Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 68

Gunakan Konsep Ikigai untuk Menyelaraskan Tujuan Bisnis Anda

0
konsep ikigai

Pernahkah Anda mendengar mengenai konsep Ikigai? Ikigai adalah filosofi Jepang yang berasal dari tiga suku kata dan diterjemahkan sebagai ‘alasan keberadaan’. Ikigai membantu orang memperjelas tujuan hidup mereka yang mengarah pada kesejahteraan dan kepuasan.

Ikigai adalah penggabungan antara siapa kita, bagaimana kita bisa melayani orang lain dan apa yang kita sukai untuk dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang merasa hidup mereka memiliki tujuan umumnya merasa lebih bahagia dan positif.

Jika dihubungkan dengan kondisi saat ini, ketika beberapa perusahaan perlahan bangkit lagi ditengah kondisi yang tidak pasti selama pandemi untuk membangun kembali bisnis yang lebih tangguh dan berkelanjutan, saya melihat bahwa konsep ikigai dapat digunakan untuk menyelaraskan kembali tujuan bisnis.

Mensejajarkan elemen untuk menemukan konsep ikigai

konsep-ikigai-2

Berdasarkan sebuah buku terlaris karya Héctor García dan Francesc Miralles yang berjudul IKIGAI-Rahasia Hidup Panjang dan Bahagia Orang Jepang. Terdapat sebuah diagram yang diberi label area tempat keempat lingkaran berpotongan.

  • Pertama, menemukan tumpang tindih antara apa yang Anda sukai dan apa yang dibutuhkan dunia dapat menjadi misi Anda dalam hidup.
  • Kedua, gairah Anda cenderung menggabungkan apa yang Anda sukai, dengan apa yang Anda kuasai meskipun terkadang kita harus bekerja keras untuk menjadi ahli dalam hal-hal yang kita sukai ini akan menjadi passion
  • Selanjutnya, García menyarankan bahwa panggilan Anda adalah kombinasi dari apa yang dibutuhkan dunia, dan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran. Saat ini, kata panggilan umumnya berarti pekerjaan yang membuat kita tertarik untuk sesuatu yang dibutuhkan dunia dan kita dapat diberi penghargaan (bahkan dibayar).
  • Keempat, García menyarankan agar profesi kita menggabungkan apa yang Anda kuasai dan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran.

Konsep Ikigai untuk tujuan bisnis

Merefleksikan filosofi ikigai membuat berpikir tentang bagaimana bisnis menentukan tujuan mereka. Sebuah model bisnis menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan menciptakan, memberikan dan menangkap nilai.

Demikian pula, konsep Proposisi Nilai (sebuah elemen dalam Kanvas Model Bisnis Osterwalder) dengan ini, kita dapat memperjelas tentang apa yang dibutuhkan pelanggan. Binis model kanvas membantu menentukan bagaimana produk dan layanan dapat “menghilangkan rasa sakit” dan “menciptakan keuntungan” bagi pelanggan. Dengan kata lain, ini menggambarkan manfaat yang dapat diharapkan pelanggan dari produk atau layanan Anda.

Mengapa, bagaimana dan apa

Saat berbicara tentang bisnis apapun, kita pasti tertarik dengan pertanyaan mengapa bisnis itu ada? Memahami apa yang dilakukan perusahaan dan yang terpenting, mengapa mereka melakukannya. Apa inti bisnis ini? Apakah itu mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik?

MENGAPA adalah tujuan, sebab, atau keyakinan yang menggerakkan setiap organisasi dan setiap karier individu’.

Mengapa pelanggan Anda harus peduli? Mengapa karyawan dan pemasok Anda harus peduli dengan bisnis Anda?  Perusahaan yang membangun kepercayaan dan loyalitas dan menginspirasi orang dapat membantu kita merasa bahwa kita adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan lebih baik.

Menggunakan konsep ikigai untuk menyelaraskan kembali tujuan bisnis Anda

Menggunakan filosofi ikigai untuk memandu tujuan bisnis dapat membantu bisnis menjelaskan bagaimana penawaran mereka membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Penelitian menunjukkan, jika diberi pilihan, banyak orang akan mendukung perusahaan yang berbuat lebih banyak untuk manusia dan dunia.

Menurut Laporan Imperatif Keberlanjutan pada tahun 2015 Nielsen, 66% konsumen akan membelanjakan lebih banyak untuk suatu produk jika berasal dari merek yang berkelanjutan.

Terhubung dengan orang-orang yang nilainya sejalan dengan Anda berarti mereka menjadi pendukung Anda, bukan hanya pelanggan. Akibatnya, mereka lebih cenderung memberi tahu teman dan kolega mereka tentang perusahaan dan penawaran Anda, membantu menyebarkan berita tanpa kampanye pemasaran yang mahal. Yang terpenting, mereka menjadi bagian dari ‘suku’ Anda, bukan pesaing.

Ikigai – ‘sweet spot’

konsep-ikigai-1

Bagaimana kita mengadaptasi diagram ikigai untuk bisnis dan organisasi lain? dalam artikel ini disarankan empat tema utama hampir identik dengan satu-satunya perubahan kecil adalah ‘apa yang Anda pedulikan’ sebagai bisnis, bukan ‘apa yang Anda sukai’.

  • Apa yang kamu pedulikan
  • Apa yang dibutuhkan dunia
  • Apa yang Anda kuasai
  • Untuk apa Anda dapat dibayar

Di sini, tumpang tindih antara apa yang dibutuhkan dunia dan apa yang Anda pedulikan adalah visi bisnis. Sederhananya, itu adalah tujuan dan masa depan yang ingin Anda lihat dan menjadi bagian darinya.

Konsep Ikigai untuk tujuan bisnis di luar keuntungan

Apa yang Anda pedulikan dan apa yang Anda kuasai (pengetahuan, keterampilan, pengalaman) ketika bertemu akan menjadi misi bisnis Anda. Ini juga menjelaskan tujuan inti bisnis Anda.

Apa yang dibutuhkan dunia itu kompleks dan beragam, dan sekarang kita tahu bahwa kesuksesan masa depan membutuhkan solusi yang berbeda. Kita perlu meregenerasi sistem kehidupan, memulihkan sumber daya yang terbatas, menciptakan solusi yang melingkar dan berkelanjutan.

Sama pentingnya, kita membutuhkan model bisnis yang adil, inklusif, dan bertanggung jawab yang mendukung semua orang dalam sistem pemasok, karyawan, pelanggan, pemegang saham, dan masyarakat luas.

Apa yang dibutuhkan dunia = pekerjaan yang harus diselesaikan

konsep-ikigai-3

Kita dapat melihat bahwa tumpang tindih antara apa yang dibutuhkan dunia dan apa yang akan dibayar orang dapat menggambarkan berbagai masalah pelanggan untuk dipecahkan. Dalam bahasa Business Model Canvas dan Value Proposition, ini adalah pekerjaan yang harus diselesaikan.

Singkatnya, ini adalah hal-hal yang coba dilakukan pelanggan Anda dalam pekerjaan atau kehidupan mereka. Pekerjaan ini bisa berupa tugas, masalah yang ingin mereka selesaikan, atau kebutuhan yang ingin mereka penuhi

Pada akhirnya, bisnis harus menyelaraskan apa yang kita kuasai dengan apa yang akan dibayar orang. Tumpang tindih dan keselarasan antara keempat lingkaran akan membentuk ikigai, dan itu adalah adalah tujuan dan alasan keberadaan bisnis Anda.

Itulah alasan mengapa Anda selaku pebisnis dan karyawan bangun di pagi hari dan menginvestasikan waktu, upaya, pemikiran, kekhawatiran, dan pemecahan masalah yang berharga ke dalam bisnis.

Manusia, dunia dan profit

Tidak ada orang yang ingin menjadi bagian dari masalah, justru kebanyakan orang menginginkan menjadi bagian dari solusi. Sebelum pandemi datang, dunia  kita sudah mengalami banyak permasalahan, mulai dari pemanasan global, kebakaran hutan, kepunahan berbagai spesies dan banyak hal lainnya.

Perusahaan dapat yang menetapkan misi bisnis mereka untuk membuat dunia yang lebih baik, dengan melibatkan orang-orang, mulai dari karyawan, pemasok, pemegang saham, dan pelanggan untuk membantu misi itu terwujud.

Upaya ini adalah komitmen sepenuh hati untuk ekonomi yang regeneratif, adil, dan inklusif. Terlebih lagi, ini berarti menceritakan kisah tentang apa yang Anda lakukan, dengan jujur.

Penutup

Prinsip filosofi ikigai dapat menjadi alat yang sederhana dan efektif untuk tujuan bisnis yang melampaui keuntungan. Ini dapat memperjelas ‘mengapa’ bisnis Anda, memastikannya didasarkan pada apa yang benar-benar dibutuhkan dunia, bukan hanya apa yang akan dibeli orang.

Analisis Anda mungkin mengungkapkan kesenjangan besar antara apa yang dibutuhkan dunia dan penawaran Anda saat ini. Pendekatan ekonomi melingkar dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan itu.

Sistem melingkar dapat mengurangi konsumsi sumber daya (dan biaya), menciptakan peluang untuk layanan baru dan aliran pendapatan, serta membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih dalam dengan pelanggan dan pemasok.

Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Guerilla Marketing adalah : Pengertian, Kekurangan serta Kelebihannya!

0
guerilla-marketing

Anda sedang bingung mencari trik promosi bisnis yang jitu di sosmed? Anda bisa memakai Guerilla marketing ideas sebagai opsi promosi yang bagus, lho.

Namun Anda perlu mewaspadai kelebihan dan kekurangan Guerilla Marketing agar tidak salah saat mempraktekkan strategi yang satu ini. Sebab, berbeda dengan trik marketing lainnya, Guerilla marketing adalah strategi bisnis yang amat penuh kejutan.

Yuk langsung kita cari tahu seperti apa pengaplikasian Guerilla marketing pada dunia bisnis pada artikel kali ini! Kami juga sudah menyiapkan pembahasan lengkap termasuk contoh Guerilla marketing di Indonesia. Sudah tidak sabar untuk menyimak? Selamat membaca!

Apa Itu Guerilla Marketing Ideas? Definisi dan 5 Prinsipnya

guerilla-marketing

Mungkin Guerilla marketing adalah istilah yang masih terasa asing di telinga sebagian masyarakat. Apakah Anda sendiri juga baru pertama kali mendengar Guerilla marketing? Tenang, kami akan menjelaskan apa itu Guerilla marketing kali ini.

Guerilla marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak diaplikasikan pada beragam jenis usaha online kekinian. Trik bisnis ini baru berkembang seiring dengan masifnya dunia media sosial sebagai tempat transaksi online.

Namun di sisi lain, banyak pihak termasuk pakar bisnis memandang bahwa Guerilla marketing adalah trik promosi beresiko tinggi. Hal ini masuk akal, sebab elemen utama dari Guerilla marketing adalah ‘kejutan’.

Seperti apa ‘kejutan’ yang dimaksud pada sistem Guerilla marketing? Guerilla marketing adalah trik yang mengutamakan unsur kejutan (surprise) dalam prakteknya agar bisa memancing perhatian yang maksimal dari audiens/masyarakat.

Jadi, Guerilla marketing selalu mengedepankan ide-ide mengejutkan yang tidak biasa, out of the box, atau bahkan ‘nyeleneh’.

Atas alasan inilah Guerilla marketing dinilai sebagai trik bisnis yang beresiko. Jika Anda tidak cermat dalam mengagas ide promosi ala Guerilla marketing, maka konten Anda bisa jadi akan berbalik menyerang Anda dalam konteks negatif.

Alhasil, kalau Anda tertarik untuk menjalankan Guerilla marketing, maka Anda perlu sangat berhati-hati saat mengagas ide konten promosi.

Setidaknya ada 5 prinsip yang bekerja dalam siste Guerilla marketing. Kelima prinsip Guerilla marketing adalah:

1. Murah Meriah

Prinsip pertama Guerilla marketing adalah murah meriah. Memang jika dibandingkan dengan strategi promosi lainnya, Guerilla marketing adalah trik promosi yang paling murah karena Anda lebih berfokus pada kreativitas dan isi konten, bukan platform dimana iklan tersebut dipasang.

Bahkan memposting iklan secara gratis di media sosial saja sudah lebih dari cukup jika konten Guerilla marketing Anda berhasil meraih engagement yang tinggi.

2. Sangat Inovatif dan Kreatif

Prinsip kedua adalah inovatif dan kreatif. Hanya orang-orang dengan daya kreativitas tinggi sajalah yang sering kali lebih mudah untuk menjalankan strategi Guerilla marketing. Hal ini dikarenakan konten Guerilla marketing selalu menuntut ide-ide segar yang bisa memancing respon audiens.

3. Surprise dan Surprise Lagi!

Inti dari Guerilla marketing adalah kejutan (surprise). Jadi, semakin menghebohkan surprise dalam konten promosi Anda, maka akan semakin baik hasilnya. Engagement yang bisa didapatkan oleh konten Anda pun bisa lebih tinggi dibandingkan konten-konten promosi biasa.

4. Bernilai (Value) Positif

Ini adalah poin terpenting dalam pengaplikasian Guerilla marketing yang wajib untuk Anda perhatikan betul-betul agar konten menghebohkan Anda tidak dianggap sebagai pencari sensasi belaka.

Selalu ingat untuk memberikan value positif kepada masyarakat meskipun konten Anda memiliki unsur kejutan yang menghebohkan. Semisal Anda mengadakan giveaway dadakan dengan banyak hadiah di dalamnya.

5. Promosi Sementara (Temporer)

Prinsip terakhir dari Guerilla marketing adalah bersifat promosi sementara (temporer). Tentunya sifat sementara ini menyesuaikan dengan sifat kejutan yang berefek hanya di awal dan sementara saja.

Kejutan yang diulang-ulang untuk waktu yang lama jelas tidak akan memberikan sensasi yang ‘meledak’ seperti saat konten promosi pertama kali di posting. Jadi, Anda tidak bisa mengandalkan 1 konten untuk dipakai selamanya.

Kembali lagi, menyajikan konten yang ‘nyeleneh’ merupakan tantangan tersendiri yang lumayan berat, akan tetapi hasil engagement yang dijanjikan oleh Guerilla marketing biasanya sangat signifikan. Ingin melihat lebih banyak kelebihan dari Guerilla marketing selain engagement? Yuk lanjutkan membaca ke bagian berikutnya!

Kelebihan dan Kekurangan Guerilla Marketing

guerilla-marketing-2

Mengapa perusahaan Anda patut untuk mempertimbangkan menggunakan Guerilla marketing? Jika pertanyaan tersebut masih hinggap di kepala Anda saat ini, maka Anda perlu membaca kelebihan dan kekurangan Guerilla marketing berikut ini:

Keuntungan Guerilla Marketing

Inilah keuntungan promosi dengan Guerilla marketing untuk bisnis Anda:

Selalu Sukses Menarik Perhatian Audiens

Audiens lebih mudah memfokuskan perhatian mereka pada konten-konten yang ‘nyeleneh’, unik atau belum pernah mereka temui sebelumnya. Alhasil, mereka akan menyimak konten

Anda sejenak untuk mengetahui isi konten dan menghilangkan rasa penasaran mereka. Iklan-iklan yang tidak biasa juga akan lebih mudah untuk melekat dalam ingatan konsumen, sehingga mereka dapat terus-terusan mengingat nama brand Anda kapanpun dimanapun.

Trik Promosi yang Murah

Anda sedang mencari trik promosi yang minim budget alias murah? Cobalah Guerilla marketing! Trik promosi Guerilla marketing ini sangat murah karena Anda bisa melakukannya secara gratis di media sosial saja.

Kesuksesan Guerilla marketing tidak bergantung pada seberapa mahal platform iklan yang Anda gunakan, melainkan pada seberapa menarik dan efektif isi iklan Anda. Sekali lagi, kunci keberhasilan iklan ini terletak pada ide kreatif Anda.

Bisa Menumbuhkan Kerjasama

Keuntungan lain Guerilla marketing adalah bisa menumbuhkan kerjasama antara brand Anda dengan brand lain. Semisal Anda dan perusahaan A bekerja sama untuk mengadakan giveaway.

Selain hadiah giveaway bisa ditanggung bersama-sama, konten iklan juga akan disebarluaskan oleh kedua akun bisnis yang bekerja sama sehingga mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Kelemahan Guerilla Marketing

Ada banyak keuntungan Guerilla marketing, ya? Namun Anda tetap harus waspada karena di balik kelebihan-kelebihan tersebut juga terdapat kelemahan dari Guerilla marketing. Pun kelemahan-kelemahan tersebut adalah:

Pembuatan yang Lama

Pengagasan ide dan konsep ‘out of the box’ yang fresh bisa memakan waktu sangat lama, padahal, iklan Anda harus tayang secara berkala. Ini adalah kelemahan Guerilla marketing yang sering menjumpai pebisnis. Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan brainstorming ide dengan tim.

Beresiko Tinggi

Iklan Anda juga bisa menimbulkan kesalahpahaman atau tidak cocok dengan paham-paham dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat. Semisal Anda membuat konten ‘prank’ untuk mempromosikan produk.

Namun menurut masyarakat, aksi prank Anda tidak memuat nilai-nilai positif serta menyalahi beberapa norma yang ada. Jika situasinya begini, maka konten Anda bukannya akan viral dan meraih engagement, melainkan akan ramai dihujat warganet.

Untuk itu, Anda harus sangat berhati-hati dalam membuat iklan dengan Guerilla marketing. Hindari hal-hal yang berbau SARA atau pelanggaran norma-norma sosial. Plus, tambahkan pula value-value positif dalam iklan

Kira-kira apa saja contoh Guerilla marketing di Indonesia yang baik dan bisa Anda coba terapkan? Agar tidak salah saat berpraktek, mari kenali dulu contoh Guerilla marketing di Indonesia di bawah ini.

Jenis-Jenis Guerilla Marketing dan Contohnya

Tibalah kita di pembahasan terakhir tentang jenis-jenis Guerilla marketing. Untuk Anda yang masih bingung apa saja jenis-jenis Guerilla marketing yang bisa dipraktekkan, berikut ini kami mengelompokkan Guerilla marketing berdasarkan sasaran audiens beserta contoh-contohnya:

Ambush Marketing

Ambush marketing adalah trik Guerilla marketing yang dengan sengaja masuk ke sebuah acara yang sedang ramai, seperti konser, pertandingan olahraga, event bazzar, dan lain-lain. Masuk ke acara secara tiba-tiba ini bisa menggaet banyak perhatian masyarakat yang sedang berada di lokasi setempat.

Perusahaan perangkat permainan Sony pernah melakukan trik ini pada sebuah arena olahraga. Pihak Sony dengan sengaja membentuk lapangan menyerupai salah satu produk mereka yakni PSP. Alhasil, penonton akan terus melihat bentuk lapangan yang unik selama menyaksikan pertandingan.

Viral Marketing

Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan trik marketing ini, bukan? Belakangan ini banyak perusahaan berlomba-lomba membuat aneka konten yang viral untuk mempromosikan dagangannya di media sosial.

Semisal Tokopedia yang tiba-tiba mengumumkan akan mengundang K-Pop Star “BTS” sebagai bintang tamu utama di konser tahunan mereka. Atau, perusahaan Walls yang tiba-tiba memposting bahwa es krim legendaris mereka “Viennetta” sudah diproduksi kembali.

Kami paling merekomendasikan Anda untuk mulai berpromosi dengan strategi Viral Marketing. Untuk mengetahui lebih banyak seputar Viral Marketing ini, Anda bisa membaca tulisan khusus Markey di link ini https://markey.id/blog/marketing/marketing-strategy/viral-marketing-adalah

Ambient Marketing

Ini adalah trik Guerilla marketing yang cukup beresiko, karena Anda harus berani menarik perhatian masyarakat di lingkungan sekitar Anda. Trik Ambient marketing ini dilaksanakan dengan menempelkan pesan promosi ke tempat publik yang ramai.

Namun Anda tentunya tidak bisa menempelkan flyer biasa saja untuk menjalankan Ambient marketing. Anda perlu melakukan usaha yang lebih ‘sensasional’.

Ambient marketing umumnya dijalankan dengan cara menggambar graffiti di tembok-tembok bangunan. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan stiker di instalasi umum dan tiang listrik. Contohnya perusahaan KitKat yang mengecat dan memodifikasi bangku tempat duduk publik sehingga menyerupai produk jualan mereka.

Cara ini memang ampuh untuk menarik rasa perhatian masyarakat, namun juga beresiko melanggar aturan mengotori lingkungan masyarakat. Jadi, Anda perlu melakukan pertimbangan yang matang serta mengurus izin dengan benar sebelum mempromosikan usaha.

Stealth Marketing

Jenis Guerilla marketing terakhir, sekaligus yang paling berbeda dibandingkan jenis-jenis sebelumnya, adalah Stealth marketing. Di sini, Anda justru melaksanakan trik marketing yang ‘sembunyi-sembunyi’. Biasanya, konten promosi tidak dibuat kentara atau jelas-jelas sedang mempromosikan produk.

Sehingga penonton bisa menikmati konten ‘tanpa sadar’ bahwa yang mereka tonton sesungguhnya adalah iklan. Hanya penonton yang jeli saja yang bisa memahami bahwa konten yang tengah Anda viralkan adalah iklan.

Contohnya adalah postingan Twitter video yang menampilkan sepasang muda-mudi bermesraan di pinggir jalan raya pada suatu malam. Video tersebut viral menjadi perbincangan karena aksi romantis mereka.

Namun beberapa audiens sadar bahwa postingan tersebut sesungguhnya adalah konten promosi dari e-wallet DANA, sebab, posisi sang muda-mudi berada persis di depan banner DANA. Selain itu, tampak beberapa kali kamera sengaja difokuskan ke banner DANA yang terpasang.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Guerilla Marketing ideas, mulai dari pengertian, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan hingga contoh Guerilla marketing di Indonesia. Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini.

Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya! Selanjutnya, kami akan membahas bagaimana cara membuat konten Guerilla marketing yang baik, jadi selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech!

App Store : Optimalkan Aplikasi Anda Dengan 7 Langkah Berikut!

0
app store

Saat ini ada miliaran orang yang menggunakan ponsel cerdas dan jumlah tersebut akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dengan bertambahnya jumlah tersebut tentu akan menciptakan pasar yang sangat besar untuk pembuatan dan pembelian aplikasi.

Saat ini terdapat lebih dari empat juta aplikasi yang mendapat peringkat di Apple App Store dan Google Play Store, ini berarti Anda harus memiliki strategi yang efektif untuk pemasaran aplikasi Anda jika ingin menghasilkan unduhan dan keterlibatan seluler yang banyak.

Apa itu Pengoptimalan App Store?

Pengoptimalan App Store atau ASO merupakan peningkatan yang dilakukan pada halaman unduhan aplikasi untuk membantu aplikasi yang Anda miliki menaiki tangga visibilitas dan mendorong lebih banyak pengguna untuk mengunduhnya.

ASO difokuskan pada dua platform toko aplikasi terkenal di dunia, yaitu Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android).

Jika Anda sedang membuat aplikasi atau sudah memilikiya di toko aplikasi, kehadiran ASO sangat penting untuk menunjang aplikasi Anda agar menonjol di pasar aplikasi resmi.

Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

7 Tips Pengoptimalan App Store

app-store-optimization

Terdapat tujuh langkah dasar untuk memastikan aplikasi Anda dioptimalkan untuk App Store. Dengan mengikuti tips berikut akan memungkinkan Anda memasarkan aplikasi secara efektif, mengidentifikasi pesaing teratas dan membawa aplikasi Anda ke level teratas.

1. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan

Dalam dunia pemasaran, kata kunci memiliki peran penting dalam menggapai tujuan pemasaran Anda. Melakukan analisis mengenai kata kunci apa yang tepat bagi audiens sangatlah penting.

Anda perlu menunjukkan dengan tepat kata kunci yang digunakan pelanggan Anda dalam melakukan pencarian dan kata kunci yang digunakan pesaing utama Anda.

Melakukan pencocokan kata kunci dengan kebutuhan pelanggan akan membantu mereka menemukan aplikasi Anda di App Store dengan lebih mudah dan cepat.

Jangan gunakan kata kunci yang tidak terkait dengan aplikasi Anda, itu akan berpengaruh terhadap peringkat Anda. Gunakan hanya satu bentuk kata kunci saja, entah itu tunggal atau jamak. Kemudian jangan gunakan kata kunci yang menyertakan kata aplikasi atau nama dari merek pesaing Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan, Anda bisa memanfaatkan alat yang tersedia, seperti Google keyword planner

2. Optimalkan Judul Dan Deskripsi Anda

Judul menjadi satu-satunya metadata terpenting yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak unduhan dari pengguna.

Buatlah judul yang memiliki karakter kurang dari 25 buah, sehingga judul akan terlihat di layar penelusuran aplikasi. Selain itu, judul juga harus mudah diingat untuk meningkatkan unduhan pengguna.

Dengan menggunakan nama perusahaan Anda dan kata kunci teratas akan memungkinkan aplikasi Anda lebih mudah untuk dicari oleh pengguna.

Setelah memilih judul yang menurut Anda tepat, cobalah untuk mencari aplikasi Anda di App Store. Jika hasil yang Anda dapatkan masih terlampau banyak, bahkan ribuan, hal tersebut berarti judul yang Anda gunakan masih pasaran atau kurang kreatif.

Tak hanya judul yang harus Anda perhatikan, deskripsi juga penting. Deskripsi yang Anda buat harus menyertakan kata kunci yang relevan sebanyak mungkin dalam 250 karakter pertama. Anda harus membuat pengguna mengklik “baca lebih lanjut” untuk menaikkan pemasaran aplikasi Anda.

3. Sertakan Ikon & Tangkapan Layar yang Menarik

Tak hanya kegunaan aplikasi saja, visual aplikasi juga memiliki peran penting. Visual yang menarik dapat memberi Anda keunggulan di pasar aplikasi.

Pilihlah ikon aplikasi yang mudah dipahami dan dikenali oleh pengguna. Jangan sampai ikon yang Anda gunakan sulit untuk diingat dan dimengerti.

Tentukan pula warna dari merek Anda, bila perlu gunakan warna yang berbeda dengan yang digunakan pesaing Anda. Perbedaan warna juga agar pengguna tidak bingung antara satu merek dengan merek lainnya.

Sebagian besar pengguna melihat tampilan layar Anda terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk mengunduh aplikasi tersebut atau tidak. Jadi, visual aplikasi sangatlah penting untuk menarik pengguna.

Mengenai warna, jangan takut untuk mencampurkan beberapa warna. Gunakanlah template warna-warni agar tampilan layar Anda terlihat profesional dan menyenangkan jika dilihat.

Jangan sampai hanya teks saja yang menjadi unsur utama dalam tampilan aplikasi Anda. Sertakan pula fitur visual yang menunjukkan aplikasi Anda lebih unggul daripada pesaing lain.

4. Tambahkan Video

app-store-optimization-2

Tak hanya gambar, video juga memiliki peran penting dalam pemasaran aplikasi yang Anda miliki. Menggunakan video di dalam halaman aplikasi dapat meningkatkan unduhan hingga 35 persen.

Peningkatan unduhan yang Anda alami tidak hanya sekedar mengoptimalkan judul dan visual saja. Setiap unduhan yang meningkat, tentu akan berpengaruh juga terhadap peringkat aplikasi Anda. Maka dari itu, jumlah unduhan menjadi hal penting dalam mencapai kesuksesan pemasaran aplikasi.

Kebanyakan orang saat ini lebih suka mencari dan mengunduh aplikasi dalam beberapa menit saja, maka dari itu peran video dalam fitur aplikasi Anda menjadi salah satu media penting untuk menunjang pemasaran aplikasi.

5. Riset Pesaing Anda

Ini sangat penting bagi ASO. Setiap pebisnis harus mengetahui betul siapa pesaing mereka dan strategi apa yang digunakan. Sebelum dipasarkan, sebuah aplikasi harus menentukan kategori terbaik mereka, begitu pula dengan aplikasi yang Anda miliki.

Faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kategori seperti, jumlah pesaing, jumlah aplikasi yang diperbarui secara konsisten, dan seberapa populer peringkat kategori dalam unduhan.

Setelah berhasil menambahkan aplikasi ke pasar, jangan harap Anda bisa bersenang-senang. Anda harus secara konsisten memantau aplikasi, apakah sudah memiliki kinerja terbaik dalam kategori yang telah Anda pilih atau belum. Perlu juga untuk mengecek apakah peringkat aplikasi Anda berubah ketika menambahkan kata kunci atau mengubah metadatanya.

Untuk menentukan peringkat kata kunci baru, pastikan Anda telah melakukan langkah terbaik sebelum pesaing Anda memiliki kesempatan tersebut.

App Tweak berpendapat, alat analisis pesaing Anda harus mempersempit pesaing teratas Anda menjadi lima saja, sehingga Anda dapat secara efektif mengelola rutinitas ASO yang konsisten.

6. Bangun Tautan Balik

Bagaimana caranya menghadirkan backlink terbaik? Aplikasi Anda harus ditautkan secara aktif di situs web yang relevan dan memiliki otoritas yang sesuai dengan standar algoritme Google saat ini.

Backlink bisa dalam bentuk teks atau gambar dengan menggunakan tag ALT (ALTernative text).

7. Mendorong Traffic Ke Halaman App Store Anda

Memiliki situs web yang telah dioptimalkan SEO yang digunakan untuk melakukan hosting informasi aplikasi Anda akan memungkinkan Anda mengarahkan lalu lintas langsung ke halaman toko aplikasi Anda.

Memanfaatkan situs web ini untuk aplikasi juga dapat membantu Anda dalam menentukan peringkat di Google. Sehingga memungkinkan mereka yang melakukan pencarian web sederhana untuk opsi lain menemukan dan mengunduh aplikasi yang Anda miliki.

Tak hanya itu, iklan aplikasi berbayar juga bisa Anda gunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aplikasi Anda.

Perlu diingat, ASO sama dengan SEO. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang cepat. Namun jika Anda konsisten setiap hari meluangkan waktu untuk mengerjakan daftar periksa pengoptimalan toko aplikasi, tentu akan ada hasil positif atas kerja keras Anda.

Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ ! Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play atau Apple Store untuk mode baca yang lebih praktis.

Yuk Beriklan Di 10 Platform OOH Advertising Terbaik Indonesia Ini!

0
ooh-advertising

Memasang iklan di luar gedung (outdoor) masih menjadi trik yang diterapkan oleh banyak bisnis. Namun, alih-alih memakai gaya iklan outdoor kuno, saat ini sudah berkembang iklan outdoor berbasis digital bernama Digital OOH Advertising.

Digital OOH Advertising adalah sebuah inovasi iklan tradisional outdoor yang memadukan kecanggihan internet. Sehingga, media-media yang digunakan dalam Digital OOH Advertising dapat menjangkau lebih banyak perangkat dan dilihat oleh lebih banyak masyarakat.

Penasaran seperti apa pengertian OOH digital dan cara kerjanya? Yuk kita cari tahu jawabannya bersama-sama pada artikel edisi kali ini! Ada juga rekomendasi 10 platform Digital OOH Advertising Indonesia yang bisa Anda coba gunakan untuk beriklan. Selamat membaca!

Pengertian OOH Digital

Industri iklan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan industri periklanan juga tidak luput dengan kecanggihan zaman teknologi kekinian. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya teknologi Digital OOH Advertising.

Apa itu OOH Advertising? Pengertian OOH Advertising adalah Out of Home (di luar rumah) Advertising. Jadi, OOH Advertising adalah iklan-iklan yang dipasang di luar gedung, seperti baliho, reklame, banner dan seterusnya. Namun tak berhenti sampai di sana, OOH Advertising kini berkembang hingga menjangkau ranah digital. Inilah titik asal lahirnya inovasi bernama Digital OOH Advertising.

Ciri out of home media adalah sudah pasti berada di luar ruangan sehingga banyak dilihat oleh masyarakat dari berbagai kalangan yang melintas. Dapat dikatakan bahwa ciri out of home media adalah “membaur” dengan keramaian serta hiruk-pikuk lalu-lintas masyarakat sehari-hari.

Pun seringkali ciri out of home media adalah tampil ‘stand out’ alias sangat mencolok sehingga banyak orang mudah dan tertarik untuk melihat iklan yang dipasang.

Lebih lanjut, terdapat pula studi marketing terbaru yang membuktikan bahwa lebih dari 70% masyarakat modern tetap tertarik untuk melihat OOH Advertising ini.

Bahkan, menurut masyarakat yang terlibat dalam penelitian tersebut mengaku kalau iklan dalam OOH Advertising lebih menarik, dapat dipercaya dan tidak menipu seperti kebanyakan iklan-iklan online yang ‘menjebak’ user pasca mereka men-klik iklan.

Tipe-Tipe OOH Ads : Dari Reklame Hingga Digital

out-of-home-2

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ciri out of home media adalah terpasang di luar gedung. Sehingga, iklan OOH dapat dinikmati oleh masyarakat di sela-sela rutinitas mereka seperti dalam perjalanan pulang dari kantor, atau saat sedang menuju resto untuk makan siang.

Iklan-iklan out of home advertising juga merupakan iklan yang fleksibel, sebab pemasangannya bisa disesuaikan dengan spot-spot yang ramai dikunjungi, dilalui dan mudah dilihat oleh orang-orang yang lewat (spot view).

Ada beberapa tipe OOH Advertising, yakni billboard, vehicle advertising, retailer ads, dan yang paling baru adalah DOOH (Digital Out of Home Advertising).

Billboard Ads

Siapa yang tidak tahu iklan billboard? Jenis iklan OOH yang satu ini sudah ada dari zaman dahulu dan masih eksis sampai hari ini.

Baliho atau billboard mempunyai ukuran yang sangat besar dan biasa terpasang di tempat-tempat strategis sehingga efektif untuk menarik perhatian banyak masyarakat.

Anda pun pastinya sering melihat iklan baliho, bukan? Namun saat ini, iklan baliho turut berkembang menjadi lebih kekinian dengan memakai layar LED.

Vehicle Ads

Tipe OOH selanjutnya adalah vehicle ads alias iklan-iklan yang dipasang pada badan kendaraan seperti mobil atau motor. Pemasangan iklan di kendaraan ini dinilai super efektif karena bisa menjangkau kawasan hunian masyarakat yang berada di jalan-jalan sempit, khususnya yang tidak bisa dijangkau oleh media besar seperti billboard.

Retailer Ads

Retailer ads juga tidak kalah populer. Pada metode ini, flyer-flyer iklan dipasang pada etalase toko atau mall sehingga menarik perhatian para pengunjung. Namun ada juga pemasangan iklan toko yang menggunakan televisi atau papan LED.

Untuk toko-toko berskala besar seperti mall, biasanya jumlah iklan yang terpasang bisa lebih banyak seperti di dinding, lift, escalator, menggantung pada langit-langit, hingga di lantai.

Digital Out of Home Ads

Inilah fokus utama kita: Digital Out of Home Ads alias DOOH! DOOH adalah inovasi terbaru pada dunia iklan outdoor. DOOH adalah iklan outdoor yang bisa dipasang di beragam media digital dalam ruang publik, termasuk layar-layar LED toko dan billboard digital. Cakupan DOOH adalah yang paling luas dibandingkan iklan OOH lain berkat perpaduan kecanggihan internet yang ia miliki.

DOOH pun sering kali dinilai sangat menarik oleh masyarakat karena mempunyai tampilan layar digital yang menarik serta gambar berkualitas HD. Bahkan iklan-iklan DOOH pun bisa berupa video atau film pendek interaktif, yang selalu sukses menarik rasa penasaran masyarakat saat sedang berada di ruang publik seperti bioskop, mall, stasiun, halte bus, dan lain-lain.

Anda bisa meningkatkan engagement langsung dengan masyarakat melalui iklan DOOH dengan cara memadukan QR code, smartphone dan dedicated landing page yang dikoneksikan ke iklan. Memakai iklan DOOH juga praktis. Anda tidak perlu repot-repot menurunkan dan mengganti iklan secara manual jika materi yang diputar sudah habis. Anda cukup mengumpulkan semua file iklan dalam 1 folder, lalu mengatur iklan agar berputar secara bergiliran.

Teknologi pada DOOH menggabungkan sistem mobile location data dengan teknologi digital, sehingga pengiklan dan perusahaan dapat menyesuaikan iklan dengan segmentasi profiling audiences yang tepat.

Efek penerapan DOOH juga cukup signifikan bagi perusahaan. Anda bisa menyesuaikan dan menganalisa sudah sejauh apa iklan dijangkau oleh masyarakat, titik-titik paling ramai yang dilihat oleh konsumen, mengukur efektifitas ROI, impresi, serta hasil campaign iklan.

Iklan DOOH dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang bisa Anda pilih, seperti Mobile LED, digital billboard dan juga videotron. Kepopuleran DOOH terus meningkat tajam seiring berjalannya waktu belakangan ini.

Tak hanya mengalahkan iklan-iklan tradisional, DOOH juga mengalahkan iklan online di internet yang sering dipandang negatif oleh masyarakat akibat mengandung malware. Banyak perusahaan juga sudah beralih ke metode beriklan unik ala DOOH. Apakah perusahaan Anda juga akan menjadi salah satunya?

Jika perusahaan Anda tertarik untuk memasang iklan DOOH, mari lanjutkan scroll untuk mengetahui rekomendasi agensi iklan DOOH terbaik di Indonesia. Yuk teruskan membaca!

10 Rekomendasi Digital OOH Advertiser Lokal Terbaik

out-of-home-advertising-1

1. ADX Asia

Layanan digital OOH Advertiser lokal Indonesia pertama adalah ADX Asia. ADX Asia menyediakan jasa digital OOH dengan tarif super terjangkau mulai dari 10 ribu rupiah saja! Semua iklan yang terpasang di sini sudah dipastikan akan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, jadi, perusahaan Anda bisa mendapat keuntungan yang paling maksimal.

Pun sudah banyak perusahaan besar seperti Tokopedia dan Samsung, hingga ratusan bisnis UMKM yang sudah memasarkan iklannya secara online berbasis OOH di ADX Asia, lho.

Untuk mendapatkan layanan iklan ADX Asia, Anda bisa mengunjungi link: https://adxasia.co.id/

2. Plasma

Rekomendasi DOOH platform selanjutnya adalah Plasma. Awalnya, Plasma adalah perusahaan iklan outdoor yang memasang iklan-iklan reklame LED di bus halte dan airport.

Oleh sebab itu, iklan-iklan Plasma selalu sukses memperoleh banyak perhatian dari masyarakat lokal dan juga tamu pariwisata asing. Namun kini Plasma juga menyediakan jasa iklan DOOH di banyak spot-spot ramai di Indonesia dan lebih dekat dengan keramaian kota, seperti mall.

Tertarik untuk beriklan di Plasma? Anda bisa mengunjungi link web mereka di: http://plasma-outdoor.com

3. Lemma

Lemma adalah perusahaan iklan OOH pertama di Indonesia yang mempelopori teknologi digital out of home advertising. Lemma menjalankan strategi iklan DOOH dengan memanfaatkan integrasi sistem DSP dan DV360 sehingga memudahkan agensi untuk menjalankan programmatic DOOH.

Alhasil, perusahaan pengiklan dapat menjalankan, memonitor, dan mengoptimalkan kampanye iklan DOOH mereka via web dan aplikasi smartphone. Praktis, bukan?

Untuk mencoba beriklan di Lemma, Anda bisa mengklik website mereka di: https://lemmadooh.com

4. Stick Earn

Rekomendasi jasa DOOH keempat adalah Stick Earn. Perusahaan ini sudah lama bergerak di bidang outdoor advertising, dan menyediakan semua layanan iklan OOH termasuk digital out of home ads.

Jasa Stick Earn sudah digunakan oleh banyak brand ternama Indonesia seperti Shopee, ABC, JNE, Tokopedia, Travelloka, dan lain sebagainya. Anda pun tidak perlu lagi meragukan kemampuan pelayanan dari perusahaan Stick Earn!

Yuk coba jasa digital DOOH Stick Earn sekarang di: https://stickearn.com/

5. EYE Corp

Untuk Anda yang sering menyimak iklan billboard, mungkin Anda sudah familiar dengan iklan EYE Corp di mana nama brand ini sering tertera pada sisi billboard. EYE Corp adalah perusahaan OOH yang menyediakan banyak pelayanan iklan outdoor dan terus berinovasi dengan teknologi kekinian.

Sampai saat ini, EYE menyediakan layanan iklan OOH dan aneka solusi untuk permasalahan iklan yang dihadapi perusahaan seperti site arrangement, strategy creative production, pajak iklan, media placement dan construction building.

Ingin berkonsultasi periklanan digital OOH dengan EYE? Anda bisa menghubunginya di https://eyecorpmedia.com.

6. Skoo Media

Skoo Media adalah perusahaan iklan digital OOH yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Di Skoo Media, setiap klien mempunyai keleluasaan untuk mengatur sendiri kapan dan dimana saja iklan mereka hendak ditampilkan secara visual.

Pihak Skoo hanya membantu menyediakan fasilitas periklanan DOOH, sisanya Anda sendiri yang bebas mengatur.

Kunjungi website Skoo Media sekarang di: https://skoo-media.com

7. Jaris & K

Perusahaan digital OOH Jaris & K bergerak di bidang videotron dan konten iklan dinamis lainnya. Iklan-iklan mereka pun sering terpasang di tempat-tempat umum terbuka seperti toko, jalan raya, airport, dan halte bus.

Di sini, Anda pastinya bisa mendapatkan pengalaman beriklan terbaik dengan harga terjangkau dibandingkan yang lain. Tertarik? Kunjungi web mereka di: https://jarisnk.com

8. Otram Media

Otram Media sudah bergerak dari 2017 dan masih eksis sampai sekarang menyediakan layanan DOOH. Uniknya, Otram menerima layanan komersial dan juga non-profit dengan fasilitas hi-tech berkualitas tinggi yang sama bagusnya.

Yuk coba hubungi Otram Media untuk mengetahui lebih lanjut seputar layanan mereka di: https://getcraft.com/otram

9. MING LED

Perusahaan MING LED yang terkenal dengan icon bebek kuning ini telah 19 tahun melayani jasa OOH ads mulai dari retailer ads, videotron DOOH dan juga LED banner.

MING LED melayani periklanan khusus untuk brand yang berkaitan dengan lifestyle dan entertainment. Kunjungi web mereka sekarang di www.mingpromo.com untuk mendapatkan diskon harga khusus DOOH sekarang juga!

10. OMG Indonesia

Rekomendasi agensi DOOH terakhir adalah OMG Indonesia yang bekerja sama dengan Lemma untuk menghadirkan project programmatic DOOH. OMG Indonesia menyebarkan iklan DOOH mereka pada layar apikasi Kudo POS di ratusan UMKM se-Indonesia.

Iklan yang ditampilkan sengaja dibuat dalam bentuk video dan disematkan pada aplikasi agar strategis, mudah dilihat oleh semua orang tanpa terkecuali. Jadi, iklan brand Anda dapat ditonton oleh sebanyak mungkin calon konsumen target bisnis.

Kalau Anda tertarik beriklan di OMG Indonesia, yuk coba kunjungi website resmi mereka di www.omg-indo.com.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang jasa layanan iklan outdoor digital alias DOOH. Menarik dan lengkap sekali bukan pembahasan kali ini?

Terima kasih sudah menyimak artikel sampai di sini, semoga ilmu yang disajikan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membaca lebih banyak artikel menarik, informatif dan seru lainnya seputar dunia marketing digital dari Markey! Sayonara!

Apakah App Store Optimization Bermanfaat untuk Pemasar Seluler?

0
app store optimization

Pengoptimalan toko aplikasi atau App Store Optimization (ASO) menjadi sesuatu yang sering diabaikan oleh banyak pengembang dan pemasar aplikasi.

Biasanya setelah tahap pengembangan awal selesai dan aplikasi telah diunggah ke semua app store, pemasar cenderung menaruh fokus mereka pada teknik pemasaran lainnya.

Contohnya seperti blogging, media sosial, iklan berbayar, dan cara lain yang memungkinkan mereka untuk mengarahkan calon pelanggan ke halaman app store optimization yang dimiliki.

Memang betul semua cara di atas bekerja dengan sangat efektif bagi bisnis Anda, tetapi pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa dari semua kerja keras yang telah dilakukan dalam memunculkan aplikasi di hadapan pelanggan, kemungkinan nantinya akan menjadi dampak buruk yang membuat mereka memilih untuk tidak melanjutkan atau mengunduh aplikasi Anda?

Itu semua adalah faktor-faktor yang mempengaruhi ASO Anda dan menjadi tahap terakhir dari saluran pemasaran aplikasi yang tentunya menjadi hal yang paling penting.

Jika Anda memiliki keinginan untuk meningkatkan visibilitas aplikasi Anda kepada pengguna secara relevan di app store dan menghasilkan peningkatan unduhan, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk teknik pemasaran maka ASO menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

Mengapa App Store Optimization Menjadi Strategi Pemasaran yang Penting?

app-store-optimization-1

Saat ini lebih dari 2 juta aplikasi yang tersedia di app store utama, dan untuk menghadirkan aplikasi Anda di hadapan pengguna yang tepat di tengah kompetisi yang ketat ini menjadi salah satu masalah besar yang harus Anda hadapi.

Nyatanya saat ini sebagian besar pemilik aplikasi belum melakukan investasi dalam app store optimization. Sungguh sangat disayangkan, karena mereka bisa saja kehilangan peluang besar untuk aplikasi yang mereka miliki.

Berdasarkan penelitian dari Forrester, sebanyak 63% aplikasi berhasil dijangkau penggunanya melalui pencarian. Hal tersebut membuat pencarian di app store menjadi metode umum yang paling sering digunakan untuk menemukan aplikasi dan kemudian mengunduhnya.

Terakhir kali Ankit Jain di Google I/O melaporkan bahwa rata rata kegiatan pencarian di app store akan di akhiri dengan menginstal aplikasi.

Jika halaman app store Anda tidak dioptimalkan dengan baik maka halaman tersebut akan gagal muncul di dalam pencarian yang relevan dan sebagai hasilnya Anda akan kehilangan ratusan hingga ribuan potensi unduhan pengguna.

Namun Anda bisa meluangkan waktu dan upaya dalam satu minggu untuk meningkatkan dan memperbarui app store Anda yang nantinya akan memungkinkan Anda menuai keuntungan dalam jangka waktu panjang, dan membuat unduhan organik tetap masuk.

Sementara itu, Brittany Armor dari Clearbridge Mobile memaparkan app store optimization akan membantu Anda untuk memastikan aplikasi Anda terlihat di App Store dan juga akan membantu memperkuat upaya pemasaran Anda yang lain.

Dari penjelasan di atas tentu sudah jelas manfaat app store optimization  bagi bisnis Anda.  App Store Optimization akan membantu Anda mengembangkan bisnis tanpa perlu mengeluarkan uang.

Apa yang di Maksud dengan ASO?

App store optimization merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengoptimalisasikan aplikasi mobile agar mendapatkan peringkat pada hasil pencarian. Nantinya jika semakin tinggi peringkat aplikasi Anda di hasil penelusuran App Store, maka akan semakin terlihat pula aplikasi tersebut oleh calon pelanggan.

Tujuan utama dari app store optimization sebenarnya adalah untuk memegang kendali agar lalu lintas pengunjung di app store tertuju tepat pada halaman sebuah aplikasi mobile, sehingga nantinya pengunjung dapat mengambil tindakan yang spesifik, seperti mengunduh aplikasi tersebut.

Sebetulnya cara kerja ASO sama dengan cara kerja SEO. Jika SEO bekerja untuk mendapatkan peringkat di Google atau mesin pencari internet lainnya, maka ASO bekerja untuk mendapatkan peringkat di app store.

Pada app store saat akan memutuskan aplikasi mana yang akan muncul pertama kali dalam hasil pencarian mereka, tentu ada beberapa indikator penting yang menjadi pertimbangan mereka, seperti kata kunci aplikasi, pengunaan aplikasi, unduhan aplikasi, pencopotan pemasangan, dan ulasan yang diberikan oleh pengguna pada aplikasi tersebut.

Secara sederhana, ASO terlibat secara terus menerus mengubah dan memperbarui halaman apikasi Anda di semua app store sehingga memastikannya mendapatkan peringkat setinggi mungkin dan dapat dilihat oleh semua orang.

Mekanisme ASO Seperti Apa?

Mekanisme ASO terbagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor utama dan faktor sekunder. Faktor utama meliputi judul dan kata kunci.

Alangkah baiknya jika judul yang akan Anda gunakan terselip pula kata kunci yang telah Anda pilih. Sebelum itu, pastikan Anda telah memilih kata kunci yang memiliki lalu lintas terpadat.

Sedangkan untuk faktor sekunder terdapat total unduhan serta peringkat dan ulasan. Lakukan berbagai upaya untuk mendorong pengguna memberikan peringkat dan ulasan yang positif terhadap aplikasi Anda.

Apa Sih Manfaat ASO?

app-store-optimization-2

Penginstalan Organik

Ini menjadi salah satu hal terbaik dalam ASO, jika Anda menjalankan strategi dengan baik, maka penginstalan organik Anda akan meningkat dan Anda tidak akan mengeluarkan biaya sama sekali.

Setelah selesai dioptimalkan, aplikasi Anda akan mulai memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk hasil pencarian yang berbeda, meningkatkan visibilitas Anda dan meningkatkan unduhan organik Anda sambil menekan biaya akuisisi.

Menampilkan Aplikasi Dihadapan Pengguna yang Relevan

Tidak ada gunanya membuat aplikasi Anda dilihat oleh banyak orang yang bahkan tidak mencarinya, maka di sinilah peran ASO dibutuhkan. Jika Anda menggunakan kata kunci yang tidak sama dengan yang digunakan oleh pengguna target Anda atau deskripsi aplikasi.

Anda tidak menjelaskan dengan baik apa kegunaan aplikasi Anda, atau bahkan Anda memilih kategori yang salah, tentu akan mengurangi peluang aplikasi Anda muncul di depan pengguna yang tepat.

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar aplikasi Anda dapat muncul di halaman yang relevan. Pastikan seluruh indikator tersebut sesuai dengan aplikasi yang Anda miliki.

Peningkatan Pendapatan

Jika Anda ingin meningkatkan pendapatan dengan cara memonetisasi aplikasi Anda dengan cara apa pun, seperti iklan, langganan, pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain, maka ASO akan menguntungkan Anda. Pendapatan akan meningkat yang mana bersumber dari semua unduhan tambahan aplikasi yang Anda terima.

Stabilitas

Dengan adanya unduhan tambahan dan peningkatan pendapatan pada aplikasi tentu akan memberikan masa depan yang jauh lebih stabil pada aplikasi Anda. Namun bagaimana dengan cara mengeluarkan seluruh anggaran ke dalam teknik pemasaran berbayar? Langkah tersebut terbukti mampu memberikan banyak pengguna baru.

Ya betul, tetapi itu bukanlah perbaikan dalam jangka waktu panjang. Nanti setelah unduhan aplikasi Anda melambat, Anda mungkin akan berpikir untuk menaikkan anggaran pemasaran lebih lanjut, dan fase seperti itu akan terus berlanjut.

Nyatanya pilihan tersebut tidak selalu menjadi opsi yang menguntungkan, bahkan sebaliknya anggaran bisnis Anda akan semakin berkurang hanya untuk meningkatkan pemasaran lebih lanjut.

Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan upaya terus menerus dan dengan penyesuaian berkala pada laman app store Anda, sehingga membuat unduhan organik terus datang secara konsisten dari waktu ke waktu dengan meningkatkan atau mempertahankan peringkat Anda di penelusuran app store.

Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ !

Funding Stage Perusahaan Startup Beserta Putaran Pendanaannya

0
funding stage

Di zaman sekarang ini, banyak kaum muda, khususnya kaum millennial menganggap bahwa startup lebih keren dibandingkan perusahaan konvensional.

Bisa dikarenakan teknologi-nya, inovasi-nya atau mungkin karena ide keren-nya, yang berguna untuk banyak orang.

Sebelum kamu memutuskan membangun sebuah perusahaan startup, ada banyak istilah yang harus kamu pahami dalam membangunnya.

Dan pendanaan startup adalah salah satunya!

Berikut ini akan diulas mengenai funding stage perusahaan startup, putaran pendanaan, juga valuasi startup!

Selamat membaca!

Fundraising

Secara sederhana, fundraising adalah proses penggalangan dana.

Dana dalam startup dipergunakan untuk menambah sumber daya guna mengakselerasi bisnis, sebagai contoh, untuk meningkatkan jumlah pengguna, angka penjualan, bahkan kehadiran di wilayah baru. Pada umumnya dilakukan setelah startup mendapatkan traction atau traksi yang meyakinkan.

Traksi (traction) pada dasarnya adalah pelanggan yang menggunakan produk startup secara berulang-ulang. Bentuknya pun bermacam-macam.

Sebagai contoh, traksi untuk aplikasi pesan antar makanan adalah jumlah active member dan mitra merchant, traksi  untuk aplikasi media daring adalah jumlah kunjungan harian dan bulanan, dan banyak lagi contoh traksi lainnya.

Funding Stage

Dalam perusahaan startup terdapat berbagai macam istilah pendanaan, sebagai contoh, Series A, Series B, Series C, dan sebagainya.

Sebenarnya istilah ini adalah tahapan pendanaan (funding stage) dalam perusahaan startup.

Dan pada umumnya diberikan oleh investor-investor startup.

funding-stage-1

Adapun funding stage dalam startup adalah sebagai berikut.

Pendanaan Awal (Seed Funding atau Pre-Seed)

Seed funding adalah official equity funding stage yang pertama, atau secara lebih lengkapnya merupakan pendanaan tahap awal dengan jenis pendanaan berbasis ekuitas. Seorang investor menginvestasikan uangnya ke dalam sebuah startup, sebagai pertukaran dengan saham ekuitas dengan startup tersebut.

Seed funding membantu startup untuk membiayai langkah awal mereka, kemudian hal-hal penting lainnya seperti market research dan product development. Melalui seed funding juga sebuah startup dapat menentukan bagaimana final product-nya dan siapa target demographic-nya. Tim-tim startup awal pun bersemangat menyelesaikan tugas penting ini dikarenakan seed funding.

Ada banyak potensial investor untuk tahapan seed funding, mulai dari founders, teman, keluarga, inkubator, venture capital company, dan sebagainya.

Salah satu dari tipe investor yang paling umum berpartisipasi dalam seed funding stage disebut angel investor. Dan angel investor cenderung lebih menghargai riskier ventures, yaitu perusahaan yang berani mengambil resiko atau yang jauh lebih berbahaya.

Asalkan paham pertantang gunaannya dimana.

Sebagai contoh, startup dengan track record yang masih kecil, alias masih pemula.

Kebanyakan investor berani memberikan nilai antara $3 juta dollar dan $6 juta dollar.

Series A Funding

Begitu sebuah startup sudah mengembangkan sebuah track record¸ seperti user base yang mumpuni, angka pendapatan yang konsisten, atau beberapa indikator key performance lainnya, sebuah startup mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengambil Series A Funding, untuk mengoptimalkan lebih lanjut user base dan product offering-nya.

Di funding stage ini, adalah penting bagi sebuah startup untuk memiliki business plan yang bagus, demi mengembangkan model bisnis yang dapat membangkitkan long-term profit.

Investor di Series A Funding stage, tidak hanya mencari great ideas. Mereka mencari startup dengan great idea tetapi juga memiliki strategi bisnis yang bagus, untuk mengubah ide menjadi sebuah bisnis yang sukses juga money-making.

Di tahap ini juga, adalah hal yang biasa bagi investor untuk ikut serta mengambil bagian yang lebih political dalam sebuah startup. Investor di tahap ini juga melayani sebagai seorang “Anchor”, alias investor yang paling menjibakukan.

Jadi, adalah hal yang biasa bagi beberapa venture capital firm untuk lebih sukses dibandingkan yang lain.

Angel investor juga berinvestasi di tahap ini, tetapi mereka cenderung memiliki lebih sedikit pengaruh  dibandingkan di seed funding stage.

Pada dasarnya, Series A funding stage menginvestasikan, kira-kira, antara $ 2 juta dollar hingga $ 15 juta dollar, tetapi angka ini biasanya terus melonjak dikarenakan valuasi high tech industry, atau dikarenakan perusahaan unicorn.

Kemudian, rata-rata pendanaan Series A di tahun 2020 adalah $15.6 juta.

Benchmark Capital, Accel Partners, Greylock, dan banyak investor lainnya merupakan contoh venture capital firm tradisional yang berpartisipasi dalam Series A Funding.

Series B Funding

Series B Funding adalah pendanaan yang membawa suatu bisnis startup ke level selanjutnya.

Startup yang sudah melewati seed funding dan Series A Funding sudah pasti telah mengembangkan user bases yang lebih substantial dan telah membuktikan kepada investor bahwa mereka telah siap untuk sukses di skala yang lebih besar.

Investor di tahap selanjutnya, yakni di Series B Funding membantu sebuah startup melewati suatu development stage dengan cara memperluas market reach.

Series B Funding terlihat mirip dengan Series A Funding, dalam hal proses juga key players. Series B Funding seringkali dipimpin oleh banyak karakter investor yang sama, sebagaimana dalam Series A Funding, termasuk dalam hal key anchor investor yang dapat membantu menarik investor lainnya.

Perbedaan antara Series A Funding dengan Series B Funding hanyalah tambahan   venture capital firms lain yang berspesialisasi dalam hal later-stage investing.

Rata-rata estimasi modal ditawarkan dalam Series B Funding adalah $33 juta dollar. Perusahaan yang menjalankan Series B Funding adalah well-estabilished, dan valuasi mereka cenderung merefleksikan, bahwa mayoritas perusahaan dengan pendanaan Series B Funding memiliki valuasi antara sekitar $30 juta dollar dan $60 juta dollar, dengan rata-rata $58 juta dollar.

Series C Funding

Startup yang berhasil mendapatkan Series C Funding session berarti sudah cukup sukses.

Startup-startup yang berhasil meraih Series C Funding ini tentunya memiliki tujuan tertentu, sebagai contoh, mengembangkan new product, memperluas hingga ke new market, atau bahkan mengakuisi perusahaan-perusahaan lain.

Sementara, di sisi investor sendiri, Series C Funding adalah sebagai usahanya untuk mendapatkan harga lebih dari dua kali lipat.

Jadi, pada intinya pendanaan Series C berfokus untuk scaling up perusahaan, secepat dan sesukses mungkin.

Pada umumnya, mayoritas perusahaan akan mengakhiri pendanaan modal dari pihak luar-nya dengan pendanaan Series C. Namun, beberapa perusahaan dapat melanjutkan ke pendanaan series D, dan bahkan Series E juga.

Meskipun begitu, perusahaan yang berhasil meraih ratusan juta dollar hanya melalui pendanaan Series C, tetap mempersiapkan diri untuk melanjutkan pengembangan hingga ke skala yang lebih global.

Banyak perusahaan memanfaatkan Series C Funding untuk membantu mendorong valuasi mereka sebagai antisipasi untuk IPO.

Di titik ini, perusahaan lebih sering menikmati valuasi di area $118 juta dollar, meskipun beberapa perusahaan yang melanjutkan ke pendanaan Series C mungkin sudah memiliki valuasi yang lebih tinggi lagi dibandingkan itu.

Funding Stage Lainnya

Sebenarnya selain tahapan startup yang dipaparkan sebelumnya, terdapat beberapa tahapan lain, seperti funding stage Series F dan G.

Tentunya tahapan-tahapan tersebut memiliki suntikan dana yang lebih besar. Dan juga untuk mendapatkannya tentunya membutuhkan persiapan yang lebih matang agar investor tertarik dengan value core sebuah startup.

Perusahaan-perusahaan startup seperti Gojek, Tokopedia dan Bukalapak, sudah menikmati pendanaan series ini.

Sebagai contoh, Gojek berhasil mendapatkan dana $930 juta dollar dari Tencents Holding, Google, dan JD.com.

Bootstrapping

Dalam startup, terdapat pendanaan jenis lainnya, diluar pendanaan  investor startup seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Yaitu pendanaan yang dilakukan sendiri oleh pengusaha startup (melalui uang pribadi, tabungan, dsb), atau biasa dikenal dengan bootstrapping.

Mekanisme bootstrapping merupakan mekanisme paling populer ketika sebuah startup baru diluncurkan. Kemenangan startup dalam suatu perlombaan atau penghargaan, alias grant, juga dimasukkan dalam kategori bootstrapping ini.

Putaran Pendanaan Startup

Istilah putaran pendanaan lekat dengan pendanaan dalam startup.

Putaran dana menggambarkan jenis investor yang cocok dengan tahapan pendanaan. Dan setiap putaran pendanaan startup memiliki target nilai tertentu.

Sebagai contoh, untuk pendanaan Series F-nya, startup Gojek menargetkan nilai hingga $3 milliar dollar.

Dengan target ini tentunya Gojek harus dapat melonjakkan bisnisnya kemudian menciptakan sebuah pitch deck menarik yang dapat merepresentasikan seluruh core value bisnisnya kepada para investor.

Putaran pendanaan umumnya didasarkan pada jenis investor namun sebagian putaran pendanaan ini juga dapat dikorelasikan dengan kategori pendanaan berdasarkan tahapannya.

  • Angel Round

Pendanaan putaran ini diberikan oleh teman, keluarga, rekanan, inkubator, investor individu, atau kelompok investor individu, dalam jumlah kecil di awal pendirian startup. Namun konsep Angel Round ini juga dapat dijadikan sebagai konsep pre-seed-funding.

  • Corporate Round

Pendanaan putaran ini merupakan jenis pendanaan yang diberikan oleh suatu perusahaan atau korporasi kepada startup. Dan pendanaan putaran dapat dilakukan dari tahap mana saja, dengan tujuan untuk membangun kemitraan strategis.

  • Venture Round

Pendanaan putaran ini diberikan oleh pemodal ventura (venture capital) untuk tahap lanjut. Istilah Venture Round umumnya ditemukan jika antara startup dan investor belum menemukan kesepakatan apakah suatu investasi masuk ke dalam Series A, B, C, atau lainnya.

  • Private Equity Round

Pendanaan putaran ini didapatkan dari private equity, yaitu perusahaan investasi yang mengumpulkan dana dari perusahaan atau pihak-pihak tertentu. Pada umumnya pendanaan ini masuk ke dalam tahap funding stage lanjut dengan nilai yang sangat besar.

  • Debt Funding (Debt Financing)

Pinjaman dana modal yang diberikan dalam convertible notes untuk sebuah startup yang berada di tingkat lanjut. Pada jangka waktu tertentu, dana bisa dikembalikan bersama dengan perjanjian bunga yang telah disepakati, atau bisa juga dikonversi menjadi sebuah kepemilikan saham.

  • Growth Fund

    funding-stage-2

Growth Fund adalah pendanaan tahap lanjutan yang diberikan oleh investor untuk mengakselerasi sebuah bisnis yang sudah mapan, biasanya untuk pendanaan Series A ke atas.

Sebagaimana bisnis menjadi kurang beresiko, investor-investor pun berdatangan untuk ikut ‘bermain’ di bisnis startup.

Sebagai contoh, di tahap pendanaan Series C, grup-grup seperti hedge funds, investment banks, private equity firms, dan large secondary market groups, tergabung dalam investor-investor seperti yang dipaparkan sebelumnya.

Investor-investor ini dapat berinvestasi dengan angka yang signifikan ke dalam sebuah startup yang sudah bekerja keras untuk mengamankan posisi mereka sebagai business leader.

Investor-investor ini tergabung sebagai investor-investor startup, tetapi terbagi-bagi dalam putaran pendanaan yang berbeda.

Khusus untuk perusahaan-perusahaan startup yang sudah membuktikan dirinya sendiri!

Valuasi Startup: “Kalau Startup-Mu Dijual, Harganya Berapa?”

funding-stage-3

“Kalau startup-mu dijual, harganya berapa?”

Pertanyaan ini merupakan definisi sederhana dari valuasi startup.

Nilai dari sebuah startup tentunya merupakan hal yang penting untuk diketahui, terlebih lagi jika sebuah perusahaan startup ingin membuka gerbang investasi dengan pihak luar. Nilai ini bermanfaat untuk menentukan seberapa besar ekuitas yang dapat diberikan kepada calon investor mereka. Dan biasanya dibicarakan selama proses pitch deck.

Dalam dunia bisnis, proses valuasi terjadi pada perusahaan konvensional maupun perusahaan startup.

Dan perhitungan valuasi startup digital tentunya juga berbeda dengan perhitungan valuasi perusahaan konvensional.

Dalam bisnis yang bersifat konvensional, variabelnya sudah jelas.

Pada umumnya terdiri dari penjumlahan nilai kapitalisasi pasar (bagi startup yang sudah menyentuh IPO), omset perusahaan yang berasal dari transaksi, uang tunai yang berasal dari keuntungan, saham perusahaan (apabila perusahaan targabung dalam suatu private equity, atau berinvestasi ke perusahaan lain), kemudian dikurangi dengan utang.

Namun pendekatan startup berkaitan dengan valuasi sangatlah berbeda, karena valuasi startup harus dihitung, bahkan sebelum sebuah startup menghasilkan keuntungan.

Perhitungan valuasi startup terbagi menjadi dua macam, pre-money (sebelum mendapatkan pendanaan) dan post-money (sesudah mendapatkan pendanaan).

Sebelum mendapatkan pendanaan, ada banyak sekali variabel yang menjadi penentu dalam perhitungannya, seperti nilai perputaran transaksi bisnis, traksi alias pengguna layanan, tim startup, produk yang dikembangkan, bahkan hingga ke faktor-faktor eksternal seperti potensi pasar dan kompetitor.

Mengkonversi variabel-variabel tersebut menjadi nominal mata uang, alias monetisasi, merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Dikarenakan tidak bisa satu arah alias, hanya founder startup-nya saja yang menentukan.

Investor pun ikut berpartisipasi, ia akan melihat dan melakukan kalkulasi.

Antara keduanya mengandalkan kesepakatan untuk mencapai angka yang disetujui.

Berbeda dengan post money, yang sudah memiliki nilai valuasi sebelum pendanaan, karena sudah mendapatkan dana untuk membentuk nilai valuasinya sendiri.

Perhitungan sesaat setelah mendapatkan status post-money, perhitungannya menjadi lebih mudah. Kesepakatan antara pemilik startup dengan investor berkaitan dengan nilai saham yang sanggup diberikan oleh pemilik startup.

Dalam perhitungan valuasi startup pun terdapat jenis perhitungan yang mulai populer, seperti Discounted Cash Flow, Comparable, Venture Capital Methode, dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai funding stage dalam perusahaan startup, beserta istilah-istilah lainnya, seperti putaran pendanaan dan valuasi startup, yang tentunya dapat menjadi informasi penting bagi para calon pengusaha startup.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya dari Markey!

UX Writer adalah : Ini Tugas yang Harus Anda Pahami

0
ux writer adalah

Kehadiran teknologi dan perkembangan pesat dunia bisnis online rupanya tak hanya sekadar memajukan perekonomian global, tetapi juga melahirkan sebuah profesi baru bernama UX writer. UX writer adalah profesi yang memang masih tergolong baru, berbeda halnya dengan UI/UX desainer.

Kali ini, kata ‘UX’ untuk pertama kalinya tidak bersanding dengan rekannya, ‘UI’, UX writer adalah posisi yang banyak ditemukan pada perusahaan berbasis digital, khususnya yang memasarkan produknya memakai aplikasi.

Profesi ini juga tidak main-main dari segi gaji. UX writer gaji bisa dimulai dari kisaran 6 juta rupiah per bulannya. Sementara UX writer gaji tertinggi bisa mencapai 15 juta per bulan atau 150 juta rupiah per tahun. Fantastis! Tak mengherankan mulai banyak orang tertarik mencoba terjun ke profesi ini karena gaji yang tinggi.

Namun apakah UX writer sama dengan tipe-tipe pekerjaan menulis lainnya: copywriting dan content writing? Jika dilihat dari UX writer job description alias tugas kerja dari seorang UX writer, Anda akan menemukan garis-garis perbedaan antara UX writer, copywriting dan content writing. Apa sajakah perbedaan tersebut?

Daripada berlama-lama penasaran, mari kita simak artikel edisi kali ini seputar UX writer job description! Ada juga tips dan trik khusus terkait cara mengawali karir sebagai seorang UX writer. Selamat membaca.

Mengenal UX Writer, Gabungan Copywriter dan Content Writer

ux writer adalah

UX writer adalah profesi yang baru. Lebih tepatnya, kemunculan profesi UX writer adalah ketika banyak perusahaan bergerak di dunia bisnis digital dan memasarkan produk melalui aplikasi. Beberapa nama perusahaan di Indonesia yang diketahui mempunyai lowongan kerja UX writer adalah GoJek, Grab, serta sederetan e-commerce raksasa Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Mungkin sampai di sini Anda masih bertanya-tanya apa itu UX writer? UX writer adalah pekerjaan membuat tulisan yang singkat, padat, dan jelas tentang aplikasi tersebut memakai kumpulan pengalaman user (user experience atau ‘UX’).

Seorang UX writer dituntut untuk mampu menumbuhkan perasaan dan pengalaman positif dari pemakaian produk atau jasa dalam benak konsumen melalui tulisan-tulisannya. Sehingga, konten produk akan ‘menyatu’ menjadi satu-kesatuan antara foto, video, dan deskripsi produk.

Tugas utama dari seorang UX writer adalah menghubungkan konsumen dengan produk atau layanan jasa dari perusahaan. Para UX writer selalu bermain dengan perasaan dan empati konsumen, sehingga ia dapat memunculkan suatu ‘emosi kedekatan’ antara konsumen dan brand.

Dengan begini, konsumen tidak akan memandang aplikasi sebagai sekedar mesin biasa, melainkan menjadikannya semacam ‘partner’ alat bantu.

Pada prakteknya, seorang UX writer akan bekerja dengan desainer produk dan manajer produk untuk lebih mudah memahami seperti apa cara kerja aplikasi, tujuan pembuatan aplikasi, solusi yang dihadirkan aplikasi, dan seterusnya.

Setelah mendapatkan gambaran yang lengkap, UX writer kini bisa bekerja menulis menciptakan semacam pedoman yang mempermudah user saat menggunakan aplikasi.

Semisal pada aplikasi GoJek, Anda akan menemukan kalimat notifikasi, pedoman pemakaian, dan newsletter yang selalu memakai gaya bahasa santai sehari-hari. Trik ini sengaja dilakukan oleh pihak GoJek agar para konsumennya merasa dekat dengan brand mereka.

Diharapkan konsumen dapat merasa seperti ‘sedang mengobrol dengan teman sendiri’ ketika mereka membaca aneka notifikasi dan penawaran dari GoJek. Sehingga, mereka tidak akan merasa bosan menerima notifikasi penawaran dari GoJek.

Ada pula yang mendefinisikan UX writer adalah gabungan skill dari copywriting dan content writing  dan memang bisa dibilang bahwa hal ini benar adanya. Skill content writing mampu melahirkan konten-konten tulisan informatif berkualitas dipadukan dengan skill promosi persuasif ala copywriting.

Gabungan kedua taktik penulisan ini tak lain akan menghasilkan 1 konten tulisan singkat, informatif, dan persuasif khas gaya kepenulisan UX writer. Masih belum melihat perbedaan antara seorang UX writer dan copywriter? Jangan khawatir. Yuk lanjutkan scrolling ke pembahasan selanjutnya untuk mengetahui perbedaan UX writer dan copywriter!

UX Writer VS Copywriter : Serupa Tapi Tak Sama

ux-writer

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, UX writer adalah profesi yang berbeda dibandingkan copywriter. Meski sama-sama berkecimpung di dunia kepenulisan untuk marketing, ada perbedaan teknik menulis dan tujuan dari UX writer dan copywriter. Apa sajakah perbedaan tersebut?

Agar tidak salah berasumsi, berikut ini adalah 3 perbedaan utama dari UX writer dan copywriter:

Tujuan Kepenulisan

Seorang UX writer menulis untuk membantu user agar dapat lebih mudah saat memakai produk  atau jasa yang ditawarkan brand. Tulisan-tulisan dari UX writer hadir untuk menciptakan kesan agar aplikasi terasa sebagai ‘asisten pribadi’ atau ‘teman dekat’ bagi user.

Sementara copywriter bekerja secara persuasif memengaruhi konsumen untuk memakai produk atau jasa. Orientasi kerja copywriter lebih condong kepada taktik periklanan.

Teknik dan Gaya Kepenulisan

Berbeda tujuan, maka berbeda pula teknik dan gaya kepenulisan masing-masing writer. UX writer menciptakan tulisan yang lebih singkat, jelas, padat dan to the point agar mudah dicerna maksudnya oleh user dari beragam kalangan.

Konten-konten UX writer juga bisa melibatkan beraneka ragam desain gambar, infografis dan video untuk mempermudah user memahami maksud dari pesan yang disampaikan.

Sementara copywriter membuat tulisan yang panjang, menyerupai artikel, dan disisipi dengan gaya bahasa persuasif agar calon konsumen teryakinkan untuk memakai jasa dan produk yang ditawarkan.

Trik kepenulisan  ini dikenal juga dengan nama ‘soft selling’. Dalam badan artikel copywriting juga terdapat hal-hal seperti story telling permasalahan yang dialami konsumen dengan tujuan untuk menggiring mereka mencoba produk brand sebagai solusi atas permasalahan.

Cara Bekerja

Seorang UX writer bekerja dalam tim yang melibatkan banyak personel dan divisi seperti IT engineer, desaine, UX researcher, manajer produk, bahkan hingga divisi head of business dari brand.

Diskusi merupakan hal wajib dalam pekerjaan seorang UX writer karena hanya dari sanalah sang penulis bisa mendapatkan gambaran lengkap soal produk untuk ditulis. Sementara copywriter dapat bekerja dalam seorang diri untuk membuat artikel.

Ia hanya perlu mendapatkan sedikit inspirasi dan produk apa yang ingin dipromosikan, kemudian sang copywriter dapat mulai menulis.

Ingin Menjadi UX Writer? Kuasai dulu Skill UX Writer Ini

Bagaimana, apakah sampai di sini Anda tertarik untuk bekerja sebagai seorang UX writer? Sebelum mulai melihat-lihat aneka lowongan kerja UX writer, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu skill wajib dari seorang UX writer berikut ini:

Mampu Membuat Tulisan UX yang Baik

Pertama, seorang UX writer tentu harus mampu membuat tulisan UX yang baik. Ada beberapa kategori penilaian yang bisa menjadikan sebuah tulisan user experience dikatakan baik, yakni:

  • Tulisan to the point, tidak bertele-tele mengingat jumlah karakter teks UX writing sangat terbatas.
  • Mampu menyesuaikan dengan gaya bacaan yang ingin dibaca oleh user, semisal gaya bahasa yang santai, formal, sopan, dan seterusnya.
  • Tulisan mengandung konsistensi gaya khas atau karakter unik milik Anda sendiri.
  • Tulisan tidak menyinggung pihak siapapun, ditulis dengan benar sesuai EYD, dan menggugah rasa ketertarikan user.
  • Mampu mencerminkan simpati dan empati terhadap perasaan user, sehingga user tidak akan merasa seperti sedang membaca sebuah label produk brand secara khusus.

Open Minded dan Selalu Penasaran

Seorang UX writer juga harus bersikap open minded dan selalu penasaran akan perkembangan dunia luar. Untuk bisa lebih mudah menumbuhkan empati terhadap masyarakat, Anda tentunya harus sering-sering mengikuti perkembangan berita dan isu di masyarakat.

Bukalah pikiran seluas-luasnya, tanamkan rasa ingin tahu, serta sering-seringlah mengikuti perkembangan trend dan berita di masyarakat seperti dengan mengamati media sosial.

Menguasai Basic Technology

UX writer adalah pekerjaan yang erat dengan dunia digital, jadi, sudah barang tentu bagi Anda untuk mampu menguasai basic technology (teknologi mendasar) khususnya teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan menulis Anda.

Anda bisa mempelajari cara penggunaan sejumlah aplikasi seperti Google Docs, prototyping tools, Trello, dan lain sebagainya.

Bisa Memahami Cara Kerja Brand dan User

Selain mampu bekerja dengan tim internal, seorang UX writer juga dituntut untuk bisa memahami cara kerja atau  pikiran dari user saat berhadapan dengan produk. Pertama-tama, tentunya seorang UX writer harus memahami seperti apa cara kerja dari produk perusahaannya. Kemudian, setelah memahami cara kerja produk, sang UX writer akan mencoba memahami produk dari sisi user.

Dengan mengerti seperti apa pola pikir yang mungkin muncul dalam benak user, sang penulis dapat dengan lebih mudah menemukan kendala yang mungkin dihadapi user. Alhasil, ia pun dapat menghubungkan fasilitas dari brand dengan kebutuhan atau kendala user, sehingga menghasilkan sebuah konten yang utuh.

Mampu Menjalankan Riset

Skill terakhir yang harus dikuasai oleh seorang UX writer adalah mampu menjalankan riset. Ya, inilah beban kerja yang paling membedakan seorang UX writer dengan copywriter. Sebelum menulis, seorang UX writer perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk  mendapatkan data dan jawaban atas beberapa pertanyaan seperti:

  • Keyword / kata kunci yang paling pas untuk menggambarkan produk.
  • Review dan testimonial dari user (user experiences).
  • Tipe konsumen sasaran.
  • Data-data minat, trend dan kebutuhan konsumen di pasar target saat ini.

Riset ini juga bermanfaat untuk penulis memperoleh feedback apakah teks sudah mampu menghasilkan user experience yang baik dan efektif. Beberapa model testing yang bisa Anda lakukan saat bekerja sebagai seorang UX writer antara lain: A/B testing, user interview (wawancara), dan persona test.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang UX writer job description. Semoga setelah membaca ulasan lengkap UX writer di atas, Anda bisa semakin siap sebelum mulai berburu lowongan kerja UX writer. Jangan menyerah dan terus semangat mengejar cita-cita menjadi seorang UX writer, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya dari Markey!

Tips dan Trik Jitu Berbisnis Pakaian Tie Dye | Inspirasi Olshop Milenial

2
online-shop

Ingin buka bisnis online tapi tidak tahu mau jualan apa? Daripada jualan produk-produk yang sudah lama, mainstream dan tidak nge-trend lagi, yuk coba ambil paket usaha tie dye!

Nama bisnis tie dye adalah topik yang sedang trend belakangan ini di kalangan warganet. Berawal dari temuan ide kreasi teknik tie dye pada baju bekas sehingga menghasilkan pakaian bermotif ‘corak bercak-bercak’ unik warna-warni, akhirnya banyak pebisnis melihat paket usaha tie dye sebagai sebuah peluang usaha yang baik.

Viralnya bisnis tie dye menjadi paket usaha yang murah meriah sekaligus menguntungkan di kala pandemi Covid-19. Usaha baju tie dye dapat dimulai dengan modal murah meriah Rp30.000 sampai Rp50.000 dan skill teknik tie dye saja.

Selanjutnya, Anda bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda! Bahkan ada pebisnis usaha baju tie dye yang berhasil meraup omzet hingga 21 juta per bulannya.

Yuk jangan sampai ketinggalan! Mari cari tahu lebih lengkap bagaimana tips dan trik mengembangkan olshop paket usaha tie dye pada artikel edisi kali ini dari Markey. Selamat membaca!

6 Trik Jitu Berbisnis Tie Dye | Calon Pengusaha Wajib Tahu

tie-dye-fashion-1

Pernahkah Anda mendengar perkataan ‘bisnis fashion tidak ada matinya’ ? Tahukah Anda, bahwa ungkapan tersebut bukan hanya sekadar ungkapan. Dari tahun ke tahun, banyak pengamat bisnis dan hasil penelitian membuktikan bahwa keuntungan dari usaha baju atau industri fashion memang selalu bertambah besar dari tahun ke tahun.

Termasuk di e-commerce sekalipun, kategori busana dan fashion masih sering menduduki peringkat teratas pada kolom penjualan terlaris. Bisnis fashion adalah usaha tahan lama dan paling menguntungkan sebab sifat industrinya yang selalu berkembang menciptakan aneka baju-baju yang unik dan bagus untuk dikenakan. Di samping itu, pakaian merupakan salah satu dari kebutuhan primer manusia.

Kaos tie dye adalah salah satu inovasi baru dalam dunia fashion. Teknik tie dye baru-baru ini viral selama masa pandemi Corona dengan mengikat baju menjadi beberapa bagian, kemudian mewarnai sejumput area pada kain dengan pewarna sehingga menghasilkan baju batik yang unik.

Namun tak hanya menjadi sebatas kekaguman saja, produk kaos tie dye adalah prospek usaha baru yang menjanjikan di tengah kemerosotan ekonomi di 2020.

Untuk Anda yang juga ingin menjalankan bisnis tie dye, ada sejumlah persiapan dan strategi khusus yang harus Anda ketahui terlebih dahulu agar usaha dapat tetap terus berjalan. Tidak usah cemas, karena di bawah ini kami sudah menyiapkan trik jitu berbisnis tie dye.

Yuk dicatat! Strategi berbisnis tie dye adalah:

Menyiapkan Modal

Keuntungan menjalankan bisnis tie dye adalah produk yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan murah meriah. Anda hanya cukup menyediakan pewarna pakaian, karet gelang atau tali, dan baju yang hendak dijadikan bermotif tie dye. Selebihnya, Anda bisa mempelajari teknik tie dye dari YouTube atau artikel internet.

Produksi rumahan sendiri seperti ini tentunya akan lebih menguntungkan karena bisa lebih hemat modal ketimbang membeli paket bisnis ratusan ribu. Hanya dengan modal kisaran 50 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menjalankan usaha.

Namun jangan lupa untuk memilih bahan baku dengan kualitas terbaik serta terjangkau, ya! Tujuannya tentu agar konsumen merasa puas dengan produk Anda nantinya.

Riset Konsumen

Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan riset konsumen. Mengetahui siapa saja tipe-tipe konsumen tie dye adalah hal yang penting agar Anda bisa memasarkan produk ke sasaran yang tepat dan menciptakan penjualan sebanyak-banyaknya.

Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi riset bisnis online untuk mengetahui siapa saja calon peminat kaos tie dye. Atau, Anda bisa menganalisa kecil-kecilan dengan memerhatikan tipe-tipe pelanggan dari bisnis tie dye lain,  cari tahu apakah yang berminat dengan kaos motif ini adalah para pria, wanita, orang dewasa, remaja atau anak-anak.

Menyusun Harga

Cari tahu berapa harga kaos tie dye di pasaran. Buatlah harga tie dye yang terjangkau tapi tidak sampai menyalahi  harga pasar karena akan membuat persaingan di pasaran mati.

Merumuskan harga kaos tie dye memerlukan pertimbangan matang dari segi produksi, kualitas kain, dan seterusnya agar Anda tidak merugi dan konsumen bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga terjangkau.

Membuat Lapak Jualan

Berikutnya, buatlah lapak jualan online Anda. Lapak jualan akan menjadi platform resmi untuk melakukan  transaksi pembelian kaos tie dye.

Selain itu, konsumen dapat melihat-lihat sendiri katalog baju tie dye yang Anda jual, lengkap dengan rincian foto dan deskripsi produk. Anda bisa membuat lapak jualan di e-commerce atau media sosial khusus bisnis secara gratis.

Menyiapkan Konten Katalog dan Promosi

tie-dye-fashion-2

Tibalah waktunya untuk menyiapkan konten katalog dan promosi! Untuk membuat konten katalog yang akan diunggah ke lapak e-commerce, Anda bisa melakukannya dengan memposting foto produk dan menuliskan deskripsi yang menggugah.

Ada beberapa tips agar konten bisnis Anda dapat menarik perhatian konsumen. Tips memfoto produk kaos tie dye adalah:

  • Memakai background putih agar tampilan produk lebih menonjol.
  • Tampilkan produk dari beberapa sisi / angle agar konsumen bisa melihat secara rinci bagaimana tampilan produk.
  • Menggunakan pencahayaan alami dan tidak memakai filter karena akan membuat produk terlihat jauh berbeda.
  • Memfoto dari jarak dekat agar produk terlihat dengan lebih jelas.

Selain foto, Anda juga harus menyertakan deskripsi agar konsumen bisa mengetahui rincian dari produk. Tips menulis deskripsi untuk produk tie dye adalah menyertakan tipe kain baju, ukuran, model baju (unisex, khusus pria atau khusus wanita) dan rincian ketersediaan warna.

Semakin rinci  deskripsi yang diberikan, maka konsumen dapat mengetahui dengan  lebih pasti seperti apa produk yang ditampilkan. Sehingga mereka tidak akan merasa ‘tertipu’ jika produk yang datang tidak sesuai.

Rajin-Rajin Berpromosi

Setelah semua siap, kini waktunya promosi! Anda bisa melakukan promosi dengan mengunggah produk ke media sosial dengan caption menarik. Sebaiknya, lakukan promosi setiap hari secara teratur agar produk dapat lebih cepat diketahui oleh masyarakat dan tingkat kredibilitas akun toko Anda meningkat.

Ada pula sejumlah strategi promosi yang bisa Anda praktekkan untuk menarik perhatian lebih banyak pembeli seperti memberi diskon, melakukan flash sale, menawarkan gratis ongkir, hingga promo buy 1 get 1.

Namun kalau Anda hendak memberikan diskon, jangan lupa untuk selalu memperhitungkan selisih biaya dan keuntungan yang bisa didapat ya. Jangan sampai Anda memberikan diskon terlalu banyak hingga mencapai kerugian produksi.

Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah platform iklan untuk membantu promosi produk supaya lebih optimal seperti Instagram Ads, Google Ads, dan Facebook Ads.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang usaha baju tie dye. Bagaimana, tertarikkah Anda kini untuk mencoba menjalankan bisnis tie dye?

Terima kasih sudah mengikuti artikel tips dan inspirasi paket usaha baju tie dye dari Markey! Semoga artikel di atas mampu menginspirasi Anda untuk mulai  membuka bisnis, ya. Jangan lupa untuk memperdalam pengetahuan Anda seputar dunia bisnis dengan mengecek lebih banyak artikel informatif berwawasan hanya dari Markey. Sampai jumpa lagi!