur dan dekorasi rumah 7% 5%
Pakaian dan aksesoris fashion 7% 5%
Mainan anak-anak 7% 5%
Peralatan olahraga dan outdoor 7% 5%
Tas dan peralatan travel 7% 5%
Perkakas dan DIY 7% 5%
Perabotan kasur, kamar tidur, dan kamar mandi 7% 5%
Perabotan dapur dan makan 7% 5%
Kesehatan dan kecantikan 7% 5%
Laundry dan alat-alat kebersihan 7% 5%
ATK 7% 5%
Perawatan hewan 7% 5%
Buku, musik dan hiburan 7% 5%
Kebutuhan ibu dan bayi 3% 2%
Kebutuhan rumah tangga 3% 2%
Kamera 3% 2%
Laptop dan komputer 3% 2%
Televisi, smart-gadget (smart watch), game online, audio/video 3% 2%
Digital goods (streaming, ebook, voucher, dll) 3% 2%
Smartphone dan tablet 2% 1%
Sepeda motor 1,5% 1%

 

Affiliator juga tidak dibatasi dalam mempromosikan produk kategori apa saja. Misalnya Anda mempromosikan link produk laptop (3%), furnitur (7%) dan kitchen (5%). Jika ada konsumen yang membeli dari seluruh link, otomatis Anda langsung menerima komisi total 15%.

Tentunya program ini jauh lebih menguntungkan dibanding affiliate lain dengan persentase komisi tetap (standar; flat).

Kapan Komisi Affiliate Lazada Cair?

Komisi affiliate akan langsung dicairkan ke rekening bank Anda paling lama (maksimal) 21 hari pasca penarikan di setiap bulan. Akan tetapi, saldo Anda harus memenuhi jumlah syarat minimal terlebih dahulu:

  • Transfer lokal ke rekening bank: minimal 350 ribu rupiah (IDR)
  • Transfer internasional (bank luar): minimal 100 USD/EUR/GBP atau setara 1,5 juta rupiah (IDR).

Jika saldo affiliate belum memenuhi target, maka komisi Anda akan tetap tertahan dan diakumulasikan dengan pendapatan di bulan selanjutnya. Begitu seterusnya hingga saldo mencukupi.

Cara Cepat Mencairkan Komisi Affiliate Lazada

affiliate-lazada

Sistem Lazada secara otomatis memvalidasi transaksi yang Anda peroleh beserta persenan komisinya. Anda bisa mengecek jumlah saldo pemasukan secara praktis lewat dashboard Lazada Affiliate.

Sedangkan cara mencairkan komisi di Lazada adalah sebagai berikut:

  1. Anda akan mendapat notifikasi pesanan baru beserta nominal komisi ketika ada konsumen yang membeli produk lewat link Anda. Status dana Anda dalam tahap ini adalah ‘PENDING’.
  2. Seluruh komisi yang masuk divalidasi dan direkap oleh sistem.
  3. Apabila transaksi sukses terselesaikan, status dana akan berubah menjadi ‘APPROVED’ dan masuk ke dashboard. Jika sebaliknya, komisi akan berstatus ‘FAILED’ dan tidak terhitung.
  4. Rekapan invoice afiliasi akan muncul otomatis di dashboard setiap bulan.
  5. Untuk memulai penarikan, masukkan rekening bank Anda terlebih dahulu ke menu yang tersedia di dashboard.
  6. Komisi yang telah memenuhi syarat akan langsung ditransfer otomatis ke rekening paling lama 21 hari usai pencairan.

Tutorial Bergabung ke Lazada Affiliate untuk Pemula

Program afiliasi Lazada terbukti sangat menguntungkan sekali bukan? Nah untuk Anda yang tertarik bergabung bisa langsung mencoba tutorial mendaftar affiliate Lazada berikut ini:

  1. Buka browser Anda di smartphone atau laptop.
  2. Klik halaman program Lazada Affiliate di https://adsense.lazada.co.id/.
  3. Login ke akun Lazada Anda.
  4. Apabila belum memiliki akun Lazada, Anda dapat mendaftarkan diri dengan mengklik tombol “Sign Up”. Lengkapilah data diri Anda di form dan klik “Daftar”.
  5. Anda akan diarahkan otomatis ke laman registrasi Lazada Affiliate. Begitu Anda memulai proses pendaftaran ini, sistem akan mengirimkan kode verifikasi otomatis ke email Anda yang terhubung dengan akun Lazada.
  6. Masukkan email dan kode verifikasi tersebut, lalu klik “Continue”.
  7. Lanjutkan dengan melengkapi identitas diri sebenar-benarnya di kolom “Basic Information”. Identitas ini mencakup:
  • Nama depan dan nama belakang (sesuai KTP).
  • Member type (Anda bisa pilih ‘Individual’).
  • Tanggal lahir.
  • Gender
  • Bukti identitas diri (KTP).
  1. Klik “Continue” jika seluruh data diri telah terisi lengkap.
  2. Pilih jenis akun yang akan digunakan untuk menyebarkan link afiliasi (sosial media, blog atau website). Masukkan juga link URL username sosmed/blog/website Anda.
  3. Terakhir, baca seluruh syarat dan ketentuan afiliator Lazada lalu klik “Submit Now”.

Seluruh data akan diproses dan divalidasi kembali oleh tim. Tunggu sejenak hingga muncul notifikasi pendaftaran telah sukses dilakukan. Setelah itu barulah Anda bisa memilih produk dan membagikannya ke sosial media/web/blog dan sejenisnya.

Anda juga dapat langsung mencantumkan informasi bank untuk menarik komisi saat proses pendaftaran. Namun langkah ini bersifat opsional, Anda bisa mengisinya nanti kalau saat ini masih belum mempunyai rekening bank sendiri. Selamat mencoba!

Demikianlah serba-serbi lengkap seputar cara kerja, jumlah komisi beserta cara pendaftaran program affiliate Lazada. Sangat mudah, bukan? Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips dan trik bisnis online kekinian lainnya hanya dari MARKEY. Yuk baca gratis ratusan artikelnya sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

0
jualan-online-yang-lagi-hits

Apa ide jualan online yang lagi hits di tahun ini? Nah, artikel kali ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis online kekinian!

Membuka bisnis online dapat menjadi strategi yang baik untuk menambah pemasukan. Masalahnya, masih banyak orang bingung menentukan ide atau produk jualan yang terbaik.

Apakah Anda juga mengalami kendala serupa? Tenang, kami sudah merangkum ide-ide jualan online terbaik yang lagi viral di tahun ini. Semuanya bisa langsung Anda coba dari rumah tanpa perlu mengumpulkan banyak modal.

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits dan Beromset Besar, Wajib Coba!

jualan-online-yang-lagi-hits

Inilah dia 15 ide jualan online yang lagi hits, menjanjikan omset besar, dan bisa dimulai tanpa banyak modal di tahun ini. Yuk langsung disimak bersama listnya!

1. Frozen Nugget Ayam Sayur

Ide jualan online pertama adalah frozen nugget ayam sayur. Lauk olahan satu ini mulai menjadi buah bibir di sosial media karena praktis dan bergizi tinggi. Menu ini juga membantu para ibu untuk membiasakan anak-anak mereka mengonsumsi sayuran.

Nugget ayam sayur bisa Anda buat sendiri di rumah lalu jual online di sosmed. Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan sehari-hari: cukup blender daging ayam cincang dengan aneka sayur-mayur sesuai selera Anda.

Selanjutnya, bentuk nugget menjadi bola atau kotak dan bekukan di freezer. Packing nugget ke dalam plastik yang bersegel kuat agar produk tidak rusak selama proses pengiriman.

2. Camilan Korea Beku (Tteokbokki, Corndog, Hottang, Dll)

Film drama Korea tidak hanya membuat para penontonnya baper, tetapi juga ngiler ingin mencoba makanan-makanan khas yang ditampilkan seperti corndog, tteokbokki, hottang, dan ramen. Kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea hanya untuk mencicipi makanan tersebut.

Kini sudah ada banyak resep camilan Korea lezat yang bisa dibuat memakai bahan-bahan lokal. Mirip seperti ide sebelumnya, Anda bisa membuat sendiri camilan Korea dan menjualnya dalam bentuk beku (frozen).

3. Jualan Aplikasi Premium

Berikutnya ada ide jualan online berupa aplikasi premium, seperti Netflix, Spotify, dan Canva. Bisnis ini sangat mudah dijalankan secara online serta tidak memakan banyak modal.

Layanan-layanan streaming memang sedang banyak diminati, namun, tidak semua orang mengerti cara berlangganannya. Ada juga yang tidak bisa memakai app prem karena tidak memiliki kartu kredit sebagai syarat berlangganan.

Di sinilah peluang Anda untuk menjadi jasa subscription aplikasi premium. Misalnya membuka sharing akun streaming dengan harga murah per bulan.

4. Sarung Bantal dan Seprei Aesthetic

Item dekorasi dan furnitur rumah tangga juga tidak ketinggalan dari list ini. Aneka sarung bantal, seprei serta selimut aesthetic mulai menjadi incaran di berbagai ecommerce, lho!

Permintaan atas seprei dan sarung bantal aesthetic mencuat akibat konten-konten bedroom make-over yang viral di sosial media. Konsumen, khususnya anak muda, mulai tertarik mendekorasi kamar tidur mereka supaya terlihat lebih rapi, minimalis serta estetik seperti di film-film.

Selain itu, penjualan sarung bantal juga semakin menjanjikan setelah tumbuhnya kepekaan warga terhadap kesehatan kulit. Orang-orang membeli banyak sarung dan seprei supaya mereka bisa rajin mengganti alas tidur untuk menghindari jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Wewangian (Parfum, Scented Candle, Essential Oil)

Rekomendasi produk hits berikutnya adalah aneka wewangian seperti parfum, essential oil dan scented candle. Produk wewangian ini bermanfaat sebagai pengharum badan, ruangan, mobil, hingga metode relaksasi.

Sayangnya, memproduksi item wewangian sendiri masih cukup sulit. Namun tidak perlu bersedih, Anda masih bisa berjualan aneka parfum melalui metode reseller di online shop.

6. Skincare

Siapa yang tidak mengenal produk-produk skincare? Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas pecinta skincare dari berbagai kalangan. Alhasil bisa dikatakan bahwa skincare sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat kekinian.

Omset bisnis ini juga tidak main-main. Sudah banyak orang sukses mendapat pemasukan ribaun hingga jutaan dari berjualan skincare di ecommerce. Anda sendiri dapat mencoba memasarkan aneka produk kosmetik dari brand lokal maupun luar.

Namun jangan lupa untuk mempelajari isi kandungan skincare dan mencocokkannya dengan kebutuhan konsumen Anda supaya proses pemasaran berlangsung tepat sasaran.

7. Rice Bowl

Untuk Anda yang punya hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba ide jualan online yang lagi viral ini: bisnis rice bowl. Rice bowl adalah paket mangkuk nasi lengkap dengan aneka lauk pauk di dalamnya.

Makanan ini banyak diburu karena praktis, bergizi, dan bisa disantap sebagai sarapan, bekal makan siang, ataupun makan malam yang murah. Anda dapat memasarkan aneka menu rice bowl buatan rumah di sosmed/ecommerce, lalu menjualnya dengan sistem online delivery.

8. Fashion (Pakaian dan Aksesoris)

Fashion adalah ide jualan online yang lagi hits yang wajib Anda coba. Mengapa? Banyak survey digital marketing membuktikan bahwa bisnis fashion tidak pernah mati di masyarakat, termasuk ketika pandemi Covid-19 melanda dunia akhir-akhir ini.

Hal ini masuk akal mengingat pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Alhasil tidak heran jika usaha-usaha fashion dapat meraup untung hingga puluhan juta dengan mudah. Apalagi perkembangan sosmed dan ecommerce kekinian turut mempermudah pemasaran produk fashion saat ini.

Meski begitu, bisnis ini bisa sangat menantang karena perkembangan trend fashion yang super cepat. Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba menjual produk-produk fashion seperti:

  • Busana wanita (blouse, kulot, dress, dll).
  • Kaos dan kemeja untuk pria.
  • Aneka celana jeans dan kain.
  • Pakaian anak-anak.
  • Baju setelan (seragam), hoodie, jaket.
  • Aksesoris pendukung pakaian (syal, pin, cardigan, sepatu, sandal, cincin, kalung, dll).

9. Snack Kiloan

Warga Indonesia terkenal sebagai juaranya ngemil. Camilan selalu menjadi pilihan terbaik untuk menemani waktu kerja, belajar, atau bersantai. Dengan kata lain, Anda punya peluang besar untuk berbisnis snack camilan kiloan.

Snack kiloan mulai viral karena menawarkan porsi besar dengan harga murah. Ragam varian camilan besar ini juga banyak, mulai dari snack yang gurih, pedas hingga manis. Beberapa contoh snack kiloan yang sedang populer saat ini adalah:

  • Biskuit cokelat seperti oreo crumbs.
  • Mie lidi pedas.
  • Makaroni asin dan pedas.
  • Kue-kue kering.
  • Kerupuk ikan.
  • Keripik kulit ayam, dan masih banyak lagi.

10. Frozen Instant Food (Seblak, Baso Aci, Dll)

Menjual aneka frozen instant food seperti seblak, baso aci, cimol dan mie juga merupakan ide jualan online yang lagi hits. Anda bisa menemukan banyak distributor frozen food di e-commerce yang produknya bebas dijual kembali.

Ide bisnis ini pun dijamin laris manis, sebab semua orang suka menyantap makanan siap saji yang murah meriah. Data dari Google Trend juga memperlihatkan bahwa penjualan frozen food selalu stabil dari tahun ke tahun.

11. Merchandise K-Pop dan Anime

Masyarakat Indonesia tengah dilanda demam K-Pop dan anime. Jadi mengapa tidak memanfaatkan fenomena ini dengan berjualan merchandise K-pop dan anime?

Merchandise atau pernak-pernik fandom menjadi item yang wajib dikoleksi oleh para remaja kekinian. Ada banyak sekali contoh merch K-pop dan anime yang bisa Anda buat sendiri dan jual, seperti:

  • Totebag custom.
  • Photocards
  • Standee akrilik.
  • Boneka
  • Lightstick K-pop.
  • Kaos anime.
  • Album, sticker, pin, case hp dan lain-lain.

Namun Anda harus stay up to date agar tidak ketinggalan info item K-pop dan anime yang sedang hits saat ini. Selain itu, buatlah merchandise yang berkualitas supaya produk Anda tidak mengecewakan konsumen.

12. Reseller Case HP Custom

Pesatnya perkembangan smartphone android dan iOS melahirkan kebutuhan berupa casing HP custom, khususnya dari konsumen milenial. Case HP lucu menjadi item tambahan wajib untuk melindungi ponsel sekaligus meningkatkan nilai estetikanya.

Anda bisa memulai bisnis case HP dengan menjadi reseller atau dropshipper. Cukup cari distributor casing yang menarik di e-commerce, kemudian pasarkan ulang produk-produk mereka dengan harga baru. Disarankan untuk berjualan di e-commerce atau sosmed karena lebih mudah dijangkau pembeli.

13. Es “Kopsu” (Kopi Susu) Kekinian

Es “Kopsu” (kopi susu) juga masuk ke list rekomendasi ide jualan online yang lagi hits tahun ini. Minuman segar dan manis ini mulai ramai diminati masyarakat terutama semenjak pandemi.

Bagusnya lagi, peluang bisnis es kopsu tidak memerlukan banyak modal. Anda tidak perlu repot membuka kedai mewah, cukup buat minumannya di rumah sesuai resep lalu pasarkan secara online.

