Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 78

10 Ide Bisnis Go-Green yang Dapat Anda Lakukan Secara Online!

0
go-green

Go-green adalah suatu peristiwa penting yang merupakan titik balik adanya perbaikan lingkungan. Banyak orang menggalakan program ini.

Siapa sangka, melalui peristiwa ini, ada banyak produk yang bisa dibisniskan. Salah satunya tote bag!

Lalu apa lagi yang bisa dibisniskan untuk mendukung program ini?

Yaitu sebagai berikut! Selamat membaca!

Pengertian Go-Green

Go-green adalah suatu peristiwa bersejarah, seperti lahan hijau yang menyempit, polusi udara, hingga pencemaran laut yang membuat suhu bumi semakin meningkat, hingga menyebabkan lapisan ozon pada atmosfir semakin menipis dan gletser-gletser di kutub utara semakin mencair, dan hal ini membuat orang-orang berpikir untuk dapat memperbaiki kondisi lingkungan dengan sebaik mungkin, karena semua menyangkut eksistensi mereka di muka bumi ini.

Dalam sejarahnya, ada banyak hal yang dilakukan untuk mendukung kegiatan go green, World Silent Day, contohnya, yaitu suatu kegiatan mematikan listrik di malam hari di suatu kota, mulai dari jam 19.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sehingga Anda dapat melihat bintang-bintang di dunia dikarenakan tidak adanya lampu-lampu dari gedung-gedung pencakar langit, bahkan polusi udara di suatu kota pun dapat terlihat, yang membuat kita ataupun orang lain pun merasa tergugah dengan adanya peristiwa go-green.

Dalam kegiatannya juga, terdapat hal-hal lain yang dapat Anda lakukan selain World Silent Day, seperti menciptakan sesuatu tanpa bantuan teknologi, memanfaatkan kondisi alam sepertinya adanya kincir angin, hingga menciptakan barang bermanfaat yang berasal dari barang yang tidak terpakai.

Namun, siapa sangka bahwa barang yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan ramah lingkungan dapat dibisniskan juga.

Apa sajakah itu? Yuk disimak liputannya!

Sepuluh Ide Bisnis Go-Green Online

bisnis-go-green-1

Adapun ide bisnis tersebut adalah sebagai berikut!

1. Menciptakan Produk Home Made Ramah Lingkungan

Bagaimana produk home made ramah lingkungan itu sebenarnya? Yaitu dengan menggunakan bahan organik, sebagai contoh membuat selai home made dengan menggunakan buah-buahan yang ditanam secara organik.

Anda bisa mengemas botol-botol selai Anda dengan cantik, misalnya dilapisi pita murah atau diberi label yang cantik. Anda bisa memasarkan produk Anda secara online.

Selain ide untuk menjual selai-selai organik, di tempat lain juga terdapat ide-ide bisnis go-green lain, seperti restoran, peternakan dan kursus-kursus yang mengajarkan cara hidup berkecukupan hanya dari alam saja.

2. Bisnis Penyewaan Sepeda

Menyewa sepeda, berarti ramah lingkungan, sebab Anda tidak perlu lagi menggunakan mobil atau motor Anda yang menggunakan bensin atau solar yang menggunakan polusi udara. Apalagi seiring dengan berjalannya waktu bisnis jenis ini banyak digalakan.

Sebagai contoh, di Bandung, Ikatan Alumni ITB dan Bandung Creative City Forum (BCCF), menciptakan tempat penyewaan sepeda di kota Bandung, setidaknya terdapat sepuluh shelter yang tersebar di beberapa jalan kota Bandung.

Bisnis penyewaan sepeda ini sangat mendukung kegiatan ramah lingkungan dikarenakan dapat mengurangi polusi udara. Bayangkan jika paling tidak sepuluh shelter terdapat di sepuluh kota di dunia, dan apabila ini terus digalakan, maka tidak menutup kemungkinan polusi udara di dunia akan terus berkurang.

3. Furniture Daur Ulang

Anda memiliki benda-benda berukuran besar tidak terpakai yang ingin dibuang? Sampah-sampah berukuran besar ini tentunya akan terlihat sangat mengganggu apabila terlihat di pembuangan sampah, jadi daripada dibuang, kenapa tidak didaur ulang saja hingga menjadi furniture yang cantik? Tentunya ini juga dapat mendukung kegiatan go-green!

Sebagai contoh, Anda memiliki drum bekas? Dengan keterampilan yang Anda miliki dan sedikit kerajinan Anda dapat mengubahnya menjadi sofa cantik, atau mesin jahit lama diubah menjadi meja tempat menaruh pajangan.

Bisnis furniture daur ulang ini tentunya harganya sangat mahal, dikarenakan selain karena fungsinya, bahannya yang besar dan sulit didaur ulang, tingkat kerajinannya yang tinggi, tentunya harganya cukup mahal.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar berkreasi!

4. Produk Kecantikan Ramah Lingkungan

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan ramah lingkungan alias yang berorientasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, alias mendukung program go-green. Produk-produk seperti bedak herbal, sabun berbahan natural, hingga produk kosmetik ramah lingkungan lainnya, banyak diinginkan orang, dikarenakan semakin tingginya kesadaran orang dalam menjaga lingkungan, sehingga produk ini pun dapat menjadi primadona di masa depan.

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang farmasi, atau memiliki teman yang berprofesi sebagai apoteker, Anda dapat memanfaatkannya untuk menciptakan produk ramah lingkungan ini.

Apalagi pamor produk kecantikan ini akan semakin meningkat kian harinya dan sangat disukai di pasaran, oleh karena itu nilai jualnya semakin tinggi dibandingkan produk biasa.

Oleh karena itu dikarenakan produknya yang kecil dan mudah untuk diperjual belikan, Anda dapat memamerkannya secara online!

5. Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran Organik

Pernah tidak melihat bisnis online berupa paket sayur-sayuran? Anda dapat melakukan itu juga tetapi dengan menggunakan bahan-bahan organik. Untuk memulai bisnis awal, Anda tidak perlu repot-repot membeli lahan yang luas untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran organik Anda. Cukup di halaman depan Anda yang kecil, ataupun di halaman belakang Anda.

Syarat utama dari buah-buahan dan sayur-sayuran organik adalah tidak menggunakan pestisida ataupun pupuk kimiawi, bahkan beberapa diantaranya ditanam dengan menggunakan metode hidroponik, seperti menanamnya diatas air, atau menanamnya dengan teknik cangkok atau di atas arang.

Bagaimana? Menarik, bukan?

Dikarenakan metodenya yang sulit maka tidak heran jika harga dari buah-buahan dan sayur-sayuran organik cukup di atas harga pasaran, tetapi menyehatkan, selain itu sangat mendukung program ramah lingkungan.

Anda pun dapat menciptakan bisnis catering ramah lingkungan milik Anda sendiri melalui kebun Anda sendiri.

6. Bank Sampah

Bank sampah adalah suatu tempat dimana Anda sebagai pemiliknya mengubah sampah menjadi uang, dengan cara mengumpulkan barang-barang bekas atau tidak terpakai kemudian menjualnya kepada agen tertentu yang membutuhkan sampah atau barang-barang bekas milik Anda.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Teman-teman Anda atau warga-warga di lingkungan masyarakat Anda menyetorkan sampah ke bank sampah milik Anda, kemudian nantinya mereka akan mendapatkan uang sesuai dengan berat sampah yang mereka kumpulkan juga bergantung dari jenis sampahnya juga.

Hal lain yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis sampah ini juga adalah pengepul sampah dan juga sosial media untuk mempromosikan bank sampah milik Anda.

7. Aksesoris Barang Bekas

Banyak jenis sampah seperti botol plastik, sisa kain perca, sisa potongan kayu, hingga batok kelapa yang beredar di jalan, tempat pembuangan sampah, taman, hingga tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membuat barang-barang tidak terpakai tersebut menjadi barang-barang yang lebih berharga, seperti aksesoris misalnya.

Banyak sekali ragam contohnya, seperti tempat tissue yang terbuat dari kardus bekas yang dihiasi dengan kulit-kulit kerang, kotak khusus penjualan minyak spa yang dihiasi dengan pasir seperti yang sering terlihat di Bali, hingga hiasan-hiasan dari botol bekas.

8. Memproduksi Kompos

Untuk Anda yang mengumpulkan sampah, Anda dapat memilahnya menjadi sampah organik dan sampah non-organik. Meskipun hal ini belum lumrah, Anda dapat memulai itu semua untuk menjadikan sampah non-organik pupuk kompos, kemudian memasarkannya secara online. Sehingga sampah-sampah tersebut bernilai jual tinggi dan Anda pun dapat mendapatkan hasil karenanya.

9. Tote Bag alias Shopping Bag

Sebagai contoh, sudah banyak program pemerintah yang mendukung program ramah lingkungan, salah satunya pelarangan penggunaan kantong plastik saat sedang berbelanja, alias Anda harus membawa tas Anda sendiri, baik itu tas plastik sendiri atau tas kain alias tote bag.

Tetapi tentunya lebih nyaman menggunakan tote bag, sebab selain awet dikarenakan terbuat dari kain yang tidak terpakai, bisa juga dipergunakan untuk hal lainnya. Tidak hanya untuk berbelanja, tetapi juga sebagai tas shopping bagi yang memiliki barang-barang pribadi.

Oleh karena itu, desain tas tote bag sebaiknya cantik, tetapi tetap awet, atau bahkan memiliki slogan yang mendukung kampanye tindakan go-green, agar banyak orang yang merasakan atmosfir gerakan go green ini.

10. Event Organizer ‘Go Green’

Bukan hanya demi keuntungan saja, namun dengan menggunakan EO Anda dapat mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan demi menjaga lingkungan sekitar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti mengkhususkan diri di bidang acara-acara yang bertema alam.

Mengorganisir kegiatan upacara pernikahan dengan tema alam sekaligus menggunakan beragam ornamen dan cinderamata yang ramah lingkungan, seperti kaktus kecil yang lucu, menggunakan souvenir sebungkus kecil bibit bunga, bekerja sama dengan teman yang dapat membuat tote bag kecil lucu yang ramah lingkungan, dan banyak hal lainnya yang dapat Anda manfaatkan, demi meraih keuntungan sekaligus mendukung kegiatan ramah lingkungan.

Demikian informasi mengenai sembilan produk ramah lingkungan sebagai bentuk tindakan mendukung aksi ramah lingkungan yang dapat dilakukakan secara online.

Selain itu, masih terdapat jenis produk-produk lain atau jasa lain yang dapat Anda perdagangkan secara online, sekaligus mendukung aksi ramah lingkungan, seperti membuat sabun non-detergen, jasa pengembang aplikasi hijau, hingga konsultan lingkungan hidup.

Yang manakah menurut Anda yang paling cocok untuk Anda?

Silahkan cermati dan putuskan sendiri!

Manfaat Mendukung Kegiatan Go Green!

bisnis-go-green-2

Banyak orang melakukan tindakan go green dan dinilai sebagai orang yang pintar.

Bentuk dari tindakan ini adalah segala sesuatu yang Anda lakukan demi hidup berkelanjutan.

Hidup berkelanjutan yang dimaksud adalah melakukan hal kecil dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-hari yang membuat dampak pribadi pada alam di sekitar kita.

Misalnya, melakukan pengomposan sampah dapur organik sebagai pupuk, menggunakan kanton dari kain, dan sebagainya.

Dari hal-hal sederhana seperti itu saja, dapat memberikan keuntungan untuk Anda, dari segi pribadi untuk dipakai sendiri, atau dari segi keuntungan, di bisnis online-kan, misalnya.

Selain itu, terdapat manfaat nyata dan positif yang dapat Anda dapatkan dari kegiatan go green, di antaranya adalah sebagai berikut.

Dari Segi Kesehatan

Ketika Anda menjalankan langkah-langkah ‘hidup berkelanjutan’, maka Anda sudah mengambil langkah positif untuk kesehatan Anda, sebab Anda memahami manfaatnya, bagi Anda maupun bagi lingkungan.

Misalnya, saat membersihkan sayur atau buah-buahan, Anda dapat menggunakan bahan alami cuka, daripada sabun khusus pencuci sayur-sayuran dan buah-buahan, selain lebih sehat untuk Anda, juga menghindari munculnya sampah dari residu kimia.

Dari Segi Kantong alias Dompet

Kegiatan ramah lingkungan ini juga bisa, lho, menghemat uang di kantong Anda!

Sebagai contoh, makanan alami yang dicuci dengan bahan alami seperti cuka lebih murah dibandingkan makanan olahan alias fast food seperti yang banyak dijual di restoran atau suatu franchise. Dan tentunya ini dapat menghemat uang Anda dikarenakan lebih murah.

Atau contoh lainnya, olahan sampah dapur organik, dapat dijadikan pupuk organik alias alami untuk diperdagangkan secara online, atau dipakai sendiri, daripada membeli atau meracik pupuk kimia sendiri.

Dari Segi Emosi

Dengan memilih konsep ‘hidup berkelanjutan’, Anda melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat Anda memahami bumi lebih baik dan bagaimana Anda memengaruhi orang-orang di sekitar.

Sebagai contoh, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengendarai kendaraan bermotor, Anda dapat membuat diri lebih sehat, dan dengan diri yang lebih sehat Anda dapat lebih mudah tersenyum dan lebih bisa memengaruhi orang lain untuk hidup sehat.

Hanya dengan mendukung program ramah lingkungan Anda.

Secara Global

Dengan mendukung tindakan ramah lingkungan ini, tidak hanya beruntung dari segi keuangan, Anda juga ikut menyelamatkan dunia dan membantu generasi mendatang. Sekecil apapun tindakan yang Anda lakukan, tetap akan memberi pengaruh, misalnya, tidak membuang sampah dimanapun, sudah membantu hilangnya sampah di bagian bumi yang lain, sehingga bayi paus tidak mati karena sampah Anda.

Atau, tidak membuang sampah kail ikan di laut, sudah membantu bayi hiu tidak mati secara mendadak karena kerusakan bagian pencernaan.

Manfaat Nyata Lainnya

Dengan mengkampanyekan bisnis online Anda sekaligus berani menyuarakan bahwa Anda pendukung tindakan ramah lingkungan ini Anda sudah memberikan contoh kepada orang-orang di sekitar. Orang-orang di sekitar tentunya akan melihat kepedulian Anda dan tentunya akan mengikuti Anda demi menciptakan kehidupan di masa depan yang lebih baik.

Bagaimana menurut Anda?

Tentunya berbisnis secara online sembari melakukan tindakan bermanfaat yang satu ini, sangat bermanfaat, bukan? Baik dari segi finansial, maupun dari segi-segi lainnya.

Intinya, jika Anda ingin berbisnis online dengan menggunakan produk-produk bertemakan go green Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi sekaligus keterampilan yang cocok untuk mendaur ulang produk-produk tertentu, agar dapat terpakai kembali.

Dan jangan lupa, buatlah se-kreatif, se-inovatif mungkin, demi menarik perhatian calon pelanggan Anda!

Butuh lebih banyak artikel tips sukses bisns online gratis? Sekarang semuanya tersedia di MARKEY. Yuk follow https://markey.id/. 

Meneliti Pasar Bisnis dengan Survey Online

0
survey online

Agar bisnis online dapat berjalan dengan baik, Anda selaku pengelola harus senantiasa mengontrol setiap perubahan dan progress dari usaha Anda. Hal ini cukup esensial, mengingat situasi dan kondisi pasar yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Salah satu cara terbaik untuk mengontrol perkembangan bisnis adalah dengan mengadakan survey online.

Metode survey atau pengisian angket pertanyaan oleh masyarakat masih menjadi cara terbaik untuk mengetahui besaran jumlah, minat serta kebutuhan konsumen terkait komoditi. Sistem survey online juga dipilih sebab cara ini dapat dilakukan dengan cepat, praktis, dan mampu memberikan hasil riset yang akurat.

Bagaimana cara memanfaatkan survey online berbasis artificial intelligence untuk mengoptimalkan kebutuhan bisnis? Mari cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini.

Mengenal Survey Online Berbasis AI | Cara Kerja dan Manfaat

survey-online-1

Bisnis yang sukses adalah bentuk-bentuk usaha yang mampu memberikan penjualan secara tepat sasaran pada kebutuhan masyarakat. Sayangnya, menentukan secara tepat benda atau jasa apa yang tengah diminati bisa menjadi hal yang luar biasa sulit. Tentunya karena kita tidak bisa menebak begitu saja apa yang persisnya diinginkan konsumen.

Selain itu, tren pasar dan preferensi kebutuhan konsumen selalu berubah-ubah. Semisal saat terjadi bencana alam dan wabah penyakit, maka konsumen akan membutuhkan produk-produk kesehatan lebih banyak dibandingkan waktu-waktu lainnya. Sedangkan begitu hari raya tiba, konsumen lebih gemar berbelanja fashion dan aksesoris pakaian baru.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab saat ini sudah ada banyak peralatan teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kita mencari tahu produk-produk apa saja yang tengah diminati oleh konsumen. Belakangan ini, teknologi survey digital berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) menjadi metode riset bisnis yang banyak diperbincangkan.

Apa itu survey online berbasis artificial intelligence? Ini adalah teknologi baru yang mengombinasikan metode survey dengan pengolahan data otomatis berbasis komputer.

Cara kerjanya cukup sederhana. Survey akan disebarkan secara online ke masyarakat melalui media sosial atau website. Kemudian, hasil tanggapan responden akan diolah menjadi simpulan secara otomatis oleh mesin pintar komputer berkemampuan khusus. Jadi, Anda tidak perlu repot mengolah data hasil survey sendiri secara manual.

Survey digital berbasis artificial intelligence ini menjadi inovasi teknologi berpeluang terbaik untuk membantu memaksimalkan pengembangan bisnis online. Saran atau masukan dari konsumen selalu menjadi senjata ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda secara tepat sasaran. Dengan mengetahui hal-hal yang disukai atau tidak oleh konsumen, Anda bisa mengarahkan pelayanan dan kualitas produk menjadi lebih sesuai dengan keinginan masyarakat lalu menciptakan lebih banyak penjualan.

Selain penjelasan di atas, masih ada banyak manfaat penerapan survey digital berbasis AI untuk mengevaluasi keberlangsungan bisnis online Anda, yakni:

Baca juga : Cara Gabung Survey Online Berbayar, Mudah Dapat Uang di HP!

Survey Instan dan Real Time

Kecanggihan artificial intelligence jelas sangat memungkinkan bagi Anda untuk membuat survey secara instan dan real time. Anda cukup menginput pertanyaan yang telah dirancang ke dalam sistem, kemudian komputer akan memprosesnya sekaligus menampilkan kuesioner ke pengguna aplikasi dan pengunjung web bisnis Anda.

Selanjutnya, begitu data-data terkumpul, survey AI akan langsung mempelajari dan memproses hasil sehingga menjadi satu laporan utuh untuk diberikan kepada Anda. Semua proses ini akan jauh lebih menghemat tenaga dan waktu Anda. Jadi Anda bisa multitasking dengan mengerjakan hal lain selagi menunggu komputer selesai melakukan survey.

Aksesibilitas Tinggi

Manfaat kedua adalah survey digital mempunyai tingkat aksesibilitas yang tinggi. Dibandingkan dengan kertas kuesioner tradisional yang disebar dari tangan ke tangan dan menjangkau kelompok masyarakat terbatas, dengan kuesioner online, Anda bisa menyebarkan pertanyaan ke beragam platform medsos dalam sekali klik.

Sistem kuesioner online ini juga akan memudahkan konsumen atau masyarakat untuk berpartisipasi. Cukup dengan mengklik tautan survey saja, mereka sudah bisa menemukan pertanyaan-pertanyaan yang diminta untuk diisi.

Irit Biaya

Selain hemat waktu dan tenaga, survey digital juga jauh lebih hemat dari segi ongkos. Dengan menggunakan kuesioner online, Anda tidak perlu mengalokasikan dana perusahaan untuk membeli kertas, tinta printer, dan uang bensin untuk karyawan Anda bergerak keliling kota menyebarkan survey. Semua aktivitas sudah tercakup jadi satu menggunakan akses internet saja. Lebih praktis, bukan?

Minimalisir Kesalahan

Survey dan kuesioner online dengan bantuan teknologi AI jauh lebih mampu meminimalisir kesalahan saat penelitian berlangsung. Seluruh data-data masukan responden akan terkumpul otomatis ke dalam database server lalu diproses oleh AI. Sehingga, tidak mungkin ada jawaban responden yang hilang atau tercecer.

Selektif, Jujur dan Objektif

Dengan penyebaran kuesioner online berbasis AI, survey bisnis Anda akan menjadi lebih selektif, jujur sekaligus objektif. Semua identitas konsumen akan terahasiakan dengan baik, khususnya karena mereka tidak berhadapan langsung dengan Anda saat mengisi form pertanyaan.

Jadi, konsumen bisa bebas berterus terang terkait kondisi produk atau pengalaman mereka menggunakan jasa layanan Anda. Hasilnya, seluruh penilaian di survey Anda menjadi lebih objektif.

Selain itu, survey digital berbasis AI lebih mudah untuk dikustomisasi agar menjadi lebih selektif dalam menentukan target responden. Saat membuat survey, Anda bisa sekalian mengatur jenis kelamin, usia, daerah, hingga minat dan hobi dari para responden.

Banyak sekali, ya, manfaat dari survey digital untuk perkembangan bisnis Anda. Sayangnya, masih ada kendala lain yang cukup sering ditemui saat perusahaan hendak menyebarkan kuesioner online. Ya, masalah tersebut adalah sedikitnya orang yang tertarik untuk mengisi kuesioner dari perusahaan.

Namun Anda tidak perlu cemas, karena ada jasa-jasa survey digital terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu. Jasa-jasa ini umumnya memberikan hadiah menarik bagi masyarakat yang dengan sukarela mengisi kuesioner. Scroll lagi yuk untuk tahu apa saja rekomendasi jasanya!

Rekomendasi Jasa Survey Digital Terbaik

survey-online-2

Bingung bagaimana cara terbaik untuk membuat dan menyebarkan survey digital terkait produk ke masyarakat? Daripada repot-repot menyusun survey sendiri, sebagai langkah awal, Anda bisa bekerja sama dengan jasa-jasa survey digital terbaik berikut ini.

Perusahaan jasa survey bisnis ini siap menolong Anda untuk melakukan riset pandangan konsumen terhadap produk ataupun brand bisnis Anda. Selain itu, konsumen pun dijamin akan dengan sukarela mengisi kuesioner lantaran jasa-jasa survey ini menyediakan hadiah uang tunai untuk masyarakat yang rajin menjawab pertanyaan survey.

iPanel

Jasa survey online berbayar unggulan pertama pilihan kami adalah iPanel. iPanel termasuk salah satu dari 10 penyedia jasa survey digital terbaik dunia. Jika Anda tinggal dan berbisnis di Indonesia, maka pilihan memakai iPanel untuk meriset pasar adalah opsi terbaik sebab target survey situs ini adalah negara-negara Asia.

Konsumen pun akan dengan senang hati mengisi survey yang diberikan sebab mereka akan mendapat bayaran dari 1000 sampai 5000 poin per kuesioner yang mereka isi. Nantinya, poin dapat ditukarkan dengan uang tunai saldo PayPal. Menarik, bukan?

YouGov Indonesia

Selanjutnya ada juga panel survey digital YouGov Indonesia. YouGov siap membantu perusahaan online Anda untuk mengumpulkan pendapat responden terkait produk bisnis yang tengah ramai dipasarkan. Mau menilai produk bisnis sendiri juga bisa! Anda cukup mengontak pihak YouGov agar mereka membuatkan survey digital khusus bagi perusahaan atau produk yang ingin Anda ketahui nilainya dari sudut pandang konsumen.

Sama seperti iPanel, YouGov memberikan reward bagi setiap konsumen yang mengisi kuesioner. Poin yang Anda dapatkan dari YouGov dapat ditukar nantinya menjadi pulsa, uang tunai, atau didonasikan untuk UNICEF.

Global Test Market

Dari namanya saja kita sudah bisa mendapat gambaran bahwa Global Test Market adalah jasa layanan survey online berbayar untuk produk-produk bisnis. Mirip dengan YouGov, di Global Test Market Anda bisa mendapatkan jasa survey dan review atas produk yang Anda jual ke masyarakat.

Data-data hasil penelitian pun akan dikumpulkan untuk diolah secara otomatis oleh sistem komputer. Jadi Anda bisa duduk manis dan menunggu hingga hasil survey diberikan oleh tim peneliti kepada Anda. Untuk konsumen yang melakukan review, mereka akan mendapat bayaran hingga 50 dolar Amerika.

SurveyOn

Ingin menjalankan survey digital berbahasa Indonesia? SurveyOn adalah jawaban terbaik yang patut untuk dicoba! Tidak seperti jasa layanan survey sebelumnya yang cenderung menggunakan bahasa Inggris saja, SurveyOn menyediakan sistem survey dalam bahasa Indonesia.

Sehingga, survey atas perusahaan dan produk Anda dapat menyasar target kelompok masyarakat lokal yang tepat. Sebab sering kali masyarakat enggan mengisi survey karena ketidakmampuan mereka berbahasa Inggris.

SurveyOn mampu mengumpulkan hasil survey secara cepat. selain itu, sistem survey ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia mengingat kemudahan penggunaannya. Ada pula beragam penawaran menarik jika Anda berhasil menyelesaikan sebuah survey, seperti mendapat poin dan hadiah uang.

Itulah pembahasan lengkap kali ini tentang pemanfaatan artificial intelligence untuk survey online berbayar. Tertarik menggunakan jasa layanan survey digital di atas untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap bisnis Anda?

Jangan lupa, simak juga beragam artikel informatif dan menarik lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari situs kami, ya! Sampai jumpa.

Teknologi Kesehatan : Ide, Tren dan Inovasi Bisnis Kesehatan Berbasis Teknologi

0
teknologi kesehatan

Saat membicarakan bisnis berbasis teknologi komputer, pikiran kita akan langsung mengarah pada usaha pengembangan software, bisnis gadget, startup berbasis kecerdasan buatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi tersebut, bukan? Namun bagaimana jika kecanggihan teknologi komputer ini dikaitkan dengan ranah industri lain seperti kesehatan?

Jangan salah mengira, lho. Industri medis pun memiliki peluang berbisnis yang sama baiknya dengan industri-industri lain. Dengan memanfaatkan teknologi informatika yang tepat, Anda dan tim bisa membangun perusahaan IT baru yang bergerak di bidang kesehatan.

Nantinya, di samping bisa mendapatkan pemasukan, perusahaan Anda pun dapat berkontribusi untuk memajukan dunia medis tanah air yang sampai saat ini masih belum secanggih luar negeri dengan beragam peralatan terbarunya.

Ingin tahu apa-apa saja inovasi bisnis teknologi di bidang kesehatan yang bisa Anda coba terapkan? Yuk langsung meluncur ke artikel edisi kali ini untuk mengetahui jawabannya. Selamat membaca!

Baca juga : 7 Jasa Web Klinik Dokter Umum Lengkap Murah di Jakarta 

Mengapa Berbisnis IT di Dunia Medis?

medis-online

Perkembangan teknologi komputer telah banyak membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pengaplikasian kecanggihan IT pada beragam industri lain telah mulai banyak dilakukan serta mulai terasa bermanfaat untuk mengoptimalkan kerja masing-masing aspek.

Katakanlah industri bisnis yang merambah dunia digital sehingga banyak perusahaan bisa mengoptimalkan pemasaran. Atau industri pendidikan yang mulai bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan biaya terjangkau berkat bantuan teknologi online.

Lalu bagaimana dengan dunia medis? Industri kesehatan dan medis adalah hal yang bersifat pokok atau fundamental dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya industri medis, kita jelas tidak akan dapat bertahan hidup serta memperoleh pengobatan saat sakit.

Peran teknologi pun sebenarnya sudah merambah ke dunia medis Indonesia, hanya saja, pemanfaatan tersebut masih terasa belum optimal. Padahal, kecanggihan teknologi kesehatan dapat membawa dampak yang signifikan dalam membantu tenaga medis menyelamatkan banyak jiwa pasien.

Jika ditelusuri lebih lanjut, Anda akan dapat menemukan beragam permasalahan yang masih terjadi dalam penerapan teknologi kesehatan di tanah air. Mulai dari masalah ketidakseragaman pengembangan teknologi kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, sumber daya manusia berkualitas yang minim untuk mengoperasikan peralatan, hingga kurangnya optimalisasi teknologi kesehatan yang sudah diaplikasikan, serta edukasi kepada masyarakat terkait keberadaan sistem pelayanan kesehatan terbaru yang masih harus digalakkan.

Dari sini kita bisa melihat besarnya potensi untuk mendirikan bisnis berbasis inovasi teknologi di bidang kesehatan Indonesia. Selain bisa mendapatkan pemasukan, bisnis Anda dapat lebih cepat berkembang sebab mampu mendorong optimalisasi kerja industri medis. Kecanggihan teknologi kesehatan yang Anda tawarkan bisa mendorong perbaikan pelayanan kesehatan sehingga menjadi lebih efisien dan berkualitas.

Adapun beberapa manfaat yang bisa perusahaan IT Anda berikan untuk dunia medis antara lain:

Baca juga : 5 Jasa Aplikasi Dokter Online Bali Berkualitas Mirip Halodoc

Bantuan Cepat Menyalurkan Data Pasien

Salah satu kendala yang masih sering terjadi di lapangan saat penanganan pasien adalah lambannya proses penyaluran data pasien dari satu instansi ke yang lain. Namun jika ada bantuan teknologi kesehatan, tenaga medis bisa dengan cepat mengirimkan informasi pasien dari rumah sakit ke laboratorium medis, puskesmas, ataupun apotek dalam satu kali klik di aplikasi.

Cepat dan Mudah Mengidentifikasi Penyakit

Dengan bantuan teknologi kesehatan, rumah sakit dan instansi medis lain bisa dengan cepat melakukan survey terkait penyakit yang berkembang di masyarakat. Gunanya, para tenaga medis dapat melakukan antisipasi dengan cepat ke masyarakat untuk mencegah terjadinya wabah beragam penyakit seperti demam berdarah, diare, malaria, gizi buruk, dan lain-lain.

Membantu Penyusunan Prioritas

TI melalui kecerdasan buatan (AI) dapat mempermudah tim medis dalam menyusun skala prioritas penanganan penyakit di masyarakat. Hasil survey otomatis yang telah dikelola oleh kecerdasan buatan komputer dapat segera menjadi pedoman bagi para dokter untuk mengambil keputusan sekaligus kebijakan kesehatan untuk diaplikasikan. Jadi, tidak akan ada banyak waktu yang terbuang hanya untuk proses survey dan menunggu hasilnya.

Mengatasi Kelangkaan Tenaga Medis

Kelangkaan tenaga medis, khususnya di daerah pelosok, masih menjadi masalah yang berlarut-larut bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, sudah saatnya bagi kita semua untuk mulai mengaplikasikan inovasi teknologi di bidang kesehatan. Bantuan teknologi kesehatan seperti pengobatan online jarak jauh bisa mengatasi ketiadaan dokter spesialis yang beroperasi di tempat-tempat yang jauh.

Inspirasi Inovasi Teknologi di Bidang Kesehatan

Anda telah memahami besarnya potensi bisnis berbasis IT untuk bidang kesehatan. Sekarang, apa sajakah kiranya inovasi-inovasi teknologi di bidang kesehatan yang bisa Anda garap? Berikut ini adalah beberapa inspirasi bisnis berbasis inovasi teknologi kesehatan yang bisa Anda coba kembangkan:

Dokter Online

dokter-online

Pertama adalah layanan dokter online. Membuat aplikasi konsultasi dokter online bisa menjadi terobosan unik sekaligus menguntungkan. Sebab, sampai hari ini masih ada banyak dokter spesialis dan tenaga medis ahli yang belum terjangkau khususnya bagi masyarakat yang tinggal di areal pinggiran atau pelosok. Mengembangkan aplikasi konsultasi dokter online akan sangat menolong bagi warga yang ingin menemui dokter tetapi terkendala oleh jarak.

Aplikasi dokter online dapat menghapus sekat warga menuju akses kesehatan yang baik. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kemudian pemeliharaan kesehatan dapat benar-benar dilangsungkan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, konsultasi dokter online dapat menjadi sarana bertemu dokter yang jauh lebih hemat biaya dibandingkan mengunjungi dokter praktek normal. Bayangkan betapa besar kesuksesan yang bisa diraih oleh aplikasi IT Anda sebab hampir semua masyarakat Indonesia akan membutuhkan terobosan unggul seperti ini.

Asuransi Kesehatan Online

Inspirasi kedua adalah membuat aplikasi asuransi kesehatan online. Asuransi kesehatan adalah salah satu hal penting yang sesungguhnya tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat.

Sayangnya, masih cukup banyak warga yang tidak tahu pentingnya asuransi kesehatan bagi kehidupan mereka. Kurangnya edukasi dan stigma asuransi yang mahal serta sulit untuk diurus menjadi beberapa faktor yang mendasari rendahnya tingkat penggunaan asuransi kesehatan di masyarakat.

Anda bisa menjadi pelopor untuk menciptakan solusi atas permasalahan ini. Anda bisa mengambil peluang bisnis baru dengan mendirikan aplikasi asuransi kesehatan online.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengedukasi masyarakat terkait pentingnya asuransi kesehatan sedini mungkin. Pun Anda bisa mengubah tata cara mengajukan asuransi kesehatan yang sulit menjadi lebih ringkas dan efisien sehingga masyarakat mulai tertarik untuk berasuransi.

Inti utama dari aplikasi buatan Anda nantinya adalah kemudahan akses bagi seluruh masyarakat untuk membeli produk asuransi. Untuk menyukseskan bisnis ini, nantinya Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asuransi ternama di tanah air. Peluang bisnis asuransi online ini masih sangat terbuka lebar, jadi tunggu apa lagi? Yuk kembangkan bisnis ini sekarang!

Apotik Online

apotek-online

Selain layanan dokter dan asuransi kesehatan online, Anda bisa mencoba inspirasi bisnis lain yakni apotik online. Di masa pandemi Covid 2020 ini, banyak masyarakat kesulitan membeli obat-obatan secara langsung di apotik karena merasa khawatir untuk bepergian. Sebagai solusinya, Anda bisa membuat layanan apotik online yang menyediakan jasa delivery obat-obatan ke rumah.

Aplikasi apotik online ini pun berkesempatan besar untuk Anda mengembangkan bisnis UMKM apotik tradisional yang cakupan penjualannya masih terbatas. Dengan merangkul apotik-apotik ini untuk bekerjasama, mereka dapat lebih berkembang secara digital dalam memasarkan produk-produk obat jualannya.

Di sisi lain, masyarakat akan sangat terbantu karena bisa memesan obat semudah mengklik aplikasi dari rumah. Mereka tidak perlu repot mengantre atau capek-capek membuang waktu dan tenaga hanya untuk berbelanja obat. Dijamin, aplikasi Anda akan segera menjadi primadona karena pasar obat-obatan akan selalu dibutuhkan oleh konsumen.

 Demikianlah pembahasan inspirasi bisnis dengan inovasi teknologi di bidang kesehatan. Apakah Anda juga tertarik untuk mengembangkan salah satu bisnis berbasis teknologi kesehatan? Peluang bisnis dengan teknologi di bidang kesehatan ini memang masih sangat lebar di Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba memanfaatkan kesempatan bagus ini!

Yuk cari tahu juga bagaimana cara mengembangkan bisnis online untuk pemula, serta aneka tips dan trik sukses digital marketing lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Layanan Streaming adalah : Mengintip Kesuksesan Bisnis Streaming Berbasis AI

0
layanan streaming

Akhir pekan memang paling enak diisi dengan bersantai menikmati beragam tontonan menarik. Sayangnya, wabah pandemi Covid di Indonesia mengakibatkan semua bioskop terpaksa ditutup. Sebagai gantinya, kini masyarakat Indonesia beralih mencari hiburan menggunakan layanan streaming.

Sesuai namanya, layanan streaming adalah tempat dimana kita bisa memperoleh beragam jenis hiburan, seperti film, video lucu dan musik menggunakan koneksi internet. Meskipun banyak digunakan saat ini, tidak banyak orang mengetahui bahwa layanan streaming adalah platform bisnis cerdas berbasis artificial intelligence (AI)

Penasaran bagaimana cara kerja bisnis online streaming menggunakan sistem artificial intelligence? Temukan jawabannya langsung di pembahasan berikut ini. Siapa tahu, Anda bisa terinspirasi untuk membuat layanan streaming hiburan terbaru menggunakan kecanggihan AI!

Dari Netflix sampai YouTube Music, Inilah Layanan Streaming Berbasis AI yang Sukses

streaming

Menonton film atau mendengarkan musik bisa menjadi kegiatan favorit bagi banyak orang di waktu luang. Apakah Anda juga demikian? Di manakah Anda biasanya menonton film atau mendengarkan musik?

Sekarang, mendapatkan hiburan seperti film, video dan musik bukanlah hal yang susah. Masyarakat kekinian saat ini sudah sangat akrab dengan layanan streaming online. Cukup dengan membuka aplikasi streaming via smartphone, smart TV atau laptop, Anda sudah bisa mengakses puluhan film-film rilisan terbaru atau musik-musik dari penyanyi terfavorit.

Bisnis layanan streaming adalah tren baru di era modern. Sesuai namanya, layanan streaming adalah platform bisnis yang menyediakan jasa hiburan digital ke masyarakat atau konsumen. Umumnya produk-produk pada layanan streaming adalah musik, film dan video yang bisa diakses menggunakan gadget dan koneksi internet saja. Namun, untuk bisa menggunakan layanan streaming ini, Anda harus membeli paket berlangganan bulanan.

Adapun kunci kesuksesan layanan streaming adalah pemanfaatan artificial intelligence atau kecerdasan buatan dalam sistemnya. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini, layanan streaming dapat mudah dipersonalisasikan dengan minat serta hal-hal yang disukai oleh konsumen. Alhasil konsumen pun bisa mendapatkan hiburan yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

Beberapa platform yang memanfaatkan artificial intelligence untuk layanan streaming adalah:

Netflix

Nama Netflix sangat terkenal di Indonesia belakangan ini. Netflix adalah layanan streaming asal Amerika Serikat yang sudah berekspansi ke beragam negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan Netflix adalah menggunakan artificial intelligence dalam sistemnya.

Pemanfaatan artificial intelligence di Netflix ini bukan tanpa sebab. Setelah mengaplikasikan kecerdasan buatan komputer ini, pihak Netflix mengklaim bahwa layanan streaming mereka mengalami peningkatan kualitas serta mampu mendapatkan jumlah konsumen yang lebih banyak. Beberapa keuntungan artificial intelligence pada layanan streaming adalah:

  • Sistem komputer mampu menampilkan file film berkualitas tinggi dengan penggunaan data yang kecil
  • Mudah menunjukkan rekomendasi film yang sesuai dengan minat kesukaan dan riwayat tontonan konsumen
  • Pembaruan aplikasi dapat dilakukan secara otomatis, serta masih banyak lagi.

Kedepannya, Netflix berencana mengembangkan layanan streaming film mereka menjadi lebih optimal lagi dengan menggunakan artificial intelligence ini.

Spotify

Contoh lain bisnis yang memanfaatkan layanan streaming adalah Spotify. Spotify adalah layanan streaming musik asal Swedia yang sekaligus menjadi kompetitor utama dari Apple Music. Nama Spotify pun tidak kalah terkenal dibandingkan Netflix di Indonesia. Jika Netflix merajai layanan streaming film, maka Spotify merajai layanan streaming lagu pada beragam perangkat smartphone.

Sama seperti layanan streaming lainnya, kesuksesan Spotify dalam berbisnis online terletak pada pemanfaatan artificial intelligence dalam sistemnya. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini, pihak Spotify dapat mengustomisasi playlist musik berdasarkan minat, genre favorit, ataupun artis favorit dari penggunanya.

Selain itu, Spotify memiliki koleksi lagu yang lengkap dan bisa memudahkan pengguna dalam menemukan lagu dari beragam genre memakai kecanggihan AI. Di Indonesia sendiri ada puluhan juta pengguna Spotify. Jika Anda ingin menggunakan layanan streaming ini, Anda bisa memilih paket langganan bulanan, tahunan hingga harian dengan harga mulai dari Rp4.900 saja.

Playsight

Pemanfaatan artificial intelligence di layanan streaming online juga diaplikasikan pada perusahaan bisnis Playsight. Berbeda dengan perusahaan streaming lainnya, perusahaan Playsight adalah bisnis streaming yang khusus menyediakan tontonan seputar olahraga.

Perusahaan Playsight berasal dari Amerika Serikat. Dengan Playsight, Anda bisa menonton beragam perlombaan olahraga baik secara livestreaming ataupun siaran ulang. Selain itu, Anda bisa mendapatkan fitur canggih dari AI lainnya seperti analisis singkat pertandingan, motion detection dan face recognition, serta teknologi Virtual Assistant Referee.

Dengan Playsight, Anda bisa menonton pertandingan olahraga kapanpun dimanapun cukup menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini pun sudah tersedia di App Store (iOS) dan Google Play Store (Android). Lebih bagus lagi, layanan streaming di Playsight bisa dilakukan secara gratis atau berbayar bergantung pada keputusan penyelenggara pertandingan olahraga.

YouTube Music

Contoh bisnis streaming dengan artificial intelligence terakhir adalah YouTube Music. YouTube Music dikenal sebagai platform hiburan musik streaming milik perusahaan YouTube dan Google.

Dulu kita biasa mengakses YouTube menggunakan browser. Kini dengan YouTube music kita bisa mengakses YouTube menggunakan aplikasi dan memperoleh fitur-fitur yang lebih canggih. Di dalam aplikasi ini pun sudah terpasang kecerdasan buatan milik Google untuk meningkatkan pengalaman streaming musik Anda.

Dengan pemanfaatan AI di aplikasi ini, sistem dapat dengan mudah memberikan rekomendasi terkait musik-musik terbaru, terbaik dan yang dirasa paling cocok dengan selera konsumen. Selain itu, Anda bisa melakukan penelusuran via suara menggunakan voice search.

Manfaat Artificial Intelligence dalam Layanan Streaming

streaming-1

Mengapa Anda harus mendirikan bisnis online memakai artificial intelligence? Ulasan 4 perusahaan layanan streaming di atas telah menjadi bukti bahwa menggunakan AI mampu menyukseskan perkembangan bisnis online Anda. Berikut ini adalah rangkuman manfaat penggunaan artificial intelligence dalam bisnis layanan streaming:

Mudah Memahami Kebutuhan Audiens

Tidak perlu susah payah mencari tahu produk-produk apa yang diminati oleh konsumen, sistem AI yang terpasang pada aplikasi bisnis Anda dapat mendata dan menganalisis hal tersebut secara otomatis. Bahkan, AI bisa menyodorkan rekomendasi film-film atau musik berdasarkan daftar riwayat tontonan konsumen. Dengan begini, bisnis Anda dapat lebih mudah memuaskan konsumen plus mendapat loyalitas dari konsumen baru.

Memprediksi Usaha Sebuah Film/Lagu

AI bisa memprediksi tingkat kesuksesan dari sebuah film atau lagu. Sistem AI akan mencatat berapa banyak orang yang melakukan streaming, menyukai atau memberikan komentar pada lagu dan film tertentu. Dengan begini, perusahaan produksi film serta seniman dapat turut mempelajari seperti apa karya yang sedang diminati oleh masyarakat, agar mereka bisa menghasilkan karya yang laku di pasaran.

CGI Super Canggih

Manfaat ini akan sangat terasa jika Anda menjalankan bisnis layanan streaming film seperti Netflix, HBO, Disney+, VIU dan lainnya. Kecanggihan AI mempermudah sistem produksi film untuk membuat karya-karya visual berkualitas tinggi dengan mudah dan hemat biaya. Semakin baik kualitas dari sebuah film yang dimiliki oleh layanan streaming, umumnya akan semakin menarik minat masyarakat untuk berlangganan dan menonton. Bagaimana, masih meragukan potensi aritificial intelligence untuk memaksimalkan bisnis layanan streaming?

Itulah pembahasan lengkap terkait penggunaan artificial intelligence untuk layanan streaming dan entertainment. Saat ini masih belum banyak perusahaan streaming asal Indonesia, jadi kesempatan Anda untuk berbisnis layanan streaming berbasis AI masih terbuka lebar. Yuk mulai menyusun strategi bisnis digital dari sekarang!

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan serta inspirasi Anda ya. Temukan juga lebih banyak wawasan dari artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa!

Voice Assistant : Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan

0
voice assistant

Perkembangan teknologi untuk bisnis online seolah tidak ada habisnya, khususnya dari pemanfaatan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Setelah sempat ramai inovasi teknologi artificial intelligence berupa chatbot, kini hadir teknologi voice assistant android bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis online dan SEO.

Mayoritas pebisnis saat ini menggunakan peralatan digital untuk melancarkan perkembangan usahanya. Anda pun tidak boleh ketinggalan!

Yuk maksimalkan bisnis Anda menggunakan teknologi AI voice assistant. Cari tahu bagaimana cara menggunakan voice assistant android bahasa Indonesia pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Mengenal Definisi dan Sejarah Voice Assistant

Pernahkah Anda melihat orang lain berbicara sendiri kepada perangkat smartphonenya? Tidak seperti saat sedang menelepon, orang lain yang Anda lihat itu sedang memerintahkan smartphonenya untuk melakukan sebuah aktivitas. Sekarang Anda akan bertanya-tanya, “Memangnya bisa menjalankan smartphone dengan suara?”.

Jawabannya adalah “iya”. Teknologi terkini tersebut bernama voice assistant, atau voice command. Inovasi teknologi ini hadir sebagai salah satu turunan dari artificial intelligence komputer. Kini, fitur voice assistant telah diaplikasikan pada beragam aplikasi gadget kekinian, seperti smartphone.

Meskipun mulai banyak dipakai oleh masyarakat untuk melakukan penelusuran atau mengoperasikan perintah sederhana, masih banyak orang tidak tahu bahwa fitur voice assistant bisa dipakai untuk mengoptimalkan pengoperasian bisnis online.

Voice assistant dapat dipakai untuk membantu Anda menelusuri search engine, membalas e-mail hingga mengingatkan jadwal-jadwal penting saat berbisnis seperti penandatanganan kontrak atau meeting dengan klien penting.

Selain itu, voice assistant dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Anda mencatat proses meeting karena semua suara akan otomatis terekam, lalu diubah menjadi bentuk catatan tulis. Bekerja dengan voice assistant jadi lebih praktis, cepat, serta irit tenaga dan waktu!

Sebelum menjadi seterkenal sekarang, teknologi voice command telah mengalami perkembangan yang cukup panjang. Jauh sebelum di Indonesia bermunculan teknologi voice assistant android bahasa Indonesia, di Amerika sudah ada fitur teknologi berbasis suara ini dengan nama Siri (milik Apple), Alexa (milik Amazon) dan Cortana (milik Microsoft).

Teknologi voice assistant muncul pada era 1960-an, dicetuskan oleh IBM. Fitur pengenal suara pertama ini disematkan pertama kali pada produk jualan IBM bernama Shoebox. Fitur voice command pada Shoebox masih memiliki kemampuan pengenalan suara yang terbatas yakni 9 digit angka dan 16 jenis huruf.

Setahun berikutnya, teknologi ini berkembang pesat sampai era 1990. Saat itu, Harpy Program mengembangkan teknologi voice command hingga bisa mengenali sampai 1000 kata. Meski sudah jauh lebih canggih, produk Harpy Program saat itu masih dibuat hanya untuk kepentingan internal perusahaan saja. Baru di tahun 1990-an muncul produk voice assistant yang dijual bebas dan luas ke masyarakat. Produk ini berwujud dalam aplikasi bernama Dragon.

Dibandingkan dua leluhurnya, Dragon bisa mengenali aneka suara dan membuat transkrip ucapan manusia. Kemudian muncul Clippy, software asisten virtual suara yang bisa menerjemahkan, melacak teks dan menjadi basis mengecek feedback. Namun baik Dragon dan Clippy sama-sama tidak bertahan di pasar umum karena fiturnya yang terbatas.

Pengaplikasikan voice command baru trending lagi di tahun 2011 saat Apple meluncurkan Siri, asisten virtual dengan fitur voice assistant yang menjadi fitur bawaan produk-produk Apple. Tak lama berselang, Google turut mengeluarkan fitur yang serupa bernama Google Now dan Microsoft yang merilis Cortana.

Hingga akhirnya pemanfaatan voice command untuk bisnis online umum dipelopori oleh Amazon, e-commerce terbesar sedunia pada tahun 2014. Asisten virtual berbasis suara milik Amazon ini dikenal dengan nama Alexa, dan cukup populer di masyarakat sampai saat ini sebab bisa memudahkan konsumen menemukan produk.

Tindakan Amazon ini sukses menjadi inspirasi bahwa kita bisa mengembangkan usaha online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti voice command. Apa sajakah kira-kira manfaat dari penggunaan voice assistant untuk bisnis? Berikut jawabannya:

Manfaat Voice Command untuk Perkembangan Bisnis

voice-assistant

Jadilah unggul di antara persaingan bisnis online lainnya dengan menggunakan voice command. Mengapa perusahaan Anda harus memakai fitur bantuan suara ini? Berikut adalah sejumlah manfaat voice command untuk mendorong perkembangan bisnis Anda.

Menjadi Pertimbangan dalam SEO

Siapapun yang menjalankan bisnis online menggunakan website tentunya ingin agar websitenya sukses menduduki peringkat teratas menurut SEO. Oleh sebab itu, tak heran banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan traffic website-nya dengan beragam tools serta jasa peningkatan SEO. Kini, Anda bisa menjuarai rangking SEO semudah mengaplikasikan voice asisten dalam sistem bisnis online Anda.

Di era saat ini, pencarian berbasis suara mulai bertumbuh ke angka yang signifikan. Jumlah masyarakat yang melakukan pencarian website via suara pun meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu studi yakni stonetemple.com berhasil menemukan fakta 50% orang merasa nyaman menggunakan voice search ketimbang mengetik. Bahkan ada 25% orang sudah menganggap voice asisten sebagai tangan kanan digital mereka.

Dengan voice asisten, orang-orang bisa lebih mudah menelusuri beragam hal di dunia maya tanpa perlu mengetik. Alhasil, bukan tidak mungkin search engine akan mempertimbangkan pencarian berbasis voice search sebagai perhitungan ranking SEO website.

Meningkatkan Keuntungan di Era Kekinian

Manfaat fitur voice command berikutnya adalah memberikan keuntungan yang signifikan dalam era bisnis saat ini. Tren pencarian berbasis suara menggeser gaya hidup masyarakat yang dulunya selalu mengetik, kini menjadi lebih praktis dengan menyebutkan apa saja yang ingin mereka telusuri.

Sebagian besar masyarakat menggunakan fitur voice search untuk menelusuri produk-produk yang ingin mereka beli secara online. Bayangkan jika seandainya calon konsumen mendatangi website atau aplikasi bisnis Anda dan tidak menemukan fitur voice search di dalamnya. Konsumen yang sudah terbiasa memakai voice search bisa langsung mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko Anda hanya karena aplikasi Anda tidak dilengkapi dengan fitur teknologi kekinian.

Begitu pula dengan calon konsumen yang baru mengenal kecanggihan teknologi voice search. Menyediakan fitur voice search di aplikasi bisnis Anda akan secara tidak langsung mengajak konsumen mencoba model penelusuran gaya baru yang lebih nyaman dan praktis dipakai. Dengan begini, konsumen Anda akan jadi lebih betah berbelanja di toko online Anda.

Toko Anda Lebih Mudah Ditemukan di Google

Semakin mudah toko Anda ditemukan pada penelusuran Google, maka dapat dipastikan jumlah penjualan toko online Anda akan semakin baik. Biasanya, para konsumen online tidak mau repot-repot scroll sampai ke bawah halaman hanya untuk menemukan sebuah toko online. Mereka cenderung langsung menjatuhkan pilihan pada hasil pertama di halaman penelusuran.

Jika toko Anda berada di posisi paling atas, maka konsumen akan langsung mengklik toko Anda dan melupakan toko-toko yang lain. Bagaimana caranya agar toko Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google? Selain menggunakan keyword konten produk, Anda bisa mendongkrak posisi dan visibilitas website memakai fitur voice command untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko.

Google biasanya akan mencatat setiap respon kepuasan dari konsumen yang didapatkan toko Anda. Jadi, semakin banyak testimoni baik dalam situs website Anda, maka Google akan menaikkan peringkat dan visibilitas toko Anda di halaman pencariannya.

Mendulang Lebih Banyak Calon Konsumen

Manfaat fitur voice command terakhir adalah mampu mendulang lebih banyak calon konsumen dari seluruh wilayah dunia. Penelitian resmi dari Google dan Amazon memperkirakan bahwa jumlah pengguna voice command akan bertambah secara signifikan dari tahun 2020.

Hal ini berarti akan ada lebih banyak masyarakat dengan kebiasaan melakukan penelusuran via suara. Lambat laun, bukan tidak mungkin pemanfaatan fitur voice search akan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh bisnis online jika ingin bertahan dan unggul dalam kompetisi persaingan.

Contoh Penerapan Voice Speech dalam Bisnis

Anda telah melihat sejarah perkembangan fitur voice command dan manfaatnya untuk mendukung perkembangan bisnis online. Ada banyak contoh nyata penerapan fitur suara ini, termasuk dalam mengoperasikan bisnis online, beberapa di antaranya adalah:

  • Membantu multitasking sebab Anda tidak harus turun mengetik atau mengklik tombol-tombol pada gadget. Cukup gunakan fitur voice command, maka gadget Anda bisa menerima perintah yang diberikan.
  • Menjadi alarm untuk beragam notes, seperti jadwal meeting, bertemu klien, atau mengecek performa website bisnis.
  • Mencatat semua hasil diskusi tim kerja saat meeting tanpa ada yang terlewat karena suara Anda akan diubah otomatis ke dalam bentuk tulisan.
  • Memudahkan konsumen menemukan produk yang mereka ingin beli secara cepat dengan menyebutkan keyword atau merk brand.
  • Memikat hati konsumen karena layanan berbasis suara dapat difungsikan sebagai asisten pribadi yang bisa membantu konsumen kapanpun dimanapun.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait penggunaan voice command untuk bisnis online. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda dalam memajukan bisnis online, ya! Ingin lebih cerdas dalam berbisnis online? Yuk temukan lebih banyak wawasan dari artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa!

Bundling adalah : Penerapan Teknik Bundling dalam Bisnis Online

0
bundling adalah

Semua orang pastinya menginginkan penjualan bisnis online-nya meningkat dengan ‘wah’, agar semua itu terjadi tentunya Anda membutuhkan teknik penjualan yang mampu mendorong penjualan Anda.

Salah satu teknik yang dapat Anda pakai adalah teknik bundling.

Lalu, apa yang dimaksud dengan teknik bundling?

Yuk, simak penjelasannya!

Bundling adalah

Bundling adalah sebuah strategi dimana Anda dapat menggabungkan penjualan beberapa produk sekaligus dalam satu paket penjualan, dengan harga yang lebih murah.

Paket bundling adalah jenis teknik yang mayoritas selalu menarik perhatian pembeli, dikarenakan teknik ini memberikan beberapa keuntungan sekaligus yang ditawarkan oleh dua perusahaan yang telah bekerja sama.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya banyak memberikan hal-hal menarik, seperti harga-harga promo dan juga bonus-bonus lainnya. Strategi ini biasanya banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan pembuat ponsel, dimana banyak perusahaan ini membuat kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, salah satunya dengan perusahaan provider.

Namun, Anda sebagai pemilik bisnis online biasa pun dapat menerapkan strategi ini.

Disebabkan tujuan dari strategi bundling adalah meningkatkan penjualan produk dengan cara menawarkan kemudahan kepada pembeli melalui kemudahan prosedur pembelian yang akhirnya berimbas pada penghematan waktu sekaligus memberikan nilai tambah yang lebih besar dan dapat memperkecil biaya promosi.

Paket bundling diterapkan, sebagai contoh, untuk menghabiskan stock sisa yang tidak laku dijual, misalnya saat akhir tahun, banyak barang dijual dengan murah. Atau bisa juga dipergunakan untuk memberikan reward kepada konsumen yang sudah loyal kepada Anda.

Dan lagi teknik bundling ini juga biasa dipergunakan pada awal peluncuran produk untuk meningkatkan penjualan di masa awal penjualan atau pada akhir season penjualan sebuah produk sebelum produk baru diluncurkan.

Bagaimana? Penerapannya tentunya secara umum saja, kan?

Lalu, bagaimanakah strategi yang sangat bermanfaat ini bisa ditemukan?

Yuk, simak cuplikannya!

Sejarah Terciptanya Bundling

Bagaimana terciptanya teknik bundling ini?

Teknik bundling pertama kali dikenal melalui dunia telekomunikasi, ketika ponsel CDMA muncul pertama kali pada tahun 1995.

Untuk menarik masyarakat agar mau menggunakan ponsel dengan jaringan CDMA, vendor dan operator yang menghadirkan jaringan CDMA ini melakukan strategi paket bundling. Dan ternyata, strategi mereka pun berhasil, banyak pembeli yang membeli ponsel CDMA.

Banyaknya pembelian ponsel CDMA dikarenakan konsumen mendapatkan banyak keuntungan, seperti aplikasi untuk Facebook, Twitter, dan juga sosial media yang lain dengan harga yang murah.

Strategi ini sendiri pun diterapkan oleh China dengan cara memberikan paket perdana gratis, dan ternyata dengan strategi yang sama penjualan ponsel asal Tiongkok ini juga berhasil dengan gemilang.

Jadi tidak mengherankan jika teknik yang satu ini dapat dinobatkan sebagai teknik provider juga, dikarenakan banyak dipergunakan oleh dunia telekomunikasi.

Bagaimana?

Tentunya strategi ini sangat berguna, bukan?

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan teknik bundling.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Teknik Bundling

bundling-1

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan teknik bundling, diantaranya adalah dikarenakan efisiensi biaya, peluang pasar untuk meningkatkan laba, sekaligus merupakan sebuah strategi yang kompetitif.

1. Efisiensi Biaya

Bundling dapat berdampak pada penghematan biaya dari sisi penawaran. Sebagai contoh, perusahaan dapat menghemat biaya pengemasan sekaligus persediaan dengan teknik bundling produk daripada harus memasarkan produknya secara terpisah.

Berbagai riset juga penelitian telah mempublikasikan macam-macam bundling dengan tujuan untuk melakukan penghematan biaya.

2. Peluang Pasar untuk Meningkatkan Laba

Anda harus memperhatikan faktor-faktor apakah yang dapat menyebabkan produk-produk untuk strategi bundling Anda dapat bersaing dengan produk-produk lainnya. Selain itu, apakah permintaan produk dengan teknik bundling berkorelasi positif atau negatif terhadap harga yang harus dibayar konsumen.

Sebab Anda ingin meningkatkan laba penjualan Anda. Namun biasanya harga untuk produk dengan teknik bundling lebih rendah dibandingkan harga untuk masing-masing unit yang di-bundling.

3. Sebuah Strategi yang Kompetitif

Produk yang laris di pasaran dapat dipromosikan dengan teknik bundling, bersama dengan produk baru atau kurang laku, agar dapat lebih dikenal dengan konsumen.

Strategi bundling adalah strategi yang sering dipakai untuk mengumpulkan nilai sekaligus kemudahan dalam mengumpulkan pelanggan yang menyatakan mau membeli dari pemasok atau supplier lain yang beberapa diantaranya menawarkan teknik bundling yang menarik atau unik dibandingkan produk mereka.

4. Memuaskan Kebutuhan Pelanggan

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, teknik bundling adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan cara memasarkan dua barang atau lebih dalam satu kemasan atau satu harga. Produk utama digabungkan dengan produk lainnya yang bersifat tambahan.

Dengan hal ini, konsumen dapat memperoleh kepuasan pelanggan dikarenakan pembeli tersebut dapat memperoleh kenyamanan yang lebih dalam satu waktu.

Lalu, produk apa saja kah yang cocok dengan strategi ini?

Jenis Pembelian Produk untuk Strategi Paket Bundling

bundling-2

Berdasarkan cara pembeliannya, produk yang dijual dengan paket bundling dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut!

1. Bundling Alternatif

Bundling alternatif yaitu produk yang dijual bersama dengan sebuah alternatif dimana konsumen mendapat pilihan untuk membeli salah satu produk saja atau membeli satu paket produk secara bersamaan.

2. Bundling Murni

Bundling murni adalah produk yang dijual hanya dalam satu paket dimana konsumen tidak punya pilihan alias harus membeli produk dalam satu paket yang utuh.

Keuntungan Menggunakan Teknik Bundling

Keuntungan dari melakukan teknik bundling adalah Anda dapat memahami pelanggan Anda dengan sangat baik, kemudian Anda dapat menciptakan strategi untuk memuaskan pelanggan dengan menciptakan strategi untuk memuaskan mereka, dengan memanfaatkan teknik bundling.

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pelanggan tentunya akan merasa lebih senang ketika dapat memilih produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Anda bisa menciptakan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut, dengan cara membiarkan pelanggan untuk menambah, menghapus atau meng-edit produk bundling-nya, demi membuat proses pembelian mereka menjadi lebih mudah sekaligus memuaskan.

2. Mengurangi Kebingungan Pelanggan

Pada umumnya, konsumen selalu suka dengan pilihan, tetapi mereka juga tidak terlalu suka dengan banyak pilihan. Itulah kenapa sebabnya sebaiknya Anda menggunakan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, seperti yang dilakukan oleh Netflix dan Amazon.

Strategi penjualan bundling adalah sangat efektif demi mendongkrak penjualan online Anda terutama produk-produk yang memiliki masa kadaluarsa atau batas pemakaian cepat, selain itu untuk produk baru yang memiliki tingkat persaingan tinggi, pasar potensial cukup besar, hingga marginal cost yang rendah.

Selain itu, produk baru yang dijual dengan strategi bundling akan lebih cepat dikenal dan lagi volume penjualannya akan naik jika dijual dengan bundling, tentunya dengan strategi yang Anda ciptakan sendiri, yaitu dengan cara dikombinasikan dengan produk yang sudah dikenal atau disukai oleh konsumen sebelumnya.

Apabila Anda sudah siap untuk menerapkan teknik bundling dikarenakan keuntungan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, berikut akan disampaikan hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum menerapkan strategi bundling.

Strategi-Strategi Sebelum Menerapkan Teknik Bundling

1. Pastikan di Saat Momen yang Pas

Anda harus memikirkan moment yang tepat agar promosi Anda dengan menggunakan teknik bundling dapat membuahkan hasil, oleh karena itu, waktu untuk melakukan promosi bundling juga menjadi faktor kesuksesan untuk Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat melakukan promo dengan teknik bundling setelah tanggal gajian dimana orang-orang sedang berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Jual saja produk Anda, dengan sertakan produk lain yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga Anda yang tentunya berharga murah, dengan begitu produk Anda akan terjual dengan cepat.

2. Pastikan Hadiah Bundling Bagus

Pastikan produk untuk teknik bundling Anda bagus dan bermanfaat bagi calon pembeli Anda, agar promosi Anda menghasilkan keuntungan seperti yang Anda inginkan. Jika produk untuk teknik bundling Anda tidak bermanfaat, maka tidak heran promosi dengan teknik bundling Anda tidak berhasil.

3. Tetap Jaga Image

Jika Anda memposisikan diri Anda sebagai brand premium bagi pesaing brand lain, Anda harus pinta mengemas teknik bundling Anda. Kemas pesan promo Anda dengan cara yang cantik tanpa melakukan hard selling.

Perlihatkan tujuannya dengan cara yang menginspirasi pelanggan Anda sekaligus menimbulkan empati, bukan menjadikan pelanggan Anda gila promosi. Jangan sampai membuat pelanggan Anda merasa bahwa brand Anda hanya sedang ‘butuh pemasukan’ dengan melakukan promo bundling.

4. Pastikan Valuable

Jangan buat pelanggan Anda berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual dengan menggunakan teknik bundling. Mungkin Anda bisa menambahkan deskripsi singkat mengenai manfaat yang didapatkan apabila membeli saat promo bundling berlangsung kepada pelanggan Anda.

Buatlah harga yang menarik tanpa perlu memangkas keuntungan Anda secara drastis. Intinya adalah, Anda harus bisa membuat produk dengan teknik bundling Anda menjadi sangat valuable.

5. Kerja Sama Lah Dengan Orang Lain!

Apabila Anda merasa produk dari brand lain dapat mendukung aktivitas promo bundling Anda kenapa tidak mengajak brand tersebut bekerja sama. Anda bisa melakukan program bundling dengan kolaborasi bersama brand tersebut. Hal ini tentunya dapat menguntungkan semua pihak.

Kualitas Teknik Bundling yang Baik untuk Anda!

Lalu kualitas teknik bundling seperti apa yang baik untuk Anda terapkan?

Setidaknya Anda harus memenuhi lima jenis kualitas teknik bundling seperti yang telah dipaparkan oleh Mercer Management Consulting di Massachusetts, yaitu sebagai berikut!

  1. Paket bundling tersebut memiliki nilai yang lebih jika dibandingkan dengan dijual secara terpisah;
  2. Bundling memberikan kesederhanaan sekaligus kemudahan kepada pembeli dalam memilih di antara berbagai pilihan;
  3. Bundling adalah teknik yang dapat memecahkan masalah bagi konsumen, karena konsumen dapat mendapatkan kenyamanan dari menggunakan ke dua produk sekaligus;
  4. Bundling adalah fokus dan bersandar dalam usaha untuk terhindar dari pilihan konsumen yang tidak bermanfaat karena tidak digunakan;
  5. Bundling dapat menarik perhatian, atau bahkan kontroversi.

Microsoft dengan Teknik Bundling

Bundling adalah strategi penjualan yang digunakan oleh Microsoft dalam memasarkan produknya.

Produk utama dari Microsoft adalah sistem operasi Windows.

Lalu, bagaimana Microsoft menggunakan teknik bundling untuk teknik penjualannya?

Microsoft melakukannya melalui berbagai macam aplikasi yang sering digunakan Windows seperti Windows Media Player, Internet Explorer, berbagai macam game, dan sebagainya, yang langsung terpasang dalam laptop atau PC yang dibeli konsumen.

Dengan begitu Microsoft tidak perlu melakukan penjualan aplikasinya secara terpisah. Adapun apabila Microsoft menciptakan lagi produk serupa di pasaran, itu hanyalah bagian dari pengembangan produk dan itu merupakan hal yang biasa dalam pengembangan bisnis. Hanya untuk menilai apakah produk tersebut laku di pasaran atau tidak, tergantung dari bagaimana konsumen menilainya.

Namun, sebagai gantinya, perusahaan harus menggunakan biaya yang lebih tinggi, seperti biaya pengemasan, biaya promosi, hingga biaya pemasaran.

Bertambahnya biaya tersebut tentunya akan semakin berdampak pada harga yang harus dibayarkan konsumen, yakni kenaikan harga. Sebagai gantinya, konsumen tidak perlu lagi membeli produk-produk dari Microsoft secara terpisah.

Benarkah Sistem Bundling akan Menurunkan Profit atau Keuntungan?

Jawabannya tentu saja tidak.

Bundling biasanya dilakukan dengan menyatukan dua produk dengan harga yang berbeda, yang satu mahal sementara yang satu lagi murah. Dan hal ini tentu saja dapat menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan oleh Anda selaku penjual.

Teknik bundling lebih banyak dipilih dibandingkan teknik pemberian diskon, bahkan diskon merupakan salah satu teknik promosi yang menjadi pilihan terakhir dalam strategi meningkatkan penjualan.

Sebab, diskon berarti memangkas keuntungan sebaliknya bundling mendorong konsumen Anda membeli lebih banyak yang artinya peningkatan sales dan keuntungan Anda tetap terjaga.

Promosi dengan teknik bundling juga merupakan jenis promosi yang sangat disenangi oleh pelanggan. Promosi ini sering digunakan oleh pihak retail agar pelanggan dapat merasakan keuntungan lebih, yakni dapat menggunakan dua atau beberapa produk dalam satu kali pembelian dengan harga yang lebih terjangkau tentunya.

Sebagai contoh, Microsoft banyak menciptakan aplikasi bermanfaat seperti Windows Media Player, beraneka ragam game, hingga produk-produk menarik lainnya, mereka meng-install aneka program tersebut di laptop atau PC yang mereka jual, tetapi juga menjual produk-produk tersebut secara terpisah kepada masyarakat luas, meskipun disertai dengan pengembangan produk tersebut. Karena hal itu Microsoft sangat menguasai pangsa pasar di bidang sistem operasi.

Hal ini juga membuat para pesaing dari perusahaan aplikasi merasa termotivasi untuk merebut pangsa pasar Microsoft. Termasuk menuduh Microsoft melakukan sistem monopoli.

Namun sebenarnya itu tidak benar, karena itu sebenarnya hanyalah teknik penjualan mereka.

Demikian informasi mengenai teknik bundling yang tentunya dapat Anda tarik kesimpulan dan manfaatnya, demi meningkatkan angka penjualan yang ‘wah’ seperti yang diterangkan sebelumnya. Selamat berusaha dan terus kunjungi situs Markey untuk selalu dapatkan tips dan trik bisnis online!

Pedoman Cara Daftar Free Ongkir Shopee untuk Penjual

0
free ongkir 2

Perkembangan marketplace di tanah air memang sangat pesat dan menjamur. Sehari-hari, kita dapat melihat beragam toko online menawarkan produk lengkap plus promosi besar-besaran yang sukses membuat kita tergiur. Terlebih lagi jika toko tersebut mempunyai fitur gratis biaya ongkos kirim alias free ongkir. Tangan Anda pun jadi semakin gatal ingin segera men-check out barang!

Ada salah satu marketplace ternama Indonesia yang sangat identic dengan free ongkir untuk semua produknya. Ya, marketplace tersebut bernama Shopee. Tingginya jumlah pengguna Shopee di Indonesia menjadikan lapak bisnis online satu ini amat digandrungi oleh baik pembeli ataupun penjual. Lengkap dengan fitur free ongkirnya pun, Anda bisa bebas berjualan tanpa rasa takut tidak mendapatkan pembeli.

Ingin tahu bagaimana cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual secara otomatis? Yuk langsung simak artikel berikut ini tentang menjalankan olshop Shopee!

3 Manfaat Utama Free ongkir untuk Olshop Laris-Manis

bisnis online shop

Faktanya, mayoritas konsumen enggan membayar lebih untuk ongkos pengiriman produk yang dibeli online. Oleh sebab itulah, fitur free ongkir (ongkos kirim) menjadi primadona yang selalu diburu oleh konsumen dan penjual.

Sesuai namanya, free ongkir adalah fitur yang menggratiskan biaya tambahan ongkos kirim paket ke seluruh alamat konsumen. Dengan memfasilitasi free ongkir, olshop Anda berkesempatan lebih besar menarik minat masyarakat untuk berbelanja. Sebab, mereka bisa bebas belanja tanpa perlu cemas memikirkan mahalnya ongkir paket.

Ada pula 3 manfaat utama dari menerapkan free ongkir untuk toko online Anda:

Memaksimalkan Pembelian Konsumen

Keuntungan pertama dari mengikuti cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual adalah meningkatkan pembelian dari konsumen. Toko dengan label gratis ongkir akan lebih mudah untuk menggapai rasa ketertarikan konsumen. Selain itu, biasanya promo freeong berlaku dengan jumlah minimal pembelian tertentu. Alhasil, pembeli akan didorong untuk menambah produk belanjaan mereka guna memenuhi batas minimal freeong. Otomatis toko Anda akan meraup untung yang lebih banyak!

Mendorong Popularitas dan Kredibilitas Olshop

Keuntungan kedua adalah mendorong popularitas dan kredibilitas olshop di mata konsumen. Hanya dengan mengikuti cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual saja, olshop Anda sudah bisa lebih unggul dibandingkan olshop lain. Ini karena olshop Anda akan terverifikasi langsung oleh Shopee, mendapat tanda khusus terdaftar program freeong, dan bisa mendapat label Star Seller. Jadi, calon konsumen tidak perlu ragu mempertanyakan kualias dan kejujuran toko Anda.

Pelayanan Prima ke Konsumen

Fitur free ongkir juga merupakan bentuk pelayanan prima ke konsumen. Setiap daerah memiliki tarif pengiriman yang berbeda-beda, terlebih jika pengiriman dilakukan antar pulau yang tarifnya bisa sangat mahal. Membebaskan biaya ongkir ke seluruh daerah Indonesia akan memuaskan konsumen karena mereka bisa berbelanja online tanpa membuat kantong jebol.

Menarik bukan, keuntungan-keuntungan free ongkir untuk olshop? Lalu bagaimana cara mengaktivasi fitur free ongkir di marketplace Shopee? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

5 Step Mudah Membuat Akun Bisnis Shopee

Mengaktivasi fitur free ongkir hanya dapat dilakukan oleh akun bisnis Shopee. Jika Anda sudah memiliki akun bisnis Shopee, maka Anda bisa meneruskan membaca ke bagian selanjutnya: cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual.

Namun jika Anda belum punya akun bisnis Shopee, Anda bisa mendaftar akun terlebih dahulu dengan 5 langkah mudah ini:

Login ke Aplikasi atau Website

Pertama-tama, Anda perlu login ke website atau aplikasi Shopee. Untuk website, Anda bisa mengakses Shopee di https://shopee.co.id/. Sementara aplikasi Shopee bisa didownload gratis pada Google Play Store di link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id. Begitu selesai mengakses web atau download aplikasi, klik tombol “daftar”.

Mengisi Formulir

Selanjutnya, isi formulir elektronik yang disediakan setelah Anda mengklik “daftar”. Masukkan pula nomor telepon aktif yang belum pernah didaftarkan ke Shopee sebelumnya.

Masukkan Kode Verifikasi

Setelah memasukkan nomor HP, klik “kirim kode verifikasi”. Tunggu sejenak hingga ada kode OTP yang masuk ke box SMS smartphone Anda. Salin kode, dan masukkan ke kolom yang disediakan di platform Shopee.

Buat Username

Berikutnya, lanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi username akun, kata sandi, dan kode captcha yang disediakan. Sebagai catatan, username akun Shopee Anda tidak dapat diubah. Jadi, buatlah nama akun yang tepat, ya!

Klik “Daftar”

Tahap terakhir dari pembuatan akun adalah mengklik tombol ‘daftar’. Begitu selesai, akun Shopee baru Anda sudah siap untuk digunakan.

Untuk memulai berbisnis, Anda cukup mengalihkan akun pribadi menjadi akun toko. Caranya mudah sekali! Buka halaman profil Shopee Anda, kemudian klik tulisan “Toko Saya” yang tersedia di bagian kiri atas toko. Selesai! Anda kini cukup mengisi keterangan lengkap pada halaman toko Anda seperti nama, identitas toko, alamat toko, hingga mengupload produk.

Cara Daftar Free Ongkir Shopee untuk Penjual

Sudah tidak sabar untuk mendaftarkan toko online Shopee Anda untuk program free ongkir? Berikut ini adalah cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual yang sudah kami rangkum lengkap khusus untuk Anda.

Mengaktifkan fitur free ongkir bisa dilakukan via aplikasi ataupun website. Simak tutorialnya:

Dengan Website

Cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual dengan website adalah:

  1. Buka https://shopee.co.id/.
  2. Login ke akun bisnis Anda.
  3. Klik “Gratis Ongkir Xtra” pada dashboard toko.
  4. Pilih menu “Semua Gratis Ongkir”, scroll ke bawah sedikit, lalu klik “Daftar Sekarang”.
  5. Tunggu sejenak, nantinya akan muncul kode QR. Scan kode tersebut untuk menghubungkan pendaftaran free ongkir di aplikasi Shopee.

Dengan Aplikasi

Sedangkan cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual dengan aplikasi adalah:

  1. Buka aplikasi dan login ke akun Anda.
  2. Pada beranda (dashboard), klik “Gratis Ongkir”.
  3. Di menu “Semua Gratis Ongkir,” klik pilihan “Daftar Sekarang”.
  4. Upload foto diri bersama e-KTP dan foto e-KTP Anda pada kolom yang tertera. Pastikan isi foto tidak buram agar lolos verifikasi.
  5. Begitu selesai, klik “centang” pada kolom Syarat dan Ketentuan.
  6. Klik “kirimkan”. Selesai! Kini Anda cukup menunggu e-mail pemberitahuan hasil verifikasi selama maksimal 2×24 dari tim Shopee. Jika setiap produk di toko Anda sudah mendapat logo truk hijau bertuliskan “gratis ongkir xtra”, maka toko Anda sudah sukses terdaftar di program freeong.

Adapun fitur free ongkir Shopee sejauh ini masih mendukung beberapa ekspedisi saja, seperti J&T, JNE, dan SiCepat saja. Namun tak menutup kemungkinan bahwa ke depannya semua ekspedisi yang tersedia di Shopee bisa mendapatkan akses free ongkir. Subsidi free ongkir juga bisa berbeda-beda di setiap periode, jadi Anda harus mengecek kebijakan dari tim Shopee secara berkala.

Sebagai catatan agar verifikasi free ongkir toko online Anda berhasil, Anda harus menyertakan salah satu dari e-KTP asli atau resi KTP asli. Untuk Anda yang tidak punya KTP, Anda bisa menggunakan KITAS asli.

Setiap dokumen ini hanya bisa digunakan untuk 1 olshop Shopee saja. Foto Anda juga harus jelas karena jika terdapat keburaman dan ketidakjelasan gambar sedikit saja, maka pengajuan freeong toko Anda akan otomatis ditolak.

Demikianlah pembahasan lengkap edisi kali ini tentang cara daftar free ongkir Shopee untuk penjual. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya! Jangan lupa kunjungi website dan media sosial kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik menarik lainnya seputar dunia bisnis online. Sampai jumpa lagi!

 

Flash Sale adalah : Definisi, Manfaat, Cara Ikut Flash Sale

0
flash sale adalah

Pernahkah Anda mendengar kata “flash sale”? Flash sale adalah istilah yang sangat sering didengar atau dilihat oleh para penggemar belanja online di marketplace. Trik flash sale adalah sebuah metode promosi cara baru kekinian untuk memaksimalkan angka penjualan produk tertentu kepada konsumen.

Flash sale juga dikenal sebagai sistem diskon gila-gilaan, karena Anda bisa mendapatkan barang branded dengan harga tak masuk akal mulai dari 99 rupiah! Penasaran seperti apa cara kerja sistem flash sale, keuntungannya serta cara mengaktivasi sistem ini untuk mendongkrak penjualan toko online Anda?

Selamat karena Anda sudah berada di tempat yang tepat! Berikut ini kami sajikan rangkuman lengkap terkait sistem flash sale. Yuk simak bersama!

Baca juga : Flash Sale adalah : Definisi, Manfaat, Cara Ikut Flash Sale

Gaya Baru Promosi dengan Flash Sale | Pengertian

flash-sale-1

Kata flash sale adalah istilah baru yang mudah dijumpai pada aneka e-commerce. Untuk Anda yang tumben mendengar kata ini, kami sudah menyiapkan beragam pengertian dari “flash sale”.

Flash sale adalah sistem baru promosi online shop dengan menawarkan harga sangat rendah untuk produk-produk berkualitas dalam jangka waktu singkat. Dengan kata lain, flash sale adalah penjualan khusus pada hari, tanggal, dan durasi waktu tertentu saja. Semisal brand smartphone baru yang menjual produknya dengan harga miring khusus hari ini, di jam 10 pagi, dan penjualan berlaku selama 1 jam saja.

Ada pula yang mengibaratkan flash sale adalah penjualan bak permainan (game). Anda selaku konsumen seolah-olah diajak untuk bermain “Siapa Cepat Dia Dapat”. Jika Anda terlalu lama menimbang-nimbang membeli produk saat flash sale, maka Anda jelas akan “kalah” karena produk telah ludes diburu orang lain atau periode promo berakhir. Jadi Anda tidak boleh bergerak lamban agar sukses mendapat produk murah berkualitas di flash sale.

Kesempatan berbelanja di flash sale adalah hal yang langka. Sebab seringkali perusahaan merilis produk branded, limited edition, atau produk keluaran baru dengan harga super murah saat flash sale. Di luar promosi itu, harga produk incaran sudah kembali ke tarif normal. Kapan lagi Anda bisa mendapat barang branded berharga murah kalau bukan di flash sale?

Sangat mudah untuk menemukan kolom flash sale di situs e-commerce, karena fitur penjualan ini selalu dikhususkan dengan dibuat semenonjol mungkin. Jadi, Anda bisa langsung menemukan kolom flash sale kapanpun Anda membuka dashboard aplikasi e-commerce. Selain itu, mengapa banyak perusahaan ternama rela mengikuti program flash sale? Tidakkah mereka justru rugi menjual produk branded dengan harga murah?

Beberapa alasan dari perusahaan mengikuti program flash sale adalah:

  • Untuk menghabiskan stok produk yang masih belum laku terjual atau masih sedikit terjual dalam harga normal.
  • Menyelamatkan toko dari kerugian ketika tren produk mengalami penurunan tajam di pasaran.
  • Memperluas jangkauan konsumen baru yang belum pernah mencoba produk Anda.
  • Hadirnya produk tipe terbaru yang lebih diminati pasar

… Cara Mudah Mengadakan Flash Sale di E-Commerce

shopping-online-2

Ingin tahu bagaimana cara mengadakan flash sale untuk olshop sendiri? Di sini, Anda akan mempelajari secara lengkap rangkuman cara mudah mengadakan flash sale di e-commerce. Pada tutorial kali ini, kami akan menggunakan pedoman mengadakan flash sale di Shopee, e-commerce yang paling terkenal akan flash sale.

Namun pedoman ini secara garis besar masih sama dan bisa diterapkan untuk mengaktivasi flash sale pada e-commerce lainnya. Berikut tutorialnya!

Login ke Seller Center

Pertama, Anda harus mempunyai akun Shopee terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya di website: www.shopee.co.id atau di aplikasi resmi Shopee yang bisa didownload gratis via App Store (iOS) dan Google Play (Android).

Begitu login, cari menu “Seller Center”. Klik menu tersebut, dan Anda akan diarahkan otomatis pada penawaran flash sale.

Klik “Promosi Saya”

Dari Seller Center, kita beranjak ke menu “promosi saya”. Nantinya, Anda akan menemukan opsi “flash sale toko saya”. Klik ikon tersebut.

Atur Flash Sale

Selanjutnya, mulailah mengatur flash sale yang ingin diadakan. Di sini Anda bisa melihat slot-slot tanggal atau periode waktu flash sale yang bisa dipilih. Pilih salah satu tanggal, lalu klik “konfirmasi” sebagai tanda bahwa Anda telah membooking tanggal tersebut untuk sesi flash sale.

Tambahkan Produk

Begitu pengaturan tanggal selesai, Anda bisa lanjut dengan menambahkan produk flash sale. Biasanya di halaman ini akan tertera syarat dan ketentuan produk yang bisa dijual saat flash sale tiba. Cermati aturan tersebut baik-baik agar produk Anda bisa terpajang di sesi flash sale.

Jika sudah yakin produk memenuhi syarat, langsung klik “tambahkan produk”. Pilih produk terbaik untuk dijual dengan minimal 3, dan maksimal 10 produk. Setelahnya, klik “konfirmasi” lagi.

Masukkan Keterangan Flash Sale

Berikutnya masukkan rincian dari produk flash sale Anda, seperti jumlah stok, diskon harga yang diberikan, dan batasan pembelian. Sama seperti tahap sebelumnya, klik “konfirmasi” begitu selesai membuat pengaturan.

Cross-Check, Simpan dan Kirim

Begitu semua beres, terakhir lakukan cross-check ulang untuk memastikan data-data yang dimasukkan benar. Terakhir, klik tombol “simpan dan kirim” agar data Anda masuk ke sistem flash sale Shopee. Mudah bukan? Kini Anda siap mengikuti flash sale pada waktu yang sudah ditentukan!

Sebagai catatan tambahan, setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan berbeda agar sebuah toko bisa mengikuti flash sale. Di Shopee sendiri, syarat yang harus toko Anda miliki untuk bisa bergabung sistem flash sale adalah:

  • Toko sudah terdaftar aktif minimal 2 minggu (14 hari)
  • Menjual produk unik, harga kompetitif, serta banyak dicari orang
  • Aktif melayani penjualan dalam 7 hari terakhir sebelum flash sale
  • Tidak mengaktifkan fitur toko libur
  • Memiliki rating pelayanan yang baik dari konsumen

Plus dan Minus Diskon Gila “Flash Sale”

Flash sale adalah sistem promosi dengan segudang keuntungan. Ulasan berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan “Mengapa olshop Saya harus ikut flash sale?” yang mungkin masih terngiang-ngiang di kepala Anda saat ini:

Keuntungan Flash Sale

Flash sale terbukti ampuh membawa banyak keuntungan bagi toko online Anda, seperti mudah dilakukan, mendapatkan penjualan yang tinggi, dan memuaskan konsumen. Sistem flash sale sangat mudah karena dapat dilakukan dalam satu aplikasi smartphone saja.

Sementara penjualan via flash sale terbukti efektif dan tinggi karena konsumen bisa mendapatkan produk idaman mereka dengan harga murah. Terakhir, sistem flash sale memberikan banyak kepuasan konsumen, mulai dari diskon yang signifikan untuk produk limited edition hingga pengiriman barang yang langsung pada hari itu juga.

Kekurangan Flash Sale

Nyatanya, hampir tidak ada kekurangan flash sale untuk pengelola toko. Namun dari segi konsumen, masih ada beberapa kendala yang bisa muncul saat flash sale berlangsung seperti sistem server e-commerce yang down lantaran diakses oleh banyak orang secara bersamaan.

Selain itu terkadang ada konsumen yang tidak bisa menyelesaikan proses transaksi atau check out mereka karena sistem atau koneksi yang tidak stabil. Alhasil, produk lebih dulu “disikat” oleh konsumen lain selagi Anda menunggu koneksi kembali stabil. Untuk menyiasati masalah ini, pastikan bahwa Anda menggunakan gadget dalam kondisi baik serta berada di tempat dengan koneksi sinyal kuat, ya! Selamat berburu flash sale!

Demikianlah pembahasan lengkap edisi kali ini tentang flash sale. Semoga artikel kali ini bermanfaat menambah wawasan Anda. Jangan lupa kunjungi website dan media sosial kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik menarik lainnya seputar dunia bisnis online.