Media Bisnis Online | by APPKEY

BisnisKetrampilan2 Cara Ampuh Atasi Keluhan Pelanggan di Sosmed, Yuk...

2 Cara Ampuh Atasi Keluhan Pelanggan di Sosmed, Yuk Cobain!

-

Last Updated on October 15, 2022 by

Akhir-akhir ini, hampir semua keluhan pelanggan datang dari sosial media. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk segera mengetahui cara termudah menanggapinya.

Sosial media adalah wadah komunikasi online yang paling efektif bagi bisnis. Konsumen dapat mengomunikasikan berbagai pertanyaan, saran atau keluhan secara gratis dan cepat. Selain itu, pesan-pesan mereka juga pasti tersampaikan ke pihak yang dituju.

Sayangnya, masih banyak online shop yang belum menguasai cara mengatasi keluhan pelanggan di dunia maya. Anda harus lebih cermat karena kesalahan merespon keluhan di sosmed bisa berakibat fatal bagi image brand!

Tapi jangan khawatir, karena kami telah menyiapkan dua strategi termudah membalas keluhan pelanggan dengan bijak di sosmed. Apa sajakah? Mari langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

5 Contoh Keluhan Pelanggan yang Paling Umum di Sosial Media

 

Keluhan Pelanggan

 

Ada banyak sekali contoh komplain konsumen di sosial media. Salah satu penelitian dari Customer Rage pun menyebut bahwa saat ini hampir 50% konsumen mengajukan keluhan mereka lewat sosial media.

Sayangnya kita tidak bisa memprediksi keluhan jenis apa yang akan dilontarkan konsumen. Namun ada beberapa contoh keluhan pelanggan yang sering diterima akun bisnis online di sosmed, yaitu:

1. Kualitas Produk yang Tidak Sesuai Ekspektasi

Salah satu kelemahan bisnis online adalah pelanggan tidak bisa melihat wujud asli produk. Mereka hanya dapat mengandalkan deskripsi item serta foto atau video katalog. Maka dari itu sangat besar celah bagi konsumen untuk mengajukan keluhan gara-gara produk asli tidak sesuai ekspektasi mereka.

2. Keterlambatan Respon dari Admin

Komplain juga bisa datang akibat lamanya respon yang diberikan admin pada pertanyaan awal konsumen. Gaya hidup yang serba cepat saat ini lah yang memicu munculnya sikap tidak sabar dari pengguna dunia maya.

Di sisi lain, admin online shop bisa kurang fast response karena berbagai faktor seperti sedang berada di luar jam kerja (istirahat) atau menanggapi banyak pesan di waktu yang sama.

3. Produk Tidak Tersedia (Habis)

Ada juga konsumen yang mengeluh ketika produk incaran mereka habis (out of stock). Penjual dapat menyiasati hal ini dengan menawarkan varian produk yang lain, namun pembeli belum tentu mau menerimanya.

4. Respon Admin yang Berbelit-Belit

Selain slow response, seorang admin yang berbelit-belit dalam melayani konsumen juga rawan menciptakan keluhan. Konsumen paling tidak suka jika pertanyaan atau permasalahan mereka dioper kesana-kemari dan ditangani banyak admin tanpa solusi jelas.

Mereka pun dapat menjadi marah kalau terus-menerus diminta menceritakan permasalahan tanpa tanggapan yang berarti.

5. Cara Pelayanan yang Dianggap Buruk

Bentuk komplain pelanggan yang paling sering muncul di sosmed adalah terkait buruknya pelayanan sebuah ecommerce. Misalnya seperti:

  • Tidak adanya kejelasan terkait klaim garansi produk/jasa sesuai yang diiklankan.
  • Ketidaksesuaian diskon/promo dengan kenyataan.
  • Ketiadaan tindak lanjut atas aduan pelanggan pada kasus-kasus merugikan, seperti penipuan.
  • Admin customer service hanya mengandalkan chatbot sehingga pertanyaan konsumen tidak ditanggapi dengan tepat.
  • Tidak ada pemberitahuan lanjut seputar perubahan kebijakan di toko online, dan masih banyak lagi.

2 Cara Efektif Mengatasi Keluhan Pelanggan di Sosmed

Setelah mengetahui contoh-contoh komplain konsumen online, sekarang tiba waktunya untuk mengintip solusi cara mengatasinya! Anda wajib menguasai cara-cara jitu mengatasi keluhan konsumen demi menjaga nama baik bisnis di masyarakat.

Lalu bagaimana cara mengatasi amarah pembeli yang dialamatkan kepada kita?

Dalam artikel terbaru Journal of Marketing disebutkan ada 2 kunci sederhana yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan keluhan pelanggan, yakni sikap aktif mendengarkan (active listening) dan menunjukkan empati.

1. Aktif Mendengarkan Keluhan Pelanggan

Kapanpun Anda menerima komplain dari customer, pastikan Anda mengesampingkan seluruh emosi pribadi dan siap mendengarkan seluruh keluhan.

Namun bukan hanya sekadar mendengar saja, Anda pun harus bisa menyimak cerita konsumen secara aktif. Kegiatan ini disebut dengan active listening.

Active listening terdiri atas beberapa aktivitas, yakni:

  • Repeating: mengulang kembali poin-poin penting dalam ujaran seseorang.
  • Paraphrasing: memparafrase cerita dengan menggunakan kalimat sendiri, atau menyimpulkan inti ujaran berdasarkan pemahaman kita.
  • Adapting: mengesampingkan seluruh pandangan pribadi demi menyimak ujaran orang lain.

Kegiatan ini terbukti dapat meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan olshop hingga 14%. Setelah benar-benar mendengarkan dan memahami posisi konsumen, barulah Anda berhak untuk bertindak memberi respon terbaik.

Artikel terkait  Beacon Adalah? Pengertian Beacon dan Cara Penggunaanya

2. Menunjukkan Rasa Empati pada Konsumen

Strategi yang kedua adalah menunjukkan rasa empati pada konsumen (showing emphaty). Menunjukkan rasa empati adalah sikap memperlihatkan pemahaman kita terhadap perasaan orang lain.

Tahapan ini baru dapat dilakukan jika Anda sudah benar-benar mengerti letak permasalahan serta emosi yang dirasakan konsumen melalui sesi active listening. Strategi ini mempunyai efek yang lebih dahsyat karena bisa meningkatkan rasa kepuasan pembeli hingga 90%.

Pun ada banyak cara menunjukkan rasa pemahaman kita kepada orang lain, seperti lewat mimik/ekspresi wajah, memvalidasi ucapan, atau melontarkan kalimat afirmasi. Berikut adalah contoh kalimat afirmasi empati yang sering dipakai dalam ranah customer service online:

  1. Saya meminta maaf atas kendala yang Anda hadapi.
  2. Saya minta maaf karena Anda mengalami permasalahan/kejadian ini.
  3. Kami ikut sedih mendengar masalah yang Anda hadapi.
  4. Jangan khawatir, kami siap membantu Anda sekarang juga.
  5. Saya mengerti bahwa permasalahan Anda adalah hal yang sulit.
  6. Kami dapat membayangkan permasalahan Anda.
  7. Terima kasih karena telah bersedia menghubungi kami untuk masalah ini.
  8. Terima kasih karena tetap bersabar dan memilih kami.
  9. Ucapan Anda benar sekali.
  10. Terima kasih, umpan balik dari Anda sungguh bermakna bagi tim kami.
  11. Kami sangat mengapresiasi masukan dan saran dari Anda. Kami akan menggunakannya sebagai bahan untuk berbenah di masa depan. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang Anda berikan.
  12. Terima kasih sudah menunggu.
  13. Terima kasih atas kesabaran Anda menunggu kami.
  14. Saya/tim kami akan mengabari Anda sesegera mungkin apabila sudah ada update informasi terbaru, mohon ditunggu.
  15. Anda tidak perlu khawatir, kami akan menyelesaikan masalah Anda sesegera mungkin.
  16. Apakah ada hal lain yang bisa turut kami bantu?

Tentunya masih ada lebih banyak lagi kalimat lain yang bisa Anda kembangkan sesuai kreativitas, budaya, serta situasi yang dihadapi.

Pada intinya, Anda hanya perlu bersikap tenang dan menghadapi keluhan konsumen dengan kepala dingin. Sebisa mungkin tetaplah bersikap profesional demi menjaga citra toko Anda.

Jangan lupa untuk memfilter keluhan yang perlu diperhatikan. Hal ini penting mengingat banyak sekali pesan negatif yang tidak relevan muncul berseliweran di sosmed.

Beberapa messages pun mungkin dikirim oleh akun anonim/fake yang hanya ingin menjatuhkan nama Anda. Sebaiknya pilah kembali kritik dan saran yang sebaiknya ditanggapi.

Itulah dia dua cara mudah dan jitu untuk mengatasi keluhan pelanggan di sosial media. Anda bisa mulai mempraktekkan tips dan trik di atas demi meningkatkan kualitas pelayanan online shop. Selamat mencoba!

Ikuti terus update informasi menarik seputar dunia bisnis hanya dari MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore agar tidak ketinggalan artikel-artikel terbarunya. Sampai bertemu lagi!

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya