Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 53

7 Cara Pakai Preview Text Email Marketing : Naikkan Omset 70%

0
preview-text

Tahukah Anda bahwa preview text email atau header bisa meningkatkan omset email marketing sampai 70%?

Temuan baru nan mencengangkan ini menjadi kabar segar bagi para pegiat bisnis online. Sekarang Anda tidak perlu cemas email promosi Anda diabaikan konsumen. Yuk langsung simak apa itu preheader email marketing serta cara membuatnya pada ulasan berikut ini!

Apa Itu Preview Text (Preheader)?

Cara membuat email bisnis masih menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Pasalnya, email marketing harus sungguh-sungguh menggugah emosi konsumen agar bisa menarik minat belanja mereka.

Maka dari itu, cara membuat email bisnis haruslah kaya akan strategi dan matang. Jika tidak, maka bisa dipastikan email marketing Anda akan langsung di-skip oleh konsumen.

Bagaimana dengan strategi email marketing yang Anda terapkan saat ini? Sudahkah trik tersebut mendatangkan omset sesuai harapan?

Jika belum, Anda wajib memperbaharui strategi memakai taktik text preview atau preheader email marketing. Apa itu?

Preview text adalah teks sorotan atau ‘sinopsis’ yang muncul di bagian atas sebuah pesan. Preview text yang menarik bisa membuat pembaca penasaran dan akhirnya mengklik keseluruhan isi pesan. Untuk itulah email marketing Anda wajib memuat unsur preview text.

Text Preview juga dikenal sebagai preheader email marketing. Pun secara definisi kamus marketing, preheader adalah kalimat atau teks pendek yang muncul persis di samping subjek email.

Komposisi preheader email marketing biasanya seperti ini:

Judul atau subjek email + preheader email

Contoh pemakaian header email marketing:

Bermain Bersama Canva | Ayo gunakan video editor Canva untuk mengekspresikan ide-ide kreatifmu!

Perhatikan pada contoh di atas, kalimat yang diketik dalam huruf tebal adalah judul atau subjek email. Sedangkan kalimat dalam cetak miring adalah preheader email marketing. Kehadiran text preview seperti ini akan memberitahu konsumen gambaran isi dari pesan yang mereka dapatkan.

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

3 Keuntungan Utama Preview Text Email

preview-text

Apa sajakah keuntungan dari kutipan header untuk email marketing? Berikut jawabannya:

1. Brand Lebih Profesional dan Kompeten

Semua bisnis pastinya ingin tampil kompeten dan profesional di mata audiens. Tidak perlu susah payah, kini Anda bisa meningkatkan keprofesionalitasan brand segampang menambah header awal email marketing.

Sesungguhnya text preview memang bagian default dalam sistem email. Alias, kolom ini akan selalu ada tersedia. Apabila Anda tidak mencantumkan kalimat untuk header awal, secara otomatis sistem email akan mengisinya dengan kalimat standar:

Anda telah menerima pesan email dari [Nama Perusahaan]. Jika pesan ini adalah kesalahan, silahkan diabaikan.

Sangat tidak menarik bukan? Sudah pasti konsumen tidak akan mau membuka email Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memasukkan pesan header awal yang lebih sesuai menggambarkan isi email.

2. Menambah Peluang Open Rate

Open rate adalah persentase orang membuka dan membaca email Anda. Open rate menjadi indikator penting, sebab, mustahil konsumen bisa tertarik berbelanja atau mencoba promo jika mereka tidak mau membuka pesan.

Anda harus selalu memantau dan memaksimalkan nilai open rate ini jika ingin promosi via email berhasil. Semakin besar nilai open rate email marketing, itu berarti promosi Anda selalu disimak dan sudah menyasar kelompok audiens yang tepat.

Nah, preheader email marketing bisa menjadi upaya jitu untuk meningkatkan open rate email. Cukup tulliskan sebuah kalimat yang ‘menggoda’ dan konsumen pasti akan tertarik mengklik pesan.

Pun studi terbaru menunjukkan bahwa preview text ampuh meningkatkan open rate email marketing sampai 18%! Yakin masih mau mengabaikan strategi bisnis satu ini?

3. Membantu Konsumen Memahami Pesan

Keuntungan terakhir, tentunya header email bisa menambah rasa penasaran konsumen terhadap iklan Anda. Kutipan preview email akan memancing mereka untuk menyelami isi pesan lebih dalam.

Bahkan teks preview juga menolong konsumen memahami isi email tanpa perlu repot-repot membaca secara rinci. Semisal Anda menulis info promo pada bagian preview, otomatis konsumen paham kalau mereka memperoleh diskon promo. Dari sini mereka juga bisa tertarik untuk mengklaim dan menggunakan penawaran.

7 Cara Mudah Membuat Preview Text Email

Membuat email preview ternyata amat sangat mudah. Ayo langsung praktekkan dengan 7 cara gampang di bawah ini:

1. Jangan Gunakan Subjek Email

Beberapa orang mengira kutipan header sama dengan subjek email, sehingga mereka asal copy paste kalimat subjek sebagai preview teks. Cara ini sejatinya keliru, lho!

Bayangkan jika Anda sendiri menerima email dengan subjek yang kalimatnya sama dengan kutipan preview-nya. Pastinya Anda akan bingung saat membacanya, bukan? Misalnya seperti:

Promo Akhir Tahun PT APPKEY | Promo Akhir Tahun PT APPKEY

Selain menjadikan pesan email Anda tidak jelas, konsumen juga akan menilai kalau brand Anda “malas” menulis. Akan lebih baik untuk menulis kembali kalimat kutipan dengan strategi copywriting.

2. Gunakan CTA (Call To Action)

Jangan lupa gunakan call to action pada pesan kutipan agar lebih menggugah emosi pembaca. Call to action berisi kata-kata yang bersifat mengajak konsumen untuk melakukan sesuatu.

Contoh kata-kata yang bersifat call to action:

  • Dapatkan
  • Sekarang
  • Ambil
  • Pakai
  • Klik di sini
  • Pahami
  • Raih
  • Intip
  • Baca
  • Berlangganan
  • Subscribe, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan atau tujuan emailmu.

3. Pancing Rasa Penasaran Audiens

Terdapat sejumlah strategi untuk memancing rasa penasaran audiens lewat teks kutipan email, yakni:

Menulis Informasi “Setengah-Setengah”

Contoh:

  • Subjek email: Cara termudah jadi miliarder
  • Text preview: Inilah bisnis tanpa modal dan beromset miliaran!

Beri Pertanyaan yang Membuat Penasaran

Contoh:

  • Subjek email: Bali bebas Covid-19 dalam sebulan
  • Kutipan preview: Kira-kira bagaimana caranya?

Memberi Informasi yang Belum Diketahui Pembaca

Contoh:

  • Subjek email: Belum move on dari mantan kekasih?
  • Kutipan: Begini 5 cara mudah menghadapinya!

Memberi Informasi Tak Terduga (Kejutan)

Contoh:

  • Subjek: Jadi jutawan di usia muda
  • Kutipan email: Siapa bilang sukses di usia muda itu mustahil?

4. Menggunakan Emoji / Emoticon

Siapa bilang menulis pesan marketing tidak boleh menggunakan emoji atau emoticon? Tidak perlu takut. Emoji pada pesan kekinian justru menambah nilai engagement serta daya tariknya di mata audiens.

Banyak ahli SEO email marketing meyakini penggunaan emoji bisa menambah pesan bisnis Anda lebih ‘menonjol’ dan ‘bersinar’ di kotak masuk konsumen. Pasalnya emoji memiliki bentuk lucu serta warna menarik yang menjadikan pesan Anda mencolok dibanding yang lain.

Emoji juga bisa meringkas subjek atau header awal supaya lebih mudah dibaca dan dipahami maksudnya. Akan tetapi jangan sampai terlalu banyak menggunakan emoji pada pesan preview karena bisa dianggap spam oleh pembaca.

Lebih baik sesuaikan penggunaan emoji dengan kebutuhan, tujuan pesan dan karakteristik brand perusahaan Anda.

5. Bangkitkan FOMO

Disadari atau tidak, banyak perusahaan masa kini berusaha membangkitkan rasa FOMO alias Fear Of Missing Out dalam diri konsumen. FOMO merupakan istilah untuk rasa takut ketinggalan baik itu ketinggalan promo, diskon, flash sale atau pembelian produk.

Taktik FOMO sering sukses mendorong masyarakat untuk benar-benar membeli produk. Tanpa adanya rasa FOMO, mayoritas konsumen tidak akan mau bergegas men-check out belanjaan. Mereka akan berpikir bahwa stok produk masih aman dan bisa dibeli kapan-kapan.

Jadi maksimalkan kekuatan teks preview email Anda dengan strategi FOMO. Terdapat sejumlah trik membangkitkan rasa takut ketinggalan dalam promosi, misalnya:

  • Menyebut produk ‘best seller’ yang laku terjual cepat.
  • Menyatakan banyak orang mengincar produk tersebut saat ini.
  • Menegaskan kerugian konsumen jika tidak segera beli produk.
  • Memberi penawaran eksklusif yang tidak akan datang dua kali.
  • Memberi diskon khusus untuk waktu terbatas.

Contoh:

  • Subjek email: Diskon Baju 90% dalam 1 Jam!
  • Teks preview: Stok best seller all item terbatas, awas menyesal

Ketika membaca pesan bernada FOMO, audiens pasti akan merasa ‘panik’ dan terdorong untuk segera check out.

6. Buat Preview yang Nyambung dengan Subjek

Semua taktik di atas tidak akan berguna jika kalimat preview dan subjek email tidak nyambung sama sekali. Susunlah pesan subjek email agar nyambung dengan teks preview untuk memperkuat pesan yang mau disampaikan.

Misalnya seperti:

  • Subjek email: Mager nyetir dan kantor jauh?
  • Preview teks: Driver kami siap jemput, pesan sekarang pakai diskon!

Perhatikan bagaimana subjek email dan preview teks bersifat saling ‘bahu-membahu’ melengkapi informasi satu sama lain. Di sini, kutipan header email berfungsi untuk memperjelas penawaran yang diberikan subjek email.

7. Tulis dengan Ringkas

Tips terakhir, tulis kutipan preview secara ringkas. Tujuannya supaya teks tidak terpotong oleh tampilan layout email.

Panjang ideal karakter kutipan preview adalah 40 sampai 130 karakter untuk desktop. Sedangkan untuk email smartphone jauh lebih sedikit, hanya 30 sampai 55 karakter saja. Jika bingung bagaimana cara meringkas pesan kutipan, coba gunakan emoji sebagai sarana pengganti kata.

Demikianlah cara membuat email bisnis yang menarik dan anti di-skip memakai taktik preview teks atau header awal.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera gencarkan penjualan Anda via preheader email marketing mulai dari sekarang. Semoga tips di atas bermanfaat!

Masih mencari lebih banyak cara membuat email bisnis sukses, atau tips marketing online lain? Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan artikel informatif gratis khusus untuk Anda. Bisa juga download MARKEY app di Google Play dan App Store untuk kenyamanan membaca yang lebih maksimal.

Sampai bertemu lagi di tips marketing online lainnya!

Review Aplikasi Kost Terbaik Saat Ini : Cara Baru Iklan Hunian

0
aplikasi-kost

Bisnis sewa kost kostan Anda sepi? Yuk gencarkan iklan Anda dengan aplikasi kost online terbaik “Mamikos”!

Saat ini hampir semua aktivitas bisa dilakukan secara online dengan aplikasi. Mulai dari belanja online, pesan jasa ojek, berobat, sampai yang paling baru : mencari sewa kost kostan.

Berbisnis hunian lewat aplikasi kost harian jauh lebih menguntungkan lho. Anda tidak perlu lagi susah payah memasang iklan, justru calon penyewa lah yang akan datang menggedor pintu kost Anda!

Daripada penasaran, ayo simak keuntungan berbisnis hunian kekinian dengan aplikasi kost terbaik di bawah ini!

Apa Itu Aplikasi Kost Online “Mamikos”?

aplikasi-kost

Mencari hunian kost-kost’an kini semudah berbelanja di ecommerce! Anda bebas mencari semua informasi kost impian tanpa perlu berkeliling kota atau menggunakan jasa calo. Bagaimana caranya?

Jawabannya adalah dengan menggunakan aplikasi kost online “Mamikos”. Mamikos adalah aplikasi kost harian, mingguan dan bulanan pertama dari Indonesia yang tengah naik daun.

Beroperasi sejak 2015 sampai sekarang, Mamikos sudah membantu ribuan warga menemukan kost kostan hunian terbaik. Tak hanya itu, aplikasi kost harian ini juga turut mewadahi orang-orang yang ingin menyewakan hunian mereka.

Mamikos menghadirkan inovasi unik yang belum pernah terpikirkan oleh masyarakat sebelumnya. Terobosan inovatif inilah yang akhirnya berhasil membawa aplikasi cari kost online ini sangat terkenal.

Aplikasi kost harian Mamikos bisa didownload gratis dari Google Play Store (Android) dan Apple Store (iOS), atau diakses dari website resminya: https://mamikos.com/.

Aplikasi Kost dengan Konsep Ecommerce

Kemudahan sistem aplikasi ecommerce sukses menginspirasi banyak orang. Konsep ruang transaksi online dalam aplikasi ini rupanya bisa diterapkan untuk berbagai komoditas, termasuk bisnis gedung (real estate).

Aplikasi kost harian “Mamikos” sendiri juga mengadaptasi konsep kerja ecommerce. Di sini masyarakat bisa berkumpul untuk menawarkan kost-kost’an mereka atau bertindak sebagai konsumen. Jadi Anda tidak perlu repot-repot berkeliling hanya untuk mencari kost.

Bisnis kost-kost’an online ini sangat mudah sekaligus menjanjikan! Diketahui ada lebih dari 8 juta orang per bulan mencari informasi sewa tempat tinggal via aplikasi. Bayangkan berapa banyak omset yang bisa Anda raup dengan jumlah traffic sebesar ini!

4 Fitur Unggulan Aplikasi Kost “Mamikos”

Aplikasi sewa kost “Mamikos” sudah pasti dilengkapi fitur-fitur unggulan untuk memaksimalkan pelayanannya. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Ini ulasannya:

1. Informasi Kost Terlengkap dan Terverifikasi

Teknologi Mamikos memuat data-data sewa rumah terlengkap dari seluruh kawasan Indonesia. Pengguna bisa mengunggah foto, video dan informasi detil dari gedung sewaan untuk ditelusuri masyarakat.

Sampai sekarang diketahui ada lebih dari 2 juta data kost kostan yang terekam dalam sistem Mamikos. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah dan diupdate agar tetap relevan dengan kondisi terkini.

Selain itu, terdapat pula tim pengecek sekaligus validator bernama “Mamichecker”. Tim inilah yang bertugas memeriksa keaslian seluruh informasi sewa yang masuk ke aplikasi. Tujuannya tak lain untuk memastikan semua data benar adanya dan menghindarkan konsumen dari aksi penipuan sewa kost.

2. Telepon Gratis (Free Call)

Sebelum akhirnya deal bertransaksi, sering kali penyewa dan konsumen melakukan negosiasi terlebih dahulu. Sayangnya, penyewaan kost online tidak memungkinkan kita untuk bertemu muka langsung. Maka dari itu, aplikasi Mamikos menyediakan solusi alternatif berupa saluran free call.

Fitur telepon gratis ini bisa Anda gunakan untuk menelepon pemilik kost kostan idaman. Anda bebas menelepon sebanyak mungkin orang atau selama mungkin tanpa perlu khawatir kehabisan pulsa, semuanya gratis!

3. Foto Rotasi 360 Derajat

Fitur unik aplikasi cari kost online Mamikos adalah foto yang bisa diputar (rotasi) sampai 360 derajat. Fitur ini penting untuk memudahkan konsumen melihat kondisi keseluruhan kamar kost. Jadi Anda tetap bisa merasa seperti sedang tur keliling kamar kost walaupun cuma via aplikasi!

4. Review Pengguna Kost

Terakhir sekaligus tak kalah penting adalah fitur review dari pengguna kost. Sama seperti review konsumen di ecommerce, penyewa kost dapat memberi ulasan pendapat mereka selama tinggal di kost pilihan.

Halaman review pengguna akan membantu calon konsumen menilai kondisi kost yang ditawarkan via app. Anda bisa memberi rating bintang, foto asli kondisi kost dan opini pada kolom yang telah disediakan.

Pun fitur review akan memotivasi penyewa lebih semangat menjaga sekaligus mengoptimalkan bisnis kost kostannya agar mendapat rating baik.

3 Keunggulan Aplikasi Kost Online “Mamikos”

Aplikasi cari kost jauh lebih menguntungkan ketimbang bisnis sewa kost tradisional. Inilah kehebatan yang ditawarkan bisnis sewa hunian secara online:

1. Laris Diburu Konsumen

Faktanya, bisnis jual beli properti hunian tidak akan pernah mati. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, maka wajar saja jika gedung tempat tinggal akan selalu diburu masyarakat setiap tahun.

Kini teknologi turut mempermudah masyarakat mencari serta menawarkan bangunan. Lewat perantara aplikasi Anda bisa melipatgandakan omset tanpa perlu keluar banyak tenaga. Cukup sekali posting iklan di app, lalu konsumen yang akan mendatangi lapak Anda.

2. Bebas Pilih Kost Sesuai Kebutuhan dan Harga

Konsumen bebas memilih sendiri kostan mereka sesuai kebutuhan, review, tipe kost (putra atau putri saja, dan campuran) jarak lokasi, ataupun budget masing-masing. Tersedia fitur filter pencarian kost yang akan memudahkan konsumen saat menyelam mencari info kost.

Filter Mamikos dilengkapi dengan kecerdasan buatan sendiri untuk memaksimalkan hasil penelusuran. Mau mencari sewa kostan terdekat? Aktifkan fitur GPS ke aplikasi dan mulailah menelusuri dalam hitungan detik!

Fitur pencarian ini juga bermanfaat bagi penjual, lho. Bingung menentukan berapa harga sewa kost yang tepat sekaligus kompetitif? Tenang saja, Anda bisa melakukan riset kecil dengan mengamati harga rata-rata sewa kost harian atau bulanan dari kompetitor.

3. Informasi Akurat, Aman 100% Bergaransi

Konsumen tidak perlu mengkhawatirkan keaslian iklan kost yang mereka terima. Pasalnya, semua info kost dari Mamikos dijamin asli, aman dan dilindungi garansi. Penjual juga tidak akan dirugikan oleh isu-isu penipuan sewa ritel yang marak di masyarakat.

Bahkan Anda pun bebas mengupdate informasi kost demi menjaga keakuratan kondisi asli hunian. Apabila dibutuhkan, tim survey Mamikos bisa langsung datang ke lokasi untuk mengecek kondisi bangunan dan berdiskusi dengan Anda terkait strategi penyewaan. Praktis, bukan?

2 Kelemahan Aplikasi Kost Online

Walaupun memiliki prospek yang amat cerah, sayangnya aplikasi cari kost harian “Mamikos” juga tetap mempunyai kelemahan yakni:

1. Belum Tersedia Keterangan Jarak

Masih belum ada fitur yang memuat keterangan jarak tempuh dari kost ke tempat-tempat umum seperti universitas, sekolah, kantor, pasar, rumah sakit dan lain-lain. Padahal salah satu pertimbangan penting saat memutuskan sewa kost adalah jarak hunian ke tempat-tempat strategis di sekitar.

2. Belum Memiliki Fitur Komunitas Pemilik Kos

Akan lebih baik jika aplikasi bisnis kost dilengkapi dengan fitur komunitas atau perkumpulan bagi para pemilik gedung. Forum online bisa membantu Anda memperluas koneksi atau kerjasama dengan pebisnis real estate lainnya.

Selain itu, forum bisa membantu pebisnis kost pemula mempelajari strategi sewa atau jual kost dengan lebih baik.

Tertarik Berbisnis Kost? Dapatkan Aplikasi Kost Anda Di Sini!

Bisnis real estate atau hunian mempunyai prospek yang amat cerah dan tak akan mati. Jika saat ini Anda punya gedung yang masih bagus untuk disewakan, yuk segera manfaatkan untuk ladang pemasukan baru!

Kabar baiknya, kini semua orang bisa berbisnis sewa atau jual beli gedung tempat tinggal dengan aplikasi cari kost terbaik APPSHOP : REAL ESTATE.

Aplikasi ini jauh lebih unggul ketimbang aplikasi kost terbaik lain karena fitur-fiturnya lebih lengkap, canggih dan baru, yakni:

  • Kategori hunian sewa atau jual: memudahkan konsumen menentukan tipe gedung yang mau mereka beli atau sewa perbulan/harian/mingguan.
  • Denah detail floorplan: tidak perlu datang ke lokasi, konsumen bisa melakukan tur virtual di lokasi gedung lewat aplikasi (bebas scroll foto kamar, menyimak denah lantai, tata ruang sampai cek skala gambar).
  • Katalog hunian terupdate: pancing rasa penasaran konsumen dengan memajang iklan, deskripsi, katalog hunian dan foto-foto desain eksterior/interior terupdate.
  • Review gedung dari konsumen: penyewa lama bisa memberi review bintang 1 sampai 5 terkait pengalaman menyewa rumah dari aplikasi.
  • Lokasi dengan maps (GPS): cantumkan link alamat gedung kost ke deskripsi katalog agar bisa langsung diklik dan terhubung ke sistem GPS konsumen. Jadi mereka bisa langsung mendapat rute terbaik menuju lokasi bangunan.
  • Bangunan favorit: bebas simpan semua gedung yang disuka supaya tidak hilang saat asyik scroll timeline katalog!
  • Manajemen admin satu tempat: khusus untuk memudahkan penjual, semua fitur manajemen profil dan penjualan dikumpulkan dalam satu tempat strategis. Tidak perlu skill atau pengalaman khusus untuk bisa menggunakan seluruh fitur jualan APPSHOP!

Banyak sekali bukan fitur-fitur canggihnya? Eits, tak berhenti sampai di situ, Anda juga pasti mendapat ratusan keuntungan lain jika mulai berbisnis dengan aplikasi kost terbaik APPSHOP seperti:

  • Garansi bantuan IT 100% seumur hidup untuk perbaikan atau update aplikasi.
  • Sesi konsultasi gratis dengan staf marketing profesional untuk menyusun taktik bisnis.
  • Bebas custom tampilan dan fitur aplikasi agar lebih sesuai dengan citra brand.
  • Bantuan pemasaran aplikasi di platform besar seperti Google Play dan Apple Store.

Jadi mau tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi kost terbaik APPSHOP : REAL ESTATE di https://appshop.co.id/real-estat/ dan segera mulai bisnis sewa kost kostan Anda sekarang!

Anda bebas menawarkan gedung hunian milik sendiri atau mengumpulkan para penyewa lain dengan aplikasi APPSHOP. Apapun strateginya, belum terlambat bagi Anda mulai meraup banyak omset lewat bisnis aplikasi cari kost.

Punya pertanyaan atau masalah bisnis online untuk didiskusikan? Jangan ragu hubungi kami di sini, karena layanan APPKEY selalu terbuka hangat menyambut Anda. Sampai bertemu lagi!

Tiktok Shop VS Instagram Shop, Mana yang Lebih Laris Manis?

0
ig-vs-tiktok-shop

TikTok shop kini hadir menyaingi IG bisnis shop. Kira-kira manakah platform terbaik untuk olshop dari keduanya?

TikTok VS Instagram sering menjadi topik perdebatan masyarakat. Tidak hanya membandingkan fitur sosmednya saja, orang-orang kini tertarik mencari tahu keunggulan dari TikTok VS Instagram bisnis shop.

Pasalnya, TikTok dan Instagram menjadi semakin mirip belakangan ini. Keduanya sama-sama menyediakan kemudahan untuk menjual dan membeli produk online.

Kalau Anda masih bingung sebaiknya berjualan dimana, yuk simak dulu review lengkap TikTok VS Instagram bisnis shop yang telah kami rangkum berikut ini.

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

Kemunculan TikTok Shop & Instagram Shop

tiktok-shop-seller

Serupa tapi tak sama, itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan dua platform sosial media terpopuler abad ini: Instagram dan TikTok. Mereka berdua adalah aplikasi sosial media visual (foto dan video) yang paling ngetrend se-internasional kali ini.

Baru-baru ini pun masyarakat dihebohkan kembali oleh inovasi TikTok seller shop yang dinilai mirip dengan Instagram shop feature. Tidak cuma fitur-fiturnya saja yang unggul, melainkan keduanya turut ampuh meningkatkan penjualan online.

Instagram shopping feature dirilis lebih dulu daripada TikTok shop. Instagram bisnis shop diluncurkan pada Maret 2017, sedangkan TikTok seller shop baru hadir pada September 2021. Hal ini sejatinya masuk akal mengingat kepopuleran TikTok yang baru meledak pada 2020 lalu.

Sejak Instagram shopping feature dirilis, banyak penelitian dan pengamat SEO menilai kesuksesannya dalam meningkatkan traffic bisnis online. Salah satunya survey dari BigCommerce yang menyebut kenaikan popularitas brand setelah kehadiran Instagram shopping feature sebesar 1.1416%. Tak berhenti sampai di sana, peningkatan omset pun diraih olshop Instagram hampir sebesar 20% dari normal.

TikTok seller shop pun tak mau kalah. Walaupun baru hadir selama beberapa bulan, fitur ini sukses mendulang kesuksesan peningkatan omset dan traffic olshop hingga menyentuh angka 50%. Banyak orang terbukti mau berbelanja produk usai menonton iklannya di TikTok.

6 Review TikTok Shop vs Instagram Shop Feature

Inilah dia review keunggulan cara jualan di Instagram shop maupun TikTok dari berbagai aspek:

1. Kemudahan Sinkronisasi dengan Sosmed

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi sosial media untuk saling bertautan satu sama lain. Misalnya Instagram yang terkoneksi dengan Facebook, atau konten LINE yang kini bisa dibagikan ke WhatsApp dan Twitter.

Lalu bagaimana dengan TikTok seller shop dan Instagram bisnis feature?

Instagram shop feature bisa disinkronisasi dengan mudah ke platform sosial media lain, seperti Facebook. Hal ini dimungkinkan mengingat IG dan FB berada dalam satu naungan perusahaan.

Jadi Anda bisa mempraktekkan cara jualan di Instagram shop dan Facebook market sekaligus. Semua katalog produk maupun iklan dari IG shop juga bisa langsung ditayangkan bersamaan ke Facebook marketplace. Praktis, bukan?

Sayangnya Anda tidak bisa melakukan hal tersebut di platform TikTok seller shop. Sedari dulu TikTok tergolong ‘ketat’ terkait distribusi kontennya untuk mencegah pembajakan.

Maka mau tak mau, Anda harus membuat konten iklan terpisah untuk diposting di berbagai sosial media. Anda tetap bisa mendownload atau share link postingan untuk membagikannya ke sosmed selain TikTok.

2. Demografi User TikTok dan Instagram

Perbedaan paling mencolok dari cara jualan di Instagram shop dan TikTok shop adalah demografi atau kondisi penggunanya.

Menurut hasil survey terbaru, demografi pengguna IG dan TikTok Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut:

Demografi Pengguna 2021 Instagram TikTok
Usia 16-24 tahun 36,4% 40%
25-34 tahun 31,9% 37%
Gender Laki-laki 47,4% 39%
Perempuan 52,6% 59%
Jumlah pengguna total (Indonesia) 87,9 juta 4,14 juta

 

Dari tabel di atas terlihat kondisi demografi pengguna sosial media TikTok dan Instagram pada tahun 2021. Kini Anda bisa mencocokkan platform mana yang sekiranya paling sesuai dengan target konsumen bisnis.

3. Kenyamanan User Experience (UX)

TikTok seller shop dan Instagram shop feature sama-sama memiliki tampilan antarmuka aplikasi (User Interface; UI) yang simpel dan praktis. Tapi apakah pengalaman pengguna aplikasi (User Experience; UX) kedua aplikasi juga sama baiknya?

Sebagian orang mengaku cara jualan di Instagram shop agak kurang efektif. Pasalnya, kita belum bisa langsung memesan produk dari postingan Instagram. Alih-alih kita akan diarahkan ke link eksternal website ecommerce dari post IG. Nah, di sinilah baru kita bisa membeli produk.

Sedangkan TikTok lebih unggul untuk pemesanan produk. Pengguna bisa langsung memesan produk yang mereka tonton di TikTok tanpa perlu beralih aplikasi atau link. Hal ini dimungkinkan berkat kerja sama TikTok dengan layanan ecommerce Shopify.

Kita pun bisa membayar belanjaan dengan beragam metode seperti transfer bank atau e-wallet GoPay dan OVO. Lebih praktis, bukan? Alhasil banyak orang tertarik mendownload TikTok seller shop.

4. Mudah Menambah Katalog

Baik TikTok maupun IG shopping, keduanya menyediakan slot khusus untuk upload katalog produk. Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan cara upload katalog. Cukup gunakan fitur unggah katalog dan langsung lengkapi isinya dengan rincian detil: nama produk, deskripsi, harga, foto dan video produk.

Fitur ini pun sangat bermanfaat untuk memudahkan pelanggan melihat-lihat barang yang dijual secara online, persis seperti etalase olshop kekinian.

5. Hanya Bisa Diakses oleh Akun Bisnis

Persamaan lain dari TikTok dan IG shop adalah sama-sama bisa diakses oleh akun bisnis. Akun personal tidak akan mendapatkan akses tambahan ke fitur khusus bisnis.

Jadi, untuk bisa berbisnis dengan maksimal di TikTok maupun IG shop, Anda wajib mendaftar dengan akun bisnis terlebih dahulu. Caranya lumayan simpel.

Di TikTok, Anda perlu mendownload TikTok shop dan membuat akun bisnis. Sedangkan di Instagram, Anda bisa mengubah akun personal menjadi akun bisnis dengan opsi pengaturan: ‘Switch to Business Profile’ (Beralih ke Akun Bisnis).

Setelah berhasil pindah ke akun bisnis, barulah Anda bisa mengunggah katalog, memasang iklan dan berjualan di TikTok maupun IG shop.

6. Bisa Tag Produk di Unggahan

Review terakhir TikTok vs Instagram bisnis adalah sama-sama mudah untuk men-tag produk di unggahan. Tag ini berguna membantu penjual menonjolkan produk dagangan mereka, lengkap dengan nama dan harganya.

Pembeli pun bisa langsung mencari tahu produk incaran mereka lewat tag ini. Tag akan membantu mengarahkan mereka ke laman ecommerce produk pilihan. Alhasil pembeli bisa langsung check out produk tanpa ribet.

7. TikTok Shop VS Instagram: Kesimpulan

Nah itulah dia review TikTok VS Instagram bisnis shop. Sudahkah Anda menemukan platform terbaik untuk mengembangkan bisnis online?

Sesungguhnya baik TikTok maupun IG shop sama-sama bagus dan cocok untuk mengembangkan bisnis online tanpa modal. Kedua platform menyediakan fitur-fitur gratis unggulan yang ampuh menjaring banyak konsumen secara virtual.

Anda bisa memilih platform terbaik dengan melihat kembali siapa target utama konsumen bisnis. Apabila pelanggan olshop Anda selama ini lebih banyak datang dari Instagram, maka kencangkanlah cara jualan di Instagram bisnis shop.

Namun jika pelanggan Anda adalah kelompok pengguna TikTok, otomatis download TikTok shop dan mulailah berpromosi. Tapi Anda tetap boleh berpromosi di kedua platform. Strategi ini pun bagus untuk memperluas jangkauan bisnis Anda ke depannya.

Apapun pilihan Anda nantinya, yang terpenting adalah tetap memaksimalkan promosi bisnis di platform pilihan menggunakan strategi terbaik. Caranya?

Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan tips, info dan berita seputar bisnis online terupdate GRATIS untuk Anda. Bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store untuk cara baca yang lebih praktis.

Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya, sayonara!

Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

0
tiktok-shop-seller

TikTok shop seller kini hadir untuk membantu Anda berjualan lebih mudah di TikTok! Bagaimana cara daftar TikTok shop seller ini?

Berjualan di sosial media, seperti TikTok, merupakan upaya yang menguntungkan saat ini. Banyak orang sukses meraup untung sekaligus membesarkan dagangannya semudah mengikuti cara-cara jual di TikTok shop saja.

Anda juga pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan meraup cuan di TikTok seller shop! Ayo langsung kita simak cara membuat TikTok shop yang mudah plus menguntungkan bagi pemula di sini!

Apa Itu TikTok Shop Seller?

Siapa yang tidak mengenal aplikasi sosmed video pendek menghibur TikTok? Berbekal ketenarannya sejak 2020 lalu, kini TikTok menjadi salah satu platform terbaik untuk berjualan online.

Tak tanggung-tanggung, pihak TikTok turut memfasilitasi pebisnis kecil maupun besar yang ingin mengembangkan usahanya lewat fitur baru TikTok seller shop. Apa itu?

TikTok seller shop adalah media sosial commerce di mana pengguna bebas menjual dan mempromosikan bisnisnya. Fitur spesial ini hanya bisa kita temukan jika mengaktifkan akun bisnis TikTok (bukan akun pengguna biasa).

Kemunculan TikTok Shop Seller

tiktok-shop-seller

Fitur TikTok seller masih tergolong baru karena dirilis pada September 2021. Namun sedari awal peluncurannya, fitur seller TikTok sudah bisa digunakan langsung di banyak negara.

Sebut saja saja Indonesia, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Negara-negara ini dipilih karena memiliki jumlah pengguna TikTok terbanyak.

Fitur TikTok seller muncul sebagai inovasi sekaligus jawaban atas pesatnya kehidupan jual beli online via TikTok akhir-akhir ini. Banyak sekali bisnis kecil, rintisan, UMKM hingga brand ternama yang sukses memancing minat belanja lewat konten-konten TikTok seru.

Dari sinilah lantas muncul ide menciptakan cara jual di TikTok shop yang lebih praktis agar masyarakat lebih mudah bertransaksi. Apalagi semenjak tahun 2020, dunia dilanda pandemi global yang memaksa orang-orang melakukan aktivitas secara online termasuk berbelanja kebutuhan.

Cara jual di TikTok shop terbukti ampuh mendatangkan omset tinggi. Melalui sejumlah survey, diketahui bahwa 49% masyarakat membeli produk atau mencoba jasa usai melihat promosi atau reviewnya di TikTok.

Kini, ribuan orang dari berbagai belahan dunia tertarik mencoba cara daftar TikTok shop. Fitur ini bisa menjadi alternatif social commerce baru Anda selain Instagram shopping, Twitter business atau Facebook Market.

3 Cara Jual di TikTok Shop yang Efektif Menjaring Konsumen

Apa saja yang bisa kita lakukan di fitur TikTok seller? Umumnya ada 3 cara membuat TikTok shop iklan yang dipraktekkan bisnis-bisnis besar yaitu:

1. Membuat Slides Collection Ads

Pertama, Anda bisa membuat konten collection ads. Konten ini merupakan video iklan yang dilengkapi fitur slides khusus. Dengan begini, penonton bisa mengeksplor lebih banyak katalog produk semudah menggeser slide video ke samping saja.

Uniknya, setiap slide collection bisa Anda kustomisasi supaya menampilkan katalog produk berbeda-beda. Anda juga dapat menambahkan link eksternal (misalnya link website olshop) untuk mengarahkan konsumen supaya langsung atau lebih mudah membeli produk.

Konten collection ads terbukti sukses menciptakan penjualan 6x lebih banyak, serta menambah kunjungan olshop sebesar 50% dari traffic normal. Anda bisa memanfaatkannya ketika hendak merilis produk baru, mengadakan flash sale atau promo spesial liburan (holiday season sale).

2. Iklan Lead Generation

Selain collection ads, bisnis-bisnis online TikTok pun kerap menyajikan konten lead generation. Video iklan ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapat, informasi serta survey pengguna TikTok secara online.

Konten lead generation juga memuat banyak sekali call to action (CTA) untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya mengarahkan pengguna TikTok mendownload aplikasi bisnis Anda, mendaftar jadi pengguna baru, atau mencoba sebuah layanan online secara cuma-cuma.

Namun iklan satu ini lebih cocok untuk bisnis online yang sudah punya proses siklus transaksi lama (stabil).

3. Iklan Dynamic Showcase (DSA)

Terakhir ada konten iklan dynamic showcase atau DSA yang sering berseliweran di timeline fitur TikTok seller. Iklan TikTok ini bisa membantu Anda mempromosikan jutaan produk dengan mudah sekaligus unik.

Iklan DSA tidak akan mungkin di-skip audiens karena bisa dipersonalisasikan sesuai minat dan kebutuhan penonton. Konten-konten iklan DSA sengaja dirancang agar bisa menyasar target audiens yang pas.

Risetnya pun dilakukan dengan beragam strategi khas. Misalnya dengan menyortir tipe konsumen berdasarkan jenis-jenis item yang mereka simpan di keranjang belanja olshop.

Membuat konten video DSA tidak sulit! TikTok sudah menyiapkan template video klip DSA yang bisa Anda ganti isi fotonya, teks serta musiknya. Simpel, bukan?

7 Cara Daftar TikTok Shop untuk Pemula

tiktok-shop-seller..

Tertarik mencoba fitur TikTok seller? Ternyata cara membuat TikTok shop akun sangat mudah, lho. Yuk langsung ikuti pedoman cara daftar TikTok shop berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok bisnis terlebih dahulu. Hanya akun bisnis saja yang akan mendapatkan fitur seller resmi.
  2. Jika belum memiliki akun bisnis, segera daftar terlebih dahulu.
  3. Setelah mempunyai akun bisnis, Anda akan menemukan pop up berjudul ‘Become Seller’ (Menjadi Seller).
  4. Daftarkan diri dengan akun TikTok bisnis. Sertakan pula email dan nomor telepon aktif.
  5. Lengkapi data diri sesuai formulir yang diberikan dengan benar.
  6. Isi menu profil seller center sesuai informasi bisnis Anda (misalnya nama usaha, kategori, deksripsi, logo, dan lain-lain).
  7. Klik ‘Lanjutkan’ dan tunggu sampai proses verifikasi selesai. Setelahnya, akun TikTok seller Anda sudah siap digunakan untuk berpromosi, membuat konten iklan, atau berjualan online!

4 Strategi Menguasai Promosi di TikTok Seller Shop

Tunggu apa lagi? Ayo mulai promosi bisnis online Anda dengan fitur TikTok seller!

Eits, tapi jangan sekadar membuat iklan. Supaya promosi Anda sukses menguasai persaingan kompetitor, yuk ikuti 4 strategi beriklan di TikTok seller berikut ini:

1. Berkolaborasi dengan Influencer (Seleb TikTok)

Ingin promosi produk atau jasa Anda lebih cepat terkenal? Berkolaborasi membuat konten dengan influencer (selebriti TikTok) bisa menjadi jalan pintas!

Seleb TikTok adalah orang-orang yang populer di TikTok. Mereka memiliki banyak followers, pengaruh dan konten-kontennya selalu trending di linimassa TikTok. Maka dari itu mereka bisa membantu mempercepat masyarakat mengenal produk-produk Anda lewat konten-konten unik.

Akan tetapi ingatlah tetap selektif saat memilih influencer untuk diajak bekerja sama. Pilihlah seleb TikTok yang memiliki pengaruh positif, prestasi dan image baik di masyarakat agar citra bisnis juga ikut terdongkrak naik.

2. Optimalisasi Katalog Produk

Jangan sekadar membuat video iklan TikTok! Pastikan katalog produk tetap ditampilkan secara optimal untuk menarik rasa penasaran audiens.

Menu tab TikTok seller shop sejatinya sama saja dengan etalase toko online. Maka dari itu, penting sekali bagi penjual agar mengoptimalkan tampilan akun TikTok seller masing-masing.

Tidak perlu bingung, Anda bisa mencoba tips mengoptimalisasi katalog produk TikTok berikut ini:

  • Beri nama produk sesuai batasan karakter (maksimal 34 karakter).
  • Sertakan deskripsi atau informasi dasar produk (apa produk yang Anda jual dan keuntungan utamanya?)
  • Pilih foto produk yang berkualitas dan diambil dari angle
  • Deskripsi lengkap produk bisa dijabarkan pada kolom deskripsi khusus yang terletak di bagian bawah.
  • Tak perlu masukkan link ke deskripsi karena tidak bisa diklik.

3. Rajin-Rajin Berpromosi

Jangan takut ketika mempromosikan produk di TikTok. Hilangkan semua rasa malu atau cemasmu ketika memposting konten. Justru sebaliknya—sesering mungkin tunjukkan produk yang Anda jual kepada publik agar cepat laku.

Bisnis yang rajin berpromosi dijamin akan sukses mendulang penjualan. Supaya tidak bosan atau dianggap spam, kreasikan konten promosi agar orang-orang tetap terhibur meski mereka menyimak video promosi.

Beberapa contoh konten video TikTok yang menarik misalnya:

  • Review produk.
  • Konten BTS (behind the scene / di balik layar seputar pembuatan dan pengemasan produk).
  • Testimoni pengguna produk atau UGC (user generated content).
  • Video informasi trivia, dan tutoril DIY (do it yourself).

4. Aktif Mengejar Konsumen

Walaupun TikTok digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia, faktanya Anda tetap harus aktif ‘mengejar’ penonton.

Sekadar membuat akun dan konten TikTok belum tentu bisa mendatangkan audiens. Kesalahan sejumlah orang adalah mereka sekadar memposting konten dan menunggu penonton datang sendiri. Cara ini tidak efektif.

Akan lebih baik jika Anda tetap aktif membuat dan mengoptimalisasi konten-konten iklan di TikTok. Setelah membuat konten, pastikan untuk mempostingnya dengan beraneka strategi SEO TikTok terbaru agar video Anda sukses masuk FYP. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang cara jual di TikTok shop seller untuk pemula. Semoga tips cara membuat TikTok shop di atas bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda, ya!

Mencari lebih banyak tips sukses jualan online? Atau penasaran apa saja ide-ide dan tren bisnis online yang paling baru kekinian?

Anda beruntung karena semua tips, berita dan info terupdate seputar bisnis online kini tersedia gratis di MARKEY! Klik https://markey.id/ sekarang, atau download app MARKEY di Google Play (android) dan Apple Store (iOS) untuk langsung mendapat akses ke ratusan artikel bisnis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

Baca juga

Rekomendasi Peluang Bisnis Modal Kecil di Tahun 2023

0
live shopping Image by pikisuperstar on Freepik

Peluang bisnis modal kecil – Dalam dunia yang terus berubah dan penuh dengan potensi, memulai bisnis dengan modal kecil adalah pilihan yang menarik dan cerdas untuk dilakukan. 

Dengan perkembangan teknologi dan perubahan tren konsumen, pada tahun 2023 ini, ada berbagai jenis peluang bisnis yang patut dipertimbangkan. Mari kita menjelajahi beberapa peluang yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dengan modal terbatas, Berikut ini adalah peluang bisnis modal kecil yang kami rekomendasikan yang bisa Anda coba:

1. Live Shopping

 

Peluang Bisnis Modal Kecil

Peluang bisnis modal kecil pertama adalah Live Shopping. Live Shopping adalah fenomena yang terus berkembang, terutama di platform seperti Tik Tok Live. Dengan modal terbatas, Anda bisa memulai bisnis live shopping dan memasarkan produk langsung kepada audiens Anda.

Live shopping memanfaatkan engagement video streaming langsung untuk menghubungkan pelanggan dengan produk Anda. Live shopping ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis dengan modal kecil, Berikut ini ada beberapa alasan mengapa ini adalah peluang bisnis yang menarik:

  • Interaksi Langsung: Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda saat Anda melakukan live streaming. Ini memungkinkan Anda menjawab pertanyaan mereka secara real-time dan membangun hubungan yang lebih erat.
  • Demonstrasi Produk: Live shopping memungkinkan Anda untuk secara langsung memasarkan produk Anda. Anda dapat melakukan demonstrasi produk, menjelaskan fitur-fiturnya, dan bahkan memberikan pandangan lebih dalam tentang bagaimana produk tersebut digunakan.
  • Dorongan Impuls: Kehadiran Anda dalam siaran langsung dapat memicu dorongan impuls. Pelanggan seringkali lebih cenderung membeli produk ketika mereka melihatnya secara langsung dan merasa terhubung dengan penjualnya.
  • Mudah Dimulai: Anda tidak memerlukan studio produksi mahal untuk memulai bisnis live shopping. Hanya dengan smartphone dan koneksi internet yang stabil, Anda bisa memulai siaran langsung dari mana saja.

Namun, seperti bisnis lainnya, keberhasilan dalam live shopping memerlukan perencanaan dan strategi. Anda perlu memikirkan bagaimana mempromosikan siaran Anda, menargetkan audiens yang tepat, dan memberikan layanan pelanggan yang baik.

Jika anda tipe orang yang “Introvert” Anda bisa menyuruh orang lain untuk melakukannya, atau bahkan menggunakan video promosi Faceless. Atau anda bisa mengeluarkan modal lebih untuk membayar orang dekat untuk melakukannya. Live Shopping juga bisa terhubung dengan bisnis lainnya, seperti sponsor, affiliate, dsb.

Dengan dedikasi dan kreativitas, bisnis live shopping bisa menjadi peluang yang menarik untuk menjalani bisnis dengan modal kecil di tahun 2023.

2. Bisnis Affiliator

Peluang bisnis modal kecil selanjutnya adalah menjadi seorang affiliator, ini adalah salah satu peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Ini adalah peluang bisnis rumahan modal kecil dengan konsep yang sederhana, Anda mempromosikan produk atau layanan milik orang lain, dan sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan komisi atas setiap penjualan atau tindakan yang berhasil Anda generasi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis affiliate adalah pilihan yang menjanjikan:

  • Tanpa Inventarisasi: Salah satu keuntungan utama menjadi affiliator adalah Anda tidak perlu menyimpan persediaan atau produk fisik. Semua inventarisasi dan pengiriman ditangani oleh pemilik produk.
  • Pilihan yang Luas: Terdapat beragam produk dan layanan yang dapat Anda pilih untuk dipromosikan. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada niche yang sesuai dengan minat atau pengetahuan Anda.
  • Kemungkinan Penghasilan Pasif: Setelah Anda membangun jaringan pelanggan atau audiens yang kuat, Anda dapat menghasilkan penghasilan pasif dari penjualan berulang yang mereka hasilkan.
  • Pemantauan Kinerja: Sebagian besar program afiliasi menyediakan alat pemantauan yang memungkinkan Anda melihat seberapa baik tautan afiliasi Anda berkinerja. Inilah cara Anda untuk mengoptimalkan strategi Anda.
  • Tidak Memerlukan Pengalaman: Anda tidak harus menjadi seorang ahli dalam produk atau layanan yang Anda promosikan. Yang Anda butuhkan adalah kemampuan untuk efektif memasarkan dan mempromosikan mereka.

Namun, menjadi affiliator yang sukses memerlukan dedikasi, strategi pemasaran yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda. 

Selain itu, pastikan untuk memilih program afiliasi yang terpercaya dan sesuai dengan nilai dan minat Anda. Dengan komitmen dan upaya yang tepat, bisnis affiliator dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil dengan modal awal yang minimal.

3. AI Content Creator

Keberadaan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang yang menarik untuk menjadi content creator yang mengandalkan AI. Dengan bantuan alat-alat AI yang tersedia, Anda dapat menciptakan berbagai jenis konten, termasuk artikel, video, atau grafik, dengan cepat dan efisien. Inilah mengapa AI content creator bisa menjadi peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan:

  • Produksi Cepat: AI dapat menghasilkan konten dengan cepat, memungkinkan Anda untuk menjaga jadwal publikasi yang konsisten. Anda dapat menghemat waktu yang berharga dalam proses kreatif.
  • Skala Besar: Anda dapat menghasilkan konten dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Ini memungkinkan Anda untuk menghadirkan konten yang beragam kepada audiens Anda tanpa harus bekerja keras secara manual.
  • Optimasi SEO: Beberapa alat AI dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan konten untuk mesin pencari (SEO), meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di hasil pencarian yang lebih tinggi.
  • Pembuatan Konten Multibahasa: Jika Anda ingin menjangkau audiens internasional, beberapa alat AI dapat menerjemahkan konten Anda ke berbagai bahasa dengan akurasi tinggi.
  • Analisis Data: Beberapa alat AI juga dapat membantu Anda menganalisis kinerja konten Anda, memberikan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa keberhasilan dalam bisnis AI content creator memerlukan pemahaman yang baik tentang platform yang Anda gunakan, pengetahuan tentang audiens Anda, dan keahlian dalam mengedit dan menyempurnakan konten yang dihasilkan oleh AI.

Seiring dengan perkembangan teknologi AI, peluang bisnis modal kecil ini terus berkembang, sehingga penting untuk tetap ter informasi tentang perkembangan terbaru dalam industri ini. Dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa meraih sukses sebagai content creator yang mengandalkan kecerdasan buatan.

4. E-commerce dengan Produk Unik

Buka toko online yang menawarkan produk unik atau berbeda adalah strategi yang menarik dalam bisnis e-commerce. Saat mempertimbangkan peluang ini, pertimbangkan fokuskan diri pada produk lokal, handmade, atau yang memiliki keunggulan khusus yang sulit ditemukan di tempat lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis e-commerce bisa menjadi salah satu peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda coba:

  • Diferensiasi: Dalam pasar e-commerce yang kompetitif, menawarkan produk yang unik memungkinkan Anda untuk membedakan diri dari pesaing. Produk yang langka atau sulit ditemukan bisa menjadi daya tarik utama bagi pelanggan.
  • Menyasar Niche Tertentu: Fokus pada produk lokal atau handmade memungkinkan Anda untuk menyasar niche tertentu yang mungkin belum tersedia secara luas. Ini dapat memperluas pangsa pasar Anda di kalangan pecinta produk khusus.
  • Kreativitas: Jika Anda memiliki bakat atau minat dalam seni, kerajinan, atau desain, ini adalah kesempatan untuk menggabungkan kreativitas Anda dengan bisnis. Anda dapat menciptakan produk yang unik dan menarik bagi pelanggan.
  • Keunggulan Khusus: Produk dengan keunggulan khusus, seperti bahan ramah lingkungan atau fitur khusus, dapat menjadi pilihan yang menarik bagi pelanggan yang lebih sadar lingkungan atau mencari solusi tertentu.

Namun, untuk sukses dalam bisnis e-commerce dengan produk unik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk pemasaran produk Anda, layanan pelanggan yang baik, dan manajemen persediaan yang efisien. Anda juga perlu mempertimbangkan strategi pembuatan situs web dan platform e-commerce yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Dengan dedikasi untuk menawarkan produk yang unik dan perencanaan yang baik, bisnis e-commerce dengan produk unik dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan dengan modal awal yang relatif rendah.

5. Online Course

Peluang bisnis modal kecil selanjutnya adalah Online course. Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian dalam bidang tertentu, pertimbangkan untuk membuat dan menjual kursus online. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menjalankan kursus online atau pelatihan dapat menjadi peluang bisnis yang menarik:

  • Pengalaman Bernilai: Jika Anda memiliki pengalaman atau keahlian yang dihargai dalam bidang seperti teknologi, bisnis, seni, atau bahasa, menjadi pelajar online mungkin pilihan yang sangat bagus.
  • Pendapatan Pasif: Setelah Anda membuat dan memasarkan kursus online Anda, kursus tersebut dapat menghasilkan pendapatan secara pasif saat orang-orang mendaftar untuk mengaksesnya. Ini bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil dalam jangka panjang.
  • Mengakses Pasar Global: Kursus online memungkinkan Anda untuk mencapai pelajar dari seluruh dunia. Ini memperluas potensi bisnis Anda secara signifikan.
  • Fleksibilitas Waktu: Anda memiliki kendali atas jadwal kursus Anda, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis ini secara paruh waktu jika Anda memiliki pekerjaan atau komitmen lain.
  • Pembelajaran Seumur Hidup: Kursus online Anda dapat memberikan nilai pendidikan jangka panjang kepada pelajar Anda, yang mungkin kembali untuk mengakses materi Anda di masa depan.

Namun, untuk berhasil dalam bisnis kursus online atau pelatihan, Anda perlu memahami bagaimana membuat dan mengemas konten yang informatif, menarik, dan efektif. Anda juga harus memahami bagaimana memasarkan kursus Anda secara efektif kepada audiens yang tepat.

Selain itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan platform atau situs web untuk menghosting kursus Anda, serta metode pembayaran yang aman untuk menerima biaya kursus. 

Dengan persiapan dan dedikasi yang baik, bisnis kursus online atau pelatihan dapat menjadi cara yang memuaskan untuk berbagi pengetahuan Anda dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.

Itulah beberapa rekomendasi peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membuat aplikasi maupun website, Anda juga bisa menggunakan jasa kami. Kami menawarkan jasa pembuatan aplikasi dan website dengan harga terjangkau yang dapat membantu bisnis Anda dapat berkembang menjadi lebih baik.

Cara Menemukan Niche Market untuk Bisnis Anda

0
niche-market

Langkah pertama menuju kesuksesan bisnis eCommerce adalah menemukan niche market Anda, setiap pemilik bisnis eCommerce yang sukses memulai dari sebuah niche dengan menjual produk khusus dan memilih audiens yang ditargetkan.

Anda memiliki peluang bagus untuk berhasil karena Anda tahu siapa yang harus ditargetkan daripada audiens umum. Artikel kali ini akan memberikan panduan cara menemukan niche market online untuk bisnis Anda.

Baca juga : Website E Commerce Adalah ? | Pengertian dan Kegunaannya

1. Meneliti Subkategori Produk untuk Identifikasi Niche Market Terbaik

Sebelum memilih niche market dan produk atau layanan untuk dijual, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk niche yang tidak tepat setelah Anda meluncurkan bisnis Anda.

Riset di sini tidak berarti Anda melihat produk yang paling trending dan memutuskan untuk menjualnya hanya karena sedang trend.

Bagaimana Anda Mencari Informasi Niche Market yang Terbaik?

Langkah 1: Menemukan Niche Anda yang Dapat Anda Tambah Nilai Online

niche-market.

Pilih niche yang mewakili minat dan hasrat Anda. Jika Anda menjual di industri yang tidak Anda pedulikan, Anda akan kehilangan minat di sepanjang jalan dan berhenti terlalu dini. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak dalam semalam, Anda perlu menambahkan nilai secara konsisten.

Anda bisa mendapatkan ide dari: 1. Percakapan satu lawan satu dengan orang-orang; 2. Quora, Reddit, dan forum lainnya; 3. Produk dan ulasan platform.

Langkah 2: Evaluasi Ide Bisnis Itu Untuk Melihat Niche Market Anda

Satu kesalahan besar yang dilakukan pengusaha ketika memilih niche market adalah tidak mengevaluasi niche itu. Ini membantu Anda mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari pilihan niche Anda.

Evaluasi termasuk melihat: 1. Pesaing Anda, rendah atau tinggi; 2. Memasarkan pelanggan potensial; 3. Profitabilitas / omset; 4. Memahami audiens target Anda.

Langkah 3: Validasi Ide Niche Anda Dengan Uji Jual Produk Tertentu Secara Online

Setelah Anda mengevaluasi niche Anda dan memiliki pemahaman yang jauh lebih baik tentang semua faktor seputar pilihan Anda, Anda kemudian harus memvalidasi ide Anda. Untuk memvalidasi, buat pengaturan toko online di dunia nyata dan coba jual produk Anda ke audiens target Anda.

Saat Anda menguji, Anda dapat menambahkan halaman blog atau halaman media sosial untuk lebih membuktikan otoritas Anda. Jika Anda tidak dapat menghasilkan penjualan yang cukup selama langkah validasi, itu pertanda baik bahwa Anda akan mengalami kesulitan memasuki niche itu.

2. Lakukan Riset Kata Kunci Untuk Mengevaluasi Peluang Anda dan Klien Ideal

Terlalu banyak orang yang melihat seseorang berhasil dalam suatu niche market dan berasumsi bahwa mereka juga akan berhasil. Ini tidak semudah itu, Anda tidak tahu pekerjaan latar belakang yang telah mereka lakukan. Anda akan berada di posisi sengit dan bersaing dengan situs yang sudah mapan. Situs-situs tersebut akan memiliki peringkat yang lebih baik dan mendapatkan harga yang lebih baik untuk produk yang sama yang Anda coba jual.

Untuk mengetahui apakah merek besar mendapat peringkat di niche yang Anda pilih dan apakah merek bisnis kecil memiliki peluang, anda bisa melakukan: 1. Gunakan Ahrefs untuk mengetahui berapa banyak situs web peringkat domain tinggi yang ada; 2. Periksa apakah Anda juga dapat melihat situs peringkat domain rendah; 3. Catat kata kunci dari situs peringkat domain teratas itu; 4. Volume pencarian kata kunci penelitian

Tip 1: Jangan Serakah Mulailah Dengan Mengambil Langkah Untuk Menemukan Pasar Online Anda

Begitu banyak orang melakukan penelitian keyword dan memilih niche tersebut karena volume tersebut dicari ratusan ribu. Memang mengasyikkan, tetapi itu adalah sebuah kesalahan yang akan membuat Anda kehilangan penjualan karena sengitnya persaingan Anda.

“Volume penelusuran merupakan sifat yang baik untuk dimiliki oleh niche. Tetapi pada umumnya, semakin tinggi volumenya maka semakin sulit menentukan peringkat pencarian sesuai SEO. Sementara itu, volume penelusuran sangat penting, karena disebabkan adanya persaingan yang merupakan faktor yang paling penting.” – Matt Janaway

Tip 2: Cara Menemukan Keseimbangan Antara Volume Pencarian Dan Persaingan Di Pasar Online Anda

Sangat penting diketahui, jangan terjebak dalam pencarian kata kunci persaingan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika ada BANYAK volume pencarian untuk kata kunci Anda, akan ada persaingan TINGGI juga. Di sisi lain, jika Anda memilih kata kunci yang hampir tidak memiliki persaingan, itu berarti kata kunci tersebut tidak memiliki niat membeli atau belum ada merek yang menemukannya. Sangat penting memperhatikan volume keyword yang digunakan.

“Volume kata kunci dan persaingan cenderung beroperasi pada sumbu yang berbeda ketika mengevaluasi vertikal komersial, namun, ketika datang ke e-commerce, saya akan mengatakan bahwa mereka lebih merupakan ujung yang berlawanan dari spektrum yang sama, jadi Anda harus menemukan sesuatu di tengah sebagai gantinya terlalu fokus pada kedua ujung dan ketahuan.”– Nick Eubanks

Tip 3: Ketahui Pasar Produk Niche Anda Masuk Dan Keluar

Jika Anda ingin peringkat di Google , Anda perlu tahu apa yang Anda jual, Anda membutuhkan salinan yang memiliki grit (Anda perlu cukup tentang produk Anda untuk membuat cerita dan karya menakjubkan di sekitarnya). Jika Anda tidak tahu apa-apa, Anda mungkin hanya akan menulis konten mesin penjual otomatis yang hambar.

Google mencoba membuat peringkat terlihat bagus agar tetap relevan; mereka akan memberi peringkat situs web dengan banyak informasi dan keahlian yang dapat ditindaklanjuti dibandingkan mesin penjual otomatis. Anda harus meluangkan waktu untuk membuat skema dan menulis konten yang menunjukkan bahwa Anda peduli dan tahu banyak tentang produk dan pelanggan.

3. Pikirkan Lebih Dari Satu Produk Niche

Anda akan membawa lebih banyak ke bank ketika Anda berencana untuk memecahkan nilai seumur hidup pelanggan alih-alih menjual satu kali. Saat Anda memilih produk dan peningkatan lain untuk meningkatkan nilai umur pelanggan, jangan mengutamakan kuantitas daripada kualitas.

Satu hal yang dikhawatirkan oleh para pendiri startup adalah harga produk mereka. Dalam upaya untuk memastikan bahwa harga tidak menjadi penghalang bagi pelanggan dan mereka masih menghasilkan cukup untuk tetap berlayar, mereka membombardir toko mereka dengan banyak produk murah. Ketahuilah, akan ada pilihan yang lebih murah, jadi sebagai gantinya, strategi Anda harus menawarkan pengalaman kualitas yang lebih baik dan nilai jangka panjang.

Tip 1: Mulailah Melihat Jalan Di Atas Hanya Alasan Finansial

Salah satu hal tersulit dalam memulai toko baru adalah membuat orang peduli. Orang tidak membeli produk karena salinan yang ditulis dengan baik, mereka membelinya karena itu memecahkan kebutuhan/keinginan. Anda perlu tahu apa yang disukai pelanggan Anda, bahasa yang mereka gunakan, dan platform yang mereka kunjungi.

Jika Anda memilih niche hanya karena alasan keuangan, itu tidak akan membuat Anda terus maju karena Anda tidak tahu banyak tentang industri dan audiens Anda. Namun , jika Anda telah memilih niche yang Anda sukai atau ketahui banyak tentangnya, Anda tahu apa yang Anda kejar, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara menjualnya di sana.

Tip 2: Jangan terlalu besar

Saat memilih niche, Anda harus mengetahui kategori industri yang luas, sub-industri, dan audiens target Anda. Jika Anda memilih audiens yang terlalu sempit, Anda akan memiliki peluang tipis untuk mengubah produk Anda menjadi bisnis enam digit. Misalnya, terlalu sempit jika hanya profesor seni perempuan berusia 50 tahun yang tinggal di Reno mengalami masalah yang ingin Anda pecahkan.

Untuk menargetkan pelanggan Anda dengan benar, pilih satu masalah atau masalah mahal yang dimiliki banyak orang, dan bangun toko Anda untuk menyelesaikan masalah itu. Dengan setiap produk yang Anda tambahkan, berkontribusilah untuk mengatasi rasa sakit pelanggan Anda. Dari situ, Anda bisa mendapatkan penawaran unik Anda.

4. Membuat Keuntungan dengan Riset Harga

Jika orang mencari produk secara online, mereka akan memeriksa platform-platform dan pasar lainnya terlebih dahulu. Ciptakan keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki penjual di platform yang akan Anda tuju.

Tip 1: Pikirkan Dan Buat Keuntungan Anda

Anda sebaiknya menyadari bahwa Anda harus berbeda dari setiap bisnis lain dan menawarkan nilai yang cukup sehingga pelanggan akan pindah untuk membayarnya. Layanan pelanggan yang brilian dan produk khusus yang populer tidak cukup.

Itu adalah sesuatu yang tidak dipikirkan oleh beberapa pengusaha eCommerce baru, dan mereka menjadi frustrasi karena bisnis mereka gagal mendapatkan daya tarik. Jika Anda memiliki bisnis tanpa keunggulan kompetitif dan tidak dapat memikirkan alasan apa pun bagi seseorang untuk membeli dari Anda, maka Anda belum siap untuk memulai bisnis.

Tip 2: Terus Berinvestasi Dalam Menemukan Merek Niche Terbaik Bisnis Anda

Jika Anda menemukan niche market yang belum disusupi oleh Amazon dan merek besar lainnya, tidak akan lama sampai pesaing tangguh bermunculan. Berinvestasi besar-besaran dalam setiap aspek merek Anda; Anda perlu menjaga pelanggan setia kepada Anda dan berada di depan pesaing Anda.

Ini mungkin memperluas penawaran produk Anda atau menambahkan kotak berlangganan ke industri di mana tidak ada yang menawarkannya. Anda juga dapat mencoba saluran yang dikunjungi pelanggan Anda yang belum pernah dicoba oleh sebagian besar pesaing Anda.

5. Cari Tahu Margin Untuk Mengevaluasi Profitabilitas Niche Market Anda

Tujuan akhir untuk memulai bisnis online adalah menghasilkan keuntungan. Karena itu, sebelum berkomitmen pada niche, Anda perlu tahu apakah Anda akan menghasilkan cukup banyak omset dari produk niche Anda. Pilih produk niche yang memiliki margin yang cukup, sehingga Anda bisa mendapatkan perhitungan kasar dari pemasok produk niche Anda dan pesaing Anda.

6. Uji Dengan Iklan Berbayar Agar 100% Yakin Bahwa Niche Ini Menguntungkan Anda

Tip 1: Siapkan kampanye iklan untuk pasar Anda

Uji dengan iklan untuk mempromosikan apa yang Anda jual dan cari tahu apakah orang mau membeli dari Anda, dan dapat mengirim lalu lintas uji ke halaman arahan melalui iklan media sosial untuk mengumpulkan alamat email dan melihat tingkat minatnya. Bergantung pada jumlah tayangan, klik, dan konversi, Anda dapat mengetahui apakah ada cukup permintaan dan niat komersial untuk ide niche market yang Anda uji.

Tip 2: Uji kesiapan pasar

Anda tidak perlu menghabiskan begitu banyak uang untuk menguji ide-ide Anda. Alih-alih, habiskan waktu untuk memikirkan penawaran Anda dan buat strategi untuk membangun basis pelanggan yang setia. “Bangun komunitas Anda terlebih dahulu, luncurkan bersama mereka, dan Anda akan memiliki basis yang setia, serta produk yang teruji, teruji, dan benar. Itulah jalan menuju sukses.” – Tracey Wallace

7. Rencana Untuk Mendapatkan Pelanggan Tidak Bermain Di Bisnis

Kartu nama mewah, SEO, semua hal penting, tetapi prioritaskan setiap langkah dengan benar. Beberapa orang berpikir bahwa menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka sekarang memiliki bisnis lebih penting daripada memilih niche yang tepat dan menyusun rencana bisnis yang mendapatkan pelanggan dan memulai bisnis niche yang menguntungkan.

Mendapatkan pelanggan sangat penting, dan untuk itu perlu mengetahui platform yang mereka kunjungi, poin kesulitan mereka, bagaimana Anda masuk, dan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk sebuah solusi. Saat ini, kebanyakan orang setidaknya menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest.

8. Pilih Relung Trending Bukan Produk Trending

Saat memutuskan produk untuk dijual secara online, pilihlah sub-niche yang sedang tren, bukan hanya produk niche yang sedang tren karena penggunaan suatu produk dapat memudar atau diganti dengan produk lain pada titik tertentu. Anda dapat menggunakan tren Google untuk mengetahui ide niche Anda yang mana yang memiliki tren stabil dan berkembang. Jangan mengikuti mode atau lonjakan minat.

Selain poin di atas, niche market yang Anda pilih harus memiliki tingkat pertumbuhan yang baik, terutama dalam sisi: 1. Data atau perkiraan pasar; 2. Bunga pelanggan dan tingkat pertumbuhan; 3. Volume pencarian.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk menemukan niche market online bisnis Anda. Dan jangan lupa ikuti terus situs Markey, karena masih banyak ulasan, tips dan ide bermanfaat lainnya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

10 Cara Membuat Email Marketing Terbaru dan Terambuh

0
email marketing, cara membuat email marketing

Trend email marketing tahun ini sudah terungkap! Yuk langsung pelajari 10 cara membuat email marketing terbaru untuk menggaet lebih banyak konsumen online di masa depan berikut ini.

Siapa bilang trend email marketing sudah ketinggalan jaman? Justru sebaliknya, dunia email marketing Indonesia di tahun ini diprediksi akan lebih maju dari periode-periode terdahulu. Salah satu penyebabnya adalah pandemi yang mengubah gaya komunikasi bisnis secara jangka panjang.

Pun email marketing lebih ampuh menjaga keakraban serta loyalitas konsumen lama ketimbang sosial media lho. Kira-kira seperti apa cara membuat email marketing terbaru tahun ini? Mari telusuri jawabannya bersama di sini!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

10 Cara Membuat Email Marketing Terampuh dan Terbaru Untuk Bisnis

email marketing, cara membuat email marketing

Tanpa berbasa-basi lagi, yuk langsung catat dan praktekkan 10 cara membuat email marketing terbaru untuk memaksimalkan omset bisnis:

1. Pakai Layout Email yang Pas untuk Smartphone

Cara membuat email marketing sukses pertama di tahun depan adalah menggunakan layout email yang pas untuk tampilan smartphone (mobile friendly). Bukan tanpa alasan, strategi ini wajib Anda coba mengingat mayoritas masyarakat kekinian mengakses informasi online via smartphone mereka.

Trend email ini mulai jadi sorotan pasca diungkit oleh media SEO email marketing Email Out. Mereka meyakini bahwa email dengan tampilan smartphone friendly lebih memikat, nyaman dan disukai konsumen.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menyusun email sesuai template memakai beragam email marketing tools gratis yang ada. Jangan ragu mencoba berbagai strategi format konten demi menemukan model layout terbaik.

2. Personalisasi Isi Email

Kunci utama kesuksesan email marketing Indonesia terletak pada personalisasi isi email. Tidak seperti sosial media yang kontennya lebih bersifat umum, masyarakat menyukai email yang bahasannya spesifik atau sesuai kebutuhan mereka.

Bentuk personalisasi ini mungkin bisa Anda amati sendiri jika kebetulan Anda pernah menerima sebuah email marketing. Salah satu contoh personalisasi email marketing sederhana misalnya menyebut nama diri pelanggan ketimbang memakai sapaan umum “Anda”, “Kamu”, “Bapak”, “Ibu” dan sebagainya.

Personalisasi akan membantu audiens merasa bahwa diri mereka penting, diperhatikan dan ‘eksklusif’ di mata brand. Namun tantangannya adalah Anda harus mempersonalisasi isi setiap email, satu demi satu.

Untuk itu, kami sarankan Anda memakai email marketing tools berbasis AI (kecerdasan buatan). Banyak perusahaan memakai email marketing tools pintar yang bisa meriset minat serta kebutuhan setiap pelanggan; mengolah data otomatis; hingga menyisipkan sapaan nama audiens pada body atau subjek email.

Email marketing tools jelas akan membantu kinerja Anda jadi lebih cepat, akurat dan praktis hemat tenaga.

3. Riset Segmentasi Konsumen secara Rinci

Cara membuat email marketing faktanya tidak bisa sembarangan. Email marketing yang sukses tidak cukup hanya sekadar ditulis lalu dikirim. Jauh sebelumnya Anda harus meriset segmentasi konsumen bisnis secara rinci.

Riset dan segmentasi ini pun diprediksi akan menjadi trend email marketing. Segmentasi akan membantu perusahaan Anda lebih memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan interaksi, sekaligus mempertahankan kesetiaan mereka pada brand (customer retention).

Bagaimana cara melakukan riset segmentasi konsumen ini? Tidak perlu pusing, ada banyak strategi mudah untuk mengetahui isi hati pembeli bisnis Anda. Misalnya dengan membuat polling atau survey online. Di sini Anda bebas memanfaatkan sosial media sebagai alat bantu riset yang praktis.

Setelah mendapat hasil segmentasi, barulah Anda dapat menyusun email list yang lebih mudah plus terarah.

4. Gunakan Animasi pada Email

Siapa sangka, cara membuat email marketing selanjutnya adalah dengan menyisipkan animasi-animasi keren pada konten email? Betul, pemanfaatan animasi diyakini akan menjadi salah satu trend email marketing.

Pemakaian animasi dipandang ampuh menghidupkan suasana interaktif email marketing. Konsumen pastinya akan lebih tertarik ketika melihat ada animasi yang turut menghiasi pesan email mereka.

Tenang saja, kehadiran animasi tidak akan menghilangkan kesan profesional dan serius promosi bisnis Anda. Justru sebaliknya, animasi dapat turut memperkuat pesan persuasif promosi email.

Namun ada sejumlah tips yang wajib Anda patuhi ketika menggunakan animasi dalam email seperti:

  • Tidak menggunakan terlalu banyak animasi.
  • Gunakan animasi yang berhubungan atau relevan dengan isi konten.
  • Gunakan animasi dalam format animasi CSS atau GIF.

5. Berfokus pada Performa Marketing CTR

Sudahkah email marketing Anda berfokus pada performa CTR? Jika belum, inilah waktu yang tepat untuk memfokuskan kembali performa marketing Anda ke jalan yang benar.

Sampai saat ini mayoritas bisnis online menggunakan sistem open rate untuk mengukur kesuksesan iklan email marketing. Padahal sistem ini sejatinya tidak mampu menampilkan penyebab atau faktor sukses dan gagalnya sebuah email marketing.

Akan lebih baik jika Anda berfokus pada strategi performa marketing CTR (click through rate) saja. Mencari tahu apakah audiens melakukan tindakan pasca menerima email dirasa lebih bermanfaat, sebab kita menginginkan ada hasil nyata dari kampanye promosi.

6. Pakai Desain Email Sederhana

email marketing, cara membuat email marketing

Jangan terlalu bertele-tele dalam mendesain layout email marketing. Menggunakan template desain yang sederhana saja sudah cukup.

Trend email marketing Indonesia ini hadir pasca ramai kritik dari masyarakat yang menerima email marketing pada tahun 2021. Orang-orang mengeluh ‘pusing’ dan ‘kesal’ menerima email yang terlalu ramai dari segi desainnya.

Tak dapat dipungkiri, desain yang terlalu ramai memang terkesan mengganggu. Ketika unsur visual lebih mencolok ketimbang isinya, maka otomatis kita tidak bisa menangkap pesan yang disampaikan dengan baik.

Maka dari itu, ayo gunakan tampilan desain yang lebih simpel atau minimalis dengan warna-warni kalem. Pakai animasi hanya untuk membantu mempermudah konsumen menemukan info penting di email, seperti mengklik tombol CTA. Sebisa mungkin utamakan kenyamanan konsumen saat membaca email Anda, ya!

7. Kedepankan Sisi Komunikasi Interaktif

Tips membuat email marketing yang menarik berikutnya adalah dengan mengedepankan sisi komunikasi interaktif. Taktik ini akan menambah dorongan interaksi, view, engagement serta keinginan konsumen untuk mencoba produk/jasa Anda.

Kabar gembiranya, ada banyak cara sederhana dan unik yang bisa diterapkan untuk mengembangkan sisi interaktif dalam email seperti:

  • Memakai tombol CTA yang jelas, mencolok atau dilengkapi bumbu animasi.
  • Menerapkan filter efek roll over saat menampilkan promo atau katalog produk yang rinci.
  • Boleh selipkan beberapa gambar dan GIF simpel untuk membantu pembaca menemukan info penting.
  • Modifikasi email Anda dengan strategi gamification.
  • Menampilkan katalog dengan carousel interaktif.
  • Sediakan fitur day atau dark mode (model terang dan gelap) yang bisa dipilih sendiri oleh audiens.
  • Adakan survei, polling pendapat atau UGC (user generated content) pada email supaya rasa penasaran pembaca terpancing.

8. Gunakan UGC (User Generated Content)

UGC (user generated content) bisa menjadikan konten email Anda lebih hidup. Pun menyelipkan UGC juga direkomendasikan sebagai cara membuat email marketing yang ampuh mendorong penjualan.

Apa itu UGC? Sederhananya UGC adalah konten-konten terkait jasa atau produk yang dibuat oleh sesama konsumen. Misalnya ada orang yang mereview produk dan jasa Anda lalu mengunggahnya ke sosial media. Nah, itulah yang dinamakan UGC.

Kehadiran UGC dalam email terbukti mampu meningkatkan kesempatan serta nilai konversi pemirsa dari membaca email menjadi pembelian produk (transaksi). Ini karena UGC menyediakan suntikan testimoni terkait kualitas asli dari produk atau jasa yang ditawarkan. Akibatnya calon pembeli pun penasaran dan ingin mencoba sendiri.

Media Europe Business juga menegaskan UGC yang akan menjadi tren email marketing di tahun 2022 mendatang. Trik ini begitu simpel namun membawa hasil luar biasa pada traffic bisnis online Anda. Anda bisa mulai dengan menyelipkan foto-foto testimoni atau konten terkait produk dan jasa dari konsumen lama Anda. 

9. Integrasi dengan Media Sosial

Di era informasi dan komunikasi yang serba cepat ini, keberadaan email marketing tentu tidak bisa berdiri sendiri. Strategi pemasaran harus mampu beradaptasi dan berinovasi dengan perubahan yang terjadi, terutama dengan keberadaan media sosial yang semakin dominan. 

Oleh karena itu, email marketing yang efektif di era digital ini adalah yang dapat terintegrasi dengan platform lain, khususnya media sosial. Sebuah integrasi yang seharusnya dilakukan dengan cermat dan efektif.

Bayangkan, ketika Anda mengirimkan sebuah email promosi, di dalamnya terdapat tombol share atau ikon media sosial yang memudahkan penerima untuk membagikan konten email Anda kepada jaringan mereka di media sosial. 

Efek viral ini tentu saja meningkatkan eksposur dan jangkauan pemasaran Anda. Selain tombol share, penting pula untuk memasukkan fitur “follow us”. Dengan satu klik saja, pembaca bisa langsung mengikuti akun media sosial perusahaan Anda dan mendapatkan update terbaru langsung dari sumbernya.

Integrasi dengan media sosial ini bukan hanya sekedar menambahkan tombol atau ikon, tetapi juga memastikan bahwa konten yang Anda bagikan melalui email relevan dengan konten yang Anda bagikan di media sosial. Dengan kata lain, konsistensi branding dan pesan menjadi kunci dalam integrasi ini.

Alasan lain mengapa integrasi ini begitu krusial adalah perilaku konsumen saat ini. Konsumen modern tidak hanya aktif di satu platform saja; mereka berinteraksi di berbagai platform, dari media sosial, aplikasi pesan instan, hingga email. 

Dengan mengintegrasikan strategi email marketing Anda dengan media sosial, Anda tidak hanya meningkatkan jangkauan pemasaran Anda tetapi juga memperkuat hubungan dengan audiens. Sehingga, perusahaan dapat memiliki interaksi yang lebih dinamis, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi target pasar.

10. Otomatisasi dengan Drip Campaign

Dalam dunia pemasaran digital, otomatisasi telah menjadi salah satu strategi kunci yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan audiensnya secara lebih personal dan efisien. Salah satu bentuk otomatisasi yang kian populer dan efektif adalah drip campaign. 

Drip campaign, atau sering disebut juga sebagai email otomatisasi, adalah pendekatan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan serangkaian email otomatis kepada konsumen atau prospek Anda berdasarkan aksi atau perilaku tertentu yang mereka tunjukkan.

Sebagai contoh, ketika seseorang mendaftar untuk newsletter Anda, alih-alih hanya mendapat satu email konfirmasi, mereka bisa mendapatkan serangkaian email yang dirancang khusus untuk mengenalkan mereka pada brand Anda, memberikan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda, atau bahkan memberi mereka penawaran eksklusif. 

Begitu pula, jika seorang pelanggan mengunduh ebook dari situs Anda, mereka mungkin mendapatkan email lanjutan yang memberikan informasi tambahan atau topik terkait yang mungkin menarik bagi mereka.

Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah relevansi. Dengan otomatisasi seperti drip campaign, Anda tidak lagi mengirimkan pesan umum ke seluruh daftar email Anda. Sebaliknya, Anda berkomunikasi berdasarkan apa yang paling relevan dan bermakna bagi setiap individu, memastikan bahwa setiap komunikasi menambah nilai bagi penerima. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang konversi, tetapi juga memperdalam hubungan antara brand Anda dengan pelanggan, menciptakan interaksi yang lebih berarti dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang. 

Dalam era dimana konsumen dibanjiri informasi, personalisasi dan relevansi seperti yang ditawarkan oleh drip campaign menjadi aset berharga untuk setiap perusahaan yang ingin membedakan diri dan membangun loyalitas pelanggan. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang 10 trend dan cara membuat email marketing terbaru tahun depan. Yuk mulai pikirkan strategi email marketing terbaik Anda berbekalkan informasi baru yang sudah disimak sebelumnya!

Tahun akan terus berganti. Jadi pantau terus website dan sosial media MARKEY agar tidak ketinggalan update berita terbaru, trend dan ramalan berita seputar dunia bisnis online. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai berjumpa pada pembahasan inspiratif menarik lainnya dari MARKEY!

7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

0
cara-agar-twitter-rame

Sudah coba berbagai tips branding Twitter tapi olshop Anda tetap sepi? Yuk segera update strategi promosimu dengan 7 cara agar Twitter rame berikut ini cocok untuk olshop, freelancer dan influencer!

Bisnis Twitter saat ini sedang naik daun di kalangan masyarakat. Kepopuleran Twitter yang mencuat di kalangan internasional sukses mendorong banyak orang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan bisnis, produk, jasa ataupun membangun personal branding.

Namun Anda perlu tahu serangkaian cara agar Twitter rame followers dan konsumen bisnis. Yuk langsung saja kita simak cara-cara selengkapnya!

Kenapa Berbisnis Twitter?

Bisnis di sosial media adalah hal yang termudah dilakukan. Namun tidak seperti sosmed lainnya, Twitter menawarkan kesempatan branding dan penjualan yang amat tinggi.

Twitter memiliki nilai daya jangkau pemirsa (reach) dan daya temu (discoverability) yang amat luas. Tweet Anda bisa dijangkau banyak orang dari berbagai kalangan, zona waktu maupun wilayah tanpa batas. Otomatis, bisnis Anda berkesempatan untuk menjaring sebanyak mungkin pelanggan baru.

Maka dari itu Anda tidak boleh melewatkan peluang berbisnis Twitter. Entah Anda ingin mempromosikan produk, jasa freelancer ataupun melakukan self-branding sebagai influencer, semuanya bisa dilakukan di Twitter.

Hanya saja, melakukan strategi branding Twitter bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Agar berhasil,  Anda perlu mempelajari bagaimana cara agar Twitter rame dengan cepat.

7 Cara Agar Twitter Rame : Untuk Olshop, Influencer dan Freelancer.

cara-agar-twitter-rame

Inilah 7 cara jualan di Twitter yang tepat agar laris-manis sepanjang waktu:

1. Membuat dan Membagikan Press Release Brand

Tips branding Twitter pertama adalah membuat dan membagikan press release seputar bisnis di beranda Twitter. Press release adalah liputan pers yang memuat kabar-kabar terbaru terkait usaha Anda.

Bahkan pihak resmi Twitter Bisnis sendiri pernah mengumumkan keampuhan ulasan pers untuk meningkatkan branding Twitter secara signifikan. Semua jenis bisnis Twitter disarankan minimal pernah mengunggah artikel, kutipan atau postingan berita branding yang positif untuk menarik perhatian audiens online.

Press release dapat membangun rasa penasaran masyarakat terhadap brand Anda. Selain itu, rilisan pers bisa turut menambah kredibilitas usaha di mata konsumen. Liputan media akan menjadi ‘sinyal’ bahwa usaha Anda sungguh-sungguh berdedikasi dan berkualitas layanannya.

Namun jangan lupa untuk mencantumkan caption terima kasih saat me-retweet postingan press release terkait bisnis ke timeline.

2. Memperkenalkan Usaha secara Gamblang

Sebelum menyelam lebih jauh ke cara jualan di Twitter, sebaiknya perkenalkan terlebih dahulu akun bisnis Anda ke masyarakat Twitter.

Perkenalan bisnis Twitter yang baik sepatutnya dilakukan secara gamblang, simpel dan detil (inklusif). Semakin menarik laman profil Twitter Anda, maka konsumen akan semakin tertarik untuk memfollow akun.

Tidak perlu pusing, Anda bisa mulai dengan beberapa langkah sederhana seperti:

  • Memasang foto profil dan header yang menarik sekaligus merepresentasikan karakteristik bisnis.
  • Tulis bio profil Twitter yang singkat, padat dan unik sehingga bisa langsung ‘menempel’ di ingatan audiens. Anda bisa menyelipkan jargon khas bisnis juga pada bio.
  • Sertakan link website bisnis (jika punya) ke profil Twitter. Mengingat laman bio memiliki jumlah karakter yang terbatas (160 karakter), maka link eksternal bisa membantu Anda memperkenalkan usaha dengan lebih baik. Semisal konsumen ingin tahu lebih lanjut tentang usaha, mereka bisa berkunjung ke laman website.

3. Gunakan Alat-Alat Branding Twitter

Bingung bagaimana menjalankan cara jualan di Twitter? Untuk mempermudah kinerja, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi, tools, atau website bantuan untuk branding Twitter.

Tools-tools ini mampu membantu Anda lebih cepat dalam merancang strategi usaha. Misalnya melakukan riset target audiens promosi, menyusun konten, memaksimalkan SEO Twitter, dan lain sebagainya. Pun berbekalkan tools analisa, konten promosi Twitter Anda bisa terdistribusi dengan lebih terarah.

Kabar baiknya, kini ada banyak sekali rekomendasi tools analisa Twitter berfitur canggih yang bisa digunakan secara gratis. Contohnya seperti TweeTap, Demographic Pro App dan Follower Wonk.

4. Memanfaatkan Tweet Chats

Tingkatkan nilai engagement profil Twittermu dengan fitur Tweet Chats. Apa itu?

Tweet Chats adalah laman khusus percakapan yang tersedia langsung di Twitter. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang terkait topik tertentu. Pun Anda bisa menyimak setiap obrolan menurut waktu dan tanggalnya masing-masing.

Setiap percakapan di Tweet Chats memiliki hashtag tertentu sesuai topik obrolan. Jadi kalau ingin ikut berinteraksi, Anda hanya perlu mengklik hashtagnya saja. Tweet Chats bisa menjadi cara asyik baru untuk berkomunikasi dengan konsumen lama ataupun orang-orang kenalan baru di Twitter. Dijamin deh profil Twittermu akan semakin ramai!

Tips menggunakan Tweet Chats: ajukan sejumlah pertanyaan yang bisa ‘memancing’ interaksi dengan audiens. Anda boleh juga melengkapi pertanyaan dengan beragam grafik simpel untuk menampung jawaban konsumen. Pastikan percakapan tetap relevan dengan domain bisnis Anda, ya.

5. Pakai Hashtag

Hashtag adalah salah satu fitur khas di dunia Twitter. Jauh sebelum penggunaan hashtag merebak di berbagai sosial media seperti sekarang, tanda pagar (#) ini digunakan pertama kali di Twitter.

Hashtag bukan hanya sekadar tanda. Lambang ini bermanfaat untuk mengelompokkan berbagai obrolan, postingan dan media ke topik-topik tertentu. Tweet promosi Anda bisa lebih mudah ditemukan jika terdapat hashtag di dalamnya.

Nah, karena itu Anda wajib menyelipkan hashtag khusus ke setiap tweet promosi yang disebar. Banyak pakar SEO Twitter setuju bahwa hashtag mampu mempercepat branding Twitter Anda.

Cukup lakukan sedikit riset untuk menentukan hashtag terbaik yang relevan dengan isi tweet promosi, kemudian selipkan ke postingan! Anda juga bisa memakai hashtag berupa jargon atau keyword-keyword yang sedang populer (masuk trending topic Twitter). Mudah, bukan?

6. Membuat Daftar Twitter (Twitter List)

Tips berikutnya, promosikan usaha Anda dengan membuat daftar Twitter (Twitter List). Ini juga merupakan cara agar Twitter rame yang ampuh, namun sayangnya, belum banyak diketahui oleh banyak pebisnis online.

Daftar Twitter adalah kumpulan akun-akun Twitter yang kerap berinteraksi dengan konten-konten pilihan. Semisal Anda mengumpulkan akun-akun yang aktif merespon konten Anda. Nantinya Anda bisa langsung membagikan info promosi ke mereka dalam 1x tweet. Orang-orang yang berada dalam list dipastikan tak akan kelewatan info sama sekali.

Daftar Twitter bisa menjadi alternatif strategi promosi jika Anda masih bingung bagaimana caranya menentukan kelompok target audiens. Pun Anda bisa membuat daftar sendiri ataupun memakai list milik orang lain secara gratis.

7. Membuat Event Online di Twitter

Cara jualan di Twitter yang menarik terakhir adalah dengan membuat event online untuk mempromosikan dagangan atau brand. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh olshop, influencer maupun freelancer lho. Misalnya dengan mengadakan event giveaway, kampanye, twibbon atau acara kolaborasi.

Event-event online yang menarik bisa mempercepat nama bisnis masuk daftar trending topik. Pasalnya banyak orang akan tertarik membicarakan atau terlibat langsung dalam event Anda. Twitter pun akan mencatat setiap interaksi sebagai isu yang sedang hangat di linimassa mereka.

Dari sinilah akun Anda berkesempatan meraih lebih banyak interaksi baru dan jadi ramai. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar tips branding Twitter. Semoga ketujuh cara agar Twitter rame di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Ikuti terus update tips bisnis Twitter maupun sosial media lainnya hanya dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ dan langsung dapatkan ratusan tips bisnis gratis setiap hari tanpa batas. Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play dan Apple Store. Sampai jumpa lagi!

Baca juga