Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 52

10 Jasa Pembuatan Aplikasi Terbaik se-Bali (+Review Harga)

0
jasa-pembuatan-aplikasi

Mencari jasa pembuatan aplikasi android dan iOS terbaik di Bali? Anda beruntung! Inilah 10 rekomendasi perusahaan IT di Bali yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi mobile (android dan iOS) termurah.

Dewasa ini semua aktivitas berlangsung dengan aplikasi, terutama bisnis online. Jangan sampai Anda kehilangan peluang meraih omset besar hanya karena belum memiliki aplikasi bisnis online sendiri!

Kabar gembiranya, kini ada banyak jasa pembuatan aplikasi iOS dan android yang pas dengan kebutuhan Anda. Jadi, siapapun bisa memiliki aplikasi bisnis sendiri tanpa ribet.

Untuk itu, yuk simak review jasa pembuatan aplikasi android dan iOS serta harganya pada ulasan berikut ini.

10 Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile (iOS dan Android) Terbaik se-Bali

jasa-pembuatan-aplikasi

Bingung memilih jasa pembuatan aplikasi android atau iOS yang bagus, murah dan berkualitas? Atau Anda masih ragu karena tidak tahu berapa harga jasa pembuatan aplikasi?

Ini dia 10 perusahaan IT di Bali terbaik yang menyediakan harga jasa pembuatan aplikasi iOS Android termurah:

1. PT APPKEY

PT APPKEY menyediakan berbagai paket murah pengembangan aplikasi bisnis untuk iOS dan android. Cukup pesan 1 paket saja, Anda sudah bisa langsung mendapat app mobile, web backend, dan garansi full tim support untuk selamanya!

Harga setiap paket dijamin lebih murah ketimbang jasa-jasa pembuatan aplikasi mobile lain yang menjual item aplikasi terpisah. Pun di APPKEY, Anda dapat memesan beragam jenis aplikasi iOS dan android sesuai domain usaha:

  • Aplikasi e-commerce: bangun mall online Anda sendiri dengan beragam fitur lengkap persis seperti Shopee dan Tokopedia.
  • Aplikasi klinik: kembangkan bisnis klinik terpercaya Anda bersama ratusan dokter profesional semacam Halodoc.
  • Aplikasi Delivery Multi: aplikasi khusus jasa pesan antar makanan dengan beragam diskon, paling pas untuk melengkapi bisnis resto Anda.
  • Aplikasi Delivery: ubah toko kelontong atau UMKM Anda menjadi bisnis online. Dengan app ini, konsumen bisa lebih mudah pesan barang online.
  • Aplikasi Taxi Online: tertarik berbisnis di bidang transportasi umum? Bangun jaringan armada taksi, sewa mobil atau ojek online Anda sendiri dengan aplikasi Taxi Online APPKEY.
  • Menu App: aplikasi canggih terunik pertama di Indonesia yang memungkinkan konsumen memesan makanan langsung dari meja masing-masing. Sangat cocok untuk restoran di kawasan pariwisata karena dilengkapi fitur multi bahasa asing.
  • Aplikasi Meeting Online: perusahaan Anda belum punya app meeting online sendiri yang aman dan stabil? Segera custom aplikasi meeting Anda bersama APPKEY.

Banyak sekali bukan ragam aplikasi yang bisa dibuat oleh APPKEY? Tak berhenti sampai di situ, Anda juga berkesempatan memperoleh banyak keuntungan lain seperti:

  • Bebas kustom paket aplikasi sesuai kebutuhan (seperti mengganti tampilan agar lebih mencirikan brand, menambahkan fitur, update dan lain-lain).
  • Proses pengerjaan app yang cepat dalam hitungan hari dan harga murah dalam paketan.
  • Gratis konsultasi dengan tim marketing atau IT profesional untuk menemukan solusi terbaik dari masalah bisnis online Anda.
  • Gratis uji coba app dan bantuan pendaftaran app store. Sebelum dirilis, aplikasi Anda akan dites terlebih dahulu dan didaftarkan ke Playstore atau AppStore. Jadi Anda benar-benar tinggal terima beres!

Sudah banyak sekali individu maupun perusahaan yang puas dengan jasa pembuatan aplikasi iOS Android APPKEY. Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan aplikasi Anda sekarang di https://appshop.co.id/.

2. Pilardev

Perusahaan IT di Bali berikutnya yang menyediakan harga jasa pembuatan aplikasi murah adalah Pilardev.

Selain biaya pembuatan aplikasi murah dalam paket, Pilardev menawarkan beragam keuntungan praktis untuk setiap konsumennya yakni:

  • Bisa membuat aplikasi iOS, android, game, sekolah, chatting, e-commerce kekinian lengkap dengan fitur-fitur canggih.
  • Pembuatan aplikasi android dan iOS langsung oleh tim IT profesional berpengalaman.
  • Jaminan keamanan data konsumen dengan proteksi tinggi.
  • Desain tampilan aplikasi yang menarik dan bisa dikustomisasikan sesuai keinginan dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa memperoleh gratis konsultasi sebelum memutuskan hendak mengambil jasa pembuatan aplikasi iOS, android, atau maintenance (pemeliharaan) aplikasi. Tertarik? Kunjungi layanannya di https://www.pilardev.com/.

3. Cekotechnology

Cekotechnology bisa dikatakan sebagai perusahaan IT di Bali dengan layanan terlengkap. Anda bisa menemukan banyak paket biaya pembuatan aplikasi iOS Android termurah di sini.

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi iOS android ini menjanjikan pengembangan app sekaligus perlindungan legal (hukum) bagi setiap softwarenya. Jadi Anda tidak perlu khawatir andai terjadi hal tak diinginkan pada aplikasi bisnis Anda.

Beberapa keuntungan menarik dari Cekotechnology adalah:

  • Biaya pembuatan aplikasi termurah dari 500 ribu rupiah (sudah dapat aplikasi, hosting, garansi 1 bulan, domain, dan 3 email).
  • Gratis konsultasi 24 jam terkait kebutuhan aplikasi.
  • Proses pengerjaan yang cepat dan langsung oleh tim profesional.
  • Aplikasi sudah pasti dilengkapi fitur pokok canggih seperti live chat, keamanan, transaksi online, dan lain-lain.

Cekotechnology juga mempunyai kantor offlinenya di Bali, jadi Anda dapat berkonsultasi secara langsung. Untuk pemesanan via online, klik https://www.cekotechnology.com/.

4. Nawadwipa

Berikutnya ada Nawadwipa, sebuah perusahaan IT di Bali yang menyediakan penyusunan aplikasi mobile (Android dan iOS), website, hingga optimasi digital marketing dan desain grafis.

Khusus pengembangan aplikasi mobile, Nawadwipa menyediakan paket spesial murah bagi masyarakat. Banyak olshop sudah mengembangkan aplikasi mereka di sini. Terbukti, app buatan Nawadwipa memiliki fitur lengkap dan cara penggunaan yang simple.

Anda pun tidak perlu ragu dengan kualitas app. Perusahaan ini sudah beroperasi belasan tahun dari 2011, dijamin sudah banyak pengalaman!

Anda bisa langsung mulai membuat app dengan mengonsultasikan kebutuhan ke pihak Nawadwipa. Hubungi mereka sekarang di https://www.nawadwipa.co.id/.

5. Fastwork

Mau buat aplikasi modal 70 ribuan? Di Fastwork jawabannya!

Fastwork sejatinya merupakan jasa freelancer dari berbagai bidang, termasuk pengembangan aplikasi. Di sini Anda bisa menemukan ratusan developer app freelancer dengan beragam tarif service.

Lalu bagaimana cara memesan jasa pengembang di Fastwork? Gampang saja:

  1. Buka website Fastwork.id.
  2. Daftar akun pengguna atau login (jika sudah punya akun).
  3. Cari jasa yang dibutuhkan, misalnya “Developer aplikasi android dan iOS”. Ketik keywordnya pada boks penelusuran.
  4. Klik enter untuk mulai pencarian. Anda juga bisa menerapkan filter sortir tambahan seperti biaya pembuatan aplikasi termurah, rating freelancer terbaik, dan lain-lain.
  5. Pilih akun freelancer yang menyediakan service paling sesuai dengan kebutuhan, lalu klik “Chat dan Order”.

Anda bebas bernegosiasi dengan freelancer sebelum mulai bekerja sama, semisal membicarakan biaya pembuatan aplikasi, syarat dan ketentuan kerja, serta sistem garansi. Tertarik untuk mencoba? Langsung klik https://fastwork.id/mobile-application ya.

6. Webhost Bali

Rekomendasi perusahaan IT di Bali terbaik berikutnya adalah Webhost Bali. Platform ini menyediakan jasa pengembangan aplikasi profil bisnis (company profile), organisasi, komunitas, dan e-commerce. Seluruh app tersedia bagi iOS dan Android.

Tidak cuma mendapatkan aplikasi saja, Anda juga dapat memesan jasa digital marketing untuk menyempurnakan performa transaksi ecommerce Anda. Beberapa fitur unggulan yang tersedia di aplikasi buatan Webhost Bali antara lain:

  • Payment gateway – pembayaran online multi platform di aplikasi.
  • Push notifikasi yang responsif.
  • Formulir elektronik – bisa untuk survey kepuasan konsumen.
  • Inbox dan live chat.
  • Sinkronisasi bisnis di aplikasi dengan sosial media milik usaha (seperti Facebook, Instagram dan Twitter).

Untuk pemesanan, Anda hanya perlu langsung mengunjungi website resmi Webhost Bali di https://www.webhostbali.com/jasa-pembuatan-aplikasi-mobile-denpasar/.

7. Timedoor

Mencari jasa pengembang yang bisa membuat app native dan hybrid? Timedoor Indonesia dapat menjadi pilihan terbaik.

Jasa pengembang yang beroperasi di Bali dan Jakarta ini menawarkan paket pengembangan app terlengkap bagi bisnis kecil maupun besar. Anda bisa membuat aplikasi katalog bisnis, mall online, membership toko, hingga delivery makanan atau barang di sini.

Sayangnya Anda harus siap merogoh kocek di atas 100 juta jika ingin membuat aplikasi android atau iOS dengan fitur besar dan lengkap (seperti Gojek, Tokopedia, dan lain-lain). Namun Anda tetap bisa berkonsultasi dengan tim Timedoor terlebih dahulu guna menemukan paket aplikasi terbaik dan sesuai dengan bisnis.

Simak info selengkapnya di website Timedoor Indonesia: https://id.timedoor.net/service/mobile-apps-development/

8. Kelas Android

Masih belum menemukan platform pengembang dengan biaya pembuatan aplikasi yang ramah di kantong? Mungkin Anda bisa melirik Kelas Android yang berlokasi di Singaraja, Bali.

Kelas Android menyajikan harga jasa pembuatan aplikasi mobile yang ramah di kantong. Seluruh software buatan Kelas Android dijamin yang terbaik. Uniknya lagi, tersedia pula kelas belajar pengembangan aplikasi bagi Anda yang tertarik untuk mendalami dunia IT.

Hanya saja sesuai namanya, layanan Kelas Android masih berfokus pada pembuatan aplikasi android saja. Tapi Anda bisa mendapat pengembangan aplikasi android terlengkap sekaligus mendalam, begitu pula info-info pengelolaan apk android terlengkap langsung dari ahlinya.

Mulai konsultasi online pembuatan apk android Anda di https://kelasandroid.com/.

9. Bali Mobi

Mau punya aplikasi ojek online sendiri yang mirip seperti Gojek atau Grab? Nah, Bali Mobi bisa membuatkan Anda aplikasi iOS maupun android yang persis seperti Gojek tapi dengan merk sendiri.

Selain app Gojek, Bali Mobi pun bisa membuatkan beragam aplikasi custom iOS dan android sesuai request. Biaya pembuatannya terjangkau, fiturnya komplit dan desain UI/UX-nya sangat ramah alias mudah digunakan masyarakat awam.

Anda bisa memesan aplikasi langsung dari website ataupun WhatsApp resmi tim Bali Mobi. Setelah pemesanan, Anda hanya perlu menunggu tim mengerjakan app Anda dan mengetes performanya. Begitu semua siap, file aplikasi akan langsung dikirimkan pada Anda.

Cari tahu lebih banyak info seputar layanan Bali Mobi di https://www.balimobi.com/.

10. IAMBEHOKKY

Rekomendasi jasa pembuatan aplikasi mobile termurah terakhir adalah IAMBEHOKKY. Ini adalah perusahaan digital agency sekaligus jasa pengembang software IT Bali.

IAMBEHOKKY membagi paket pengembangan aplikasinya ke dalam 3 kelompok murah meriah: business (1,5 juta), premium (2,5 juta) dan profesional (3,5 juta). Sangat terjangkau, bukan?

Dengan harga jasa pembuatan aplikasi semurah itu pun Anda sudah bisa memperoleh jasa pengelolaan digital marketing (SEO) langsung dari staf profesional. Sudah ada lebih dari 500 klien yang puas dengan jasa IAMBEHOKKY, akankah Anda juga menjadi yang berikutnya?

Simak info lengkap layanan dan portofolio IAMBEHOKKY di https://iambehokky.com/jasa-pembuatan-aplikasi-android-ios-mobile-apps-developer-bali/.

Demikianlah 10 jasa pengembangan aplikasi mobile (iOS dan Android) terbaik yang ada di Bali. Semoga dari rekomendasi di atas ada yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, ya!

Yuk simak terus info terupdate dari MARKEY untuk mengetahui review, tips dan trik sukses berbisnis online masa kini. Bisa juga download MARKEY APP di Playstore dan AppStore untuk pengalaman membaca yang lebih praktis. Sayonara!

8 Jasa Buat Website Terbaik di Bali : Tercepat & Komplit!

0
jasa-buat-website

Mau punya website bisnis tapi tidak tahu cara buat website sendiri? Tenang saja, mari simak 10 rekomendasi jasa buat website terbaik di Bali berikut ini yuk!

Website menjadi kebutuhan penting dalam dunia bisnis kekinian yang serba online. Sayangnya, tidak semua bisa membuat web. Maka dari itu, jasa website murah Bali menjadi pilihan terbaik yang digunakan banyak orang.

Jasa buat website menyediakan layanan komplit penyusunan web bisnis profesional dari nol. Anda hanya perlu mengatakan web seperti apa yang ingin dibuat, lalu serahkan tim IT profesional untuk mewujudkannya.

Nah, agar tidak salah pilih jasa buat website yang murah dan bagus, mari simak rekomendasi terupdate 8 jasa pembuatan website Denpasar Bali terbaik di bawah ini!

8 Jasa Buat Website Bali Terbaik & Berkualitas

jasa-buat-website

Mau buat website yang cepat, murah dan lengkap fitur-fiturnya? 10 jasa website Bali berikut ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dicoba:

1. PT APPKEY

PT APPKEY menawarkan jasa buat website terlengkap sekaligus terbaik se-Bali. Layanan PT APPKEY sudah terkenal tak hanya skala regional, tetapi juga nasional se-Indonesia, lho.

Tidak seperti jasa website Bali biasa, APPKEY mengutamakan kreativitas dan keinginan dari setiap kliennya. Di sini Anda bebas membuat website untuk kebutuhan apa saja : bisnis, portofolio, organisasi, portal berita, sekolah, B2B, UMKM, hotel, dan lain-lain.

Layanan APPKEY terkenal ramah dan profesional. Anda hanya perlu menjelaskan ide-ide bisnis yang dimiliki untuk kemudian dieksekusi oleh tim IT dan marketing APPKEY. Lalu Anda juga dapat berkonsultasi terkait harga pembuatan web, solusi dari masalah olshop dan sistem kerja web kepada tim yang bertugas.

Tak berhenti sampai di sana, APPKEY turut memfasilitasi layanan pemeliharaan website Anda. Kapanpun website mengalami masalah atau perlu diupdate, langsung kontak APPKEY untuk mendapat perbaikan.

Beberapa keuntungan lainnya dari jasa pembuatan website Denpasar “APPKEY” adalah:

  • Jaminan garansi 100% untuk setiap pesanan software (website) Anda.
  • Pengecekan performa website sebelum dirilis (go live).
  • Paket website lengkap dengan fitur-fitur canggih terbaru.
  • Pengembangan website yang mobile friendly dengan desain UI/UX terbaik.
  • Bantuan pemasangan iklan website (Google Adwords).
  • Bebas konsultasi kebutuhan bisnis online hingga penyusunan strategi bisnis.
  • Optimasi SEO website terbaru.
  • Paket pengembangan website dan aplikasi untuk bisnis sekaligus.
  • Dan masih banyak lagi!

Jadi tunggu apa lagi? Segera kontak jasa website murah Bali “APPKEY” di https://appkey.co.id/ sekarang, ya!

2. Bali Media Web

Jasa pembuatan website Denpasar terbaik berikutnya adalah Bali Media Web. Kualitas Bali Media Web tidak perlu diragukan lagi, sebab perusahaan ini telah beroperasi dari 2010.

Di sini pun ada banyak tenaga IT profesional yang siap memenuhi kebutuhan web Anda seperti:

  • Membuat web design dengan berbagai konsep (simple, elegan maupun eksklusif).
  • Layanan konsultasi masalah-masalah website.
  • Mengajari cara mengelola sebuah website yang baik dan sesuai kebutuhan atau target.
  • Menyiapkan update-update konten berbasis SEO untuk web.

Layanan Bali Media Web bisa menjadi pilihan awal yang menarik, karena harganya yang sangat ramah di kantong. Cukup rogoh kocek mulai dari 450 ribu rupiah saja per tahun, lalu Anda sudah bisa mendapat paket hosting, domain serta maintenance website.

Plus, ada juga paket pengembangan website khusus untuk UMKM, profil bisnis online dan e-commerce dengan harga terjangkau berbalut diskon.

Kunjungi Bali Media Web di: https://www.balimediaweb.com/.

3. Whello Indonesia

Whello Indonesia membuka pemesanan jasa website Bali secara online maupun offline. Ini karena kantor Whello sekarang sudah resmi beroperasi di Bali.

Whello menjanjikan proses pembuatan website yang cepat, yakni 1 bulan atau kurang tergantung dari seberapa banyak fitur yang ingin dihadirkan dalam website. Website-website dari perusahaan ini juga dipastikan “powerful” alias up to date, loading cepat dan SEO friendly.

Sejumlah keuntungan yang dihadirkan oleh jasa pembuatan website Denpasar “Whello” ialah:

  • Terdapat QC (cek kualitas) web sebelum perilisan.
  • Bebas custom design tampilan website.
  • Optimasi SEO friendly di semua jenis perangkat.
  • Memakai hosting server khusus untuk menjaga performa.
  • Optimasi tampilan mobile, AMP, dan kecepatan loading.

Sayangnya, jenis website yang bisa dibuat di sini cukup terbatas, yakni web toko online, web travel & tour, profil bisnis dan web hotel (pariwisata).

Kalau tertarik, Anda bisa langsung mulai konsultasi pembuatan web dengan mengisi form khusus yang tersedia di https://whello.id/jasa-pembuatan-website-bali/. Untuk sesi konsultasi langsung (offline) silahkan kunjungi kantor resmi Whello Bali di kawasan By Pass Ngurah Rai.

4. Tanya Digital

Rekomendasi jasa website Bali selanjutnya adalah Tanya Digital. Dibandingkan jasa-jasa yang serupa, harga layanan Tanya Digital termasuk kelas menengah (3 sampai 10 juta rupiah).

Tetapi, hal itu sepadan dengan apa yang bisa Anda peroleh dari jasa website Bali ini. Pertama, tim Tanya Digital menyediakan semua kebutuhan pengembangan web dari A sampai Z; pengembangan website hingga penulisan konten promosi di web (copywriting).

Mereka memahami sulitnya mengelola sebuah web bagi masyarakat awam. Untuk itu, seluruh keperluan disediakan selengkap mungkin.

Selanjutnya, klien diberikan pilihan 3 jenis paket pengembangan web sesuai level:

  • Pemula (Starter Plan): bertarif 3,5 juta rupiah untuk paket lengkap pengembangan website yang cocok bagi bisnis kecil (olshop rumahan, UMKM, dan sejenisnya).
  • Profesional (Advanced Plan): dapatkan kapasitas website yang lebih besar dan canggih untuk pengelolaan bisnis profesional seharga 7 juta rupiah.
  • Enterprise Plan: website tercanggih untuk memaksimalkan performa usaha, bisa dibeli seharga 10 juta rupiah di awal.

Namun yang paling dikagumi konsumen adalah kecepatan pengembangan web di Tanya Digital yang bisa dilakukan hanya dalam 7 hari saja tergantung dari fitur-fitur yang ingin dihadirkan di website.

Penasaran? Kunjungi layanan Tanya Digital sekarang di https://tanyadigital.com/jasa-pembuatan-website-bali/.

5. Super Website Bali

Bisnis-bisnis kecil di Bali memilih jasa Super Website Bali untuk mengembangkan website usahanya. Pasalnya, jasa pembuatan website Denpasar ini memang membantu konsumen mengembangkan olshopnya sedari nol.

Super Website Bali mengedepankan pembuatan web bisnis online yang ramah bagi pengguna awam. Jadi baik penjual maupun pembeli sama-sama bisa lebih mudah bertransaksi. Meski website yang dibuat tergolong simpel, namun fitur-fitur jualan di dalamnya termasuk lengkap sesuai standar web ecommerce.

Jasa website murah Bali Super Website menyediakan tiga jenis paket berbeda dengan harga beragam:

  • Paket Install Web Sederhana: pasang website basic dengan harga 249 ribu rupiah, plus garansi 2 minggu. Anda hanya akan mendapat website saja (tidak ada SEO atau konten).
  • Paket Premium Website: dapatkan website yang lebih lengkap dan pro kualitasnya, lengkap dengan optimasi SEO. Paket ini menjadi best seller seharga 1,9 juta rupiah.
  • Paket Super Premium Website: all in one dari pengembangan web, optimasi SEO, konten dan gratis maintenance selama 6 bulan. Harga paket ini sebesar 4,9 juta rupiah saja.

Keuntungan jasa Super Website Bali tidak jauh berbeda dengan jasa-jasa pembuatan website Denpasar lain. Cukup pilih paket yang diinginkan, lalu Anda sudah bisa mendapat website fungsional siap pakai, bisa diakses di semua gadget dan beroptimasi SEO.

Pesan layanan Super Website Bali di https://www.superwebsite.id/jasa-pembuatan-website-bali/.

6. Vlobs

Masih belum menemukan rekomendasi jasa website murah Bali yang pas? Atau, Anda ingin website yang cepat jadi dalam hitungan jam? Vlobs menjanjikan paket pengembangan website selama 2×24 jam saja, lho!

Paket buat website super kilat ini pun dibanderol dengan harga murah meriah. Rentang harga paket website Vlobs dimulai dari 450 ribu sampai maksimal 2,5 juta saja. Paket standarnya yang paling laris bernama STD Compro 2 cuma dihargai sebesar 1,5 juta rupiah. Masih ramah di kantong, bukan?

Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Vlobs? Ini dia:

  • Domain website.
  • Penggunaan website aktif full service selama 1 tahun (untuk selanjutnya silahkan mengikuti perpanjangan).
  • Content management system (CMS) untuk update konten promosi di web.
  • Desain website yang responsif di desktop, tablet, laptop dan smartphone.
  • Gratis sertifikat SSL guna mengoptimalkan ranking website di Google SERP.
  • Penyimpanan super besar dan cepat dengan teknologi SSD Storage.
  • Layanan konsultasi gratis kapan saja di mana saja melalui tim customer service.

Simak info lebih lanjut seputar layanan Vlobs di https://vlobs.com/jasa-pembuatan-website-murah-di-denpasar/.

7. Blue Creatives

Ratusan klien dan proyek pengembangan website sudah dirampungkan oleh jasa website Bali berikut ini : Blue Creatives. Sesuai namanya, perusahaan ini mengembangkan banyak web-web kreatif yang bisa digunakan untuk beragam usaha.

Terdapat 3 layanan utama yang dicari masyarakat dari Blue Creatives, yakni pembuatan web, desain grafis dan SEO Google plus sosial media.

