Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Ingin Memasang Programmatic Ads? Pikir Lagi, Sebab Faktanya Anda...

Ingin Memasang Programmatic Ads? Pikir Lagi, Sebab Faktanya Anda Justru Merugi

-

Belakangan ini, teknik promosi internet “Programmatic Ads” sedang viral dan dielu-elukan masyarakat sebagai trik terbaik untuk memasarkan bisnis.

Namun, baru-baru ini penelitian dari ISBA (sebuah lembaga representatif dunia periklanan internasional dari Inggris) menunjukkan hasil yang mencengangkan.

Menurut penelitian mereka, iklan digital programmatic ads adalah hal yang membuat perusahaan merugi besar.

Teknologi digital memang membawa banyak inovasi dan peranan untuk dunia bisnis, salah satunya terwujud dalam bentuk website ads atau programmatic ads. Nama programmatic ads adalah istilah yang sudah dikenal baik oleh banyak kalangan pebisnis dunia.

Hal ini tidak mengherankan sebab di awal kemunculannya, programmatic ads adalah taktik pemasaran gaya baru yang langsung trending di masyarakat karena bisa menghasilkan keuntungan lewat iklan yang lebih besar.

Namun kami tidak merekomendasikan Anda untuk mengikuti taktik programmatic ads atau website ads karena faktanya, penelitian dari ISBA di tahun 2020 membuktikan bahwa perusahaan justru merugi sebesar 50% dari dana investasi programmatic Ads yang mereka lakukan.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak artikel Markey berikut ini sebagai bahan pertimbangan lengkap sebelum Anda memutuskan hendak terjun ke programmatic ads. Selamat membaca!

Apa Itu Programmatic Ads? Pengertian dan Contohnya

website-ads-1

Sebelum kita melihat apa saja kekurangan programmatic ads, mari kita simak terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan programmatic ads / website ads dan contoh programmatic ads. Programmatic Advertising adalah sebuah iklan yang sengaja diprogram menggunakan kecanggihan IT sehingga bisa iklan dapat disebarluaskan dengan lebih efisien, praktis dan irit biaya.

Programmatic ads ini juga dikenal dengan nama website ads. Trik website ads sempat viral dan menjadi pilihan serius bagi banyak pebisnis untuk memasarkan brandnya. Sebab, konten-konten dari website ads dapat dipasarkan hingga mencapai cakupan internasional alias seluruh dunia.

Jika metode iklan gaya lama seperti iklan banner tradisional, iklan TV dan majalah masih mencakup kelompok masyarakat berskala terbatas, maka website ads dapat dijangkau oleh siapa saja, dari mana saja, serta kapan saja.

Website ads sempat dinilai cocok untuk memanfaatkan kebiasaan baru masyarakat modern yang hampir semua aktivitasnya dilakukan secara online. Bahkan banyak studi mengklaim bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet tertinggi selama 5 tahun ke belakang.

Sampai hari ini, diperkirakan ada sekitar 130 juta jiwa lebih yang menggunakan internet di Indonesia. Alhasil, potensi keberhasilan beriklan dengan website ads semakin terasa menggiurkan untuk dicoba.

Pengerjaan programmatic ads yang simpel juga menjadikan trik promosi ini semakin diminati. Nyatanya, Anda memang tidak perlu bersusah payah ketika hendak memasang website ads. Anda cukup memilih format iklan website ads yang sudah tersedia untuk dipakai.

Ada beragam contoh programmatic ads yang biasa digunakan oleh perusahaan. Beberapa contoh programmatic ads tersebut adalah: iklan video web, banner online, iklan influencer, iklan forms, pop up notification, dan seterusnya.

Kemudian setelah memilih format iklan yang hendak dipergunakan, Anda bisa langsung mengisi data diri singkat pada form yang disediakan plus dilanjutkan dengan memilih metode pembayaran.

Anda tidak perlu lagi menelepon pihak publisher iklan untuk membicarakan harga karena aplikasi website ads biasanya sudah terkoneksi langsung dengan publisher. Lebih bagusnya lagi, Anda bisa menyesuaikan paket website ads yang diambil dengan budget milik perusahaan.

Ada 2 jenis tipe cara kerja dari programmatic ads, yakni direct programmatic dan marketplace programmatic. Perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

Artikel terkait  Facebook Ads Manager dan Cara Penggunaannya

Marketplace Programmatic

Sesuai namanya, marketplace programmatic bekerja dengan melibatkan sebuah marketplace. Hal inilah yang menjadikan kita terkadang menemukan sebuah marketplace yang ‘dibanjiri’ beraneka ragam iklan yang mengganggu.

Ketika sebuah website memasang programmatic ads, maka website tersebut akan mempunyai sebuah ad unit inventori di dalamnya.

Nantinya, sewakt user (calon konsumen) mendatangi website dengan ad unit tersebut, secara otomatis publisher iklan akan mengirim sebuah request iklan ke ad server.

Proses pun akan dilanjutkan ke sistem marketplace programmatic. Hasil akhirnya, marketplace akan mengirim iklan-iklan dengan kriteria spesifik yang telah ditentukan sebelumnya ke hadapan user. Di sini, iklan-iklan berkompetisi untuk merebut perhatian user.

Direct Programmatic

Tipe kedua adalah direct programmatic. Iklan tipe ini tidak membutuhkan koneksi ke marketplace. Sebagai gantinya, direct programmatic menyalurkan iklan ke user melalui persetujuan yang telah disepakati oleh sales staff  seperti dengan memanfaatkan slot promosi dan lelang iklan.

Intinya, programmatic ads menjanjikan keuntungan super maksimal dengan budget seminimum mungkin dengan iming-iming memakai kecanggihan teknologi.

Namun apabila Anda tidak jeli melihat secara lebih mendalam, faktanya Anda bisa dengan mudah ditipu oleh kekurangan-kekurangan programmatic ads yang selama ini disembunyikan oleh  pihak publisher iklan.

Artikel terkait  Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Aplikasi Pasang Iklan Gratis

Kerugian Tersembunyi di Balik Janji Manis Programmatic Ads

website-ads-2

Anda telah memahami apa itu programmatic ads, cara kerja dan keuntungan yang ia tawarkan ke konsumennya. Namun jangan sampai terkecoh, karena nyatanya, ada cukup banyak kerugian tersembunyi di balik janji manis pihak sales programming ads.

Saat Anda ditawari untuk mencoba programming ads, tentunya Anda akan mendengar serangkaian keuntungan beriklan online yang cepat, praktis, murah dan diklaim bisa mendatangkan keuntungan lebih besar ketimbang beriklan secara tradisional.

Para sales programming ads tidak akan pernah mengungkapkan fakta bahwa uang yang perusahaan Anda keluarkan sebagai modal promosi tidak pernah mencapai dompet pihak pengiklan online.

Menurut studi penelitian terbaru dari ISBA yang bekerja sama dengan AOP (Association of Online Publishers) serta PwC  di tahun 2020, 50% uang yang Anda keluarkan untuk beriklan online justru tersebar entah kemana secara tidak jelas. 15% dari uang tersebut besar kemungkinan ‘diambil’ oleh oknum-oknum kotor dalam mata rantai permainan programmatic ads.

Separuh modal yang Anda bayarkan untuk beriklan faktanya selalu ‘lenyap’ dalam pemrosesan programmatic ads untuk tujuan-tujuan yang tidak jelas. Pernyataan ini semakin menguat mengingat sistem pengelolaan dana programmatic ads yang tidak transparan dan sistem birokrasi administrasinya yang panjang serta berbelit-belit.

Lebih lanjut hasil penelitian ISBA, AOP dan PwC ini menemukan bahwa sekitar 50% – 51% dana investasi modal iklan dari perusahaan sampai ke tangan publisher atau perilis iklan. Sedangkan 35% sisanya terbagi-bagi dalam jumlah nominal yang berbeda-beda untuk pihak SSP dan DSP, agensi programmatic ads, dan juga provider penyedia teknologi. Terakhir, 15% sisa dana disinyalir ‘lenyap’ begitu saja untuk kebutuhan yang tidak jelas.

Ketidaktransparansian dalam sistem kerja programmatic ads ini turut berhasil dibuktikan ketika pihak PwC mencoba meminta data-data terkait perkembangan iklan dari pihak penyedia programmatic ads. Kejanggalan terjadi ketika pihak penyedia programmatic ads justru ‘sengaja berbelit-belit’ dan menyusahkan perusahaan untuk mendapatkan data yang seharusnya menjadi hak mereka.

Nyatanya, perusahaan klien justru dibuat menunggu hingga 9 bulan lamanya sebelum bisa mendapatkan data-data terkait iklan yang dipasang. Pun banyak perusahaan mengungkapkan bahwa data yang diberikan cederung tidak jelas dan sulit untuk dibaca.

Penelitian ISBA bukanlah satu-satunya yang mengungkapkan fakta permainan programming ads ini. Media internasional The Guardian juga pernah mengadakan riset serupa dan mendapatkan hasil yang tak kalah buruk  di mana menurut mereka, hanya 30% uang modal perusahaan yang benar-benar disalurkan ke pihak pengiklan online. Sementara 70% sisanya hilang ke dalam proses administrasi programmatic ads yang tidak jelas fungsi dan pekerjaannya.

Ketidakjelasan dan kesemerawutan kinerja programmatic ads ini lantas dinilai berbahaya karena sangat berpotensi untuk disalahgunakan sebagai tempat penggelapan uang ilegal bagi oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Selain itu, runutan sistem kerja administrasi programmatic ads yang terlalu panjang dan tidak terbuka dinilai memperparah potensi kejahatan yang bisa muncul kapan saja dan merugikan pihak perusahaan klien.

Jadi, masihkah Anda tertarik untuk menggunakan jasa layanan programmatic ads? Masih ada lebih  banyak metode beriklan online yang lebih aman dan juga murah selain programmatic ads, seperti beriklan di platform resmi semacam Google Adwords, Facebook Bisnis dan Instagram Binis; bekerja sama secara langsung dengan influencer ternama; memaksimalkan konten dan media sosial marketing; atau menjadi sponsor utama di sebuah event online.

Sebelum terlambat dan berakhir jatuh dalam kerugian penipuan, lebih baik cobalah untuk mencari metode beriklan yang lebih aman, murah dan menguntungkan, ya!

Demikianlah pembahasan artikel  edisi kali ini tentang apa itu programmatic ads dan kekurangan programmatic ads yang patut Anda waspadai. Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan Anda, ya!

Terima kasih sudah membaca sampai di sini, dan jangan lupa untuk mengecek artikel menarik plus informatif lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari Markey.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya