Last Updated on April 21, 2022 by
Dalam hal strategi pemasaran modern, kita semua dapat belajar sesuatu dari model bisnis Netflix. Rahasia strategi pemasaran Netflix adalah semua tentang inovasi dan teknologi terbaru, setelah memperoleh pertumbuhan hampir 167 juta pelanggan di seluruh dunia.
Pertumbuhan sangat penting agar platform dapat bertahan, sehingga perusahaan tidak punya pilihan selain membunuhnya dengan strategi pemasaran modern yang kuat dan menarik massa.
Sebelum kita mempelajari kehebatan strategi Netflix, mari kita cari tahu apa itu pemasaran modern, dan apa yang perlu Anda ketahui untuk membuatnya berhasil!
Daftar Isi
Apa itu Pemasaran Modern?
Pemasaran modern adalah pendekatan yang terintegrasi dan gesit untuk pengembangan merek dan manajemen hubungan pelanggan yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis berkelanjutan di era digital melalui inovasi, teknologi, strategi kreatif, dan analitik data.
Tidak seperti metode pemasaran tradisional yang berfokus pada penjualan melalui satu atau dua saluran, terlepas dari hasilnya, strategi pemasaran modern berkembang seiring dengan perubahan pasar.
Melalui analisis dan pengoptimalan yang konstan, merek dapat terhubung dengan pelanggan di berbagai media, perangkat, dan titik kontak. Intinya, alat pemasaran modern didorong oleh data, berpusat pada pelanggan, dipersonalisasi, dan ada di mana-mana.
Apa Prinsip Utama Pemasaran Modern?
Menurut eConsultancy , ada tiga prinsip inti pemasaran modern :
a. Terpusat pada pelanggan
Alat pemasaran modern menempatkan pengalaman pelanggan di garis depan semua tujuan bisnis dan kemitraan. Oleh karena itu, pemasar modern harus mengumpulkan, menganalisis, dan menerapkan wawasan data di semua tahap perjalanan pelanggan dalam lingkaran dinamis yang konstan.
b. Terintegrasi
Melalui perpaduan disiplin tradisional dan digital, pemasar modern ahli di satu bidang, dan mereka juga unggul di beberapa bidang lainnya. Dengan sikap proaktif untuk merangkul teknologi baru, mereka mencari cara baru dan inventif untuk menyatukan berbagai saluran dan alat untuk menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
c.Gesit dan inovatif
Pemasaran modern gesit dalam arti bergerak mengikuti waktu. Para pemasar saat ini menggunakan teknologi secara efektif sejalan dengan strategi pemasaran modern yang bertujuan menciptakan pengalaman pribadi yang tak tertandingi. Dengan memanfaatkan kekuatan analitik data, pemasar modern ingin menangkap pikiran konsumen, bereaksi terhadap kebutuhan mereka dengan cara yang menyenangkan dan mengejutkan mereka.
7 Pelajaran Strategi Pemasaran Modern dari Model Bisnis Netflix
Netflix adalah layanan DVD pengiriman. Seiring waktu, perusahaan telah melakukan diversifikasi untuk menawarkan produk mereka kepada orang-orang di berbagai perangkat. Sekarang, banyak Smart TV yang sudah menginstal Netflix.
Anda dapat menonton Netflix di TV atau komputer, smartphone, atau tablet. Perusahaan berusaha keras untuk memenuhi audiens mereka di mana pun mereka berada.
Untuk mendemonstrasikan teknik pemasaran modern ini, kita dapat melihat ke masa ketika Stranger Things yang terinspirasi oleh nostalgia tahun 80-an akan kembali untuk musim keduanya.
Alih-alih meletakkan semua telur mereka dalam satu keranjang, Netflix melakukan upaya bersama di beberapa saluran berbeda untuk menjamin keterlibatan pemirsa yang maksimal, diantaranya adalah:
1. Snapchat
Netflix membayar iklan interaktif, menawarkan pengalaman augmented reality kepada pengguna Snapchat di mana mereka dapat menjelajahi rumah Joyce Byers dengan lampu Natal yang menyeramkan.
2. Pemasaran dari mulut ke mulut
Musim pertama menjadi sukses besar dengan sendirinya, murni dari mulut ke mulut. Efek ini terus berlanjut selama menunggu musim kedua, menimbulkan pujian dari para selebriti dan menginspirasi bar pop-up di Chicago .
Perlu dicatat bahwa tim pemasaran mereka menghasilkan ide-ide kreatif untuk berbagai platform media sosial-mereka tidak memuntahkan dari satu platform ke platform lainnya.
Dengan menerapkan kampanye pemasaran lintas saluran, Anda dapat menjangkau orang-orang di mana pun mereka berada, melibatkan mereka di beberapa titik kontak untuk menumbuhkan lebih banyak minat pada produk Anda.
3. Jadikan Email Berkesan dan Orang Akan Berbicara
Netflix hanyalah salah satu dari banyak perusahaan yang memanfaatkan potensi pemasaran email saat ini, memasangkannya dengan sistem berbasis pembelajaran mesin untuk mendapatkan lebih banyak dari data konsumen mereka.
Lagi pula, apa gunanya data jika Anda tidak tahu cara menggunakannya? Strategi pemasaran Netflix untuk pemasaran modern menggabungkan email untuk memperkenalkan pengguna baru untuk platform mengalir.
Kemudian, Netflix membagi pengguna menjadi beberapa kelompok dan menawarkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan pembaruan yang relevan berdasarkan preferensi mereka.
Meskipun taktik ini biasa dilakukan di antara kekuatan terkemuka online, salah satu tip pemasaran email terbaik dari Netflix adalah Jangan takut mengambil resiko. Netflix mengambil kesempatan ketika mereka mempromosikan acara baru mereka, The Punisher.
Mereka mengirim email yang tampak seperti spam, dan dapat dengan mudah ditolak atau disingkirkan oleh banyak orang dengan segera. Namun, begitu email dibuka, GIF mulai diputar.
Tiba-tiba, logo The Punisher muncul di layar, menggunakan iklan subliminal untuk mendorong orang menonton pertunjukan. Contoh lain adalah email mereka untuk House of Cards, yang hanya menyertakan judul acara, tanggal rilis, dan frasa, “segera hadir”.
Pemasaran email belum mati. Namun, email yang membosankan dan tidak imajinatif mungkin juga dikirim ke kuburan untuk semua hype yang akan mereka buat. Netflix berupaya menemukan cara unik dan inovatif untuk memanfaatkan saluran pemasaran lama ini.
Mengapa? Karena masih memiliki banyak nilai potensial, menawarkan kepada pemasar pengembalian investasi (ROI) 4000% yang luar biasa, jika tidak lebih. Memberikan email Anda berharga dan dapat diabaikan, Anda dapat menarik perhatian prospek Anda dengan pengeluaran yang sangat sedikit.
4. Tawarkan Konten yang Dipersonalisasi untuk Membuat Orang Ketagihan
Apa yang membuat Netflix lebih unggul dari layanan streaming lain seperti HBO dan Amazon Prime? Mereka semua memiliki ratusan pertunjukan dan film yang fantastis. Masing-masing memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, dan semuanya dapat dinikmati di berbagai perangkat yang berbeda.
Alasan mengapa Netflix begitu dominan bermuara pada obsesinya dengan personalisasi. Ini adalah komponen inti dari kesuksesan pemasaran modern di hampir setiap industri saat ini. Rata-rata orang membolak-balik 40 hingga 50 pilihan di Netflix sebelum memilih satu untuk ditonton. Berkat personalisasi, tidak ada dua pengguna yang memiliki beranda yang identik.
Jangan abaikan personalisasi hanya karena Anda tidak punya anggaran besar atau keahlian yang diinginkan. Dengan berfokus pada pelanggan Anda, Anda dapat menciptakan pengalaman belanja yang disesuaikan dengan minat mereka, yang pada akhirnya mendapatkan lebih banyak keterlibatan.
Seiring waktu, strategi pemasaran modern yang berfokus pada personalisasi dan pengalaman pelanggan akan membantu membangun kepercayaan pada perusahaan Anda, yang mengarah pada hubungan pelanggan yang lebih kuat.
5. Biarkan Data Menunjukkan Rahasia ke Layanan Pelanggan yang Lebih Baik
Alasan pemasaran email dan personalisasi begitu mendarah daging dalam pemasaran modern adalah karena keduanya dibangun di atas fondasi yang sangat kuat. Landasan itu adalah data.
Munculnya otomatisasi pemasaran telah membuka jalan untuk personalisasi yang lebih besar, karena memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data, dan bereaksi sesuai. Lebih baik lagi, otomatisasi dapat melakukan ini secara instan.
Netflix mengakui nilai big data dan otomatisasi satu dekade yang lalu, menawarkan hadiah $1 juta kepada siapa pun yang dapat menghasilkan algoritme terbaik untuk memprediksi peringkat pelanggan berdasarkan data tentang peringkat sebelumnya. Banyak perusahaan masih dalam mode reaktif.
Namun, salah satu tip pemasaran modern terbaik dari strategi Netflix adalah kita harus proaktif. Dengan analisis data yang lebih baik, Anda dapat memahami apa yang dicari orang, dan Anda dapat menyediakannya sebelum permintaan benar-benar muncul.
6. Gunakan Pembelajaran Mesin (Machine Learning) untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Seperti yang telah disebutkan, tidak ada dua akun pengguna di Netflix yang sama. Urutan pertunjukan akan diatur berdasarkan aktivitas pengguna di akun itu. Namun, urutan pertunjukan bukanlah satu-satunya aspek yang terus berkembang.
Pernahkah Anda memperhatikan bahwa karya seni di pertunjukan berubah dari satu hari ke hari berikutnya? Misalnya, suatu hari Anda mungkin akan melihat kelima bintang berpakaian seragam sekolah Derry Girls, hanya saja gambar tersebut akan diganti pada kunjungan Anda berikutnya dengan wajah cemberut dari karakter utama acara, Erin. Ini bermuara pada pembelajaran mesin.
Pembelajaran mesin adalah teknologi yang mengubah permainan yang telah mengubah riset pemasaran secara besar-besaran, di banyak industri. Dengan alat berbasis Machine Learning sebagai inti dari strategi pemasaran modern Anda, Anda akan dapat membawa personalisasi dan otomatisasi ke tingkat yang sama sekali berbeda.
7. Fokuskan Layanan Pelanggan Anda Pada Orang yang Penting
Pada tanggal 28 Juni th 2018, Netflix melakukan sesuatu yang sangat brilian. Itu juga semacam pertaruhan, yang bisa dengan mudah menjadi bumerang. Tapi, seperti yang pasti sudah Anda kumpulkan sekarang, Netflix tidak takut mengambil risiko atau mencoba sesuatu yang sedikit aneh.
Tahun lalu adalah tahun yang besar bagi aktor kulit hitam, karena banyak bintang keturunan Afrika-Amerika membuat terobosan. Secara tradisional, Hollywood adalah kacang yang sulit dipecahkan bagi orang kulit berwarna. Tetapi ketika beberapa orang melihat hambatan, Netflix melihat peluang.
Maka, pada hari itu di bulan Juni, Netflix meluncurkan video yang terinspirasi dari foto “A Great Day in Harlem” Jika foto terkenal itu adalah kumpulan musisi jazz kulit hitam, video dari Netflix menampilkan karakter kulit hitam utama dari berbagai acara, film, dan dokumenternya.
Dengan 47 bintang ambil bagian, perusahaan ini menunjukkan keragaman usia dan jenis kelamin, menyoroti kurangnya keragaman etnis di Hollywood. Dalam satu gerakan, video ini memperkuat citra merek, membantu menampilkan Netflix sebagai merek progresif dan menarik di dunia baru yang berani. Mengingat mayoritas basis pengguna mereka terdiri dari milenial dan Gen Z, kampanye ini berhasil.
Jika orang muda yang peduli dengan lingkungan atau integritas sosial adalah sumber pendapatan utama Anda, berusahalah untuk memelihara kepercayaan dan loyalitas dengan mereka. Ini akan jauh lebih baik untuk bisnis Anda dalam jangka panjang.
Penutup: Jika Anda Ingin Memasarkan Secara Modern, Anda Harus Berani tampil beda
Netflix naik ke tampuk kekuasaan dengan memecahkan cetakan dan juga hati karyawan Blockbuster dan setiap pemilik situs web unduhan ilegal. Tidaklah mengherankan bahwa perusahaan akan melanjutkan hal yang sama dengan secara aktif mengeksplorasi cara pemasaran yang tidak ortodoks. Menjadi tidak dapat diprediksi dan eksperimental adalah dasar dari pemasaran modern.
Baik itu pelukan augmented reality (AR) dan pemasaran video edgy atau sentuhan mereka pada email lama yang andal, Netflix tidak pernah berdiri diam sejalan dengan para pesaingnya.
Bandersnatch mungkin merupakan awal dari era baru televisi, dan itu berasal dari keinginan Netflix untuk terus menembus batas. Perusahaan terus menguji ide-ide baru, merangkul teknologi baru, dan memanfaatkan pembelajaran mesin dan analisis data sebanyak mungkin untuk berhubungan dengan audiens mereka.
Dengan demikian, model bisnis Netflix berupaya untuk terhubung dengan orang-orang melalui pemasaran omnichannel, dan pada akhirnya, menawarkan pengalaman pengguna yang terpusat pada pelanggan dan dipersonalisasi yang tidak akan dilupakan orang.
Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.