Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Bermain dengan Judul Konten | Tips Membuat Judul Super...

Bermain dengan Judul Konten | Tips Membuat Judul Super Eye-Catching

-

Membuat judul adalah perkara yang sulit bagi kebanyakan orang, terutama untuk membuat judul artikel konten yang menarik dan menggugah selera pembaca. Untuk Anda yang selama ini sering kebingungan bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik, Anda beruntung karena sudah menemukan solusi yang tepat di sini!

Mengapa judul itu penting? Faktanya, judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca sebelum menelusuri lebih lanjut isi dari artikel Anda. Judul jugalah yang akan ditampilkan oleh Google ketika pengunjung melakukan penelusuran kata kunci.

Namun tentu saja, untuk bisa mendapatkan perhatian pengunjung, judul Anda harus tampil ‘menonjol’ dibandingkan judul-judul artikel lainnya.

Jadi, dapat dikatakan bahwa artikel yang bagus akan menjadi sia-sia jika judulnya tidak menarik. Bahkan terdapat studi yang berhasil menemukan bahwa 2 dari 10 orang memilih membaca sebuah artikel setelah tertarik dengan judulnya.

Angka yang sangat kecil ini turut membuktikan betapa besarnya kemungkinan kegagalan bagi penulis konten untuk menarik minat pembaca mengunjungi artikel terlebih jika judul artikel mereka tidak menarik.

Namun Anda tidak perlu gusar. Cara membuat judul artikel sesungguhnya sederhana dan masih dapat dipelajari. Artikel kali ini akan memberitahukan tips-tips terbaik untuk membuat judul konten yang menarik dan super eye-catching. Mari kita langsung saja mulai pembahasannya berikut ini, selamat membaca!

Sudah Tahu Bedanya: Judul, Topik dan Tema?

judul-konten-2

Mari kita mulai pembahasan cara membuat judul artikel yang menarik dengan membedakan 3 komponen penting: judul, topik dan tema. Mengapa? Sebab kenyataannya, masih banyak orang belum bisa membedakan judul, topik dan tema.

Tanpa bisa membedakan ketiga unsur ini, maka mustahil bagi siapapun untuk bisa membuat judul konten yang menarik.

Banyak orang awam masih menyamakan judul, topik dan tema dalam artikel website. Padahal ketiganya jauh berbeda berikut perbedaannya:

Judul Artikel

Kita sering mendengar orang meminta kita membuat judul yang menarik, tetapi, apa itu judul? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), judul adalah sebuah nama yang mencerminkan isi dari tulisan secara pendek atau ringkas.

Judul dapat diibaratkan sebagai ‘kepala’ dari sebuah tulisan, baik itu buku, bab, artikel, cerita, dan seterusnya.

Judul terletak di posisi paling atas tulisan, memiliki ukuran paling besar atau format yang sengaja dibuat menonjol agar mudah dibaca. Fungsi utama judul adalah untuk menarik minat orang lain membaca tulisan tersebut.

Judul yang baik haruslah menyiratkan tema dan topik tulisan namun dibandingkan ketiganya, cakupan judul adalah yang paling sempit alias sangat to the point.

Contoh judul semisal pada artikel kali ini: “Bermain dengan Judul Konten”

Topik Artikel

Topik adalah inti pokok dari sebuah tulisan. Topik menyampaikan seluruh isi tulisan kepada pembaca. Ada pula yang mengartikan topik sebagai permasalahan yang akan dibahas pada artikel tersebut. Topik memiliki cakupan yang tidak sesempit judul, namun masih belum seluas tema.

Contoh topik semisal pada artikel kali ini: “Tips menulis”. Dari sini, Anda memahami bahwa permasalahan utama yang akan dibahas adalah bagaimana cara membuat judul artikel. Dari sini sudah terlihat bedanya topik dengan judul.

Artikel terkait  SEO Specialist | Cara Menjadi Seorang Pakar SEO

Tema Artikel

Terakhir adalah tema artikel. Tema adalah pokok pikiran yang mendasari artikel tersebut. Tema adalah poin dalam artikel yang paling luas atau umum cakupannya, sehingga sering kali tema harus dispesifikkan ke dalam topik.

Contoh tema semisal pada artikel ini: “Konten SEO” – sangat general dan luas, bukan?

Jika dibandingkan ketiganya, maka susunan judul, topik dan tema artikel ini adalah:

Judul: Bermain dengan Judul (cakupan paling sempit).

Topik: Tips menulis (cakupan lebih luas dari judul).

Tema: Konten SEO (cakupan paling luas).

Selamat, kini Anda sudah bisa membedakan judul, topik, dan tema! Anda sudah siap untuk mulai membuat judul artikel sendiri.

Selanjutnya, mari kita mulai melihat bagaimana cara membuat judul yang menarik. Yuk lanjutkan scrolling ke bagian selanjutnya!

Tutorial Membuat Judul yang Menarik untuk Pemula: 6 Tips Anti Ribet

judul-konten-1

Tibalah kini kita pada poin utama permasalahan: bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik dan eye-catching? Sesungguhnya cara membuat judul artikel yang menarik itu tidak sulit.Bahkan Anda bisa mencari inspirasi cara membuat judul artikel dengan bertanya kepada diri sendiri: “jika Anda berada pada posisi pembaca, kira-kira judul seperti apakah yang ingin Anda baca?”.

Apakah judul yang secara gamblang menerangkan topik dan tema? Judul yang menggunakan kata-kata puitis? Judul yang singkat atau judul yang ‘heboh’ dan ‘dramatis’ seperti pada headline berita-berita click-bait?

Meskipun setiap orang mempunyai selera judul yang berbeda-beda, namun ada 6 cara membuat judul artikel yang menarik, eye-catching dan tentunya bisa menggugah perasaan setiap pembaca. Yuk disimak jawabannya berikut ini:

1. Singkat dan Gunakan Simbol

Tips pertama cara membuat judul artikel adalah membuat judul yang singkat saja. Ini adalah tantangan bagi semua penulis konten website. Anda harus bisa menemukan cara terbaik merangkum topik dan tema artikel secara singkat. Untuk judul artikel website, jangan sampai Anda membuat judul melebihi 70 karakter atau sekitar 9 kata (maksimal 9 kata).

Judul yang terlalu panjang akan membuat pembaca bingung dan malas meneruskan membaca artikel. Buatlah judul singkat yang bisa dengan gamblang memberikan gambaran utama isi artikel, misalnya:

  • Rekomendasi UI/UX Software untuk Pemula
  • Tutorial Laravel #2: Mengenal Laravel Airlock
  • Bermain dengan Judul | Tips SEO

Anda tentunya bisa menggunakan aneka simbol untuk mempercantik judul artikel seperti pada contoh di atas. Penggunaan simbol dan angka sering kali dipraktekkan oleh website-website e-commerce, di mana mereka sengaja menonjolkan diskon dan promo menarik untuk menggugah minat pemirsa. Contoh:

  • Sale 90% OFF This Weekend!
  • Promo Buy 1 Get 1 – All Item

Setelah membaca judul-judul artikel di atas, tentunya calon pembaca akan merasa tertarik untuk menelusuri informasi yang dimuat dalam artikel dengan lebih detil.

Artikel terkait  Kiat Sukses Memaksimalkan E-mail Marketing di Holiday Season | Tips Sukses Seasonal Marketing #2

2. Membangkitkan Emosi Pembaca

Ingin memastikan pembaca mengklik artikel Anda? Gunakan permainan kata yang bisa membangkitkan emosi pembaca. Emosi pembaca yang dimaksud di sini antara lain seperti rasa ingin tahu atau penasaran, heran, kaget, dan seterusnya.

Jika disusun dengan tepat, judul artikel bisa dengan mudah membangkitkan emosi pembaca dan juga keinginan untuk mengklik artikel.

Pengaplikasian judul yang mampu membangkitkan emosi pembaca ini dapat dengan mudah Anda temukan contohnya pada berita-berita dan artikel click-bait. Contohnya seperti:

  • Waspada Trojan Banking Mengancam Pengguna M-banking
  • 10 Trik Sukses Borong Harbolnas
  • 8 Langkah Memulai Bisnis | Pemula Wajib Tahu

Perhatikan pada ketiga contoh judul di atas, di mana penulis memakai kata-kata yang bersifat meyakinkan dan membangkitkan emosi pengunjung seperti ‘waspada’, ‘sukses’, dan ‘wajib’.

Kata-kata seperti inilah yang mampu membangkitkan rasa keingintahuan dari pengunjung. Anda juga masih bisa menggunakan kata-kata sifat lain yang meyakinkan seperti: “Terbaik”, “Menjanjikan”, “Paling Ampuh”, dan seterusnya.

3. Menawarkan Manfaat

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, judul yang baik adalah judul yang mampu menawarkan manfaat kepada para pembacanya. Pembaca tidak ingin repot-repot mengunjungi artikel yang tidak menjawab permasalahan mereka.

Semisal seorang pengunjung melakukan penelusuran di website Anda tentang tips optimalisasi SEO lewat tulisan artikel – namun tidak satupun judul artikel pada website Anda ada yang menyinggung perihal tips menulis artikel. Otomatis, pembaca akan memilih untuk mengunjungi website lain.

Jadi, selalu usahakan agar judul artikel Anda memuat manfaat yang bisa dipetik oleh pengunjung, semisal:

  • Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode
  • Tips Sukses Menjadi Dropshipper dan Reseller
  • 10 Tempat Wisata Instagrammable yang Wajib Dikunjungi

4. Melibatkan Pembaca

Anda harus melibatkan pembaca dalam artikel – tak hanya dari isi artikel saja, tetapi dari bagian judul sekalipun. Cara terbaik untuk merealisasikan tips ini adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca dari judul:

  • Sering Sulit Tidur? Ini Tips Ampuh Anti Insomnia
  • Ingin Feeds IG Secantik Selebgram? Rekomendasi 10 App Edit Foto Terbaik

Pembaca pun akan merasa seolah-olah artikel Anda ‘bertanya’ kepada dirinya untuk memastikan apakah permasalahan tersebut yang sedang ia hadapi.

Kemudian, artikel Anda jugalah yang akan memberikan solusi bagi pembaca. Pembaca yang merasa bahwa permasalahannya sama dengan yang diungkapkan oleh judul artikel pun akan segera mengklik artikel Anda.

Artikel terkait  Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Memulai Bisnis Anda Sendiri

5. Posisi Strategis dan Mudah Terbaca

Judul yang baik juga harus memenuhi syarat posisi atau penempatan. Letakkan judul yang Anda buat dalam posisi strategis agar mudah terbaca oleh pengunjung, siapapun itu.

Anda bisa memosisikan judul dalam posisi awal artikel di bagian center (tengah), dengan ukuran font besar atau memakai warna yang mencolok. Dengan begini, pembaca dapat dengan mengenali judul artikel Anda.

6. Mengubah Pola Pikir Anda: Judul Bukan untuk Mesin

Tips terakhir adalah mengubah pola pikir Anda sendiri. Mungkin karena terlalu terfokus dengan trik SEO dan kemudahan mesin pencari menemukan judul, jadi Anda terpikir untuk membuat judul yang sesuai menurut keinginan mesin seperti dengan berfokus pada keyword. Ini adalah pemahaman yang keliru.

Siapa yang akan membaca artikel Anda, mesin ataukah manusia? Jawabannya tentu saja adalah manusia. Kehadiran keyword seharusnya sudah cukup bagi mesin untuk mendeteksi artikel Anda. Selebihnya Anda bisa berkreasi untuk membuat judul yang luwes, natural serta membangkitkan rasa emosional pembaca.

Ingatlah kembali bahwa pembaca tidak akan mengklik artikel yang tidak bisa membangkitkan rasa penasaran/emosional mereka atau tidak bisa menawarkan solusi atas permasalahan mereka.

Andaikan judul sederhana dengan keyword Anda bisa muncul di halaman pertama Google, apalah artinya kalau judul tersebut tidak bisa meyakinkan pembaca untuk mengkliknya?

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara membuat judul artikel yang menarik. Jangan lupa untuk temukan lebih banyak artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya dari Markey.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya