Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 82

Chatbot Adalah : Teknologi Baru Layanan Pelanggan Bisnis!

0
chatbot adalah, chatbot

Memiliki bisnis yang laris manis adalah keinginan semua orang. Anda yang memiliki bisnis online pun tentunya ingin mempunyai jumlah pengunjung yang banyak, bukan? Sayangnya bisnis yang ramai juga bisa menyebabkan kewalahan. Bayangkan jika ada lebih dari 50 orang secara bersamaan mengontak akun bisnis Anda menanyakan seputar produk, pengiriman, ataupun mengajukan komplain. Jadi chatbot adalah solusinya.

Jika Anda bekerja seorang diri, tentunya situasi ini akan menjadi sangat merepotkan. Bahkan bisa juga Anda jadi bingung untuk menangani permasalahan yang muncul bersamaan. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada perkembangan teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas pelayanan konsumen via chat ini.

Teknologi tersebut bernama bot chat artificial intelligence. Apa itu bot chat artificial intelligence? Bagaimana pula cara menggunakan dan keuntungannya untuk bisnis Anda? Mari cari tahu jawaban secara lengkapnya pada artikel edisi kali ini!

Chatbot Adalah

chatbot adalah, chatbot

Anda yang sering menghubungi platform e-commerce mungkin pernah berhadapan dengan chat bot. Kehadiran AI dapat diindikasi dengan mudah ketika kita membuka layanan live chat 24 jam, dan mendapatkan pesan pembuka otomatis atau balasan pesan secara instan.

Chatbot adalah fitur yang banyak diterapkan oleh pemilik toko online, khususnya mereka yang sudah melek akan kecanggihan teknologi. Penerapan chat bot atau artificial intelligence(AI) memiliki banyak keuntungan untuk bisnis online Anda, lho! Berikut ini kita akan membahas terkait AI secara lebih rinci. Disimak, ya!

Apa itu? Chatbot adalah sebuah fitur penjawab pesan yang sengaja dipasang untuk membalas setiap pesan masuk secara otomatis. Namanya sendiri diambil dari kata chat dan bot. Chat berarti pesan sedangkan bot adalah robot. Kesimpulannya adalah robot atau sosok virtual yang memiliki kecerdasan buatan untuk meladeni obrolan manusia.

Dengan penggunaan bot AI, Anda tetap bisa merasakan sensasi mengobrol dengan orang lain, meskipun sesungguhnya Anda sedang mengobrol bersama teknologi komputer. Chatbot adalah solusi kekinian bagi para pemilik toko untuk mempermudah mengelola usahanya.

Semisal toko Anda kebanjiran chat dari konsumen yang menanyakan perihal produk, pengiriman, ataupun menyampaikan keluhan atas barang yang ia beli. Permasalahan ini mungkin masih dapat teratasi jika diterima secara satu persatu, namun tidak halnya jika chat dari konsumen yang masuk langsung dalam jumlah banyak seperti ratusan.

Jika tidak menggunakan bantuan AI, Anda pasti sudah kebingungan menangani permasalahan di atas. Tetapi, jika Anda menyerahkan permasalahan customer service ini kepada AI, maka Anda cukup duduk santai memantau proses chat yang sedang berlangsung. Sistem manajemen toko anda pun akan jadi jauh lebih praktis mudah dan hemat tenaga.

Contoh penerapan chatbot adalah “Vira” dari Bank BCA dan customer service Shopee. Di official akun LINE BCA, terdapat sebuah bot berbasis artificial intelligence bernama Vira. Vira ditugaskan oleh BCA untuk melayani pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dilontarkan para nasabah. Selain itu, robot ini sering memberikan update berupa tips aman menabung di bank, promo-promo menarik BCA dan informasi lainnya.

Lalu di Shopee, Anda bisa menemukan chat bot pada bagian customer service 24 jam. Ikon chat bot yang dimiliki shopee berbentuk seperti anak ayam dengan baju berwarna orange. bot ini siap membantu kapanpun Anda memiliki masalah atau pertanyaan terkait Shopee. Jika masalah dirasa belum selesai, maka bot dapat mengarahkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan customer service.

Canggih sekali bukan sistem AI ini? Kira-kira bagaimana, ya, cara kerja sistem chat bot sehingga bisa melayani pertanyaan dari para konsumen? Mari cari tahu pembahasannya pada bagian selanjutnya!

Baca juga : Cara Buat WhatsApp Chatbot untuk Penunjang Oshop [Gratis Download]

Cara Kerja Chatbot Untuk Bisnis

Inovasi dalam bidang artificial intelligence (AI) telah memberikan banyak kemudahan dalam pengelolaan teknologi. Salah satu contohnya adalah chat-bot. Chatbot adalah mesin virtual yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dapat menangani berbagai permasalahan manusia melalui chat. Namun, bagaimana sebenarnya bot bisa merespons obrolan dan memberikan solusi atas pertanyaan kita?

Jawabannya ternyata sederhana! bot bekerja dengan cara menganalisis kata kunci yang diberikan oleh lawan bicaranya. Dengan kecerdasan buatan yang tertanam dalam bot, sistem ini dapat mendeteksi kata kunci yang Anda ketikkan dalam percakapan dan memberikan penjelasan yang paling sesuai. Ini memungkinkan bot untuk menjawab pertanyaan Anda dengan cepat dan tepat.

Saat ini, ada jenis bot yang menggunakan teknologi deep learning, machine learning, dan natural language processing. Ketiga teknologi ini meningkatkan kemampuan bot, sehingga mesin dapat memberikan jawaban yang terasa lebih alami.

Perkembangan ini sangat bermanfaat, terutama bagi pebisnis online. Dengan bantuan bot, mereka dapat menyediakan layanan pelanggan 24 jam penuh tanpa perlu bersusah payah. Konsumen juga merasa puas karena dapat menyelesaikan masalah mereka dengan cepat dalam hitungan detik.

Untuk memanfaatkan bot AI, Anda perlu menghubungi pengembang yang menyediakan layanan pemasangan bot. Mereka akan membantu Anda mengintegrasikan kecerdasan buatan ini ke dalam platform forum chat yang ada di website atau aplikasi e-commerce Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan bot di aplikasi atau website e-commerce Anda?

Kelebihan dan Kelemahan AI Bot Chat

chatbot adalah, chatbot

Kelebihan utama dari penggunaan AI dalam pengelolaan bisnis online adalah efisiensi waktu dan produktivitas yang ditingkatkan. AI dapat bekerja secara terus-menerus tanpa lelah dan dalam waktu yang sangat cepat, yang membuatnya ideal untuk tugas-tugas berulang dan analisis data yang rumit. 

Ini juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan respons yang instan, 24/7, tanpa perlu interaksi manusia. Selain itu, AI dapat mengidentifikasi pola dan trend dalam data yang mungkin sulit dikenali oleh manusia, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Disisi lain, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan AI. Salah satunya adalah biaya awal yang tinggi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan solusi AI. Selain itu, AI mungkin tidak selalu dapat menggantikan interaksi manusia dalam situasi yang memerlukan empati, pengambilan keputusan moral, atau pemahaman konteks yang rumit. 

Juga, ada kekhawatiran etika terkait dengan penggunaan AI, seperti privasi data dan pengambilan keputusan otomatis yang dapat menjadi masalah sensitif. Oleh karena itu, sebelum mengadopsi teknologi AI, penting untuk mempertimbangkan secara menyeluruh bagaimana kelebihan dan kekurangan ini akan mempengaruhi bisnis Anda.

Adapun beberapa kelebihan dari AI adalah:

Siap Siaga 24 Jam

Keuntungan kedua bot AI adalah kemampuan mereka untuk melakukan interaksi yang instan dengan konsumen. Saat Anda mengajukan pertanyaan kepada bot, jawaban akan segera disampaikan kepada Anda. 

Ini berarti layanan tidak akan memberikan jawaban yang bertele-tele atau mengharuskan konsumen menunggu lama. Dengan AI, konsumen dapat dengan cepat mendapatkan solusi atas masalah atau pertanyaan yang mereka hadapi. 

Kecepatan ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen karena mereka merasa didengar dan mendapatkan respons yang tepat waktu. Jadi, tidak hanya efisien dalam hal waktu, tetapi juga dalam memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan Anda.

Interaksi Instan dengan Konsumen

Selanjutnya, keuntungan lain dari bot AI adalah kemampuannya untuk menangani volume besar pertanyaan dan permintaan tanpa mengalami kelelahan atau penurunan kualitas layanan. Sebuah tim layanan pelanggan manusia mungkin memiliki keterbatasan dalam menangani banyak pertanyaan dalam waktu yang sama. 

Namun, bot AI dapat melayani puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan konsumen secara bersamaan tanpa mengurangi efisiensi atau kualitas layanan. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana ada lonjakan permintaan atau saat Anda beroperasi dalam skala besar.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan bot AI juga bergantung pada seberapa baik mereka diprogram dan dikelola. Bot yang kurang terlatih atau tidak dioptimalkan dengan baik dapat memberikan jawaban yang tidak relevan atau mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau dan mengembangkan bot AI Anda agar tetap efektif dalam memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.

Menaikkan Kualitas Layanan Konsumen

Bot AI dapat membantu Anda mengumpulkan data berharga tentang preferensi dan perilaku konsumen. Melalui interaksi dengan bot AI, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang apa yang konsumen cari, produk atau layanan yang diminati, dan masalah yang sering mereka hadapi. 

Data ini dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan perbaikan layanan pelanggan Anda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi konsumen, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda.

Namun, penting untuk selalu mempertimbangkan privasi dan keamanan data konsumen saat mengumpulkan informasi melalui bot AI. Pastikan bahwa data yang dikumpulkan dikelola dengan aman dan sesuai dengan regulasi privasi yang berlaku untuk menghindari potensi masalah hukum atau kerugian reputasi.

Selain itu masih terdapat pula kekurangan dari AI. Kekurangan-kekurangan dari chatbot adalah:

Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Secara Mendalam

Kekurangan kedua dari chatbot adalah kurangnya empati dan pemahaman yang dimiliki manusia. bot tidak memiliki kemampuan untuk merasakan emosi atau memahami nuansa dalam percakapan. 

Ini berarti dalam situasi yang memerlukan pemahaman mendalam atau empati, bot mungkin tidak dapat memberikan tanggapan yang memuaskan. Contohnya, ketika seorang konsumen mengungkapkan ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap produk atau layanan, bot mungkin hanya memberikan jawaban standar tanpa memahami perasaan konsumen.

Kekurangan ketiga adalah keterbatasan dalam bahasa dan pemahaman konteks. bot beroperasi berdasarkan algoritma dan data yang dimasukkan ke dalamnya. Oleh karena itu, bot mungkin kesulitan dalam memahami bahasa atau dialek tertentu, serta mungkin tidak bisa memahami konteks percakapan dengan baik. 

Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan frustasi bagi konsumen jika bot tidak dapat merespons dengan benar atau mengerti pertanyaan mereka dengan baik.

Meskipun bot memiliki kelebihan dalam efisiensi dan ketersediaan 24/7, kekurangan-kekurangan ini perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk mengimplementasikannya dalam bisnis Anda. 

Penting untuk memahami batasan bot dan memastikan bahwa ada dukungan manusia yang tersedia untuk menangani situasi yang memerlukan pemahaman mendalam, empati, atau pemahaman konteks yang lebih baik.

Matinya Profesi Customer Service

Kekurangan lainnya dari AI adalah potensi teknologi ini mematikan profesi customer service. Jika suatu hari AI sukses dikembangkan menjadi lebih pintar dalam menjawab permasalahan manusia secara natural dan mendalam, maka bukan tidak mungkin posisi AI akan mematikan profesi customer service. 

Hal ini akan merugikan para pekerja yang telah lama berkecimpung di dunia customer service. Dengan adanya AI, jasa mereka otomatis tidak akan diperlukan lagi.

Tantangan Bot Chat dalam Bisnis

Dalam penerapannya, bot chat tentu memiliki potensi untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan dan operasional bisnis. Namun, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh perusahaan saat mengimplementasikan bot chat:

  • Ekspektasi yang Terlalu Tinggi: Beberapa perusahaan mungkin beranggapan bahwa bot chat dapat mengatasi semua permasalahan layanan pelanggan dengan cepat dan tanpa cela. Namun, realitanya, ada batasan dalam apa yang bisa dilakukan oleh bot chat, terutama saat menangani pertanyaan atau masalah yang kompleks.
  • Kesalahan dalam Pemrograman: bot chat yang tidak diprogram dengan baik dapat menyebabkan kesalahan dalam interaksi dengan konsumen, seperti memberikan informasi yang salah atau tidak relevan.
  • Kesulitan dalam Mengenali Slang atau Dialek: Meski sudah berkembang pesat, banyak bot chat yang masih kesulitan mengenali slang, bahasa gaul, atau dialek tertentu yang mungkin digunakan konsumen.
  • Kurangnya Interaksi Manusia: Meskipun bot chat dapat meningkatkan efisiensi, kehilangan elemen interaksi manusia dapat menyebabkan kurangnya empati atau pemahaman nuansa emosional dari konsumen.
  • Keamanan Data: bot chat yang terintegrasi dengan sistem lain mungkin menjadi target serangan siber. Oleh karena itu, ada tantangan dalam memastikan keamanan dan privasi data konsumen.

Sekian pembahasan kali ini. Terima kasih sudah mengikuti sampai akhir! Jangan lupa cari tahu lebih banyak artikel informatif menarik lainnya dari kami, ya! Sampai jumpa di artikel edisi berikutnya.

Aplikasi Scan Barcode Untuk Produk Online Shop

0
scan barcode

Toko online menjadi platform terbanyak digunakan masyarakat saat ini untuk membeli beragam kebutuhan harian. Mulai dari makanan, produk make-up, kesehatan, skincare dan lain-lain, semua tersedia lengkap dalam beragam merk serta harga di platform e-commerce. Sayangnya, banyak juga produk e-commerce palsu yang beredar di pasaran.

Jika Anda tidak berhati-hati atau cermat memperhatikan spesifikasi dan tampilan produk yang dibeli, maka Anda bisa saja telah menjadi korban produk palsu tanpa disadari.

Wajar saja jika masyarakat saat ini cemas karena tidak mampu mengecek keaslian produk yang dibeli online. Akan tetapi dunia teknologi yang terus berkembang telah berhasil menemukan solusi untuk permasalahan tersebut. Kini Anda bisa mengecek keaslian produk dari online shop menggunakan aplikasi scan barcode produk.

Apa itu aplikasi scan barcode produk, cara menggunakannya, dan rekomendasi aplikasi scan barcode terbaik di smartphone? Mari cek keaslian produk yang Anda beli dengan aplikasi scan barcode terbaik rekomendasi kami.

5 Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode Terbaik Produk

aplikasi-scan-barcode

Perkembangan teknologi sukses memudahkan produsen produk dalam melabeli barang-barang yang ia produksi. Melalui sistem barcode, produsen atau pabrik produk dapat menempelkan kode rahasia berisi identitas barang yang mereka buat secara mudah. Peletakan kode barcode pada produk menjadi hal yang penting untuk membedakan produk asli dengan produk tiruan yang beredar di pasaran.

Tak dapat dipungkiri, penipuan produk khususnya produk branded tetap marak dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab sampai hari ini. Terlebih pasca kehadiran toko online, persebaran produk palsu menjadi sangat mudah karena konsumen tidak dapat melihat langsung produk yang dijual. Konsumen hanya bisa melihat deskripsi produk dan foto-foto yang kadangkala bisa dicomot dari situs pencari Google.

Tak hanya merugikan konsumen, para pedagang reseller online pun dapat merugi jika mereka mendapat produk jualan dari supplier penipu. Supplier-supplier penipu ini masih tetap eksis di jagat maya karena harga produk yang mereka jual sangat murah, sehingga sukses menarik minat reseller awam.

Sebut sajalah produk skincare Korea yang sedang naik daun di Indonesia belakangan ini. Normalnya, satu produk skincare asli Korea dijual dengan harga yang lumayan mahal di Indonesia, mulai dari 100 ribut sampai 1 juta rupiah.

Harga yang tinggi ini tentu tidak dapat dijangkau oleh sebagian masyarakat ekonomi kelas menengah bawah. Dari sinilah, para penipu akhirnya melihat peluang untuk membuat produk palsu dan murah yang mirip dengan skincare Korea yang sedang laris di pasaran.

Lebih mengerikannya lagi, sering kali produk palsu dan produk asli tidak dapat dibedakan karena terlalu mirip. Sehingga, baik konsumen ataupun reseller sama-sama tidak mengetahui bahwa barang yang mereka beli sesungguhnya palsu.

Produk-produk palsu jelas merugikan. Bahkan produk tertentu seperti skincare dan make-up palsu bisa membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, Anda selaku reseller produk online harus tetap jeli dalam memilih supplier dan barang jualan. Bagaimana caranya?

Anda tidak perlu cemas, sebab sekarang sudah ada aplikasi scan barcode produk. Dengan aplikasi scan barcode produk ini, Anda bisa mengecek barcode atau kode batang yang tertera pada kemasan produk apa saja. Jika produk murni original buatan pabrik, maka aplikasi akan menunjukkan keterangan resmi identitas produk. Begitupun sebaliknya.

Berikut ini kami sudah menyiapkan 5 rekomendasi aplikasi scan barcode produk terbaik yang bisa Anda gunakan hanya dengan smartphone:

Baca juga : Cara Buat QR Code OVO, DANA, SPay, QRIS Gratis untuk Olshop

1. Hidden Tag

Aplikasi scan barcode produk terpopuler pertama adalah Hidden Tag. Nama Hidden Tag mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak maraknya kasus penipuan skincare Korea. Aplikasi ini terkenal ampuh untuk mengecek keaslian dari setiap merek kosmetik make-up dan skincare Korea.

Hidden Tag mampu mengenali ratusan brand produk luar negeri. Cara menggunakan aplikasi ini pun gampang sekali. Cukup download dan instal aplikasi ini, kemudian buka aplikasi. Klik bagian kamera, arahkan ke logo barcode yang tertera di kemasan produk.

Selanjutnya, klik “hidden tag scan” dan tunggu beberapa saat. Jika produk yang Anda beli original, maka akan muncul informasi lengkap terkait perusahaan, spesifikasi produk, dan lainnya.

https://play.google.com/store/apps/details?id=ScanTag.ndk.det

2. ShopSavvy

Selain Hidden Tag, Anda juga bisa menggunakan Shopsavvy yang merupakan aplikasi scan barcode terpercaya untuk smartphone. Shopsavvy banyak digunakan oleh pecinta belanja online guna memindai barcode yang tertempel di kemasan produk. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui keoriginalitasan produk yang dibeli.

Keterangan yang diberikan oleh Shopsavvy pun lumayan lengkap, mulai dari harga produk, spesifikasi produk, ritel-ritel yang menjual produk, bahkan diskon-diskon yang sedang berlangsung untuk produk yang Anda scan.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai agen reseller online, tidak ada salahnya mencoba Shopsavvy segera agar tidak tertipu produk palsu sekaligus tak ketinggalan diskon produk terbaru. Lebih bagus lagi, shopsavvy bisa digunakan secara gratis!

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.biggu.shopsavvy

3. ScanLife Barcode & QR Reader

Aplikasi scan barcode produk all-in-one yang bisa Anda coba juga adalah ScanLife Barcode and QR Reader. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai segala jenis barcode ataupun kode QR pada produk. Nantinya, jika produk yang discan terindikasi original, Anda bisa mendapatkan informasi detail termasuk review pengguna yang pernah mencoba produk tersebut. Produk otomatis terbukti palsu jika keterangan-keterangan tadi tidak muncul di layar smartphone Anda setelah proses scan selesai.

4. Google Goggles

Google pun tidak ingin ketinggalan dalam meluncurkan aplikasi scan barcode produk. Melalui aplikasi Google Goggles, Anda bisa mengenali keaslian beragam jenis produk semudah mendekatkan kode barcode ataupun QR-nya ke kamera smartphone.

Cukup dengan satu kali scan, Anda bisa memperoleh informasi lengkap terkait produk yang ditampilkan pada Google Shopping dan Google Search. Dibandingkan aplikasi scan barcode lainnya, Google Goggles bisa digunakan untuk menerjemahkan semua teks dari beragam bahasa yang terdeteksi kamera.

Baca juga : Tutorial Google QR Code : Cara Buat Katalog Online Terpraktis

5. Barcode Scanner

Aplikasi terakhir yang bisa Anda coba untuk memastikan keaslian produk adalah Barcode Scanner. Aplikasi ini pun tidak kalah lengkap dalam menyajikan informasi produk secara mendetail dalam satu kali scan. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis tanpa iklan di Google Play Store. Di samping itu, Anda juga bisa membuat kode barcode sendiri untuk menunjang kebutuhan online shop.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.zxing.client.android

Tips Reseller Online Anti Kena Tipu

scan-barcode-1

Memakai alat bantu scan barcode produk di atas bisa menjadi cara terbaik agar Anda tidak gampang ditipu saat membeli produk online dari supplier. Namun masih ada sejumlah tips ampuh sukses menjadi reseller online trusted selain menggunakan aplikasi scan barcode produk di atas. Berikut tips dan triknya, dicatat ya!

Jangan Tergiur Harga Super Murah

Mendapatkan produk berharga murah berkualitas dari supplier adalah hal wajib bagi setiap reseller. Produk murah jelas jauh lebih mudah untuk dijual kembali sekaligus mampu memberikan keuntungan lebih banyak. Sayangnya, banyak penipu melancarkan aksinya dengan menjual produk super murah, bahkan jauh di bawah harga pasar.

Sebisa mungkin, hindari godaan membeli barang yang dijual dengan harga jauh di bawah pasar. Ketahuilah bahwa tidak mungkin ada toko yang menjual produk dalam harga sangat murah di bawah pasar, terlebih produk-produk bermerek (branded).

Lain ceritanya jika Anda menemukan produk murah saat diskon. Meski didiskon pun, biasanya harga-harga produk tetap tidak akan jauh di bawah pasar. Jadi tetap hindari godaan berbelanja pada toko yang menawarkan produk branded dengan harga super murah dengan iming-iming apapun!

Cek Testimoni Toko

Cara efektif berikutnya adalah selalu cek penilaian produk dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Cari tahu rating produk, testimoni, dan foto-foto dari pembeli yang pernah berbelanja di toko tersebut. Baca semua testimoni secara rinci, baik yang positif ataupun negatif. Jika terdapat lampiran foto testimoni, simak foto-foto tersebut untuk mengetahui tampilan asli produk.

Mengecek Kualitas Toko Online

Tips terakhir adalah mengecek reputasi dari supplier online pilihan Anda. Jika Anda mencari supplier di e-commerce, Anda bisa mengecek performa toko, rating toko, informasi toko, jumlah produk yang dijual, beserta testimoni pelanggan. Semakin tinggi rating dan juga tingkat respon toko terhadap konsumen, maka semakin baik pula reputasi tokoh tersebut.

Selain itu, hindari toko-toko yang secara terang-terangan mencantumkan informasi transaksi lintas aplikasi. Dapat dipastikan bahwa toko-toko seperti ini adalah penipu!

Beberapa contoh info transaksi lintas aplikasi pada platform toko penipu seperti:

  • “Untuk order produk silahkan hubungi via WhatsApp”
  • “Tidak menerima pembelian resmi di e-commerce”

Sangat ganjil dan mencurigakan, bukan? Jika Anda kelak menemukan toko online yang mencantumkan deskripsi di atas, sudah pasti toko tersebut adalah penipu.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait scan barcode app terbaik untuk mengecek keoriginalitasan produk. Semoga rekomendasi aplikasi scan barcode produk beserta tips-tips sukses jadi reseller online produk ori dari kami dapat membantu Anda berjualan secara aman, nyaman dan menguntungkan.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Jangan lupa follow media sosial dan website kami untuk memperoleh lebih banyak tips sukses berbisnis marketing lainnya. Sampai jumpa!

Copywriting Adalah : Belajar Copywriting dengan Aplikasi Copywriter

0
copywriting adalah

Anda punya hobi menulis? Yuk jangan sia-siakan hobi menulis Anda dengan memanfaatkannya sebagai metode ampuh membangun brand bisnis online!

Ada beraneka ragam iklan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari iklan TV, iklan radio, hingga perpaduan iklan gambar dan tulisan online di website serta media sosial. Satu hal yang mungkin belum Anda ketahui adalah bagaimana iklan tersebut dibangun, khususnya iklan tulisan di website.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sebuah tulisan yang sering dianggap “tak menarik” ternyata mampu menggaet minat serta perhatian banyak orang?

Baca juga Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Itulah salah satu kemampuan luar biasa dari skill copywriting iklan. Dengan copywriting iklan, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk website atau medsos bisnis Anda.

Ingin tahu apa lagi manfaat copywriting iklan? Atau Anda ingin mencari tahu aplikasi copywriting terbaik untuk mempermudah pekerjaan menulis? Tenang, semua sudah terangkum lengkap di artikel edisi kali ini. Yuk baca sama-sama!

Apa Itu Copywriting? Skill Menulis Iklan yang Magical

copywriting-adalah

Ketika Anda mengembangkan sebuah website toko online, Anda akan otomatis berhadapan dengan tuntutan menulis konten-konten produk atau promosi. Sebab, hanya melalui konten sajalah Anda bisa menggaet masyarakat untuk mengunjungi situs jualan Anda.

Saat diminta untuk menulis iklan produk, kebanyakan orang biasanya langsung mengiyakan dengan asumsi “Ah, menulis ‘kan gampang!” Padahal menulis, khususnya untuk kebutuhan marketing digital, memerlukan skill yang khusus untuk bisa “menyihir” masyarakat agar tertarik dengan produk.

Copywriting adalah skill menulis khusus yang dimaksud. Banyak orang menganggap copywriting adalah sebuah skill menulis yang “magical”, sebab mampu memikat rasa penasaran dan ketertarikan masyarakat terhadap sebuah konten, brand, ataupun produk. Pun copywriting adalah teknik menulis yang tak hanya mematok target membuat seseorang “ingin” berbelanja, melainkan “harus” berbelanja.

Sampai di sini, Anda mungkin bisa membayangkan betapa dalam dan rumitnya skill copywriting. Lantas apakah copywriting serta-merta dihindari karena “susah”? Jawabannya ternyata “tidak”. Justru ada semakin banyak orang berusaha mempelajari ilmu copywriting ini. Begitupun perusahaan-perusahaan yang tetap menggencarkan iklan tulis ini bersama-sama dengan konten iklan lain seperti audio-visual.

Copywriting adalah skill menulis iklan yang banyak diterapkan pada aneka platform pemasaran, seperti artikel website, postingan medsos, teks landing page web, newsletter e-mail, Google AdWords, judul dan caption YouTube, hingga headline hasil pencarian Google. Banyaknya platform iklan yang bisa dijangkau otomatis menjadikan copywriting adalah teknik beriklan terbaik sampai kapanpun.

Intisari dari teknik copywriting adalah sifat persuasif, alias membujuk masyarakat untuk Mengambil tindakan tertentu guna mencapai tujuan perusahaan. Beragam tindakan yang dikehendaki bisa berbeda-beda, seperti berbelanja, membuat akun, berlangganan, dan lain-lain.

Jenis-jenis copywriting pun beragam, mulai dari SEO copywriting, brand dan marketing copywriting, technical hingga CTA copywriting. Semua jenis copywriting bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari website bisnis online Anda, khususnya dalam peringkat SEO.

Ingin tahu lebih banyak manfaat copywriting untuk bisnis online? Yuk lanjutkan scrolling!

Baca juga : AIDA Singkatan Dari? | Kupas Tuntas Rumus AIDA Copywriting!

Mengapa Bisnis Online Anda Perlu Copywriting?

copywriting-adalah

Copywriting adalah metode beriklan yang paling murah dan efektif. Itulah salah satu alasan mengapa banyak perusahaan masih menggunakan metode iklan tulis yang satu ini.

Metode menulis iklan ini juga efektif untuk memperbaiki performa website Anda, sebab copywriting mampu meningkatkan traffic, tingkat konversi, hingga jumlah subscribe newsletter website. Alhasil, ranking SEO web bisnis Anda dapat naik hingga menduduki posisi nomor 1.

Lebih daripada itu, berikut ini adalah serangkaian manfaat copywritingyang mungkin Anda belum tahu untuk memaksimalkan bisnis online Anda:

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Hemat Biaya Promosi

Keuntungan pertama copywriting adalah menghemat biaya promosi. Setiap bisnis, termasuk bisnis online, tentunya memiliki perhitungan serta anggaran budget masing-masing. Kadangkala, memasang iklan pun cukup memusingkan karena tarifnya yang cukup tinggi. Padahal tanpa iklan, bisnis Anda akan cukup sulit untuk berkembang.

Apakah Anda tengah berada di posisi ini? Nah, inilah waktu yang tepat untuk mencoba copywriting sebagai solusi. Jasa copywriting biasanya tidak memakan banyak biaya. Terlebih jika Anda sendiri memiliki kemampuan menulis yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba menulis iklan dan konten website sendiri, bukan? Jadi lebih hemat budget promosi!

Mudah Memperoleh Loyalitas Konsumen

Manfaat copywriting selanjutnya adalah mudah memperoleh loyalitas konsumen. Media tulisan menjadi sarana Anda berkomunikasi dengan para pengunjung website. Melalui konten-konten yang diposting, Anda dapat menginformasikan keunggulan produk, kelebihan jasa, hingga tips-tips informatif menarik lainnya ke mereka.

Semakin sering Anda mengupdate konten, pengunjung pun dapat merasakan manfaatnya seperti menjadi lebih teredukasi. Selain itu, bukan tidak mungkin juga mereka tertarik mencoba produk Anda karena sering membaca ulasan menarik dari website toko Anda. Lama-kelamaan, loyalitas konsumen terhadap toko online Anda akan terbangun dengan sendirinya.

Promosi Website Efektif dan Unggul

Yuk jadikan promosi website toko Anda lebih efektif dan unggul dengan copywriting! Teknik copywriting membantu Anda untuk menyusun iklan dalam rangkaian kalimat yang tepat sasaran, rapi, dan menarik. Efeknya, iklan Anda akan tersusun secara efektif.

Skill copywriting yang baik juga bisa membedakan kualitas iklan Anda dengan iklan kompetitor. Meskipun website Anda dan kompetitor menawarkan jasa atau produk yang sama, kualitas iklan copywriting yang ditunjukkan pada halaman website akan menjadikan iklan Anda lebih unggul. Apalagi jika kompetitor tidak menggunakan metode copywriting dalam beriklan. Dijamin website Anda juaranya!

Mendorong Penjualan Lebih Maksimal

Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal, inti dari copywriting adalah sifat persuasif yang unik sekaligus memikat. Oleh sebab itu, metode iklan copywriting lebih mudah dalam meningkatkan jumlah penjualan di toko online. Rangkaian kalimat-kalimat ajakan khas copywriting untuk membeli produk terasa sungguh memikat rasa penasaran siapapun yang membacanya. Yakin tidak ingin mencoba skill iklan ini sekarang?

Menaikkan Traffic Web Bisnis

Sering memposting konten tapi website Anda masih sepi pengunjung? Jika iya, Anda sangat perlu mencoba copywriting. Sebab, copywriting adalah kunci tercepat untuk menaikkan traffic website bisnis dengan menghasilkan aneka konten menarik.

Konten-konten berkualitas baik ini dijamin 100% sukses memancing masyarakat untuk berdatangan mengunjungi website toko Anda, menaikkan traffic web sekaligus ranking SEO di Google search.

Baca juga : Instagram Call To Action Adalah? | Belajar Copywriting IG

5 Aplikasi Copywriting Bisnis Online Website Terbaik

Pastilah ini bagian yang Anda nanti-nantikan. Banyaknya manfaat copywriting sukses mendorong banyak orang untuk mempelajari skill ini. Hanya saja tak sedikit orang kebingungan mencari cara terbaik belajar copywriting. Apakah Anda juga begitu?

Buang jauh-jauh rasa cemas Anda. Sekarang, Anda bisa belajar copywriting bisnis online secara mudah dan cepat menggunakan 5 aplikasi copywriting terbaik berikut ini.

Twords

Rekomendasi aplikasi copywriting bisnis online pertama adalah Twords. Twords adalah tool menulis dengan tujuan utama membangun konsistensi Anda memposting konten. Software ini hadir dari kesadaran betapa sulitnya bagi kita untuk konsisten menulis postingan. Akan jadi sangat berbahaya jika Anda sampai malas menulis konten produk di website bisnis, sebab promosi dan penjualan dapat langsung terhenti begitu saja.

Lebih jauh lagi, memposting konten bisnis di website secara konsisten jauh lebih ampuh dalam meningkatkan traffic web, leads, dan ranking SEO. Dengan Twords, Anda bisa mulai membangun sikap rajin menulis guna menumbuhkan komitmen menulis yang konsisten. Twords bisa memberikan notifikasi jika Anda belum menulis selama seharian penuh, membandingkan kualitas copywriting sebelum dan sesudah rajin berpraktek, hingga melakukan tracking atas tulisan-tulisan Anda.

Hemingway Apps

Para pegiat sastra dan dunia tulis tentunya mengenal nama Ernest Hemingway, seorang sastrawan terkenal asal Amerika. Karya-karya Hemingway sangat ternama, dan terinspirasi dari sanalah aplikasi copywriting Hemingway Apps hadir.

Hemingway Apps hadir untuk Anda yang ingin belajar copywriting ringkas, enak dibaca, padat, dan efektif. Aplikasi ini menyediakan banyak referensi karya Hemingway yang bisa Anda baca untuk menambah perbendaharaan kata dalam menulis.

Saat mencoba menulis, Anda akan diberikan guide virtual yang bisa memberi tanda otomatis jika tulisan Anda dirasa kurang efektif, atau terdapat saran pilihan kata yang lebih baik.

Help Me Write

Masalah yang kerap menghampiri para copywriter adalah surutnya ide untuk ditulis. Selain itu, kita terkadang tidak tahu pasti apa yang ingin dibaca oleh pengunjung website toko online.

Namun permasalahan itu sudah diatasi oleh aplikasi hebat bernama Help Me Write. Sesuai namanya, dengan aplikasi ini Anda bisa meminta pembaca menyumbangkan ide atau hal-hal yang ingin mereka baca.

Jika Anda memiliki sejumlah ide konten dan bingung menentukan mana yang terbaik untuk ditulis, gunakan Help Me Write untuk membuat sebuah sistem polling. Tulis dan share ide-ide Anda dengan aplikasi, tunggu hingga audiens memberikan tanggapan atau saran terkait ide konten terbaik. Dengan begini, Anda bisa segera memutuskan topik informasi baru untuk website toko Anda.

Rewrite Correctica

Masalah yang tak kalah sering terjadi saat belajar copywriting adalah kesalahan tata bahasa, ejaan, diksi dan tanda baca. Jika tidak diperhatikan dengan cermat, tulisan dengan kesalahan EYD parah dapat membingungkan pembaca sekaligus menurunkan traffic website toko online.

Jadi, sebisa mungkin, jangan sampai usaha Anda menulis konten sia-sia karena masalah EYD. Namun bagaimana caranya? Gunakan aplikasi Rewrite Correctica untuk membantu merapikan tulisan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan saran-saran perbaikan minor EYD hingga susunan kalimat dalam teks. Alhasil, konten website Anda jadi lebih berkualitas saat dibaca masyarakat.

Itulah pembahasan lengkap terkait copywriting untuk bisnis online website. Untuk menunjang konten Anda, gunakan tips tambahan metode copywriting seperti menerapkan CTA (call to action) persuasif, serta membubuhkan testimoni dan manfaat produk yang memikat.

Jika semua ide sudah ditulis dengan benar, maka konten jualan Anda dapat bekerja dengan maksimal untuk menggaet minat calon pembeli.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Jangan lupa follow media sosial dan website kami untuk memperoleh lebih banyak tips sukses berbisnis marketing lainnya.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Hashtag adalah : Rekomendasi Hashtag Generator untuk Konten Olshop

0
hashtag adalah

Media sosial tidak hanya cocok digunakan untuk menyebarkan foto serta video pribadi ke teman-teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Sekarang, media sosial juga sangat efektif dipakai untuk mempromosikan foto-foto produk jualan secara online.

Pernahkah Anda memerhatikan postingan media sosial yang dikhususkan untuk berjualan? Biasanya, postingan promosi jualan akan tampil berbeda dibandingkan postingan pribadi. Dapatkah Anda menebak apa perbedaan itu?

Iya, tepat sekali! Penggunaan hashtag adalah perbedaan yang mencolok antara postingan produk jualan dengan pribadi di medsos. Mengapa para pedagang online suka menggunakan hashtag di akhir captionnya? Apa peranan hashtag dalam mempromosikan produk online?

Daripada bingung, mari cari tahu pembahasan lengkap terkait pentingnya hashtag dalam memaksimalkan promosi online shop Anda beserta rekomendasi hashtag generator terbaik dalam artikel berikut ini.

Definisi Hashtag | Simbol Kecil Bermanfaat Besar untuk Olshop

Jika Anda memerhatikan beragam postingan yang ada di media sosial apapun itu (Instagram, Twitter, Facebook bahkan status WhatsApp), terkadang kita menemukan postingan-postingan dibumbui hashtag kecil beserta kata-kata tertentu di bagian akhir captionnya. Tahukah Anda apa maksud dari kode bertanda pagar tersebut?

Simbol tersebut bernama hashtag. Penggunaan hashtag adalah hal yang lumrah di media sosial. Seringkali simbol ini dipakai oleh akun-akun bisnis saat mereka memasarkan produknya di medsos. Mengapa?

Mari kita mulai dengan mengenal apa itu hashtag. Hashtag adalah simbol pagar kecil yang mendahului sejumlah kata tertentu dalam postingan status medsos. Jika suatu kata dibubuhi oleh hashtag, maka kita dapat mengklik secara khusus pada kata tersebut dan melakukan penelusuran sesuai dengan topik tertentu.

Semisal, Anda memakai #kulinerenak saat mempromosikan produk jualan makanan di media sosial. Jika Anda mengklik #kulinerenak di postingan tadi, maka Anda akan diarahkan ke suatu halaman khusus yang memuat seluruh postingan berhashtag kuliner enak.

Begitu pula jika Anda memposting produk lain seperti smartphone. Agar postingan Anda mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari produk smartphone, cukup bubuhkan #smartphone pada caption postingan Anda. Nantinya postingan Anda akan masuk ke dalam jajaran postingan terkait smartphone di medsos. Praktis, bukan?

Tujuan penggunaan hashtag adalah agar warganet bisa melakukan penelusuran suatu konten secara spesifik di media sosial dengan gampang. Penggunaan hashtag ini persis seperti saat Anda melakukan penelusuran di Google menggunakan keyword.

Banyak pemilik toko online juga menggunakan hashtag agar postingan mereka tidak “tenggelam”. Seperti yang Anda ketahui, media sosial mempunyai ratusan hingga jutaan postingan baru di setiap detiknya. Sangat mudah membayangkan besarnya kemungkinan postingan jualan Anda tenggelam oleh derasnya arus informasi baru yang selalu berdatangan.

Namun hal tersebut bisa diantisipasi semudah membubuhkan hashtag pada postingan Anda. Kapanpun orang-orang mencari konten yang sesuai dengan produk Anda, maka postingan Anda akan selalu tampil dalam hasil penelusuran mereka. Jadi toko Anda masih berpeluang untuk memperoleh penjualan.

Selain sebagai keyword pencarian di medsos, hashtag adalah komponen penting dalam marketing online dengan beragam kegunaan lain.  Untuk tahu lebih banyak terkait penggunaan hashtag ini, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya.

Baca juga : Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!

Manfaat Hashtag dalam Sistem Promosi Online

hashtag-2

Peribahasa “kecil-kecil cabe rawit” mungkin cocok untuk menggambarkan hashtag yang kaya akan manfaat. Meskipun hanya berupa simbol kecil, keberadaan hashtag adalah sesuatu yang amat mempengaruhi strategi promosi media sosial. Berikut ini adalah sejumlah manfaat hashtag lainnya untuk memaksimalkan promosi online shop Anda di media sosial.

Mudah Mendapat Banyak Followers dan Engagement

Keuntungan pertama pemakaian hashtag adalah mempermudah akun memperoleh banyak followers serta engagement. Hal ini masuk akal sebab postingan berhashtag akan otomatis terkumpul sesuai kategorinya masing-masing di medsos, sehingga mempermudah orang-orang untuk menemukan postingan yang sesuai dengan mudah.

Contohnya begini. Anda memposting foto produk buku memakai #bukubarumurah. Postingan Anda ini akan otomatis masuk dalam kategori “buku” berkat hashtag yang dicantumkan. Nantinya, postingan Anda dapat menarik perhatian para pecinta buku jika mereka melakukan penelusuran menggunakan #buku.

Engagement seperti likes dan komen pun akan tercipta mengingat postingan Anda selaras dengan minat mereka. Bahkan bukan tidak mungkin jika mereka mulai memfollow akun olshop buku Anda.

Promosi Produk Mudah dan Spesifik

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dengan hashtag, postingan Anda dapat menyasar masyarakat umum dan kelompok-kelompok khusus. Seperti kelompok pecinta buku dalam contoh sebelumnya. Apabila postingan Anda ditemukan oleh target audience yang sesuai (postingan buku ditemukan oleh pecinta buku), maka besar kemungkinan mereka akan beralih dari sekadar followers menjadi potential buyer produk Anda.

Mempermudah Konsumen Menemukan Brand Anda

Selanjutnya, manfaat hashtag adalah mempermudah konsumen dalam menemukan toko atau brand Anda di medsos. Seringkali perusahaan menggunakan hashtag khusus yang mencerminkan labelnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam menemukan brand mereka di media sosial.

Contohnya Anda menggunakan hashtag umum #buku. Kemudian Anda menambahkan hashtag khusus yakni #tokobukuJogja. Hashtag khusus ini jelas tidak digunakan oleh akun-akun pedagang buku lain. Alhasil, hashtag ini telah menjadi ciri khusus yang menandai toko Anda. Kapanpun konsumen menelusuri hashtag #tokobukuJogja, brand Anda akan muncul di halaman pencarian mereka.

Memperluas Jangkauan Konsumen

Terakhir, manfaat hashtag adalah memperluas jangkauan postingan ke masyarakat. Fungsi ini biasanya dijalankan oleh hashtag umum seperti #buku, #skincare, #makanan dan lain-lain. Penelusuran umum ini dapat dilakukan oleh siapa saja, alhasil postingan Anda berkesempatan untuk muncul di sebanyak mungkin timeline pengguna media sosial. Otomatis, akan ada semakin banyak orang yang mengetahui postingan Anda berkat hashtag yang dibutuhkan dalam caption postingan.

5 Top Hashtag Generator, Bikin Hashtag Terbaik, Mudah & Cepat

hashtag-1

Kini Anda sudah mengerti bahwa hashtag adalah elemen kecil dengan segudang manfaat untuk promosi produk online. Akan tetapi, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuat hashtag terbaik?

Kenyataannya, merumuskan hashtag yang tepat untuk postingan bisa menjadi hal yang rumit dan membingungkan untuk pemula. Agar tidak pusing menentukan hashtag terbaik untuk dicantumkan dalam postingan, kami telah menyiapkan sejumlah rekomendasi hashtag generator. Dengan bantuan alat-alat berikut ini, Anda bisa merumuskan hashtag terbaik dengan lebih mudah dan cepat.

1. All Hashtag

Rekomendasi pertama generator hashtag adalah All Hashtag. Situs ini menyediakan ratusan rekomendasi hashtag terbaik yang bisa Anda copy dan paste langsung pada caption media social. Fitur-fitur pada situs inipun sangat lengkap, seperti hashtag analisa untuk menganalisis sejauh mana daya kerja hashtag pada media sosial.

Ada pula hashtag creator untuk membuat hashtag baru. Lalu Anda bisa meneukan rekomendasi top trending hashtag di media sosial di fitur hashtag trending. Jika Anda ingin postingan terpajang di posisi teratas penelusuran medsos, cukup gunakan hastag-hastag yang termasuk top trending ini. Dijamin 100% manjur!

Akses All Hashtag sekarang di: https://www.all-hashtag.com/

2. Keyword Tool Io

Selanjutnya adalah Keyword Tool Io. Situs ini menyediakan beraneka ragam fitur untuk mendukung promosi bisnis online di media sosial. Seperti fitur pencarian jumlah pos yang menggunakan hashtag rekomendasi. Dengan begini, Anda dapat mengetahui ada berapa banyak postingan lain yang juga membubuhkan hashtag yang sama. Fitur hashtag ini juga memudahkan Anda mencari tahu postingan apa yang sedang trending di media sosial saat ini.

Selain itu masih ada juga fitur-fitur lainnya seperti rekomendasi hashtag siap pakai, hashtag generator, dan lainnya. Sayangnya website ini memiliki akses gratis dan premium. Anda tentunya bisa menggunakan akses gratis Keyword Tool Io, namun akan ada sejumlah fitur premium yang dibatasi penggunaannya.

Tertarik untuk mencoba? Coba Keyword Tool Io di: https://keywordtool.io/

3. Tags Finder

Nama Tags Finder tak kalah terkenal dibandingkan 2 situs sebelumnya. Kelebihan Tags Finder adalah Anda bisa mengatur sendiri rekomendasi hashtag berdasarkan negara. Detail ini pun penting, mengingat setiap negara memiliki trending yang berbeda-beda.

Kemudian Anda juga bisa memasukkan 1-5 kata yang paling menggambarkan postingan di kolom pencarian. Nantinya mesin dapat membantu memberikan rekomendasi hashtag terbaik untuk digunakan. Uniknya Anda juga bisa memilih sejumlah kata yang tidak ingin dijadikan hashtag melalui fitur eliminasi.

Semua fitur Tags Finder pun dapat digunakan secara gratis di: https://www.tagsfinder.com/id-id/

4. Leetags

Rekomendasi generator selanjutnya adalah Leetags. Berbeda dengan tiga rekomendasi sebelumnya, Leetags berupa aplikasi smartphone Android untuk menemukan hashtag. Cara pakainya sangat sederhana. Anda cukup memasukkan keyword umum yang paling sesuai dengan konten yang diposting.

Semisal Anda memosting foto OOTD baju kekinian. Jadi, Anda cukup mengklik kategori fashion di aplikasi. Kemudian sejumlah hashtag terkait fashion akan langsung muncul di layar Anda. Anda bebas memilih sendiri hendak menggunakan hashtag mana di postingan.

Download Leetags di Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.leetags

5. Focalmark

Aplikasi hashtag generator terbaik terakhir adalah Focalmark. Tampil untuk smartphone dalam ukuran yang ringan, Focalmark menyediakan aneka hashtag menarik sesuai dengan lokasi domisili atau negara Anda, style postingan, dan kategori umum dari postingan. Anda bebas memilih sendiri hashtag-hashtag mana yang hendak digunakan untuk mempercantik caption postingan.

Aplikasi ini juga mudah digunakan siapa saja karena memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana. Download Focalmark sekarang di: https://apkpure.com/id/focalmark/com.focalmark.app

Demikianlah pembahasan kali ini terkait software generator hashtag serta kegunaan hastag untuk memaksimalkan promosi postingan Anda di media sosial. Sebagai catatan tambahan, saat memilih hashtag Anda harus mencermati beberapa hal seperti memilih aspek-aspek yang relevan dengan postingan. Jangan sampai Anda menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan topik, tema ataupun inti dari postingan.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk Anda melakukan riset kecil-kecilan guna mengetahui apa saja hashtag yang sedang trend saat ini di media sosial. Semoga rekomendasi generator hashtag di atas dapat membantu Anda dalam melakukan riset ini, ya.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Jangan lupa follow media sosial dan website kami untuk memperoleh lebih banyak tips sukses berbisnis marketing lainnya. Sampai jumpa!

Baca juga

Artificial Intelligence Startup : Manfaat dan Optimalkan!

0
artificial intelligence startup

Teknologi digital selalu berkembang dari hari ke hari. Aneka inovasi teknologi dapat kita lihat dan temukan dengan mudah saat ini. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah artificial intelligence alias kecerdasan buatan.

Sadar atau tidak, teknologi ini sudah banyak kita gunakan dalam produk-produk atau gadget berbasis smart seperti smart TV, smartphone, smartwatch, smart fridge, dan lain-lain.

Selain perkembangan teknologi, dewasa ini startup adalah perusahaan yang sedang banyak digeluti oleh masyarakat muda dan milenial. Startup adalah platform yang hadir untuk menyelesaikan banyak permasalahan sehari-hari masyarakat. Seperti contohnya startup e-commerce, ojek online, dompet digital, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda bahwa saat ini penerapan artificial intelligence sudah mulai merambah pada dunia startup? Mari cari tahu beberapa kegunaan artificial intelligence guna mendukung bisnis online startup dalam artikel berikut ini. Selamat membaca!

Mengenal Artificial Intelligence Startup

KECERDASAN-BUATAN-(2)

Anda yang selalu update dengan perkembangan teknologi digital tentunya sudah akrab dengan istilah artificial intelligence. Artificial intelligence dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan. Artificial intelligence adalah kecerdasan yang sengaja dibuat atau diprogram agar peralatan mampu bekerja secara otomatis. Gadget yang ditanami kecerdasan buatan seolah-olah memiliki otak sendiri sehingga bisa beroperasi tanpa perlu menunggu dijalankan oleh manusia.

Dalam dunia bisnis pun artificial intelligence ini menjadi aset penting guna memaksimalkan aneka kerja perusahaan. Contohnya adalah penerapan marketing artificial intelligence. Dengan marketing artificial intelligence, perusahaan Anda dapat membuat strategi serta menganalisis data terkait penjualan secara lebih mudah, praktis dan hemat waktu.

Selain marketing artificial intelligence, baru-baru ini kecerdasan buatan diterapkan dalam bidang baru yakni startup. Startup adalah perusahaan independen berbasis teknologi untuk menjawab beragam persoalan yang kerap ditemui masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Ambil contoh ojek online. Ojek online memiliki solusi terbaik untuk memudahkan masyarakat umum dalam permasalahan transportasi.

Selain itu, startup ini juga mampu mengentaskan permasalahan pengangguran di masyarakat dengan merekrut banyak tenaga driver ojek. Berkat bantuan teknologi ini, layanan ojek yang dulunya tradisional dan khusus di bidang transportasi saja menjadi lebih bervariasi, mudah dan murah.

Namun artikel kali ini tidak akan membahas perihal ojek online. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk menyelami dunia baru penerapan kecerdasan buatan yakni artificial intelligence startup. Sesuai namanya artificial intelligence startup adalah istilah yang mengacu pada penerapan kecerdasan buatan untuk memaksimalkan kinerja startup.

Dibandingkan dengan penerapan artificial intelligence untuk perusahaan besar, penerapan artificial intelligence startup memiliki jauh lebih banyak peluang untuk berkembang. Penggunaan artificial intelligence pada perusahaan bisnis biasa sudah sangat banyak dilakukan, baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Namun startup, khususnya yang di Indonesia, masih belum banyak ataupun optimal. Alhasil, penerapan artificial intelligence untuk kemajuan startup menjadi bentuk investasi baru untuk memaksimalkan operasi startup.

Kemampuan artificial intelligence pun masih belum terlalu dieksplorasi sampai saat ini. Kebanyakan dari developer masih berpatokan menggunakan artificial intelligence hanya untuk membangun hal-hal yang umum seperti smart gadget. Padahal, masih ada banyak kemungkinan kemampuan dan kontribusi artificial intelligence untuk masyarakat dan dunia bisnis.

Contohnya di era pandemi sekarang, banyak startup mulai mencoba membuat inovasi teknologi terbaru menggunakan artificial intelligence. Salah satunya adalah start up ranah medis yang mulai mengembangkan learning mesin untuk mempelajari pola persebaran wabah COVID-19. Mesin ini pun dapat diperjualbelikan nantinya kepada beragam instansi kesehatan untuk memperoleh keuntungan.

Selain contoh di atas, masihkah ada kegunaan artificial intelligence untuk mendukung bisnis? Jawabannya tentu saja ada. Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut, mari lanjutkan scroll ke bagian selanjutnya!

3 Peranan Utama AI: Bikin Marketing Startup Lebih Mudah

bisnis-startup

Startup memiliki banyak keuntungan untuk memajukan bisnis online Anda. Secara umum inilah 3 keuntungan artificial intelligence jika diterapkan pada bisnis online ataupun startup yang Anda kembangkan:

Memberikan Analisis Feedback Konsumen Otomatis

Kecerdasan buatan yang diterapkan pada platform startup ataupun bisnis Anda memiliki kemampuan untuk mencatat, mengumpulkan, hingga menganalisis semua feedback dari konsumen terkait produk atau jasa.

Jadi Anda tidak perlu repot lagi menyebarkan kuisioner atau meminta konsumen memberikan review. Cukup duduk manis, maka Anda sudah bisa membaca laporan yang disajikan oleh sistem AI. Metode ini pun jelas akan lebih menghemat waktu Anda dalam bekerja.

Distribusi Konten yang Sempurna ke Masyarakat

Dengan bantuan artificial intelligence, Anda bisa menyebarkan konten produk ataupun jasa ke pengguna dalam jangkauan yang luas semudah satu kali klik. Sistem artificial intelligence pun bisa mencari sendiri calon-calon konsumen yang dirasa sesuai dengan tipe produk dan pemasaran yang telah Anda rancang. Kecerdasan buatan akan mendistribusikan konten Anda kepada calon konsumen dengan sendirinya, Jadi Anda bisa lebih hemat waktu serta biaya untuk berpromosi.

Mengarahkan Konsumen Menemukan Anda

Penerapan artificial intelligence juga mampu mengarahkan konsumen untuk menemukan platform Anda. Artificial intelligence mampu mencari tahu platform apa saja yang sering dikunjungi masyarakat serta darimana mereka lebih sering menemukan konten Anda. Analisa pola pencarian masyarakat ini pun dapat dijadikan sebagai data untuk memaksimalkan strategi marketing nantinya.

Contoh Artificial Intelligence Startup Indonesia

Anda telah mengetahui peranan artificial intelligence startup dalam memaksimalkan aneka bisnis digital. Lalu apa saja contoh startup yang menerapkan kecerdasan buatan di Indonesia? Berikut ini adalah pembahasan beberapa artificial intelligence startup yang beroperasi di tanah air.

Tokopedia

Pertama adalah startup lokal bernama Tokopedia. Siapa yang tidak kenal dengan startup e-commerce satu ini? Tokopedia menerapkan artificial intelligence guna memaksimalkan pelayanan konsumen dan juga strategi marketingnya. Artificial intelligence ini dapat Anda temukan pada fitur pencarian produk.

Sistem Tokopedia akan bekerja secara otomatis mengumpulkan data dan memberikan rekomendasi produk terbaik yang Anda inginkan. Selain itu, sistem juga akan menyimpan jejak penelusuran Anda, sehingga mereka bisa mengenali produk apa saja yang sering Anda butuhkan. Nantinya, sistem Tokopedia bisa memberikan penawaran menarik terkait produk tersebut secara otomatis.

Shopee

Shopee adalah platform e-commerce terbesar berikutnya yang berkembang di Indonesia. Banyak orang melakukan jual beli pada startup yang identik dengan warna orange ini. Shopee pun menerapkan artificial intelligence pada sistem kerjanya. Artificial intelligence startup Shopee teraplikasi pada menu customer service.

Selain menggunakan customer service manusia, Shopee juga mempunyai chatbot yang siap membantu menjawab pertanyaan Anda selama 24 jam. Pelayanan chatbot pintar ini pun tidak kalah ramah dan solutif dibandingkan customer service biasa.

Gojek Indonesia

Startup yang satu ini sudah mencuri perhatian masyarakat bahkan dari awal perilisannya. Gojek adalah startup yang bergerak di bidang transportasi. Untuk memajukan serta memudahkan kinerjanya melayani masyarakat, sistem Gojek pun menerapkan artificial intelligence di dalamnya.

Artificial intelligence startup Gojek memudahkan baik driver ataupun konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembayaran. Semuanya sudah terurus otomatis dalam sistem, sehingga Anda cukup mengklik tombol-tombol yang dibutuhkan.

Seperti misalnya memesan makanan via Gojek. Anda cukup mengklik menu yang diinginkan dari restoran pilihan, kemudian notifikasi akan dikirimkan secara otomatis ke driver. Nantinya driver akan mengantarkan makanan Anda ke alamat. Sangat praktis dan mudah sekali bukan?

Demikianlah pembahasan kali ini terkait perkembangan artificial intelligence startup. Anda bisa mulai mengembangkan startup-startup unik yang bisa digunakan untuk menjawab beragam permasalahan di masyarakat. Dari sana nantinya, teknologi inovasi Anda bisa membawa keuntungan untuk perusahaan.

Terima kasih sudah membaca, semoga artikel edisi ini mampu menambah wawasan Anda, ya! Sampai jumpa di lebih banyak artikel informatif menarik lainnya dari kami.

Instagram Analysis Traffic : Pengertian dan Kegunaan untuk Toko Online Anda

0

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Instagram? Berawal sebagai media sosial untuk sharing foto dan video ke publik, kini platform Instagram berkembang pesat sebagai sebuah forum jual-beli yang menjanjikan.

Tingginya minat orang menggunakan Instagram menjadi penyebab awal terbentuknya komunitas jual-beli aneka produk dalam media sosial ini. Hingga pada akhirnya, Instagram secara resmi mengeluarkan fitur business yang bisa Anda pakai untuk membangun toko online. Dalam fitur tersebut terdapat Instagram Insight yang bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan toko online.

Namun sayangnya, masih sedikit orang mengetahui cara memakai Instagram Insight untuk memaksimalkan traffic pengunjung. Kira-kira apa itu fitur Insight serta cara memanfaatkannya dengan benar? Mari meluncur ke artikel berikut ini untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama. Selamat membaca!

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Apa Itu Instagram Analysis Traffic? Definisi dan Keuntungan untuk Olshop

analisis-traffic-1

Perkembangan teknologi tak dapat dipungkiri menjadi semakin canggih dari hari ke hari. Seperti halnya pada media sosial. Dulu, kita menggunakan media sosial hanya untuk berinteraksi dengan keluarga, teman-teman, dan orang-orang terkasih saja. Kini, media sosial juga bisa digunakan untuk membuka toko online dan mendapatkan keuntungan.

Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan adalah Instagram bisnis. Instagram terkenal sebagai media sosial untuk memposting foto dan video yang dapat dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia. Sekarang, Instagram bisa digunakan untuk berjualan melalui fitur Instagram bisnis. Untuk menunjang aktivitas jual-beli di Instagram pun, pihak resmi perusahaan ini akhirnya merilis fitur terbaru bernama Instagram Insight atau Instagram Analytics.

Apa itu fitur Insight? Insight adalah fitur resmi Instagram untuk melakukan analysis traffic pada akun-akun bisnis IG. Dengan memanfaatkan fitur analysis traffic ini, kita bisa mengetahui banyak hal terkait perkembangan akun online shop kita di Instagram. Mulai dari jumlah engagement content, data demografi followers akun olshop, jumlah tayangan profil tokoh, dan masih banyak yang lainnya.

Jika dimanfaatkan dengan benar, fitur Insight dapat membantu Anda dalam mengelola Instagram business traffic serta menaikkan penjualan. Analysis traffic menggunakan Insight akan memberikan Anda data-data penting guna menyusun strategi jualan; seperti identitas rinci pengunjung akun, efektivitas strategi promosi dan persebaran content, jam-jam followers Anda sedang aktif di Instagram, hingga memahami apa-apa saja kebutuhan para followers akun bisnis Anda.

Sayangnya tidak banyak orang memahami betul bagaimana melakukan analysis traffic pada Instagram. Kebanyakan orang masih meyakini bahwa memposting konten saja sudah cukup untuk mengembangkan toko online. Padahal tidak demikian.

Untuk melancarkan promosi yang tepat sasaran dan efektif, Anda harus rajin mengecek kondisi Instagram business traffic milik toko online anda. Serutin apapun Anda berpromosi akan sia-sia belaka jika dilakukan secara sembarangan, tidak menyasar pasar yang tepat, dan tidak menggunakan kata kunci yang tepat pada bagian deskripsi konten.

Lalu bagaimana cara memakai fitur Insight untuk melakukan analysis traffic Instagram? Yuk lanjutkan membaca ke bagian berikutnya untuk mengetahui jawaban secara lengkapnya!

Baca juga : Pedoman Lengkap YouTube Analisis : Rahasia Menaikkan Traffic

Pedoman Mudah Analysis Traffic IG dengan Insight

analisis-traffic-2

Anda telah memahami apa itu Instagram bisnis dan fitur Insight di dalamnya. Kini waktunya untuk mencari tahu bagaimana cara terbaik agar Anda bisa melakukan analysis traffic di Instagram dengan memanfaatkan fitur Instagram Analytics. Berikut ini kami sudah sajikan pedoman lengkap melakukan analisis grafik IG dengan fitur Insight secara mudah untuk pengguna pemula. Yuk disimak!

Memiliki akun bisnis Instagram

Sesuai dengan tujuannya untuk mengembangkan bisnis, maka sudah pasti fitur Insight atau Instagram Analytics tidak akan muncul pada akun personal. Untuk itu, Anda harus mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Berikut cara-caranya:

  1. Buka profil Instagram.
  2. Cari pengaturan profil IG.
  3. Cari di bagian pojok kanan atas berupa tanda titik 3, klik, dan pilih bagian “pengaturan akun”.
  4. Scroll sedikit, cari pilihan “beralih ke akun bisnis” atau “switch to business profile”.
  5. Saat mengubah akun personal ke akun jualan, Anda bisa sekalian mengkoneksi akun dengan halaman Facebook bisnis yang dimiliki oleh toko online Anda. Kegunaan koneksi ini adalah untuk memposting di Instagram dan Facebook secara bersamaan. Jadi, kapanpun Anda memposting produk di Instagram, maka postingan yang sama juga akan terupdate otomatis ke halaman Facebook bisnis Anda
  6. Selesai! Sekarang, akun personal Anda sudah beralih ke akun bisnis.

Baca juga : Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

Baca juga : Inilah 8 Poin Twitter Analytics yang Bikin Bisnis Sukses

Mengakses dan Mengumpulkan Data-Data Insight

Setelah beralih ke akun bisnis, sekarang Anda bisa mengakses data-data yang terdapat di fitur Insight untuk digunakan dalam proses analysis traffic. Untuk mengakses data-data Insight Instagram business, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke profil Instagram toko.
  2. Klik icon berupa grafik statistik yang ada di bagian paling atas profil akun. Anda akan mendapati sejumlah data seperti:
  • Interaction = mencatat seluruh tindakan yang terjadi antara followers dengan akun Anda
  • Profile visit = jumlah kunjungan yang terjadi pada akun Instagram
  • E-mail = fitur yang menampakan jumlah klik email pada akun toko
  1. Klik “Discovery” untuk mengetahui jumlah impression dan reach dari masing-masing content. Di sini, Anda bisa mengetahui jumlah total engagement pengunjung akun bisnis terhadap masing-masing konten jualan Anda.
  2. Klik “Tab content”. Tab content memuat data-data rinci terkait konten yang diposting di akun Anda.
  3. Klik “Kolom Feed Post”. Untuk mengumpulkan data feed Instagram, gunakan fitur “kolom feed post”. Di sini terdapat seluruh konten yang sudah anda publikasikan ke feed. Untuk melihat lebih detail rincian impresi dan jangkauan postingan Anda, cukup gklik salah satu konten. Nanti data-datanya akan muncul di layar secara otomatis.
  4. Cari tahu data-data impresi dari Instagram Stories pada bagian “Stories”. Semua data impresi (jumlah total tayangan Instagram story), reach (jumlah orang yang melihat story Anda), exit (jumlah orang yang meninggalkan story Anda), reply (jumlah balasan yang didapat).
  5. Klik “promotion” untuk mengakses data-data seputar Instagram Ads yang pernah Anda gunakan.
  6. Terakhir, klik “Tab Audience” untuk mengakses data terkait pengikut toko online Anda seperti usia, jenis kelamin, lokasi dan jam aktif mereka mengakses Instagram.

Lakukan Analisis

Setelah mengumpulkan data-data yang diperlukan, kini Anda dan tim bisa mulai melakukan analisis performa akun bisnis Instagram. Cari tahu seberapa banyak orang yang mengakses konten jualan Anda di Instagram dengan mengklik view insight pada setiap postingan konten. Langkah-langkah selengkapnya:

  1. Buka feed,
  2. Pilih salah satu postingan,
  3. Klik tombol view insight yang sudah tersedia.
  4. Tanpa perlu menunggu, data-data terkait konten akan langsung tampil ke hadapan Anda seperti jumlah like, komentar, interaction, jumlah simpan, visit dan masih banyak lainnya.

Indikator baik-buruknya pertumbuhan akun Instagram bisnis Anda terlihat dari seberapa besar jumlah engagement yang terjadi pada akun. Semakin banyak jumlah like, comment, share dan view postingan yang didapatkan, maka artinya persebaran konten Anda semakin baik di kalangan masyarakat. Begitupun sebaliknya, jika jumlah engagement masih kecil, Anda harus memikirkan strategi jitu baru agar konten bisa tersebar dan menjangkau lebih banyak masyarakat.

Anda juga bisa menambahkan hashtag yang berkaitan dengan tema konten yang dibuat untuk memperluas daya jangkau content di masyarakat. Selain itu, Anda bisa memasang Instagram Ads dan memposting konten di jam-jam followers paling aktif.

Itulah pembahasan lengkap terkait analysis traffic menggunakan Instagram insight. Semoga wawasan dan pedoman dalam artikel ini mampu membantu Anda dalam memaksimalkan Instagram business traffic, ya. Sampai jumpa di artikel menarik informatif lainnya dari kami.

Ubersuggest : Cara Lengkap Riset Keyword dan Analisis Web

0
ubersuggest

Siapa yang ingin bisnis onlinenya maju dan sukses di pasaran? Jika Anda ingin website online perusahaan Anda sukses mengalahkan para kompetitor, maka Anda harus memberikan usaha lebih untuk melakukan optimasi dan analisis website secara berkala.

Bukankah optimasi dan analisis website adalah hal yang sulit? Tenang, Anda kini sudah bisa membuang jauh-jauh anggapan tersebut karena ada banyak tools analytics yang siap membantu pekerjaan Anda secara gratis dan praktis. Salah satu situs web analitik populer yang banyak digunakan pebisnis adalah Ubersuggest Neil Patel.

Apa itu Uberssugest Neil Patel dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengoptimalisasi performa web perusahaan? Mari cari tahu pembahasan selengkapnya pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca.
Baca juga : Keyword adalah : Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO

Apa Itu Ubersuggest Neil Patel?

Istilah SEO (search engine optimization) tentunya sudah bukan hal baru lagi di telinga Anda yang menekuni dunia bisnis online. Gampangnya, SEO adalah aktivitas analisis kondisi dan kinerja web guna memaksimalkan traffic serta posisi website Anda pada menu pencarian Google. Otomatis, aktivitas SEO ini wajib dilakukan jika Anda ingin memajukan perusahaan online yang tengah dijalankan.

Dulu, menjalankan SEO dan analisis web terkesan sebagai hal yang rumit serta membutuhkan banyak teori. Bahkan tak jarang masih ada orang yang kesulitan mempraktekkan penggunaan SEO tools atau situs web analitik meskipun sudah mempelajari teori-teori dasarnya. Daripada terjebak oleh rasa bingung, lebih baik coba gunakan Ubersuggest Neil Patel yang super praktis untuk analisis kondisi website perusahaan apapun.

Situs web analitik ini diciptakan oleh Neil Patel, dan terkenal berkat kemampuan optimalisasi konten website perusahaan via keyword-keyword suggestion yang lengkap. Di situs ini, Anda bisa memperoleh puluhan hingga ratusan trend keyword suggestion secara gratis sehingga konten-konten jualan website Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh masyarakat umum.

Selain fitur keyword dan ide konten, Anda pun bisa melakukan eksplorasi lebih mendalam terkait performa dan kualitas website di Ubersuggest. Tidak seperti tools lainnya, semua fitur-fitur SEO dan analitik Ubersuggest dapat digunakan gratis, jadi dompet Anda dapat tetap hemat dan aman. Untuk lebih lengkapnya terkait fitur-fitur unggulan Ubersuggest, mari melanjutkan scrolling ke bagian berikutnya.

Fitur Unggulan Ubersuggest: Cek Keyword sampai Situasi Kompetitor

ubersuggest-1

Sebagai salah satu situs web analitik terbaik, Ubersuggest tentunya memiliki beragam fitur unggulan guna mendukung aktivitas analisis dan optimalisasi website perusahaan. Yuk kenali semua fitur-fiturnya berikut ini:

Keyword dan Content Ideas

Fitur pertama adalah keyword dan content ideas untuk memperoleh ide kata kunci dan ide konten untuk dipublikasikan ke website perusahaan. Cukup dengan memasukkan satu keyword maka anda bisa memperoleh lebih banyak rekomendasi keyword berdasarkan volume dan nilai per kliknya. Sisipkan keyword ke dalam konten website Anda agar konten bisa muncul ketika dicari oleh pengguna di mesin pencari.

Mengecek Performa Website Kompetitor

Faktor selanjutnya adalah tools website analyzer untuk mengecek performa website dan keyword yang digunakan oleh kompetitor pesaing. Dengan tool ini, Anda bisa mengetahui siapa saja kompetitor perusahaan online Anda dalam hitungan detik. Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah, yakni dengan memasukkan link website perusahaan kompetitor ke dalam kolom yang telah disediakan dan klik tombol “search”.

Hasilnya, Anda bisa menemukan statistik performa website kompetitor beserta keyword yang digunakan pada konten-konten unggulan mereka. Data ini pun nantinya dapat digunakan untuk menaikkan kualitas dari website Anda.

Mengecek Statistik Domain Web Sendiri

UberSuggest tentunya bisa digunakan untuk mengecek statistik domain Website toko online anda sendiri. Anda bisa mendapatkan informasi langsung terkait keyword organik konten website, rincian sumber traffic secara mendetail, dan jumlah total traffic yang pernah didapatkan oleh website anda. Sangat lengkap, bukan? Data-data ini bisa Anda pakai untuk melakukan optimasi performa website perusahaan.

Memperoleh Data Backlink

Fitur unggulan Ubersuggest terakhir adalah perolehan data-data backlink. Backlink merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang performa website di mesin pencari. Pun dengan fitur ini, Anda bisa melacak segala jenis backlink yang dimiliki oleh website perusahaan dengan mudah dan praktis.

Pedoman Lengkap Riset Keyword & Mengecek Keyword Kompetitor

ubersuggest-2

Sudah tidak sabar mengetahui cara riset keyword untuk optimalisasi website perusahaan sendiri? Yuk siapkan catatan Anda sembari menyimak langkah-langkah lengkap merumuskan keyword dengan Ubersuggest.

1. Tentukan Seed Keyword

Pertama, tentukan terlebih dahulu topik apa yang hendak Anda bahas dalam konten website. Topik umum ini dikenal juga dengan nama “seed keyword”. Seed keyword Anda harus sesuai dengan niche website perusahaan yang dikelola. Semisal website Anda membahas seputar bisnis online, maka seed keyword Anda harus seputar bisnis online.

2. Buka Ubersuggest Neil Patel

Setelah memiliki seed keywords, selanjutnya buka web Ubersuggest Neil Patel di neilpatel.com/ubersuggest. Agar bisa menggunakan layanan Ubersuggest sepenuhnya, Anda harus login atau memiliki akun terlebih dahulu. Lakukan login yang lebih praktis menggunakan akun Gmail.

3. Masukkan Kata Kunci dan Ganti Negara

Berikutnya, masukkan kata kunci ke dalam kolom keyword ideas. Di kolom yang sama juga terdapat keterangan negara. Untuk membuat penelusuran lebih akurat, Anda bisa mengganti keterangan negara tersebut sesuai dengan tempat Anda tinggal atau berada saat ini, seperti Indonesia. Begitu semuanya selesai terinput, cukup klik “search” atau tekan tombol enter.

4. Dapatkan Keyword

Selesai! Kini Anda sudah bisa melihat rekomendasi hasil riset keyword dari website Ubersuggest. Anda bebas memilih keyword mana saja untuk digunakan, baik berdasarkan volume, nilai harga per klik yang dimiliki oleh masing-masing keyword, dan tingkat kompetisi setiap keyword.

Sebagai catatan, untuk memudahkan pencarian konten di mesin pencari, lebih baik gunakan keyword yang tidak terlalu susah atau tidak memiliki tingkat kompetisi tinggi. Para pakar SEO biasanya merekomendasikan keyword dengan nilai kompetitif dibawah 40. Semua keyword juga dapat dieksportir menggunakan file CSV

Gampang sekali bukan, bagaimana cara mendapatkan keyword terbaik untuk mengoptimalkan konten website Anda? Selanjutnya, kami menyediakan tips bonus terkait cara memata-matai keyword milik website kompetitor.

Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda penasaran keyword apa yang digunakan oleh kompetitor dalams konten-konten terbaiknya di website. Nantinya, keyword-keyword milik kompetitor ini bisa dipakai pada konten Anda sendiri untuk menaikkan traffic website di mesin pencari Google. Berikut cara-caranya:

  1. Login ke website Ubersuggest.
  2. Masukkan link website kompetitor Anda di kolom pencarian keyword yang sama seperti di tutorial sebelumnya.
  3. Klik “search” atau enter lalu tunggu sejenak.
  4. Anda akan langsung mendapatkan hasil berupa informasi umum dari kesuksesan keyword milik website kompetitor. Selain itu terdapat pula informasi jumlah traffic website yang sukses mereka dapatkan dan informasi terkait performa website masing-masing perusahaan pesaing.
  5. Untuk mengetahui lebih rinci keyword-keyword mana saja yang unggul dalam konten pesaing, selanjutnya, Anda harus mengklik menu keyword yang terletak di bagian kiri website. Di sana sudah terdapat rincian keyword yang digunakan oleh kompetitor Anda beserta berapa besar volume dan traffic yang berhasil mereka dapat menggunakan keyword-keyword tersebut.

Mudah sekali! Sekarang, keyword-keyword yang sama bisa dapat digunakan sebagai inspirasi bahan konten di website perusahaan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait website analytics bernama Ubersuggest. Semoga bahasan kali ini mampu menambah wawasan Anda terkait analisis performa website toko dan pencarian keyword untuk konten jualan yang lebih laris. Temukan juga lebih banyak informasi menarik tentang dunia bisnis digital lainnya dari kami, ya! Terima kasih sudah membaca.

 

9 SEO Tools Gratis Terbaik | Dorong Website Bisnis Anda Jadi Nomor 1

0
seo tools

Bisnis online Anda terasa sepi dan tidak berkembang seperti toko-toko online lain? Bisa jadi penyebabnya karena website perusahaan Anda belum optimal.

Tenggelamnya website bisnis Anda di halaman hasil pencarian Google adalah salah satu hambatan dan rintangan berbisnis online yang harus disiasati dengan cermat. Jika tidak cepat ditangani, toko online Anda jelas akan semakin sulit untuk berkembang.

Yuk, maksimalkan performa website bisnis Anda di mesin pencari menggunakan website analytics dan SEO tools! Mari selami bersama secara tuntas pembahasannya pada artikel berikut ini!

Catat! Pentingnya SEO dan Website Analytics untuk Memaksimalkan Bisnis Online

seo-tools-1

SEO alias Search Engine Optimization (Optimalisasi Mesin Pencari) adalah salah satu topik menarik yang dalam dunia bisnis online. SEO menjadi komponen terpenting dalam kesuksesan pemasaran bisnis online, karena berkaitan langsung dengan sistem optimasi dan analisis website. Banyak pengusaha sudah membuktikan bahwa kesuksesan penjualan bisnis online mereka sangat dipengaruhi oleh optimalisasi website.

Sederhananya, SEO bekerja memaksimalkan kuantitas dan kualitas traffic website bisnis Anda agar semakin mudah ditemukan oleh masyarakat di mesin pencari seperti Google. Semakin baik kualitas website Anda, maka posisi website akan semakin tinggi di halaman utama hasil pencarian Google. Begitu pula sebaliknya.

Kedudukan website di halaman Google search juga sangat memengaruhi keuntungan. Semakin tinggi posisi website, akan otomatis mendatangkan semakin banyak calon konsumen dengan sendirinya. Selain itu, proses optimalisasi website bisnis akan menghadiahkan semakin banyak jumlah traffic organik pada website Anda. Alhasil, akan semakin tinggi pula pendapatan yang bisa website bisnis Anda dapatkan dari traffic.

Sayangnya, melakukan optimalisasi SEO dan website analytics tidak segampang yang diperkirakan.  Meskipun kini sudah ada beraneka ragam teori dan tools website analytics, nyatanya masih banyak orang kebingungan saat mencoba berpraktek mengoperasikan tools-tools tersebut.

Ingin mencoba tools-tools SEO yang mudah dan praktis untuk pemula? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Top 9 SEO Tools Terbaik

seo-tools-2

Anda baru belajar tentang SEO dan tidak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, sebab 9 SEO tools berikut ini bisa membantu Anda cepat belajar mengelola situs web analitik sendiri. Anda bisa langsung belajar perihal cara survey keyword, menganalisa performa website di masyarakat, serta masih banyak lagi untuk mendukung perkembangan situs perusahaan Anda secara optimal.

1. SEMrush

Rekomendasi SEO tools pertama untuk mendukung situs web analitik Anda adalah SEMrush. Software yang dirilis pada tahun 2008 silam ini menawarkan pedoman lengkap terkait optimalisasi website bisnis online, mulai dari riset keyword konten terkini, audit website, analisis antar domain, dan masih banyak lagi.

Software ini menjadi pilihan banyak pegiat SEO karena memiliki tampilan antarmuka yang ringkas, sederhana, namun teramat lengkap dari segi fitur. Dengan SEMrush, dijamin, Anda yang baru terjun ke dunia SEO dapat langsung belajar mengetahui kekurangan website perusahaan sendiri dalam waktu singkat.

2. Google Search Console

Tool penganalisa sekaligus optimalisasi situsi bisnis online berikutnya dimiliki oleh Google bernama Google Search Console. Tool ini dapat digunakan secara gratis untuk menganalisa, memantau, hingga melaporkan situasi dan kondisi terkini dari website perusahaan Anda secara cermat dan akurat.

SEO tools satu ini menjadi rekomendasi terbaik sebab mampu memberikan insight langsung terkait bagaimana Google dan penggunanya memandang serta menilai website perusahaan Anda. Sehingga, Anda bisa mengoptimalisasi website perusahaan dengan lebih maksimal.

3. Ahrefs: SEO Keyword Tools

Salah satu metode optimalisasi website terampuh dilakukan melalui aneka konten yang termuat dalam website. Sayangnya, menentukan kata kunci yang tepat agar konten Anda bisa “menonjol” di kolom pencarian Google adalah hal yang susah-susah gampang. Untuk itu, beragam SEO tools untuk optimalisasi keyword pun bermunculan, seperti Ahrefs: SEO Keyword Tools.

Banyak pakar SEO telah merekomendasikan keyword tool satu ini, berkat kemampuan canggihnya menandai bagian-bagian dalam website yang masih kurang optimal. Selain itu, tool ini bisa digunakan untuk menemukan konten-konten yang paling banyak ditautkan ke niche Anda, serta menganalisis backlink milik perusahaan kompetitor. Cukup lengkap bukan fitur-fiturnya?

4. Check My Links

Penilaian kualitas website bisnis juga bisa dilakukan dengan memastikan seluruh tautan yang dimiliki oleh website Anda masih bekerja dengan aktif. Kadangkala kita bisa tidak menyadari bahwa ada link website yang rusak sehingga tidak bisa diakses oleh masyarakat. Jika tidak diatasi dengan segera, kehadiran link-link rusak ini dapat berakibat fatal pada turunnya performa website perusahaan Anda.

Sesuai namanya, SEO tools Check My Links dapat digunakan untuk memastikan seluruh link milik website hingga link-link yang disertakan dalam artikel masih bekerja dengan baik. Apabila ditemukan link-link yang rusak tertaut pada konten website perusahaan, maka Anda bisa serta-merta menggantinya.

5. Google Keyword Planner

Selain Search Console, Google juga menghadirkan layanan Google Keyword Planner. Tadinya, tool ini adalah bagian dari platform iklan Google guna menganalisis keyword terbaik untuk iklan online. Namun sekarang, banyak orang menggunakan aplikasi ini sebagai alat bantu analisis keyword dan meningkatkan SEO.

Dibandingkan keyword tools lainnya, Google Keyword Planner memiliki tingkat akurasi keyword tertinggi sebab search engine Google mempunyai data keyword pencarian terlengkap. Di sini, Anda bisa mendapatkan ide keyword, trend dan volume keyword, hingga perkiraan performa setiap keyword.

Keunggulan lainnya, Google Keyword Planner bersifat gratis, didesain khusus untuk bisnis, dan memberikan insight terperinci guna memaksimalkan conversion rate setiap website perusahaan. Sayangnya, tools ini tidak bisa memperlihatkan tingkat persaingan antar keyword.

6. Ubersuggest

Ubersuggest adalah platform SEO tools untuk keyword konten praktis berikutnya yang bisa Anda coba. Situs web analitik buatan Neil Patel ini tak hanya dikhususnya untuk merumuskan keyword berdasarkan volume dan frasa, tetapi juga melampirkan rincian lengkap tingkat persaingan antar keyword, trend, laporan efektivitas SEO, overview performa domain, hingga data backlink dan ide-ide konten. Lengkap sekali, ya!

Ubersuggest juga cocok digunakan oleh para masyarakat umum yang tidak begitu memahami SEO sebelumnya, sebab situs web analitik ini mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana, tidak banyak pernak-pernik tombol, dan intuitif. Tertarik untuk mencoba?

7. SEO Report Card

Daritadi kita sudah membahas SEO tools untuk keyword dan menilai kualitas website bisnis sendiri. Berikutnya ada SEO Report Card yang menawarkan fitus unggulan berbeda, yaitu membandingkan website Anda dengan website kompetitor. Nantinya, Anda bisa memperoleh hasil berupa perbandingan beberapa aspek terkait kualitas website seperti accessibility, on-site analysis, rank analysis, link building, current indexing dan trust metrics.

8. Answer The Public

Bingung hendak menulis konten apa di blog Anda? Tenang, SEO tools Answer The Public punya jawabannya! Salah satu kunci sukses meningkatkan traffic website bisnis online Anda adalah dengan rajin memposting artikel setiap hari. Hanya saja terkadang kita mengalami kebuntuan saat berusaha menemukan ide-ide segar untuk ditulis.

Kini, Anda bisa menemukan inspirasi konten dengan mudah dengan Answer The Public. Tools ini menyediakan beragam ide, tema, sekaligus keyword terbaik terkait konten yang ingin dibuat untuk menunjang performa website perusahaan. Sangat praktis untuk digunakan!

9. Majestic Pemasaran SEO

Rekomendasi tools optimalisasi website bisnis yang terakhir adalah Majestic: Pemasaran SEO. Dengan tools ini Anda bisa mengecek jumlah backlink, mencari keyword, membandingkan antar website bisnis, hingga meneliti gambaran umum dari akun bisnis online Anda. Selain itu Anda juga bisa mengamati peringkat beragam website hingga mempermudah mengetahui ranking website perusahaan serta website mana yang berada di posisi teratas.

Menarik bukan? Itulah 9 rekomendasi tools SEO dengan aneka fungsi untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Kini Anda cukup mencari tahu dan memilih software website analisis yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan. Semoga dengan rekomendasi alat-alat bantu di atas, Anda kini bisa mulai mengoptimalisasi performa website perusahaan, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel edisi selanjutnya!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula