Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 81

Layanan Streaming adalah : Mengintip Kesuksesan Bisnis Streaming Berbasis AI

0
layanan streaming

Akhir pekan memang paling enak diisi dengan bersantai menikmati beragam tontonan menarik. Sayangnya, wabah pandemi Covid di Indonesia mengakibatkan semua bioskop terpaksa ditutup. Sebagai gantinya, kini masyarakat Indonesia beralih mencari hiburan menggunakan layanan streaming.

Sesuai namanya, layanan streaming adalah tempat dimana kita bisa memperoleh beragam jenis hiburan, seperti film, video lucu dan musik menggunakan koneksi internet. Meskipun banyak digunakan saat ini, tidak banyak orang mengetahui bahwa layanan streaming adalah platform bisnis cerdas berbasis artificial intelligence (AI)

Penasaran bagaimana cara kerja bisnis online streaming menggunakan sistem artificial intelligence? Temukan jawabannya langsung di pembahasan berikut ini. Siapa tahu, Anda bisa terinspirasi untuk membuat layanan streaming hiburan terbaru menggunakan kecanggihan AI!

Dari Netflix sampai YouTube Music, Inilah Layanan Streaming Berbasis AI yang Sukses

streaming

Menonton film atau mendengarkan musik bisa menjadi kegiatan favorit bagi banyak orang di waktu luang. Apakah Anda juga demikian? Di manakah Anda biasanya menonton film atau mendengarkan musik?

Sekarang, mendapatkan hiburan seperti film, video dan musik bukanlah hal yang susah. Masyarakat kekinian saat ini sudah sangat akrab dengan layanan streaming online. Cukup dengan membuka aplikasi streaming via smartphone, smart TV atau laptop, Anda sudah bisa mengakses puluhan film-film rilisan terbaru atau musik-musik dari penyanyi terfavorit.

Bisnis layanan streaming adalah tren baru di era modern. Sesuai namanya, layanan streaming adalah platform bisnis yang menyediakan jasa hiburan digital ke masyarakat atau konsumen. Umumnya produk-produk pada layanan streaming adalah musik, film dan video yang bisa diakses menggunakan gadget dan koneksi internet saja. Namun, untuk bisa menggunakan layanan streaming ini, Anda harus membeli paket berlangganan bulanan.

Adapun kunci kesuksesan layanan streaming adalah pemanfaatan artificial intelligence atau kecerdasan buatan dalam sistemnya. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini, layanan streaming dapat mudah dipersonalisasikan dengan minat serta hal-hal yang disukai oleh konsumen. Alhasil konsumen pun bisa mendapatkan hiburan yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

Beberapa platform yang memanfaatkan artificial intelligence untuk layanan streaming adalah:

Netflix

Nama Netflix sangat terkenal di Indonesia belakangan ini. Netflix adalah layanan streaming asal Amerika Serikat yang sudah berekspansi ke beragam negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan Netflix adalah menggunakan artificial intelligence dalam sistemnya.

Pemanfaatan artificial intelligence di Netflix ini bukan tanpa sebab. Setelah mengaplikasikan kecerdasan buatan komputer ini, pihak Netflix mengklaim bahwa layanan streaming mereka mengalami peningkatan kualitas serta mampu mendapatkan jumlah konsumen yang lebih banyak. Beberapa keuntungan artificial intelligence pada layanan streaming adalah:

  • Sistem komputer mampu menampilkan file film berkualitas tinggi dengan penggunaan data yang kecil
  • Mudah menunjukkan rekomendasi film yang sesuai dengan minat kesukaan dan riwayat tontonan konsumen
  • Pembaruan aplikasi dapat dilakukan secara otomatis, serta masih banyak lagi.

Kedepannya, Netflix berencana mengembangkan layanan streaming film mereka menjadi lebih optimal lagi dengan menggunakan artificial intelligence ini.

Spotify

Contoh lain bisnis yang memanfaatkan layanan streaming adalah Spotify. Spotify adalah layanan streaming musik asal Swedia yang sekaligus menjadi kompetitor utama dari Apple Music. Nama Spotify pun tidak kalah terkenal dibandingkan Netflix di Indonesia. Jika Netflix merajai layanan streaming film, maka Spotify merajai layanan streaming lagu pada beragam perangkat smartphone.

Sama seperti layanan streaming lainnya, kesuksesan Spotify dalam berbisnis online terletak pada pemanfaatan artificial intelligence dalam sistemnya. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini, pihak Spotify dapat mengustomisasi playlist musik berdasarkan minat, genre favorit, ataupun artis favorit dari penggunanya.

Selain itu, Spotify memiliki koleksi lagu yang lengkap dan bisa memudahkan pengguna dalam menemukan lagu dari beragam genre memakai kecanggihan AI. Di Indonesia sendiri ada puluhan juta pengguna Spotify. Jika Anda ingin menggunakan layanan streaming ini, Anda bisa memilih paket langganan bulanan, tahunan hingga harian dengan harga mulai dari Rp4.900 saja.

Playsight

Pemanfaatan artificial intelligence di layanan streaming online juga diaplikasikan pada perusahaan bisnis Playsight. Berbeda dengan perusahaan streaming lainnya, perusahaan Playsight adalah bisnis streaming yang khusus menyediakan tontonan seputar olahraga.

Perusahaan Playsight berasal dari Amerika Serikat. Dengan Playsight, Anda bisa menonton beragam perlombaan olahraga baik secara livestreaming ataupun siaran ulang. Selain itu, Anda bisa mendapatkan fitur canggih dari AI lainnya seperti analisis singkat pertandingan, motion detection dan face recognition, serta teknologi Virtual Assistant Referee.

Dengan Playsight, Anda bisa menonton pertandingan olahraga kapanpun dimanapun cukup menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini pun sudah tersedia di App Store (iOS) dan Google Play Store (Android). Lebih bagus lagi, layanan streaming di Playsight bisa dilakukan secara gratis atau berbayar bergantung pada keputusan penyelenggara pertandingan olahraga.

YouTube Music

Contoh bisnis streaming dengan artificial intelligence terakhir adalah YouTube Music. YouTube Music dikenal sebagai platform hiburan musik streaming milik perusahaan YouTube dan Google.

Dulu kita biasa mengakses YouTube menggunakan browser. Kini dengan YouTube music kita bisa mengakses YouTube menggunakan aplikasi dan memperoleh fitur-fitur yang lebih canggih. Di dalam aplikasi ini pun sudah terpasang kecerdasan buatan milik Google untuk meningkatkan pengalaman streaming musik Anda.

Dengan pemanfaatan AI di aplikasi ini, sistem dapat dengan mudah memberikan rekomendasi terkait musik-musik terbaru, terbaik dan yang dirasa paling cocok dengan selera konsumen. Selain itu, Anda bisa melakukan penelusuran via suara menggunakan voice search.

Manfaat Artificial Intelligence dalam Layanan Streaming

streaming-1

Mengapa Anda harus mendirikan bisnis online memakai artificial intelligence? Ulasan 4 perusahaan layanan streaming di atas telah menjadi bukti bahwa menggunakan AI mampu menyukseskan perkembangan bisnis online Anda. Berikut ini adalah rangkuman manfaat penggunaan artificial intelligence dalam bisnis layanan streaming:

Mudah Memahami Kebutuhan Audiens

Tidak perlu susah payah mencari tahu produk-produk apa yang diminati oleh konsumen, sistem AI yang terpasang pada aplikasi bisnis Anda dapat mendata dan menganalisis hal tersebut secara otomatis. Bahkan, AI bisa menyodorkan rekomendasi film-film atau musik berdasarkan daftar riwayat tontonan konsumen. Dengan begini, bisnis Anda dapat lebih mudah memuaskan konsumen plus mendapat loyalitas dari konsumen baru.

Memprediksi Usaha Sebuah Film/Lagu

AI bisa memprediksi tingkat kesuksesan dari sebuah film atau lagu. Sistem AI akan mencatat berapa banyak orang yang melakukan streaming, menyukai atau memberikan komentar pada lagu dan film tertentu. Dengan begini, perusahaan produksi film serta seniman dapat turut mempelajari seperti apa karya yang sedang diminati oleh masyarakat, agar mereka bisa menghasilkan karya yang laku di pasaran.

CGI Super Canggih

Manfaat ini akan sangat terasa jika Anda menjalankan bisnis layanan streaming film seperti Netflix, HBO, Disney+, VIU dan lainnya. Kecanggihan AI mempermudah sistem produksi film untuk membuat karya-karya visual berkualitas tinggi dengan mudah dan hemat biaya. Semakin baik kualitas dari sebuah film yang dimiliki oleh layanan streaming, umumnya akan semakin menarik minat masyarakat untuk berlangganan dan menonton. Bagaimana, masih meragukan potensi aritificial intelligence untuk memaksimalkan bisnis layanan streaming?

Itulah pembahasan lengkap terkait penggunaan artificial intelligence untuk layanan streaming dan entertainment. Saat ini masih belum banyak perusahaan streaming asal Indonesia, jadi kesempatan Anda untuk berbisnis layanan streaming berbasis AI masih terbuka lebar. Yuk mulai menyusun strategi bisnis digital dari sekarang!

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan serta inspirasi Anda ya. Temukan juga lebih banyak wawasan dari artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa!

Voice Assistant : Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan

0
voice assistant

Perkembangan teknologi untuk bisnis online seolah tidak ada habisnya, khususnya dari pemanfaatan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Setelah sempat ramai inovasi teknologi artificial intelligence berupa chatbot, kini hadir teknologi voice assistant android bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis online dan SEO.

Mayoritas pebisnis saat ini menggunakan peralatan digital untuk melancarkan perkembangan usahanya. Anda pun tidak boleh ketinggalan!

Yuk maksimalkan bisnis Anda menggunakan teknologi AI voice assistant. Cari tahu bagaimana cara menggunakan voice assistant android bahasa Indonesia pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Mengenal Definisi dan Sejarah Voice Assistant

Pernahkah Anda melihat orang lain berbicara sendiri kepada perangkat smartphonenya? Tidak seperti saat sedang menelepon, orang lain yang Anda lihat itu sedang memerintahkan smartphonenya untuk melakukan sebuah aktivitas. Sekarang Anda akan bertanya-tanya, “Memangnya bisa menjalankan smartphone dengan suara?”.

Jawabannya adalah “iya”. Teknologi terkini tersebut bernama voice assistant, atau voice command. Inovasi teknologi ini hadir sebagai salah satu turunan dari artificial intelligence komputer. Kini, fitur voice assistant telah diaplikasikan pada beragam aplikasi gadget kekinian, seperti smartphone.

Meskipun mulai banyak dipakai oleh masyarakat untuk melakukan penelusuran atau mengoperasikan perintah sederhana, masih banyak orang tidak tahu bahwa fitur voice assistant bisa dipakai untuk mengoptimalkan pengoperasian bisnis online.

Voice assistant dapat dipakai untuk membantu Anda menelusuri search engine, membalas e-mail hingga mengingatkan jadwal-jadwal penting saat berbisnis seperti penandatanganan kontrak atau meeting dengan klien penting.

Selain itu, voice assistant dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Anda mencatat proses meeting karena semua suara akan otomatis terekam, lalu diubah menjadi bentuk catatan tulis. Bekerja dengan voice assistant jadi lebih praktis, cepat, serta irit tenaga dan waktu!

Sebelum menjadi seterkenal sekarang, teknologi voice command telah mengalami perkembangan yang cukup panjang. Jauh sebelum di Indonesia bermunculan teknologi voice assistant android bahasa Indonesia, di Amerika sudah ada fitur teknologi berbasis suara ini dengan nama Siri (milik Apple), Alexa (milik Amazon) dan Cortana (milik Microsoft).

Teknologi voice assistant muncul pada era 1960-an, dicetuskan oleh IBM. Fitur pengenal suara pertama ini disematkan pertama kali pada produk jualan IBM bernama Shoebox. Fitur voice command pada Shoebox masih memiliki kemampuan pengenalan suara yang terbatas yakni 9 digit angka dan 16 jenis huruf.

Setahun berikutnya, teknologi ini berkembang pesat sampai era 1990. Saat itu, Harpy Program mengembangkan teknologi voice command hingga bisa mengenali sampai 1000 kata. Meski sudah jauh lebih canggih, produk Harpy Program saat itu masih dibuat hanya untuk kepentingan internal perusahaan saja. Baru di tahun 1990-an muncul produk voice assistant yang dijual bebas dan luas ke masyarakat. Produk ini berwujud dalam aplikasi bernama Dragon.

Dibandingkan dua leluhurnya, Dragon bisa mengenali aneka suara dan membuat transkrip ucapan manusia. Kemudian muncul Clippy, software asisten virtual suara yang bisa menerjemahkan, melacak teks dan menjadi basis mengecek feedback. Namun baik Dragon dan Clippy sama-sama tidak bertahan di pasar umum karena fiturnya yang terbatas.

Pengaplikasikan voice command baru trending lagi di tahun 2011 saat Apple meluncurkan Siri, asisten virtual dengan fitur voice assistant yang menjadi fitur bawaan produk-produk Apple. Tak lama berselang, Google turut mengeluarkan fitur yang serupa bernama Google Now dan Microsoft yang merilis Cortana.

Hingga akhirnya pemanfaatan voice command untuk bisnis online umum dipelopori oleh Amazon, e-commerce terbesar sedunia pada tahun 2014. Asisten virtual berbasis suara milik Amazon ini dikenal dengan nama Alexa, dan cukup populer di masyarakat sampai saat ini sebab bisa memudahkan konsumen menemukan produk.

Tindakan Amazon ini sukses menjadi inspirasi bahwa kita bisa mengembangkan usaha online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti voice command. Apa sajakah kira-kira manfaat dari penggunaan voice assistant untuk bisnis? Berikut jawabannya:

Manfaat Voice Command untuk Perkembangan Bisnis

voice-assistant

Jadilah unggul di antara persaingan bisnis online lainnya dengan menggunakan voice command. Mengapa perusahaan Anda harus memakai fitur bantuan suara ini? Berikut adalah sejumlah manfaat voice command untuk mendorong perkembangan bisnis Anda.

Menjadi Pertimbangan dalam SEO

Siapapun yang menjalankan bisnis online menggunakan website tentunya ingin agar websitenya sukses menduduki peringkat teratas menurut SEO. Oleh sebab itu, tak heran banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan traffic website-nya dengan beragam tools serta jasa peningkatan SEO. Kini, Anda bisa menjuarai rangking SEO semudah mengaplikasikan voice asisten dalam sistem bisnis online Anda.

Di era saat ini, pencarian berbasis suara mulai bertumbuh ke angka yang signifikan. Jumlah masyarakat yang melakukan pencarian website via suara pun meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu studi yakni stonetemple.com berhasil menemukan fakta 50% orang merasa nyaman menggunakan voice search ketimbang mengetik. Bahkan ada 25% orang sudah menganggap voice asisten sebagai tangan kanan digital mereka.

Dengan voice asisten, orang-orang bisa lebih mudah menelusuri beragam hal di dunia maya tanpa perlu mengetik. Alhasil, bukan tidak mungkin search engine akan mempertimbangkan pencarian berbasis voice search sebagai perhitungan ranking SEO website.

Meningkatkan Keuntungan di Era Kekinian

Manfaat fitur voice command berikutnya adalah memberikan keuntungan yang signifikan dalam era bisnis saat ini. Tren pencarian berbasis suara menggeser gaya hidup masyarakat yang dulunya selalu mengetik, kini menjadi lebih praktis dengan menyebutkan apa saja yang ingin mereka telusuri.

Sebagian besar masyarakat menggunakan fitur voice search untuk menelusuri produk-produk yang ingin mereka beli secara online. Bayangkan jika seandainya calon konsumen mendatangi website atau aplikasi bisnis Anda dan tidak menemukan fitur voice search di dalamnya. Konsumen yang sudah terbiasa memakai voice search bisa langsung mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko Anda hanya karena aplikasi Anda tidak dilengkapi dengan fitur teknologi kekinian.

Begitu pula dengan calon konsumen yang baru mengenal kecanggihan teknologi voice search. Menyediakan fitur voice search di aplikasi bisnis Anda akan secara tidak langsung mengajak konsumen mencoba model penelusuran gaya baru yang lebih nyaman dan praktis dipakai. Dengan begini, konsumen Anda akan jadi lebih betah berbelanja di toko online Anda.

Toko Anda Lebih Mudah Ditemukan di Google

Semakin mudah toko Anda ditemukan pada penelusuran Google, maka dapat dipastikan jumlah penjualan toko online Anda akan semakin baik. Biasanya, para konsumen online tidak mau repot-repot scroll sampai ke bawah halaman hanya untuk menemukan sebuah toko online. Mereka cenderung langsung menjatuhkan pilihan pada hasil pertama di halaman penelusuran.

Jika toko Anda berada di posisi paling atas, maka konsumen akan langsung mengklik toko Anda dan melupakan toko-toko yang lain. Bagaimana caranya agar toko Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google? Selain menggunakan keyword konten produk, Anda bisa mendongkrak posisi dan visibilitas website memakai fitur voice command untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko.

Google biasanya akan mencatat setiap respon kepuasan dari konsumen yang didapatkan toko Anda. Jadi, semakin banyak testimoni baik dalam situs website Anda, maka Google akan menaikkan peringkat dan visibilitas toko Anda di halaman pencariannya.

Mendulang Lebih Banyak Calon Konsumen

Manfaat fitur voice command terakhir adalah mampu mendulang lebih banyak calon konsumen dari seluruh wilayah dunia. Penelitian resmi dari Google dan Amazon memperkirakan bahwa jumlah pengguna voice command akan bertambah secara signifikan dari tahun 2020.

Hal ini berarti akan ada lebih banyak masyarakat dengan kebiasaan melakukan penelusuran via suara. Lambat laun, bukan tidak mungkin pemanfaatan fitur voice search akan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh bisnis online jika ingin bertahan dan unggul dalam kompetisi persaingan.

Contoh Penerapan Voice Speech dalam Bisnis

Anda telah melihat sejarah perkembangan fitur voice command dan manfaatnya untuk mendukung perkembangan bisnis online. Ada banyak contoh nyata penerapan fitur suara ini, termasuk dalam mengoperasikan bisnis online, beberapa di antaranya adalah:

  • Membantu multitasking sebab Anda tidak harus turun mengetik atau mengklik tombol-tombol pada gadget. Cukup gunakan fitur voice command, maka gadget Anda bisa menerima perintah yang diberikan.
  • Menjadi alarm untuk beragam notes, seperti jadwal meeting, bertemu klien, atau mengecek performa website bisnis.
  • Mencatat semua hasil diskusi tim kerja saat meeting tanpa ada yang terlewat karena suara Anda akan diubah otomatis ke dalam bentuk tulisan.
  • Memudahkan konsumen menemukan produk yang mereka ingin beli secara cepat dengan menyebutkan keyword atau merk brand.
  • Memikat hati konsumen karena layanan berbasis suara dapat difungsikan sebagai asisten pribadi yang bisa membantu konsumen kapanpun dimanapun.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait penggunaan voice command untuk bisnis online. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda dalam memajukan bisnis online, ya! Ingin lebih cerdas dalam berbisnis online? Yuk temukan lebih banyak wawasan dari artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa!

Bundling adalah : Penerapan Teknik Bundling dalam Bisnis Online

0
bundling adalah

Semua orang pastinya menginginkan penjualan bisnis online-nya meningkat dengan ‘wah’, agar semua itu terjadi tentunya Anda membutuhkan teknik penjualan yang mampu mendorong penjualan Anda.

Salah satu teknik yang dapat Anda pakai adalah teknik bundling.

Lalu, apa yang dimaksud dengan teknik bundling?

Yuk, simak penjelasannya!

Bundling adalah

Bundling adalah sebuah strategi dimana Anda dapat menggabungkan penjualan beberapa produk sekaligus dalam satu paket penjualan, dengan harga yang lebih murah.

Paket bundling adalah jenis teknik yang mayoritas selalu menarik perhatian pembeli, dikarenakan teknik ini memberikan beberapa keuntungan sekaligus yang ditawarkan oleh dua perusahaan yang telah bekerja sama.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya banyak memberikan hal-hal menarik, seperti harga-harga promo dan juga bonus-bonus lainnya. Strategi ini biasanya banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan pembuat ponsel, dimana banyak perusahaan ini membuat kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, salah satunya dengan perusahaan provider.

Namun, Anda sebagai pemilik bisnis online biasa pun dapat menerapkan strategi ini.

Disebabkan tujuan dari strategi bundling adalah meningkatkan penjualan produk dengan cara menawarkan kemudahan kepada pembeli melalui kemudahan prosedur pembelian yang akhirnya berimbas pada penghematan waktu sekaligus memberikan nilai tambah yang lebih besar dan dapat memperkecil biaya promosi.

Paket bundling diterapkan, sebagai contoh, untuk menghabiskan stock sisa yang tidak laku dijual, misalnya saat akhir tahun, banyak barang dijual dengan murah. Atau bisa juga dipergunakan untuk memberikan reward kepada konsumen yang sudah loyal kepada Anda.

Dan lagi teknik bundling ini juga biasa dipergunakan pada awal peluncuran produk untuk meningkatkan penjualan di masa awal penjualan atau pada akhir season penjualan sebuah produk sebelum produk baru diluncurkan.

Bagaimana? Penerapannya tentunya secara umum saja, kan?

Lalu, bagaimanakah strategi yang sangat bermanfaat ini bisa ditemukan?

Yuk, simak cuplikannya!

Sejarah Terciptanya Bundling

Bagaimana terciptanya teknik bundling ini?

Teknik bundling pertama kali dikenal melalui dunia telekomunikasi, ketika ponsel CDMA muncul pertama kali pada tahun 1995.

Untuk menarik masyarakat agar mau menggunakan ponsel dengan jaringan CDMA, vendor dan operator yang menghadirkan jaringan CDMA ini melakukan strategi paket bundling. Dan ternyata, strategi mereka pun berhasil, banyak pembeli yang membeli ponsel CDMA.

Banyaknya pembelian ponsel CDMA dikarenakan konsumen mendapatkan banyak keuntungan, seperti aplikasi untuk Facebook, Twitter, dan juga sosial media yang lain dengan harga yang murah.

Strategi ini sendiri pun diterapkan oleh China dengan cara memberikan paket perdana gratis, dan ternyata dengan strategi yang sama penjualan ponsel asal Tiongkok ini juga berhasil dengan gemilang.

Jadi tidak mengherankan jika teknik yang satu ini dapat dinobatkan sebagai teknik provider juga, dikarenakan banyak dipergunakan oleh dunia telekomunikasi.

Bagaimana?

Tentunya strategi ini sangat berguna, bukan?

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan teknik bundling.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Teknik Bundling

bundling-1

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan teknik bundling, diantaranya adalah dikarenakan efisiensi biaya, peluang pasar untuk meningkatkan laba, sekaligus merupakan sebuah strategi yang kompetitif.

1. Efisiensi Biaya

Bundling dapat berdampak pada penghematan biaya dari sisi penawaran. Sebagai contoh, perusahaan dapat menghemat biaya pengemasan sekaligus persediaan dengan teknik bundling produk daripada harus memasarkan produknya secara terpisah.

Berbagai riset juga penelitian telah mempublikasikan macam-macam bundling dengan tujuan untuk melakukan penghematan biaya.

2. Peluang Pasar untuk Meningkatkan Laba

Anda harus memperhatikan faktor-faktor apakah yang dapat menyebabkan produk-produk untuk strategi bundling Anda dapat bersaing dengan produk-produk lainnya. Selain itu, apakah permintaan produk dengan teknik bundling berkorelasi positif atau negatif terhadap harga yang harus dibayar konsumen.

Sebab Anda ingin meningkatkan laba penjualan Anda. Namun biasanya harga untuk produk dengan teknik bundling lebih rendah dibandingkan harga untuk masing-masing unit yang di-bundling.

3. Sebuah Strategi yang Kompetitif

Produk yang laris di pasaran dapat dipromosikan dengan teknik bundling, bersama dengan produk baru atau kurang laku, agar dapat lebih dikenal dengan konsumen.

Strategi bundling adalah strategi yang sering dipakai untuk mengumpulkan nilai sekaligus kemudahan dalam mengumpulkan pelanggan yang menyatakan mau membeli dari pemasok atau supplier lain yang beberapa diantaranya menawarkan teknik bundling yang menarik atau unik dibandingkan produk mereka.

4. Memuaskan Kebutuhan Pelanggan

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, teknik bundling adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan cara memasarkan dua barang atau lebih dalam satu kemasan atau satu harga. Produk utama digabungkan dengan produk lainnya yang bersifat tambahan.

Dengan hal ini, konsumen dapat memperoleh kepuasan pelanggan dikarenakan pembeli tersebut dapat memperoleh kenyamanan yang lebih dalam satu waktu.

Lalu, produk apa saja kah yang cocok dengan strategi ini?

Jenis Pembelian Produk untuk Strategi Paket Bundling

bundling-2

Berdasarkan cara pembeliannya, produk yang dijual dengan paket bundling dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut!

1. Bundling Alternatif

Bundling alternatif yaitu produk yang dijual bersama dengan sebuah alternatif dimana konsumen mendapat pilihan untuk membeli salah satu produk saja atau membeli satu paket produk secara bersamaan.

2. Bundling Murni

Bundling murni adalah produk yang dijual hanya dalam satu paket dimana konsumen tidak punya pilihan alias harus membeli produk dalam satu paket yang utuh.

Keuntungan Menggunakan Teknik Bundling

Keuntungan dari melakukan teknik bundling adalah Anda dapat memahami pelanggan Anda dengan sangat baik, kemudian Anda dapat menciptakan strategi untuk memuaskan pelanggan dengan menciptakan strategi untuk memuaskan mereka, dengan memanfaatkan teknik bundling.

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pelanggan tentunya akan merasa lebih senang ketika dapat memilih produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Anda bisa menciptakan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut, dengan cara membiarkan pelanggan untuk menambah, menghapus atau meng-edit produk bundling-nya, demi membuat proses pembelian mereka menjadi lebih mudah sekaligus memuaskan.

2. Mengurangi Kebingungan Pelanggan

Pada umumnya, konsumen selalu suka dengan pilihan, tetapi mereka juga tidak terlalu suka dengan banyak pilihan. Itulah kenapa sebabnya sebaiknya Anda menggunakan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, seperti yang dilakukan oleh Netflix dan Amazon.

Strategi penjualan bundling adalah sangat efektif demi mendongkrak penjualan online Anda terutama produk-produk yang memiliki masa kadaluarsa atau batas pemakaian cepat, selain itu untuk produk baru yang memiliki tingkat persaingan tinggi, pasar potensial cukup besar, hingga marginal cost yang rendah.

Selain itu, produk baru yang dijual dengan strategi bundling akan lebih cepat dikenal dan lagi volume penjualannya akan naik jika dijual dengan bundling, tentunya dengan strategi yang Anda ciptakan sendiri, yaitu dengan cara dikombinasikan dengan produk yang sudah dikenal atau disukai oleh konsumen sebelumnya.

Apabila Anda sudah siap untuk menerapkan teknik bundling dikarenakan keuntungan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, berikut akan disampaikan hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum menerapkan strategi bundling.

Strategi-Strategi Sebelum Menerapkan Teknik Bundling

1. Pastikan di Saat Momen yang Pas

Anda harus memikirkan moment yang tepat agar promosi Anda dengan menggunakan teknik bundling dapat membuahkan hasil, oleh karena itu, waktu untuk melakukan promosi bundling juga menjadi faktor kesuksesan untuk Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat melakukan promo dengan teknik bundling setelah tanggal gajian dimana orang-orang sedang berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Jual saja produk Anda, dengan sertakan produk lain yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga Anda yang tentunya berharga murah, dengan begitu produk Anda akan terjual dengan cepat.

2. Pastikan Hadiah Bundling Bagus

Pastikan produk untuk teknik bundling Anda bagus dan bermanfaat bagi calon pembeli Anda, agar promosi Anda menghasilkan keuntungan seperti yang Anda inginkan. Jika produk untuk teknik bundling Anda tidak bermanfaat, maka tidak heran promosi dengan teknik bundling Anda tidak berhasil.

3. Tetap Jaga Image

Jika Anda memposisikan diri Anda sebagai brand premium bagi pesaing brand lain, Anda harus pinta mengemas teknik bundling Anda. Kemas pesan promo Anda dengan cara yang cantik tanpa melakukan hard selling.

Perlihatkan tujuannya dengan cara yang menginspirasi pelanggan Anda sekaligus menimbulkan empati, bukan menjadikan pelanggan Anda gila promosi. Jangan sampai membuat pelanggan Anda merasa bahwa brand Anda hanya sedang ‘butuh pemasukan’ dengan melakukan promo bundling.

4. Pastikan Valuable

Jangan buat pelanggan Anda berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual dengan menggunakan teknik bundling. Mungkin Anda bisa menambahkan deskripsi singkat mengenai manfaat yang didapatkan apabila membeli saat promo bundling berlangsung kepada pelanggan Anda.

Buatlah harga yang menarik tanpa perlu memangkas keuntungan Anda secara drastis. Intinya adalah, Anda harus bisa membuat produk dengan teknik bundling Anda menjadi sangat valuable.

5. Kerja Sama Lah Dengan Orang Lain!

Apabila Anda merasa produk dari brand lain dapat mendukung aktivitas promo bundling Anda kenapa tidak mengajak brand tersebut bekerja sama. Anda bisa melakukan program bundling dengan kolaborasi bersama brand tersebut. Hal ini tentunya dapat menguntungkan semua pihak.

Kualitas Teknik Bundling yang Baik untuk Anda!

Lalu kualitas teknik bundling seperti apa yang baik untuk Anda terapkan?

Setidaknya Anda harus memenuhi lima jenis kualitas teknik bundling seperti yang telah dipaparkan oleh Mercer Management Consulting di Massachusetts, yaitu sebagai berikut!

  1. Paket bundling tersebut memiliki nilai yang lebih jika dibandingkan dengan dijual secara terpisah;
  2. Bundling memberikan kesederhanaan sekaligus kemudahan kepada pembeli dalam memilih di antara berbagai pilihan;
  3. Bundling adalah teknik yang dapat memecahkan masalah bagi konsumen, karena konsumen dapat mendapatkan kenyamanan dari menggunakan ke dua produk sekaligus;
  4. Bundling adalah fokus dan bersandar dalam usaha untuk terhindar dari pilihan konsumen yang tidak bermanfaat karena tidak digunakan;
  5. Bundling dapat menarik perhatian, atau bahkan kontroversi.

Microsoft dengan Teknik Bundling

Bundling adalah strategi penjualan yang digunakan oleh Microsoft dalam memasarkan produknya.

Produk utama dari Microsoft adalah sistem operasi Windows.

Lalu, bagaimana Microsoft menggunakan teknik bundling untuk teknik penjualannya?

Microsoft melakukannya melalui berbagai macam aplikasi yang sering digunakan Windows seperti Windows Media Player, Internet Explorer, berbagai macam game, dan sebagainya, yang langsung terpasang dalam laptop atau PC yang dibeli konsumen.

Dengan begitu Microsoft tidak perlu melakukan penjualan aplikasinya secara terpisah. Adapun apabila Microsoft menciptakan lagi produk serupa di pasaran, itu hanyalah bagian dari pengembangan produk dan itu merupakan hal yang biasa dalam pengembangan bisnis. Hanya untuk menilai apakah produk tersebut laku di pasaran atau tidak, tergantung dari bagaimana konsumen menilainya.

Namun, sebagai gantinya, perusahaan harus menggunakan biaya yang lebih tinggi, seperti biaya pengemasan, biaya promosi, hingga biaya pemasaran.

Bertambahnya biaya tersebut tentunya akan semakin berdampak pada harga yang harus dibayarkan konsumen, yakni kenaikan harga. Sebagai gantinya, konsumen tidak perlu lagi membeli produk-produk dari Microsoft secara terpisah.

Benarkah Sistem Bundling akan Menurunkan Profit atau Keuntungan?

Jawabannya tentu saja tidak.

Bundling biasanya dilakukan dengan menyatukan dua produk dengan harga yang berbeda, yang satu mahal sementara yang satu lagi murah. Dan hal ini tentu saja dapat menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan oleh Anda selaku penjual.

Teknik bundling lebih banyak dipilih dibandingkan teknik pemberian diskon, bahkan diskon merupakan salah satu teknik promosi yang menjadi pilihan terakhir dalam strategi meningkatkan penjualan.

Sebab, diskon berarti memangkas keuntungan sebaliknya bundling mendorong konsumen Anda membeli lebih banyak yang artinya peningkatan sales dan keuntungan Anda tetap terjaga.

Promosi dengan teknik bundling juga merupakan jenis promosi yang sangat disenangi oleh pelanggan. Promosi ini sering digunakan oleh pihak retail agar pelanggan dapat merasakan keuntungan lebih, yakni dapat menggunakan dua atau beberapa produk dalam satu kali pembelian dengan harga yang lebih terjangkau tentunya.

Sebagai contoh, Microsoft banyak menciptakan aplikasi bermanfaat seperti Windows Media Player, beraneka ragam game, hingga produk-produk menarik lainnya, mereka meng-install aneka program tersebut di laptop atau PC yang mereka jual, tetapi juga menjual produk-produk tersebut secara terpisah kepada masyarakat luas, meskipun disertai dengan pengembangan produk tersebut. Karena hal itu Microsoft sangat menguasai pangsa pasar di bidang sistem operasi.

Hal ini juga membuat para pesaing dari perusahaan aplikasi merasa termotivasi untuk merebut pangsa pasar Microsoft. Termasuk menuduh Microsoft melakukan sistem monopoli.

Namun sebenarnya itu tidak benar, karena itu sebenarnya hanyalah teknik penjualan mereka.

Demikian informasi mengenai teknik bundling yang tentunya dapat Anda tarik kesimpulan dan manfaatnya, demi meningkatkan angka penjualan yang ‘wah’ seperti yang diterangkan sebelumnya. Selamat berusaha dan terus kunjungi situs Markey untuk selalu dapatkan tips dan trik bisnis online!

Pedoman Cara Daftar Free Ongkir Shopee untuk Penjual

0
free ongkir 2

Perkembangan marketplace di tanah air memang sangat pesat dan menjamur. Sehari-hari, kita dapat melihat beragam toko online menawarkan produk lengkap plus promosi besar-besaran yang sukses membuat kita tergiur. Terlebih lagi jika toko tersebut mempunyai fitur gratis biaya ongkos kirim alias free ongkir. Tangan Anda pun jadi semakin gatal ingin segera men-check out barang!

Ada salah satu marketplace ternama Indonesia yang sangat identic dengan free ongkir untuk semua produknya. Ya, marketplace tersebut bernama Shopee. Tingginya jumlah pengguna Shopee di Indonesia menjadikan lapak bisnis online satu ini amat digandrungi oleh baik pembeli ataupun penjual. Lengkap dengan fitur free ongkirnya pun, Anda bisa bebas berjualan tanpa rasa takut tidak mendapatkan pembeli.

Ingin tahu bagaimana cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual secara otomatis? Yuk langsung simak artikel berikut ini tentang menjalankan olshop Shopee!

3 Manfaat Utama Free ongkir untuk Olshop Laris-Manis

bisnis online shop

Faktanya, mayoritas konsumen enggan membayar lebih untuk ongkos pengiriman produk yang dibeli online. Oleh sebab itulah, fitur free ongkir (ongkos kirim) menjadi primadona yang selalu diburu oleh konsumen dan penjual.

Sesuai namanya, free ongkir adalah fitur yang menggratiskan biaya tambahan ongkos kirim paket ke seluruh alamat konsumen. Dengan memfasilitasi free ongkir, olshop Anda berkesempatan lebih besar menarik minat masyarakat untuk berbelanja. Sebab, mereka bisa bebas belanja tanpa perlu cemas memikirkan mahalnya ongkir paket.

Ada pula 3 manfaat utama dari menerapkan free ongkir untuk toko online Anda:

Memaksimalkan Pembelian Konsumen

Keuntungan pertama dari mengikuti cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual adalah meningkatkan pembelian dari konsumen. Toko dengan label gratis ongkir akan lebih mudah untuk menggapai rasa ketertarikan konsumen. Selain itu, biasanya promo freeong berlaku dengan jumlah minimal pembelian tertentu. Alhasil, pembeli akan didorong untuk menambah produk belanjaan mereka guna memenuhi batas minimal freeong. Otomatis toko Anda akan meraup untung yang lebih banyak!

Mendorong Popularitas dan Kredibilitas Olshop

Keuntungan kedua adalah mendorong popularitas dan kredibilitas olshop di mata konsumen. Hanya dengan mengikuti cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual saja, olshop Anda sudah bisa lebih unggul dibandingkan olshop lain. Ini karena olshop Anda akan terverifikasi langsung oleh Shopee, mendapat tanda khusus terdaftar program freeong, dan bisa mendapat label Star Seller. Jadi, calon konsumen tidak perlu ragu mempertanyakan kualias dan kejujuran toko Anda.

Pelayanan Prima ke Konsumen

Fitur free ongkir juga merupakan bentuk pelayanan prima ke konsumen. Setiap daerah memiliki tarif pengiriman yang berbeda-beda, terlebih jika pengiriman dilakukan antar pulau yang tarifnya bisa sangat mahal. Membebaskan biaya ongkir ke seluruh daerah Indonesia akan memuaskan konsumen karena mereka bisa berbelanja online tanpa membuat kantong jebol.

Menarik bukan, keuntungan-keuntungan free ongkir untuk olshop? Lalu bagaimana cara mengaktivasi fitur free ongkir di marketplace Shopee? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

5 Step Mudah Membuat Akun Bisnis Shopee

Mengaktivasi fitur free ongkir hanya dapat dilakukan oleh akun bisnis Shopee. Jika Anda sudah memiliki akun bisnis Shopee, maka Anda bisa meneruskan membaca ke bagian selanjutnya: cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual.

Namun jika Anda belum punya akun bisnis Shopee, Anda bisa mendaftar akun terlebih dahulu dengan 5 langkah mudah ini:

Login ke Aplikasi atau Website

Pertama-tama, Anda perlu login ke website atau aplikasi Shopee. Untuk website, Anda bisa mengakses Shopee di https://shopee.co.id/. Sementara aplikasi Shopee bisa didownload gratis pada Google Play Store di link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id. Begitu selesai mengakses web atau download aplikasi, klik tombol “daftar”.

Mengisi Formulir

Selanjutnya, isi formulir elektronik yang disediakan setelah Anda mengklik “daftar”. Masukkan pula nomor telepon aktif yang belum pernah didaftarkan ke Shopee sebelumnya.

Masukkan Kode Verifikasi

Setelah memasukkan nomor HP, klik “kirim kode verifikasi”. Tunggu sejenak hingga ada kode OTP yang masuk ke box SMS smartphone Anda. Salin kode, dan masukkan ke kolom yang disediakan di platform Shopee.

Buat Username

Berikutnya, lanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi username akun, kata sandi, dan kode captcha yang disediakan. Sebagai catatan, username akun Shopee Anda tidak dapat diubah. Jadi, buatlah nama akun yang tepat, ya!

Klik “Daftar”

Tahap terakhir dari pembuatan akun adalah mengklik tombol ‘daftar’. Begitu selesai, akun Shopee baru Anda sudah siap untuk digunakan.

Untuk memulai berbisnis, Anda cukup mengalihkan akun pribadi menjadi akun toko. Caranya mudah sekali! Buka halaman profil Shopee Anda, kemudian klik tulisan “Toko Saya” yang tersedia di bagian kiri atas toko. Selesai! Anda kini cukup mengisi keterangan lengkap pada halaman toko Anda seperti nama, identitas toko, alamat toko, hingga mengupload produk.

Cara Daftar Free Ongkir Shopee untuk Penjual

Sudah tidak sabar untuk mendaftarkan toko online Shopee Anda untuk program free ongkir? Berikut ini adalah cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual yang sudah kami rangkum lengkap khusus untuk Anda.

Mengaktifkan fitur free ongkir bisa dilakukan via aplikasi ataupun website. Simak tutorialnya:

Dengan Website

Cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual dengan website adalah:

  1. Buka https://shopee.co.id/.
  2. Login ke akun bisnis Anda.
  3. Klik “Gratis Ongkir Xtra” pada dashboard toko.
  4. Pilih menu “Semua Gratis Ongkir”, scroll ke bawah sedikit, lalu klik “Daftar Sekarang”.
  5. Tunggu sejenak, nantinya akan muncul kode QR. Scan kode tersebut untuk menghubungkan pendaftaran free ongkir di aplikasi Shopee.

Dengan Aplikasi

Sedangkan cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual dengan aplikasi adalah:

  1. Buka aplikasi dan login ke akun Anda.
  2. Pada beranda (dashboard), klik “Gratis Ongkir”.
  3. Di menu “Semua Gratis Ongkir,” klik pilihan “Daftar Sekarang”.
  4. Upload foto diri bersama e-KTP dan foto e-KTP Anda pada kolom yang tertera. Pastikan isi foto tidak buram agar lolos verifikasi.
  5. Begitu selesai, klik “centang” pada kolom Syarat dan Ketentuan.
  6. Klik “kirimkan”. Selesai! Kini Anda cukup menunggu e-mail pemberitahuan hasil verifikasi selama maksimal 2×24 dari tim Shopee. Jika setiap produk di toko Anda sudah mendapat logo truk hijau bertuliskan “gratis ongkir xtra”, maka toko Anda sudah sukses terdaftar di program freeong.

Adapun fitur free ongkir Shopee sejauh ini masih mendukung beberapa ekspedisi saja, seperti J&T, JNE, dan SiCepat saja. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ke depannya semua ekspedisi yang tersedia di Shopee bisa mendapatkan akses free ongkir. Subsidi free ongkir juga bisa berbeda-beda di setiap periode, jadi Anda harus mengecek kebijakan dari tim Shopee secara berkala.

Sebagai catatan agar verifikasi free ongkir toko online Anda berhasil, Anda harus menyertakan salah satu dari e-KTP asli atau resi KTP asli. Untuk Anda yang tidak punya KTP, Anda bisa menggunakan KITAS asli.

Setiap dokumen ini hanya bisa digunakan untuk 1 olshop Shopee saja. Foto Anda juga harus jelas karena jika terdapat keburaman dan ketidakjelasan gambar sedikit saja, maka pengajuan freeong toko Anda akan otomatis ditolak.

Demikianlah pembahasan lengkap edisi kali ini tentang cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya! Jangan lupa kunjungi website dan media sosial kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik menarik lainnya seputar dunia bisnis online. Sampai jumpa lagi!

 

Flash Sale adalah : Definisi, Manfaat, Cara Ikut Flash Sale

0
flash sale adalah

Pernahkah Anda mendengar kata “flash sale”? Flash sale adalah istilah yang sangat sering didengar atau dilihat oleh para penggemar belanja online di marketplace. Trik flash sale adalah sebuah metode promosi cara baru kekinian untuk memaksimalkan angka penjualan produk tertentu kepada konsumen.

Flash sale juga dikenal sebagai sistem diskon gila-gilaan, karena Anda bisa mendapatkan barang branded dengan harga tak masuk akal mulai dari 99 rupiah! Penasaran seperti apa cara kerja sistem flash sale, keuntungannya serta cara mengaktivasi sistem ini untuk mendongkrak penjualan toko online Anda?

Selamat karena Anda sudah berada di tempat yang tepat! Berikut ini kami sajikan rangkuman lengkap terkait sistem flash sale. Yuk simak bersama!

Baca juga : Flash Sale adalah : Definisi, Manfaat, Cara Ikut Flash Sale

Gaya Baru Promosi dengan Flash Sale | Pengertian

flash-sale-1

Kata flash sale adalah istilah baru yang mudah dijumpai pada aneka e-commerce. Untuk Anda yang tumben mendengar kata ini, kami sudah menyiapkan beragam pengertian dari “flash sale”.

Flash sale adalah sistem baru promosi online shop dengan menawarkan harga sangat rendah untuk produk-produk berkualitas dalam jangka waktu singkat. Dengan kata lain, flash sale adalah penjualan khusus pada hari, tanggal, dan durasi waktu tertentu saja. Semisal brand smartphone baru yang menjual produknya dengan harga miring khusus hari ini, di jam 10 pagi, dan penjualan berlaku selama 1 jam saja.

Ada pula yang mengibaratkan flash sale adalah penjualan bak permainan (game). Anda selaku konsumen seolah-olah diajak untuk bermain “Siapa Cepat Dia Dapat”. Jika Anda terlalu lama menimbang-nimbang membeli produk saat flash sale, maka Anda jelas akan “kalah” karena produk telah ludes diburu orang lain atau periode promo berakhir. Jadi Anda tidak boleh bergerak lamban agar sukses mendapat produk murah berkualitas di flash sale.

Kesempatan berbelanja di flash sale adalah hal yang langka. Sebab seringkali perusahaan merilis produk branded, limited edition, atau produk keluaran baru dengan harga super murah saat flash sale. Di luar promosi itu, harga produk incaran sudah kembali ke tarif normal. Kapan lagi Anda bisa mendapat barang branded berharga murah kalau bukan di flash sale?

Sangat mudah untuk menemukan kolom flash sale di situs e-commerce, karena fitur penjualan ini selalu dikhususkan dengan dibuat semenonjol mungkin. Jadi, Anda bisa langsung menemukan kolom flash sale kapanpun Anda membuka dashboard aplikasi e-commerce. Selain itu, mengapa banyak perusahaan ternama rela mengikuti program flash sale? Tidakkah mereka justru rugi menjual produk branded dengan harga murah?

Beberapa alasan dari perusahaan mengikuti program flash sale adalah:

  • Untuk menghabiskan stok produk yang masih belum laku terjual atau masih sedikit terjual dalam harga normal.
  • Menyelamatkan toko dari kerugian ketika tren produk mengalami penurunan tajam di pasaran.
  • Memperluas jangkauan konsumen baru yang belum pernah mencoba produk Anda.
  • Hadirnya produk tipe terbaru yang lebih diminati pasar

… Cara Mudah Mengadakan Flash Sale di E-Commerce

shopping-online-2

Ingin tahu bagaimana cara mengadakan flash sale untuk olshop sendiri? Di sini, Anda akan mempelajari secara lengkap rangkuman cara mudah mengadakan flash sale di e-commerce. Pada tutorial kali ini, kami akan menggunakan pedoman mengadakan flash sale di Shopee, e-commerce yang paling terkenal akan flash sale.

Namun pedoman ini secara garis besar masih sama dan bisa diterapkan untuk mengaktivasi flash sale pada e-commerce lainnya. Berikut tutorialnya!

Login ke Seller Center

Pertama, Anda harus mempunyai akun Shopee terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya di website: www.shopee.co.id atau di aplikasi resmi Shopee yang bisa didownload gratis via App Store (iOS) dan Google Play (Android).

Begitu login, cari menu “Seller Center”. Klik menu tersebut, dan Anda akan diarahkan otomatis pada penawaran flash sale.

Klik “Promosi Saya”

Dari Seller Center, kita beranjak ke menu “promosi saya”. Nantinya, Anda akan menemukan opsi “flash sale toko saya”. Klik ikon tersebut.

Atur Flash Sale

Selanjutnya, mulailah mengatur flash sale yang ingin diadakan. Di sini Anda bisa melihat slot-slot tanggal atau periode waktu flash sale yang bisa dipilih. Pilih salah satu tanggal, lalu klik “konfirmasi” sebagai tanda bahwa Anda telah membooking tanggal tersebut untuk sesi flash sale.

Tambahkan Produk

Begitu pengaturan tanggal selesai, Anda bisa lanjut dengan menambahkan produk flash sale. Biasanya di halaman ini akan tertera syarat dan ketentuan produk yang bisa dijual saat flash sale tiba. Cermati aturan tersebut baik-baik agar produk Anda bisa terpajang di sesi flash sale.

Jika sudah yakin produk memenuhi syarat, langsung klik “tambahkan produk”. Pilih produk terbaik untuk dijual dengan minimal 3, dan maksimal 10 produk. Setelahnya, klik “konfirmasi” lagi.

Masukkan Keterangan Flash Sale

Berikutnya masukkan rincian dari produk flash sale Anda, seperti jumlah stok, diskon harga yang diberikan, dan batasan pembelian. Sama seperti tahap sebelumnya, klik “konfirmasi” begitu selesai membuat pengaturan.

Cross-Check, Simpan dan Kirim

Begitu semua beres, terakhir lakukan cross-check ulang untuk memastikan data-data yang dimasukkan benar. Terakhir, klik tombol “simpan dan kirim” agar data Anda masuk ke sistem flash sale Shopee. Mudah bukan? Kini Anda siap mengikuti flash sale pada waktu yang sudah ditentukan!

Sebagai catatan tambahan, setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan berbeda agar sebuah toko bisa mengikuti flash sale. Di Shopee sendiri, syarat yang harus toko Anda miliki untuk bisa bergabung sistem flash sale adalah:

  • Toko sudah terdaftar aktif minimal 2 minggu (14 hari)
  • Menjual produk unik, harga kompetitif, serta banyak dicari orang
  • Aktif melayani penjualan dalam 7 hari terakhir sebelum flash sale
  • Tidak mengaktifkan fitur toko libur
  • Memiliki rating pelayanan yang baik dari konsumen

Plus dan Minus Diskon Gila “Flash Sale”

Flash sale adalah sistem promosi dengan segudang keuntungan. Ulasan berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan “Mengapa olshop Saya harus ikut flash sale?” yang mungkin masih terngiang-ngiang di kepala Anda saat ini:

Keuntungan Flash Sale

Flash sale terbukti ampuh membawa banyak keuntungan bagi toko online Anda, seperti mudah dilakukan, mendapatkan penjualan yang tinggi, dan memuaskan konsumen. Sistem flash sale sangat mudah karena dapat dilakukan dalam satu aplikasi smartphone saja.

Sementara penjualan via flash sale terbukti efektif dan tinggi karena konsumen bisa mendapatkan produk idaman mereka dengan harga murah. Terakhir, sistem flash sale memberikan banyak kepuasan konsumen, mulai dari diskon yang signifikan untuk produk limited edition hingga pengiriman barang yang langsung pada hari itu juga.

Kekurangan Flash Sale

Nyatanya, hampir tidak ada kekurangan flash sale untuk pengelola toko. Namun dari segi konsumen, masih ada beberapa kendala yang bisa muncul saat flash sale berlangsung seperti sistem server e-commerce yang down lantaran diakses oleh banyak orang secara bersamaan.

Selain itu terkadang ada konsumen yang tidak bisa menyelesaikan proses transaksi atau check out mereka karena sistem atau koneksi yang tidak stabil. Alhasil, produk lebih dulu “disikat” oleh konsumen lain selagi Anda menunggu koneksi kembali stabil. Untuk menyiasati masalah ini, pastikan bahwa Anda menggunakan gadget dalam kondisi baik serta berada di tempat dengan koneksi sinyal kuat, ya! Selamat berburu flash sale!

Demikianlah pembahasan lengkap edisi kali ini tentang flash sale. Semoga artikel kali ini bermanfaat menambah wawasan Anda. Jangan lupa kunjungi website dan media sosial kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik menarik lainnya seputar dunia bisnis online.

Sukses Berbisnis dari Rumah Bersama DANA Bisnis

0
dana bisnis

Perkembangan teknologi digital yang pesat di Indonesia sukses mendorong banyak startup untuk melahirkan aneka inovasi teknologi guna memudahkan kehidupan. Dari dunia ekonomi dan bisnis sendiri, salah satu inovasi yang paling dirasakan manfaatnya saat ini adalah e-commerce dan dompet digital.

DANA adalah salah satu platform dompet digital yang baru-baru ini berkembang menjadi sebuah e-commerce melalui fitur DANA Bisnis. DANA Bisnis di aplikasi DANA hadir sebagai jawaban untuk UMKM lokal yang kesulitan berkembang selama masa pandemi Covid-19.

Apakah Anda juga memiliki UMKM sendiri saat ini? Yuk, bergabung dengan DANA Bisnis di aplikasi DANA untuk memaksimalkan perkembangan bisnis kecil Anda!

Anda beruntung, sebab artikel edisi kali ini akan membahas lengkap dan tuntas terkait fitur DANA bisnis di aplikasi DANA. Penasaran apa saja keuntungan berbinis dengan DANA? Selamat membaca!

Apa Itu DANA Bisnis? Pengertian dan Keuntungannya bagi UMKM Lokal

dana-bisnis-1

Kelesuan ekonomi akibat wabah pandemi di tahun 2020 sangat berdampak pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) tanah air. Jika hal ini dibiarkan terus-terusan, maka bukan tak mungkin perekonomian Indonesia akan hancur meningat UMKM adalah tulang punggung perekonomian negeri. Situasi inilah yang akhirnya mendorong startup lokal karya anak negeri bernama “DANA” untuk bergerak membantu UMKM melalui fitur DANA Bisnis.

Nama aplikasi DANA sudah sangat terkenal dan akrab di telinga masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Awalnya, DANA hadir sebagai aplikasi dompet digital yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan transaksi di toko tanpa uang cash, hingga membeli pulsa, kuota internet, dan melunasi tagihan listrik, asuransi, PDAM, serta lainnya.

Kini, DANA merangkul pelaku UMKM se-Indonesia melalui DANA Bisnis. Melalui DANA Bisnis, diharapkan para pengusaha UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar sekaligus mempertahankan usaha mereka di masa sulit. Fitur DANA Bisnis baru diluncurkan pada bulan Juli 2020 lalu, namun sudah ada sekitar 150 ribu lebih UMKM yang bergabung menggunakan aplikasi ini.

Layanan e-commerce DANA terbagi menjadi dua, yakni DANA Enterprise untuk pemilik usaha besar serta waralaba dan DANA Bisnis untuk UMKM serta bisnis mikro yang baru berkembang. DANA merangkul sebanyak mungkin jenis usaha agar bisa memajukan perekonomian Indonesia melalui pemanfaatan teknologi bersama-sama.

Mengapa Anda juga harus mempertimbangkan bergabung dengan DANA Bisnis? Tentunya ada banyak manfaat bisnis online bersama DANA yang bisa Anda peroleh, yaitu:

Semua Transaksi dalam Satu Aplikasi

DANA memfasilitasi aneka transaksi dalam satu aplikasi. Mulai dari transfer dan tarik tunai, pembayaran toko secara cashless, isi ulang pulsa dan kuota internet, hingga membayar cicilan asuransi, langganan TV kabel, listrik, PDAM, voucher game dan masih banyak lagi. Bersama DANA Bisnis, Anda bisa menjual aneka produk digital secara lengkap dan praktis.

Transaksi yang Aman dan Terlindungi

DANA dilengkapi dengan sistem keamanan yang terproteksi tinggi dan canggih, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi menggunakan aplikasi ini. Setiap pembayaran DANA dapat terkunci dan diamankan oleh sistem khusus, sehingga mengurangi potensi terjadinya kecurian ataupun saldo yang tercecer dan hilang. Akun DANA Anda juga dilengkapi dengan sistem dobel-protection (pengamanan ganda) berupa password dan kode OTP yang dikirimkan langsung ke nomor telepon aktif Anda.

Transaksi yang Praktis dan Nyaman

Selain aman, bertransaksi dengan DANA juga aman dan nyaman sebab semua pembayaran dapat dikirimkan dan masuk ke saldo semudah satu kali klik. Semisal Anda hendak menjual pulsa ke konsumen. Cukup klik nomor telepon pembeli, jenis provider dan jumlah saldo pulsa saja. Kemudian, pulsa akan langsung terkirim masuk ke nomor telepon konsumen.

Begitu pula saat pembeli hendak membayar pulsa kepada Anda. Mereka bisa menransfer uang pembayaran melalui scan kode QR atau mengirim saldo via nomor telepon yang terkoneksi dengan akun DANA Anda. Sangat mudah, bukan?

Ingin tahu bagaimana cara bergabung dengan DANA Bisnis? Mari lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

Cara Mudah Bergabung ke DANA Bisnis Journey

dana-bisnis-2

Berikut ini adalah cara mudah bergabung dengan DANA Bisnis Journey. DANA Bisnis Journey sendiri adalah sistem keanggotaan untuk setiap merchant atau pelaku usaha di DANA. Sistem keanggotaan DANA Bisnis terbagi menjadi 3 level, yaitu bronze merchant, silver merchant dan gold merchant. Setiap level tentunya memiliki cara bergabung serta keuntungan yang berbeda. Berikut selengkapnya:

Level Bronze Merchant

Bronze merchant adalah level yang akan otomatis Anda dapatkan begitu sukses mendaftar sebagai mitra DANA. Level ini adalah yang paling kecil, namun masih bisa diupgrade ke dua level lain yaitu silver dan gold. Untuk mengupgrade level bronze ke silver, Anda cukup membuka halaman profil DANA Business Anda. Kemudian, klik “bronze merchant” yang terletak di bawah kode QR.

Beberapa keuntungan dari menjadi merchant pada bronze level adalah:

  • Sudah bisa melakukan transaksi di QRIS.
  • Verifikasi yang cepat tanpa memerlukan dokumen khusus.
  • Limit saldo masuk dan penarikan adalah 25 juta Rupiah per bulan.

Level Silver Merchant

Level selanjutnya adalah silver merchant. Berbeda dengan level bronze yang sederhana dan otomatis didapat pasca registrasi ke DANA Bisnis, untuk naik ke level silver Anda akan diminta melampirkan sejumlah dokumen:

  • Minimal 1 foto tentang toko dan 1 foto produk yang dijual.
  • Melengkapi formulir identitas pemilik toko, termasuk alamat tempat tinggal dan usaha.
  • Menandai (tagging) titik alamat lokasi usaha Anda pada peta digital yang disediakan oleh pihak DANA

Begitu selesai melampirkan semua dokumen di atas, klik “upgrade sekarang” pada logo silver yang tersedia di halaman level keanggotaan merchant DANA. Begitu verifikasi selesai, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan level bronze, yaitu:

  • Bisa digunakan untuk transaksi QRIS seluruh Indonesia.
  • Mendapat status “terverifikasi dan terpercaya” pada halaman toko Anda.
  • Limit saldo masuk dan penarikan sebesar 50 juta rupiah per bulannya.

Level Gold Merchant

Level teratas pada DANA Bisnis adalah gold merchant. Sesuai namanya, level gold memberikan keuntungan paling banyak untuk lapak jualan online Anda, antara lain:

  • Terfasilitasi oleh QRIS seluruh Indonesia.
  • Mendapat fitur khusus Nearby DANA untuk memperlihatkan lokasi usaha Anda kepada konsumen.
  • Label pada merchant yang lebih terpercaya serta terverifikasi.
  • Menerima pembayaran via debit dan kredit semua bank se-Indonesia.
  • Limit saldo masuk dan penarikan keluar sebesa 200 juta sebulan.

Lengkap sekali bukan fasilitas level gold merchant? Jika Anda tertarik untuk mengupgrade akun DANA Business ke level ini, Anda perlu melampirkan sejumlah dokumen pada halaman upgrade level merchant. Adapun dokumen yang dilampirkan berbeda, tergantung pada jenis usaha Anda:

DANA Merchant Badan Usaha

Upgrade merchant gold bagi badan usaha dan waralaba membutuhkan sejumlah dokumen antara lain:

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) resmi dari Kementrian Perdagangan, Surat Izin Usaha Industri dari Lembaga OSS, atau surat izin dari lembaga berwenang lainnya.
  • NPWP perusahaan.
  • Checklist syarat dan ketentuan dari chargeback, untuk perusahaan yang menerima pembayaran via kartu debit dan kredit bank.

DANA Merchant Usaha Individu

Tak jauh berbeda dengan usaha waralaba, pemilik usaha individu yang ingin upgrade ke level gold juga harus melampirkan sejumlah dokumen resmi yakni:

  • Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan oleh pihak berwenang ataupun RT/RW di lokasi bisnis Anda.
  • NPWP perusahaan
  • Checklist syarat dan ketentuan dari chargeback, untuk perusahaan yang menerima pembayaran via kartu debit dan kredit bank.

Apapun jenis usaha Anda, lakukan pengisian dokumen secara cermat agar meminimalisir kegagalan saat proses verifikasi oleh tim DANA Business. Begitu selesai mengunggah file yang diminta, Anda cukup menekan tombol “upgrade sekarang” pada halaman level keanggotaan merchant DANA. Jika sudah terverifikasi, selamat, usaha Anda kini sudah terdaftar sebagai merchant gold di DANA. Nikmatilah aneka keuntungan dan kemudahan berbisnis dengan DANA level gold merchant. Berikut kami sertakan link aplikasi dwonloadnya di bawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.dana

Bagaimana, tertarik untuk mencoba bergabung dengan DANA Business? Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda yang ingin mengembangkan bisnis secara digital dengan praktis. Temukan lebih banyak artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Terima kasih sudah membaca artikel edisi kali ini!

 

Chatbot Adalah : Teknologi Baru Layanan Pelanggan Bisnis!

0
chatbot adalah, chatbot

Memiliki bisnis yang laris manis adalah keinginan semua orang. Anda yang memiliki bisnis online pun tentunya ingin mempunyai jumlah pengunjung yang banyak, bukan? Sayangnya bisnis yang ramai juga bisa menyebabkan kewalahan. Bayangkan jika ada lebih dari 50 orang secara bersamaan mengontak akun bisnis Anda menanyakan seputar produk, pengiriman, ataupun mengajukan komplain. Jadi chatbot adalah solusinya.

Jika Anda bekerja seorang diri, tentunya situasi ini akan menjadi sangat merepotkan. Bahkan bisa juga Anda jadi bingung untuk menangani permasalahan yang muncul bersamaan. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada perkembangan teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas pelayanan konsumen via chat ini.

Teknologi tersebut bernama bot chat artificial intelligence. Apa itu bot chat artificial intelligence? Bagaimana pula cara menggunakan dan keuntungannya untuk bisnis Anda? Mari cari tahu jawaban secara lengkapnya pada artikel edisi kali ini!

Chatbot Adalah

chatbot adalah, chatbot

Anda yang sering menghubungi platform e-commerce mungkin pernah berhadapan dengan chat bot. Kehadiran AI dapat diindikasi dengan mudah ketika kita membuka layanan live chat 24 jam, dan mendapatkan pesan pembuka otomatis atau balasan pesan secara instan.

Chatbot adalah fitur yang banyak diterapkan oleh pemilik toko online, khususnya mereka yang sudah melek akan kecanggihan teknologi. Penerapan chat bot atau artificial intelligence(AI) memiliki banyak keuntungan untuk bisnis online Anda, lho! Berikut ini kita akan membahas terkait AI secara lebih rinci. Disimak, ya!

Apa itu? Chatbot adalah sebuah fitur penjawab pesan yang sengaja dipasang untuk membalas setiap pesan masuk secara otomatis. Namanya sendiri diambil dari kata chat dan bot. Chat berarti pesan sedangkan bot adalah robot. Kesimpulannya adalah robot atau sosok virtual yang memiliki kecerdasan buatan untuk meladeni obrolan manusia.

Dengan penggunaan bot AI, Anda tetap bisa merasakan sensasi mengobrol dengan orang lain, meskipun sesungguhnya Anda sedang mengobrol bersama teknologi komputer. Chatbot adalah solusi kekinian bagi para pemilik toko untuk mempermudah mengelola usahanya.

Semisal toko Anda kebanjiran chat dari konsumen yang menanyakan perihal produk, pengiriman, ataupun menyampaikan keluhan atas barang yang ia beli. Permasalahan ini mungkin masih dapat teratasi jika diterima secara satu persatu, namun tidak halnya jika chat dari konsumen yang masuk langsung dalam jumlah banyak seperti ratusan.

Jika tidak menggunakan bantuan AI, Anda pasti sudah kebingungan menangani permasalahan di atas. Tetapi, jika Anda menyerahkan permasalahan customer service ini kepada AI, maka Anda cukup duduk santai memantau proses chat yang sedang berlangsung. Sistem manajemen toko anda pun akan jadi jauh lebih praktis mudah dan hemat tenaga.

Contoh penerapan chatbot adalah “Vira” dari Bank BCA dan customer service Shopee. Di official akun LINE BCA, terdapat sebuah bot berbasis artificial intelligence bernama Vira. Vira ditugaskan oleh BCA untuk melayani pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dilontarkan para nasabah. Selain itu, robot ini sering memberikan update berupa tips aman menabung di bank, promo-promo menarik BCA dan informasi lainnya.

Lalu di Shopee, Anda bisa menemukan chat bot pada bagian customer service 24 jam. Ikon chat bot yang dimiliki shopee berbentuk seperti anak ayam dengan baju berwarna orange. bot ini siap membantu kapanpun Anda memiliki masalah atau pertanyaan terkait Shopee. Jika masalah dirasa belum selesai, maka bot dapat mengarahkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan customer service.

Canggih sekali bukan sistem AI ini? Kira-kira bagaimana, ya, cara kerja sistem chat bot sehingga bisa melayani pertanyaan dari para konsumen? Mari cari tahu pembahasannya pada bagian selanjutnya!

Baca juga : Cara Buat WhatsApp Chatbot untuk Penunjang Oshop [Gratis Download]

Cara Kerja Chatbot Untuk Bisnis

Inovasi dalam bidang artificial intelligence (AI) telah memberikan banyak kemudahan dalam pengelolaan teknologi. Salah satu contohnya adalah chat-bot. Chatbot adalah mesin virtual yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dapat menangani berbagai permasalahan manusia melalui chat. Namun, bagaimana sebenarnya bot bisa merespons obrolan dan memberikan solusi atas pertanyaan kita?

Jawabannya ternyata sederhana! bot bekerja dengan cara menganalisis kata kunci yang diberikan oleh lawan bicaranya. Dengan kecerdasan buatan yang tertanam dalam bot, sistem ini dapat mendeteksi kata kunci yang Anda ketikkan dalam percakapan dan memberikan penjelasan yang paling sesuai. Ini memungkinkan bot untuk menjawab pertanyaan Anda dengan cepat dan tepat.

Saat ini, ada jenis bot yang menggunakan teknologi deep learning, machine learning, dan natural language processing. Ketiga teknologi ini meningkatkan kemampuan bot, sehingga mesin dapat memberikan jawaban yang terasa lebih alami.

Perkembangan ini sangat bermanfaat, terutama bagi pebisnis online. Dengan bantuan bot, mereka dapat menyediakan layanan pelanggan 24 jam penuh tanpa perlu bersusah payah. Konsumen juga merasa puas karena dapat menyelesaikan masalah mereka dengan cepat dalam hitungan detik.

Untuk memanfaatkan bot AI, Anda perlu menghubungi pengembang yang menyediakan layanan pemasangan bot. Mereka akan membantu Anda mengintegrasikan kecerdasan buatan ini ke dalam platform forum chat yang ada di website atau aplikasi e-commerce Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan bot di aplikasi atau website e-commerce Anda?

Kelebihan dan Kelemahan AI Bot Chat

chatbot adalah, chatbot

Kelebihan utama dari penggunaan AI dalam pengelolaan bisnis online adalah efisiensi waktu dan produktivitas yang ditingkatkan. AI dapat bekerja secara terus-menerus tanpa lelah dan dalam waktu yang sangat cepat, yang membuatnya ideal untuk tugas-tugas berulang dan analisis data yang rumit. 

Ini juga dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan respons yang instan, 24/7, tanpa perlu interaksi manusia. Selain itu, AI dapat mengidentifikasi pola dan trend dalam data yang mungkin sulit dikenali oleh manusia, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Disisi lain, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan AI. Salah satunya adalah biaya awal yang tinggi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan solusi AI. Selain itu, AI mungkin tidak selalu dapat menggantikan interaksi manusia dalam situasi yang memerlukan empati, pengambilan keputusan moral, atau pemahaman konteks yang rumit. 

Juga, ada kekhawatiran etika terkait dengan penggunaan AI, seperti privasi data dan pengambilan keputusan otomatis yang dapat menjadi masalah sensitif. Oleh karena itu, sebelum mengadopsi teknologi AI, penting untuk mempertimbangkan secara menyeluruh bagaimana kelebihan dan kekurangan ini akan mempengaruhi bisnis Anda.

Adapun beberapa kelebihan dari AI adalah:

Siap Siaga 24 Jam

Keuntungan kedua bot AI adalah kemampuan mereka untuk melakukan interaksi yang instan dengan konsumen. Saat Anda mengajukan pertanyaan kepada bot, jawaban akan segera disampaikan kepada Anda. 

Ini berarti layanan tidak akan memberikan jawaban yang bertele-tele atau mengharuskan konsumen menunggu lama. Dengan AI, konsumen dapat dengan cepat mendapatkan solusi atas masalah atau pertanyaan yang mereka hadapi. 

Kecepatan ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen karena mereka merasa didengar dan mendapatkan respons yang tepat waktu. Jadi, tidak hanya efisien dalam hal waktu, tetapi juga dalam memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan Anda.

Interaksi Instan dengan Konsumen

Selanjutnya, keuntungan lain dari bot AI adalah kemampuannya untuk menangani volume besar pertanyaan dan permintaan tanpa mengalami kelelahan atau penurunan kualitas layanan. Sebuah tim layanan pelanggan manusia mungkin memiliki keterbatasan dalam menangani banyak pertanyaan dalam waktu yang sama. 

Namun, bot AI dapat melayani puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan konsumen secara bersamaan tanpa mengurangi efisiensi atau kualitas layanan. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana ada lonjakan permintaan atau saat Anda beroperasi dalam skala besar.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan bot AI juga bergantung pada seberapa baik mereka diprogram dan dikelola. Bot yang kurang terlatih atau tidak dioptimalkan dengan baik dapat memberikan jawaban yang tidak relevan atau mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau dan mengembangkan bot AI Anda agar tetap efektif dalam memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.

Menaikkan Kualitas Layanan Konsumen

Bot AI dapat membantu Anda mengumpulkan data berharga tentang preferensi dan perilaku konsumen. Melalui interaksi dengan bot AI, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang apa yang konsumen cari, produk atau layanan yang diminati, dan masalah yang sering mereka hadapi. 

Data ini dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan perbaikan layanan pelanggan Anda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi konsumen, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda.

Namun, penting untuk selalu mempertimbangkan privasi dan keamanan data konsumen saat mengumpulkan informasi melalui bot AI. Pastikan bahwa data yang dikumpulkan dikelola dengan aman dan sesuai dengan regulasi privasi yang berlaku untuk menghindari potensi masalah hukum atau kerugian reputasi.

Selain itu masih terdapat pula kekurangan dari AI. Kekurangan-kekurangan dari chatbot adalah:

Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Secara Mendalam

Kekurangan kedua dari chatbot adalah kurangnya empati dan pemahaman yang dimiliki manusia. bot tidak memiliki kemampuan untuk merasakan emosi atau memahami nuansa dalam percakapan. 

Ini berarti dalam situasi yang memerlukan pemahaman mendalam atau empati, bot mungkin tidak dapat memberikan tanggapan yang memuaskan. Contohnya, ketika seorang konsumen mengungkapkan ketidakpuasan atau kekecewaan terhadap produk atau layanan, bot mungkin hanya memberikan jawaban standar tanpa memahami perasaan konsumen.

Kekurangan ketiga adalah keterbatasan dalam bahasa dan pemahaman konteks. bot beroperasi berdasarkan algoritma dan data yang dimasukkan ke dalamnya. Oleh karena itu, bot mungkin kesulitan dalam memahami bahasa atau dialek tertentu, serta mungkin tidak bisa memahami konteks percakapan dengan baik. 

Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan frustasi bagi konsumen jika bot tidak dapat merespons dengan benar atau mengerti pertanyaan mereka dengan baik.

Meskipun bot memiliki kelebihan dalam efisiensi dan ketersediaan 24/7, kekurangan-kekurangan ini perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk mengimplementasikannya dalam bisnis Anda. 

Penting untuk memahami batasan bot dan memastikan bahwa ada dukungan manusia yang tersedia untuk menangani situasi yang memerlukan pemahaman mendalam, empati, atau pemahaman konteks yang lebih baik.

Matinya Profesi Customer Service

Kekurangan lainnya dari AI adalah potensi teknologi ini mematikan profesi customer service. Jika suatu hari AI sukses dikembangkan menjadi lebih pintar dalam menjawab permasalahan manusia secara natural dan mendalam, maka bukan tidak mungkin posisi AI akan mematikan profesi customer service. 

Hal ini akan merugikan para pekerja yang telah lama berkecimpung di dunia customer service. Dengan adanya AI, jasa mereka otomatis tidak akan diperlukan lagi.

Tantangan Bot Chat dalam Bisnis

Dalam penerapannya, bot chat tentu memiliki potensi untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan dan operasional bisnis. Namun, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh perusahaan saat mengimplementasikan bot chat:

  • Ekspektasi yang Terlalu Tinggi: Beberapa perusahaan mungkin beranggapan bahwa bot chat dapat mengatasi semua permasalahan layanan pelanggan dengan cepat dan tanpa cela. Namun, realitanya, ada batasan dalam apa yang bisa dilakukan oleh bot chat, terutama saat menangani pertanyaan atau masalah yang kompleks.
  • Kesalahan dalam Pemrograman: bot chat yang tidak diprogram dengan baik dapat menyebabkan kesalahan dalam interaksi dengan konsumen, seperti memberikan informasi yang salah atau tidak relevan.
  • Kesulitan dalam Mengenali Slang atau Dialek: Meski sudah berkembang pesat, banyak bot chat yang masih kesulitan mengenali slang, bahasa gaul, atau dialek tertentu yang mungkin digunakan konsumen.
  • Kurangnya Interaksi Manusia: Meskipun bot chat dapat meningkatkan efisiensi, kehilangan elemen interaksi manusia dapat menyebabkan kurangnya empati atau pemahaman nuansa emosional dari konsumen.
  • Keamanan Data: bot chat yang terintegrasi dengan sistem lain mungkin menjadi target serangan siber. Oleh karena itu, ada tantangan dalam memastikan keamanan dan privasi data konsumen.

Sekian pembahasan kali ini. Terima kasih sudah mengikuti sampai akhir! Jangan lupa cari tahu lebih banyak artikel informatif menarik lainnya dari kami, ya! Sampai jumpa di artikel edisi berikutnya.

Aplikasi Scan Barcode Untuk Produk Online Shop

0
scan barcode

Toko online menjadi platform terbanyak digunakan masyarakat saat ini untuk membeli beragam kebutuhan harian. Mulai dari makanan, produk make-up, kesehatan, skincare dan lain-lain, semua tersedia lengkap dalam beragam merk serta harga di platform e-commerce. Sayangnya, banyak juga produk e-commerce palsu yang beredar di pasaran.

Jika Anda tidak berhati-hati atau cermat memperhatikan spesifikasi dan tampilan produk yang dibeli, maka Anda bisa saja telah menjadi korban produk palsu tanpa disadari.

Wajar saja jika masyarakat saat ini cemas karena tidak mampu mengecek keaslian produk yang dibeli online. Akan tetapi dunia teknologi yang terus berkembang telah berhasil menemukan solusi untuk permasalahan tersebut. Kini Anda bisa mengecek keaslian produk dari online shop menggunakan aplikasi scan barcode produk.

Apa itu aplikasi scan barcode produk, cara menggunakannya, dan rekomendasi aplikasi scan barcode terbaik di smartphone? Mari cek keaslian produk yang Anda beli dengan aplikasi scan barcode terbaik rekomendasi kami.

5 Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode Terbaik Produk

aplikasi-scan-barcode

Perkembangan teknologi sukses memudahkan produsen produk dalam melabeli barang-barang yang ia produksi. Melalui sistem barcode, produsen atau pabrik produk dapat menempelkan kode rahasia berisi identitas barang yang mereka buat secara mudah. Peletakan kode barcode pada produk menjadi hal yang penting untuk membedakan produk asli dengan produk tiruan yang beredar di pasaran.

Tak dapat dipungkiri, penipuan produk khususnya produk branded tetap marak dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab sampai hari ini. Terlebih pasca kehadiran toko online, persebaran produk palsu menjadi sangat mudah karena konsumen tidak dapat melihat langsung produk yang dijual. Konsumen hanya bisa melihat deskripsi produk dan foto-foto yang kadangkala bisa dicomot dari situs pencari Google.

Tak hanya merugikan konsumen, para pedagang reseller online pun dapat merugi jika mereka mendapat produk jualan dari supplier penipu. Supplier-supplier penipu ini masih tetap eksis di jagat maya karena harga produk yang mereka jual sangat murah, sehingga sukses menarik minat reseller awam.

Sebut sajalah produk skincare Korea yang sedang naik daun di Indonesia belakangan ini. Normalnya, satu produk skincare asli Korea dijual dengan harga yang lumayan mahal di Indonesia, mulai dari 100 ribut sampai 1 juta rupiah.

Harga yang tinggi ini tentu tidak dapat dijangkau oleh sebagian masyarakat ekonomi kelas menengah bawah. Dari sinilah, para penipu akhirnya melihat peluang untuk membuat produk palsu dan murah yang mirip dengan skincare Korea yang sedang laris di pasaran.

Lebih mengerikannya lagi, sering kali produk palsu dan produk asli tidak dapat dibedakan karena terlalu mirip. Sehingga, baik konsumen ataupun reseller sama-sama tidak mengetahui bahwa barang yang mereka beli sesungguhnya palsu.

Produk-produk palsu jelas merugikan. Bahkan produk tertentu seperti skincare dan make-up palsu bisa membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, Anda selaku reseller produk online harus tetap jeli dalam memilih supplier dan barang jualan. Bagaimana caranya?

Anda tidak perlu cemas, sebab sekarang sudah ada aplikasi scan barcode produk. Dengan aplikasi scan barcode produk ini, Anda bisa mengecek barcode atau kode batang yang tertera pada kemasan produk apa saja. Jika produk murni original buatan pabrik, maka aplikasi akan menunjukkan keterangan resmi identitas produk. Begitupun sebaliknya.

Berikut ini kami sudah menyiapkan 5 rekomendasi aplikasi scan barcode produk terbaik yang bisa Anda gunakan hanya dengan smartphone:

Baca juga : Cara Buat QR Code OVO, DANA, SPay, QRIS Gratis untuk Olshop

1. Hidden Tag

Aplikasi scan barcode produk terpopuler pertama adalah Hidden Tag. Nama Hidden Tag mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak maraknya kasus penipuan skincare Korea. Aplikasi ini terkenal ampuh untuk mengecek keaslian dari setiap merek kosmetik make-up dan skincare Korea.

Hidden Tag mampu mengenali ratusan brand produk luar negeri. Cara menggunakan aplikasi ini pun gampang sekali. Cukup download dan instal aplikasi ini, kemudian buka aplikasi. Klik bagian kamera, arahkan ke logo barcode yang tertera di kemasan produk.

Selanjutnya, klik “hidden tag scan” dan tunggu beberapa saat. Jika produk yang Anda beli original, maka akan muncul informasi lengkap terkait perusahaan, spesifikasi produk, dan lainnya.

https://play.google.com/store/apps/details?id=ScanTag.ndk.det

2. ShopSavvy

Selain Hidden Tag, Anda juga bisa menggunakan Shopsavvy yang merupakan aplikasi scan barcode terpercaya untuk smartphone. Shopsavvy banyak digunakan oleh pecinta belanja online guna memindai barcode yang tertempel di kemasan produk. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui keoriginalitasan produk yang dibeli.

Keterangan yang diberikan oleh Shopsavvy pun lumayan lengkap, mulai dari harga produk, spesifikasi produk, ritel-ritel yang menjual produk, bahkan diskon-diskon yang sedang berlangsung untuk produk yang Anda scan.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai agen reseller online, tidak ada salahnya mencoba Shopsavvy segera agar tidak tertipu produk palsu sekaligus tak ketinggalan diskon produk terbaru. Lebih bagus lagi, shopsavvy bisa digunakan secara gratis!

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.biggu.shopsavvy

3. ScanLife Barcode & QR Reader

Aplikasi scan barcode produk all-in-one yang bisa Anda coba juga adalah ScanLife Barcode and QR Reader. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai segala jenis barcode ataupun kode QR pada produk. Nantinya, jika produk yang discan terindikasi original, Anda bisa mendapatkan informasi detail termasuk review pengguna yang pernah mencoba produk tersebut. Produk otomatis terbukti palsu jika keterangan-keterangan tadi tidak muncul di layar smartphone Anda setelah proses scan selesai.

4. Google Goggles

Google pun tidak ingin ketinggalan dalam meluncurkan aplikasi scan barcode produk. Melalui aplikasi Google Goggles, Anda bisa mengenali keaslian beragam jenis produk semudah mendekatkan kode barcode ataupun QR-nya ke kamera smartphone.

Cukup dengan satu kali scan, Anda bisa memperoleh informasi lengkap terkait produk yang ditampilkan pada Google Shopping dan Google Search. Dibandingkan aplikasi scan barcode lainnya, Google Goggles bisa digunakan untuk menerjemahkan semua teks dari beragam bahasa yang terdeteksi kamera.

Baca juga : Tutorial Google QR Code : Cara Buat Katalog Online Terpraktis

5. Barcode Scanner

Aplikasi terakhir yang bisa Anda coba untuk memastikan keaslian produk adalah Barcode Scanner. Aplikasi ini pun tidak kalah lengkap dalam menyajikan informasi produk secara mendetail dalam satu kali scan. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis tanpa iklan di Google Play Store. Di samping itu, Anda juga bisa membuat kode barcode sendiri untuk menunjang kebutuhan online shop.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.zxing.client.android

Tips Reseller Online Anti Kena Tipu

scan-barcode-1

Memakai alat bantu scan barcode produk di atas bisa menjadi cara terbaik agar Anda tidak gampang ditipu saat membeli produk online dari supplier. Namun masih ada sejumlah tips ampuh sukses menjadi reseller online trusted selain menggunakan aplikasi scan barcode produk di atas. Berikut tips dan triknya, dicatat ya!

Jangan Tergiur Harga Super Murah

Mendapatkan produk berharga murah berkualitas dari supplier adalah hal wajib bagi setiap reseller. Produk murah jelas jauh lebih mudah untuk dijual kembali sekaligus mampu memberikan keuntungan lebih banyak. Sayangnya, banyak penipu melancarkan aksinya dengan menjual produk super murah, bahkan jauh di bawah harga pasar.

Sebisa mungkin, hindari godaan membeli barang yang dijual dengan harga jauh di bawah pasar. Ketahuilah bahwa tidak mungkin ada toko yang menjual produk dalam harga sangat murah di bawah pasar, terlebih produk-produk bermerek (branded).

Lain ceritanya jika Anda menemukan produk murah saat diskon. Meski didiskon pun, biasanya harga-harga produk tetap tidak akan jauh di bawah pasar. Jadi tetap hindari godaan berbelanja pada toko yang menawarkan produk branded dengan harga super murah dengan iming-iming apapun!

Cek Testimoni Toko

Cara efektif berikutnya adalah selalu cek penilaian produk dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Cari tahu rating produk, testimoni, dan foto-foto dari pembeli yang pernah berbelanja di toko tersebut. Baca semua testimoni secara rinci, baik yang positif ataupun negatif. Jika terdapat lampiran foto testimoni, simak foto-foto tersebut untuk mengetahui tampilan asli produk.

Mengecek Kualitas Toko Online

Tips terakhir adalah mengecek reputasi dari supplier online pilihan Anda. Jika Anda mencari supplier di e-commerce, Anda bisa mengecek performa toko, rating toko, informasi toko, jumlah produk yang dijual, beserta testimoni pelanggan. Semakin tinggi rating dan juga tingkat respon toko terhadap konsumen, maka semakin baik pula reputasi tokoh tersebut.

Selain itu, hindari toko-toko yang secara terang-terangan mencantumkan informasi transaksi lintas aplikasi. Dapat dipastikan bahwa toko-toko seperti ini adalah penipu!

Beberapa contoh info transaksi lintas aplikasi pada platform toko penipu seperti:

  • “Untuk order produk silahkan hubungi via WhatsApp”
  • “Tidak menerima pembelian resmi di e-commerce”

Sangat ganjil dan mencurigakan, bukan? Jika Anda kelak menemukan toko online yang mencantumkan deskripsi di atas, sudah pasti toko tersebut adalah penipu.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait scan barcode app terbaik untuk mengecek keoriginalitasan produk. Semoga rekomendasi aplikasi scan barcode produk beserta tips-tips sukses jadi reseller online produk ori dari kami dapat membantu Anda berjualan secara aman, nyaman dan menguntungkan.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai akhir. Jangan lupa follow media sosial dan website kami untuk memperoleh lebih banyak tips sukses berbisnis marketing lainnya. Sampai jumpa!