Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 67

Cara Unik Memaksimalkan Emoji untuk Copywriting

0
emoji-copywriting

Banyak orang takut memakai emoji untuk copywriting marketing medsos karena menganggap emoji bisnis menjadikan pesan promosi tidak ‘formal’ serta ‘kurang serius’. Padahal jika dimanfaatkan dengan benar, emoticon bisnis bisa menjadi trik creative copywriter paling ampuh untuk meningkatkan engagement. Bagaimana caranya?

Anda sudah berada di artikel yang tepat untuk mengetahui jawabannya! Berikut ini kami akan membahas tips menggunakan emoji untuk kampanye marketing creative copywriter. Penasaran? Yuk langsung saja kita meluncur ke pembahasan pertama. Selamat membaca!

Beragam Manfaat Memakai Emoji untuk Copywriting

Mempromosikan konten dagangan di media sosial bukanlah hal yang baru lagi bagi pelaku bisnis online. Meski demikian, nyatanya tetap saja masih banyak perusahaan online yang tidak tahu bagaimana cara menulis caption yang menarik dan memikat user medsos.

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Di sinilah skill creative copywriter akan berperan penting. Tanpa adanya ide-ide segar dan unik saat menulis caption postingan promosi di media sosial, maka konten Anda tidak akan berhasil meraih engagement yang baik.

Jangan anggap remeh kekuatan dari sebuah caption. Meskipun hanya berupa deskripsi pendek, keterangan caption dapat menjadi sarana terbaik untuk mendeskripsikan sisi unik produk, perjalanan brand yang mengharu biru, hingga apresiasi brand terhadap user maupun pemberian aneka diskon menarik.

Pun agar tidak membosankan, caption postingan media sosial Anda bisa dipercantik dengan menggunakan aneka emoji atau emoticon bisnis. Banyak pebisnis keliru dan memandang negatif penggunaan emoticon bisnis dalam strategi penulisan konten marketing. Emoji dipandang sebagai unsur yang menjadikan caption marketing tidak serius dan kurang profesional.

Padahal sesungguhnya tidak demikian. Emoji untuk copywriting bisa membawa banyak manfaat positif seperti menghibur audiens, memberikan kesan ramah dan akrab, hingga mencairkan suasana dan mempermudah brand diterima oleh audiens.

Banyak studi juga berhasil membuktikan efektivitas penggunaan emoji untuk copywriting. Emoji untuk copywriting terbukti bisa memaksimalkan engagement yang bisa diraih oleh postingan media sosial perusahaan online Anda. 40% bisnis online Facebook memakai emoji dalam captionnya, 59% brand Twitter memakai emoji dalam tweet-tweet promosi kontennya.

Kemudian perusahaan survey Appboy berhasil membuktikan kenaikan engagement promosi hingga di atas 700% ketika brand menggunakan emoji untuk copywriting. Bahkan postingan-postingan promosi di Instagram terbukti sukses memperoleh kenaikan engagement sampai 50% ketika caption produk ditulis menggunakan emoji untuk copywriting.

Penggunaan emoji untuk copywriting konten sebaiknya lebih dioptimalkan, terlebih jika sasaran marketing dari perusahaan online Anda adalah anak-anak muda dan kaum milenial.

Emoji digemari oleh banyak kalangan, terutama anak muda dan kaum milenial karena memiliki warna-warni serta bentuk dan mimik ekspresi yang lucu sekaligus memikat. Pun jika ada ungkapan, perkataan, perasaan maupun ekspresi yang sulit digambarkan dengan kata-kata dapat lebih mudah diekspresikan dengan memakai emoji.

Bagaimana Cara Memilih Emoji Terbaik?

emoji-1

Anda sudah melihat seperti apa manfaat emoji untuk meningkatkan engagement caption. Namun mungkin Anda belum terbayang bagaimana cara terbaik memilih emoji untuk digunakan dalam caption. Memilih emoji bisa menjadi pekerjaan yang sulit, karena ada terlalu banyak emoji dan tidak semua emoji cocok untuk digunakan dalam strategi marketing.

Biasanya, pemilihan emoji dalam caption akan disesuaikan kembali dengan konteks dari postingan yang Anda buat. Jika Anda tetap membutuhkan inspirasi, tidak ada salahnya untuk menggunakan rekomendasi emoji terfavorit dalam survey setahun.

Yang perlu untuk Anda ingat saat menggunakan emoji adalah tetap memakai emoji yang relevan dengan konteks postingan, simpel, dan memperjelas makna caption. Hindari juga penggunaan emoji yang memberi makna negatif, sarkastis dan bersifat impersonal.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Emoji untuk Copywriting?

Kapan sebaiknya caption Anda ditulis menggunakan emoji? Persoalan berikutnya adalah mencari tahu waktu terbaik untuk memakai emoji dalam copywriting.

Ya, penggunaan emoji dalam caption konten promosi nyatanya tidak dapat dilakukan secara sembarangan dan setiap saat. Ada momen-momen tertentu di mana caption Anda tidak sepatutnya menggunakan emoji, salah satunya seperti ketika Anda menanggapi review negatif dari konsumen.

Anda tidak bisa membalas ulasan negatif dan komplain dari konsumen dengan emoji tersenyum atau tertawa, karena akan membuat konsumen semakin marah. Tidak menggunakan emoji sama sekali menjadi pilihan terbaik ketika menanggapi kritik dan keluhan agar tanggapan terkesan lebih formal dan brand tampak serius bersimpati terhadap persoalan.

Penggunaan emoji pada caption lebih cocok untuk momen-momen yang ceria, seperti mengadakan giveaway dan diskon besar-besaran, perilisan produk baru, atau menyebar survei konsumen.

Di sini, emoji akan membantu pesan dalam caption untuk terasa lebih meriah, heboh dan penuh antusiasme. Anda bisa membubuhi emoji pada caption, pamflet promosi, maupun flyer postingan di rubrik stories (Instagram Stories, Facebook Stories, Twitter Fleet, maupun WhatsApp Stories).

Tips Menggunakan Emoji untuk Kampanye Marketing

emoji-2

Selengkapnya, berikut ini kami sudah rangkum tips menggunakan emoji untuk kampanye marketing di media sosial. Tips ini bisa Anda jadikan pedoman pemula jika masih bingung bagaimana cara terbaik mengaplikasikan emoji untuk kampanye marketing media sosial:

Pastikan Emoji Membidik Target yang Tepat

Tidak semua audiens menyambut baik penggunaan emoji dalam konten marketing, terutama audiens orang tua yang lebih suka cara-cara dan pendekatan formal. Penggunaan emoji lebih cocok untuk menyasar target anak muda atau kaum milenial. Jadi sebelum memposting caption dengan emoji, pastikan konten Anda sudah membidik target yang benar, ya!

Pakai Emoji yang Natural

Bubuhkan emoji secara natural dan secukupnya saja. Ingat, emoji biasanya digunakan hanya untuk mempertegas penyampaian makna atau perasaan yang tidak bisa dijabarkan dalam 1 maupun 2 kata.

Gunakan pilihan emoji yang natural dan sudah disediakan oleh sistem dalam keyboard Anda. hindari penggunaan bentuk-bentuk emoji yang tidak umum atau ambigu selayaknya symbol singkatan seperti: T^T (emoji bersedih), XD (emoji tertawa – mirip dengan logo Adobe XD), atau 🙂 (emoji tersenyum). Pemakaian emoji seperti di atas akan membingungkan audiens saat membaca caption Anda.

Pakai Emoji Hanya Untuk Engagement Real Time

Emoji dapat digunakan untuk mendorong engagement real time saja, jadi manfaatkan momen penggunaan emoji sebaik-baiknya. Semisal Anda membubuhkan emoji begitu selesai membantu pelanggan menyelesaikan masalah dalam transaksi.

Anda juga bisa memberikan emoji saat berterima kasih ke pelanggan yang baru selesai mengorder produk. Pemakaian emoji pada momen-momen seperti ini lebih efektif dalam menumbuhkan engagement sekaligus kedekatan dengan konsumen.

Jangan Sering-Sering Memakai Emoji

Jangan sering-sering memakai emoji dalam caption Anda. Memakai emoji terlalu sering justru akan merusak informasi utama yang hendak disampaikan dalam caption promosi. Kesan-kesan negatif akan lebih mudah muncul pada postingan yang kebanyakan memakai emoji, seperti konten yang tidak serius, tidak profesional, atau terkesan tidak niat dan terlalu santai dalam mempromosikan produk.

Analisis Emoji yang Paling Sesuai dengan Brand dan Pasar

Tips terakhir adalah menganalisis emoji yang paling sesuai dengan brand Anda dan target pasar. Sesuai dengan penjelasan di poin pertama, efek terbaik dari pemakaian emoji baru dapat dirasakan jika konten berhasil menyasar target pasar yang sesuai seperti anak muda.

Oleh sebab itu, Anda harus menganalisis terlebih dahulu emoji yang dimiliki pada sistem keyboard di device Anda. Saking banyaknya emoji yang ada, usahakan memilih emoji yang paling sesuai dengan brand, konteks dan juga target dari pasar Anda.

Semisal Anda tengah menulis caption untuk promosi alat-alat fitness dan kebugaran. Maka emoji yang bisa Anda bubuhkan adalah emoji yang berkaitan dengan konten olahraga, seperti emoji orang berlari, berenang, berolahraga, atau alat-alat olahraga seperti bola sepak dan bola basket.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengaplikasikan emoji pada caption konten promosi dari sekarang?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar tips menggunakan emoji untuk kampanye marketing. Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini.

Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan Anda, ya! Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan kaya wawasan lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa!

Dampak Fenomena Super App dan Digital Telco di Era Digital

0
super app

Di zaman sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi diciptakan. Aplikasi-aplikasi tersebut digunakan oleh ratusan, ribuan, bahkan jutaan orang.

Tentunya fenomena tersebut membuat eksekutif level-C (CEO, CIO, CTO) berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi yang dapat menyediakan rangkaian layanan dan fungsi yang menawarkan kenyamanan, kepuasan serta efisiensi.

Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya fenomena super app.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan fenomena super app itu?

Kemudian, apa kaitannya dengan digital telco dan apa dampaknya pada  pengguna aplikasi di era serba digital ini?

Ini dia pembahasannya!

Asal Mula Super App

fenomena-super-app

Istilah super app bermula dari perusahaan raksasa teknologi China, Tencent Holding, yang mengadopsi konsep super app untuk aplikasi andalan mereka, WeChat.

WeChat merupakan layanan perpesanan yang bersifat mobile, yang bertransformasi menjadi sebuah platform, yang disebut-sebut merupakan kombinasi antara WhatsApp, Facebook, PayPal, juga aplikasi lainnya, yang menggabungkan layanan sosial media dengan perpesanan.

Kemudian, WeChat terus berkembang menjadi super app yang menyediakan berbagai layanan baru untuk pelanggannya, mulai dari kesehatan, pengantaran makanan, layanan pemesanan transportasi online, dan banyak layanan lainnya.

Game pun merupakan salah satu layanan yang juga disediakan oleh WeChat. Hal ini merupakan hal yang penting bagi Tencent Holding, menyumbang sekitar 32% dari total pendapatan, pada kuartal ke tiga di tahun 2008.

Aplikasi WeChat pun menjadi sebuah aplikasi yang ‘wajib’ bagi penduduk China memiliki lebih dari satu milliar pengguna di negara tersebut.

Fenomena Super App

Fenomena super app merupakan suatu fenomena dimana sebuah aplikasi dapat memberikan banyak layanan, yang berfungsi untuk memberikan efisiensi sekaligus kenyamanan bagi hidup penggunanya.

Aplikasi ini menarik bagi pengguna aplikasi dikarenakan kemampuannya dalam menyediakan macam-macam layanan, hanya dalam satu aplikasi, jadi pengguna aplikasi tidak perlu meng-install banyak aplikasi lagi.

Kemudahan tersebut tentunya memikat perusahaan teknologi untuk menciptakan aplikasi yang dapat menciptakan ketergantungan pada penggunanya.

Apalagi ekonomi di bidang digital di tahun 2025 diperkirakan mencapai USD 240 milliar.

Dikarenakan proyeksi tersebut, para startup raksasa di Asia Tenggara tentunya berlomba-lomba untuk memenangkan pasar.

Digital Telco

Apa itu digital telco?

Yang dimaksud dengan digital telco adalah, fenomena perpindahan operator, ke penyediaan layanan yang serba digital, alias digitalisasi.

Fenomena ini memudahkan konsumen dalam banyak hal, karena semuanya hanya dilakukan dalam satu aplikasi saja.

Semua transaksi, hingga pemesanan SIM card tidak dilakukan melalui pihak ketiga, tetapi langsung mengarah pada konsumen (customer centric).

Sistem yang digunakan pun hanya berbasis aplikasi, tidak menggunakan operasional offline sama sekali.Berbeda sekali dengan perusahaan telekomunikasi konvensional.

Maka, jangan heran, jika sekarang banyak perusahaan telekomunikasi yang mengembangkan lini usahanya menjadi digital telco.  Switch, contohnya.

Fenomena ini pun mulai familiar di kalangan masyarakat urban.

Kesimpulannya, dikarenakan adanya fenomena super app, juga memberikan dampak berupa adanya fenomena ini.

Adapun bentuk digital telco dalam perusahaan telekomunikasi adalah:

Tidak Memiliki Offline Store

Provider digital telco seperti switch tidak memiliki offline store. Apabila seseorang ingin  memiliki SIM card, hanya dapat melakukannya melalui aplikasi saja.

Download aplikasi-nya, pesan kartu perdana-nya, dan lakukan registrasi di dalamnya. Jadi tidak perlu repot keluar rumah, SIM card akan langsung diantarkan ke alamat tujuan.

Pembuatan Nomor Telepon Secara Digital

Seseorang tidak hanya dapat memesan SIM card melalui provider digital telco, tetapi juga dapat melakukan pemilihan nomor telepon. Pembuatan atau pemilihan nomor favorit di aplikasi switch juga sangat memungkinkan.

Saat SIM card sudah diantarkan, seseorang secara otomatis akan memiliki nomor yang dipilih saat registrasi.

Transaksi Serba Digital

Semua transaksi, mulai dari pembelian SIM card hingga pembelian kuota internet bisa dilakukan melalui aplikasi switch milik provider digital telco.

Jadi tidak perlu keluar dan berpapasan dengan banyak orang untuk membeli kartu perdana. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentunya hal ini sangat dibutuhkan.

Customer Care Online

Selain tidak menyediakan offline store, digital telco juga tidak menyediakan customer care secara langsung. Apabila seseorang memiliki kendala atau keluhan, dapat langsung melaporkannya melalui live chat dalam aplikasi, DM di sosial media, atau mengirimkan e-mail secara langsung.

Plan Lebih Beragam

Seseorang juga dapat memilih kuota dalam aplikasi switch milik provider digital telco. Pilihannya cukup banyak, dapat memenuhi seluruh kebutuhan aktivitas digital, mulai dari browsing, sosial media, hingga video call untuk meeting online.

Dampak Fenomena Super App

Fenomena super app memberikan dampak kepada beberapa pihak.

Kepada perusahaan, khususnya perusahaan telekomunikasi, berupa adanya transformasi digital.

Dan kepada masyarakat, berupa adanya perubahan gaya hidup.

Apabila digali lebih dalam, terdapat dampak lainnya yang terjadi dikarenakan fenomena super app.

Privasi Data

Sebuah super app mengumpulkan data pribadi, juga financial account dalam penyediaan layanannya. Semakin banyak pengguna baru dan transaksi, semakin banyak data pribadi yang dikumpulkan (seperti rekening bank, e-money, lokasi, serta data log yang dikelola penyedia).

Semua data yang berharga, bernilai, dan bermanfaat tersebut, dapat disalah gunakan. Rentan sekali dengan ancaman dan kejahatan cyber, alias cyber crime. Semakin super sebuah app, semakin berharga datanya.

Web Gelap

Di era digital, data adalah komoditas yang berharga, yang nilainya lebih tinggi dibandingkan aset-aset lainnya. Fenomena ini diperkirakan akan terus berlangsung, seiring terjadinya transisi konektivitas global dari 4G ke 5G, serta kian cepatnya layanan fixed broadband.

Apa yang terjadi ketika data pengguna dengan rincian aktivitas serta informasi finansial, jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab, ke web gelap contohnya?

Sebagai contoh, peretas yang menyebut dirinya Gnosticplayers, meng-claim telah menjual 26,42 juta data pribadi ke Dream Market, sebuah pasar gelap di dark web.

Peretas seperti Gnosticplayers, atau biasa disebut juga dengan cybercriminal, mencuri data suatu organisasi atau individu melalui malware. Mereka menggunakan keterampilan untuk tetap tidak terdeteksi atau sebaliknya, dengan kekerasan, menembus jaringan perusahaan dan mengeksfiltrasi data secara manual.

Perangkat lunak berbahaya (malware) dapat diprogram untuk menembus sistem dan meng-ekstrak data ke server host, yang kemudian diakses oleh cyber criminal.

Cyber criminal akan mengeksploitasi data untuk keuntungan sendiri, atau menjual data ke web gelap, kepada seseorang yang kemudian dapat mengeksploitasi data tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Biaya yang Tinggi

Perlindungan yang kuat tentunya dibutuhkan oleh super app yang memberikan kenyamanan pada kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Sebuah studi F5 Network dengan headline, The Curve of Convenience-The Trade-Off-between Security and Convenience, memaparkan, penggunaan aplikasi yang aman adalah poin yang penting bagi pelanggan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Begitu sebuah aplikasi terasa aman untuk digunakan, maka akan ada banyak pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, di sisi lain, aplikasi adalah tambang emas bagi bot jahat.

Bot-bot ini mampu melakukan pendataan (log) pada ketikan pada kibor atau keypad, mengumpulkan kata sandi, mengambil informasi keuangan, bahkan meluncurkan serangan DDoS, yang membuat super app menjadi tidak aman bagi penggunanya.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk men-desain super app dengan strategi keamanan yang berpusat pada aplikasi, yang dapat menemukan dan mengenali pola trafik data yang tidak biasa di tengah semakin maraknya traffic data oleh bot yang bekerja secara otomatis.

Dan hal ini tentunya memberikan dampak berupa biaya yang semakin tinggi. Jika tidak bisnis dan reputasi penyedia app tersebut akan hancur.

Maraknya Mini-Program

Munculnya mini-program juga merupakan salah satu dampak dari munculnya fenomena super app. Apa yang dimaksud dengan mini-program?

Mini-program adalah sebuah app-like platform yang ada dalam sebuah super app. Program ini seperti light-version of apps, yang normalnya lebih kecil dari sepuluh megabytes.

Super app nomor satu WeChat telah menawarkan 2.36 juta program kecil ini, diikuti Alipay dan Baidu. Di Juni 2019, jumlah mini-program telah mencapai jutaan.

Penggunaan program kecil ini banyak memberikan manfaat. Salah satunya, saat berangkat kerja, daripada menggunakan QR code untuk public transportation, kemudian membayarnya melalui WeChat, lebih baik menggunakan program ini.

Mini-program memasuki seluruh aspek kehidupan, menciptakan ekosistem baru sekaligus battleground untuk super app.

Dan tentunya hal ini semakin memacu fenomena super app.

Dibutuhkannya Solusi Backup Data

Di era serba digital ini, hampir semua dokumen dapat disimpan dalam bentuk data digital, demi  penghematan operasional dan akses data yang lebih mudah.

Data yang terkumpul dan perlu disimpan semakin banyak seiring berkembangnya sebuah usaha.

Rusaknya data yang telah dikumpulkan dengan susah payah dalam jangka waktu yang lama, tentunya mimpi buruk yang menyakitkan bagi sebuah perusahaan.

Di tengah fenomena super app yang menyebabkan banyaknya malware dan ransomare, aktivitas backup data atau pencadangan data pun semakin penting untuk dilakukan. Untuk itu, Active Backup for Business atau ABB dari Synology, atau pun produk lainnya dari Synology dapat menjadi pertimbangan untuk backup data solution.

Dampak Fenomena Super App di Indonesia

fenomena-super-app-2

Fenomena super app juga merambah Indonesia.

Fenomena ini menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, yang juga menuntut perusahaan telekomunikasi untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan untuk pelanggan.

Sayangnya upaya ini tidak selalu berjalan mulus.

Konsultan manajemen bisnis McKinsey memaparkan, perusahaan yang bersinggungan erat dengan teknologi digital, seperti telekomunikasi atau media, hanya memiliki tingkat keberhasilan tidak lebih dari 26 persen.

Oleh karena itu, perusahaan telekomunikasi Indonesia pun berhati-hati dalam memilih strategi yang tepat.

Telkomsel contohnya, memiliki prinsip tersendiri dalam melakukan transformasi digital.

Salah satunya melalui produk digital telco by.U.

Dalam menyelenggarakan produk digital telco by.U, Telkomsel harus memenuhi tiga aspek, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur dan teknologi.

Setelah itu, secara konsisten memperkenalkan layanan yang customer centric.

Sejak awal mereka mengembangkan produk digital telco by. U, proses transformasi digital yang mereka lakukan tidak lepas dari tiga prinsip utama, yaitu digitalisasi, personalisasi dan transparansi.

Bagi tim digital telco. by U. tiga elemen ini merupakan perwujudan komitmen mereka dalam menciptakan layanan yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan.

Beberapa startup pun menganggap konsep super app merupakan inovasi yang unik. Gojek salah satunya, startup ini menganggap super app sebagai layanan satu pintu yang didesain untuk menawarkan efisiensi sekaligus kemudahan bagi penggunanya.

Kini sebagai startup penyandang gelar decacorn, atau perusahaan dengan valuasi lebih dari USD 10 milliar, Gojek sudah berekspansi, dari yang sebelumnya hanya sebagai layanan pemesanan transportasi, kini menjadi aplikasi yang menawarkan pengantaran makanan, payment, finansial, pijat (massage), dan berbagai layanan hiburan lainnya.

Beberapa startup lain seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka, yang sudah berstatus sebagai unicorn, juga telah mengadopsi strategi yang sama.

Saran Terkait Fenomena Super App

Fenomena super app tentunya fenomena yang mendorong banyak hal, mulai dari perubahan gaya hidup masyarakat, hingga transformasi digital.

Tentunya terdapat hal-hal yang harus dilakukan untuk menghadapi fenomena super app.

Desain super app dengan strategi keamanan yang berpusat pada aplikasi. Dapat mengenali dan menemukan pola traffic data yang tidak biasa, di tengah semakin banyaknya traffic data oleh bot yang bekerja secara otomatis.

Selain itu, perlu dilakukan threat intelligence, untuk mengetahui seberapa besar peluang sebuah aplikasi dapat diserang, dan menentukan respon yang diprioritaskan akan diambil perusahaan.

Penyedia super app juga harus memastikan keamanan aplikasi dan data yang tersimpan di dalamnya dengan memasang firewall aplikasi web (WAF) yang tidak hanya memiliki fitur yang lengkap, tetapi juga fleksibel.

Terkait transformasi digital, melakukan transformasi digital tentu merupakan langkah besar bagi setiap perusahaan, khususnya perusahaan telekomunikasi.

Namun, memberikan pemahaman kepada seluruh team member mengenai digital transformation dapat membuat perusahaan jauh lebih terarah.

Alvan Alvian, Product Lead by.U, menekankan pentingnya perubahan pola pikir dan budaya kerja masing-masing karyawan ketika perusahaan melakukan transformasi digital.

Perubahan ke dua hal tersebut mungkin akan sulit di awal, namun pada akhirnya akan membantu tim bertransformasi untuk selalu relevan dengan kebutuhan pelanggan sekaligus membangun ekosistem yang berkelanjutan.

Demikian informasi mengenai fenomena super app beserta dampaknya terhadap perusahaan telekomunikasi dan pengguna aplikasi. Semoga dengan informasi ini, dapat menjadi pertimbangan, agar lebih bijak dalam menghadapi fenomena ini.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya dari Markey!

Franchise Management Software : 4 Aplikasi Utama yang Wajib Anda Miliki

0
franchise management software

Ingin menjalankan bisnis franchise dengan lebih simpel? Yuk coba gunakan aneka rekomendasi franchise management software pendukung bisnis franchise berikut ini. Dengan bantuan franchise management software terbaik ini, dijamin, hari-hari berbisnis Anda menjadi lebih mudah dan praktis!

Mengapa perusahaan franchise Anda harus melibatkan aneka franchise marketing software? Di zaman serba teknologi saat ini, rasanya agak ketinggalan jika kita menjalankan bisnis secara tradisional.

Selain itu, ada beragam manfaat positif dari menjalankan bisnis dengan memakai aneka franchise management software terbaik. Salah satunya seperti lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga dalam mengelola usaha.

Terlebih franchise adalah tipe bisnis yang bekerja seperti ‘sistem jaringan’. Usaha franchise tersebar dengan lebih cepat di masyarakat, dan bisa saja Anda mempunyai lebih dari 5 outlet yang beroperasi sekaligus di berbagai wilayah.

Agar tidak keteteran saat mengelola usaha franchise, maka kami sarankan untuk menggunakan aneka franchise marketing software unggulan berikut ini.

Apa sajakah rekomendasi tersebut? Yuk kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini – selamat membaca!

Menjalankan Franchise? Anda Wajib Punya 4 Software Ini

franchise-1

Menjalankan bisnis franchise sama saja dengan melaksanakan bisnis biasa pada umumnya. Perbedaan franchise terletak pada pola bisnisnya yang disepakati dengan aturan tertentu. Saat berbisnis franchise, Anda sudah sepakat untuk menjalankan usaha dengan nama brand tertentu.

Kemudian, pihak utama franchisor akan memberikan segenap keperluan produksi kepada pihak franchisee, seperti nama brand, bahan baku, standar operasional (SOP), pegawai (SDM), perlengkapan produksi, dan lain-lainnya. Sebagai timbal balik, pihak franchise akan membayar royalti bulanan secara rutin ke franchisor.

Meski terlihat mudah, nyatanya menjalankan bisnis franchise yang maksimal tetap memerlukan bantuan sejumlah franchise management software terbaik. Franchise management software ini akan membantu Anda dalam mengelola kinerja pemasaran di setiap outlet franchise yang dimiliki, mulai dari pemasaran konten hingga pengelolaan akutansi dan laporan penjualan. Tanpa adanya franchise management software ini, Anda akan lebih sulit bekerja.

Bayangkan semisal Anda mempunyai 5 outlet di tempat berbeda dan tidak satupun menggunakan franchise management software untuk mengelola pekerjaan. Alhasil Anda harus mengecek kinerja dan penjualan masing-masing outlet secara manual.

Belum lagi jika terjadi masalah fatal namun tidak disadari seperti kesalahan pelaporan uang pemasukan dan pengeluaran harian. Tentunya Anda tidak ingin hal-hal tersebut terjadi sungguhan, bukan?

Pun mengelola bisnis franchise dengan franchise management software terasa jauh lebih simpel. Sebab, semua aktivitas pengelolaan, pemasaran, hingga monitoring bisnis dapat dilaksanakan langsung dalam sekali klik.

Setidaknya, ada 4 jenis franchise management software yang harus Anda miliki untuk melancarkan usaha. Keempat jenis franchise software tersebut adalah software digital marketing, point of sales, tim kolaborasi dan akutansi online. Berikut ini penjelasan kegunaan masing-masing software lengkap dengan rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan:

Digital Marketing App untuk Franchise

digital-marketing

Software pertama yang wajib ada di bisnis franchise Anda adalah aplikasi-aplikasi digital marketing. Aplikasi digital marketing bisa sangat membantu bisnis franchise Anda dalam urusan pemasaran produk secara online.

Mulai dari membuat konten, menyebarkan iklan, mengirim email marketing, hingga melaksanakan aneka kampanye pemasaran di media sosial dapat dilakukan lebih mudah memakai aplikasi digital marketing.

Beberapa software digital marketing terbaik untuk franchise adalah:

1.Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah platform profile bisnis resmi gratis dari Google. Dengan mendaftarkan usaha franchise Anda ke Google Bisnisku, maka bisnis Anda otomatis sudah mendapat tempat khusus di first page Google search.

Otomatis, kapanpun masyarakat menelusuri keyword bisnis franchise sesuai usaha Anda, maka perusahaan Anda akan muncul di laman pencarian.

Google Bisnisku adalah pilihan terbaik untuk memasarkan perusahaan secara online karena sudah langsung terintegrasi dengan Google Maps. Alhasil, masyarakat yang tertarik mendatangi usaha Anda bisa langsung mendapatkan rute jalan tercepat.

Selain itu, Google Bisnisku memuat semua informasi detil seputar usaha, mulai dari nama, alamat, jam operasional, hingga testimoni pelanggan sebelumnya.

2. Canva

Canva adalah aplikasi editing gratis terbaik. Dengan Canva, semua urusan membuat desain pamflet promosi, baik foto maupun video dapat dilakukan dengan mudah meskipun Anda tidak punya skill desain.

Canva menyediakan beragam jenis template siap edit untuk dijadikan konten promosi. Ada ratusan template dari beragam kategori seperti diskon liburan, bisnis rumahan, hari raya, dan lain-lainnya yang bisa Anda gunakan.

Sisanya, Anda bebas mengedit teks, menambahkan foto atau mengganti warna desain saja sesuai keinginan. Begitu selesai mengedit, desain promosi bisa langsung dishare ke media sosial untuk disebarluaskan. Praktis, bukan?

3.Hootsuite

Selanjutnya adalah Hootsuite, software manajemen semua media sosial bisnis dalam satu aplikasi saja. Menjalankan bisnis franchise secara digital tentunya akan memakan banyak tenaga karena saat ini, ada banyak sekali jenis media sosial yang digunakan masyarakat: Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan sebagainya. Alhasil, bisnis harus aktif di sebanyak mungkin media sosial untuk memaksimalkan promosi usaha.

Agar tidak keteteran mengurus beragam akun media sosial bersamaan, sebaiknya gunakan Hootsuite. Dengan Hootsuite, Anda bisa membuat jadwal postingan konten secara rutin ke beragam media sosial bisnis.

Selain itu terdapat juga kelebihan lain dari Hootsuite seperti menyediakan sistem analisis data, monitoring laporan performa media sosial, serta menyediakan keyword planner untuk merancang deskripsi postingan medsos.

4. Point of Sales (POS) App untuk Franchise

Setelah membahas aplikasi digital maketing untuk pemasaran, sekarang kita akan melihat aplikasi POS (point of sales) terbaik untuk bisnis franchise. Sederhananya, aplikasi POS adalah aplikasi kasir digital.

Saat ini hampir semua outlet bisnis franchise memakai aplikasi POS sebagai sistem kasir karena lebih praktis, cepat dan murah dalam mengelola data pemasukan serta pengeluaran. Dibandingkan dengan kasir manual, pemakaian POS lebih efektif dalam meminimalisir error pencatatan, penghitungan, maupun pelaporan data.

Rekomendasi software POS franchise adalah:

MokaPOS

Saat berbicara tentang POS, tentunya nama MokaPOS tidak akan terlewat dari daftar rekomendasi. Moka adalah aplikasi POS berbasis cloud, full-support untuk iOS dan Android, serta bisa melaporkan aneka data transaksi secara real-time. Alhasil, Anda pun bisa memantau semua aktivitas transaksi dari jauh.

Kelebihan lainnya, saat ini Moka sudah terintegrasi dengan banyak mekanisme pembayaran digital seperti DANA, OVO, ShopeePay, GoPay dan lainnya selain cash. Sayangnya, MokaPOS mengharuskan Anda untuk berlangganan. Anda hanya bisa merasakan versi gratis untuk 14 hari saja.

Kasir Pintar Free

Untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi POS gratis, coba gunakan Kasir Pintar Free. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan free kapanpun dimanapun, bahkan dengan smartphone saja. Kasir Pintar sudah terintegrasi dengan sistem cloud, dilengkapi sistem scan barcode, dan mendukung pembayaran digital maupun cash.

ProfitCentre

Rekomendasi ketiga adalah aplikasi POS ProfitCentre. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang bisa digunakan di smartphone dan tablet, ProfitCentre dikhususkan untuk penggunaan komputer PC.

Meski demikian, ProfitCentre adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis, dilengkapi dengan beragam update, laporan digital, dan bisa digunakan untuk transaksi banyak jenis mata uang. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia pada platform Windows saja.

Tim Kolaborasi App untuk Franchise

Sesuai namanya, tim kolaborasi app adalah aplikasi yang dikhususkan untuk kerja kolaboratif. Menggunakan software kolaborasi kerja tim juga merupakan hal yang penting untuk bisnis franchise mengingat sifat franchise yang mempunyai banyak cabang.

Alhasil, kerja tim akan sangat terasa pada bisnis franchise. Untuk memudahkan pembagian kerja, berkoordinasi maupun mengirim data antar pegawai di bisnis franchise Anda, yuk coba gunakan rekomendasi software berikut:

Trello

Trello memungkinkan Anda untuk membagi pekerjaan dan melacak progress tugas kolektif dengan simpel dalam sistem online board. Memakai Trello juga gratis dan tidak sulit.

Workplace

Workplace adalah software manajemen kerja tim milik Facebook. Dengan Workplace, Anda bisa berkumpul bersama rekan-rekan kerja di grup khusus, melihat struktur organisasi dan progress dari project, hingga saling berbagi file dan update berita dengan praktis.

Microsoft Planner

Terakhir ada Microsoft Planner yang hadir dalam bentuk papan tulis online untuk memudahkan kerja tim secara online. Microsoft Planner dapat digunakan pada smartphone, sehingga siapapun dapat memantau progress kerja, berdiskusi atau membagi pekerjaan masing-masing dengan mudah. Pun terdapat juga fitur notifikasi sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi.

Akutansi Online App untuk Franchise

Terakhir adalah rekomendasi aplikasi akutansi online untuk franchise. Aplikasi akutansi juga tidak boleh Anda lewatkan dalam bisnis franchise, karena aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan sistem POS untuk mengelola laporan keuangan dengan lebih baik. Beberapa rekomendasi aplikasi akutansi online yang bisa dicoba:

Sleekr

Sleekr adalah aplikasi akutansi online dengan beragam fungsi, seperti pencatatan transaksi, invoice penjualan, piutang, inventori dan stok gudang, rekonsiliasi bank, dan lain-lain.

Tak lupa, pelaporan catatan keuangan yang disajikan juga lengkap, real-time, dan dapat dilihat baik dari dashboard maupun diekspor ke beragam template laporan. Kunjungi Sleekr di: https://sleekr.co/accounting/

Accurate.id

Berikutnya ada Accurate.id, software akutansi cloud yang banyak digunakan oleh UMKM lokal. Ada banyak jenis laporan keuangan yang bisa dibuat di sini seperti laba rugi, buku kas, penjualan-pembelian, histori bank, dan hingga 200 jenis laporan keuangan lain. Penasaran? Kunjungi Accurate.id di https://accurate.id/.

Jurnal by Mekari

Terakhir adalah Jurnal by Mekari, aplikasi akutansi online yang siap membantu semua jenis proses pembukuan bisnis franchise Anda secara real-time. Aplikasi ini menyediakan free trial 14 hari dengan aneka fitur unggulan seperti dashbor interaktif, pembukuan lengkap, approval, monitoring, POS, dan lain-lain. Dapatkan aplikasinya di: https://www.jurnal.id/id/

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang franchise management software terbaik. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda seputar memilih franchise marketing software unggulan, ya!

Jangan lupa untuk selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Bersiap Dari Sekarang, Trend Local SEO Sudah Tiba!

0
lokal seo

SEO masih menjadi kunci utama bagi setiap pebisnis untuk mengoptimalkan performa website e-commercenya. Dengan SEO, web bisnis Anda dapat dengan lebih mudah menduduki peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Semakin tinggi ranking website Anda pun akan semakin baik, sebab web Anda akan lebih mudah untuk memperoleh traffic dan conversion.

Lantas bagaimana cara termudah untuk memaksimalkan SEO tersebut? Tidak perlu pusing-pusing! Sebagai pemula, Anda bisa memulai optimisasi ini dengan mencoba menerapkan trend local SEO. Apa sajakah tren local SEO tersebut? Yuk langsung simak pembahasannya berikut ini – selamat membaca!

7 Trend Local SEO yang Anda Wajib Tahu

local-seo

Local SEO adalah salah satu aspek dalam dunia optimalisasi website yang tidak boleh Anda lewatkan. Local SEO adalah sebuah trik optimalisasi search engine untuk mencari dan menampilkan bisnis lokal sesuai domisili masyarakat (user).

Semisal Anda melakukan penelusuran seperti “Villa murah di Kuta, Bali”. Keyword “Kuta, Bali” adalah penunjuk local SEO yang akan membantu search engine menampilkan hasil penelusuran berdasar lokasi yang diminta.

Beruntunglah Anda, sebab di tahunini nanti local SEO diprediksi akan lebih banyak digunakan dalam proses optimalisasi usaha online. Hal ini dikarenakan user merasa lebih cepat terbantu jika berhasil menemukan agen usaha produk atau jasa lokal yang dibutuhkan. User yang menelusuri agen-agen bisnis lokal dipastikan memiliki potensi lebih besar untuk melakukan pembelian.

Anda pun bisa memaksimalkan performa website dengan mengaplikasikan 7 trend local SEO berikut ini:

1. Budaya Google My Business (Google Bisnisku)

Menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku mulai menjadi sebuah ‘budaya’ bagi para pegiat bisnis lokal. Pasalnya, Google My Business dapat membantu user/masyarakat umum untuk lebih mudah menemukan agen-agen bisnis dalam daerah tempat tinggalnya.

Dengan memakai Google My Business, bisnis Anda dapat langsung muncul di halaman pertama penelusuran Google kapanpun user menelusuri bisnis dengan keyword yang sesuai dengan usaha Anda. Profile bisnis yang ditampilkan pun sangat lengkap, mulai dari alamat yang terhubung langsung ke Maps, informasi bisnis, jam buka, dan testimoni dari pengunjung sebelumnya.

2. Local SEO Mobile Friendly

Pastikan website Anda sudah mobile friendly, alias bisa dibuka dan berjalan cepat sekaligus baik dari smartphone. Saat ini dan tahun-tahun berikutnya masyarakat lebih senang mencari aneka informasi dari smartphone masing-masing ketimbang gadget yang lebih besar seperti PC.

Smartphone dirasa lebih simpel, kecil dan praktis dibuka dimana saja untuk menelusuri sebuah informasi. Oleh karena itu, di tahun ini, Google akan lebih memprioritaskan website-website bisnis lokal yang bersifat mobile friendly.

3. Berfokus pada Keinginan Penelusuran User

Selanjutnya, pastikan usaha optimalisasi SEO local web Anda sudah berfokus pada keinginan user. Setiap user tentunya melakukan penelusuran untuk mengetahui atau mendapatkan sesuatu secara spesifik. Semisal user yang menelusuri keyword ‘Jasa pasang WiFi murah Jakarta’, bisa jadi karena ia ingin memasang WiFi atau ingin survey biaya pemasangan WiFi terlebih dahulu.

Semakin fokus website Anda pada keinginan dan kebutuhan user, maka akan semakin besar kesempatan bagi website bisnis lokal Anda untuk tampil menonjol pada Google Search.

Setelah Anda mampu meriset aneka kebutuhan user dan alasan mengapa user melakukan penelusuran tertentu, maka akan semakin mudah bagi tim konten creator website Anda untuk mengarahkan konten-konten web agar sesuai dengan keinginan user.

Strategi ini pun dapat membantu mengatasi permasalahan perubahan keinginan pasar yang dinamis dari waktu ke waktu.

4. Trend Voice Search

Jangan lupakan soal voice search!  diprediksi menjadi masa kejayaan dari trend voice search alias penelusursan berbasis suara. Penelusuran berbasis suara ini menjadi populer di masyarakat berkat kehadiran Google Voice Assistant. Dengan sistem ini, user bisa melakukan penelusuran apa saja dengan lebih mudah melalui ucapan. Tidak perlu repot mengetik keyword lagi!

Ada perbedaan yang signifikan antara penelusuran berbasis keyword dengan voice. Biasanya, saat membuat konten berbasis keyword, Anda akan melakukan penelusuran kata kunci yang singkat, padat jelas. Contohnya: ‘WiFi murah Jakarta’.

Sementara penelusuran berbasis voice bisa memakai keyword yang lebih panjang selayaknya saat user bertanya ke sesama manusia biasa. Contoh keyword voice search: ‘Dimana bisa pasang WiFi murah Jakarta?’.

Yuk perdalam lagi seputar berbisnis dengan voice assistant melalui artikel khusus Markey: Mudah Berbisnis dengan Voice Assistant | Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan”.

5. Perbanyak Sistem Otomatis (Automatisasi)

Meskipun bisnis Anda masih dalam ranah lokal, Anda tetap harus mengedepankan sistem-sistem yang bersifat otomatis pada website. Di tahun 2020 sendiri sudah mulai banyak pekerjaan SEO lokal yang bisa berjalan secara otomatis. Jadi mengapa tidak mengoptimalkannya di tahun ini ?

Memakai sistem yang serba otomatis tentu akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis online Anda. Salah satunya adalah menggunakan sistem konten berbasis kecerdasan buatan (AI) agar konten-konten website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung sekaligus melindunginya dari berbagai spam.

Semakin banyak sistem otomatis yang bisa Anda aplikasikan pada website bisnis lokal untuk mendorong performanya, maka akan semakin baik peringkat SEO web Anda.

6. Artikel Panjang Sedang Diminati

Ya, 2022 bukanlah masanya bagi artikel-artikel pendek. Kini, artikel panjang dinilai lebih baik untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) dan posisi ranking web menurut SEO. Artikel dengan jumlah kata sekitar 3.000 diprediksi lebih berpotensi meraih jumlah traffic yang lebih besar serta backlink.

Namun hal ini bukan berarti Anda boleh dengan sengaja membuat konten asal-asalan agar panjang saja. Tidak. Artikel Anda tetap harus berkualitas dan mengulas banyak hal menarik secara mendetail agar pembaca bisa merasa puas membaca informasi yang Anda sajikan.

Selain itu, Anda juga harus cermat dalam menyajikan konten artikel yang panjang agar pengunjung tidak bosan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membagi konten artikel ke dalam sejumlah headings. Headings juga bermanfaat bagi pembaca untuk langsung memilih sub-topik dari artikel yang ingin ia baca dan ketahui.

Untuk Anda yang belum menguasai cara menggunakan tag heading pada konten, bisa langsung simak artikel mendalam perihal heading dari Markey: “Bagaimana Metode Pemasangan Tag Judul (Tag h) yang Tepat?” 

7. Memaksimalkan Penggunaan Core Web Vital dan Page Experience

Tren terakhir untuk local SEO adalah penggunaan` core web vital untuk mengoptimalkan page experience user. Google secara resmi memperkenalkan sistem core web vital sebagai salah satu penentu ranking local SEO di tahun ini. Dengan adanya sistem ini, diharapkan setiap pengelola website bisa lebih fokus menganalisa dan berpegangan kepada page experience metrics website masing-masing.

Kedua poin ini sesungguhnya mengacu pada persoalan yang sama, yakni pengalaman yang bisa didapatkan oleh pengunjung website ketika berada di toko online Anda. Web bisnis lokal Anda harus selalu mempertimbangkan efek emosional yang mungkin dibangkitkan oleh halaman website saat dikunjungi user.

Dengan kata lain, Anda sudah selangkah di depan dari persoalan klasik apakah website sudah bisa loading dengan baik dan bisa dideteksi oleh crawler index Google?

Beberapa hal yang bisa mulai Anda perhatikan dan fokuskan dari laman website bisnis untuk memaksimalkan pengalaman user seperti:

  • Tingkat mobile friendly website dan optimalisasi tampilan gambar pada website saat diakses berbagai device.
  • Seberapa cepat dan mulus tampilan halaman web ketika diloading user?
  • Tingkat kemudahan website dinavigasi oleh user melalui aneka device.
  • Kecepatan waktu yang dibutuhkan oleh website untuk merespon terhadap interaksi dari user.
  • Seberapa tingkat keamanan dari koneksi website ketika diakses user?

Dengan mulai memerhatikan serta memaksimalkan aspek-aspek di atas, dijamin website bisnis lokal Anda akan lebih bagus, menarik dan lebih disukai user dibandingkan website bisnis skala besar! Bagaimana, sudah siap untuk mencoba mengoptimisasi website bisnis lokal Anda dari sekarang?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang trend dan tips untuk memaksimalkan optimalisasi web bisnis lokal di tahun ini. Semoga pembahasan tren local SEO di atas mampu menambah wawasan Anda, ya!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Baca juga

PWA adalah : Mengenal PWA untuk E-Commerce

0
pwa ecommerce

Progressive Web App atau PWA adalah software yang lebih recommended dibandingkan aplikasi dan web biasa untuk menjalankan bisnis e-commerce. Seperti apa itu PWA e-commerce?

Teknologi selalu berkembang dari tahun ke tahun. Aneka inovasi yang terus berkembang sukses melahirkan lebih banyak kemudahan dalam aneka kehidupan manusia. Termasuk dalam ranah bisnis online.

Sedari dulu kita menjalankan bisnis online dengan aneka website atau aplikasi saja, bukan? Sejauh itu pula, kita sudah merasa cukup dengan kedua software tersebut. Akan tetapi, kini sudah ada sebuah inovasi teknologi baru yang jauh lebih efektif untuk menjalankan bisnis online. Teknologi tersebut bernama PWA e-commerce.

Apa itu PWA e-commerce dan seperti apa manfaat yang ia bawa untuk bisnis online Anda? Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini kami sajikan pembahasan lengkap e-commerce PWA tutorial– selamat membaca!

Apa Itu PWA (Progressive Web App)?

bisnis online shop

Mari kita mulai pembahasan pertama dari PWA tutorial ini dengan mengenal definisi PWA. PWA adalah singkatan dari Progressive Web Application. Bisa jadi sebagian orang belum begitu mengenal istilah yang satu ini, termasuk Anda.

Hal tersebut wajar saja, sebab PWA adalah inovasi yang masih cukup baru. Meskipun baru, PWA adalah software yang sudah banyak digunakan oleh aneka perusahaan e-commerce sukses kekinian.

Ada banyak contoh PWA yang terbukti sukses pada e-commerce seperti Flipkart Lite, Lancôme, Alibaba dan AliExpress. Sementara dari dalam negeri sendiri, OLX adalah contoh PWA e-commerce terbaik. Flipkart Lite terbukti sukses menaikkan konversi penjualan mereka hingga 70% setelah memakai PWA.

Di saat yang sama, PWA pada Flipkart Lite sanggup membuat user lebih betah berlama-lama di situs e-commerce mereka karena penggunaan data yang dibutuhkan turun menjadi 3x lebih rendah dibandingkan pemakaian web atau aplikasi biasa.

Contoh PWA pada e-commerce lainnya seperti pada Lancôme, sebuah perusahaan parfum dan kosmetika asal Perancis. PWA adalah solusi terbaik yang sengaja dipilih oleh Lancôme untuk memberikan kinerja web e-commerce terbaik kepada semua pengunjung, bahkan dalam situasi koneksi internet yang tidak stabil sekalipun. Dengan adanya PWA, platform e-commerce Lancôme sukses meningkatkan engagement lebih dari 50% karena user bisa mengakses website tanpa kendala.

PWA adalah konsep yang diperkenalkan oleh Google di tahun 2015 lalu. PWA adalah teknologi yang menggabungkan keunggulan dari aplikasi mobile dengan situs web, sehingga e-commerce dapat memberikan pengalaman terbaik untuk setiap user. Dengan adanya PWA, website e-commerce Anda pun bisa memberikan pengalaman penggunaan seperti saat memakai aplikasi.

E-commerce Anda dapat tetap berjalan di browser web. Akan tetapi fitur-fitur yang disajikan sama seperti aplikasi, semisal push notification, instalasi e-commerce ke home screen, akses e-commerce dalam situasi online dan offline, dan masih banyak lagi. Menarik sekali, bukan teknologi PWA ini?

Mengapa Bisnis E-Commerce Anda Perlu Memakai PWA?

ecommerce

Mengapa bisnis e-commerce Anda perlu memakai PWA? Ada beberapa alasan dan keuntungan dari pemakaian PWA untuk bisnis e-commerce. Jika bisnis Anda memiliki permasalahan seperti berikut ini, maka Anda sudah sepatutnya mempertimbangkan pemakaian PWA untuk e-commerce:

  • Target konsumen bisnis Anda sebagian besar adalah Android user.
  • Ingin menjalankan bisnis dengan waktu yang lebih singkat, praktis, hemat tenaga dan biaya.
  • Ingin memaksimalkan pengalaman pengguna (user experience) di smartphone dengan biaya yang efisien.
  • Jumlah konversi web Anda selama ini selalu mengalami penurunan.

Kemudian, inilah sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memakai PWA untuk e-commerce:

Menghemat Waktu, Tenaga dan Biaya Anda

Manfaat pertama dari pemakaian PWA adalah bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya Anda saat mengembangkan e-commerce. Aplikasi biasa atau regular cenderung memakan biaya, waktu dan tenaga yang lumayan besar dari proses pengembangan hingga pemeliharaannya.

Terlebih lagi, biasanya Anda perlu membuat beragam aplikasi berbeda untuk platform masing-masing: Windows, Android dan iOS.

Namun tidak halnya dengan memakai PWA. Anda bisa membuat web app dalam 1 platform saja. Satu PWA sudah bisa mencakup semua jenis OS mulai dari iOS, Windows dan khususnya Android.

Bisa Menggapai Lebih Banyak Audiens

Manfaat kedua dari PWA adalah bisa menggapai lebih banyak audiens. Desain dari PWA sudah didesain untuk bisa menjangkau semua jenis user dengan beragam platform, sehingga siapapun bisa dengan mudah mengakses e-commerce Anda dengan PWA.

Anda juga tidak perlu cemas dengan tampilan dari e-commerce, sebab sistem PWA sudah bisa menyesuaikan dirinya sendiri dengan aneka ukuran layar gadget yang dipakai oleh user. E-commerce Anda pun bisa dengan lebih mudah dijangkau oleh semua audiens karena e-commerce tidak berupa aplikasi melainkan web. Alhasil, siapapun bisa membagikan link e-commerce Anda.

Memiliki Tingkat Conversion, Kecepatan dan Aksesibilitas yang Tinggi

Sistem PWA menjamin website e-commerce Anda memiliki tingkat conversion, kecepatan loading dan respon, serta aksesibilitas yang tinggi bagi user. Semisal pada e-commerce Alibaba yang terbukti mengalami kenaikan conversion hingga 76% pasca memakai PWA.

Kenaikan konversi ini tak terlepas dari faktor kecepatan loading dan aksesibilitas dari PWA itu sendiri. Dengan PWA, e-commerce Anda dapat melakukan loading apapun dengan lebih cepat (kurang dari 3 detik), dan tampil lebih mulus di hadapan user. Jadi, user dapat lebih nyaman mengunjungi dan berbelanja di website e-commerce Anda.

Bisa Dioptimalkan dengan SEO dan Menambah Engagement

Website e-commerce Anda belum unggul di SEO dan masih sedikit memperoleh engagement dengan user? Tunggu apa lagi, ayo langsung pakai PWA!

PWA adalah jalan pintas untuk menaikkan ranking SEO website di search engine Google. Sebelum memutuskan berbelanja, sebagian besar user saat ini suka mencari informasi produk terlebih dahulu di Google search.

Dengan memakai PWA, Anda bisa menghadirkan konten informatif ke user sekaligus langsung mengarahkan mereka untuk membeli produk. Praktis, bukan?

Semakin banyak user yang terbantu dengan kepraktisan sistem PWA ini, maka akan semakin besar juga potensi website e-commerce Anda untuk meningkat ranking SEO-nya.

Selain itu, PWA juga dapat dengan lebih efektif untuk meningkatkan engagement konten dengan user. Keunggulan ini terwujud dengan adanya sistem push notification dari PWA yang bisa Anda manfaatkan untuk mengirim aneka info promo, diskon atau penawaran khusus kepada user.

Sistem push notification juga lebih efektif karena tetap bisa dijalankan meskipun user yang mengunjungi e-commerce Anda bersifat anonim (tidak menyertakan alamat e-mail atau data pribadi). Alhasil, engagement akan tercipta dan berkembang lebih baik.

3 Komponen Penting dalam PWA

Apakah membuat PWA itu sulit? Ternyata tidak. Meskipun menggabungkan kecanggihan dari website dan aplikasi, nyatanya hanya ada 3 komponen penting yang dibutuhkan untuk membuat PWA. Ketiga komponen tersebut adalah service workers, web app manifest dan protokol HTTPS.

Service Workers

Service workers adalah sebuah script yang bisa dijalankan pada background browser. Service workers ini berfungsi untuk membuka fitur-fitur yang tidak memerlukan interaksi user atau halaman web khusus. Contoh pengaplikasiannya adalah pada fitur push notification.

Web App Manifest

Berikutnya adalah web app manifest yang merupakan file JavaScript Object Notation (JSON). Web app manifest berfungsi untuk ‘memberitahu’ cara browser bekerja ketika PWA terpasang di aneka device user yang berlainan, semisal smartphone atau PC.

Web app manifest ini berfungsi untuk menampilkan deskripsi informasi terkait PWA semisal warna, icon, landing page URL, font dan lain-lain.

Protokol HTTPS

Terakhir adalah protokol HTTPS. Protokol HTTPS ini berguna untuk memastikan proses transmisi data user selama mengakses dan mengunjungi e-commerce Anda berlangsung dengan aman. Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengembangkan e-commerce berbasis sistem PWA?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Progressive Web Application atau PWA tutorial untuk e-commerce.

Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Yuk Coba Promosikan Produk Anda Lewat Iklan Pinterest!

0
iklan-pinterest

Pinterest sering kali diremehkan oleh pemasar media sosial dan dianggap sebagai komponen yang tidak perlu dalam strategi pemasaran, sayangnya, jika mindset ini terus tertanam di pikiran Anda, Anda dapat kehilangan sumber utama lalu lintas dan pendapatan.

Sebenarnya, Pinterest menawarkan banyak peluang unik bagi pemasar untuk menjangkau prospek dan memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Faktanya, pengguna Pinterest lebih cenderung berbelanja secara online.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi bagaimana iklan Pinterest dapat membantu Anda menarik pelanggan, teruslah membaca artikel ini sampai akhir!

Iklan Pinterest

Dengan lebih dari 442 juta pengguna aktif bulanan, Pinterest adalah tempat yang tepat bagi bisnis untuk mengiklankan produknya. Iklan muncul di feed dan penelusuran pengguna dalam format yang sama seperti Pin biasa, membuat pengalaman tidak mengganggu pengguna sambil meletakkan konten Anda tepat di hadapan mereka.

Ada potensi jangkauan yang besar saat Anda membuat iklan untuk audiens Pinterest dan yang terbaik dari semuanya, pengguna juga secara aktif mencari situs untuk produk seperti milik Anda untuk dibeli.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Mengapa Anda Harus Mencoba Beriklan di Pinterest?

pinterest-1

Jawabannya singkatnya, karena jangkauannya bisa luar biasa. Jika konten Anda menarik dan berharga, konten tersebut dapat disematkan berulang kali ke papan pengguna yang berbeda dan terus mengarahkan konsumen kembali ke situs web Anda.

Pin memiliki umur yang jauh lebih lama daripada Tweet atau postingan Instagram. Umur panjang ini membuat mereka menjadi aset yang sangat kuat. Pin dapat muncul di umpan pengguna beberapa bulan setelah pertama kali diposting.

Pengguna Pinterest menghabiskan 27% lebih banyak untuk mengklik dan mengumpulkan belanja  artinya iklan Pinterest Anda, atau Pin Promosi, ditampilkan kepada audiens yang sangat responsif. Singkatnya strategi periklanan berbayar untuk Pinterest bukanlah ide yang buruk, dan dapat membantu meningkatkan kehadiran organik Anda dengan mendapatkan daya tarik dari pembeli potensial, dan meningkatkan pengenalan merek.

Jenis Iklan Pinterest

Ada beberapa cara untuk mempromosikan konten Anda di Pinterest. Untuk menentukan format iklan mana yang terbaik untuk bisnis Anda, penting untuk mengetahui tujuan kampanye Anda dan atribut dari setiap format promosi Pinterest.

1. Pin

Sekilas Pin Promosi terlihat dan berfungsi seperti Pin statis biasa, tetapi memiliki label kecil “Dipromosikan” untuk membedakannya. Pin Promosi didorong dan ditargetkan untuk menjangkau lebih banyak orang. Pengguna bahkan dapat menyematkan Pin Promosi Anda ke papan mereka, membagikannya, dan mengomentarinya.

Setelah pengguna membagikan Pin Promosi, label “Dipromosikan” menghilang, dan pin ulang berikutnya dianggap sebagai media yang diperoleh, artinya setelah pin pertama, eksposur organik ke konten tidak dipungut biaya.

Berikut beberapa pedoman yang harus diikuti saat membuat iklan Pin Promosi:

  • File harus PNG atau JPEG.
  • Konten Anda tidak boleh melebihi 10 MB.
  • Batas salinan deskripsi 500 karakter.
  • Rasio aspek Anda harus 2: 3 dan berorientasi vertikal.

2. Pin Video

Pin Video yang Dipromosikan persis seperti Pin Promosi, yang membedakan hanya gambar statis diganti dengan video. 90% pelanggan mengatakan video membantu mereka membuat keputusan pembelian, dan persentase yang sama dari pengguna Pinterest mingguan ada di platform untuk membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, Pinterest dan iklan video berjalan beiringan.

Pinterest menawarkan dua opsi untuk ukuran video: lebar maksimal, atau standar. Video standar memiliki ukuran yang sama dengan Pin biasa dan harganya kurang dari Pin dengan lebar maksimal, yang tersebar di seluruh feed pengguna.

Apa pun ukuran yang Anda pilih, video Pinterest diputar otomatis setelah 50 persen terlihat. Plus, Pin Video yang Dipromosikan memiliki opsi pengoptimalan konversi untuk melayani pengiklan dengan lebih baik dengan lalu lintas atau tujuan konversi. Opsi baru ini membawa pengguna ke laman landas di situs web pengiklan, serta video close-up.

Berikut beberapa pedoman yang harus diikuti saat membuat iklan Pin Video yang Dipromosikan:

  • File harus dalam format MP4 atau MOV.
  • Video tidak boleh lebih dari 2 GB.
  • Video harus berdurasi minimal empat detik, dan tidak boleh lebih dari 30 menit.
  • Rasio aspek Anda harus berada di antara 1: 91: 1 dan 1: 2.
  • Batas salinan deskripsi 500 karakter.

3. Pin Aplikasi

Pin Aplikasi yang Dipromosikan adalah iklan khusus seluler yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi Anda langsung dari Pinterest.  Tersedia di perangkat iOS dan Android, iklan ini menyertakan CTA “Pasang” yang memungkinkan transisi mulus dari Pinterest ke aplikasi Anda.

Meskipun sebagian besar pedoman tetap sama untuk pin ini, salinan, gambar, atau video Anda harus menyampaikan atribut penting tentang aplikasi Anda.

Cara Mempromosikan produk di Pinterest

pinterest-2

1. Pilih tujuan kampanye Anda

Setiap kampanye Pinterest Anda dimulai dengan sebuah tujuan. Memilih sasaran kampanye Anda menentukan format iklan apa yang tersedia untuk Anda. Ada tiga kategori yang dapat dipilih. Membangun Kesadaran, Mendorong Pertimbangan, dan Konversi.

Pengoptimalan konversi adalah tujuan kampanye baru yang mengoptimalkan iklan Anda untuk tindakan tertentu di luar klik. Sekarang, pengiklan memiliki cara untuk secara langsung menginspirasi orang untuk mengambil tindakan – seperti mengarahkan pengguna ke pembayaran online atau pendaftaran buletin tanpa langkah tambahan.

Jika Anda ingin orang menemukan bisnis Anda, pilih kesadaran merek untuk Pin standar atau tampilan Video untuk Pin Video yang Dipromosikan sebagai tujuan kampanye Anda.

Untuk dua tujuan ini, Anda dapat menetapkan biaya maksimum untuk setiap 1.000 tayangan yang diterima iklan Anda.

Jika tujuan Pinterest Anda adalah mengarahkan prospek yang memenuhi syarat ke situs web Anda atau meningkatkan lalu lintas, pilih Lalu Lintas atau Pemasangan aplikasi untuk tujuan kampanye Anda.

Untuk kampanye ini, Anda menetapkan biaya per klik maksimum yang berarti Anda hanya dikenakan biaya saat orang mengklik melalui Pin Promosi Anda untuk mengunjungi situs web Anda.

2. Tetapkan anggaran kampanye Anda

Jika Anda ingin membelanjakan uang kampanye Anda secara merata selama jangka waktu tertentu, pilih seumur hidup. Pilih harian untuk memilih jumlah yang dibelanjakan setiap hari. Anda harus menyesuaikan anggaran secara otomatis berdasarkan berapa lama Anda ingin iklan Anda ditayangkan.

Selanjutnya, Anda akan menetapkan tawaran maksimum. Tawaran menentukan jumlah uang tertinggi yang ingin Anda bayarkan untuk suatu tindakan, seperti keterlibatan atau klik, di Pinterest.

Pinterest akan merekomendasikan jumlah untuk Anda tergantung pada audiens target Anda, dan apa yang dikeluarkan pesaing. Pastikan anggaran Anda untuk iklan Pinterest mencerminkan tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan dan pentingnya platform untuk bisnis Anda.

3. Maksimalkan upaya SEO Anda

Dengan menambahkan minat dan kata kunci ke deskripsi Anda, mereka menjadi lebih relevan bagi orang-orang yang secara aktif mencari konten tersebut. Ingatlah bahwa hashtag tidak menambahkan nilai peringkat apa pun.

Di Pinterest, kategori minat sudah diurutkan dan dikategorikan. Anda harus menjelajahi topik yang tersedia yang relevan dengan bisnis Anda dan menargetkan kueri tersebut jika Anda membutuhkan inspirasi, lihat tujuh kategori yang berjalan sangat baik di Pinterest.

Papan Anda juga memberikan peluang untuk SEO. Papan menginformasikan mesin pencari Pinterest tentang cara mengkategorikan pin Anda, yang meningkatkan visibilitas. Berfokus pada keduanya akan mendukung upaya SEO Anda.

4. Pilih audiens target Anda

pinterest-3

Penargetan memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang menelusuri konten Anda dan siap untuk terlibat secara aktif. Penargetan adalah bagian penting dari iklan yang dipromosikan karena tanpanya, minat Anda akan berkurang.

Pinterest memiliki enam opsi penargetan yang dapat Anda gunakan secara tunggal atau digabungkan bersama untuk pendekatan penargetan yang unik.

Audiens menggabungkan pengetahuan pelanggan Anda dengan wawasan perilaku dari Pinterest. Jika seseorang baru-baru ini membeli sesuatu dari situs Anda atau terlibat dengan konten Pinterest Anda, ini memungkinkan Anda menargetkan orang itu untuk sebuah iklan.

Kata kunci menampilkan iklan Anda kepada seseorang yang mencari jenis konten tersebut. Jika Anda menetapkan kata kunci spesifik seperti “liburan tropis” atau “resep pai apel”, iklan Anda akan menargetkan orang-orang yang menelusuri hal-hal tersebut.

5. Menambah nilai

Promosi produk tanpa akhir di feed Pinterest bukanlah cara terbaik untuk menarik perhatian audiens  dan mempertahankannya. Kemungkinan besar, Anda hanya akan menjadi gangguan dan orangorang akan berhenti mengikuti.

Anda harus menambahkan nilai pada setiap titik kontak dengan pelanggan Anda agar mereka dapat terlibat dengan konten Anda.

Untuk menambah nilai di Pinterest, coba tambahkan pin yang ingin digunakan oleh audiens Anda tetapi tidak termasuk produk atau bisnis Anda. Anda mungkin menawarkan nilai tambah dengan menampilkan layanan atau minat yang melengkapi minat Anda sendiri.

Misalnya, jika Anda menjual mobil, bagikan konten tentang perawatan atau aksesori mobil. Atau, jika Anda menjalankan halaman Pinterest untuk kedai kopi, coba Sematkan ide daftar putar untuk didengarkan orang saat mereka bekerja. Ada banyak konten yang tersedia untuk dikurasi untuk keuntungan audiens Anda.

6. Gabungkan konten Anda

Jika Anda sibuk menargetkan konten Anda ke persona, Anda akan kehilangan koneksi organik dan minat audiens Anda. Meskipun membantu untuk langkah pertama, persona tidak memberi Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang orang-orang yang berinteraksi dengan iklan Anda.

Jaga konten Anda tetap musiman dan relevan. Ya, membuat konten yang selalu menarik adalah hal yang baik tetapi jangan lewatkan peluang untuk memicu minat.

7. Pantau kinerja kampanye

Terakhir, Anda perlu mengawasi kinerja kampanye Anda untuk menentukan keberhasilan iklan Anda, atau mengapa kinerjanya tidak seperti yang Anda harapkan.

Saat Anda berada di Pinterest Ads Manager, klik Analytics dan Anda akan diperlihatkan gambaran umum dari semua kampanye dan metrik utama Anda.

Metrik ini mencakup tayangan, total klik, perolehan biaya per tayangan, biaya per klik efektif, dan banyak lagi.

Setiap kampanye memiliki peluang untuk meningkatkan kesadaran merek atau menginspirasi pembelian.

Setelah melihat analisis Anda, Anda dapat menentukan apakah Anda perlu memperluas audiens Anda, meningkatkan anggaran, atau mencoba format iklan yang berbeda.

Iklan Pinterest bukanlah ilmu pasti, jadi eksperimen adalah kunci sukses di platform ini.

Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Apa Itu Visual Search? Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis Digital Kekinian

0
visual search

Menjalankan bisnis online memang memerlukan banyak trik dan pengetahuan agar bisnis Anda terus berkembang. Salah satunya adalah dengan memahami visual search.

Belakangan ini, istilah visual search sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat digital. Apakah Anda sendiri sudah pernah mendengar istilah visual search sebelumnya?

Jangan khawatir jika Anda belum tahu soal visual search! Artikel kali ini akan membahas lengkap seputar apa itu visual search serta dampaknya bagi bisnis online. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini. Selamat membaca!

Apa Itu Visual Search? Apa Pengaruhnya untuk Bisnis Online?

visual search

Visual search adalah istilah yang baru-baru ini trending menjadi fokus perhatian warganet. Seperti yang tentunya Anda sudah ketahui, dunia internet adalah tempat terbaik untuk melakukan banyak penelusuran.

Anda juga mungkin sudah familiar dengan metode penelusuran internet berbasis kata kunci di search engine seperti Google. Namun visual search adalah inovasi terbaru untuk penelusuran konten di internet.

Sejatinya, visual search adalah konsep multimedia retrieval alias penelusuran konten dengan menggunakan file multimedia seperti gambar, audio (suara) dan video. Penelusuran ini pun sangat cocok untuk dijalankan jika Anda tidak tahu apa nama produk yang ingin dicari tetapi mempunyai foto produk tersebut.

Pengaplikasian penelusuran visual ini sebenarnya sudah diterapkan sejak dulu oleh Google, tepatnya pada laman Google Images. Lantas, apakah penelusuran visual ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan SEO website toko online Anda? Jawabannya adalah “Iya”.

Dunia bisnis online memang sangat bergantung pada penelusuran kata kunci (teks). Dengan menginput keyword yang tepat, maka calon konsumen bisa menemukan konten produk Anda dengan mudah. Namun belakangan ini, trend gaya penelusuran mulai berkembang hingga melahirkan metode penelusuran berbasis non-teks seperti audio dan foto.

Banyak pihak yang beralih ke penelusuran visual lantaran menilai penelusuran non-teks jauh lebih efisien dan bisa menjangkau semua jenis produk secara sangat spesifik. Khususnya, jika Anda tidak tahu nama dari sebuah produk.

Semisal Anda mempunyai produk lipstick dengan warna merah yang shades persisnya Anda tidak tahu ada di nomor berapa. Pun untuk memudahkan penelusuran yang unik dan spesifik, Anda bisa memfoto produk dan mengunggahnya ke sistem pencarian.

Jadi pada kenyataannya, keyword teks tidak bisa mencover semua konten yang ingin ditelusuri secara spesifik. Oleh sebab itulah, penelusuran bisa diimbangi dengan bantuan gambar. Agar toko online Anda bisa selalu ditemukan oleh konsumen, maka ada baiknya Anda menyediakan fitur penelusuran berbasis gambar di toko.

Toko-toko online yang tidak memaksimalkan pencarian secara visual juga diprediksi akan lebih cepat tenggelam dan kalah dalam persaingan digital marketing.

Website-website bisnis besar seperti Amazon dan Pinterest terbukti sukses memaksimalkan usaha dan meningkatkan penjualan dengan menyediakan penelusuran visual.

Pun berdasarkan penelitian, peminat penelusuran visual memiliki persentase yang tinggi, yakni sebesar 22.6% atau kedua paling besar dibandingkan penelusuran keyword. Jika dibandingkan dengan platform ternama seperti YouTube sekalipun, penelusuran visual masih 5 kali lebih besar jumlahnya.

Angka yang besar ini menandakan bahwa penelusuran visual sangat berpotensi untuk memaksimalkan bisnis online.

Konsumen merasa amat terbantu dengan adanya penelusuran visual ini, sebab mereka bisa mencari produk yang sama persis sesuai keinginan dengan satu kali upload.

Pengunjung juga tidak akan kecewa karena gagal menemukan produk impian gara-gara terkendala di pencarian keyword. Jadi, toko online Anda dapat terus menjaring penjualan online. Rating website toko Anda juga otomatis akan naik.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengaplikasikan penelusuran visual untuk toko online Anda? Lanjutkan scroll untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara memaksimalkan penelusuran visual untuk konten produk di toko online, ya!

Trik Simpel Memaksimalkan Visual Search untuk Toko Online

visual-search-2

Anda telah melihat apa itu penelusuran visual dan bagaimana efeknya untuk bisnis online. Sekarang, bagaimana cara memaksimalkan penelusuran berbasis gambar ini untuk toko online Anda?

Tidak perlu pusing, inilah cara-cara sederhana untuk memaksimalkan visibilitas konten toko online Anda melalui penelusuran visual oleh konsumen:

Memakai File Gambar yang Descriptive

Kunci pertama kesuksesan penelusuran gambar secara online adalah foto yang Anda upload harus descriptive alias file nama-foto.jpg harus informasi produk Anda. Memakai nama file yang sesuai dengan isi gambar akan lebih mudah mesin pencari untuk menemukan foto konten produk.

Semisal Anda mengupload foto produk makanan kucing, maka nama file foto tersebut juga harus disesuaikan seperti: makanan_kucing.jpg – sebab, nama inilah yang akan dideteksi oleh mesin pencari. Anda juga bisa menyertakan keyword pada nama file foto.

Pastikan Semua Konten di Web Bisa Dibeli

Posting konten yang memang bisa dibeli oleh konsumen. Pisahkan website untuk berdagang dengan website konten blog. Cara ini terbukti untuk meningkatkan ROI web secara signifikan.

Mencampur konten promosi dengan konten jualan akan menyulitkan sistem penelusuran untuk bekerja mendeteksi produk memakai gambar terlebih jika semua konten Anda memuat gambar. Konsumen juga bisa merasa ‘tertipu’ jika foto produk yang ia klik ternyata konten promosi saja.

Memakai Alt Tag pada Foto Produk

Anda juga bisa memakai alt tag pada foto produk. Alt tag dapat membantu search engine lebih mudah memperoleh informasi yang dibawa oleh gambar. Alt tag biasanya berisi informasi singkat terkait produk dan diekspresikan dengan kode tag <alt> yang disisipkan di HTML.

Memakai Image Sitemaps dan Meta Description

Trik lainnya selain memakai tag alt adalah dengan memakai image sitemaps. Image sitemaps adalah elemen javascript yang memungkinkan Google untuk mengumpulkan metadata pada konten gambar, sehingga, penelusuran gambar dimungkinkan oleh sistem.

Ada juga alternatif berikutnya yakni meta description. Meta description tak hanya terdapat pada SEO, tetapi juga penting untuk diinput pada foto produk agar konten produk bisa muncul di hasil penelusuran konsumen.

Kesimpulannya, penelusuran visual dapat meningkatkan penjualan sekaligus ekspektasi konsumen terhadap kualitas toko Anda. Toko-toko yang sudah dilengkapi dengan sistem penelusuran visual ini sering mendapat cap sebagai toko yang baik, kekinian, dan mampu memberikan level kenyamanan yang maksimal.

Apalagi penelusuran visual jauh lebih baik ketimbang penelusuran berbasis keyword yang bisa mencover produk-produk secara spesifik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba penelusuran berbasis visual ini?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang konsep visual search yang benar untuk memaksimalkan usaha online Anda. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya! Jangan lupa juga untuk selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Inilah Trik Rahasia Sukses Customer Service Online Jarak Jauh

0
customer service adalah

Customer service adalah salah satu elemen yang melekat erat dengan aktivitas bisnis, apapun jenisnya. Sayangnya, masih banyak pengusaha yang serta merta melupakan perihal tugas customer service saat menjalankan bisnis online.

Kebanyakan orang mengabaikan tugas customer service yang lebih identik dengan bisnis offline (tatap muka).

Eits, jangan salah! Meskipun bisnis dijalankan secara online melalui aplikasi dan website, Anda wajib harus memberikan pelayanan customer service nomor 1 bagi seluruh konsumen Anda. Tanpa adanya strategi customer service yang baik, otomatis toko online Anda akan sangat kesulitan meyakinkan konsumen agar mau berbelanja.

Lalu, seperti apa cara meningkatkan pelayanan customer service yang dilakukan secara online (jarak jauh)? Anda tidak perlu cemas, sebab artikel edisi kali ini punya jawabannya. Yuk langsung kita simak pembahasannya berikut ini selamat membaca!

Arti Customer Service untuk Bisnis

customer-service-adalah

Sebelum membahas cara meningkatkan pelayanan customer service secara online, sebelumnya mari kita lihat kembali arti dari customer service untuk bisnis Anda. Customer service adalah istilah yang sudah lumrah didengar oleh telinga kita.

Biasanya, customer service adalah pihak perusahaan yang dengan sigap akan membantu kita kapanpun kita mempunyai masalah, kendala atau pertanyaan dalam proses transaksi.

Namun arti customer service yang sesungguhnya bisa jauh lebih dalam lagi. Menurut ahli ekonomi Kasmir (2003), customer service adalah semua bentuk aktivitas untuk memuaskan keinginan konsumen.

Sementara menurut Kotler (2002), customer service adalah pelayanan tak berwujud yang membawa dampak positif bagi sang penerima. Adanya tujuan memberikan dampak positif itulah yang menjadikan tugas customer service sangat penting untuk diaplikasikan pada semua bisnis. Apakah Anda sendiri ingin berbelanja di sebuah toko yang pelayanannya amat buruk? Tentu tidak.

Terlebih lagi pada sistem toko online yang mana pembeli tidak bisa bertemu langsung dengan penjual atau melihat barang yang hendak dibeli. Andai kata barang yang dibeli dari toko Anda mengalami kerusakan dan tidak ada customer service yang dengan sigap menangani keluhan konsumen, sudah pasti toko Anda akan diberikan review yang sangat buruk.

Apabila dibiarkan terus menerus, hal ini akan menjadi serangan negatif untuk toko Anda. Pada akhirnya, tidak seorangpun yang akan tertarik untuk berbelanja di toko Anda karena mereka sudah melihat pengalaman konsumen sebelumnya yang tidak dilayani dengan baik.

Untuk itulah, Anda wajib untuk mengaplikasikan strategi customer service yang baik meskipun bisnis dijalankan secara online. Pun dengan memiliki customer service yang sigap, ramah dan cekatan, bisnis Anda akan merasakan banyak dampak positif lainnya seperti:

Terjalinnya Hubungan Baik dengan Konsumen

Manfaat pertama customer service adalah membantu membangun hubungan baik antara brand dengan konsumen. Customer service adalah pihak yang paling pertama bertemu dan bersinggungan dengan konsumen, baik secara online (via live chat) atau secara langsung /offline.

Sikap pelayanan customer service yang ramah akan membuat konsumen merasa betah, dekat dan nyaman melakukan aneka transaksi dengan brand online Anda.

Memuaskan Konsumen

Bisnis online tak dapat dipungkiri adalah bisnis yang bisa mengalami banyak kendala dalam proses transaksinya. Terkadang ada konsumen yang tidak sabar menunggu lamanya pengiriman paket, sehingga mereka selalu menghubungi toko Anda dan bertanya “Kapan pesanan saya sampai?”.

Pengiriman paket online juga beresiko mengakibatkan kerusakan pada paket, jadi, toko online Anda wajib siap sedia menerima keluhan konsumen.

Dengan adanya sistem customer service yang baik, maka kepuasan konsumen akan tetap terjaga. Mereka dapat mengajukan keluhan dan kritik untuk Anda bantu tindak lanjuti solusi terbaiknya. Selain itu, konsumen juga dapat bertanya lebih jauh soal produk sebelum berbelanja kepada tim customer service.

Konsumen akan merasa jauh lebih puas jika mereka menerima pelayanan terbaik, ramah, dan selalu memprioritaskan kebutuhan mereka.

Lebih Efektif dalam Mengomunikasikan Produk

Customer service juga dapat digunakan sebagai media komunikator yang mengomunikasikan produk atau layanan dari brand ke konsumen. Seorang customer service bisa turut menginformasikan jika terdapat produk atau penawaran baru ke konsumen.

Bahkan strategi ini dipandang efektif mengingat customer service sudah mempunyai hubungan yang akrab dan hangat dengan konsumen. Alhasil, akan lebih mudah bagi tim customer service untuk meyakinkan konsumen dalam mencoba produk baru.

Bagaimana, masihkah Anda tidak ingin untuk memaksimalkan pelayanan customer service di toko online Anda?

Cara Meningkatkan Pelayanan Customer Service Online

customer-service-adalah-2

Tibalah kita pada pembahasan yang paling ditunggu-tunggu: cara meningkatkan pelayanan customer service secara online (jarak jauh). Menjalankan customer service, terutama yang tidak tatap muka langsung atau online, jelas memerlukan strategi khusus agar dapat berlangsung dengan optimal. Berikut ini adalah cara memaksimalkan pelayanan customer service secara online:

Konsumen Adalah Nomor 1 (Memprioritaskan Konsumen)

Tips sukses customer service adalah selalu memprioritaskan konsumen. Ingat, semua kebutuhan, pendapat dan keinginan konsumen adalah yang nomor 1 dalam bisnis. Bahkan terdapat pula sebuah survey ilmiah yang membuktikan bahwa 86% masyarakat rela membayar lebih untuk mendapatkan pelayanan customer service yang baik.

Apa artinya hal ini? Tentu saja bahwa masyarakat selalu menginginkan pelayanan konsumen terbaik dari brand!

Untuk memprioritaskan konsumen, tim customer service online Anda harus mampu mengusahakan cara terbaik untuk menjalin hubungan kedekatan dengan konsumen.

Mungkin saat ini, sebagian besar brand online lebih memilih memakai layanan customer service otomatis seperti chatbot untuk menghadapi chat konsumen. Chatbot memang praktis, tapi, chatbot tidak akan bisa menumbuhkan kedekatan emosional dengan konsumen.

Untuk itu, Anda perlu mengakali penggunaan chatbot seperti tidak memakainya selama 24 jam penuh. Di jam-jam kerja biasa, usahakan untuk menghadirkan customer service asli (manusia) yang bisa mengatasi permasalahan konsumen dari hati ke hati.

Selalu juga kedepankan perhatian dan rasa ingin tahu Anda terhadap masalah dan keinginan konsumen. Dengan begini, konsumen dapat merasa bahwa pelayanan di toko Anda sudah berusaha memprioritaskan mereka.

Pekerjakan Tenaga yang Ramah dan Cerdas

Meskipun customer service Anda bekerja dari balik layar, namun Anda tetap tidak boleh sembarangan dalam mempekerjakan orang di posisi ini.

Keramah-tamahan dan kesabaran adalah poin utama yang harus dimiliki oleh seorang customer service, sebab mereka akan selalu bersinggungan dengan masalah dari konsumen di setiap harinya.

Selain keramahan, usahakan untuk mencari tenaga customer service yang selalu mau belajar dari permasalahan yang ada. Seseorang yang selalu mau belajar cenderung lebih mudah untuk diajak bekerja.

Bahkan, mereka cenderung selalu mau beradaptasi dengan aneka situasi baru yang dihadapi dalam pekerjaan. Terakhir, pastikan bahwa calon pegawai Anda cukup cerdas dalam menghadapi konsumen, sehingga ia bisa memahami permasalahan dari sisi konsumen dan dengan sigap membuat keputusan solusi terbaik.

Interaksi Kecil di Luar Bisnis

Salah satu trik yang cukup sukses untuk membangun kedekatan emosional dengan konsumen di bisnis online adalah menunjukkan kehidupan yang nyata di balik brand. Tidak perlu menampilkan seluruh sisi, cukup tampilkan ‘sisi di balik layar’ dari pihak-pihak representatif usaha Anda yang dalam hal ini tak lain adalah customer service brand.

Biarkan saja jika konsumen ingin membicarakan 1 atau 2 hal perihal dirinya. Atau, tim customer service Anda bisa menanyakan hal-hal sederhana seperti “Apa kabar? Apakah hari Anda menyenangkan?” saat menghadapi konsumen. Interaksi dan obrolan perihal kehidupan biasa dari seorang customer service dengan konsumen adalah hal yang lumrah terjadi.

Tim customer service tidak melulu harus bersifat “kaku” dan mengurusi perkara bisnis saja. Cara ini pun bisa menjadi strategi yang baik untuk memaksimalkan kedekatan emosional dengan konsumen atau calon konsumen.

Biarkan Customer Service Anda Belajar dan Berkembang

Pekerjaan customer service bisa menjadi aktivitas yang menjenuhkan kalau anggota dalam tim Anda selalu berada di “situ-situ saja”, tidak pernah belajar dan mengupdate ilmu mereka. Sesekali, adakan sesi diskusi dan ngobrol dengan tim customer service Anda.

Ajak mereka untuk bertukar pikiran, diskusi dan memperbincangkan masalah-masalah yang mereka hadapi selama bekerja.

Anda juga bisa mengadakan sesi belajar dan melatih skill menangani konsumen agar mereka mendapatkan ilmu baru dan pengetahuan terkait isu teranyar untuk meningkatkan kinerja.

Jangan lupa juga untuk sering-sering mengingatkan kembali visi misi perusahaan agar tim customer service selalu dapat merepresentasikan usaha dengan baik.

Berikan Kepercayaan

Terakhir, berikan kepercayaan kepada tim customer service Anda dalam menyelesaikan pekerjaannya. Anda tidak perlu mendikte bagaimana cara mereka bekerja. Biarkan semua mengalir, dan tugas Anda selaku atasan hanyalah memonitor kerja masing-masing customer service toko.

Faktanya, banyak karyawan yang merasa lebih dihargai, tertantang dan mampu bertumbuh dengan lebih baik jika mereka diberikan kepercayaan oleh atasan.

Anda bisa membantu tim customer service Anda dengan melihat bagaimana hasil kinerja masing-masing di setiap harinya, lalu memberikan masukan jika perlu. Berikan saran seperlunya saja, sisanya, biarkan mereka yang mengembangkan kemampuan diri sendiri.

Tak sedikit karyawan customer service yang memilih mengundurkan diri dari perusahaan karena mereka merasa “tertekan” oleh masalah konsumen dan perintah atasan. Sebaiknya, jangan tambah beban kerja mereka. Alih-alih, tuntun saja mereka ke arah yang benar jika diperlukan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara meningkatkan pelayanan customer service meskipun dijalankan secara online. Semoga dengan tips strategi customer service di atas, bisnis online Anda dapat tetap berjalan dengan optimal, ya!

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Jangan lupa untuk selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech. Sayonara!