Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Mengenal NLP Adalah : 9 Cara Agar Bisnis...

Mengenal NLP Adalah : 9 Cara Agar Bisnis Sering Muncul di Google

-

NLP adalah sistem terbaru Google yang bisa memahami isi artikel dengan akurat. Dengan teknologi NLP, Google bisa lebih mudah memilih artikel yang paling pas isinya dengan penelusuran pengguna.

Oleh sebab itulah NLP termasuk ke dalam strategi SEO yang penting. Memahami NLP SEO bisa menjadi cara agar bisnis muncul di pencarian Google, khususnya di posisi ranking 1.

Bayangkan berapa banyak klik, traffic dan keuntungan yang bisa Anda peroleh jika artikel berhasil muncul di ranking 1 Google. Pasti banyak sekali!

Yuk langsung saja kita simak apa itu NLP Google dan bagaimana cara ranking 1 Google dengan trik NLP SEO. Selamat membaca!

Apa yang Dimaksud NLP Google?

nlp adalah

NLP adalah istilah yang cukup populer dalam dunia pemrograman (IT). Sejatinya NLP adalah singkatan dari “Natural Language Processing” atau “Bahasa Pemrograman Natural”.

NLP adalah bahasa pemrograman yang unik. Sistem ini bisa membantu mesin mengerti maksud dari ujaran manusia. Alhasil NLP sangat berguna dalam penyempurnaan teknologi kecerdasan buatan Google.

Dulu, mesin Google tidak bisa memahami isi tulisan artikel, ujaran, ataupun perintah dari pengguna. Hampir semua orang, apalagi masyarakat awam, pasti menggunakan bahasa biasa sehari-hari untuk menelusuri informasi di Google.

Masalah pun muncul karena sebagai mesin, Google hanya bisa mengerti perintah-perintah kaku yang diperuntukkan untuk sistem komputer saja. Akibatnya pengguna Google agak kesulitan menemukan artikel atau informasi sesuai kebutuhan.

Namun dengan sistem NLP, sistem Google kini bisa memahami setiap maksud ujaran dari penggunanya. Tidak hanya dalam bentuk teks (keyword tulis) saja, NLP Google juga bisa mengerti ujaran pengguna dalam bentuk lisan (voice search). Kini, pencarian Google bisa lebih tepat, akurat dan optimal.

5 Kecanggihan NLP Google

Sistem NLP bisa memahami banyak hal, seperti:

  • Mengerti isi dari sebuah dokumen atau artikel.
  • Mengerti nuansa pemakaian bahasa tulis di dokumen atau artikel. Semisal membedakan dokumen ilmiah atau artikel santai dengan humor.
  • Mampu memilah, menyoroti dan mengelompokkan setiap bab atau sub bab bahasan artikel.
  • Mengerti maksud dan poin yang ingin ditelusuri pengguna lewat suara (voice search).
  • Mengerti intisari dari topik penelusuran walaupun terdapat kesalahan ejaan (typo) pada kata kunci yang digunakan.

Sejarah NLP Adalah

Teknologi NLP ditemukan pada tahun 1950 oleh seorang programmer ternama bersejarah asal Inggris, Alan Turing.

Turing memperkenalkan konsep NLP melalui publikasi berjudul Computing Machinery and Intelligence. Di sana juga ia memperkenalkan sistem “Uji Turing” untuk mengetes keberhasilan sistem kecerdasan buatan.

Inti dari publikasi tersebut adalah konsep kerja NLP. Komputer didesain sedemikian rupa menggunakan perpaduan simbolik kode dan bahasa manusia untuk menciptakan kecerdasan tersendiri. Berangkat dari konsep itulah kini kita mengenal sistem NLP SEO yang bermanfaat untuk dunia bisnis online.

Apa Fungsi NLP Google?

Apakah NLP Google berpengaruh dalam sistem SEO? Jawabannya sudah jelas “iya”.

Tidak perlu repot-repot mencari cara ranking 1 Google yang rumit. Menerapkan strategi SEO NLP saja sudah cukup menjadi cara agar bisnis muncul di pencarian Google nomor 1.

Google sudah menerapkan sistem awal NLP sejak 2019 silam melalui algoritmanya yang bernama BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers). Penerapan NLP menjadi strategi Google untuk meningkatkan pelayanan pengguna mereka sampai sekarang.

Beberapa manfaat NLP pada algoritma BERT Google adalah:

  • Memunculkan hasil rekomendasi yang paling sesuai isinya dengan keyword pengguna.
  • Membantu menyoroti (highlight) poin sub bab yang ditelusuri pengguna.
  • Bisa memahami maksud penelusuran pengguna meskipun terdapat salah ketik (typo) pada keywords.
  • Mempengaruhi snippet Google dan ranking website SEO organik.
  • Memilah konten website yang akurat dan sesuai dengan sistem SEO terbaru.
  • Mengeliminasi konten-konten yang melanggar ketentuan SEO (spam keyword, spam link, dan lain-lain).

Selain sebagai cara agar bisnis muncul di Google, tentunya NLP bisa membantu mendekatkan calon konsumen ke lapak dagangan online kita. Jadi, Anda wajib mengoptimalkan konten SEO mulai sekarang karena NLP Google super selektif menilai artikel dari setiap web!

Artikel terkait  Inilah Cara Membuat Story Telling yang Memikat untuk Brand Bisnis

8 Cara Ranking 1 Google dengan NLP SEO

Bagaimana caranya agar bisnis muncul di pencarian Google? Studi terbaru menunjukkan ada 8 cara ranking 1 Google yang terbukti ampuh. Kedelapan cara tersebut pun sudah disesuaikan dengan sistem kerja NLP Google. Berikut poin-poinnya:

Beri Rekomendasi Bahasan Lain

Pernahkah Anda membaca sebuah artikel di website dan menemukan kolom rekomendasi bahasan yang terkait di dalamnya? Bukan tanpa alasan, ini ternyata sebuah strategi SEO NLP yang terbukti manjur!

Menyertakan rekomendasi bahan bacaan lain yang terkait topik bisa meningkatkan “dwell time”. Dwell time adalah durasi seseorang mengunjungi website Anda.

Menurut sistem SEO NLP, semakin lama seseorang membaca isi web Anda, maka akan semakin baik—artinya, website Anda menyediakan jawaban yang relevan dengan kebutuhan pengguna Google. Menyediakan rekomendasi bacaan terkait juga bisa memancing interaksi (engagement) pengguna dengan web Anda.

Contoh penyediaan rekomendasi artikel pada website misalnya:

  • Topik utama artikel: Tips Memulai Bisnis Dropship
  • Rekomendasi artikel terkait: Pengertian Dropship; Perbedaan Dropship dan Reseller; Ide Bisnis Dropship Tanpa Modal; Strategi Bisnis Online; dan lain-lain.

Tips:

  • Usahakan topik bahasan yang direkomendasikan masih sesuai dengan artikel utama. Jika perlu, Anda bisa mempelajari bagaimana website-website di Google merekomendasikan artikel yang terkait.

Gunakan SEO Tools

Optimalisasi SEO faktanya memang cukup sulit jika dilakukan secara manual. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa peralatan SEO khusus yang tersedia gratis ataupun berbayar di internet.

Beberapa rekomendasi SEO tools misalnya:

  • SurferSEO: alat bantu analisa keyword density, desain web terbaik dan +500 faktor-faktor yang memengaruhi ranking SEO website Anda.
  • io: alat bantu pembuat konten artikel yang sesuai dengan konsep SEO-friendly. Dilengkapi tools tambahan untuk riset keyword, riset topik konten, pembuatan brief konten dan optimalisasi hasil akhir.
  • Can I Rank: tool SEO yang memberi masukan, tips, dan strategi improvisasi untuk website bisnis Anda agar bisa menduduki peringkat 1 Google.
  • com: website tool SEO berupa kolom teks editor khusus untuk mengecek typo, grammar dan perbaikan tone/nuansa tulisan. Jadi Anda bisa lebih mudah menulis artikel yang terkesan profesional maupun santai.

Lakukan Building Link Internal

Strategi selanjutnya adalah melakukan building link internal. Apa itu?

Kita tidak mungkin cuma memposting 1 artikel saja ke website bisnis. Pastinya ada banyak artikel dengan beragam bahasan yang kita buat setiap hari untuk memancing ketertarikan konsumen.

Building link internal adalah aktivitas menyelipkan link-link artikel lama website Anda ke artikel yang baru ditulis. Keberadaan link internal dalam artikel turut mendongkrak penilaian ranking web di mata Google.

Selain itu, internal link juga bisa membantu pembaca menemukan lebih banyak artikel yang relevan untuk menambah wawasan mereka. Strategi ini bisa dipadukan dengan tips nomor 1 di atas.

Tips:

  • Tautkan link internal website sebanyak 1 hingga 2 link saja per artikel.
  • Hindari menautkan terlalu banyak link karena akan dianggap spam.
  • Pasang link pada kata kunci yang sesuai di artikel. Pelajari strategi penempatan link internal pada artikel-artikel lain di Google bila perlu.

Lakukan Analisis Sentimen

Cara ranking 1 Google NLP lainnya adalah dengan melakukan analisis sentimen. Sentimen yang dimaksud di sini merupakan penilaian masyarakat terhadap brand bisnis Anda.

Google mengumpulkan semua penilaian konsumen terhadap suatu brand. Jadi akan amat mudah bagi Anda untuk melakukan analisis sentimen ini. Hasil analisis pun bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak kualitas, kredibilitas serta reputasi usaha online untuk jangka panjang.

Tips analisis sentimen konsumen:

  • Kumpulkan data testimoni atau review konsumen dengan NLP Google.
  • Cari tahu semua pendapat konsumen dari berbagai linimassa e-commerce, situs review khusus, sosmed, ataupun testi-testi yanng ditinggalkan konsumen pada website bisnis Anda sendiri.
  • Lakukan analisa baik untuk data yang sudah bagus ataupun pendapat-pendapat negatif dan kritik. Atasi kritik serta kekurangan yang ada dengan improvisasi strategi SEO terbaru.

Perhatikan Metrik Konten

Ada dua jenis metrik yang harus Anda senantiasa pantau, yakni metrik salience dan metrik kategori konten. Begini penjelasan masing-masing metrik:

  • Metrik Salience NLP: nilai penting sebuah entitas (topik bahasan) dalam artikel. Rentang nilai ini antara 0,0 sampai 1,0. Semakin tinggi nilainya, maka Google akan menganggap pembahasan artikel penting, relevan dan berkualitas.
  • Metrik kategori konten: berisi pengelompokkan kategori konten dalam niche-niche atau domain tertentu. Metrik ini penting mengingat NLP bisa mengklasifikasikan artikel ke dalam berbagai kategori. Semakin baik nilai metrik ini, berarti artikel Anda sudah masuk ke dalam kelompok yang benar.

Artikel terkait  Sejarah Gojek Lengkap : Pemilik Saat Ini, Inovasi dan Keunggulannya

Pelajari Pemakaian Entitas Konten

Pada poin sebelumnya disebutkan bahwa metrik salience berkaitan dengan nilai entitas konten. Tapi apa yang dimaksud dengan entitas pada tulisan?

Dalam dunia SEO, entitas adalah kata, frasa dan kalimat yang dipakai mewakili objek yang dibahas dalam artikel. Contoh entitas misalnya event (acara), orang (tokoh), organisasi (perusahaan), dan sebagainya.

NLP Google bisa membedakan entitas satu dengan yang lain. Semisal membedakan entitas “Jaguar” (hewan) dengan “Jaguar” (brand mobil). Jadi ketika seseorang menelusuri suatu topik entitas, maka Google akan mencari tahu kategori apa yang ia maksud. Kemudian hasil penelusuran yang dirasa paling sesuai akan ditampilkan untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Pelajari Maksud Penelusuran (Search Intent)

NLP SEO Google ikut memperhitungkan maksud penelusuran (search intent) dari para penggunanya. Search intent adalah tujuan-tujuan utama user Google saat mencari informasi.

Ada empat jenis search intent yang umum dipahami oleh Google: komersial, informasional, transaksional dan navigasional. Setiap kategori search intent bisa memiliki strategi optimasi SEO yang berbeda, lho.

Maka dari itu, cari tahu kembali artikel-artikel Anda cocok untuk search intent jenis apa. Dengan begini, Anda lebih mudah merancang isi konten yang sesuai harapan pembaca.

Analisa Metrik Dokumen

Cara agar bisnis muncul di pencarian Google terakhir adalah dengan menganalisa dokumen atau artikel web Anda secara keseluruhan.

Dari sisi struktur tulisan web, terdapat dua metrik lain yang harus Anda analisa yakni metrik inverse document frequency dan term frequency. Inilah perbedaan dan kegunaan keduanya:

  • Metrik inverse document frequency (IDF): berisi nilai pembagian jumlah artikel total dengan artikel berisi keyword tertentu.
  • Metrik term frequency (TD): berisi panjang total artikel, jumlah keyword, serta jumlah pemakaian kata-kata umum di artikel.

Nilai kedua metrik di atas biasanya dihitung gabungan untuk membentuk nilai TD-IDF. Nilai TD-IDF ini digunakan Google NLP untuk memilih artikel yang relevan dengan keyword penelusuran serta mengeliminasi artikel spam keyword.

Sama seperti dua metrik terdahulu, semakin baik nilai akhir TD-IDF, maka artikel Anda akan semakin direkomendasikan ke pengguna. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang NLP SEO Google. Setelah mempelajari sistem NLP SEO di atas, semoga artikel kita bisa lebih sering muncul di halaman pertama Google, ya!

Mau tahu lebih banyak cara agar bisnis muncul di pencarian Google? Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store. Ada banyak info tips bisnis online menarik menanti Anda di sini!

Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya