Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO SEO Copywriting: 6 Cara Ampuh Pikat Pembeli Lewat Tulisan

SEO Copywriting: 6 Cara Ampuh Pikat Pembeli Lewat Tulisan

-

SEO copywriting adalah strategi menulis iklan yang memikat calon konsumen asli dan algoritma Google. Taktik ini menjamin promosi bisnis Anda masuk ranking satu Google serta meraih konsumen baru setiap hari!

Masih ada banyak sekali orang yang mencari informasi produk/jasa di Google. Jadi inilah peluang emas Anda untuk mempromosikan bisnis melalui beragam artikel copywriting SEO.

Apa itu artikel copywriting berbasis SEO? Buat yang penasaran, berikut kami telah merangkum pengertian SEO copywriting dilengkapi strategi kepenulisannya. Yuk segera simak dan praktekkan tipsnya supaya iklan bisnis Anda tembus ranking pertama Google!

 

Pengertian SEO Copywriting

 

SEO COPYWRITING

 

SEO copywriting terdiri dari dua istilah dengan arti tersendiri, yaitu “SEO” dan “copywriting”. Berikut pengertian dari keduanya:

Arti SEO

SEO adalah metode optimalisasi efektivitas, performa dan kualitas konten demi memaksimalkan ranking website di Google Search. Adapun tujuan utama SEO yakni membantu website Anda lebih mudah ditemukan audiens.

Proses SEO juga dikenal sebagai optimalisasi website secara keseluruhan agar isinya disukai oleh algoritma Google. Semakin baik optimalisasi yang Anda lakukan, otomatis makin besar pula peluang website muncul di laman teratas Google Search.

Aktivitas ini terdiri dari beragam tugas sederhana, seperti:

  • Melakukan riset kata kunci yang relevan dengan topik artikel. Kemudian, Anda menulis artikel dengan keyword tersebut.
  • Mencari rekomendasi berupa backlink dari situs lain.
  • Mengoptimalisasi judul, tag, dan meta deskripsi konten agar lebih relevan dengan penelusuran audiens.
  • Menyediakan konten dengan pembahasan yang mendalam dan akurat untuk memuaskan rasa penasaran pembaca.
  • Memastikan website bisa bekerja dengan baik dari beragam tipe perangkat, serta mampu me-loading halaman dengan cepat.

Arti Copywriting

Sementara pengertian copywriting adalah strategi menulis artikel penawaran yang kreatif, menarik, sekaligus mampu mempengaruhi benak pembaca.

Ada juga yang mendefinisikan copywriting sebagai iklan digital berupa tulisan yang ampuh memancing rasa penasaran pemirsa. Kekuatan copywriting terletak pada gaya bahasanya yang persuasif.

Berbeda dari SEO, goal utama copywriting adalah meyakinkan pembaca agar mau bertindak sesuai keinginan penulis, seperti:

  • Membeli produk.
  • Mencoba jasa.
  • Mengklaim penawaran.
  • Memulai langganan (menjadi subscribers).
  • Mendownload hadiah/ebook.
  • Memfollow akun, dan masih banyak lagi.

Arti SEO Copywriting

Lalu apa jadinya jika kita menggabungkan kekuatan SEO dan copywriting? Itulah cikal-bakal kelahiran strategi pemasaran SEO copywriting!

SEO copywriting adalah taktik penulisan artikel marketing yang berguna, memikat, sekaligus bernilai dengan menargetkan kata kunci tertentu di dalamnya. Materi promosi disusun dengan gaya bahasa persuasif sekaligus kaidah SEO demi menghasilkan konten yang sempurna.

Dalam kata lain, copywriting SEO membantu Anda menciptakan tulisan yang dicari semua pihak: calon konsumen asli (manusia) serta mesin (Google).

Strategi digital marketing ini tercipta semenjak adanya perubahan aturan dalam algoritma Google terbaru. Google kini sengaja mengedepankan artikel/web yang mampu memenuhi pakem SEO sekaligus relevan dengan pertanyaan pemirsa. Melalui cara inilah Google dapat menyaring web-web berkualitas serta menjaga kredibilitasnya.

 

6 Cara Menulis SEO Copywriting yang Benar Menurut Google

Meski terkesan rumit, menulis copywriting SEO sesungguhnya masih terbilang gampang, lho. Anda hanya perlu memenuhi poin-poin penulisan konten yang direkomendasikan Google serta jeli memaksimalkan kreativitas.

Berikut adalah 6 cara mudah menulis artikel copywriting SEO yang benar menurut Google, yuk langsung dicatat!

1. Pahami Elemen Penting SEO Copywriting

Pastikan Anda sudah tahu apa saja elemen penting dalam artikel copywriting SEO sebelum mulai menulis penawaran. Terdapat 6 poin yang termasuk di sini, antara lain:

Judul atau headline Headline adalah bagian pertama yang dilihat calon pembaca. Otomatis, Anda wajib memancing rasa penasaran mereka sedini mungkin melalui kalimat-kalimat headline persuasif. Semakin memikat judul Anda, maka makin besar pula keinginan mereka menyimak lebih lanjut—begitu juga sebaliknya.
Meta deskripsi Elemen HTML yang membantu Google memahami isi dari artikel Anda secara keseluruhan. Panjang meta deskripsi yang disarankan adalah 150 sampai 160 karakter.
Keyword Deretan kata kunci yang berkaitan dengan topik utama artikel. Keyword juga membantu pembaca menemukan artikel Anda di Google. Selipkanlah keyword di judul, meta deskripsi dan body text.
Frekuensi keyword Frekuensi keyword adalah jumlah repetisi kata kunci pilihan dalam artikel. Jumlah keyword bisa disesuaikan dengan panjang-pendek sebuah artikel.
Badan konten (body) Bagian ini memuat seluruh informasi penting terkait topik. Pastikan badan konten menjawab seluruh pertanyaan pembaca secara terstruktur dan rinci. Anda dapat memecah poin-poin informasi menggunakan struktur heading.
Link halaman (page links) Link halaman memberitahu Google bahwa artikel atau website Anda terkoneksi dengan platform lainnya. Nilai web Anda pun bisa meningkat jika memiliki banyak page links yang relevan.

 

Selipkanlah elemen-elemen tersebut ke dalam setiap artikel untuk memperbesar peluang website Anda masuk halaman pertama Google!

2. Lakukan Riset Topik dan Kata Kunci

Langkah berikutnya adalah menentukan topik sekaligus meriset kata kunci yang hendak digunakan. Tujuannya tak lain untuk membuat bahasan artikel lebih terarah serta gampang dicari oleh pembaca.

Proses ini sebaiknya dilakukan dengan memakai aplikasi-aplikasi riset keyword gratis demi mendapat hasil yang akurat. Pilihlah kata kunci yang sedang trending atau mempunyai volume pencarian tinggi.

Lebih lanjut, terdapat dua jenis kata kunci yang biasa digunakan dalam artikel copywriting SEO yakni:

  • Keyword informasi: bersifat umum dan digunakan untuk menggali informasi, ilmu, atau wawasan terkait beragam kategori, seperti: artikel tutorial, definisi, cerita, tips, dan seterusnya.
  • Keyword komersial: bersifat khusus/spesifik dan digunakan untuk menjual produk/jasa pada pembaca. Banyak digunakan dalam iklan.

Perbedaan penting lainnya, keyword informasi masih belum menyasar calon konsumen serius. Hampir semua pembaca artikel ini adalah orang awam yang ingin tahu jawaban awal atas permasalahan mereka. Di sini Anda bisa memberikan edukasi ringan terkait solusi berupa perkenalan produk/jasa.

Sedangkan artikel dengan keyword komersial sudah langsung menargetkan calon pembeli sungguhan. Mereka sudah mengetahui jenis solusi yang dibutuhkan, dan ingin tahu lebih lanjut terkait khasiat produk/jasa yang ditawarkan. Apabila dirasa cocok, mereka akan langsung memesan.

3. Perjelas Tujuan Artikel Copywriting

Selain harus memancing rasa penasaran, artikel copywriting juga wajib dibuat sejelas mungkin isi dan tujuannya. Ketidakjelasan isi artikel akan membingungkan pembaca, lalu ujung-ujungnya mereka akan batal bertransaksi.

Di sisi lain, menentukan sebuah tujuan tulisan ternyata bisa jadi hal yang cukup sulit. Penyebabnya tak lain karena ada terlalu banyak poin menarik yang ingin diperlihatkan penulis dalam tulisannya, seperti keunggulan, manfaat, dan fitur-fitur produk.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilihlah satu atau dua poin informasi yang paling relevan dengan topik. Tidak masalah untuk membahas poin-poin lainnya dalam artikel yang lain secara terpisah, atau dirangkai sebagai series/tulisan bersambung.

Jangan lupa untuk menyajikan poin-poin tersebut dengan sistem heading. Cara ini akan membuat pembaca lebih mudah mencerna isi tulisan yang panjang.

4. Gunakan Call To Action

Cara lain untuk memperjelas maksud dan tujuan tulisan Anda adalah dengan menyelipkan CTA (Call To Action).

CTA adalah kalimat-kalimat ajakan yang menggambarkan tujuan penulis secara gamblang. Semisal Anda ingin pembaca mencoba produk yang diiklankan di artikel. Jadi Anda bisa menulis:

“Tunggu apa lagi? Segera pesan produk A sekarang juga dan rasakan khasiatnya! Klik di sini untuk memesan dengan gratis ongkir se-Indonesia.”

Isi CTA bisa dimodifikasi sesuai keinginan atau goal utama promosi. Yang penting, gunakanlah gaya bahasa persuasif serta selipkan CTA sebagai penutup artikel. Hindari memasukkan CTA di awal mengingat masih ada informasi penting dalam artikel yang belum tuntas dibaca.

5. Belajar dengan Tools Copywriting SEO

Anda juga bisa mengasah kemampuan menulis copywriting dan SEO dengan tools-tools gratis di Google, lho. Tools akan memberitahu titik kelemahan pada artikel sehingga Anda bisa memperbaikinya kembali.

Beberapa rekomendasi copywriting tools untuk pemula antara lain:

  • Unsuck It: web app gratis untuk menulis tagline, headline, judul dan paragraf yang seru, nyaman dibaca serta ringkas.
  • Kill Writer’s Block: aplikasi pencetus beragam topik serta inspirasi tulisan yang kreatif dan segar.
  • Read Able: membantu menyusun artikel edukatif yang enak dibaca berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda bisa belajar menyusun kalimat yang simpel sekaligus efektif dengan alat ini.
  • EMV Headline Analyzer: mengecek skor kemenarikan headline/judul artikel Anda. Anda dapat langsung tahu seberapa jauh artikel memancing rasa penasaran audiens.
  • Quick Sprout: menganalisis penyebab artikel Anda minim traffic dan klik dari Google, serta masalah-masalah lain yang membuat tulisan kurang populer.

6. Buat Artikel yang Bermanfaat

Tips terakhir adalah membuat artikel yang bermanfaat bagi audiens. Sebisa mungkin hadirkan promosi secara soft-selling, sehingga pembaca tetap memperoleh ilmu baru meski sedang membaca artikel promosi.

Misalnya tujuan utama Anda yakni mempromosikan produk sarung bantal estetik. Di sini Anda bisa mengaitkan promosi dengan masalah sehari-hari konsumen, seperti menurunnya kualitas tidur gara-gara sarung bantal yang panas dan kotor.

Menjelang akhir paragraf, Anda bisa menyarankan mereka mengganti sarung bantal lama dengan produk Anda demi istirahat yang lebih baik. Cukup mudah, bukan?

 

Demikianlah aneka tips menulis artikel SEO copywriting yang benar menurut Google. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek update algoritma Google agar artikel Anda senantiasa relevan, ya. Selamat mencoba!

Yuk update terus wawasan bisnis online Anda bersama MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) dan langsung dapatkan full akses ke ratusan artikel digital marketing terbaru. Sampai jumpa lagi!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya