Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Follower Twitter untuk Optimalkan Omset : 5 Trik Simpel...

Follower Twitter untuk Optimalkan Omset : 5 Trik Simpel Ampuh

-

Follower Twitter adalah salah satu aset penting dalam strategi Twitter marketing Anda. Sebab sekarang sudah ada cara memasarkan produk melalui Twitter followers yang terbukti ampuh!

Penggunaan Twitter untuk bisnis sedang sangat marak akhir-akhir ini. Pasalnya, Twitter adalah tempat terbaik untuk menjangkau perhatian masyarakat dari berbagai wilayah.

Persebaran informasi di Twitter termasuk sangat cepat. Setiap harinya selalu ada saja info-info yang menjadi viral lewat Twitter. Untuk itulah Anda wajib memaksimalkan kekuatan follower akun Twitter bisnis Anda demi meningkatkan omset.

Lalu bagaimana strategi penggunaan Twitter yang baik untuk bisnis? Berikut ulasan selengkapnya.

3 Kegunaan Follower Twitter untuk Bisnis

follower-twitter-1

Cobalah perhatikan akun-akun Twitter bisnis yang populer atau Anda kenal. Kebanyakan dari akun Twitter bisnis tersebut pasti punya jumlah follower yang banyak. Ada yang punya ratusan, ribuan hingga jutaan follower Twitter.

Kenapa jumlah follower sangat penting bagi akun Twitter bisnis? Berikut adalah 3 keuntungan utama dari mengelola akun Twitter bisnis berfollower banyak:

1. Mendongkrak Penjualan dan Omset

Semakin banyak follower Anda, otomatis peluang terjadinya penjualan lebih tinggi. Faktanya, orang-orang mengikuti sebuah akun online shop karena ia tertarik dengan produk atau brand. Jadi dengan kata lain, follower Twitter Anda adalah calon-calon konsumen potensial Anda.

2. Memperkuat Pengaruh/Dampak Promosi

Follower Twitter yang banyak juga mampu memperkuat pengaruh dan dampak dari promosi yang Anda lakukan. Setiap tweet promosi yang Anda posting dapat dengan mudah dijangkau banyak orang kalau akun Twitter Anda punya banyak follower.

Belum lagi jika followers Anda me-retweet, memberi likes dan berinteraksi dengan postingan Anda. Otomatis tweet iklan Anda akan bisa dilihat oleh para pengikut dari followers Anda.

Anda tidak perlu lagi bersusah payah menjangkau semua orang di masyarakat. Interaksi para followers sudah cukup membantu menyebarkan tweet promosi ke orang-orang lain, termasuk kelompok di luar target bisnis.

Artikel terkait  Digital Marketer Adalah? | Memahami Peran Sebagai Digital Marketer

3. Menambah “Bukti Sosial”

Manfaat follower Twitter yang ketiga adalah menambah bukti sosial untuk menunjang bisnis. Dalam dunia bisnis online, jumlah pengikut olshop bisa menunjukkan kualitas dari bisnis tersebut.

Layanan atau produk olshop yang terbukti baik pasti akan “mengundang” banyak orang untuk memfollow akun sosmed olshop tersebut. Itulah mengapa jumlah followers bisa menjadi indikasi baik-buruknya kualitas sebuah olshop.

Mungkin tidak semua followers berinteraksi secara aktif dengan postingan di sosmed olshop Anda. Tetapi paling tidak, jumlah followers yang banyak bisa menciptakan kesan menarik bagi pengunjung baru.

8 Strategi Cara Praktis Menambah Follower Twitter

Memiliki followers yang banyak rupanya cukup penting dalam strategi Twitter marketing. Namun permasalahan berikutnya adalah “Bagaimana cara menambah follower Twitter dengan mudah?”

Nah, Anda bisa mencoba sekumpulan strategi simpel di bawah ini guna meningkatkan jumlah follower:

1. Lengkapi Profil Anda

Langkah pertama, pastikan profil Twitter Anda sudah terisi dengan tepat dan jelas. Mulai dari nama pengguna, header, foto profil, lokasi, link tautan eksternal (jika ada), bio, dan seterusnya.

Profil adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung ketika membuka akun Anda. Profil Twitter jugalah yang bertugas membangun kesan pertama, sekaligus menentukan apakah seseorang ingin memfollow akun Anda atau tidak.

Jadi usahakan untuk membangun kesan pertama yang kuat lewat optimalisasi profil Twitter.

2. Pakai Foto Profil yang Menarik Perhatian

Faktanya, banyak orang tertarik mengunjungi sebuah akun Twitter karena foto profil akun tersebut berhasil mencuri perhatian. Oleh sebab itu Anda tidak bisa hanya sekadar memilih foto profil.

Gunakan foto dan header yang senada/nyambung dan mampu merepresentasikan bisnis Anda.

3. Post Tweet Secara Berkala/Rutin

Sering-sering post tweet secara berkala, rutin atau teratur. Twitter tidak punya aturan resmi terkait jumlah tweet yang ideal untuk diposting dalam sehari. Tapi ada pedoman sederhana yang bisa Anda jadikan pegangan.

Mempostinglah secukupnya sesuai yang Anda rencanakan. Memposting 1 sampai 5 tweet dalam sehari masih tergolong baik. Jangan memposting terlalu banyak (misal di atas 50) dalam sehari karena akan dianggap spam mengganggu.

Begitu juga sebaliknya. Terlalu sedikit memposting tweet tidak akan menarik perhatian masyarakat. Cara yang paling baik adalah menyusun tabel rencana konten supaya Anda punya target jelas untuk dicapai via tweet.

4. Bagikan Konten yang Bermanfaat

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana penggunaan Twitter yang baik. Tak sedikit yang sekadar tweet saja agar akun mereka terlihat aktif.

Cara tersebut sangat tidak dianjurkan dalam Twitter marketing. Alih-alih gunakanlah rumus 80:20. Maksudnya, 80% tweet berisi hal-hal informatif yang penting atau bermanfaat bagi followers. Misalnya keunggulan produk, iklan, tips dan trik, info fakta, dan lain-lain).

Sedangkan 20% sisanya bisa digunakan untuk membahas hal lain. Misalnya sesi interaktif hangat dengan followers, cerita di balik layar bisnis Anda, dan seterusnya).

5. Gunakan Hashtag

Hashtag adalah elemen terpenting dalam penggunaan Twitter. Kenapa? Sebab Twitter adalah sosmed pertama yang memperkenalkan sistem hashtag. Sampai saat ini pun mereka masih menggunakan hashtag untuk mengelompokkan semua tweet dan trending topik.

Banyak brand besar yang berpromosi di Twitter dengan hashtag khusus. Namun jangan gunakan hashtag terlalu banyak, mengingat jumlah karakter per-tweet terbatas. Gunakan maksimal 3 hashtag saja per tweet.

Simak selengkapnya cara promosi di Twitter dengan hashtag dan trending di sini.

6. Post di Waktu Terbaik

Pilih waktu terbaik untuk memposting tweet guna memperbesar peluang tweet Anda dilihat banyak orang. Anda bisa melacak kapan followers Anda sedang online dengan beragam alat bantu Twitter marketing yang tersedia gratis online.

Atau bisa juga dengan mempelajari referensi artikel, buku dan penelitian lebih lanjut terkait Twitter marketing di Google.

7. Tambahkan Link Eksternal “About Us”

Tips menambah followers Twitter selanjutnya adalah dengan menambahkan link “About Us” (Tentang Kami) di bio Twitter Anda.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Twitter bio merupakan salah satu elemen yang membangun citra/kesan pertama bisnis ke konsumen. Dalam momen “perkenalan” tersebut pastinya orang-orang ingin tahu lebih dalam tentang layanan Anda.

Sayangnya, bio Twitter hanya bisa diisi maksimal 160 karakter. Hasilnya ruang gerak kita terbatas dalam memperkenalkan bisnis. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan link eksternal ke halaman “About Us” di website olshop pada bio Twitter.

Simak strategi menulis halaman About Us yang memikat konsumen di sini.

8. Pasang Iklan Twitter

Tips menambah follower Twitter terakhir adalah memasang iklan Twitter. Iklan ini bisa menyebar ke seluruh pengguna Twitter dalam hitungan detik. Otomatis akan ada banyak orang tertarik mengunjungi profil Anda.

Sayangnya, Anda akan dikenakan tarif tertentu ketika ingin memasang iklan Twitter. Jangan lupa untuk cek syarat dan ketentuan pemasangan iklan Twitter sebelum benar-benar mencobanya, ya.

Artikel terkait  Cara Menjual Barang (Produk) Melalui Media Internet

5 Cara Memasarkan Produk melalui Twitter paling Efektif

follower-twitter-2

Sekarang tibalah kita pada cara memasarkan produk melalui Twitter followers! Segera lakukan tips dan trik ini supaya bisnis Twitter Anda cepat berkembang pesat.

Hebatnya lagi, Anda bisa mempraktekkan cara-cara memasarkan produk melalui Twitter untuk memasarkan produk/jasa sekaligus berusaha mendapatkan lebih banyak followers:

1. Gunakan Akun Profesional

Jangan pakai akun personal atau pribadi untuk berjualan. Usahakan membuat akun baru yang khusus diperuntukkan untuk tujuan bisnis.

Mengapa begitu? Memakai akun Twitter bisnis khusus pastinya bisa mendongkrak citra dan keprofesionalitasan usaha Anda. Pastinya Anda sendiri juga lebih yakin berbelanja online di toko yang profesional dan tak tercampur dengan urusan pribadi, bukan?

2. Buat Konten yang Mendorong Interaksi

Untuk memanfaatkan followers dalam mempromosikan bisnis, Anda harus mencoba membuat konten-konten yang mampu mendorong interaksi mereka.

Misalnya buat konten yang bermanfaat dan unik agar followers tertarik untuk me-retweet tweet. Adakan sesi interaktif supaya followers mau berkomentar di tweet. Dan sebagainya.

Jika Anda sanggup membuat konten yang menarik, bukan tak mungkin tweet tersebut kelak menjadi viral di Twitter!

3. Berkolaborasi dengan Influencer

Influencer adalah orang-orang di Twitter yang punya followers banyak. Anda bisa berkolaborasi dengan mereka atau melakukan promosi via influencer demi mendapat lebih banyak followers baru.

Sering kali masyarakat tertarik “mengintip” akun yang dipromosikan oleh influencer favorit mereka. Dari sini saja olshop Anda sudah bisa mendapat lebih banyak perhatian (exposure).

Tapi tetaplah selektif saat memilih influencer untuk diajak bekerja sama. Pilih akun-akun selebriti yang profilnya bagus, punya pengaruh positif, dan berkarya di bidang yang berkaitan dengan bisnis kita. Misalnya pilih influencer yang berprofesi sebagai dokter untuk mempromosikan produk bisnis di bidang kesehatan.

4. Jangan Hard-Selling

Masyarakat zaman sekarang sudah sangat cerdas dalam membedakan konten promosi dan bukan. Biasanya orang-orang akan langsung melewati atau “skip” konten-konten berbau iklan dari timeline sosmed mereka. Ini karena masyarakat cenderung tidak suka melihat iklan.

Alhasil Anda harus putar otak mencari cara agar iklan Anda tidak terasa seperti promosi mentah-mentah (hard-selling). Utamakan memakai kalimat promosi yang kreatif dan soft-selling supaya konten iklan tampak lebih menarik.

Jangan pakai kalimat promosi yang itu-itu saja alias sudah sangat umum digunakan. Sebagai gantinya pilihlah kalimat yang membangkitkan emosi, rasa penasaran atau reaksi-reaksi lain dalam diri pembaca. Dengan begini orang-orang pasti tertarik menyimak postingan Anda sampai tuntas.

Artikel terkait  Materi Strategi Pemasaran : Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

5. Jaga Komunikasi Dua Arah

Cara memasarkan produk melalui Twitter followers yang terakhir adalah dengan selalu menjaga komunikasi berlangsung dua arah antara olshop Anda dan pembeli.

Ada banyak cara gampang untuk menjaga komunikasi dengan konsumen di Twitter, misalnya:

  • Selalu membalas tweet mention dari followers.
  • Respon komentar dari followers pada twit Anda.
  • Jawab pertanyaan yang diajukan oleh followers.
  • Adakan sesi permainan interaktif menarik untuk menjaga perhatian followers. Seperti contohnya mini giveaway, quiz, tebak-tebakan dan lain-lain.
  • Re-tweet tweet followers terkait bisnis Anda yang bagus dan menarik.
  • Ucapkan selamat, terima kasih dan segala bentuk apresiasi lainnya pada followers yang selalu berpartisipasi dalam tweet-tweet event Anda

Demikianlah pembahasan kali ini terkait strategi penggunaan Twitter untuk bisnis. Semoga penjelasan di atas membantu  dan selamat mencoba, ya!

Temukan juga lebih banyak artikel menarik informatif lainnya seputar dunia bisnis dari website MARKEY (https://markey.id/) atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya