Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 79

Menerapkan Strategi Pemasaran Konten Marketing

0
konten masa depan

Saat ini bisa kita lihat banyak sekali bisnis online yang bermunculan. Mulai dari bisnis kecil-kecilan sampai pada bisnis yang sudah besar. Bisnis online dirasa lebih menarik dan menguntungkan karena banyak orang yang lebih aktif di dunia maya dibandingkan di dunia nyata.

Bahkan ada yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di media sosial ketimbang dunia nyata. Walaupun Anda hanya di rumah saja, Anda bisa menjelajahi kemanapun Anda inginkan.

Memang beberapa tahun belakangan jika mendengar bisnis online, telinga kita sudah tidak asing lagi. Terutama di kalanagan anak muda, mereka cenderung lebih menyukai belanja di online shop ketimbang di toko biasa.

Karena jika belanja di online shop, Anda tidak perlu keluar rumah lagi. Cukup hanya melalui smartphone Anda, barang yang Anda inginkan akan segera datang dalam beberapa waktu. Sangat mudah dan tidak ribet.

Tidak hanya menjadi pembeli online shop, tidak sedikit pula mereka yang tertarik membuat bisnis online, karena bisnis online tidak membutuhkan sebuah toko, juga tidak membutuhkan biaya yang besar untuk modal awal. Dalam hal pemasaran pun sama, pemasaran konten secara online juga dinilai lebih efektif dan diprediksi akan menjadi pemasaran konten masa depan.

Pemasaran secara online cukup hanya melalui smartphone, melalui media sosial instagram, facebook, whatsapp, dan lain-lain. Berikut akan dijelaskan beberapa poin penting yang perlu Anda ingat sebagai posisi pemasaran konten dan pemasaran konten di masa depan.

Poin Penting Pemasaran Konten

pemasaran-konten

Pemasaran Konten Tanpa Strategi Tidak Dapat Dipertahankan

Jumlah konten di dunia semakin hari semakin meningkat, yang berarti persaingan pun semakin ketat. Bahkan jika Anda membuat dan mempublikasikan konten secara konsisten dan teratur, Anda tidak akan mencapai tujuan dan menyia-nyiakan sumber daya seperti tenaga kerja dan anggaran.

Seperti yang sudah dijelaskan dimana persaingan konten semakin ketat, penting untuk Anda menguraikan strategi seperti “Konten seperti apa yang harus dibuat? Dan siapa yang harus mengirimkannya?

Hal tersebut berguna bagi Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Membuat dan mempublish konten secara konsisten namun konten tersebut tidak berkualitas sama saja usaha Anda sia-sia.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan, Apakah Mungkin untuk Melibatkan Manajemen?

Saat perusahaan baru mengeluarkan konten baru yang dipublish dimana konten tersebut bisa dibilang milik perusahaan, tak hanya departemen yang bertanggung jawab. Jika Anda berpikir konten tersebut hanya menjadi tanggung jawab manajemen, buang jauh-jauh pikiran seperti itu.

Bidang lain juga bertanggung jawab, bidang perencanaan penjualan, hubungan masyarakat dan iklan, petugas, perwakilan, dan lain-lain juga bertanggung jawab. Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang berpusat pada konten media yang dimiliki, fokus utama adalah departemen mana yang akan memimpin.

Kenyataannya, sebagian besar perusahaan yang bertanggung jawab terhadap konten adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam bidang hubungan masyarakat dan periklanan, dan perencana penjualan yang bertanggung jawab mencapai tujuan perusahaan dalam bidang penjualan.

Memang peran masing-masing perusahaan berbeda-beda, tetapi yang sama adalah manajer departemen, yang relatif dekat dengan departemen bertanggung jawab atas media.

Apakah Anda Memiliki Pemikiran tentang Media Operasional?

Dalam media yang tidak terlihat dari sudut pandang pengguna, semakin banyak kontak yang dimiliki konten, semakin sedikit penggemar yang diulang, dan sebagai hasilnya itu jatuh dibawah target numerik.

Yang perlu diperhatikan adalah, apakah ada arti yang jelas di media? Selain itu, apakah Anda mendapatkan feel-nya? Hal tersebut adalah poin besar dalam operasi.

Tidak Ada Daya Tarik Dari Produk yang Dibuat. Contoh Media yang Menarik Perencanaan dan Konten

contoh-pemasaran-konten

Penting untuk memikirkan perencanaan produk yang matang. Bagaimana Anda menggambarkan produk yang Anda buat di mata pembeli. Bangun citra perusahaan yang apik. Sebenarnya perlu banyak perencanaan yang harus dibuat. Perasaan merk adalah makna yang jelas dari media.

Pemisahan Digital dan Kembali ke Offline

Baru-baru ini terdapat beberapa langkah-langkah pemasaran, seperti pemasaran video dan pemasaran influencer. Jumlah informasi yang dapat diperoleh dan informasi yang ingin diperoleh menjadi tidak konsisten karena fakta bahwa smartphone telah menjadi perangkat utama yang digunakan.

Menurut data penelitian dari MMD Research Institute (Lembaga Riset Data Pemasaran Seluler), 80% orang sadar akan “tergantung pada ponsel cerdas”, yang mana dua puluhan adalah yang terkuat, dan 40% sangat tergantung “kecanduan teknologi tinggi”.

Agar bebas dari kecanduan teknologi tinggi dan kelelahan teknologi tinggi, penting untuk mempertimbangkan tidak hanya komunikasi online tetapi juga komunikasi offline untuk pengguna yang ingin menghindari perangkat digital. Walaupun di sisi lain semua hal serba online, bukan berarti kita berpikir di satu jalan saja. Dan ada juga sekumpulan orang yang tidak terlalu tertarik terhadap hal yang berbau online.

Pemasaran konten adalah salah satu metode pemasaran. Tidak perlu memisahkan online dan offline. Jika saat ini Anda mengoperasikan media web Anda sendiri, Anda dapat memeriksa hak-hak artikel dan foto, kemudian jadikan sebagai selebaran atau buklet. Walaupun Anda menggunakan teknik pemasaran online, tidak ada salahnya juga Anda mencoba teknik pemasaran secara offline. Jadi keduanya berjalan bersamaan.

Refleksi pada Media yang Telah Ditutup

Terdapat beberapa keberhasilan dan kegagalan dalam pemasaran konten. Transmisi informasi yang realistis memiliki daya tarik bagi pengguna yang hidup saat ini. Anda perlu membuat konten yang berkualitas, bahkan jika Anda menghabiskan banyak waktu dan uang untuk satu artikel.

Walaupun tidak mudah, tetapi hal tersebut bisa berdampak positif bagi konten Anda. Memang terkadang butuh satu perjuangan untuk mencapai apa yang Anda inginkan. “Bagaimana Anda bisa membangun hubungan dengan para professional dan para pencipta yang berbakat?” dan “Bisakah Anda mengirimkan informasi nyata?” adalah poin penting untuk pemasaran konten yang sukses di masa depan.

Tentu bukan hal mudah bagi Anda, apalagi semakin ketatnya persaingan konten saat ini. Kita dituntut untuk terus membuat konten berkualitas dan informatif.

Kesimpulan

Sebetulnya tidak mudah untuk mencapai tujuan konten Anda disukai oleh banyak orang. Jika Anda baru memulainya, jangan terburu-buru, untuk mencapai tujuan tersebut memang membutuhkan waktu yang lebih. Apalagi saat ini banyak sekali konten-konten yang bertebaran di media sosial. Tentu Anda harus gigih dalam hal pemasaran konten. Jika Anda menyerah, otomatis Anda akan terhempas begitu saja dengan cepat.

Anda harus mengetahui hal apa yang diinginkan oleh banyak orang saat ini. Bagaimana caranya agar mereka mau membeli produk Anda, Anda harus mengetahui hal tersebut. Untuk menjadi acuan atau pegangan Anda dalam pemasaran konten.

Satu hal, jangan juga lupakan perencanaan. Ingat, perencanaan yang matang akan membuahkan hasil yang bagus juga. Selalu update mengenai pemasaran konten seperti apa yang sedang dilakukan oleh pesaing Anda, dari situ Anda bisa belajar dan mengetahui.

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/

10 Cara Promosi Konten yang Sukses dan Wajib Dicoba!

0
promosi konten, konten promosi adalah, konten promosi produk

Menciptakan konten berkualitas baik diperlukan untuk setiap situs web, dan itu tidak terbatas pada SEO. Namun, mungkin ada beberapa situs mengejutkan yang berfokus pada cara promosi konten yang Anda buat. Pada artikel ini, saya akan memperlihatkan sebuah artikel oleh Neil Patel yang menunjukkan kepada Anda mudahnya mempromosikan konten Anda.

Sangat mudah untuk menulis postingan blog. Namun, bagi mereka yang tidak akrab dengan bidang tulis menulis akan merasa cukup sulit. Jika Anda mengikuti isi dari artikel ini, menulis dapat menjadi lebih mudah. Setelah Anda selesai menulis postingan blog, apa yang akan Anda lakukan?

Banyak orang lupa tentang pemasaran konten. Ada banyak orang yang menulis konten. Namun, beberapa orang menaruh banyak usaha dalam promosi. Jadi, saya membuat formula yang sempurna dalam promosi konten. Ini tidak akan susah dan tentunya tidak akan menghabiskan waktu lama. Masing-masing dibagi menjadi 10 langkah. Mari simak penjelasan selanjutnya.

10 Cara Promosi Konten yang Sukses

promosi konten, konten promosi adalah, konten promosi produk

Mengoptimalkan Judul

Delapan dari sepuluh orang akan membaca judul artikel Anda. Namun, hanya dua dari sepuluh orang yang meng-klik judul dan mencoba untuk membaca sisa artikelnya. Tidak peduli seberapa besar isinya, jika judulnya tidak menarik, promosi akan kurang efektif. Mungkin Anda pernah berpikir, “Saya sudah menerbitkan artikel, jadi mungkin sudah terlambat untuk mengubahnya.”

Saya tidak terlalu peduli ketika judul berubah. Namun, setelah dipublikasikan, Jangan mengubah URL. Jika Anda perlu mengubah URL, gunakan 301 redirect. Ada cara sederhana untuk membuat judul menjadi lebih baik. Selain itu, tidak memerlukan waktu yang lama. Buka Ubersuggest dan masukkan kata kunci dan frasa yang akan membantu Anda mendapatkan konten. Laporan berikutnya adalah hasil/output.

  1. Klik “saran konten” di bar samping.
  2. Maka Anda akan mendapatkan laporan berikutnya.

Laporan ini akan menampilkan postingan blog di seluruh dunia yang menyertakan kata kunci dan frasa yang Anda ketikkan pada judul. Berbagi sosial, backlink, dan data lalu lintas pencarian juga disediakan.

Mari kita lihat informasi dalam laporan ini. Idealnya, Anda dapat mencari judul dengan tiga judul: “ribuan saham sosial (jika Anda tidak memiliki industri besar, ratusan dari mereka) dan setidaknya” 10 Linked “dan” lebih dari 100 prospek. ” Dengan kata lain, itu adalah kasus berikut. Jika Anda melihat konten judul yang berlaku untuk tiga kriteria di atas, konten Anda juga akan diharapkan untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan.

Menambahkan Tiga Pranala Internal

Cara termudah agar konten baru Anda dicintai adalah dengan membangun link. Membangun link memang terbilang sulit. Namun, apabila melihat hasilnya, membangun link tidak akan tampak terlalu sulit lagi. Artikel saya terdaftar sebagai kata kunci yang sangat kompetitif untuk “Digital Marketing”

Dapat dikatakan bahwa link internal sangat berkontribusi. Di sidebar dan setiap posting blog, link yang diinstal pada halaman utama pemasaran digital. Setiap kali Anda membuat artikel baru, Anda mencari artikel lain yang terkait dengan artikel itu dan memposting link ke artikel baru. Mengatur setidaknya tiga link dari artikel lama. Ini membantu dengan indeks dan mempengaruhi tampilan atas di hasil pencarian.

Bagikan Konten dengan Cermat di Sosial Media

promosi konten, konten promosi adalah, konten promosi produk

Cara pemasaran melalui media sosial adalah kita hanya dapat membagikannya ke situs seperti Facebook, dan LinkedIn. Karena miliaran URL sudah dibagikan, dengan kata lain, biasanya kami mengabaikan banyak URL yang dibagikan. Tapi ada cara sederhana untuk menarik perhatian di media sosial dan memenangkan ribuan kunjungan.

Apakah Anda mengetahui bahwa Google telah memperbarui algoritma yang disebut BERT? Ini adalah pembaruan besar yang mempengaruhi seper sepuluh pencarian. Sebagai bagian dari SEO, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa menggunakan BERT untuk mendapatkan banyak kunjungan ke situs Anda? Berikut adalah cara untuk melakukan pemasaran konten untuk dicintai oleh BERT.

Pernahkah Anda Memperhatikan Pola?

Dalam sebuah postingan LinkedIn, ia berkata, “Situasi pemasaran akan berubah secara dramatis pada tahun depan.” Dia juga menggunakan ungkapan “tidak seorang pun yang berbicara mengenai ini.”Kami menggunakan ungkapan ini karena semua orang tahu bahwa situasi pemasaran akan berubah. Ini mendorong keingintahuan dengan mengungkapkan bahwa ” tidak seorang pun yang berbicara mengenai ini “.

Jika Anda tertarik pada bagaimana hal itu akan berubah, Anda tidak akan punya pilihan selain mengunjungi situs saya dan membaca sisa artikelnya. Postingan Facebook juga mendorong rasa ingin tahu. Postingan tersebut menyebutkan pembaruan algoritma Google, tetapi menggunakan frasa “saya tahu jawaban atas bagaimana pembaruan algoritme terbaru Google harus digunakan.”

Dan jika Anda ingin tahu apa yang terjadi, tidak ada cara lain selain situs saya. Jika Anda ingin membuat orang ke situs Anda, cobalah untuk membuat ‘mereka’ menjadi penasaran ketika Anda membagikan posting di media social. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menambahkan kalimat yang unik dan menarik perhatian orang ketika berbagi artikel di media sosial.

Kirim Pesan Ke Tujuan

Hal ini umum untuk mengatur link ke situs lain dalam posting blog. Anda juga dapat memposting tautan ke situs yang bersaing. Jika Anda belum menyiapkan tautan ke situs lain, hal ini akan membuat kesalahan besar. Karena link dapat membantu otoritas dan keandalan. Jika Anda menggunakan beberapa statistik atau data dalam sebuah artikel, Anda akan menyebutkan sumbernya.

Hal ini akan meningkatkan keandalan dan membawa merek Anda ke spesialisasi. Hal ini juga dapat membantu Google Medic update. Jika Anda menyiapkan tautan ke situs lain, Cari alamat email situs tersebut. Biasanya, alamat email harus terdaftar di situs. Jika Anda tidak dapat menemukan alamat email Anda, cari halaman kontak.

Anda juga dapat menghubungi mereka dari formulir di halaman kontak. Jika Anda dapat menemukan alamat email atau halaman kontak, mengirim pesan seperti berikut untuk semua halaman tujuan.

Halo. 【 Nama pemilik situs 】

Pertama, izinkan saya memberi tahu Anda. Saya sangat menyukai konten Anda. [Judul Halaman Tujuan keberangkatan] artikel ini terutama.

Dari postingan blog terbaru saya [judul posting blog Anda], saya telah memasang link ke artikel ini. Kami akan senang melihat Anda dan berbagi pada jaringan sosial favorit Anda, jika Anda suka.

Salam hormat.

【 Nama Anda 】

Dalam kasus saya, jika saya mengirimkan pesan ini, 50%-60% orang akan menjawab dan berbagi artikel saya. Namun, blog saya sangat terkenal, jadi tidak sulit bagi saya untuk mendapatkan hasil ini. Namun, itu tidak mudah dari awal, dan ukuran ini telah dilakukan untuk waktu yang lama sampai sekarang.

Saya juga menerapkan pengukuran ini di ceruk pasar. Dalam pasar, saya tidak memperlihatkan nama saya, tapi tingkat keberhasilannya sekitar 20%. Penting untuk dicatat bahwa ketika Anda mengirim pesan, jangan meminta tautan ke situs Anda. Tingkat keberhasilan akan sangat jatuh.

E-Mail Lisis Menyeluruh

Jika Anda belum mengirim email, mulailah dengan mengumpulkan alamat email pengguna. Buat pop-up dan slider dengan tool gratis seperti Hello Bar.

Hello Bar akan dapat terhubung ke penyedia email yang sedang Anda gunakan.

Setelah Anda membangun lingkungan Anda, mengirim email setiap kali Anda memposting postingan blog baru.

Jika Anda memegang item berikut ini, Anda harus bisa mendapatkan lebih banyak kunjungan dengan mengirimkan email kepada mereka.

1. Menghapus Daftar

Jika Anda belum membuka email selama 30 hingga 60 hari, cobalah menghapusnya dari daftar. Hal ini karena Anda mungkin tidak pengguna aktif.

2. Kirim Email Berbasis Teks

Seperti pada contoh di atas, saya selalu menyimpan email singkat. Tidak ada gambar, tidak ada hiasan, hanya teks dan link ke situs saya. Mari kita membuatnya sederhana.

3. Mendorong Keingintahuan

Seperti yang dijelaskan di bagian postinga media sosial, strategi email tidak akan berhasil kecuali ada sesuatu yang mendorong keingintahuan. Semakin banyak Anda menulis konten, semakin banyak kunjungan yang Anda dapatkan. Itu membuat daftar email yang lebih besar. Dan lebih banyak daftar email akan mengarah ke lebih banyak kunjungan.

Kirim Pemberitahuan Push

promosi konten, konten promosi adalah, konten promosi produk

Ini adalah kejutan besar bahwa tidak sedikit situs yang mengambil keuntungan dari pemberitahuan push. Pada 2020, saya percaya bahwa push Notifications menghasilkan lebih banyak kunjungan daripada Email Marketing.

Saya akan memberitahu Anda temuan tertentu. Ketika kami menganalisis pesaing di bidang pemasaran, kami menemukan bahwa hanya tiga dari 19 situs yang menggunakan pemberitahuan push. Dalam industri lain, persentase itu akan lebih rendah. Dengan kata lain, ada kesempatan besar.

Sekarang, mari kita jelaskan bagaimana push Notifications bekerja. Anda akan melihat pesan di browser pengguna yang mengunjungi situs Anda yang menanyakan apakah mereka ingin berlangganan.

Beberapa akan mengklik “Hope”. Pada NeilPatel.com, sekitar 5,4% pengunjung mengklik “harapan.” Tool gratis seperti Subscribers.com akan membantu Anda mengirim push Notifications dan menarik pelanggan.

Masuk ke Subscribers.com setiap kali Anda menulis artikel baru dan klik tombol buat pemberitahuan. Pada layar ini, Anda dapat memasukkan judul dan deskripsi artikel. Seperti misalnya, saya menggunakan “ikon”, ukuran gambar diatur ke “besar”, dan menampilkan “tombol custome”.

Menggunakan tiga item ini adalah kunci untuk mendapatkan banyak kunjungan dari push Notifications. Publikasikan beberapa data Anda menggunakan subscriber. Hal yang baik tentang pemberitahuan push adalah bahwa tidak peduli situs mana yang dikunjungi pengguna, Anda akan melihat pesan di atas.

Beberapa pengguna akan dapat kembali ke situs Anda dengan pesan ini. Jika Anda tidak online saat mengirim notifikasi push, saat Anda membuka browser berikutnya, Anda akan melihat pesan.

Pakai Prinsip ATM: Amati, Tiru, Modifikasi

Strategi promosi konten menarik berikutnya adalah dengan menerapkan prinsip ATM. Pernahkah Anda mendengar istilah ini sebelumnya?

Arti ATM dalam konten promosi adalah Amati, Tiru dan Modifikasi. Tujuan utama prinsip ini tak lain untuk menggali ide-ide kreatif baru bagi konten promosi produk Anda.

“Amati” adalah proses melihat, memilah dan mempelajari konten-konten promosi produk yang sukses mendulang view atau engagement di luar sana. Anda bisa mencermati materi iklan dari kompetitor, termasuk mempelajari kelebihan dan kekurangannya.

Kemudian barulah Anda bisa “meniru” dasar-dasar pemikiran konten tersebut. “Tiru” di sini bukan berarti menjiplak karya yang sudah ada dan sukses. Yang bisa Anda ikuti hanyalah landasan ide dan strategi pengembangan konten tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan celah kelemahan konten lalu mengembangkannya sebagai inovasi.

Terakhir ada “Modifikasi”. Di sinilah Anda mulai membuat konten promosi produk yang sama bagusnya, atau bahkan melebihi kualitas dari konten-konten kompetitor. 

Evaluasi Strategi dan Isi Konten

Rutin mengadakan evaluasi juga bisa memperbesar peluang keberhasilan promosi konten Anda. Mengapa demikian?

Perkembangan teknologi canggih, seperti sosial media dan portal-portal online, terbukti mampu mempercepat perubahan informasi di pasaran. Apa yang disukai audiens Anda pagi ini bisa saja sudah kurang relevan ketika petang nanti.

Oleh sebab itu, Anda wajib secara rutin mengevaluasi ulang strategi dan isi konten promosi produk. Apakah konten tersebut memerlukan pembaharuan agar isinya lebih tepat dengan kondisi terkini? Atau, Anda bisa mengemasnya dengan bentuk yang berbeda supaya lebih fresh sesuai selera audiens? Lakukanlah evaluasi terlebih dahulu agar Anda mengetahui jawaban terbaiknya.

Ikuti Trend Marketing Terbaru

Poin ini masih berhubungan dengan bagian sebelumnya. Trend-trend marketing kini mempunyai dampak yang sangat kuat pada keberhasilan promosi konten. Jika Anda perhatikan lagi, banyak konten viral karena membahas hal-hal yang sedang naik daun di masyarakat.

Fenomena ini pun terjadi bukan tanpa sebab. Trend adalah suatu topik yang sedang hangat menyita perhatian audiens saat ini. Alhasil, menyisipkan topik-topik trending ke promosi konten akan memperbesar peluangnya ditonton audiens. 

Trend marketing juga dapat menjadi suatu ladang inspirasi bagi pembuat konten. Anda tidak perlu bingung menebak-nebak hal yang sedang disukai audiens. Cukup lakukan sedikit riset di tools-tools marketing seperti Google Trends atau SEO tools guna mengungkap topik yang sedang hangat hari ini.

Upload secara Teratur (Konsisten)

Tips terakhir dalam membuat konten promosi adalah rajin mengupload materi secara teratur (konsisten). Kecanggihan teknologi yang kita miliki saat ini sudah sangat memudahkan kita untuk memproduksi konten-konten promosi produk dan memviralkannya. Bahkan bukan hal yang mustahil lagi bagi promosi konten kita untuk sukses meledak di pasaran.

Sayangnya, masih banyak brand yang gagal mempertahankan “momentum viral” mereka karena kurang rajin berpromosi. Bisnis-bisnis besar ternama pun masih senantiasa mempromosikan layanan/produk mereka agar tidak kalah saing oleh kompetitor baru atau perubahan zaman.

Jadi, ingatlah untuk mengupload promosi konten Anda secara teratur, ya! Anda pun bisa menggunakan aplikasi-aplikasi manajemen konten promosi produk atau kalender digital untuk membuat schedule upload konten.

Kesimpulan

Mempromosikan konten bukanlah tugas yang sulit. Anda tidak perlu teknik “canggih” atau ide kreatif. Pekerjaan dasar yang efektif, dan saya telah menerapkan langkah yang diperkenalkan dalam artikel ini selama bertahun-tahun. Selain tindakan yang diperkenalkan dalam artikel ini, akan ada lebih banyak untuk dilakukan.

Namun, saya ingin Anda berpikir secara realistis. Kami memiliki waktu yang terbatas untuk digunakan. Saya yakin bahwa tindakan yang perkenalkan lewat artikel ini akan memberikan hasil yang paling sesuai dengan biaya Anda.

Jika konten Anda berkinerja buruk, mungkin ada masalah dengan cara Anda beriklan, bukan masalah kualitas. Tentu saja, untuk semua artikel, saya pikir sulit untuk mempromosikan dengan semua daya Anda, tapi mengapa tidak mencoba dari metode sederhana seperti yang diperkenalkan dalam artikel ini?

 

Segmentasi Pasar Adalah beserta Rekomendasi Aplikasi Terbaik

0
segmentasi pasar adalah

Memulai sebuah bisnis memerlukan pertimbangan serta riset yang matang. Sayangnya, tidak banyak pebisnis muda atau pemula yang mengetahui tata cara melakukan riset bisnis yang baik.

Hal ini juga merupakan suatu kesalahan yang bisa berujung fatal pada usaha Anda. Sebab, tanpa adanya riset, maka Anda jelas tidak bisa menentukan dengan baik kemana arah pergerakan dari usaha Anda ke depannya.

Sebuah bisnis yang baik pastinya akan selalu memiliki target sasaran pasar yang jelas. Target sasaran pasar yang jelas ini pun sangat bermanfaat, khususnya agar tindakan promosi yang bisnis Anda lakukan tidak menjadi sia-sia lantaran menyasar kelompok masyarakat yang salah.

Salah berpromosi jelas tidak akan membawa keuntungan sama sekali untuk Anda. Anda justru hanya akan menjadi lelah sendiri, membuang-buang biaya serta waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih bermanfaat.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, maka bisnis Anda perlu melakukan yang namanya segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah hal yang menjadi sebuah PR besar bagi banyak pebisnis muda di Indonesia.

Banyak pebisnis muda masih menganggap melakukan segmentasi pasar itu hal yang sulit. Ada juga yang tidak ingin repot melakukan survei, sehingga mereka mengklaim produk yang mereka jual bisa dikonsumsi siapa saja dari semua kalangan.

Tata cara berbisnis seperti ini jelas tidak efektif karena tidak memiliki fokus target utama yang dituju. Penjualan pun tidak dapat berjalan dengan optimal dan hasilnya, sumber daya yang Anda punya justru habis terbuang sia-sia atau tidak laku. Pada akhirnya, bisnis Anda pun dapat menuju kebangkrutan.

Padahal, saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah melakukan riset pasar atau segmentasi pasar ini. Apa sajakah kira-kira aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan tersebut?

Kali ini kami akan membahas terkait segmentasi pasar dan contohnya, beserta rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempraktekkannya pada bisnis online milik sendiri. Penasaran? Yuk langsung mulai membaca ke bagian selanjutnya!

Sekilas Tentang Segmentasi Pasar

segmentasi-pasar-1

Jika Anda tengah mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mendirikan bisnis online, maka Anda akan menemukan salah satu jawaban yakni membuat segmentasi pasar terbaik. Apa itu segmentasi pasar?

Segmentasi pasar adalah cara cara untuk mempermudah perusahaan saat melakukan pemasaran produk. Segmentasi pasar yang pas dan tepat akan menjadikan produk yang Anda jual laku lebih cepat karena berhasil menyasar kelompok masyarakat yang memang membutuhkan produk tersebut.

Segmentasi pasar adalah strategi bisnis yang mengelompokkan produk-produk agar sesuai dengan kebutuhan, minat, kemiripan, dan keinginan dari calon pelanggan. Jadinya, Anda bisa memasarkan produk ke masyarakat yang memang membutuhkan produk. Pemasaran yang tepat inilah yang bisa menjadikan bisnis online Anda tetap eksis.

Segmentasi pasar dan contohnya adalah seperti ini. Semisal Anda memiliki perusahaan pakaian trendi kekinian ala Korea. Maka, segmentasi pasar yang Anda bisa pilih adalah anak muda berjenis kelamin perempuan.

Kemudian, segmentasi tersebut dapat difokuskan menjadi anak muda perempuan yang senang berbelanja online. Anda juga bisa memfokuskan kembali segmentasi pasar tersebut dengan memilih anak-anak muda yang tengah menggandrungi budaya K-pop.

Sehingga, produk baju trend kekinian ala Korea Anda dapat lebih mudah untuk laku terjual di kalangan anak-anak muda penggemar K-pop.

Bagaimana, sudahkah Anda dapat memahami segmentasi pasar dan contohnya? Kemudian, segmentasi pasar dapat dilakukan dalam beberapa aspek atau jenis. Jenis-jenis segmentasi pasar adalah segmentasi lokasi, segmentasi harga, segmentasi waktu, segmentasi psikografis, segmentasi sosial budaya dan segmentasi demografis. Adapun penjelasan jenis-jenis segmentasi pasar adalah:

Segmentasi Lokasi

Segmentasi lokal adalah tipe segmentasi yang paling banyak diterapkan oleh para pebisnis di Indonesia. Semisal, target utama dari toko Anda adalah masyarakat di daerah Jakarta. Maka, Anda pasti akan membuat perusahaan atau anak cabang di Jakarta.

Dengan begini, perusahaan Anda pun dapat menjadi lebih dekat dengan konsumen sekaligus lebih mudah untuk memasarkan produk.

Segmentasi Harga

Selanjutnya adalah segmentasi harga. Pertimbangan segmentasi harga akan membantu Anda untuk mencari tahu kekuatan ekonomi dari target pasar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan juga harga produk dengan daya beli masyarakat.

Segmentasi Waktu

Segmentasi waktu pada prakteknya jarang digunakan oleh pebisnis, sebab momentum waktu hanya terjadi di saat-saat tertentu saja, semisal saat hari raya atau libur nasional. Alhasil, pemanfaatan momen waktu ini pun tidak terlalu direkomendasikan jika Anda hanya menggunakan satu aspek segmentasi ini saja dalam menyusun strategi pemasaran.

Sebab, pemasukan yang Anda dapatkan jika mengandalkan segmentasi waktu saja akan sangat sedikit.

Namun Anda bisa memanfaatkan segmentasi waktu sebagai momen terbaik untuk mengadakan promo tertentu atau promo besar-besaran guna mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.

Contoh dari pemanfaatan aspek waktu dalam segmentasi pasar adalah ketika Anda membuka jasa studio foto. Mungkin Anda bisa memberikan paket harga khusus untuk menarik lebih banyak minat konsumen di waktu-waktu tertentu, seperti musim masuk ajaran baru, periode wisuda, dan momen pernikahan.

Segmentasi Psikografis

Dalam aspek psikografis, segmentasi pasar adalah berfokus pada tingkah laku konsumen atau masyarakat ketika merespon adanya tren dan stimulasi dari produk.

Hasil analisis psikografis ini biasanya bersifat deskriptif dan agak sulit untuk diklasifikasikan ke dalam kelompok secara pasti karena sering ditemukan sifat anomali yang cukup besar.

Segmentasi Sosial-Budaya

Berikutnya adalah segmentasi sosial budaya yang menganalisis kehidupan sosial dan budaya dari masyarakat itu sendiri. Di sini Anda bisa menganalisis terkait kelas sosial, suku, adat istiadat dan aturan-aturan di masyarakat dan menyesuaikannya dengan layanan jasa atau produk yang Anda jual.

Semisal Anda memiliki perusahaan makanan di pulau Jawa. Masyarakat pulau Jawa mayoritas memeluk agama Islam dan mereka tidak memakan daging babi, karena menurut ajaran agama mereka, daging babi adalah haram.

Jadi, agar perusahaan makanan Anda mampu sukses bersaing di pasar masyarakat pulau Jawa, maka Anda harus memastikan produk makanan Anda 100% halal dan tidak mengandung bahan haram seperti babi.

Segmentasi Demografi

Terakhir adalah segmentasi demografi. Di sini, Anda menganalisis aneka faktor variabel seperti usia, latar belakang, pendidikan, jenis kelamin, dan penghasilan dari kelompok masyarakat target.

Sistem sementasi demografi ini adalah yang paling mudah sekaligus paling banyak digunakan oleh toko-toko.

Produk Anda pun dapat dengan lebih mudah menemukan sasaran pasarnya setelah Anda melakukan klasifikasi dan segmentasi demografi. Semisal, jika Anda membuat produk skincare, maka produk tersebut pastinya akan menyasar kelompok masyarakat dewasa bukan anak-anak.

Aplikasi Segmentasi Pasar Terpraktis | Cukup dengan Smartphone Saja

segmentasi-pasar-2

Anda telah memahami apa itu segmentasi pasar dan juga jenis-jenis segmentasi pasar yang bisa dipraktekkan. Kini tibalah waktunya kita melihat apa sajakah aplikasi segmentasi pasar yang dapat Anda coba gunakan untuk melakukan riset awal.

Berkat bantuan teknologi, sekarang  Anda tidak perlu lagi repot-repot turun ke pasar langsung untuk melakukan riset dan segmentasi.

Semua pekerjaan riset kini dapat dikerjakan dalam genggaman tangan semudah mengklik aplikasi. Beberapa rekomendasi aplikasi segmentasi pasar adalah sebagai berikut:

MarketMyBiz

Rekomendasi pertama aplikasi segmentasi pasar adalah MarketMyBiz. Aplikasi MarketMyBiz mempunyai desain yang cantik dan menarik untuk gadget iPad dan komputer tablet Android.

Adapun struktur navigasi milik aplikasi ini pun dapat dengan mudah membantu Anda merancang segmentasi pasar dan strategi pemasaran terbaik.

Begitu Anda sudah selesai melakukan riset, aplikasi MarketMyBiz akan menggabungkan jawaban Anda menjadi satu laporan sederhana yang bisa Anda simpan dan print.

File laporan pun juga dapat dibagikan ke sesama rekan kerja dalam format PDF. Semua fitur yang terdapat di aplikasi MarketMyBiz pun dapat Anda gunakan secara gratis.

Marketing Plan Premier

Selanjutnya rekomendasi aplikasi segmentasi pasar adalah aplikasi Marketing Plan Premier yang dimiliki khusus untuk gadget iPad atau tablet berbasis iOS. Aplikasi Marketing Plan Premier adalah aplikasi komprehensif yang bekerja selayaknya buku catatan kecil terkait pemasaran.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menuangkan beragam ide terkait solusi atau jawaban atas kebutuhan konsumen, melakukan riset segmentasi pasar, dan juga menyusun strategi promosi terbaik yang sesuai dengan masyarakat target pembeli.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk menentukan harga jual terbaik yang sesuai dengan target pasar Anda. Pun Anda bisa menganalisis para kompetitor bisnis yang ada di sekitar Anda.

Pada hasil akhirnya, aplikasi Marketing Plan Premier akan memberikan Anda sebuah laporan berupa ringkasan eksklusif yang bisa dikirim via email atau disimpan ke dropbox. Sayangnya, aplikasi Marketing Plan Premier ini tidak gratis alias Anda harus membayar sekitar $9.99.

Pembangun Cepat Rencana Bisnis

Rekomendasi selanjutnya dari aplikasi segmentasi pasar adalah aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis buatan Perrent Consulting Ltd, yang memang memiliki spesialisasi khusus dalam dunia perencanaan bisnis.

Dalam membantu Anda melakukan segmentasi pasar, aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis ini menawarkan metode sederhana berupa kuesioner yang harus Anda isi. Nantinya, dari hasil kuesioner tersebut, mesin akan memberikan saran dan hasil analisis berupa pilihan untuk menyusun strategi bisnis dan keuangan untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.

Pembangun Cepat Rencana Bisnis juga dapat memberikan bantuan pembuatan misi bisnis, memberikan saran atas langkah strategis pemasaran yang baik, serta melakukan kustomisasi dari rencana bisnis dengan opsi-opsi dan style khusus yang telah disediakan.

Aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis ini dapat diunduh secara gratis baik untuk gadget berbasis Android dan iOS. Anda juga tidak perlu cemas terganggu oleh iklan saat penggunaan, karena aplikasi ini bebas iklan meskipun gratis.

Marketing Plan App

Rekomendasi aplikasi segmentasi pasar terbaik yang terakhir adalah Marketing Plan App. Marketing Plan App dapat membantu Anda untuk melakukan segmentasi pasar dalam waktu singkat serta mendapatkan laporan yang mendalam.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu bimbingan khusus dalam waktu singkat. Marketing Plan App tersedia untuk platform gadget iOS dan Android.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan secara berbayar. meski demikian, aplikasi Marketing Plan App ini dapat membantu Anda untuk merancang segala visi-misi dari toko, menganalisis segmentasi pemasaran, menentukan anggaran pemasaran, hingga membuat dokumen dan membagikannya dengan mudah dalam aneka format.

Jadi, biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan aplikasi ini masih tergolong “worth it” alias layak untuk dicoba.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait aplikasi-aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan segmentasi pasar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Tetap ikuti website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih banyak terkait inspirasi dan tips optimalisasi bisnis digital, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Pinterest Bisnis : Berbisnis Unik dengan Pinterest Indonesia

0
pinterest bisnis

Berbisnis di media sosial saat ini sedang menjadi suatu tren khusus di dunia digital marketing. masyarakat pebisnis online biasanya melakukan bisnis media sosial di platform-platform mainstream  seperti Facebook Business, Instagram Business dan WhatsApp Business.

Masih jarang ada orang yang melakukan bisnis online di Pinterest Bisnis. Padahal, Pinterest adalah platform media sosial dengan kekuatan marketing online yang juga sangat potensial di masyarakat baik dalam ataupun luar negeri.

Platform media sosial Pinterest adalah tempat yang terkenal sebagai kumpulan dari foto-foto estetik. Oleh sebab itu, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara kerja dari Pinterest Bisnis ini. daripada penasaran, mari simak pembahasan lebih lanjut pada artikel edisi kali ini tentang berbisnis online di Pinterest. Selamat membaca!

Mengenal Pinterest Indonesia | Media Sosial Aesthetic dengan Potensi Bisnis Istimewa

pinterest-bisnis

Pernahkah Anda menggunakan media sosial Pinterest untuk menemukan aneka jenis foto estetik dan inspirasi desain? Pinterest adalah media sosial yang memang terkenal sebagai kumpulan dari  aneka foto estetik serta surganya bagi para pencari inspirasi desain.

Meski demikian, masih sama seperti media sosial lainnya, Pinterest pun menawarkan kesempatan berbisnis online yang potensial serta ampuh meningkatkan traffic dan interaksi pasar dengan akun jualan Anda.

Pada awal kehadirannya, Pinterest Bisnis sempat diremehkan oleh sebagian besar pebisnis online di seluruh dunia. Kedatangan Pinterest Bisnis dianggap tidak memberikan potensi sebesar dan sebaik media sosial berbasis bisnis lain, semacam Facebook Business, Instagram Business dan whatsapp Business.

Meskipun cara kerja dari Instagram Business dan Pinterest Bisnis terlihat mirip, namun image khas Pinterest yang menjadi di tempat khusus pin atau koleksi foto-foto estetik menjadikan banyak pebisnis meragukan potensi usaha yang dikembangkan di platform ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, kesangsian para pebisnis tersebut pun resmi terbantahkan. Kini mulai ada sejumlah pebisnis online yang mencoba memanfaatkan Pinterest untuk memasarkan dagangannya.

Terbukti,kini Pinterest bisnis mampu meningkatkan citra brand, menaikkan jumlah interaksi dengan pelanggan, serta meningkatkan trafik dari website toko online Anda secara signifikan.

Daya pikat Pinterest memang berbeda dibandingkan media sosial lainnya. Pinterest terbukti mampu menggaet masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap produk-produk yang diiklankan pada platform ini.

Hal ini disebabkan kembali lagi saat Anda memposting foto-foto produk jualan di Pinterest, foto tersebut pasti akan Anda sesuaikan dengan standar estetik khas gaya Pinteres. Keestetikan foto jualan dari produk Anda inilah yang terbukti ampuh memikat para calon konsumen agar berbelanja membeli produk yang mereka lihat.

Cara ini telah sukses ditempuh oleh toko online DaWanda yang menjual aneka kerajinan tangan. Dengan melebarkan usaha toko onlinenya ke Pinterest, perusahaan DaWanda berhasil meningkatkan trafik website mereka hingga mendekati angka 100%!

Pun mereka juga membuktikan bahwa penjualan toko mereka meningkat drastis saat memasarkan suatu produk di Pinterest melalui aneka konten visual yang estetik, cantik dan memiliki gaya khas tersendiri. Foto-foto yang menarik memang selalu menjadi strategi terbaik untuk menggaet minat dan keinginan konsumen untuk membeli barang.

Bagaimana, apakah Anda juga ingin mendulang kesuksesan berbisnis online dengan gaya unik dan baru seperti perusahaan DaWanda? Oleh sebab itu, yuk mulai lebarkan bisnis Anda ke media sosial Pinterest Bisnis Indonesia!

Untuk bisa menggunakan fitur Pinterest Bisnis, Anda bisa mengakses Pinterest di website resminya pada link: https://id.pinterest.com/ atau mendownload aplikasi Pinterest di Google Play Store secara gratis pada link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pinterest

Manfaat Berbisnis di Pinterest Indonesia

pinterest-bisnis-1

Mengapa Anda harus mencoba berbisnis di Pinterest Bisnis Indonesia saat ini? Sekiranya ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika mencoba mengembangkan toko online Anda di Pinterest Bisnis Indonesia. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain:

Mengembangkan Bisnis dengan Praktis

Berbisnis di Pinterest Bisnis Indonesia adalah metode mengelola usaha online yang praktis dan unik. Dengan Pinterest, Anda bisa leluasa mempublikasikan aneka jenis produk serta ide-ide atau solusi yang ditawarkan oleh bisnis Anda melalui media visual.

Anda pun bisa mengupload beraneka macam format media ke Pinterest, baik itu foto ataupun video tanpa adanya batasan limit. Semakin banyak foto dan video tentang usaha Anda yang dibagikan ke Pinterest, maka akan semakin besar juga kesempatan bagi toko Anda untuk dilirik banyak orang.

Kesempatan Berinteraksi dengan Semua Audience

Pinterest memberikan Anda kesempatan berinteraksi dengan semua audience. Ada banyak jenis interaksi yang bisa Anda buat di Pinterest, seperti mendapatkan jumlah like, komentar, hingga orang-orang mempin atau menyimpan foto-foto dari toko online Anda ke akun mereka sendiri.

Semakin estetik foto produk yang Anda upload ke Pinterest Bisnis, maka akan semakin besar potensi foto tersebut untuk dipin oleh masyarakat ke board mereka. Selain itu juga, Anda bisa menyertakan link website pada setiap unggahan foto Anda. Sebab, besar kemungkinan pengguna Pinterest merasa tertarik untuk mengunjungi website Anda setelah mereka melihat foto produk dan sekilas caption yang Anda berikan pada postingan.

Jadi, mereka pun ingin mencari tahu lebih lanjut tentang detil produk di halaman website. Dengan begini, Anda juga sudah bisa sekalian menghasilkan traffic website baru melalui Pinterest.

Beriklan Gratis Tanpa Biaya

Anda bebas mengupload foto maupun video, berapa saja dan kapan saja di Pinterest. Anda juga bebas menjadikan foto maupun video pilihan terbaik sebagai iklan untuk dipasang di akun Pinterest Bisnis Anda.

Pemasangan iklan ini dilakukan secara gratis! Yang penting untuk Anda fokuskan hanyalah membuat postingan-postingan konten yang menarik dan se-estetik mungkin agar iklan Anda menjadi semakin mudah menarik perhatian masyarakat.

Mudah Dimulai Siapa Saja

Manfaat terakhir dari berbisnis di Pinterest Indonesia adalah mudah dilakukan dan dimulai oleh siapa saja, termasuk Anda sendiri jika belum berpengalaman menggunakan Pinterest. Berbisnis di Pinterest dapat dilakukan dalam tiga cara.

Pertama, membuat profil akun toko. Selanjutnya, mencantumkan halaman situs web toko Anda agar tautan bisa tampil di setiap postingan Pinterest yang Anda unggah. Kemudian, rajin-rajin mengupload konten ke Pinterest.

Dengan tiga langkah mudah itu, bisnis Anda sudah dapat berkembang sendiri menggunakan kekuatan visualnya di Pinterest. Mudah sekali, bukan? Nah, untuk memaksimalkan pengembangan bisnis Anda di Pinterest, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

Tips Mudah Berbisnis Online di Pinterest Untuk Pemula

pinterest-bisnis-2

Anda telah mengetahui bagaimana media sosial Pinterest menawarkan kehebatan visual untuk mendongkrak perkembangan bisnis online Anda di kalangan warganet.

Namun jika Anda masih bingung bagaimana cara berbisnis online yang baik dan mudah untuk pemula pada platform Pinterest, maka Anda bisa menyimak tips dan trik berikut ini:

Menyusun Konten yang Pas dan Proporsional

Pinterest menyediakan aneka konten foto dalam berbagai ukuran. Namun ada jenis ukuran foto tertentu yang dapat memaksimalkan perkembangan bisnis online Anda di Pinterest. Rasio terbaik foto dan video yang bisa Anda aplikasikan pada konten Pinterest Anda adalah perbandingan 1:3, 2:3, memakai bentuk vertikal dan minimal berukuran 600 pixel.

Video dan foto dengan ketentuan ini memiliki resolusi dan tampilan yang baik serta pas untuk memasarkan produk secara online di Pinterest.

Jangan lupa juga untuk membubuhkan informasi dan caption unik dengan metode copywriting yang kreatif. Sehingga, foto Anda menjadi semakin menarik ketika dilihat oleh calon konsumen.

Beberapa metode copywriting yang biasa diterapkan dalam postingan Pinterest seperti ajakan call to action, link yang merujuk pada promosi atau alamat website, hingga penjelasan singkat mengapa produk yang ditampilkan bisa membawa manfaat untuk masyarakat.

Meningkatkan Visibilitas Akun dan Postingan Pinterest Anda

Selanjutnya, Anda juga harus berusaha meningkatkan visibilitas dari akun dan postingan Pinterest Bisnis Anda. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyambungkan alamat website toko online dan nama brand pada profil Pinterest.

Kemudian, Anda juga bisa menyambungkan postingan dan profil Pinterest dengan laman Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan media sosial bisnis lainnya yang Anda punya untuk meningkatkan visibilitas akun dan postingan.

Membuatkan Board Khusus Karyawan

Selain menonjolkan toko melalui postingan milik akun toko, Anda juga bisa menonjolkan kehidupan perusahaan melalui board khusus yang dibuatkan untuk karyawan. Melalui board ini, Anda bisa menampung seluruh kreativitas dan sisi unik dari aktivitas para karyawan saat bekerja sehari-hari.

Semisal Anda mempunyai perusahaan makanan online. Nantinya, setiap chef bisa memposting hasil karya makanan terbaik mereka ke Pinterest melalui board yang telah disiapkan.

Jadi, masyarakat yang sedang browsing terkait makanan pun berkesempatan untuk melihat hasil karya para chef Anda dan menjadi tertarik untuk mencoba langsung menu yang terpampang di foto.

Membuat Pin serta Board yang Mudah Dicari di Search Engine

Tips terakhir adalah Anda harus membuat pin serta board yang mudah untuk dicari di search engine Google. Lebih baik sesuaikanlah nama dari konten yang Anda posting dengan keyword yang tepat, sehingga mesin pencari pun dapat menemukan dan menampilkan konten Anda ketika ada orang yang menelusuri keyword tersebut.

Anda juga bisa memasukkan kata kunci pada kolom deskripsi konten dan nama board di Pinterest. Memasukkan link dan tag juga akan mampu mendongkrak visibilitas dari website bisnis Anda dan juga akun Pinterest bisnis Anda sendiri.

Kombinasi dari semua elemen tersebut akan membantu memudahkan sekaligus memastikan board Pinterest Anda memperoleh posisi tinggi dalam setiap penelusuran.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Pinterest Bisnis Indonesia sebagai rekomendasi platform pengembangan toko online terbaik yang wajib Anda coba.

Semoga artikel kali ini mampu menambah pengetahuan Anda terkait melebarkan usaha online, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Sociolla adalah : Mengintip Kesuksesan Sociolla Indonesia

0
sociolla adalah

Salah satu jenis produk yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah peralatan skincare dan make-up belakangan ini, trend skincare dan make-up bertumbuh dengan sangat pesat dan memiliki potensi bisnis yang sangat menguntungkan.

Terlebih, semenjak produk skincare dan make-up luar negeri mulai merambah ke Tanah Air. Alhasil, pasar produk kecantikan pun mulai berkembang secara signifikan di Indonesia.

Dibandingkan dengan zaman dahulu, aktivitas belanja di era modern saat ini memang sudah sangat praktis berkat bantuan teknologi digital.

Kita bisa melakukan belanja online dan bisa membeli aneka produk, baik buatan dalam ataupun luar negeri semudah mengklik aplikasi di gadget.

Selain itu, berbelanja online juga memberikan kita harga produk yang lebih murah. Kehadiran teknologi menjadi salah satu faktor pendukung dari keberhasilan bisnis produk skincare dan make-up di Tanah Air.

Hal ini telah dibuktikan oleh perusahaan skincare dan make-up nomor 1 di Indonesia bernama Sociolla Indonesia

Pernahkah Anda mendengar nama perusahaan kecantikan Sociolla Indonesia sebelumnya? Nama bisnis online yang satu ini memang sangat terkenal dan selalu direkomendasikan sebagai juaranya untuk toko produk-produk kecantikan.

Untuk Anda yang juga memiliki minat serta passion di bidang kecantikan, tidak ada salahnya untuk belajar membuka bisnis online produk-produk skincare dan make-up dari Sociolla.

Pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam terkait brand bisnis kecantikan online terbaik Sociolla Indonesia.

Kira-kira seperti apa sistem kerja, sejarah perkembangan dan juga keuntungan yang ditawarkan dari Sociolla kepada para konsumennya? Mari cari tahu inspirasi dan jawabannya secara lebih lanjut pada artikel berikut ini!

Menggali Inspirasi Kesuksesan Bisnis Kecantikan Online dari Sociolla

online-shop-beauty-1

Para wanita tentunya menggemari banyak hal, mulai dari pernak-pernik lucu, pakaian trendi kekinian, aksesoris, sepatu dan tas yang cantik, apalagi produk-produk skincare dan make-up. Ketika membahas produk skincare dan make-up, sulit rasanya bagi wanita mana saja untuk tidak merasa tertarik.

Terlebih di masa modern saat ini, ada banyak sekali produk-produk skincare dan make-up berkualitas yang bebas dijual antar negara.

Di tahun 2000 ini, anda bisa melihat sendiri secara langsung pesatnya perkembangan brand skincare dan make-up buatan lokal dan luar seperti korea dan amerika di pasar indonesia.

Mungkin masih ada sebagian orang yang belum menyadari bahwa bisnis online skincare dan make-up memiliki peluang kesuksesan yang sama besarnya dengan produk-produk laris manis lainnya seperti fashion, makanan dan gadget.

Dibandingkan dengan zaman dahulu, bisnis skincare dan produk kecantikan memang tidak berkembang semasif saat ini.

Perubahan ini pula didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi yang bisa diaplikasikan pada peranan bisnis perusahaan kecantikan.

Sociolla adalah salah satu bukti nyata keberhasilan dari bisnis skincare dan make-up secara online tersebut. Nyatanya, kita tidak dapat menutup mata lagi bahwa potensi bisnis skincare dan make-up adalah salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan di abad 20. Kini, tibalah juga waktunya bagi Anda yang memiliki minat dan kesukaan di dunia kecantikan untuk mulai unjuk gigi dan meraih peluang sukses berbisnis online di bidang tersebut!

Sociolla adalah nama perusahaan bisnis online khususnya di bidang kecantikan yang paling terkenal dan selalu direkomendasikan di kalangan masyarakat Indonesia. Nama Sociolla adalah hal yang selalu dicari oleh masyarakat di Google Search ketika mereka hendak berbelanja produk kecantikan secara online.

Maraknya perkembangan produk kecantikan online memang memberikan celah bagi para penjual skincare abal-abal untuk membuat produk-produk palsu dan menjualnya dengan harga murah.

Oleh sebab itu para wanita pun akhirnya berusaha menjadi lebih selektif dalam memilih platform belanja skincare online terbaik. Berawal dari sanalah, kesuksesan sociolla ini dimulai di masyarakat.

Sociolla adalah sebuah beauty online store yang sangat lengkap, berkualitas dan terpercaya di Indonesia.

Ada beragam benda yang bisa Anda beli di website Sociolla. Mulai dari produk-produk skincare atau perawatan kulit, parfum, produk-produk make-up dan peralatan kosmetika pendukung lainnya. Semuanya tersedia lengkap, original dan tentunya dijual dengan harga yang kompetitif.

Bahkan ada banyak agen reseller produk kosmetika yang mengambil produk langsung dari Sociolla. Biasanya dengan mengklaim bahwa mereka adalah reseller resmi dari Sociolla, maka online shop milik para agen ini akan lebih cepat terkenal oleh masyarakat.

Hal ini disebabkan salah satunya karena branding dari perusahaan Sociolla yang sangat baik. Pun tidak sedikit juga beauty vlogger atau beauty influencer yang sering merekomendasikan Sociolla sebagai tempat terbaik untuk membeli produk produk kosmetika dan skincare terbaru, baik yang diproduksi di dalam ataupun luar negeri.

Kesuksesan branding Sociolla adalah inspirasi sekaligus kunci terbaik yang harus Anda pahami betul-betul agar bisnis online shop kecantikan Anda pun bisa menjadi sama suksesnya di masyarakat. Kira-kira, mengapa perusahaan Sociolla ini bisa menjadi sangat terpercaya di masyarakat?

Jawabannya ternyata karena Sociolla adalah perusahaan kecantikan yang selalu menjamin semua produk yang mereka jual merupakan produk-produk resmi, original, aman dan terdaftar di Badan POM Indonesia.

Pelayanan prima yang diberikan oleh perusahaan Sociolla adalah kunci yang menjadikannya mampu bertahan di tengah-tengah persaingan pasar bisnis online kosmetika dengan brand-brand ternama lain.

Jadi, jika Anda juga ingin mendirikan bisnis online kecantikan sendiri, maka Anda harus mengedepankan sikap jujur dan memberikan produk serta layanan terbaik untuk para konsumen seperti yang dilakukan oleh Sociolla.

Adapun sosok hebat di balik kesuksesan Sociolla adalah Chrisanti Indiana. Chrisanti adalah seorang desainer grafis muda yang pernah menempuh pendidikan di Sydney, Australia. Meskipun berawal menjadi seorang desainer grafis, ia pada akhirnya memilih untuk mencoba menjalankan sebuah bisnis online produk kecantikan.

Alasannya berkecimpung di dunia bisnis kecantikan pun tidak bertele-tele. Saat itu Chrisanti memang hanya sedang menggemari produk-produk kecantikan saja.

Akhirnya, perusahaan dan website Sociolla pun didirikan pada tahun 2015 dengan satu tujuan, yakni memfasilitasi belanja online produk-produk skincare secara aman, nyaman dan mudah bagi seluruh wanita di Indonesia.

Berkat pelayanannya yang baik dan kepercayaan besar yang didapatkannya dari masyarakat, perusahaan Sociolla pun sukses mendapatkan pendanaan sebesar 168 miliar rupiah dari perusahaan East Ventures pada tahun 2018. Wah, keren sekali ya!

Untuk bisa berbelanja di Sociolla Anda cukup mengakses website resmi mereka di www.sociolla.com, atau mendownload aplikasi resmi Sociolla dari Google Play Store secara gratis melalui link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.socialbella.soco

Manfaat Memakai Sociolla

online-shop-beauty-2

Belanja online memang sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern kekinian. Apapun dapat dibeli secara online, termasuk produk-produk skincare dan kosmetik.

Salah satu tujuan dari kehadiran Sociolla adalah untuk mempermudah setiap wanita Indonesia dalam memperoleh produk-produk skincare yang menjadi kebutuhannya.

Anda pun tentunya bisa mendirikan bisnis online sesukses Sociolla jika platform bisnis kecantikan Anda mampu menawarkan manfaat-manfaat yang sama beragamnya dengan Sociolla. Adapun beberapa manfaat yang sering dirasakan oleh konsumen saat berbelanja di Sociolla antara lain:

Menawarkan Fitur Belanja yang Lengkap

Kehadiran teknologi dalam dunia bisnis diharapkan dapat membawa banyak kemudahan bagi setiap konsumen. Oleh sebab itu, website kecantikan Sociolla  menawarkan banyak sekali fitur belanja yang lengkap guna mempermudah dan menguntungkan transaksi setiap konsumen.

Adapun fitur-fitur tersebut antara lain fitur promosi, voucher belanja, free ongkir, diskon hingga fitur filter dan pencarian produk yang sangat mudah dan akurat. Jadi, setiap konsumen dapat mencari produk yang mereka butuhkan dalam hitungan detik dan bisa berbelanja jauh lebih hemat dengan memanfaatkan aneka diskon yang tersedia.

Beauty Journal

Tak hanya terkenal sebagai platform belanja online skincare yang aman dan terpercaya, Sociolla juga menghadirkan fitur unggulan bernama Beauty Journal.

Di sini, setiap konsumen bisa mendapatkan edukasi gratis terkait dunia kecantikan dan merawat diri sendiri. Mulai dari tips-tips pemilihan produk skincare untuk jenis kulit tertentu, tips make-up, dan masih banyak lagi.

Penyediaan edukasi gratis seperti ini sangat ampuh untuk menarik minat dan perhatian dari setiap konsumen dan juga calon konsumen. Sebab, seringkali para wanita kebingungan untuk membeli produk kecantikan yang dijual di pasaran.

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali produk-produk skincare dan make-up yang menggiurkan untuk dicoba. Selain itu masih ada pula masyarakat yang masih awam atau baru belajar terkait tata cara penggunaan skincare yang benar.

Terbukti semenjak menghadirkan fitur Beauty Journal berupa platform komunitas kecantikan beserta aneka tips di dalamnya, website Sociolla mengalami peningkatan jumlah trafik hingga mencapai 4,8 juta lebih kunjungan dalam satu tahunnya.

Jumlah trafik yang fantastis ini pun menjadi bukti yang memperkuat kesuksesan dan kepercayaan masyarakat atas website Sociolla.

Produk Original dan Tersertifikasi BPOM

Manfaat belanja di Sociolla yang ketiga adalah Anda bisa mendapatkan aneka produk skincare, baik produksi dalam ataupun luar negeri yang original 100%.

Untuk membuktikannya sendiri, Anda bisa langsung mengecek kode barcode atau serial kode number yang tersedia pada deskripsi produk di halaman website Sociolla ke web pengecekan kode BPOM di link: https://cekbpom.pom.go.id/

Dengan mengetahui bahwa produk yang Anda beli adalah original, maka Anda akan terbebas dari perasaan was-was dari mendapatkan produk-produk palsu.

Cara Mudah Belanja di Sociolla

Bagaimana cara kerja dari Sociolla untuk menjual aneka produknya? Anda bisa mempelajari cara kerja Sociolla melalui tahapan-tahapan cara belanja di platform beauty store yang satu ini. Anda pun bisa menerapkan mekanisme penjualan dan pembelian yang serupa di toko online kosmetik milik Anda sendiri.

Berikut adalah tata cara belanja mudah di Sociolla:

  1. Buka browser dan masuk ke website official Sociolla yakni: www.sociolla.com.
  2. Jika sudah mempunyai akun, maka anda bisa langsung login ke website. Namun apabila belum, maka Anda harus membuat akun SOCO terlebih dahulu. Untuk membuat akun, Anda hanya akan dimintakan alamat email saja. Proses pendaftaran akun pun tidak rumit dan dapat diselesaikan dalam hitungan kurang dari 5 menit.
  3. Begitu mempunyai akun, maka Anda sudah bisa mulai berbelanja di Sociolla. Cukup cari produk, masukkan ke keranjang, lalu pilih menu check-out.
  4. Saat melakukan check-out, Anda bisa sekalian menentukan metode pembayaran seperti pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Jangan lupa juga sertakan alamat lokasi pengiriman yang tepat agar paket Anda bisa sampai dengan selamat ke rumah Anda.
  5. Begitu produk diterima, maka Anda bisa langsung mencoba dan memberikan review atau testimoni penggunaan dari produk ke akun Sociolla Anda. Nantinya, review Anda dapat membantu calon konsumen lain yang tertarik untuk mencoba produk yang pernah Anda beli.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara berbelanja dan mendapatkan aneka keuntungan di online beauty store terbesar se-Indonesia Sociolla?

Sayangnya, masih terdapat kekurangan dari online store yang satu ini. Beberapa kekurangan dari Sociolla adalah costumer servicenya yang tidak melayani konsumen selama 24 jam penuh dan hanya beroperasi di hari kerja yakni Senin sampai Jumat.

Selain itu, jasa ekspedisi logistik pengiriman Sociolla masih terbatas, tidak sebanyak ekspedisi yang digunakan oleh e-commerce lainnya.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait brand dan perusahaan beauty store terbesar se-Indonesia Sociolla. Semoga artikel kali ini mampu memotivasi dan menginspirasi Anda yang ingin memulai bisnis online di bidang kecantikan!

Terima kasih sudah membaca sampai di sini. Sampai jumpa di artikel menarik inspiratif tentang dunia bisnis digital lainnya dari kami.

Membuat Website yang Memenuhi Standar Pencarian Menggunakan Jasa SEO Berkualitas

0
jasa-seo-berkualitas

Apabila Anda memutuskan untuk membuat website, saya yakin yang Anda harapkan website Anda menjadi yang teratas muncul pada mesin pencarian. Jika Anda menginginkan hal tersebut, maka gunakan jasa SEO cepat dan jasa SEO berkualitas.

Peranaan SEO sangatlah signifikan untuk perkembangan Website. SEO menjadi hal yang wajib dilakukan untuk pemilik website, apalagi persaingan di mesin pencarian seperti, Google, Bing, dan lainnya tidaklah mudah, Anda akan banyak menemukan kompetitor website lain yang menerapkan jasa SEO berkualitas pada website miliknya.

Jika pendatang baru yang bertanggung jawab atas situs web diberi misi “peringkat tinggi dengan SEO”, pertama-tama baca buku, crawl situs web, dan miliki tag judul untuk peringkat tinggi. Saya pikir ada banyak orang yang mengumpulkan teknik seperti ini yang perlu. Ini tentu saja bukan kesalahan, tetapi dalam banyak kasus tampaknya SEO terlalu sulit untuk dipikirkan.

Baca juga : Apa Itu Jasa SEO? Layanan Jasa SEO Murah dan Profesional di Indonesia

Ide dasar SEO bukanlah untuk berpikir “apa teknik untuk menampilkan bagian atas”, tetapi “apa informasi yang diinginkan pengguna”. Sehingga sangat diperlukan penggunaan jasa SEO cepat dan berkualitas. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu SEO ?

apa-itu-seo

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh mengenai website yang memenuhi standar pencarian kita harus mengetahui apa itu SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah praktik untuk meningkatkan traffic website baik dari segi kuantitas maupun kualitas melalui pencarian organik menggunakan mesin pencari.

Saat angka kualitas traffic naik maka angka keterkaitan pada website Anda juga akan besar, sehingga hal ini akan berpengaruh pada produk atau jasa Anda agar lebih berkembang dan hal inilah yang menjadi tantangan yang dihadapi oleh para pemilik website.

Pernahkah Anda memperhatikan atau mempraktikkan sendiri, ketika mencari sesuatu pada mesin pencarian dengan kata kunci yang sama namun tiap website menghasilkan traffic berbeda pada mesin pencari. Oleh karena itu kita harus memahami cara kerja mesin pencari, hal ini dikarenakan mesin pencari tersebut memiliki prinsip cara kerja.

Prinsip Cara Kerja Mesin Pencari

Crawling

Crawling adalah proses perayapan yang dilakukan oleh bot pada sebuah website. Tujuannya adalah agar mesin pencari bisa mengetahui apa saja konten yang ada di dalam website. Dalam beberapa kasus yang terjadi, bot ini tidak hanya terdapat pada konten tetapi juga ditemukan pada file.

Maka bukan suatu hal yang tidak biasa lagi jika ada banyak jenis file yang seperti PDF, XLS dan lain sebagainya yang akan muncul di halaman hasil pencarian. Jadi kalau website Anda ingin muncul di halaman pertama dan berada di rangking teratas hasil pencarian, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengijinkan bot merayapi website Anda.

Caranya adalah dengan mengupload sebuah file yang bernama robots.txt di bagian root website Anda yang perlu diperhatikan pada proses crawling ini adalah tidak semua bagian di website kita berikan hak aksesnya ke bot.

Hanya pada bagian yang bersifat publik saja yang kita berikan aksesnya. Jangan sampai file yang seharusnya bersifat pribadi milik perusahaan dapat diakses oleh bot. Jika ini sampai terjadi maka akan membuat website Anda menjadi mudah untuk diretas.

Indexing

Proses indexing merupakan proses yang menampilkan halaman website Anda di halaman hasil pencarian. Tidak harus selalu mengutamakan harus berapa di posisi yang mana, yang terpenting adalah seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut, maka halaman website Anda sudah berada di list yang akan direkomendasikan oleh mesin pencari.

Untuk mengetahui apakah website Anda sudah terindex atau belum caranya tidak sulit, yaitu dengan mengetikkan text berikut ini di mesin pencari (Google) : site:url-halaman-konten-Anda

Ranking

Ranking merupakan proses terakhir, cara kerjanya adalah melakukan perangkingan terhadap semua wesbite yang sudah terindex. Pada intinya, website yang paling relevan dengan kata kunci pada pencari menempati posisi teratas di halaman yang paling depan. Tetapi jika semua website yang terindex sudah relevan, maka yang dipertimbangkan adalah popularitasnya.

Mana yang lebih populer maka akan berada di posisi yang paling atas. Popularitas website di yang dimaksud seperti : jumlah share di sosial media, bagaimana user experience atau rating pada website tersebut, dan lain sebagainya.

Mengapa Perlu Mempertimbangkan Niat Pencarian (Intent) ?

Jika Anda ingin meningkatkan situs perusahaan Anda dan menjadi pengelola situs web berperingkat tinggi sebagai orang Web, mengapa tidak mempertimbangkan secara menyeluruh “apa yang ingin dikunjungi oleh pengguna situs web Anda sebagai langkah pertama?

Alat SEO adalah alat pemasaran konten yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menganalisis masalah SEO, merumuskan langkah-langkah, dan mengukur efek dengan UI sederhana.

Di masa lalu, ada kasus di mana fungsi tidak cukup atau fungsi terlalu banyak untuk digunakan, tetapi dalam pencarian, profesional memilih hanya fungsi yang benar-benar diperlukan. Oleh karena itu, ini adalah alat yang mudah digunakan bahkan bagi mereka yang memulai pemasaran konten untuk SEO atau pemula yang tidak terbiasa dengan SEO.

Karena “sistem lisensi gratis” yang tidak mengubah harga bahkan jika beberapa pengguna terhubung pada waktu yang sama dan fungsi manajemen tugas diterapkan, juga dimungkinkan untuk melakukan pemantauan KPI dan manajemen tugas pelaksanaan tugas untuk seluruh tim.

Selain itu, ada rencana bahwa konsultan SEO dengan lebih dari 5.000 dukungan dukungan dari dukungan operasi alat untuk perencanaan strategi SEO, sehingga bahkan mereka yang khawatir tentang in-house dapat menggunakannya dengan percaya diri, dan sangat dianjurkan untuk pemula hingga pengguna menengah.

Teknik Jasa SEO Cepat dan Berkualitas Membuat Website Anda Memenuhi Standar pada Mesin

teknik-seo

Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset keyword akan sangat membantu dalam menemukan kata kunci yang relevan bagi pembaca. Berikut adalah lima indikator riset keyword yang perlu Anda perhatikan :

Volume Pencarian

Merupakan jumlah pencarian sebuah kata kunci dalam kurun waktu tertentu

Tingkat Kesulitan Keyword

Ini menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.

Saran Kata Kunci

Kumpulan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda riset.

SERP atau Search Engine Result Page

Menunjukkan halaman-halaman yang menduduki 10 peringkat teratas di hasil pencarian kata kunci yang Anda riset.

Search Intent

Adalah sebuah kata kunci yang memiliki lebih dari satu interpretasi dan Google mengutamakan interpretasi yang sesuai dengan keinginan pencari.

Targetkan Long Tail Keyword

Ada dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah kata, yakni short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah suatu kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata seperti “menggunakan e-mail” dan “membuat blog”.

Di sisi lain, long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih seperti “Cara membuat video Youtube dengan DSLR” dan “cara mengirim baran dengan Ekspedisi”. Volume pencarian long tail keyword biasanya lebih kecil dibandingkan short tail keyword.

Namun, long tail keyword lebih efektif digunakan untuk dapat meningkatkan trafik. Menurut Neil Patel, long tail keyword dapat mendatangkan trafik hingga 70 persen lebih tinggi dibandingkan penggunaan short tail keyword.

Optimasi Meta Tags

Setelah menulis konten yang terdiri dari ribuan kata, hanya sebagian kecilnya saja yang akan muncul di hasil pencarian. Hasil pencarian hanya akan menampilkan meta tags beserta bagian-bagiannya yakni title tag dan meta description.

Title tag adalah judul artikel yang akan muncul pada hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang dan harus disesuaikan dengan standarnya. Sedangkan meta description adalah teks singkat yang berisi deskripsi singkat dari konten Anda yang akan muncul di hasil pencarian. Meta description biasanya terdiri dari 110 sampai 120 karakter dan terletak tepat di bawah judul dan URL artikel.

Yang menjadi tantangan adalah Anda harus bisa membuat judul semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca, namun tidak melebihi batasan kata yang ditentukan Google. Tentunya Anda juga harus bisa merangkum keseluruhan isi artikel ke dalam 110 sampai 120 karakter untuk dapat ditampilkan sebagai deskripsi singkat terkait artikel yang Anda buat.

Kesimpulan

Situs website yang baik adalah situs yang dapat mencapai tujuan pemilik website, entah itu untuk memperkenalkan jasa SEO cepat maupun jasa SEO berkualitas, maupun bertujuan untuk menjual produk yang ditawarkan. Sedangkan situs website yang mengabaikan pengguna dan informasi akan menyebabkan kekacauan dan rugi terhadap waktu.

Jika Anda adalah seorang pemilik website yang mencoba meningkatkan laman website Anda dan memunculkannya sebagai laman teratas di mesin pencarian, langkah pertama adalah berpikir secara menyeluruh tentang apa yang dicari pengguna situs web Anda. Jika Anda membutuhkan jasa SEO berkualitas dan jasa SEO cepat Anda dapat memeriksanya di sini.

Caption-Caption Menarik yang Bagus Digunakan untuk Berpromosi di Instagram!

0
caption menarik

 

Ins-Ta-Gram!

Siapa yang tidak kenal Instagram, sosial media yang satu ini banyak dipergunakan untuk membagikan gambar dan foto, sehingga sering dianggap yang paling menarik, karena banyak menampilkan gambar-gambar dan foto yang menarik.

Namun, siapa sangka, melalui fitur-fitur-nya Instagram dapat dipergunakan untuk berpromosi, seperti post, hashtag, caption, bio dan follower. Semua ini merupakan strategi-strategi Instagram Marketing.

Masing-masing fitur tersebut memiliki pengaruhnya masing-masing, hashtag  contohnya, dapat membantu Anda untuk mengelompokkan foto dan video ke dalam suatu kategori tertentu, dengan begitu bisnis Anda jadi mudah ditemukan.

Atau caption, Anda bisa menuliskan kata-kata yang menarik perhatian calon audiens Anda. Tulisan yang berbeda, memiliki pengaruh yang berbeda, untuk audiens yang berbeda.

Lalu mengapa caption dapat dianggap lebih menarik?

Dengan membagikan foto dengan disertai caption pendukung yang menarik, akan menjadikan gambar postingan Anda menjadi lebih menarik juga!

Lalu, apa manfaatnya caption untuk Anda berpromosi? Yuk, sama-sama dicermati!

Caption Menarik di Instagram

Caption adalah kalimat singkat pendek yang mendukung gambar atau video yang diunggah ke sosial media, sesuai dengan keinginan masing-masing individu. Dengan adanya caption, Anda dapat menggambarkan keinginan atau perasaan Anda, bahkan maksud dari gambar atau video yang diunggah ke akun Instagram Anda.

Lalu, apa manfaat caption yang menarik untuk bisnis Anda?

Melalui caption yang menarik akan membuat postingan gambar atau video di Instagram Anda menjadi semakin terlihat keren juga menarik.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, caption adalah suatu tulisan pendek. Tulisan pendek yang mengilustrasikan sesuatu bisa menjadi sebuah gambaran dari perasaan sang penulis.

Dengan adanya caption juga, postingan Anda bisa menjadi ungkapan yang mungkin bisa disadari oleh pembaca. Oleh karena itu, tidak jarang banyak yang menyisipkan suatu makna.

Baca juga : Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

Manfaat Caption  bagi Pengguna Instagram!

caption-instagram-1

1. Memaknai Gambar atau Video

Salah satu fungsi caption adalah untuk memberi arti mengenai gambar atau video yang akan di-posting, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Dengan adanya suatu penjelasan singkat dan menarik mengenai postingan Anda, akan memberikan gambaran ke pembaca mengenai maksud dan tujuan postingan Anda.

Tak jarang penjelasan singkat mengenai postingan Anda akan membuat gambar atau video postingan Anda semakin mudah ditebak. Tak jarang juga, penjelasan pada gambar atau video postingan Anda juga akan mendukung terhadap ketertarikan postingan Anda di sosial media.

2. Memberikan Suatu Pesan atau Makna

Pesan yang disampaikan penulis akan dibaca oleh para pengguna sosial media, dengan begitu juga akan menjadi suatu ajang untuk memberikan pesan kepada sesama pengguna sosial media. Pesan yang disampaikan pun bermacam-macam bentuknya.

Oleh karena itu dukungan caption untuk memberikan pesan semakin dipermudah untuk digunakan sekaligus diakses, dengan begitu pesan yang Anda sampaikan bisa tersampaikan ke pengguna sosial media lainnya.

Tanpa menggunakan surat personal pun, Anda juga dapat menggunakan caption untuk menyiratkan maksud tersembunyi. Tidak jarang, caption sering ditemui dengan kalimat puitis yang menggambarkan suatu makna. Tentunya hal ini juga akan mendukung postingan yang Anda post di sosial media Anda.

3. Menyatakan Suatu Perasaan

Perasaan apapun bisa Anda ceritakan dalam sebuah caption. Anda secara tidak langsung bisa menceritakan suatu perasaan, baik itu keresahan, kegembiraan, kesenduan, dan banyak hal lainnya, mengenai sesuatu.

Dengan menggunakan caption menarik yang cocok, dapat mendukung Anda untuk mengutarakan perasaan Anda.

Oleh karena adanya caption yang menarik, sosial media menjadi media untuk menyatakan perasaan Anda saat ini atau saat-saat tertentu, berbagi momen-momen dengan perasaan-perasaan tertentu, ke sesama pengguna sosial media lain, adalah hal yang biasa di sosial media.

4. Kebutuhan Bisnis

Dengan adanya sosial media dapat meningkatkan profitabilitas bisnis Anda. Caption bisa dipergunakan untuk menjelaskan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Sehingga berbagai produk menarik dapat diakses oleh para pengguna sosial media lain.

Dengan adanya caption tersebut, penggunaan sosial media untuk kepentingan bisnis akan semakin meningkat. Caption bisa menjelaskan suatu produk bahkan penjelasan untuk memesan produk yang Anda tawarkan.

Contoh-Contoh Caption Menarik untuk Promosi Bisnis Anda!

caption-instagram-2

1. Promosi dalam Bentuk Kalimat Permohonan

Melalui caption dengan kategori yang satu ini Anda tengah membujuk target audiens Anda untuk mengenal lebih jauh produk bisnis Anda. Gelitiklah rasa penasaran mereka terhadap produk atau layanan Anda melalui gambar atau video menarik yang dilengkapi dengan caption menarik, seperti:

  • “Lagi cari gadget murah? Yuk, klik tautan di bio kami yang satu ini!”
  • Don’t miss it! Yuk, cermati dan datangi agen resmi kami di kotamu!”

2. Promosi dengan Menggunakan Caption Menarik yang Menarik Perhatian!

Untuk caption yang satu ini, Anda bisa menggunakan kata-kata seperti ‘gratis’ atau ‘bonus’, karena pada umumnya orang-orang akan tertarik dengan hal-hal tersebut.

Kata-kata ini tetap saja akan menarik konsumen sampai kapanpun. Anda dapat menekankan lebih jauh soal kesempatan yang mungkin akan jarang ditemukan oleh calon pembeli Anda, dengan begitu Anda segera melakukan pembelian. Sebagai contoh, caption menarik tersebut adalah:

  • “Promo spesial khusus untukmu! Beli dua gratis satu!”
  • “Spesial! Hari ini saja! Gratis satu untuk setiap pembelian!”

3. Lakukan Promosi dengan Elemen yang Menantang!

Kategori caption menarik yang satu ini, menggunakan elemen yang menantang, menggunakan alam bawah sadar manusia, dan secara umum mereka akan langsung tertarik dengan kata-kata ujaran yang satu ini. Mereka calon audiens secara halus diingatkan untuk tidak melewatkan kesempatan langka yang Anda ciptakan!

  • “Diskon besar-besaran! Pesan sebelum habis!”
  • “Cuci gudang, off up to 50%!”

4. Promosi dengan Kata-Kata yang Catchy nan Menarik!

Kata-kata yang catchy yang menarik adalah strategi marketing yang tak lekang oleh waktu. Anda bisa merumuskan sendiri caption menarik yang gampang diingat sekaligus menarik perhatian.

Sebagai contoh:

  • “Produk import dari US, kualitas ori!”
  • The faster, the better!”

5. Promosi dengan Kata-Kata Lucu

Kata-kata yang lucu selalu berhasil menarik perhatian masyarakat, termasuk warganet. Gunakan saja berbagai istilah lucu yang ada, atau kreasikan sendiri caption menarik bisnismu!

  • “Udah gajian? Yuk, datang ke toko kami! Dompet tipismu itu lawanmu!”
  • Whassap, gejolak cinta es buah! Ada rasa baru!”

6. Menjelaskan Produk Terbaik Kamu!

Diakibatkan tingginya persaingan, penting sekali untuk menekankan unsur perbedaan produk atau bisnis Anda dibandingkan produk atau bisnis lainnya, agar calon konsumen Anda tertarik. Sebagai contoh:

  • “Produk resmi? Kami jagonya!”
  • “Jaminan asli? Kami yang berani!”

7. Berikan Penjelasan Mengenai Khasiat-nya!

Terkadang ada juga target audiens Anda yang ingin mencari suatu produk tertentu saja, tanpa  pemahaman jelas akan fungsi dan manfaatnya. Cobalah caption yang menarik yang lebih panjang untuk menjelaskan dampak produk milikmu agar pembeli dapat memahami produkmu!

  • “Bersihkan wajahmu, rasakan hasilnya!”
  • “Segarkan wajah dengan produk terbaik kami!”

8. Promosi dengan Memberikan Jaminan!

Jaminan atau produk bergaransi selalu menarik bagi konsumen. Hal ini dikarenakan adanya ketidak puasan setelah pembelian dilakukan, sehingga tambahan pelayanan ini, alias jaminan atau produk bergaransi, selalu menjadi nilai plus!

  • “Produk 100% asli! Palsu? Uang kembali!”
  • “Dijamin! Layanan satu tahun gratis, khusus pembelian hari ini!”

9. Promosi dengan Menggunakan Harga atau Angka!

Terkadang lebih mudah mencerna sesuatu dengan hanya menggunakan angka. Alasannya karena dengan menggunakan angka, Anda akan bisa lebih paham, Anda tidak perlu bertanya lagi, sebagai contoh:

  • “Beli hari ini, lebih hemat Rp.100.000,-!”

Anda pun tidak ada salahnya menyertakan harganya secara langsung untuk tujuan berpromosi. Apabila target audiens pembeli Anda tidak cocok, maka mereka juga bisa langsung beralih. Contoh caption yang tepat, misalnya:

  • “Pakaian branded 75.000,-!”

10. Promosi agar Ada Rasa Rugi Jika Target Audiens Anda Tidak Membeli

Anda juga bisa menciptakan caption menarik dan kreatif berupa bujukan halus bahwa penawaran yang Anda buat ini jarang terjadi. Harga maupun produk yang Anda tawarkan, beserta dengan kelebihannya di hari itu, hanya akan terjadi di hari itu saja, sehingga target audiens Anda akan takut ketinggalan.

  • “Punyai produk ini secepatnya! Jangan sampai kehabisan!”
  • “Hari ini murah, besok naik!”

11. Menjelaskan Bahwa Satu Produk Saja Tidak Cukup!

Anda juga bisa menyusun caption menarik dengan cara membujuk calon pasar Anda untuk melakukan pembelian lebih dari satu. Sebagai contoh:

  • “Dijamin langsung kecanduan, beli lima gratis satu!”
  • “Beli dua satu gratis satu! Yuk, sedekah dengan gebetanmu!”

12. Promosikan Bisnismu Melalui Harga yang Lebih Terjangkau

Promosi dengan harga yang terjangkau adalah hal yang biasa dalam dunia ini, karena itu pastikan bahwa promosi harga terjangkau menjadi bagian dari strategi caption menarik Anda.

Sebagai contoh:

  • “Produk murah, namun harga bersaing!”
  • “Harga baik, kualitas baik!”

Bagaimana?

Tentunya untuk menciptakan suatu caption yang menarik adalah hal yang susah-susah gampang, bukan?

Namun, Anda harus mencobanya terus hingga mendapatkan caption tepat yang dapat menarik perhatian target audiens Anda!

Caption yang Bagus Adalah Kunci Marketing Kekinian

social-media-marketing

Bisnis sekaligus marketing adalah hal yang biasa, tidak pernah terpisahkan sejak dulu kala. Jika sebelumnya marketing diaplikasikan dengan cara mengandalkan media cetak atau televisi, maka sekarang jaman sudah berubah.

Marketer yang andal tahu benar bahwa promosi terbaik saat ini adalah dengan menggunakan caption yang menarik, unik dan menjual.

Terlebih dengan semakin banyaknya jumlah kata yang dapat dituliskan di IG caption, maka semakin lebar pula kesempatan untuk merumuskan kalimat-kalimat menarik nan unik untuk menggaet konsumen.

Dampak positifnya adalah para pemilik bisnis, marketer andal, hingga masyarakat awam pun dapat mempromosikan produknya dengan leluasa.

Sebelumnya, dikarenakan terbatasnya jumlah karakter caption Instagram untuk fitur caption Instagram, orang-orang menjadi terbatas pula dalam hal mengkreasikan kata-kata untuk caption Instagram-nya.

Akibatnya sulit pula bagi orang lain untuk mendapatkan pesan yang ingin disampaikan oleh konten promosi produkmu.

Namun, sekarang sudah berbeda, dikarenakan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Oleh karena itu, dikarenakan adanya kesempata itu, pahami cara membuat caption yang bagus!

Instagram sendiri menjadi media sosial paling populer di dunia, disertai beragam fitur yang menarik, Instagram banyak disukai oleh orang-orang di dunia. Saking populer-nya banyak pengguna Instagram yang melakukan berbagai cara untuk mempercantik tampilan akun Instagram Anda.

Fitur-Fitur Menarik Instagram untuk Strategi Marketing-Mu!

Ada banyak sekali fitur-fitur lain di Instagram yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun bisnis Anda, seperti post, follower, bio dan sebagainya.

Masing-masing fitur tersebut memiliki strategi sekaligus pengaruhnya tersendiri.

Sebagai contoh, post, ini adalah hal yang simpel yang biasa dilakukan oleh para pengguna Instagram. Tidak hanya untuk membagikan momen-momen penting Anda kepada para pengguna lain, tetapi untuk Anda, para kalangan pebisnis, ini adalah media untuk Anda mempromosikan diri Anda sekaligus bisnis Anda.

Kemudian dengan disertai caption menarik, semakin bersemaraklah video atau postingan yang Anda upload-kan ke akun Instagram Anda.

Langkah selanjutnya, bagikan postingan Anda yang disertai dengan caption yang menarik, dengan sekaligus menggunakan hashtag, dengan begitu saat Anda memperkenalkan produk Anda, tidak hanya diperkenalkan kepada kolega-kolega terdekat Anda, tetapi juga orang-orang lain. Dikarenakan postingan Anda juga dibagikan kepada masyarakat luas yang sesuai dengan kategori produk Anda.

Saat Anda sibuk mempromosikan bisnis Anda, dengan menggunakan konten-konten menarik sekaligus caption-caption menarik lainnya, kemudian dengan menggunakan hashtag Anda yang membuat bisnis Anda dapat dikenal oleh orang banyak dengan berdasarkan kategori produk tertentu, Anda dapat menciptakan follower-follower Anda sendiri.

Belum lagi, dengan adanya fitur bio yang disertai link tertentu, membuat seseorang dapat langsung mengunjungi akun Instagram tertentu, page, atau bahkan mungkin website.

Tentunya dengan menggunakan fitur-fitur yang memiliki pengaruhnya tersendiri ini, Anda dapat memperkenalkan diri Anda sekaligus bisnis Anda, dikarenakan dampaknya sekaligus tempat-tempat yang dipengaruhi yang berbeda-beda.

Tetap ikuti website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih banyak terkait inspirasi dan tips optimalisasi bisnis digital, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cara Implementasi Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner!

0
analisis SWOT

Saat menjalankan atau mengembangkan bisnis, tentunya Anda membutuhkan beragam strategi yang bagus untuk dapat mengembangkan bisnis Anda, hingga ke tahap yang Anda inginkan.

Terdapat suatu strategi sederhana yang dapat Anda terapkan demi mengembangkan bisnis Anda, yaitu analisis SWOT.

Teknik satu ini diciptakan oleh Albert Humphrey, orang yang memimpin proyek research di Universitas Stanford, sekitar tahun 1960 hingga 1970, dengan menggunakan data-data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Lalu, apa sih lebih dalamnya analisis yang satu ini? Juga apa manfaatnya untuk aktivitas bisnis milik Anda?
Yuk, sama-sama kita cermati!

Apa itu Analisis SWOT?

SWOT atau analisis SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness alias Kelemahan, O atau Opportunity dan terakhir T alias Threats yaitu ancaman.

Singkatnya, SWOT merupakan strategi untuk mengatur kekuatan, kelemahan, peluang juga ancaman utama Anda ke dalam daftar yang lebih teroganisir dan pada umumnya disajikan dalam bentuk tabel kisi-kisi yang sederhana.

Apabila Strength dan Weakness berasal dari internal perusahaan, alias hal-hal yang dapat Anda kontrol dan berubah, maka Opportunities dan Threat adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal lain yang terjadi di luar perusahaan Anda.

Anda hanya dapat memanfaatkan peluang (Opportunities) dan melindungi diri dari ancaman (Threats), tetapi Anda tidak dapat mengubahnya.

Untuk lebih singkatnya, penjelasan masing-masing aspek SWOT adalah sebagai berikut!

Strength alias Kekuatan

Kekuatan atau Strength dalam analisis ini berarti hal-hal internal positif yang berada dalam kendali bisnis Anda, sebagai contoh:

  • Aset seperti, pendidikan, pengetahuan, keterampilan, jaringan, juga reputasi, apa yang Anda miliki dalam tim Anda?
  • Proyek bisnis apa yang berhasil? Dan keunggulan kompetitif apa yang Anda miliki dibandingkan pesaing Anda?

Kekurangan atau Weakness

Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda dan berada dalam wilayah internal Anda. Hal ini adalah hal yang dapat Anda ubah sekaligus kontrol, alias ditemenggungkan untuk menjadi lebih kompetitif. Sebagai contoh:

  • Proses bisnis apa yang perlu diperbaiki oleh Anda?
  • Apakah jabatan Anda ideal sekali untuk Anda?

Peluang atau Opportunities

Peluang adalah faktor yang berada di wilayah eksternal lingkungan bisnis Anda yang dapat Anda manfaatkan sebagai kontribusi untuk kesuksesan bisnis Anda.

  • Apakah terdapat perubahan regulasi yang akan mempengaruhi perusahaan milik Anda secara positif?
  • Apabila bisnis Anda terus berkembang, apakah itu berarti pelanggan Anda membutuhkan produk Anda?

Ancaman atau Threats

Ancaman adalah sesuatu yang terus ada dan tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini sekaligus memiliki rencana darurat untuk menangani masalah yang terjadi. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat Anda pertanyakan adalah:

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar yang Anda targetkan?
  • Bisakah perkembangan teknologi di masa depan mengubah cara Anda dalam berbisnis?

Siapakah yang Harus Melakukan Analisis SWOT?

Tentunya pendiri atau pemimpin perusahaan yang perlu terlibat secara mendalam dalam mempergunakan analisis ini, ini bukan jenis tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Namun untuk hasil terbaik, sebaiknya kumpulkan sekelompok orang, pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek bisnis Anda, mulai dari bagian penjualan, customer service, hingga pemasaran dan pengembangan produk, setiap orang harus mengambil bagian dalam analisis SWOT yang akan Anda jalankan. Orang-orang ini tentulah memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang suatu bisnis.

Perusahaan yang lebih inovatif pun melihat di luar jajaran internal-nya ketika akan melakukan analisis SWOT sehingga mendapatkan masukan dari pelanggan dan juga menambahkan suara ‘unik’ pelanggan mereka ke dalam pertimbangan untuk keputusan bisnis.

Bagi pemula, analsis ini merupakan bagian dari proses perencanaan bisnis. Analisis ini akan membantu Anda menyusun strategi agar Anda dapat memulai langkah dengan benar sekaligus mengetahui arah yang akan Anda tuju. Ambillah sudut pandang dari teman, sahabat, investor, bahkan pelanggan Anda, kunci utamanya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis seharusnya menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka sekarang ini dan menentukan strategi untuk terus maju. Namun yang harus Anda ingat, segala sesuatunya terus berubah dan Anda perlu menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru, setiap enam atau dua belas bulan sekali.

Cara Melakukan Analisis SWOT dalam Bisnis

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda harus memiliki perwakilan dari masing-masing bagian dalam bisnis Anda, seperti perwakilan dari bagian penjualan, akuntan, investor, hingga bagian direksi sekalipun. Anda tidak perlu menganalisa untuk analisis ini sepanjang hari, satu atau dua jam saja sudah cukup.

Melakukan analisis ini mirip dengan sebuah pertemuan yang mendengarkan pendapat, untuk mengetahui cara yang benar sekaligus salah dalam menjalankan suatu proyek. Pintalah setiap orang mencatat dan diam-diam menghasilkan ide untuk memulai suatu proyek. Hal ini mencegah terjadinya groupthinking dan memastikan semua suara didengar oleh Anda selaku pemilik atau owner sebuah bisnis.

Setelah melakukan brainstorming kurang lebih lima hingga sepuluh menit, letakkan semua catatan Anda dan tempelkan di dinding. Jangan lupa untuk mengelompokkan ide-ide serupa dalam satu bagian yang sama. Selain itu, di titik ini, izinkan siapapun untuk menambahkan catatan tambahan, apabila ide orang lain memicu pemikiran baru bagi peserta brainstorming lainnya.

Setelah semua ide diorganisasikan dalam suatu bagian yang sama, tentukan peringkat ide. Gunakan sistem pemungutan suara dimana setiap orang mendapatkan lima atau sepuluh suara yang dapat dibagikan dengan cara apapun yang mereka suka.

Berdasarkan pemungutan suara tersebut, Anda harus dapat memiliki daftar gagasan yang dapat diprioritaskan. Daftar tersebut sebagai bahan diskusi atau debat, dan seseorang harus dapat menciptakan keputusan terakhir pada gagasan yang sedang diperdebatkan. Hal ini biasanya dilakukan oleh CEO, tetapi juga bisa didelegasikan kepada orang lain yang bertanggung jawab atas strategi bisnis.

Implementasi Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner

Anggaplah Anda memiliki bisnis di bidang kuliner, yaitu restoran makanan Indonesia, lalu bagaimana meng-implementasikan analisis ini dalam bisnis kuliner?
Yuk, sama-sama kita cermati!

Aspek Strength (Kekuatan)

Sebagai contoh:

  1. Menu-menu di restaurant Anda memiliki rasa yang unik, original, sekaligus mementingkan nutrisi yang tinggi, dibandingkan restaurant sejenis lainnya;
  2. Saat pengolahan restaurant Anda tidak menggunakan bahan kimia berlebihan, seperti MSG, zat pewarna dan pemanis buatan, beserta bahan-bahan sejenis lainnya;
  3. Ketika musim panen, harga bahan baku Anda murah dan stock-nya pun melimpah;
  4. Dari segi lokasi, tempatnya strategis;
  5. Dari segi desain interior, sangat instgramable! Tempatnya nyaman, konsepnya menyatu dengan alam, dan didesain untuk gaya ala anak muda.

Weakness (Kelemahan)

  1. Kurang berinovasi dalam hal menu;
  2. Jumlah tenaga kerja yang kurang;
  3. Kurangnya aktivitas promosi, misalnya karena kurangnya tenaga dan aktivitas yang berat;
  4. Ketersediaan bahan baku yang tergantung musim.

Opportunities (Peluang)

  1. Belum ada menu sejenis di pasaran, sehingga pangsa pasar terbilang luas;
  2. Masyarakat sangat menyukai makanan dengan bahan dasar tertentu, seperti kacang tanah dan seafood, sehingga membuat menu ini booming di pasaran;
  3. Anak muda pada umumnya memiliki sifat ingin tahu yang tinggi, suka mencoba berbagai tempat makan sekaligus me-review kuliner yang unik, kemudian membagikannya ke media sosial;

Treats (Ancaman)

  1. Masyarakat belum familier dengan menu-menu tertentu;
  2. Munculnya pesaing dengan usaha yang sama.

Apa Langkah Selanjutnya Setelah Melakukan Analisis SWOT Ini?

Strategi sebelumnya juga dikenal dengan nama matriks SWOT, hasil identifikasi masing-masing aspek tersebut menghasilkan empat kemungkinan alternatif strategi, atau biasa disebut dengan Strategi Kombinasi SWOT, dalam mempertahankan bisnis, dengan jalan saling mempertantangkan antara beberapa aspek, sebagai contoh adalah sebagai berikut.

Strength vs Opportunities (Kekuatan vs Peluang)

Posisi yang menguntungkan bagi sebuah bisnis atau usaha yang memiliki peluang sekaligus kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang bagus diterapkan pada kondisi ini yaitu untuk mendukung keunggulan secara agresif demi mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Weaknesses vs Opportunities (Kelemahan vs Peluang)

Meskipun memiliki peluang yang besar di pasaran Anda sendiri, sebuah bisnis atau usaha tengah menghadapi berbagai kendala internal. Fokus utama adalah dengan meminimalkan permasalahan internal perusahaan terlebih dahulu agar dapat merebut peluang pasar yang lebih lebar.

Strength vs Threats (Kekuatan vs Ancaman)

Meskipun dirundung banyak ancaman, sebuah bisnis tetap memiliki keunggulan, strategi diversifikasi atau turunan dinilai paling menguntungkan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang bagi perusahaan.

Weaknesses vs Threats (Kelemahan vs Peluang)

Situasi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan yang menghadapi ancaman sekaligus kelemahan internal sekaligus. Dalam kondisi defensif seperti ini, untuk dapat terus menjalankan usahanya, perusahaan seharusnya meminimalkan masalah internal sekaligus menghindarkan diri dari ancaman.

Taktik Nyata Matriks SWOT dalam Usaha Kuliner Anda

Setelah menganalisis Matriks SWOT seperti yang dilakukan di atas, maka selanjutnya adalah menentukan strategi bisnis berdasarkan pada logika, atau secara nyata, benar-benar berdasarkan pada aspek-aspek nyata yang Anda miliki.

Untuk memaksimalkan peluang dan meraup keuntungan yang sebesar-besarnya, namun sekaligus dapat menekan kekurangan dan ancaman bisnis Anda.

Strategi Strength untuk Mengoptimalkan Keuntungan dari Opportunities

  1. Konsisten menonjolkan dekorasi tempat yang nyaman sekaligus kekinian untuk menarik minat para kawula muda yang jiwa ingin tahunya sedang berada dalam puncak-puncaknya;
  2. Mengoptimalkan promosi agar khalayak ramai jadi tahu bahwa terdapat menu seafood dan kacang tanah yang enak untuk dikonsumsi.

Strategi Mengatasi Weaknesses untuk Menonjolkan Opportunities

  1. Menambah jumlah tenaga kerja yang terlatih
  2. Menggencarkan aktivitas promosi, baik dari segi luring dan daring, jika perlu endorse para influencer di sosial media.

Strategi Strength untuk Menghadapi Threats

  1. Memperkenalkan menu unik sekaligus bergizi tinggi kepada masyarakat melalui promosi-promosi yang Anda lakukan, juga diskon;
  2. Menjaga ciri khas yaitu kenyamanan tempat dan keunikan cita rasa untuk mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggan dan juga agar berbeda dari pesaing.

Strategi Mengatasi Weaknesses untuk Menghindari Threats

  1. Terus melakukan promosi agar masyarakat luas melirik kuliner baru tersebut agar tertarik menyempatkan diri mencicipi masakan kuliner Anda;
  2. Selalu munculkan inovasi varian menu secara berkala untuk mengungguli pesaing.

Strategi-strategi seperti yang dipaparkan sebelumnya merupakan strategi-strategi dapat Anda lakukan dalam menjalankan bisnis Anda, hingga ke tahap tertentu, seperti yang Anda inginkan.

Tindakan yang Anda hasilkan dari matriks SWOT tersebut adalah hal yang cocok dengan tonggak rencana pengembangan bisnis Anda, dan akan memberi fondasi yang konkret pada bisnis.

Manfaat Analisis SWOT untuk Anda

Terdapat tiga manfaat analisis ini yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis Anda, diantaranya adalah menjaga kontinuitas (continuity) bisnis Anda. Hasil dari analisis ini dapat memberikan Anda beberapa rekomendasi sekaligus, yaitu untuk meningkatkan kekuatan, meminimalkan kekurangan, menjaga suatu peluang, hingga memuslihatkan adanya potensi suatu ancaman.

Selain itu juga dapat dipergunakan untuk menetapkan prioritas mana yang harus didahulukan oleh perusahaan. Anda sebagai pemilik pun dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar, minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan, serta tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau usaha.

Analisis SWOT pada perusahaan sekelas Amazon, e-Bay, hingga Pertamina

Selain bisnis kecil yang menggunakan analisis ini, perusahaan-perusahaan raksasa sekelas e-Bay, Pertamina dan yang terakhir Amazon juga menggunakan teknik sederhana ini.
Siapa sangka, bukan?

Berikut akan dibahas contoh analisis SWOT dalam Amazon.

Dalam sektor weakness, Amazon merupakan perusahaan pengecer online terbesar di Amerika, hingga bisa menyebar luaskan bisnisnya ke China sehingga mendapatkan pesaing Alibaba. Untuk dapat memantapkan bisnisnya, tentunya Amazon harus dapat menjual barang dari berbagai kategori, namun beresiko dapat merusak merk-nya, meskipun pada dasarnya Amazon tidak memiliki merk.

Sebagai contoh, jika Amazon adalah pengecer nomor satu dalam hal penjualan buku online, kemudian ada Toy-R, penjual nomor satu untuk produk mainan dan permainan.
Bagaimana jika pada akhirnya Toy-R mulai menjual buku secara online?
Hal ini tentunya akan merancukan sekaligus membahayakan konsumen juga merk Amazon sendiri.

Dengan cara yang sama, terdapat banyak kategori baru, terbukti dapat terlalu membingungkan banyak pelanggan baru. Tentunya hal yang sama diberlakukan oleh Amazon dalam menganalisis aspek threats mereka.

Sebagai contoh, sisi ancaman bagi Amazon adalah Amazon banyak menjual produk yang sama atau mirip pengecer dan bisnis-bisnis online-nya, sehingga sulit untuk membedakan Amazon dengan merk-merk pesaing lainnya. Sementara, Amazon tidak memiliki merk.

Amazon juga menjual banyak produk yang cenderung dibeli sebagai hadiah, terutama pada masa Natal dan Tahun Baru. Hal ini berarti terdapat unsur seasonality dalam bisnis, Amazon dianggap hanya dapat menghasilkan keuntungan di season-season tersebut saja.

Demikian informasi mengenai SWOT beserta analisisnya yang dapat Anda pergunakan untuk membuat strategi yang tepat demi menjalankan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.