Anda juga bisa menjual es kopsu rumahan di aplikasi food delivery untuk mempermudah konsumen saat memesan.

14. Hijab Pashmina

Selain fashion umum, Anda juga bisa meraup banyak cuan dengan menjual hijab pashmina. Produk ini sangat diminati oleh wanita-wanita Muslim se-Indonesia mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Hijab pashmina menjadi viral karena kualitasnya yang premium, lembut, dan murah harganya. Warna-warni kain hijab yang tersedia juga cukup beragam dan menarik seperti warna pastel. Alhasil tak heran kalau produk ini selalu diburu oleh masyarakat baik di hari biasa maupun menjelang hari raya Idul Fitri.

15. Endorse ala Content Creator

Ide jualan online yang lagi hits terakhir adalah menjadi content creator lalu mengumpulkan adsense dan endorse. Selain menguntungkan, profesi ini juga sangat menyenangkan, lho.

Pasalnya, Anda bisa berkarya sesuai passion sembari berjualan produk alias melakukan endorsement. Keuntungan Anda pun bisa berlipat ganda dari iklan adsense serta jualan endorse. Belum lagi kesempatan emas lain yang mungkin Anda peroleh seperti menjadi brand ambassador.

Tertarik mencoba? Nah, Anda bisa mulai dengan membuat konten edukatif atau lucu sesuai passion masing-masing.

Misalnya Anda mencintai dunia skincare dan kosmetik. Maka dari itu, Anda bisa mulai berkonten dengan mereview produk-produk skincare populer. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mulai memasarkan produk dalam video (seperti TikTok affiliate) atau merilis brand skincare sendiri.

Demikianlah 15 ide jualan online yang lagi hits dan bisa Anda coba dari rumah. Gali juga beragam tips dan trik digital marketing sukses di MARKEY supaya bisnis online Anda lebih lancar! Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

0
cara foto makanan untuk jualan online

Ingin bisnis makanan Anda kebanjiran order? Ikuti 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini, dijamin bikin konsumen tergoda mencicipi!

Tampilan makanan dan minuman yang lezat selalu ampuh memikat perhatian konsumen. Kesegaran komposisi makanan dapat dengan mudah memicu rasa lapar sehingga orang-orang tertarik memesan di resto Anda.

Maka dari itu, memfoto produk makanan tidak bisa sembarangan. Buat yang belum tahu bagaimana cara foto makanan untuk jualan online, berikut kami punya tips rahasianya secara lengkap. Yuk langsung disimak!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online dengan Smartphone

cara-foto-makanan-untuk-jualan-online

Membuat katalog makanan yang bagus sekarang tidak mesti menggunakan kamera DSLR canggih. Cukup gunakan smartphone Anda saja dibarengi 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini:

1. Foto Makanan yang Masih Segar atau Panas

Tips pertama, fotolah makanan yang masih segar atau masih panas, alias, baru keluar dari kompor. Kondisi makanan yang segar tentu akan menjadikan foto katalog lebih menggugah selera. Anda sendiri pastinya lebih menikmati makanan yang masih panas daripada dingin dan melempem, bukan?

2. Sajikan dalam Porsi Kecil

Sangat disarankan untuk memfoto makanan dalam porsi yang kecil atau secukupnya saja. Audiens bisa lebih gampang fokus menikmati foto hidangan yang porsinya pas.

Bahkan ada juga fotografer makanan yang meyakini, “Semakin sedikit sajian makanan di piring, maka semakin baik.” Anda juga bisa menambahkan properti seperti sendok dan garpu di sekitar piring agar hasil foto tidak terlalu sepi.

3. Utamakan Pencahayaan Alami

Gunakan pencahayaan alami (sinar matahari) supaya hasil foto makanan tampak natural dan memikat. Namun jika situasi tidak memungkinkan, Anda dapat menyiasatinya dengan cahaya lampu dan reflector.

Jangan pernah menggunakan flash kamera karena akan menjadikan foto terlalu terang, susah diedit, dan kurang alami. Lebih baik soroti objek dengan lampu, lalu perbaiki pencahayaannya di aplikasi pengedit foto seperti Photoshop.

4. Maksimalkan Cahaya dengan White Paper

Sudah menggunakan cahaya alami tapi masih ada bayang-bayang gelap? Tenang, Anda bisa memaksimalkan kualitas sinar dengan kertas putih (white paper).

White paper terbukti ampuh mengurangi bayangan yang timbul akibat pencahayaan alami yang terlalu keras dari satu arah. Pasang kertas di bawah objek (sebagai background), lalu ia akan memantulkan sinar dan menghapus bayang-bayang objek di foto.

5. Sisakan Ruang dalam Foto

Salah satu kesalahan umum ketika membuat foto katalog makanan adalah tidak memberikan ruang (space). Sebaiknya berikan ruang kosong di sisi kiri, kanan, atas dan bawah untuk memudahkan proses editing foto seperti men-crop atau menyisipkan tulisan.

6. Tentukan Angle Foto

Angle atau sudut pengambilan gambar selalu menjadi pertimbangan dalam setiap pemotretan, termasuk foto makanan. Model angle foto pun bisa bermacam-macam, seperti landscape, potrait, atau miring dalam beberapa derajat saja.

Lalu bagaimana cara menentukan angle foto yang bagus? Sejatinya tidak ada aturan baku mengenai bentuk angle yang pas. Fotograferlah yang berhak menentukan sudut kemiringan pengambilan gambar masing-masing.

Namun untuk pemula, Anda bisa menentukan angle gambar dengan cara sederhana berikut:

  1. Posisikan makanan di bagian tengah kamera.
  2. Untuk mempermudah, aktifkan mode grid di kamera, lalu posisikan menu di kotak bagian tengah.
  3. Jepret gambar dan lakukan cropping sesuai kebutuhan.
  4. Lakukan eksplorasi dengan mencoba memotret menu dari berbagai sisi: atas, sisi kanan, kiri, agak miring, tegak lurus, dan lain-lain.

7. Pakai Rumus KKB (Kanan Kiri Belakang)

Rumus KKB (kanan, kiri dan belakang) adalah cara foto makanan untuk jualan online yang populer diterapkan. Seperti apa trik KKB ini?

KKB adalah rincian jarak proporsional untuk foto produk, yaitu kiri 9 cm, kanan 3 cm dan belakang 12 cm. Angka-angka ini masih bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, angle, dan tingkat ketajaman cahaya yang digunakan.

Namun jangan sampai Anda memotret makanan dari depan karena hasilnya cenderung kurang baik.

8. Tonjolkan Komposisi Makanan

Cara foto makanan untuk jualan online yang berikutnya adalah dengan menonjolkan komposisi menu Anda. Misalnya Anda memfoto minuman es kopi susu. Di sekitar gelas es kopi susu tersebut, Anda dapat meletakkan bahan-bahan dasarnya yakni biji kopi.

Atau Anda ingin mempromosikan camilan pie buah. Supaya foto lebih memikat, usahakan buah-buah lezat sebagai topping pie tersorot kamera dengan sempurna.

9. Potret dari Atas

Anda boleh memfoto menu dari sisi mana saja, namun angle terbaik tetaplah dari atas. Banyak orang sudah membuktikan teori ini.

Pengambilan foto makanan dari sisi atas akan menjadikan hasil jepretan lebih jelas, detil dan menyeluruh. Anda dapat mengaplikasikan cara ini untuk berbagai item makanan, seperti sop, kopi, mie, kue-kue, buah, pizza dan seterusnya.

Khusus hamburger, lebih disarankan untuk menjepretnya dari sisi samping agar komposisi dan kelezatannya lebih mudah tertangkap kamera.

10. Mainkan Fitur Kamera Smartphone

Hampir semua smartphone kekinian memiliki fitur kamera lengkap dan canggih. Pun tak jarang fitur-fitur tersebut berkualitas setara dengan kamera profesional.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali seluruh fitur yang ada di kamera ponsel Anda sebelum memotret. Beberapa fitur kamera HP yang sering digunakan untuk memfoto produk makanan adalah:

  • Grid: membantu menempatkan objek di tengah frame foto.
  • Aspek ratio: perbandingan panjang dan lebar foto.
  • Titik fokus: memfokuskan cahaya dan eksposur pada objek utama.
  • HDR: menjadikan hasil foto tampak lebih terang dan hidup.
  • Scene: berisi filter bawaan untuk memaksimalkan kualitas jepretan foto.
  • Mode manual: mengaktifkan ISO, bukaan lensa dan kecepatan rana.
  • Dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda temukan, tergantung pada merk smartphone masing-masing.

Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan lensa kamera supaya tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Dengan begini hasil foto Anda bisa jadi lebih jernih.

11. Pakai Fitur Wide Lens

Salah satu fitur yang direkomendasikan untuk fotografi makanan adalah wide lens (lensa wide). Fitur wide lens akan menjaga resolusi gambar supaya tidak mudah pecah ketika di-zoom. Anda wajib memanfaatkannya, terutama untuk memotret detil isian makanan dalam jarak dekat.

12. Jepret Saat Chef Beraksi

Beberapa orang berkreasi dengan menambahkan sedikit ‘aksi’ dalam foto makanan mereka. Strategi ini dapat menambah daya tarik foto serta keinginan konsumen untuk mencicipi makanan Anda.

Aksi yang dimaksud pun bisa beragam. Misalnya foto ilustrasi tangan sedang memarut keju di atas cheese cake; tangan barista yang membentuk latte art di kopi susu hangat; atau chef yang meniriskan ayam goreng krispi dari wajan penggorengan.

13. Buat Dekor Simpel di Sekitar Objek Utama

Berikan dekorasi simpel di sekitar hidangan Anda agar hasil foto tampak lebih menarik. Anda dapat menambahkan alat peraga sederhana saja, seperti pisau, sendok, sumpit atau garpu.

Yang terpenting adalah menyesuaikan dekorasi dengan tema foto katalog makanan. Misalnya foto Sushi ala Jepang dilengkapi dengan seperangkat sumpit dan piring kecil berisi saus Wasabi.

Selain itu, atur juga jarak antar alat peraga agar tidak terlalu dekat atau jauh dari menu utama. Singkirkan objek-objek lain yang tidak relevan supaya tidak mengganggu pemandangan.

Tips tambahan :

  • Pakai alat peraga yang sederhana, bermotif polos dan tidak mencolok. Jangan sampai perhatian audiens justru teralihkan dari makanan ke alat peraga.

14. Terapkan Filter Terbaik

Anda boleh saja menggunakan filter saat memfoto hidangan. Akan tetapi, jangan pakai filter yang terlalu kaya efek atau kontras karena dapat mengubah wujud menu secara drastis. Contohnya seperti filter B&W (Black and White), Sepia, Vintage, dan lain-lain.

Pilihlah filter yang bisa memperbaiki warna, cahaya, atau mempertajam fokus objek. Misalnya seperti efek HDR.

15. Selalu Gunakan Latar yang Simpel

Cara foto makanan untuk jualan online yang terakhir adalah selalu menggunakan latar yang simpel. Hindari pemakaian background yang ramai, penuh pernak-pernik, atau terlalu warna-warni karena dapat mengaburkan fokus pada objek utama.

Sedangkan background yang polos dan bersih dapat mempertajam fokus menu. Alhasil katalog Anda bisa lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

Nah, itulah 15 cara foto makanan untuk jualan online yang bisa Anda coba. Segera praktekkan tips-tips di atas agar foto katalog makanan Anda lebih kuat memikat konsumen, ya. Selamat mencoba!

Temukan juga lebih banyak tips, inspirasi dan inovasi menarik bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Seperti Apa Perencanaan Promosi yang Akurat? Ini 8 Tipsnya!

0
perencanaan promosi

Perencanaan promosi harus dipersiapkan dengan matang agar bisnis online Anda lebih cepat menarik keuntungan. Nah, berikut ini juga ada 8 tips perencanaan promosi bisnis online terbaik yang wajib Anda coba!

Semua usaha pasti perlu melakukan promosi, termasuk toko-toko online. Hanya dengan cara inilah produk atau jasa online Anda lebih cepat dikenal masyarakat.

Sayangnya, tidak semua orang menguasai cara menyusun strategi promosi yang tepat dan menghasilkan. Apakah Anda juga masih bingung?

Tenang, inilah ulasan lengkap cara membuat rencana promosi olshop yang sudah terbukti ampuh menggaet konsumen. Yuk langsung scroll ke bawah!

Apa Itu Perencanaan Promosi?

Perencanaan promosi adalah serangkaian proses optimalisasi strategi dan sumber daya marketing Anda. Adapun tujuan perencanaan promosi adalah meningkatkan jumlah pembelian produk/jasa sehingga perusahaan dapat mencapai goals yang diinginkan.

Selain itu, rencana promosi juga membantu menciptakan strategi marketing yang efisien dan tepat sasaran. Bisnis dengan strategi promosi yang baik cenderung terhindar dari pemborosan biaya serta masalah-masalah marketing lainnya.

8 Langkah Perencanaan Promosi Bisnis Online Anti Gagal

perencanaan-promosi

Sudah siap menyusun rencana promosi bisnis? Masih bingung darimana sebaiknya mulai menyusun sebuah rencana promosi?

Gunakan pedoman lengkap berikut ini agar strategi promosi Anda kian tepat sasaran, yuk simak sampai habis!

1. Menganalisis Kebutuhan Promosi

Tahap paling pertama dalam membuat rencana promosi adalah menentukan kebutuhan pemasaran Anda. Masih banyak orang melewatkan step ini, sehingga promosi menjadi kurang terarah serta tidak nampak hasilnya.

Kebutuhan promosi bisnis umumnya menyangkut:

  • Tipe jasa atau barang (produk) yang hendak dipromosikan.
  • Calon target konsumen atau audiens yang dituju oleh promosi.
  • Pesan atau informasi utama yang ingin disampaikan.
  • Alat-alat atau aplikasi analisis yang akan digunakan untuk mengukur hasil kampanye.
  • Jumlah anggaran biaya promosi.
  • Bentuk strategi promosi dan media yang hendak digunakan.
  • Durasi waktu promosi.
  • Hasil (goal) yang hendak dicapai melalui kampanye.

Dengan mengetahui seluruh informasi dasar ini, Anda dapat lebih mudah membayangkan alur promosi yang tepat sekaligus menghindari aksi pemborosan sumber daya marketing (waktu, biaya, dan tenaga).

2. Buat Goals Promosi

Langkah selanjutnya, susun target alias goals promosi Anda. Target dapat menjadi tolak ukur dalam proses evaluasi kampanye nantinya.

Semisal goal promosi Anda adalah menjual 500 produk seminggu. Kemudian, Anda bisa mengecek keberhasilan promosi dengan mencocokkan angka penjualan yang diperoleh usai kampanye. Jika transaksi mencapai 500 (sesuai goal) atau bahkan lebih, itu artinya promosi Anda berjalan sukses begitupun sebaliknya.

Target kampanye bisa berbeda-beda sesuai keinginan Anda selaku marketer. Beberapa contoh goal perencanaan promosi adalah :

  • Menambah jumlah followers.
  • Meningkatkan eksposur atau brand awareness bisnis.
  • Meningkatkan angka penjualan dan omset.
  • Mendorong transaksi dari konsumen lama.
  • Menjaring pembeli-pembeli baru.
  • Mengungguli kompetitor dengan meningkatkan jumlah pengguna produk/jasa.
  • Dan masih banyak lagi.

Tips tambahan :

  • Buatlah goal yang rinci dan konkret agar lebih mudah dijalankan dan dicapai.
  • Jangan menerapkan terlalu banyak target pemasaran karena dapat membuyarkan fokus promosi. Cukup pilih 2-3 target untuk setiap kampanye.
  • Sesuaikan bentuk dan strategi promosi dengan tujuan.

3. Merancang Perencanaan Promosi

Apabila Anda sudah mengetahui target dan kebutuhan promosi, kini tiba waktunya untuk merancang rencana pemasaran. Proses ini mencakup teknis kampanye yang akan dilakukan kelak.

3.1 Menentukan Durasi Promosi

Tentukan berapa lama waktu promosi yang ingin dilakukan. Setiap perusahaan memiliki timeline pemasaran yang berbeda-beda, tergantung pada goals yang hendak dicapai.

Semisal Anda ingin menambah awareness toko di masyarakat. Proses penumbuhan image bisnis tentu tidak bisa secepat kilat, sehingga Anda perlu melakukan promosi secara kontinyu dan lama.

Tapi kalau Anda ingin menjual produk dengan sistem flash sale atau diskon terbatas, proses pemasarannya bisa berlangsung lebih cepat.

Tips tambahan :

  • Tentukan juga waktu pengunggahan atau penayangan iklan Anda. Sebisa mungkin terbitkan iklan di prime time jam terbaik ketika konsumen paling aktif menyimak sebuah media.

3.2 Memilih Alat dan Media Promosi

Bagaimana konten promosi akan disebarkan ke audiens? Itulah yang menjadi fokus utama Anda di sini.

Saat ini ada banyak alat dan media yang dapat digunakan untuk berpromosi. Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus jeli dalam memilih.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran yang lebih cepat, luas dan murah, maka cobalah memakai media online seperti sosial media, website, email, ecommerce dan iklan online.

Namun kalau Anda ingin menjangkau target konsumen tertentu, menggunakan media pemasaran offline sejenis baliho, TV, koran dan brosur adalah pilihan terbaik.

Tips tambahan :

  • Selalu sesuaikan media pemasaran dengan target audiens Anda. Gaya pendekatan pada konsumen di desa dan kota tentu akan berbeda, begitu juga model iklan yang disukai remaja dan orang tua akan berlainan.

3.3 Personalisasi Pesan Promosi

Jangan lupa cantumkan pesan yang menggugah dalam setiap konten promosi Anda. Iklan Anda akan kurang menarik tanpa adanya pesan yang memikat.

Gunakan bahasa yang lugas dan to the point supaya isi pesan bisa langsung dipahami audiens. Anda juga dapat mengemas pesan memakai CTA (call to action) dan copywriting.

Tips tambahan :

  • Jadikan solusi masalah audiens sebagai pesan utama iklan. Misalnya, “Serum penyembuh jerawat 5x lebih cepat, bikin lebih pede depan doi!” atau “Mau makan enak akhir bulan? Cus ada promo beli 1 gratis 1 hanya hari ini!”

4. Merancang Budget Promosi

Merancang taktik promosi juga mencakup proses pembuatan budget yang efisien. Langkah ini sebaiknya jangan dilewatkan demi mencegah pemborosan dana.

Banyak bisnis berakhir gulung tikar akibat salah kaprah. Mereka menganggap memperbesar dana promosi sebagai bentuk optimalisasi marketing. Padahal hasil yang diperoleh belum tentu sebanding dengan biaya yang keluar.

Membakar terlalu banyak modal hanya untuk promosi dapat merusak sistem serta menghambat laju bisnis. Sebaiknya tentukanlah budget iklan dengan memperhitungkan hal-hal dasar seperti :

  • Laporan hasil pemasukan/pendapatan dari iklan.
  • Target pemasaran.
  • Durasi waktu pemasaran.
  • Media promosi.
  • Daya jangkau iklan.
  • Faktor-faktor tak terduga yang perlu diantisipasi oleh bisnis Anda.

Tips tambahan :

  • Manfaatkan aplikasi perancangan budget atau software akuntansi untuk mempermudah menyusun anggaran marketing.
  • Apabila Anda sudah pernah mengadakan kampanye iklan sebelumnya, gunakanlah laporan tersebut sebagai bahan referensi penyusunan budget berikutnya.

5. Belajar dari Kompetitor Bisnis

Tidak ada salahnya untuk belajar atau memetik inspirasi dari strategi iklan kompetitor. Langkah ini sangat disarankan, khususnya bagi pemula yang belum banyak memiliki pengalaman mengadakan kampanye.

Cobalah untuk mengamati para pesaing Anda, kemudian cari tahu cara mereka memasarkan produk/jasanya. Dari sini Anda dapat mengumpulkan lebih banyak ide atau trend yang sedang viral sebagai bahan inspirasi konten promosi.

Tips tambahan :

  • Anda boleh belajar dari pesaing, namun jangan sekali-kali mencontek konten mereka hingga mirip 100%. Tindakan ini merupakan aksi plagiat dan dapat merusak nama baik brand.
  • Pilihlah brand-brand yang memang setipe atau mempunyai niche bisnis sama dengan Anda. Ini karena target konsumen mereka pasti mirip dengan Anda sehingga pendekatan marketingnya jauh lebih pas.

6. Lakukan Uji Coba

Seluruh rancangan promosi Anda sudah hampir siap! Sekarang Anda perlu melakukan uji coba sebelum benar-benar memulai kampanye.

Mengapa perencanaan promosi wajib diuji coba? Tindakan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang tak disadari dalam iklan. Anda juga bisa segera memperbaiki masalah tersebut demi mencapai hasil akhir yang lebih baik.

Uji coba rencana marketing mencakup poin-poin berikut ini:

  • Efektivitas pemakaian budget modal.
  • Daya kemampuan konten memikat konsumen (baik itu copywriting deskripsinya, foto atau video iklan).
  • Tingkat respon audiens pada konten.
  • Keakuratan isi iklan (menghindari kesalahan ejaan, editing, dan memastikan tidak ada elemen dalam iklan yang bersifat menyinggung).

7. Mulai Berkampanye!

Inilah waktu yang kita tunggu-tunggu! Anda boleh mulai menjalankan kampanye begitu strategi promosi dinyatakan lolos proses uji coba.

Perhatikan juga lead time dan sell in time yang berlangsung selama masa promosi. Lead time adalah durasi yang dibutuhkan dari proses pemesanan bahan baku hingga kedatangannya.

Sementara sell in time adalah periode dari pertama kali konten iklan dirilis sampai terjadinya penjualan. Angka lead time bisa bersifat tetap maupun tidak, sedangkan persentase ukuran sell in time umumnya mencapai 90-95% transaksi.

8. Lakukan Evaluasi

Proses terakhir dari menyusun strategi promosi adalah melakukan evaluasi akhir. Evaluasi bertujuan untuk memeriksa ketercapaian target kampanye. Jika evaluasi menunjukkan hasil negatif, maka Anda perlu mengganti strategi pemasaran ke depannya—begitu juga sebaliknya.

Tips tambahan:

  • Manfaatkan aplikasi analisis manajemen untuk mempermudah mengolah data kampanye dengan akurat.
  • Gunakan target promosi sebagai acuan keberhasilan promosi.
  • Pilih metode perhitungan kuantitatif dalam evaluasi untuk memperoleh kesimpulan yang benar.
  • Disarankan untuk mengesampingkan faktor-faktor eksternal (di luar kendali bisnis) seperti bencana alam, resesi, permintaan musiman, dan lain-lain demi mendapat hasil yang objektif.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar perencanaan promosi bisnis online. Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera ramaikan online shop Anda dengan mencoba tips-tips di atas!

Gali lebih banyak tips, strategi dan inspirasi bisnis online gratis hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terbarunya sekarang juga di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sayonara!

9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis

0
Rencana pemasaran produk makanan

9 rencana pemasaran produk makanan online berikut ini sudah terbukti ampuh meningkatkan omset penjualan. Penasaran apa saja strateginya? Tenang, kami punya seluruh jawabannya lengkap untuk Anda di sini!

Berbisnis makanan tidak cukup dengan mengandalkan kekuatan rasa atau tampilan saja. Anda harus memiliki serangkaian rencana pemasaran produk makanan agar bisnis laris-manis diburu pembeli setiap hari.

Sayangnya, masih sedikit yang tahu cara mempromosikan bisnis makanan online yang menarik. Nah, 9 tips berikut ini dapat Anda jadikan pedoman baru dalam memasarkan produk makanan di toko online. Yuk langsung disimak!

9 Rencana Pemasaran Produk Makanan di Toko Online : Simpel, Murah dan Ampuh

rencana pemasaran produk makanan

Bisnis makanan online Anda masih terpantau sepi? Jangan khawatir, masih belum terlambat untuk memperbaiki keadaan.

Anda hanya perlu mengaplikasikan 9 rencana pemasaran produk makanan online simpel di bawah ini demi mendatangkan lebih banyak konsumen:

Baca juga : 15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

1. Mempelajari Target Konsumen

Mempelajari target konsumen adalah rencana pemasaran produk makanan yang harus dilakukan paling pertama. Anda wajib untuk sudah mengetahui siapa konsumen sasaran sebelum memulai promosi.

Mengapa begitu? Taktik pemasaran wajib menyesuaikan dengan target konsumen supaya berhasil memikat perhatian. Anda sendiri pasti juga tidak tertarik membeli makanan yang bukan selera Anda, ‘kan?

Setiap konsumen faktanya mempunyai selera makanan masing-masing. Semakin tepat metode promosi dan produk dengan keinginan masyarakat, otomatis semakin besar pula peluang mereka untuk berbelanja.

Beberapa hal yang wajib dicari tahu ketika mempelajari target konsumen adalah:

  • Lokasi/domisili konsumen.
  • Gender atau jenis kelamin.
  • Latar belakang (pekerjaan atau pendidikan).
  • Kebiasaan pola makan (apakah konsumen cenderung menikmati makanan pedas, bersantan, organik, dan lain-lain).
  • Gaya belanja (apakah konsumen lebih suka datang langsung ke resto atau pesan online).

2. Pakai Kemasan yang Eye Catching

Contoh sederhana lain dari rencana pemasaran produk makanan adalah kualitas kemasan produk. Banyak laporan di F&B (Food and Beverage) marketing menunjukkan keinginan masyarakat mencicipi makanan sangat dipengaruhi oleh baik-buruk bungkusnya.

Sering kali masyarakat ‘ragu-ragu’ mencoba cemilan karena bungkusnya yang tidak menarik. Padahal boleh jadi makanan tersebut sejatinya sangat lezat dan bergizi. Begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, yuk mulai coba mengemas produk makanan dengan bungkus yang menarik alias eye catching! Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan hanya karena penyajian produk yang kurang baik.

Namun tetap pastikan bungkus makanan Anda berfungsi sebagaimana harusnya. Kemasan harus menjaga makanan agar tetap bersih (steril), hangat/dingin, dan menampung seluruh isi makanan (tidak tumpah).

Tips tambahan:

  • Sesuaikan bentuk kemasan produk dengan karakteristik target konsumen. Semisal target pasar Anda adalah remaja/muda-mudi pengguna sosmed. Jadi, Anda bisa membuat desain packing produk yang aesthetic untuk difoto.

3. Gencarkan Promosi di Sosial Media

Hampir semua masyarakat zaman sekarang aktif di beragam sosmed seperti Instagram, TikTok, Twitter dan Facebook. Otomatis, Anda harus ikut aktif mempromosikan bisnis makanan di platform-platform tersebut agar cepat dilirik konsumen.

Menjajakan produk di sosmed juga salah satu strategi yang praktis. Anda hanya perlu membuat profil toko makanan, memposting katalog, lalu menerima order secara online. Bisnis Anda juga dapat lebih cepat terkenal karena disimak oleh jutaan pengguna sosmed di berbagai wilayah.

Tips tambahan :

  • Untuk mempermudah proses pemesanan, Anda dapat menautkan link ecommerce bisnis atau jasa antar online (food delivery).
  • Pastikan mengemas makanan dengan baik dan rapat agar produk tidak rusak selama proses pengiriman.
  • Pemasaran makanan kering/beku/tidak cepat basi mempunyai daya jangkau lebih luas ketimbang makanan yang sudah siap santap.

4. Buka Sistem Reseller dan Franchise

Tidak ingin repot memasarkan makanan buatan sendiri? Coba buka reseller dan franchise saja! Keduanya merupakan bentuk usaha kerjasama di bidang makanan yang sangat populer dan sudah terbukti menguntungkan, lho.

Bisnis makanan Anda akan sangat terbantu oleh tangan-tangan reseller dan franchise ini. Salah satunya, Anda tidak perlu pusing menyusun strategi pemasaran sendirian. Pihak reseller lah yang akan bergerak mempromosikan produk sekaligus menjualnya ke masyarakat luas.

Omset yang didapat juga bisa semakin tinggi mengikuti jumlah cabang franchise/reseller yang berhasil Anda miliki. Andaikan bisnis makanan Anda mempunyai 50 reseller di seluruh Indonesia; itu artinya, penjualan Anda sudah terdongkrak hingga 15x lipat dari biasa.

Tips tambahan :

  • Selalu lakukan seleksi yang ketat dan mendalam sebelum merekrut reseller atau menerima franchise. Cari tahu bagaimana latar belakang dari pihak yang akan diajak kerjasama demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
  • Sebaiknya buka franchise jika produk makanan Anda sudah mempunyai nama baik, terkenal, atau high demand di masyarakat.

5. Ciptakan Inovasi Makanan Baru

Tips berikutnya yang wajib dipraktekkan adalah menciptakan inovasi makanan baru. Ada banyak resep makanan kekinian sesuai trend yang bisa dimasak demi meraih cuan.

Resto yang sering berinovasi dan banyak punya varian makanan akan jauh lebih mudah mendatangkan konsumen. Pasalnya, masyarakat cenderung mudah terpancing rasa penasarannya jika disuguhi hidangan-hidangan baru.

Beberapa contoh inovasi makanan baru yang laris manis di sekitar kita yakni:

  • Mini tart cake ala Korea.
  • Ayam geprek pedas.
  • Mie pedas berlevel.
  • Risoles mayo keju.
  • Es embun nitrogen, dan masih banyak lagi.

6. Pakai Foto atau Video Produk yang Unik

Jangan lupa untuk mengunggah foto atau video makanan Anda sebagai bahan promosi. Pun bukan hanya sekadar foto/video biasa, tetapi postinglah konten yang terbaik, unik, sekaligus menggiurkan bagi pembeli.

Tampilan visual foto/video makanan yang menggugah selera dapat mendorong konsumen untuk segera memesan. Anda juga bisa menambahkan “bumbu-bumbu” berupa deskripsi copywriting, tagline, atau judul yang memikat perhatian audiens.

Tips tambahan:

  • Gunakan kamera berkualitas bagus ketika memfoto atau memvideokan makanan.
  • Pilih foto/video dengan resolusi yang jelas, jernih dan tidak pecah ketika di-zoom (HD).
  • Jangan mengedit foto/video terlalu banyak seperti menambahkan filter. Hal ini dapat mengubah wujud asli produk.
  • Posisikan objek foto/video secara proporsional agar tampilannya semakin baik.
  • Atur ukuran foto/video supaya pas dengan frame platform unggahan (Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dll).

7. Kerjasama dengan Influencer (Endorse)

Rencana pemasaran produk makanan dengan influencer juga efektif, khususnya untuk menambah brand awareness.

Para influencer dikenal mempunyai pengaruh besar untuk memperkenalkan produk makanan Anda ke masyarakat. Review mereka pun lebih mudah dipercaya, sehingga akan ada banyak orang yang tertarik mencoba berkunjung ke toko Anda.

Tips tambahan :

  • Pilihlah influencer yang memang sudah terkenal di bidang kuliner. Jangan mengendorse jasa selebriti yang tidak linier dengan bidang bisnis Anda, karena target pasarnya juga akan berbeda.

8. Join dan Update Google My Business

Di samping aktif berpromosi di sosmed, daftarkan pula resto Anda di Google My Business. Platform ini akan mempermudah bisnis ditemukan para pengguna Google.

Google My Business menyediakan fitur lengkap untuk memasarkan usaha makanan, mulai dari arah lokasi resto, rating dan testimoni konsumen, daftar menu, foto, hingga informasi jam operasional. Pelanggan Anda dijamin jadi lebih mudah untuk berkunjung.

9. Promosi ‘Out of the Box’

Rencana pemasaran produk makanan yang terakhir adalah mencoba promosi dengan gaya yag ‘out of the box’ alias super unik. Cara ini dapat mempermudah konten Anda menjadi viral, khususnya di dunia maya.

Salah satu contoh promosi out of the box adalah promo “I Do(n’t) Like Monday” dari Point Coffee. Melalui akun Instagramnya, mereka memancing rasa penasaran konsumen dengan menggelar kuis tebak menu yang diskon 50% di setiap hari Senin.

Strategi tersebut sangat ampuh menarik perhatian masyarakat sekaligus menambah jumlah followers. Masyarakat merasa ikut terlibat aktif dalam kuis serta tidak mau ketinggalan info diskon seru dari brand.

Tips tambahan:

  • Perbanyak gunakan kata-kata yang bisa membangkitkan emosi atau rasa penasaran audiens. Contohnya: “Borong 2 diskon 50%”, “Beli 2 gratis 1 lagi”, “Promo terbatas”, “Hanya hari ini”, dan lain-lain.
  • Ajak pemirsa terlibat aktif dalam konten, seperti mendorong mereka memberikan komentar, like, share, atau mengadakan giveaway dan kuis kecil.
  • Perbanyak mencari inspirasi metode promosi dari brand lain yang sudah sukses, lalu kreasikan dengan ide-ide sendiri.

Itulah 9 rencana pemasaran produk makanan online yang bisa langsung Anda terapkan saat ini. Tidak sulit, bukan kiat-kiatnya? Selamat mencoba!

Ikuti terus update dari MARKEY seputar tips dan trik sukses bisnis online. Baca gratis ratusan artikel digital marketing terbaru hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

12 Cara Membuat Instagram Ads Simpel dan Tanpa Kartu Kredit

0

Instagram ads adalah metode iklan yang sangat efektif. Cara membuat Instagram ads pun cukup mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda melihat 12 cara membuat Instagram ads yang simpel, ampuh memikat konsumen, dan tanpa menggunakan kartu kredit.

Instagram menjadi sosial media terpopuler di abad ini dengan miliaran pengguna. Otomatis, Anda punya peluang yang sangat besar untuk menjaring konsumen baru di IG dengan mudah.

Meski ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis di Instagram, mayoritas bisnis lebih memilih IG ads karena praktis dan sudah terbukti berhasil mendatangkan pembeli setiap hari.

Penasaran seperti apa cara membuat Instagram ads yang benar? Yuk langsung simak tutorial komplitnya di bawah ini!

12 Cara Membuat Instagram Ads Pemula: Tidak Perlu Pakai CC (Credit Card)

cara membuat instagram ads

Membuat Instagram ads masih dianggap sulit bagi sebagian orang, terutama karena adanya keharusan pemakaian credit card (kartu kredit). Apakah Anda juga mengalami permasalahan serupa?

Anda kini tidak perlu cemas lagi. Berikut ini kami telah sajikan step by step membuat iklan Instagram bagi pemula tanpa perlu membayar dengan kartu kredit:

1. Login ke FB Ads Manager

Langkah pertama membuat Instagram ads adalah dengan masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Laman tersebut bisa anda akses juga di sini. Ingat, gunakan akun Facebook yang terkoneksi dengan profil Instagram untuk login.

Mengapa login ke Facebook? Bukankah kita sedang membuat iklan Instagram?

Instagram dan Facebook telah bergabung menjadi satu, di mana seluruh pengelolaan iklan dipusatkan pada laman FB. Itulah mengapa kita memulai proses pembuatan Instagram ads di Facebook.

2. Buka Menu Pembuatan Iklan Terpadu

Selanjutnya, klik menu “Pembuatan Iklan Terpadu” lalu opsi “Pembuatan Iklan Cepat”. Fitur ini membantu menghasilkan Instagram ads yang spesifik sehingga lebih mudah ditemukan calon target konsumen.

Berikut cara mengakses menu Pembuatan Iklan Terpadu:

  1. Buka menu “Kampanye”.
  2. Klik opsi “Buat Iklan”.
  3. Anda akan melihat dua opsi pembuata IG Ads: “Pembuatan Iklan Terpadu” dan “Pembuatan Iklan Cepat”.
  4. Pilih “Pembuatan Iklan Terpadu”.

3. Memilih Tujuan Iklan

Step ketiga adalah memilih tujuan Instagram ads supaya konten promosi Anda menjaring audiens yang tepat. Facebook Ads Manager menyediakan tiga jenis tujuan iklan yakni Awareness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan), dan Conversion (Konversi).

3.1 Awareness (Kesadaran)

Tujuan Awareness mengarah pada keinginan Anda untuk meningkatkan brand awareness bisnis di IG. Poin ini mempunyai fitur dan keuntungan berupa:

  • Jangkauan Ads: menampilkan iklan ke seluruh target audiens sesuai budget Semisal Anda mengatur publikasi iklan untuk 500 orang sehari. Secara otomatis, iklan Anda akan ditayangkan ke seluruh target tersebut (500 orang per hari).
  • Kesadaran Merek: meningkatkan brand awareness sekaligus menjangkau audiens yang memiliki minat sesuai topik promosi.

3.2. Consideration (Pertimbangan)

Consideration adalah jenis tujuan Instagram ads untuk meningkatkan interaksi (engagement), kunjungan ke website toko (traffic), dan tindakan-tindakan konsumen lainnya.

Sejumlah manfaat Consideration adalah:

  • Interaksi: menambah interaksi audiens pada postingan Instagram Anda, seperti angka share, like, komentar, dan lain-lain.
  • Trafik: mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs online shop dari Instagram.
  • Instalasi: meningkatkan jumlah orang yang mau menginstal dan memakai aplikasi Anda.
  • Data Konsumen: mempermudah mengumpulkan data-data calon konsumen atau konsumen baru dari IG (seperti alamat email, nama, nomor telepon).
  • Pesan: mengarahkan konsumen untuk menghubungi layanan bisnis Anda di DM, Messenger, atau WhatsApp.
  • Tonton Video: menambah jumlah penonton konten video Anda di Instagram.

3.3. Conversion (Konversi)

Tipe tujuan yang terakhir adalah Conversion. Pilihlah opsi ini jika Anda ingin meningkatkan jumlah pembeli produk.

Manfaat Conversion adalah:

  • Konversi: meningkatkan jumlah penjualan produk online.
  • Kunjungan Toko Online: menambah kedatangan pembeli ke toko Anda, baik toko online di website maupun toko biasa (fisik; offline).
  • Penjualan Katalog Item: mempromosikan katalog-katalog produk pada target audiens demi memancing keinginan belanja mereka.

Setelah memahami berbagai jenis tujuan iklan di atas, sekarang Anda hanya perlu memilih satu opsi yang paling sesuai dengan target pemasaran.

4. Pilih Jenis Iklan

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan IG Anda. Terdapat dua jenis iklan di Facebook yakni: Uji Split dan Optimalisasi Anggaran. Sama seperti sebelumnya, pilihlah iklan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan.

Catatan: Cukup pilih satu iklan saja karena kedua iklan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan.

4.1 Iklan Uji Split

Uji Split mempunyai performa yang lebih unggul karena bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai wilayah. Banyak orang memanfaatkan Uji Split untuk meningkatkan transaksi olshop IG mereka. Di sisi lain, Uji Split mempunyai tarif yang lebih mahal.

Bagaimana cara kerja iklan Uji Split? Anda akan diminta untuk membuat dua materi promosi berbeda. Masing-masing konten akan dinamai sebagai A dan B.

Setelahnya, target audiens Anda juga akan dibagi menjadi dua. Setiap kelompok akan melihat konten yang berbeda dan memberi hasil yang beragam. Dari hasil inilah Anda bisa mengetahui konten promosi mana yang lebih unggul.

4.2 Iklan Optimalisasi Anggaran

Sesuai namanya, iklan ini lebih menyesuaikan dengan budget Anda alias tidak terlalu mahal. Maka dari itu pilihlah menu ini jika Anda baru pertama kali memasang iklan atau ingin berpromosi dengan modal terbatas. Sebagai gantinya, efektivitas iklan ini kurang maksimal dibandingkan Uji Split.

Setelah memilih salah satu tipe di atas, sertakan pula nominal anggaran iklan Anda ke kolom yang tersedia. Anda bebas memasukkan angka budget sesuai ketersediaan dana.

5. Lengkapi Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Cara membuat Instagram ads berikutnya yakni mencantumkan nama iklan dan tujuan trafik.

Keterangan nama akan memudahkan Anda mengecek performa ads yang berlangsung, terutama jika Anda menjalankan lebih dari satu kampanye sekaligus. Jadi Anda tidak akan bingung mengenali sebuah iklan dengan yang lain.

Sedangkan tujuan trafik adalah arahan lalu lintas yang ingin didapat dari Instagram Ads. Semisal Anda ingin menghubungkan iklan IG dengan website toko atau link chat WhatsApp.

Facebook menyediakan beberapa tujuan traffic yang dapat dipilih khusus yakni WhatsApp, website olshop, FB Messenger, dan aplikasi ecommerce.

6. Aktifkan Menu Tampilkan Promo

Klik menu “Tampilkan Promo” supaya IG ads Anda bisa dipromosikan. Anda juga dapat mencentang pilihan promo untuk memperlihatkan aneka penawaran di toko pada audiens.

7. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Sejauh ini kita sudah menetapkan bentuk, tujuan dan anggaran iklan. Langkah selanjutnya adalah mengatur target penonton.

Terdapat tujuh rincian yang harus dilengkapi terkait target penonton Instagram ads, yakni:

7.1 Usia Penonton

Atur rentang usia penonton agar iklan tersebar pada kelompok audiens yang tepat. Misalnya Anda ingin mempromosikan jualan laptop bagi mahasiswa. Jadi rentang usia audiens dapat diatur pada kisaran umur mahasiswa, yakni 18 sampai 24 tahun.

7.2 Lokasi Penonton

Instagram digunakan oleh masyarakat dari berbagai dunia. Maka dari itu, Anda wajib mengatur lokasi audiens demi mempercepat proses penyebaran iklan. Keterangan lokasi penonton mencakup:

  • Negara.
  • Provinsi.
  • Kabupaten.
  • Kota.
  • Kode pos dan alamat-alamat lain yang lebih spesifik.

Apabila target konsumen Anda adalah warga Indonesia, maka tetapkan lokasi penonton di Indonesia juga. Begitu juga jika audiens sasaran berada di luar negeri. Anda bebas mencantumkan satu atau lebih lokasi distribusi iklan.

7.3 Bahasa

Pilihlah bahasa yang Anda gunakan untuk beriklan atau bahasa sesuai target audiens. Instagram Ads punya puluhan jenis bahasa lokal setiap negara yang bisa dipilih lebih dari 1.

7.4  Audiens Khusus

Audiens khusus adalah kelompok-kelompok tertentu yang ingin dijadikan target pemirsa iklan. Misalnya Anda hanya ingin mempromosikan katalog pada followers akun olshop, atau masyarakat yang pernah mengunjungi website online shop.

7.5  Gender atau Jenis Kelamin

Cantumkan jenis kelamin audiens yang ingin disasar, baik itu pria, wanita, atau keduanya. Misal Anda memasang ads produk otomotif yang lebih banyak diminati kaum adam. Otomatis jenis kelamin yang sebaiknya dicantumkan adalah “pria”.

7.6  Target Terperinci

Target terperinci terdiri atas minat, kesukaan, atau kategori favorit audiens. Fitur ini merupakan filter agar iklan menyasar penonton yang tepat. Semisal audiens pecinta fashion akan lebih banyak mendapat iklan pakaian terbaru. Anda juga dapat memilih beberapa kategori minat sekaligus.

7.7  Koneksi

Poin terakhir adalah koneksi. Saat diaktifkan, iklan Anda dapat tersebar di kelompok penonton yang saling terkoneksi di Instagram.

Contohnya Adi dan Budi saling follow di IG. Jika iklan Anda tersebar kepada Adi, maka Budi sebagai followers Adi juga dapat melihat konten promosi yang sama.

8. Pilih Penempatan Otomatis Ads

Langkah berikutnya adalah memilih penempatan otomatis iklan. Fitur ini membantu iklan Instagram tersebar di seluruh platform dalam naungan Meta atau Facebook.

Namun Anda tetap bisa memilih untuk menempatkan iklan di Instagram saja. Caranya cukup dengan mengklik “Edit Penempatan” lalu centang opsi “Instagram”.

9. Pilih Jadwal Penayangan Iklan

Berapa lama Anda ingin iklan ditayangkan di Instagram? Kembali lagi, setiap orang bebas menentukan durasi sesuai cepat-lamanya pencapaian target. Anda boleh memilih jadwal tayang iklan semaunya, seperti satu bulan, enam bulan, atau beberapa minggu saja.

10. Memilih Format Iklan

Instagram punya banyak format konten, seperti:

  • Instagram Stories: video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit dan dapat bertahan selama 24 jam.
  • Reel: video pendek dengan waktu tayangan dan masa tayang lebih lama dari Stories.
  • Foto tunggal: iklan dengan satu buah gambar.
  • Video pendek tunggal: iklan dengan satu video.
  • Carousel: 2 atau lebih foto dan video yang dapat disimak dengan cara digeser.
  • Koleksi: iklan gabungan video dan foto.
  • Tayangan slide: iklan gambar atau video hingga 10 buah (maksimal).

Nah, iklan Anda pun bisa ditayangkan sesuai format di atas. Kalau Anda ingin menampilkan iklan di IG Stories maka pilihlah format Stories.

11. Lengkapi Deskripsi Ads

Di langkah ini, Anda perlu melengkapi sisa deskripsi terkait iklan Instagram. Poin-poin tersebut mencakup:

  • Foto atau video pendukung iklan.
  • Link website toko online atau akun ecommerce.
  • Judul iklan yang menarik.
  • Akun Instagram yang terhubung dengan laman Facebook.
  • Teks copywriting deskripsi tentang iklan.

12. Lakukan Pembayaran

Cara membuat Instagram ads yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Pastikan seluruh informasi dan deskripsi iklan sudah benar sebelum membayar.

Dulu pembayaran IG ads bisa dilakukan dengan kartu kredit saja. Tapi saat ini, Instagram menyediakan opsi pembayaran lain dengan kartu debit dan transfer bank digital.

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pencet tombol konfirmasi. Iklan Anda akan langsung ditayangkan setelah pembayaran dinyatakan berhasil.

Demikianlah cara-cara membuat Instagram ads yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera buat iklan Instagram pertama Anda hari ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tutorial atau tips-tips sukses bisnis online? Baca MARKEY solusinya!

Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk langsung memperoleh ratusan ilmu digital marketing terbaru. Sampai bertemu lagi di ulasan selanjutnya, ya!