Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 66

Inilah Strategi Marketing Klinik Online Terbaik untuk Memaksimalkan Omset

0
strategi-marketing-klinik-kesehatan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengelola bisnis klinik kesehatan online pemula adalah menyamakan metode pengelolaan klinik mereka dengan online shop biasa. Cara ini sangat keliru! Bisnis klinik kesehatan online Anda seharusnya dikelola dengan metode khusus agar mampu menggaet hati dan kepercayaan pasien untuk berobat di tempat Anda.

Anda bisa perhatikan sendiri, dari awal pendiriannya saja, bisnis online shop dan klinik online sudah memiliki tujuan yang berbeda. Bisnis klinik kesehatan online tak hanya hadir untuk memperoleh keuntungan, melainkan memiliki misi mulia untuk mendorong terciptanya pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sementara online shop biasa hanya berfokus untuk memperoleh keuntungan penjualan.

Lantas bagaimana cara mengelola bisnis klinik online yang benar? Tenang saja, kami sudah merangkum secara rinci strategi marketing klinik kesehatan terbaik sebagai cara menarik hati pasien paling ampuh! Dengan pedoman strategi marketing klinik kesehatan ini, dijamin, bisnis klinik kesehatan online Anda akan dengan mudah melesat menjadi pilihan nomor 1 di masyarakat. Yuk langsung saja kita simak cara-caranya!

Inilah 5 Cara Menarik Hati Pasien Terbaik ke Klinik Online Anda

aplikasi-kesehatan

Semua masyarakat tentunya setuju bahwa kebutuhan layanan kesehatan yang baik dan mumpuni sangatlah penting. Inovasi pun terus dilakukan demi meningkatkan kepuasan dan keefektifan layanan kesehatan, salah satunya melalui aplikasi klinik online.

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah tersebut. Aplikasi klinik online adalah alternatif terbaik untuk berobat dari mana dan kapan saja. Dengan aplikasi, Anda tidak perlu repot bertatap muka dengan dokter untuk memperoleh resep obat.

Tak berhenti sampai di situ, kehadiran aplikasi klinik online turut dipandang sebagai peluang usaha baru yang mulia di masyarakat. Selain mendapatkan keuntungan dari pengelolaan klinik, Anda dan tim klinik bisa menolong banyak jiwa yang memerlukan pengobatan cepat dari dokter.

Akan tetapi, masih banyak pengelola klinik online yang tidak tahu betul cara menarik hati pasien dengan baik. Kebanyakan orang memilih mengandalkan kata-kata promosi klinik kesehatan tanpa mengoptimalkan elemen-elemen lainnya. Cara tersebut juga keliru. Daripada meraba-raba, lebih baik langsung coba praktekkan strategi marketing klinik kesehatan terefektif berikut ini:

1. Harga Spesial untuk Pemeriksaan Pertama

Strategi marketing klinik kesehatan pertama adalah memberikan harga spesial untuk pemeriksaan pertama pasien. Anda bisa memberikan voucher gratis atau diskon khusus pengguna baru pada aplikasi klinik. Dijamin, pasien akan langsung memanfaatkan voucher gratis tersebut dengan baik.

2. Menggunakan Metode Komunikasi Langsung dalam Aplikasi

Selanjutnya, pastikan aplikasi klinik Anda memiliki metode komunikasi terpraktis untuk memfasilitasi pasien dan dokter. Biasanya, pelanggan tidak ingin repot berpindah aplikasi hanya untuk mengirim pesan.

Saran kami, sediakan fitur live chat pada aplikasi klinik yang Anda punya. Dengan begini, dokter dan pasien dapat terhubung satu sama lain langsung dalam 1 aplikasi. Jangan lupa untuk menyertakan fitur-fitur komunikasi lainnya seperti telepon atau video call berkualitas baik. Fitur telepon dan video call bisa menjadi opsi paling praktis agar pasien bisa langsung mengomunikasikan penyakitnya ke dokter tanpa repot mengetik.

3. Promosi Teratur dengan Media Sosial

social media

Promosi tetap menjadi kunci sukses strategi marketing klinik kesehatan. Di sini, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi klinik kesehatan untuk menggaet perhatian konsumen. Penggunaan kata-kata promosi klinik kesehatan yang tepat juga masih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan engagement bisnis di internet.

Namun mengandalkan kekuatan kata-kata promosi saja tidak cukup. Anda perlu mempertimbangkan elemen lain yang tak kalah penting seperti platform berpromosi serta strateginya. Untuk platform, Anda bisa memakai media sosial karena praktis, gratis dan memiliki potensi engagement tinggi mengingat semua orang saat ini menggunakan media sosial.

Agar promosi klinik di media sosial semakin efektif, praktekkan juga poin-poin berikut:

Menggunakan SEO Tools

Lakukan promosi klinik yang lebih efektif dan berhasil signifikan dengan memanfaatkan beragam SEO tools. Menggencarkan strategi marketing klinik kesehatan berbasis SEO terbukti memudahkan Google untuk menemukan aplikasi klinik Anda dan menampilkannya di posisi pertama penelusuran user. Dari sini, Anda bisa mendulang lebih banyak traffic, konversi dan engagement bisnis.

Menonjolkan Kelebihan Klinik

Ingat, klinik online memiliki tujuan mulia untuk menolong banyak pasien memperoleh layanan kesehatan terbaik. Jadi saat berpromosi, sebisa mungkin untuk tidak terlalu terfokus pada penjualan layanan/jasa saja. Buatlah daftar keunggulan atau kelebihan dari layanan klinik online Anda, kemudian tonjolkan hal tersebut ke masyarakat.

Sedikit bocoran untuk Anda: konten promosi yang hanya berfokus pada deskripsi produk dinilai sangat tidak menarik oleh konsumen. Konsumen lebih suka jika isi penawaran berfokus pada solusi atau penyelesaian dari masalah yang mereka hadapi.

Melakukan Branding

Terakhir, jangan lupa lakukan branding saat mempromosikan layanan klinik di media sosial. Branding adalah hal yang penting dalam sebuah usaha, termasuk di usaha klinik online sekalipun.

Branding yang positif akan lebih mudah menarik kepercayaan calon konsumen, sebab mereka sudah bisa melihat sendiri kualitas dan nilai pelayanan dari klinik Anda. Begitu juga sebaliknya. Tentunya Anda akan menghindari berobat ke klinik online yang identitas atau reviewnya buruk, bukan?

Kabr gembiranya, melakukan branding secara online bukanlah hal yang sulit. Kami juga menyiapkan tutorial lengkapnya dalam artikel khusus: Cara Memasarkan Produk Online dengan Membuat Branding Online yang Bagus dan Tepat

4. Berikan Kartu Pelanggan (Loyalty Cards)

Saat mendirikan bisnis online di bidang jasa seperti klinik, maka otomatis kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Pelanggan yang selalu puas cenderung akan selalu bertahan menjadi konsumen tetap bisnis Anda. Di sini, kecerdasan dan upaya Anda untuk menjalankan strategi marketing klinik kesehatan akan diuji.

Lalu, bagaimana caranya agar konsumen bisa tetap senang berobat di tempat Anda?

Salah satu strategi marketing klinik kesehatan yang menarik untuk dicoba adalah loyalty cards (kartu loyalitas pelanggan). Anda bisa memberikan loyalty card virtual di aplikasi yang bisa secara otomatis merekam poin bonus yang didapat di setiap aktivitas/transaksi pasien.

Nantinya, pasien bisa memperoleh diskon atau kesempatan check-up gratis ketika poin mereka sudah terkumpul dalam jumlah tertentu. Kombinasi pelayanan terbaik sekaligus tawaran hadiah dijamin ampuh untuk menumbuhkan rasa loyalitas pasien. Silahkan dicoba!

5. Pakai Aplikasi Klinik Berkualitas

online-doctor-2

Terakhir sekaligus terpenting, gunakanlah aplikasi klinik berkualitas untuk mengembangkan usaha. Inilah bedanya klinik online dengan bisnis online biasa. Jika dalam bisnis online biasa Anda bebas memakai aplikasi apa saja, maka klinik online harus dijalankan pada aplikasi khusus untuk klinik.

Aplikasi klinik online terbukti memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal, seperti mengelola jadwal konsultasi pasien dan dokter, menyediakan loyalty cards, terhubung dengan apotek untuk penjualan obat ke pasien, dan masih banyak lagi.

Bahkan, memakai aplikasi klinik online juga akan memudahkan Anda untuk melakukan branding. Pemakaian aplikasi klinik online secara khusus akan otomatis meyakinkan konsumen bahwa layanan Anda memang resmi dan profesional.

Rekomendasi aplikasi klinik terbaik saat ini dari kami adalah Klinik App by Appkey. Klinik App bisa dipakai kapan saja, dimana saja, bahkan oleh pemula yang belum berpengalaman mengelola klinik online. Klinik App adalah aplikasi paling fleksibel di tahun ini sebab berbasis multi-platform (bisa digunakan di iOS maupun Android). Jadi, semua orang bisa mengakses layanan Anda terlepas dari apa jenis gadgetnya.

Beberapa fitur unggulan yang hanya akan Anda dapatkan dari Klinik App antara lain:

Push Notification

Fitur ini akan mengirimkan notifikasi apa saja terkait jadwal konsultasi, ketersediaan dokter, layanan check-up, maupun info diskon terbaru secara real-time ke pasien. Tidak perlu lagi merasa cemas akan ketinggalan informasi.

Loyalty Cards (Stamp Card dan Kupon)

Setiap pasien bisa mendapatkan stamp card di setiap kali mereka melakukan aktivitas transaksi di Klinik App. Kumpulkan sebanyak-banyaknya stamp untuk nanti ditukarkan dengan kupon diskon khusus atau hadiah menarik lain.

Jadwal Konsultasi dan Check-Up

Fitur aplikasi ini akan memudahkan setiap pasien dalam memesan dan mengatur jadwal check-upnya sendiri. Fitur ini juga sudah tersinkronisasi dengan formulir elektronik yang bisa diisi pasien untuk memesan layanan check-up.

Terdapat pula alarm otomatis untuk mengingatkan pasien jika sudah hampir tiba waktunya untuk melakukan konsultasi.

Maps

Jika pasien butuh penanganan lebih lanjut secara tatap muka dengan tim medis, aplikasi Klinik App sudah terintegrasi dengan fitur maps khusus sebagai penunjuk arah otomatis ke lokasi klinik. Pasien tidak perlu repot mencari alamat klinik di GPS manual.

News dan Informasi Perawatan

Terakhir, ada fitur news yang berisi beragam artikel kesehatan menarik untuk dibaca gratis oleh pasien. Artikel-artikel tersebut juga dapat meningkatkan wawasan setiap pengguna Klinik App tentang cara-cara memelihara kesehatan yang benar. Selain itu ada juga fitur informasi perawatan yang memuat deskripsi lengkap layanan jasa yang tersedia untuk pasien, mulai dari identitas dokter, tarif, durasi dan bentuk penanganan masalah.

Klinik App by Appkey terbukti sangat siap untuk memudahkan aktivitas pengelolaan bisnis klinik online Anda, bukan? Yuk dapatkan layanan paket lengkap pengembangan Klinik App by Appkey sekarang juga dengan mengklik: https://appshop.co.id/klinik/.

Dengan harga paling terjangkau se-Indonesia, Appkey menawarkan proses pengembangan bisnis klinik digital secara praktis dan lengkap, mulai dari konsultasi rencana pengembangan usaha, pembangunan aplikasi sesuai permintaan Anda, hingga pendaftaran aplikasi ke platform Google Play dan AppStore.

Kesempatan baik ini tidak akan datang dua kali, jadi segera raih peluang bisnis klinik online Anda bersama Appkey sekarang!

Growth Hacking : Strategi Jitu Kembangkan Startup Anda!

0
growth hack startup, growth hacking, growth hacking adalah

Banyak orang salah mengira bahwa kunci kesuksesan startup adalah mendapat gelar unicorn. Padahal, kunci sukses startup sesungguhnya terletak pada kecepatan pertumbuhannya. Semakin cepat pertumbuhan bisnis startup Anda, maka hasilnya akan semakin baik. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan Growth Hacking

Sebagai perintis, Anda harus memahami betul-betul bahwa startup sengaja didesain agar bisa bertumbuh dengan cepat. Startup tidak sama dengan model bisnis biasa. Startup memiliki kewajiban untuk terus meningkatkan potensi ekspansinya dan pemasukannya. Namun yang menjadi pertanyaan penting di sini adalah bagaimana kita bisa membuat bisnis startup bertumbuh dengan cepat?

Jawabannya sederhana: gunakan growth hacking SEO startup.

Apa itu growth hacking SEO startup? Bagaimana cara kerjanya untuk mendorong kecepatan pertumbuhan startup? Semua pertanyaan Anda akan kami jawab secara tuntas pada artikel edisi kali ini. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya bersama!

Apa itu Growth Hacking?

growth hack startup, growth hacking, growth hacking adalah

Bagi pemula, istilah yang satu ini mungkin masih asing di telinga. Growth hacking startup memiliki arti yang sama dengan digital marketing hacks, yakni kumpulan cara untuk mempercepat laju marketing bisnis startup Anda.

Istilah growth hacking startup ini pertama kali digagas pada tahun 2010 oleh CEO dan founder web GrowthHackers, Sean Ellis. Kata ‘growth’ berarti pertumbuhan perusahaan dan keuntungan yang didapat, sementara kata ‘hacking’ berarti ‘jalan pintas (shortcut)’. Jadi, pengertian istilah ini adalah jalan-jalan pintas untuk mendulang kesuksesan marketing dan hasil yang besar pada bisnis startup.

Jadi dengan memanfaatkan trik dan strategi satu ini, bisnis Anda dapat dengan lebih mudah untuk melakukan ekspansi bisnis ke level yang lebih besar. Sementara istilah ‘growth hackers’ disematkan pada para pelaku strategi growth hacking ini.

Seorang growth hacker memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan tenaga marketing biasa. Ciri utama dari growth hacker adalah menguasai aneka strategi untuk memaksimalkan perkembangan startup. Selain itu, ia memiliki kepedulian lebih terhadap brand recognition, yaitu hubungan brand dengan konsumen.

Strategi digital marketing hacks juga sering dimanfaatkan para pengusaha untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Memperoleh hasil bisnis yang lebih cepat.
  • Mengembangkan bisnis dengan lebih sedikit biaya dan tenaga.
  • Lebih mudah memperbesar usaha ke skala yang lebih tinggi seperti nasional dan global.

Contoh Growth Hacking Startup

Seperti apa contoh strategi marketing ini di dunia nyata? Tanpa kita sadari, ada banyak sekali perusahaan di sekitar kita yang sukses berkembang dengan memanfaatkan strategi digital marketing hacks ini. Contohnya adalah brand Hotmail.com dan AirBnB.

Strategi marketing ini pun dapat dipraktekkan dengan cara-cara mudah, seperti memasang iklan, melakukan content marketing dan product marketing. Trik yang terdengar familiar di telinga Anda, bukan? Namun tentunya dalam aturan growth hacking startup, Anda tidak dapat sekadar memasang iklan. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal dalam waktu singkat, terdapat aturan-aturan khusus pelaksanaan dari strategi ini yang harus Anda ikuti.

5 Tahap ‘AARRR’ dalam Growth Hacking Startup

growth hack startup, growth hacking, growth hacking adalah

Terdapat sebuah skema khusus bernama ‘AARR (2A 3R)’ yang menjadi pedoman dalam melaksanakan growth hacking. Skema ini terdiri dari 5 tahap yang harus dilalui saat mempraktekkan digital marketing hacks, yaitu:

1. Acquisition

Pertama adalah acquisition alias pengenalan. Di sini, terjadi kontak pertama dari brand Anda ke masyarakat. Kontak bisa terjadi melalui banyak media, seperti melalui website, promosi brand, media sosial dan lain-lain.

Dari tahap acquisition, Anda bisa mengetahui seperti apa tanggapan masyarakat terhadap brand startup Anda. Jika brand berhasil mendapat engagement yang baik, maka Anda bisa meneruskan ke tahap selanjutnya. Namun apabila sebaliknya, Anda bisa melancarkan strategi pemasaran yang lebih memikat.

2. Activation

Tahap kedua adalah activation. Tujuan dari tahap ini adalah untuk memperoleh pelanggan awal dari brand startup Anda. Pelanggan yang dimaksud di sini bisa dalam berbagai bentuk, seperti pelanggan newsletter, subscribers, followers, dan lain-lain.

Anda boleh mulai memberikan produk sampel atau masa trial pemakaian produk ke calon konsumen target. Selain bermanfaat untuk brand, trik ini juga membawa keuntungan kepada konsumen. Mereka bisa mengetahui dengan persis seperti apa produk yang ditawarkan. Dari uji coba pemakaian pertama, konsumen dapat menilai mengirimkan feedback kelebihan dan kekurangan produk kepada Anda.

3. Retention

Setelah tuntas di tahap ‘A’, kini kita masuk ke tahap ‘R’ pertama yakni retention. Bisnis startup Anda sudah bisa disebut memasuki tahap retention jika sudah mempunyai konsumen yang memakai produk/jasa Anda dari tahap sebelumnya. Sekarang, tugas Anda adalah menjadikan mereka konsumen tetap.

Seorang konsumen yang merasa terbantu dengan produk layanan Anda di tahap activation berpeluang lebih besar untuk menjadi konsumen tetap. Di sinilah Anda harus terus meningkatkan kualitas produk agar setiap orang yang pernah memakai produk Anda memilih untuk terus berlangganan.

4. Referral

Selanjutnya adalah tahap promosi referral untuk memaksimalkan pertumbuhan organic website dan brand Anda. Strategi referral sama halnya dengan promosi word-of-mouth (promosi dari mulut-ke-mulut). Bedanya pada strategi referral, Anda akan mendapatkan kode khusus. Jika kode khusus tersebut dipakai oleh calon pengguna baru saat registrasi, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Strategi ini sering dipilih karena menjadi metode terbaik untuk mempromosikan usaha di masyarakat. Sebab banyak studi membuktikan bahwa seseorang lebih mudah diyakinkan melalui testimoni orang lain yang pernah memakai produk.

5. Revenue

Tahap terakhir adalah revenue. Ini adalah hasil yang selama ini ditunggu-tunggu oleh pebisnis. Ya, pada tahap revenue-lah Anda baru bisa mendapatkan keuntungan bisnis. Setelah melakukan promosi dan menyebarkan produk, barulah proses transaksi dan perolehan keuntungan terjadi.

Selalu catat dan hitung semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Jangan pula khawatir jika hasilnya masih belum optimal. Anda masih bisa memaksimalkan pertumbuhan dan pendapatan startup Anda dengan 6 strategi growth hacking terbaik.

Pentingnya Budaya Kerja Positif dalam Startup

Bukan hanya strategi growth hacking yang berperan dalam kesuksesan sebuah startup. Budaya kerja yang positif dan produktif juga memiliki peran krusial dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan. Berikut adalah beberapa poin penting yang menyoroti pentingnya budaya kerja positif:

1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Saat karyawan merasa dihargai, didengar, dan dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan, mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan semangat dan dedikasi. Budaya yang positif akan mendorong karyawan untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

2. Mengurangi Turnover Karyawan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak startup adalah tingginya turnover karyawan. Dengan budaya kerja yang positif, karyawan akan merasa lebih terikat dan loyal terhadap perusahaan. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya rekrutmen dan pelatihan bagi karyawan baru.

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kreatif

Startup membutuhkan ide-ide inovatif untuk bersaing di pasaran. Dalam lingkungan kerja yang positif dan mendukung, karyawan akan merasa lebih nyaman untuk berbagi ide dan berinovasi.

4. Memperkuat Reputasi Perusahaan

Startup dengan reputasi baik akan lebih mudah menarik karyawan berkualitas, investor, dan pelanggan. Budaya kerja yang positif akan memperkuat citra perusahaan di mata publik.

5. Mendukung Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan bukan hanya tentang gaji dan benefit, tetapi juga tentang bagaimana mereka diperlakukan di tempat kerja. Budaya kerja yang mendukung akan memastikan karyawan merasa dihargai dan diperlakukan dengan adil.

6. Meningkatkan Kolaborasi Tim

Budaya kerja yang positif akan mendorong kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik di antara anggota tim. Hal ini penting untuk mencapai tujuan bersama dengan efektif.

10 Strategi Growth Hacking Startup yang Wajib Dicoba

growth hack startup, growth hacking, growth hacking adalah

Semua pebisnis tentunya sepakat bahwa memiliki strategi bisnis adalah senjata wajib. Tanpa adanya strategi, Anda pasti akan kebingungan bagaimana menjalankan sebuah usaha. Bisnis startup pun sama demikian halnya. Agar bisnis startup berjalan dengan baik, Anda bisa mempraktekkan 6 strategi growth hacking berikut:

1. A/B Testing

Strategi pertama adalah melakukan A/B testing. Tak dapat dipungkiri, melakukan tes/evaluasi secara berkala adalah aktivitas wajib dalam berbisnis. Tanpa evaluasi, Anda tidak akan pernah tahu sudah sebaik apa bisnis yang dijalankan beserta titik-titik kelemahan yang dapat diperbaiki kembali.

Ada banyak metode evaluasi bisnis yang bisa digunakan, namun, metode uji A/B testing menjadi pilihan terbaik dalam strategi growth hacking. A/B testing adalah metode pengujian dua variabel dan lebih secara bersamaan. Pengujian dilakukan untuk mengetahui variabel bisnis mana yang mempunyai performa terbaik dalam membesarkan usaha.

Salah satu contoh uji A/B testing adalah melakukan pengujian conversion rate halaman website. Dari pengujian ini, Anda bisa mengetahui halaman website mana (selaku variabel) yang memiliki conversion rate tertinggi untuk dimaksimalkan penggunaannya.

2. Afiliasi Marketing

Strategi kedua adalah melakukan afiliasi marketing. Strategi afiliasi marketing adalah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk berpromosi. Contoh afiliasi marketing adalah melakukan promosi referral dengan komisi. Cara promosi ini jauh lebih efektif, gratis, dan manjur ketimbang iklan di media massa.

Promosi mulut-ke-mulut lebih meyakinkan calon konsumen untuk mencoba produk, terlebih jika pihak yang mempromosikan adalah teman dekat atau keluarga yang dipercaya oleh calon konsumen. Konsumen yang bergabung dengan sistem referral pun berpotensi lebih besar menjadi pengguna tetap produk Anda.

3. HARO (Help A Reporter Out)

Sudah pernah mendengar strategi HARO? HARO merupakan singkatan dari istilah ‘Help A Reporter Out’. Strategi HARO adalah sebuah platform yang menghubungkan bisnis startup dengan media massa. HARO juga menjadi salah satu trik unggulan dalam growth hack, khususnya untuk mendapatkan perhatian dari media massa.

Di HARO, Anda bisa mempromosikan brand startup sebaik-baiknya agar wartawan dari beragam kalangan media bisa mendapatkan inspirasi tulisan berita. Jawablah pertanyaan dan berikan informasi sejelas-jelasnya terkait keunggulan dan perkembangan startup Anda ke media. Sehingga, akan ada semakin banyak audiens yang memahami peranan startup Anda.

4. Trend Terbaru di Masyarakat

Tidak ada metode penarik perhatian yang paling baik ketimbang memanfaatkan trend terbaru di masyarakat, bukan? Faktanya, masyarakat selalu menyukai trend terbaru untuk dibahas. Oleh sebab itu, startup Anda harus senantiasa memantau perkembangan topik terhangat di masyarakat. Dari trend-trend terbaru itulah, Anda bisa mendapatkan ide-ide fresh untuk membuat aneka promosi dan kampanye memikat.

5. Influencer Marketing

Growth hacking juga bisa dilaksanakan dengan strategi influencer marketing. Sesuai namanya, influencer marketing adalah strategi berpromosi dengan memanfaatkan jasa influencer. Influencer dipilih sebab ia memiliki pengaruh tersendiri untuk memengaruhi masyarakat melalui personal branding maupun konten-konten positifnya.

Namun sebelum melakukan influencer marketing, jangan lupa untuk mengetahui hal-hal penting dalam memilih influencer. Baca selengkapnya di: Jangan Tertipu! Ketahuilah Hal-Hal Ini Sebelum Mencoba “Influencer Marketing”

6. Maksimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Dalam dunia digital, kemampuan website Anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencari sangat vital. Mengapa? Karena halaman pertama mesin pencari, khususnya Google, mampu mendatangkan trafik yang signifikan. SEO adalah teknik optimasi website agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Mulai dari optimasi konten, backlink, kecepatan website, hingga struktur URL, semua harus diperhatikan dengan baik. Sebuah startup yang sukses memaksimalkan SEO-nya berpotensi mendapatkan eksposur lebih baik tanpa harus membayar iklan.

7. Integrasi Sosial Media

Di era digital saat ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Dengan mengintegrasikan website Anda dengan media sosial, Anda membuka peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, interaksi yang terjadi di media sosial juga bisa menjadi feedback berharga untuk perkembangan produk atau jasa Anda.

8. Rilis Fitur Beta untuk Feedback Dini

Sebelum meluncurkan produk atau fitur baru secara penuh, cobalah untuk merilis versi beta kepada sejumlah pengguna terbatas. Dengan demikian, Anda dapat mengumpulkan feedback yang diperlukan untuk melakukan penyesuaian sebelum peluncuran besar-besaran. Strategi ini tidak hanya membantu dalam mengidentifikasi masalah teknis, tetapi juga memberikan insight tentang bagaimana produk Anda diterima di pasaran.

9. Layanan Pelanggan yang Responsif

Salah satu cara untuk memastikan pertumbuhan yang stabil adalah dengan memastikan kepuasan pelanggan. Dengan memiliki layanan pelanggan yang cepat tanggap dan efektif, Anda tidak hanya menyelesaikan masalah pelanggan, tetapi juga meningkatkan retensi pelanggan. Kepercayaan dan loyalitas pelanggan adalah aset yang tidak ternilai harganya untuk pertumbuhan bisnis.

10. Memakai Website Unggulan

Tips growth hacking paling penting terakhir adalah memakai website unggulan. Sebagian besar persebaran informasi, promosi, hingga aktivitas transaksi di bisnis startup akan berlangsung di website. Dengan kata lain, website adalah rumah digital terpenting sebagai lokasi bisnis startup Anda bernaung. Untuk itu, website startup Anda harus memiliki penampilan dan performa sesempurna mungkin, mulai dari navigasi, nama domain, UI/UX, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara membangun web startup yang baik? Membangun website yang canggih dan berkualitas tinggi memang memerlukan skill coding dan pemrograman tingkat lanjut. Namun Anda tidak perlu cemas. Sekarang, semua orang bisa mempunyai web bisnisnya sendiri di Appkey!

Hubungi https://appkey.co.id/ sekarang juga dan dapatkan paket murah pengembangan website dari nol. Ada juga layanan konsultasi dengan tenaga profesional IT gratis yang siap membantu segala permasalahan Anda kapan saja. Selamat mencoba!

8 Fitur Aplikasi Real Estate Ini Mampu Mendongkrak Omset Bisnis Properti Anda!

0
Real Estate 2

Siapa yang tidak ingin mendapat keuntungan besar secara instan dalam berbisnis? Berita bagusnya, hal tersebut sudah bukan angan-angan lagi dengan menjalankan bisnis properti atau real estate.

Dibandingkan dengan peluang usaha lainnya, bisnis real estate di Indonesia selama satu dekade terakhir selalu bertumbuh ke nilai yang positif. Laju pertumbuhan bisnis hunian ini bisa mencapai 20% – 40% per tahun, bahkan bisa menyentuh 100% dalam kondisi tertentu. Inilah alasan banyak pebisnis real estate sukses menjadi jutawan secara cepat.

Pesatnya pertumbuhan bisnis real estate di Indonesia ini tak lepas dari faktor pendukung yaitu permintaan pasar yang selalu bertambah. Bahkan, para pengamat bisnis menilai bahwa bisnis real estate di Indonesia masih memiliki potensi besar untuk bertumbuh lebih tinggi lagi.

Kini, siapapun bisa berbisnis real estate secara mudah, tanpa modal dan tanpa pengalaman hanya dengan mengandalkan aplikasi real estate. Seperti apa cara kerjanya? Yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini!

Bisnis Real Estate itu Seperti Apa?

real-restate-2

Sebagian masyarakat awam masih tidak paham bisnis real estate itu seperti apa. Supaya bisnis berjalan dengan baik, Anda pun harus bisa menjelaskan bisnis real estate itu seperti apa jika kelak ada konsumen yang bertanya.

Bisnis real estate sering dikenal sebagai bisnis jual-beli atau penyewaan rumah, gedung-gedung toko, dan aneka jenis bangunan lainnya. Bisnis real estate juga kadangkala disebut sebagai bisnis properti.

Sampai hari ini, bisnis real estate masih menjadi bisnis paling menguntungkan di Indonesia. Pertumbuhan bisnis ini pun cenderung stabil, alias, tidak terpengaruh oleh kondisi pasar yang naik-turun. Bahkan selama masa pandemi Covid-19 yang melumpuhkan perekonomian pun, kondisi bisnis real estate masih sangat baik dan menguntungkan.

5 Pekerjaan dalam Bisnis Real Estate

Sebagai pemula, Anda harus tahu pekerjaan yang ada dalam bisnis real estate sebagai bekal pegangan saat mempersiapkan diri. Berikut ini adalah 5 pekerjaan yang ada di bisnis real estate:

1. Mengelola dan Memelihara Aset

Anda akan bertindak sebagai pemelihara aset-aset gedung yang dimiliki. Pemeliharaan secara berkala akan selalu diperlukan nilai bangunan bisa tinggi ketika dijual ke konsumen.

2. Mempromosikan Aset

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis real estate harus sering dipromosikan agar semakin banyak mendapatkan calon pembeli.

3. Mengembangkan Usaha dan Berinovasi

Agar tak kalah saing, Anda harus terus mengembangkan usaha dan berinovasi.

4. Menjadi Penyewa Aset

Selain menjual bangunan, Anda bisa melakukan bisnis sewa untuk mempertahankan bisnis lebih lama.

5. Menjalankan Sistem Operasional

Yang paling penting, Anda akan menjalankan sistem operasional usaha seperti mengelola hak kepemilikan tanah dan bangunan. Selain itu, Anda juga harus memastikan seluruh fasilitas penunjang bangunan (PDAM, listrik, telepon, pembuangan, dan lain-lain) sudah tersedia lengkap dalam gedung yang dijual.

8 Fitur Aplikasi Real Estate Unggulan untuk Melancarkan Bisnis Baru

real-estate-2-

Berbisnis memang paling mudah jika dilakukan dengan bantuan teknologi. Mulai dari menjual produk kecil seperti makanan, pakaian, gadget, hingga produk besar sejenis bangunan pun sekarang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi aplikasi!

Namun, memilih teknologi bisnis terbaik tidak bisa dilakukan sembarangan. Ketika Anda hendak menjalankan bisnis real estate, maka sudah pasti Anda akan memilih aplikasi real estate agar hasil yang didapat lebih optimal.

Apa Itu Aplikasi Real Estate?

Anda tentunya sudah familiar dengan aplikasi e-commerce atau online shop bukan? Kali ini, telah hadir aplikasi e-commerce khusus untuk jual-beli hunian secara online. Aplikasi e-commerce untuk jual-beli gedung inilah yang dikenal dengan nama aplikasi real estate.

Aplikasi real estate adalah aplikasi sales yang memungkinkan Anda untuk menemukan hunian terbaik di sekitar Anda secara praktis. Aplikasi real estate memuat semua data yang dimasukkan oleh pengguna, sehingga, siapa saja dapat menemukan banyak rekomendasi hunian sesuai keinginan dalam hitungan menit.

Keuntungan bisnis real estate pun lebih mudah diraih dengan memakai aplikasi real estate ini. Salah satu keuntungan bisnis real estate dengan aplikasi adalah lebih hemat waktu, biaya, tenaga dan mampu menjangkau masyarakat luas dari berbagai daerah. Sangat jauh berbeda pada metode jual-beli hunian tradisional yang memakan banyak biaya, tenaga dan cakupan konsumennya terbatas.

Salah satu aplikasi real estate yang kami rekomendasikan untuk pebisnis pemula adalah Real Estate App by Appkey. Aplikasi ini bisa digunakan siapa saja karena berbasis multi-platform (iOS dan Android).

Real Estate App ini sengaja didesain semudah mungkin agar bisa digunakan semua orang tanpa terkecuali dari remaja hingga orang tua.

Tidak seperti aplikasi real estate lainnya, Real Estate App by Appkey memiliki 8 fitur terbaik dan tercanggih untuk mengoptimalkan pengelolaan bisnis hunian Anda. Apa sajakah? Lanjutkan scroll untuk mengetahui jawabannya!

8 Fitur Unggulan Aplikasi Real Estate

Real Estate App by Appkey punya 8 fitur canggih yang bisa Anda andalkan untuk memulai bisnis real estate tanpa pengalaman dan modal. Berikut ini adalah kedelapan fitur canggih tersebut:

1. Kategori Jual-Sewa Hunian

Calon konsumen bisa bebas menentukan tipe hunian yang ia inginkan berdasarkan menu kategori jual atau sewa. Di Real Estate App Appkey, seluruh gedung dibedakan kategorinya berdasarkan keinginan penjual yakni ‘kategori dijual’ dan ‘kategori disewa’. Jadi Anda tidak perlu repot memilah dan memilih gedung satu-per-satu.

2. Detail Floorplan

Ingin mendapatkan gambaran lengkap denah rumah? Tidak perlu cemas, Anda bisa memakai menu detail floorplan untuk menampilkan gambar denah lantai, ukuran skala dan juga tata ruang dari rumah pilihan. Anda tidak perlu repot lagi mendatangi rumah satu per satu hanya untuk mengecek kondisi calon rumah idaman!

3. Menu View Gambar

Penting bagi konsumen untuk mengetahui seperti apa tampilan asli dari bangunan yang dijual. Untuk itu, konsumen Anda bisa melihat sendiri bagaimana penampakan asli bangunan dengan menu view gambar yang sudah tersedia di aplikasi. Ada gambar eksterior, interior, iklan dan juga katalog hunian yang bebas dikustomisasi sendiri. Sangat lengkap!

4. Detail Info Properti

Tak hanya bisa mendapatkan informasi gambar, terdapat pula menu informasi properti detail yang tersedia untuk setiap produk. Informasi tersebut mencakup luas area, jumlah lantai, ketersediaan tipe ruangan, fasilitas pendukung, lokasi, harga, rating bintang, dan lain-lain. Dengan begini, konsumen dapat semakin nyaman dan terbantu dalam memilih hunian terbaik.

5. Panel Manajemen Admin

Untuk memudahkan pebisnis mengelola usaha barunya, Real Estate App by Appkey sengaja mengumpulkan seluruh panel kelola menjadi 1 di fitur Panel Manajemen Admin. Hanya dengan 1 fitur saja, Anda bisa mengedit info produk hunian, memonitor transaksi, hingga berpromosi secara praktis dari aplikasi.

6. Nilai Properti

Calon konsumen juga bisa dengan lebih mudah teryakinkan karena ada fitur nilai properti yang bisa diberikan oleh pembeli atau penyewa bangunan sebelumnya. Fitur nilai properti terbagi ke dalam 5 nilai dan dapat ditinjau berdasarkan tipe hunian dan juga pengguna.

Menu ini juga sekaligus menjadi salah satu keuntungan bisnis real estate lainnya, di mana kualitas hunian dan citra brand akan terdongkrak baik seiring banyaknya penilaian bintang 5 yang didapat.

7. Lokasi Properti

Ada kalanya calon pembeli ingin mengecek langsung ke lokasi hunian. Untuk memudahkan setiap pembeli mengunjungi hunian pilihan, aplikasi Real Estate by Appkey sudah tersinkronisasi dengan Google Map. Cukup klik link yang tersedia untuk mendapatkan navigasi peta ke lokasi. Kemudian, siapapun bisa datang berkunjung untuk melihat-lihat bangunan.

8. Favorit

Menu unggulan terakhir adalah menu favorit. Cukup klik tanda bintang yang tersedia di samping keterangan katalog hunian agar katalog tersimpan otomatis di menu ‘favorit saya’. Menu ini sangat berguna untuk menyimpan beberapa katalog hunian favorit yang Anda temukan sebelum membuat pilihan pasti.

Tertarik untuk mencoba Real Estate App by Appkey? Yuk dapatkan layanan paket lengkap pengembangan aplikasi Real Estate by Appkey sekarang juga dengan mengklik: https://appshop.co.id/real-estat/

Appkey menawarkan proses pengembangan bisnis real estate secara praktis, lengkap dan dengan harga paling terjangkau se-Indonesia. Disini Anda bisa konsultasi rencana pengembangan usaha, pembangunan aplikasi sesuai permintaan, hingga pendaftaran aplikasi ke platform Google Play dan AppStore.

Supaya lebih afdol, berikut ini kami sajikan 5 tips bonus memulai bisnis real estate untuk pemula.

[Bonus] 5 Tips Mudah Memulai Bisnis Real Estate untuk Pemula

1. Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk mengetahui situasi dan kondisi pasar real estate di sekitar Anda. Riset ini penting agar Anda mengetahui kondisi serta harga hunian agar bisa dikelola dengan baik.

2. Mulai dari Lingkungan Terdekat

Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa mulai dengan lingkungan terdekat terlebih dahulu, seperti membantu menjual rumah di sekitar lingkungan Anda.

3. Jujur

Bersikap jujur adalah hal terpenting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Anda boleh menawarkan keunggulan hunian, tapi tetaplah jujur semisal ada kekurangan dalam hunian. Jangan lupa untuk menawarkan solusi terkait kekurangan agar konsumen tetap senang.

4. Rajin Promosi di Internet

Gencarkan promosi di internet dengan sosmed dan website agar semakin banyak orang tahu bisnis Anda.

5. Berafiliasi dengan Bisnis Properti Lain

Terakhir, coba lakukan afiliasi dengan bisnis properti lain. Anda bisa mengajarkan mereka untuk turut mempromosikan hunian di aplikasi real estate Anda dengan sistem bagi hasil. Cara ini sangat cocok untuk mengawali bisnis real estate tanpa modal.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar bisnis real estate. Siap untuk memulai bisnis real estate sendiri? Jangan lupa kunjungi APPSHOP di: https://appshop.co.id/real-estat/ untuk mendapatkan paket pengembangan aplikasi real estate termurah sekarang juga. Selamat berbisnis!

10 Website Belajar Digital Marketing Gratis yang Wajib Diikuti!

0
website-belajar-marketing

Tahukah Anda bahwa memiliki skill digital marketing adalah hal yang penting saat ini? Dengan berbekalkan skill digital marketing, Anda secara praktis bisa mewujudkan banyak cita-cita dan melaju ke jenjang karir yang baik di masa depan.

Contoh sederhananya, memiliki wawasan digital marketing yang baik akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama seluruh Indonesia maupun dunia. Di tahun 2020 kemarin saja, Digital Marketing Institute melaporkan ada lebih dari 20 ribu pekerjaan berbasis digital marketing secara global yang terbuka untuk umum. Jelas angka ini akan terus bertambah besar di setiap tahun ke depannya.

Namun bagaimana caranya agar bisa menguasai skill digital marketing yang baik? Tenang saja, sebab pengetahuan dan skill digital marketing bisa dipelajari dengan gratis oleh pemula. Untuk itulah kali ini Markey telah merangkum 10 website belajar digital marketing gratis sampai mahir bagi pemula. Mari langsung kita simak bersama-sama rekomendasinya!

10 Website Belajar Digital Marketing Gratis Sampai Mahir untuk Pemula

digital.marketing

Siapa bilang belajar digital marketing adalah hal yang sulit dan mahal? Tidak perlu repot mengikuti kursus khusus atau membeli buku-buku mahal, Anda bisa belajar mengasah skill digital marketing secara gratis dengan men-subscribe 10 website belajar digital marketing gratis sampai mahir berikut ini:

1. Unbounce Blog

Tertarik untuk belajar digital marketing dengan melihat langsung teori, saran dan pandangan dari para ahli marketing? Jika iya, maka website belajar marketing Unbounce Blog adalah tempatnya!
Unbounce Blog memiliki banyak artikel saran, pendapat dan masukan terkait dunia digital marketing yang ditulis langsung dari para marketing ahli. Anda bisa mendapatkan banyak insight dan ilmu terkait memaksimalkan marketing campaign, strategi pemasaran online dan cara-cara memaksimalkan konversi web e-commerce secara gratis.

Kunjungi Unbounce Blog di: https://unbounce.com/blog/

2. Quicksprout

Selanjutnya ada Quicksprout, sebuah web digital marketing milik icon digital marketing ternama dunia Neil Patel. Kualitas website belajar digital marketing ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab Quicksprout pernah mendapatkan penghargaan langsung dari mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Di sini, Anda bisa memperoleh banyak tips dan informasi belajar digital marketing dari nol. Quicksprout juga banyak dijadikan referensi oleh pebisnis yang baru merintis usaha dan ingin memperoleh profit maksimal dari usahanya.

Mau belajar SEO? Quicksprout juga merupakan referensi belajar SEO yang baik. Mulai dari membuat konten promosi yang efektif dan mengoptimalkan perkembangan website dan media sosial bisni Anda, semua tersaji lengkap dan gratis di Quicksprout.

Kunjungi Quicksprout di: https://www.quicksprout.com/blog/

3. E-Consultancy

Di posisi rekomendasi ketiga ada E-Consultancy, sebuah web belajar digital marketing sampai mahir yang berbasis di London, Britania Raya. Website belajar digital marketing ini cocok untuk Anda yang ingin mengasah skill digital marketing sekaligus belajar bahasa Inggris karena narasi-narasi artikelnya yang ditulis dengan gaya bahasa Inggris simpel.
Semua artikel digital marketing dalam E-Consultancy selalu membahas hal-hal terbaru dalam penyampaian yang sangat mudah dipahami masyarakat awam. Sehingga proses belajar Anda dapat berlangsung dengan santai.

Kunjungi E-Consultancy di: https://econsultancy.com/blog/

4. Neil Patel

Selain Quicksprout, Neil Patel juga menawarkan fasilitas belajar digital marketing sampai mahir dalam website dengan namanya sendiri yakni Neil Patel. Web blog Neil Patel telah banyak membantu perusahaan besar dunia seperti HP, Amazon, Viacom dan NBC meraih keuntungan bisnis digital mereka.
Pun web Neil Patel lebih lengkap dibandingkan Quicksprout karena menyediakan tools praktek SEO gratis yang bisa langsung dipakai seperti tool research keyword, analisa backlink dan juga paket praktek menjalankan website yang benar menurut SEO.

Kunjungi Neil Patel di: https://neilpatel.com/blog/

5. Kissmetrics

Salah satu ketakutan para digital marketer pemula adalah tidak bisa bersaing dalam pertarungan marketing di lapangan yang umumnya berlangsung sengit. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Kissmetrics secara khusus menyediakan pedoman terbaik untuk memenangkan pertarungan marketing.

Kissmetrics berfokus pada proses pembelajaran data-data bisnis yang diperoleh selama usaha berkembang. Faktanya, masih cukup banyak pebisnis yang gagap dan kelabakan saat diminta mengelola dan memahami data-data dari bisnis online mereka sendiri. Untuk itu, Kissmetrics menyediakan artikel seputar tutorial mengolah data yang benar, menganalisa kesalahan pengolahan data, hingga melacak dan mengoptimalisasi upaya digital marketing bisnis Anda.

Kunjungi Kissmetrics di: https://blog.kissmetrics.com/

6. Blog IndonesiaGo Digital (IGO)

Sedari tadi kita membahas web belajar digital milik luar negeri. Apakah Indonesia tidak punya web belajar digital marketing sampai mahir berkualitas? Tentu saja ada. Jumlahnya pun cukup banyak, salah satunya adalah Blog IndonesiaGo Digital (IGO).
Blog IndonesiaGo menyediakan banyak artikel tips digital marketing yang enak dibaca untuk marketer pemula dan profesional sekalipun. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan internet marketing dari profesional jika dibutuhkan dengan menghubungi kontak agensi IndonesiaGo yang tersedia.

Kunjungi IndonesiaGo Digital di: https://indonesiago.digital/blog/

7. PanduanIM

Selain IndonesiaGo, web PanduanIM juga memfasilitasi proses belajar para digital marketer pemula dalam bahasa Indonesia. Web karya anak bangsa ini menyediakan banyak materi belajar yang dinilai paling friendly untuk level pemula.

Di sini, Anda bisa menemukan banyak tips digital marketing simpel sekaligus mudah dipraktekkan. Contohnya seperti tips membuat website WordPress sederhana, copywriting level pemula, belajar membuat konten promosi yang memikat, dan masih banyak lagi.

Kunjungi PanduanIM di: http://panduanim.com/

8. GrowthRocks

Hampir 90% marketer pernah merasa kelimpungan saat berusaha mempertahankan keberlangsungan bisnis mereka. Banyak orang telah membuktikan bahwa mempertahankan bisnis jauh lebih sulit daripada proses pendiriannya. Alhasil, semua orang selalu berusaha bereksperimen mencetuskan inovasi terbaru agar bisnis mereka dapat terus berjalan mulus dan cepat.

Sistem eksperimen ini sering dijuluki sebagai ‘growth hack’ dalam dunia marketing. Pun terdapat juga website khusus yang siap mengajari Anda dalam melakukan growth hack yakni Growthrocks. Growthrocks memuat semua referensi yang Anda butuhkan untuk memulai sistem growth hacking, mulai dari level pemula hingga profesional/advance. Penasaran?

Kunjungi Growthrocks di: http://growthrocks.com/blog/

9. Digitalmaketer.id

Satu lagi website digital marketing unggulan dari Indonesia yakni Digitalmarketer.id. Website ini dikelola oleh digital marketer berpengalaman Tanah Air yakni Denny Santoso. Denny telah berkecimpung di dunia digital marketing selama 15 tahun dan tentunya sudah memiliki segudang pengalaman dan ilmu berbisnis. Kabar gembiranya, semua ilmu-ilmu dan pengalaman tersebut kini bisa Anda simak secara gratis sehingga Anda bisa memiliki gambaran nyata terkait dunia bisnis.

Kunjungi Digitalmarketer.id di: https://elitemarketer.id/

10. Moz Blog

Rekomendasi terakhir adalah Moz Blog yang memuat referensi bisnis seputar keterampilan SEO, online marketing, tips mengeksekusi rencana bisnis, manajemen sumber daya usaha dan aneka wawasan bisnis digital lainnya. Moz Blog juga sudah lengkap difasilitasi dengan tools MozBar untuk praktek analisis algoritma web dan belajar meriset keyword SEO. Siap untuk mencoba langsung?

Kunjungi Moz Blog di: https://moz.com/blog

Bonus: 5 Tips Ampuh Belajar Digital Marketing untuk Pemula

digital-marketing

Agar proses belajar digital marketing Anda lancar, mari sekalian praktekkan 5 tips ampuh untuk pemula berikut ini dalam aktivitas belajar Anda:

1. Up-to-date dengan Perkembangan

Kunci utama kesuksesan dunia digital marketing adalah bisa selalu up-to-date dengan perkembangan dunia. Faktanya, dunia digital berkembang dan berubah dengan cepat. Jadi Anda pun harus rajin mendorong diri sendiri mencari tahu hal-hal yang sedang trend di masyarakat. Dari wawasan tersebut pun Anda bisa lebih lancar menemukan inspirasi berbisnis.

2. Fokus Mendalami Materi Satu Per Satu

Ada banyak aspek yang bisa dipelajari dalam dunia digital marketing, mulai dari pembangunan website, SEO, strategi promosi, pengelolaan konten dan lain sebagainya. Agar tidak pusing, lebih baik fokus belajar 1 materi secara mendalam terlebih dahulu saja. Semisal Anda ingin mempelajari perihal SEO, maka fokuslah mendalami SEO terlebih dahulu. Ketika sudah mahir dengan SEO, Anda bisa beralih ke materi baru.

3. Memupuk Keinginan Belajar

Seorang digital marketer yang sukses selalu mempunyai 1 persamaan, yakni sama-sama memiliki hasrat belajar yang tinggi. Untuk itu, Anda juga harus berusaha memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap segala sesuatunya di dunia digital marketing. Hasrat belajar tinggi ini pun akan membantu Anda untuk tidak cepat bosan mengikuti derasnya arus informasi dan update seputar dunia marketing digital.

4. Membangun Personal Branding dan Networking

Tak hanya belajar materi teori saja, Anda juga bisa mulai membangun personal branding yang positif dan relasi (networking) di internet. Kedua hal ini sangatlah penting karena akan mempermudah Anda merintis jenjang karir di kemudian hari. Bukan tidak mungkin salah satu kenalan Anda ternyata bekerja di perusahaan ternama dan tertarik untuk merekrut Anda bekerja di tempatnya karena personal branding Anda sudah dikenal dengan baik.

Relasi dan jaringan adalah kunci utama kesuksesan seorang digital marketer. Jika Anda ingin berbisnis sendiri pun, Anda bisa lebih mudah memasarkan produk dan jasa atau bekerja sama dengan relasi yang dimiliki.

5. Membuat Web E-Commerce Sendiri

Terakhir, Anda bisa mulai mencoba-coba membuat website e-commerce sendiri untuk memasarkan bisnis dengan lebih baik. Setelah mendapatkan teori bagaimana mengoptimalisasi web, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada website sendiri. Alhasil, ilmu yang didapatkan tidak akan sia-sia.

Namun bagaimana cara membangun web e-commerce sendiri? Membangun website yang canggih dan berkualitas memang memerlukan skill coding pemrograman tingkat lanjut. Namun Anda tidak perlu cemas atau mengambil kelas bahasa pemrograman komputer.

Sekarang, semua orang bisa punya web bisnis sendiri di Appkey!
Hubungi https://appkey.co.id/ sekarang juga dan dapatkan paket murah pengembangan website dari nol. Ada juga layanan konsultasi dengan tenaga profesional IT gratis yang siap membantu Anda kapan saja. Selamat mencoba!

Cara Menguasai Strategi Pemasaran Modern Seperti Netflix

0
netflix-marketing

Dalam hal strategi pemasaran modern, kita semua dapat belajar sesuatu dari model bisnis Netflix. Rahasia strategi pemasaran Netflix adalah semua tentang inovasi dan teknologi terbaru, setelah memperoleh pertumbuhan hampir 167 juta pelanggan di seluruh dunia.

Pertumbuhan sangat penting agar platform dapat bertahan, sehingga perusahaan tidak punya pilihan selain membunuhnya dengan strategi pemasaran modern yang kuat dan menarik massa.

Sebelum kita mempelajari kehebatan strategi Netflix, mari kita cari tahu apa itu pemasaran modern, dan apa yang perlu Anda ketahui untuk membuatnya berhasil!

Apa itu Pemasaran Modern?

Pemasaran modern adalah pendekatan yang terintegrasi dan gesit untuk pengembangan merek dan manajemen hubungan pelanggan yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis berkelanjutan di era digital melalui inovasi, teknologi, strategi kreatif, dan analitik data.

Tidak seperti metode pemasaran tradisional yang berfokus pada penjualan melalui satu atau dua saluran, terlepas dari hasilnya, strategi pemasaran modern berkembang seiring dengan perubahan pasar.

Melalui analisis dan pengoptimalan yang konstan, merek dapat terhubung dengan pelanggan di berbagai media, perangkat, dan titik kontak. Intinya, alat pemasaran modern didorong oleh data, berpusat pada pelanggan, dipersonalisasi, dan ada di mana-mana.

Apa Prinsip Utama Pemasaran Modern?

netflix-1

Menurut eConsultancy , ada tiga prinsip inti pemasaran modern :

a. Terpusat pada pelanggan

Alat pemasaran modern menempatkan pengalaman pelanggan di garis depan semua tujuan bisnis dan kemitraan. Oleh karena itu, pemasar modern harus mengumpulkan, menganalisis, dan menerapkan wawasan data di semua tahap perjalanan pelanggan dalam lingkaran dinamis yang konstan.

b. Terintegrasi

Melalui perpaduan disiplin tradisional dan digital, pemasar modern ahli di satu bidang, dan mereka juga unggul di beberapa bidang lainnya. Dengan sikap proaktif untuk merangkul teknologi baru, mereka mencari cara baru dan inventif untuk menyatukan berbagai saluran dan alat untuk menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

c.Gesit dan inovatif

Pemasaran modern gesit dalam arti bergerak mengikuti waktu. Para pemasar saat ini menggunakan teknologi secara efektif sejalan dengan strategi pemasaran modern yang bertujuan menciptakan pengalaman pribadi yang tak tertandingi. Dengan memanfaatkan kekuatan analitik data, pemasar modern ingin menangkap pikiran konsumen, bereaksi terhadap kebutuhan mereka dengan cara yang menyenangkan dan mengejutkan mereka.

7 Pelajaran Strategi Pemasaran Modern dari Model Bisnis Netflix

Netflix adalah layanan DVD pengiriman. Seiring waktu, perusahaan telah melakukan diversifikasi untuk menawarkan produk mereka kepada orang-orang di berbagai perangkat. Sekarang, banyak Smart TV yang sudah menginstal Netflix.

Anda dapat menonton Netflix di TV atau komputer, smartphone, atau tablet. Perusahaan berusaha keras untuk memenuhi audiens mereka di mana pun mereka berada.

Untuk mendemonstrasikan teknik pemasaran modern ini, kita dapat melihat ke masa ketika Stranger Things yang terinspirasi oleh nostalgia tahun 80-an akan kembali untuk musim keduanya.

Alih-alih meletakkan semua telur mereka dalam satu keranjang, Netflix melakukan upaya bersama di beberapa saluran berbeda untuk menjamin keterlibatan pemirsa yang maksimal, diantaranya adalah:

1. Snapchat

Netflix membayar iklan interaktif, menawarkan pengalaman augmented reality kepada pengguna Snapchat di mana mereka dapat menjelajahi rumah Joyce Byers dengan lampu Natal yang menyeramkan.

2. Pemasaran dari mulut ke mulut

Musim pertama menjadi sukses besar dengan sendirinya, murni dari mulut ke mulut. Efek ini terus berlanjut selama menunggu musim kedua, menimbulkan pujian dari para selebriti dan menginspirasi bar pop-up di Chicago .

Perlu dicatat bahwa tim pemasaran mereka menghasilkan ide-ide kreatif untuk berbagai platform media sosial-mereka tidak memuntahkan dari satu platform ke platform lainnya.

Dengan menerapkan kampanye pemasaran lintas saluran, Anda dapat menjangkau orang-orang di mana pun mereka berada, melibatkan mereka di beberapa titik kontak untuk menumbuhkan lebih banyak minat pada produk Anda.

3. Jadikan Email Berkesan dan Orang Akan Berbicara

Netflix hanyalah salah satu dari banyak perusahaan yang memanfaatkan potensi pemasaran email saat ini, memasangkannya dengan sistem berbasis pembelajaran mesin untuk mendapatkan lebih banyak dari data konsumen mereka.

Lagi pula, apa gunanya data jika Anda tidak tahu cara menggunakannya? Strategi pemasaran Netflix untuk pemasaran modern menggabungkan email untuk memperkenalkan pengguna baru untuk platform mengalir.

Kemudian, Netflix membagi pengguna menjadi beberapa kelompok dan menawarkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan pembaruan yang relevan berdasarkan preferensi mereka.

Meskipun taktik ini biasa dilakukan di antara kekuatan terkemuka online, salah satu tip pemasaran email terbaik dari Netflix adalah Jangan takut mengambil resiko. Netflix mengambil kesempatan ketika mereka mempromosikan acara baru mereka, The Punisher.

Mereka mengirim email yang tampak seperti spam, dan dapat dengan mudah ditolak atau disingkirkan oleh banyak orang dengan segera. Namun, begitu email dibuka, GIF mulai diputar.

Tiba-tiba, logo The Punisher muncul di layar, menggunakan iklan subliminal untuk mendorong orang menonton pertunjukan. Contoh lain adalah email mereka untuk House of Cards, yang hanya menyertakan judul acara, tanggal rilis, dan frasa, “segera hadir”.

Pemasaran email belum mati. Namun, email yang membosankan dan tidak imajinatif mungkin juga dikirim ke kuburan untuk semua hype yang akan mereka buat. Netflix berupaya menemukan cara unik dan inovatif untuk memanfaatkan saluran pemasaran lama ini.

Mengapa? Karena masih memiliki banyak nilai potensial, menawarkan kepada pemasar pengembalian investasi (ROI) 4000% yang luar biasa, jika tidak lebih. Memberikan email Anda berharga dan dapat diabaikan, Anda dapat menarik perhatian prospek Anda dengan pengeluaran yang sangat sedikit.

4. Tawarkan Konten yang Dipersonalisasi untuk Membuat Orang Ketagihan

Apa yang membuat Netflix lebih unggul dari layanan streaming lain seperti HBO dan Amazon Prime? Mereka semua memiliki ratusan pertunjukan dan film yang fantastis. Masing-masing memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, dan semuanya dapat dinikmati di berbagai perangkat yang berbeda.

Alasan mengapa Netflix begitu dominan bermuara pada obsesinya dengan personalisasi. Ini adalah komponen inti dari kesuksesan pemasaran modern di hampir setiap industri saat ini. Rata-rata orang membolak-balik 40 hingga 50 pilihan di Netflix sebelum memilih satu untuk ditonton. Berkat personalisasi, tidak ada dua pengguna yang memiliki beranda yang identik.

Jangan abaikan personalisasi hanya karena Anda tidak punya anggaran besar atau keahlian yang diinginkan. Dengan berfokus pada pelanggan Anda, Anda dapat menciptakan pengalaman belanja yang disesuaikan dengan minat mereka, yang pada akhirnya mendapatkan lebih banyak keterlibatan.

Seiring waktu, strategi pemasaran modern yang berfokus pada personalisasi dan pengalaman pelanggan akan membantu membangun kepercayaan pada perusahaan Anda, yang mengarah pada hubungan pelanggan yang lebih kuat.

5. Biarkan Data Menunjukkan Rahasia ke Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Alasan pemasaran email dan personalisasi begitu mendarah daging dalam pemasaran modern adalah karena keduanya dibangun di atas fondasi yang sangat kuat. Landasan itu adalah data.

Munculnya otomatisasi pemasaran telah membuka jalan untuk personalisasi yang lebih besar, karena memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data, dan bereaksi sesuai. Lebih baik lagi, otomatisasi dapat melakukan ini secara instan.

Netflix mengakui nilai big data dan otomatisasi satu dekade yang lalu, menawarkan hadiah $1 juta kepada siapa pun yang dapat menghasilkan algoritme terbaik untuk memprediksi peringkat pelanggan berdasarkan data tentang peringkat sebelumnya. Banyak perusahaan masih dalam mode reaktif.

Namun, salah satu tip pemasaran modern terbaik dari strategi Netflix adalah kita harus proaktif. Dengan analisis data yang lebih baik, Anda dapat memahami apa yang dicari orang, dan Anda dapat menyediakannya sebelum permintaan benar-benar muncul.

6. Gunakan Pembelajaran Mesin (Machine Learning) untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Seperti yang telah disebutkan, tidak ada dua akun pengguna di Netflix yang sama. Urutan pertunjukan akan diatur berdasarkan aktivitas pengguna di akun itu. Namun, urutan pertunjukan bukanlah satu-satunya aspek yang terus berkembang.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa karya seni di pertunjukan berubah dari satu hari ke hari berikutnya? Misalnya, suatu hari Anda mungkin akan melihat kelima bintang berpakaian seragam sekolah Derry Girls, hanya saja gambar tersebut akan diganti pada kunjungan Anda berikutnya dengan wajah cemberut dari karakter utama acara, Erin. Ini bermuara pada pembelajaran mesin.

Pembelajaran mesin adalah teknologi yang mengubah permainan yang telah mengubah riset pemasaran secara besar-besaran, di banyak industri. Dengan alat berbasis Machine Learning sebagai inti dari strategi pemasaran modern Anda, Anda akan dapat membawa personalisasi dan otomatisasi ke tingkat yang sama sekali berbeda.

7. Fokuskan Layanan Pelanggan Anda Pada Orang yang Penting

Pada tanggal 28 Juni th 2018, Netflix melakukan sesuatu yang sangat brilian. Itu juga semacam pertaruhan, yang bisa dengan mudah menjadi bumerang. Tapi, seperti yang pasti sudah Anda kumpulkan sekarang, Netflix tidak takut mengambil risiko atau mencoba sesuatu yang sedikit aneh.

Tahun lalu adalah tahun yang besar bagi aktor kulit hitam, karena banyak bintang keturunan Afrika-Amerika membuat terobosan. Secara tradisional, Hollywood adalah kacang yang sulit dipecahkan bagi orang kulit berwarna. Tetapi ketika beberapa orang melihat hambatan, Netflix melihat peluang.

Maka, pada hari itu di bulan Juni, Netflix meluncurkan video yang terinspirasi dari foto “A Great Day in Harlem” Jika foto terkenal itu adalah kumpulan musisi jazz kulit hitam, video dari Netflix menampilkan karakter kulit hitam utama dari berbagai acara, film, dan dokumenternya.

Dengan 47 bintang ambil bagian, perusahaan ini menunjukkan keragaman usia dan jenis kelamin, menyoroti kurangnya keragaman etnis di Hollywood. Dalam satu gerakan, video ini memperkuat citra merek, membantu menampilkan Netflix sebagai merek progresif dan menarik di dunia baru yang berani. Mengingat mayoritas basis pengguna mereka terdiri dari milenial dan Gen Z, kampanye ini berhasil.

Jika orang muda yang peduli dengan lingkungan atau integritas sosial adalah sumber pendapatan utama Anda, berusahalah untuk memelihara kepercayaan dan loyalitas dengan mereka. Ini akan jauh lebih baik untuk bisnis Anda dalam jangka panjang.

Penutup: Jika Anda Ingin Memasarkan Secara Modern, Anda Harus Berani tampil beda

netflix-2

Netflix naik ke tampuk kekuasaan dengan memecahkan cetakan dan juga hati karyawan Blockbuster dan setiap pemilik situs web unduhan ilegal. Tidaklah mengherankan bahwa perusahaan akan melanjutkan hal yang sama dengan secara aktif mengeksplorasi cara pemasaran yang tidak ortodoks. Menjadi tidak dapat diprediksi dan eksperimental adalah dasar dari pemasaran modern.

Baik itu pelukan augmented reality (AR) dan pemasaran video edgy atau sentuhan mereka pada email lama yang andal, Netflix tidak pernah berdiri diam sejalan dengan para pesaingnya.

Bandersnatch mungkin merupakan awal dari era baru televisi, dan itu berasal dari keinginan Netflix untuk terus menembus batas. Perusahaan terus menguji ide-ide baru, merangkul teknologi baru, dan memanfaatkan pembelajaran mesin dan analisis data sebanyak mungkin untuk berhubungan dengan audiens mereka.

Dengan demikian, model bisnis Netflix berupaya untuk terhubung dengan orang-orang melalui pemasaran omnichannel, dan pada akhirnya, menawarkan pengalaman pengguna yang terpusat pada pelanggan dan dipersonalisasi yang tidak akan dilupakan orang.

Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Semakin Praktis dengan Aplikasi Klinik! Inilah 7 Manfaat Konsultasi Dokter Online

0
konsultasi-online

 

Dewasa ini, setelah pandemi semakin banyak masalah kesehatan yang muncul yang terkadang perlu penanganan segera untuk itu.

Alhasil, satu-satunya cara terbaik untuk memastikan diri kita sehat sepenuhnya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

Canggihnya, inovasi teknologi kekinian melahirkan banyak cara baru untuk mengecek kesehatan dengan dokter. Dulu, kita hanya bisa berobat dengan mengunjungi klinik. Lantas, solusi seperti apa yang dimiliki oleh teknologi agar tidak perlu mengunjungi klinik?

Jawabannya adalah aplikasi dokter online. Seperti apa cara kerja aplikasi dokter online? Apa sajakah keuntungan pemakaian aplikasi dokter online untuk dokter maupun pasien?

Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, seluruh pertanyaan Anda kami jawab secara lengkap pada artikel edisi kali ini. Yuk langsung simak manfaat memakai aplikasi klinik online untuk dokter dan pasien berikut ini!

Apa Itu Aplikasi Dokter Online?

online-doctor-1 aplikasi klinik

Aplikasi dokter online adalah aplikasi yang bermanfaat untuk mempermudah proses manajemen klinik. Dengan aplikasi, dokter bisa bertemu pasien secara online, memberikan resep dan obat secara online, dan pihak klinik bisa lebih praktis mengelola administrasi.

Inovasi teknologi pada industri kesehatan ini baru berkembang di beberapa tahun terakhir mengingat situasi pancaroba yang mengakibatkan banyak masyarakat gampang terserang penyakit.

Sayangnya, tidak semua wilayah mempunyai fasilitas dokter, khususnya wilayah terpencil. Kendala-kendala pelayanan kesehatan tersebutlah yang akhirnya mendorong kemunculan inovasi aplikasi klinik online. Dengan aplikasi dokter online, pasien dapat melakukan konsultasi dokter online gratis dari rumah.

Selain itu, biaya bertanya dokter online juga lebih murah dibandingkan konsultasi tatap muka. Bahkan ada banyak aplikasi menyediakan jasa konsultasi dokter online gratis.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Klinik Online?

Klinik online bekerja dengan praktis dan efisien untuk mempertemukan pasien dengan dokter spesialis yang dibutuhkan. Anda cukup login ke aplikasi, memilih dokter spesialis yang ingin diajak konsultasi dan membuat jadwal bertanya dokter online.

Begitu jadwal tiba, Anda akan dihubungi oleh dokter melalui chat atau video call. Terakhir, Anda akan diberikan resep obat yang bisa dibeli secara online.

Dengan aplikasi klinik, Anda bisa berobat langsung dari rumah secara praktis dan murah. Cara ini juga dijamin lebih aman sebab Anda tidak perlu bepergian dalam kondisi tidak enak badan.

Ada lebih banyak manfaat dari aplikasi klinik yang mungkin belum Anda ketahui. Jangan cemas, yuk lanjutkan scroll untuk mengetahui lebih banyak manfaat pemakaian aplikasi klinik untuk berobat online!

7 Manfaat Aplikasi Dokter Online untuk Dokter dan Pasien

Hampir semua aspek dalam kehidupan kita berkembang dengan sentuhan teknologi pada masa ini, termasuk layanan kesehatan. Ada banyak ragam keunggulan berobat melalui aplikasi konsultasi dokter online gratis seperti:

Hemat Tenaga, Waktu dan Efisien

Manfaat pertama memakai aplikasi klinik adalah hemat tenaga dan waktu konsultasi. Kinerja klinik dapat berlangsung secara lebih efisien dalam melayani kebutuhan konsumen melalui aplikasi. Pasien juga tidak perlu lama mengantre saat berobat karena ada banyak slot tenaga medis yang tersedia untuk diajak chat langsung saat itu juga.

Pun pasien tidak perlu menunggu jam buka klinik untuk bisa berobat karena fasilitas konsultasi di aplikasi berlangsung selama 24 jam. Jadi Anda bisa langsung menghubungi dokter kapanpun Anda merasa kurang sehat tanpa perlu melewati proses registrasi yang berbelit-belit.

Beli Obat Lebih Praktis dengan Delivery

Tak hanya bisa untuk tanya dokter online saja, aplikasi klinik juga dilengkapi dengan fasilitas pembelian obat secara online. Begitu dokter memberikan resep obat dari sesi konsultasi, Anda bisa langsung beralih ke menu ‘apotek’ dan membeli obat yang diresepkan dalam sekali klik.

Kemudian bagaimana dengan sistem pengambilan pesanan? Tidak perlu cemas, karena aplikasi klinik juga difasilitasi dengan jasa delivery alias pesan antar obat selama 24 jam. Jadi, Anda cukup menunggu saja dari rumah hingga pesanan datang.

Kinerja Dokter Lebih Maksimal

Faktanya, aplikasi tanya dokter online terbukti bisa mendorong pekerjaan dokter sehingga menjadi lebih maksimal. Dengan adanya bantuan fitur-fitur canggih dalam aplikasi, dokter bisa lebih mudah melaksanakan pekerjaannya seperti mengontrol kondisi pasien, mengecek jadwal konsultasi, membuat daftar kegiatan, hingga memudahkan proses komunikasi dengan pasien.

Dilengkapi Alarm Konsultasi Pasien Otomatis

Ada kalanya pasien membutuhkan konsultasi berkelanjutan atau check-up kondisi medisnya dengan dokter. Namun tak jarang juga proses check-up tidak berjalan sebagaimana mestinya karena pasien lupa dengan jadwal.

Dalam sistem klinik tradisional pun, dokter tidak pernah mengingatkan pasien untuk melakukan kontrol karena segudang pekerjaan lain yang harus ia selesaikan. Upaya pelacakan proses check-up pada klinik tradisional masih terbatas pada pemakaian kartu kontrol yang beresiko mudah hilang tanpa sengaja.

Namun aplikasi klinik punya solusi yang lebih baik. Aplikasi klinik umumnya dilengkapi dengan sistem catatan riwayat aktivitas dan alarm pengingat konsultasi. Alarm akan mengingatkan setiap pasien kapan harus berobat secara otomatis.

Sementara catatan riwayat aktivitas merekam seluruh proses pengobatan setiap pasien. Alhasil, petugas klinik dan pasien dapat selalu memonitor proses pengobatan tanpa perlu khawatir data bisa hilang tanpa sengaja.

Komunikasi Pasien dan Dokter Lebih Lancar

Tentunya aplikasi klinik bisa mempermudah kita dalam melakukan komunikasi dengan dokter dari beragam latar belakang spesialis. Semisal klinik tradisional dekat tempat tinggal Anda tidak menyediakan tenaga dokter yang sesuai dengan kebutuhan penanganan penyakit Anda.

Daripada repot mencari dari satu rumah sakit ke rumah sakit, lebih baik langsung pilih kategori dokter yang dibutuhkan pada aplikasi. Dalam hitungan menit, Anda sudah bisa mengobrol dengan dokter yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Administrasi Pasien Lebih Mudah Dikelola

Aplikasi klinik dapat mempermudah sistem pengelolaan administrasi pasien. Aplikasi menghapus kemungkinan human error seperti berkas pasien yang tercecer dan hilang dari tumpukan berkas.

Selain itu, proses pendataan juga dapat berlangsung lebih praktis karena setiap pasienlah yang mendaftarkan data dirinya secara mandiri. Proses pendaftaran dan pembuatan akun pun dapat berlangsung dengan cepat dalam hitungan menit.

Buat Janji dengan Dokter Dimana Saja Kapan Saja

Manfaat terakhir dari aplikasi klinik adalah mampu membuat janji dengan dokter dimana dan kapan saja. Setiap dokter mempunyai jam kerja yang berbeda-beda dan terbatas, sehingga terkadang hal ini menyulitkan pasien untuk membuat janji konsultasi.

Pasien tidak pernah tahu pasti kapan dokter pilihan mereka punya waktu luang untuk konsultasi, bukan?

Aplikasi klinik mengumpulkan banyak dokter dari beragam spesialis dan membagi jam kerja online mereka memakai sistem shift yang teratur. Sehingga, pasien bisa membuat janji dengan dokter mana saja selama 24 jam tanpa perlu khawatir tidak mendapatkan penanganan dokter.

Inilah Potensi Bisnis Aplikasi Klinik yang Harus Anda Manfaatkan

online-doctor-2 aplikasi klinik

Rupanya, aplikasi klinik online bisa turut menjadi prospek bisnis yang baik. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna internet di Indonesia yang sangat tinggi mencapai 196,7 juta jiwa. Tingginya jumlah pengguna internet otomatis akan memudahkan distribusi aplikasi konsultasi dokter online gratis di masyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Selain itu, target pasar aplikasi dokter online juga sangat besar dan tidak mungkin sepi peminat karena semua orang akan memerlukan fasilitas kesehatan dalam kehidupannya. Terbukti ketika sebagian besar bisnis dalam industri lain mengalami penurunan sebagai imbas pandemi Covid-19, bisnis online di bidang kesehatan justru bertahan dengan posisi stabil dan mengalami peningkatan.

Tidakkah Anda juga ingin tergerak membantu masyarakat memenuhi kebutuhan kesehatannya sekaligus memanfaatkan memperoleh keuntungan usaha?

Kabar gembiranya, menjalankan bisnis klinik digital bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi klinik digital terbaik berkualitas agar bisa memfasilitasi pertemuan pasien dan dokter dengan aman dan nyaman.

Tidak perlu pusing-pusing mencari aplikasi tersebut, sebab sekarang sudah ada aplikasi Klinik Digital by Appkey!

Aplikasi Klinik Appkey menawarkan banyak ragam manfaat menarik untuk Anda yang baru pertama kali ingin mengembangkan usaha klinik digital, seperti:

Mudah Dioperasikan oleh Pemula

Aplikasi Klinik Appkey didesain sedemikian rupa dengan tampilan antarmuka sederhana yang bisa memudahkan dioperasikan oleh pemula. Anda dijamin langsung bisa menguasai pemakaian fitur-fitur di dalamnya dalam sekali pakai!

Keamanan Tingkat Tinggi

Keamanan setiap user ada prioritas bagi Klinik App by Appkey. Setiap admin akan mendapatkan kode ID unik di Klinik App, sehingga Anda tidak perlu cemas terhadap potensi hack dari oknum hacker-hacker usil.

Selain itu, data-data pribadi seluruh pasien otomatis tersimpan dalam sistem penyimpanan rahasia dengan tingkat keamanan tinggi. Chat pasien dengan dokter pun terlindungi dengan mekanisme enkripsi terbaru privasi pasien sangat terjamin.

Bebas Update Jadwal Konsultasi

Setiap dokter yang bekerja di Klinik App bisa bebas menentukan jadwal layanan konsultasi sesuai kemampuannya. Sehingga, setiap dokter masih bisa mengerjakan pekerjaan lain di luar jam kerja pada aplikas.

Data-data ketersediaan dokter akan otomatis terupdate ke pasien melalui sistem notifikasi real-time. Sistem auto-sinkronisasi ini masih belum dimiliki oleh aplikasi klinik lainnya. Jadi, masih ragu untuk mencoba mengelola klinik dengan Klinik App by Appkey?

Yuk dapatkan layanan paket lengkap pengembangan Klinik App by Appkey sekarang juga dari link: https://appshop.co.id/klinik/. Dengan harga paling terjangkau se-Indonesia, Appkey menawarkan proses pengembangan bisnis klinik digital secara praktis dan lengkap, mulai dari konsultasi rencana pengembangan usaha, pembangunan aplikasi sesuai permintaan Anda, hingga pendaftaran aplikasi ke platform Google Play dan AppStore.

Kesempatan baik tidak akan datang dua kali, jadi segera raih peluang bisnis klinik digital Anda bersama Appkey!

Cara Membangun Kerangka Strategi Konten Marketing

0
content-marketing

Konten marketing membentuk tulang punggung inisiatif pemasaran digital perusahaan mana pun. Dan, alasannya sederhana ini terintegrasi dengan semua jenis taktik pemasaran seperti media sosial, influencer, SEO, dan lainnya.

Tidak ada taktik pemasaran yang dapat bekerja tanpa konten dan oleh karena itu, konten adalah inti dari semua pemasaran digital.

Hal ini mungkin merupakan alasan mengapa 93% pemasar B2B paling sukses sangat berkomitmen pada pemasaran konten. Secara keseluruhan, 67% pemasar B2B dan 64% pemasar B2C menganggap serius pemasaran konten dan menganggapnya penting.

Namun, hanya 39% pemasar B2B dan 33% pemasar B2C memiliki strategi konten terdokumentasi. Itulah salah satu alasan mengapa hanya seperempat pemasar yang menganggap pemasaran konten mereka lebih dari cukup berhasil.

Memiliki strategi konten yang terdokumentasi dengan baik dapat membantu menyelaraskan anggota tim Anda dan membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama mengenai tujuan yang ingin Anda capai.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas kerangka strategi konten yang mencakup enam pilar strategi konten yang efektif. Anda dapat menggunakan ini sebagai panduan referensi untuk membuat strategi konten Anda.

1. Tujuan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat merencanakan strategi konten adalah menentukan tujuan Anda. Anda tidak dapat merencanakan strategi kecuali Anda jelas tentang apa yang ingin Anda capai dari inisiatif Anda.

Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik ke blog Anda atau hanya melibatkan audiens Anda dengan konten media sosial yang menarik, Anda perlu menentukan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa sasaran pemasaran konten terpopuler yang dapat Anda pilih:

Spesifik

Sasaran tidak boleh samar seperti “meningkatkan brand awareness” atau “mendapatkan lebih banyak konversi penjualan”. Mereka harus spesifik dengan detail tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda berencana mengukurnya.

Jadi, daripada menetapkan sasaran seperti “tingkatkan konversi penjualan”, tetapkan sasaran seperti “tingkatkan penjualan sebesar x% dalam periode Y”. Sasaran tertentu harus selalu memiliki tenggat waktu dan metrik yang dapat diukur yang dapat mengukur keberhasilan atau kegagalan.

Terukur

Untuk membuat sasaran Anda terukur, Anda perlu menetapkan KPI (Key Performance Indicator) untuk melacak dan mengukur kinerja Anda menuju sasaran itu.

Tujuan yang tidak dapat dilacak dan diukur tidak menyelesaikan tujuan, jadi Anda harus selalu menetapkan tujuan yang dapat diukur.

Bisa dicapai

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dalam durasi waktu yang telah Anda tetapkan untuk mengukur kinerja Anda pada KPI (Key Performance Indicator) yang Anda tetapkan.

Realistis

Jangan menetapkan tujuan yang tidak realistis yang tidak dapat Anda capai. Ketahui kemampuan Anda dan tim Anda dan tetapkan tujuan yang dapat Anda capai secara realistis.

Dibatasi waktu

Selalu tetapkan tenggat waktu untuk semua tujuan Anda, karena itu adalah jangka waktu yang akhirnya akan Anda ukur kinerja Anda.

2. Penonton

Langkah selanjutnya adalah memahami dan menentukan audiens target Anda. Lebih baik lagi jika Anda membuat persona pelanggan untuk semua segmen audiens yang ingin Anda targetkan.

Setiap persona harus menyertakan demografi, minat, perilaku, tantangan, dll. 77% pemasar paling sukses menggunakan persona pelanggan untuk pemasaran konten mereka.

Semakin baik Anda memahami audiens Anda, semakin bertarget Anda dapat membuat konten Anda. Dan, itu akan membantu Anda mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan untuk kampanye Anda.

3. Jenis Konten, Suara dan Nada

content

Ini adalah langkah di mana Anda memutuskan dengan tepat jenis konten apa yang ingin Anda buat. Selama tahap ini, Anda juga perlu menentukan suara dan nada merek yang akan Anda gunakan untuk semua konten Anda.

Jenis konten dapat mencakup posting blog, konten media sosial, video, infografis, atau apa pun yang ingin Anda sertakan dalam strategi konten Anda.

Aspek kedua berkaitan dengan menjaga konsistensi pesan dan suara merek Anda di semua konten dan saluran Anda. Setiap merek yang sukses memiliki suara merek yang jelas dan berbeda. Setelah Anda, suara merek Anda yang mengomunikasikan kepribadian merek Anda.

Misalnya brand kecantikan Dove yang memiliki brand voice yang sangat jelas dan khas. Semua pesan mereka difokuskan pada pemberdayaan perempuan dan mempromosikan inklusi.

Baik Anda melihat postingan media sosial, iklan TV, atau bentuk konten lainnya, suara merek mereka konsisten. Pesan mereka kuat dan memberdayakan, apa pun jenis konten yang mereka posting.

Selain itu, ingatlah bahwa tidak selalu memungkinkan untuk membuat konten segar secara sering dan konsisten. Ini terutama berlaku untuk konten media sosial karena untuk sebagian besar platform, Anda perlu memposting hampir setiap hari.

Jadi, Anda harus memiliki strategi kurasi konten untuk memastikan bahwa Anda menemukan dan membagikan konten yang relevan, meskipun Anda tidak dapat membuat konten baru setiap saat.

Anda dapat menggunakan alat kurasi konten untuk tujuan ini atau mencari dan membagikan konten secara manual. Jika Anda memiliki blog, terkadang Anda dapat membagikan atau memperbarui dan membagikan entri blog lama alih-alih selalu membuat yang baru.

Ini memastikan bahwa Anda memposting sesuatu secara teratur, tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pembuatan konten.

4. Saluran Distribusi

Setelah Anda menyelesaikan konten Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan frekuensi posting dan saluran distribusi. Anda harus memilih campuran saluran distribusi dan tidak berfokus hanya pada satu atau dua.

Jika Anda sudah memiliki blog, maka itu harus menjadi fokus utama strategi distribusi konten Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki blog, Anda selalu dapat memposting tamu di situs web dan blog lain yang relevan di industri Anda.

Media sosial adalah bagian penting dari strategi distribusi konten sebagian besar pemasar. Tapi, Anda tidak boleh berlebihan dengan memposting apa saja di semua platform sosial. Sebagai gantinya, pilih 2-3 platform media sosial dan buat konten yang paling sesuai untuk platform tersebut.

Jika Anda memiliki perusahaan B2B, Anda harus menyertakan LinkedIn sebagai salah satu saluran distribusi konten utama Anda. Anda juga dapat menjelajahi saluran lain seperti Quora, Reddit, dll. Ini adalah forum komunitas tempat Anda dapat memposting konten dengan menjawab pertanyaan atau berpartisipasi dalam diskusi.

Pilih saluran distribusi Anda berdasarkan di mana Anda dapat menemukan audiens target Anda karena ini akan berbeda berdasarkan jenis bisnis yang Anda miliki dan industri Anda.

5. Alur Kerja/Manajemen Tugas

Apa pun saluran distribusi yang Anda pilih, Anda perlu memiliki kalender editorial yang dengan jelas menunjukkan konten apa yang perlu diterbitkan pada hari apa dan pada jam berapa. Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengelola kalender konten dan menjadwalkan konten.

Apa pun alat atau kombinasi alat yang Anda pilih, pastikan Anda memiliki visibilitas lengkap atas semua tugas dan jadwal konten. Selain itu, pastikan Anda memiliki cara mudah untuk berkomunikasi dengan semua anggota tim dan melacak status tugas setiap saat.

6. Pelacakan dan Pengukuran Kinerja

content-marketing-1

Tidak ada kerangka strategi konten yang lengkap tanpa menyertakan pelacakan dan pengukuran kinerja. Anda harus selalu memasukkan cara untuk melacak kinerja konten karena itulah cara Anda mengukur keberhasilan atau kegagalan inisiatif Anda.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, semua tujuan konten harus memiliki KPI yang dapat digunakan untuk mengukur apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak. Jadi, Anda menetapkan tujuan, menjalankan strategi Anda, mengukur kinerja, dan meningkatkan strategi masa depan Anda.

Jadi, siapkan rencana untuk mengukur kinerja konten Anda dan gunakan wawasan ini untuk mendorong strategi masa depan Anda.

Anda juga harus menggunakan alat analitik untuk menganalisis kinerja konten Anda dan mendapatkan wawasan terperinci. Untuk konten yang diposting di situs web Anda, alat sederhana seperti Google Analytics akan memberikan wawasan yang cukup tentang halaman mana yang berkinerja baik dan mana yang tidak.

Untuk konten media sosial, Anda dapat menggunakan alat analitik bawaan setiap platform untuk mengetahui posting mana yang berkinerja baik.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menjalankan kampanye pemasaran konten yang sukses, Anda harus memiliki strategi konten yang solid. Panduan kerangka strategi konten ini akan membantu Anda mengembangkan strategi konten yang unggul dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memodifikasi satu atau lebih dari enam elemen yang dibahas di atas dan menyesuaikan strategi Anda untuk setiap kampanye.

Validasi Ide : Bagaimana Mem-Validasi Ide di Awal Sebuah Pendirian Startup?

0
validasi ide

Di zaman sekarang ini, dimana perusahaan startup sedang berkembang dengan pesatnya, tentunya ide merupakan hal yang penting.

Oleh karena itu, proses validasi ide harus dilakukan sebaik mungkin dalam perusahaan startup. Dikarenakan melalui ide suatu permasalahan dalam masyarakat dapat diselesaikan.

Lalu bagaimanakah proses validasi ide dalam perusahaan startup itu sendiri? Berikut ini pembahasannya!

Validasi Ide Perusahaan Startup

Dalam salah satu rangkaian mentoring program akselerasi DS Launchpad 2.0 bersama dengan Amazon Web Service (AWS), mereka membahas idea validation, yang menghadirkan Pandu Sjahrir, Managing Partner of Indies Capital Partners dan Wilson Cuaca, Co-Founder of East Ventures.

Program DS Launchpad 2.0 sendiri merupakan program yang banyak membantu sekaligus meng-support startup lokal dalam mengakselerasi bisnis mereka. Program ini juga memfasilitasi para calon founders untuk mempelajari prinsip-prinsip yang dibutuhkan dalam membangun startup.

Banyak kegiatan yang dilakukan program ini, mulai dari webinar, mentoring, hingga kompetisi antar para calon founders.

Banyak juga topik yang mereka bahas, mulai dari business model hingga idea validation.

Seperti apakah validasi ide menurut Pandu Sjahrir dan Wilson Cuaca dalam program akselerasi DS Launchpad 2.0 itu?

Berikut ini pembahasannya!

Langkah-Langkah Mem-Validasi Ide Perusahaan Startup

validasi-ide-1

Langkah-langkah mem-validasi ide perusahaan startup menurut Pandu Sjahrir dan Wilson Cuaca dalam rangkaian mentoring program akselerasi DS Launchpad 2.0 yang berkolaborasi dengan Amazon Web Service adalah sebagai berikut.

First Step : Pastikan Problem Statement

Hal-hal yang harus dilakukan oleh para calon founders perusahaan startup dalam mem-validasi ide adalah sebagai berikut.

  • Pastikan problem yang harus diselesaikan oleh suatu ide;
  • Break down apa yang harus diketahui dan dilakukan untuk merealiasikan.

Pastikan Problem yang Harus Diselesaikan

Untuk melakukan idea validation, harus tahu dulu apa yang mau di-address, isunya apa. Kemudian pastikan berapa besar market-nya dan apa yang membuat seseorang ingin menggunakan suatu produk, papar Pandu Sjahrir.

Proses penentuan problem statement berguna untuk membantu calon founders melihat beberapa hal, seperti:

  • Apakah suatu ide akan berguna di masyarakat;
  • Apakah suatu ide dapat meningkatkan efisiensi pada suatu sistem;
  • Melakukan pembentukan produk di awal untuk menemukan perbedaan dengan para produk kompetitor lainnya;
  • Bahan untuk meyakinkan para investor terhadap

Melakukan validasi dulu terhadap problem adalah hal yang penting dikarenakan seorang calon founder menggunakan dana pihak ketiga, bukan dana sendiri. Sementara pihak ketiga akan selalu meminta (mempertanyakan) apa yang membuat seorang calon founder convince (yakin) dengan hipotesis bisnisnya, diluar sebuah presentasi yang bagus, tambah Pandu Sjahrir.

Second Step : Berinteraksi dengan Konsumen untuk Mendapatkan Feedback selama Validasi

Dalam melakukan validasi ide seorang calon founder perlu berinteraksi dengan para  calon konsumen.

Manfaat yang didapatkan dari berinteraksi dengan calon konsumen, adalah

  • Dapat menjadi acuan untuk iterasi berikutnya sehingga ide tersebut benar-benar dapat menyelesaikan problem yang dimiliki oleh konsumen;
  • Mengetahui apakah produk yang dimiliki dapat diterima atau tidak oleh pasar.

Menjadi Acuan untuk Iterasi Berikutnya

Tentukan problem-nya. Bangun produknya. Cocokkan apakah problem tersebut bisa diselesaikan.

Kemudian terus bicara ke banyak orang. Dapatkan feedback. Cocokkan lagi. Benar tidak problem-nya selesai. Jadi ada banyak trial and error. Namun sebelumnya problem statement itu harus jelas sekali.

Begitulah yang dipaparkan oleh Winston Cuaca.

Mengetahui Apakah Produk yang Dimiliki Dapat Diterima atau Tidak oleh Pasar

Tanya ke calon customer apakah problem yang dimiliki bisa diselesaikan dengan baik. Itu baru ide dan validasi pertama yaitu sebuah product-market fit (produk yang cocok dengan pasar), papar Wilson Cuaca, belum bicara tentang monetisasi dan lainnya.

Berinteraksi dengan pengguna untuk mendapatkan feedback dapat menghindarkan seorang calon founder dari founder bias, membuat calon founder tersebut merasa bahwa idenya yang terbaik, terhebat, dan tidak ada founder lain yang dapat meniru idenya.

Bisa saja seorang calon founder memiliki ide yang sama dengan calon founder lainnya. Tetapi bagaimana ide tersebut dieksekusi dan siapa yang mengeksekusi-nya adalah hal yang membedakannya.

Hal buruk terkait idenya sebaiknya juga didengarkan oleh seorang calon founder, agar dapat melakukan iterasi dengan jauh lebih baik lagi.

Dan ini merupakan kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh calon founder, tegas Pandu Sjahrir.

Kesalahan terbesar seorang calon founder adalah tidak mau mendengarkan orang juga customer-nya, tegasnya.

Third Step : Eksekusi sebagai Bagian dari Langkah Awal Mem-Validasi Ide

Proses validasi ide tidak berhenti sampai disitu saja. Hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh calon founder dalam proses validasi ide adalah mengeksekusi ide tersebut.

Bahkan dapat dikatakan bahwa proses ini merupakan ‘langkah awal’ dalam validasi ide.

Seperti yang dipaparkan Wilson Cuaca. Jadi langkah pertama dari semua itu (proses validasi ide), pada dasarnya, adalah mengeksekusi ide, jangan merasa ide tersebut adalah ide yang terbaik.

Validasi terus, jika bisa punya ide banyak tapi tidak bisa dieksekusi, untuk apa, tambah Panji Sjahrir.

Hasil yang kurang memuaskan atau tidak sesuai ekspektasi adalah hal yang mungkin muncul ketika melakukan eksekusi.

Tetapi, masing-masing calon founder dapat melihat apa yang perlu diperbaiki dan di-iterasi dari ide startup-nya melalui kekurangan dan kegagalan yang dialami.

Tidak ada eksekusi yang seratus persen baik, yang ada hanya eksekusi yang efisien, tepat sasaran, pada waktu yang tepat, tempat yang tepat, problem yang tepat, juga mendapatkan feedback yang baik dari user.

Feedback itu digunakan untuk (selanjutnya) dapat melakukan eksekusi yang lebih baik lagi, ujar Wilson.

Manfaat Mengeksekusi Ide

Eksekusi adalah hal yang krusial sebagai bagian dari proses melakukan validasi ide.

Semakin cepat seseorang melakukan eksekusi, semakin cepat juga ia belajar untuk melakukan perbaikan di masa depan.

Semakin menunggu, semakin seseorang telat dibanding yang lain.

Dengan semakin cepat mengerjakannya, bukan hanya mendapatkan first mover advantage saja, namun bisa juga belajar dengan lebih cepat dibandingkan orang lain yang mengeksekusinya di kemudian hari, tegas Wilson Cuaca.

Memiliki ide bisnis yang tervalidasi dengan baik dapat menjadi bekal yang bagus bagi sebuah startup dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, tanpa di-eksekusi dengan business model yang tepat ide bisnis tersebut akan menjadi sia-sia.

Seperti apakah business model tersebut?

Berikut penjelasannya!

Business Model Startup

validasi-ide-2

Bagaimana suatu startup dapat mengoperasikan juga menghasilkan value dan revenue bagi bisnis-nya dijelaskan dalam business model.

Dan untuk menciptakan business model bukanlah hal yang mudah.

Tidak hanya perlu memikirkan solusi yang tepat, tetapi bagaimana solusi tersebut dapat menghasilkan penghasilan bagi bisnisnya adalah hal yang juga harus dilakukan oleh calon founder.

Demi mencapai hal tersebut, calon founder harus dapat bereksperimen untuk menemukan komposisi business model yang tepat.

Business model juga menjadi topik yang dibahas oleh DSLaunchpad 2.0, berkolaborasi dengan AWS atau Amazon Web Service.

Adapun pakar bisnis yang dihadirkan adalah Edy Sulistyo, CEO of Go-Play, Markus Liman Rahardja, Vice President of Investor Relation & Strategy BRI Ventures, dan Steve Patuwo, Business Development Manager of AWS.

Business Model Canvas (BMC)

Kerangka business model yang banyak digunakan oleh para calon founder adalah Business Model Canvas (BMC).

Business Model Canvas (BMC) adalah sebuah manajemen strategi dan lean startup template yang berguna untuk mengembangkan dokumen business models yang ada atau yang baru.

Kanvas ini adalah sebuah visual chart dengan elemen-elemen yang menggambarkan sebuah perusahaan atau proporsi product value, infrastruktur, customers dan keuangan. Kanvas ini membantu perusahaan dalam hal pelurusan aktivitas mereka dengan mengilustrasikan potential trade-offs (perdagangan keluar yang berpotensi).

Banyak manfaat yang dapat diberikan oleh kanvas yang pada awalnya diusulkan oleh Alexander Osterwalder di tahun 2005 ini, untuk sebuah startup.

Sebuah startup dapat menyusun, memvisualisasikan, serta menjelaskan elemen-elemen bisnis yang saling memiliki keterkaitan.

Business model itu menunjukkan kemampuan para startup berelasi dengan customer dan juga bagaimana startup tersebut mendatangkan pendapatan, tegas Markus Liman Rahardja, Vice Presedent of Investor Relation & Strategy BRI Ventures.

Terdapat sembilan elemen Business Model Canvas (BMC) yaitu: Key Activities, Key Partners, Key Resources, Channels, Value Proportion, Customer Segments, Customer Relationships, Revenue Streams, dan yang terakhir Cost Structure.

Struktur ini memugkinkan seseorang untuk, secara mendasar, dapat mengemukakan elemen-elemen yang dibutuhkan untuk mengoperasikan bisnis startup-nya. Elemen-elemen inilah yang harus diperhatikan sebelum seseorang mengeksekusi startup-nya, papar Steve Patuwo terkait penggunaan Business Model Canvas (BMC).

Selain itu, kanvas ini juga dapat menunjukkan kekuatan yang dapat dimanfaatkan, juga kekurangan yang perlu diperbaiki oleh sebuah startup.

Seorang calon founder juga terbantu dalam hal mengembangkan ide atau membuat business model baru melalui kanvas ini.

Validasi Business Model Canvas (BMC)

Bukan hanya ide saja yang harus divalidasi oleh para calon founder startup, tetapi juga business model-nya.

Business model itu sebenarnya harus divalidasi juga, tidak bisa asal diasumsi hanya karena seorang kompetitor melakukan itu, kemudian bisa melakukan itu juga, belum tentu juga, papar Edy Sulistyo.

Pada awalnya, mungkin seorang calon founder startup perlu melakukan eksperimen untuk berhasil menemukan formula yang tepat terkait ide dan business model startup-nya.

Pada proses ini, penting bagi seorang calon founder startup untuk melibatkan pengguna secara langsung, untuk mengetahui apa yang dipikirkan serta dirasakan oleh pengguna ketika mereka menggunakan produk yang dimiliki oleh calon founder startup.

Mencoba untuk memahami customer secara langsung adalah bagaimana kita mengotori tangan kita, coba untuk pahami apa yang benar-benar dibutuhkan atau problem apa yang mereka miliki daripada apa yang kita pikirkan mereka punya problem, papar Edy Sulistyo, CEO of Go-Play.

Edy memaparkan, terkait validasi ide dan business model, salah satu faktor yang dapat dilihat apabila masalah yang disasar benar-benar ada dan dirasakan oleh pengguna adalah adanya pengguna yang mau membayar untuk produk atau pun jasa yang diciptakan oleh startup.

Jika customer sebenarnya bersedia untuk membayar, berarti terdapat sebuah masalah (a real problem), tegas Edy.

Seperti Apa Bussines Model yang Baik untuk Startup?

Seperti apa business model yang baik untuk startup?

Steve Patuwo, Business Development Manager of Amazon Web Service, memaparkan apabila business model tersebut selaras dengan apa yang ingin dicapai oleh para founders startup.

The one that is true to your heart, what you really want to solve, what you passionate about, jelasnya.

Tidak ada business model yang salah atau benar, tapi apakah business model tersebut tepat atau tidak untuk sebuah startup, papar Edy.

Baginya, business model terbaik adalah yang dapat memberikan keuntungan bagi setiap pihak yang terlibat.

Namun sebetulnya, business model yang baik itu, pastinya customer berasa happy. Tidak ada business model yang benar atau salah. Dari bisnis kita customer bersedia untuk membayar, dan di waktu yang sama pasar juga bertumbuh, saya pikir itu adalah business model terbaik, everybody win-win, papar Edy lagi.  

Sementara dari sudut pandang investor, Markus menilai business model yang baik adalah business model yang dapat dilihat dari sudut pandang profitabilitas-nya.

Hal ini dapat menjadi indikator apakah sebuah startup dikatakan gagal atau tidak, bukan dari apakah startup tersebut dapat menghadirkan produk atau tidak, ujar Markus.

Startup yang tidak berhasil menciptakan sebuah produk bukanlah startup yang gagal, tetapi startup yang tidak bisa menciptakan business model yang baik untuk mencapai profitability. Jadi perlu dipikirkan masak-masak sebelum mempersiapkan sebuah startup kepada customer, papar Markus.

Closure

Membuat business model memang merupakan hal yang menantang bagi para founder baru. Namun, apabila seorang founder dapat menyusun dan menjelaskan business model yang dimiliki dengan baik, tidak hanya akan berguna untuk perkembangan perusahaan, tetapi juga dapat menarik hati para investor saat melihat startup-nya.

Validasi ide dalam perusahaan startup memiliki banyak manfaat. Para calon founders dapat segera mengidentifikasi masalah sekaligus menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Melalui hal tersebut, dapat terjadi monetisasi ide sehingga sebuah startup dapat berkembang.Dan lagi banyak orang yang akan terbantu melalui ide tersebut.

Semakin ide yang diciptakan dapat membantu banyak orang, semakin sebuah startup dapat di-monetisasikan.

Demikian informasi mengenai validasi ide dalam sebuah perusahaan startup. Yang tentunya dapat memberikan manfaat untuk Anda yang ingin memulai perusahaan startup.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Sampai jumpa di pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya dari Markey!