Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 80

Caption-Caption Menarik yang Bagus Digunakan untuk Berpromosi di Instagram!

0
caption menarik

 

Ins-Ta-Gram!

Siapa yang tidak kenal Instagram, sosial media yang satu ini banyak dipergunakan untuk membagikan gambar dan foto, sehingga sering dianggap yang paling menarik, karena banyak menampilkan gambar-gambar dan foto yang menarik.

Namun, siapa sangka, melalui fitur-fitur-nya Instagram dapat dipergunakan untuk berpromosi, seperti post, hashtag, caption, bio dan follower. Semua ini merupakan strategi-strategi Instagram Marketing.

Masing-masing fitur tersebut memiliki pengaruhnya masing-masing, hashtag  contohnya, dapat membantu Anda untuk mengelompokkan foto dan video ke dalam suatu kategori tertentu, dengan begitu bisnis Anda jadi mudah ditemukan.

Atau caption, Anda bisa menuliskan kata-kata yang menarik perhatian calon audiens Anda. Tulisan yang berbeda, memiliki pengaruh yang berbeda, untuk audiens yang berbeda.

Lalu mengapa caption dapat dianggap lebih menarik?

Dengan membagikan foto dengan disertai caption pendukung yang menarik, akan menjadikan gambar postingan Anda menjadi lebih menarik juga!

Lalu, apa manfaatnya caption untuk Anda berpromosi? Yuk, sama-sama dicermati!

Caption Menarik di Instagram

Caption adalah kalimat singkat pendek yang mendukung gambar atau video yang diunggah ke sosial media, sesuai dengan keinginan masing-masing individu. Dengan adanya caption, Anda dapat menggambarkan keinginan atau perasaan Anda, bahkan maksud dari gambar atau video yang diunggah ke akun Instagram Anda.

Lalu, apa manfaat caption yang menarik untuk bisnis Anda?

Melalui caption yang menarik akan membuat postingan gambar atau video di Instagram Anda menjadi semakin terlihat keren juga menarik.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, caption adalah suatu tulisan pendek. Tulisan pendek yang mengilustrasikan sesuatu bisa menjadi sebuah gambaran dari perasaan sang penulis.

Dengan adanya caption juga, postingan Anda bisa menjadi ungkapan yang mungkin bisa disadari oleh pembaca. Oleh karena itu, tidak jarang banyak yang menyisipkan suatu makna.

Baca juga : Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

Manfaat Caption  bagi Pengguna Instagram!

caption-instagram-1

1. Memaknai Gambar atau Video

Salah satu fungsi caption adalah untuk memberi arti mengenai gambar atau video yang akan di-posting, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Dengan adanya suatu penjelasan singkat dan menarik mengenai postingan Anda, akan memberikan gambaran ke pembaca mengenai maksud dan tujuan postingan Anda.

Tak jarang penjelasan singkat mengenai postingan Anda akan membuat gambar atau video postingan Anda semakin mudah ditebak. Tak jarang juga, penjelasan pada gambar atau video postingan Anda juga akan mendukung terhadap ketertarikan postingan Anda di sosial media.

2. Memberikan Suatu Pesan atau Makna

Pesan yang disampaikan penulis akan dibaca oleh para pengguna sosial media, dengan begitu juga akan menjadi suatu ajang untuk memberikan pesan kepada sesama pengguna sosial media. Pesan yang disampaikan pun bermacam-macam bentuknya.

Oleh karena itu dukungan caption untuk memberikan pesan semakin dipermudah untuk digunakan sekaligus diakses, dengan begitu pesan yang Anda sampaikan bisa tersampaikan ke pengguna sosial media lainnya.

Tanpa menggunakan surat personal pun, Anda juga dapat menggunakan caption untuk menyiratkan maksud tersembunyi. Tidak jarang, caption sering ditemui dengan kalimat puitis yang menggambarkan suatu makna. Tentunya hal ini juga akan mendukung postingan yang Anda post di sosial media Anda.

3. Menyatakan Suatu Perasaan

Perasaan apapun bisa Anda ceritakan dalam sebuah caption. Anda secara tidak langsung bisa menceritakan suatu perasaan, baik itu keresahan, kegembiraan, kesenduan, dan banyak hal lainnya, mengenai sesuatu.

Dengan menggunakan caption menarik yang cocok, dapat mendukung Anda untuk mengutarakan perasaan Anda.

Oleh karena adanya caption yang menarik, sosial media menjadi media untuk menyatakan perasaan Anda saat ini atau saat-saat tertentu, berbagi momen-momen dengan perasaan-perasaan tertentu, ke sesama pengguna sosial media lain, adalah hal yang biasa di sosial media.

4. Kebutuhan Bisnis

Dengan adanya sosial media dapat meningkatkan profitabilitas bisnis Anda. Caption bisa dipergunakan untuk menjelaskan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Sehingga berbagai produk menarik dapat diakses oleh para pengguna sosial media lain.

Dengan adanya caption tersebut, penggunaan sosial media untuk kepentingan bisnis akan semakin meningkat. Caption bisa menjelaskan suatu produk bahkan penjelasan untuk memesan produk yang Anda tawarkan.

Contoh-Contoh Caption Menarik untuk Promosi Bisnis Anda!

caption-instagram-2

1. Promosi dalam Bentuk Kalimat Permohonan

Melalui caption dengan kategori yang satu ini Anda tengah membujuk target audiens Anda untuk mengenal lebih jauh produk bisnis Anda. Gelitiklah rasa penasaran mereka terhadap produk atau layanan Anda melalui gambar atau video menarik yang dilengkapi dengan caption menarik, seperti:

  • “Lagi cari gadget murah? Yuk, klik tautan di bio kami yang satu ini!”
  • Don’t miss it! Yuk, cermati dan datangi agen resmi kami di kotamu!”

2. Promosi dengan Menggunakan Caption Menarik yang Menarik Perhatian!

Untuk caption yang satu ini, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti ‘gratis’ atau ‘bonus’, karena pada umumnya orang-orang akan tertarik dengan hal-hal tersebut.

Kata-kata ini tetap saja akan menarik konsumen sampai kapanpun. Anda dapat menekankan lebih jauh soal kesempatan yang mungkin akan jarang ditemukan oleh calon pembeli Anda, dengan begitu Anda segera melakukan pembelian. Sebagai contoh, caption menarik tersebut adalah:

  • “Promo spesial khusus untukmu! Beli dua gratis satu!”
  • “Spesial! Hari ini saja! Gratis satu untuk setiap pembelian!”

3. Lakukan Promosi dengan Elemen yang Menantang!

Kategori caption menarik yang satu ini, menggunakan elemen yang menantang, menggunakan alam bawah sadar manusia, dan secara umum mereka akan langsung tertarik dengan kata-kata ujaran yang satu ini. Mereka calon audiens secara halus diingatkan untuk tidak melewatkan kesempatan langka yang Anda ciptakan!

  • “Diskon besar-besaran! Pesan sebelum habis!”
  • “Cuci gudang, off up to 50%!”

4. Promosi dengan Kata-Kata yang Catchy nan Menarik!

Kata-kata yang catchy yang menarik adalah strategi marketing yang tak lekang oleh waktu. Anda bisa merumuskan sendiri caption menarik yang gampang diingat sekaligus menarik perhatian.

Sebagai contoh:

  • “Produk import dari US, kualitas ori!”
  • The faster, the better!”

5. Promosi dengan Kata-Kata Lucu

Kata-kata yang lucu selalu berhasil menarik perhatian masyarakat, termasuk warganet. Gunakan saja berbagai istilah lucu yang ada, atau kreasikan sendiri caption menarik bisnismu!

  • “Udah gajian? Yuk, datang ke toko kami! Dompet tipismu itu lawanmu!”
  • Whassap, gejolak cinta es buah! Ada rasa baru!”

6. Menjelaskan Produk Terbaik Kamu!

Diakibatkan tingginya persaingan, penting sekali untuk menekankan unsur perbedaan produk atau bisnis Anda dibandingkan produk atau bisnis lainnya, agar calon konsumen Anda tertarik. Sebagai contoh:

  • “Produk resmi? Kami jagonya!”
  • “Jaminan asli? Kami yang berani!”

7. Berikan Penjelasan Mengenai Khasiat-nya!

Terkadang ada juga target audiens Anda yang ingin mencari suatu produk tertentu saja, tanpa  pemahaman jelas akan fungsi dan manfaatnya. Cobalah caption yang menarik yang lebih panjang untuk menjelaskan dampak produk milikmu agar pembeli dapat memahami produkmu!

  • “Bersihkan wajahmu, rasakan hasilnya!”
  • “Segarkan wajah dengan produk terbaik kami!”

8. Promosi dengan Memberikan Jaminan!

Jaminan atau produk bergaransi selalu menarik bagi konsumen. Hal ini dikarenakan adanya ketidak puasan setelah pembelian dilakukan, sehingga tambahan pelayanan ini, alias jaminan atau produk bergaransi, selalu menjadi nilai plus!

  • “Produk 100% asli! Palsu? Uang kembali!”
  • “Dijamin! Layanan satu tahun gratis, khusus pembelian hari ini!”

9. Promosi dengan Menggunakan Harga atau Angka!

Terkadang lebih mudah mencerna sesuatu dengan hanya menggunakan angka. Alasannya karena dengan menggunakan angka, Anda akan bisa lebih paham, Anda tidak perlu bertanya lagi, sebagai contoh:

  • “Beli hari ini, lebih hemat Rp.100.000,-!”

Anda pun tidak ada salahnya menyertakan harganya secara langsung untuk tujuan berpromosi. Apabila target audiens pembeli Anda tidak cocok, maka mereka juga bisa langsung beralih. Contoh caption yang tepat, misalnya:

  • “Pakaian branded 75.000,-!”

10. Promosi agar Ada Rasa Rugi Jika Target Audiens Anda Tidak Membeli

Anda juga bisa menciptakan caption menarik dan kreatif berupa bujukan halus bahwa penawaran yang Anda buat ini jarang terjadi. Harga maupun produk yang Anda tawarkan, beserta dengan kelebihannya di hari itu, hanya akan terjadi di hari itu saja, sehingga target audiens Anda akan takut ketinggalan.

  • “Punyai produk ini secepatnya! Jangan sampai kehabisan!”
  • “Hari ini murah, besok naik!”

11. Menjelaskan Bahwa Satu Produk Saja Tidak Cukup!

Anda juga bisa menyusun caption menarik dengan cara membujuk calon pasar Anda untuk melakukan pembelian lebih dari satu. Sebagai contoh:

  • “Dijamin langsung kecanduan, beli lima gratis satu!”
  • “Beli dua satu gratis satu! Yuk, sedekah dengan gebetanmu!”

12. Promosikan Bisnismu Melalui Harga yang Lebih Terjangkau

Promosi dengan harga yang terjangkau adalah hal yang biasa dalam dunia ini, karena itu pastikan bahwa promosi harga terjangkau menjadi bagian dari strategi caption menarik Anda.

Sebagai contoh:

  • “Produk murah, namun harga bersaing!”
  • “Harga baik, kualitas baik!”

Bagaimana?

Tentunya untuk menciptakan suatu caption yang menarik adalah hal yang susah-susah gampang, bukan?

Namun, Anda harus mencobanya terus hingga mendapatkan caption tepat yang dapat menarik perhatian target audiens Anda!

Caption yang Bagus Adalah Kunci Marketing Kekinian

social-media-marketing

Bisnis sekaligus marketing adalah hal yang biasa, tidak pernah terpisahkan sejak dulu kala. Jika sebelumnya marketing diaplikasikan dengan cara mengandalkan media cetak atau televisi, maka sekarang jaman sudah berubah.

Marketer yang andal tahu benar bahwa promosi terbaik saat ini adalah dengan menggunakan caption yang menarik, unik dan menjual.

Terlebih dengan semakin banyaknya jumlah kata yang dapat dituliskan di IG caption, maka semakin lebar pula kesempatan untuk merumuskan kalimat-kalimat menarik nan unik untuk menggaet konsumen.

Dampak positifnya adalah para pemilik bisnis, marketer andal, hingga masyarakat awam pun dapat mempromosikan produknya dengan leluasa.

Sebelumnya, dikarenakan terbatasnya jumlah karakter caption Instagram untuk fitur caption Instagram, orang-orang menjadi terbatas pula dalam hal mengkreasikan kata-kata untuk caption Instagram-nya.

Akibatnya sulit pula bagi orang lain untuk mendapatkan pesan yang ingin disampaikan oleh konten promosi produkmu.

Namun, sekarang sudah berbeda, dikarenakan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Oleh karena itu, dikarenakan adanya kesempata itu, pahami cara membuat caption yang bagus!

Instagram sendiri menjadi media sosial paling populer di dunia, disertai beragam fitur yang menarik, Instagram banyak disukai oleh orang-orang di dunia. Saking populer-nya banyak pengguna Instagram yang melakukan berbagai cara untuk mempercantik tampilan akun Instagram Anda.

Fitur-Fitur Menarik Instagram untuk Strategi Marketing-Mu!

Ada banyak sekali fitur-fitur lain di Instagram yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis Anda, seperti post, follower, bio dan sebagainya.

Masing-masing fitur tersebut memiliki strategi sekaligus pengaruhnya tersendiri.

Sebagai contoh, post, ini adalah hal yang simpel yang biasa dilakukan oleh para pengguna Instagram. Tidak hanya untuk membagikan momen-momen penting Anda kepada para pengguna lain, tetapi untuk Anda, para kalangan pebisnis, ini adalah media untuk Anda mempromosikan diri Anda sekaligus bisnis Anda.

Kemudian dengan disertai caption menarik, semakin bersemaraklah video atau postingan yang Anda upload-kan ke akun Instagram Anda.

Langkah selanjutnya, bagikan postingan Anda yang disertai dengan caption yang menarik, dengan sekaligus menggunakan hashtag, dengan begitu saat Anda memperkenalkan produk Anda, tidak hanya diperkenalkan kepada kolega-kolega terdekat Anda, tetapi juga orang-orang lain. Dikarenakan postingan Anda juga dibagikan kepada masyarakat luas yang sesuai dengan kategori produk Anda.

Saat Anda sibuk mempromosikan bisnis Anda, dengan menggunakan konten-konten menarik sekaligus caption-caption menarik lainnya, kemudian dengan menggunakan hashtag Anda yang membuat bisnis Anda dapat dikenal oleh orang banyak dengan berdasarkan kategori produk tertentu, Anda dapat menciptakan follower-follower Anda sendiri.

Belum lagi, dengan adanya fitur bio yang disertai link tertentu, membuat seseorang dapat langsung mengunjungi akun Instagram tertentu, page, atau bahkan mungkin website.

Tentunya dengan menggunakan fitur-fitur yang memiliki pengaruhnya tersendiri ini, Anda dapat memperkenalkan diri Anda sekaligus bisnis Anda, dikarenakan dampaknya sekaligus tempat-tempat yang dipengaruhi yang berbeda-beda.

Tetap ikuti website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih banyak terkait inspirasi dan tips optimalisasi bisnis digital, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cara Implementasi Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner!

0
analisis SWOT

Saat menjalankan atau mengembangkan bisnis, tentunya Anda membutuhkan beragam strategi yang bagus untuk dapat mengembangkan bisnis Anda, hingga ke tahap yang Anda inginkan.

Terdapat suatu strategi sederhana yang dapat Anda terapkan demi mengembangkan bisnis Anda, yaitu analisis SWOT.

Teknik satu ini diciptakan oleh Albert Humphrey, orang yang memimpin proyek research di Universitas Stanford, sekitar tahun 1960 hingga 1970, dengan menggunakan data-data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Lalu, apa sih lebih dalamnya analisis yang satu ini? Juga apa manfaatnya untuk aktivitas bisnis milik Anda?
Yuk, sama-sama kita cermati!

Apa itu Analisis SWOT?

SWOT atau analisis SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness alias Kelemahan, O atau Opportunity dan terakhir T alias Threats yaitu ancaman.

Singkatnya, SWOT merupakan strategi untuk mengatur kekuatan, kelemahan, peluang juga ancaman utama Anda ke dalam daftar yang lebih teroganisir dan pada umumnya disajikan dalam bentuk tabel kisi-kisi yang sederhana.

Apabila Strength dan Weakness berasal dari internal perusahaan, alias hal-hal yang dapat Anda kontrol dan berubah, maka Opportunities dan Threat adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal lain yang terjadi di luar perusahaan Anda.

Anda hanya dapat memanfaatkan peluang (Opportunities) dan melindungi diri dari ancaman (Threats), tetapi Anda tidak dapat mengubahnya.

Untuk lebih singkatnya, penjelasan masing-masing aspek SWOT adalah sebagai berikut!

Strength alias Kekuatan

Kekuatan atau Strength dalam analisis ini berarti hal-hal internal positif yang berada dalam kendali bisnis Anda, sebagai contoh:

  • Aset seperti, pendidikan, pengetahuan, keterampilan, jaringan, juga reputasi, apa yang Anda miliki dalam tim Anda?
  • Proyek bisnis apa yang berhasil? Dan keunggulan kompetitif apa yang Anda miliki dibandingkan pesaing Anda?

Kekurangan atau Weakness

Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda dan berada dalam wilayah internal Anda. Hal ini adalah hal yang dapat Anda ubah sekaligus kontrol, alias ditemenggungkan untuk menjadi lebih kompetitif. Sebagai contoh:

  • Proses bisnis apa yang perlu diperbaiki oleh Anda?
  • Apakah jabatan Anda ideal sekali untuk Anda?

Peluang atau Opportunities

Peluang adalah faktor yang berada di wilayah eksternal lingkungan bisnis Anda yang dapat Anda manfaatkan sebagai kontribusi untuk kesuksesan bisnis Anda.

  • Apakah terdapat perubahan regulasi yang akan mempengaruhi perusahaan milik Anda secara positif?
  • Apabila bisnis Anda terus berkembang, apakah itu berarti pelanggan Anda membutuhkan produk Anda?

Ancaman atau Threats

Ancaman adalah sesuatu yang terus ada dan tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini sekaligus memiliki rencana darurat untuk menangani masalah yang terjadi. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat Anda pertanyakan adalah:

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar yang Anda targetkan?
  • Bisakah perkembangan teknologi di masa depan mengubah cara Anda dalam berbisnis?

Siapakah yang Harus Melakukan Analisis SWOT?

Tentunya pendiri atau pemimpin perusahaan yang perlu terlibat secara mendalam dalam mempergunakan analisis ini, ini bukan jenis tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Namun untuk hasil terbaik, sebaiknya kumpulkan sekelompok orang, pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek bisnis Anda, mulai dari bagian penjualan, customer service, hingga pemasaran dan pengembangan produk, setiap orang harus mengambil bagian dalam analisis SWOT yang akan Anda jalankan. Orang-orang ini tentulah memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang suatu bisnis.

Perusahaan yang lebih inovatif pun melihat di luar jajaran internal-nya ketika akan melakukan analisis SWOT sehingga mendapatkan masukan dari pelanggan dan juga menambahkan suara ‘unik’ pelanggan mereka ke dalam pertimbangan untuk keputusan bisnis.

Bagi pemula, analsis ini merupakan bagian dari proses perencanaan bisnis. Analisis ini akan membantu Anda menyusun strategi agar Anda dapat memulai langkah dengan benar sekaligus mengetahui arah yang akan Anda tuju. Ambillah sudut pandang dari teman, sahabat, investor, bahkan pelanggan Anda, kunci utamanya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis seharusnya menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka sekarang ini dan menentukan strategi untuk terus maju. Namun yang harus Anda ingat, segala sesuatunya terus berubah dan Anda perlu menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru, setiap enam atau dua belas bulan sekali.

Cara Melakukan Analisis SWOT dalam Bisnis

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda harus memiliki perwakilan dari masing-masing bagian dalam bisnis Anda, seperti perwakilan dari bagian penjualan, akuntan, investor, hingga bagian direksi sekalipun. Anda tidak perlu menganalisa untuk analisis ini sepanjang hari, satu atau dua jam saja sudah cukup.

Melakukan analisis ini mirip dengan sebuah pertemuan yang mendengarkan pendapat, untuk mengetahui cara yang benar sekaligus salah dalam menjalankan suatu proyek. Pintalah setiap orang mencatat dan diam-diam menghasilkan ide untuk memulai suatu proyek. Hal ini mencegah terjadinya groupthinking dan memastikan semua suara didengar oleh Anda selaku pemilik atau owner sebuah bisnis.

Setelah melakukan brainstorming kurang lebih lima hingga sepuluh menit, letakkan semua catatan Anda dan tempelkan di dinding. Jangan lupa untuk mengelompokkan ide-ide serupa dalam satu bagian yang sama. Selain itu, di titik ini, izinkan siapapun untuk menambahkan catatan tambahan, apabila ide orang lain memicu pemikiran baru bagi peserta brainstorming lainnya.

Setelah semua ide diorganisasikan dalam suatu bagian yang sama, tentukan peringkat ide. Gunakan sistem pemungutan suara dimana setiap orang mendapatkan lima atau sepuluh suara yang dapat dibagikan dengan cara apapun yang mereka suka.

Berdasarkan pemungutan suara tersebut, Anda harus dapat memiliki daftar gagasan yang dapat diprioritaskan. Daftar tersebut sebagai bahan diskusi atau debat, dan seseorang harus dapat menciptakan keputusan terakhir pada gagasan yang sedang diperdebatkan. Hal ini biasanya dilakukan oleh CEO, tetapi juga bisa didelegasikan kepada orang lain yang bertanggung jawab atas strategi bisnis.

Implementasi Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner

Anggaplah Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, yaitu restoran makanan Indonesia, lalu bagaimana meng-implementasikan analisis ini dalam bisnis kuliner?
Yuk, sama-sama kita cermati!

Aspek Strength (Kekuatan)

Sebagai contoh:

  1. Menu-menu di restaurant Anda memiliki rasa yang unik, original, sekaligus mementingkan nutrisi yang tinggi, dibandingkan restaurant sejenis lainnya;
  2. Saat pengolahan restaurant Anda tidak menggunakan bahan kimia berlebihan, seperti MSG, zat pewarna dan pemanis buatan, beserta bahan-bahan sejenis lainnya;
  3. Ketika musim panen, harga bahan baku Anda murah dan stock-nya pun melimpah;
  4. Dari segi lokasi, tempatnya strategis;
  5. Dari segi desain interior, sangat instgramable! Tempatnya nyaman, konsepnya menyatu dengan alam, dan didesain untuk gaya ala anak muda.

Weakness (Kelemahan)

  1. Kurang berinovasi dalam hal menu;
  2. Jumlah tenaga kerja yang kurang;
  3. Kurangnya aktivitas promosi, misalnya karena kurangnya tenaga dan aktivitas yang berat;
  4. Ketersediaan bahan baku yang tergantung musim.

Opportunities (Peluang)

  1. Belum ada menu sejenis di pasaran, sehingga pangsa pasar terbilang luas;
  2. Masyarakat sangat menyukai makanan dengan bahan dasar tertentu, seperti kacang tanah dan seafood, sehingga membuat menu ini booming di pasaran;
  3. Anak muda pada umumnya memiliki sifat ingin tahu yang tinggi, suka mencoba berbagai tempat makan sekaligus me-review kuliner yang unik, kemudian membagikannya ke media sosial;

Treats (Ancaman)

  1. Masyarakat belum familier dengan menu-menu tertentu;
  2. Munculnya pesaing dengan usaha yang sama.

Apa Langkah Selanjutnya Setelah Melakukan Analisis SWOT Ini?

Strategi sebelumnya juga dikenal dengan nama matriks SWOT, hasil identifikasi masing-masing aspek tersebut menghasilkan empat kemungkinan alternatif strategi, atau biasa disebut dengan Strategi Kombinasi SWOT, dalam mempertahankan bisnis, dengan jalan saling mempertantangkan antara beberapa aspek, sebagai contoh adalah sebagai berikut.

Strength vs Opportunities (Kekuatan vs Peluang)

Posisi yang menguntungkan bagi sebuah bisnis atau usaha yang memiliki peluang sekaligus kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang bagus diterapkan pada kondisi ini yaitu untuk mendukung keunggulan secara agresif demi mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Weaknesses vs Opportunities (Kelemahan vs Peluang)

Meskipun memiliki peluang yang besar di pasaran Anda sendiri, sebuah bisnis atau usaha tengah menghadapi berbagai kendala internal. Fokus utama adalah dengan meminimalkan permasalahan internal perusahaan terlebih dahulu agar dapat merebut peluang pasar yang lebih lebar.

Strength vs Threats (Kekuatan vs Ancaman)

Meskipun dirundung banyak ancaman, sebuah bisnis tetap memiliki keunggulan, strategi diversifikasi atau turunan dinilai paling menguntungkan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang bagi perusahaan.

Weaknesses vs Threats (Kelemahan vs Peluang)

Situasi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan yang menghadapi ancaman sekaligus kelemahan internal sekaligus. Dalam kondisi defensif seperti ini, untuk dapat terus menjalankan usahanya, perusahaan seharusnya meminimalkan masalah internal sekaligus menghindarkan diri dari ancaman.

Taktik Nyata Matriks SWOT dalam Usaha Kuliner Anda

Setelah menganalisis Matriks SWOT seperti yang dilakukan di atas, maka selanjutnya adalah menentukan strategi bisnis berdasarkan pada logika, atau secara nyata, benar-benar berdasarkan pada aspek-aspek nyata yang Anda miliki.

Untuk memaksimalkan peluang dan meraup keuntungan yang sebesar-besarnya, namun sekaligus dapat menekan kekurangan dan ancaman bisnis Anda.

Strategi Strength untuk Mengoptimalkan Keuntungan dari Opportunities

  1. Konsisten menonjolkan dekorasi tempat yang nyaman sekaligus kekinian untuk menarik minat para kawula muda yang jiwa ingin tahunya sedang berada dalam puncak-puncaknya;
  2. Mengoptimalkan promosi agar khalayak ramai jadi tahu bahwa terdapat menu seafood dan kacang tanah yang enak untuk dikonsumsi.

Strategi Mengatasi Weaknesses untuk Menonjolkan Opportunities

  1. Menambah jumlah tenaga kerja yang terlatih
  2. Menggencarkan aktivitas promosi, baik dari segi luring dan daring, jika perlu endorse para influencer di sosial media.

Strategi Strength untuk Menghadapi Threats

  1. Memperkenalkan menu unik sekaligus bergizi tinggi kepada masyarakat melalui promosi-promosi yang Anda lakukan, juga diskon;
  2. Menjaga ciri khas yaitu kenyamanan tempat dan keunikan cita rasa untuk mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggan dan juga agar berbeda dari pesaing.

Strategi Mengatasi Weaknesses untuk Menghindari Threats

  1. Terus melakukan promosi agar masyarakat luas melirik kuliner baru tersebut agar tertarik menyempatkan diri mencicipi masakan kuliner Anda;
  2. Selalu munculkan inovasi varian menu secara berkala untuk mengungguli pesaing.

Strategi-strategi seperti yang dipaparkan sebelumnya merupakan strategi-strategi dapat Anda lakukan dalam menjalankan bisnis Anda, hingga ke tahap tertentu, seperti yang Anda inginkan.

Tindakan yang Anda hasilkan dari matriks SWOT tersebut adalah hal yang cocok dengan tonggak rencana pengembangan bisnis Anda, dan akan memberi fondasi yang konkret pada bisnis.

Manfaat Analisis SWOT untuk Anda

Terdapat tiga manfaat analisis ini yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis Anda, diantaranya adalah menjaga kontinuitas (continuity) bisnis Anda. Hasil dari analisis ini dapat memberikan Anda beberapa rekomendasi sekaligus, yaitu untuk meningkatkan kekuatan, meminimalkan kekurangan, menjaga suatu peluang, hingga memuslihatkan adanya potensi suatu ancaman.

Selain itu juga dapat dipergunakan untuk menetapkan prioritas mana yang harus didahulukan oleh perusahaan. Anda sebagai pemilik pun dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar, minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan, serta tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha.

Analisis SWOT pada perusahaan sekelas Amazon, e-Bay, hingga Pertamina

Selain bisnis kecil yang menggunakan analisis ini, perusahaan-perusahaan raksasa sekelas e-Bay, Pertamina dan yang terakhir Amazon juga menggunakan teknik sederhana ini.
Siapa sangka, bukan?

Berikut akan dibahas contoh analisis SWOT dalam Amazon.

Dalam sektor weakness, Amazon merupakan perusahaan pengecer online terbesar di Amerika, hingga bisa menyebar luaskan bisnisnya ke China sehingga mendapatkan pesaing Alibaba. Untuk dapat memantapkan bisnisnya, tentunya Amazon harus dapat menjual barang dari berbagai kategori, namun beresiko dapat merusak merk-nya, meskipun pada dasarnya Amazon tidak memiliki merk.

Sebagai contoh, jika Amazon adalah pengecer nomor satu dalam hal penjualan buku online, kemudian ada Toy-R, penjual nomor satu untuk produk mainan dan permainan.
Bagaimana jika pada akhirnya Toy-R mulai menjual buku secara online?
Hal ini tentunya akan merancukan sekaligus membahayakan konsumen juga merk Amazon sendiri.

Dengan cara yang sama, terdapat banyak kategori baru, terbukti dapat terlalu membingungkan banyak pelanggan baru. Tentunya hal yang sama diberlakukan oleh Amazon dalam menganalisis aspek threats mereka.

Sebagai contoh, sisi ancaman bagi Amazon adalah Amazon banyak menjual produk yang sama atau mirip pengecer dan bisnis-bisnis online-nya, sehingga sulit untuk membedakan Amazon dengan merk-merk pesaing lainnya. Sementara, Amazon tidak memiliki merk.

Amazon juga menjual banyak produk yang cenderung dibeli sebagai hadiah, terutama pada masa Natal dan Tahun Baru. Hal ini berarti terdapat unsur seasonality dalam bisnis, Amazon dianggap hanya dapat menghasilkan keuntungan di season-season tersebut saja.

Demikian informasi mengenai SWOT beserta analisisnya yang dapat Anda pergunakan untuk membuat strategi yang tepat demi menjalankan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Sukses Bisnis Bimbel Online dari Rumah | Tips Mendirikan UKM Jasa Online

0

Dalam dunia bisnis dan marketing digital, penerapan teknologi tidak hanya bermanfaat untuk Anda yang bergerak di sektor penjualan produk nyata. Penggunaan teknologi pun dapat dikembangkan untuk Anda yang memiliki kemampuan berupa jasa.

Pada artikel edisi kali ini, kami akan membahas secara khusus terkait jasa bimbel online terbaik yang dapat Anda buat dari rumah.

Seperti yang kita ketahui, peranan teknologi sudah merambah ke banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Dulu, pendidikan terasa sangat mahal dan sulit untuk diakses oleh banyak masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di daerah pinggiran.

Kehadiran teknologi di bidang pendidikan pun terasa sebagai solusi terbaik untuk memberikan fasilitas pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat.

Untuk Anda yang mempunyai minat dan bakat di bidang pendidikan sebagai tenaga pengajar, maka inilah kesempatan Anda untuk mulai mengembangkan perusahaan jasa, khususnya bimbel online terbaik.

Industri bimbingan belajar dapat dibuat dengan mudah dari rumah masing-masing. Ingin tahu bagaimana caranya? Mari langsung simak jawabannya pada artikel berikut ini!

Mengapa Berbisnis Bimbel Online?

Tak sedikit siswa-siswi yang merasa perlu untuk memperdalam materi pembelajarannya di sekolah di bimbel atau bimbingan belajar. Jasa bimbel di masyarakat memang tidak akan pernah mati. Pendidikan adalah salah satu kebutuhan penting bagi seluruh masyarakat, baik dalam ataupun luar negeri.

Besarnya potensi dari bimbel kini semakin dioptimalkan dengan kehadiran teknologi digital. Jika dulu para siswa harus mendatangi tempat bimbel sepulang sekolah untuk belajar, kini semua orang dapat belajar dari rumah masing-masing dan dalam waktu kapan saja yang dikehendaki melalui aplikasi bimbingan belajar online.

Apa itu bimbel online? Sederhananya, bimbingan belajar online adalah sebuah tempat les kursus atau belajar secara khusus yang yang dilakukan via daring. Saat ini pun sudah ada banyak jenisnya, seperti Ruang Guru, Zenius, Quipper, Pahamfy, dan seterusnya.

Setiap bimbingan belajar online ini berkembang menggunakan aplikasi dan website masing-masing, sehingga dapat menjangkau lebih banyak siswa dari seluruh wilayah Indonesia tanpa perlu khawatir terbatas sekat ruang dan waktu.

Bimbingan belajar online pun memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bimbel tradisional. Usaha bimbel online memang terkenal sebagai salah satu bentuk perusahaan jasa yang sangat murah meriah.

Hal ini dikarenakan segala aktivitas dan kebutuhan Anda dalam mengajar siswa terfasilitasi dalam bentuk online berupa aplikasi atau website. Jadi, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya sewa gedung atau pembelian dan perawatan dari alat-alat belajar-mengajar di kelas. Sistem promosi bimbingan belajar online pun sangat mudah, cukup menggunakan website atau media sosial yang kini juga banyak digunakan oleh para orang tua siswa dan siswa itu sendiri.

Belajar dengan bimbel online terasa sangat praktis, di mana perkembangan teknologi memungkinkan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran secara komunikatif dan interaktif via video chat atau live chat room.

Dengan mengembangkan sebuah bimbingan belajar online saat ini, maka Anda ada bisa meraih keuntungan yang besar! Namun bagaimana tata cara untuk mendirikan sebuah bimbel online yang baik dan murah? Mari langsung cari tahu jawabannya pada pembahasan berikutnya. Lanjutkan scrolling, ya!

Pedoman Lengkap Mendirikan Bimbel Online Terbaik Dari Rumah

belajar-online-2

Anda telah mendapatkan gambaran umum serta poin penting dari mendirikan bimbel online sebagai salah satu jenis perusahaan jasa terbaru saat ini. Untuk Anda yang mempunyai passion, minat dan bakat di bidang mengajar, yuk jangan sia-siakan kemampuan Anda dengan mendirikan usaha bimbingan belajar online sekarang juga!

Khususnya, sampai saat ini ada banyak orang yang akan selalu membutuhkan jasa bimbingan belajar mendalam. Seperti siswa-siswi yang hendak menghadapi ujian akhir sekolah atau menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Membuka usaha bimbel online pun sesungguhnya sangat mudah dan murah meriah.

Berikut kami sudah rangkum pedoman lengkap tata cara membuka usaha bimbel online dari rumah bahkan tanpa modal. Yuk disimak bersama!

Melakukan Riset Pasar

Apapun jenis usahanya, maka Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Begitu pula saat hendak mendirikan sebuah bimbel online. Riset pasar untuk bimbel online lebih difokuskan untuk mencari tahu mata pelajaran yang Anda kuasai, serta mata pelajaran yang masih sering menjadi momok kesulitan para siswa.

Selain itu, Anda bisa mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan tenaga pengajar tambahan jika pasar bimbingan belajar online di tempat Anda sudah sangat ketat. Cari tahu bagaimana inovasi terbaik agar perusahaan Anda dapat berkompetisi dengan para kompetitor.

Semisal Anda bisa menawarkan jam belajar yang sangat fleksibel, paket belajar online yang lebih murah, disertai pendamping belajar khusus untuk siswa-siswi Anda.

Memiliki Website Resmi Perusahaan

Selanjutnya adalah menyediakan website resmi dari perusahaan Anda. Jika Anda masih belum memiliki modal yang banyak untuk mengembangkan sebuah aplikasi belajar khusus, maka Anda bisa memulai dengan membuat website terlebih dahulu.

Website resmi dari bimbel Anda akan digunakan sebagai media promosi sekaligus ruang informasi bagi masyarakat yang tertarik dengan usaha bimbel Anda. Untuk meningkatkan kepopularitasan website Anda di mesin pencari Google, Anda bisa menggunakan jasa dari SEO yang kini sudah banyak tersedia.

Promosi Online yang Gencar

Langkah ketiga adalah melakukan promosi yang gencar terkait perusahaan jasa bimbel Anda di media sosial. Berhubung jenis bimbel yang Anda dirikan adalah bimbel online, maka sistem promosi pun dapat menjadi lebih mudah.

Anda bisa membuat akun media sosial khusus untuk mempromosikan usaha Anda. Cukup rajin-rajin memposting foto dan caption menarik terkait fasilitas di bimbel Anda, maka siapa pun kini dapat melihat informasi yang Anda berikan. Promosi via media sosial ini pun terasa jauh lebih mudah, murah dan praktis untuk dijalankan ketimbang melakukan promosi konvensional.

Namun tetap tidak ada salahnya untuk Anda jika ingin mencoba menambahkan promosi secara tradisional. Hanya saja, untuk menjalankan promosi tradisional, Anda perlu mempertimbangkan kembali jumlah biaya, tenaga dan sumber daya yang bisa dimanfaatkan.

Menyiapkan Materi Pengajaran

Langkah keempat dalam penyusunan usaha bimbel online murah meriah Anda adalah dengan menyiapkan materi pengajaran siap jadi. Materi atau modul pembelajaran selalu menjadi fasilitas yang akan didapatkan oleh setiap siswa dalam bimbel.

Pemberian modul juga dapat memudahkan para tutor atau pengajar dalam melakukan pembelajaran online, sebab modul yang Anda sediakan sudah dapat digunakan untuk menyampaikan materi.

Jadi para pengajar hanya perlu mencari informasi-informasi tambahan yang menurut mereka penting untuk disampaikan ke siswa. Siswa juga dapat belajar dengan lebih fokus menggunakan 1 referensi materi yang diberikan ketimbang harus repot-repot membaca banyak referensi materi lainnya.

Anda bisa menyusun beragam modul materi pelajaran menggunakan sejumlah buku dan referensi di internet. Selain itu, untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif, Anda juga bisa membuat modul atau materi dalam bentuk video. Cara ini sangat mudah dan murah dari segi biaya.

Rekrutmen Guru Profesional dan Sistem Pembayaran Online

Langkah terakhir dalam membangun bisnis online bimbingan belajar Anda adalah dengan menyiapkan tenaga-tenaga pengajar berkualitas serta sistem pembayaran yang mudah.
Untuk sistem pembayaran, mengingat jasa bimbel Anda bergerak secara online, maka para siswa bisa membayar biaya les melalui rekening yang telah Anda siapkan khusus sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa membayarkan gaji para guru melalui sistem rekening agar lebih mudah, aman dan efisien. Sistem rekrutmen para pengajar pun dapat dilakukan via online, semisal melalui media sosial dan website yang telah Anda miliki.

Untuk lebih banyak menjaring para tutor berkualitas, Anda bisa mencoba memasang lowongan kerja di situs-situs dan akun-akun media sosial lowongan kerja. Jika Anda ingin memberikan tes dan wawancara kepada pelamar, maka Anda bisa menggunakan media video call.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait tata cara mudah mendirikan bimbingan belajar online yang sukses dari rumah! Semoga artikel kali ini dapat menjadi inspirasi bisnis bagi Anda yang memiliki minat dan ketertarikan di dunia jasa, khususnya pendidikan.

Tetap ikuti website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih banyak terkait inspirasi dan tips optimalisasi bisnis digital, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Tepat Menentukan Harga Website Online Shop Produk Bersama iPrice

0
harga produk olshop

Dewasa ini, ada banyak sekali marketplace yang berkembang di tanah air. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Zalora, BliBli, JD.ID, BukaLapak, dan masih banyak lagi. Setiap marketplace tentunya mempunyai harga produk serta diskon yang berbeda-beda.

Saking banyaknya arus informasi produk-produk yang dijual online ini, sering kali kita selaku penjual olshop baru kebingungan menentukan harga jual produk terbaik.

Pergerakan bisnis e-commerce di Indonesia yang sangat progresif dan kuat menarik banyak perusahaan pengamat bisnis untuk melakukan analisis mendalam.

Salah satunya adalah perusahaan iPrice yang berdedikasi melakukan analisa perkembangan e-commerce Indonesia sekaligus membantu masyarakat untuk menemukan harga produk online terbaik. Dengan iPrice, Anda juga bisa lebih mudah menentukan harga jual produk yang sesuai di pasaran online, lho!

Ingin tahu apa itu iPrice, manfaat dan cara menggunakannya? Yuk cari tahu langsung jawaban mendetilnya pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Pengertian dan Sepintas Sejarah iPrice | Aplikasi Cek Harga Olshop No. 1

harga-produk-olshop-1

Apa itu iPrice? iPrice adalah sebuah website dan aplikasi untuk membandingkan harga-harga produk di berbagai e-commerce terpercaya, semisal Shopee, Zalora, JD.ID, Lazada, Tokopedia, BukaLapak, dan seterusnya. Berkat kegunaannya inilah, iPrice menjadi solusi terbaik bagi setiap masyarakat, baik konsumen ataupun pebisnis online, untuk mengetahui insight situasi dan kondisi dari setiap e-commerce.

Situs dan aplikasi iPrice bekerja dengan cara pintar, yakni menggunakan filter dan search interface. Dengan dua sistem ini, iPrice mampu mempersempit volume produk online yang besar dan menemukan produk-produk yang paling sesuai dengan penelusuran serta keinginan konsumen. Semua proses penelusuran serta perbandingan harga di iPrice pun dapat dilakukan selama hitungan detik saja.

Banyak orang menggunakan iPrice untuk mengetahui perbandingan harga produk dari beragam toko. Dengan melakukan perbandingan harga pun, seorang pebisnis online bisa dengan lebih mudah menentukan harga jual produk agar tidak terlalu jatuh ataupun melampaui harga pasar online.

Demikian pula dengan konsumen, di mana mereka bisa benar-benar mendapatkan produk online berkualitas sekaligus termurah dari e-commerce.

Perusahaan iPrice (iPrice Group Sdn Bhd) sendiri didirikan pada tahun 2014 oleh 3 orang yaitu Heinrich Wendel, David Chmelar, dan Paul Brown-Kenyon. Kantor iPrice berpusat di Kuala lumpur, Malaysia.

Saat ini, iPrice sudah melakukan ekspansi dan beroperasi di tujuh negara di Asia, yaitu Indonesia, Hongkong, Vietnam, Singapura, Thailand, Malaysia dan Filipina. Perkembangan iPrice yang sebesar ini tentunya didukung oleh banyak investor, seperti Asia Venture Group (AVG), Venturra Capital, Starstrike Ventures, IMJ Investment Partners, dan masih banyak lagi.

Hari ini, Anda bisa menemukan lebih dari 1.500 olshop, 5 milyar produk, dan 15.000 voucher diskon belanja yang bisa langsung dimanfaatkan saat men-check out barang dari iPrice. Untuk menggunakan iPrice, Anda bisa mengunjungi situs resminya di: https://iprice.co.id/. Anda juga bisa mendownload aplikasi iPrice secara gratis di Google Play Store via link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ipricegroup.lens

Manfaat Mengecek Harga Website Online Shop dengan iPrice

harga-oslhop-3

Mengapa Anda harus mengecek harga website online shop dengan iPrice? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iPrice adalah aplikasi perbandingan harga online shop. Dengan menggunakan jasa iPrice, Anda bisa menjadi lebih mudah untuk menentukan harga jual produk sebab sudah melakukan perbandingan harga website online shop sebelumnya.

Selain itu ada pula sejumlah manfaat dari menggunakan iPrice selain memudahkan mengecek harga website online shop, yaitu:

Memudahkan Menelusuri Produk Sesuai Kebutuhan

Manfaat pertama yang bisa Anda segera rasakan dari penggunaan iPrice adalah mampu menelusuri produk-produk sesuai kebutuhan lengkap hingga ke harga-harganya. Alhasil, setiap pengguna iPrice dapat mempunyai pengalaman belanja online yang paling nyaman, menyenangkan dan menguntungkan.

Sebab, perusahaan iPrice juga memiliki dedikasi tinggi untuk menghubungkan sebanyak mungkin pedagang online shop dan konsumen di Asia Tenggara sekaligus melancarkan transaksi yang terjadi di antara mereka.

Penelusuran Pintar

Meskipun memuat data dan informasi harga dari ribuan produk secara sekaligus, penelusuran produk di aplikasi iPrice tetap dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Hal ini disebabkan karena iPrice menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam sistem kerjanya, menjadikan sistem iPrice sebagai “smart search” (penelusuran pintar).

Setiap orang dapat menelusuri jutaan produk dari beragam kategori, model, merk, warna dan seterusnya dalam hitungan detik di iPrice. Sistem kecerdasan buatan di iPrice juga memungkinkan Anda untuk mendpatkan rekomendasi produk terbaik serta aneka kupon diskon promo spesial yang sedang berlaku di sebuah marketplace.

Membantu Memasarkan Olshop ke Pasar yang Lebih Luas

Manfaat yang satu ini tentunya dapat dirasakan oleh akun-akun online shop yang turut berjualan di lapak e-commerce. iPrice membuka kesempatan bagi online shop Anda untuk mendapatkan banyak pembeli baru, karena harga produk yang Anda jual bisa saja muncul di laman penelusuran konsumen pada situs atau aplikasi iPrice. Dengan begini, iPrice turut membantu dalam memasarkan olshop Anda ke target pasar yang lebih luas.

Terlebih jika produk yang Anda jual di olshop lebih murah dibandingkan toko-toko lain. Besar kemungkinan olshop Anda akan semakin ramai dikunjungi oleh calon konsumen yang tertarik saat menemukan produk Anda dari iPrice.

Cara Memakai iPrice untuk Cek Harga Olshop Terakurat

harga-olshop-2

Sudah tidak sabar mengetahui bagaimana cara memakai iPrice untuk mengecek harga website online shop? Seperti yang sudah Anda pahami sebelumnya, di aplikasi perbandingan harga online shop iPrice, Anda bisa mengecek harga lebih dari 40 juta kategori produk dari beraneka ragam online shop secara gratis.

Dengan iPrice, Anda bisa membandingkan rentang harga dari aneka barang seperti pakaian kekinian, buku, skincare dan make-up, hingga kebutuhan rumah tangga serta otomotif. Alhasil, Anda bisa mendapatkan gambaran pasti untuk menjual produk di olshop sendiri pada kisaran harga berapa. Lalu bagaimana cara menggunakan iPrice untuk membandingkan harga website online shop?

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini adalah rangkuman pedoman menggunakan iPrice Indonesia:

Mencari Jenis Produk

Anda bisa langsung mulai melakukan pencarian produk yang ingin dilacak harganya melalui website iPrice atau aplikasi yang sudah terpasang di smartphone. Cukup buka aplikasi atau website iPrice, login ke akun yang dimiliki, lalu ketikkan nama produk yang ingin ditelusuri harganya pada kolom “search bar”. Tunggu selama beberapa saat, nantinya, Anda akan mendapatkan satu halaman penuh berisikan produk-produk sesuai pencarian yang dijual di beragam platform olshop.

Mengecek Detail Produk

Setelah menemukan sejumlah rekomendasi produk pilihan, Anda bisa men-klik tombol “detail produk” untuk mengetahui detail keterangan dari produk. Hanya dalam hitungan detik, Anda akan langsung diarahkan ke halaman khusus yang menampilkan keterangan rinci dari produk yang dipilih untuk ditinjau. Keterangan tersebut mencakup harga, link online shop yang menjual produk tersebut, spesifikasi dan manfaat produk, dan lain-lain.

Selain menggunakan penelusuran keyword, Anda bisa turut melakukan penelusuran produk menggunakan menu “kategori produk” atau kustomisasi filter pencarian sendiri seperti jenis merk, warna produk, dan range atau batasan harga barang.

Membandingkan Harga Produk

Berikutnya, Anda bisa mulai melakukan pembandingan harga website online shop di iPrice. Perbandingan harga website online shop dan produk-produknya ini dapat dilakukan menggunakan fitur “Harga Terbaik” yang tertera di bagian atas halaman iPrice. Melalui fitur ini, sistem iPrice akan mengumpulkan semua produk sejenis sesuai yang Anda telusuri dan mengurutkan setiap link jualan produk mulai dari harga terendah ke tertinggi.

Semisal Anda menelusuri harga “Laptop ASUS” di iPrice. Maka saat melakukan pembandingan harga terbaik, Anda akan melihat semua merchant online shop yang menjual laptop ASUS dengan aneka harga dijajarkan dari yang paling murah.

Untuk mempermudah perbandingan, Anda bisa mengklik tombol filter lanjutan bernama “Bandingkan Harga”. Nantinya, sistem iPrice akan menyortir otomatis produk-produk serta merchant-merchant online shop yang menjual barang idaman dengan harga termurah. Praktis, bukan?

Demikianlah pembahasan kali ini terkait aplikasi perbandingan harga online shop terbaik, iPrice! Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan Anda terkait cara mudah membandingkan harga website online shop.

Dengan pemahaman baru ini terkait iPrice, semoga Anda bisa mulai menyusun strategi harga produk di toko online secara lebih akurat sekaligus berbelanja secara lebih hemat, ya!

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

8 Forum Online Gratis, Diskusi, Sekaligus Mengembangkan Bisnis Anda!

0
forum online

Dalam mengembangkan bisnis, tentunya Anda membutuhkan tempat sharing yang tepat. Daripada menceritakannya ke sembarang orang, lebih baik cari tempat yang tepat, atau bahkan tempat yang bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Selain dapat menceritakan perkembangan bisnis Anda, mempromosikan bisnis online Anda, serta mendapatkan manfaat yang lainnya, sebagai contoh, mendapatkan pengetahuan berharga, mendapatkan wawasan perkembangan industri terkini, hingga mendapatkan koneksi yang solid.

Untuk itu, forum online lah solusinya!

Seperti apa forum online itu sebenarnya? Apa manfaat dan karakteristiknya, yuk, sama-sama kita cermati!

8 Forum Online untuk Anda Bergabung

online-forum-1

1. Komunitas Go UKM

Forum online yang satu ini menyediakan tema untuk UKM, bisnis dan wirausaha sehingga Anda bisa berdiskusi dengan tema-tema tersebut. Banyak hal yang bisa Anda manfaatkan dari forum online yang satu ini, sebagai contoh, networking space, tempat dimana Anda bisa membahas banyak masalah dalam bisnis sekaligus membuka komunitas bisnis.

Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai ajang untuk mencari informasi untuk permasalahan yang sedang Anda hadapi, sharing pengalaman, hingga mencari koneksi. Dan pada akhirnya ini, akibat aktivitas Anda yang satu ini, Anda memahami bahwa sebenarnya Anda sedang melakukan pengembangan bisnis.

Selain itu juga ada kategori yang lain, yaitu, Lapak Promo & Kerja Sama, yang merupakan laman untuk menawarkan peluang usaha, promosi produk dan event, Anda bisa mempromosikan bisnis online Anda disini.

2. Forum Bersosial

Forum online yang satu ini merupakan situs diskusi online Indonesia, yang memungkinkan Anda untuk dapat bertemu teman baru, sekaligus bertukar dan menemukan informasi secara online. Anda bisa menemukan koneksi baru untuk bisnis Anda, sekaligus menemukan informasi baru dan menghibur diri, sebab banyak sekali kategori forum yang disediakan di forum  ini, seperti web design & development, hardware dan OS, olahraga, life style dan bisnis itu sendiri.

Tentunya informasi-informasi yang tersedia di kategori forum ini dapat membuat Anda semakin mengembangkan bisnis melalui informasi-informasi yang disediakan.

Baca juga : Baru! 12 Google SEO Forum Gratis Terbaik untuk Belajar SEO

3. Forum Maxmanroe.com

Forum online yang satu ini, yang disebut juga dengan Formax, merupakan pengembangan dari blog macmanroe.com, bertujuan agar pemilik akun yang aktif dalam situs online ini dapat mengeluarkan ide, pendapat juga pengetahuan sehingga pembaca lain dapat memperoleh informasi yang akurat.

Jadi, jika Anda memiliki pengetahuan apa sesuai dengan bidang yang Anda geluti, berbagilah dengan anggota yang lain, agar Anda dapat mendapatkan informasi yang lebih lagi. Apabila Anda memiliki bisnis tersendiri, tentunya ini akan bagus untuk pengembangan bisnis Anda.

Untuk kategori, forum yang satu ini menyediakan berbagai macam kategori, seperti lapak diskusi seputar bisnis, marketing, ilmu pengetahuan dan teknologi, life style, dan hobi.

Topik-topik yang dibahas pun beragam, seperti internet marketing, blogging, sosial media, teknologi dan entrepreneurship, tentunya Anda yang berkutat di bidang ini, dapat dengan gampang membahasnya di forum ini.

4. Forum Okezone Bisnis

Sama seperti forum-forum online yang dibahas sebelumnya, salah satu bahasan forum online yang satu ini adalah bisnis, selain hal-hal lainnya, seperti komunitas dan hobi, celebrity, kuis, beasiswa, dan banyak manfaat lainnya.

Forum yang satu ini berfokus pada pembaca Indonesia, baik yang berada di tanah air maupun tinggal di luar negeri, memberikan informasi seperti berita dan hiburan lokal maupun luar negeri.

Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang, baik dari tanah air maupun yang tinggal luar negeri, dengan memberikan atau berdiskusi seputar informasi dari tanah air.

Dengan begitu koneksi sekaligus teman semakin banyak, sekaligus dapat mengembangkan bisnis Anda dikarenakan adanya arus informasi yang berbeda.

5. Forum Kaskus Bisnis

Kaskus merupakan salah satu forum online paling ramai di dunia, seperti yang dipahami bersama. Didirikan oleh Andrew Darwis tahun 1999, Kaskus memiliki berbagai macam fitur, seperti Forum Jual Beli Kaskus, IT, berita, politik, juga olahraga.

Keunikan dari Kaskus adalah, Kaskus memiliki banyak istilah menarik yang membuat pemilik akun Kaskus alias Kaskuser, merasakan kenyamanan seperti familiarity dengan komunitas sendiri, seperti ‘mimin’, ‘agan’, dan sejumlah kata-kata unik menarik lainnya.

Hal ini membuat Kaskus unik, dibandingkan situs forum lainnya.

Melalui situs ini, Anda dapat menemukan sekaligus membahas mengenai berbagai macam hobi dan kegemaran.

Kategori forum yang tersedia, seperti, The Lounge, games, movie, teknologi, bisnis, dan lain sebagainya.

Apabila Anda memiliki bisnis, Anda bisa menggali di sub forum kategori bisnis, seperti entrepreneurship corner, penawaran kerja sama, reseller, dan sebagainya.

Baca juga : 8 Affiliate Marketing Indonesia Omset Besar [List Terbaru]

6. Fotografer

Untuk Anda pencinta fotografi, Anda wajib mengunjungi forum internet yang satu ini. Forum fotografer.net membahas apapun yang berbau fotografi, dan memang ditujukan untuk Anda yang memiliki minat fotografi yang tinggi. Selain itu, akun di situs yang satu ini, dijamin kerahasiaannya, karena membutuhkan identitas Anda, yakni kartu KTP untuk verifikasi.

Forum ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki bisnis online atau sampingan di bidang penjualan stock foto, seperti Shutterstock yang berani memberikan pembayaran hingga $200 dollar per foto.

Tentunya Anda membutuhkan tempat berbagi informasi atau ilmu-ilmu ajaib mengenai foto, termasuk untuk menjawab pertanyaan, bagaimanakah sebenarnya foto yang baik itu?

7. Adsense Indonesia

Tentunya Anda memahami Google Adsense, bukan?

Bagi yang bergelut di bidang ini, tentunya membutuhkan komunitas yang satu ini.

Semakin merebaknya bisnis di bidang publisher iklan membuat banyak orang berminat di bidang tersebut, dan tentunya orang-orang ini membutuhkan wadah untuk berkumpul sekaligus berdiskusi yang berkaitan dengan iklan adsense.

Dan hadirlah forum ini, forum yang mewadahi pengunjungnya untuk berbagi pengalaman dan tips terkait dunia publishing iklan sekaligus adsense.

8. Komunitas Indonesia Open Source

Forum internet yang satu ini menyajikan informasi seputar dunia teknologi dan IT yang lebih spesifik. Para pengunjungnya biasanya berdiskusi perihal internet, warnet, hingga modem. Anda pun dapat berbagi informasi atau pun rekomendasi seputar perangkat teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemilik akunnya.

Kemudian, masih ada satu situs menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi, yaitu jalan2.com, forum yang satu ini merupakan salah satu forum internet terpopuler di Indonesia dan forum diskusi pecinta jalan-jalan di tanah air kita.

Segala informasi mengenai tempat wisata yang wajib dikunjungi, informasi bermanfaat sekaligus informasi berguna mengenai jalan-jalan yang menarik hingga berbagi pengalaman seru berwisata menjadi topik yang menarik yang wajib ada di forum yang satu ini.

Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan, bisnis online mana yang cocok untuk suatu kawasan atau daerah, kemudian bisa menilai juga, jenis bisnis apa yang cocok untuk suatu kawasan atau daerah, apakah menyewakan villa milik Anda sendiri, memproduksi suatu kuliner yang lezat, atau hanya sekedar untuk mengetahui area mana yang cocok untuk menenangkan diri.

Gimana? Menarik, bukan?

Ada banyak manfaat dari forum online yang disajikan ini, begitu juga dari forum lainnya, hanya apabila Anda terus konsisten dengan bergabung di komunitas yang Anda pilih.

Manfaat Gabung dengan Forum Online

forum-online

Social Network Anda!

Di zaman sekarang, dimana orang-orang cenderung tidak perduli dengan lingkungan sekitarnya, dikarenakan segudang aktivitas, tentunya Anda membutuhkan media untuk ngobrol atau sekedar mencari-cari informasi.

Komunitas-komunitas online dapat menjadi solusinya.

Siapa tahu, dari teman di jaringan sosial, dapat menjadi teman bicara di kafe!

Apalagi jika Anda dapat terlibat dalam suatu perkumpulan, asyik, bukan?

Mendorong Anggotanya Berpikir Kritis Sekaligus Mampu Merefleksikan Diri Sendiri

Forum secara online pada umumnya membuka topik secara terbuka sekaligus tanpa batas, topik dirancang agar setiap anggotanya dapat memberikan pendapat dari sudut pandang masing-masing. Dengan adanya diskusi terbuka di komunitas, tentunya akan mampu mendorong para anggotanya berpikir lebih kritis lagi.

Selain itu, Anda juga mampu merefleksikan diri sebaik mungkin.

Anda yang awalnya tidak berani mengemukakan pendapat, kini menjadi berani semenjak berjibaku bersama komunitas online Anda.

Meningkatkan Otoritas Diri

Untuk memiliki teman seperjuangan yang asyik, tentunya Anda harus menunjukkan diri Anda yang sesungguhnya.

Komunitas online merupakan tempat sharing, diskusi dan memecahkan masalah bersama-sama, untuk itu, jadilah orang yang mampu memberikan inovasi baru, sekaligus bermanfaat dalam mengatasi masalah yang ada di komunitas.

Agar Anda mudah dikenal oleh orang-orang di komunitas Anda.

Karena aktivitas Anda di komunitas pun juga memiliki pengaruh untuk komunitas itu sendiri.

Membangun Karakter serta Kepribadian

Dengan beraktivitas di forum secara aktif, Anda dapat mengenal kepribadian sekaligus karakter dari masing-masing member di forum, melalui hal ini Anda dapat berhadapan dengan banyak orang, secara tidak langsung akan membentuk karakter juga kepribadian Anda.

Sebagai contoh, banyak orang yang tadinya pemalu sekaligus introvert, setelah bergabung dengan suatu komunitas, memahami arti kemaslahatan, berubah menjadi lebih supel, ingin bergaul, bahkan ekstrovert.

Yang terpenting adalah, Anda harus memilih komunitas yang dapat mengarahkan hal-hal atau kegiatan yang positif sekaligus membawa manfaat.

Selain itu, wawasan sekaligus pemikiran Anda akan semakin luas jika bergabung dengan komunitas yang tepat untuk  dan sesuai dengan bidang Anda.

Meningkatkan Angka Penjualan Bisnis Online

Dikarenakan keaktifan di komunitas online yang Anda ikuti, termasuk tips-tips keren yang sering membantu orang lain, maka tidak heran saat Anda menawarkan jasa atau produk, orang-orang tidak akan ragu untuk membelinya.

Promosi Anda juga tentunya lebih gampang jadinya!

Menambah Ide

Bahasan di forum tentunya dapat menjadi ide bagi Anda untuk berbisnis. Aktivitas membaca di internet pada dasarnya membuat otak Anda menjadi pasif, dalam artian Anda tidak bergerak sama sekali, hanya membaca saja.

Ilmunya terserap, namun pada umumnya akan hilang.

Karena itu butuh suatu aktivitas agar ide-ide itu benar-benar melekat.

Bagaimana agar ide tersebut benar-benar melekat?

Tuangkan langsung ke forum, baik itu berupa jawaban atas suatu pertanyaan, atau membuat topik yang baru.

Untuk membangun bisnis online, Anda harus sering mempromosikan bisnis Anda di komunitas-komunitas online yang Anda ikuti.

Peluang untuk mendapatkan keuntungan terbesar di era sekarang adalah melalui aktivitas online, hal ini semakin dibuktikan dengan adanya fakta-fakta yang menantang bahwa dari 7 media online, salah satu media yang paling disukai untuk mendapatkan keuntungan melalui dunia maya adalah melalui komunitas online.

Meskipun begitu, masih banyak sekali orang yang belum memanfaatkan aktivitas memenuhi keperluan via dunia maya, karena itu, melalui promosi Anda, diharapkan Anda juga ikut berpartisipasi untuk mengurangi persentase orang yang tidak berbelanja secara online.

Mengapa Sebaiknya Anda Mempromosikan Bisnis Anda Melalui Artikel?

Ada banyak cara mempromosikan bisnis Anda, salah satunya adalah dengan mempromosikan bisnis atau keterampilan yang Anda miliki lewat tulisan.

Ada banyak hal yang bisa Anda bagikan, misalnya, keterampilan yang Anda temukan, hingga riset kecil-kecilan yang dilakukan.

Informasi yang Anda miliki haruslah yang bersifat original, alias yang berasal dari keterampilan sendiri.

Dikarenakan informasi terbaru dan teraktual tersebut, Anda semakin dipahami sebagai orang yang paling memahami bidang Anda.

Apalagi di tengah-tengah informasi yang dibagikan tersebut, tercantum nama bisnis sekaligus nama Anda, tentunya, apabila digabungkan dengan pengetahuan kemudian dinilai dari diri Anda sendiri, saat mempromosikan bisnis maka bisnis yang dimiliki akan semakin terkenal.

Semakin terkenal, profit pun berlipat ganda!

Anda bisa bergabung dengan forum online seperti Kompasiana, Hipwee dan sebagainya.

Media tersebut merupakan salah satu dari sekian banyaknya media yang terkenal, sehingga saat berpartisipasi melalui artikel-artikel yang Anda buat, tentunya apa yang ditulis termasuk apa yang dipromosikan, akan semakin mudah dikenali, dikarenakan jangkauan media online yang luas tersebut.

Jadi, ada banyak cara untuk berpromosi, namun tidak ada salahnya selagi berpromosi, Anda juga memberikan sumbangsih untuk orang-orang yang ditargetkan, melalui informasi yang Anda berikan.

Demikian informasi mengenai forum-forum online yang dapat Anda ikuti untuk berbagai tujuan, seperti sharing pengalaman, pengembangan bisnis, dan sebagainya, semua dilengkapi dengan informasi mengenai manfaatnya bergabung dengan komunitas online! Selamat bergabung dengan komunitas online!

Yuk kunjungi terus situs Markey dan dapatkan informasi terbaru mengenai bisnis online!

5 Strategi Digital Yang Harus Diterapkan Bisnis Saat Ini

0
strategi digital

Strategi digital berfokus pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Hal tersebut bisa berarti menciptakan produk baru atau menata ulang proses saat ini. Ini menentukan arah yang akan diambil organisasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif baru. Keunggulan tersebut menggunakan teknologi serta taktik untuk mencapai perubahan.

Ini biasanya mencakup perubahan pada model bisnis. Karena teknologi baru memungkinkan perusahaan inovatif untuk menyediakan layanan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Pengertian Strategi Digital

Saat ini, teknologi telah terintegrasi dengan bisnis. Hal ini menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar perangkat keras atau perangkat lunak. Seiring meluasnya teknologi digital, perusahaan akan bergerak lebih jauh dalam perjalanan transformasi digital. Saat itu, strategi digital dan strategi bisnis akan menjadi hal yang sama.

Untuk saat ini, menggunakan istilah tersebut untuk memfokuskan upaya di balik inisiatif digital masih berguna. Strategi digital adalah penerapan teknologi digital ke model bisnis untuk membentuk kemampuan bisnis baru yang berbeda. Nantinya, semua strategi bisnis akan menjadi strategi tersebut.

Penting untuk diingat bahwa strategi digital adalah konsep dan benda. Sehingga, strategi ini pada akhirnya harus mengarah pada pembuatan rencana atau peta jalan yang konkret. Meskipun Anda dapat terus mengubah taktik yang telah Anda putuskan untuk dikejar, harus ada juga komitmen yang jelas untuk pemahaman Anda tentang arti digital bagi perusahaan Anda.

Baca juga : Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah | Tips Digital Marketing

Strategi Digital Perusahaan yang Harus Diterapkan Saat Ini

strategi digital

Dengan pandemi yang dihadapi saat ini, banyak perusahaan yang tentunya bingung untuk menggunakan strategi apa yang cocok untuk menumbuhkan serta memajukan bisnis mereka.

Tetapi pandemi tidak memperlambat peralihan ke digital. Hal ini malah akan mempercepatnya. Ada beberapa strategi digital perusahaan yang tidak perlu Anda tunggu untuk diterapkan. Berikut beberapa strategi yang harus diterapkan tersebut.

1. Meningkatkan dan memperluas layanan mandiri

Jauh sebelum virus Corona mengancam, banyak pelanggan yang bisa menghargai akses layanan yang dilakukan oleh penyedia mereka. Dengan budaya yang menciptakan berbagai macam pekerjaan dan lingkungan rumah yang berbeda, mereka senang dapat secara mandiri menangani kebutuhan mereka sendiri sesuai permintaan dan nyaman.

Pada saat yang sama, ekspektasi mereka terhadap apa yang dapat mereka lakukan secara online telah berubah. Mereka berharap dapat melakukan lebih banyak hal tanpa perlu menghubungi pusat dukungan.

Layanan mandiri atau swalayan saat ini telah menjadi usaha yang biasanya dilakukan dalam industri-industri besar. Pandemi hanya mempercepat penggunaan swalayan oleh konsumen dan banyak lokasi offline atau fisik yang mengurangi staf mereka.

Ini membuat adanya physical ataupun social distancing untuk protokol keamanan, penutupan sementara, hingga menjadikannya online secara penuh. Pelanggan kemungkinan akan menjadi lebih nyaman dengan swalayan dan terus menuntutnya untuk ada setelah virus hilang.

Untuk mengatur permintaan yang meningkat, rencanakan ulang operasi dan proses Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih sederhana dan lancar. Layanan Anda harus memungkinkan pembeli untuk mencari, memilih, membeli produk atau layanan, dan mengembalikan atau menukar dengan satu sentuhan tombol.

Mempercayakan pelanggan untuk memantau akun mereka sendiri akan membantu membangun hubungan penuh kepercayaan yang Anda inginkan dengan mereka. Strategi digital perusahaan ini bisa dimulai saat ini.

Baca juga : Cloud Marketing Adalah: Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

2. Integrasikan pembayaran nirsentuh untuk jangka panjang

Pandemi telah membuat orang waspada saat menyentuh tempat penjualan tradisional dan mentransfer uang tunai. Mereka sekarang lebih condong untuk menggunakan pembayaran tanpa kontak karena masalah keamanan dan kebersihan.

Jadi, pembayaran tanpa sentuhan dimulai di pasar yang kurang berkembang dan diperkuat di pasar yang lebih matang. Dengan pertimbangan bahwa ini memiliki kecepatan 10x lipat lebih cepat dibandingkan dengan pilihan yang ada.

Dengan fokus yang diperluas pada satu cara pembayaran yang cepat, mereka kemungkinan akan terus menggunakannya setelah pandemi selesai. Perubahan sistem pembayaran ke dalam sistem nirsentuh akan memastikan pelanggan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik ke depannya tanpa kecemasan lebih jauh. .

3. Buat aplikasi

strategi digital

Aplikasi khusus bermanfaat bagi pembeli dan bisnis. Ini bisa menjadi strategi digital yang tepat. Misalnya, mereka dapat menawarkan pengalaman yang lebih konsisten untuk pembeli.

Dengan mengirimkan pemberitahuan push, perusahaan dapat memastikan bahwa produk, layanan, atau pembaruan mereka selalu berada di benak konsumen. Membuat aplikasi menjadi sebuah standar seperti memiliki situs web yang hebat.

Dengan pandemi yang terus merajalela, aplikasi menjadi jalur kehidupan yang lebih penting antara pembeli dan bisnis. Berkat adanya jarak sosial dan pembatasan, orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan lebih dari sebelumnya.

Teknologi seluler menjadi saluran yang dominan atau berkembang bagi pelanggan. Hal ini membuat aplikasi Anda sendiri akan memungkinkan Anda untuk memperluas strategi digital Anda. Selain itu, ini dapat menjangkau konsumen yang tidak dapat melakukan interaksi langsung dengan Anda.

Baca juga : Apa Itu CRM Marketing? Arti & Contoh Close Range Marketing

4. Bandingkan bisnis Anda dengan pesaing sebelum pelanggan melakukannya

Sebelum pandemi melanda, orang-orang bersemangat menjelajahi penawaran bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaik. Banyak orang pergi online untuk meneliti berbagai macam produk sebelum membeli produk dengan cara mengunjungi toko fisik.

Namun, seiring berlanjutnya pandemi, pembeli berhati-hati dalam berbelanja. Ribuan orang kehilangan pekerjaan, diberhentikan, atau harus menjadi pengangguran. Selain itu, orang-orang yang takut akan virus itu akan menyebabkan resesi besar-besaran.

Selanjutnya, keinginan untuk menemukan nilai berdasarkan fitur dan biaya juga berkaitan dengan kehati-hatian dan kebutuhan yang tulus. Jadi, bantulah pelanggan Anda dan lakukan perbandingan untuk menambah nilai pada penawaran Anda.

Disamping menawarkan persaingan harga, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mendatangkan pelanggan baru. Tingkatkan juga pesan dan penawaran sebagai akomodasi selama pandemi serta setelah pandemi.

5. Pikirkan kembali keterlibatan digital pelanggan

Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak terhenti hanya karena virus. Anda masih harus mencari tahu bagaimana perilaku pelanggan berubah dan seberapa cepat Anda dapat beradaptasi dengan perubahan itu. Tetapi, karena pelanggan saat ini tidak dilibatkan secara langsung, semua komunikasi patut diubah menjadi online. Inilah strategi digital Anda selanjutnya.

Untuk memulai, buat survei dan bekerja sama dengan para ahli untuk mengidentifikasi cara agar tetap terhubung dengan pelanggan melalui Internet untuk memahami prioritas mereka. Pengalaman virtual harus ditingkatkan untuk bisa menggantikan minimnya tatap muka dengan pelanggan.

Dengan menghubungkan pengalaman digital ke dalam pengalaman fisik, Anda bisa membangun aktivitas yang lebih interaktif secara nyata. Persiapan ini akan membuat Anda dalam kondisi yang baik untuk mengakomodasi peningkatan keterlibatan digital yang pasti akan hadir di dunia pasca-COVID.

Strategi digital perusahaan telah mendorong penggunaan alat dan infrastruktur yang lebih baik untuk sementara waktu sekarang. Konsekuensi positif dari pandemi ini adalah bisnis akhirnya berada pada posisi di mana menerapkan lebih banyak strategi yang masuk akal dan kompetitif.

Jika Anda bisa memulai lebih cepat saat ini, penerapan strategi digital akan bisa dinikmati secepatnya dan bahkan untuk strategi jangka panjang Anda ke depannya.

Butuh lebih banyak artikel tips sukses bisns online gratis? Sekarang semuanya tersedia di MARKEY. Yuk follow https://markey.id/

Kumpulan Aplikasi Nama Olshop Terbaik untuk Mempercantik Toko Online

0
nama olshop

Setiap bisnis, baik online ataupun offline, pastinya memiliki sebuah nama. Bahkan warung sederhana pun biasanya menggunakan nama yang simpel seperti “Warung Pak/Ibu” disertai nama sang pemilik.

Peranan nama dalam sebuah bentuk usaha sangatlah penting, karena nama akan menjadi identitas resmi dari badan usaha yang didirikan. Dengan nama khusus pun, toko Anda dapat lebih mudah dikenali dan dibedakan oleh para konsumen di pasaran.

Terlebih di pasar toko online, yang mana ada ribuan toko online beroperasi setiap harinya. Jadi, Anda wajib menamai bisnis online Anda dengan baik agar para pengunjung tidak kebingungan mencari brand toko Anda.

Sayangnya, tak sedikit para pemilik usaha toko online yang kesulitan menemukan nama olshop yang bagus untuk digunakan. Apakah Anda saat ini juga memiliki kendala yang sama? Tenang saja! Kini ada banyak tools dan aplikasi edit nama olshop yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa membuat nama olshop yang bagus secara mudah dan instan.

Apa sajakah rekomendasi aplikasi pembuat nama online shop tersebut? Yuk langsung meluncur ke isi artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Manfaat Menggunakan Aplikasi Nama Olshop Otomatis

Sebelumnya, mungkin Anda masih bertanya-tanya, “Apa pentingnya memakai aplikasi pembuatan nama online shop?”. Masih ada sebagian pebisnis online yang tidak paham pentingnya membuat nama online shop yang unik dan menarik.

Jika Anda juga masih kebingungan, berikut adalah beberapa manfaat memiliki olshop dengan nama yang unik plus menarik menggunakan aplikasi nama online shop terbaik:

Mudah Diingat Oleh Konsumen

Nama online shop yang singkat dan ringkas, tentunya akan lebih mudah untuk menempel dalam ingatan konsumen. Bandingkan dengan nama online shop yang panjang, bertele-tele, apalagi menggunakan simbol dan angka yang banyak.

Nama online shop seperti itu akan langsung kalah dalam persaingan pasar, karena konsumen hanya akan berbelanja atau mengingat produk yang namanya sudah melekat baik dalam benak mereka.

Menonjolkan Keunikan Toko Online Anda

Nama toko dapat menjadi sarana terbaik untuk menonjolkan keunikan usaha yang dibangun. Semisal toko-toko makanan vegan akan menyertakan unsur “vegan” dalam nama usaha mereka, sehingga lebih mudah untuk dikenali. Jadi, apa keunikan dari olshop Anda sehingga membuatnya berbeda daripada yang lain?

Memiliki Nama Unik Milik Sendiri

Ada beberapa orang yang ingin usahanya cepat terkenal dengan cara meniru nama online shop yang sudah lebih dulu terkenal. Semisal ada toko online yang populer bernama ABC, dan Anda menirunya sebagai ACB.

Cara ini sangat tidak direkomendasikan untuk Anda karena dapat berpotensi menimbulkan tuntutan hukum di kemudian hari. Sebab bukan tidak mungkin perusahaan asli yang memiliki nama toko tersebut akan menuntut Anda untuk kasus plagiarisme.

Namun dengan menggunakan bantuan tools dan aplikasi nama online shop generator, Anda bisa dengan mudah membuat nama online shop yang 100% milik sendiri. Nama usaha milik sendiri ini juga bisa menjadi suatu label atau brand unik dan tidak bisa ditiru oleh orang lain.

Alhasil, tidak akan ada orang lain yang mengaku-ngaku memiliki perusahaan Anda di kemudian hari.

Ingin tahu apa-apa saja tools dan aplikasi nama online shop generator terbaik yang bisa Anda gunakan? Mari lanjutkan scroll ke halaman selanjutnya.

5 Rekomendasi Tools dan Aplikasi Edit Nama Olshop Terbaik

Anda pasti sudah tidak sabar mengetahui apa saja tools dan aplikasi untuk membuat nama online shop terbaik, bukan? Membuat nama online shop bisa menjadi hal yang rumit bagi sebagian orang.

Beragam kendala seperti kurangnya inspirasi, terlalu banyak contoh nama yang ingin digunakan, atau bahkan nama incaran yang sudah lebih dulu “direbut” oleh perusahaan lain adalah hal-hal yang sering dialami oleh pemilik online shop.

Kini Anda tidak perlu cemas. Berikut ini adalah 5 rekomendasi tools dan aplikasi edit nama online shop terbaik yang bisa Anda gunakan:

Shopify

Rekomendasi tools nama online shop generator pertama adalah Shopify. Shopify sangat terkenal sebagai tools untuk mencarikan nama-nama domain toko online. Cukup dengan memasukkan keyword yang sesuai dengan domain bisnis Anda, sistem Shopify akan memberikan ratusan saran nama toko online yang bisa Anda gunakan.

Saran nama yang diberikan oleh Shopify pun sangat akurat, sehingga banyak toko online, khususnya yang mempunyai website resmi perusahaan, pasti akan menggunakan tools-tools milik Shopify.

Anda bisa mengakses Shopify di: www.shopify.co.id, atau mendownload aplikasinya di Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopify.mobile&hl=in

NameMash

Selain Shopify, Anda bisa menggunakan tools nama online shop generator NameMash. Dengan NameMash, Anda bisa menentukan sendiri ketersediaan nama online shop serta karakter-karakter dalam domain yang diinginkan.

Untuk mempermudah pencarian, Anda bisa memasukkan 2 sampai 3 keyword pilihan pada kolom pencarian nama online shop. Nantinya, sistem NameMash akan memberikan puluhan ide nama toko online yang fresh, unik, dan siap digunakan.

Terdapat pula sistem pencarian nama toko berdasarkan filter khusus, seperti nama-nama toko baru, nama umum, nama berdasarkan peringkat SEO, dan nama-nama yang serupa (sinonim).

Tertarik untuk menggunakan NameMash?
Yuk akses NameMash dan buat nama online shop Anda sekarang, gratis di: https://www.namemesh.com/

Oberlo Brand Name Generator

Ingin memakai aplikasi nama online shop yang sederhana dan simpel? Anda bisa memakai Oberlo Brand Name Generator. Dengan Oberlo Brand Name Generator, Anda cukup memasukkan keyword utama dari produk yang akan dijual di toko online, seperti “buku”, “fashion”, “gadget” dan lain-lain.

Setelahnya, Anda cukup klik tombol “generate names”. Dalam hitungan detik, akan muncul serangkaian saran nama ide bisnis yang bisa Anda pakai.

Anda bisa mengakses Oberlo di: https://www.oberlo.com/tools/business-name-generator, atau melalui aplikasi resminya pada link: https://play.google.com/store/apps/details?id=best_courses.oberlo_guide_2019&hl=in

Business Name Generator

Rekomendasi generator untuk nama online shop selanjutnya adalah Business Name Generator. Tools yang satu ini sangat menonjol berkat fitur industry filter dan result filter yang tersedia di dalamnya.

Kedua fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari dan menerima saran nama online shop yang paling relevan dan sesuai dengan domain bisnis.

Lebih lanjut lagi, tools ini menjadi semakin nyaman untuk dipakai karena setiap hasil pencarian dan saran nama yang diberikan dapat diklik untuk dilihat ketersediaannya. Sayangnya, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang dibatasi dalam mode gratis. Jadi, untuk bisa menikmati seluruh layanan dalam tools ini, Anda bisa mencoba berlangganan fitur premium.

Yuk coba Business Name Generator sekarang di: https://businessnamegenerator.com/id/. Download juga versi aplikasinya di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sandtdevelopment.businessnamegeneratoradfree&hl=in

BustAName

Rekomendasi tools nama generator terakhir yang bisa Anda coba pakai adalah BustAName. Dengan aplikasi ini, Anda bebas mengkreasikan kata dasar atau utama untuk nama dengan menambahkan beragam imbuhan, awalan dan akhiran. Tujuannya tentu untuk memodifikasi nama toko online Anda agar tampak lebih menarik.

Bahkan jika Anda tidak mempunyai ide nama toko online sama sekali, Anda bisa menyerahkan tugas membuat nama dari nol kepada BustAName. Melalui fitur “buat nama acak”, Anda bisa memperoleh ratusan ide nama yang tersedia secara gratis.

Untuk toko online versi website, tools BustAName juga menyediakan banyak saran nama domain dengan ekstensi yang lengkap sekaligus spesifik, baik itu .net, .com, dan .org.

Coba buat nama online shop Anda sekarang dengan BustAName di: http://www.bustaname.com/.

Tips Membuat Nama Olshop yang Bagus dan Unik di Pasaran

Anda telah mengetahui aplikasi edit nama online shop terbaik yang bisa dipergunakan untuk menciptakan nama toko online yang unik. Untuk menyempurnakan nama online shop Anda, ada serangkaian tips khusus saat membuat nama olshop yang bagus, unik, dan berbeda daripada yang lain di pasar e-commerce. Berikut ini adalah tips-tips yang dimaksud. Dicatat, yuk!

Mudah Ditelusuri oleh Konsumen

Tips pertama adalah nama olshop Anda harus mudah ditelusuri oleh konsumen di mesin pencari. Nama olshop yang tergolong mudah ditelusuri konsumen ini biasanya sesuai dengan niche atau domain konsep bisnisnya. Semisal Anda mendirikan toko gadget, maka nama toko online Anda haruslah menyertakan unsur gadget atau elektronik di dalamnya.

Nama yang Segar

Selanjutnya adalah usahakan untuk membuat nama toko online yang segar ketika didengar atau diucapkan oleh siapapun. Nama toko yang segar, bukan jiplakan atau tiruan atas nama toko online ternama, akan menjadi langkah awal yang baik untuk menarik rasa penasaran konsumen.

Memanfaatkan Translate

Tak sedikit online shop yang menggunakan nama toko menggunakan kata-kata dalam bahasa asing yang cantik, seperti bahasa Perancis, Korea, Jepang, Italia, dan lain-lain. Jika tidak mengerti soal bahasa asing, Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi translate seperti Google Translate atau Bing Translator.

Nama Pendek dan Berkesan

Selanjutnya, cobalah untuk membuat nama toko yang pendek saja. Nama toko yang pendek jauh lebih mudah untuk diingat oleh para konsumen. Di samping itu, Anda harus tetap memilih saran-saran nama olshop yang menarik, menonjol dan deskriptif. Dengan begini, nama olshop Anda akan memiliki kesannya tersendiri.

Memakai Kombinasi Sinonim dan Preposisi

Tips membuat nama olshop yang terakhir adalah memakai kata sinonim. Kadangkala kita ingin menggunakan suatu kata untuk dijadikan nama olshop. Sayangnya, kata tersebut sudah lebih dulu digunakan oleh toko online lain ataupun sudah mainstream di pasaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan sinonim dari kata tersebut.

Selain itu, jika dirasa diperlukan, Anda bisa mengombinasikan kata dasar atau sinonim dengan memakai preposisi berupa imbuhan awalan atau akhiran. Semisal Anda ingin membuka olshop buku dan novel dengan nama “Narasi”.

Untuk membuat nama olshop yang lebih unik, Anda bisa memakai imbuhan dan mengubah kata dasar “Narasi” menjadi “Dinarasikan” atau “Bernarasi”. Nama ini jauh lebih cantik dan unik, bukan?

Demikianlah pembahasan kali ini terkait aplikasi-aplikasi edit nama olshop terbaik yang bisa Anda coba gunakan. Semoga dengan rekomendasi dan tips dari kami, Anda tidak kebingungan lagi saat menentukan nama online shop. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini. Temukan lebih banyak artikel informatif menarik lainnya seputar bisnis digital hanya dari website kami.

10 Ide Bisnis Go-Green yang Dapat Anda Lakukan Secara Online!

0
go-green

Go-green adalah suatu peristiwa penting yang merupakan titik balik adanya perbaikan lingkungan. Banyak orang menggalakan program ini.

Siapa sangka, melalui peristiwa ini, ada banyak produk yang bisa dibisniskan. Salah satunya tote bag!

Lalu apa lagi yang bisa dibisniskan untuk mendukung program ini?

Yaitu sebagai berikut! Selamat membaca!

Pengertian Go-Green

Go-green adalah suatu peristiwa bersejarah, seperti lahan hijau yang menyempit, polusi udara, hingga pencemaran laut yang membuat suhu bumi semakin meningkat, hingga menyebabkan lapisan ozon pada atmosfir semakin menipis dan gletser-gletser di kutub utara semakin mencair, dan hal ini membuat orang-orang berpikir untuk dapat memperbaiki kondisi lingkungan dengan sebaik mungkin, karena semua menyangkut eksistensi mereka di muka bumi ini.

Dalam sejarahnya, ada banyak hal yang dilakukan untuk mendukung kegiatan go green, World Silent Day, contohnya, yaitu suatu kegiatan mematikan listrik di malam hari di suatu kota, mulai dari jam 19.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sehingga Anda dapat melihat bintang-bintang di dunia dikarenakan tidak adanya lampu-lampu dari gedung-gedung pencakar langit, bahkan polusi udara di suatu kota pun dapat terlihat, yang membuat kita ataupun orang lain pun merasa tergugah dengan adanya peristiwa go-green.

Dalam kegiatannya juga, terdapat hal-hal lain yang dapat Anda lakukan selain World Silent Day, seperti menciptakan sesuatu tanpa bantuan teknologi, memanfaatkan kondisi alam sepertinya adanya kincir angin, hingga menciptakan barang bermanfaat yang berasal dari barang yang tidak terpakai.

Namun, siapa sangka bahwa barang yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan ramah lingkungan dapat dibisniskan juga.

Apa sajakah itu? Yuk disimak liputannya!

Sepuluh Ide Bisnis Go-Green Online

bisnis-go-green-1

Adapun ide bisnis tersebut adalah sebagai berikut!

1. Menciptakan Produk Home Made Ramah Lingkungan

Bagaimana produk home made ramah lingkungan itu sebenarnya? Yaitu dengan menggunakan bahan organik, sebagai contoh membuat selai home made dengan menggunakan buah-buahan yang ditanam secara organik.

Anda bisa mengemas botol-botol selai Anda dengan cantik, misalnya dilapisi pita murah atau diberi label yang cantik. Anda bisa memasarkan produk Anda secara online.

Selain ide untuk menjual selai-selai organik, di tempat lain juga terdapat ide-ide bisnis go-green lain, seperti restoran, peternakan dan kursus-kursus yang mengajarkan cara hidup berkecukupan hanya dari alam saja.

2. Bisnis Penyewaan Sepeda

Menyewa sepeda, berarti ramah lingkungan, sebab Anda tidak perlu lagi menggunakan mobil atau motor Anda yang menggunakan bensin atau solar yang menggunakan polusi udara. Apalagi seiring dengan berjalannya waktu bisnis jenis ini banyak digalakan.

Sebagai contoh, di Bandung, Ikatan Alumni ITB dan Bandung Creative City Forum (BCCF), menciptakan tempat penyewaan sepeda di kota Bandung, setidaknya terdapat sepuluh shelter yang tersebar di beberapa jalan kota Bandung.

Bisnis penyewaan sepeda ini sangat mendukung kegiatan ramah lingkungan dikarenakan dapat mengurangi polusi udara. Bayangkan jika paling tidak sepuluh shelter terdapat di sepuluh kota di dunia, dan apabila ini terus digalakan, maka tidak menutup kemungkinan polusi udara di dunia akan terus berkurang.

3. Furniture Daur Ulang

Anda memiliki benda-benda berukuran besar tidak terpakai yang ingin dibuang? Sampah-sampah berukuran besar ini tentunya akan terlihat sangat mengganggu apabila terlihat di pembuangan sampah, jadi daripada dibuang, kenapa tidak didaur ulang saja hingga menjadi furniture yang cantik? Tentunya ini juga dapat mendukung kegiatan go-green!

Sebagai contoh, Anda memiliki drum bekas? Dengan keterampilan yang Anda miliki dan sedikit kerajinan Anda dapat mengubahnya menjadi sofa cantik, atau mesin jahit lama diubah menjadi meja tempat menaruh pajangan.

Bisnis furniture daur ulang ini tentunya harganya sangat mahal, dikarenakan selain karena fungsinya, bahannya yang besar dan sulit didaur ulang, tingkat kerajinannya yang tinggi, tentunya harganya cukup mahal.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar berkreasi!

4. Produk Kecantikan Ramah Lingkungan

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan ramah lingkungan alias yang berorientasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, alias mendukung program go-green. Produk-produk seperti bedak herbal, sabun berbahan natural, hingga produk kosmetik ramah lingkungan lainnya, banyak diinginkan orang, dikarenakan semakin tingginya kesadaran orang dalam menjaga lingkungan, sehingga produk ini pun dapat menjadi primadona di masa depan.

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang farmasi, atau memiliki teman yang berprofesi sebagai apoteker, Anda dapat memanfaatkannya untuk menciptakan produk ramah lingkungan ini.

Apalagi pamor produk kecantikan ini akan semakin meningkat kian harinya dan sangat disukai di pasaran, oleh karena itu nilai jualnya semakin tinggi dibandingkan produk biasa.

Oleh karena itu dikarenakan produknya yang kecil dan mudah untuk diperjual belikan, Anda dapat memamerkannya secara online!

5. Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran Organik

Pernah tidak melihat bisnis online berupa paket sayur-sayuran? Anda dapat melakukan itu juga tetapi dengan menggunakan bahan-bahan organik. Untuk memulai bisnis awal, Anda tidak perlu repot-repot membeli lahan yang luas untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran organik Anda. Cukup di halaman depan Anda yang kecil, ataupun di halaman belakang Anda.

Syarat utama dari buah-buahan dan sayur-sayuran organik adalah tidak menggunakan pestisida ataupun pupuk kimiawi, bahkan beberapa diantaranya ditanam dengan menggunakan metode hidroponik, seperti menanamnya diatas air, atau menanamnya dengan teknik cangkok atau di atas arang.

Bagaimana? Menarik, bukan?

Dikarenakan metodenya yang sulit maka tidak heran jika harga dari buah-buahan dan sayur-sayuran organik cukup di atas harga pasaran, tetapi menyehatkan, selain itu sangat mendukung program ramah lingkungan.

Anda pun dapat menciptakan bisnis catering ramah lingkungan milik Anda sendiri melalui kebun Anda sendiri.

6. Bank Sampah

Bank sampah adalah suatu tempat dimana Anda sebagai pemiliknya mengubah sampah menjadi uang, dengan cara mengumpulkan barang-barang bekas atau tidak terpakai kemudian menjualnya kepada agen tertentu yang membutuhkan sampah atau barang-barang bekas milik Anda.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Teman-teman Anda atau warga-warga di lingkungan masyarakat Anda menyetorkan sampah ke bank sampah milik Anda, kemudian nantinya mereka akan mendapatkan uang sesuai dengan berat sampah yang mereka kumpulkan juga bergantung dari jenis sampahnya juga.

Hal lain yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis sampah ini juga adalah pengepul sampah dan juga sosial media untuk mempromosikan bank sampah milik Anda.

7. Aksesoris Barang Bekas

Banyak jenis sampah seperti botol plastik, sisa kain perca, sisa potongan kayu, hingga batok kelapa yang beredar di jalan, tempat pembuangan sampah, taman, hingga tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membuat barang-barang tidak terpakai tersebut menjadi barang-barang yang lebih berharga, seperti aksesoris misalnya.

Banyak sekali ragam contohnya, seperti tempat tissue yang terbuat dari kardus bekas yang dihiasi dengan kulit-kulit kerang, kotak khusus penjualan minyak spa yang dihiasi dengan pasir seperti yang sering terlihat di Bali, hingga hiasan-hiasan dari botol bekas.

8. Memproduksi Kompos

Untuk Anda yang mengumpulkan sampah, Anda dapat memilahnya menjadi sampah organik dan sampah non-organik. Meskipun hal ini belum lumrah, Anda dapat memulai itu semua untuk menjadikan sampah non-organik pupuk kompos, kemudian memasarkannya secara online. Sehingga sampah-sampah tersebut bernilai jual tinggi dan Anda pun dapat mendapatkan hasil karenanya.

9. Tote Bag alias Shopping Bag

Sebagai contoh, sudah banyak program pemerintah yang mendukung program ramah lingkungan, salah satunya pelarangan penggunaan kantong plastik saat sedang berbelanja, alias Anda harus membawa tas Anda sendiri, baik itu tas plastik sendiri atau tas kain alias tote bag.

Tetapi tentunya lebih nyaman menggunakan tote bag, sebab selain awet dikarenakan terbuat dari kain yang tidak terpakai, bisa juga dipergunakan untuk hal lainnya. Tidak hanya untuk berbelanja, tetapi juga sebagai tas shopping bagi yang memiliki barang-barang pribadi.

Oleh karena itu, desain tas tote bag sebaiknya cantik, tetapi tetap awet, atau bahkan memiliki slogan yang mendukung kampanye tindakan go-green, agar banyak orang yang merasakan atmosfir gerakan go green ini.

10. Event Organizer ‘Go Green’

Bukan hanya demi keuntungan saja, namun dengan menggunakan EO Anda dapat mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan demi menjaga lingkungan sekitar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti mengkhususkan diri di bidang acara-acara yang bertema alam.

Mengorganisir kegiatan upacara pernikahan dengan tema alam sekaligus menggunakan beragam ornamen dan cinderamata yang ramah lingkungan, seperti kaktus kecil yang lucu, menggunakan souvenir sebungkus kecil bibit bunga, bekerja sama dengan teman yang dapat membuat tote bag kecil lucu yang ramah lingkungan, dan banyak hal lainnya yang dapat Anda manfaatkan, demi meraih keuntungan sekaligus mendukung kegiatan ramah lingkungan.

Demikian informasi mengenai sembilan produk ramah lingkungan sebagai bentuk tindakan mendukung aksi ramah lingkungan yang dapat dilakukakan secara online.

Selain itu, masih terdapat jenis produk-produk lain atau jasa lain yang dapat Anda perdagangkan secara online, sekaligus mendukung aksi ramah lingkungan, seperti membuat sabun non-detergen, jasa pengembang aplikasi hijau, hingga konsultan lingkungan hidup.

Yang manakah menurut Anda yang paling cocok untuk Anda?

Silahkan cermati dan putuskan sendiri!

Manfaat Mendukung Kegiatan Go Green!

bisnis-go-green-2

Banyak orang melakukan tindakan go green dan dinilai sebagai orang yang pintar.

Bentuk dari tindakan ini adalah segala sesuatu yang Anda lakukan demi hidup berkelanjutan.

Hidup berkelanjutan yang dimaksud adalah melakukan hal kecil dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-hari yang membuat dampak pribadi pada alam di sekitar kita.

Misalnya, melakukan pengomposan sampah dapur organik sebagai pupuk, menggunakan kanton dari kain, dan sebagainya.

Dari hal-hal sederhana seperti itu saja, dapat memberikan keuntungan untuk Anda, dari segi pribadi untuk dipakai sendiri, atau dari segi keuntungan, di bisnis online-kan, misalnya.

Selain itu, terdapat manfaat nyata dan positif yang dapat Anda dapatkan dari kegiatan go green, di antaranya adalah sebagai berikut.

Dari Segi Kesehatan

Ketika Anda menjalankan langkah-langkah ‘hidup berkelanjutan’, maka Anda sudah mengambil langkah positif untuk kesehatan Anda, sebab Anda memahami manfaatnya, bagi Anda maupun bagi lingkungan.

Misalnya, saat membersihkan sayur atau buah-buahan, Anda dapat menggunakan bahan alami cuka, daripada sabun khusus pencuci sayur-sayuran dan buah-buahan, selain lebih sehat untuk Anda, juga menghindari munculnya sampah dari residu kimia.

Dari Segi Kantong alias Dompet

Kegiatan ramah lingkungan ini juga bisa, lho, menghemat uang di kantong Anda!

Sebagai contoh, makanan alami yang dicuci dengan bahan alami seperti cuka lebih murah dibandingkan makanan olahan alias fast food seperti yang banyak dijual di restoran atau suatu franchise. Dan tentunya ini dapat menghemat uang Anda dikarenakan lebih murah.

Atau contoh lainnya, olahan sampah dapur organik, dapat dijadikan pupuk organik alias alami untuk diperdagangkan secara online, atau dipakai sendiri, daripada membeli atau meracik pupuk kimia sendiri.

Dari Segi Emosi

Dengan memilih konsep ‘hidup berkelanjutan’, Anda melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat Anda memahami bumi lebih baik dan bagaimana Anda memengaruhi orang-orang di sekitar.

Sebagai contoh, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengendarai kendaraan bermotor, Anda dapat membuat diri lebih sehat, dan dengan diri yang lebih sehat Anda dapat lebih mudah tersenyum dan lebih bisa memengaruhi orang lain untuk hidup sehat.

Hanya dengan mendukung program ramah lingkungan Anda.

Secara Global

Dengan mendukung tindakan ramah lingkungan ini, tidak hanya beruntung dari segi keuangan, Anda juga ikut menyelamatkan dunia dan membantu generasi mendatang. Sekecil apapun tindakan yang Anda lakukan, tetap akan memberi pengaruh, misalnya, tidak membuang sampah dimanapun, sudah membantu hilangnya sampah di bagian bumi yang lain, sehingga bayi paus tidak mati karena sampah Anda.

Atau, tidak membuang sampah kail ikan di laut, sudah membantu bayi hiu tidak mati secara mendadak karena kerusakan bagian pencernaan.

Manfaat Nyata Lainnya

Dengan mengkampanyekan bisnis online Anda sekaligus berani menyuarakan bahwa Anda pendukung tindakan ramah lingkungan ini Anda sudah memberikan contoh kepada orang-orang di sekitar. Orang-orang di sekitar tentunya akan melihat kepedulian Anda dan tentunya akan mengikuti Anda demi menciptakan kehidupan di masa depan yang lebih baik.

Bagaimana menurut Anda?

Tentunya berbisnis secara online sembari melakukan tindakan bermanfaat yang satu ini, sangat bermanfaat, bukan? Baik dari segi finansial, maupun dari segi-segi lainnya.

Intinya, jika Anda ingin berbisnis online dengan menggunakan produk-produk bertemakan go green Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi sekaligus keterampilan yang cocok untuk mendaur ulang produk-produk tertentu, agar dapat terpakai kembali.

Dan jangan lupa, buatlah se-kreatif, se-inovatif mungkin, demi menarik perhatian calon pelanggan Anda!

Butuh lebih banyak artikel tips sukses bisns online gratis? Sekarang semuanya tersedia di MARKEY. Yuk follow https://markey.id/.