Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 53

Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

0
tiktok-shop-seller

TikTok shop seller kini hadir untuk membantu Anda berjualan lebih mudah di TikTok! Bagaimana cara daftar TikTok shop seller ini?

Berjualan di sosial media, seperti TikTok, merupakan upaya yang menguntungkan saat ini. Banyak orang sukses meraup untung sekaligus membesarkan dagangannya semudah mengikuti cara-cara jual di TikTok shop saja.

Anda juga pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan meraup cuan di TikTok seller shop! Ayo langsung kita simak cara membuat TikTok shop yang mudah plus menguntungkan bagi pemula di sini!

Apa Itu TikTok Shop Seller?

Siapa yang tidak mengenal aplikasi sosmed video pendek menghibur TikTok? Berbekal ketenarannya sejak 2020 lalu, kini TikTok menjadi salah satu platform terbaik untuk berjualan online.

Tak tanggung-tanggung, pihak TikTok turut memfasilitasi pebisnis kecil maupun besar yang ingin mengembangkan usahanya lewat fitur baru TikTok seller shop. Apa itu?

TikTok seller shop adalah media sosial commerce di mana pengguna bebas menjual dan mempromosikan bisnisnya. Fitur spesial ini hanya bisa kita temukan jika mengaktifkan akun bisnis TikTok (bukan akun pengguna biasa).

Kemunculan TikTok Shop Seller

tiktok-shop-seller

Fitur TikTok seller masih tergolong baru karena dirilis pada September 2021. Namun sedari awal peluncurannya, fitur seller TikTok sudah bisa digunakan langsung di banyak negara.

Sebut saja saja Indonesia, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Negara-negara ini dipilih karena memiliki jumlah pengguna TikTok terbanyak.

Fitur TikTok seller muncul sebagai inovasi sekaligus jawaban atas pesatnya kehidupan jual beli online via TikTok akhir-akhir ini. Banyak sekali bisnis kecil, rintisan, UMKM hingga brand ternama yang sukses memancing minat belanja lewat konten-konten TikTok seru.

Dari sinilah lantas muncul ide menciptakan cara jual di TikTok shop yang lebih praktis agar masyarakat lebih mudah bertransaksi. Apalagi semenjak tahun 2020, dunia dilanda pandemi global yang memaksa orang-orang melakukan aktivitas secara online termasuk berbelanja kebutuhan.

Cara jual di TikTok shop terbukti ampuh mendatangkan omset tinggi. Melalui sejumlah survey, diketahui bahwa 49% masyarakat membeli produk atau mencoba jasa usai melihat promosi atau reviewnya di TikTok.

Kini, ribuan orang dari berbagai belahan dunia tertarik mencoba cara daftar TikTok shop. Fitur ini bisa menjadi alternatif social commerce baru Anda selain Instagram shopping, Twitter business atau Facebook Market.

3 Cara Jual di TikTok Shop yang Efektif Menjaring Konsumen

Apa saja yang bisa kita lakukan di fitur TikTok seller? Umumnya ada 3 cara membuat TikTok shop iklan yang dipraktekkan bisnis-bisnis besar yaitu:

1. Membuat Slides Collection Ads

Pertama, Anda bisa membuat konten collection ads. Konten ini merupakan video iklan yang dilengkapi fitur slides khusus. Dengan begini, penonton bisa mengeksplor lebih banyak katalog produk semudah menggeser slide video ke samping saja.

Uniknya, setiap slide collection bisa Anda kustomisasi supaya menampilkan katalog produk berbeda-beda. Anda juga dapat menambahkan link eksternal (misalnya link website olshop) untuk mengarahkan konsumen supaya langsung atau lebih mudah membeli produk.

Konten collection ads terbukti sukses menciptakan penjualan 6x lebih banyak, serta menambah kunjungan olshop sebesar 50% dari traffic normal. Anda bisa memanfaatkannya ketika hendak merilis produk baru, mengadakan flash sale atau promo spesial liburan (holiday season sale).

2. Iklan Lead Generation

Selain collection ads, bisnis-bisnis online TikTok pun kerap menyajikan konten lead generation. Video iklan ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapat, informasi serta survey pengguna TikTok secara online.

Konten lead generation juga memuat banyak sekali call to action (CTA) untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya mengarahkan pengguna TikTok mendownload aplikasi bisnis Anda, mendaftar jadi pengguna baru, atau mencoba sebuah layanan online secara cuma-cuma.

Namun iklan satu ini lebih cocok untuk bisnis online yang sudah punya proses siklus transaksi lama (stabil).

3. Iklan Dynamic Showcase (DSA)

Terakhir ada konten iklan dynamic showcase atau DSA yang sering berseliweran di timeline fitur TikTok seller. Iklan TikTok ini bisa membantu Anda mempromosikan jutaan produk dengan mudah sekaligus unik.

Iklan DSA tidak akan mungkin di-skip audiens karena bisa dipersonalisasikan sesuai minat dan kebutuhan penonton. Konten-konten iklan DSA sengaja dirancang agar bisa menyasar target audiens yang pas.

Risetnya pun dilakukan dengan beragam strategi khas. Misalnya dengan menyortir tipe konsumen berdasarkan jenis-jenis item yang mereka simpan di keranjang belanja olshop.

Membuat konten video DSA tidak sulit! TikTok sudah menyiapkan template video klip DSA yang bisa Anda ganti isi fotonya, teks serta musiknya. Simpel, bukan?

7 Cara Daftar TikTok Shop untuk Pemula

tiktok-shop-seller..

Tertarik mencoba fitur TikTok seller? Ternyata cara membuat TikTok shop akun sangat mudah, lho. Yuk langsung ikuti pedoman cara daftar TikTok shop berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok bisnis terlebih dahulu. Hanya akun bisnis saja yang akan mendapatkan fitur seller resmi.
  2. Jika belum memiliki akun bisnis, segera daftar terlebih dahulu.
  3. Setelah mempunyai akun bisnis, Anda akan menemukan pop up berjudul ‘Become Seller’ (Menjadi Seller).
  4. Daftarkan diri dengan akun TikTok bisnis. Sertakan pula email dan nomor telepon aktif.
  5. Lengkapi data diri sesuai formulir yang diberikan dengan benar.
  6. Isi menu profil seller center sesuai informasi bisnis Anda (misalnya nama usaha, kategori, deksripsi, logo, dan lain-lain).
  7. Klik ‘Lanjutkan’ dan tunggu sampai proses verifikasi selesai. Setelahnya, akun TikTok seller Anda sudah siap digunakan untuk berpromosi, membuat konten iklan, atau berjualan online!

4 Strategi Menguasai Promosi di TikTok Seller Shop

Tunggu apa lagi? Ayo mulai promosi bisnis online Anda dengan fitur TikTok seller!

Eits, tapi jangan sekadar membuat iklan. Supaya promosi Anda sukses menguasai persaingan kompetitor, yuk ikuti 4 strategi beriklan di TikTok seller berikut ini:

1. Berkolaborasi dengan Influencer (Seleb TikTok)

Ingin promosi produk atau jasa Anda lebih cepat terkenal? Berkolaborasi membuat konten dengan influencer (selebriti TikTok) bisa menjadi jalan pintas!

Seleb TikTok adalah orang-orang yang populer di TikTok. Mereka memiliki banyak followers, pengaruh dan konten-kontennya selalu trending di linimassa TikTok. Maka dari itu mereka bisa membantu mempercepat masyarakat mengenal produk-produk Anda lewat konten-konten unik.

Akan tetapi ingatlah tetap selektif saat memilih influencer untuk diajak bekerja sama. Pilihlah seleb TikTok yang memiliki pengaruh positif, prestasi dan image baik di masyarakat agar citra bisnis juga ikut terdongkrak naik.

2. Optimalisasi Katalog Produk

Jangan sekadar membuat video iklan TikTok! Pastikan katalog produk tetap ditampilkan secara optimal untuk menarik rasa penasaran audiens.

Menu tab TikTok seller shop sejatinya sama saja dengan etalase toko online. Maka dari itu, penting sekali bagi penjual agar mengoptimalkan tampilan akun TikTok seller masing-masing.

Tidak perlu bingung, Anda bisa mencoba tips mengoptimalisasi katalog produk TikTok berikut ini:

  • Beri nama produk sesuai batasan karakter (maksimal 34 karakter).
  • Sertakan deskripsi atau informasi dasar produk (apa produk yang Anda jual dan keuntungan utamanya?)
  • Pilih foto produk yang berkualitas dan diambil dari angle
  • Deskripsi lengkap produk bisa dijabarkan pada kolom deskripsi khusus yang terletak di bagian bawah.
  • Tak perlu masukkan link ke deskripsi karena tidak bisa diklik.

3. Rajin-Rajin Berpromosi

Jangan takut ketika mempromosikan produk di TikTok. Hilangkan semua rasa malu atau cemasmu ketika memposting konten. Justru sebaliknya—sesering mungkin tunjukkan produk yang Anda jual kepada publik agar cepat laku.

Bisnis yang rajin berpromosi dijamin akan sukses mendulang penjualan. Supaya tidak bosan atau dianggap spam, kreasikan konten promosi agar orang-orang tetap terhibur meski mereka menyimak video promosi.

Beberapa contoh konten video TikTok yang menarik misalnya:

  • Review produk.
  • Konten BTS (behind the scene / di balik layar seputar pembuatan dan pengemasan produk).
  • Testimoni pengguna produk atau UGC (user generated content).
  • Video informasi trivia, dan tutoril DIY (do it yourself).

4. Aktif Mengejar Konsumen

Walaupun TikTok digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia, faktanya Anda tetap harus aktif ‘mengejar’ penonton.

Sekadar membuat akun dan konten TikTok belum tentu bisa mendatangkan audiens. Kesalahan sejumlah orang adalah mereka sekadar memposting konten dan menunggu penonton datang sendiri. Cara ini tidak efektif.

Akan lebih baik jika Anda tetap aktif membuat dan mengoptimalisasi konten-konten iklan di TikTok. Setelah membuat konten, pastikan untuk mempostingnya dengan beraneka strategi SEO TikTok terbaru agar video Anda sukses masuk FYP. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang cara jual di TikTok shop seller untuk pemula. Semoga tips cara membuat TikTok shop di atas bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda, ya!

Mencari lebih banyak tips sukses jualan online? Atau penasaran apa saja ide-ide dan tren bisnis online yang paling baru kekinian?

Anda beruntung karena semua tips, berita dan info terupdate seputar bisnis online kini tersedia gratis di MARKEY! Klik https://markey.id/ sekarang, atau download app MARKEY di Google Play (android) dan Apple Store (iOS) untuk langsung mendapat akses ke ratusan artikel bisnis setiap hari. Sampai bertemu lagi!

Baca juga

Rekomendasi Peluang Bisnis Modal Kecil di Tahun 2023

0
live shopping Image by pikisuperstar on Freepik

Peluang bisnis modal kecil – Dalam dunia yang terus berubah dan penuh dengan potensi, memulai bisnis dengan modal kecil adalah pilihan yang menarik dan cerdas untuk dilakukan. 

Dengan perkembangan teknologi dan perubahan tren konsumen, pada tahun 2023 ini, ada berbagai jenis peluang bisnis yang patut dipertimbangkan. Mari kita menjelajahi beberapa peluang yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dengan modal terbatas, Berikut ini adalah peluang bisnis modal kecil yang kami rekomendasikan yang bisa Anda coba:

1. Live Shopping

 

Peluang Bisnis Modal Kecil

Peluang bisnis modal kecil pertama adalah Live Shopping. Live Shopping adalah fenomena yang terus berkembang, terutama di platform seperti Tik Tok Live. Dengan modal terbatas, Anda bisa memulai bisnis live shopping dan memasarkan produk langsung kepada audiens Anda.

