Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis Ingin Bisnis Kecil Lebih Berkembang? Ini Solusinya

Ingin Bisnis Kecil Lebih Berkembang? Ini Solusinya

-

Ingin bisnis kecil Anda lebih berkembang dan sukses? Gunakanlah ecommerce. Banyak riset dan studi menemukan bahwa ecommerce terbukti ampuh mempertahankan bisnis kecil di era pandemi serta globalisasi.

Faktanya, masih banyak negara berkembang yang gonjang-ganjing bertempur melawan Covid-19 terlepas dari kemajuan berkat bantuan vaksin. Indonesia tidak luput dari permasalahan ini.

Pandemi menjadi situasi darurat bagi para pelaku bisnis kecil dan UMKM Indonesia. Oleh karena itu, usaha mikro memerlukan strategi baru agar bisa bertahan dari badai penyakit serta kelesuan ekonomi.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada solusi ampuh bagi bisnis kecil lokal untuk bertahan saat pandemi. Apa itu? Yuk langsung gulir ke bawah untuk mengetahui jawaban selengkapnya!

Kunci Sukses Bisnis Kecil : Omset Melonjak Berkat Ecommerce

Pada Desember 2020, Bank Dunia bersama ecommerce Shopee melakukan survei pada lebih dari 15.000 bisnis kecil online di Indonesia. Hasilnya cukup mengejutkan.

Ecommerce terbukti menjadi kunci jawaban atas permasalahan yang dihadapi UMKM tradisional selama ini. Seluruh responden mengaku mengalami kenaikan omset setelah beralih memasarkan dagangannya secara online.

Mereka juga lebih tahan menghadapi persaingan dan kelesuan ekonomi di tengah pandemi, karena transaksi tetap lancar dan aman secara daring.

Lebih lanjut, seluruh responden dalam survei ini adalah pelaku UMKM (Usaha Micro, Kecil Dan Menengah) dengan pendapatan tahunan kurang dari 50 miliar rupiah.

Pertanyaan survey mencakup poin-poin krusial seperti dampak pandemi terhadap usaha, cara mengatasi penurunan penjualan, serta bentuk dukungan yang mereka harapkan versus kenyataannya.

4 Manfaat Utama Ecommerce Bagi Bisnis Kecil

bisnis-kecil

Berbagai manfaat utama ecommerce bagi pertumbuhan UMKM dapat dipetik langsung dari hasil survei di lapangan. Berikut penjabaran selengkapnya khusus untuk Anda.

1. Meningkatkan Daya Tahan Bisnis Hingga 80%

Pedagang kecil di ecommerce jauh lebih tangguh menghadapi pandemi Covid-19, dibandingkan perusahaan yang beroperasi offline (tradisional).

80% pedagang digital yang disurvei tetap menjalankan bisnis dengan baik selama pandemi di Indonesia tepatnya sedari gelombang pertama sampai hari ini.

Tingkat ketahanan mereka sangat tinggi melampaui bisnis offline. Hanya sekitar 1-3 dari 10 bisnis non-ecommerce yang tetap buka di masa badai Covid.

2. Mempercepat Pemulihan Dampak Usaha

Pedagang ecommerce tidak hanya lebih tangguh bertahan selama pandemi, tetapi juga bisa memulihkan dampak negatif dari luar lebih cepat.

Toko yang sedari awal sudah aktif menggunakan internet untuk transaksi terbukti lebih cepat pulih dari hantaman pandemi. Bukan hanya ecommerce saja, tetapi juga olshop yang berkembang di sosial media, website dan aplikasi sendiri.

Jumlah rata-rata penjualan ecommerce terpantau meningkat ke level pra-pandemi sekitar enam bulan setelah puncak kasus pertama di Indonesia. Dalam kurun waktu yang sama, mayoritas bisnis tradisional justru mengalami penurunan lebih dari 20% dari total pemasukan tahunan mereka.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari sejumlah faktor pendukung, seperti:

  • Sektor atau industri yang digeluti para pedagang online.
  • Kemudahan bekerja dengan minim pegawai berkat bantuan alat digital. Teknologi mengefisiensikan pekerjaan dan menekan pengeluaran.
  • Kemampuan menjangkau konsumen dari berbagai pelosok wilayah, termasuk luar negeri lewat internet.

3. Menambah Omset dan Ladang Pekerjaan Baru

Manfaat lain dari ecommerce adalah menambah omset sekaligus ladang pekerjaan baru di Indonesia hingga 25%. Orang-orang yang diberhentikan dari pekerjaan lama mereka akibat pandemi cenderung banting setir ke bisnis online kecil-kecilan di ecommerce.

Namun pengguna ecommerce kekinian sejatinya terbagi ke dalam dua kubu: Pendatang Baru dan Pemain Lama. Para pendatang baru adalah orang-orang yang terjun ke dunia bisnis ecommerce setelah terdampak pandemi.

Kelompok ini terdiri dari industri rumah tangga, mahasiswa, karyawan part time, ibu rumah tangga dan pemuda usia 15-24 tahun. Dari hasil studi, para pendatang baru lebih banyak menggunakan ecommerce sebagai sumber pemasukan tambahan (sekunder) alih-alih utama.

Ecommerce dinilai menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan, walaupun kelompok pendatang sejatinya sudah ada yang memiliki pekerjaan tetap. Mereka seolah memaksimalkan seluruh peluang yang ada demi menimbun pundi-pundi kekayaan.

Sementara para pemain lama adalah bisnis-bisnis yang sudah bergerak jauh sebelum pandemi. Kelompok yang ini memilih mengubah strategi bisnis mereka ke arah online, dengan menjadikan ecommerce sebagai media bisnis utama.

Setelah menggunakan ecommerce, bisnis-bisnis lama mampu “memperkukuh” channel distribusi pemasarannya serta meraih omset lebih tinggi lagi.

4. Dapat Dimulai Tanpa Modal

Ecommerce makin menguntungkan pengusaha lokal karena dapat dijalankan tanpa modal sepeserpun. Inilah bentuk terobosan paling bermanfaat dalam sejarah perkembangan marketing.

Pengguna dapat dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan konsumen memakai ecommerce. Anda hanya perlu menyesuaikan produk jualan dan memasarkannya tanpa perlu khawatir merogoh banyak modal.

Dari sekitar 15.000 pedagang yang disurvei, 40% mengaku pernah “banting setir” menyediakan produk kesehatan selama pandemi. Hal ini harus dilakukan demi memenuhi trend dan kebutuhan target konsumen. Hasilnya, terjadi peningkatan daya jangkau produk di masyarakat hingga 17%.

Anda wajib memanfaatkan fleksibilitas ecommerce agar bisa bersaing. Hanya pedagang yang luwes dengan perubahan trend dan kebutuhan sajalah yang akan meraih peningkatan penjualan, serta melalui masa kelam pandemi dengan lebih baik.

Namun tetap ada faktor-faktor lain yang harus turut diperhatikan juga, seperti skala bisnis, nilai pangsa usaha online, kategori produk, jumlah penjualan per tahun, dan total kompetitor yang bergabung.

Kesimpulan

E-commerce adalah salah satu cara bertahan pebisnis lokal dari kemerosotan ekonomi. Namun para pebisnis tetap mengaku membutuhkan bantuan dari sektor publik dan swasta untuk menggapai keberhasilan yang lebih maksimal.

Satu dari lima pedagang online yang disurvei menerima subsidi modal pemerintah selama pandemi dalam bentuk tunai. Bantuan ini terbukti sangat membantu mereka dalam berbagai keperluan, mulai dari bisnis, konsumsi rumah tangga, dan tabungan.

Akan tetapi, bantuan uang tunai saja tidaklah cukup. 23% responden lebih memilih bantuan berupa pelatihan skill digital marketing agar bisa mengoperasikan ecommerce.

Mereka meminta kelas belajar penjualan ecommerce, serta sistem logistik yang lebih murah sekaligus berkualitas. Oleh sebab itu, ke depannya akan diperlukan lebih banyak proyek pelatihan demi meningkatkan skill merchant digital.

Menciptakan pertumbuhan ekonomi digital yang baik dan menyeluruh di Indonesia tidak bisa hanya dengan mengandalkan ecommerce saja, tetapi juga pengembangan logistik, layanan keuangan online, dan solusi pembayaran digital.

Jadi bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah Anda mengembangkan bisnis kecil Anda di ecommerce? Tunggu apa lagi, segera lebarkan sayap usaha Anda ke ecommerce bersama MARKEY!

Pelajari beragam skill, tips dan trik sukses bisnis online secara gratis hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Jangan sampai kelewatan insight-insight bisnis spesial dari kami untuk memaksimalkan usaha Anda. Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya