Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO 4 Cara Optimalisasi SEO Web Ecommerce supaya Laris

4 Cara Optimalisasi SEO Web Ecommerce supaya Laris

-

Ingin mendapat pemasukan olshop lebih banyak setiap hari? Caranya gampang! Segera lakukan 4 cara optimalisasi SEO website ecommerce berikut ini supaya dagangan cepat laku.

Website ecommerce adalah sarana bisnis online terbaik karena mudah diakses, terjamin aman, dan kaya akan fitur-fitur canggih pendukung transaksi. Jadi tidaklah mengherankan jika mayoritas bisnis saat ini mempunyai websitenya sendiri.

Namun hal tersebut juga menimbulkan persaingan yang ketat antar web ecommerce di Google. Akibatnya, semua orang berlomba-lomba menarik perhatian pembeli dengan mengoptimalisasi website.

Sudahkah web toko online Anda optimal dan teruji berkualitas sesuai kaidah SEO? Segera cari tahu dan optimalkan dengan 4 strategi optimalisasi SEO website ecommerce berikut ini, yuk!

Pengertian & Tujuan Optimalisasi SEO Ecommerce

Optimalisasi-SEO

 

Optimalisasi SEO ecommerce adalah serangkaian cara untuk meningkatkan performa, kualitas serta popularitas sebuah website toko online. Tujuan utamanya adalah meningkatkan angka penjualan sekaligus keuntungan bisnis online.

Optimasi website ecommerce merupakan strategi digital marketing yang cukup simpel, gratis, serta terbukti ampuh meningkatkan banyak aspek penting bisnis seperti:

  • Traffic: kunjungan website ecommerce per hari.
  • Konversi: penjualan produk online, atau peralihan sikap dari pengunjung pasif (hanya melihat-lihat atau membaca isi web) ke aktif (membeli produk).
  • Ranking 1 Google: kemampuan website muncul di peringkat pertama Google. Semakin tinggi ranking website Anda maka makin besar peluang diklik oleh audiens.
  • Revenue: total seluruh pendapatan bisnis online.

Menariknya lagi, strategi SEO ini dapat mengefektifkan biaya promosi bisnis Anda dalam jangka panjang. Website-website ecommerce yang senantiasa dioptimalkan punya peluang lebih besar untuk bertahan menjadi nomor satu di masyarakat. Otomatis Anda tidak perlu banyak beriklan setiap saat.

Mengapa Melakukan Optimalisasi SEO untuk Website Ecommerce?

Mengapa masih penting bagi kita untuk mengoptimalkan website ecommerce dengan strategi SEO? Faktanya, tingkat penjualan online di media website masih menjadi yang tertinggi di tahun ini.

Namun ada kebiasaan yang menarik dari aktivitas belanja online tersebut. Hampir semua orang saat ini terbukti mencari solusi atas kebutuhan mereka di Google, baik berupa produk atau jasa. Tapi, konsumen cenderung hanya mengklik web di peringkat teratas saja (rank 1 sampai 10).

Jarang sekali ada orang yang menelusuri Google hingga halaman kedua atau link di luar 10 peringkat pertama. Web-web tersebut sudah dipandang tidak relevan atau meyakinkan, terlepas dari kualitas produk/jasa yang Anda tawarkan di dalamnya.

Maka dari itu Anda wajib membuat website ‘disukai Google’ dan masuk jajaran ranking 10 besar agar dagangan laris manis setiap hari. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan strategi optimalisasi SEO.

SEO ibarat ‘penyelamat’ yang membuat website Anda lebih dipercaya oleh Google. SEO adalah pedoman bagi para pengelola web agar konten yang tersaji cocok dengan algoritma terbaru Google. Sebagai hasilnya, situs Anda akan selalu menjadi yang terdepan dari jutaan kompetitor lainnya.

4 Cara untuk optimalisasi SEO Website Ecommerce

Mengoptimalkan performa web bisnis dengan strategi SEO ternyata cukup mudah. Hanya ada 4 hal dasar yang wajib dilakukan supaya nama situs toko online Anda melesat masuk halaman pertama Google Search:

1. Lakukan Optimalisasi Penelusuran Suara

Strategi SEO website ecommerce pertama adalah mengoptimalisasi penelusuran berbasis suara (voice search). Pencarian dengan suara sedang menjadi trend baru di masyarakat karena sangat mudah dilakukan.

Jika dulu kita perlu mengetik kata kunci untuk menelusuri sebuah informasi, sekarang Anda hanya perlu mengucapkan kalimat pertanyaan atau topik lewat mikrofon khusus di Google Search. Cara mencari informasi seperti ini dinilai jauh lebih praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Namun optimalisasi SEO voice search agak sedikit berbeda dibandingkan biasanya, seperti menggunakan keyword yang lebih panjang, spesifik, serta gaya bahasa lisan informal.

2. Pastikan Website Mobile Friendly

Tips selanjutnya adalah memastikan website toko online Anda mobile friendly, alias, dapat diakses dan berfungsi dengan baik dari smartphone.

Lebih dari 50% traffic website saat ini bersumber dari koneksi smartphone. Orang-orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di ponsel, sehingga wajar jika sebagian besar penelusuran web juga dilakukan memakai HP.

Jadi alangkah baiknya untuk mendesain website dalam berbagai format seperti laptop, komputer, smartphone dan tablet. Pastikan layout web tertata rapi, seluruh font dan gambar dalam ukuran yang proporsional, serta tombol-tombol navigasi bekerja dengan baik walau dibuka dari smartphone.

3. Optimalkan Konten Website Ecommerce

Maksimalkan kualitas konten yang Anda posting di situs olshop. Hal ini dapat memperbesar peluang website disukai dan direkomendasikan Google.

Minimal Anda harus menyelipkan kata kunci yang relevan dengan penelusuran audiens. Jadi artikel website Anda punya peluang untuk muncul saat ada yang mencari keyword tersebut.

Selain itu tulislah artikel yang berbobot, orisinil, serta mampu menjawab pertanyaan audiens. Konten-konten dengan isi berkualitas akan mendapat nilai plus untuk menjadi ranking 1 penelusuran.

4. Menambah Kecepatan Loading Halaman Web

Tips terakhir adalah menambah kecepatan loading halaman website Anda. Pihak Google sendiri secara resmi pernah mengumumkan bahwa kecepatan loading menjadi salah satu faktor penentu ranking website.

Kecepatan loading nyatanya memiliki dampak langsung pada kepuasan pengguna. Semakin lama website Anda meloading konten, maka otomatis kepuasan pengunjung akan semakin turun—begitu juga sebaliknya.

Anda wajib waspada karena masalah ini sering kali datang tanpa disadari. Terdapat beragam penyebab melambatnya performa sebuah situs, seperti:

  • Terlalu banyak item multimedia atau file berukuran besar.
  • Tidak ada sistem cache dan CDN.
  • Tidak mengompres file JS serta CSS.

Sangat disarankan bagi pemilik web untuk mengetes kecepatan loading halaman web mereka secara berkala. Anda bisa menggunakan tool-tool web checker gratis yang ada di internet.

Bagaimana, mengoptimalkan website ecommerce dengan strategi SEO tidak sulit, bukan? Selain 4 strategi di atas, Anda juga wajib mengingat poin-poin penting ini:

  • Optimalisasikan website Anda untuk pengunjung asli dan mesin (Google). Website Anda akan dinilai baik jika mampu membuat banyak orang puas, betah dan nyaman ketika menjelajahi isinya (mempunyai bounce rate kecil).
  • Mulai proses pembenahan website Anda dengan mencari tahu titik-titik kelemahan situs. Setelahnya barulah Anda mulai memperbaikinya sesuai kaidah SEO.
  • Hasil dari SEO bersifat jangka panjang. Jadi Anda harus telaten, tekun dan sabar menikmati prosesnya.

Artikel terkait  Cara Menggunakan Search Analytics | Lihat Panduan Ini untuk Bisa Menggunakannya

Bonus: Rekomendasi Tool Optimalisasi SEO Terbaik untuk Website Ecommerce

Proses optimalisasi website ecommerce akan lebih mudah dan baik hasilnya dengan bantuan tool-tool pendamping SEO berikut ini:

1. SEMRush

SEMRush adalah tool SEO untuk mengoptimalkan kualitas konten bisnis Anda. Fitur-fiturnya sudah sangat lengkap mencakup rekomendasi kata kunci, riset topik, membangun backlink, dan masukan-masukan untuk perbaikan isi konten.

2. PageSpeed Insight

Sesuai namanya, PageSpeed Insight adalah alat bantu untuk mengecek tingkat kecepatan loading website di Google Search.

PageSpeed Insight memiliki tiga ranking skor yakni:

  • 90 sampai 100 = kecepatan website sangat baik.
  • 50 sampai 90 = loading website memerlukan peningkatan/belum optimal.
  • 0 sampai 50 = kecepatan website sangat buruk (lama).

3. Google Search Console

Ingin tahu bagaimana kualitas website Anda langsung menurut Google sendiri? Jika iya, maka Anda bisa menggunakan Google Search Console.

Fungsi utama Search Console adalah menilai performa dan ranking website Anda di Google. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk menggali “masalah tersembunyi” pada website, seperti:

  • Mengecek masalah troubleshooting.
  • Memeriksa serta memperbaiki masalah indexing.
  • Mengecek ranking website kompetitor.
  • Menghitung jumlah klik (CTR).
  • Mengetahui keyword yang sedang naik daun.
  • Mengajukan index untuk konten rilisan terbaru.

4. UserTesting

Setelah selesai mengoptimalkan website, kini waktunya untuk menguji performanya! Gunakanlah tool UserTesting sebagai alat bantu terbaik Anda.

UserTesting akan mencari tahu tingkat keberhasilan SEO yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa mendeteksi masalah-masalah baru dan memperbaikinya sedini mungkin.

5. HotJar

Rekomendasi tool SEO terakhir adalah HotJar. Aplikasi ini didesain khusus untuk mengetahui karakteristik calon konsumen dari aktivitas mereka saat berkunjung ke website Anda.

Proses pengumpulan data di HotJar terbilang cukup beragam, mulai dari fitur survey sederhana, tracking, fill in form, heat map, dan seterusnya. Lalu seluruh data yang dikumpulkan bisa langsung dianalisis secara lengkap dan mendalam. Hasil laporannya nanti bisa Anda gunakan sebagai bahan penyusunan strategi marketing jangka panjang.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar strategi SEO untuk mengoptimalisasi website ecommerce. Kini Anda bisa langsung mengecek kualitas performa web bisnis masing-masing dan segera berbenah demi memaksimalkan nilainya. Selamat mencoba!

Mau mendapat lebih banyak tips bisnis online yang simpel tapi bermanfaat luar biasa? Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore/Appstore sekarang juga karena ada ratusan artikel digital marketing seru menanti Anda. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya