Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 51

10 Cara Membuat Email Marketing Terbaru dan Terambuh

0
email marketing, cara membuat email marketing

Trend email marketing tahun ini sudah terungkap! Yuk langsung pelajari 10 cara membuat email marketing terbaru untuk menggaet lebih banyak konsumen online di masa depan berikut ini.

Siapa bilang trend email marketing sudah ketinggalan jaman? Justru sebaliknya, dunia email marketing Indonesia di tahun ini diprediksi akan lebih maju dari periode-periode terdahulu. Salah satu penyebabnya adalah pandemi yang mengubah gaya komunikasi bisnis secara jangka panjang.

Pun email marketing lebih ampuh menjaga keakraban serta loyalitas konsumen lama ketimbang sosial media lho. Kira-kira seperti apa cara membuat email marketing terbaru tahun ini? Mari telusuri jawabannya bersama di sini!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

10 Cara Membuat Email Marketing Terampuh dan Terbaru Untuk Bisnis

email marketing, cara membuat email marketing

Tanpa berbasa-basi lagi, yuk langsung catat dan praktekkan 10 cara membuat email marketing terbaru untuk memaksimalkan omset bisnis:

1. Pakai Layout Email yang Pas untuk Smartphone

Cara membuat email marketing sukses pertama di tahun depan adalah menggunakan layout email yang pas untuk tampilan smartphone (mobile friendly). Bukan tanpa alasan, strategi ini wajib Anda coba mengingat mayoritas masyarakat kekinian mengakses informasi online via smartphone mereka.

Trend email ini mulai jadi sorotan pasca diungkit oleh media SEO email marketing Email Out. Mereka meyakini bahwa email dengan tampilan smartphone friendly lebih memikat, nyaman dan disukai konsumen.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menyusun email sesuai template memakai beragam email marketing tools gratis yang ada. Jangan ragu mencoba berbagai strategi format konten demi menemukan model layout terbaik.

2. Personalisasi Isi Email

Kunci utama kesuksesan email marketing Indonesia terletak pada personalisasi isi email. Tidak seperti sosial media yang kontennya lebih bersifat umum, masyarakat menyukai email yang bahasannya spesifik atau sesuai kebutuhan mereka.

Bentuk personalisasi ini mungkin bisa Anda amati sendiri jika kebetulan Anda pernah menerima sebuah email marketing. Salah satu contoh personalisasi email marketing sederhana misalnya menyebut nama diri pelanggan ketimbang memakai sapaan umum “Anda”, “Kamu”, “Bapak”, “Ibu” dan sebagainya.

Personalisasi akan membantu audiens merasa bahwa diri mereka penting, diperhatikan dan ‘eksklusif’ di mata brand. Namun tantangannya adalah Anda harus mempersonalisasi isi setiap email, satu demi satu.

Untuk itu, kami sarankan Anda memakai email marketing tools berbasis AI (kecerdasan buatan). Banyak perusahaan memakai email marketing tools pintar yang bisa meriset minat serta kebutuhan setiap pelanggan; mengolah data otomatis; hingga menyisipkan sapaan nama audiens pada body atau subjek email.

Email marketing tools jelas akan membantu kinerja Anda jadi lebih cepat, akurat dan praktis hemat tenaga.

3. Riset Segmentasi Konsumen secara Rinci

Cara membuat email marketing faktanya tidak bisa sembarangan. Email marketing yang sukses tidak cukup hanya sekadar ditulis lalu dikirim. Jauh sebelumnya Anda harus meriset segmentasi konsumen bisnis secara rinci.

Riset dan segmentasi ini pun diprediksi akan menjadi trend email marketing. Segmentasi akan membantu perusahaan Anda lebih memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan interaksi, sekaligus mempertahankan kesetiaan mereka pada brand (customer retention).

Bagaimana cara melakukan riset segmentasi konsumen ini? Tidak perlu pusing, ada banyak strategi mudah untuk mengetahui isi hati pembeli bisnis Anda. Misalnya dengan membuat polling atau survey online. Di sini Anda bebas memanfaatkan sosial media sebagai alat bantu riset yang praktis.

Setelah mendapat hasil segmentasi, barulah Anda dapat menyusun email list yang lebih mudah plus terarah.

4. Gunakan Animasi pada Email

Siapa sangka, cara membuat email marketing selanjutnya adalah dengan menyisipkan animasi-animasi keren pada konten email? Betul, pemanfaatan animasi diyakini akan menjadi salah satu trend email marketing.

Pemakaian animasi dipandang ampuh menghidupkan suasana interaktif email marketing. Konsumen pastinya akan lebih tertarik ketika melihat ada animasi yang turut menghiasi pesan email mereka.

Tenang saja, kehadiran animasi tidak akan menghilangkan kesan profesional dan serius promosi bisnis Anda. Justru sebaliknya, animasi dapat turut memperkuat pesan persuasif promosi email.

Namun ada sejumlah tips yang wajib Anda patuhi ketika menggunakan animasi dalam email seperti:

  • Tidak menggunakan terlalu banyak animasi.
  • Gunakan animasi yang berhubungan atau relevan dengan isi konten.
  • Gunakan animasi dalam format animasi CSS atau GIF.

5. Berfokus pada Performa Marketing CTR

Sudahkah email marketing Anda berfokus pada performa CTR? Jika belum, inilah waktu yang tepat untuk memfokuskan kembali performa marketing Anda ke jalan yang benar.

Sampai saat ini mayoritas bisnis online menggunakan sistem open rate untuk mengukur kesuksesan iklan email marketing. Padahal sistem ini sejatinya tidak mampu menampilkan penyebab atau faktor sukses dan gagalnya sebuah email marketing.

Akan lebih baik jika Anda berfokus pada strategi performa marketing CTR (click through rate) saja. Mencari tahu apakah audiens melakukan tindakan pasca menerima email dirasa lebih bermanfaat, sebab kita menginginkan ada hasil nyata dari kampanye promosi.

6. Pakai Desain Email Sederhana

email marketing, cara membuat email marketing

Jangan terlalu bertele-tele dalam mendesain layout email marketing. Menggunakan template desain yang sederhana saja sudah cukup.

Trend email marketing Indonesia ini hadir pasca ramai kritik dari masyarakat yang menerima email marketing pada tahun 2021. Orang-orang mengeluh ‘pusing’ dan ‘kesal’ menerima email yang terlalu ramai dari segi desainnya.

Tak dapat dipungkiri, desain yang terlalu ramai memang terkesan mengganggu. Ketika unsur visual lebih mencolok ketimbang isinya, maka otomatis kita tidak bisa menangkap pesan yang disampaikan dengan baik.

Maka dari itu, ayo gunakan tampilan desain yang lebih simpel atau minimalis dengan warna-warni kalem. Pakai animasi hanya untuk membantu mempermudah konsumen menemukan info penting di email, seperti mengklik tombol CTA. Sebisa mungkin utamakan kenyamanan konsumen saat membaca email Anda, ya!

7. Kedepankan Sisi Komunikasi Interaktif

Tips membuat email marketing yang menarik berikutnya adalah dengan mengedepankan sisi komunikasi interaktif. Taktik ini akan menambah dorongan interaksi, view, engagement serta keinginan konsumen untuk mencoba produk/jasa Anda.

Kabar gembiranya, ada banyak cara sederhana dan unik yang bisa diterapkan untuk mengembangkan sisi interaktif dalam email seperti:

  • Memakai tombol CTA yang jelas, mencolok atau dilengkapi bumbu animasi.
  • Menerapkan filter efek roll over saat menampilkan promo atau katalog produk yang rinci.
  • Boleh selipkan beberapa gambar dan GIF simpel untuk membantu pembaca menemukan info penting.
  • Modifikasi email Anda dengan strategi gamification.
  • Menampilkan katalog dengan carousel interaktif.
  • Sediakan fitur day atau dark mode (model terang dan gelap) yang bisa dipilih sendiri oleh audiens.
  • Adakan survei, polling pendapat atau UGC (user generated content) pada email supaya rasa penasaran pembaca terpancing.

8. Gunakan UGC (User Generated Content)

UGC (user generated content) bisa menjadikan konten email Anda lebih hidup. Pun menyelipkan UGC juga direkomendasikan sebagai cara membuat email marketing yang ampuh mendorong penjualan.

Apa itu UGC? Sederhananya UGC adalah konten-konten terkait jasa atau produk yang dibuat oleh sesama konsumen. Misalnya ada orang yang mereview produk dan jasa Anda lalu mengunggahnya ke sosial media. Nah, itulah yang dinamakan UGC.

Kehadiran UGC dalam email terbukti mampu meningkatkan kesempatan serta nilai konversi pemirsa dari membaca email menjadi pembelian produk (transaksi). Ini karena UGC menyediakan suntikan testimoni terkait kualitas asli dari produk atau jasa yang ditawarkan. Akibatnya calon pembeli pun penasaran dan ingin mencoba sendiri.

Media Europe Business juga menegaskan UGC yang akan menjadi tren email marketing di tahun 2022 mendatang. Trik ini begitu simpel namun membawa hasil luar biasa pada traffic bisnis online Anda. Anda bisa mulai dengan menyelipkan foto-foto testimoni atau konten terkait produk dan jasa dari konsumen lama Anda. 

9. Integrasi dengan Media Sosial

Di era informasi dan komunikasi yang serba cepat ini, keberadaan email marketing tentu tidak bisa berdiri sendiri. Strategi pemasaran harus mampu beradaptasi dan berinovasi dengan perubahan yang terjadi, terutama dengan keberadaan media sosial yang semakin dominan. 

Oleh karena itu, email marketing yang efektif di era digital ini adalah yang dapat terintegrasi dengan platform lain, khususnya media sosial. Sebuah integrasi yang seharusnya dilakukan dengan cermat dan efektif.

Bayangkan, ketika Anda mengirimkan sebuah email promosi, di dalamnya terdapat tombol share atau ikon media sosial yang memudahkan penerima untuk membagikan konten email Anda kepada jaringan mereka di media sosial. 

Efek viral ini tentu saja meningkatkan eksposur dan jangkauan pemasaran Anda. Selain tombol share, penting pula untuk memasukkan fitur “follow us”. Dengan satu klik saja, pembaca bisa langsung mengikuti akun media sosial perusahaan Anda dan mendapatkan update terbaru langsung dari sumbernya.

Integrasi dengan media sosial ini bukan hanya sekedar menambahkan tombol atau ikon, tetapi juga memastikan bahwa konten yang Anda bagikan melalui email relevan dengan konten yang Anda bagikan di media sosial. Dengan kata lain, konsistensi branding dan pesan menjadi kunci dalam integrasi ini.

Alasan lain mengapa integrasi ini begitu krusial adalah perilaku konsumen saat ini. Konsumen modern tidak hanya aktif di satu platform saja; mereka berinteraksi di berbagai platform, dari media sosial, aplikasi pesan instan, hingga email. 

Dengan mengintegrasikan strategi email marketing Anda dengan media sosial, Anda tidak hanya meningkatkan jangkauan pemasaran Anda tetapi juga memperkuat hubungan dengan audiens. Sehingga, perusahaan dapat memiliki interaksi yang lebih dinamis, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi target pasar.

10. Otomatisasi dengan Drip Campaign

Dalam dunia pemasaran digital, otomatisasi telah menjadi salah satu strategi kunci yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan audiensnya secara lebih personal dan efisien. Salah satu bentuk otomatisasi yang kian populer dan efektif adalah drip campaign. 

Drip campaign, atau sering disebut juga sebagai email otomatisasi, adalah pendekatan yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan serangkaian email otomatis kepada konsumen atau prospek Anda berdasarkan aksi atau perilaku tertentu yang mereka tunjukkan.

Sebagai contoh, ketika seseorang mendaftar untuk newsletter Anda, alih-alih hanya mendapat satu email konfirmasi, mereka bisa mendapatkan serangkaian email yang dirancang khusus untuk mengenalkan mereka pada brand Anda, memberikan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda, atau bahkan memberi mereka penawaran eksklusif. 

Begitu pula, jika seorang pelanggan mengunduh ebook dari situs Anda, mereka mungkin mendapatkan email lanjutan yang memberikan informasi tambahan atau topik terkait yang mungkin menarik bagi mereka.

Keuntungan utama dari pendekatan ini adalah relevansi. Dengan otomatisasi seperti drip campaign, Anda tidak lagi mengirimkan pesan umum ke seluruh daftar email Anda. Sebaliknya, Anda berkomunikasi berdasarkan apa yang paling relevan dan bermakna bagi setiap individu, memastikan bahwa setiap komunikasi menambah nilai bagi penerima. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang konversi, tetapi juga memperdalam hubungan antara brand Anda dengan pelanggan, menciptakan interaksi yang lebih berarti dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang. 

Dalam era dimana konsumen dibanjiri informasi, personalisasi dan relevansi seperti yang ditawarkan oleh drip campaign menjadi aset berharga untuk setiap perusahaan yang ingin membedakan diri dan membangun loyalitas pelanggan. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang 10 trend dan cara membuat email marketing terbaru tahun depan. Yuk mulai pikirkan strategi email marketing terbaik Anda berbekalkan informasi baru yang sudah disimak sebelumnya!

Tahun akan terus berganti. Jadi pantau terus website dan sosial media MARKEY agar tidak ketinggalan update berita terbaru, trend dan ramalan berita seputar dunia bisnis online. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai berjumpa pada pembahasan inspiratif menarik lainnya dari MARKEY!

7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

0
cara-agar-twitter-rame

Sudah coba berbagai tips branding Twitter tapi olshop Anda tetap sepi? Yuk segera update strategi promosimu dengan 7 cara agar Twitter rame berikut ini cocok untuk olshop, freelancer dan influencer!

Bisnis Twitter saat ini sedang naik daun di kalangan masyarakat. Kepopuleran Twitter yang mencuat di kalangan internasional sukses mendorong banyak orang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan bisnis, produk, jasa ataupun membangun personal branding.

Namun Anda perlu tahu serangkaian cara agar Twitter rame followers dan konsumen bisnis. Yuk langsung saja kita simak cara-cara selengkapnya!

Kenapa Berbisnis Twitter?

Bisnis di sosial media adalah hal yang termudah dilakukan. Namun tidak seperti sosmed lainnya, Twitter menawarkan kesempatan branding dan penjualan yang amat tinggi.

Twitter memiliki nilai daya jangkau pemirsa (reach) dan daya temu (discoverability) yang amat luas. Tweet Anda bisa dijangkau banyak orang dari berbagai kalangan, zona waktu maupun wilayah tanpa batas. Otomatis, bisnis Anda berkesempatan untuk menjaring sebanyak mungkin pelanggan baru.

Maka dari itu Anda tidak boleh melewatkan peluang berbisnis Twitter. Entah Anda ingin mempromosikan produk, jasa freelancer ataupun melakukan self-branding sebagai influencer, semuanya bisa dilakukan di Twitter.

Hanya saja, melakukan strategi branding Twitter bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Agar berhasil,  Anda perlu mempelajari bagaimana cara agar Twitter rame dengan cepat.

7 Cara Agar Twitter Rame : Untuk Olshop, Influencer dan Freelancer.

cara-agar-twitter-rame

Inilah 7 cara jualan di Twitter yang tepat agar laris-manis sepanjang waktu:

1. Membuat dan Membagikan Press Release Brand

Tips branding Twitter pertama adalah membuat dan membagikan press release seputar bisnis di beranda Twitter. Press release adalah liputan pers yang memuat kabar-kabar terbaru terkait usaha Anda.

Bahkan pihak resmi Twitter Bisnis sendiri pernah mengumumkan keampuhan ulasan pers untuk meningkatkan branding Twitter secara signifikan. Semua jenis bisnis Twitter disarankan minimal pernah mengunggah artikel, kutipan atau postingan berita branding yang positif untuk menarik perhatian audiens online.

Press release dapat membangun rasa penasaran masyarakat terhadap brand Anda. Selain itu, rilisan pers bisa turut menambah kredibilitas usaha di mata konsumen. Liputan media akan menjadi ‘sinyal’ bahwa usaha Anda sungguh-sungguh berdedikasi dan berkualitas layanannya.

Namun jangan lupa untuk mencantumkan caption terima kasih saat me-retweet postingan press release terkait bisnis ke timeline.

2. Memperkenalkan Usaha secara Gamblang

Sebelum menyelam lebih jauh ke cara jualan di Twitter, sebaiknya perkenalkan terlebih dahulu akun bisnis Anda ke masyarakat Twitter.

Perkenalan bisnis Twitter yang baik sepatutnya dilakukan secara gamblang, simpel dan detil (inklusif). Semakin menarik laman profil Twitter Anda, maka konsumen akan semakin tertarik untuk memfollow akun.

Tidak perlu pusing, Anda bisa mulai dengan beberapa langkah sederhana seperti:

  • Memasang foto profil dan header yang menarik sekaligus merepresentasikan karakteristik bisnis.
  • Tulis bio profil Twitter yang singkat, padat dan unik sehingga bisa langsung ‘menempel’ di ingatan audiens. Anda bisa menyelipkan jargon khas bisnis juga pada bio.
  • Sertakan link website bisnis (jika punya) ke profil Twitter. Mengingat laman bio memiliki jumlah karakter yang terbatas (160 karakter), maka link eksternal bisa membantu Anda memperkenalkan usaha dengan lebih baik. Semisal konsumen ingin tahu lebih lanjut tentang usaha, mereka bisa berkunjung ke laman website.

3. Gunakan Alat-Alat Branding Twitter

Bingung bagaimana menjalankan cara jualan di Twitter? Untuk mempermudah kinerja, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi, tools, atau website bantuan untuk branding Twitter.

Tools-tools ini mampu membantu Anda lebih cepat dalam merancang strategi usaha. Misalnya melakukan riset target audiens promosi, menyusun konten, memaksimalkan SEO Twitter, dan lain sebagainya. Pun berbekalkan tools analisa, konten promosi Twitter Anda bisa terdistribusi dengan lebih terarah.

Kabar baiknya, kini ada banyak sekali rekomendasi tools analisa Twitter berfitur canggih yang bisa digunakan secara gratis. Contohnya seperti TweeTap, Demographic Pro App dan Follower Wonk.

4. Memanfaatkan Tweet Chats

Tingkatkan nilai engagement profil Twittermu dengan fitur Tweet Chats. Apa itu?

Tweet Chats adalah laman khusus percakapan yang tersedia langsung di Twitter. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang terkait topik tertentu. Pun Anda bisa menyimak setiap obrolan menurut waktu dan tanggalnya masing-masing.

Setiap percakapan di Tweet Chats memiliki hashtag tertentu sesuai topik obrolan. Jadi kalau ingin ikut berinteraksi, Anda hanya perlu mengklik hashtagnya saja. Tweet Chats bisa menjadi cara asyik baru untuk berkomunikasi dengan konsumen lama ataupun orang-orang kenalan baru di Twitter. Dijamin deh profil Twittermu akan semakin ramai!

Tips menggunakan Tweet Chats: ajukan sejumlah pertanyaan yang bisa ‘memancing’ interaksi dengan audiens. Anda boleh juga melengkapi pertanyaan dengan beragam grafik simpel untuk menampung jawaban konsumen. Pastikan percakapan tetap relevan dengan domain bisnis Anda, ya.

5. Pakai Hashtag

Hashtag adalah salah satu fitur khas di dunia Twitter. Jauh sebelum penggunaan hashtag merebak di berbagai sosial media seperti sekarang, tanda pagar (#) ini digunakan pertama kali di Twitter.

Hashtag bukan hanya sekadar tanda. Lambang ini bermanfaat untuk mengelompokkan berbagai obrolan, postingan dan media ke topik-topik tertentu. Tweet promosi Anda bisa lebih mudah ditemukan jika terdapat hashtag di dalamnya.

Nah, karena itu Anda wajib menyelipkan hashtag khusus ke setiap tweet promosi yang disebar. Banyak pakar SEO Twitter setuju bahwa hashtag mampu mempercepat branding Twitter Anda.

Cukup lakukan sedikit riset untuk menentukan hashtag terbaik yang relevan dengan isi tweet promosi, kemudian selipkan ke postingan! Anda juga bisa memakai hashtag berupa jargon atau keyword-keyword yang sedang populer (masuk trending topic Twitter). Mudah, bukan?

6. Membuat Daftar Twitter (Twitter List)

Tips berikutnya, promosikan usaha Anda dengan membuat daftar Twitter (Twitter List). Ini juga merupakan cara agar Twitter rame yang ampuh, namun sayangnya, belum banyak diketahui oleh banyak pebisnis online.

Daftar Twitter adalah kumpulan akun-akun Twitter yang kerap berinteraksi dengan konten-konten pilihan. Semisal Anda mengumpulkan akun-akun yang aktif merespon konten Anda. Nantinya Anda bisa langsung membagikan info promosi ke mereka dalam 1x tweet. Orang-orang yang berada dalam list dipastikan tak akan kelewatan info sama sekali.

Daftar Twitter bisa menjadi alternatif strategi promosi jika Anda masih bingung bagaimana caranya menentukan kelompok target audiens. Pun Anda bisa membuat daftar sendiri ataupun memakai list milik orang lain secara gratis.

7. Membuat Event Online di Twitter

Cara jualan di Twitter yang menarik terakhir adalah dengan membuat event online untuk mempromosikan dagangan atau brand. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh olshop, influencer maupun freelancer lho. Misalnya dengan mengadakan event giveaway, kampanye, twibbon atau acara kolaborasi.

Event-event online yang menarik bisa mempercepat nama bisnis masuk daftar trending topik. Pasalnya banyak orang akan tertarik membicarakan atau terlibat langsung dalam event Anda. Twitter pun akan mencatat setiap interaksi sebagai isu yang sedang hangat di linimassa mereka.

Dari sinilah akun Anda berkesempatan meraih lebih banyak interaksi baru dan jadi ramai. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar tips branding Twitter. Semoga ketujuh cara agar Twitter rame di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Ikuti terus update tips bisnis Twitter maupun sosial media lainnya hanya dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ dan langsung dapatkan ratusan tips bisnis gratis setiap hari tanpa batas. Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play dan Apple Store. Sampai jumpa lagi!

Baca juga

4 Tips Newsjacking : Cara Meningkatkan Brand Awareness

0
newsjacking

Newsjacking adalah cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness bisnis online terbaru pada tahun ini. Sudah pernah mendengar apa itu newsjacking?

Dewasa ini, konten-konten viral sangat mudah kita jumpai di internet. Tak jarang pula banyak orang “memparodikan” isi berita viral untuk beragam tujuan, termasuk mempromosikan bisnis.

Mungkin Anda sendiri pernah menonton iklan yang melibatkan unsur-unsur berita viral di dalamnya. Seperti iklan Sang Pisang yang memanfaatkan kritik viral dari pengendara motor terhadap kelompok pesepeda pada bulan Mei lalu. Nah, inilah dia salah satu newsjacking example.

Untuk lebih jelasnya, mari berkenalan dengan contoh brand awareness terbaru ini selengkapnya pada ulasan berikut. Selamat membaca!

Apa Itu Newsjacking?

newsjacking

Newsjacking adalah istilah bahasa Inggris yang diambil dari dua kata: news (berita) dan jacking (pembajakan). Adapun ‘pembajakan’ yang dimaksud di sini mengarah pada pemanfaatan konten yang viral untuk keperluan pribadi.

Pencetus istilah ini adalah David Meerman Scott melalui buku karyanya yang berjudul sama. Scott menjelaskan bahwa jacking news adalah upaya mengombinasikan berita viral dengan ide atau opini milik sendiri.

Marketer kini bisa memanfaatkan isu yang sedang menjadi pembicaraan untuk dipelintir dengan selipan promosi produk/jasa. Cara meningkatkan brand awareness ini ditempuh karena lebih mudah dibuat, murah, sekaligus memiliki daya jangkau yang luas di masyarakat sebab sedang ngetren.

Selain itu, contoh brand awareness strategi ini bisa membantu mendongkrak performa SEO website maupun konten sosmed olshop Anda secara signifikan. Pasalnya, konten jacking news bisa ‘membuka jalan’ bagi kontenmu untuk lebih mudah dijangkau masyarakat. Perbincangan isu-isu trending pastinya lebih mencuri perhatian ketimbang informasi biasa.

3 Contoh Newsjacking yang Bisa Anda Coba

Konten jacking news sudah lumayan banyak dilakukan oleh bisnis di dunia maya, baik itu bisnis besar maupun kecil. Namun tidak semua konten jacking tersebut berhasil mendulang kesuksesan.

Inilah dia beberapa newsjacking example (contoh) yang terbukti sukses dan bisa Anda jadikan inspirasi:

1. “BTS Meal” dari Burger King

Pada pertengahan tahun 2021, perusahaan fastfood Burger King merilis menu BTS meal seperti yang dilakukan McDonald’s. Bedanya, McDonald’s benar-benar berkolaborasi dengan boyband Korea “BTS”. Sedangkan menu BTS Burger King adalah singkatan dari “Bokek Tetap Senang”.

BTS meal Burger King adalah salah satu contoh newsjacking yang berhasil karena sukses ‘mengelabui’ perhatian dengan mengekor BTS meal asli versi McDonald’s. Apalagi saat itu BTS meal McD diburu oleh banyak orang, khususnya para KPOP-ers.

2. Sang Pisang Mengkritik Aksi Pesepeda

contoh newsjacking

Sumber Gambar : iklan Sang Pisang

Contoh jacking lainnya dilakukan oleh bisnis camilan lokal Indonesia, Sang Pisang. Usaha milik Kaesang Pangarep ini ramai disoroti media usai mencoba jacking konten atas kasus viral kritik pesepeda pada bulan Mei 2021 lalu.

Saat itu Media Sosial Twitter dihebohakn dengan sebuah gambar seorang pengendara motor mengacungkan jari tengah pada  sekelompok pesepeda. Si pengendara motor tampak kesal lantaran para pesepeda mengambil seluruh jalur kendaraan di jalan raya. Foto tersebut menuai viral karena mewakili banyak masyarakat yang selama ini resah menghadapi aksi pesepeda ‘tak tahu aturan’.

Sang Pisang lantas melakukan jacking konten promosi dengan materi foto tersebut. Alih-alih mengacungkan jari tengah, pihaknya mengedit tangan sang pengendara motor sedang mengangkat boks kemasan Sang Pisang. Pun foto jacking news tersebut dilengkapi dengan caption promosi Sang Pisang.

3. KitKat Lebih Baik dari iPhone 6S Plus

Terakhir ada KitKat yang sudah melakukan jacking jauh sebelum trik bisnis online ini populer. Iklan ini dirilis saat perilisan iPhone 6S Plus yang menghebohkan karena smartphone mahal tersebut tiba-tiba membengkok ketika disimpan dalam saku celana.

Masyarakat sempat geger dan menjadikan isu ini perbincangan hangat berhari-hari. Pasalnya semua orang tahu bahwa iPhone adalah perangkat elektronik yang mewah berkualitas nomor satu.

Namun pihak KitKat dengan cerdik memanfaatkan momen untuk membuat iklan. Mereka merilis pamflet promosi KitKat dengan caption ‘’ yang berarti “Produk kami tidak bengkok (seperti iPhone 6S Plus), tapi patah (karena ini adalah biskuit)”. Ada-ada saja, ya!

4 Manfaat Newsjacking bagi Promosi Bisnis

Jacking mempunyai banyak manfaat bagi promosi bisnis kita. Salah satunya yang utama adalah mendulang perhatian masyarakat pada iklan kita.

Namun lebih jauh lagi, inilah 4 manfaat mencoba trik bisnis online jacking news:

1. Menambah Interaksi Audiens (Engagement)

Manfaat pertama dari membuat konten iklan dengan jacking isu viral adalah menambah interaksi audiens secara signifikan.

Faktanya, masyarakat dunia maya gemar berinteraksi dengan berita-berita yang sedang viral baik mengomentarinya, memberi likes, atau membagikan ulang konten tersebut. Jika konten iklan mengandung unsur isu viral, maka secara otomatis iklan lebih mudah memancing audiens untuk mau berinteraksi.

2. Memperkenalkan Bisnis ke Masyarakat

Mengingat jacking news mengandung topik yang sedang viral, maka sudah pasti konten iklan Anda akan lebih mudah mengundang perhatian masyarakat.

Dengan ‘membawa’ isu viral, sudah pasti masyarakat akan ikut serta membicarakan postingan Anda di sosial media baik itu followers lama Anda maupun orang-orang baru yang belum pernah mendengar nama bisnis Anda.

Tapi sekadar viral saja tidak cukup. Supaya masyarakat benar-benar tertarik menyimak iklan sampai tuntas, Anda juga harus menyelipkan berbagai narasi positif dalam iklan. Cara ini juga ampuh untuk menyiasati kesan negatif yang kerap muncul dalam trend jacking news.

3. Mengakrabkan Diri dengan Followers

Keuntungan trik bisnis online jacking news ketiga adalah mampu mengakrabkan bisnis dengan followers. Konten viral lebih mudah memancing obrolan karena isu-isunya menarik sekaligus sedang hangat.

Masyarakat juga bisa menilai olshop Anda lebih ‘peka’ sekaligus up to date karena ikut hype topik terkini. Seolah-olah bisnis Anda tak mau ketinggalan tren dan ingin membicarakannya juga dengan masyarakat luas.

Alhasil promosi akan berjalan lebih halus dan komunikatif dua arah. Siapapun bebas mengomentari isu viral yang Anda angkat ke dalam konten promosi.

4. Menambah Brand Awareness di Masyarakat

Tak lupa, jacking pun sanggup menambah nilai brand awareness di masyarakat. Tinggalkan kesan baik bisnis dalam benak konsumen melalui konten viral yang dipelintir dengan opini atau perspektif positif.

Konten iklan jacking cenderung lebih membekas di benak masyarakat daripada konten iklan biasa. Secara otomatis, otak manusia lebih mudah mengingat info-info yang unik sekaligus menonjol. Akibatnya nama usaha Anda akan lebih diingat dan diprioritaskan calon pembeli saat mereka hendak berbelanja.

4 Cara Meningkatkan Brand Awareness Newsjacking

Bagaimana cara meningkatkan brand awareness dengan trik bisnis online jacking? Ada trik dan langkah-langkah khusus yang harus Anda tempuh saat melakukan jacking.

Sangat penting untuk diingat bahwa jacking news tidak boleh dilakukan asal-asalan karena bisa memicu kesan negatif alih-alih kesuksesan. Anda harus mampu menonjolkan sisi positif brand lewat konten supaya masyarakat tertarik mengunjungi toko Anda, bukannya mencemooh brand ‘ikut-ikutan’ tren.

Tidak perlu cemas, inilah +4 cara menerapkan trik bisnis online jacking yang baik dan benar untuk pemula:

1. Lakukan di Waktu Terbaik

Ketepatan waktu adalah kunci utama kesuksesan membuat konten jacking isu viral. Anda harus memahami betul bagaimana proses kerja sebuah berita atau kemunculan konten viral. Sebab setiap berita viral memiliki ‘masa berlaku’-nya sendiri-sendiri.

Ingat, tidak semua konten viral bertahan lama. Ada isu yang hanya ngetren selama sehari, seminggu atau berbulan-bulan tergantung pada ketertarikan masyarakat terhadap sebuah fenomena.

Jika Anda ‘terlambat’ menggoreng isu menjadi konten promosi, maka orang-orang akan memberi cap buruk pada bisnis. Soalnya isu tersebut sudah lama lewat dan tak menarik lagi untuk dibahas.

2. Up To Date dan Selektif dengan Isu Sosmed

Tidak perlu jauh-jauh mencari isu trending, Anda bisa memantau kolom trending topik yang ada di sosial media. Setiap sosmed mempunyai halaman khusus yang memuat trending topik terkini. Nah, Anda bisa memilih ide konten viral dari sana.

Tapi tidak hanya sekadar pilih isu saja, Anda juga perlu memahami lebih dalam terkait topik pilihan. Minimal Anda harus tahu 5W + 1H terkait isu yang sedang trending. Pelajari betul-betul alasan dan pengaruh yang dimunculkan oleh topik, begitu juga kesesuaiannya untuk dijadikan konten promosi.

Jangan sampai Anda memilih topik yang sebenarnya tak relevan dengan niche bisnis, apalagi mengangkat isu yang negatif sebagai bahan promosi.

3. Pilih Keyword untuk Promosi

Jangan lupa memilih keyword-keyword yang bisa mendukung distribusi konten di sosial media. Menggunakan keyword yang tepat sesuai topik trending akan mempermudah konten ditemukan di timeline. Tanpa keyword, mustahil konten bisa ditemukan oleh masyarakat. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan optimalisasi SEO agar konten Anda bisa menduduki peringkat 1 hasil pencarian di sosmed ataupun Google.

4. Tambahkan Sentuhan Original pada Konten

Terakhir, tetap tambahkan sentuhan original pada konten jacking Anda supaya isi postingan tetap dipandang unik, fresh dan menarik. Sentuhan kreasi juga akan menghindarkan konten dari tuduhan plagiarisme, mengingat iklan mengandung isu viral yang sudah ada. Kreasi bisa Anda selipkan untuk memperhalus transisi dari topik isu ke promosi.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar contoh brand awareness strategi 2022 : newsjacking. Anda bisa mulai mencoba cara meningkatkan brand awareness ini segera untuk meningkatkan publikasi, branding dan engagement masyarakat terhadap bisnis.

Perlu diingat bahwa melakukan jacking bisa agak sulit karena Anda akan dituntut untuk selalu up to date dengan perkembangan isu, tren dan berita. Namun Anda tidak perlu cemas, karena MARKEY punya semua solusinya!

Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan trik bisnis online paling manjur gratis setiap hari untuk Anda! Atau bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store.

Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, ya!

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa yang Wajib Dicoba!

0
pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang saat kuliah? Yah, mungkin ada banyak pilihan. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan sugesti pekerjaan sampingan mahasiswa. Setiap peluang adalah hal yang unik dan memiliki pro dan kontra-nya sendiri. Tetapi, kami berharap melalui artikel ini dapat memberi Anda beberapa ide tentang cara menghasilkan pendapatan untuk Anda yang masih menjadi mahasiswa!

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Terbaik

pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Beberapa saran berikut akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : Pekerjaan sampingan mahasiswa dalam bentuk menjual jasa ,dalam bentuk menjual barang serta yang berbasis teknologi. Tentunya hal ini sudah dipertimbangkan dari cara yang paling mudah hingga cara yang lumayan menguras ekstra tenaga dan pikiran Anda.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dalam Bentuk Jasa

Mungkin untuk beberapa mahasiswa yang melakukan studinya jauh dari rumah dan keterbatasan akomodasi dan beberapa perangkat penunjang menjadikan pemikiran Anda dalam mencari penghasilan menjadi sedikit rumit. Tetapi, dibawah ini merupakan saran untuk Anda yang mudah untuk dilakukan dan mengandalkan softskill Anda!

1. Jasa Bimbingan Belajar

Mari kita mulai dengan mudah, bimbingan belajar adalah pekerjaan sampingan yang jelas bagi mereka yang berada di sekolah atau universitas karena keahlian yang Anda peroleh dalam mata pelajaran pilihan Anda.

Apakah Anda sedang belajar bahasa Inggris atau Sains, berbicara bahasa kedua, bermain olahraga tingkat tinggi atau telah memperoleh kualifikasi memainkan alat musik tertentu, mengapa tidak dibayar dengan sedikit uang untuk meneruskan keterampilan dan pengetahuan Anda.

Peluang jasa bimbingan belajar kemungkinan tersedia melalui sekolah Anda atau Anda dapat mengatur layanan pribadi Anda sendiri, untuk memiliki fleksibilitas yang lebih besar dengan waktu dan biaya, yang dapat Anda promosikan melalui situs web dan media sosial.

Anda bahkan dapat mengajar online agar lebih sesuai dengan jadwal Anda! Bimbingan belajar mungkin tampak seperti pilihan yang jelas karena ini adalah pilihan yang populer tetapi jika Anda dapat mengatur waktu dan sumber daya Anda dengan baik.

Atau berapa kali Anda mendengar teman Anda bertanya: “Maukah Anda mengerjakan pekerjaan rumah saya untuk saya ?” Ini adalah salah satu contoh paling umum di kalangan mahasiswa yang kurang pengetahuan di beberapa bidang.

Dengan demikian, Anda dapat menawarkan bantuan, memberikan instruksi, dan membimbing mereka melalui tugas yang berbeda. Anda harus bekerja keras dan bertekad untuk menjadi tutor siswa, karena tingkat kemahiran Anda harus yang tertinggi di kelas.

2. Jasa Penjagaan Anak

Mengasuh anak adalah pekerjaan sampingan mahasiswa lain yang sangat fleksibel yang berguna. Apakah Anda tinggal di kampus atau di rumah, kemungkinan ada peluang mengasuh anak di daerah Anda? Cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat profil di situs babysitter atau cukup mengiklankan layanan Anda di akun media sosial Anda.

Jika Anda bertanggung jawab dan baik dengan anak-anak, mengapa tidak mencobanya? Kemungkinan Anda hanya perlu bekerja di malam hari atau akhir pekan, membiarkan sisa waktu Anda bebas untuk belajar dan melakukan aktivitas yang Anda sukai. Hal yang hebat tentang menjaga anak adalah Anda dapat (dengan izin orang tua tentunya) juga menggunakan hobi Anda untuk keuntungan Anda dalam pekerjaan ini. Jika Anda menyukai film dan tv, ajak anak-anak Anda menonton film atau jika Anda senang berada di alam, kunjungi taman.

Ini mungkin salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang sebagai mahasiswa. Namun, jika Anda adalah orang yang ambisius, Anda akan melihatnya sebagai peluang bisnis untuk perbaikan dan pengembangan diri. Raih reputasi sebagai pengasuh yang peduli, penyayang, dan bertanggung jawab sebelum Anda memperluas batas dan menjalankan hal ini.

Mahasiswa yang kreatif dan pekerja keras dapat mengubah layanan ini menjadi startup bisnis yang menjanjikan. Temukan mitra atau rekrut siswa lain untuk mengatur taman kanak-kanak mini pribadi yang dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

3. Kurir Sepeda Motor

Sebagai mahasiswa, kita semua menggunakan layanan pengiriman dalam beberapa bentuk! Dengan popularitas e-commerce dan pengiriman makanan seperti GoFood, GrabFood, dll., yang melonjak karena pandemi, ada sejumlah besar peluang yang tersedia untuk pengemudi pengiriman.

Jika Anda memiliki SIM, mengapa tidak mencoba kurir sepeda motor ? Ini adalah kegiatan sampingan yang mengasyikkan bagi mahasiswa yang ingin keluar dan berkeliling dan suka mengemudi.

Tergantung di mana Anda tinggal dan pengalaman mengemudi Anda, Anda bisa mendapatkan banyak uang dengan mengirimkan paket yang sangat dibutuhkan kepada pelanggan. Ini adalah kesibukan sampingan yang sangat unik bagi beberapa mahasiswa yang memberikan pengalaman dan kebebasan luar biasa.

4. Menjadi Figuran dalam Produksi TV atau Film

Ini mungkin bukan penghasil uang terbesar tetapi jika Anda tertarik dengan TV dan film, ini adalah cara yang fantastis untuk mendapatkan pengalaman di industri sambil bersenang-senang. Cara termudah untuk mencapai ini adalah dengan mendaftar ke agen tambahan. Anda dapat mengambil peluang sebanyak atau sesedikit yang Anda suka tergantung pada apa yang Anda minati dan berapa banyak waktu luang yang Anda miliki, cukup buat akun Anda, duduk dan saksikan peran terbang!

Semua kegiatan sampingan ini memiliki manfaat yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan aktivitas dan topik yang paling Anda sukai. Setelah Anda memutuskan opsi mana yang tepat untuk Anda, luangkan waktu untuk meneliti cara terbaik untuk menyesuaikan kesibukan sampingan Anda dengan jadwal harian Anda dan mulai menghasilkan uang cepat dalam waktu singkat.

5. Influencer

Blogging adalah salah satu peluang paling modern dan terkini untuk dijadikan pekerjaan sampingan mahasiswa. Jika Anda memiliki akun Instagram, Facebook, atau Twitter, Anda pasti tahu cara kerjanya. Dengan sedikit waktu dan usaha, Anda mungkin mendapatkan audiens setia yang akan membantu Anda sukses. Poin terpenting di sini adalah menemukan niche Anda, yang akan menarik bagi Anda dan pengikut Anda.

Selain itu, Anda dapat mulai menghasilkan uang di YouTube. Kamera yang berkualitas dan ide-ide yang menyenangkan diperlukan untuk kesuksesan startup Anda secara maksimal. Berkolaborasi dengan blogger lain, buat konten unik, dan jadilah influencer terkenal di dunia.

6. Asisten Pekerjaan Rumah dan Tugas

Apakah Anda seorang mahasiswa yang rajin? Apakah Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan penelitian dan menulis esai tentang topik yang paling berbeda? Anda memiliki kesempatan untuk menjadi pembantu pekerjaan rumah. Buat situs web dan dapatkan pesanan secara online, lalu bantu teman Anda untuk berhasil dalam studi mereka dan biarkan mereka membantu Anda.

Ini mungkin kesempatan bagus bagi Anda yang tidak mendapatkan uang yang layak dari pengetahuan dan keterampilan Anda. Selain itu, Anda dapat mempekerjakan siswa lain, yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas. Terus kembangkan perusahaan Anda, sehingga Anda hanya bisa menjadi supervisor, yang akan mencari karyawan dan mengawasi prosesnya

7. Event Organizer

Jika Anda seorang mahasiswa dan Anda tahu cara berpesta. Pengetahuan dan keterampilan organisasi Anda dapat membantu Anda mengubah pengetahuan pesta menjadi bisnis yang menguntungkan. Banyak kontak dan keterampilan perencanaan yang sangat baik adalah suatu keharusan untuk profesi ini.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa dalam Bentuk Barang

pekerjaan sampingan mahasiswa, pekerjaan sampingan

Untuk Anda mahasiswa yang merasa ragu untuk melakukan sebuah jasa untuk menghasilkan uang dan lebih nyaman dalam menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan menghasilkan sebuah barang. Berikut merupakan saran-saran untuk Anda yang mudah dilakukan dan tentunya hal ini sangat diperlukan hardskill dan jam terbang, tetapi tidak perlu khawatir karena semua hal memang perlu yang namanya berproses.

1. Jual kerajinan

Jika Anda adalah tipe orang yang kreatif dengan sedikit waktu luang, maka menjual karya seni, perhiasan, atau kerajinan tangan secara online adalah pekerjaan sampingan yang bagus. Baik Anda suka melukis, mencetak, fotografi, atau pertukangan, situs web seperti Etsy memudahkan para seniman dan desainer untuk menjual karya mereka kepada orang-orang yang berpikiran sama di seluruh dunia.

Ini adalah pekerjaan sampingan mahasiswa yang sempurna karena dapat dilakukan dari rumah dan kapanpun Anda mau. Ada situs tertentu yang mungkin mengenakan biaya untuk menjualnya, namun, ada juga sejumlah saluran gratis yang digunakan untuk mempromosikan karya Anda. Lakukan riset dan lihat apa yang paling cocok untuk Anda. Apa yang membuat ini menjadi peluang besar adalah Anda dapat mengatur jam kerja dan harga Anda sendiri.

2. Menjual Barang-barang yang Tidak Diinginkan

Demikian pula, mengapa tidak menjual pakaian dan barang-barang Anda yang tidak diinginkan? Sebagai siswa, sangat mudah untuk mengumpulkan pakaian baru dari acara atau barang dari fresher dan career fair. Jika Anda memegang barang-barang berkualitas yang tidak lagi Anda gunakan, mengapa tidak membuat akun di situs penjualan barang bekas OLX atau Facebook Marketplace dan memberikan rumah baru untuk barang-barang yang tidak Anda inginkan.

Ini tidak hanya akan membersihkan kekacauan Anda, tetapi juga memberi Anda sedikit uang dalam prosesnya. Anda mungkin juga menikmati mendaur ulang pakaian atau furnitur lama dan menjualnya dalam cara ini juga!

3. Bakery

Jika Anda seorang pembuat roti yang tajam di waktu luang Anda, mengapa tidak mendapatkan sedikit uang dari hobi Anda. Menjual kue atau cupcakes adalah kegiatan sampingan yang menyenangkan dan lezat bagi mahasiswa dengan sedikit keterampilan kuliner.

Jika Anda sangat kompeten di dapur, mengapa tidak menerima pesanan dari keluarga dan teman untuk kue acara seperti kue ulang tahun atau kue kelulusan. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa ada peluang di acara-acara universitas untuk memasok dan menjual kreasi Anda. Tetapi hal ini membutuhkan modal dan effort yang lumayan tinggi.

4. Fotografer

Dengan semakin populernya media sosial, setiap orang berusaha untuk memiliki foto yang cerah dan unik di akun jaringan mereka. Mengapa Anda tidak menggunakannya untuk keuntungan Anda? Jika Anda menyukai fotografi, ada peluang untuk mengubah hobi Anda menjadi profesi seumur hidup.

Kunjungi kelas master, atau ikuti kursus online untuk menguasai keterampilan Anda dan mulai menghasilkan uang. Selain itu, Anda dapat bermitra dengan tempat tertentu untuk menjadi fotografer untuk acara eksklusif. Setelah Anda mendapatkan pengalaman di lapangan, teruslah bekerja untuk meningkatkan keterampilan Anda, dan memperluas bisnis.

5. Mulai Saluran YouTube

Jika Anda mencari kegiatan sampingan siswa yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan di waktu luang dan memamerkan semua hal yang Anda sukai, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memulai saluran YouTube! Study Tube adalah konsep populer di YouTube yang mencakup video pembuat konten yang berfokus pada peretasan studi, kiat universitas, dan konten informatif umum tentang kehidupan siswa.

Namun, saluran YouTube Anda tidak harus terkait dengan siswa, Anda dapat membuat konten tentang apa saja, mulai dari olahraga, film, rias wajah, hingga gaya hidup umum dan kemungkinannya tidak terbatas! Satu-satunya kelemahan adalah menghasilkan uang dari YouTube membutuhkan sedikit waktu dan dedikasi. Dimungkinkan dengan sponsor dan tautan afiliasi tetapi Anda harus antusias dan berkomitmen untuk mencapainya.

6. Pengembang aplikasi

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya penggunaan gadget, pengembang aplikasi yang terampil dan profesional pada akhirnya dituntut di pasar. Jika Anda memiliki tingkat keahlian yang diperlukan, Anda dapat menggunakannya untuk memulai perusahaan yang makmur.

7. Blogging

Jika Anda seorang penulis berbakat, mengapa tidak memulai blog Anda sendiri? Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menggunakan keterampilan literasi Anda dengan baik dan bonus tambahan menulis untuk blog Anda sendiri adalah Anda sepenuhnya mengendalikan konten dan topik yang Anda liput.

Jika Anda terjebak untuk ide maka blog siswa sangat populer dan kemungkinan tidak akan pernah ketinggalan zaman. Sebagai siswa, Anda sudah memiliki semua pengetahuan yang diperlukan untuk mengeluarkan konten yang baik. Cukup tulis tentang pengalaman atau tips yang telah Anda pelajari selama di universitas.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Berbasis Teknologi

Dengan perkembangan teknologi, ada banyak peluang yang tersedia bagi mahasiswa untuk memanfaatkan keterampilan teknologi mereka. Berikut beberapa ide untuk pekerjaan sampingan berbasis teknologi:

1. Desainer Grafis

Apakah Anda memiliki keterampilan dalam mendesain? Maka Anda bisa mencari pekerjaan freelance sebagai desainer grafis. Mulai dari mendesain logo, poster, atau bahkan infografis untuk perusahaan atau individu. Platform seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai.

  1. Pengembang Web atau Aplikasi

Jika Anda memiliki keterampilan coding, Anda bisa memulai bisnis kecil sebagai pengembang web atau aplikasi. Banyak perusahaan kecil atau startup yang membutuhkan website atau aplikasi mobile yang dapat Anda kerjakan.

3. Manajemen Media Sosial

Dengan meningkatnya kebutuhan bisnis untuk memiliki kehadiran online, banyak perusahaan kecil mencari individu yang bisa mengelola akun media sosial mereka. Jika Anda akrab dengan platform media sosial dan tahu cara membuat konten menarik, pekerjaan ini bisa sangat menguntungkan.

4. Blogger Teknologi

Tulis ulasan tentang gadget terbaru, tutorial teknologi, atau berita IT. Jika blog Anda mendapat banyak kunjungan, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan atau menjadi afiliasi dari produk yang Anda ulas.

5. Pengajar Teknologi Online

Ada banyak platform seperti Udemy, Coursera, atau Skillshare di mana Anda dapat mengajarkan keterampilan teknologi Anda kepada orang lain dan mendapatkan kompensasi untuk itu.

6. Penasihat Teknologi

Bagi mahasiswa yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi, Anda dapat menawarkan layanan konsultasi kepada perusahaan kecil atau individu yang membutuhkan saran tentang pembelian teknologi, keamanan siber, atau implementasi teknologi.

7. Olah Data

Dengan kemampuan analitik dan pemahaman tentang program seperti Excel atau bahasa pemrograman seperti Python, Anda dapat menawarkan layanan analisis data dan visualisasi kepada perusahaan atau peneliti.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi untuk Anda dalam mencari sumber penghasil uang melalui pekerjaan sampingan. Dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide menarik lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

6 Cara Menggunakan Twitter Space untuk Strategi Bisnis Baru

0
twitter-space-android

Sudah pernah mencoba fitur Twitter Space android? Twitter Space adalah fitur yang sedang populer sekaligus bermanfaat untuk mendukung marketing olshop, lho.

Twitter Space adalah ruang baru yang super fresh di linimasa sosmed Twitter. Pasalnya, fitur ini memungkinkan kita untuk berdiskusi dengan banyak orang secara langsung melalui audio seperti Clubhouse. Sangat unik, bukan?

Yuk langsung saja kita simak cara menggunakan Twitter Space android sebagai alat promosi olshop yang menarik pada artikel berikut ini! Selamat membaca.

Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Apa Itu Twitter Space?

twitter-space

Twitter versi terbaru kini telah dilengkapi dengan fitur Space. Apa itu?

Mengutip dari laman website resmi Twitter, Twitter Space adalah media untuk melakukan percakapan audio secara langsung. Percakapan di Space dilakukan dalam bentuk grup yang bersifat publik. Jadi, siapapun bisa bergabung semaunya ke Space Anda, baik followers Anda ataupun bukan (pendatang baru).

Twitter Space adalah fitur terbaik untuk mendekatkan brand dengan masyarakat. Dalam forum Space, semua orang bisa mendengarkan atau berbicara semaunya. Space menjadi sangat menarik dan diminati karena menyediakan pengalaman berbincang yang begitu nyata serta real-time.

Dimana Anda bisa menemukan Space? Ketika dijalankan, Space Anda akan muncul otomatis di bagian atas beranda (timeline) Twitter. Anda juga men-tweet link Space demi meraih lebih banyak lagi partisipan online.

Para pemirsa juga tidak perlu khawatir salah masuk forum Space atau ketinggalan jadwal penayangan. Sebab, Twitter Space android menyediakan informasi mendetil terkait siaran seperti judul acara, nama akun host, jadwal Space, dan sesi siaran (sedang berlangsung atau telah selesai).

Cara Menggunakan Twitter Space

Bagaimana cara menggunakan Twitter Space? Banyak pengguna baru mengira mengadakan sesi Space itu sulit, tapi ternyata tidak. Inilah cara menggunakan Twitter Space termudah:

  1. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Twitter versi terbaru. Space kini tersedia untuk android dan iOS.
  2. Klik tombol “+” (atau tombol Tulis Tweet) agak lama hingga muncul bubble kecil berlogo berlian. Ini adalah ikon dari Space. Klik tombol tersebut.
  3. Alternatif lainnya, klik foto profil akun Anda di sisi atas beranda dan pilih menu Space.
  4. Buat Space baru. Langsung beri nama acara dan klik “Mulai Space Anda” untuk menjalankan siaran detik itu juga.
  5. Tapi jika Anda ingin menjalankan Space pada waktu tertentu, pilih opsi “Jalankan Nanti”. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal dan waktu Space nantinya agar bisa dimulai otomatis.
  6. Begitu Space berjalan, host (pembuat Space) bisa mengklik ikon audiens untuk menjadikannya seorang co-host. Nantinya host dan maksimal 2 co-host bisa berbicara di Space.
  7. Pemirsa lainnya juga bisa berpartisipasi untuk mengobrol di Space dengan cara mengetuk tombol “Permintaan” yang terletak di bawah tanda microfon. Audiens baru bisa bicara jika host telah memberikan izin.
  8. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengaktifkan tambahan teks subtitle untuk pendengar yang memerlukan support subtitle.
  9. Terakhir, jangan lupa tweet link Space ke timeline publik supaya lebih banyak orang lagi bergabung dengan siaran Anda. Kemudian cukup mengklik tombol “Membagikan Melalui Tweet”.

6 Twitter Strategi Bisnis dengan Fitur Space

Banyak pakar SEO menilai Space mempunyai potensi besar untuk meningkatkan interaksi, engagement dan branding olshop di dunia maya khususnya pada platform Twitter. Promosi lewat Space dipastikan jauh lebih ampuh dibanding Tweet biasa.

Tapi seperti apa Twitter strategi bisnis yang baik dengan Space? Tidak perlu risau, sebagai permulaan, Anda bisa mencoba 6 ide interaksi berikut ini lewat Space:

Wawancara Live dengan Ahli

Akhir-akhir ini masyarakat menggemari sesi wawancara live dengan seorang ahli dari ranah tertentu misalnya pakar kecantikan, dokter spesialis, ahli keuangan, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan kesempatan Space untuk menggelar sesi wawancara live bersama seorang pakar.

Semisal bisnis Anda bergerak di industri kecantikan dan skin care, maka Anda bisa mengundang dokter ahli kulit untuk diwawancarai via Space. Dijamin sesi Space Anda tidak akan sepi karena masyarakat selalu antusias mendengar talkshow gratis yang kaya wawasan!

Tak hanya menguntungkan audiens dengan edukasi gratis, pihak brand juga dipastikan lebih mudah terkenal di kalangan masyarakat awam. Orang-orang akan mengingat brand Anda karena pernah mengundang narasumber ternama dalam acaranya. Jadi secara tak langsung Anda sudah melakukan promosi.

Tanya Jawab (Q&A)

Space Twitter strategi bisnis kedua adalah dengan mengadakan tanya jawab alias Q&A (questions and answers). Strategi ini banyak dilakukan marketer karena praktis, tidak perlu aplikasi tambahan, sekaligus memikat.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa Twitter Space android belakangan paling banyak dimanfaatkan untuk sesi Q&A brand.

Sesi tanya jawab bisa membawa banyak keuntungan bagi brand sekaligus konsumen, seperti:

  • Menumbuhkan keakraban bisnis dengan masyarakat.
  • Menanamkan perasaan mengayomi dan pelayanan prima dalam benak konsumen.
  • Membantu menjawab semua pertanyaan, kritik dan saran dari pembeli.
  • Mengumpulkan aspirasi dari pelanggan untuk memperbaiki kinerja toko, dan masih banyak lagi.

Diskusi Trending Topic

Twitter terkenal sebagai gudangnya isu, berita serta trending topic terhangat. Setiap hari selalu ada topik-topik bahasan menarik yang viral diperbincangkan di sosmed ini.

Nah, Anda juga bisa lho membuka diskusi terkait berita atau trending topic hari ini lewat Twitter Space. Audiens pastinya akan tertarik untuk bergabung dalam Space karena informasi yang dibahas sedang ‘panas’.

Brand yang gemar membahas isu-isu terkini juga akan mendapat image positif karena dinilai selalu up to date dengan perkembangan dunia luar. Namun terdapat beberapa trik yang harus Anda turuti jika ingin mengadakan Space dengan cara ini:

  • Usahakan mencari dan mempelajari beberapa sumber referensi yang valid agar sesi diskusi berjalan terarah, faktual dan berbobot. Masyarakat juga akan memandang Anda sebagai brand yang baik karena serius memaparkan fakta.
  • Bisa undang pakar/ahli terkait isu yang dibahas supaya diskusi kian menarik.
  • Tidak perlu mendiskusikan semua isu. Cukup pilih topik yang masih berkaitan dengan industri/ranah bisnis Anda. Jangan sampai Anda membahas berita di luar ranah bisnis (misalnya membahas topik otomotif padahal Anda berbisnis di ranah kuliner).

Konten Edukasi Interaktif

Ide Twitter strategi bisnis menarik dengan Space selanjutnya adalah memberi konten edukatif secara interaktif pada audiens.

Masyarakat era kekinian terbukti lebih menggemari konten-konten yang bersifat edukatif. Mereka tidak tertarik lagi menyimak iklan produk mentah alias hardselling. Sudah dipastikan, semua konten hardselling akan langsung di-skip masyarakat.

Untuk itu, cobalah lebih menekankan konten promosi yang bersifat softselling (promosi tidak secara langsung) lewat Space. Anda bisa membagikan informasi pengetahuan unik yang berkaitan dengan jenis produk/jasa untuk memancing rasa penasaran warga. Kemudian, hubungkan topik bahasan dengan keunggulan produk/jasa di bagian akhir.

Ada banyak sekali jenis konten edukatif yang bisa dipaparkan lewat Space. Contohnya seperti tips dan trik, DIY (Do It Yourself), kisah-kisah behind the screen, atau penjelasan sekaligus tanya jawab terkait produk/jasa.

Launching Produk Real-Time

Punya produk baru yang ingin dipromosikan lewat Space? Kenapa tidak! Anda bisa meluncurkan produk/jasa terbaru dengan mudah via fitur Twitter ini.

Cukup adakan sesi Space dan perkenalkan produk atau jasa Anda pada audiens di sana. Jelaskan apa jenis produk/jasa, keunggulan serta manfaatnya serinci mungkin supaya pendengar tertarik mencoba.

Tapi bagaimana jika orang-orang tidak mau mendengarkan sesi promosi ini? Untuk mengakalinya, Anda bisa mempromosikan diskon khusus launching yang hanya dibagikan untuk peserta Space. Dijamin, deh, produk Anda akan auto diserbu!

Mengumpulkan Kritik dan Saran

Sudah mencoba kelima inspirasi di atas? Masih ada satu lagi ide Twitter strategi bisnis unik lewat Space, yakni dengan mengumpulkan kritik dan saran dari konsumen.

Sesi ini bisa Anda adakan beberapa saat setelah launching produk (seperti yang dijelaskan poin sebelumnya). Sesi Space akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan seluruh kritik, saran dan masukan dari pengguna produk/jasa sebagai bahan inovasi plus evaluasi.

Sering kali ide-ide inovasi justru datang dari kebutuhan masyarakat. Hal ini sejatinya masuk akal mengingat konsumen adalah pihak yang menggunakan produk secara langsung. Jadi mereka tahu persis apa-apa saja kekurangan dan kelebihan produk.

Jangan takut untuk mengumpulkan kritik dan saran dari pembeli. Brand yang sering meminta masukan dari pelanggan terbukti lebih disukai dan dianggap memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Kritik yang membangun akan mempermudah usaha Anda melangkah lebih maju di masa depan. Selamat mencoba!

Itu dia pembahasan artikel kali ini terkait cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis. Selain keenam ide di atas, Anda masih bisa berinovasi mengadakan live Twitter Space sesuai keinginan dan kreasi masing-masing.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera perbarui Twitter strategi bisnis Anda dengan fitur Space, dijamin ampuh menarik lebih banyak calon pembeli mulai hari ini!

Butuh lebih banyak artikel Twitter strategi bisnis menarik lainnya? Semuanya bisa Anda dapatkan langsung di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store untuk mendapat ratusan tips bisnis online terbaru gratis. Sampai bertemu lagi!

Aplikasi WeSing : Hanya dari Rumah Bisa Dapat Cuan!

0
aplikasi-wesing

Kemajuan teknologi membuat apapun menjadi mudah, termasuk dalam mencari uang. Sekarang ada aplikasi Android yang bisa dengan cepat menjaring jutaan rupiah. Yang terpenting, Anda dapat menghasilkan uang secara online sambil bersenang-senang. Ya, Anda bisa mendapatkan koin gratis kali ini sambil bersenang-senang di karaoke dengan aplikasi WeSing. Hal ini sangat menyenangkan pastinya.

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak aplikasi Android atau iOS yang menawarkan reward berupa uang tunai, baik dalam dolar AS (USD) maupun rupiah (IDR) secara cuma-cuma. Sebagian besar aplikasi ini benar-benar membayar hadiah uang tunai selama periode promosi. Namun ketika masa promosi berakhir,kebanyakan dari mereka tidak akan memberikan uang lagi secara Cuma-cuma.

Ada juga aplikasi berbasis penghargaan untuk penggunanya. Dengan demikian, aplikasi menawarkan bagian dari laba yang diperolehnya jika pengguna berlangganan atau menginstal aplikasi atau program yang ditawarkan oleh mereka. Ada beberapa aplikasi seperti ini yang telah dihentikan, salah satu yang paling viral pada masanya adalah Whaff Rewards atau Whaff Locker.

Tapi jangan khawatir, aplikasi penghasil uang terus bermunculan, salah satunya WeSing untuk karaoke sembari mencari cuan. Aplikasi ini telah terbukti dapat ditagih dan sejauh ini membayar dengan sangat mudah.

Beberapa aplikasi terus sering membayar penggunanya karena dirancang oleh pengembang aplikasi yang hebat. Paling tidak, pengembang aplikasi benar-benar perusahaan dengan kantor penduduk dan keberadaannya dapat diverifikasi dengan mudah.

Tentang Aplikasi WeSing

Jadi, apa itu WeSing? Perusahaan hebat di balik aplikasi ini telah memberdayakan banyak pengguna untuk bergabung dengan WeSing. Aplikasi WeSing ini dikembangkan oleh perusahaan besar teknologi yang bernama Tencent Music Entertainment Hong Kong Limited.

Tentunya Anda mengatahui game PUBG atau Player Unknown’s Battlegrounds, game ini menjadi game terlaris pada tahun 2019 yang dikembangkan oleh Tencent. Setelah PUBG, Tencent tahun lalu meluncurkan WeSing, aplikasi karaoke ini bersaing dengan aplikasi Smule yang sudah ada sebelum WeSing.

Tencent terlihat ambisius dengan modal besar, mereka berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mempromosikan aplikasi WeSing yang ramai digunakan saat ini. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan reward berupa dollar gratis untuk pengguna aplikasi ini. Pengguna aplikasi ini dapat menghasilkan banyak uang dan dolar AS yang kemudian dapat dicairkan ke akun PayPal online.

Tencent merupakan perusahaan besar Tiongkok dengan reputasi yang sangat baik, jadi tidak mungkin diragukan lagi effort mereka dalam memberi hadiah kepada pengguna aplikasi ini. Jika Anda memang berniat untuk mendapatkan koin gratis, Anda hanya perlu mengumpulkannya sesuai keinginan, karena cara mendapatkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dari aplikasi ini sangatlah gampang untuk dlakukan.

  1. Install WeSing
    Untuk mendapatkan dollar dan uang gratis dari aplikasi ini, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Untuk langsung mendapatkan bonus pertama Anda sebesar $0,5 hingga $1,5 dan gunakan tautan ini untuk Instal WeSing.

Jika Anda ingin mengunduhnya langsung dari Google Play Store, cari aplikasi WeSing lalu klik unduh. Namun sebelum itu, perhatikan terlebih dahulu bahwa kode undangan EHVXAS dengan nilai antara $0,5 hingga $1,5 harus dimasukkan pada kolom kode undangan saat mendaftar aplikasi WeSing. Jika Anda tidak memasukkan kode undangan, maka Anda tidak akan menerima bonus saldo sama sekali.

  1. Registrasi
    Jika sudah terinstal, buka aplikasi WeSing Anda, kemudian daftar dengan masuk dengan akun FB, Twitter, atau akun Google milik Anda. Jika Anda sudah login, Anda akan diminta untuk memasukkan kode sponsor atau undangan. Masukkan kode EHVXAS lalu klik Submit untuk langsung menerima bonus saldo hingga 1.5 USD. Dan walla! Anda memiliki saldo awal hingga $1,5 secara Cuma-cuma.
  2. Kumpulkan saldo
    Anda sekarang memiliki saldo awal hingga 1,5 USD di akun WeSing Anda. Saldo dapat ditarik dari akun PayPal Anda jika Anda telah mengumpulkan minimal $ 1,99 atau lebih. Jadi Anda masih membutuhkan saldo tambahan minimal $0. Untuk melakukan ini, kami harus mendapatkan dolar ekstra di aplikasi WeSing.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan yaitu menunjukkan bahwa Anda adalah pengguna aktif aplikasi WeSing, karena aplikasi ini hanya akan memberikan reward uang tunai kepada penggunanya yang aktif. Untuk menjadi pengguna aktif, cukup gunakan aplikasi WeSing untuk bernyanyi karaoke dan merekam hasil karaoke Anda. Ingatlah untuk bekerja keras untuk membuka aplikasi ini setidaknya sekali sehari selama minggu pertama.

Kemudian menambahkan dolar atau cuan di aplikasi ini dapat dilakukan dengan mengundang teman untuk mengunduh aplikasi ini. Untuk setiap teman yang kita undang, kita akan mendapatkan bonus referral langsung pertama sebesar $0,5 dari setiap teman yang berhasil diundang.

Selain itu, jika teman tersebut aktif menggunakan WeSing dan melakukan tugas dari WeSing, Anda akan menerima saldo tambahan sebesar $0,20. Artinya dari satu orang teman yang kamu undang kamu bisa mendapatkan total 0.70 USD atau setara dengan Rp 11.500. Singkatnya, untuk memiliki saldo minimal 1.99 USD yang bisa ditarik di PayPal, kita hanya perlu mengajak 3 orang teman.

aplikasi wesing 1

Update penghasilan dollar April 2020 setiap kali kamu invite teman senilai $0.6 atau setara dengan IDR 8.400 (WeSing rate)

UPDATE! Untuk pengguna WeSing di Indonesia kini ada penyesuaian saldo reward dari USD ke Rupiah (RP) dengan nilai tukar Rp 14.000/USD (sebenarnya saat kita menukarkan saldo dalam dolar) di PayPal di rekening bank, nilai tukar lebih tinggi karena mengikuti nilai tukar saat ini). Namun, jika Anda masuk ke menu penarikan PayPal, saldo yang ditampilkan selalu dalam dolar Amerika Serikat (USD).

4. Rencana Cepat Untuk Mendapatkan Dolar Wesing

Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak dolar atau uang secara Cuma-cuma, Anda perlu mengundang teman sebanyak mungkin untuk menginstal aplikasi WeSing menggunakan kode referal Anda. Cara mengundang teman bisa dilakukan melalui media sosial seperti WA, FB, Twitter dan lain-lain, Anda bisa mempromosikan WeSing sebagai aplikasi yang dapat membuat orang mengikuti hobi mereka dengan ber-karaoke sambil mendapatkan uang dan kredit secara cuma-cuma.

Anda mendapat ide bahwa dengan mengundang teman Anda bisa mendapatkan $0,70. Nah, jika Anda bisa mengajak 5 orang untuk menginstal WeSing dalam satu hari, Anda akan mendapatkan total $0,7 x 5 = $3,5 atau setara dengan Rp 57.750 per hari. Jadi dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan total 105 USD atau setara dengan Rp 1,73 juta.

Apalagi jika dalam satu hari kamu bisa mengajak 10 teman untuk menginstal WeSing maka kamu mendapatkan 0,7 USD x 10 = $7 atau setara dengan Rp 115.500 per hari. Kemudian dalam sebulan kamu bisa mendapatkan 210 USD atau setara dengan Rp 3, 6 juta.

Itu merupakan angka yang besar nominalnya, dan Anda bisa mendapatkan bayaran hanya dengan menggunakan ponsel atau smartphone Anda. Dapat cuan dengan mudah tanpa harus kemana-mana sesuai anjuran pemerintah #DiRumahAja atau Work From Home (WFH).

  1. Cara Withdraw WeSing $
    Anda dapat menarik saldo WeSing Anda dari akun PayPal Anda jika sudah memiliki saldo minimal US$1,99. Untuk saldo yang lebih besar, Anda dapat menarik saldo WeSing Anda dalam jumlah bulat, misalnya: saldo 11,22 USD, hanya 11 USD dan sisanya akan diakumulasikan hingga jumlahnya melebihi 1,99 USD lalu Anda bisa menarik uang Anda dalam jumlah yang bulat.

Untuk menarik saldo dolar Anda dengan membuka aplikasi ini, lalu pilih menu Rekening Tunai.

aplikasi wesing 2

Kemudian pilih penarikan PayPal dan pilih jumlah yang harus dibayar. Di bawah ini adalah contoh bukti penarikan dolar WeSing yang dilakukan sebesar $20 atau setara dengan di atas Rp 300.000 yang saya dapatkan dalam waktu kurang dari seminggu.

 

aplikasi wesing 3

Contoh Penarikan WeSing dari akun PayPal

Dalam pernyataannya, dolar WeSing akan ditransfer ke rekening PayPal dalam waktu 37 hari kerja. Namun menurut pengalaman pengguna, uang dari aplikasi ini mencapai akun PayPal hanya dalam kurun waktu satu atau dua hari.

6. Bukti Pembayaran Dolar Wesing di Paypal

Untuk menunjukkan bahwa aplikasi WeSing benar-benar mentransfer dolar ke rekening PayPal berikut, adalah contoh lampiran bukti rekening PayPal. Ini merupakan pembayaran terbaru yang diperoleh pengguna dari aplikasi ini, pembayaran akan ditransfer oleh akun paypal dari TME Hong Kong Limited.

aplikasi wesing 4

 

aplikasi wesing 5

 

Email Bukti Pembayaran WeSing

Penutup

Nah sudah jelas cara mendapatkan cuan dari aplikasi WeSing. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa memperoleh uang berlimpah dengan sangat mudah. Silahkan Anda coba terlebih dahulu, setelah itu berikan testimoni tentang aplikasi ini supaya teman atau keluarga yang lain juga bisa memperoleh uang gratis dengan cara yang sama.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari cuan dengan mudah sembari menggeluti hobi Anda dengan bernyanyi, dan jangan lupa untuk mengunduh MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak tips-tips, serta ide-ide yang menarik dan unik seputar bisnis dan pemasaran lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Definisi dan Contoh Copywriting Conversational [Terlengkap!]

0
contoh-copywriting

Conversational copywriting adalah contoh copywriting yang menghipnotis para pembaca. Trik copywriting satu ini sedang banyak digunakan, lho, khususnya di sosial media seperti Instagram.

Tidak cuma sanggup memberi informasi penting ke audiens, conversational copywriting adalah tips promosi online shop yang menarik, tidak kaku sekaligus profesional. Ada banyak sekali manfaat dari mengaplikasikan contoh copywriting satu ini ke olshop Anda!

Jadi seperti apa itu conversational copywriting? Bagaimana pula cara mengaplikasikannya ke tulisan?

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Contoh Copywriting Conversational : Definisi

contoh-copywriting

Ketika mendengar kata “copywriting”, maka yang terlintas di benak kita pastinya tulisan artikel atau caption berbau iklan. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini sudah ada banyak jenis dan contoh copywriting yang lebih fresh dan memikat?

Salah satu bentuk copywriting yang menghipnotis adalah conversational copywriting (copywriting percakapan). Di sini, penulis tidak menjabarkan keunggulan produk dalam bentuk narasi panjang, melainkan mengubahnya dalam bentuk dialog.

Alhasil, pembaca teks copywriting jenis ini akan merasa seolah-olah dirinya tengah bercakap-cakap dengan Anda. Penulisan copywriting conversational juga dinilai lebih menarik karena isinya yang lebih ringkas, padat dan jelas.

Bahasa Tulis vs Bahasa Lisan

Bahasa tulis dan bahasa lisan sejatinya berbeda. Sebelum mencoba menulis conversational copywriting, ada baiknya Anda memahami dengan betul gaya bahasa tulis (teks) dan bahasa percakapan (lisan).

Bahasa tulis cenderung bersifat lebih formal, kaku dan terstruktur dari awal sampai akhir. Sedangkan bahasa percakapan tidak. Bahasa lisan jauh lebih santai, menimbulkan kesan akrab dan hangat.

Namun karena copywriting tetap berbentuk tulisan/teks, maka kita perlu memodifikasi dan menyesuaikan beberapa hal dari percakapan lisan. Ini karena ada sejumlah kata di bahasa lisan yang “terdengar aneh” atau kurang pas dalam bentuk tulis.

Alhasil kita tidak boleh asal menjiplak bahasa lisan ke bentuk teks.

4 Keuntungan Copywriting Conversational

Ada 4 keuntungan utama dari penggunaan tips promosi online shop copywriting conversational. Apa sajakah? Ini jawabannya:

1. Banyak Digunakan di Sosial Media

Gaya penulisan ala percakapan sedang marak digunakan di sosial media akhir-akhir ini, seperti Instagram dan Twitter. Conversational copywriting menjadi contoh copywriting Instagram karena lebih ringkas dan to the point.

Sosial media memang terkenal memiliki space (ruang) yang terbatas. Tidak ada orang yang mau membaca artikel panjang lebar di sana. Alhasil, penerapan conversational copywriting adalah contoh copywriting Instagram terbaik.

2. Bisa untuk Website

Walaupun banyak diterapkan sebagai contoh copywriting Instagram dan Twitter, nyatanya trik copywriting conversational juga tetap cocok diaplikasikan untuk website biasa, lho.

Akhir-akhir ini banyak studi bisnis online menunjukkan bahwa masyarakat cenderung melakukan tektik membaca skimming. Artinya mereka hanya membaca bagian-bagian tertentu, bukan keseluruhan artikel.

Untuk itulah Anda bisa mempraktekkan teknik menulis conversational supaya artikel yang panjang bisa diringkas sekaligus lebih mudah dipahami. Konsumen dijamin akan lebih tertarik menyimak artikel Anda hingga tuntas.

3. Akrab dan Profesional dengan Konsumen

Tidak cuma menjadi copywriting yang menghipnotis pembeli, strategi conversational juga mampu menambah keakraban bisnis dengan audiens.

Masyarakat abad ini sudah meninggalkan kesan bisnis yang kaku untuk menjaga keprofesionalitasan. Sekarang Anda bisa tetap profesional sembari bersikap ramah, sopan, ceria, bahkan menebar guyonan/humor dalam iklan.

Nah, conversational copywriting adalah salah satu trik jitu untuk membangun keakraban dengan audiens sekaligus tetap profesional. Tidak ada salahnya menulis teks iklan persuasif dengan gaya bahasa santai tetapi tetap profesional dan serius.

4. Mudah Memperlihatkan Empati pada Audiens

Manfaat terakhir dari menggunakan contoh copywriting Instagram conversational adalah Anda lebih mudah memperlihatkan empati pada audiens secara online.

Masyarakat zaman sekarang sudah sangat cerdas membedakan materi iklan dan bukan. Ketika menyadari teks yang sedang mereka baca ternyata adalah iklan, secara otomatis mereka akan mengabaikan artikel tersebut.

Namun conversational copywriting yang menghipnotis menyediakan strategi yang unik. Anda dapat menulis dengan memosisikan diri sebagai pembaca. Alhasil masyarakat akan menilai bahwa bisnis Anda memerhatikan kebutuhan dan kenyamanan mereka tidak hanya sebatas mengiklankan produk.

4 Tips Membuat Copywriting yang Menghipnotis

Tertarik untuk mencoba copywriting conversational ini? Tidak perlu bersusah payah. Kini ada 4 tips simpel untuk membuat copywriting yang menghipnotis, khususnya dalam bentuk conversational. Begini tutorialnya:

1. Buat Kalimat yang Singkat, Padat, Jelas

Jika artikel copywriting biasa cenderung panjang lebar, maka tidak demikian halnya dengan copywriting conversational. Di sini Anda justru harus ahli mengatur tulisan supaya tetap singkat, padat dan jelas.

Seperti layaknya percakapan biasa secara lisan yang pendek, usahakan teks conversational juga dibuat seperti itu. Apakah ada ketentuan panjang pendek kalimat untuk copywriting conversational? Jawabannya tidak.

Setiap orang bisa menyesuaikan sendiri berapa panjang kalimat yang ingin mereka gunakan dalam teks conversational. Ada penulis yang mematok maksimal 13 kata saja dalam 1 kalimat; ada pula yang 10 kata atau 20.

Jadi silahkan atur sendiri panjang pendek kalimat teks sesuai kebutuhan Anda, ya! Pastikan panjang kalimat tetap mumpuni untuk menyampaikan informasi sekaligus enak dibaca.

2. Pahami Gaya Audiens

Pahamilah bagaimana gaya bicara dari audiens marketing Anda. Ingat, setiap orang faktanya mempunyai cara dan gaya bercakap-cakap yang berbeda.

Perbedaan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Misalnya saja latar belakang pendidikan, gender, usia, hingga minat atau ketertarikan mereka terhadap sesuatu.

Menyesuaikan gaya kepenulisan copywriting dengan gaya audiens amat penting supaya iklan Anda bisa disimak. Anda sendiri mungkin juga tidak nyaman membaca teks yang gaya penyampaiannya tidak sesuai style pribadi, bukan?

Anda bisa mencoba melakukan survey atau analisis awal untuk menggali demografi dari audiens. Dari sanalah Anda bisa mengetahui gaya kepenulisan copywriting yang pas digunakan.

3. Jangan Pakai Jargon atau Kata-Kata Sulit

Sebisa mungkin hindari penggunaan jargon, istilah atau kata-kata asing yang sulit dipahami target audiens Anda. Hal ini penting supaya audiens bisa lebih mudah memahami informasi yang disampaikan.

Akan lebih baik jika Anda memakai kosakata umum yang gampang dipahami; atau sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika terpaksa menggunakan kosakata asing, jangan lupa untuk menyertakan penjabaran arti kata tersebut di sebelahnya.

Ingat, selalu sesuaikan isi narasi tulisan dengan tingkat pengetahuan pembaca Anda. Menulis untuk pembaca awam pastinya akan berbeda dengan pembaca yang sudah lebih berpengalaman atau ahli dalam suatu topik.

4. Berceritalah Pada Audiens

Setiap teks copywriting yang menghipnotis pasti memiliki unsur cerita di dalamnya. Orang-orang lebih tepengaruh mencoba produk yang dilengkapi “kisah testimoni” di baliknya ketimbang membaca deskripsi produk biasa.

Meskipun teks conversational bersifat lebih singkat, bukan berarti Anda tidak bisa menyelipkan kisah menarik sekaligus menggugah emosi di dalamnya. Anda bisa menceritakan beragam keunggulan produk dalam beberapa kalimat ringkas supaya pembaca tertarik membeli.

Jangan ragu untuk terus berlatih demi menemukan gaya kepenulisan terbaik!

Demikianlah pembahasan tips promosi online shop kali ini seputar conversational copywriting. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan dan strategi bisnis online Anda, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips promosi online shop terbaru gratis setiap hari hanya dari MARKEY. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Repost Adalah : 5 Cara Repost Postingan IG untuk Meningkatkan Engagement

0
marketing-repost

Repost adalah aktivitas yang sering sekali kita lakukan di sosial media, terutama Instagram. Tapi jangan asal repost story IG, pelajari juga cara repost postingan IG yang benar dan menarik untuk memaksimalkan promosi olshop!

Ada banyak sekali cara promosi yang menarik di Instagram, salah satunya adalah strategi repost story IG. Pun repost adalah teknik terbaik bagi bisnis untuk promosi sekaligus menjaga keakraban dengan audiens.

Maka dari itu, penting sekali bagi Anda mengetahui cara repost postingan IG yang benar. Langsung saja yuk kita intip strateginya di bawah ini!

Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Pengertian Repost Adalah

Repost adalah kata yang sering kita gunakan atau dengar dalam kehidupan. Sudah tahu apa artinya?

Menurut kamus, repost berasal dari bahasa Inggris “re” yang berarti “ulang” dan “post” yaitu “postingan”. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, repost adalah memposting ulang sebuah unggahan.

Dalam dunia marketing online pun, kata repost mempunyai maknanya tersendiri. Repost menjadi sebuah trik promosi khusus, di mana pengelola bisnis sengaja mengepost ulang unggahan milik pengguna sosmed lain.

Semisal konsumen Anda memberikan testimoni produk Anda di Instagram Stories miliknya. Nah, unggahan tersebut bisa Anda repost ulang ke akun olshop sebagai bentuk apresiasi konsumen, menambah daftar testimoni sekaligus promosi ke audiens lain.

Repost juga bisa dilakukan dengan memposting kembali konten-konten lama milik akun sosmed bisnis sendiri. Tindakan ini dibenarkan asal konten yang direpost masih relevan bahasannya.

Proses repost adalah strategi iklan termudah, mengingat daya engagement konten marketing cenderung tinggi terlepas dari kapan konten tersebut diunggah pertama kali. Ada banyak tipe konten yang bisa Anda posting ulang, mulai dari status sosmed, tulisan artikel, video hingga foto.

Izin Repost Artinya?

Pernah mendengar kata-kata “izin repost” ketika tengah bermain sosial media? Saking seringnya kalimat tersebut muncul, banyak orang pun penasaran izin repost artinya apa.

Istilah ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas repost marketing. Kalimat izin repost artinya permohonan izin untuk melakukan repost.

Sebelum merepost postingan milik orang lain, kita wajib memohon izin terlebih dahulu. Mengapa?

Faktanya, setiap konten yang disebar di sosial media mempunyai hak cipta. Walaupun konten tersebut adalah ulasan testimoni dari pengguna produk, tetap saja unggahan tersebut adalah milik sang konsumen.

Demi menghindari keributan atau masalah pelanggaran hak cipta di kemudian hari, kita perlu meminta izin repost pada pemilik konten. Tentunya izin repost tidak diperlukan apabila konten yang kita unggah kembali adalah postingan lama milik sendiri, ya.

5 Keuntungan Marketing Repost Adalah

repost-adalah

Tidak cuma menjadi cara promosi yang menarik dan simpel, trik repost marketing bisa mendatangkan beragam keuntungan lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan Engagement

Trik repost efektif untuk meningkatkan jumlah interaksi (engagement) dengan audiens sosmed bisnis Anda. Tidak ada sosial media yang langsung banyak followersnya saat baru dibuat. Dibutuhkan proses panjang agar akun Anda mulai ramai dilirik konsumen.

Repost bisa menjadi taktik terbaik untuk memberitahu followers baru tentang konten-konten lama Anda yang mungkin belum mereka simak. Alhasil, mereka pun bisa memperoleh lebih banyak wawasan dan insight menarik tentang bisnis.

2. Sangat Gampang Dilakukan

Melakukan repost jauh lebih mudah ketimbang membuat postingan di sosial media. Apalagi sejumlah sosmed kini sudah menyediakan tombol repost bawaan. Jadi Anda hanya perlu memencet tombol tersebut untuk membagikan ulang postingan ke akun sendiri.

Pun kalau tidak ada tombol repost di sosmed, Anda tetap bisa membagikan ulang postingan menggunakan aplikasi-aplikasi repost yang tersedia gratis online. Sangat mudah, bukan?

3. Hemat Modal Iklan

Tidak perlu modal apapun untuk melakukan repost konten. Cukup klik tombol repost, dan postingan akan terunggah di akun sendiri dalam hitungan detik.

4. Meningkatkan Traffic pada Konten

Konten-konten lama sosmed Anda masih cukup sepi traffic, klik atau viewnya? Tidak perlu gelisah, kini Anda bisa menaikkan traffic konten lama sosmed dengan strategi repost.

Posting ulang link konten lama Anda ke sosmed. Boleh juga untuk turut menambahkan polesan ‘update’ pada caption repost agar postingan lama terkesan lebih fresh. Dengan begini, audiens pun pasti tertarik mengklik unggahan repost.

5. Menambah Relasi dan Kesempatan Baru

Berawal dari repost postingan milik kreator lain, bisa saja selanjutnya Anda mendapat peluang untuk berkolaborasi dengan sang konten kreator. Dari sini Anda bisa menambah relasi bisnis sekaligus kesempatan baru untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik.

5 Cara Repost Postingan IG yang Benar untuk Marketing

Instagram adalah salah satu platform yang kaya akan konten repost. Setiap hari selalu ada saja pengguna IG yang merepost story IG atau post feed baik untuk tujuan personal, hiburan, maupun bisnis.

Khusus untuk tujuan bisnis atau marketing, Anda wajib mengetahui cara repost postingan IG yang benar. Strategi berikut ini dijamin membuat konten repost Anda tampak lebih menarik diklik audiens:

1. Tag Pembuat Konten Asli

Terkadang, meminta izin repost saja dinilai belum cukup sopan. Akan lebih baik jika Anda turut mentag akun pembuat konten saat merepost story IG atau post feed.

Strategi ini sudah dilakukan banyak bisnis online sampai sekarang. Menandai pencipta konten di unggahan repost bermanfaat melindungi akun bisnis dari tuduhan plagiat atau pembajakan karya. Jadi Anda tidak akan dituntut atau terlibat masalah tak diinginkan kelak.

Pun cara ini bisa sekaligus menyuarakan apresiasi mendalam Anda kepada pencipta konten dengan baik. Akun kreator konten asli pastinya akan senang karena karyanya mendapat apresiasi sekaligus publikasi tambahan lewat sosmed Anda.

2. Sesuaikan dengan Tujuan Marketing

Repost adalah cara promosi yang menarik. Tapi sekadar repost konten menarik juga keliru. Anda wajib menyesuaikan tujuan repost dengan goals marketing yang ingin dicapai.

Semua efektivitas dan manfaat repost tidak akan tercapai jika tidak pas dengan tujuan marketing Anda. Mengapa Anda ingin memposting konten A dan bukannya konten B? Pikirkan matang-matang apakah konten yang direpost bisa membantu mewujudkan tujuan marketing. Jika tidak, mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan strategi lain.

3. Pilih Konten Ber-engagement Tinggi

Banyak orang merepost konten yang tidak begitu diminati oleh netizen dan berharap memperoleh banyak engagement atau interaksi. Nyatanya, para pakar marketing menilai taktik tersebut sebagai tindakan keliru.

Merepost konten yang tidak relevan dengan isu yang sedang trend di masyarakat sangat tak dianjurkan. Orang-orang tidak akan tertarik menyimak konten seperti itu, sehingga jumlah klik tetap sedikit. Efeknya, upaya promosi bisnis Anda menjadi sia-sia belaka.

Guna menghindarinya, cobalah untuk memilih konten lawas atau konten lain yang berpeluang engagement tinggi. Sesuaikan bahan repost dengan kebutuhan konsumen, image brand, atau isu yang lagi trend di masyarakat.

Sekali lagi, ingat, audiens hanya akan tertarik untuk mengklik postingan yang dirasa sesuai dengan isu-isu terkini atau memuat jawaban atas kebutuhan mereka.

4. Jangan Asal Edit Konten Asli

Tips selanjutnya, jangan asal edit konten asli sebelum direpost. Anda bisa mengedit bahan repost hanya dengan 2 ketentuan:

  1. Postingan asli adalah milik atau buatan Anda sendiri.
  2. Perubahan dilakukan seminimal mungkin (tidak mengubah isi), misalnya hanya menambah caption yang menautkan isu lama dengan kejadian/fenomena baru di masyarakat.

Sangat tidak etis apabila Anda mengedit konten asli sebelum direpost, khususnya konten buatan orang lain. Andaikata pengeditan sangat dibutuhkan (semisal untuk menyesuaikan tampilan konten di platform), maka Anda wajib meminta persetujuan pembuat konten asli. Jika tidak, bisnis Anda akan dituntut atas pelanggaran hak cipta.

Jangan pula untuk sekali-kali menghapus atau memotong watermark penanda pencipta konten dari postingan asli sebelum direpost. Tindakan ini juga bisa dipandang sebagai bentuk pelanggaran hak cipta.

5. Gunakan Aplikasi Jika Dibutuhkan

Terakhir, Anda bisa memakai aplikasi-aplikasi khusus untuk merepost story IG atau post feed. Instagram sudah menyediakan tombol repost bawaan untuk story, namun belum untuk feed. Guna mengakalinya, Anda bisa memakai aplikasi-aplikasi repost tambahan khusus Instagram gratis seperti:

  • Repost for Instagram.
  • AhaSave Instagram Downloader and Repost.
  • Repostwhiz and Save.
  • Repost via Instant, dan masih banyak lagi rekomendasi app lain di Google Play atau Apple Store.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara promosi yang menarik dengan repost Story IG. Selamat mencoba tips dan trik di atas, ya!

Butuh cara promosi yang menarik untuk sosial media lain? Yuk gali lebih banyak artikel tips marketing gratis dari MARKEY! Follow website MARKEY di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store. Sampai bertemu lagi.