Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 65

Jangan Asal Pilih! Inilah 8 Kriteria Aplikasi Klinik yang Tidak Cocok Digunakan Berbisnis

0
aplikasi klinik

Apapun jenis bisnisnya, saat ini mengembangkan bisnis memang paling praktis dengan menggunakan aplikasi. Termasuk saat Anda mengembangkan bisnis klinik dengan aplikasi klinik online gratis.

Saat ini, trend berobat praktis dengan aplikasi klinik online sedang marak di masyarakat modern. Berbondong-bondong masyarakat beralih dari konsultasi dokter tradisional ke konsultasi menggunakan aplikasi klinik gratis. Mengapa?

Jawabannya tak lain karena kepraktisan dari bisnis dengan aplikasi klinik gratis itu sendiri. Aplikasi klinik online bisa lebih mudah menghubungkan dokter dengan pasien. Membeli obat pun dapat dilakukan secara online dan diantar memakai jasa delivery. Anda pun hanya perlu menunggu di rumah tanpa repot bepergian dalam kondisi tidak sehat.

Dengan semua kemudahan di atas, maka otomatis, keuntungan berbisnis klinik saat ini dapat meningkat dengan lebih signifikan sekaligus optimal. Namun, kami sarankan untuk Anda tetap berhati-hati karena kenyataannya, tidak semua klinik app layak dipakai berbisnis.

Kira-kira seperti apa ciri-ciri dari aplikasi yang tidak cocok digunakan untuk berbisnis klinik? Di mana juga kita bisa mendapatkan aplikasi bisnis klinik online yang murah, berkualitas sekaligus 100% aman?

Anda beruntung karena semua pertanyaan tersebut telah kami rangkum jawabannya pada artikel edisi kali ini. Yuk langsung saja kita cari tahu penjelasan lengkapnya bersama-sama berikut ini. Selamat membaca!

Waspada! 8 Ciri Aplikasi Klinik Gratis yang Tidak Layak Digunakan Berbisnis

clinic app

Banyak masyarakat awam masih belum paham bahwa berbisnis online tidak bisa dilakukan dengan sembarang aplikasi. Terlebih lagi jika Anda berbisnis klinik yang dari segi pelayanan sangat berbeda dibandingkan bisnis online shop biasa.

Buktinya, meskipun saat ini ada banyak aplikasi klinik beredar di pasaran, masih banyak juga pengelola klinik dan konsumen yang tidak puas dengan aplikasi yang digunakan. Hal ini karena klinik app tersebut dinilai tidak praktis, sulit dipakai dan belum mampu memfasilitasi fitur-fitur pelayanan standar dengan baik.

Untuk itulah Anda perlu cermat memilih aplikasi sebelum memulai klinik online. Agar tidak tertipu dan investasi berujung sia-sia, berikut ini adalah 8 ciri aplikasi klinik yang tidak layak dipakai dalam berbisnis:

Tidak Punya Pengaturan Multi Tarif

Pertama adalah klinik app yang tidak memiliki pengaturan multi tarif. Sebuah klinik tentunya tidak hanya melayani 1 jenis pengobatan saja, sehingga sudah pasti sebuah klinik memiliki tarif yang berlainan untuk pelayanan yang berlainan. Semakin rumit bentuk penanganan dan banyak obat yang diberikan kepada pasien, maka tarif jasa juga akan semakin mahal.

Untuk itu, aplikasi bisnis klinik Anda harus mampu mengatur multi tarif secara otomatis. Klinik app yang baik harus dilengkapi dengan kecerdasan buatan sendiri agar bisa menghitung dan melaporkan tarif pelayanan yang benar kepada setiap konsumen. Jika tidak, maka konsumen berpotensi komplain gara-gara tarif yang diberikan tidak sesuai dengan model pelayanan yang diterima.

Data Rekam Medis Tidak Jelas (Dobel, Tidak Lengkap)

Salah satu tujuan utama orang-orang beralih ke pemakaian klinik app adalah karena software IT ini bisa lebih praktis dan mudah dalam melakukan pendataan rekam medis. Rekam medis sendiri adalah berkas-berkas personal milik setiap pasien yang mencakup identitas pasien, riwayat pengobatan dan pemeriksaan, tindakan yang pernah diterima konsumen, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan kondisi medis sang pasien.

Maka dari itu, rekam medis amat sangat penting dalam keberlangsungan sebuah klinik. Catatan rekam medis tidak boleh dobel, hilang, tertukar, apalagi tidak lengkap karena akan menyulitkan tim medis dalam menindaklanjuti pengobatan pasien.

Jadi, pastikan aplikasi Anda mampu mencatat semua informasi pasien dan menyimpannya secara aman dan rahasia. Memastikan keamanan data-data pasien juga penting karena hacker bisa mencuri informasi sensitif yang tidak dijaga untuk keuntungan pribadi.

Tidak Langsung Tersinkronisasi BPJS

BPJS adalah asuransi milik pemerintah Indonesia yang paling populer karena bisa dimiliki oleh masyarakat kecil. Dengan BPJS, pasien dapat memperoleh tanggungan biaya berobat secara penuh dari aneka rumah sakit dan klinik.

Sebuah klinik online yang baik pun patutnya harus sudah tersinkronisasi dengan BPJS maupun layanan asuransi lainnya, sehingga pasien bisa mengklaim asuransi sembari berobat secara online.

Tidak Terhubung dengan Apotek Online

Saat berobat ke klinik, pasien juga berhak untuk langsung mendapatkan obat dari dokter pasca konsultasi. Tujuannya tentu agar pasien tidak bingung dimana bisa mendapatkan obat dan penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Klinik online dapat membantu memfasilitasi kebutuhan yang satu ini dengan langsung menyambungkan aplikasi konsultasi dengan menu apotek online. Alhasil, pasien bisa langsung memesan obat dalam aplikasi dan menunggu obat diantar oleh jasa delivery apotek. Anda pun bisa mendapatkan keuntungan lebih dari komisi konsultasi dengan dokter dan komisi jasa apotek.

Tidak Support Multi-Cabang Klinik

Aplikasi yang tidak support multi-cabang klinik biasanya akan sulit berkembang dan merugikan pengelola. Itu karena Anda harus merogoh dompet lebih dalam guna membangun aplikasi untuk setiap cabang klinik yang dimiliki. Daripada boros tenaga, waktu dan biaya demi membangun puluhan aplikasi sejenis, lebih baik pastikan kembali jika klinik app Anda bisa support pelayanan banyak cabang sekaligus.

Tidak Ada Rujukan ke RS

Terkadang, penyakit-penyakit berat dan serius memerlukan rujukan ke RS untuk mendapatkan penanganan lebih baik. Agar pasien lebih cepat dan langsung ditangani di RS, maka pihak klinik bertanggung jawab untuk memberikan rujukan ke RS terdekat.

Klinik app pun seharusnya bisa memberikan rujukan ke RS jika diperlukan supaya pasien bisa bergegas memperoleh penanganan lebih cepat. Bayangkan betapa rumitnya jika klinik app Anda tidak bisa memberikan rujukan langsung ke RS, sehingga pasien harus pontang-panting mencari rujukan sendiri. Citra klinik app Anda juga akan langsung buruk dimata pasien.

Penghitungan Keuangan Tidak Jelas

Klinik app Anda pada dasarnya adalah aplikasi bisnis, sehingga, penting bagi aplikasi untuk dilengkapi dengan mesin penghitung dan pelaporan keuangan yang jelas. Pencatatan dan pelaporan transaksi yang tidak jelas akan sangat berdampak membahayakan bisnis Anda lantaran kacaunya pembukuan uang keluar-masuk dan monitoring keuntungan-kerugian.

Nomor Antrian Pasien Berantakan

Terakhir, klinik app Anda harus mampu memberikan nomor antrian pasien secara runut jika diperlukan. Andai kata jadwal pemeriksaan dan konsultasi sedang padat, maka pasien yang baru log-in harus mengatre hingga mendapat giliran. Agar tidak memicu kekacuan, nomor antrian yang diberikan kepada pasien pun harus runut dan benar.

Solusi Aplikasi Digital Klinik Terbaik dan Termurah Khusus untuk Anda

dokter-online

Itu dia 8 ciri dari klinik app yang harus Anda hindari dalam berbisnis. Daripada terbuai bujuk rayu penawaran aplikasi murah abal-abal dari jasa pengembangan aplikasi penipu, lebih baik langsung gunakan klinik app terpercaya dari jasa pengembangan aplikasi APPSHOP: Klinik Digital App.

APPSHOP adalah jasa pengembangan aplikasi berkualitas termurah se-Indonesia yang sudah mengantongi puluhan pengalaman profesional. Sehingga, Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas klinik app dari APPSHOP.

Klinik Digital App ini pun menawarkan banyak ragam manfaat menarik untuk Anda yang baru pertama kali mengembangkan usaha klinik, seperti:

Diproteksi Keamanan Berlapis

Keamanan rekam medis menjadi prioritas dari Klinik Digital App. Untuk mencegah kejadian yang tak diharapkan, maka setiap admin klinik akan mendapatkan kode ID unik untuk bisa login mengakses data-data tertentu. Selain itu, chat konsultasi pasien dan dokter pun diproteksi dengan enkripsi terbaru.

Mudah Digunakan Pemula

Klinik App APPSHOP sengaja didesain sedemikian rupa dengan tampilan sederhana demi memudahkan digunakan oleh pemula, orangtua, dan anak-anak sekalipun. Tidak perlu banyak tutorial, Anda dijamin bisa menguasai fitur-fitur di aplikasi dalam sekali pakai!

Artikel Medis Terupdate

Siapa yang tidak ingin mendapatkan artikel kesehatan menarik terbaru secara gratis? Demi mendukung kesehatan masyarakat Indonesia, Klinik App APPSHOP turut dilengkapi dengan berisi beragam artikel kesehatan menarik dan gratis yang bebas dibaca pasien. Diharapkan artikel-artikel ini bisa meningkatkan pengetahuan pengguna terkait cara menjaga kesehatan yang benar.

Push Notification

Push notification digunakan untuk mengirim notifikasi terlengkap kepada pasien meski tidak sedang menggunakan aplikasi. Informasi tersebut bisa mencakup jadwal tersedia dokter, jadwal konsultasi dan check-up, dan lain-lain. Alhasil, pasien bisa selalu mendapatkan informasi dan tidak ketinggalan penawaran berobat terbaru.

Update Jadwal Konsultasi

Terakhir, ada fitur update jadwal dan rencana konsultasi jika terjadi perubahan mendadak yang tidak bisa diganggu-gugat. Fitur ini akan sangat membantu menekan miskomunikasi antara dokter dan pasien jika salah satu tiba-tiba berhalangan untuk hadir check-up.

Nah, klinik app by APPSHOP ini sudah terbukti siap meningkatkan kualitas branding bisnis klinik Anda dengan mudah. Pun Anda bisa bebas mengustomisasi aplikasi dengan menambahkan nama brand, warna ciri khas, logo, visi-misi dan fitur lainnya agar aplikasi semakin mencerminkan brand klinik Anda. Pemakaian klinik app yang profesional dan jelas identitasnya akan lebih mudah meyakinkan konsumen bahwa layanan Anda resmi.

Yuk dapatkan segera layanan paket lengkap pengembangan Klinik App APPSHOP langsung dari link: https://appshop.co.id/klinik/. Tidak perlu ragu menghubungi APPSHOP! Kami justru akan dengan senang hati membantu mengatasi segala kebutuhan dan permasalahan Anda dari awal sampai akhir.

Kami pun menawarkan paket layanan lengkap konsultasi, pengembangan, hingga pemeliharaan aplikasi pasca-rilis dalam 1x pembayaran murah meriah khusus untuk Anda. tak hanya sampai di sana, Anda juga berkesempatan mendapatkan layanan konsultasi gratis sepuasnya bersama tenaga profesional IT dari APPSHOP.

Tunggu apa lagi, segera bergabung meraih kesuksesan bersama APPSHOP! Sebab kebutuhan dan visi-misi Anda adalah api semangat kami untuk terus melayani. Sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya seputar dunia digital marketing. Plus, kami tunggu kehadiran Anda di situs APPSHOP, ya!

Olshop Anda Sepi? Segera Manfaatkan Aplikasi Komunitas Bisnis Online untuk Perluas Pasar

0
komunitas-online

Sudah melaksanakan banyak strategi promosi, tapi online shop Anda masih sepi? Mari coba perluas target pasar bisnis Anda menggunakan aplikasi komunitas bisnis online.

Setiap orang, termasuk diri Anda sendiri, pastinya pernah menemukan komunitas online di media sosial. Atau mungkin Anda pernah bergabung ke forum komunitas online? Jika iya, maka Anda beruntung sekali karena komunitas media sosial mempunyai sejuta manfaat baik untuk diri sendiri dan juga bisnis online.

Dewasa ini, masyarakat tak hanya bergaul secara langsung di sekolah, kuliah atau tempat kerja. Berkat bantuan teknologi internet, masyarakat bisa berinteraksi dengan banyak orang baru dari seluruh belahan dunia secara online.

Orang-orang dengan minat, hobi dan kesukaan yang sama bisa bergabung membentuk forum komunitas khusus dan mulai membangun jaringan relasi. Namun tak hanya sekadar berkenalan dengan orang baru saja, Anda bisa sekalian mempromosikan online shop di komunitas online medsos ini, lho.

Anda bisa menemukan berbagai tipe forum komunitas online dari beragam media sosial, semisal Kaskus Jual Beli, Facebook Group, LINE Open Chat, Telegram, dan lain-lain. Dari semua platform, Kaskus Jual Beli menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan dagangan.

Sesuai namanya, Kaskus Jual Beli adalah komunitas bisnis online di mana semua orang bisa berbelanja maupun menjual barang-barang dengan harga terjangkau.

Untuk Anda yang tertarik menjaring konsumen baru dari komunitas media sosial, yuk gunakan 5 strategi khusus promosi di forum berikut ini untuk mendapatkan hasil yang efektif! Jangan lewatkan juga bonus kumpulan contoh kata-kata promosi olshop gratis terbaik khusus untuk Anda di bagian akhir artikel. Selamat membaca!

Baca juga : Apa Itu Online Marketing? 10 Tips Online Marketing yang Andal

6 Strategi Jitu Promosi Olshop Gratis di Komunitas Bisnis Online

komunitas-online-1

Komunitas medsos menjadi target pasar potensial untuk mempromosikan usaha, sebab, iklan promosi Anda sudah pasti dilihat oleh anggota yang bergabung di dalam grup. Sayangnya, kebanyakan pebisnis olshop tidak mengerti strategi promosi di forum komunitas media sosial yang benar.

85% pemilik olshop cenderung langsung mempromosikan produk dan jasa mereka ke berbagai forum online secara rutin. Mereka tidak pernah menyadari bahwa cara ini sangat keliru. Bukannya meraih untung, olshop mereka justru dipandang negatif oleh anggota komunitas karena melakukan spam iklan.

Jangan ulangi kesalahan yang sama! Mari ikuti 6 strategi promosi yang benar di komunitas bisnis online berikut ini:

Tumbuhkan Kesadaran dan Kepercayaan Komunitas dengan Konten

Kunci keberhasilan dari promosi dalam forum adalah jangan terburu-buru berpromosi. Faktanya, 95% orang akan langsung kabur meninggalkan forum jika mereka sudah dicekoki iklan dari awal bergabung. Lebih baik, coba bangun kesadaran dan kepercayaan anggota komunitas terlebih dahulu dengan rajin memposting konten-konten berkualitas.

Seseorang memilih bergabung ke sebuah komunitas karena mereka ingin mendapatkan manfaat dari grup tersebut. Iklan produk tidak pernah dipandang sebagai sebuah manfaat secara langsung oleh calon konsumen, terlebih jika mereka baru pertama kali mengenal brand Anda.

Oleh sebab itu, diperlukan beberapa kali proses ‘perkenalan’ dengan tujuan menumbuhkan kesadaran calon konsumen terhadap brand. Setelah mereka mengenal dan memercayai kualitas brand, barulah Anda bisa mulai mempromosikan layanan atau produk.

Baca juga : Ingin Bisnis Kecil Lebih Berkembang? Ini Solusinya

Membangun Citra Brand yang Positif

Strategi kedua adalah melakukan branding alias membangun citra brand yang positif di mata komunitas. Masih menyambung poin sebelumnya, cara branding termudah di komunitas bisnis online adalah menyeimbangkan porsi konten promosi dan konten bermanfaat gratis.

Jangan ragu untuk membagikan aneka informasi bermanfaat, hadiah kecil-kecilan gratis, dan selalu berinteraksi dengan anggota komunitas. Sebab dari hal-hal kecil inilah citra brand positif bisa mulai terbentuk dalam komunitas. Semakin baik kualitas branding, maka akan semakin mudah bagi Anda dalam berpromosi.

Koneksikan Komunitas dengan Media Sosial Lain

Jangan hanya terpaku pada 1 komunitas saja. Tidak ada salahnya untuk memasarkan produk di berbagai komunitas untuk memperluas jaringan promosi. Anda pun bisa membagikan link-link konten dari sebuah medsos ke yang lain. Semisal Anda membagikan link artikel website ke forum Telegram atau link konten video YouTube ke lapak Facebook.

Pakai Profil Asli dan Hindari Spam

Poin ini sangat penting untuk memuluskan seluruh aktivitas Anda dalam berbisnis online. Selalu gunakan profil asli dengan keterangan identitas jelas (nama, logo brand, identitas kontak, dan lain-lain) agar brand Anda semakin tampak kredibel, profesional dan terpercaya. Calon konsumen juga lebih tertarik dan berani berbelanja di toko yang jelas identitasnya.

Selain itu, hindari spam konten promosi agar anggota komunitas tidak merasa terganggu. Utamakan kualitas di atas kuantitas! Cukup posting 1-2 konten berkualitas dan mengikuti pakem-pakem SEO setiap hari. Ini jauh lebih baik daripada memposting 10 konten yang kurang bermutu gara-gara ‘kejar tayang’.

Pakai Ads (Iklan)

Anda bisa menggunakan iklan media sosial untuk mengoptimalkan persebaran iklan. Hampir 70% orang melakukan spamming iklan karena mereka ingin iklan olshop tersebar seluas-luasnya di media sosial.

Padahal, tidak ada jaminan melakukan spamming iklan akan mendatangkan hasil promosi optimal. Iklan media sosial seperti Facebook Ads, iklan Kaskus, Twitter Ads dan lainnya justru memberikan hasil yang lebih pasti.

Konten promosi bisnis Anda akan disebarkan ke semua pengguna media sosial, Anda hanya perlu memantau perkembangan dan engagementnya pada dashboard analitik yang tersedia.

Mengembangkan Forum Sendiri

komunitas-online-2

Siapa bilang Anda tidak bisa mengembangkan forum komunitas sendiri untuk mengembangkan olshop? Meskipun ada banyak sekali forum komunitas yang bisa Anda temukan, nyatanya Anda harus selektif memilih forum terbaik untuk berpromosi.

Pasalnya, tidak semua forum mau menyambut brand Anda, apalagi jika tipe bisnis Anda tidak sesuai dengan kategori forum.

Jika Anda menemui titik buntu dalam mencari forum komunitas terbaik, maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan forum sendiri, lho. Anda bisa dengan mudah membuat forum komunitas sendiri memakai aplikasi media sosial sendiri.

Kabar gembiranya, Anda kini bisa mendapatkan aplikasi murah milik sendiri untuk menunjang bisnis di APPKEY.

APPKEY menyediakan layanan pengembangan aplikasi berbasis multi-platform (iOS dan Android) dengan pelayanan paling lengkap, mulai dari konsultasi masalah gratis dengan tenaga IT handal hingga proses pemeliharaan aplikasi pasca perilisan di Google Play dan AppStore.

Ingin punya aplikasi komunitas bisnis online seperti Kaskus atau Facebook? Tentu saja bisa! Cukup beritahu kami aplikasi komunitas bisnis online seperti apa yang ingin Anda buat, selanjutnya kami akan mewujudkan semua permintaan Anda menjadi nyata.

Anda juga bisa mengunjungi website toko app kami “APPSHOP” (https://appshop.co.id/appshopping/) untuk mendapatkan live-demo beragam tipe aplikasi bisnis, seperti App Ojek Online, App Online Shop, App Klinik, App Real-Estate, dan App Delivery Makanan. Ada juga keuntungan-keuntungan lain yang otomatis Anda dapat dari membuat aplikasi di APPKEY, seperti:

Pelayanan Lengkap dalam 1x Bayar

Kebanyakan jasa developer aplikasi meminta pembayaran untuk setiap proses pengembangan aplikasi. Alhasil, biaya pengembangan aplikasi yang Anda keluarkan akan menjadi lebih mahal.

Di APPKEY, Anda bisa mendapatkan paket lengkap konsultasi, pengembangan, perilisan dan pemeliharaan aplikasi pasca-rilis dalam 1x pembayaran saja. Lebih hemat!

Aplikasi 100% Lolos Testing

Tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dan kondisi aplikasi Anda. Kami menjamin 100% aplikasi Anda bisa bekerja dengan baik sebelum dirilis karena aplikasi akan selalu ditest oleh tenaga profesional IT kami. Jika terdapat error, maka tim kami akan langsung memperbaiki masalah dan melakukan pengujian kembali.

Multi-Bahasa Support

Anda langsung berkesempatan untuk mengembangkan bisnis ke ranah internasional sebab aplikasi buatan APPKEY sudah dilengkapi support banyak bahasa.

Desain Antarmuka Simpel

Kami memahami bahwa tidak semua konsumen akrab dengan teknologi aplikasi. Oleh sebab itu, aplikasi Anda akan kami kemas dalam desain antarmuka yang simpel dan mudah digunakan siapa saja. Tenaga desainer APPKEY akan selalu memberikan rancangan UI/UX berkualitas plus disesuaikan dengan karakteristik brand untuk memuaskan konsumen Anda.

Dukungan Penuh Hanya untuk Anda

Kebutuhan dan cita-cita Anda adalah visi utama kami. Tim APPKEY sepenuhnya mendukung seluruh proses pendirian bisnis online Anda. Mulai dari konsultasi, pengembangan dan perilisan aplikasi, hingga pemeliharaan operasional secara berkala.

Kami pun akan dengan senang hati selalu berdiskusi dengan Anda terkait strategi-strategi promosi terjitu untuk mempromosikan aplikasi Anda ke masyarakat. Tertarik untuk bekerjasama dengan APPKEY?

Tunggu apa lagi, ayo jangan lewatkan kesempatan mengembangkan bisnis bersama kami di https://appshop.co.id/ sekarang!

[Bonus] Kumpulan Contoh Kata-Kata Promosi Olshop Gratis Terbaik

Kini tibalah waktunya membuat konten menarik untuk berpromosi di forum medsos. Masih bingung bagaimana kata-kata yang bagus untuk menarik perhatian audiens? Jangan cemas, Anda bisa memakai contoh kata-kata promosi olshop terbaik berikut:

100% Asli atau 100% Original

  • Dapatkan produk 100% asli hanya di sini!
  • SALE masker organik 100% asli oatmeal, bikin wajah mulus!
  • Promo! Lulur Bali dengan 100% rempah-rempah original khas nusantara khusus untuk Anda.

Komplit

  • Online Shop Skincare Korea Terkomplit se-Jakarta
  • Dapatkan aksesoris gadget diskon terkomplit di sini sekarang!
  • Promo 1x bayar untuk paket pelayanan komplit dari PT APPKEY Indonesia.

Kalimat Tanya

  • Bingung mau join bisnis murah dan mudah bagi pelajar? Yuk gabung dropshipper kami!
  • Mau ngemil snack kekinian tapi malas belanja di luar? Gunakan aplikasi delivery by Appkey sekarang!

Garansi Kembali

  • Jika produk rusak saat diterima, garansi 100% kembali saat itu juga ke rekening Anda!
  • Promo gadget smartphone terbaru full garansi resmi toko 100%
  • Garansi langsung uang kembali jika produk terbukti palsu.

Promo

  • Promo flashsale produk brand limited edition hanya di toko kami hari ini!

Bebas

  • 100% Bebas Ongkir.
  • Bebas tukar jika produk rusak atau tidak cocok.
  • Bebas pilih produk yang Anda mau!

Cara Efektif Mencapai Target Marketing ke Generasi Baby Boomers?

0
target-marketing-2

Dunia pemasaran telah terobsesi untuk menarik kaum milenial. Namun, tahukah Anda, penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya baby boomerlah yang mengendalikan lebih dari 70 persen pendapatan yang dapat dibuang negara.

Sejak baby boomer memasuki kehidupan pasca-karir mereka, ini membuka peluang besar bagi pemasar untuk menjangkau 74 juta baby boomer yang akan memiliki banyak waktu luang untuk berbelanja dan membeli barang.

Generasi yang lahir antara tahun 1946 hingga 1964 ini merupakan target marketing yang besar dari populasi konsumen, penting bagi hampir setiap bisnis untuk mengetahui cara berbicara sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan Anda berbagai cara  untuk memasarkan produk atau layanan Anda ke baby boomer dengan sukses

1.Komputer masih merupakan cara yang harus ditempuh

Meskipun pemasar telah disibukkan dengan membawa barang-barang seluler untuk menjangkau generasi yang lebih muda, para baby boomer masih lebih memilih untuk berbelanja online melalui komputer dan laptop dibandingkan dengan telepon dan tablet.

Sebuah penelitian Millward Brown Digital menemukan bahwa 31 persen baby boomer menggunakan laptop atau PC untuk berbelanja online. Meskipun satu dari empat mengatakan mereka menggunakan ponsel mereka.

2. Baby boomer meluangkan waktu untuk membeli

baby-boomers-1

Salah satu alasan mengapa para baby boomer lebih suka berbelanja online dengan laptop dan PC mereka adalah karena mereka tidak membuat keputusan pembelian yang mudah. Tidak seperti generasi milenial, para baby boomer jauh lebih ragu-ragu untuk membeli barang secara sembarangan.

Mereka memperlakukan setiap pembelian sebagai komitmen. Ini berarti mereka jauh lebih bersedia untuk membaca cetakan kecil dan benar-benar memahami semua detail seluk beluk tentang apa yang mereka hadapi sebelum mereka melakukan pembelian.

Dan tentu saja, jauh lebih mudah untuk melakukan semua pembacaan ini pada monitor desktop besar dibandingkan dengan layar ponsel yang kecil.

Dengan kesediaan mereka untuk melakukan uji tuntas ketika harus meneliti apa yang akan dibeli, taktik pemasaran yang menarik perhatian yang mengandalkan dorongan hati jauh lebih tidak efektif daripada biasanya.

Sebaliknya, Anda harus meluangkan waktu dan upaya ekstra untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki produk unggulan yang berharga bagi mereka. Ingat, mereka bersedia melakukan penelitian, jadi Anda harus bersedia dan bahkan senang untuk secara sistematis menguraikan semua alasan mengapa mereka harus membeli dari Anda. Berikan alasan yang meyakinkan mengapa dan mereka akan melakukannya.

3. Jangan takut membuat mereka membaca

Menggunakan untaian teks yang panjang telah menjadi tabu dalam pemasaran. Sebaliknya, pemasar menggunakan lebih banyak video dan gambar yang mencari emosi untuk menggantikan teks lama yang biasa.

Meskipun ini mungkin ide yang bagus untuk menargetkan generasi yang lebih muda, baby boomer sebenarnya tumbuh dengan membaca koran dan buku yang membuat membaca lebih menjadi hobi daripada tugas di mata mereka.

Alih-alih menggunakan salinan yang pendek dan ringkas, generasi baby boomer lebih senang jika Anda mengejanya untuk mereka. Pastikan mereka memiliki kesempatan untuk menggali semua detail bagus dari apa yang Anda katakan.

Pada saat yang sama, jangan repot-repot menggunakan bahasa gaul atau singkatan pendek. Meskipun mereka mungkin memahami bahwa PC adalah komputer, para baby boomer tidak akan selalu memahami jargon teknologi mewah yang akan langsung dipahami oleh generasi milenial.

4. Pahami apa yang membuat mereka tertawa

Humor terus berkembang. Munculnya internet telah menghasilkan bentuk humor yang sama sekali baru seperti trolling, gif, dan meme. Sementara beberapa generasi baby boomer menghargai bentuk hiburan yang baru ditemukan ini.

Namun, masih ada beberapa yang belum mengerti humor tersebut, jadi berhati-hatilah dan selektif saat memasukkan humor ke dalam upaya pemasaran Anda. Juga bijaksana untuk menghindari lelucon apa pun yang mungkin memerlukan pengetahuan latar belakang tentang tren atau mode internet terkini. Kebanyakan baby boomer tidak akan menangkap hal-hal semacam itu.

Sebagai aturan praktis, Anda harus selalu menguji lelucon dengan demografis yang Anda coba pasarkan terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar berkomitmen pada perubahan besar apa pun pada strategi pemasaran Anda.

5. Saluran pemasaran online terbaik adalah mesin pencari

Menggunakan mesin pencari memiliki skor lebih tinggi daripada menonton video dan menggunakan media sosial di setiap kategori kecuali satu, menjadikannya saluran pemasaran digital terbaik di antara ketiganya.

Tentu saja, memanfaatkan mesin pencari sebagai alat pemasaran dapat memiliki banyak bentuk. Ada iklan PPC untuk baby boomer yang dapat dilakukan dengan Google AdWords serta optimisasi mesin pencari (SEO), yang dapat dilakukan dengan penargetan kata kunci yang tepat.

6. Jangan abaikan media sosial

baby-boomers-2

Meskipun mesin pencari sangat efektif, menggunakan media sosial untuk menargetkan generasi baby boom tidak boleh diabaikan sepenuhnya. Faktanya, menurut studi DMN3, 82,3 persen baby boomer memiliki setidaknya satu situs media sosial, Facebook sejauh ini menjadi yang paling populer.

Dengan mayoritas baby boomer mengunjungi situs web perusahaan atau melanjutkan penelitian mereka melalui mesin pencari, media sosial masih menjadi cara yang sangat andal untuk menjangkau baby boomer.

Terlebih lagi, situs media sosial seperti Facebook dan Twitter memungkinkan pemasar untuk mempersempit target marketing mereka dan mengasah segmen populasi tertentu. Kemampuan ini sangat memudahkan pemasar untuk menargetkan baby boomer secara khusus jika itu adalah tujuan yang mereka inginkan.

7. Hindari mengisyaratkan bahwa mereka “tua”

Sebuah Bisnis penulisan resume yang memiliki klien berusia 60-an yang khawatir akan didiskriminasi di pasar kerja karena usianya. Selama percakapan yang dia lakukan dengan salah satu penulis resume profesional kami tentang bagaimana menangani masalah “overqualified,” penulis resume kami mengemukakan satu saran yang dapat dipertimbangkan oleh klien, menyebutkan bahwa dia dapat menyembunyikan usia tua dengan menggunakan format fungsional alih-alih format kronologis.

Apa yang terjadi selanjutnya? Klien segera membalas dengan mengatakan dia tidak tua dan kemudian meminta pengembalian uang.

Bahkan ketika klien yang mengemukakan masalah usia, pada awalnya, dia masih sangat kesal ketika dia disebut tua dalam situasi di mana penulis resume hanya membuang ide-ide yang dapat membantunya tampak lebih muda bagi calon pemberi kerja. Jika ragu, hindari membicarakan tentang usia baby boomer, dan jika ada, buat mereka merasa lebih muda dari yang sebenarnya.

Penutup

Kebanyakan pemasar kini hanya menargetkan milenial sebagai target marketing mereka, namun jangan lupakan baby boomer juga memberikan sumbangsih yang besar dalam dunia pemasaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan cara memasarkan suatu produk ke baby boomer agar mereka tertarik.

Mulai dari membaca karakteristik generasi ini, memahami apa yang mereka suka dan tidak suka. Dengan begitu Anda dapat memasarkan produk atau layanan Anda kepada mereka dengan sukses.

Follow terus MARKEY (https://markey.id/) atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan dapatkan ratusan artikel tips sukses bisnis online secara gratis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

Terungkap! Inilah 6 Fitur Canggih Aplikasi Liburan yang Selalu Diburu Konsumen

0
aplikasi-liburan

Berbisnis jasa travel paling mudah dilakukan dengan aplikasi paket liburan. Aplikasi mampu memberikan sentuhan gaya ‘modern’ dan ‘kekinian’ pada bisnis Anda. Selain itu, aplikasi liburan mempermudah konsumen dalam memakai jasa layanan Anda, sehingga keuntungan dapat menjadi semakin besar.

Namun berbisnis travel dengan aplikasi liburan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda wajib tahu 6 fitur canggih yang selalu diburu oleh konsumen dalam sebuah aplikasi paket liburan.

Jika aplikasi Anda tidak memiliki 6 fitur tersebut, besar kemungkinan konsumen Anda akan beralih memakai aplikasi travelling lain.

Yuk cari tahu apa saja keenam fitur dalam aplikasi paket liburan pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Pastikan Aplikasi Liburan Anda Sudah Punya 6 Fitur Canggih Ini

travel-online-booking

Siapa yang tidak menggunakan smartphone saat ini? Semua orang selalu tak bisa lepas dari gadget pintar milik mereka masing-masing. Mulai dari bangun tidur memakai alarm pada smartphone; bekerja dan belajar memakai aplikasi-aplikasi peningkatan produktivitas; hingga mengobrol dan mencari hiburan pun memakai aplikasi media sosial di smartphone.

Jadi dapat dikatakan bahwa smartphone adalah kebutuhan primer masyarakat modern abad ini. Maka tidaklah aneh jika sekarang Anda pun dapat berlibur dengan lebih mudah dan praktis memakai aplikasi pada smartphone.

Faktanya, sudah banyak muda-mudi milenial yang merencanakan aneka perjalanan liburan mereka dibantu oleh aplikasi liburan modern. Dengan bantuan aplikasi, Anda bisa dengan lebih mudah melakukan survey harga akomodasi, merencanakan liburan asyik sesuai budget, hingga memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan secara online.

Untuk bisa mencapai tujuan mewujudkan rencana liburan idaman, maka aplikasi liburan Anda perlu dilengkapi oleh 6 fitur unggulan berikut ini:

Sortir Harga Tiket Otomatis

Sebagian besar masyarakat tidak bisa berlibur karena terbentur masalah biaya tiket dan akomodasi yang mahal. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan survey tiket dan penginapan. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan rekomendasi layanan perjalanan terbaik dalam harga termurah.

Namun melakukan survey tiket satu per satu secara manual bukanlah metode cerdas dan efektif. Untuk itu, pastikan aplikasi travelling Anda punya fitur sortir harga aneka tiket secara otomatis.

Cukup dengan 1 fitur ini, Anda bisa meng-input jenis akomodasi yang diinginkan lengkap dengan rentang harga tiket sesuai budget Anda. Kemudian, mesin akan secara otomatis mencari rekomendasi yang sesuai dengan permintaan. Metode penelusuran tiket seperti ini jauh lebih praktis, mudah dan cepat ketimbang dilakukan secara manual.

Akan lebih bagus lagi kalau aplikasi Anda bisa memberikan prediksi harga tiket akomodasi sesuai dengan waktu liburan pilihan konsumen. Pada kenyataannya, situasi pasar selalu berubah naik turun dikarenakan beragam faktor.

Bisa saja, harga tiket hotel A di bulan ini akan berubah di 3 bulan ke depan. Kalau begini, rencana liburan konsumen bisa jadi kacau balau!

Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi travelling yang dilengkapi kecerdasan buatan untuk sortir harga tiket sekaligus memprediksi harga sesuai dengan rencana berlibur konsumen.

Online Booking dan Digital Payment

Tidak lengkap rasanya jika sudah mengetahui harga tiket liburan namun tidak bisa memesan tiket langsung dari aplikasi. Pastikan aplikasi travelling Anda bisa melakukan pemesanan beragam tiket secara online (online booking).

Melakukan online booking adalah salah satu tujuan utama masyarakat tertarik memakai aplikasi berlibur. Apalagi jika lokasi agen penjual tiket cukup jauh dari tempat tinggal konsumen. Melakukan perjalanan membeli tiket saja sudah sangat menguras tenaga dan waktu Anda.

Fitur online booking dapat mempermudah setiap konsumen untuk memesan tiket dari mana saja dan kapan saja. Setiap pelanggan pun bisa memesan tiket liburan dari jauh-jauh hari, semisal memesan tiket liburan untuk weekend nanti di hari Selasa. Sangat praktis!

Bagaimana dengan metode pembayarannya? Aplikasi travelling yang menyediakan online booking sudah tentu akan dilengkapi dengan metode pembayaran digital. Alhasil, konsumen bisa bebas membayar dengan lebih praktis dan aman memakai sistem transfer, e-wallet, token, atau e-money.

‘Nearby’ Tempat Wisata Seru

Ingin berlibur tapi tidak tahu kemana? Aplikasi travelling juga bisa memberikan solusinya untuk Anda melalui fitur nearby!

Banyak konsumen senang memakai aplikasi travelling karena adanya fitur nearby ini. Fitur nearby bisa hadir dalam berbagai nama, seperti: ‘Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Anda’, ‘Tempat Wisata Terdekat’, ‘Rekomendasi Terdekat’, dan lain-lain.

Apapun namanya, kegunaan utama dari fitur nearby tetap sama, yakni memberikan daftar referensi tempat wisata seru di sekitar wilayah tempat tinggal Anda. Jadi, Anda tidak perlu pusing mencari rekomendasi tempat seru untuk dikunjungi.

Fitur ini juga cocok digunakan untuk Anda yang ingin berlibur saat weekend namun tinggal di daerah pusat kota atau jauh dari lokasi wisata alam. Siapapun jadi bisa berlibur kapan saja!

Promo, Voucher Diskon dan Cashback Terkini

Sama seperti aplikasi bisnis lainnya, aplikasi travelling Anda wajib menyediakan menu khusus informasi diskon, promo dan cashback. Pada menu ini, konsumen bisa menemukan aneka penawaran terbaru dan harga-harga tiket murah yang bisa dimanfaatkan untuk liburan. Alhasil liburan Anda bisa menjadi lebih hemat!

Aplikasi travelling menawarkan lebih banyak promo dan potongan harga dibandingkan sistem pemeasan tiket offline. Ada banyak jenis diskon yang bisa didapatkan, seperti voucher elektronik, diskon potongan harga langsung pada tiket, dan yang paling favorit saat ini: cashback.

Cashback adalah pemberian ‘uang kembali’ pada konsumen dalam bentuk koin virtual, poin, atau saldo digital. Pemberian cashback pada dasarnya sama saja dengan diskon, di mana harga tiket yang dibeli konsumen otomatis menjadi lebih murah. Poin dan koin cashback pun bisa dimanfaatkan konsumen pada transaksi selanjutnya melalui aplikasi, lho. Sangat menguntungkan!

Rekomendasi Wisata Personal Berbasis AI

Fitur rekomendasi yang satu ini mirip dengan fitur nearby pada penjelasan sebelumnya. Bedanya, fitur rekomendasi wisata personal dibuat memakai kecanggihan AI (kecerdasan buatan).

Sistem AI akan membantu setiap pengguna aplikasi menemukan rekomendasi tempat liburan sesuai kesukaan masing-masing.

Sistem rekomendasi wisata personal ini bekerja mirip dengan layanan AI pada aplikasi streaming. Fitur rekomendasi wisata personal bisa memberikan banyak referensi destinasi wisata yang mirip dengan lokasi berlibur terakhir Anda.

Semisal Anda sering berkunjung ke pantai, maka aplikasi bisa memberikan lebih banyak rekomendasi wisata pantai terpopuler yang belum pernah Anda kunjungi. Menarik, ya?

Riwayat Transaksi

Terakhir adalah fitur riwayat transaksi. Fitur ini sangat penting untuk ada di aplikasi travelling agar konsumen bisa mengecek kembali daftar tiket liburan yang pernah dibeli dan mencocokkan pengeluaran mereka dengan data yang adai. Halaman riwayat transaksi juga bisa sekaligus menjadi bukti transparansi transaksi setiap konsumen dalam aplikasi.

Menyediakan rincian transaksi secara mendetil adalah hal penting untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas konsumen. Brand yang tidak menyediakan rincian daftar belanja ini bisa menimbulkan kecurigaan di benak konsumen, terutama jika mereka merasa biaya transaksi tidak sepadan dengan pelayanan atau produk yang didapat.

Mau Punya Aplikasi Liburan Lengkap dengan Fitur-Fitur di Atas? Dapatkan Semua Di Sini!

travel-online-2

Anda sudah melihat 6 fitur yang wajib ada dalam sebuah aplikasi liburan yang baik. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk berbisnis travelling memakai aplikasi yang lengkap dari segi fitur dan berkualitas tinggi. Sebab, aplikasi berperforma baik tentulah akan lebih mudah dalam menghasilkan banyak keuntungan usaha.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika tidak tahu bagaimana cara memperoleh aplikasi liburan berkualitas dengan fitur-fitur lengkap. Saat ini, siapapun bisa memperoleh aplikasi bisnis yang baik berkat adanya jasa pengembangan aplikasi APPKEY.

Tidak seperti jasa pengembangan aplikasi biasa, APPKEY adalah developer app yang menjunjung tinggi semua kebutuhan dan keinginan Anda dalam mendirikan bisnis online. APPKEY menyediakan paket jasa pengembangan aplikasi terlengkap sekaligus termurah dalam 1x pembayaran saja.

Anda pun bisa memperoleh layanan konsultasi gratis langsung bersama para tenaga IT profesional APPKEY baik secara online ataupun offline dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pengembangan aplikasi bisnis di APPKEY adalah yang terpraktis. Anda cukup mengomunikasikan semua kendala dan keinginan dalam berbisnis, kemudian, kami akan mencari dan menawarkan solusi terbaik untuk Anda.

Begitu Anda setuju dengan solusi yang diberikan, proses bisa dilanjutkan pada pengembangan aplikasi serta perilisan aplikasi di Google Play dan AppStore.

Namun tak hanya sampai di sana saja, APPKEY juga terlibat langsung dalam pemeliharaan aplikasi pasca perilisan. Andai kata terdapat masalah, bug, error atau ingin menambah update pada aplikasi Anda, cukup hubungi APPKEY kembali dan kami akan menyelesaikan masalahnya sesegera mungkin. Hanya di sini Anda bisa memperoleh layanan paling lengkap dan termurah!

Selengkapnya, paket layanan APPKEY terdiri dari:

Dukungan Pasca Rilis

Kami siap memberi dukungan pasca rilis aplikasi bisnis Anda. Mulai dari uji testing, promosi aplikasi ke masyarakat, hingga proses penggunaan aplikasi oleh user.

Go-Public

Begitu selesai dikembangkan, kami akan langsung mendaftarkan aplikasi secara langsung ke Apple App Store (untuk iOS) dan Google Play Store (untuk Android). Ini karena kami paham proses pendaftaran aplikasi yang cukup rumit untuk dilakukan sendiri oleh masyarakat umum. Jadi serahkanlah semua prosesnya kepada ahlinya!

Konsultasi dan Saran Promosi Khusus

Anda juga bisa mendapat konsultasi dan pemberian saran untuk promosi secara khusus. Misi kami adalah turut bertumbuh dan berkembang besar bersama konsumen. Sehingga, jangan takut bertanya saran-saran terbaik untuk mempromosikan aplikasi kepada kami.

Sudah banyak pebisnis yang puas dengan pelayanan APPKEY, apakah Anda tidak ingin bergabung menjadi yang pebisnis sukses berikutnya?

Yuk langsung hubungi APPKEY di https://appkey.co.id/ untuk mendapatkan paket pengembangan aplikasi pertama Anda sekarang juga! Kami tunggu kehadiran Anda, ya.

5 Fitur Unik E-Commerce untuk Belanja Online Murah & Super Hemat

0
belanja-online

Kesukaan belanja online Anda terhalangi budget dompet? Anda bisa mulai bernapas lega setelah membaca artikel ini, sebab, kami punya tips belanja online hemat paling ampuh dan mudah untuk disimak!

Aktivitas belanja online tentunya sudah bukan hal asing lagi bagi kita semua. Kegemaran belanja online sudah menjadi sebuah trend lifestyle di kalangan masyarakat modern abad ini.

Kepopuleran gaya belanja online juga disebabkan oleh banyaknya keuntungan yang bisa kita dapat dibandingkan dengan saat berbelanja biasa. Salah satu keuntungan tersebut adalah menghemat budget.

Ya, selain mudah dan praktis, aplikasi e-commerce sesungguhnya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur belanja online murah meriah. Semisal pada aplikasi e-commerce terbesar Indonesia “Tokopedia”. Di Tokopedia, ada banyak fitur belanja online murah dan gratis ongkir yang bisa Anda manfaatkan gratis seperti voucher cashback, diskon, flash sale dan gratis ongkir.

Mari simak selengkapnya terkait tips dan fitur toko online untuk belanja lebih hemat di e-commerce pada pembahasan berikut ini. Selamat membaca!

Baca juga : Yuk Kenali 7 Cara Kerja E-Commerce Terbaru Tahun Ini!

Manfaatkan 5 Fitur Toko Online Ini untuk Belanja Online Murah dan Gratis Ongkir

ecommerce

Siapa yang tidak suka belanja? Berbelanja, khususnya bagi kaum hawa, dipandang sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan untuk mengusir rasa penat. Frekuensi aktivitas belanja pun semakin bertambah seiring dengan hadirnya aplikasi belaja online murah.

Belanja online memang murah, mudah dan menyenangkan. Namun Anda tetap harus hati-hati. Jangan sampai kegemaran Anda ini justru menjadikan dompet jebol. Kalau Anda masih kesulitan menemukan tips belanja online hemat, langsung saja manfaatkan 5 fitur toko online khusus belanja murah meriah berikut ini:

Voucher Diskon

Saat berbicara soal tips belanja online hemat, tentunya kita tidak akan lepas dari yang namanya voucher diskon. Ya, voucher diskon adalah hal wajib digunakan saat ingin berbelanja online murah. Setiap aplikasi e-commerce biasanya menyediakan ratusan voucher diskon gratis yang bisa Anda pakai berkali-kali.

Menu voucher diskon memiliki beragam kegunaan, lho. Dari sisi penjual, pemberian voucher diskon gratis bermanfaat untuk menarik lebih banyak pengguna berbelanja di toko mereka. Sedangkan dari sisi konsumen, Anda bisa merasakan 3 ragam manfaat berikut:

Menghemat Budget

Voucher adalah jalan praktis untuk berbelanja online murah, sebab, Anda akan mendapatkan potongan harga otomatis di setiap transaksi dengan voucher. Semisal Anda memiliki voucher diskon 50%. Kemudian, total belanja online Anda 100 ribu rupiah. Saat membayar dengan voucher diskon 50%, tagihan Anda akan otomatis berubah menjadi 50 ribu rupiah saja.

Dapat Hadiah Istimewa

Selain memberi potongan harga langsung, voucher juga bisa memberikan hadiah istimewa untuk Anda. Beberapa e-commerce bekerja sama dengan toko-toko yang menyediakan voucher yang bisa ditukar dengan produk gratis atau masa trial pemakaian produk gratis.

Bisa Dipakai Berkali-kali

Voucher diskon juga dapat digunakan berkali-kali. Semisal Anda punya voucher seharga 200 ribu, namun tagihan belanja Anda hanya 100 ribu rupiah. Sisa 100 ribu di voucher masih dapat digunakan kembali. E-commerce juga menyediakan voucher gratis yang otomatis ter-update stoknya di setiap bulan, lho.

Cashback

Selain voucher, Anda juga bisa berbelanja online murah dengan memakai cashback. Cashback adalah program pemberian “uang kembali” oleh e-commerce kepada konsumen jika mereka memenuhi syarat dan ketentuan tertentu.

Cashback bisa diberikan dalam beraneka bentuk, bergantung pada peraturan yang dimiliki oleh e-commerce. Ada toko yang memberikan cashback dalam bentuk koin virtual atau uang virtual (e-money). Namun tenang saja karena semua bentuk cashback bisa dimanfaatkan kembali dalam transaksi berikutnya. Jadi Anda bisa belanja lebih banyak dan puas!

Gratis Ongkos Kirim (Gratis Ongkir)

Banyak orang malas berbelanja online karena harus membayar ongkos kirim paket. Kehadiran biaya tambahan pengiriman ini memang menjadi salah satu “kelemahan” dari aktivitas belanja online.

Tarif ongkos pengiriman pun biasanya bervariasi. Semakin jauh jarak alamat rumah Anda dari alamat toko online, maka ongkos kirim akan menjadi semakin mahal. Terlebih lagi jika alamat rumah Anda dan alamat toko berada di provinsi yang berbeda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan fitur gratis ongkos kirim yang tersedia di aplikasi e-commerce. Dengan berbelanja di toko berlabel ‘gratis ongkir’, maka Anda akan otomatis mendapatkan layanan bebas ongkos kirim untuk setiap paket. Alhasil, Anda tidak perlu menambah biaya ongkos kirim pada tagihan.

Catatan penting: setiap toko bisa memberlakukan syarat dan ketentuan gratis ongkir yang berbeda-beda seperti minimal belanja tertentu. Jadi jangan lupa untuk mengecek kembali syarat dan ketentuan gratis ongkir dari toko pilihan Anda, ya!

Flashsale

Sudah pernah mendengar flashsale? Fitur flashsale adalah inovasi trend baru yang muncul dalam era e-commerce. Flashsale adalah fitur belanja online murah yang bisa Anda manfaatkan karena di sini terdapat penawaran produk berkualitas dengan harga super miring.

Namun flashsale memiliki keunikannya tersendiri. Tidak seperti voucher dan cashback yang berlaku setiap saat, flashsale hanya berlaku pada momen tertentu. Semisal toko A menjual tas branded limited edition dengan harga miring hanya untuk 1x di hari ini pada pukul 12 siang. Di luar periode flashsale tersebut, Anda tidak bisa mendapatkan produk yang sama.

Selain membantu konsumen berbelanja online murah, trik flashsale juga banyak dimanfaatkan oleh pengelola e-commerce untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Simak cara mengadakan flash sale di artikel khusus Markey: Maksimalkan Bisnis Online dengan Flash Sale | Definisi, Manfaat, Cara Ikut Flash Sale

Koin atau Poin Virtual

Fitur belanja online murah terakhir adalah koin atau poin virtual. Koin atau poin gratis ini bisa Anda peroleh dari setiap transaksi yang terselesaikan di e-commerce. Semakin banyak transaksi yang Anda lakukan, maka akan semakin banyak koin yang didapat. Akhirnya, semakin banyak poin dan koin yang didapat, otomatis keuntungan Anda juga akan semakin banyak.

Koin virtual bekerja sama halnya dengan voucher diskon. Jika digunakan bersamaan dengan transaksi, maka Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar nominal koin yang dipakai. Semisal Anda mempunyai 5.000 koin virtual dan total tagihan belanjaan Anda adalah 10 ribu rupiah. Dengan memakai koin, Anda cukup membayar sisa 5 ribu rupiah saja. Sangat hemat dalam berbelanja, bukan? Yuk dicoba!

Dapatkan Aplikasi Belanja Online Murah dan Gratis Ongkir Terlengkap Sekarang

online-shop-

Anda telah menyimak aneka fitur di aplikasi e-commerce yang bisa digunakan untuk belanja online murah meriah. Nah, bagaimana jika Anda tak hanya manfaatkan fitur-fitur di atas untuk belanja online hemat dan gratis ongkir, tetapi juga untuk meraih keuntungan bisnis?

Tingginya minat belanja online di kalangan masyarakat saat ini adalah peluang emas yang tak boleh untuk Anda sia-siakan. Anda bisa dengan mudah menjadi jutawan semudah membuka lapak memakai aplikasi belanja online yang dilengkapi 5 fitur menggiurkan di atas, lho!

Sambutlah Online Shop by Appkey, sebuah aplikasi online shop kekinian multi-platform dengan beraneka fitur terlengkap untuk mempermudah bisnis. Online Shop App ini bisa digunakan untuk semua tipe OS (android dan iOS), super fleksibel, dan memiliki navigasi tampilan antarmuka yang ramah bagi pengguna baru. Siapapun bisa join bermitra atau berbelanja dari aplikasi Online Shop milik Anda ini!

Online Shop App ini pun dilengkapi dengan banyak fitur untuk membantu konsumen memenuhi segala kebutuhannya, seperti:

Push Notification Real-Time

Jangan lewatkan satupun informasi diskon, flashsale, atau penawaran menarik lainnya dengan memakai fitur push notification real-time! Meskipun konsumen sedang tidak memakai aplikasi, mereka bisa tetap mendapatkan notifikasi terkini dari aplikasi yang dikirim otomatis.

Menu Voucher dan Diskon Terbaru

Semua kupon voucher, diskon dan gratis ongkir milik setiap konsumen dapat dikumpulkan menjadi 1 agar tidak tercecer di menu khusus voucher dan diskon. Dengan begini, konsumen dapat menemukan voucher lebih mudah untuk digunakan di setiap pembelian.

Keranjang Belanja

Selanjutnya ada fitur keranjang belanja virtual untuk menampung sebanyak-banyaknya produk yang ingin di-check out bersamaan. Keranjang belanja akan memudahkan konsumen untuk mengecek ulang daftar pesanan mereka sebelum membayar.

Konsumen juga bebas mengedit jumlah pesanan, menambah atau menghapus item dari keranjang. Semua pesanan konsumen dijamin menjadi lebih rapi, tidak tercecer, dan bisa di-check out secara praktis dalam 1x klik.

Pembayaran Multi-Platform

Sudah bukan zamannya lagi untuk bingung bagaimana membayar tagihan belanja online Anda. Aplikasi Online Shop Appkey bisa disupport dengan pembayaran multi-platform untuk memudahkan transaksi setiap konsumen. Mau bayar produk dengan transfer, COD atau dompet digital? Semuanya bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda!

Cukup hubungi layanan kami sekarang juga, dan kami akan menyiapkan aplikasi online shop lengkap dengan metode pembayaran terproteksi tinggi khusus untuk Anda.

Panel Admin

Fitur panel admin disediakan secara khusus untuk para pemilik toko agar bisa mengelola usaha dengan mudah, mulai dari manajemen barang, harga hingga pengiriman.

History Transaksi

Semua aktivitas transaksi konsumen terjamin 100% aman dan transparan berkat fitur history transaksi. Konsumen bisa dengan bebas mengecek kembali riwayat perbelanjaan mereka kapan saja hanya dengan mengklik menu ini.

Kategori Produk

Bingung memilih produk terbaik? Temukan produk-produk unggulan dari brand kesayangan dengan lebih mudah memakai sistem sortir kategori produk. Penjual bisa lebih mudah mengelompokkan barang dagangan mereka berdasarkan kategori untuk kemudian ditelusuri oleh konsumen.

Selebihnya, masih ada lebih banyak lagi fitur yang bisa disertakan di aplikasi online shop Anda, seperti menu flashsale, gratis ongkir, sistem bergabung dengan kode referral, dan lain-lain. Kuncinya hanya satu: jangan ragu-ragu untuk menghubungi APPKEY.

Tunggu apa lagi, ramaikan usaha online shop Anda sekarang bersama Online Shop App by Appkey. Dapatkan paket lengkap pengembangan produk dan konsultasi gratis bersama tenaga IT profesional langsung dari link https://appshop.co.id/appshopping/ sekarang. Kami tunggu kedatangan Anda, ya. Sampai jumpa!

Cloud Computing : Sebuah Peluang Bisnis Baru di Masa Depan!

0
cloud-computing

Secara signifikan, pendapatan Cloud meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan research dari Cisco, pusat data dengan basis Cloud memproses 94 persen pekerjaan dalam skala global. Banyak perusahaan mengadopsi Cloud Computing dalam menjalankan model bisnisnya.

Lebih dari setengah pendapatan Cloud disumbangkan oleh Software-as-a-service (Saas), model bisnis yang paling banyak diterapkan dalam teknologi ini dan disusul oleh model Iaas (Infrastruktur-as-a-Service) serta PaaS (Platfrom-as-a-Service)

Diprediksi pendapatan pasar Cloud dunia pada tahun 2021 akan mencapai angka USD 308 milliar. Berdasarkan hal tersebut, tentunya Cloud memberikan banyak kesempatan dalam berbagai aspek. Oleh karena itu, keterampilan di bidang Cloud sangat dibutuhkan.

Berikut ini akan dibahas manfaat Cloud Computing dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan demi mendapatkan kesempatan bekerja di bidang Cloud yang tentunya sangat bermanfaat!

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing adalah proses pengolahan daya komputasi. Adapun daya komputasi meliputi beberapa aspek, yaitu, CPU, RAM, software, network speed, storage, dan yang terakhir OS.

Daya komputasi diproses melalui jaringan dan transfer data tidak pernah terjadi secara fisik. Sumber dayanya pun tidak pernah berada di lokasi pengguna yang memakai Cloud karena semuanya dilakukan secara online.

Cloud di Bidang yang Beragam

cloud-computing

Seiring dengan bertambahnya startup, belanja untuk layanan Cloud pun semakin meningkat. Berdasarkan riset konsultan bisnis dan analis pasar Frost & Sullivan, terjadi peningkatan yang signifikan terkait belanja layanan Cloud, khususnya di Indonesia yang mencapai USD 1,3 milliar, atau sekitar Rp. 18,3 trilliun di tahun 2018.

Selain itu, Startup Ranking mencatat, negara penghasil startup terbanyak ke enam adalah Indonesia dan bahkan di antara enam startup Indonesia merupakan startup unicorn. Banyak manfaat yang dapat diberikan oleh penyedia komputasi awan ini yang dapat diberikan pada sebuah startup ataupun aspek kehidupan yang lain. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Cloud Storage

Saat menggunakan Cloud Computing, storage tambahan untuk menyimpan data-data serta file, seperti hardware eksternal atau local hardisk dengan kapasitas besar tidak diperlukan sama sekali. Semua data dapat disimpan pada server storage Cloud yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, asalkan terkoneksi dengan internet.

Oleh karena itu, pengambilan, pengelolaan, serta pengolahan datanya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Apabila membutuhkan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar untuk menyimpan file, cukup lakukan upgrade storage ke provider layanan Cloud lainnya.

Cloud Backup

Cloud Backup adalah metode pencadangan data dengan menggunakan storage penyimpanan di server Cloud. Metode pencadangan data ini menggunakan storage virtual, bukan fisik seperti hardware.

Banyak sekali keunggulan Cloud Backup, mulai dari kemudahan dalam upgrade kapasitas Cloud Storage dan juga proses pemindahan dan peng-copy-an data. Backup data juga dapat dijadwalkan dan dilakukan secara otomatis. Data juga dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui media apa saja.

Internet of Things

Internet of Things (IoT) adalah teknologi pemanfaatan internet untuk kehidupan masyarakat. Sesuai dengan namanya, hal yang paling dibutuhkan oleh teknologi ini adalah internet. Dengan adanya teknologi internet, berbagai konfigurasi penyederhanaan pekerjaan dapat dilakukan.

Sebagai contoh, untuk keperluan smart home, smart car, food and beverages, healthcare, dan sebagainya. Salah satu pemanfaatan Internet of Things yang paling populer adalah adanya smart home. Semua pemanfaatan Internet of Things dalam teknologi smart home dilakukan oleh Cloud.

Cloud dalam Bisnis

Startup yang baru memulai bisnis dan menggunakan teknologi Cloud Computing, maka mereka dapat fokus pada layanan yang dibuat dan tidak perlu lagi membangun infrastruktur sendiri.

Sebagai contoh, bisnis Warung Pintar yang sejak dua tahun berdiri sudah memiliki dua ribu kios. Bisnis ini memanfaatkan layanan dari AWS untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam warung mereka dan berfokus membangun layanannya untuk terus tumbuh.

Selain itu, teknologi Cloud juga memungkinkan perusahaan untuk meluncurkan produk dan bersaing dalam skala global. Sebagai contoh, startup HappyFresh yang memanfaatkan layanan Amazon Web Service (AWS) untuk berekspansi ke Thailand.  Teknologi Cloud Computing memungkinkan startup ini menyesuaikan sumber daya agar dapat mengikuti traffic pengguna di Thailand secara efektif.

Berdasarkan hal tersebut, Cloud tentunya dapat memberikan kesempatan, baik dalam bisnis, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada banyak sekali hal yang dapat diberikan oleh Cloud, seperti Cloud Hosting, Cloud Database, Cloud Routing, Cloud API, Cloud Networking, dan Cloud Security. Berdasarkan hal tersebut, tentunya keterampilan di bidang Cloud sangat dibutuhkan.

SDM Terampil di Bidang Cloud

Adopsi teknologi komputasi awan di Indonesia juga menghadapi tantangan yang kurang lebih sama dengan negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Banyak responden dari survei yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) dan Amazon Web Service mengaku bahwa penggunaan teknologi Cloud yang efektif membutuhkan Sumber Daya Manusia yang lebih mahir.

Sebagai contoh, keterampilan di bidang engineer, coder, serta spesialis yang mampu mendesain sistem untuk keperluan bisnis, termasuk keamanan data yang sifatnya spesifik pada sebuah instansi atau perusahaan.

Keterampilan-keterampilan tersebut tentunya dibutuhkan untuk memenuhi pasar Cloud yang terus berkembang hingga sekarang karena permintaan Sumber Daya Manusia yang mahir teknologi Cloud terus bertambah.

Seperti yang diberitakan oleh situs pencari kerja Indeed.com, mulai dari periode Oktober 2015 hingga 2019, terdapat kenaikan 55 persen lapangan pekerjaan di bidang Cloud Computing. Sayangnya, kesempatan tersebut belum terlalu terpenuhi.

Cloud Engineer

Apa yang dimaksud dengan Cloud Engineer? Sebuah profesi yang bertugas untuk membangun infrastruktur Cloud disebut Cloud Engineer. Infrastruktur tersebut sebelumnya harus disesuaikan dengan rancangan yang dibuat oleh arsitek Cloud.

Arsitek Cloud merupakan ujung tombak dalam Cloud Computing. Setelah sturuktur sistem Cloud dirancang, Cloud Engineer akan membangun rancangannya. Oleh karena itu, seseorang yang bekerja di bidang ini akan menjadi bagian dari tim di sebuah project Cloud.

Apabila tertarik dengan profesi ini, Anda harus memiliki background pendidikan bidang komputer dan informatika. Selain itu, juga harus memiliki pekerjaan yang setara dengan sarjana di bidang teknik informatika dan komputer sekitar lima tahun.

Pengetahuan dasar yang harus dimiliki adalah infrastruktur virtual, kemudian pengetahuan virtualisasi dari vendor tertentu. Selain itu, juga terdapat skill khusus yang harus dimiliki, seperti:

  • Ahli dalam Bahasa Pemrograman: Bahasa pemrograman merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang Cloud Engineer, atau orang lain yang berkerja di bidang Cloud Computing. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai, seperti Ruby, Java, Phyton, SQL, RegEx, Haskell, GFM dan Java Script.
  • Pengembang Aplikasi Mobile: Mengapa mobile app development harus dikuasai? Dikarenakan saat ini banyak perusahaan yang menginginkan layanannya dikembangkan secara mobile. Layanan ini dikembangkan untuk pelanggan juga karyawannya.
  • Memahami Sistem dari Vendor Cloud: Beberapa perusahaan menginginkan staff-nya memahami platform Cloud milik vendor lain. Seperti Microsoft Azure, Amazon Web Service, dan Google Cloud Platform.
  • Linux: Skill ini sudah pasti harus dikuasai karena Linux masih sering digunakan di lingkungan perusahaan yang bergerak di bidang Cloud Computing.
  • Menguasai Informasi dan Keamanan Data: Keamanan menjadi keraguan yang sering timbul dari kalangan pengguna layanan. Oleh karena itu, hal ini menjadi isu yang paling menonjol dalam dunia Cloud Computing. Apabila seseorang ingin memasuki dunia teknologi ini, maka harus mempelajari skill tersebut.

Selain yang telah dipaparkan diatas, seseorang juga dapat mengikuti pelatihan lain di bidang Cloud agar semakin mantap saat menjalankan profesi-nya di bidang Cloud. Adapun program dan pelatihan yang dapat diikuti adalah sebagai berikut.

Program dan Pelatihan di Bidang Cloud

cloud-computing

Untuk memenuhi permintaan Sumber Daya Manusia yang mahir teknologi Cloud yang terus meningkat, banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya dengan menciptakan kerja sama dengan platform yang tepat.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) menggandeng Amazon Web Service untuk mempersiapkan ratusan ribu pekerja yang terampil di bidang komputasi awan.

Amazon Web Service menawarkan berbagai program pelatihan dan sumber daya untuk mendukung tenaga profesional meningkatkan keterampilan di bidang Cloud. Berikut beberapa contoh yang bisa Anda ikuti

1. Perpustakaan Digital

AWS menyediakan perpustakaan digital yang berisi pelatihan Cloud gratis. Terdapat delapan puluh pelatihan digital gratis dalam bahasa Indonesia, yang terdiri dari pelatihan dasar, menengah, dan lanjutan untuk membangun pengetahuan di bidang Cloud. AWS Cloud Practitioner Essentials adalah salah satu pelatihan Cloud gratis yang paling populer.

2. Kelas Virtual Pelatihan Cloud

Kelas virtual pelatihan Cloud ini diajarkan oleh tenaga ahli Amazon Web Service, ditujukan untuk para pekerja yang ingin belajar lebih dalam soal teknologi Cloud.

3. Kolaborasi dengan Institusi Pendidikan

AWS juga berkolaborasi dengan institusi pendidikan dengan menciptakan AWS Academy untuk membantu para siswa Indonesia mengembangkan keterampilan di bidang Cloud sebelum masuk dunia kerja.

Saat ini kerja sama antara Indonesia dengan AWS Academy tersedia bagi para mahasiswa, seperti mahasiswa di Universitas Telkom Bandung dan Universitas Klabat Minahasa Utara. Amazon Web Service juga mendukung developer di kota-kota tier dua seperti Bandung, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta untuk mempercepat proses sharing teknologi.

Selain itu, pelatihan keterampilan dan aktivasi Cloud dalam bahasa Indonesia dan Inggris juga berusaha untuk digalakan oleh tim pelatihan dan sertifikasi Amazon Web Service Indonesia.

Apabila seseorang sudah memiliki keterampilan sekaligus mengikuti program dan pelatihan seperti yang dipaparkan sebelumnya, orang tersebut dapat memilih salah satu profesi di bidang Cloud.

Profesi di Bidang Cloud

Terdapat beberapa profesi lain di bidang Cloud yang bisa Anda pilih jika telah mahir dan lulus dalam pelatihan Cloud. Berikut beberapa jenis profesi yang bisa Anda coba.

1. Cloud Software Engineer (CSE)

Apabila Cloud Engineer adalah orang yang membangun infrastruktur Cloud, maka Cloud Software Engineer (CSE) adalah orang yang mendesain serta mengembangkan modul software-nya. Adapun yang dimaksud dengan modul software adalah software yang berhubungan dengan layanan Cloud Storage.

2. Cloud Network Engineer

Cloud Network Engineer memiliki tugas untuk mendukung operasional, mengoptimasi perangkat, maintenance, perangkat jaringan, jalur komunikasi infrastruktur Cloud, sekaligus menjalankan implementasi.

3. Cloud System Engineer

Cloud System Engineer bertugas untuk membangun sistem virtual, demi mendukung implementasi Cloud. Selain itu, juga terdapat profesi lainnya, seperti Cloud Security, dan tugas-tugas lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Platform Cloud Terbaik yang Dapat Digunakan

Amazon Web Service (AWS) telah menjadi platform cloud paling komperehensif dan sudah diadopsi di seluruh dunia selama empat belas tahun. Amazon juga telah men-desain platform Cloud paling fleksibel dan aman di ekosistem Cloud terkini.

Amazon Web Service menawarkan lebih dari 175 layanan, seperti jaringan, database, komputasi, penyimpanan, machine learning, Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), VR dan AR, pengembangan aplikasi, serta penerapan dan manajemen dari 77 Availibility Zone atau AZ dalam 24 wilayah geografis.

AWS telah memiliki jutaan pelanggan yang menggunakan layanannya, sebagai contoh, startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan besar, juga lembaga perusahaan terkemuka telah menggunakan layanan Amazon Web Service agar lebih sigap, berinovasi lebih cepat, dan untuk memangkas biaya.

Cloud Computing Sebagai Sebuah Investasi Masa Depan

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, tentunya Cloud memberikan manfaat yang banyak sekali, baik dari segi pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, skill dan pengetahuan di bidang Cloud sangat dibutuhkan. Jika Sumber Daya Manusia sudah mampu untuk mengoperasikan teknologi Cloud tentunya ini akan memberikan banyak manfaat.

Salah satunya adalah negara dapat meyakinkan para investor untuk menanam modal mereka. Seperti yang dipaparkan oleh Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, Thomas Lembong.

“Seseorang tidak akan berinvestasi di negara yang tidak memiliki sarana di bidang Cloud Computing dan Artificial Intelligence yang baik. Ibaratnya, seseorang disuruh membangun pabrik di negara yang tidak ada listriknya.”

Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

8 Fitur Ini Wajib Ada di Aplikasi Delivery Makanan Anda!

0
fitur-delivery-app

Di zaman sekarang, membeli makanan dari restoran kesayangan dapat dilakukan hanya dari rumah saja. Berkat inovasi teknologi berupa aplikasi delivery order berbasis android, siapapun kini bisa memesan makanan dari mana saja dan kapan saja.

Pernahkah Anda mencoba memesan makanan menggunakan aplikasi delivery makanan? Jika iya, aplikasi delivery makanan apakah yang paling sering Anda gunakan?

Ada banyak sekali brand yang merilis aplikasi delivery makanan. Sebut saja contohnya seperti Go-Food, Grab Food, Sayurbox, Yummybox, Lemonilo, hingga Shopee Food. Untuk Anda yang tertarik membuat bisnis delivery makanan sendiri, Anda juga bisa lho membuat aplikasi delivery makanan dengan nama brand sendiri!

Ada banyak juga keuntungan yang bisa Anda raih dengan berbisnis delivery makanan memakai aplikasi sendiri, seperti:

  • Menjangkau semua pelanggan tanpa terkecuali. Dengan adanya aplikasi, siapapun bisa memesan makanan tanpa terhalangi situasi cuaca hujan, malas bepergian, lelah sepulang bekerja, sibuk, dan lain-lain.
  • Minim resiko untuk bisnis makanan pemula. Anda bisa memasarkan produk secara lebih hemat biaya sekaligus mengecek respon masyarakat memakai aplikasi saja.
  • Terbukti meningkatkan omset secara signifikan. Mengingat aplikasi delivery makanan online bisa menjaring semua pelanggan, maka otomatis omset bisnis Anda akan meningkat secara signifikan.
  • Lebih mudah dan efisien untuk mengembangkan usaha kuliner Anda. Konsumen bisa terlayani dengan lebih baik dan praktis. Semakin banyak konsumen yang terlayani dengan baik, maka akan semakin cepat pula kualitas dan rating aplikasi meningkat.

Namun agar bisnis delivery makanan dapat meraih omset maksimal, Anda wajib memastikan aplikasi delivery makanan brand Anda sudah punya 8 fitur wajib berikut ini.

Pastikan Aplikasi Delivery Makanan Anda Punya 8 Fitur Ini

delivery-service-2

Masyarakat kekinian, termasuk Anda, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi. Aplikasi menjadi inovasi IT terbaik dan praktis untuk menjawab banyak kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah memesan makanan atau mengirim barang (delivery order). Dengan memakai aplikasi, bisnis Anda bisa meraih omset jutaan secara lebih praktis.

Namun penting untuk diingat bahwa sebuah aplikasi tidak mungkin berjalan tanpa fitur. Fitur adalah menu dalam aplikasi yang bisa dijalankan untuk membantu pengguna memenuhi kebutuhannya. Contoh penggunaan fitur oleh user seperti membantu mencari produk, men-check out produk, membayar produk, dan lain-lain.

Fitur-fitur di dalam sebuah aplikasi harus lengkap, jelas dan mudah digunakan. Tujuannya tak lain agar setiap pengguna semakin dimudahkan dalam menikmati layanan yang disediakan. Berikut ini adalah 8 fitur yang wajib ada dalam aplikasi delivery barang dan makanan Anda:

Keranjang Belanja Virtual

Fitur pertama adalah keranjang belanja. Fitur ini wajib ada dalam aplikasi delivery order Anda untuk memudahkan konsumen men-check out lebih dari 1 produk sekaligus.

Keranjang belanja virtual memiliki banyak kegunaan. Seringkali konsumen tertarik untuk membeli lebih dari 1 item produk dari toko online Anda. Ada pula yang sengaja berbelanja banyak karena ingin memanfaatkan voucher diskon yang mereka punya. Untuk itu, keranjang belanja akan bermanfaat sebagai wadah penampung semua produk yang dipilih konsumen.

Dengan keranjang belanja, konsumen tidak perlu men-check out pesanan 1 per 1 dan membayar ongkos kirim berulang kali. Tak peduli seberapa banyak pesanan konsumen, mereka bisa memesannya sekaligus dan cukup membayar 1x biaya kirim.

Pun keranjang belanja virtual membantu konsumen dalam proses pengecekan ulang item pesanan sebelum membayar. Keranjang belanja akan menampilkan seluruh pesanan konsumen secara lebih rapi dan lengkap (tidak tercecer).

Panel Pengelola Admin

Fitur selanjutnya yang wajib ada di aplikasi delivery barang adalah panel admin. Tanpa panel admin, Anda tidak bisa mengelola bisnis delivery dengan baik. Sebuah panel admin harus mencakup banyak menu, seperti:

  • Pengelolaan bisnis harian.
  • Registrasi dan data-data pengguna.
  • Laporan transaksi harian, mingguan maupun bulanan.
  • Pengelolaan produk (penambahan, pengeditan dan penghapusan produk jualan).
  • Monitor informasi pengiriman paket, dan lain-lain sesuai kebutuhan bisnis.

Sesuai namanya, panel admin ini hanya akan muncul untuk pihak pengelola bisnis saja. Konsumen biasa tidak dapat melihat bagian panel admin ini. Jadi, Anda harus berkonsultasi pada pihak pengembang aplikasi agar tidak keliru menempatkan panel admin dalam user interface aplikasi.

Manajemen Pesanan

Sebagai ganti dari panel admin, konsumen wajib diberikan fitur manajemen pesanan. Fitur manejemen makanan pada aplikasi delivery makanan berguna untuk memudahkan konsumen mengecek dan memonitor pesanan makanan delivery mereka sendiri.

Fitur manejemen pesanan ini biasanya mencakup order pesanan yang sedang berlangsung dan juga daftar history pesanan atau riwayat belanja. Konsumen bisa mengecek daftar riwayat pesanannya kapan saja secara lengkap dengan rincian waktu pesanan, lokasi restoran dan total harga belanja. Anda juga bisa menambahkan fitur canggih agar konsumen bisa memesan kembali produk dari daftar history.

Push Notification Real-Time

Aplikasi delivery makanan Anda masih sepi interaksi dari pengguna? Mungkin Anda belum memakai fitur push notification real-time. Fitur push notification adalah notifikasi yang biasa muncul di layar smartphone Anda meskipun Anda tidak sedang memakai aplikasi. Fitur ini bermanfaat untuk mengirim aneka informasi terbaru ke pelanggan sekaligus memastikan mereka tidak ketinggalan apapun.

Canggihnya, push notification bisa mengirimkan notifikasi secara real-time alias detik itu juga saat Anda selaku admin menjalankan fitur ini. Semisal Anda mengirimkan pesan ‘diskon flash sale makanan’ sekarang, maka notifikasi tersebut akan langsung muncul di smartphone pengguna. Hasilnya, mereka akan langsung terdorong untuk mengecek notifikasi dan tertarik untuk berbelanja. Cara yang praktis untuk memaksimalkan engagement dan omset, bukan?

Menu Voucher dan Diskon

Siapa di sini yang tidak suka voucher dan diskon belanja? Faktanya, 100% konsumen suka saat mendapat voucher dan diskon belanja. Pasalnya, dengan memakai voucher dan diskon, konsumen bisa memperoleh harga belanja yang jauh lebih murah.

Semisal konsumen A membeli 4 item makanan seharga 100 ribu rupiah. Ketika ia membayar dengan menyertakan voucher diskon 50%, maka harga 4 item makanan tadi otomatis berubah menjadi 50 ribu rupiah saja. Menggiurkan, bukan?

Untuk itulah, aplikasi delivery order Anda wajib memiliki menu voucher dan diskon secara khusus. Dengan adanya fitur ini, diharapkan konsumen dapat menemukan semua voucher dan diskon penawaran terbaru dengan praktis. Selain itu, Anda bisa turut menyertakan menu ‘Voucher Saya’ sebagai tempat pengumpulan voucher yang sudah diklaim konsumen.

Manajemen Pengiriman Produk

Gunakan juga fitur manajemen pengiriman produk sebagai inovasi yang membedakan aplikasi Anda dengan aplikasi delivery makanan brand lain. Fitur manajemen pengiriman produk memungkinkan setiap pengguna untuk mengelola sendiri kapan mereka ingin pengiriman dilakukan.

Inovasi ini merupakan jawaban dari masalah kedatangan pesanan saat pemiliknya tidak sedang berada di rumah. Masalah tersebut sering kali menyulitkan para kurir dan juga pemilik pesanan. Namun fitur manajemen pengiriman produk memungkinkan setiap konsumen untuk memesan makanan kapan saja mereka ingin.

Semisal konsumen B teringat belum menyiapkan makan malam saat sedang bekerja di siang hari. Sebab takut terlupa atau kelelahan pada malam harinya, maka konsumen B memutuskan untuk memesan makan malamnya siang itu juga. Namun agar makanannya tetap hangat, konsumen B menyesuaikan jam pengantaran makanan dengan jam pulang kerjanya nanti memakai fitur manajemen pengiriman produk.

Fitur yang sangat praktis, bukan? Pengguna bisa memilih sendiri tanggal dan waktu pengiriman produk melalui aplikasi. Fitur yang sama juga dimiliki admin agar bisa mengelola pesanan secara realtime.

Manajemen Produk dan Kategori

Tidak ingin konsumen bingung mencari makanan pilihan dari ratusan produk yang ada? Pastikan aplikasi Anda dilengkapi dengan fitur manajemen produk dan kategori untuk memudahkan pembeli menemukan produk idaman. Anda bisa mengelompokkan seluruh produk ke dalam beberapa kategori. Jadi, konsumen juga akan terbantu untuk melihat-lihat produk secara spesifik dalam 1 kategori yang diinginkan.

Interface Keseluruhan yang Mudah

Terakhir, semua fitur di atas tentunya harus ditampung dalam sebuah interface keseluruhan yang mudah digunakan. User interface adalah tampilan keseluruhan dari aplikasi ketika dijalankan. Pastikan semua fitur dan menu tersusun rapi, jelas, dan mudah dimengerti pengguna awam, ya! Fitur-fitur canggih aplikasi Anda otomatis tidak akan bermanfaat jika pengguna tidak tahu bagaimana cara menemukan dan menggunakannya.

Dapatkan Aplikasi Delivery Order Berbasis Android Terbaik Langsung Di Sini!

delivery-1

Anda telah melihat 8 fitur yang wajib ada di aplikasi delivery order untuk memaksimalkan kualitas aplikasi dan omset bisnis. Namun kini kita dihadang dengan pertanyaan kedua: bagaimana cara mendapatkan aplikasi delivery makanan yang sudah dilengkapi 8 fitur di atas?

Tidak perlu pusing. Saat ini, memiliki aplikasi delivery barang khas brand sendiri adalah hal yang mudah. Cukup hubungi jasa pembuatan aplikasi online APPSHOP sekarang juga, maka Anda sudah bisa memperoleh paket pengembangan aplikasi delivery order berbasis android dengan harga termurah se-Indonesia!

APPSHOP adalah jasa pembuatan aplikasi online terbaik dari Bali yang siap membantu mengatasi semua kebutuhan aplikasi Anda. APPSHOP menyediakan banyak paket pengembangan aplikasi multi-platform (iOS dan Android) yang bebas Anda kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan. APPSHOP juga menyediakan konsultasi gratis sepuasnya dengan tenaga IT profesional untuk Anda yang masih bingung caranya mengoptimalkan bisnis online berbasis aplikasi.

Anda bisa mulai dengan mencoba Paket Aplikasi APPSHOP Delivery untuk melancarkan bisnis restoran online Anda. APPSHOP akan melayani semua kebutuhan Anda, mulai dari konsultasi ide dan permasalahan bisnis, pembuatan aplikasi online, hingga perilisan aplikasi di Google Play dan Apple App Store. Semuanya terfasilitasi dalam 1x pembayaran saja, sangat hemat dibandingkan jasa pengembang aplikasi lainnya yang menyediakan pelayanan secara terpisah!

Yakin tidak ingin mengambil kesempatan bisnis praktis bersama APPSHOP? Daripada menyesal di belakang, yuk klik https://appshop.co.id/delivery/ sekarang dan raih promo sekaligus kesempatan menjadi pengelola restoran online beromset jutaan bersama APPSHOP.

Retargeting Ads | Definisi, Cara Kerja, dan Contoh Iklan |

0
retargeting

 

Konsep retargeting ads sedang populer di kalangan growth marketers. Pasalnya, konsep ini terbukti ampuh untuk menjadikan semua pengunjung website dan iklan Anda untuk sungguh-sungguh menjadi pembeli (real buyer).

Faktanya, mengandalkan iklan saja tidak cukup untuk meyakinkan semua masyarakat menjadi pembeli produk atau jasa Anda. Bahkan, hanya ada sepersekian persen orang saja yang sungguh-sungguh membeli produk pasca melihat iklan. Untuk memaksimalkan jumlah konversi iklan ke pembelian hingga 100%, Anda perlu mencoba strategi retargeting ads.

Kira-kira apa, ya, pengertian retargeting dan cara kerjanya? Seperti apa juga contoh iklan retargeting? Tenang saja, kami akan mengulas secara mendalam terkait seluk-beluk retargeting ads untuk memudahkan Anda dalam mempraktekkannya di bisnis milik sendiri. Yuk langsung kita simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian Retarteging Ads, Strategi Jitu untuk Menarik Real Buyer

Pernahkah Anda sekadar iseng melihat sebuah iklan? Atau, pernahkah Anda hanya melihat-lihat sebuah produk tanpa ada maksud untuk membelinya karena faktor tertentu?

Hal-hal seperti di atas, faktanya, sering sekali menghampiri benak setiap konsumen. Inilah mengapa iklan bisnis Anda sesungguhnya tidak efektif untuk menghasilkan konversi penjualan. Masyarakat (calon konsumen) sering mengalami ‘distraksi’ saat hendak berbelanja. Ada yang hanya ingin melihat-lihat tanpa ingin membeli, bingung membeli apa, atau faktor-faktor lain yang memengaruhi mereka untuk tidak berbelanja.

Jika tidak segera diatasi, maka seluruh usaha Anda untuk berpromosi akan menjadi sia-sia belaka. Tidak perlu cemas, sebab sudah ada cara efektif untuk memaksimalkan kembali sistem promosi Anda yakni dengan retargeting ads.

Istilah retargeting ads mungkin masih asing bagi sebagian orang, dan bisa jadi, termasuk Anda juga. Apa pengertian retargeting ads? Pengertian retargeting ads adalah cara untuk mendekatkan kembali brand Anda dengan masyarakat yang pernah melihat iklan atau berinteraksi di website Anda. Definisi ini sesuai dengan kata ‘re’ yang berarti ‘kembali’ dan ‘targeting’ yang artinya ‘membuat target’.

Sasaran utama dari retargeting ads adalah pengunjung yang pernah mendatangi web atau aplikasi Anda tapi belum pernah berbelanja sama sekali. Dengan mengaplikasikan strategi ini, jumlah penjualan di website atau aplikasi toko online Anda akan bertambah secara signifikan!

Baca juga : Definisi, Cara Kerja, dan Contoh Iklan Retargeting Ads

2 Tujuan Utama Strategi Retargeting

retargeting-1

Mengapa Anda perlu mengaplikasikan strategi retargeting dalam berbisnis? Ada 2 tujuan utama yang selalu menjadi alasan mengapa banyak pebisnis mau repot-repot menyusun ulang sistem promosi mereka ke konsumen. Kedua tujuan tersebut adalah:

Menaikkan Tingkat Konversi

Tujuan pertama adalah meningkatkan tingkat konversi. Strategi retargeting dipercaya mampu meyakinkan pengunjung yang pernah mendatangi situs Anda untuk melakukan banyak aktivitas tingkat lanjut di website seperti mendaftar akun, berlangganan atau membeli produk.

Meningkatkan Kesadaran

Tujuan kedua adalah meningkatkan kesadaran (awareness) dari pengunjung web dan aplikasi, khususnya para pengunjung yang belum banyak melakukan aktivitas di web. Untuk meningkatkan awareness ini, Anda bisa menampilkan lebih banyak iklan maupun keunggulan dari produk yang dijual.

Cara Kerja Retargeting Ads Terlengkap

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja retargeting ads ini? Pada dasarnya, mengaplikasikan sistem retargeting sama saja dengan ketika Anda membuat iklan (ads).

Namun di strategi retargeting ads, Anda memfokuskan ulang target audiens iklan dan lebih menekankan CTA untuk mendorong terjadinya konversi. Selain itu, basa-basi dan perkenalan produk juga diminimalkan sekecil mungkin agar konsumen terfokus untuk melakukan CTA.

Untuk lebih jelasnya, retargeting ads bekerja memakai sistem pixel-based. Pixel-based adalah sistem yang akan menyelipkan ‘anonymous cookie’ di browser setiap pengunjung kapanpun ia mendatangi website e-commerce Anda. Anonymous cookie sendiri dibuat memakai kode pixel JavaScript dan bisa dipasang di website atau postingan konten aplikasi e-commerce.

Anonymous cookie ini akan bekerja ketika pengunjung meninggalkan website. Sistem ini secara otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada Anda terkait waktu terbaik untuk menayangkan ulang iklan ke pengunjung yang pernah mendatangi web Anda. Akhirnya, iklan yang sama berpotensi lebih besar untuk menggaet pengunjung datang kembali ke web Anda.

Retargeting pixel-based ini sering diaplikasikan pada banyak tipe iklan. Beberapa contoh iklan retargeting adalah Google Ads Retargeting, Facebook Ads, YouTube Ads, dan lain-lain.

Baca juga : 3 Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif dan Minim Modal

Contoh Iklan Retargeting

Contoh iklan retargeting yang paling nyata dan mudah ditemukan adalah menemukan iklan yang terus-menerus muncul di halaman web dan media sosial Anda. Mungkin Anda pernah sekali waktu melihat sebuah produk smartphone dari e-commerce namun tidak membelinya. Kemudian, Anda menemukan iklan produk smartphone yang sama muncul di media sosial Anda secara tiba-tiba.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis contoh iklan retargeting yakni Google Ads Retargeting, Facebook Ads, YouTube Ads, dan lainnya. Berikut adalah penjelasan terkait masing-masing platform retargeting yang bisa Anda coba:

Google Ads Retargeting

Google Ads Retargeting adalah contoh strategi retargeting yang muncul pertama pertama kali sekaligus terbaik. Google Ads menawarkan laman iklan khusus untuk siapa saja agar konten dan website bisnis mereka bisa muncul di posisi teratas Google search. Dengan beriklan di Google Ads, website Anda bisa mendulang klik dan traffic lebih banyak. Di Google Ads, iklan Anda akan terus muncul kapanpun user menelusuri konten yang sesuai dengan domain bisnis Anda (sistem retargeting).

Facebook Ads

Selanjutnya ada Facebook Ads yang juga menerapkan sistem retargeting. Facebook Ads terbukti tak kalah efektif dibandingkan Google Ads karena bisa menghasilkan leads dan menarik engagement secara cepat dan efisien.

Hebatnya lagi, iklan Facebook Anda bisa tersinkronisasi dan ditampilkan langsung pada media sosial lainnya yang bertautan dengan Facebook yakni Instagram dan WhatsApp. Alhasil, iklan Anda dapat muncul berulang-ulang dan lebih meyakinkan konsumen.

Di Facebook Ads pula, Anda bebas mengatur hendak menayangkan iklan pada kelompok audiens yang mana (berdasarkan jenis kelamin, rentang usia, domisili, dan lainnya). Tujuannya tentu untuk menciptakan promosi yang lebih efektif.

Retargeting YouTube Ads

YouTube Ads menyusul sebagai platform retargeting terbaik sekaligus terkuat untuk membidik calon konsumen. Melalui konten YouTube yang menarik, Anda bisa menyelipkan konten promosi secara berulang-ulang (retargeting) untuk menguatkan motivasi berbelanja dari konsumen.

Tools SEO Lain

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan tools SEO lainnya untuk melakukan retargeting seperti Bizo, Perfect Audience, Retargeter dan AdRoll.

Penjelasan Lengkap Google Retargeting: Definisi, Keuntungan, dan Strategi

retargeting-2

Pada pembahasan ini, kita akan melihat secara rinci terkait Google Retargeting. Dilansir dari laman Google Support Group, retargeting atau remarketing adalah cara untuk berinteraksi kembali dengan orang-orang yang pernah mengunjungi atau memakai aplikasi bisnis Anda.

Dengan mengaktivasi Google Retargeting, Anda bisa dengan lebih leluasa mengatur agar iklan Anda selalu muncul di laman pencarian Google. Alhasil, tingkat awareness dan konversi website Anda akan meningkat drastis.

Anda bisa mencoba memakai Google Ads sebagai permulaan dalam mempraktekkan strategi retargeting, karena ada banyak variasi strategi remarketing yang mudah dicoba dengan Google Ads. Plus, ada banyak keuntungan yang tersaji untuk Anda jika mengaplikasikan Google Retargeting. Apa sajakah? Berikut jawabannya:

5 Variasi Strategi Retargeting dengan Google Ads

Ada 5 variasi strategi retargeting yang bisa Anda lakukan dengan memakai Google Ads, yakni:

1. Retargeting Standar

Menampilkan iklan ke pengunjung website ketika mereka mendatangi web yang sama untuk kedua kali.

2. Remarketing List Pencarian

Menampilkan iklan ke pengunjung ketika pengunjung melakukan penelusuran keyword setelah meninggalkan web Anda.

3. Remarketing Dinamis

Memaksimalkan remarketing ke level berikutnya, di mana iklan ditampilkan dengan lebih intens.

4. Remarketing Customer-List

Memunculkan iklan dan penawaran khusus ke kontak customer tertentu saja.

5. Remarketing Video

Menampilkan iklan ke pengunjung yang memberikan respon (view, like, komentar) pada video YouTube bisnis Anda.

6 Keuntungan Memakai Google Retargeting untuk Bisnis

Ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan oleh Google Retargeting untuk bisnis Anda, lho. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mendapatkan hasil optimal dan penjualan maksimal karena iklan lebih fokus pada dorongan CTA.
  • Sistem penargetan yang lebih tepat sasaran, di mana audiens sasaran iklan lebih spesifik dan lebih sesuai dengan penawaran produk.
  • Mudah dimonitor dan dievaluasi karena sudah dilengkapi dengan monitor statistik kampanye.
  • Iklan tidak terbatas untuk seluruh masyarakat dari berbagai belahan dunia.
  • Konten iklan sangat mudah dibuat secara gratis memakai Ad Gallery. Anda bebas membuat konten iklan foto, video maupun artikel teks.
  • Harga iklan murah meriah dan bebas disesuaikan dengan budget perusahaan.

Itulah dia pembahasan lengkap terkait retargeting ads. Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, jangan lupa ikuti Markey untuk mendapatkan lebih banyak artikel menarik seputar perkembangan bisnis digital kekinian!

Anda juga bisa mendapatkan paket lengkap pengembangan web dan app bisnis online termurah hanya dari APPSHOP. Yuk segera kunjungi http://appshop.co.id/ sekarang dan dapatkan aneka promo menarik khusus untuk Anda!

Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!