Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 37

Apa Itu Marketing Dashboard? Ini Fungsi & Cara Buatnya

0
Marketing dashboard

Pernahkah Anda mendengar tool bisnis bernama marketing dashboard? Marketing dashboard adalah alat untuk mengolah data-data penting sebuah bisnis.

Alat ini dapat membantu Anda mengelola, memantau, serta mengevaluasi proses kampanye iklan. Maka dari itu dashboard marketing sangat penting dalam aktivitas pemasaran digital—terlepas dari apapun niche bisnis Anda saat ini.

Kabar baiknya lagi, dashboard serbaguna ini dapat dibuat sendiri sesuai kebutuhan atau tujuan pemasaran Anda, lho. Penasaran? Yuk langsung simak pengertian, contoh dan cara membuat marketing dashboard yang baik untuk bisnis online berikut ini!

Pengertian Marketing Dashboard

 

marketing dashboard

 

Marketing dashboard adalah alat digital yang memuat berbagai indikator penilaian pemasaran, seperti KPI dan metrik-metrik kampanye. Ada juga yang mengartikan dashboard pemasaran sebagai alat pengukur dampak dari iklan online secara real time.

Tool ini akan membantu proses evaluasi bisnis Anda dengan menghasilkan laporan analisis yang lengkap, mendalam, akurat dan real time. Laporan tersebut juga dilengkapi oleh visualisasi data marketing Anda sehingga dapat lebih mudah dipahami.

Manfaat Marketing Dashboard bagi Bisnis Online

Manfaat utama dashboard marketing adalah memantau keberhasilan dan keefektivan iklan-iklan online yang Anda jalankan. Maka dari itu, tool ini wajib dimiliki oleh setiap bisnis online.

Namun selain manfaat utama yang telah disebut sebelumnya, masih ada lebih banyak manfaat penting dari dashboard pemasaran bagi usaha, seperti:

  • Mengetahui hasil promosi secara instan, akurat dan sesuai situasi di kenyataan (real time).
  • Memangkas biaya tambahan untuk melakukan evaluasi hasil kampanye.
  • Mudah melacak progres pemasaran per tahapannya, alhasil tim marketing dapat segera memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kualitas kampanye.
  • Menjaga fokus dan efektivitas kampanye sesuai target yang mau dicapai.
  • Membantu membuat prediksi kampanye serta target marketing baru di masa depan.
  • Memangkas modal, waktu dan tenaga SDM time marketing Anda karena dashboard dapat mengotomasisasi seluruh pekerjaan yang sifatnya manual.

Contoh Marketing Dashboard Bisnis Online

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dashboard pemasaran, mungkin sekarang Anda penasaran dengan contoh tool marketing satu ini.

Secara umum, tidak ada dashboard marketing yang “komplit” memuat semua fitur pemasaran dari A sampai Z. Setiap perusahaan cenderung membuat dashboard custom dengan fitur-fitur pilihan sesuai tujuan kampanye mereka. Hal ini disengaja demi mempermudah pemantauan dan analisis hasil promosi.

Beberapa contoh dashboard marketing yang sering dipakai bisnis-bisnis online antara lain:

1. Marketing Dashboard Website

Dashboard marketing website digunakan untuk menganalisis seluruh aktivitas transaksi, proses serta hasil promosi di web toko online.

Anda tidak hanya bisa mengamati KPI dan metrik iklan saja, tetapi juga memantau traffic pengunjung web, durasi kunjungan, CTR, konversi, sampai mengelola data-data konsumen.

Contoh dashboard online website yang banyak dipakai saat ini adalah Google Analytics. Di sini Anda bisa melihat laporan data dalam berbagai bentuk visual menarik, seperti grafik garis dan chart pie.

2. Dashboard Marketing Sosial Media

Selain dashboard website, ada juga tool analisis kampanye di sosial media. Tujuan utama dari dashboard ini adalah untuk menggali trend, kata kunci serta topik yang sedang ramai di sosmed. Nantinya informasi ini dapat Anda manfaatkan sebagai bahan marketing.

Namun fungsi terhebat dari dashboard ini adalah mampu mengetahui respon publik atas iklan online Anda secara real time. Anda bisa memperoleh feedback lebih dini untuk mulai mengukur tingkat keberhasilan kampanye.

Aplikasi Social Opinion adalah salah satu contoh dashboard pemasaran sosial media, khususnya untuk platform Twitter. Alat ini akan membantu menilai apakah iklan Tweet Anda memperoleh respon yang “positif”, “negatif” atau “netral” dari netizen.

6 Cara Membuat Marketing Dashboard Sesuai Tujuan Iklan Online

Berikut adalah cara termudah membuat dashboard marketing memakai media Google Analytics. Anda bisa langsung mengikuti step by step-nya dengan menyesuaikan pilihan fitur serta indikator penilaiannya.

Yang perlu diperhatikan adalah setiap bisnis pasti mempunyai tujuan marketing yang berbeda. Oleh sebab itu, dashboard pemasaran yang dipakai juga akan ikut berbeda dari segi fitur, indikator, hingga metode pemakaiannya.

1. Mendaftar Google Analytics

Sebelum mulai membuat dashboard, Anda harus login atau sign up ke Google Analytics terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs Analytics Google
  2. Login dengan akun Gmail bisnis Anda.
  3. Masukkan alamat URL atau link website bisnis Anda.
  4. Anda akan mendapat tag khusus otomatis.
  5. Sematkan tag tersebut di kode HTML web bisnis Anda.
  6. Selesai! Sistem Google Analytics sudah terhubung dengan website dan siap mengumpulkan serta melacak data-data web.

2. Membuka Dashboard Marketing

Googl Analytics sudah dilengkapi dengan berbagai format dan kategori laporan analisis. Anda bisa menemukan semuanya dengan membuka dashboard. Cukup klik menu Acquisition lalu pilih Overview.

3. Menentukan KPI dan Tujuan Promosi

Jangan lupa untuk menentukan KPI (Key Performance Indicator) serta tujuan promosi Anda. Dua hal ini akan menjadi tolok ukur penentu keberhasilan ketika iklan dianalisis nantinya.

Anda bisa menetapkan satu atau beberapa KPI ke dalam dashboard sesuai kebutuhan. namun dengan catatan semuanya masih selaras sesuai tujuan utama promosi.

Misalnya goal utama kampanye adalah meningkatkan engagement masyarakat dengan brand. jadi beberapa KPI yang bisa dilacak adalah penambahan jumlah likes, followers, komentar, dan shares.

4. Parameter UTM

Parameter UTM adalah tag yang ditambahkan ke link URL iklan online sebagai alat pelacak progres pemasaran. Tag ini bekerja mengumpulkan data ketika ada konsumen yang mengklik iklan Anda.

Tag UTM bisa dibuat dengan mudah memakai fitur Google Analytics URL Builder. Anda hanya perlu menambahkan 3 keyword berikut ke dalam link yang mau dilacak:

  • utm_campaign
  • utm_source
  • utm_medium

Contohnya:

https://www.namatokosaya.com?utm_source=news4&utm_medium=email&utm_campaign=summer-sale

Bagian yang ditebalkan pada link di atas adalah sisipan UTM keyword untuk melacak aktivitas/interaksi konsumen dengan iklan.

5. Mengidentifikasi Konten Terbaik Web Anda

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi konten terbaik di platform Anda. Konten terbaik yang dimaksud di sini merupakan halaman web atau postingan dengan jumlah traffic, CTR, durasi kunjungan, serta konversi tertinggi.

Konten-konten ini bisa menjadi sumber inspirasi kampanye iklan yang menarik. Setelah mengetahui apa yang disukai pemirsa, selanjutnya Anda hanya perlu mengemas pemasaran dalam bentuk tersebut.

Cara mengetahui konten terbaik di Google Analytics:

  1. Klik menu Behaviour.
  2. Pilih Site Content.
  3. Pilih All Pages.
  4. Layar Google Analytics akan menampilkan urutan postingan website dari yang paling banyak view-nya hingga yang paling sedikit.

6. Membuat Template Dashboard Marketing Custom

Google Analytics mempunyai banyak ragam template dashboard marketing. Jika template standar dirasa masih kurang pas, maka Anda bisa mengustomisasinya sendiri sesuai kebutuhan.

Cara membuat template dashboard Google Analytics:

  1. Buka menu Customization.
  2. Klik opsi Dashboards.
  3. Pilih Blank Canvas untuk menyusun dashboard dengan fitur pilihan sendiri.
  4. Alternatif lainnya, Anda bisa memilih template dashboard dan mengedit isian fiturnya.
  5. Tambahkan fitur-fitur analisis ke dalam dashboard dengan memilih widgets terbaik dari menu yang tersedia.
  6. Klik simpan dan selesai! Kini Anda sudah memiliki dashboard analisis marketing sendiri.

Bonus: Rekomendasi Tool Dashboard Marketing Lainnya

Selain Google Analytics, Anda juga bisa membuat dashboard pemasaran sederhana dengan tool-tool praktis lainnya yakni:

  • Sumo – panel dashboard marketing untuk melacak kualitas serta performa iklan website.
  • Facebook Ads – dashboard digital untuk melacak iklan online Facebook dan Instagram.
  • Twitter Ads dan Twitter Analytics – fitur khusus untuk membuat iklan Twitter sekaligus melacak perkembangannya.
  • AWeber – dashboard pelacak kesuksesan promosi email marketing.

Demikianlah definisi, contoh dan cara membuat marketing dashboard yang baik untuk mempermudah manajemen bisnis online. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera buat dashboard marketing bisnis Anda!

Temukan lebih banyak tips bisnis online yang unik dan bermanfaat hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel terbarunya dengan mengklik https://markey.id/ atau mendownload MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi!

2 Cara Ampuh Atasi Keluhan Pelanggan di Sosmed, Yuk Cobain!

0
Keluhan Pelanggan

Akhir-akhir ini, hampir semua keluhan pelanggan datang dari sosial media. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk segera mengetahui cara termudah menanggapinya.

Sosial media adalah wadah komunikasi online yang paling efektif bagi bisnis. Konsumen dapat mengomunikasikan berbagai pertanyaan, saran atau keluhan secara gratis dan cepat. Selain itu, pesan-pesan mereka juga pasti tersampaikan ke pihak yang dituju.

Sayangnya, masih banyak online shop yang belum menguasai cara mengatasi keluhan pelanggan di dunia maya. Anda harus lebih cermat karena kesalahan merespon keluhan di sosmed bisa berakibat fatal bagi image brand!

Tapi jangan khawatir, karena kami telah menyiapkan dua strategi termudah membalas keluhan pelanggan dengan bijak di sosmed. Apa sajakah? Mari langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

5 Contoh Keluhan Pelanggan yang Paling Umum di Sosial Media

 

Keluhan Pelanggan

 

Ada banyak sekali contoh komplain konsumen di sosial media. Salah satu penelitian dari Customer Rage pun menyebut bahwa saat ini hampir 50% konsumen mengajukan keluhan mereka lewat sosial media.

Sayangnya kita tidak bisa memprediksi keluhan jenis apa yang akan dilontarkan konsumen. Namun ada beberapa contoh keluhan pelanggan yang sering diterima akun bisnis online di sosmed, yaitu:

1. Kualitas Produk yang Tidak Sesuai Ekspektasi

Salah satu kelemahan bisnis online adalah pelanggan tidak bisa melihat wujud asli produk. Mereka hanya dapat mengandalkan deskripsi item serta foto atau video katalog. Maka dari itu sangat besar celah bagi konsumen untuk mengajukan keluhan gara-gara produk asli tidak sesuai ekspektasi mereka.

2. Keterlambatan Respon dari Admin

Komplain juga bisa datang akibat lamanya respon yang diberikan admin pada pertanyaan awal konsumen. Gaya hidup yang serba cepat saat ini lah yang memicu munculnya sikap tidak sabar dari pengguna dunia maya.

Di sisi lain, admin online shop bisa kurang fast response karena berbagai faktor seperti sedang berada di luar jam kerja (istirahat) atau menanggapi banyak pesan di waktu yang sama.

3. Produk Tidak Tersedia (Habis)

Ada juga konsumen yang mengeluh ketika produk incaran mereka habis (out of stock). Penjual dapat menyiasati hal ini dengan menawarkan varian produk yang lain, namun pembeli belum tentu mau menerimanya.

4. Respon Admin yang Berbelit-Belit

Selain slow response, seorang admin yang berbelit-belit dalam melayani konsumen juga rawan menciptakan keluhan. Konsumen paling tidak suka jika pertanyaan atau permasalahan mereka dioper kesana-kemari dan ditangani banyak admin tanpa solusi jelas.

Mereka pun dapat menjadi marah kalau terus-menerus diminta menceritakan permasalahan tanpa tanggapan yang berarti.

5. Cara Pelayanan yang Dianggap Buruk

Bentuk komplain pelanggan yang paling sering muncul di sosmed adalah terkait buruknya pelayanan sebuah ecommerce. Misalnya seperti:

  • Tidak adanya kejelasan terkait klaim garansi produk/jasa sesuai yang diiklankan.
  • Ketidaksesuaian diskon/promo dengan kenyataan.
  • Ketiadaan tindak lanjut atas aduan pelanggan pada kasus-kasus merugikan, seperti penipuan.
  • Admin customer service hanya mengandalkan chatbot sehingga pertanyaan konsumen tidak ditanggapi dengan tepat.
  • Tidak ada pemberitahuan lanjut seputar perubahan kebijakan di toko online, dan masih banyak lagi.

2 Cara Efektif Mengatasi Keluhan Pelanggan di Sosmed

Setelah mengetahui contoh-contoh komplain konsumen online, sekarang tiba waktunya untuk mengintip solusi cara mengatasinya! Anda wajib menguasai cara-cara jitu mengatasi keluhan konsumen demi menjaga nama baik bisnis di masyarakat.

Lalu bagaimana cara mengatasi amarah pembeli yang dialamatkan kepada kita?

Dalam artikel terbaru Journal of Marketing disebutkan ada 2 kunci sederhana yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan keluhan pelanggan, yakni sikap aktif mendengarkan (active listening) dan menunjukkan empati.

1. Aktif Mendengarkan Keluhan Pelanggan

Kapanpun Anda menerima komplain dari customer, pastikan Anda mengesampingkan seluruh emosi pribadi dan siap mendengarkan seluruh keluhan.

Namun bukan hanya sekadar mendengar saja, Anda pun harus bisa menyimak cerita konsumen secara aktif. Kegiatan ini disebut dengan active listening.

Active listening terdiri atas beberapa aktivitas, yakni:

  • Repeating: mengulang kembali poin-poin penting dalam ujaran seseorang.
  • Paraphrasing: memparafrase cerita dengan menggunakan kalimat sendiri, atau menyimpulkan inti ujaran berdasarkan pemahaman kita.
  • Adapting: mengesampingkan seluruh pandangan pribadi demi menyimak ujaran orang lain.

Kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan olshop hingga 14%. Setelah benar-benar mendengarkan dan memahami posisi konsumen, barulah Anda berhak untuk bertindak memberi respon terbaik.

2. Menunjukkan Rasa Empati pada Konsumen

Strategi yang kedua adalah menunjukkan rasa empati pada konsumen (showing emphaty). Menunjukkan rasa empati adalah sikap memperlihatkan pemahaman kita terhadap perasaan orang lain.

Tahapan ini baru dapat dilakukan jika Anda sudah benar-benar mengerti letak permasalahan serta emosi yang dirasakan konsumen melalui sesi active listening. Strategi ini mempunyai efek yang lebih dahsyat karena bisa meningkatkan rasa kepuasan pembeli hingga 90%.

Pun ada banyak cara menunjukkan rasa pemahaman kita kepada orang lain, seperti lewat mimik/ekspresi wajah, memvalidasi ucapan, atau melontarkan kalimat afirmasi. Berikut adalah contoh kalimat afirmasi empati yang sering dipakai dalam ranah customer service online:

  1. Saya meminta maaf atas kendala yang Anda hadapi.
  2. Saya minta maaf karena Anda mengalami permasalahan/kejadian ini.
  3. Kami ikut sedih mendengar masalah yang Anda hadapi.
  4. Jangan khawatir, kami siap membantu Anda sekarang juga.
  5. Saya mengerti bahwa permasalahan Anda adalah hal yang sulit.
  6. Kami dapat membayangkan permasalahan Anda.
  7. Terima kasih karena telah bersedia menghubungi kami untuk masalah ini.
  8. Terima kasih karena tetap bersabar dan memilih kami.
  9. Ucapan Anda benar sekali.
  10. Terima kasih, umpan balik dari Anda sungguh bermakna bagi tim kami.
  11. Kami sangat mengapresiasi masukan dan saran dari Anda. Kami akan menggunakannya sebagai bahan untuk berbenah di masa depan. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang Anda berikan.
  12. Terima kasih sudah menunggu.
  13. Terima kasih atas kesabaran Anda menunggu kami.
  14. Saya/tim kami akan mengabari Anda sesegera mungkin apabila sudah ada update informasi terbaru, mohon ditunggu.
  15. Anda tidak perlu khawatir, kami akan menyelesaikan masalah Anda sesegera mungkin.
  16. Apakah ada hal lain yang bisa turut kami bantu?

Tentunya masih ada lebih banyak lagi kalimat lain yang bisa Anda kembangkan sesuai kreativitas, budaya, serta situasi yang dihadapi.

Pada intinya, Anda hanya perlu bersikap tenang dan menghadapi keluhan konsumen dengan kepala dingin. Sebisa mungkin tetaplah bersikap profesional demi menjaga citra toko Anda.

Jangan lupa untuk memfilter keluhan yang perlu diperhatikan. Hal ini penting mengingat banyak sekali pesan negatif yang tidak relevan muncul berseliweran di sosmed.

Beberapa messages pun mungkin dikirim oleh akun anonim/fake yang hanya ingin menjatuhkan nama Anda. Sebaiknya pilah kembali kritik dan saran yang sebaiknya ditanggapi.

Itulah dia dua cara mudah dan jitu untuk mengatasi keluhan pelanggan di sosial media. Anda bisa mulai mempraktekkan tips dan trik di atas demi meningkatkan kualitas pelayanan online shop. Selamat mencoba!

Ikuti terus update informasi menarik seputar dunia bisnis hanya dari MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore agar tidak ketinggalan artikel-artikel terbarunya. Sampai bertemu lagi!

 

 

Strategi Traditional Marketing yang Tepat untuk Online Shop

0
Traditional Marketing

Siapa bilang strategi traditional marketing tidak bermanfaat dalam bisnis online? Taktik promosi ini justru dapat meningkatkan jumlah pengunjung toko Anda, lho!

Secara umum, cara memasarkan produk dan jasa terbagi menjadi dua yakni pemasaran tradisional dan digital (modern). Keduanya bersifat saling melengkapi serta sama-sama membawa dampak positif bagi perusahaan.

Namun bagaimana cara mengaplikasikan traditional marketing ke bisnis online? Langsung simak paparkan pengertian, contoh dan kiat-kiat khusus memaksimalkan omset bisnis online lewat strategi marketing traditional berikut ini!

Pengertian Traditional Marketing

 

Traditional Marketing

Traditional marketing adalah strategi pemasaran tradisional yang dilakukan di media-media offline seperti televisi, pamflet, brosur, baliho, poster, koran dan siaran radio. Strategi pemasaran ini sudah dilakukan sejak dulu dan tetap eksis sampai hari ini.

Apakah strategi marketing traditional tetap relevan di era globalisasi dan internet canggih saat ini? tentu saja iya. Ini karena proses implementasi marketing tradisional dilandasi oleh prinsip mix 4P (Product, Price, Promotion, Place).

Tujuan Traditional Marketing

Pemasaran tradisional masih marak dilakukan oleh pelaku usaha B2B dan B2C. Adapun tujuan utama dari marketing tradisional adalah:

  • Memperluas pertumbuhan brand awareness di masyarakat.
  • Menjaring konsumen-konsumen baru, khususnya dari kelompok pembeli yang sulit dijangkau dunia maya (seperti warga pedesaan dan orang tua).
  • Promosi yang bermanfaat bagi masyarakat karena produk dapat dengan mudah disimpan serta dibagikan.
  • Lebih mudah mengedukasi calon konsumen terkait produk/layanan, mengingat masyarakat sudah terbiasa dengan kehadiran promosi tradisional.

Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing

Berdasarkan pengertian di atas, maka sudah terlihat bahwa pemasaran tradisional sangat berbeda dari digital marketing. Berikut perbedaan lengkap antara strategi pemasaran digital dan tradisional yang wajib Anda pahami sebelum mulai beriklan:

Traditional Marketing Digital Marketing
Sudah diuji coba dan diwariskan dari tahun ke tahun Membutuhkan uji coba dan tes hasil.
Dapat menjangkau masyarakat secara luas, mulai dari perkotaan hingga kawasan pinggir/desa yang minim akses internet. Daya jangkau terbatas pada warga dunia maya (pengguna internet).
Minim interaksi/umpan balik. Lebih mudah memperoleh umpan balik/interaksi/respon dari audiens.
Lebih sulit untuk dilacak dan diukur tingkat keberhasilannya (ROI) Mudah diukur hasil ROI-nya dengan tool-tool analitik.
Materi promosi agak sulit dipersonalisasi. Materi promosi lebih mudah dipersonalisasi sesuai preferensi individu/target pasar.
Bisa menelan banyak budget. Tidak memerlukan banyak modal.
Lebih rumit untuk diubah/diinovasikan. Lebih mudah diubah kapan saja sesuai perkembangan trend.
Contohnya: flyer/brosur, baliho, iklan televisi, siaran radio, publikasi koran, banner. Contohnya: promosi sosial media, website (SEO & SEM), video marketing, affiliate marketing, iklan dalam aplikasi.

 

Anda mungkin melihat bahwa digital marketing membawa lebih banyak keuntungan dibandingkan pemasaran tradisional. Namun apakah hal ini berarti promosi digital lebih baik dari yang sebaliknya? Jawabannya tetap belum pasti.

Studi terbaru dari lembaga Statista menemukan masih adanya pengaruh yang kuat dari strategi pemasaran tradisional di masyarakat. Contohnya iklan TV yang menduduki peringkat kedua sebagai media promosi paling menguntungkan di Amerika Serikat.

Iklan-iklan TV berhasil mendatangkan profit hingga 66 miliar dolar di tahun 2021. Angka tersebut diprediksi akan terus bertambah di tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan promosi via radio mempunyai potensi keuntungan hingga 30 miliar dolar per tahun 2024. Ini adalah bukti nyata bahwa iklan tradisional tidak kalah menguntungkan dari promosi digital.

Contoh Penerapan Traditional Marketing di Strategi Pemasaran Digital

Jika Anda ingin memperoleh keuntungan bisnis berlipat, maka padukanlah strategi pemasaran tradisional dan digital. Tips ini telah disetujui oleh banyak pakar bisnis dunia.

Ambil contoh perusahaan sepatu dan barang-barang olahraga ternama dunia “Adidas”. Tim Adidas diketahui sengaja mengombinasikan traditional dan digital marketing untuk meraih jumlah omset maksimal.

Adapun strategi tersebut adalah penempelan kode QR berisi playlist Spotify ke label baju t-shirt dan hoodie Adidas. Konsumen dapat men-scan barcode untuk memperoleh lagu-lagu terbaik sebagai motivasi/penyemangat saat berolahraga.

Selain Adidas, brand eksklusif Chanel juga menempuh strategi marketing serupa di cabang toko offline mereka di New York. Pihak ritel sengaja mengemas pengalaman belanja offline menjadi lebih menarik dan hangat demi meningkatkan loyalitas pelanggannya.

Ketika datang ke toko, konsumen dapat duduk santai di sofa khusus tanpa membawa apapun. Mereka hanya perlu menggenggam ponsel untuk berbelanja. Pun nantinya akan ada asisten yang siap membantu membimbing segala kebutuhan pembeli.

Hasilnya, konsumen Chanel merasa lebih dekat sekaligus nyaman ketika bertransaksi di store. Komunikasi langsung antara asisten dan pembeli juga sengaja lebih diarahkan kepada pembangunan interaksi akrab selayaknya sahabat.

5 Strategi Traditional Marketing untuk Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Online

Tertarik menciptakan promosi bisnis online yang unik dengan marketing tradisional? Memadukan digital dan tradisional marketing ternyata cukup mudah, lho. Anda bisa langsung mulai dengan 5 strategi istimewa berikut ini:

1. Promosikan Diskon Online Lewat Brosur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua orang menyukai diskon. Supaya informasi diskon Anda lebih banyak diketahui masyarakat, cobalah untuk “menempelkan” barcode atau kode diskon di selebaran brosur. Sisanya Anda hanya perlu membagikan brosur kepada calon konsumen.

2. Mix Penjualan In-App dan In-Store

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan penjualan produk/jasa secara online di aplikasi ecommerce (in-app) serta langsung datang ke toko (in-store). Strategi ini sudah terbukti ampuh menambah jumlah pembeli hingga 52% menurut riset Mercator Advisory Group.

Strategi ini memberi lebih banyak keleluasaan bagi konsumen untuk berbelanja sesuai keinginan mereka. Semisal ada pembeli yang tidak mau membayar ongkos kirim tapi menginginkan diskon belanja in-app. Jadi mereka dapat memesan produk via aplikasi lalu melakukan self pick up ke toko.

3. Iklan TV dengan Scan Barcode

Pernahkah Anda menonton iklan TV yang menampilkan kode barcode di dalamnya? Ini adalah contoh perpaduan menarik traditional dan digital marketing lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iklan televisi mempunyai daya pikat konsumen yang tinggi. Namun masyarakat sering kali kebingungan mencari cara membeli produk yang diiklankan di TV.

Untuk itu Anda bisa menampilkan barcode yang berisi tautan langsung ke laman produk/jasa di website. Konsumen yang berminat hanya perlu menscan kode untuk melakukan pembelian.

4. Iklan Outdoor dan Geotargeting

Strategi pemasaran tradisional di luar ruangan (outdoor) yang efektif hampir selalu mengandalkan media-media besar seperti baliho dan banner. Kedua sarana ini sudah teruji ampuh dalam menarik perhatian audiens sekaligus menumbuhkan brand awareness publik.

Namun jangan hanya sekadar memasang baliho saja. Anda perlu memaksimalkan pengaruhnya melalui strategi geotargeting—menentukan lokasi terbaik pemasangan baliho sesuai posisi calon konsumen potensial. Geotargeting dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi pasar di sosial media, maps, ataupun aplikasi riset online lainnya.

5. Tautan Website di Media Cetak

Strategi kombinasi promosi digital dan tradisional yang terakhir adalah menyelipkan tautan website di media cetak (misalnya majalah, koran dan buku). Implementasinya cukup mirip dengan strategi brosur.

Sebagian orang saat ini masih lebih suka membaca di media cetak ketimbang digital (ebook). Maka dari itu, strategi ini dijamin tetap ampuh untuk menarik calon konsumen baru.

Demikianlah pembahasan tuntas seputar pengertian, contoh serta tips implementasi traditional marketing guna mendukung perkembangan bisnis online. Semoga kiat-kiat di atas bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda saat ini, ya!

Temukan lebih banyak inovasi, inspirasi dan strategi bisnis online terbaru hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terhangatnya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan AppStore sekarang juga. Sampai jumpa lagi!

10 Usaha Online yang Laris Tahun Ini, Dijamin Laku Tiap Hari

0
Usaha Online yang Laris

Bingung memilih usaha online yang laris saat ini? Tenang, kami telah merangkum 10 macam jualan online produk dan jasa terbaik di tahun ini khusus untuk Anda!

Rekomendasi usaha online yang laris nyatanya terus berkembang. Di setiap tahunnya selalu ada produk dan jasa terbaru yang banyak diincar konsumen. Menariknya lagi, bisnis-bisnis ini menjanjikan omset berlimpah tanpa menghabiskan banyak modal.

Lalu apa sajakah produk dan jasa yang tinggi peminatnya saat ini? Tanpa basa-basi lagi, berikut rekomendasi usaha-usaha online yang laris dan wajib Anda coba dari sekarang!

10 Usaha Online yang Laris Manis Saat Ini (Rekomendasi Produk & Jasa)

 

Usaha online yang laris

 

Bisnis online adalah cara termudah memperoleh banyak pemasukan setiap hari. Apalagi jika Anda cerdas menawarkan penjualan produk/jasa yang banyak diminati konsumen alias “high demand”.

Sayangnya masih banyak orang bingung memilih bisnis terbaik untuk dicoba. Penyebabnya tak lain karena ada terlalu banyak rekomendasi usaha online yang laris dan menggiurkan.

Apakah Anda sendiri juga mengalami kendala serupa?

Kabar gembiranya, Anda bisa menggali inspirasi dari 10 usaha online yang laris manis berikut ini. Semuanya bisa dimulai dari rumah dengan modal seadanya sekaligus berpeluang untung besar, lho!

1. Bisnis Skincare dan Make Up

Produk skincare dan make up sedang menjadi item primadona di tahun ini. Saat ini pun konsumen pengguna skincare sudah merambah hingga kaum laki-laki, lho. Jadi tak heran jika aneka varian skincare for men mulai bermunculan di berbagai toko/brand.

Menariknya lagi, bisnis skincare dan make up dapat dicoba dengan modal yang kecil sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah saja. Pasarkanlah berbagai jenis skincare dan make up yang lagi viral dengan harga terjangkau agar toko lebih sering kedatangan pembeli.

2. Olshop Fashion

Bisnis fashion selalu menjadi rekomendasi usaha yang laris manis dari tahun ke tahun. Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan busana/pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Bahkan menurut survey Google Trend, bisnis fashion masih berada di peringkat teratas untuk kategori “inspirasi bisnis online tersukses”. Usaha pakaian memang tidak ada matinya, dan jumlah peminatnya kian meledak usai pandemi mereda akhir-akhir ini.

Modal bisnis ini juga tidak banyak. Anda bisa mulai mendirikan toko baju online dengan modal 500 ribu hingga 2 juta, atau mengawali karir sebagai dropshipper.

Namun jangan lupa untuk sering-sering mengupdate wawasan terkait trend busana terbaru. Hal ini penting agar koleksi toko Anda selalu fresh dan membuat penasaran konsumen.

3. Jual Casing Smartphone Custom

Pesatnya perkembangan variasi smartphone membuka peluang emas bagi para pedagang casing HP. Casing adalah aksesoris yang berfungsi sebagai pelindung luar HP agar ponsel tidak gampang retak saat jatuh atau basah terkena air.

Namun produk ini ramai diminati karena tersedia dalam banyak varian bentuk, desain serta warna. Hampir semua orang menganggap case custom yang bagus bisa menambah nilai estetika ponsel mereka.

Pun ada banyak cara untuk berjualan case custom, seperti membuat desain sendiri atau join reseller/dropshipper di ecommerce.

4. Berjualan Sembako

Rekomendasi bisnis online yang laris berikutnya adalah bisnis sembako. Kebutuhan pokok ini mencakup aneka bahan makanan seperti beras, tepung, minyak goreng, mie instan, dan bumbu-bumbu dapur lainnya.

Semua produk sembako kini bisa dipasarkan di ecommerce. Strategi ini justru dapat memperluas daya jangkau bisnis serta melipatgandakan profit. Keuntungan lain berjualan sembako online adalah pasti dibeli setiap hari dan tetap untung meski dijual murah.

5. Bisnis Frozen/Instan Food

Produk jualan online yang pasti laku lainnya adalah makanan beku dan minuman instan siap saji. Anda bebas mau menjual aneka camilan, lauk siap olah dan minuman kekinian yang ramai disukai masyarakat. Contohnya seperti:

  • Camilan street food Korea: tteokbokki, hottang, corndog, bungeoppang.
  • Camilan pedas nikmat: seblak, mie lidi, makaroni pedas.
  • Baso aci.
  • Jajanan manis: oreo, cokelat, sereal kiloan, biskuit, wafer.
  • Nugget beku, bakso beku, sosis, kentang goreng.
  • Bubble drink, es kopi susu, soda, bubuk minuman siap olah.
  • Dan masih banyak lagi!

Namun pastikan Anda mengemas makanan dan minuman siap saji sebaik mungkin demi menjaga kualitas rasa serta kehigienisannya. Terutama jika Anda menjual makanan kering dan beku yang dikirim keluar kota.

6. Layanan Content Writing SEO

Sedari tadi kita sudah melihat aneka usaha online yang laris berupa produk. Sekarang tiba waktunya untuk mengintip rekomendasi bisnis online berupa jasa.

Apakah Anda punya hobi menulis? Jika iya, maka manfaatkanlah kemampuan tersebut dengan menyediakan layanan content writing SEO! Jasa ini tergolong high demand karena dibutuhkan oleh para pemilik website/blog bisnis dan ecommerce.

Nantinya tugas Anda adalah menulis artikel yang ramah SEO sesuai permintaan klien. Semakin baik hasil karya Anda maka semakin besar pula upah yang diperoleh. Bayaran jasa content writing pun biasanya cukup mahal karena dihitung per kata dalam artikel.

7. Freelance Website Developer

Faktanya hampir semua orang saat ini memerlukan sebuah website, baik untuk mempromosikan bisnis atau portofolio pribadi. Di sinilah Anda dapat mengambil peluang bisnis baru dengan menjadi jasa pengembangan web custom.

Membuat sebuah website custom sederhana juga tidak sulit. Anda bisa mempelajari dasar-dasar coding di berbagai media online, YouTube, atau mengambil kursus bootcamp gratis. Minimal Anda harus menguasai tata cara pembuatan web yang sering direquest klien, seperti:

  • Website bisnis online.
  • Website media berita.
  • Website portofolio individu.
  • Website profil bisnis (landing page/business page).

8. Jasa Desain Grafis

Kemudian untuk Anda yang punya passion di bidang seni desain, Anda bisa mencoba peruntungan sebagai desainer grafis online! Layanan jasa ini bergerak di bidang kreatif dengan membuat aneka desain sesuai kebutuhan konsumen, contohnya:

  • Desain logo produk atau usaha.
  • Header, banner/flyer promosi.
  • Merchandise
  • Jasa ilustrasi.
  • Desain website dan aplikasi.
  • Dan seterusnya.

Jasa desain grafis termasuk sebagai usaha online yang laris dan menguntungkan. Harga sebuah desain bisa menjadi mahal mengikuti tingkat kerumitan permintaan klien. Anda dapat menjajakan jasa ini beserta portofolio di lapak sosmed pribadi atau join komunitas freelancer desain grafis seperti Fiver dan Sribu.id.

9. Jasa Personal VA (Virtual Assistant)

Pernahkah Anda mendengar layanan personal virtual assistant (VA)? Profesi online ini mulai banyak dibutuhkan seiring kemajuan teknologi di abad ini.

Pun sesuai namanya, personal virtual assistant adalah orang/staf yang bertugas membantu klien menghadapi berbagai masalah secara online. Seorang klien menyewa jasa VA untuk mengurusi beragam keperluan bisnis seperti:

  • Memanajemen aktivitas ecommerce/toko online.
  • Mengelola sosial media dan engagement.
  • Mengupdate dan mengisi konten di website.
  • Dan lain-lain.

Profesi ini cukup menyenangkan bagi sebagian orang karena bisa dijalankan dari mana saja, serta dibayar berdasarkan jam kerja.

10. Jasa Penerjemah (Translator)

Rekomendasi usaha online yang laris terakhir adalah jasa penerjemah bahasa. Peluang ini wajib dicoba jika Anda saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik.

Jasa penerjemah juga dapat bekerja dimana saja, misalnya menerjemahkan dokumen, narasi lisan (interpretasi), komik, laman web, hingga membuat subtitle film. Bayaran jasa penerjemah tak kalah menjanjikan karena dihitung per kata/per halaman file.

Demikianlah 10 jenis bisnis online berupa produk dan jasa yang laris manis saat ini! Cukup pilih tipe usaha yang dirasa paling sesuai dengan passion Anda saat ini, lalu mulailah berbisnis. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak kiat sukses menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sayonara!

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta, Omsetnya 2x Lipat!

0
10 Franchise makanan dibawah 10 juta

Memulai bisnis franchise makanan tidak selalu mahal, lho. Inilah 10 franchise makanan dibawah 10 juta yang sedang ramai dicari tahun ini. Anda wajib coba karena omsetnya bisa tembus hingga 2x lipat dari modal!

Franchise adalah opsi terbaik jika Anda ingin berbisnis di bidang kuliner tanpa repot. Usaha ini bisa langsung dimulai tanpa modal besar atau pengalaman bisnis mendalam. Anda hanya perlu membeli lisensi sebuah merek lalu mengelola outlet yang sudah disediakan. Praktis, bukan?

Nah untuk Anda yang tertarik mencoba, yuk simak dulu 10 rekomendasi usaha franchise makanan dibawah 10 juta terbaik berikut ini.

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta Terlaris Saat Ini

 

10 Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

 

Bisnis franchise makanan dulunya dipandang sebagai usaha yang mahal dengan modal ratusan juta rupiah. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini justru ada banyak rekomendasi bisnis franchise makanan dibawah 10 juta.

Jangan salah, walau bermodal tipis, bisnis-bisnis franchise berikut sanggup mendatangkan omset hingga dua kali lipat dari modal awal:

1. Roti “Mr. John” ala Singapura

Siapa yang tidak tahu brand roti terkenal “Mr. John” asal Singapura? Bisnis camilan lezat aneka rasa ini sekarang menyediakan peluang franchise di Indonesia dengan budget kurang dari 10 juta rupiah.

Roti Mr. John dikenal mempunyai tekstur serta varian rasa yang unik, seperti durian dan srikaya. Jadi tidak heran kalau penggemar makanan ini sangat banyak dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa menyiapkan budget awal sebesar kurang lebih 8 juta rupiah. Sedangkan jumlah omset bisnis roti Mr. John rata-rata berkisar antara 9 hingga 18 juta per bulan.

2. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Pedagang Jasuke kian menjamur di Tanah Air saat ini. Bagaimana tidak, selain lezat dan manis, bisnis Jasuke dapat ditemukan dengan mudah di berbagai lokasi strategis. Misalnya seperti areal perkantoran, pasar, depan supermarket dan sekolah.

Jasuke adalah camilan manis berbahan dasar jagung dengan taburan keju parut dan susu kental manis. Bisnis ini bisa Anda rintis dengan join sistem franchise-nya seharga 2,5 sampai 3 juta rupiah. Biaya tersebut pun sudah termasuk booth Jasuke beserta alat dan bahan-bahannya.

3. Ayam Goreng “Sabana”

Nama ayam goreng “Sabana” mulai viral di berbagai kabupaten Indonesia karena harganya yang terjangkau. Kualitas dan rasanya juga tak kalah juara, lho!

Banyak orang menilai rasa ayam goreng Sabana 11:12 dengan yang ada di resto ternama. Alhasil tidaklah mengherankan jika banyak orang tertarik membuka bisnis franchise ayam Sabana.

Bisnis ini menjanjikan omset hingga 20 juta per bulan dengan modal kurang dari 10 juta saja. Sangat disarankan untuk membuka outlet di lokasi yang strategis serta menggiatkan penjualan di platform online demi memaksimalkan omset.

4. Es Capcin (Cappucino Cincau)

Bisnis franchise makanan dibawah 10 juta selanjutnya adalah es capcin (cappucino cincau). Perpaduan manis, segar dan menyehatkan dari cincau dan cappucino sering menjadi incaran warga—khususnya di hari-hari yang panas dan terik.

Usaha waralaba es capcin juga terbilang murah, hanya berkisar antara 2 hingga 5 juta tergantung dari besar kecilnya booth. Salah satu vendor penyedia franchise es capcin terpercaya di Indonesia adalah www.cappucinocincau.org.

5. Crepes Manis

Apakah Anda pecinta makanan manis? Kalau iya, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka franchise snack Crepes manis aneka rasa.

Crepes adalah adonan tipis dari tepung yang dilipat-lipat, lengkap dengan beraneka ragam isian seperti cokelat, keju, kacang, hingga buah-buahan, selai dan Oreo. Satu porsi crepes manis mempunyai harga yang berbeda tergantung pilihan isiannya.

Bisnis makanan ini dijamin laris manis karena sering dinikmati banyak orang dari beragam kalangan. Modal usaha franchise crepes juga masih sangat terjangkau, maksimal hanya 6 juta rupiah saja.

6. Tahu Krispi

Kalau tadi sudah ada makanan manis, sekarang waktunya untuk yang gurih plus asin. Bisnis franchise tahu krispi berbumbu bisa menjadi pilihan karena omsetnya tak kalah menggiurkan.

Bisnis tahu krispi bisa dimulai dengan budget kurang dari 5 juta dan tanpa sistem bagi hasil per bulan. Dengan kata lain, seluruh keuntungan penjualan akan langsung masuk menjadi milik Anda.

7. Hottang dan Corndog Korea

Demam budaya Korea juga membuka peluang franchise yang menarik. Ya, Anda bisa meraup untung lewat franchise street food populer Korea yakni hottang, corndog dan tteokbokki!

Ketiga makanan tersebut sangat sering muncul di berbagai film drama Korea dan membuat para penonton ngiler. Gerai Anda dijamin laris manis setiap hari diburu konsumen yang penasaran dengan kelezatan sajian hottang, corndog dan tteokbokki.

Modal usaha ini juga tidak banyak, cukup dengan 3,5 sampai 5,5 juta di awal saja. Anda juga dapat memaksimalkan kunjungan pembeli lewat cara-cara unik seperti mendekor booth dengan nuansa K-Pop.

8. Chicken Popcorn

Berikutnya ada chicken popcorn atau chicken pop. Franchise chicken pop memakan modal sebesar 7 juta rupiah, namun sudah termasuk outlet ukuran sedang, alat masak, bahan-bahan, serta kompor gasnya.

Chicken pop sendiri merupakan camilan ayam goreng krispi tanpa tulang yang dipotong kecil-kecil. Selanjutnya ayam tersebut dibalur bumbu sesuai request. Franchise ini sangat mudah ditemui di berbagai mall Indonesia, oleh sebab itu omsetnya terbilang lumayan besar.

9. Es Boba / Bubble Drink

Kurang lengkap rasanya jika tidak menyebut usaha es boba kekinian saat membicarakan rekomendasi franchise makanan yang murah. Peluang bisnis bubble drink sangat besar mengikuti tingkat popularitasnya di masyarakat.

Bisnis es boba bisa dimulai dengan modal super kecil yakni 500 ribu rupiah saja! Sedangkan omset yang bisa digapai lebih bervariasi, mulai dari 3 juta sehari hingga 120 juta per bulan. Fantastis, bukan?

Anda bebas memilih sendiri brand es boba yang diinginkan sebagai waralaba. Beberapa merek franchise boba drink ngehits saat ini adalah Dum Dum, Nyot Thai Tea, Xie Xie Boba, Kamsia, dan lain-lain.

10. Takoyaki “Shizuka”

Inspirasi franchise makanan dibawah 10 juta yang terakhir adalah Takoyaki “Shizuka”. Dari namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa makanan ini berasal dari Jepang.

Takoyaki adalah jajanan pinggir jalan khas negeri Sakura dengan isian cumi, nori, dan saus yang khas. Meski merupakan makanan luar, jumlah pecinta Takoyaki di Indonesia juga cukup banyak, lho. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba peluang franchise makanan murah yang satu ini!

Satu set franchise Takoyaki Shizuka dihargai sebesar 2,5 juta rupiah saja. Paket tersebut sudah mencakup set alat masak, resep, daftar menu, booth kecil dan bahan baku, jadi Anda bisa langsung mulai berjualan!

Cara Memilih Franchise Makanan Dibawah 10 Juta yang Menguntungkan

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja 10 bisnis franchise makanan murah dibawah 10 juta yang sedang hits saat ini. Pertanyaan selanjutnya yang tak kalah penting adalah: “Bagaimana cara memilih bisnis franchise yang murah, berkualitas dan menguntungkan?”

Menjamurnya ragam usaha franchise murah dapat menyulitkan kita saat memilih. Tapi tenang saja, Anda bisa menyeleksi franchise makanan terbaik dengan 5 tips simpel berikut ini:

1. Selalu Pelajari Seluk Beluk Bisnis Pilihan

Langkah pertama dalam memulai usaha franchise makanan adalah mempelajari seluk beluk bisnis pilihan Anda. Pasalnya, bisnis franchise tetap tak luput dari beragam rintangan walaupun kebutuhan operasionalnya sudah disediakan oleh vendor.

Beberapa contoh masalah yang dimaksud bisa berupa keterlambatan suplai bahan baku, kenaikan harga sewa, promosi yang kurang efektif, dan lain-lain. Maka dari itu Anda perlu mempelajari seluruh peluang dari bisnis franchise yang hendak dijalani.

Tips tambahan:

  • Pilihlah franchise makanan yang sedikit jumlahnya di domisili tempat tinggal Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi level persaingan dengan usaha makanan lainnya.
  • Atau, pilihlah franchise makanan yang selalu diminati/sesuai selera target konsumen. Contohnya Anda bisa membuka franchise seblak pedas berlevel di lingkungan masyarakat pecinta kuliner pedas.

2. Memilih Franchise Sesuai Minat

Tips simpel berikutnya adalah memilih usaha franchise makanan sesuai minat atau passion Anda sendiri. Strategi ini dapat membantu Anda lebih mudah mengembangkan usaha dalam jangka panjang.

Misalnya Anda seorang pecinta kopi dan punya wawasan yang luas terkait pengolahan minuman tersebut. Otomatis Anda akan lebih gampang mengelola bisnis franchise kopi ketimbang makanan jenis lain.

3. Periksa Profil dan Ulasan Kerjasama Franchise Incaran

Jangan lupa untuk selalu memeriksa keseluruhan identitas dari opsi franchise incaran Anda. Tahapan ini sangat penting guna menyelamatkan diri dari aksi penipuan berkedok franchise.

Selalu periksa profil, izin operasional, dan mekanisme kerja franchise pilihan sedetil mungkin. Anda juga bisa melihat ulasan (testimoni) dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan vendor franchise guna memperoleh penilaian lebih akurat.

Lalu jangan cepat tergiur dengan penawaran franchise makanan murah dibawah 10 juta, atau franchise makanan yang didukung oleh artis-artis terkenal. Usaha tersebut memang terdengar menjanjikan, tapi cross check tetaplah penting demi memastikan bisnis pilihan 100% bersih dari skandal.

4. Sesuaikan Pilihan dengan Budget

Setiap orang mempunyai modal awal franchise yang berbeda. Oleh karena itu tidak ada salahnya memilih bisnis franchise yang sesuai dengan kondisi kantong kita sebagai langkah awal. Begitu bisnis berjalan dan mendatangkan omset, barulah Anda bisa mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

5. Buat Strategi Pengembangan Usaha Franchise

Tips terakhir adalah melengkapi usaha Anda dengan strategi marketing yang tepat. Tanggung jawab marketing franchise tetap berada di tangan Anda selaku pemilik. Vendor hanya menyediakan sarana dan prasarana pendukung operasionalnya saja.

Alhasil sangat penting untuk menyiapkan strategi pemasaran sebelum mengelola outlet franchise. Pastikan rencana bisnis Anda cocok dengan karakteristik usaha yang mau dijalankan, ya.

Itulah 10 rekomendasi bisnis franchise makanan dibawah 10 juta terlaris saat ini. Kini Anda hanya perlu memilih tipe usaha terbaik menurut Anda. Selamat mencoba!

Jangan lewatkan inspirasi bisnis menarik lainnya hanya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk mendapat akses gratis ke ratusan artikel terbaik dari dunia digital marketing. Sampai jumpa lagi!

10 Cara Mudah Membuat Iklan Penawaran Jasa [Disertai Contoh]

0
Iklan penawaran jasa

Seperti apa iklan penawaran jasa yang mudah memikat perhatian konsumen? Daripada bingung, mari gali inspirasi dari 10 contoh iklan penawaran layanan perusahaan terbaik berikut ini, yuk!

Iklan adalah komponen terpenting dalam setiap usaha. Tanpa adanya iklan, mustahil layanan perusahaan Anda bisa dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hanya saja, bentuk iklan jasa agak sedikit berbeda dibandingkan dengan penawaran produk. Agar tidak salah buat, mari simak dulu pengertian, contoh dan cara membuat iklan penawaran jasa paling kreatif berikut ini.

Apa itu Iklan Penawaran Jasa?

 

Iklan penawaran jasa

 

Iklan penawaran jasa adalah taktik marketing dengan tujuan memperkenalkan layanan jasa sebuah perusahaan kepada target konsumen. Bentuk pemasaran ini juga dikenal dengan iklan niaga.

Setiap perusahaan jasa sebaiknya memperkenalkan layanan yang dimiliki melalui iklan penawaran. Ini karena iklan-iklan niaga jasa terbukti ampuh menjangkau banyak konsumen dengan cepat. Selain itu, iklan promosi jasa juga bermanfaat untuk membangun brand awareness perusahaan.

Sebuah iklan penawaran layanan jasa yang efektif umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Disampaikan secara luas di berbagai media/platform (misalnya sosial media, website, TV, koran, baliho, brosur, e-book, dan seterusnya).
  • Menjelaskan manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat apabila menggunakan jasa yang diiklankan.
  • Mendeskripsikan fitur-fitur unggulan dari jasa kepada calon konsumen.
  • Berisi ajakan atau mendorong masyarakat untuk mencoba layanan jasa dalam iklan.

10 Cara Membuat Iklan Penawaran Jasa yang Menghipnotis Konsumen

Lalu bagaimana cara membuat iklan penawaran layanan/jasa yang bagus? Tidak perlu bingung, cukup ikuti 10 langkah mudah berikut ini dan iklan Anda akan tampil dengan sempurna:

1. Rancang Strategi dan Tujuan Promosi

Langkah pertama, susunlah strategi sekaligus tujuan promosi Anda terlebih dahulu. Prosedur ini penting dalam menciptakan iklan penawaran jasa yang tepat sasaran.

Terdapat sejumlah poin yang wajib Anda riset terkait pelaksanaan promosi, di antaranya:

  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa permasalahan atau kebutuhan utama konsumen Anda?
  • Apa tujuan jangka pendek atau panjang dari promosi ini?
  • Bagaimana cara terbaik mendekati pelanggan?
  • Bagaimana cara kompetitor Anda mempromosikan layanan mereka? Adakah yang bisa Anda improvisasi dari strategi tersebut?
  • Kapan waktu terbaik mempromosikan jasa?
  • Berapa budget promosi yang bisa Anda anggarkan?
  • Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

2. Tentukan Platform Promosi

Langkah selanjutnya, tentukanlah platform/media yang ingin Anda gunakan saat berpromosi. Pemilihan media akan memengaruhi bentuk konten Anda nantinya.

Semisal Anda ingin menggencarkan iklan di website. Otomatis, materi promosi akan lebih banyak berupa artikel atau tulisan copywriting. Namun jika Anda memilih promosi di sosmed seperti Instagram, maka konten yang cocok adalah aneka foto/video.

Anda boleh memasang iklan lebih dari 1 platform promosi sesuai kebutuhan. Namun jangan terlalu memakai terlalu banyak media demi menjaga efektivitas serta fokus kampanye. Cukup pilih platform yang paling diminati/sering diakses oleh target calon konsumen.

3. Riset Ide dan Tren yang Sedang Viral

Kemas iklan dengan aneka ide atau tren yang sedang viral supaya hasilnya lebih menarik.

Banyak penelitian membuktikan bahwa brand yang up to date dengan isu terhangat lebih gampang mendapat sorotan di masyarakat. Dengan kata lain, nama perusahaan Anda dapat lebih cepat terkenal.

Nah, cara termudah untuk mengetahui tren yang lagi viral adalah dengan memanfaatkan tools analisis seperti Google Trends. Anda juga bisa menyimak informasi terbaru di dunia maya lewat menu ‘explore’ atau ‘now trending’ yang dimiliki hampir semua sosmed kekinian.

4. Gunakan Judul yang Memikat

Langkah selanjutnya adalah membuat kalimat pembuka atau judul iklan yang memikat. Sebisa mungkin kreasikan judul iklan Anda demi menciptakan rasa penasaran audiens. Sangat disarankan untuk memakai strategi copywriting supaya tulisan Anda jadi lebih menarik.

5. Lengkapi dengan Informasi Terkait Jasa

Berikutnya lengkapi iklan Anda dengan beragam informasi terkait jasa. Bagian ini merupakan inti pesan yang mau Anda sampaikan ke calon konsumen.

Bentuk informasi yang dicantumkan dalam iklan promosi jasa juga berbeda-beda, tergantung pada servis yang Anda sediakan. Namun semakin relevan isi informasi dengan kebutuhan pembeli, maka makin besar pula keinginan mereka mencoba layanan.

6. Sisipkan Keyword ke dalam Iklan

Selipkan 1 hingga 2 kata kunci terkait layanan jasa ke dalam deskripsi iklan Anda. Hal ini dapat mendongkrak visibilitas iklan agar lebih mudah ditemukan calon pembeli.

Semisal Anda ingin mempromosikan jasa fotografi murah. Nah, Anda dapat menggunakan banyak varian kata kunci yang relevan seperti: jasa sewa fotografer atau fotografer murah.

Hanya saja, penentuan kata kunci tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Manfaatkanlah alat riset keyword gratis seperti Google Keyword Planner, Semrush atau Ubersuggest, untuk memperoleh rekomendasi yang tepat.

7. Paparkan Manfaat dan Keunggulan Jasa

Poin berikutnya yang wajib ada dalam setiap iklan penawaran adalah manfaat dan keunggulan layanan. Dua hal ini akan membuat audiens merasa kian tertarik mencoba servis brand Anda. Maka dari itu, Anda perlu menulis manfaat jasa dari kacamata konsumen.

8. Jelaskan dengan Sederhana

Semua informasi dalam iklan sebaiknya dipaparkan dengan sederhana, lugas, dan tidak bertele-tele. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mencerna isi iklan. Kesederhanaan iklan sebaiknya dicerminkan dari sisi kepenulisan (copywriting) dan juga desain.

9. Tutup dengan Call To Action

Selalu akhiri iklan Anda dengan ajakan untuk bertindak (Call To Action). Misalnya seperti:

  • “Pesan sekarang”.
  • “Beli di sini”.
  • “Order sebelum kehabisan”.
  • “Langganan langsung dengan klik link ini.”
  • “Ketuk banner untuk mendapat promo.”
  • “Klaim voucher Anda”.
  • Dan masih banyak lagi sesuai tujuan iklan masing-masing.

Poin CTA juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan copywriting, elemen desain grafis, hingga desain tombol khusus dengan warna-warni mencolok.

10. Buat Iklan yang Mobile Friendly

Tips terakhir, cobalah untuk membuat iklan penawaran yang mobile friendly. Trik ini bermanfaat untuk memaksimalkan daya jangkau iklan layanan Anda di masyarakat, mengingat hampir semua orang kini mengandalkan smartphone untuk mengakses informasi terbaru.

Membuat iklan yang mobile friendly tidak begitu sulit. Minimal Anda perlu menyesuaikan tampilan serta format iklan agar pas sesuai standar ukuran layar ponsel. Cara lainnya, Anda bisa menggencarkan promosi di sosial media.

Contoh Iklan Penawaran Jasa dari Berbagai Bidang Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh iklan penawaran jasa dari berbagai ranah yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Iklan Penawaran Layanan Ojek Online

  1. Kesiangan dan takut telat atau macet? Tenang, pesan jasa Ojek Online kami sekarang lewat app, dijamin auto sat-set-sat-set!
  2. Pergi kemana saja, tarif tetap sama! Order OjolKu sekarang, tarif hanya 10 ribu rupiah plus banyak diskon menarik!
  3. Anti laper di jam genting dengan pesan makan siang gratis ongkir di YukFood! Ketuk banner untuk melihat rekomendasi top resto di lokasimu & klaim puluhan voucher diskon menariknya.

2. Iklan Penawaran Layanan Servis

  1. Spesialis sedot WC mampet/penuh dan keran bocor di rumah. Dikerjakan langsung oleh tenaga profesional. Hubungi @servisandalanku sekarang, harga bisa nego!
  2. Barang elektronik kesayangan Anda rusak? Jangan panik, kami siap menyelamatkan gadget Anda! Hubungi 081237482xx sekarang untuk konsultasi, GRATIS.

3. Iklan Penawaran Pembuatan Website dan Aplikasi

  1. Hari gini masih belum punya website bisnis sendiri? Tingkatkan performa olshop Anda bersama APPKEY! Kami menyediakan konsultasi gratis seputar masalah bisnis online dan pembuatan web/app murah se-Indonesia, langsung klik https://appkey.id/ ya!
  2. 9 dari 10 bisnis online sukses meraup omset ratusan juta dengan website sendiri buatan JagoWeb! Melayani custom website bisnis dan personal sesuai kebutuhan, cek portofolionya di www.jagoweb.com.

4. Iklan Penawaran Bimbel dan Kursus

  1. It’s time to back to school!! Yuk gapai cita-cita dan jadi juara di sekolah bersama Bimbel Kidi, les privat online dan offline terbaik se-Bali untuk semua mata pelajaran. Segera book slot belajar spesial untuk bulan ini sebelum penuh.
  2. Mau jago cas-cis-cus bahasa Inggris seperti orang Amerika? Join program Speaking Mastery bersama Mr. Robert sekarang di www.robertenglish.id. Ada cashback hingga 50% bagi 10 pendaftar pertama!

5. Iklan Penawaran Jasa Finance

  1. Sedang butuh dana cepat?? Ajukan cicilan bunga ringan hingga 0% di BaliBali Credit! Limit besar hingga 80 juta dan langsung cair dalam 24 jam tanpa syarat.
  2. Buka tabungan bonus iPhone 14 terbaru hanya di AirBank mobile. Banyak program menarik lainnya juga menanti untuk nasabah baru di akhir tahun. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di sini!

6. Iklan Penawaran Jasa Travel

  1. Galau diputusin ayang? Jangan sedih lama-lama, bestie! Manjakan dirimu dengan program spesial staycation di Gili Trawangan bersama Travel2You. Info selengkapnya klik @travel2you_promo.
  2. Mari sambut New Year bareng keluarga dengan paket jalan-jalan super hemat ke Singapura, cuma 10 juta untuk 4 orang. Book tiketmu sekarang juga sebelum kehabisan!

7. Iklan Penawaran Jasa Konten Kreator

  1. Abadikan memori indah pernikahan/ulang tahun/gathering/wisuda dll bersama Ayana Gallery Bandung. Ditangani oleh fotografer dan videografer profesional, ada studio khusus dan set outdoor. Harga terjangkau bisa nego.
  2. Calling all UMKM se-Indonesia!!! Ruang Kreatif membuka jasa desain produk/kemasan/logo murah dengan hasil bintang 5. Limited slot only; tidak puas, uang kembali! Cek portofolio & info pemesanan di www.ruangkreatif.com.

Demikianlah pembahasan seputar cara membuat iklan penawaran jasa yang menarik beserta contoh-contohnya. Bagaimana, menyusun iklan promosi jasa itu ternyata cukup mudah, ‘kan?

Gali lebih banyak tips dan inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Jangan lewatkan koleksi artikel terbarunya setiap hari dengan mengklik https://markey.id/ atau instal MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Siap Pakai! 15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop

0

Mau produk atau jasa Anda terjual lebih cepat? Yuk promosikan bisnis Anda dengan 15 contoh copywriting yang menarik berikut ini!

Copywriting adalah strategi pemasaran dengan kalimat persuasif yang kuat. Trik ini mampu menghipnotis pembaca supaya mau bertindak sesuai keinginan kita. Maka dari itulah kegunaan teknik copywriting tak pernah lekang oleh waktu.

Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan ketika menyusun kalimat copywriting yang menarik. Daripada ikut galau, mari langsung simak aneka tips menulis copywriting yang menarik untuk olshop disertai contohnya di sini.

15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop Masa Kini

 

contoh copywriting yang menarik

 

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari inspirasi caption promosi yang memikat. Langsung simak rangkuman tips dan contoh copywriting yang menarik bagi olshop kekinian berikut ini:

1. Copywriting Headline Kontroversial

Tulisan headline yang kontroversial sukses menjadi contoh copywriting yang menarik dan layak dicoba. Ini karena tulisan kontroversial mempunyai gaya bahasa yang “menantang” serta tak lazim, sehingga lebih mudah mencuri perhatian audiens.

Selain itu, copywriting dengan nada kontroversi juga banyak memakai kosakata yang “mengejutkan” atau “menggebrak” perhatian pembaca.

Contohnya:

  • AWAS!!! Ada kopi susu gula aren terenak 10 ribuan di sini!
  • Hari gini masih percaya krim pemutih? Mending ganti ke serum whitening “Sakura”.
  • Rusak saja buku ini: solusi cepat atasi kegalauan dan overthinking.

2. Copywriting dengan Kategori “Terbaik”

Contoh copywriting yang menarik sekaligus termudah lainnya adalah dengan memakai kata-kata kategori ‘terbaik’. Misalnya seperti “termurah”, “terlaris”, “paling berkualitas”, “terpopuler”, “terviral”, “terbaru” dan seterusnya.

Kosakata tersebut dapat menonjolkan produk atau jasa Anda di mata audiens nantinya. Contoh copywritingnya:

  • Finance ABC: Layanan asuransi terlengkap dan termurah se-Indonesia.
  • Sudah cobain makaroni pedas terviral “Sambalado”? Segera order di sini!
  • Ribuan hotel termurah di Bali sekarang bisa kamu pesan langsung dari “Jalan-Jalan App”. Download sekarang!

3. Copywriting dengan Quotes

Punya quotes atau jargon unik yang memikat perhatian? Jangan ragu untuk menggunakannya sebagai kalimat pembuka tulisan copywriting promosi!

Menyematkan quotes populer ke tulisan copywriting terbukti ampuh menarik perhatian masyarakat. Dengan catatan, jargon yang digunakan tetap sesuai konteks/tujuan promosi.

Contohnya:

  • Selalu ada selalu bisa! Beli semua di Tokopedia.
  • Si paling bikin happy! Cuma hari ini ada promo seru B1G1 di Sunshine Beauty, kuy mampir!

4. Copywriting dengan Jaminan (Klaim)

Anda boleh mengklaim bisnis/online shop milik sendiri sebagai yang terbaik di bidangnya. Strategi marketing ini dapat menarik perhatian audiens sekaligus memperkuat branding.

Contohnya:

  • Dijamin super hemat belanja di We Buy! Ada yang lebih murah? Kami ganti belanjaanmu 2x lipat!
  • Rahasia ampuh turun berat badan tanpa menyiksa diri, cuma dengan 1 botol saja.
  • Gerai fashion terbesar se-Asia Tenggara kini hadir spesial di kotamu.
  • Jadi lebih pintar berbisnis online bersama MARKEY, ribuan orang sudah membuktikannya!

5. Copywriting dengan Pertanyaan untuk Audiens

Pernahkah Anda menemukan deskripsi copywriting dalam kalimat tanya? Bentuk tulisan yang seperti itu memang sengaja dilakukan guna membangun keakraban penulis dan audiens.

Namun Anda harus bisa memahami kesulitan-kesulitan audiens agar dapat membuat rumusan kalimat tanya yang tepat. Dengan begini, konsumen akan merasa bahwa Anda mengerti permasalahan mereka dan menyajikan solusinya dalam tulisan copywriting/promosi.

Contohnya:

  • Sering nggak PD karena jerawat membandel? Baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Siapa yang nggak mau dagangannya laris manis diburu pembeli? Kami punya tips dan trik khusus untuk memaksimalkan omset olshop!
  • Mau pesan apa hari ini? Yuk cobain menu terbaik khas Indonesia di Lunch Resto, bonus diskon hingga 60% menanti!

6. Copywriting dengan “Warning”

Contoh copywriting yang menarik selanjutnya adalah warning headline (headline dengan peringatan). Penulis dengan sengaja membangkitkan rasa takut audiens sehingga mereka terdorong untuk menyimak isi teks hingga tuntas.

Namun jangan hanya sekadar memicu ketakutan pembaca saja. Berikanlah juga jawaban/solusi terbaik agar audiens merasa puas dan tidak mencemaskan masalah.

Sudah ada banyak contoh copywriting yang menarik dengan warning headline, misalnya:

  • Waspada jika sering galau! Bisa jadi tanda awal gangguan kecemasan. Ini solusinya.
  • Hati-hati frozen food berbahan kimia! Sayangi keluarga dengan belanja makanan siap santap di NomNom Food, 100% organik.

7. Copywriting Tutorial

Inspirasi tulisan copywriting lainnya adalah mengawali kalimat dengan pertanyaan tutorial (how to). Konten how to banyak dicari audiens karena sering menyediakan jawaban atas pertanyaan mereka. Alhasil, tulisan copywriting ini ampuh untuk meningkatkan engagement sekaligus branding bisnis.

Contoh:

  • Bagaimana cara mendaftar Shopee affiliates? Ini tips dan triknya [100% berhasil!]
  • Panduan komplit make up flawless untuk pemula [Disertai rekomendasi produk]

8. Copywriting Perbandingan

Sesuai dengan namanya, trik copywriting perbandingan menjanjikan ulasan dua atau lebih produk. Konten perbandingan cukup banyak dicari masyarakat karena membantu mereka dalam memutuskan produk/jasa terbaik.

Anda bisa membandingkan apa saja, mulai dari varian produk yang Anda jual atau spesifikasi produk sendiri versus milik pesaing. Meski begitu, Anda tidak boleh menjelekkan salah satu item. Cukup beri penjelasan yang detail terkait perbedaan antar produk, lalu biarkan audiens yang memilih.

Contoh:

  • Moisturizer varian ABC versus XYZ, mana yang paling cocok untuk kulit sensitif? Ini jawabannya!
  • Keuntungan dan perbedaan utama IG Reels dan TikTok, content creator wajib tahu!

9. Copywriting dengan Kalimat Perintah

Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan produk/jasa memakai kalimat perintah? Ternyata ada banyak contoh copywriting yang memikat dengan kalimat-kalimat suruhan, lho!

Tulisan copywriting dengan kalimat perintah ditujukan untuk mengarahkan pemirsa agar bertindak sesuai tujuan kampanye. Kalimat yang digunakan biasanya bersifat mendesak serta jelas alasannya. Misalnya seperti:

  • Join live streaming sale untuk menangkan undian iPhone 13 terbaru gratis.
  • Segera klaim voucher belanja hingga 100 ribu di aplikasi BukuKu, gratis siapa cepat dia dapat! Download appnya di Playstore sekarang.

10. Copywriting dengan Angka (Number Headline)

Sejumlah studi digital marketing menunjukkan fakta menarik: sebagian orang ternyata lebih mudah dibujuk dengan tulisan copywriting dengan angka di dalamnya. Ini karena angka mendongkrak rasa kepercayaan konsumen terhadap isi tulisan. Otomatis, engagement audiens dengan konten promosi tipe ini terbilang cukup tinggi.

Contohnya:

  • 9 dari 10 orang berhasil turun berat badan hingga 10 kg dalam 3 bulan! Apakah kamu yang berikutnya? Daftar kelas work out spesial di sini.
  • Join program affiliate Toko Mebel sekarang juga! Gratis tanpa syarat dan bisa cuan hingga 80% per transaksi.
  • Spesial Senin Happy! Diskon hingga 50% all item di toko Mom and Baby tanpa minimal belanja, cusss sikat!!

11. Copywriting dengan Rasa Penasaran

Rasa penasaran adalah bentuk emosi baik lainnya dalam hal promosi memakai strategi copywriting. Emosi ini dipandang lebih positif dari rasa takut, plus bisa meningkatkan keinginan audiens menyimak isi konten hingga tuntas.

Contoh:

  • Mau dapat omset belasan jutaan sebulan? Tentu bisa! Ini caranya…
  • Memutihkan gigi secara alami tanpa obat kimia, ini rahasianya…

12. Copywriting yang Menantang

Tidak ada salahnya memancing rasa penasaran pembaca dengan sedikit bumbu tantangan di headline copywriting. Jika dikemas dengan baik, konten ini bisa meninggalkan kesan mendalam yang positif di benak pemirsa.

Contoh terbaik copywriting dalam kategori ini jatuh pada brand Tolak Angin. Melalui jargon khasnya, “Orang pintar minum Tolak Angin”, mereka ‘menantang’ masyarakat untuk ‘membuktikan diri sebagai orang pintar’ dengan menggunakan produk mereka.

13. Copywriting Mendalam

Penulisan copywriting dengan ulasan mendalam cocok dipakai dalam konten berupa artikel. Pasalnya, tulisan sejenis ini bertujuan mengedukasi audiens terkait alasan/penyebab terjadinya sesuatu hal.

Semisal Anda ingin mempromosikan produk skincare anti kulit kering dan kemerahan secara meyakinkan. Anda dapat membungkus iklan secara soft-selling dengan menjelaskan penyebab terjadinya kulit kering serta kemerahan terlebih dahulu.

Baru nantinya dilanjutkan dengan tawaran solusi (produk Anda). Dengan begini, audiens akan merasa lebih yakin untuk mencoba produk Anda.

Beberapa contoh judul copywriting mendalam yang menarik perhatian:

  • Terkuak! Ini 5 penyebab kulit kemerahan yang tak disadari, baca sampai habis untuk tahu solusinya.
  • Keuntungan rahasia memiliki website sendiri bagi UMKM [+Jasa Pembuatan Web Murah]

14. Copywriting dengan Urgensi

Satu lagi trik psikologi yang dimanfaatkan dalam strategi marketing: copywriting dengan urgensi/kepentingan. Strategi ini mirip dengan copywriting warning yang memanfaatkan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) audiens.

Hasilnya, pembaca didorong untuk harus segera bertindak usai membaca tulisan copywriting Anda. Tulisan headline dengan unsur urgensi kerap ditemukan dalam promosi diskon, flash sale, sale limited edition, dan sejenisnya:

  • Hanya hari ini! Diskon 90% all item di Bali Beauty Shop, plus free ongkir ke seluruh Indonesia!
  • Flash sale banting harga semua koleksi sepatu terkece di Shoes Kita! Check out sekarang sebelum kehabisan stoknya!

15. Copywriting Headline “Gimmick”

Strategi copywriting unik yang terakhir untuk mempromosikan usaha adalah headline gimmick. Trik ini memaksimalkan penggunaan gaya bahasa berupa kata-kata pengulangan, click-baiting dan permainan suara (rima).

Menulis headline gimmick bisa jadi sedikit sulit karena penulis harus benar-benar selektif dalam menyusun kata-kata. Beberapa contoh copywriting dengan headline yang bersifat gimmick adalah:

  • Rasa baru untuk tujuan yang baru.
  • Menu spesial snack wrap, it’s a wrap!
  • Olshop sepi? Atasi segera dengan tips ini agar bisnis tak mati.

Itulah aneka tips dan contoh copywriting yang menarik untuk semua online shop. Anda bebas memilih hendak menggunakan ide copywriting yang mana dari kelima belas poin di atas. Selamat mencoba!

Ikuti terus update terhangat seputar kiat-kiat sukses bisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee agar Untung

0
Cara menentukan Harga Dropship di Shopee

Tertarik mencoba dropship tapi masih bingung bagaimana cara menentukan harga jual dropship di Shopee? Tenang, kami punya jawabannya khusus untuk Anda di sini!

Menetapkan harga jual adalah hal yang penting dalam semua jenis bisnis, termasuk dropship. Banyak online shop yang berujung bangkrut karena salah mematok harga ke target konsumennya. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut menimpa usaha sendiri.

Tidak perlu cemas, berikut ini ada 6 cara mudah menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba. Yuk langsung simak dan praktekkan kiat-kiatnya!

Apa Itu Dropship di Shopee?

 

Cara menentukan harga jual dropship di Shopee

 

Ada banyak cara mencari uang lewat Shopee, salah satunya adalah dengan mencoba dropship. Dropship adalah strategi bisnis online tanpa modal berbasis kerjasama dengan supplier.

Tugas Anda hanyalah mempromosikan produk dari supplier ke konsumen dengan harga baru. Lalu ketika ada pesanan, Anda bisa langsung memesannya atas nama pembeli ke agen. Seluruh pengelolaan produk juga ditangani oleh supplier, sehingga Anda tidak perlu menyetok barang sama sekali.

Mengapa Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee?

Mengetahui cara menentukan harga jual dropship di Shopee sangat penting karena keuntungan dropshipper datang dari selisih harga asli dan harga jual produk.

Misalnya harga asli barang A dari vendor adalah Rp 20.000, lalu Anda menjualnya sebesar Rp 25.000. Otomatis keuntungan Anda adalah Rp 5.000 per item.

Sayangnya para pebisnis dropship tidak bisa sembarangan mematok harga jual. Memasang harga terlalu tinggi akan mempersulit penjualan dan sering gagal menarik pembeli. Begitu juga sebaliknya, harga yang terlalu rendah bisa berbalik merugikan olshop.

Belum lagi ada banyak faktor yang memengaruhi harga jual dropship di Shopee, seperti harga produk dari supplier dan ongkos kirim. Jadi daripada merugi, lebih baik buat perhitungan harga jual yang tepat supaya dagangan terus laris manis.

6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee yang Benar

Menentukan harga jual dropship yang menguntungkan memang agak sulit. Buat Anda yang masih sering bingung, yuk atasi masalah tersebut dengan 6 cara menentukan harga jual dropship di Shopee berikut ini:

1. Strategi Psikologi Permainan Harga Produk

Strategi pertama yakni dengan permainan psikologi. Taktik penentuan harga berbasis ilmu psikologi cukup marak dilakukan akhir-akhir ini karena berhasil meningkatkan penjualan.

Cara ini juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membuat nominal harga produk yang tidak ‘bulat’ atau ‘genap’, seperti Rp 14.999.

Sekarang bandingkan harga Rp 14.999 (produk A) dengan Rp 15.000 (produk B). Kebanyakan konsumen pasti akan memilih produk A karena dianggap lebih murah—meski sesungguhnya nilai keduanya sama saja.

2. FMOC (Fixed Markup on Cost)

Cara menentukan harga dropship di Shopee yang kedua adalah FMOC (Fixed Markup on Cost) alias penentuan harga markup tetap. Strategi ini dilakukan dengan menambah margin keuntungan dari harga asli produk.

Semisal Anda ingin mendapat profit dengan markup 20% dan harga asli produknya adalah Rp 10.000. Itu berarti besar keuntungan tetap per produknya adalah Rp 10.000 x 20% = Rp 2.000.

Sehingga nilai jual produk dropship Anda nantinya sebesar Rp 10.000 + Rp 2.000 = Rp 12.000.

Tips tambahan:

  • Gunakan rentang markup yang tidak terlalu besar supaya harga jual produk dropship tetap terjangkau, seperti 10% sampai 30%.
  • Jika Anda menjual produk dalam dollar, maka Anda bisa membuat margin profit sebesar $4 per produk.

3. Markup Berjenjang

Selain fixed markup, ada juga strategi penetapan harga jual dropship dengan markup berjenjang.

Taktik ini sangat disarankan jika Anda menjual produk yang bervariasi—mulai dari produk supplier termurah sampai termahal. Tentunya keuntungan paling besar akan datang dari produk yang harga aslinya rendah.

Contoh markup harga berjenjang:

  • Produk dari supplier A mempunyai harga asli di bawah Rp 40.000, sehingga dapat di markup keuntungannya sampai 50%.
  • Produk dari supplier B memiliki harga asli Rp 100.000, jadi, markup harganya dibatasi hingga 20% saja.

Anda boleh menentukan sendiri parameter (batasan) markup harga tiap produk sesuai contoh.

4. Harga Sesuai Ongkir

Ada juga dropshipper yang mematok harga produk mengikuti ongkos kirim. Taktik ini juga termasuk salah satu permainan psikologi yang membuat konsumen merasa tak perlu membayar lebih untuk pengiriman.

Misalnya harga produk A yang Anda jual sebesar Rp 20.000, ditambah ongkir Rp 5.000. Anda bisa menjual produk A tadi seharga Rp 30.000 tanpa ongkir. Nantinya Anda akan memperoleh  profit sebesar 5 ribu rupiah.

Faktanya hampir semua konsumen saat ini lebih senang berbelanja tanpa ongkir. Maka dari itu, strategi ini patut untuk dicoba!

5. MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price)

Masih bingung menentukan margin keuntungan per produk? Anda bisa meminta saran MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price) dari supplier.

Sesuai namanya, Manufacturer Suggested Retail Price adalah cara menentukan harga jual dropship di Shopee dengan harga jual eceran yang disarankan oleh supplier. Anda tidak perlu pusing memikirkan peningkatan harga jual, cukup ikuti nominal harga yang disarankan saja.

Strategi ini juga sama menguntungkan dibanding yang lain karena membantu menjaga harga produk serta mencegah perang harga antar dropship. Namun Anda mungkin perlu memastikan kembali sistem bagi hasil penjualan dengan agen.

6. Menggunakan Harga Diskon

Siapa bilang dropshipper tidak bisa berjualan dengan harga diskon? Anda justru bisa meraup cuan lebih mungkin dengan strategi yang satu ini!

Harga diskon bisa dihitung dari harga tertinggi produk yang selanjutnya dikurangi. Bisa dibilang, ini adalah trik psikologi harga lainnya di dunia marketing.

Semisal harga produk A adalah Rp 50.000 dan Anda ingin mendapat keuntungan 5% (Rp 2.500) per item. Alhasil harga jual asli produk A adalah Rp 52.500.

Kemudian, Anda juga ingin memberikan diskon 10% pada produk A supaya cepat laku terjual. 10% dari harga jual adalah Rp 57.750 rupiah.

Sekarang Anda hanya perlu mencantumkan ‘harga markup’ Rp 57.750 sebagai harga jual produk A. Bubuhkan caption diskon 10% dan ‘harga baru’ usai potongan yakni 52.500 ketika berpromosi.

Strategi ini akan membuat konsumen merasa berhasil berbelanja dengan harga termurah.

Tips tambahan:

  • Tentukan produk yang layak diberi diskon dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  1. Kebutuhan/permasalahan konsumen (Apakah produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka?)
  2. Nilai produk yang dijual (Apakah nilai utama dari produk Anda?)
  3. Kebiasaan belanja konsumen (Apakah konsumen Anda cenderung membeli produk apapun yang tersedia, atau mereka hanya mencari satu produk secara spesifik?)

Selain dengan 6 cara di atas, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan faktor-faktor eksternal yang kerap muncul dalam aktivitas dropship seperti:

  • Harga jual produk yang serupa di pasaran/oleh kompetitor.
  • Margin keuntungan rata-rata.
  • Jenis dan kelangkaan produk jualan.
  • Target konsumen.
  • Harga yang diberikan oleh supplier.

Anda bisa melakukan riset bisnis yang mendalam agar lebih tepat dalam memilih produk, supplier, serta menetapkan harga jual dropship di Shopee.

Itulah cara-cara menentukan harga jual dropship di Shopee yang bisa Anda coba demi meraih pemasukan lebih banyak. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!

Temukan lebih banyak tips, trik dan strategi mudah menjalankan bisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!