Live shopping memanfaatkan engagement video streaming langsung untuk menghubungkan pelanggan dengan produk Anda. Live shopping ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis dengan modal kecil, Berikut ini ada beberapa alasan mengapa ini adalah peluang bisnis yang menarik:

  • Interaksi Langsung: Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda saat Anda melakukan live streaming. Ini memungkinkan Anda menjawab pertanyaan mereka secara real-time dan membangun hubungan yang lebih erat.
  • Demonstrasi Produk: Live shopping memungkinkan Anda untuk secara langsung memasarkan produk Anda. Anda dapat melakukan demonstrasi produk, menjelaskan fitur-fiturnya, dan bahkan memberikan pandangan lebih dalam tentang bagaimana produk tersebut digunakan.
  • Dorongan Impuls: Kehadiran Anda dalam siaran langsung dapat memicu dorongan impuls. Pelanggan seringkali lebih cenderung membeli produk ketika mereka melihatnya secara langsung dan merasa terhubung dengan penjualnya.
  • Mudah Dimulai: Anda tidak memerlukan studio produksi mahal untuk memulai bisnis live shopping. Hanya dengan smartphone dan koneksi internet yang stabil, Anda bisa memulai siaran langsung dari mana saja.

Namun, seperti bisnis lainnya, keberhasilan dalam live shopping memerlukan perencanaan dan strategi. Anda perlu memikirkan bagaimana mempromosikan siaran Anda, menargetkan audiens yang tepat, dan memberikan layanan pelanggan yang baik.

Jika anda tipe orang yang “Introvert” Anda bisa menyuruh orang lain untuk melakukannya, atau bahkan menggunakan video promosi Faceless. Atau anda bisa mengeluarkan modal lebih untuk membayar orang dekat untuk melakukannya. Live Shopping juga bisa terhubung dengan bisnis lainnya, seperti sponsor, affiliate, dsb.

Dengan dedikasi dan kreativitas, bisnis live shopping bisa menjadi peluang yang menarik untuk menjalani bisnis dengan modal kecil di tahun 2023.

2. Bisnis Affiliator

Peluang bisnis modal kecil selanjutnya adalah menjadi seorang affiliator, ini adalah salah satu peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Ini adalah peluang bisnis rumahan modal kecil dengan konsep yang sederhana, Anda mempromosikan produk atau layanan milik orang lain, dan sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan komisi atas setiap penjualan atau tindakan yang berhasil Anda generasi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis affiliate adalah pilihan yang menjanjikan:

  • Tanpa Inventarisasi: Salah satu keuntungan utama menjadi affiliator adalah Anda tidak perlu menyimpan persediaan atau produk fisik. Semua inventarisasi dan pengiriman ditangani oleh pemilik produk.
  • Pilihan yang Luas: Terdapat beragam produk dan layanan yang dapat Anda pilih untuk dipromosikan. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada niche yang sesuai dengan minat atau pengetahuan Anda.
  • Kemungkinan Penghasilan Pasif: Setelah Anda membangun jaringan pelanggan atau audiens yang kuat, Anda dapat menghasilkan penghasilan pasif dari penjualan berulang yang mereka hasilkan.
  • Pemantauan Kinerja: Sebagian besar program afiliasi menyediakan alat pemantauan yang memungkinkan Anda melihat seberapa baik tautan afiliasi Anda berkinerja. Inilah cara Anda untuk mengoptimalkan strategi Anda.
  • Tidak Memerlukan Pengalaman: Anda tidak harus menjadi seorang ahli dalam produk atau layanan yang Anda promosikan. Yang Anda butuhkan adalah kemampuan untuk efektif memasarkan dan mempromosikan mereka.

Namun, menjadi affiliator yang sukses memerlukan dedikasi, strategi pemasaran yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda. 

Selain itu, pastikan untuk memilih program afiliasi yang terpercaya dan sesuai dengan nilai dan minat Anda. Dengan komitmen dan upaya yang tepat, bisnis affiliator dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil dengan modal awal yang minimal.

3. AI Content Creator

Keberadaan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang yang menarik untuk menjadi content creator yang mengandalkan AI. Dengan bantuan alat-alat AI yang tersedia, Anda dapat menciptakan berbagai jenis konten, termasuk artikel, video, atau grafik, dengan cepat dan efisien. Inilah mengapa AI content creator bisa menjadi peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan:

  • Produksi Cepat: AI dapat menghasilkan konten dengan cepat, memungkinkan Anda untuk menjaga jadwal publikasi yang konsisten. Anda dapat menghemat waktu yang berharga dalam proses kreatif.
  • Skala Besar: Anda dapat menghasilkan konten dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Ini memungkinkan Anda untuk menghadirkan konten yang beragam kepada audiens Anda tanpa harus bekerja keras secara manual.
  • Optimasi SEO: Beberapa alat AI dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan konten untuk mesin pencari (SEO), meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di hasil pencarian yang lebih tinggi.
  • Pembuatan Konten Multibahasa: Jika Anda ingin menjangkau audiens internasional, beberapa alat AI dapat menerjemahkan konten Anda ke berbagai bahasa dengan akurasi tinggi.
  • Analisis Data: Beberapa alat AI juga dapat membantu Anda menganalisis kinerja konten Anda, memberikan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa keberhasilan dalam bisnis AI content creator memerlukan pemahaman yang baik tentang platform yang Anda gunakan, pengetahuan tentang audiens Anda, dan keahlian dalam mengedit dan menyempurnakan konten yang dihasilkan oleh AI.

Seiring dengan perkembangan teknologi AI, peluang bisnis modal kecil ini terus berkembang, sehingga penting untuk tetap ter informasi tentang perkembangan terbaru dalam industri ini. Dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa meraih sukses sebagai content creator yang mengandalkan kecerdasan buatan.

4. E-commerce dengan Produk Unik

Buka toko online yang menawarkan produk unik atau berbeda adalah strategi yang menarik dalam bisnis e-commerce. Saat mempertimbangkan peluang ini, pertimbangkan fokuskan diri pada produk lokal, handmade, atau yang memiliki keunggulan khusus yang sulit ditemukan di tempat lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis e-commerce bisa menjadi salah satu peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda coba:

  • Diferensiasi: Dalam pasar e-commerce yang kompetitif, menawarkan produk yang unik memungkinkan Anda untuk membedakan diri dari pesaing. Produk yang langka atau sulit ditemukan bisa menjadi daya tarik utama bagi pelanggan.
  • Menyasar Niche Tertentu: Fokus pada produk lokal atau handmade memungkinkan Anda untuk menyasar niche tertentu yang mungkin belum tersedia secara luas. Ini dapat memperluas pangsa pasar Anda di kalangan pecinta produk khusus.
  • Kreativitas: Jika Anda memiliki bakat atau minat dalam seni, kerajinan, atau desain, ini adalah kesempatan untuk menggabungkan kreativitas Anda dengan bisnis. Anda dapat menciptakan produk yang unik dan menarik bagi pelanggan.
  • Keunggulan Khusus: Produk dengan keunggulan khusus, seperti bahan ramah lingkungan atau fitur khusus, dapat menjadi pilihan yang menarik bagi pelanggan yang lebih sadar lingkungan atau mencari solusi tertentu.

Namun, untuk sukses dalam bisnis e-commerce dengan produk unik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk pemasaran produk Anda, layanan pelanggan yang baik, dan manajemen persediaan yang efisien. Anda juga perlu mempertimbangkan strategi pembuatan situs web dan platform e-commerce yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Dengan dedikasi untuk menawarkan produk yang unik dan perencanaan yang baik, bisnis e-commerce dengan produk unik dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan dengan modal awal yang relatif rendah.

5. Online Course

Peluang bisnis modal kecil selanjutnya adalah Online course. Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian dalam bidang tertentu, pertimbangkan untuk membuat dan menjual kursus online. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menjalankan kursus online atau pelatihan dapat menjadi peluang bisnis yang menarik:

  • Pengalaman Bernilai: Jika Anda memiliki pengalaman atau keahlian yang dihargai dalam bidang seperti teknologi, bisnis, seni, atau bahasa, menjadi pelajar online mungkin pilihan yang sangat bagus.
  • Pendapatan Pasif: Setelah Anda membuat dan memasarkan kursus online Anda, kursus tersebut dapat menghasilkan pendapatan secara pasif saat orang-orang mendaftar untuk mengaksesnya. Ini bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil dalam jangka panjang.
  • Mengakses Pasar Global: Kursus online memungkinkan Anda untuk mencapai pelajar dari seluruh dunia. Ini memperluas potensi bisnis Anda secara signifikan.
  • Fleksibilitas Waktu: Anda memiliki kendali atas jadwal kursus Anda, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis ini secara paruh waktu jika Anda memiliki pekerjaan atau komitmen lain.
  • Pembelajaran Seumur Hidup: Kursus online Anda dapat memberikan nilai pendidikan jangka panjang kepada pelajar Anda, yang mungkin kembali untuk mengakses materi Anda di masa depan.

Namun, untuk berhasil dalam bisnis kursus online atau pelatihan, Anda perlu memahami bagaimana membuat dan mengemas konten yang informatif, menarik, dan efektif. Anda juga harus memahami bagaimana memasarkan kursus Anda secara efektif kepada audiens yang tepat.

Selain itu, Anda mungkin perlu mempertimbangkan platform atau situs web untuk menghosting kursus Anda, serta metode pembayaran yang aman untuk menerima biaya kursus. 

Dengan persiapan dan dedikasi yang baik, bisnis kursus online atau pelatihan dapat menjadi cara yang memuaskan untuk berbagi pengetahuan Anda dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.

Itulah beberapa rekomendasi peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membuat aplikasi maupun website, Anda juga bisa menggunakan jasa kami. Kami menawarkan jasa pembuatan aplikasi dan website dengan harga terjangkau yang dapat membantu bisnis Anda dapat berkembang menjadi lebih baik.

Cara Menemukan Niche Market untuk Bisnis Anda

0
niche-market

Langkah pertama menuju kesuksesan bisnis eCommerce adalah menemukan niche market Anda, setiap pemilik bisnis eCommerce yang sukses memulai dari sebuah niche dengan menjual produk khusus dan memilih audiens yang ditargetkan.

Anda memiliki peluang bagus untuk berhasil karena Anda tahu siapa yang harus ditargetkan daripada audiens umum. Artikel kali ini akan memberikan panduan cara menemukan niche market online untuk bisnis Anda.

Baca juga : Website E Commerce Adalah ? | Pengertian dan Kegunaannya

1. Meneliti Subkategori Produk untuk Identifikasi Niche Market Terbaik

Sebelum memilih niche market dan produk atau layanan untuk dijual, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk niche yang tidak tepat setelah Anda meluncurkan bisnis Anda.

Riset di sini tidak berarti Anda melihat produk yang paling trending dan memutuskan untuk menjualnya hanya karena sedang trend.

Bagaimana Anda Mencari Informasi Niche Market yang Terbaik?

Langkah 1: Menemukan Niche Anda yang Dapat Anda Tambah Nilai Online

niche-market.

Pilih niche yang mewakili minat dan hasrat Anda. Jika Anda menjual di industri yang tidak Anda pedulikan, Anda akan kehilangan minat di sepanjang jalan dan berhenti terlalu dini. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak dalam semalam, Anda perlu menambahkan nilai secara konsisten.

Anda bisa mendapatkan ide dari: 1. Percakapan satu lawan satu dengan orang-orang; 2. Quora, Reddit, dan forum lainnya; 3. Produk dan ulasan platform.

Langkah 2: Evaluasi Ide Bisnis Itu Untuk Melihat Niche Market Anda

Satu kesalahan besar yang dilakukan pengusaha ketika memilih niche market adalah tidak mengevaluasi niche itu. Ini membantu Anda mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari pilihan niche Anda.

Evaluasi termasuk melihat: 1. Pesaing Anda, rendah atau tinggi; 2. Memasarkan pelanggan potensial; 3. Profitabilitas / omset; 4. Memahami audiens target Anda.

Langkah 3: Validasi Ide Niche Anda Dengan Uji Jual Produk Tertentu Secara Online

Setelah Anda mengevaluasi niche Anda dan memiliki pemahaman yang jauh lebih baik tentang semua faktor seputar pilihan Anda, Anda kemudian harus memvalidasi ide Anda. Untuk memvalidasi, buat pengaturan toko online di dunia nyata dan coba jual produk Anda ke audiens target Anda.

Saat Anda menguji, Anda dapat menambahkan halaman blog atau halaman media sosial untuk lebih membuktikan otoritas Anda. Jika Anda tidak dapat menghasilkan penjualan yang cukup selama langkah validasi, itu pertanda baik bahwa Anda akan mengalami kesulitan memasuki niche itu.

2. Lakukan Riset Kata Kunci Untuk Mengevaluasi Peluang Anda dan Klien Ideal

Terlalu banyak orang yang melihat seseorang berhasil dalam suatu niche market dan berasumsi bahwa mereka juga akan berhasil. Ini tidak semudah itu, Anda tidak tahu pekerjaan latar belakang yang telah mereka lakukan. Anda akan berada di posisi sengit dan bersaing dengan situs yang sudah mapan. Situs-situs tersebut akan memiliki peringkat yang lebih baik dan mendapatkan harga yang lebih baik untuk produk yang sama yang Anda coba jual.

Untuk mengetahui apakah merek besar mendapat peringkat di niche yang Anda pilih dan apakah merek bisnis kecil memiliki peluang, anda bisa melakukan: 1. Gunakan Ahrefs untuk mengetahui berapa banyak situs web peringkat domain tinggi yang ada; 2. Periksa apakah Anda juga dapat melihat situs peringkat domain rendah; 3. Catat kata kunci dari situs peringkat domain teratas itu; 4. Volume pencarian kata kunci penelitian

Tip 1: Jangan Serakah Mulailah Dengan Mengambil Langkah Untuk Menemukan Pasar Online Anda

Begitu banyak orang melakukan penelitian keyword dan memilih niche tersebut karena volume tersebut dicari ratusan ribu. Memang mengasyikkan, tetapi itu adalah sebuah kesalahan yang akan membuat Anda kehilangan penjualan karena sengitnya persaingan Anda.

“Volume penelusuran merupakan sifat yang baik untuk dimiliki oleh niche. Tetapi pada umumnya, semakin tinggi volumenya maka semakin sulit menentukan peringkat pencarian sesuai SEO. Sementara itu, volume penelusuran sangat penting, karena disebabkan adanya persaingan yang merupakan faktor yang paling penting.” – Matt Janaway

Tip 2: Cara Menemukan Keseimbangan Antara Volume Pencarian Dan Persaingan Di Pasar Online Anda

Sangat penting diketahui, jangan terjebak dalam pencarian kata kunci persaingan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Jika ada BANYAK volume pencarian untuk kata kunci Anda, akan ada persaingan TINGGI juga. Di sisi lain, jika Anda memilih kata kunci yang hampir tidak memiliki persaingan, itu berarti kata kunci tersebut tidak memiliki niat membeli atau belum ada merek yang menemukannya. Sangat penting memperhatikan volume keyword yang digunakan.

“Volume kata kunci dan persaingan cenderung beroperasi pada sumbu yang berbeda ketika mengevaluasi vertikal komersial, namun, ketika datang ke e-commerce, saya akan mengatakan bahwa mereka lebih merupakan ujung yang berlawanan dari spektrum yang sama, jadi Anda harus menemukan sesuatu di tengah sebagai gantinya terlalu fokus pada kedua ujung dan ketahuan.”– Nick Eubanks

Tip 3: Ketahui Pasar Produk Niche Anda Masuk Dan Keluar

Jika Anda ingin peringkat di Google , Anda perlu tahu apa yang Anda jual, Anda membutuhkan salinan yang memiliki grit (Anda perlu cukup tentang produk Anda untuk membuat cerita dan karya menakjubkan di sekitarnya). Jika Anda tidak tahu apa-apa, Anda mungkin hanya akan menulis konten mesin penjual otomatis yang hambar.

Google mencoba membuat peringkat terlihat bagus agar tetap relevan; mereka akan memberi peringkat situs web dengan banyak informasi dan keahlian yang dapat ditindaklanjuti dibandingkan mesin penjual otomatis. Anda harus meluangkan waktu untuk membuat skema dan menulis konten yang menunjukkan bahwa Anda peduli dan tahu banyak tentang produk dan pelanggan.

3. Pikirkan Lebih Dari Satu Produk Niche

Anda akan membawa lebih banyak ke bank ketika Anda berencana untuk memecahkan nilai seumur hidup pelanggan alih-alih menjual satu kali. Saat Anda memilih produk dan peningkatan lain untuk meningkatkan nilai umur pelanggan, jangan mengutamakan kuantitas daripada kualitas.

Satu hal yang dikhawatirkan oleh para pendiri startup adalah harga produk mereka. Dalam upaya untuk memastikan bahwa harga tidak menjadi penghalang bagi pelanggan dan mereka masih menghasilkan cukup untuk tetap berlayar, mereka membombardir toko mereka dengan banyak produk murah. Ketahuilah, akan ada pilihan yang lebih murah, jadi sebagai gantinya, strategi Anda harus menawarkan pengalaman kualitas yang lebih baik dan nilai jangka panjang.

Tip 1: Mulailah Melihat Jalan Di Atas Hanya Alasan Finansial

Salah satu hal tersulit dalam memulai toko baru adalah membuat orang peduli. Orang tidak membeli produk karena salinan yang ditulis dengan baik, mereka membelinya karena itu memecahkan kebutuhan/keinginan. Anda perlu tahu apa yang disukai pelanggan Anda, bahasa yang mereka gunakan, dan platform yang mereka kunjungi.

Jika Anda memilih niche hanya karena alasan keuangan, itu tidak akan membuat Anda terus maju karena Anda tidak tahu banyak tentang industri dan audiens Anda. Namun , jika Anda telah memilih niche yang Anda sukai atau ketahui banyak tentangnya, Anda tahu apa yang Anda kejar, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara menjualnya di sana.

Tip 2: Jangan terlalu besar

Saat memilih niche, Anda harus mengetahui kategori industri yang luas, sub-industri, dan audiens target Anda. Jika Anda memilih audiens yang terlalu sempit, Anda akan memiliki peluang tipis untuk mengubah produk Anda menjadi bisnis enam digit. Misalnya, terlalu sempit jika hanya profesor seni perempuan berusia 50 tahun yang tinggal di Reno mengalami masalah yang ingin Anda pecahkan.

Untuk menargetkan pelanggan Anda dengan benar, pilih satu masalah atau masalah mahal yang dimiliki banyak orang, dan bangun toko Anda untuk menyelesaikan masalah itu. Dengan setiap produk yang Anda tambahkan, berkontribusilah untuk mengatasi rasa sakit pelanggan Anda. Dari situ, Anda bisa mendapatkan penawaran unik Anda.

4. Membuat Keuntungan dengan Riset Harga

Jika orang mencari produk secara online, mereka akan memeriksa platform-platform dan pasar lainnya terlebih dahulu. Ciptakan keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki penjual di platform yang akan Anda tuju.

Tip 1: Pikirkan Dan Buat Keuntungan Anda

Anda sebaiknya menyadari bahwa Anda harus berbeda dari setiap bisnis lain dan menawarkan nilai yang cukup sehingga pelanggan akan pindah untuk membayarnya. Layanan pelanggan yang brilian dan produk khusus yang populer tidak cukup.

Itu adalah sesuatu yang tidak dipikirkan oleh beberapa pengusaha eCommerce baru, dan mereka menjadi frustrasi karena bisnis mereka gagal mendapatkan daya tarik. Jika Anda memiliki bisnis tanpa keunggulan kompetitif dan tidak dapat memikirkan alasan apa pun bagi seseorang untuk membeli dari Anda, maka Anda belum siap untuk memulai bisnis.

Tip 2: Terus Berinvestasi Dalam Menemukan Merek Niche Terbaik Bisnis Anda

Jika Anda menemukan niche market yang belum disusupi oleh Amazon dan merek besar lainnya, tidak akan lama sampai pesaing tangguh bermunculan. Berinvestasi besar-besaran dalam setiap aspek merek Anda; Anda perlu menjaga pelanggan setia kepada Anda dan berada di depan pesaing Anda.

Ini mungkin memperluas penawaran produk Anda atau menambahkan kotak berlangganan ke industri di mana tidak ada yang menawarkannya. Anda juga dapat mencoba saluran yang dikunjungi pelanggan Anda yang belum pernah dicoba oleh sebagian besar pesaing Anda.

5. Cari Tahu Margin Untuk Mengevaluasi Profitabilitas Niche Market Anda

Tujuan akhir untuk memulai bisnis online adalah menghasilkan keuntungan. Karena itu, sebelum berkomitmen pada niche, Anda perlu tahu apakah Anda akan menghasilkan cukup banyak omset dari produk niche Anda. Pilih produk niche yang memiliki margin yang cukup, sehingga Anda bisa mendapatkan perhitungan kasar dari pemasok produk niche Anda dan pesaing Anda.

6. Uji Dengan Iklan Berbayar Agar 100% Yakin Bahwa Niche Ini Menguntungkan Anda

Tip 1: Siapkan kampanye iklan untuk pasar Anda

Uji dengan iklan untuk mempromosikan apa yang Anda jual dan cari tahu apakah orang mau membeli dari Anda, dan dapat mengirim lalu lintas uji ke halaman arahan melalui iklan media sosial untuk mengumpulkan alamat email dan melihat tingkat minatnya. Bergantung pada jumlah tayangan, klik, dan konversi, Anda dapat mengetahui apakah ada cukup permintaan dan niat komersial untuk ide niche market yang Anda uji.

Tip 2: Uji kesiapan pasar

Anda tidak perlu menghabiskan begitu banyak uang untuk menguji ide-ide Anda. Alih-alih, habiskan waktu untuk memikirkan penawaran Anda dan buat strategi untuk membangun basis pelanggan yang setia. “Bangun komunitas Anda terlebih dahulu, luncurkan bersama mereka, dan Anda akan memiliki basis yang setia, serta produk yang teruji, teruji, dan benar. Itulah jalan menuju sukses.” – Tracey Wallace

7. Rencana Untuk Mendapatkan Pelanggan Tidak Bermain Di Bisnis

Kartu nama mewah, SEO, semua hal penting, tetapi prioritaskan setiap langkah dengan benar. Beberapa orang berpikir bahwa menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka sekarang memiliki bisnis lebih penting daripada memilih niche yang tepat dan menyusun rencana bisnis yang mendapatkan pelanggan dan memulai bisnis niche yang menguntungkan.

Mendapatkan pelanggan sangat penting, dan untuk itu perlu mengetahui platform yang mereka kunjungi, poin kesulitan mereka, bagaimana Anda masuk, dan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk sebuah solusi. Saat ini, kebanyakan orang setidaknya menggunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest.

8. Pilih Relung Trending Bukan Produk Trending

Saat memutuskan produk untuk dijual secara online, pilihlah sub-niche yang sedang tren, bukan hanya produk niche yang sedang tren karena penggunaan suatu produk dapat memudar atau diganti dengan produk lain pada titik tertentu. Anda dapat menggunakan tren Google untuk mengetahui ide niche Anda yang mana yang memiliki tren stabil dan berkembang. Jangan mengikuti mode atau lonjakan minat.

Selain poin di atas, niche market yang Anda pilih harus memiliki tingkat pertumbuhan yang baik, terutama dalam sisi: 1. Data atau perkiraan pasar; 2. Bunga pelanggan dan tingkat pertumbuhan; 3. Volume pencarian.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk menemukan niche market online bisnis Anda. Dan jangan lupa ikuti terus situs Markey, karena masih banyak ulasan, tips dan ide bermanfaat lainnya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

10 Cara Membuat Email Marketing Terbaru dan Terambuh

0
email marketing, cara membuat email marketing

Trend email marketing tahun ini sudah terungkap! Yuk langsung pelajari 10 cara membuat email marketing terbaru untuk menggaet lebih banyak konsumen online di masa depan berikut ini.

Siapa bilang trend email marketing sudah ketinggalan jaman? Justru sebaliknya, dunia email marketing Indonesia di tahun ini diprediksi akan lebih maju dari periode-periode terdahulu. Salah satu penyebabnya adalah pandemi yang mengubah gaya komunikasi bisnis secara jangka panjang.

Pun email marketing lebih ampuh menjaga keakraban serta loyalitas konsumen lama ketimbang sosial media lho. Kira-kira seperti apa cara membuat email marketing terbaru tahun ini? Mari telusuri jawabannya bersama di sini!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

10 Cara Membuat Email Marketing Terampuh dan Terbaru Untuk Bisnis

email marketing, cara membuat email marketing

Tanpa berbasa-basi lagi, yuk langsung catat dan praktekkan 10 cara membuat email marketing terbaru untuk memaksimalkan omset bisnis:

1. Pakai Layout Email yang Pas untuk Smartphone

Cara membuat email marketing sukses pertama di tahun depan adalah menggunakan layout email yang pas untuk tampilan smartphone (mobile friendly). Bukan tanpa alasan, strategi ini wajib Anda coba mengingat mayoritas masyarakat kekinian mengakses informasi online via smartphone mereka.

Trend email ini mulai jadi sorotan pasca diungkit oleh media SEO email marketing Email Out. Mereka meyakini bahwa email dengan tampilan smartphone friendly lebih memikat, nyaman dan disukai konsumen.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menyusun email sesuai template memakai beragam email marketing tools gratis yang ada. Jangan ragu mencoba berbagai strategi format konten demi menemukan model layout terbaik.

2. Personalisasi Isi Email

Kunci utama kesuksesan email marketing Indonesia terletak pada personalisasi isi email. Tidak seperti sosial media yang kontennya lebih bersifat umum, masyarakat menyukai email yang bahasannya spesifik atau sesuai kebutuhan mereka.

Bentuk personalisasi ini mungkin bisa Anda amati sendiri jika kebetulan Anda pernah menerima sebuah email marketing. Salah satu contoh personalisasi email marketing sederhana misalnya menyebut nama diri pelanggan ketimbang memakai sapaan umum “Anda”, “Kamu”, “Bapak”, “Ibu” dan sebagainya.

Personalisasi akan membantu audiens merasa bahwa diri mereka penting, diperhatikan dan ‘eksklusif’ di mata brand. Namun tantangannya adalah Anda harus mempersonalisasi isi setiap email, satu demi satu.

Untuk itu, kami sarankan Anda memakai email marketing tools berbasis AI (kecerdasan buatan). Banyak perusahaan memakai email marketing tools pintar yang bisa meriset minat serta kebutuhan setiap pelanggan; mengolah data otomatis; hingga menyisipkan sapaan nama audiens pada body atau subjek email.

Email marketing tools jelas akan membantu kinerja Anda jadi lebih cepat, akurat dan praktis hemat tenaga.

3. Riset Segmentasi Konsumen secara Rinci

Cara membuat email marketing faktanya tidak bisa sembarangan. Email marketing yang sukses tidak cukup hanya sekadar ditulis lalu dikirim. Jauh sebelumnya Anda harus meriset segmentasi konsumen bisnis secara rinci.

Riset dan segmentasi ini pun diprediksi akan menjadi trend email marketing. Segmentasi akan membantu perusahaan Anda lebih memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan interaksi, sekaligus mempertahankan kesetiaan mereka pada brand (customer retention).

Bagaimana cara melakukan riset segmentasi konsumen ini? Tidak perlu pusing, ada banyak strategi mudah untuk mengetahui isi hati pembeli bisnis Anda. Misalnya dengan membuat polling atau survey online. Di sini Anda bebas memanfaatkan sosial media sebagai alat bantu riset yang praktis.

Setelah mendapat hasil segmentasi, barulah Anda dapat menyusun email list yang lebih mudah plus terarah.

4. Gunakan Animasi pada Email

Siapa sangka, cara membuat email marketing selanjutnya adalah dengan menyisipkan animasi-animasi keren pada konten email? Betul, pemanfaatan animasi diyakini akan menjadi salah satu trend email marketing.

Pemakaian animasi dipandang ampuh menghidupkan suasana interaktif email marketing. Konsumen pastinya akan lebih tertarik ketika melihat ada animasi yang turut menghiasi pesan email mereka.

Tenang saja, kehadiran animasi tidak akan menghilangkan kesan profesional dan serius promosi bisnis Anda. Justru sebaliknya, animasi dapat turut memperkuat pesan persuasif promosi email.

Namun ada sejumlah tips yang wajib Anda patuhi ketika menggunakan animasi dalam email seperti:

  • Tidak menggunakan terlalu banyak animasi.
  • Gunakan animasi yang berhubungan atau relevan dengan isi konten.
  • Gunakan animasi dalam format animasi CSS atau GIF.

5. Berfokus pada Performa Marketing CTR

Sudahkah email marketing Anda berfokus pada performa CTR? Jika belum, inilah waktu yang tepat untuk memfokuskan kembali performa marketing Anda ke jalan yang benar.

Sampai saat ini mayoritas bisnis online menggunakan sistem open rate untuk mengukur kesuksesan iklan email marketing. Padahal sistem ini sejatinya tidak mampu menampilkan penyebab atau faktor sukses dan gagalnya sebuah email marketing.

Akan lebih baik jika Anda berfokus pada strategi performa marketing CTR (click through rate) saja. Mencari tahu apakah audiens melakukan tindakan pasca menerima email dirasa lebih bermanfaat, sebab kita menginginkan ada hasil nyata dari kampanye promosi.

6. Pakai Desain Email Sederhana

email marketing, cara membuat email marketing

Jangan terlalu bertele-tele dalam mendesain layout email marketing. Menggunakan template desain yang sederhana saja sudah cukup.

Trend email marketing Indonesia ini hadir pasca ramai kritik dari masyarakat yang menerima email marketing pada tahun 2021. Orang-orang mengeluh ‘pusing’ dan ‘kesal’ menerima email yang terlalu ramai dari segi desainnya.

Tak dapat dipungkiri, desain yang terlalu ramai memang terkesan mengganggu. Ketika unsur visual lebih mencolok ketimbang isinya, maka otomatis kita tidak bisa menangkap pesan yang disampaikan dengan baik.

Maka dari itu, ayo gunakan tampilan desain yang lebih simpel atau minimalis dengan warna-warni kalem. Pakai animasi hanya untuk membantu mempermudah konsumen menemukan info penting di email, seperti mengklik tombol CTA. Sebisa mungkin utamakan kenyamanan konsumen saat membaca email Anda, ya!

7. Kedepankan Sisi Komunikasi Interaktif

Tips membuat email marketing yang menarik berikutnya adalah dengan mengedepankan sisi komunikasi interaktif. Taktik ini akan menambah dorongan interaksi, view, engagement serta keinginan konsumen untuk mencoba produk/jasa Anda.

Kabar gembiranya, ada banyak cara sederhana dan unik yang bisa diterapkan untuk mengembangkan sisi interaktif dalam email seperti:

  • Memakai tombol CTA yang jelas, mencolok atau dilengkapi bumbu animasi.
  • Menerapkan filter efek roll over saat menampilkan promo atau katalog produk yang rinci.
  • Boleh selipkan beberapa gambar dan GIF simpel untuk membantu pembaca menemukan info penting.
  • Modifikasi email Anda dengan strategi gamification.
  • Menampilkan katalog dengan carousel interaktif.
  • Sediakan fitur day atau dark mode (model terang dan gelap) yang bisa dipilih sendiri oleh audiens.
  • Adakan survei, polling pendapat atau UGC (user generated content) pada email supaya rasa penasaran pembaca terpancing.

8. Gunakan UGC (User Generated Content)

UGC (user generated content) bisa menjadikan konten email Anda lebih hidup. Pun menyelipkan UGC juga direkomendasikan sebagai cara membuat email marketing yang ampuh mendorong penjualan.

Apa itu UGC? Sederhananya UGC adalah konten-konten terkait jasa atau produk yang dibuat oleh sesama konsumen. Misalnya ada orang yang mereview produk dan jasa Anda lalu mengunggahnya ke sosial media. Nah, itulah yang dinamakan UGC.

Kehadiran UGC dalam email terbukti mampu meningkatkan kesempatan serta nilai konversi pemirsa dari membaca email menjadi pembelian produk (transaksi). Ini karena UGC menyediakan suntikan testimoni terkait kualitas asli dari produk atau jasa yang ditawarkan. Akibatnya calon pembeli pun penasaran dan ingin mencoba sendiri.

Media Europe Business juga menegaskan UGC yang akan menjadi tren email marketing di tahun 2022 mendatang. Trik ini begitu simpel namun membawa hasil luar biasa pada traffic bisnis online Anda. Anda bisa mulai dengan menyelipkan foto-foto testimoni atau konten terkait produk dan jasa dari konsumen lama Anda. 

9. Integrasi dengan Media Sosial

Di era informasi dan komunikasi yang serba cepat ini, keberadaan email marketing tentu tidak bisa berdiri sendiri. Strategi pemasaran harus mampu beradaptasi dan berinovasi dengan perubahan yang terjadi, terutama dengan keberadaan media sosial yang semakin dominan. 

Oleh karena itu, email marketing yang efektif di era digital ini adalah yang dapat terintegrasi dengan platform lain, khususnya media sosial. Sebuah integrasi yang seharusnya dilakukan dengan cermat dan efektif.

Bayangkan, ketika Anda mengirimkan sebuah email promosi, di dalamnya terdapat tombol share atau ikon media sosial yang memudahkan penerima untuk membagikan konten email Anda kepada jaringan mereka di media sosial. 

Efek viral ini tentu saja meningkatkan eksposur dan jangkauan pemasaran Anda. Selain tombol share, penting pula untuk memasukkan fitur “follow us”. Dengan satu klik saja, pembaca bisa langsung mengikuti akun media sosial perusahaan Anda dan mendapatkan update terbaru langsung dari sumbernya.

Integrasi dengan media sosial ini bukan hanya sekedar menambahkan tombol atau ikon, tetapi juga memastikan bahwa konten yang Anda bagikan melalui email relevan dengan konten yang Anda bagikan di media sosial. Dengan kata lain, konsistensi branding dan pesan menjadi kunci dalam integrasi ini.

Alasan lain mengapa integrasi ini begitu krusial adalah perilaku konsumen saat ini. Konsumen modern tidak hanya aktif di satu platform saja; mereka berinteraksi di berbagai platform, dari media sosial, aplikasi pesan instan, hingga email. 

Dengan mengintegrasikan strategi email marketing Anda dengan media sosial, Anda tidak hanya meningkatkan jangkauan pemasaran Anda tetapi juga memperkuat hubungan dengan audiens. Sehingga, perusahaan dapat memiliki interaksi yang lebih dinamis, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi target pasar.

10. Otomatisasi dengan Drip Campaign

Dalam dunia pemasaran digital, otomatisasi telah menjadi salah satu strategi kunci yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan audiensnya secara lebih personal dan efisien. Salah satu bentuk otomatisasi yang kian populer dan efektif adalah drip campaign. 

Drip campaign, atau sering disebut juga sebagai email otomatisasi, adalah pendekatan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan serangkaian email otomatis kepada konsumen atau prospek Anda berdasarkan aksi atau perilaku tertentu yang mereka tunjukkan.

Sebagai contoh, ketika seseorang mendaftar untuk newsletter Anda, alih-alih hanya mendapat satu email konfirmasi, mereka bisa mendapatkan serangkaian email yang dirancang khusus untuk mengenalkan mereka pada brand Anda, memberikan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda, atau bahkan memberi mereka penawaran eksklusif. 

Begitu pula, jika seorang pelanggan mengunduh ebook dari situs Anda, mereka mungkin mendapatkan email lanjutan yang memberikan informasi tambahan atau topik terkait yang mungkin menarik bagi mereka.

Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah relevansi. Dengan otomatisasi seperti drip campaign, Anda tidak lagi mengirimkan pesan umum ke seluruh daftar email Anda. Sebaliknya, Anda berkomunikasi berdasarkan apa yang paling relevan dan bermakna bagi setiap individu, memastikan bahwa setiap komunikasi menambah nilai bagi penerima. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang konversi, tetapi juga memperdalam hubungan antara brand Anda dengan pelanggan, menciptakan interaksi yang lebih berarti dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang. 

Dalam era dimana konsumen dibanjiri informasi, personalisasi dan relevansi seperti yang ditawarkan oleh drip campaign menjadi aset berharga untuk setiap perusahaan yang ingin membedakan diri dan membangun loyalitas pelanggan. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang 10 trend dan cara membuat email marketing terbaru tahun depan. Yuk mulai pikirkan strategi email marketing terbaik Anda berbekalkan informasi baru yang sudah disimak sebelumnya!

Tahun akan terus berganti. Jadi pantau terus website dan sosial media MARKEY agar tidak ketinggalan update berita terbaru, trend dan ramalan berita seputar dunia bisnis online. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai berjumpa pada pembahasan inspiratif menarik lainnya dari MARKEY!

7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

0
cara-agar-twitter-rame

Sudah coba berbagai tips branding Twitter tapi olshop Anda tetap sepi? Yuk segera update strategi promosimu dengan 7 cara agar Twitter rame berikut ini cocok untuk olshop, freelancer dan influencer!

Bisnis Twitter saat ini sedang naik daun di kalangan masyarakat. Kepopuleran Twitter yang mencuat di kalangan internasional sukses mendorong banyak orang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan bisnis, produk, jasa ataupun membangun personal branding.

Namun Anda perlu tahu serangkaian cara agar Twitter rame followers dan konsumen bisnis. Yuk langsung saja kita simak cara-cara selengkapnya!

Kenapa Berbisnis Twitter?

Bisnis di sosial media adalah hal yang termudah dilakukan. Namun tidak seperti sosmed lainnya, Twitter menawarkan kesempatan branding dan penjualan yang amat tinggi.

Twitter memiliki nilai daya jangkau pemirsa (reach) dan daya temu (discoverability) yang amat luas. Tweet Anda bisa dijangkau banyak orang dari berbagai kalangan, zona waktu maupun wilayah tanpa batas. Otomatis, bisnis Anda berkesempatan untuk menjaring sebanyak mungkin pelanggan baru.

Maka dari itu Anda tidak boleh melewatkan peluang berbisnis Twitter. Entah Anda ingin mempromosikan produk, jasa freelancer ataupun melakukan self-branding sebagai influencer, semuanya bisa dilakukan di Twitter.

Hanya saja, melakukan strategi branding Twitter bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Agar berhasil,  Anda perlu mempelajari bagaimana cara agar Twitter rame dengan cepat.

7 Cara Agar Twitter Rame : Untuk Olshop, Influencer dan Freelancer.

cara-agar-twitter-rame

Inilah 7 cara jualan di Twitter yang tepat agar laris-manis sepanjang waktu:

1. Membuat dan Membagikan Press Release Brand

Tips branding Twitter pertama adalah membuat dan membagikan press release seputar bisnis di beranda Twitter. Press release adalah liputan pers yang memuat kabar-kabar terbaru terkait usaha Anda.

Bahkan pihak resmi Twitter Bisnis sendiri pernah mengumumkan keampuhan ulasan pers untuk meningkatkan branding Twitter secara signifikan. Semua jenis bisnis Twitter disarankan minimal pernah mengunggah artikel, kutipan atau postingan berita branding yang positif untuk menarik perhatian audiens online.

Press release dapat membangun rasa penasaran masyarakat terhadap brand Anda. Selain itu, rilisan pers bisa turut menambah kredibilitas usaha di mata konsumen. Liputan media akan menjadi ‘sinyal’ bahwa usaha Anda sungguh-sungguh berdedikasi dan berkualitas layanannya.

Namun jangan lupa untuk mencantumkan caption terima kasih saat me-retweet postingan press release terkait bisnis ke timeline.

2. Memperkenalkan Usaha secara Gamblang

Sebelum menyelam lebih jauh ke cara jualan di Twitter, sebaiknya perkenalkan terlebih dahulu akun bisnis Anda ke masyarakat Twitter.

Perkenalan bisnis Twitter yang baik sepatutnya dilakukan secara gamblang, simpel dan detil (inklusif). Semakin menarik laman profil Twitter Anda, maka konsumen akan semakin tertarik untuk memfollow akun.

Tidak perlu pusing, Anda bisa mulai dengan beberapa langkah sederhana seperti:

  • Memasang foto profil dan header yang menarik sekaligus merepresentasikan karakteristik bisnis.
  • Tulis bio profil Twitter yang singkat, padat dan unik sehingga bisa langsung ‘menempel’ di ingatan audiens. Anda bisa menyelipkan jargon khas bisnis juga pada bio.
  • Sertakan link website bisnis (jika punya) ke profil Twitter. Mengingat laman bio memiliki jumlah karakter yang terbatas (160 karakter), maka link eksternal bisa membantu Anda memperkenalkan usaha dengan lebih baik. Semisal konsumen ingin tahu lebih lanjut tentang usaha, mereka bisa berkunjung ke laman website.

3. Gunakan Alat-Alat Branding Twitter

Bingung bagaimana menjalankan cara jualan di Twitter? Untuk mempermudah kinerja, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi, tools, atau website bantuan untuk branding Twitter.

Tools-tools ini mampu membantu Anda lebih cepat dalam merancang strategi usaha. Misalnya melakukan riset target audiens promosi, menyusun konten, memaksimalkan SEO Twitter, dan lain sebagainya. Pun berbekalkan tools analisa, konten promosi Twitter Anda bisa terdistribusi dengan lebih terarah.

Kabar baiknya, kini ada banyak sekali rekomendasi tools analisa Twitter berfitur canggih yang bisa digunakan secara gratis. Contohnya seperti TweeTap, Demographic Pro App dan Follower Wonk.

4. Memanfaatkan Tweet Chats

Tingkatkan nilai engagement profil Twittermu dengan fitur Tweet Chats. Apa itu?

Tweet Chats adalah laman khusus percakapan yang tersedia langsung di Twitter. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang terkait topik tertentu. Pun Anda bisa menyimak setiap obrolan menurut waktu dan tanggalnya masing-masing.

Setiap percakapan di Tweet Chats memiliki hashtag tertentu sesuai topik obrolan. Jadi kalau ingin ikut berinteraksi, Anda hanya perlu mengklik hashtagnya saja. Tweet Chats bisa menjadi cara asyik baru untuk berkomunikasi dengan konsumen lama ataupun orang-orang kenalan baru di Twitter. Dijamin deh profil Twittermu akan semakin ramai!

Tips menggunakan Tweet Chats: ajukan sejumlah pertanyaan yang bisa ‘memancing’ interaksi dengan audiens. Anda boleh juga melengkapi pertanyaan dengan beragam grafik simpel untuk menampung jawaban konsumen. Pastikan percakapan tetap relevan dengan domain bisnis Anda, ya.

5. Pakai Hashtag

Hashtag adalah salah satu fitur khas di dunia Twitter. Jauh sebelum penggunaan hashtag merebak di berbagai sosial media seperti sekarang, tanda pagar (#) ini digunakan pertama kali di Twitter.

Hashtag bukan hanya sekadar tanda. Lambang ini bermanfaat untuk mengelompokkan berbagai obrolan, postingan dan media ke topik-topik tertentu. Tweet promosi Anda bisa lebih mudah ditemukan jika terdapat hashtag di dalamnya.

Nah, karena itu Anda wajib menyelipkan hashtag khusus ke setiap tweet promosi yang disebar. Banyak pakar SEO Twitter setuju bahwa hashtag mampu mempercepat branding Twitter Anda.

Cukup lakukan sedikit riset untuk menentukan hashtag terbaik yang relevan dengan isi tweet promosi, kemudian selipkan ke postingan! Anda juga bisa memakai hashtag berupa jargon atau keyword-keyword yang sedang populer (masuk trending topic Twitter). Mudah, bukan?

6. Membuat Daftar Twitter (Twitter List)

Tips berikutnya, promosikan usaha Anda dengan membuat daftar Twitter (Twitter List). Ini juga merupakan cara agar Twitter rame yang ampuh, namun sayangnya, belum banyak diketahui oleh banyak pebisnis online.

Daftar Twitter adalah kumpulan akun-akun Twitter yang kerap berinteraksi dengan konten-konten pilihan. Semisal Anda mengumpulkan akun-akun yang aktif merespon konten Anda. Nantinya Anda bisa langsung membagikan info promosi ke mereka dalam 1x tweet. Orang-orang yang berada dalam list dipastikan tak akan kelewatan info sama sekali.

Daftar Twitter bisa menjadi alternatif strategi promosi jika Anda masih bingung bagaimana caranya menentukan kelompok target audiens. Pun Anda bisa membuat daftar sendiri ataupun memakai list milik orang lain secara gratis.

7. Membuat Event Online di Twitter

Cara jualan di Twitter yang menarik terakhir adalah dengan membuat event online untuk mempromosikan dagangan atau brand. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh olshop, influencer maupun freelancer lho. Misalnya dengan mengadakan event giveaway, kampanye, twibbon atau acara kolaborasi.

Event-event online yang menarik bisa mempercepat nama bisnis masuk daftar trending topik. Pasalnya banyak orang akan tertarik membicarakan atau terlibat langsung dalam event Anda. Twitter pun akan mencatat setiap interaksi sebagai isu yang sedang hangat di linimassa mereka.

Dari sinilah akun Anda berkesempatan meraih lebih banyak interaksi baru dan jadi ramai. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar tips branding Twitter. Semoga ketujuh cara agar Twitter rame di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Ikuti terus update tips bisnis Twitter maupun sosial media lainnya hanya dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ dan langsung dapatkan ratusan tips bisnis gratis setiap hari tanpa batas. Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play dan Apple Store. Sampai jumpa lagi!

Baca juga

4 Tips Newsjacking : Cara Meningkatkan Brand Awareness

0
newsjacking

Newsjacking adalah cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness bisnis online terbaru pada tahun ini. Sudah pernah mendengar apa itu newsjacking?

Dewasa ini, konten-konten viral sangat mudah kita jumpai di internet. Tak jarang pula banyak orang “memparodikan” isi berita viral untuk beragam tujuan, termasuk mempromosikan bisnis.

Mungkin Anda sendiri pernah menonton iklan yang melibatkan unsur-unsur berita viral di dalamnya. Seperti iklan Sang Pisang yang memanfaatkan kritik viral dari pengendara motor terhadap kelompok pesepeda pada bulan Mei lalu. Nah, inilah dia salah satu newsjacking example.

Untuk lebih jelasnya, mari berkenalan dengan contoh brand awareness terbaru ini selengkapnya pada ulasan berikut. Selamat membaca!

Apa Itu Newsjacking?

newsjacking

Newsjacking adalah istilah bahasa Inggris yang diambil dari dua kata: news (berita) dan jacking (pembajakan). Adapun ‘pembajakan’ yang dimaksud di sini mengarah pada pemanfaatan konten yang viral untuk keperluan pribadi.

Pencetus istilah ini adalah David Meerman Scott melalui buku karyanya yang berjudul sama. Scott menjelaskan bahwa jacking news adalah upaya mengombinasikan berita viral dengan ide atau opini milik sendiri.

Marketer kini bisa memanfaatkan isu yang sedang menjadi pembicaraan untuk dipelintir dengan selipan promosi produk/jasa. Cara meningkatkan brand awareness ini ditempuh karena lebih mudah dibuat, murah, sekaligus memiliki daya jangkau yang luas di masyarakat sebab sedang ngetren.

Selain itu, contoh brand awareness strategi ini bisa membantu mendongkrak performa SEO website maupun konten sosmed olshop Anda secara signifikan. Pasalnya, konten jacking news bisa ‘membuka jalan’ bagi kontenmu untuk lebih mudah dijangkau masyarakat. Perbincangan isu-isu trending pastinya lebih mencuri perhatian ketimbang informasi biasa.

3 Contoh Newsjacking yang Bisa Anda Coba

Konten jacking news sudah lumayan banyak dilakukan oleh bisnis di dunia maya, baik itu bisnis besar maupun kecil. Namun tidak semua konten jacking tersebut berhasil mendulang kesuksesan.

Inilah dia beberapa newsjacking example (contoh) yang terbukti sukses dan bisa Anda jadikan inspirasi:

1. “BTS Meal” dari Burger King

Pada pertengahan tahun 2021, perusahaan fastfood Burger King merilis menu BTS meal seperti yang dilakukan McDonald’s. Bedanya, McDonald’s benar-benar berkolaborasi dengan boyband Korea “BTS”. Sedangkan menu BTS Burger King adalah singkatan dari “Bokek Tetap Senang”.

BTS meal Burger King adalah salah satu contoh newsjacking yang berhasil karena sukses ‘mengelabui’ perhatian dengan mengekor BTS meal asli versi McDonald’s. Apalagi saat itu BTS meal McD diburu oleh banyak orang, khususnya para KPOP-ers.

2. Sang Pisang Mengkritik Aksi Pesepeda

contoh newsjacking

Sumber Gambar : iklan Sang Pisang

Contoh jacking lainnya dilakukan oleh bisnis camilan lokal Indonesia, Sang Pisang. Usaha milik Kaesang Pangarep ini ramai disoroti media usai mencoba jacking konten atas kasus viral kritik pesepeda pada bulan Mei 2021 lalu.

Saat itu Media Sosial Twitter dihebohakn dengan sebuah gambar seorang pengendara motor mengacungkan jari tengah pada  sekelompok pesepeda. Si pengendara motor tampak kesal lantaran para pesepeda mengambil seluruh jalur kendaraan di jalan raya. Foto tersebut menuai viral karena mewakili banyak masyarakat yang selama ini resah menghadapi aksi pesepeda ‘tak tahu aturan’.

Sang Pisang lantas melakukan jacking konten promosi dengan materi foto tersebut. Alih-alih mengacungkan jari tengah, pihaknya mengedit tangan sang pengendara motor sedang mengangkat boks kemasan Sang Pisang. Pun foto jacking news tersebut dilengkapi dengan caption promosi Sang Pisang.

3. KitKat Lebih Baik dari iPhone 6S Plus

Terakhir ada KitKat yang sudah melakukan jacking jauh sebelum trik bisnis online ini populer. Iklan ini dirilis saat perilisan iPhone 6S Plus yang menghebohkan karena smartphone mahal tersebut tiba-tiba membengkok ketika disimpan dalam saku celana.

Masyarakat sempat geger dan menjadikan isu ini perbincangan hangat berhari-hari. Pasalnya semua orang tahu bahwa iPhone adalah perangkat elektronik yang mewah berkualitas nomor satu.

Namun pihak KitKat dengan cerdik memanfaatkan momen untuk membuat iklan. Mereka merilis pamflet promosi KitKat dengan caption ‘’ yang berarti “Produk kami tidak bengkok (seperti iPhone 6S Plus), tapi patah (karena ini adalah biskuit)”. Ada-ada saja, ya!

4 Manfaat Newsjacking bagi Promosi Bisnis

Jacking mempunyai banyak manfaat bagi promosi bisnis kita. Salah satunya yang utama adalah mendulang perhatian masyarakat pada iklan kita.

Namun lebih jauh lagi, inilah 4 manfaat mencoba trik bisnis online jacking news:

1. Menambah Interaksi Audiens (Engagement)

Manfaat pertama dari membuat konten iklan dengan jacking isu viral adalah menambah interaksi audiens secara signifikan.

Faktanya, masyarakat dunia maya gemar berinteraksi dengan berita-berita yang sedang viral baik mengomentarinya, memberi likes, atau membagikan ulang konten tersebut. Jika konten iklan mengandung unsur isu viral, maka secara otomatis iklan lebih mudah memancing audiens untuk mau berinteraksi.

2. Memperkenalkan Bisnis ke Masyarakat

Mengingat jacking news mengandung topik yang sedang viral, maka sudah pasti konten iklan Anda akan lebih mudah mengundang perhatian masyarakat.

Dengan ‘membawa’ isu viral, sudah pasti masyarakat akan ikut serta membicarakan postingan Anda di sosial media baik itu followers lama Anda maupun orang-orang baru yang belum pernah mendengar nama bisnis Anda.

Tapi sekadar viral saja tidak cukup. Supaya masyarakat benar-benar tertarik menyimak iklan sampai tuntas, Anda juga harus menyelipkan berbagai narasi positif dalam iklan. Cara ini juga ampuh untuk menyiasati kesan negatif yang kerap muncul dalam trend jacking news.

3. Mengakrabkan Diri dengan Followers

Keuntungan trik bisnis online jacking news ketiga adalah mampu mengakrabkan bisnis dengan followers. Konten viral lebih mudah memancing obrolan karena isu-isunya menarik sekaligus sedang hangat.

Masyarakat juga bisa menilai olshop Anda lebih ‘peka’ sekaligus up to date karena ikut hype topik terkini. Seolah-olah bisnis Anda tak mau ketinggalan tren dan ingin membicarakannya juga dengan masyarakat luas.

Alhasil promosi akan berjalan lebih halus dan komunikatif dua arah. Siapapun bebas mengomentari isu viral yang Anda angkat ke dalam konten promosi.

4. Menambah Brand Awareness di Masyarakat

Tak lupa, jacking pun sanggup menambah nilai brand awareness di masyarakat. Tinggalkan kesan baik bisnis dalam benak konsumen melalui konten viral yang dipelintir dengan opini atau perspektif positif.

Konten iklan jacking cenderung lebih membekas di benak masyarakat daripada konten iklan biasa. Secara otomatis, otak manusia lebih mudah mengingat info-info yang unik sekaligus menonjol. Akibatnya nama usaha Anda akan lebih diingat dan diprioritaskan calon pembeli saat mereka hendak berbelanja.

4 Cara Meningkatkan Brand Awareness Newsjacking

Bagaimana cara meningkatkan brand awareness dengan trik bisnis online jacking? Ada trik dan langkah-langkah khusus yang harus Anda tempuh saat melakukan jacking.

Sangat penting untuk diingat bahwa jacking news tidak boleh dilakukan asal-asalan karena bisa memicu kesan negatif alih-alih kesuksesan. Anda harus mampu menonjolkan sisi positif brand lewat konten supaya masyarakat tertarik mengunjungi toko Anda, bukannya mencemooh brand ‘ikut-ikutan’ tren.

Tidak perlu cemas, inilah +4 cara menerapkan trik bisnis online jacking yang baik dan benar untuk pemula:

1. Lakukan di Waktu Terbaik

Ketepatan waktu adalah kunci utama kesuksesan membuat konten jacking isu viral. Anda harus memahami betul bagaimana proses kerja sebuah berita atau kemunculan konten viral. Sebab setiap berita viral memiliki ‘masa berlaku’-nya sendiri-sendiri.

Ingat, tidak semua konten viral bertahan lama. Ada isu yang hanya ngetren selama sehari, seminggu atau berbulan-bulan tergantung pada ketertarikan masyarakat terhadap sebuah fenomena.

Jika Anda ‘terlambat’ menggoreng isu menjadi konten promosi, maka orang-orang akan memberi cap buruk pada bisnis. Soalnya isu tersebut sudah lama lewat dan tak menarik lagi untuk dibahas.

2. Up To Date dan Selektif dengan Isu Sosmed

Tidak perlu jauh-jauh mencari isu trending, Anda bisa memantau kolom trending topik yang ada di sosial media. Setiap sosmed mempunyai halaman khusus yang memuat trending topik terkini. Nah, Anda bisa memilih ide konten viral dari sana.

Tapi tidak hanya sekadar pilih isu saja, Anda juga perlu memahami lebih dalam terkait topik pilihan. Minimal Anda harus tahu 5W + 1H terkait isu yang sedang trending. Pelajari betul-betul alasan dan pengaruh yang dimunculkan oleh topik, begitu juga kesesuaiannya untuk dijadikan konten promosi.

Jangan sampai Anda memilih topik yang sebenarnya tak relevan dengan niche bisnis, apalagi mengangkat isu yang negatif sebagai bahan promosi.

3. Pilih Keyword untuk Promosi

Jangan lupa memilih keyword-keyword yang bisa mendukung distribusi konten di sosial media. Menggunakan keyword yang tepat sesuai topik trending akan mempermudah konten ditemukan di timeline. Tanpa keyword, mustahil konten bisa ditemukan oleh masyarakat. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan optimalisasi SEO agar konten Anda bisa menduduki peringkat 1 hasil pencarian di sosmed ataupun Google.

4. Tambahkan Sentuhan Original pada Konten

Terakhir, tetap tambahkan sentuhan original pada konten jacking Anda supaya isi postingan tetap dipandang unik, fresh dan menarik. Sentuhan kreasi juga akan menghindarkan konten dari tuduhan plagiarisme, mengingat iklan mengandung isu viral yang sudah ada. Kreasi bisa Anda selipkan untuk memperhalus transisi dari topik isu ke promosi.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar contoh brand awareness strategi 2022 : newsjacking. Anda bisa mulai mencoba cara meningkatkan brand awareness ini segera untuk meningkatkan publikasi, branding dan engagement masyarakat terhadap bisnis.

Perlu diingat bahwa melakukan jacking bisa agak sulit karena Anda akan dituntut untuk selalu up to date dengan perkembangan isu, tren dan berita. Namun Anda tidak perlu cemas, karena MARKEY punya semua solusinya!

Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan trik bisnis online paling manjur gratis setiap hari untuk Anda! Atau bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store.

Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, ya!

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa yang Wajib Dicoba!

0
pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang saat kuliah? Yah, mungkin ada banyak pilihan. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan sugesti pekerjaan sampingan mahasiswa. Setiap peluang adalah hal yang unik dan memiliki pro dan kontra-nya sendiri. Tetapi, kami berharap melalui artikel ini dapat memberi Anda beberapa ide tentang cara menghasilkan pendapatan untuk Anda yang masih menjadi mahasiswa!

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Terbaik

pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Beberapa saran berikut akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : Pekerjaan sampingan mahasiswa dalam bentuk menjual jasa ,dalam bentuk menjual barang serta yang berbasis teknologi. Tentunya hal ini sudah dipertimbangkan dari cara yang paling mudah hingga cara yang lumayan menguras ekstra tenaga dan pikiran Anda.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dalam Bentuk Jasa

Mungkin untuk beberapa mahasiswa yang melakukan studinya jauh dari rumah dan keterbatasan akomodasi dan beberapa perangkat penunjang menjadikan pemikiran Anda dalam mencari penghasilan menjadi sedikit rumit. Tetapi, dibawah ini merupakan saran untuk Anda yang mudah untuk dilakukan dan mengandalkan softskill Anda!

1. Jasa Bimbingan Belajar

Mari kita mulai dengan mudah, bimbingan belajar adalah pekerjaan sampingan yang jelas bagi mereka yang berada di sekolah atau universitas karena keahlian yang Anda peroleh dalam mata pelajaran pilihan Anda.

Apakah Anda sedang belajar bahasa Inggris atau Sains, berbicara bahasa kedua, bermain olahraga tingkat tinggi atau telah memperoleh kualifikasi memainkan alat musik tertentu, mengapa tidak dibayar dengan sedikit uang untuk meneruskan keterampilan dan pengetahuan Anda.

Peluang jasa bimbingan belajar kemungkinan tersedia melalui sekolah Anda atau Anda dapat mengatur layanan pribadi Anda sendiri, untuk memiliki fleksibilitas yang lebih besar dengan waktu dan biaya, yang dapat Anda promosikan melalui situs web dan media sosial.

Anda bahkan dapat mengajar online agar lebih sesuai dengan jadwal Anda! Bimbingan belajar mungkin tampak seperti pilihan yang jelas karena ini adalah pilihan yang populer tetapi jika Anda dapat mengatur waktu dan sumber daya Anda dengan baik.

Atau berapa kali Anda mendengar teman Anda bertanya: “Maukah Anda mengerjakan pekerjaan rumah saya untuk saya ?” Ini adalah salah satu contoh paling umum di kalangan mahasiswa yang kurang pengetahuan di beberapa bidang.

Dengan demikian, Anda dapat menawarkan bantuan, memberikan instruksi, dan membimbing mereka melalui tugas yang berbeda. Anda harus bekerja keras dan bertekad untuk menjadi tutor siswa, karena tingkat kemahiran Anda harus yang tertinggi di kelas.

2. Jasa Penjagaan Anak

Mengasuh anak adalah pekerjaan sampingan mahasiswa lain yang sangat fleksibel yang berguna. Apakah Anda tinggal di kampus atau di rumah, kemungkinan ada peluang mengasuh anak di daerah Anda? Cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat profil di situs babysitter atau cukup mengiklankan layanan Anda di akun media sosial Anda.

Jika Anda bertanggung jawab dan baik dengan anak-anak, mengapa tidak mencobanya? Kemungkinan Anda hanya perlu bekerja di malam hari atau akhir pekan, membiarkan sisa waktu Anda bebas untuk belajar dan melakukan aktivitas yang Anda sukai. Hal yang hebat tentang menjaga anak adalah Anda dapat (dengan izin orang tua tentunya) juga menggunakan hobi Anda untuk keuntungan Anda dalam pekerjaan ini. Jika Anda menyukai film dan tv, ajak anak-anak Anda menonton film atau jika Anda senang berada di alam, kunjungi taman.

Ini mungkin salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang sebagai mahasiswa. Namun, jika Anda adalah orang yang ambisius, Anda akan melihatnya sebagai peluang bisnis untuk perbaikan dan pengembangan diri. Raih reputasi sebagai pengasuh yang peduli, penyayang, dan bertanggung jawab sebelum Anda memperluas batas dan menjalankan hal ini.

Mahasiswa yang kreatif dan pekerja keras dapat mengubah layanan ini menjadi startup bisnis yang menjanjikan. Temukan mitra atau rekrut siswa lain untuk mengatur taman kanak-kanak mini pribadi yang dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

3. Kurir Sepeda Motor

Sebagai mahasiswa, kita semua menggunakan layanan pengiriman dalam beberapa bentuk! Dengan popularitas e-commerce dan pengiriman makanan seperti GoFood, GrabFood, dll., yang melonjak karena pandemi, ada sejumlah besar peluang yang tersedia untuk pengemudi pengiriman.

Jika Anda memiliki SIM, mengapa tidak mencoba kurir sepeda motor ? Ini adalah kegiatan sampingan yang mengasyikkan bagi mahasiswa yang ingin keluar dan berkeliling dan suka mengemudi.

Tergantung di mana Anda tinggal dan pengalaman mengemudi Anda, Anda bisa mendapatkan banyak uang dengan mengirimkan paket yang sangat dibutuhkan kepada pelanggan. Ini adalah kesibukan sampingan yang sangat unik bagi beberapa mahasiswa yang memberikan pengalaman dan kebebasan luar biasa.

4. Menjadi Figuran dalam Produksi TV atau Film

Ini mungkin bukan penghasil uang terbesar tetapi jika Anda tertarik dengan TV dan film, ini adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan pengalaman di industri sambil bersenang-senang. Cara termudah untuk mencapai ini adalah dengan mendaftar ke agen tambahan. Anda dapat mengambil peluang sebanyak atau sesedikit yang Anda suka tergantung pada apa yang Anda minati dan berapa banyak waktu luang yang Anda miliki, cukup buat akun Anda, duduk dan saksikan peran terbang!

Semua kegiatan sampingan ini memiliki manfaat yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan aktivitas dan topik yang paling Anda sukai. Setelah Anda memutuskan opsi mana yang tepat untuk Anda, luangkan waktu untuk meneliti cara terbaik untuk menyesuaikan kesibukan sampingan Anda dengan jadwal harian Anda dan mulai menghasilkan uang cepat dalam waktu singkat.

5. Influencer

Blogging adalah salah satu peluang paling modern dan terkini untuk dijadikan pekerjaan sampingan mahasiswa. Jika Anda memiliki akun Instagram, Facebook, atau Twitter, Anda pasti tahu cara kerjanya. Dengan sedikit waktu dan usaha, Anda mungkin mendapatkan audiens setia yang akan membantu Anda sukses. Poin terpenting di sini adalah menemukan niche Anda, yang akan menarik bagi Anda dan pengikut Anda.

Selain itu, Anda dapat mulai menghasilkan uang di YouTube. Kamera yang berkualitas dan ide-ide yang menyenangkan diperlukan untuk kesuksesan startup Anda secara maksimal. Berkolaborasi dengan blogger lain, buat konten unik, dan jadilah influencer terkenal di dunia.

6. Asisten Pekerjaan Rumah dan Tugas

Apakah Anda seorang mahasiswa yang rajin? Apakah Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan penelitian dan menulis esai tentang topik yang paling berbeda? Anda memiliki kesempatan untuk menjadi pembantu pekerjaan rumah. Buat situs web dan dapatkan pesanan secara online, lalu bantu teman Anda untuk berhasil dalam studi mereka dan biarkan mereka membantu Anda.

Ini mungkin kesempatan bagus bagi Anda yang tidak mendapatkan uang yang layak dari pengetahuan dan keterampilan Anda. Selain itu, Anda dapat mempekerjakan siswa lain, yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas. Terus kembangkan perusahaan Anda, sehingga Anda hanya bisa menjadi supervisor, yang akan mencari karyawan dan mengawasi prosesnya

7. Event Organizer

Jika Anda seorang mahasiswa dan Anda tahu cara berpesta. Pengetahuan dan keterampilan organisasi Anda dapat membantu Anda mengubah pengetahuan pesta menjadi bisnis yang menguntungkan. Banyak kontak dan keterampilan perencanaan yang sangat baik adalah suatu keharusan untuk profesi ini.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dalam Bentuk Barang

pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Untuk Anda mahasiswa yang merasa ragu untuk melakukan sebuah jasa untuk menghasilkan uang dan lebih nyaman dalam menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan menghasilkan sebuah barang. Berikut merupakan saran-saran untuk Anda yang mudah dilakukan dan tentunya hal ini sangat diperlukan hardskill dan jam terbang, tetapi tidak perlu khawatir karena semua hal memang perlu yang namanya berproses.

1. Jual kerajinan

Jika Anda adalah tipe orang yang kreatif dengan sedikit waktu luang, maka menjual karya seni, perhiasan, atau kerajinan tangan secara online adalah pekerjaan sampingan yang bagus. Baik Anda suka melukis, mencetak, fotografi, atau pertukangan, situs web seperti Etsy memudahkan para seniman dan desainer untuk menjual karya mereka kepada orang-orang yang berpikiran sama di seluruh dunia.

Ini adalah pekerjaan sampingan mahasiswa yang sempurna karena dapat dilakukan dari rumah dan kapanpun Anda mau. Ada situs tertentu yang mungkin mengenakan biaya untuk menjualnya, namun, ada juga sejumlah saluran gratis yang digunakan untuk mempromosikan karya Anda. Lakukan riset dan lihat apa yang paling cocok untuk Anda. Apa yang membuat ini menjadi peluang besar adalah Anda dapat mengatur jam kerja dan harga Anda sendiri.

2. Menjual Barang-barang yang Tidak Diinginkan

Demikian pula, mengapa tidak menjual pakaian dan barang-barang Anda yang tidak diinginkan? Sebagai siswa, sangat mudah untuk mengumpulkan pakaian baru dari acara atau barang dari fresher dan career fair. Jika Anda memegang barang-barang berkualitas yang tidak lagi Anda gunakan, mengapa tidak membuat akun di situs penjualan barang bekas OLX atau Facebook Marketplace dan memberikan rumah baru untuk barang-barang yang tidak Anda inginkan.

Ini tidak hanya akan membersihkan kekacauan Anda, tetapi juga memberi Anda sedikit uang dalam prosesnya. Anda mungkin juga menikmati mendaur ulang pakaian atau furnitur lama dan menjualnya dalam cara ini juga!

3. Bakery

Jika Anda seorang pembuat roti yang tajam di waktu luang Anda, mengapa tidak mendapatkan sedikit uang dari hobi Anda. Menjual kue atau cupcakes adalah kegiatan sampingan yang menyenangkan dan lezat bagi mahasiswa dengan sedikit keterampilan kuliner.

Jika Anda sangat kompeten di dapur, mengapa tidak menerima pesanan dari keluarga dan teman untuk kue acara seperti kue ulang tahun atau kue kelulusan. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa ada peluang di acara-acara universitas untuk memasok dan menjual kreasi Anda. Tetapi hal ini membutuhkan modal dan effort yang lumayan tinggi.

4. Fotografer

Dengan semakin populernya media sosial, setiap orang berusaha untuk memiliki foto yang cerah dan unik di akun jaringan mereka. Mengapa Anda tidak menggunakannya untuk keuntungan Anda? Jika Anda menyukai fotografi, ada peluang untuk mengubah hobi Anda menjadi profesi seumur hidup.

Kunjungi kelas master, atau ikuti kursus online untuk menguasai keterampilan Anda dan mulai menghasilkan uang. Selain itu, Anda dapat bermitra dengan tempat tertentu untuk menjadi fotografer untuk acara eksklusif. Setelah Anda mendapatkan pengalaman di lapangan, teruslah bekerja untuk meningkatkan keterampilan Anda, dan memperluas bisnis.

5. Mulai Saluran YouTube

Jika Anda mencari kegiatan sampingan siswa yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan di waktu luang dan memamerkan semua hal yang Anda sukai, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memulai saluran YouTube! Study Tube adalah konsep populer di YouTube yang mencakup video pembuat konten yang berfokus pada peretasan studi, kiat universitas, dan konten informatif umum tentang kehidupan siswa.

Namun, saluran YouTube Anda tidak harus terkait dengan siswa, Anda dapat membuat konten tentang apa saja, mulai dari olahraga, film, rias wajah, hingga gaya hidup umum dan kemungkinannya tidak terbatas! Satu-satunya kelemahan adalah menghasilkan uang dari YouTube membutuhkan sedikit waktu dan dedikasi. Dimungkinkan dengan sponsor dan tautan afiliasi tetapi Anda harus antusias dan berkomitmen untuk mencapainya.

6. Pengembang aplikasi

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya penggunaan gadget, pengembang aplikasi yang terampil dan profesional pada akhirnya dituntut di pasar. Jika Anda memiliki tingkat keahlian yang diperlukan, Anda dapat menggunakannya untuk memulai perusahaan yang makmur.

7. Blogging

Jika Anda seorang penulis berbakat, mengapa tidak memulai blog Anda sendiri? Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menggunakan keterampilan literasi Anda dengan baik dan bonus tambahan menulis untuk blog Anda sendiri adalah Anda sepenuhnya mengendalikan konten dan topik yang Anda liput.

Jika Anda terjebak untuk ide maka blog siswa sangat populer dan kemungkinan tidak akan pernah ketinggalan zaman. Sebagai siswa, Anda sudah memiliki semua pengetahuan yang diperlukan untuk mengeluarkan konten yang baik. Cukup tulis tentang pengalaman atau tips yang telah Anda pelajari selama di universitas.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Berbasis Teknologi

Dengan perkembangan teknologi, ada banyak peluang yang tersedia bagi mahasiswa untuk memanfaatkan keterampilan teknologi mereka. Berikut beberapa ide untuk pekerjaan sampingan berbasis teknologi:

1. Desainer Grafis

Apakah Anda memiliki keterampilan dalam mendesain? Maka Anda bisa mencari pekerjaan freelance sebagai desainer grafis. Mulai dari mendesain logo, poster, atau bahkan infografis untuk perusahaan atau individu. Platform seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai.

  1. Pengembang Web atau Aplikasi

Jika Anda memiliki keterampilan coding, Anda bisa memulai bisnis kecil sebagai pengembang web atau aplikasi. Banyak perusahaan kecil atau startup yang membutuhkan website atau aplikasi mobile yang dapat Anda kerjakan.

3. Manajemen Media Sosial

Dengan meningkatnya kebutuhan bisnis untuk memiliki kehadiran online, banyak perusahaan kecil mencari individu yang bisa mengelola akun media sosial mereka. Jika Anda akrab dengan platform media sosial dan tahu cara membuat konten menarik, pekerjaan ini bisa sangat menguntungkan.

4. Blogger Teknologi

Tulis ulasan tentang gadget terbaru, tutorial teknologi, atau berita IT. Jika blog Anda mendapat banyak kunjungan, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan atau menjadi afiliasi dari produk yang Anda ulas.

5. Pengajar Teknologi Online

Ada banyak platform seperti Udemy, Coursera, atau Skillshare di mana Anda dapat mengajarkan keterampilan teknologi Anda kepada orang lain dan mendapatkan kompensasi untuk itu.

6. Penasihat Teknologi

Bagi mahasiswa yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi, Anda dapat menawarkan layanan konsultasi kepada perusahaan kecil atau individu yang membutuhkan saran tentang pembelian teknologi, keamanan siber, atau implementasi teknologi.

7. Olah Data

Dengan kemampuan analitik dan pemahaman tentang program seperti Excel atau bahasa pemrograman seperti Python, Anda dapat menawarkan layanan analisis data dan visualisasi kepada perusahaan atau peneliti.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi untuk Anda dalam mencari sumber penghasil uang melalui pekerjaan sampingan. Dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide menarik lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

6 Cara Menggunakan Twitter Space untuk Strategi Bisnis Baru

0
twitter-space-android

Sudah pernah mencoba fitur Twitter Space android? Twitter Space adalah fitur yang sedang populer sekaligus bermanfaat untuk mendukung marketing olshop, lho.

Twitter Space adalah ruang baru yang super fresh di linimasa sosmed Twitter. Pasalnya, fitur ini memungkinkan kita untuk berdiskusi dengan banyak orang secara langsung melalui audio seperti Clubhouse. Sangat unik, bukan?

Yuk langsung saja kita simak cara menggunakan Twitter Space android sebagai alat promosi olshop yang menarik pada artikel berikut ini! Selamat membaca.

Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Apa Itu Twitter Space?

twitter-space

Twitter versi terbaru kini telah dilengkapi dengan fitur Space. Apa itu?

Mengutip dari laman website resmi Twitter, Twitter Space adalah media untuk melakukan percakapan audio secara langsung. Percakapan di Space dilakukan dalam bentuk grup yang bersifat publik. Jadi, siapapun bisa bergabung semaunya ke Space Anda, baik followers Anda ataupun bukan (pendatang baru).

Twitter Space adalah fitur terbaik untuk mendekatkan brand dengan masyarakat. Dalam forum Space, semua orang bisa mendengarkan atau berbicara semaunya. Space menjadi sangat menarik dan diminati karena menyediakan pengalaman berbincang yang begitu nyata serta real-time.

Dimana Anda bisa menemukan Space? Ketika dijalankan, Space Anda akan muncul otomatis di bagian atas beranda (timeline) Twitter. Anda juga men-tweet link Space demi meraih lebih banyak lagi partisipan online.

Para pemirsa juga tidak perlu khawatir salah masuk forum Space atau ketinggalan jadwal penayangan. Sebab, Twitter Space android menyediakan informasi mendetil terkait siaran seperti judul acara, nama akun host, jadwal Space, dan sesi siaran (sedang berlangsung atau telah selesai).

Cara Menggunakan Twitter Space

Bagaimana cara menggunakan Twitter Space? Banyak pengguna baru mengira mengadakan sesi Space itu sulit, tapi ternyata tidak. Inilah cara menggunakan Twitter Space termudah:

  1. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Twitter versi terbaru. Space kini tersedia untuk android dan iOS.
  2. Klik tombol “+” (atau tombol Tulis Tweet) agak lama hingga muncul bubble kecil berlogo berlian. Ini adalah ikon dari Space. Klik tombol tersebut.
  3. Alternatif lainnya, klik foto profil akun Anda di sisi atas beranda dan pilih menu Space.
  4. Buat Space baru. Langsung beri nama acara dan klik “Mulai Space Anda” untuk menjalankan siaran detik itu juga.
  5. Tapi jika Anda ingin menjalankan Space pada waktu tertentu, pilih opsi “Jalankan Nanti”. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal dan waktu Space nantinya agar bisa dimulai otomatis.
  6. Begitu Space berjalan, host (pembuat Space) bisa mengklik ikon audiens untuk menjadikannya seorang co-host. Nantinya host dan maksimal 2 co-host bisa berbicara di Space.
  7. Pemirsa lainnya juga bisa berpartisipasi untuk mengobrol di Space dengan cara mengetuk tombol “Permintaan” yang terletak di bawah tanda microfon. Audiens baru bisa bicara jika host telah memberikan izin.
  8. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengaktifkan tambahan teks subtitle untuk pendengar yang memerlukan support subtitle.
  9. Terakhir, jangan lupa tweet link Space ke timeline publik supaya lebih banyak orang lagi bergabung dengan siaran Anda. Kemudian cukup mengklik tombol “Membagikan Melalui Tweet”.

6 Twitter Strategi Bisnis dengan Fitur Space

Banyak pakar SEO menilai Space mempunyai potensi besar untuk meningkatkan interaksi, engagement dan branding olshop di dunia maya khususnya pada platform Twitter. Promosi lewat Space dipastikan jauh lebih ampuh dibanding Tweet biasa.

Tapi seperti apa Twitter strategi bisnis yang baik dengan Space? Tidak perlu risau, sebagai permulaan, Anda bisa mencoba 6 ide interaksi berikut ini lewat Space:

Wawancara Live dengan Ahli

Akhir-akhir ini masyarakat menggemari sesi wawancara live dengan seorang ahli dari ranah tertentu misalnya pakar kecantikan, dokter spesialis, ahli keuangan, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan kesempatan Space untuk menggelar sesi wawancara live bersama seorang pakar.

Semisal bisnis Anda bergerak di industri kecantikan dan skin care, maka Anda bisa mengundang dokter ahli kulit untuk diwawancarai via Space. Dijamin sesi Space Anda tidak akan sepi karena masyarakat selalu antusias mendengar talkshow gratis yang kaya wawasan!

Tak hanya menguntungkan audiens dengan edukasi gratis, pihak brand juga dipastikan lebih mudah terkenal di kalangan masyarakat awam. Orang-orang akan mengingat brand Anda karena pernah mengundang narasumber ternama dalam acaranya. Jadi secara tak langsung Anda sudah melakukan promosi.

Tanya Jawab (Q&A)

Space Twitter strategi bisnis kedua adalah dengan mengadakan tanya jawab alias Q&A (questions and answers). Strategi ini banyak dilakukan marketer karena praktis, tidak perlu aplikasi tambahan, sekaligus memikat.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa Twitter Space android belakangan paling banyak dimanfaatkan untuk sesi Q&A brand.

Sesi tanya jawab bisa membawa banyak keuntungan bagi brand sekaligus konsumen, seperti:

  • Menumbuhkan keakraban bisnis dengan masyarakat.
  • Menanamkan perasaan mengayomi dan pelayanan prima dalam benak konsumen.
  • Membantu menjawab semua pertanyaan, kritik dan saran dari pembeli.
  • Mengumpulkan aspirasi dari pelanggan untuk memperbaiki kinerja toko, dan masih banyak lagi.

Diskusi Trending Topic

Twitter terkenal sebagai gudangnya isu, berita serta trending topic terhangat. Setiap hari selalu ada topik-topik bahasan menarik yang viral diperbincangkan di sosmed ini.

Nah, Anda juga bisa lho membuka diskusi terkait berita atau trending topic hari ini lewat Twitter Space. Audiens pastinya akan tertarik untuk bergabung dalam Space karena informasi yang dibahas sedang ‘panas’.

Brand yang gemar membahas isu-isu terkini juga akan mendapat image positif karena dinilai selalu up to date dengan perkembangan dunia luar. Namun terdapat beberapa trik yang harus Anda turuti jika ingin mengadakan Space dengan cara ini:

  • Usahakan mencari dan mempelajari beberapa sumber referensi yang valid agar sesi diskusi berjalan terarah, faktual dan berbobot. Masyarakat juga akan memandang Anda sebagai brand yang baik karena serius memaparkan fakta.
  • Bisa undang pakar/ahli terkait isu yang dibahas supaya diskusi kian menarik.
  • Tidak perlu mendiskusikan semua isu. Cukup pilih topik yang masih berkaitan dengan industri/ranah bisnis Anda. Jangan sampai Anda membahas berita di luar ranah bisnis (misalnya membahas topik otomotif padahal Anda berbisnis di ranah kuliner).

Konten Edukasi Interaktif

Ide Twitter strategi bisnis menarik dengan Space selanjutnya adalah memberi konten edukatif secara interaktif pada audiens.

Masyarakat era kekinian terbukti lebih menggemari konten-konten yang bersifat edukatif. Mereka tidak tertarik lagi menyimak iklan produk mentah alias hardselling. Sudah dipastikan, semua konten hardselling akan langsung di-skip masyarakat.

Untuk itu, cobalah lebih menekankan konten promosi yang bersifat softselling (promosi tidak secara langsung) lewat Space. Anda bisa membagikan informasi pengetahuan unik yang berkaitan dengan jenis produk/jasa untuk memancing rasa penasaran warga. Kemudian, hubungkan topik bahasan dengan keunggulan produk/jasa di bagian akhir.

Ada banyak sekali jenis konten edukatif yang bisa dipaparkan lewat Space. Contohnya seperti tips dan trik, DIY (Do It Yourself), kisah-kisah behind the screen, atau penjelasan sekaligus tanya jawab terkait produk/jasa.

Launching Produk Real-Time

Punya produk baru yang ingin dipromosikan lewat Space? Kenapa tidak! Anda bisa meluncurkan produk/jasa terbaru dengan mudah via fitur Twitter ini.

Cukup adakan sesi Space dan perkenalkan produk atau jasa Anda pada audiens di sana. Jelaskan apa jenis produk/jasa, keunggulan serta manfaatnya serinci mungkin supaya pendengar tertarik mencoba.

Tapi bagaimana jika orang-orang tidak mau mendengarkan sesi promosi ini? Untuk mengakalinya, Anda bisa mempromosikan diskon khusus launching yang hanya dibagikan untuk peserta Space. Dijamin, deh, produk Anda akan auto diserbu!

Mengumpulkan Kritik dan Saran

Sudah mencoba kelima inspirasi di atas? Masih ada satu lagi ide Twitter strategi bisnis unik lewat Space, yakni dengan mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen.

Sesi ini bisa Anda adakan beberapa saat setelah launching produk (seperti yang dijelaskan poin sebelumnya). Sesi Space akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan seluruh kritik, saran dan masukan dari pengguna produk/jasa sebagai bahan inovasi plus evaluasi.

Sering kali ide-ide inovasi justru datang dari kebutuhan masyarakat. Hal ini sejatinya masuk akal mengingat konsumen adalah pihak yang menggunakan produk secara langsung. Jadi mereka tahu persis apa-apa saja kekurangan dan kelebihan produk.

Jangan takut untuk mengumpulkan kritik dan saran dari pembeli. Brand yang sering meminta masukan dari pelanggan terbukti lebih disukai dan dianggap memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Kritik yang membangun akan mempermudah usaha Anda melangkah lebih maju di masa depan. Selamat mencoba!

Itu dia pembahasan artikel kali ini terkait cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis. Selain keenam ide di atas, Anda masih bisa berinovasi mengadakan live Twitter Space sesuai keinginan dan kreasi masing-masing.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera perbarui Twitter strategi bisnis Anda dengan fitur Space, dijamin ampuh menarik lebih banyak calon pembeli mulai hari ini!

Butuh lebih banyak artikel Twitter strategi bisnis menarik lainnya? Semuanya bisa Anda dapatkan langsung di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store untuk mendapat ratusan tips bisnis online terbaru gratis. Sampai bertemu lagi!