  • Pembuatan Website: service pembuatan website terbaik untuk bisnis Anda, dilengkapi berbagai teknologi terbaru yang disupport mesin Google.
  • Desain Grafis: ciptakan karakteristik khas brand sekaligus manjakan pengunjung saat mendatangi website melalui berbagai bentuk desain grafis profesional.
  • Digital Marketing: lengkapi pengembangan bisnis online Anda dengan optimasi SEO, jasa iklan Google dan iklan sosmed ternama seperti Facebook.

Uniknya, Blue Creative turut mewadahi pesanan di luar kebutuhan website seperti jasa desain kartu undangan pernikahan, desain poster, baliho, jasa video atau photoshoot di Bali, dan lain-lain.

Daripada penasaran, segera intip service lengkap Blue Creative di https://bluecreative.co.id/.

8. Jasa Web Dev

Terakhir ada Jasa Web Dev yang menyediakan paket website standar seharga 650 ribu. Pengerjaan web di sini pun sama cepatnya seperti jasa-jasa lain di Bali. Website Anda siap rampung dalam hitungan 3-7 hari.

Berbicara segi fitur dan keuntungan, Jasa Web Dev tidak jauh berbeda dari jasa-jasa buat website Bali lain. Jadi ayo, dapatkan website bisnis pertama Anda langsung di https://jasawebdev.com/ sekarang juga!

Itulah dia 8 rekomendasi jasa buat website Bali termurah, profesional sekaligus berkualitas. Selamat memilih jasa website murah Bali terbaik yang pas dengan kebutuhan Anda!

Ingin tahu lebih banyak tentang rekomendasi review produk bisnis dan layanan jasa yang bermanfaat untuk Anda. Yuk kunjungi terus situs media bisnis Markey!

Waspada Social Engineering, Ancaman Baru pada Olshopmu

0
social-engineering

Hati-hati! Bahaya social engineering attacks sedang mengintai bisnis online Anda saat ini. Apa itu social engineering? Social engineering attacks marak terjadi semenjak pandemi melanda. Serangan online ini 2x lipat lebih berbahaya karena sangat sulit untuk dideteksi.

Seperti apa itu social engineering dan cara menghindarinya? Ayo perkuat perlindungan data diri kita dengan mempelajari artikel seputar social engineering attack berikut ini!

Pengertian Social Engineering Adalah

social-engineering

Social engineering attacks adalah dampak negatif berbelanja online baru. Masih banyak orang awam yang belum tahu pengertian social engineering.

Dalam bahasa Indonesia, apa itu social engineering adalah rekayasa sosial. Pengertian social engineering adalah aksi manipulatif hacker untuk memperoleh data sensitif pengguna, seperti kode OTP, password, pin ATM, tanggal lahir, dan lain-lain.

Serangan ini begitu berbahaya karena hacker sering menyamar sebagai pihak legal berwenang atau orang-orang terpercaya dari korban. Alhasil korban dengan mudah terperdaya oleh jebakan tipuan dan mau membagi data-data pribadinya.

Selain itu, social engineering attacks bisa turut terjadi akibat sikap lengah korban. Korban tidak melakukan cross check identitas akun yang menghubunginya atau langsung percaya begitu saja. Otomatis, kita pun ‘kecolongan’.

Di dunia cybercrime, serangan ini tergolong sebagai human hacking karena langsung menyerang sisi psikologis korban bukan cuma sekadar merusak teknologi bisnis online Anda.

Contoh Social Engineering Attacks

Sebuah kasus penipuan pernah terjadi pasca tren Instagram Story ‘Add Yours’. Dalam tren ini, pengguna IG diajak saling berbagi info-info kecil mereka, seperti nama panggilan, tempat tanggal lahir, foto selfie, dan lain-lain.

Sayangnya masih banyak masyarakat kita yang menganggap data-data tersebut ‘sepele’, sehingga tak keberatan untuk membagikannya ke publik. Nah, inilah salah satu bentuk keteledoran yang dapat dimanfaatkan hacker guna melancarkan serangan.

Terbukti, salah seorang netizen (twitter.com/ditamoecthar_) membagikan kisah temannya yang menjadi korban social engineering attacks pasca mengikuti tren IG Add Yours.

social engineering.

Sumber: niagahoster.co.id (https://niagaspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/blog/wp-content/uploads/2021/12/21222504/dampak-social-engineering.jpg)

Penipu sukses mendapatkan uang lewat berpura-pura menjadi teman dekat korban. Aksi jahatnya berhasil karena penipu mengetahui nama panggilan kecil dari korban yang disebar di sosial media. Inilah yang dimaksud apa itu social engineering.

2 Tujuan Social Engineering Adalah

Ada banyak sekali dampak negatif berbelanja online yang tidak aman atau jelas prosedurnya. Jika salah langkah, maka data pribadi Anda lah yang akan dibobol.

Terdapat dua tujuan utama dari aksi hack merugikan ini antara lain:

  • Perusakan (sabotase) data: hacker bisa mencuri, menyalin, menyebar virus, mengubah atau menghapus data-data penting dari bisnis online supaya timbul kekacauan sistem.
  • Pencurian data: hacker mencuri atau memperoleh akses masuk ke info-info rahasia korban, seperti akun e-wallet, data bisnis, akses kartu pembayaran debit/kredit, dan lain-lain untuk disalahgunakan.

Cara Kerja Social Engineering Adalah

Kita sudah tahu apa itu social engineering. Lalu bagaimana dengan cara kerjanya?

Serangan rekayasa sosial bisa terjadi memakai beragam media. Mulai dari pesan email, sosial media, pesan chat, website, panggilan telepon dan seterusnya. Hacker hanya perlu membuat pesan-pesan yang meyakinkan untuk meraih kepercayaan dari korbannya.

Hacker memanfaatkan sisi lemah korban dalam serangannya, seperti:

  • Sikap ceroboh korban saat berbelanja online atau menggunakan sosial media.
  • Ketidaktahuan korban terhadap tips belanja online aman (keamanan cyber).
  • Kemalasan korban untuk melakukan double cross check; mengecek kembali keaslian identitas pihak yang menghubunginya dan memberi tawaran tertentu.
  • Kebiasaan buruk korban saat berinternet, contohnya sering mengklik link yang tak jelas sumbernya.
  • Ketidaksadaran korban terhadap pentingnya data diri pribadi, semisal no telepon, tempat tanggal lahir, dan data identitas lain.

Dari sinilah hacker dapat menyusun jebakan untuk menipu Anda, supaya Anda mau membagi info rahasia, mengizinkan akses ke sistem penting, atau menransfer sejumlah uang.

Serangan social engineering sangat terstruktur dan rapi. Inilah juga yang menjadi alasan kejahatan online satu ini amat sulit disadari. Dari sisi waktu, serangan ini dapat terjadi satu kali via chat/email, ataupun selama berbulan-bulan lamanya melalui sosmed.

Secara umum cara kerja social engineering adalah:

  1. Hacker mengumpulkan data-data diri atau informasi penting korban yang bisa ditemukan di sosial media atau website. Data yang bersifat publik umumnya lebih mudah mereka kumpulkan.
  2. Setelahnya, hacker beraksi dengan memulai komunikasi sungguhan dengan korban. Mereka mengirimi Anda pesan-pesan berisi tawaran spesial, pertolongan bantuan, atau mengaku sebagai kerabat Anda.
  3. Begitu korban mulai percaya, mereka akan digiring oleh hacker untuk melakukan hal-hal tertentu. Korban juga akan ‘dimotivasi’ oleh penyerang agar mau menuruti keinginannya. Jadi hacker tidak perlu repot-repot membobol sistem pertahanan akun dari korbannya.
  4. Korban yang terperdaya menuruti keinginan hacker, seperti menransfer uang atau memberi informasi penting rahasia.
  5. Hacker akan langsung memutus hubungan usai mendapatkan apa yang mereka mau. Biasanya pada titik inilah korban baru sadar bahwa mereka sudah ditipu.

7 Jenis Social Engineering Adalah

Berikut ini 7 jenis aksi kejahatan social engineering yang sering terjadi menimpa individu ataupun bisnis online:

1. Quid Pro Quo

Quid Pro Quo adalah serangan hacker untuk memperoleh info-info sensitif konsumen dengan cara berpura-pura menawarkan jasa penting.

Banyak hacker bertindak sebagai akun customer service palsu atau akun perusahaan yang terlihat resmi. Selanjutnya, mereka akan ‘menawarkan bantuan’ pada masyarakat yang mengalami masalah pengguna.

Contohnya akun-akun customer service bank yang menghubungi konsumen bermasalah. Mereka lantas menipu konsumen dengan memberi arahan harus transfer uang atau membagi no PIN/OTP demi menuntaskan masalah.

Jangan sampai ada hacker yang menyamar menjadi akun bisnis Anda karena bisa menurunkan rasa kepercayaan konsumen pada bisnis.

2. Tailgating (Piggybacking)

Contoh selanjutnya adalah tailgating atau piggybacking. Aksi penipuan rekayasa ini termasuk ke dalam hacking fisik, sebab, hacker memperdaya orang-orang penting berwenang.

Hacker memanipulasi orang-orang ini untuk memperoleh akses masuk ke tempat-tempat rahasia. Setelahnya mereka akan mencuri kode-kode verifikasi yang dibutuhkan untuk memulai pembobolan.

Kasus tailgating pernah terjadi di luar negeri oleh Colin Greenless. Greenless menyamar sebagai seorang konsultan teknologi profesional dan sukses menipu sebuah perusahaan jasa keuangan. Lebih mengejutkannya lagi, aksi tersebut berjalan mulus lewat percakapan biasa dan sikap ramah tamah dari pelaku!

3. Scareware

Penipuan juga bisa terjadi dengan cara menakut-nakuti calon korban. Hacker bisa meretas sebuah website atau aplikasi bisnis, lalu membuat notifikasi palsu berisi pesan peringatan genting. Contohnya: “Peringatan! Terdeteksi Malware pada Perangkat Anda!”

Korban pun terkecoh karena pesan peringatan sengaja didesain semirip mungkin dengan pesan peringatan asli. Belum lagi dengan ancaman ‘menakutkan’ yang berbahaya dari pesan.

Alhasil, korban terdorong untuk mengklik notifikasi serta mengikuti instruksi yang diberikan oleh hacker.

4. Baiting

Dari semua jenis serangan social engineering, baiting adalah yang paling sering terjadi dan memakan korban. Apa itu baiting?

Baiting diambil dari bahasa Inggris ‘bait’ yang berarti umpan. Dalam prakteknya, hacker menebar ‘umpan’ memberi janji-janji palsu agar korban terpikat.

Semisal Anda ingin mendownload film, namun website tiba-tiba mengarahkan Anda agar mengizinkan akses ke perangkat. Biasanya korban akan memberi akses yang diminta demi bisa mendownload film tersebut.

Di sinilah hacker akan mendapat akses masuk ke perangkat korban dan berbuat kekacauan. Seperti memasukkan virus, mencuri data penting dan lain-lain.

Baiting juga bisa terjadi dengan kedok keuntungan bisnis online. Semisal Anda menerima pesan voucher atau gift gratis yang bisa diklaim lewat link. Begitu link diklik, ternyata yang Anda terima adalah virus.

5. Phishing

Phishing adalah dampak negatif berbelanja online sembarangan yang selalu terjadi setiap tahun. Aksi bejat ini dalam berbagai bentuk dan bisa menyerang siapa saja. Di pertengahan tahun 2021 saja, tercatat 260 ribu lebih kasus phishing menyerang berbagai industri bisnis.

Phishing tergolong sebagai dampak negatif berbelanja online yang paling berbahaya. Penipuan ini dilakukan dalam bentuk promosi email atau chat berisi pesan-pesan yang memancing rasa penasaran. Data-data penting korban akan langsung tercuri usai mereka mengklik link pada pesan phishing.

Serangan phishing memiliki dua tujuan yakni:

  • Mencuri data diri pribadi penting yang tersimpan pada perangkat korban (umumnya data-data akun).
  • Memasukkan malware/virus berbahaya ke perangkat korban.

6. Spear Phishing

Saat ini serangan phishing berkembang menjadi lebih ‘canggih’ dan terstruktur bernama spear phishing. Sasaran spear phishing pun bukan cuma konsumen, melainkan bisnis-bisnis online.

Ada pula 2 jenis spear phishing yang sering dilakukan yakni:

  • CEO Fraud: hacker berpura-pura menjadi CEO, petinggi atau komponen eksekutif sebuah bisnis.
  • Whaling: hacker menyerang data-data penting milik pejabat perusahaan.

Hacker spear phishing menargetkan data yang lebih penting, lebih bernilai atau uang yang lebih banyak jumlahnya. Contoh targetnya seperti big data, informasi konsumen, hingga faktur/invoice perusahaan.

Maka dari itu, hacker mengerahkan lebih banyak upaya, waktu dan tenaga untuk menyusun strategi serangan. Secara umum trik spear phishing dilakukan seperti ini:

  1. Hacker mengumpulkan data publik dari perusahaan korban yang bisa mereka manfaatkan (seperti email, nama korban, posisi pekerjaan, dan lain-lain).
  2. Hacker menyusun pesan sedemikian rupa, sekaligus menyesuaikan isinya dengan logo perusahaan, ciri khas kantor, info kontak dan posisi pekerjaan korban agar pesan tampak asli.
  3. Hacker mengirimkan pesan tersebut kepada korban dan memulai interaksi. Begitu korban mulai percaya, ia akan langsung menjalankan niat aslinya.

7. Pretexting

Terakhir adalah serangan social engineering pretexting. Di sini hacker menyerang korban dengan kebohongan licik atau skenario kejadian palsu.

Penipu berpura-pura menjadi kerabat, rekan kerja, atasan atau orang kepercayaan korban. Selanjutnya ia akan meminta info penting dari korban dengan alasan melaksanakan tugas penting. Hacker yang melaksanakan trik ini umumnya memiliki skill persuasif tinggi demi memikat kepercayaan korbannya.

Tips Belanja Online Aman : Menghindari Social Engineering

Dampak-dampak negatif berbelanja online memang tidak bisa kita hapus sepenuhnya, namun Anda tidak perlu cemas. Kami punya beberapa tips belanja online aman untuk menghindari peluang diri terjerumus sebagai korban penipuan hacker. Apa sajakah?

1. Jangan Cepat Tergiur Penawaran Asing

Anda mungkin menerima banyak sekali penawaran menarik dari bisnis-bisnis online, entah itu promosi dari email, sosial media atau pesan chat. Sebelum mengklik link klaim promo yang ditawarkan, cobalah untuk mengecek kembali keaslian promo dan identitas pengirim pesan.

Jangan sekalipun mengklik link yang tak jelas asal-usulnya, tak peduli seberapa penasaran Anda dengan isinya.

2. Jangan Cepat Percaya dengan Orang Tak Dikenal

Berkenalan dengan orang baru dan menjalin relasi memang hal yang baik. Akan tetapi, sebaiknya tetap hindari sikap terlalu terbuka dan mudah percaya dengan orang asing. Sikap ini sangat sering dimanfaatkan penipu untuk memuluskan aksinya.

Selain itu, pasang juga aplikasi pendeteksi nomor telepon untuk mengecek keaslian identitas orang yang tiba-tiba menghubungi Anda. Bisa saja mereka mengaku sebagai kerabat, padahal bukan.

3. Jangan Sembarang Download File

Berikan briefing pada karyawan Anda agar lebih waspada dan tidak sembarangan download file gratis dari internet. Ajarkan ilmu keamanan cyber kepada karyawan Anda supaya mereka selalu ingat mengecek keaslian website yang mereka kunjungi.

4. Edukasi Konsumen Anda

Sebagai pihak bisnis, penting bagi Anda untuk turut mengedukasi konsumen perihal penipuan social engineering. Banyak bisnis online rajin memperingatkan konsumen untuk tidak memberikan OTP/PIN pada pihak manapun, termasuk yang mengaku sebagai pihak perusahaan.

Anda juga bisa memberitahukan nomor-nomor resmi layanan customer service bisnis agar konsumen yang bermasalah langsung mengontak nomor tersebut, bukan yang lain.

Demikianlah pembahasan pengertian social engineering beserta tips belanja online aman dari MARKEY. Ayo jadi lebih cerdas berbisnis online dengan terus mengikuti artikel tips bisnis gratis di https://markey.id/ . Bisa juga download MARKEY APP di Google Play atau AppStore, ya.

Sampai bertemu lagi!

7 Contoh SEO agar Bisnis Online Sukses [Terlengkap!]

0
contoh-seo

Mau dagangan laris manis diserbu pembeli tahun ini? Ayo praktekkan 7 contoh SEO wajib berikut ini!

SEO adalah tips jualan online laris bagi pemula yang paling populer. Banyak orang berhasil membesarkan usahanya berkat dorongan SEO mulai dari meningkatkan branding sampai memaksimalkan jumlah penjualan.

Hanya saja, jenis jenis SEO populer selalu berganti setiap tahunnya. Jangan sampai Anda salah pilih jenis jenis SEO untuk bisnis tahun ini!

Lalu apa sajakah contoh SEO tahun ini? Inilah rangkuman 7 jenis SEO terbaik di tahun ini agar dagangan laris manis diserbu pembeli.

Baca juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!

7 Contoh SEO Tahun ini, Wajib Agar Dagangan Laris!

contoh-seo

Apa sajakah contoh SEO yang harus diaplikasikan supaya omset bisnis berlipat ganda? Ini dia ulasannya:

1. SEO Penelusuran Suara (Voice Search)

Pola penelusuran internet di tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mulai sekarang, penelusuran berbasis suara (voice search) diyakini akan menjadi yang paling terkenal.

Dulu, kita bisa menelusuri informasi di Google dengan mengetikkan kata kunci (penelusuran teks). Namun sekarang, cara tersebut sudah dipandang kuno. Teknologi terbaru saat ini memungkinkan pengguna menelusuri info online semudah mengucapkan kata kunci penelusuran saja.

Terbukti menurut survey dari NeilPatel.com, lebih dari 40% penelusuran Google dewasa ini dilakukan melalui suara. Penelusuran suara juga dilakukan terbanyak oleh pengguna smartphone karena lebih praktis dan cepat mendapat hasil.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengoptimalkan konten website atau sosial media sesuai aturan SEO voice search. Dijamin konten promosi dagangan laris Anda akan disimak banyak orang!

Tips SEO Voice Search :

  • Perbanyak gunakan keyword yang bersifat long tail (panjang, spesifik dan rinci).
  • Buat konten dengan bahasa yang tidak terlalu kaku, atau agak menyerupai bahasa lisan.
  • Buat konten yang tampilannya smartphone friendly.
  • Gunakan heading pada konten untuk mempermudah konten dipilih menjadi snippet.
  • Buat pembahasan yang relevan dengan topik atau permasalahan.

2. SEO Lokal (Local SEO)

Contoh SEO tahun ini berikutnya adalah SEO lokal atau local SEO. Sesuai namanya, manfaat SEO ini adalah untuk menonjolkan usaha-usaha online di wilayah tempat tinggal pengguna.

Semisal Anda bertempat tinggal di Surabaya dan ingin mencari layanan bengkel motor. Otomatis, SEO lokal akan merekomendasikan bisnis-bisnis bengkel di sekitar Surabaya.

Manfaat SEO lokal sangat besar untuk memaksimalkan jumlah transaksi dengan konsumen terdekat. Sebanyak 46% pengguna Google terbukti membeli produk atau jasa dari olshop-olshop lokal karena lebih murah dan cepat prosesnya.

Pun di tahun ini, SEO lokal disebut-sebut akan lebih digencarkan lagi dalam persaingan dunia ecommerce. Jangan sampai terlewat, ya!

Tips SEO Lokal :

  • Lengkapi identitas online shop Anda dengan lokasi bisnis (semisal: Toko Baju Surabaya, Restoran Bakmi Jakarta, Online Shop Jogja, dan lain-lain).
  • Aktifkan fitur lokasi pada akun olshop Anda.
  • Daftarkan bisnis pada Google Bisnis agar bisnis Anda lebih sering direkomendasikan pada pengguna lokal.
  • Lengkapi info bisnis dengan alamat lengkap.
  • Buat konten dengan keyword-keyword relevan bermuatan info lokasi (misalnya: rekomendasi bisnis kuliner Bali, penginapan murah daerah Kuta, dan seterusnya).

3. SEO Evergreen

Tips jualan online laris bagi pemula berikutnya bisa dilakukan dengan evergreen content. Evergreen content adalah konten-konten yang relevan untuk jangka waktu panjang (6 bulan sampai 1 tahun, bahkan lebih).

Konten promosi ini sangat unggul dibandingkan jenis lain, karena bisa disimak kapan saja dan tetap bermanfaat. Dari sisi pebisnis, Anda diuntungkan sebab tidak perlu susah payah menulis banyak artikel setiap hari.

Banyak pakar SEO meyakini konten evergreen adalah tips jualan online bagi pemula terbaik. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui cara mengoptimasinya menurut SEO.

Kabar bagusnya lagi, konten evergreen bisa langsung masuk halaman 1 Google tanpa perlu banyak optimalisasi. Anda bisa mengoptimalkan artikel ini langsung ketika menulisnya.

Tips SEO Evergreen :

  • Tulislah artikel kreatif dengan topik yang sering ditanyakan pembaca.
  • Buat artikel dengan pembahasan yang bersifat jangka panjang: ilmunya bisa dipraktekkan atau berlaku selamanya (semisal tips kesehatan, tips bisnis, informasi faktual, dan lain-lain).
  • Tetap gunakan keyword-keyword pencarian yang relevan dan tinggi volumenya.
  • Buatlah judul yang menarik rasa penasaran pembaca.
  • Apabila memungkinkan, tulis isi artikel dengan mendetil agar pembaca puas bisa menerima informasi dengan lengkap.
  • Sertakan backlink sumber yang mendukung artikel Anda untuk meningkatkan nilai SEO sekaligus menghindari plagiarisme.

4. SEO Semantik (Semantic SEO)

Sistem penelusuran Google terkini telah beralih menggunakan pencarian semantik. Tidak seperti pencarian biasa, penelusuran semantik lebih canggih dan akurat.

Penelusuran semantik diciptakan karena sistem pencarian dulu belum bisa memahami betul apa maksud keyword yang digunakan pengguna. Kini, pencarian semantik bisa memahami konteks dan tujuan dari setiap pencarian.

Semisal seseorang ingin mencari informasi tentang “Jaguar”. Google akan mendalami apakah Jaguar yang dimaksud adalah hewan atau merk mobil ‘Jaguar’. Penelusuran semantik yang akurat otomatis meningkatkan kepuasan konsumen.

Tips SEO Semantik :

  • Tulis artikel yang menjawab pertanyaan dari konsumen. Usahakan menjawab pertanyaan konsumen sejelas mungkin dan eksplisit.
  • Fokus menulis untuk pembaca asli, bukan mesin. Jangan buat tulisan yang ‘kaku’ atau terlalu berorientasi pada mesin pencari, sebab pada akhirnya pembaca artikel Anda adalah manusia bukan Google.
  • Masukkan data-data terstruktur yang mendukung pembahasan Anda. Data bisa berupa angka, grafik atau tabel untuk mempermudah pembaca memahami isi tulisan.

5. SEO On Page

SEO on page adalah jenis jenis SEO paling mendasar yang tak boleh ditinggalkan. Jika Anda belum bisa mempraktekkan contoh SEO lain, paling minimal Anda sudah melakukan SEO on page.

SEO on page adalah optimalisasi konten yang diterbitkan dalam website Anda. Isi dan elemen-elemen penting dalam website Anda lah yang ditingkatkan kualitasnya guna menaikkan ranking Google.

Jenis jenis SEO ini pun termasuk yang termudah serta bisa dilakukan siapa saja.

Tips SEO On Page :

  • Optimalkan penggunaan keyword pada artikel, seperti melakukan riset keyword terlebih dahulu.
  • Lakukan optimalisasi SEO untuk elemen visual pendukung artikel (gambar dan video).
  • Sisipkan link artikel lama dari website Anda pada artikel baru. Pastikan kedua artikel tetap relevan isinya.
  • Hindari penulisan artikel copy paste (plagiat) dan perbanyak ide-ide kreatif milik sendiri (artikel original).
  • Gunakan perpaduan keyword utama (short tail) dan keyword pendukung (long tail).

6. SEO Off Page

SEO on page tidak lengkap tanpa SEO off page. Berkebalikan dengan on page, SEO off page dilakukan pada elemen-elemen pendukung bisnis di luar website Anda.

Otomatis, manfaat SEO off page berbeda dari on page. Optimalisasi di luar web berguna untuk menambah jumlah kunjungan masyarakat ke website bisnis. Semisal mendatangkan pembaca artikel baru dari sosial media ke website.

Trik SEO off page juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas bisnis online. Website-website dengan optimasi off page terbaik biasanya dinilai kredibel, baik oleh Google maupun pengguna.

Tips SEO Off Page :

  • Melakukan SEO lokal.
  • Aktif membagikan artikel di komunitas-komunitas online.
  • Mempraktekkan link building (pembangunan backlink eksternal).
  • Menggencarkan interaksi dan engagement di sosial media bisnis.
  • Meningkatkan autoritas domain dan halaman website.
  • Mempraktekkan strategi EAT alias Expertise, Authoritativeness, serta Trustworthiness pada konten-konten brand.

7. SEO Teknis (Technical SEO)

Jenis SEO terakhir adalah SEO teknis (technical SEO). Khusus optimasi ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga IT profesional karena bersifat sangat teknis memakai software-software tertentu.

SEO teknis harus selalu dilakukan agar website bisnis tetap relevan dengan sistem algoritma dari Google. Terlebih lagi algoritma Google diperbaharui secara berkala.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukan optimalisasi SEO teknis, jangan khawatir. Ada banyak jasa SEO teknis yang bisa Anda hubungi untuk mendapat bantuan.

Contoh SEO teknis :

  • Peningkatan kecepatan loading website (page speed loading).
  • Pembuatan sitemap website.
  • Analisa performa web bisnis menggunakan Google Analytics.

5 Manfaat SEO untuk Bisnis

Apa yang bisa Anda peroleh jika mengaplikasikan jenis jenis SEO di atas? Ini jawabannya:

1. Promosi Mudah dan Gratis 24 Jam

Mana yang lebih menguntungkan: link website di peringkat 1 Google selama berbulan-bulan atau iklan berbayar untuk periode harian? Sudah tentu jawabannya adalah link web di peringkat 1.

Website yang menerapkan SEO berkesempatan untuk menduduki ranking 1 Google selama berbulan-bulan, bahkan tahun. Hal ini sudah setara dengan promosi gratis di Google tanpa batas waktu, karena konsumen pasti akan langsung mengklik web di peringkat teratas.

2. Menambah Penjualan Bisnis

Website yang dioptimasi SEO berkesempatan lebih banyak untuk di-klik konsumen, alhasil, inilah kesempatan Anda untuk menjadikan dagangan laris di pasaran.

Berikan penawaran menarik pada akhir artikel yang bisa membuat pembaca penasaran mencoba produk atau jasa Anda. Dijamin, jumlah penjualan bisnis Anda akan bertambah lebih banyak!

3. Mendongkrak Brand Awareness di Masyarakat

Manfaat SEO berikutnya adalah meningkatkan brand awareness usaha di masyarakat. Ini karena 100% pengguna pasti membaca artikel rekomendasi pertama Google. Otomatis, jumlah orang yang mengetahui nama bisnis Anda akan ikut meningkat.

Menurut strategi SEO, sangat penting bagi web bisnis online untuk mendominasi kata kunci penelusuran. Bayangkan jika web Anda sanggup menjuarai ranking 1 artikel di lebih dari satu kata kunci. Pastinya orang-orang akan lebih sering melihat nama web Anda dan jadi mengingat nama usaha tersebut.

4. Mudah Bersaing dengan Bisnis Besar

Jangan minder atau takut karena olshop Anda bersaing dengan brand-brand besar! Strategi SEO terbukti ampuh meningkatkan daya saing bisnis kecil dengan usaha-usaha lain yang lebih dulu terkenal.

Walaupun kompetitor adalah bisnis besar, faktanya, belum tentu mereka menerapkan taktik SEO seperti Anda. Jadi kesempatan Anda untuk unjuk gigi dan merebut hati pelanggan baru masih terbuka lebar.

5. Membuka Trafik Kunjungan Baru

Terakhir, manfaat SEO tentunya bisa membuka peluang baru bagi trafik kunjungan yang lebih banyak. Website di posisi 1 Google berkesempatan menerima lebih banyak klik ketimbang web-web yang berada di ranking 2, 3 dan seterusnya.

Demikianlah ulasan tips jualan online laris bagi pemula kali ini seputar 7 contoh SEO populer. Yuk mulai praktekkan 7 contoh SEO di atas sekarang juga guna mengoptimalkan bisnis online Anda!

Penasaran dengan tips jualan online laris bagi pemula lainnya? Temukan tips bisnis gratis setiap hari hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan App Store. Ada ratusan artikel informatif terupdate menanti Anda di sini!

Sampai bertemu lagi di tips jualan online laris bagi pemula lainnya, ya. Sayonara!

Inilah Trend ASO Saat Ini Update Playstore, Simak Perubahannya!

0
aso

Awas! Google Playstore akan mengalami update terbaru pada tahun ini. Anda harus waspada dan mengoptimalkan kembali trik ASO untuk mempertahankan jumlah download aplikasi olshop Anda.

ASO adalah singkatan dari App Store Optimization. Sederhananya, ASO adalah strategi terbaik untuk meningkatkan jumlah download aplikasi gratis di Playstore.

Hanya saja pemilik aplikasi wajib waspada, karena sistem Google Playstore selalu diupdate setiap tahun. Perubahan pada Playstore otomatis berdampak langsung pada strategi optimalisasi app Anda.

Kira-kira seperti apa trik optimalisasi app di tahun ini? Selain itu apa saja update baru Playstore yang wajib kita perhatikan? Anda beruntung karena semuanya terjawab lengkap di sini. Yuk langsung kita simak bersama ulasannya!

ASO adalah SEO untuk Aplikasi

aso

Apa itu ASO? ASO adalah SEO untuk aplikasi. Dengan mempraktekkan App Store Optimization, aplikasi olshop Anda bisa populer atau menduduki peringkat 1 di kolom hasil pencarian pengguna.

Saat ini, hampir semua aktivitas berjualan online dilakukan melalui aplikasi. Faktanya, masyarakat lebih menyukai aplikasi olshop ketimbang bertransaksi di website atau sosmed. Aplikasi olshop jauh lebih praktis, stabil dan cepat untuk memproses jual beli online.

Alhasil banyak bisnis kekinian membuat aplikasi olshop masing-masing; mulai dari bisnis besar, ritel, UMKM dan seterusnya. Ratusan aplikasi olshop bertebaran di Google Playstore, berkompetisi merebut hati konsumen.

Anda juga tidak boleh kalah. Semakin banyak pengguna aplikasi bisnis Anda, maka akan semakin besar pula transaksi dan omset yang diraih.

Di sinilah app store optimization dibutuhkan untuk mencuri perhatian calon pengguna. Sistem Playstore akan merekomendasikan aplikasi-aplikasi yang menerapkan optimalisasi kepada masyarakat untuk didownload. Pun terbukti, 65% orang pasti mendownload aplikasi yang ditawarkan ke mereka.

Beberapa manfaat lain dari ASO adalah:

  • Memperbesar peluang aplikasi ditemukan pengguna online.
  • Meningkatkan nilai konversi download aplikasi gratis.
  • Membantu branding aplikasi olshop.
  • Menambah traffic pengunjung pada halaman profil aplikasi.
  • Meraup calon konsumen baru sebanyak mungkin.

Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

9 Strategi ASO Terbaru untuk Tahun ini

Sama seperti strategi SEO yang selalu disesuaikan setiap tahun, optimalisasi aplikasi juga terus diupdate secara berkala. Update menjadi hal penting demi menjaga kesempurnaan layanan Playstore terhadap masyarakat.

Lalu apa sajakah kiat-kiat menambah jumlah download aplikasi di Playstore tahun ini? Ini jawabannya:

1. Kenali Elemen-Elemen Penting di Profil Playstore

Profil Playstore terdiri dari sejumlah elemen penting di dalamnya. Bagian-bagian inilah yang harus Anda optimalisasikan jika ingin aplikasi laris manis didownload:

  • Nama aplikasi (judul).
  • Ikon aplikasi (logo).
  • Preview video tentang aplikasi.
  • Kumpulan screenshot yang menampilkan aplikasi.
  • Deskripsi aplikasi (singkat dan panjang).
  • Keterangan pembelian pada aplikasi (jika ada).

Mengenali elemen-elemen penting di atas membantu memudahkan sekaligus mengefisiensikan kinerja Anda untuk mengoptimalkan performa app.

2. Optimalkan Judul Aplikasi

Membuat judul aplikasi di Google Playstore tidak bisa sembarangan. Judul harus memenuhi sejumlah syarat menurut pedoman App Store Optimization terbaru:

  • Gunakan kata-kata yang relevan dengan aplikasi Anda.
  • Panjang judul maksimal 50 karakter, selebihnya maka judul akan tampak ‘terpotong’ di hasil penelusuran.
  • Gunakan keyword yang mempermudah pengguna menemukan aplikasi Anda di Playstore.
  • Bisa gunakan keyword yang memiliki ranking terbaik, populer, atau dengan volume pencarian terbanyak.

Judul aplikasi yang tepat bisa menambah dorongan konversi download app sebesar 5-7%. Tidak ada salahnya untuk mencoba berkreasi dengan beragam ide demi menciptakan judul terbaik yang eyecatching.

3. Maksimalkan Ikon atau Logo Aplikasi

Ada dua hal yang menarik minat seseorang untuk mendownload aplikasi: pertama, judul aplikasi dan yang kedua adalah ikon atau logo aplikasi.

Ikon logo aplikasi adalah elemen terpenting di Playstore. Logo yang baik bisa meningkatkan konversi download sebesar 12-18%, hal tersebut berdasarkan hasil penelitian oleh Store Maven.

Beberapa indikator ikon aplikasi yang baik misalnya:

  • Buat ikon app yang sederhana, tidak banyak pernak-pernik yang mengganggu.
  • Gunakan satu logo yang menggambarkan esensi utama aplikasi atau identitas brand.
  • Pastikan gambar logo terletak dalam posisi yang jelas di bagian tengah, agar tidak terpotong oleh sisi bingkai app.
  • Bisa lakukan uji A/B test untuk memperoleh logo aplikasi terbaik. A/B test dapat dilakukan memakai Google Play Native A/B Tool atau survey pengguna.

4. Riset Kembali Keyword untuk Aplikasi

Jangan malas meriset keyword-keyword baru secara berkala untuk digunakan dalam optimalisasi app. Ini karena trend keyword selalu berganti secara berkala. Keyword yang populer di tahun 2021 belum tentu akan kembali ngetrend tahun depan.

Sudahkah laman Playstore Anda memuat keyword yang bagus dan relevan dengan aplikasi? Jika belum, segera lakukan riset keyword dengan trik berikut:

  • Cari keyword yang menjelaskan fitur utama dari aplikasi.
  • Masukkan keyword sesuai kategori aplikasi.
  • Gunakan keyword-keyword yang bersifat sinonim dengan keyword utama.
  • Gunakan keyword yang sesuai dengan terminologi/istilah menurut kategori app.
  • Cari tahu keyword-keyword yang digunakan oleh aplikasi kompetitor.

Untuk mempermudah riset keyword, gunakan aplikasi-aplikasi ASO atau SEO seperti Google Keyword, MOZ, Ubersuggest, Ahrefs, dan lain-lain. Setelah mendapatkan set keyword yang bagus, gunakanlah untuk menulis deskripsi dan judul aplikasi. Sebar keyword secara natural dalam deskripsi.

5. Lakukan Lokalisasi Profil

Sistem Playstore terbaru mengutamakan rekomendasi aplikasi yang sesuai dengan lokasi negara pengguna. Semisal Anda adalah pengguna dari Indonesia, maka aplikasi yang ditawarkan adalah app-app dengan profil bahasa Indonesia.

Lokalisasi dimaksudkan untuk mempermudah konsumen memahami identitas, kegunaan atau fungsi dari aplikasi. Oleh sebab itu, lebih baik segera lakukan lokalisasi pada profil app Anda.

Jika target konsumen Anda adalah warga negara Indonesia, jadi gunakan profil dalam bahasa dan budaya Indonesia: mulai dari judul, deskripsi, sampai caption yang ada di video dan screenshot preview.

Contoh lokalisasi:

  • Gunakan icon-icon khas Indonesia pada preview screenshot atau video. Misalnya Anda membuat aplikasi travelling, maka pada preview gunakan objek-objek destinasi khas Indonesia (Candi Borobudur, patung GWK, tugu Yogya, dan lain-lain).
  • Gunakan bahasa Indonesia pada setiap deskripsi di profil aplikasi. Mulai dari judul, deskripsi, sampai tag-tag kategori aplikasi.

6. Perkecil Ukuran Aplikasi

Ternyata ukuran aplikasi bisa memengaruhi keputusan seseorang mendownload app. Menurut hasil studi dari perusahaan Segment, terdapat penurunan tingkat konversi download sebesar 0,45% untuk setiap MB aplikasi.

Artinya semakin besar ukuran MB aplikasi, maka calon pengguna juga akan semakin malas mendownload app Anda. Konsumen menilai aplikasi berukuran besar merugikan mereka karena memakan ruang memori serta data yang banyak. Selain itu, proses download dan instal aplikasi besar juga cenderung sulit.

Maka dari itu usahakan untuk membuat aplikasi yang ramping serta mudah diinstal di smartphone. Ingat, kapasitas penyimpanan memori smartphone juga terbatas.

7. Maksimalkan Rating dan Review

Tidak cuma produk atau toko Anda yang perlu direview, aplikasi olshop Anda juga. Playstore menyediakan kolom rating dan review untuk membantu calon pengguna menilai sendiri kualitas sebuah app.

Ada sebanyak 20-25% orang yang menilai sebuah aplikasi baru dari review dan ratingnya. Jika rating aplikasi bagus, maka ia pasti akan mendownload app tersebut. Begitu sebaliknya.

Anda wajib mengumpulkan banyak rating baik agar aplikasi laris manis didownload. Menurut standar persaingan aplikasi android, aplikasi dengan rating di bawah 4.0 (seperti 3.99 dan ke bawah) sudah dapat dikatakan ‘kalah saing’. Masyarakat cenderung menyukai aplikasi dengan rating 4.5 ke atas.

8. Perbaharui Preview Screenshot dan Video

Hampir 100% orang menyimak preview screenshot dan video sebelum mendownload sebuah app. Preview screenshot dan video di Playstore sangat penting untuk memberitahu konsumen terkait kegunaan app dengan ringkas.

Banyak pengelola app juga mengganti preview aplikasi mereka secara berkala—terutama jika aplikasi telah mengalami update sistem. Beberapa tips membuat preview screenshot/video yang baik:

  • Letakkan pesan-pesan terpenting di 2 screenshot pertama atau video pertama.
  • Setiap screenshot sebaiknya menjelaskan 1 fitur dari aplikasi untuk menjaga fokus.
  • Gunakan CTA yang mudah dibaca tanpa perlu di-zoom pengguna, jelas dan memikat.
  • Fokuskan screenshot/video untuk memperkenalkan cara pakai aplikasi/kegunaannya.

9. Update ASO Aplikasi Secara Berkala

Terakhir, selalu update optimalisasi aplikasi Anda secara berkala. Kesalahan banyak orang adalah melakukan optimalisasi Playstore 1x dan membiarkannya begitu saja. Padahal sistem Playstore dan ASO selalu berubah.

Tapi hal itu bukan berarti Anda harus mengoptimalkan profil app setiap hari (terlalu sering). Update info aplikasi bisa dilakukan enam bulan atau setahun sekali dengan mengecek performa keyword pilihan, logo, review dan elemen-elemen lain.

Anda boleh berdiskusi kembali dengan tim untuk menyesuaikan jadwal cek serta update app store optimization. Setiap bisnis pasti akan memiliki jadwal pengecekan yang berbeda-beda.

Itulah dia serangkaian strategi terbaru untuk meningkatkan jumlah download aplikasi gratis Anda di Google Playstore. Yuk jangan buang-buang waktu lagi! Segera praktekkan seluruh tips dan trik di atas agar aplikasi laris didownload tahun depan.

Mencari lebih banyak tips sukses bisnis online lainnya? Tenang saja, MARKEY punya semua! Klik website MARKEY sekarang di https://markey.id/ , atau download versi aplikasinya di Google Play dan Apple Store. Ratusan artikel gratis edukatif seputar bisnis online menanti Anda di sini.

Sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya, ya. Sayonara!

7 Cara Pakai Preview Text Email Marketing : Naikkan Omset 70%

0
preview-text

Tahukah Anda bahwa preview text email atau header bisa meningkatkan omset email marketing sampai 70%?

Temuan baru nan mencengangkan ini menjadi kabar segar bagi para pegiat bisnis online. Sekarang Anda tidak perlu cemas email promosi Anda diabaikan konsumen. Yuk langsung simak apa itu preheader email marketing serta cara membuatnya pada ulasan berikut ini!

Apa Itu Preview Text (Preheader)?

Cara membuat email bisnis masih menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Pasalnya, email marketing harus sungguh-sungguh menggugah emosi konsumen agar bisa menarik minat belanja mereka.

Maka dari itu, cara membuat email bisnis haruslah kaya akan strategi dan matang. Jika tidak, maka bisa dipastikan email marketing Anda akan langsung di-skip oleh konsumen.

Bagaimana dengan strategi email marketing yang Anda terapkan saat ini? Sudahkah trik tersebut mendatangkan omset sesuai harapan?

Jika belum, Anda wajib memperbaharui strategi memakai taktik text preview atau preheader email marketing. Apa itu?

Preview text adalah teks sorotan atau ‘sinopsis’ yang muncul di bagian atas sebuah pesan. Preview text yang menarik bisa membuat pembaca penasaran dan akhirnya mengklik keseluruhan isi pesan. Untuk itulah email marketing Anda wajib memuat unsur preview text.

Text Preview juga dikenal sebagai preheader email marketing. Pun secara definisi kamus marketing, preheader adalah kalimat atau teks pendek yang muncul persis di samping subjek email.

Komposisi preheader email marketing biasanya seperti ini:

Judul atau subjek email + preheader email

Contoh pemakaian header email marketing:

Bermain Bersama Canva | Ayo gunakan video editor Canva untuk mengekspresikan ide-ide kreatifmu!

Perhatikan pada contoh di atas, kalimat yang diketik dalam huruf tebal adalah judul atau subjek email. Sedangkan kalimat dalam cetak miring adalah preheader email marketing. Kehadiran text preview seperti ini akan memberitahu konsumen gambaran isi dari pesan yang mereka dapatkan.

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

3 Keuntungan Utama Preview Text Email

preview-text

Apa sajakah keuntungan dari kutipan header untuk email marketing? Berikut jawabannya:

1. Brand Lebih Profesional dan Kompeten

Semua bisnis pastinya ingin tampil kompeten dan profesional di mata audiens. Tidak perlu susah payah, kini Anda bisa meningkatkan keprofesionalitasan brand segampang menambah header awal email marketing.

Sesungguhnya text preview memang bagian default dalam sistem email. Alias, kolom ini akan selalu ada tersedia. Apabila Anda tidak mencantumkan kalimat untuk header awal, secara otomatis sistem email akan mengisinya dengan kalimat standar:

Anda telah menerima pesan email dari [Nama Perusahaan]. Jika pesan ini adalah kesalahan, silahkan diabaikan.

Sangat tidak menarik bukan? Sudah pasti konsumen tidak akan mau membuka email Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memasukkan pesan header awal yang lebih sesuai menggambarkan isi email.

2. Menambah Peluang Open Rate

Open rate adalah persentase orang membuka dan membaca email Anda. Open rate menjadi indikator penting, sebab, mustahil konsumen bisa tertarik berbelanja atau mencoba promo jika mereka tidak mau membuka pesan.

Anda harus selalu memantau dan memaksimalkan nilai open rate ini jika ingin promosi via email berhasil. Semakin besar nilai open rate email marketing, itu berarti promosi Anda selalu disimak dan sudah menyasar kelompok audiens yang tepat.

Nah, preheader email marketing bisa menjadi upaya jitu untuk meningkatkan open rate email. Cukup tulliskan sebuah kalimat yang ‘menggoda’ dan konsumen pasti akan tertarik mengklik pesan.

Pun studi terbaru menunjukkan bahwa preview text ampuh meningkatkan open rate email marketing sampai 18%! Yakin masih mau mengabaikan strategi bisnis satu ini?

3. Membantu Konsumen Memahami Pesan

Keuntungan terakhir, tentunya header email bisa menambah rasa penasaran konsumen terhadap iklan Anda. Kutipan preview email akan memancing mereka untuk menyelami isi pesan lebih dalam.

Bahkan teks preview juga menolong konsumen memahami isi email tanpa perlu repot-repot membaca secara rinci. Semisal Anda menulis info promo pada bagian preview, otomatis konsumen paham kalau mereka memperoleh diskon promo. Dari sini mereka juga bisa tertarik untuk mengklaim dan menggunakan penawaran.

7 Cara Mudah Membuat Preview Text Email

Membuat email preview ternyata amat sangat mudah. Ayo langsung praktekkan dengan 7 cara gampang di bawah ini:

1. Jangan Gunakan Subjek Email

Beberapa orang mengira kutipan header sama dengan subjek email, sehingga mereka asal copy paste kalimat subjek sebagai preview teks. Cara ini sejatinya keliru, lho!

Bayangkan jika Anda sendiri menerima email dengan subjek yang kalimatnya sama dengan kutipan preview-nya. Pastinya Anda akan bingung saat membacanya, bukan? Misalnya seperti:

Promo Akhir Tahun PT APPKEY | Promo Akhir Tahun PT APPKEY

Selain menjadikan pesan email Anda tidak jelas, konsumen juga akan menilai kalau brand Anda “malas” menulis. Akan lebih baik untuk menulis kembali kalimat kutipan dengan strategi copywriting.

2. Gunakan CTA (Call To Action)

Jangan lupa gunakan call to action pada pesan kutipan agar lebih menggugah emosi pembaca. Call to action berisi kata-kata yang bersifat mengajak konsumen untuk melakukan sesuatu.

Contoh kata-kata yang bersifat call to action:

  • Dapatkan
  • Sekarang
  • Ambil
  • Pakai
  • Klik di sini
  • Pahami
  • Raih
  • Intip
  • Baca
  • Berlangganan
  • Subscribe, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan atau tujuan emailmu.

3. Pancing Rasa Penasaran Audiens

Terdapat sejumlah strategi untuk memancing rasa penasaran audiens lewat teks kutipan email, yakni:

Menulis Informasi “Setengah-Setengah”

Contoh:

  • Subjek email: Cara termudah jadi miliarder
  • Text preview: Inilah bisnis tanpa modal dan beromset miliaran!

Beri Pertanyaan yang Membuat Penasaran

Contoh:

  • Subjek email: Bali bebas Covid-19 dalam sebulan
  • Kutipan preview: Kira-kira bagaimana caranya?

Memberi Informasi yang Belum Diketahui Pembaca

Contoh:

  • Subjek email: Belum move on dari mantan kekasih?
  • Kutipan: Begini 5 cara mudah menghadapinya!

Memberi Informasi Tak Terduga (Kejutan)

Contoh:

  • Subjek: Jadi jutawan di usia muda
  • Kutipan email: Siapa bilang sukses di usia muda itu mustahil?

4. Menggunakan Emoji / Emoticon

Siapa bilang menulis pesan marketing tidak boleh menggunakan emoji atau emoticon? Tidak perlu takut. Emoji pada pesan kekinian justru menambah nilai engagement serta daya tariknya di mata audiens.

Banyak ahli SEO email marketing meyakini penggunaan emoji bisa menambah pesan bisnis Anda lebih ‘menonjol’ dan ‘bersinar’ di kotak masuk konsumen. Pasalnya emoji memiliki bentuk lucu serta warna menarik yang menjadikan pesan Anda mencolok dibanding yang lain.

Emoji juga bisa meringkas subjek atau header awal supaya lebih mudah dibaca dan dipahami maksudnya. Akan tetapi jangan sampai terlalu banyak menggunakan emoji pada pesan preview karena bisa dianggap spam oleh pembaca.

Lebih baik sesuaikan penggunaan emoji dengan kebutuhan, tujuan pesan dan karakteristik brand perusahaan Anda.

5. Bangkitkan FOMO

Disadari atau tidak, banyak perusahaan masa kini berusaha membangkitkan rasa FOMO alias Fear Of Missing Out dalam diri konsumen. FOMO merupakan istilah untuk rasa takut ketinggalan baik itu ketinggalan promo, diskon, flash sale atau pembelian produk.

Taktik FOMO sering sukses mendorong masyarakat untuk benar-benar membeli produk. Tanpa adanya rasa FOMO, mayoritas konsumen tidak akan mau bergegas men-check out belanjaan. Mereka akan berpikir bahwa stok produk masih aman dan bisa dibeli kapan-kapan.

Jadi maksimalkan kekuatan teks preview email Anda dengan strategi FOMO. Terdapat sejumlah trik membangkitkan rasa takut ketinggalan dalam promosi, misalnya:

  • Menyebut produk ‘best seller’ yang laku terjual cepat.
  • Menyatakan banyak orang mengincar produk tersebut saat ini.
  • Menegaskan kerugian konsumen jika tidak segera beli produk.
  • Memberi penawaran eksklusif yang tidak akan datang dua kali.
  • Memberi diskon khusus untuk waktu terbatas.

Contoh:

  • Subjek email: Diskon Baju 90% dalam 1 Jam!
  • Teks preview: Stok best seller all item terbatas, awas menyesal

Ketika membaca pesan bernada FOMO, audiens pasti akan merasa ‘panik’ dan terdorong untuk segera check out.

6. Buat Preview yang Nyambung dengan Subjek

Semua taktik di atas tidak akan berguna jika kalimat preview dan subjek email tidak nyambung sama sekali. Susunlah pesan subjek email agar nyambung dengan teks preview untuk memperkuat pesan yang mau disampaikan.

Misalnya seperti:

  • Subjek email: Mager nyetir dan kantor jauh?
  • Preview teks: Driver kami siap jemput, pesan sekarang pakai diskon!

Perhatikan bagaimana subjek email dan preview teks bersifat saling ‘bahu-membahu’ melengkapi informasi satu sama lain. Di sini, kutipan header email berfungsi untuk memperjelas penawaran yang diberikan subjek email.

7. Tulis dengan Ringkas

Tips terakhir, tulis kutipan preview secara ringkas. Tujuannya supaya teks tidak terpotong oleh tampilan layout email.

Panjang ideal karakter kutipan preview adalah 40 sampai 130 karakter untuk desktop. Sedangkan untuk email smartphone jauh lebih sedikit, hanya 30 sampai 55 karakter saja. Jika bingung bagaimana cara meringkas pesan kutipan, coba gunakan emoji sebagai sarana pengganti kata.

Demikianlah cara membuat email bisnis yang menarik dan anti di-skip memakai taktik preview teks atau header awal.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera gencarkan penjualan Anda via preheader email marketing mulai dari sekarang. Semoga tips di atas bermanfaat!

Masih mencari lebih banyak cara membuat email bisnis sukses, atau tips marketing online lain? Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan artikel informatif gratis khusus untuk Anda. Bisa juga download MARKEY app di Google Play dan App Store untuk kenyamanan membaca yang lebih maksimal.

Sampai bertemu lagi di tips marketing online lainnya!

Review Aplikasi Kost Terbaik Saat Ini : Cara Baru Iklan Hunian

0
aplikasi-kost

Bisnis sewa kost kostan Anda sepi? Yuk gencarkan iklan Anda dengan aplikasi kost online terbaik “Mamikos”!

Saat ini hampir semua aktivitas bisa dilakukan secara online dengan aplikasi. Mulai dari belanja online, pesan jasa ojek, berobat, sampai yang paling baru : mencari sewa kost kostan.

Berbisnis hunian lewat aplikasi kost harian jauh lebih menguntungkan lho. Anda tidak perlu lagi susah payah memasang iklan, justru calon penyewa lah yang akan datang menggedor pintu kost Anda!

Daripada penasaran, ayo simak keuntungan berbisnis hunian kekinian dengan aplikasi kost terbaik di bawah ini!

Apa Itu Aplikasi Kost Online “Mamikos”?

aplikasi-kost

Mencari hunian kost-kost’an kini semudah berbelanja di ecommerce! Anda bebas mencari semua informasi kost impian tanpa perlu berkeliling kota atau menggunakan jasa calo. Bagaimana caranya?

Jawabannya adalah dengan menggunakan aplikasi kost online “Mamikos”. Mamikos adalah aplikasi kost harian, mingguan dan bulanan pertama dari Indonesia yang tengah naik daun.

Beroperasi sejak 2015 sampai sekarang, Mamikos sudah membantu ribuan warga menemukan kost kostan hunian terbaik. Tak hanya itu, aplikasi kost harian ini juga turut mewadahi orang-orang yang ingin menyewakan hunian mereka.

Mamikos menghadirkan inovasi unik yang belum pernah terpikirkan oleh masyarakat sebelumnya. Terobosan inovatif inilah yang akhirnya berhasil membawa aplikasi cari kost online ini sangat terkenal.

Aplikasi kost harian Mamikos bisa didownload gratis dari Google Play Store (Android) dan Apple Store (iOS), atau diakses dari website resminya: https://mamikos.com/.

Aplikasi Kost dengan Konsep Ecommerce

Kemudahan sistem aplikasi ecommerce sukses menginspirasi banyak orang. Konsep ruang transaksi online dalam aplikasi ini rupanya bisa diterapkan untuk berbagai komoditas, termasuk bisnis gedung (real estate).

Aplikasi kost harian “Mamikos” sendiri juga mengadaptasi konsep kerja ecommerce. Di sini masyarakat bisa berkumpul untuk menawarkan kost-kost’an mereka atau bertindak sebagai konsumen. Jadi Anda tidak perlu repot-repot berkeliling hanya untuk mencari kost.

Bisnis kost-kost’an online ini sangat mudah sekaligus menjanjikan! Diketahui ada lebih dari 8 juta orang per bulan mencari informasi sewa tempat tinggal via aplikasi. Bayangkan berapa banyak omset yang bisa Anda raup dengan jumlah traffic sebesar ini!

4 Fitur Unggulan Aplikasi Kost “Mamikos”

Aplikasi sewa kost “Mamikos” sudah pasti dilengkapi fitur-fitur unggulan untuk memaksimalkan pelayanannya. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Ini ulasannya:

1. Informasi Kost Terlengkap dan Terverifikasi

Teknologi Mamikos memuat data-data sewa rumah terlengkap dari seluruh kawasan Indonesia. Pengguna bisa mengunggah foto, video dan informasi detil dari gedung sewaan untuk ditelusuri masyarakat.

Sampai sekarang diketahui ada lebih dari 2 juta data kost kostan yang terekam dalam sistem Mamikos. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah dan diupdate agar tetap relevan dengan kondisi terkini.

Selain itu, terdapat pula tim pengecek sekaligus validator bernama “Mamichecker”. Tim inilah yang bertugas memeriksa keaslian seluruh informasi sewa yang masuk ke aplikasi. Tujuannya tak lain untuk memastikan semua data benar adanya dan menghindarkan konsumen dari aksi penipuan sewa kost.

2. Telepon Gratis (Free Call)

Sebelum akhirnya deal bertransaksi, sering kali penyewa dan konsumen melakukan negosiasi terlebih dahulu. Sayangnya, penyewaan kost online tidak memungkinkan kita untuk bertemu muka langsung. Maka dari itu, aplikasi Mamikos menyediakan solusi alternatif berupa saluran free call.

Fitur telepon gratis ini bisa Anda gunakan untuk menelepon pemilik kost kostan idaman. Anda bebas menelepon sebanyak mungkin orang atau selama mungkin tanpa perlu khawatir kehabisan pulsa, semuanya gratis!

3. Foto Rotasi 360 Derajat

Fitur unik aplikasi cari kost online Mamikos adalah foto yang bisa diputar (rotasi) sampai 360 derajat. Fitur ini penting untuk memudahkan konsumen melihat kondisi keseluruhan kamar kost. Jadi Anda tetap bisa merasa seperti sedang tur keliling kamar kost walaupun cuma via aplikasi!

4. Review Pengguna Kost

Terakhir sekaligus tak kalah penting adalah fitur review dari pengguna kost. Sama seperti review konsumen di ecommerce, penyewa kost dapat memberi ulasan pendapat mereka selama tinggal di kost pilihan.

Halaman review pengguna akan membantu calon konsumen menilai kondisi kost yang ditawarkan via app. Anda bisa memberi rating bintang, foto asli kondisi kost dan opini pada kolom yang telah disediakan.

Pun fitur review akan memotivasi penyewa lebih semangat menjaga sekaligus mengoptimalkan bisnis kost kostannya agar mendapat rating baik.

3 Keunggulan Aplikasi Kost Online “Mamikos”

Aplikasi cari kost jauh lebih menguntungkan ketimbang bisnis sewa kost tradisional. Inilah kehebatan yang ditawarkan bisnis sewa hunian secara online:

1. Laris Diburu Konsumen

Faktanya, bisnis jual beli properti hunian tidak akan pernah mati. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, maka wajar saja jika gedung tempat tinggal akan selalu diburu masyarakat setiap tahun.

Kini teknologi turut mempermudah masyarakat mencari serta menawarkan bangunan. Lewat perantara aplikasi Anda bisa melipatgandakan omset tanpa perlu keluar banyak tenaga. Cukup sekali posting iklan di app, lalu konsumen yang akan mendatangi lapak Anda.

2. Bebas Pilih Kost Sesuai Kebutuhan dan Harga

Konsumen bebas memilih sendiri kostan mereka sesuai kebutuhan, review, tipe kost (putra atau putri saja, dan campuran) jarak lokasi, ataupun budget masing-masing. Tersedia fitur filter pencarian kost yang akan memudahkan konsumen saat menyelam mencari info kost.

Filter Mamikos dilengkapi dengan kecerdasan buatan sendiri untuk memaksimalkan hasil penelusuran. Mau mencari sewa kostan terdekat? Aktifkan fitur GPS ke aplikasi dan mulailah menelusuri dalam hitungan detik!

Fitur pencarian ini juga bermanfaat bagi penjual, lho. Bingung menentukan berapa harga sewa kost yang tepat sekaligus kompetitif? Tenang saja, Anda bisa melakukan riset kecil dengan mengamati harga rata-rata sewa kost harian atau bulanan dari kompetitor.

3. Informasi Akurat, Aman 100% Bergaransi

Konsumen tidak perlu mengkhawatirkan keaslian iklan kost yang mereka terima. Pasalnya, semua info kost dari Mamikos dijamin asli, aman dan dilindungi garansi. Penjual juga tidak akan dirugikan oleh isu-isu penipuan sewa ritel yang marak di masyarakat.

Bahkan Anda pun bebas mengupdate informasi kost demi menjaga keakuratan kondisi asli hunian. Apabila dibutuhkan, tim survey Mamikos bisa langsung datang ke lokasi untuk mengecek kondisi bangunan dan berdiskusi dengan Anda terkait strategi penyewaan. Praktis, bukan?

2 Kelemahan Aplikasi Kost Online

Walaupun memiliki prospek yang amat cerah, sayangnya aplikasi cari kost harian “Mamikos” juga tetap mempunyai kelemahan yakni:

1. Belum Tersedia Keterangan Jarak

Masih belum ada fitur yang memuat keterangan jarak tempuh dari kost ke tempat-tempat umum seperti universitas, sekolah, kantor, pasar, rumah sakit dan lain-lain. Padahal salah satu pertimbangan penting saat memutuskan sewa kost adalah jarak hunian ke tempat-tempat strategis di sekitar.

2. Belum Memiliki Fitur Komunitas Pemilik Kos

Akan lebih baik jika aplikasi bisnis kost dilengkapi dengan fitur komunitas atau perkumpulan bagi para pemilik gedung. Forum online bisa membantu Anda memperluas koneksi atau kerjasama dengan pebisnis real estate lainnya.

Selain itu, forum bisa membantu pebisnis kost pemula mempelajari strategi sewa atau jual kost dengan lebih baik.

Tertarik Berbisnis Kost? Dapatkan Aplikasi Kost Anda Di Sini!

Bisnis real estate atau hunian mempunyai prospek yang amat cerah dan tak akan mati. Jika saat ini Anda punya gedung yang masih bagus untuk disewakan, yuk segera manfaatkan untuk ladang pemasukan baru!

Kabar baiknya, kini semua orang bisa berbisnis sewa atau jual beli gedung tempat tinggal dengan aplikasi cari kost terbaik APPSHOP : REAL ESTATE.

Aplikasi ini jauh lebih unggul ketimbang aplikasi kost terbaik lain karena fitur-fiturnya lebih lengkap, canggih dan baru, yakni:

  • Kategori hunian sewa atau jual: memudahkan konsumen menentukan tipe gedung yang mau mereka beli atau sewa perbulan/harian/mingguan.
  • Denah detail floorplan: tidak perlu datang ke lokasi, konsumen bisa melakukan tur virtual di lokasi gedung lewat aplikasi (bebas scroll foto kamar, menyimak denah lantai, tata ruang sampai cek skala gambar).
  • Katalog hunian terupdate: pancing rasa penasaran konsumen dengan memajang iklan, deskripsi, katalog hunian dan foto-foto desain eksterior/interior terupdate.
  • Review gedung dari konsumen: penyewa lama bisa memberi review bintang 1 sampai 5 terkait pengalaman menyewa rumah dari aplikasi.
  • Lokasi dengan maps (GPS): cantumkan link alamat gedung kost ke deskripsi katalog agar bisa langsung diklik dan terhubung ke sistem GPS konsumen. Jadi mereka bisa langsung mendapat rute terbaik menuju lokasi bangunan.
  • Bangunan favorit: bebas simpan semua gedung yang disuka supaya tidak hilang saat asyik scroll timeline katalog!
  • Manajemen admin satu tempat: khusus untuk memudahkan penjual, semua fitur manajemen profil dan penjualan dikumpulkan dalam satu tempat strategis. Tidak perlu skill atau pengalaman khusus untuk bisa menggunakan seluruh fitur jualan APPSHOP!

Banyak sekali bukan fitur-fitur canggihnya? Eits, tak berhenti sampai di situ, Anda juga pasti mendapat ratusan keuntungan lain jika mulai berbisnis dengan aplikasi kost terbaik APPSHOP seperti:

  • Garansi bantuan IT 100% seumur hidup untuk perbaikan atau update aplikasi.
  • Sesi konsultasi gratis dengan staf marketing profesional untuk menyusun taktik bisnis.
  • Bebas custom tampilan dan fitur aplikasi agar lebih sesuai dengan citra brand.
  • Bantuan pemasaran aplikasi di platform besar seperti Google Play dan Apple Store.

Jadi mau tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi kost terbaik APPSHOP : REAL ESTATE di https://appshop.co.id/real-estat/ dan segera mulai bisnis sewa kost kostan Anda sekarang!

Anda bebas menawarkan gedung hunian milik sendiri atau mengumpulkan para penyewa lain dengan aplikasi APPSHOP. Apapun strateginya, belum terlambat bagi Anda mulai meraup banyak omset lewat bisnis aplikasi cari kost.

Punya pertanyaan atau masalah bisnis online untuk didiskusikan? Jangan ragu hubungi kami di sini, karena layanan APPKEY selalu terbuka hangat menyambut Anda. Sampai bertemu lagi!

Tiktok Shop VS Instagram Shop, Mana yang Lebih Laris Manis?

0
ig-vs-tiktok-shop

TikTok shop kini hadir menyaingi IG bisnis shop. Kira-kira manakah platform terbaik untuk olshop dari keduanya?

TikTok VS Instagram sering menjadi topik perdebatan masyarakat. Tidak hanya membandingkan fitur sosmednya saja, orang-orang kini tertarik mencari tahu keunggulan dari TikTok VS Instagram bisnis shop.

Pasalnya, TikTok dan Instagram menjadi semakin mirip belakangan ini. Keduanya sama-sama menyediakan kemudahan untuk menjual dan membeli produk online.

Kalau Anda masih bingung sebaiknya berjualan dimana, yuk simak dulu review lengkap TikTok VS Instagram bisnis shop yang telah kami rangkum berikut ini.

Baca juga : Mengenal Tiktok Shop Seller : Cara Jualan Baru di Tiktok Shop

Kemunculan TikTok Shop & Instagram Shop

tiktok-shop-seller

Serupa tapi tak sama, itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan dua platform sosial media terpopuler abad ini: Instagram dan TikTok. Mereka berdua adalah aplikasi sosial media visual (foto dan video) yang paling ngetrend se-internasional kali ini.

Baru-baru ini pun masyarakat dihebohkan kembali oleh inovasi TikTok seller shop yang dinilai mirip dengan Instagram shop feature. Tidak cuma fitur-fiturnya saja yang unggul, melainkan keduanya turut ampuh meningkatkan penjualan online.

Instagram shopping feature dirilis lebih dulu daripada TikTok shop. Instagram bisnis shop diluncurkan pada Maret 2017, sedangkan TikTok seller shop baru hadir pada September 2021. Hal ini sejatinya masuk akal mengingat kepopuleran TikTok yang baru meledak pada 2020 lalu.

Sejak Instagram shopping feature dirilis, banyak penelitian dan pengamat SEO menilai kesuksesannya dalam meningkatkan traffic bisnis online. Salah satunya survey dari BigCommerce yang menyebut kenaikan popularitas brand setelah kehadiran Instagram shopping feature sebesar 1.1416%. Tak berhenti sampai di sana, peningkatan omset pun diraih olshop Instagram hampir sebesar 20% dari normal.

TikTok seller shop pun tak mau kalah. Walaupun baru hadir selama beberapa bulan, fitur ini sukses mendulang kesuksesan peningkatan omset dan traffic olshop hingga menyentuh angka 50%. Banyak orang terbukti mau berbelanja produk usai menonton iklannya di TikTok.

6 Review TikTok Shop vs Instagram Shop Feature

Inilah dia review keunggulan cara jualan di Instagram shop maupun TikTok dari berbagai aspek:

1. Kemudahan Sinkronisasi dengan Sosmed

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi sosial media untuk saling bertautan satu sama lain. Misalnya Instagram yang terkoneksi dengan Facebook, atau konten LINE yang kini bisa dibagikan ke WhatsApp dan Twitter.

Lalu bagaimana dengan TikTok seller shop dan Instagram bisnis feature?

Instagram shop feature bisa disinkronisasi dengan mudah ke platform sosial media lain, seperti Facebook. Hal ini dimungkinkan mengingat IG dan FB berada dalam satu naungan perusahaan.

Jadi Anda bisa mempraktekkan cara jualan di Instagram shop dan Facebook market sekaligus. Semua katalog produk maupun iklan dari IG shop juga bisa langsung ditayangkan bersamaan ke Facebook marketplace. Praktis, bukan?

Sayangnya Anda tidak bisa melakukan hal tersebut di platform TikTok seller shop. Sedari dulu TikTok tergolong ‘ketat’ terkait distribusi kontennya untuk mencegah pembajakan.

Maka mau tak mau, Anda harus membuat konten iklan terpisah untuk diposting di berbagai sosial media. Anda tetap bisa mendownload atau share link postingan untuk membagikannya ke sosmed selain TikTok.

2. Demografi User TikTok dan Instagram

Perbedaan paling mencolok dari cara jualan di Instagram shop dan TikTok shop adalah demografi atau kondisi penggunanya.

Menurut hasil survey terbaru, demografi pengguna IG dan TikTok Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut:

Demografi Pengguna 2021 Instagram TikTok
Usia 16-24 tahun 36,4% 40%
25-34 tahun 31,9% 37%
Gender Laki-laki 47,4% 39%
Perempuan 52,6% 59%
Jumlah pengguna total (Indonesia) 87,9 juta 4,14 juta

 

Dari tabel di atas terlihat kondisi demografi pengguna sosial media TikTok dan Instagram pada tahun 2021. Kini Anda bisa mencocokkan platform mana yang sekiranya paling sesuai dengan target konsumen bisnis.

3. Kenyamanan User Experience (UX)

TikTok seller shop dan Instagram shop feature sama-sama memiliki tampilan antarmuka aplikasi (User Interface; UI) yang simpel dan praktis. Tapi apakah pengalaman pengguna aplikasi (User Experience; UX) kedua aplikasi juga sama baiknya?

Sebagian orang mengaku cara jualan di Instagram shop agak kurang efektif. Pasalnya, kita belum bisa langsung memesan produk dari postingan Instagram. Alih-alih kita akan diarahkan ke link eksternal website ecommerce dari post IG. Nah, di sinilah baru kita bisa membeli produk.

Sedangkan TikTok lebih unggul untuk pemesanan produk. Pengguna bisa langsung memesan produk yang mereka tonton di TikTok tanpa perlu beralih aplikasi atau link. Hal ini dimungkinkan berkat kerja sama TikTok dengan layanan ecommerce Shopify.

Kita pun bisa membayar belanjaan dengan beragam metode seperti transfer bank atau e-wallet GoPay dan OVO. Lebih praktis, bukan? Alhasil banyak orang tertarik mendownload TikTok seller shop.

4. Mudah Menambah Katalog

Baik TikTok maupun IG shopping, keduanya menyediakan slot khusus untuk upload katalog produk. Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan cara upload katalog. Cukup gunakan fitur unggah katalog dan langsung lengkapi isinya dengan rincian detil: nama produk, deskripsi, harga, foto dan video produk.

Fitur ini pun sangat bermanfaat untuk memudahkan pelanggan melihat-lihat barang yang dijual secara online, persis seperti etalase olshop kekinian.

5. Hanya Bisa Diakses oleh Akun Bisnis

Persamaan lain dari TikTok dan IG shop adalah sama-sama bisa diakses oleh akun bisnis. Akun personal tidak akan mendapatkan akses tambahan ke fitur khusus bisnis.

Jadi, untuk bisa berbisnis dengan maksimal di TikTok maupun IG shop, Anda wajib mendaftar dengan akun bisnis terlebih dahulu. Caranya lumayan simpel.

Di TikTok, Anda perlu mendownload TikTok shop dan membuat akun bisnis. Sedangkan di Instagram, Anda bisa mengubah akun personal menjadi akun bisnis dengan opsi pengaturan: ‘Switch to Business Profile’ (Beralih ke Akun Bisnis).

Setelah berhasil pindah ke akun bisnis, barulah Anda bisa mengunggah katalog, memasang iklan dan berjualan di TikTok maupun IG shop.

6. Bisa Tag Produk di Unggahan

Review terakhir TikTok vs Instagram bisnis adalah sama-sama mudah untuk men-tag produk di unggahan. Tag ini berguna membantu penjual menonjolkan produk dagangan mereka, lengkap dengan nama dan harganya.

Pembeli pun bisa langsung mencari tahu produk incaran mereka lewat tag ini. Tag akan membantu mengarahkan mereka ke laman ecommerce produk pilihan. Alhasil pembeli bisa langsung check out produk tanpa ribet.

7. TikTok Shop VS Instagram: Kesimpulan

Nah itulah dia review TikTok VS Instagram bisnis shop. Sudahkah Anda menemukan platform terbaik untuk mengembangkan bisnis online?

Sesungguhnya baik TikTok maupun IG shop sama-sama bagus dan cocok untuk mengembangkan bisnis online tanpa modal. Kedua platform menyediakan fitur-fitur gratis unggulan yang ampuh menjaring banyak konsumen secara virtual.

Anda bisa memilih platform terbaik dengan melihat kembali siapa target utama konsumen bisnis. Apabila pelanggan olshop Anda selama ini lebih banyak datang dari Instagram, maka kencangkanlah cara jualan di Instagram bisnis shop.

Namun jika pelanggan Anda adalah kelompok pengguna TikTok, otomatis download TikTok shop dan mulailah berpromosi. Tapi Anda tetap boleh berpromosi di kedua platform. Strategi ini pun bagus untuk memperluas jangkauan bisnis Anda ke depannya.

Apapun pilihan Anda nantinya, yang terpenting adalah tetap memaksimalkan promosi bisnis di platform pilihan menggunakan strategi terbaik. Caranya?

Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan tips, info dan berita seputar bisnis online terupdate GRATIS untuk Anda. Bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store untuk cara baca yang lebih praktis.

Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya, sayonara!