Last Updated on May 28, 2022 by appkey
Apakah sampai saat ini Anda merasa tidak ada perkembangan signifikan dari akun media sosial bisnis atau web e-commerce Anda? Jika iya, mungkin Anda perlu memposting lebih banyak menggali ide-ide konten kreatif media sosial dan artikel tentang bisnis.
Konten artikel tentang bisnis adalah hal esensial dalam dunia bisnis digital. Berjualan secara online memang membutuhkan trik dan strategi khusus, sebab faktanya, hanya memposting produk jualan dengan keterangan harga saja masih jauh dari kata cukup. Selaku pebisnis online, Anda dituntut untuk aktif menggali ide-ide konten kreatif media sosial agar bisa dikemas menjadi konten menarik.
Mungkin masih ada sebagian pebisnis online yang tidak tahu apa pentingnya konten dalam bisnis online. Tidakkah postingan produk saja sudah cukup disebut sebagai konten? Postingan produk memang merupakan sebuah konten, namun untuk meningkatkan engagement dan daya saing akun jualan online Anda, postingan produk saja belum cukup.
Baca juga : Media Sosial Adalah? Pengertian, Fungsi, Tujuan & Jenisnya
Satu hal yang perlu Anda ingat, berbisnis online berbasis media sosial dan website memerlukan aneka konten menarik agar perhatian masyarakat selalu tertuju pada usaha Anda.
Kira-kira, konten menarik seperti apa saja yang patut untuk dibuat dan dipublikasikan di platform bisnis online? Jangan risau, mari kita cari tahu jawabannya bersama-sama pada artikel edisi kali ini seputar artikel tentang bisnis untuk meningkatkan engagement calon pembeli. Keep scrolling dan selamat membaca!
Daftar Isi
Apa Pentingnya Konten dalam Bisnis Online?
Sebelum beranjak lebih jauh, mari kita jawab pertanyaan mendasar yang mungkin masih melekat dalam benak Anda: apa pentingnya konten dalam bisnis online?
Pernahkah Anda memerhatikan akun-akun bisnis online di luar sana yang sering memposting beragam artikel tentang bisnis yang informatif dan menarik? Atau, pernahkah Anda mendapati akun-akun bisnis online lainnya yang selalu memposting beragam konten interaktif dan menarik sehingga mereka mampu menarik warganet untuk memberikan likes, comment, dan bahkan share?
Apa yang dipraktekkan oleh akun-akun bisnis online pada ilustrasi di atas adalah contoh konten interaktif. Selain memposting produk jualan dan diskon-diskon harga, para pebisnis ini turut memposting beragam artikel tentang bisnis, games dan give away produk, hingga mengadakan livestreaming untuk bercakap-cakap dengan para pengikut akun mereka.
Strategi semacam ini sangat sering dilakukan oleh para pebisnis online, di mana mereka selalu menggali ide konten kreatif media sosial dan menyajikannya sebagai konten seru untuk disimak calon konsumen.
Yang dimaksud dengan “konten” dalam strategi bisnis online kali ini adalah seluruh postingan yang Anda publikasikan baik di akun media sosial ataupun website e-commerce. Jadi, konten tidak hanya terbatas pada semata-mata tentang produk dan rincian harga, tetapi juga mencakup artikel tentang bisnis, informasi menarik dan ter-up-to-date terkait brand atau isu sosial yang perusahaan Anda soroti, games online dan give away, dan seterusnya.
Inilah ‘pertarungan’ sesungguhnya dari dunia bisnis digital, perang konten. Setiap brand akan berusaha untuk menggaet minat dan perhatian konsumen serta calon konsumen untuk melihat konten-konten mereka.
Sehingga, jika postingan pada akun Anda hanya terbatas pada produk biasa tanpa adanya artikel tentang bisnis atau tips-tips dan infografis seru, maka warganet akan dengan mudah berpaling ke akun lain.
Dengan kata lain, tanpa memposting beragam konten pendukung promosi seperti artikel tentang bisnis, maka Anda sudah jauh tertinggal kereta. Namun tenang saja, sebab masih belum terlambat untuk memulai kembali dari awal. Anda masih punya waktu untuk belajar membuat konten pemasaran interaktif demi menggaet pengunjung dan konsumen baru.
Apa itu konten pemasaran interaktif? Konten pemasaran interaktif adalah konten yang dibuat dengan tujuan memberikan edukasi kepada konsumen sekaligus menyelipkan informasi promosi – sehigga, konsumen tidak merasa menjadi target iklan mentah-mentah.
Konsumen juga bisa diajak untuk berpartisipasi dalam konten pemasaran ini, seperti mengikuti polling yang sudah disediakan atau memberikan tanggapan berupa opini di kolom komentar.
Strategi pemasaran interaktif juga lebih sukses dan efektif dalam hal mendulang engagement atau respon dari masyarakat. Hal ini dikarenakan otak manusia terbukti ‘terdorong’ untuk melakukan gerakan-gerakan motorik saat merespon informasi.
Ketersediaan ruang interaksi menjadikan masyarakat lebih mudah tergugah dalam memberikan respon untuk mencurahkan pemikiran yang melintas dalam benaknya pasca melihat sebuah konten yang menarik.
Sampai di sini, Anda sudah mengerti, bukan, pentingnya membuat konten yang menarik seperti artikel tentang bisnis informatif?
7 Contoh Konten Interaktif yang Bisa Anda Aplikasikan Sendiri
Selanjutnya, apa sajakah kira-kira contoh konten interaktif? Jawabannya ada banyak sekali! Bahkan mencari contoh konten interaktif saat ini bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melihat-lihat aneka media sosial dan website e-commerce yang menyajikan beragam konten interaktif dan seru untuk disimak guna memaksimalkan jumlah engagement.
Berikut ini kami turut merangkum aneka contoh konten interaktif dan segar yang dapat Anda padukan dengan konten promosi bisnis online:
1. Testimoni/Review Pembeli
Testimoni atau review pembeli selalu menjadi senjata promosi yang ampuh dalam dunia bisnis online.
Mengemas kutipan-kutipan testimonial pembeli akan mempermudah konten Anda untuk mempersuasi atau meyakinkan calon pembeli baru untuk mencoba produk yang sama. Tak hanya sekadar menulis artikel testimonial konsumen, Anda juga bisa membuat video pendek kumpulan review konsumen terhadap produk untuk dibagikan ke media sosial dan website.
2. User-Generated Content (UGC)
Contoh konten seru lainnya adalah UGC alias User-Generated Content. Sesuai namanya, konten interaktif ini dibuat dengan melibatkan kontribusi masyarakat yang telah mengikuti brand Anda atau pernah menggunakan produk Anda.
Anda bisa meminta mereka bercerita tentang pengalaman selama memakai produk, atau melibatkan mereka dalam polling serta mendengarkan segala kritik dan saran yang diberikan.
Konten yang dibuat dengan metode UGC ini akan menumbuhkan perasaan dalam diri konsumen lama maupun masyarakat umum bahwa brand Anda sangat mengedepankan perasaan dan posisi atau keterlibatan audiens. Alhasil, masyarakat akan mempunyai penilaian yang baik terhadap brand Anda.
3. Membuat Infografis
Tips selanjutnya adalah membuat konten infografis. Infografis adalah konten berupa kumpulan fakta yang didesain khusus sehingga menjadi sangat informatif sekaligus eye-catching. Konten infografis pun terbukti sukses mendapatkan banyak engagement karena sering di-share kembali oleh warganet.
Kami sarankan untuk Anda membuat konten infografis yang sesuai dengan niche brand atau bisnis Anda. Semisal Anda mempunyai bisnis online skin care dan make up, maka Anda bisa membuat infografis seputar fakta-fakta skin care atau cara memakai skin care yang benar.
4. Mengadakan Live Streaming
Saat ini, hampir semua media sosial bisa digunakan untuk melakukan live streaming / siaran langsung yang bisa ditonton oleh followers akun bisnis. Anda bisa memanfaatkan fitur ini sebagai konten interaktif tersimpel dengan followers akun Anda.
Semisal Anda menayangkan siaran langsung di Facebook Live atau Instagram Live sembari melakukan review produk terbaru di toko Anda. Konsumen pun dapat menonton sembari memberikan respon langsung / real time terhadap siaran yang sedang berlangsung.
5. Menyelenggarakan Kontes, Game, atau Give Away
Pernah menyaksikan akun bisnis mengadakan game, kontes atau give away berhadiah menarik? Ini juga merupakan contoh konten interaktif yang segar dan memiliki nilai engagement tinggi, lho.
Siapa yang tidak suka dengan hadiah gratis? Saat Anda menyelenggarakan give away untuk mendapatkan hadiah menarik, maka dapat dipastikan keterlibatan konsumen terhadap postingan Anda akan melonjak tajam. Anda bisa mencantumkan syarat-syarat mudah untuk memenangkan give away seperti memfollow akun, me-likes postingan atau men-share postingan ke media sosial mereka. Alhasil, engagement pada konten-konten dan akun bisnis Anda dapat meningkat tajam.
6. Artikel Informatif
Anda juga bisa memposting konten menarik berupa artikel informatif! Tak sedikit warganet yang merasa senang karena mendapatkan informasi baru dari sebuah website atau media sosial. Konten artikel informatif juga cocok untuk dipublikasikan pada website, lalu kemudian, link artikel dapat disebarluaskan melalui media sosial.
Cobalah untuk membuat artikel informatif yang unik serta menyinggung isu-isu terbaru dan hangat diperbincangkan. Namun pastikan artikel-artikel yang Anda posting masih sesuai dengan ranah utama bisnis Anda, ya!
7. Memposting Quotes
Postingan quotes atau kata-kata mutiara adalah konten yang sederhana dan simpel. Namun jangan salah, postingan quotes dan kumpulan kata motivasi lain dapat menjadi konten yang menarik untuk dibaca dan dibagikan ke konsumen.
Ditambah dengan editan menarik, quote yang Anda posting bisa menggugah lebih banyak orang untuk tertarik membaca dan mengunjungi akun bisnis Anda.
Tips Simpel Membuat Konten Bisnis Berkualitas
Bagaimana, apakah Anda sudah tidak sabar untuk segera membuat konten bisnis sendiri? Atau Anda masih belum tahu betul bagaimana cara membuat konten bisnis berkualitas dengan cara yang simpel? Yuk langsung catat cara-caranya berikut ini:
Konten yang Dipersonalisasi dengan Konsumen
Konten yang bersifat personal lebih menarik untuk disimak ketimbang konten general. Hal ini pun sudah dibuktikan melalui studi ilmiah, di mana didapatkan hasil bahwa otak manusia lebih mudah memberikan tanggapan atas situasi yang lumrah, dekat atau sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Jadi, saat membuat konten interaktif, usahakan untuk membuat konten yang “dekat” dengan konsumen.
Memberi Feedback
Konten interaktif yang baik selanjutnya adalah konten yang bisa memberi feedback, semisal menampung seluruh kritik, saran dan opini dari konsumen untuk kemudian Anda berikan tanggapan/ feedback atas segala masukan Anda.
Usahakan hindari membuat konten yang bersifat 1 arah, monoton tentang promosi, atau bersifat menggurui. Dari sini, Anda juga bisa belajar pelan-pelan untuk membina komunikasi yang baik dengan konsumen.
Pakai Ide yang Aneh dan Nyeleneh
Pakai ide-ide yang “aneh dan nyeleneh”? Tentu saja, kenapa tidak? Konten-konten dengan judul yang unik, aneh, dan “out of the box” terbukti selalu efektif dalam menarik minat orang-orang membaca postingan Anda.
Ide-ide yang fresh terbukti sukses memperoleh tingkat engagement tinggi ketimbang konten yang monoton, mainstream dan sudah tertebak isinya oleh masyarakat. Anda bisa mendapatkan aneka ide segar dengan rajin membaca artikel, berita milik media di dalam atau luar negeri
Demikianlah pembahasan kali ini tentang contoh konten interaktif untuk bisnis online serta tips simpel membuat konten media sosial yang seru dan menarik. Terima kasih sudah membaca, nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Markey! Sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.