Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 78

SEO Teknis adalah? Panduan Utama untuk Anda Memulai

0
022

Diera digital saat ini, segalanya serba online. Bahkan, jika internet super cepat 5G, sudah diperkenalkan di Indonesia. Sehingga mau apa saja bisa lewat online seperti belajar, ujian, bekerja, audisi, rapat, jualan, belanja, promo, beli tiket, bayar tagihan, mengurus rumah yang dilengkapi teknologi IoT, hingga kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting. Artinya, kini kita harus segera memiliki website sendiri untuk keperluan bisnis atau organisasi.

Mengapa Harus Memiliki Website?

Website merupakan suatu wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online. Dengan memiliki website, segala aktivitas online Anda dapat terjamin keamanannya.

Saat ini, sebenarnya sebagian besar masyarakat sudah memiliki website. Namun, kebanyakan masih mengembangkan atau meningkatkan websitenya tersebut. Karena, dari segi trafik atau jumlah pengunjung yang datang kewebsite masih sedikit, dan posisi website juga belum berada dihalaman pertama hasil pencarian search engine.

Bagi yang sudah memiliki website dan sudah terbiasa menggunakan website tentu sudah tahu cara untuk meningkatkan website, tetapi bagi pemula yang baru memiliki website atau baru belajar website, terkadang mereka masih bingung atau tidak tahu cara meningkatkan website. Hal ini memang wajar, karena mereka belum paham bagaimana seluk-beluk website.

Pengertian SEO

pengertian-seo

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. SEO adalah tindakan atau upaya mengoptimalkan sebuah website agar website mencapai rangking teratas dihasil pencarian google atau search engine lain.

Dengan memperoleh rangking teratas dihalaman pertama hasil pencarian, peluang website atau blog untuk mendapatkan trafik organik semakin meningkat.

Analogi Sederhana Mengenai SEO

Kami ilustrasikan SEO adalah dengan stand makanan tradisional yang ada diacara culinary night yang sering diadakan saat weekend dipusat kota. Misalnya, Anda ikut berjualan makanan tradisional lokal dengan menaruh stand diacara culinary night.

Pada acara festival kuliner itu, selain stand atau lapak Anda ada juga ratusan stand jajanan milik pedagang lain yang sejenis dengan stand jajanan milik Anda. Jika demikian, ada kemungkinan, para pengunjung atau pelanggan akan kesulitan untuk menemukan dengan mudah stand Anda.

Tetapi, lain halnya bila distand diberikan penanda khusus agar mudah ditemukan atau dilirik pengunjung, seperti lampu kerlap-kerlip yang dipasang pada stand, warna spaduk yang mencolok yang menampilkan gambar menu jualan Anda, memutar musik pada stand, promo pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya. Hal ini kemungkinan dapat menarik banyak pengunjung dengan cepat datang kestand Anda.

Kita anggap stand jajanan adalah halaman website yang berisi konten. Sedangkan, stand jajanan yang telah diberikan penanda khusus, diilustrasikan sebagai sebuah halaman website yang sudah dilakukan atau ditanam berbagai SEO teknis dan lokasi acara culinary night sebagai internet.

Dengan melihat dari ciri atau tanda khusus yang mudah dikenali, search engine akan mudah menemukan sebuah halaman website yang paling relevan dengan keyword yang si pencari. Sehingga akan membuat sebuah website mendapatkan rekomendasi dari search engine dan website terpampang dihalaman pertama hasil pencarian (SERPS).

Otomatis website juga akan mendapatkan banyak pengunjung. Setelah menjelaskan pengertian dari SEO adalah, selanjutnya kami akan mulai membahas topik utama pada artikel kali ini yaitu SEO teknis.

SEO Teknis

SEO-Teknis

SEO teknis adalah cara, pola, dan formula yang tepat untuk optimalisasi website dengan SEO yang sebelumnya telah dipelajari atau dikembangkan oleh beberapa orang pakar SEO. Teknis ini merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan seluruh proses SEO.

Jika melakukan SEO teknis yang salah, maka kemungkinan upaya melakukan SEO pada website tidak akan berhasil atau tidak memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan (rangking website dimesin penelusuran tidak meningkat dan tidak ada trafik pengunjung kepada website Anda).

Karena penting SEO adalah teknis yang maka banyak orang ingin belajar SEO dan mencoba untuk mendalami SEO teknis dengan mengikuti pelatihan atau kursus SEO online ataupun offline yang disediakan oleh penyedia jasa SEO.

Bahkan ada juga yang belajar sendiri dari buku panduan atau artikel yang tersedia diwebsite yang mengupas tuntas habis semua hal tentang SEO. Pada dasarnya, dalam dunia SEO terdapat dua SEO teknis, yaitu teknik black hat dan teknik white hat. Untuk lebih jelasnya lagi tentang dua SEO teknis tersebut. Simak informasi berikut ini:

Teknik Black Hat SEO

Teknik optimasi SEO adalah yang hitam, kotor, dan spam yang dilakukan dengan cara mengakali peraturan term of service search engine agar websitenya cepat terindeks oleh search engine. Jika, terdeteksi oleh search engine.

Maka website yang menggunakan teknik ini akan mendapatkan hukuman penalti dari search engine dan websitenya akan tenggelam bahkan dihapus dari daftar mesin pencarian. Ada beberapa contoh teknik yang 2 atau 3 tahun lalu masih dianggap teknik bersih SEO.

Sekarang, telah digolongkan menjadi teknik black hat. Karena sudah diblacklist atau dicap sebagai spam oleh search engine. Contoh-contohnya itu seperti guest book, blog comments, link wheel, pyramid, web 2.0, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teknik White Hat SEO

Teknik optimasi SEO adalah yang “bersih”, halus, dan natural. SEO teknis yang tidak melanggar aturan term of service search engine. Melakukan SEO pada sebuah website dengan menggunakan teknik white hat merupakan pekerjaan yang memerlukan proses.

Karena, dilakukan bukan hanya sekali yang hasilnya akan diperoleh secara instan, melainkan harus dikerjakan terus menerus secara konsisten. Maka hasilnya akan terlihat dalam jangka panjang dan website juga tetap aman. Teknik white hat ini merupakan teknik yang disarankan oleh para pakar SEO.

Jadi, jika Anda belajar dan menerapkan teknik SEO ini, bukanlah tindakan yang salah atau sekadar buang waktu saja. Berdasarkan ruang lingkupnya, teknik white hat SEO adalah yang dilakukan untuk mengoptimasi website terbagi menjadi dua bagian.

SEO On Page

SEO-On-Page

SEO On Page adalah segala teknik SEO yang dilakukan untuk optimasi website dari dalam halaman website itu sendiri dengan memperhatikan UX dan UI: seperti mengatur dan menganalisa meta tags, loading speed, mobile friendly, dan riset keyword untuk menentukan keyword (judul, deskriptif, dan isi konten). Berikut penjelasan mengenai beberapa SEO teknis tersebut.

Mengatur dan Menganalisa Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tags dan meta description.

Title Tags

Ini adalah judul yang judul dihalaman hasil pencarian search engine. Buatlah judul yang menarik, singkat, padat dan jelas. Menggunakan kata-kata yang tidak terlalu panjang agar tidak melewati batas yang sudah ditentukan search engine.

Meta Description

Meta description adalah teks yang singkat yang letaknya berada di bawah title tags. Teks ini berisi sebuah penjelasan singkat mengenai isi artikel atau konten website. Umumnya, teks tulisan dengan 120 karakter.

Loading Speed

Menurut survey yang telah dilakukan google, 57% pengunjung akan bosan dengan loading speed yang lambat yang kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik. Meningkatkan loading speed adalah teknis yang harus dilakukan dalam optimasi website.

Karena, loading speed merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan ranking sebuah website di hasil pencarian. Betapa pentingnya loading speed ini, sampai google membuat alat untuk meningkatkan loading speed pada website. Nama alatnya disebut google light house.

Mobile Friendly

Mengoptimasi website menjadi mobile friendly adalah salah satu SEO teknis yang sangat penting. Hal ini karena, website mobile friendly menjadi prioritas utama bagi mesin pencari dan pengguna internet kekinian.

Website mobile friendly ini adalah website yang dapat diakses oleh pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile apapun seperti hp smartphone, tablet, dan laptop. Website mobile friendly disebut juga website yang responsif dan adaptif.

Artinya, website yang dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan ukuran layar pada perangkat yang sedang digunakan. Ketika website mobile friendly ini diakses pada hp smartphone, tampilan website seperti ukuran huruf teks, gambar, dan video akan terlihat ikut mengecil, menyesuaikan ukuran layar hp smartphone.

Riset Keyword

Riset keyword adalah SEO teknis yang paling advanced. Penulis artikel atau blog diwebsite wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten.

Hal ini agar mengetahui trend apa yang sering dicari pengguna internet disearch engine. Setelah itu, penulis dapat menentukan keyword yang paling relevan dengan konten website yang akan dibuatnya.

Pada dasarnya, riset keyword dilakukan supaya dapat membantu dalam menyusun konten website yang lebih baik lagi. Untuk dapat melakukan riset keyword dengan mudah, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa tool riset keyword yang tersedia secara gratis pada internet. Adapun beberapa contoh “tool” untuk riset keyword tersebut adalah sebagai berikut:

• Google Trends
• SEMrush
• Ubersuggest
• KW Finder
• Keyword Shitter
• Google Related Search
• Answer The Public
• Soovle
• Moz

Off Page SEO

Selain dari dalam halaman website, optimasi website dapat diterapkan dari luar halaman website. Teknik itu disebut dengan off Page SEO.

Teknik SEO ini seperti membangun backlink (link building), share di jejaring sosial, branding (mempopulerkan brand website agar mudah ditemukan pengunjung), dan masih banyak lagi teknik yang lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa dijaman sekarang kita harus memiliki website sendiri yang dapat digunakan sebagai wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online yang terkait dengan urusan bisnis ataupun organisasi.

Akan tetapi, membangun sebuah website itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan proses yang panjang agar website berada diranking teratas hasil pencarian google dan search engine lainnya.

Untuk membangun website, ternyata tidak cukup hanya merilis konten yang banyak. Diperlukan juga berbagai SEO teknis yang efektif dan legal. SEO teknis yang efektif artinya, teknis SEO yang paling cocok diterapkan untuk mengoptimasi website.

Karena, setiap website mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Cara atau SEO teknis yang digunakan juga bisa berbeda-beda pula. Sedangkan, SEO teknis legal artinya, SEO teknis yang “bersih” dan natural, tidak menyalahi pedoman term of service dari search engine.

SEO teknis yang legal ini disebut juga teknis white SEO. Pada intinya, mempraktikkan serangkaian SEO teknis ini, membutuhkan proses yang panjang dan tentunya waktu yang tidak sedikit. Perlu kesabaran dan upaya yang konsisten dalam menerapkannya untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Jangan mengambil “jalan pintas” dengan menggunakan berbagai teknis black hat SEO yang dilarang. Karena,cepat atau lambat tindakan Anda itu, pasti terdeteksi oleh algoritma pencarian. Jika, sudah terdeteksi, maka akan fatal akibatnya.

Bukan membuat website Anda menjadi naik peringkat dan banyak pengunjung. Tetapi, website Anda akan tenggelam dan lebih fatal lagi website Anda akan dibanned dari daftar hasil pencarian search engine.

Demikianlah,pembahasan artikel kali ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat. Selamat mencoba SEO teknis White hat yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Digital Image: Bisakah Kualitas Gambar Digital Produk Mempengaruhi Kesan Perusahaan dan Hasil Penjualan?

0
008

Saat ini semuanya serba mudah, termasuk juga untuk akses informasi. Informasi apapun bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui internet, termasuk tentang digital image. Hanya tinggal menuliskan keyword pada search box dari search engine Anda, semua hasilnya akan muncul seketika.

Anda tinggal memilih informasi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Berlaku pula saat Anda ingin berbelanja. Saat ini Anda tidak perlu lagi datang ke toko untuk melihat koleksi baju apa saja yang sedang ada di toko tersebut. Anda bisa berdiam diri dirumah saja dan hanya perlu mengunjungi toko tersebut secara online.

Semua koleksi yang ada di toko tersebut dapat Anda lihat melalui kumpulan foto yang ada pada sosial media ataupun website yang dimiliki oleh toko tersebut. Informasi mengenai, harga, ukuran, warna dan lainnya pastinya tersedia bersamaan dengan gambaran dari produk tersebut.

Anda bisa langsung memilihnya dan langsung membayarnya baik secara Cash on Delivery (COD) ataupun membayarnya terlebih dahulu dengan cara ditransfer. Tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengambil baju yang telah Anda bayar, karena nantinya akan diantarkan langsung ke rumah.

Gambar yang Mewakili

digital-image

Saat Anda sedang melihat-lihat katalog baju secara online sebelum menentukan pilihan, hal pertama yang Anda perhatikan pasti adalah bagaimana tampilan baju yang ditampilkan dalam sebuah gambar digital.

Misalnya, seperti pada sebuah foto. Semakin bagus kualitas foto yang ditampilkan, maka akan terasa lebih menyakinkan bagi calon pembelinya. Anda dapat melihat detail yang ada pada baju tersebut lebih jelas lagi dan hampir seperti melihat baju tersebut secara langsung.

Jika resolusi dan kualitas gambar yang di upload pada media online tersebut masuk ke kategori tinggi atau high quality. Tapi apakah Anda yakin? gambar yang Anda lihat tersebut adalah foto bukannya gambar digital atau digital image?

Apa Itu Digital Image

Bagi kebanyakan orang, kemungkinan besar masih tidak bisa membedakan mana yang disebut foto dan mana yang merupakan hasil dari digital imaging. Digital image ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan memanfaatkan jaringan internet. Seperti pada website, media sosial, blog dan lainnya.

Foto juga demikian, bisa diupload dimanapun dengan adanya jaringan internet. Anda benar-benar butuh ketelitian untuk membedakan mana yang hasil karya jepretan fotografer langsung dan mana yang merupakan hasil karya pengolahan gambar digital imaging menggunakan Photoshop ataupun aplikasi pengolahan gambar lainnya. Jadi bagaimana cara membedakannya? Kita mulai saja dengan pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Digital image adalah pencitraan gambar dengan cara menciptakan gambar secara digital. Kegiatan penciptaannya meliputi pengolahan, kompresi, penyimpanan dan juga pencetakkan. Anda dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada gambar ataupun memperbaiki warna gambar sesuai dengan selera Anda.

Hanya dengan memanfaatkan digital imaging ini. Sebuah gambar digital atau digital image tidaklah mewakili apa yang dilihat oleh si pembuatnya. Tetapi merupakan hasil dari terjemahan ide si pembuatnya dan bukan merupakan kejadian yang sebenarnya. Meskipun begitu, untuk proses pengolahannya bisa juga memanfaatkan kamera.

Sedangkan untuk foto itu sendiri, merupakan hasil jepretan dari kamera analog ataupun digital. Salah satu prosesnya, yaitu sebelum mengambil foto orang akan membidikkan kameranya ke suatu objek dan melihat objek tersebut melalui  LCD monitor ataupun melalui pentamirror (lubang kecil untuk melihat objek pada kamera).

Jadi foto merupakan hasil yang mewakili apa yang dilihat oleh si fotografer. Foto bisa menangkap segala kejadian yang terjadi, umumnya foto digunakan untuk menyimpan memori kenangan kejadian yang pernah terjadi dalam hidup.

Contoh Digital Image

Kembali lagi, pada topik digital image. Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing istilah. Jadi Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai cara membedakan antara foto dan digital image. Mungkin akan lebih mudah lagi, untuk Anda mengerti apa itu digital image dari contoh hasil karyanya.

Pernahkah Anda melihat hasil-hasil foto prewedding? ataupun hasil foto studio dan majalah. Apakah Anda berpikir hasil jepretan dari fotografer langsung menghasilkan gambar yang sebagus itu? Jawabannya belum tentu. Kebanyakan hasil yang Anda lihat bukanlah hasil raw atau asli dari jepretan sang fotografer.

Biasanya hasil foto akan melalui pengolahan terlebih dahulu menggunakan aplikasi yang mendukung untuk menghasilkan foto yang indah. Hasil akhirnya tidak bisa lagi disebut sebagai foto, namun itu adalah hasil digital imaging. Langit yang awalnya menampakkan sedikit semburat oranye, warnanya bisa diubah lagi dengan menonjolkan warna orange yang lebih pekat lagi.

Sehingga menghasilkan warna langit sunset yang benar-benar indah dan menonjol, tidak lagi terlihat secara samar. Foto di studio juga demikian. Awalnya model akan berpose dengan menggunakan background green screen. Nantinya editor bisa mengubah background tersebut sesuai dengan tema majalah.

Entah dalam ruangan ataupun menampilkan gambar outdoor yang indah. Bisa pula menggabungkan beberapa foto dan menghasilkan hasil karya baru sesuai dengan ide yang dipikirkan oleh si editor menggunakan aplikasi edit foto.

Pengaruh Digital Image Terhadap Hasil Penjualan

digital-image-2

Apa yang membuat Anda tertarik pada suatu benda? pastinya karena tampilannya. Penampilan atau cara menampilkan sesuatu adalah hal pertama yang bisa dinilai oleh mata kita. Maka dari itu, hasil foto akan diedit sedemikian rupa untuk menarik minat pembeli.

Hasil foto tidak selalu bisa menghasilkan gambar 100% sama dengan aslinya. Akan ada perubahan hasil, mungkin terpengaruh dari lighting ataupun faktor lainnya. Maka dari itu, adanya digital image bisa melakukan manipulasi terhadap hasil foto. Agar hasilnya terlihat sempurna. Proses yang bisa dilakukan digital imaging untuk menghasilkan hasil akhir yang sempurna seperti,

Image-Restoration

Sebuah proses yang memperbaiki kecacatan image,contohnya seperti noise. Terjadi saat pengambilan gambar yang kurang pencahayaan.

Image-Enchantment

Sebuah proses untuk memperbaiki kualitas gambar. Seperti mempertajam ataupun perbaikan kontras.

Image-Reconstruction

Sebuah proses yang berfungsi untuk membentuk ulang objek dari hasil proyeksi objek.

Image-Segmentation

Proses untuk memecah gambar menjadi beberapa bagian

Image-Analysis

Sebuah proses untuk besaran kuantitatif image, contohnya mendeteksi tepi objek dan representasi area.

Seperti yang sudah dibicarakan di awal, saat ini sedang berlangsung trend berbelanja secara online. Saat Anda mengetikkan keyword barang yang akan Anda beli, akan ada banyak sekali hasil yang keluar pada marketplace.

Poin yang pertama yang mempengaruhi calon konsumen adalah tampilan produk yang ditampilkan. Jika gambarnya tidak menarik dan resolusi gambarnya rendah sehingga gambarnya agak buram. Maka jangan salahkan pembeli jika Ia melewati produk Anda karena tak menarik perhatian.

Meski tidak semua manusia adalah makhluk visual. Namun informasi akan lebih cepat diserap jika ditampilkan melalui gambar. Jika ingin produk atau jasa Anda laku, maka Anda harus bisa memanfaat digital image.

Anda bisa melakukan manipulasi dan menggabungkan beberapa foto sehingga terlihat lebih artistik. Hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi dengan bantuan digital image. Tentunya hal ini berlaku untuk orang-orang yang menawarkan jasa potret dan editing foto.

Lain lagi halnya jika produk Anda adalah sebuah benda. Anda bisa saja membuat background yang menarik untuk produk Anda ataupun membuatnya sesuai tema dengan bantuan digital image. Bisa juga mempertegas warna dan mengatur saturasi untuk memperbaiki hasil foto yang kurang maksimal.

Kualitas gambar digital yang Anda sampaikan kepada masyarakat melalui platform online akan berbanding searah dengan kesan dan hasil penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Semakin menarik dan kreatif Anda dalam menyampaikan gambaran produk Anda kepada calon pembeli maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat produk Anda. Tentu saja tujuan akhirnya adalah agar mereka membeli produk Anda. Segera belajar dan manfaatkan digital image atau gambar digital untuk meraih pasar yang lebih banyak lagi.

Ingin tips bisnis online dan manajemen bisnis yang lebih menarik? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Tips Jitu Memilih Media Promosi yang Unik

0
007

Saat ini, kita telah memasuki era digital 4.0, dimana promosi produk atau jasa dapat dilakukan secara praktis dan mudah menggunakan postingan; berupa tulisan, foto, atau cerita di media online.

Jika, kita tarik timeline mundur lagi ke belakang. Bentuk kegiatan promosi tertua di dunia, yaitu kegiatan promosi yang dilakukan oleh masyarakat tradisional kuno pada ratusan tahun yang lalu. Ketika itu, mereka mempromosikan produk jasa secara simple, hanya cerita dari mulut ke mulut.

Ada juga promosi dalam bentuk lain yang melakukan kontak secara langsung kepada masyarakat luas dengan cara promosi yang sederhana dan masih manual, yaitu memukul kentongan atau mangkok sembari berteriak-teriak berulang kali menyebutkan produk/jasa yang ditawarkan agar ada orang yang tertarik dan membelinya.

Pengertian Media Promosi

Media promosi terdiri dari dua kata, media dan promosi. Secara etimologi, istilah media dalam bahasa latin, yaitu medius. Sedangkan, dalam bahasa Inggris adalah medium.

Medius dan medium memiliki persamaan makna, yaitu tengah, pengantar, mediator, atau perantara. Secara umum, media adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai pengantar, alat, atau sarana untuk menyampaikan pesan/informasi ke masyarakat.

Sementara itu, promosi adalah bentuk kegiatan yang fokusnya pada cara menyebarkan produk/jasa kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan.

Anton Tejakusuma mendefinisikan promosi sebagai “sebuah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, dan juga sebagai strategi mengajak prospek melalui transaksi” (dikutip dari Mega Super Salesman, 2010).

Jadi, dapat diartikan media promosi/iklan adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai pengantar, mediator, atau sarana untuk menyampaikan pesan informasi mengenai produk/jasa kepada masyarakat luas agar cepat menjangkau konsumen dan dapat meningkatkan angka penjualan perusahaan.

Macam-Macam Media Promosi

Cara perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan, yaitu dengan meningkatkan produksi dan inovasi. Tetapi, tidak kalah penting dari itu, perusahaan juga harus gencar melakukan promosi. Karena, promosi merupakan bagian yang sangat vital bagi perusahaan.

Pemilik usaha dapat memilih promosi yang paling sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan, segmen pasar, dan tujuan promosi. Karena, pemilihan media promosi yang tepat akan memberikan keberhasilan suatu promosi.

Ada dua macam media promosi, yaitu media konvesional dan media online. Berikut ulasan mengenai kedua macam media tersebut.

Media Konvensional

 Media konvensional merupakan media tradisional atau disebut juga media offline. Meskipun begitu, media konvensional hingga saat ini masih banyak digunakan menjadi media promosi produk/jasa.

Contoh media konvensional yang bisa dijadikan media promosi sangat banyak, terdiri dari beberapa jenis seperti media cetak, media elektronik, dan media udara.

Media cetak : brosur, katalog, kartu nama, poster, koran, majalah, banner, spanduk, dan lainnya.

Media elektronik : radio dan televisi.

Media udara :  pesawat dan media melayang balon udara.

 Media Online

jualan-online-1

Media online merupakan media kekinian yang paling jitu, jika digunakan untuk branding produk/jasa. Media ini menggunakan akses layanan internet sebagai basisnya. Contoh media online yang dapat digunakan sebagai promosi. Misalnya, sosial media, website, blog, dan Marketplace. Berikut ulasan singkat mengenai ketiga media online tersebut.

 

  • Berbagai platform sosial media, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan WhatsApp memiliki jutaan pengguna intens yang tersebar di seluruh dunia. Maka, sosial media memiliki potensi untuk menjadi alat promosi online yang paling efektif untuk mengiklankan produk/jasa.

 

  • Website merupakan media online yang dapat digunakan sebagai promosi utama untuk suatu produk/ jasa. Website dapat didesain sedemikian rupa menjadi toko online pribadi atau website resmi perusahaan.

 

  • Marketplace adalah media online yang tengah naik daun saat ini. Iklan media online ini pun seringkali muncul di berbagai media lain, seperti di Televisi, YouTube, Facebook, Instagram, dll. Contoh marketplace. Misalnya, bukalapak, lazada, ebay, tokopedia, dan shoppee. Ketiga marketplace dapat diandalkan menjadi sarana untuk mempromosikan brand produk/jasa anda.

Cara promosi di media online merupakan hal yang cukup mudah dilakukan, tetapi harus konsisten dan selalu diupdate terus-menerus membuat konten. Kontennya berupa postingan yang dimuat secara rutin, seperti memuat konten foto dan video terbaru yang dilengkapi dengan tulisan penjelas atau informasi mengenai produk/jasa yang ditawarkan.

Terkadang pebisnis atau pemasar online juga menyelipkan beberapa konten, seperti konten testimoni kepuasan dari para konsumen terhadap produk/jasa yang telah digunakannya.

Selain mudah, promosi di media online juga cukup murah. Tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk menggunakannya. Maka, tak heran sekarang ini media online menjadi media promosi yang paling favorit di seluruh dunia.

Tips Jitu Memilih Media Promosi yang Unik

Setiap media, baik itu media online ataupun offline, tentu mempunyai keunikkan masing-masing. Jadi, sebelum memilih media promosi, kita harus memikirkan secara matang media promosi apa yang paling tepat untuk promosi produk/jasa yang ditawarkan.

Promosi yang tepat itu, tidak harus media yang biayanya mahal. Namun, media yang paling efektif dalam menyampaikan pesan produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan internet, promosi yang sedang trend di masyarakat adalah media online. Hal ini karena, biaya promosi yang cukup murah dan media online juga memiliki fitur-fitur yang bisa membuat promosi menjadi lebih unik dan menarik.

Kendati demikian, media konvensional/offline juga masih tetap bisa dijadikan media promosi yang unik dan menarik. Asalkan promosi yang dilakukan oleh pengiklan disajikan dengan cara-cara yang unik.

Ada beberapa cara atau teknik promosi suatu produk/ jasa yang dituangkan ke media agar menjadi promosi yang unik, menarik, kreatif, dan out of the box seperti: Ambient Art, Flash Mob, dan Sensory Branding.

Contoh Cara-Cara Promosi Unik di Media Online dan Offline

sosmed-marketing

Agar promosi produk/jasa sampai ke sasaran atau target pasar, maka kita harus tahu bagaimana cara melakukan promosi. Ada beberapa contoh cara promosi yang unik yang menggunakan media online maupun offline.

Salah satu contoh cara promosi yang unik dan out of the box yang menggunakan media offline/konvensional. Misalnya, kegiatan promosi dari perusahaan perkebunan di Bali yang memilih media melayang balon udara sebagai media promosinya. Balon udara raksasa dapat bergerak melayang di udara dengan ketinggian lebih kurang 30 meter di atas permukaan tanah. Tetapi, balon udara itu hanya bergerak melayang di satu tempat saja.

Pada permukaan balon udara tersebut, tertera nama perusahaan, produk, dan pesan produk dengan ukuran huruf yang sangat besar serta dipasang juga logo perusahaan dan gambar produk dalam ukuran raksasa. Ketika tertiup angin, balon udara itu bergerak melayang di tempat, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat. Ketika malam hari, iklan produk/jasa masih bisa terlihat, karena di balon udara itu dipasang juga lampu dengan pencahayaan yang kuat.

Sementara itu, contoh cara promosi yang unik yang menggunakan media online. Misalnya, promosi warung kekinian, Nasi Goreng Mafia di Bandung yang menggunakan platform sosmed sebagai alat promosinya.

Pemilik usaha Nasi Goreng Mafia, memilih media online sebagai alat promosinya. Mungkin, target pasarnya adalah anak muda kekinian yang suka aktif menggunakan sosmed dan pemiliknya menyadari betul, jika lokasi Nasi Goreng Mafia memang berada dekat dengan kampus, tempat nongkrong, dan kos-kosan mahasiswa.

Cara promosi Nasi Goreng Mafia ini sangat lengkap dengan menggunakan berbagai cara atau teknis promosi dengan konsep yang unik. Konsep seperti giveaway, sensory branding, dan flash mob yang digabung sekaligus menjadi satu. Bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi para konsumennya dengan produk (nasgor rempah) yang ditawarkan.

Giveaway adalah cara promosi yang unik dari Nasi Goreng Mafia yang memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk makan nasgor rempah dengan gratis.

Promosi dilakukan melalui Twitter dengan membuat tweet “1.000 piring gratis hanya dibayar dengan doa.” Maksudnya, siapa saja pengguna twitter yang mengetahui informasi ada promosi 1.000 piring gratis nasgor rempah dari twitter. Lalu, datang ke Nasi Goreng Mafia, mereka boleh makan 1 piring nasgor rempah, tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Membayarnya hanya dengan doa dan me-retweet cuitan twitternya tersebut.

Teknik/cara promosi unik lain yang dipraktekkan oleh Nasi Goreng Mafia, yaitu sensory branding. Cara promosi ini memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mencoba atau mencicipi langsung rasa dan aroma dari nasgor rempahnya secara cuma-cuma. Teknik ini digunakan untuk menciptakan pengalaman dan image yang baik dari konsumen terhadap nasgor rempah dari Nasi Goreng Rempah Mafia.

Teknik unik berikutnya, yaitu flash mob. Teknik yang digunakan untuk mengarahkan massa dengan cepat melalui Twitter agar mencoba nasgor rempah gratis yang tujuan utamanya adalah untuk me-retweet kicauan “1.000 piring gratis hanya dibayar dengan doa.”

Jika, ada 1.000 orang me-retweet tweet tersebut, ada 1.000 orang yang turut andil, ikut mengkampanyekan nasgor rempah. Dengan demikian, nama Nasi Goreng Rempah Mafia pun cepat menjadi viral.

Kesimpulan

Di saat pandemi seperti saat ini, untuk memilih media promosi yang unik dan efektif. Sebaiknya, menpertimbangkan dan mendiskusikan terlebih dahulu bersama dengan tim mengenai beberapa hal penting, seperti cara promosi, konsep, target pasar, tujuan promosi, dan budget.

Ingin Meningkatkan Penjualan Produk? Cobalah Promosi Bundling

0
bundling adalah

Anda yang sering berbelanja online mungkin sudah akrab dengan promosi beragam toko seperti buy 1 get 1, flash sale, cashback, hingga kode-kode promo.

Sistem promosi besar-besaran seperti ini memang sudah terbukti sukses menggaet minat banyak pembeli untuk berbelanja.

Namun tahukah Anda, bahwa ada bentuk promosi lain yang tak kalah manjur menarik pembeli? Promosi ini bernama bundling.

Untuk Anda pemilik toko online dan ingin mengadakan promosi yang berbeda, yuk cari tahu lebih banyak seputar promosi bundling guna meningkatkan penjualan di artikel kali ini!

Mengenal Bundling, Bentuk Promo Kekinian Incaran Masyarakat

paket-bundling-2

Inovasi menjadi cara terbaik untuk bisa bersaing di pasar online shop. Inovasi bisa hadir dalam bentuk apa saja, termasuk promosi produk.

Selama ini, online shop terkenal memiliki promosi yang selalu besar-besaran dan gila-gilaan, mulai dari diskon besar plus cashback, penjualan produk harga miring di flash sale, hingga pemberian gratis item untuk pembelian dengan nominal tertentu.

Sistem promosi seperti inilah yang menjadikan online shop menjadi tempat pilihan berbelanja ideal bagi masyarakat modern.

Agar toko online Anda mampu bersaing, maka Anda perlu memikirkan inovasi promosi terbaru yang belum pernah dilakukan oleh toko lain.

Tujuannya tentu agar konsumen datang mengunjungi toko Anda karena penasaran dengan penawaran yang Anda berikan. Promosi bundling adalah pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk dengan gaya baru ke konsumen.

Apa itu bundling? Bundling adalah metode penjualan secara paket. Namun, paket yang dibuat dengan metode bundling tidak sembarangan.

Dalam praktek bundling, penjual biasanya memasangkan produk terlaris mereka dengan produk lama lalu menjualnya dengan harga terjangkau. Jadi dalam satu kali pembayaran, konsumen bisa mendapatkan dua barang sekaligus.

Promosi bundling memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Jika di toko Anda terdapat banyak stok barang lama yang belum laku, maka taktik bundling adalah cara yang paling pas untuk menghabiskan barang tersebut.

Memasangkan produk unggulan atau best-seller dengan barang lainnya menjadi langkah terbaik agar konsumen turut membeli barang lain dari toko Anda. Alhasil, Anda akan terhindar dari kerugian akibat produk yang tidak laku.

Ada banyak contoh penerapan bundling sederhana. Semisal Anda memasangkan produk susu dengan sereal, lalu menjualnya dengan harga lebih murah dibandingkan membeli produk secara terpisah. Atau menggabungkan produk case smartphone dengan tempered glass dan menjualnya dengan harga baru ke konsumen.

2 Jenis Paket Promo Bundling

paket-bundling-3

Ingin mencoba promosi dengan paket bundling? Sebelumnya, Anda wajib mencari tahu dulu 2 jenis paket promo bundling yang umum dijual di pasaran. Kedua jenis bundling adalah bundling murni dan bundling alternatif.

Penggolongan ini didasarkan pada kemampuan konsumen untuk memilih isi paket bundling yang ditawarkan. Apa saja perbedaan di antaranya? Berikut jawabannya.

Bundling Murni

Jenis bundling pertama adalah bundling murni. Bundling murni merupakan sistem paket yang tidak memberikan konsumen kesempatan untuk memilih isinya. Dengan kata lain, sistem bundling murni menjual sejumlah produk tetap yang isinya tidak dapat diganti.

Alhasil, konsumen harus membeli satu paket produk secara utuh. Contoh bundling murni adalah membeli villa beserta isi interiornya secara lengkap, atau membeli seperangkat laptop lengkap dengan charger, tas dan aksesoris lainnya.

Bundling Alternatif

Tipe kedua yakni bundling alternatif. Berbeda dengan bundling murni, dalam paket ini konsumen bisa memilih untuk membeli satu paket utuh bersamaan atau hanya membeli salah satu produk saja.

Jadi, konsumen tidak harus membeli satu paket utuh. Contoh bundling alternatif adalah pembelian smartphone yang disediakan tempered glass dan casenya. Konsumen bisa memilih untuk membeli smartphone saja atau lengkap dengan case beserta tempered glassnya.

4 Keuntungan Bundling

Selain meningkatkan penjualan untuk produk stok lama, ternyata masih ada 4 keuntungan promosi bundling untuk usaha Anda dan konsumen, lho! 4 keuntungan bundling adalah:

Menghemat Waktu Belanja

Keuntungan pertama bundling adalah menghemat waktu belanja konsumen. Pembelian produk secara paket otomatis memberikan konsumen 2 item berbeda, sehingga waktu belanja akan menjadi lebih efisien.

Semisal konsumen yang kehabisan kecap membeli paket bundling kecap manis dan minyak goreng. Alhasil, ia tidak perlu lagi membeli minyak goreng di waktu yang akan datang sebab sudah mendapatkannya dalam paket bundling.

Memudahkan Pembelian

Selain menghemat waktu belanja, konsumen juga akan dimudahkan dalam proses pembelian. Konsumen tidak perlu mengunjungi toko berbeda untuk mencari produk. Dengan sistem bundling, konsumen akan langsung mendapat beberapa item dalam sekali belanja. Praktis!

Menekan Biaya Promosi Produk

Keuntungan selanjutnya datang untuk penjual. Dengan metode bundling, Anda akan terhindar dari pemborosan biaya untuk mengiklankan setiap produk di toko Anda secara terpisah. Sebab sudah ada lebih dari satu produk tercantum dalam satu kali promosi.

Menambah Nilai Jual

Bundling juga akan menambah nilai jual produk, khususnya untuk produk yang tidak terlalu laku terjual. Produk yang lama atau susah terjual otomatis nilainya akan turun di mata konsumen.

Hal ini dikarenakan konsumen cenderung menilai produk memiliki kualitas buruk sebagai penyebab tidak laku dijual. Namun bundling akan menghilangkan kesan bahwa produk tersebut tidak laku, terlebih lagi ia dijual dengan harga miring di bawah standar.

Strategi ini akan sukses menarik minat konsumen dan menaikkan nilai jual produk. Untuk lebih memaksimalkan pencapaian penjualan, Anda juga bisa memberikan harga promo khusus atau bonus-bonus lainnya dalam paket bundling yang di jual. Alih-alih hanya sekadar memberikan diskon biasa, metode bundling mampu memberikan keuntungan yang lebih!

Bagaimana, sudah siap untuk menjalankan promosi bundling? Yuk simak bagian selanjutnya untuk mengetahui strategi perencanaan bundling terbaik untuk meraih penjualan yang maksimal.

Strategi Bundling untuk Penjualan Maksimal

Bingung bagaimana cara membuat paket bundling? Jangan asal membuat, karena salah pembuatan paket bisa mengakibatkan Anda merugi. Agar bisa memaksimalkan penjualan toko online Anda, mari simak 4 strategi bundling berikut ini. Dijamin sukses mendongkrak penjualan!

1. Memasangkan Produk dengan Best-Seller

Langkah pertama bundling adalah memasangkan produk yang tepat. Komposisi paket yang sering dilakukan penjual adalah produk yang jarang dibeli dengan produk unggulan atau best-seller. Anda juga bisa mempaketkan produk lama dengan produk baru. Tujuannya, agar produk yang jarang dibeli dapat ikut terjual saat konsumen membeli produk baru atau best-seller.

2. Memberikan Harga Murah

Goals dari konsumen membeli paket bundling adalah mendapat 2 item dengan harga murah dibandingkan saat membeli barang secara satuan. Di sini Anda harus teliti dan pintar menentukan harga. Ciptakan kesan membeli 2 produk akan jauh lebih murah agar pembeli berminat untuk berbelanja.

3. Mengemas dengan Menarik

Paket yang menarik adalah paket dengan kemasan baik. Pastikan saat mempromosikan bundling, Anda membuat tampilan desain promo yang menarik serta mengemasnya dengan baik. Dengan begini, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli paket bundling Anda.

4. Rajin Berpromosi

Setelah persiapan bundling selesai, kini tibalah waktunya untuk Anda rajin mempromosikan produk di website toko. Semakin sering berpromosi, maka kesempatan toko Anda didatangi pengunjung akan semakin besar.

Belum punya website sendiri? Yuk buat website bisnis di situs appkey.co.id! Dapatkan penawaran menarik dan harga terjangkau untuk pembuatan website di Appkey sekarang juga!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait sistem bundling. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini membantu Anda untuk mempromosikan bisnis dengan cara baru. Good luck!

Slug dan Tips Cara Membuatnya Agar Efektif Untuk Meningkatkan SEO Website

0
slug

Jika membahas mengenai konten digital yang ada sekarang ini, akan ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari penggunaan sosial media, website, blog, vlog, Youtube dan banyak lagi jenis lainnya.

Media tersebut tidak hanya digunakan sebagai alat penyebaran informasi tetapi juga dipergunakan sebagai alat pemasaran (Digital Marketing). Tren selalu terus menerus mengalami perubahan.

Device yang kita miliki awalnya bernama handphone, kemudian setelah mengalami perubahan menuju pembaharuan sampai pada akhirnya handphone berubah nama menjadi smartphone.

Dikarenakan keunggulan aplikasi pada smartphone yang benar-benar pintar untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala hal.

Digitalisasi

Kegiatan konvensional lambat laun berubah menjadi digital di segala aspek, termasuk persebaran informasi dan pemasaran. Adanya smartphone, memudahkan semua orang dalam mengakses informasi secara real time.

Tidak perlu lagi menunggu berita tayang di televisi ataupun menunggu tukang koran mengantarkan koran terbaru. Anda cukup mengakses semuanya melalui smartphone Anda. Dimana saja dan kapan saja.

Dilatarbelakangi hal ini, media informasi dan pemasaran gencar melakukan perubahan dari konvensional menuju digital. Salah satunya dengan menggunakan blog sebagai medianya

Blog

Pastinya Anda cukup sering mendengar istilah vlog dan blog. Sebenarnya keduanya merupakan sebuah singkatan. Vlog berasal dari kata video blog dan blog sendiri berasal dari kata web log.

Dimana, blog itu merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat pada halaman web. Awalnya, kebanyakan blog berupa jurnal pribadi online milik seseorang untuk berbagi ceritanya kepada banyak orang.

Lambat laun tema tulisan pada blog berubah menjadi tema yang banyak diminati orang, seperti kecantikan, fotografi, editing, fashion, masakan dan masih banyak lagi tema menarik lainnya. Terkadang, website-website yang menawarkan penjualan produk atau jasa juga memiliki blog dalam website mereka.

Blog ini selain berfungsi dalam berbagi informasi yang terkait dengan produk ataupun jasa mereka, juga berfungsi sebagai penghasil traffic. Traffic merupakan laporan jumlah orang yang mengunjungi website dan durasi waktu kunjungan yang viewers lakukan.

Singkatnya, traffic merupakan laporan lalu lintas yang terjadi pada website. Semakin tinggi traffic yang dihasilkan, maka semakin bagus posisi website tersebut dalam hasil tampilan pada search engine.

Baca juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!

SEO (Search Engine Optimization)

Seo-1

Untuk bisa meraih posisi teratas ataupun ditampilkan pada halaman pertama dari pencarian search engine. Blog dapat menggunakan beberapa cara, yaitu SEO dan SEM. SEO merupakan cara pertumbuhan website secara organik (gratis), sedangkan SEM berbayar dengan menggunakan iklan.

Walaupun hasil dari penggunaan SEM lebih cepat daripada SEO, tetapi metode SEO masih banyak digemari oleh blog creator. SEO sendiri merupakan cara-cara untuk bisa mengoptimalisasikan semua hal hanya dengan mengandalkan search engine saja untuk mempengaruhi ranking website atau blog Anda.

Keuntungan Menggunakan SEO Dalam Penulisan Artikel

Semua orang kini dapat dengan mudah mengakses internet. Bahkan untuk membuat blog, bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Sudah banyak juga tersedia situs-situs penyedia blog atau website gratis yang bisa Anda pergunakan tanpa perlu membeli domain untuk mengaktifkan situs Anda tersebut.

Bisa Anda bayangkan, berapa banyak blog dan website yang tersedia di internet baik yang berbayar dan gratis. Lalu Anda harus bersaing dengan seluruh situs tersebut untuk bisa berada di hasil pencarian pada halaman pertama.

Tentunya semua itu membutuhkan usaha ekstra, salah satunya dengan menerapkan SEO. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan SEO pada tulisan Anda antara lain :

  1. Memperoleh posisi atau ranking yang optimal pada hasil mesin pencarian
  2. Meningkatkan traffic dari web Anda

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi SEO dalam artikel Anda, contohnya:

  1. Fokus pada keyword
  2. Pemakaian sub-heading
  3. Menyisipkan URL konten sebelumnya pada artikel baru
  4. Pengaturan meta data (meta description)
  5. Jumlah minimum penyebutan keyword dalam artikel
  6. Panjang teks
  7. Penyebutan keyword pada sub-heading
  8. Keyword di judul & paragraf pertama
  9. Slug yang memuat keyword
  10. Dan lainnya

Slug Pada WordPress

Apa itu slug? bagi orang-orang yang menulis pada situs mereka tanpa menggunakan SEO, pastinya istilah ini cukup asing bagi mereka. Ini adalah sebuah teks yang kita atur atau muncul setelah nama domain situs. Slug ini menjadi bagian dari permalink yang nantinya akan mengarahkan pengunjung untuk masuk ke konten pada situs Anda.

Permalink ini adalah bagian dari URL yang merupakan alamat website. Contohnya pada alamat https://appkey.id/, jadi URL (alamat website-nya) adalah appkey.id, agak sedikit berbeda dengan permalink.

Jika kita membuka salah satu artikel yang ada pada Appkey, maka Anda akan bisa melihat https://appkey.id/blog/pengembangan/mvc/ sebagai contohnya pada address bar. Jadi permalink pada konten tersebut adalah pengembangan mvc yang dipisahkan dengan tanda slash (/) dan /blog/ merupakan kategorinya.

Ada banyak contoh cara penulisan sebuah slug. Ada yang dilengkapi dengan kategori, tanggal ataupun hal lainnya. Tanda pemisah antara kata satu dengan kata yang lain juga bisa menggunakan hyphen (-), selain menggunakan slash (/).

Adanya slug ini akan menghemat waktu Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan. Misalnya saja, jika Anda sudah pernah mengakses satu artikel yang berisikan tutorial kemudian Anda ingin mengakses artikel itu kembali.

Anda bisa langsung memanfaatkan slug, agar langsung masuk ke dalam konten dan tidak perlu lagi mengakses halaman utama dan sub-fitur lainnya untuk bisa membaca artikel itu kembali. Dengan cara, langsung menuliskan URL dan slug terkait pada address bar search engine Anda. Slug juga memudahkan content creator dalam menyisipkan persyaratan SEO.

Cara Membuat Slug Pada WordPress

Saat Anda sudah selesai membuat artikel yang nantinya akan Anda pos, Anda bisa melakukan pengaturan slug pada pengaturan yang ada sebelah kanan pada artikel Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturannya, Anda bisa menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + , lihat permalink pada bagian pos → slug di pengaturan blok.

Slug biasanya langsung diatur oleh WordPress, tapi itu tidak akan sesuai ekspektasi Anda yang bisa mendukung SEO pada konten Anda. Berikut ini tips cara membuat slug agar efektif meningkatkan SEO website Anda.

  • Ganti Spasi dengan Tanda Hubung atau Tanda Pisah

Saat Anda mengatur ulang slug artikel Anda, pastikan tidak menggunakan spasi. Untuk memisahkan kata per kata, gunakanlah tanda pemisah seperti hyphen (-) atau slash (/).

  • Hanya Menggunakan Huruf Kecil

Penulisan slug hanya boleh menggunakan huruf kecil saja. WordPress biasanya secara otomatis akan mengubah judul artikel Anda menjadi slug dan langsung merubah tulisannya ke lowercase (huruf kecil).

  • Singkat

Pembuatan slug haruslah singkat, tidak terlalu panjang dan tepat sasaran. Serta memuat keyword yang sudah ditentukan dalam SEO pada artikel Anda. Keyword tidak hanya ditulis pada judul, sub-heading tetapi juga slug untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Tidak Menggunakan Kata Penghubung

Penulisan slug yang dituntut singkat, sehingga mendorongnya content creator menghindari kata penghubung. Baik itu slug dalam artikel berbahasa Indonesia ataupun berbahasa asing. Contohnya seperti tidak menggunakan kata penghubung pada, di, ke dan dari.

  • Mengatur Redirect

Jika saat Anda membaca artikel ini tetapi Anda sudah terlanjur menggunakan slug yang diberikan dari WordPress, Anda tidak perlu panik. Anda tetapi bisa mengatur ulang slug pada artikel-artikel yang sudah Anda posting sebelumnya.

Tapi, jangan lupa untuk membuat 301 redirect yang akan mengalihkan pengunjung dari slug lama ke slug baru. Hal ini akan menghindari pengunjung Anda tidak bisa menemukan konten Anda karena mengakses situs menggunakan slug lama.

Sekian penjelasan mengenai slug dan cara membuatnya untuk meningkatkan SEO website situs Anda. Agar bisa mendapatkan posisi yang optimal pada hasil dari mesin pencarian sesuai dengan tema konten artikel Anda.

Aplikasi Market Manager, Solusi Untuk Mengelola Bisnis Online Anda!

0
market manager

Market Manager, kelola seluruh penjualan marketplace-mu di satu dashboard!  

Kalimat tersebut menjadi slogan yang nampak pada website Market Manager, yang sekaligus juga menampakkan manfaat-manfaat dari Market Manager di situs marketmanager.id.

Market Manager memiliki banyak fitur yang menawarkan banyak manfaat kepada Anda, yuk kita simak serba-serbi seputar aplikasi yang satu ini!

Apa itu Market Manager?

market-manager-1

Di zaman sekarang ini, berbisnis melalui marketplace adalah hal yang biasa, kadang orang bisa berpromosi di tujuh atau delapan akun marketplace sekaligus.

Walaupun Anda senang dikarenakan order sangat banyak, tetap saja, mengurusnya akan banyak memakan waktu. Sebab tentunya banyak hal yang harus Anda lakukan dalam mempromosikan produk Anda.

Balas chat pelanggan dengan segera, memproses pesanan secepatnya, mencocokkan stock di gudang atau pada supplier, revisi harga sesuai dengan harga dari supplier. Anda pasti akan kewalahan.

Belum lagi saat margin keuntungan tipis, namun kerjaan yang banyak tetap membuat Anda stress!

Marketmanager.id hadir untuk membantu Anda!

Aplikasi yang satu ini sangat membantu menghemat waktu serta tenaga Anda.Detail produk Anda jadi sinkron di seluruh akun marketplace Anda. Anda dapat membalas seluruh chat order produk Anda di satu dashboard.

Aplikasi ini juga mengerjakan banyak hal untuk Anda, seperti:

  • Cocokkan harga supplier dengan stock setiap hari
  • Balas chat dengan auto greeting juga pertanyaan mengenai stock
  • Ambil informasi mengenai detail produk dari website supplier manapun, serta;
  • Cocokkan pesanan dengan dropship supplier sehingga tidak terjadi double order;

Begitu sudah siap, Anda pun bisa menambahkan supplier, produk dan toko online Anda.

Laba Anda pun dapat melonjak tinggi, dikarenakan tambahan supplier, produk dan marketplace tempat Anda membangun toko online Anda sendiri.

Aplikasi ini pun mendukung berbagai marketplace besar, seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

Anda ingin merasakan perbedaannya, dengan atau tanpa aplikasi ini?

Yuk, kita simak dulu fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini!

Apa Saja, sih, Fitur-Fitur yang Ditawarkan oleh Market Manager?

Market Manager menawarkan fitur-fitur seperti:

Secure Encryption

Keamanan akun Anda akan selalu menjadi prioritas dalam aplikasi Market Manager ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir!

Produk Management

Melalui fitur yang satu ini, Anda dapat menyinkronisasikan seluruh detail produk di seluruh online shop-mu. Juga terdapat auto update stock dan harga supplier. Dapatkan flexible markups dari supplier untuk menentukan profit margin-mu.

Chat atau Discussion Management

Jawab chat sekaligus diskusi semua marketplace Anda dalam satu display. Pergunakan sistem auto chat greeting dan stock request untuk membantu Anda me-manage customer relationship Anda dengan pembeli.

Order Management

Menerima order, print label, ship via dropoff / request pick up auto stock adjustment dari penjualan. Jika Anda tidak sedang memiliki stock, penuhi order pembelian dengan helper Dropship.

Customer Service

Saat Anda mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menghubungi customer service via WA untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

Untuk Anda yang memiliki toko online di Lazada, Anda juga dapat lebih semangat dalam menyemarakkan toko online Anda melalui Skor Produk Lazada, sebab aplikasi ini juga bekerja sama dengan Lazada juga.

Caranya hanya dengan memenuhi atribut yang disyaratkan oleh Lazada dalam berpromosi di marketplace-nya, demi meningkatkan visibilitas pencarian dan tingkat konversi yang lebih besar.

Hal menarik dari Lazada adalah tampilannya yang cemerlang dan anggun, oleh karena itu Anda harus mampu meng-upload foto-foto yang cantik, menawan dan anggun, sesuai dengan pesona dari Lazada itu sendiri.

Bagaimana? Bukankah aplikasi ini tidak hanya memudahkan, tetapi juga dapat membuat Anda kaya sekaligus dapat bekerja sama dengan marketplace favorit Anda?

Jadi maksimalkan penggunaan marketplace Anda!

Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Anda Bersama Market Manager?

market-manager-2

Setelah memahami fitur-fitur yang ditawarkan oleh Market Manager, lalu bagaimana mengembangkan bisnis online Anda melalui aplikasi yang satu ini?

Tentunya setelah Anda melakukan registrasi untuk dapat menggunakan akun Market Manager, Anda harus dapat melakukan pengaturan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda sendiri dalam berbisnis.

Alias versi Anda sendiri.

Lalu, apa sajakah yang dapat Anda lakukan?

Sistem Dropship

Seperti yang diketahui bersama, dalam menjalankan bisnis online, terdapat sistem resell dan dropship. Apabila Anda mendukung sistem dropship, sistem ini juga mendukung Anda melalui Dropship Fulfillment.

Saat Anda menggunakan sistem ini customer Anda dapat mengetahui juga bahwa Anda sebenarnya juga mengambil posisi sebagai dropshipper.

Untuk order yang di-support  dalam fulfillment order dalam Dropship Fulfillment, saat Anda mendapatkan order dari marketplace, entah itu Shopee, Jakmall, atau toko-toko online lain, maka Anda berarti sudah memenuhi order dropship dari supplier yang ter-support.

Customer Anda harus memastikan bahwa barang dan informasi lainnya telah sesuai sebelum pembayaran, dengan meneliti invoice yang tercipta dalam fitur Dropship Fulfillment.

Selain itu, Anda juga didukung dengan fitur Auto upload resi id yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence, Smart AI.

Dengan begitu saat Anda menggunakan sistem dropship di sistem ini, apabila supplier Anda telah meng-upload resi untuk jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, J&T, POS Indonesia dan sebagainya, sistem ini dapat menginput nomor resi Anda dari marketplace lainnya. Hal ini berguna sekali untuk mengurangi kesalahan input nomor resi, karena sistem secara otomatis menginputnya, atau mencegah terlewatnya pesanan diproses.

Sebelumnya, Anda pun harus mengatur setting toko Anda melalui General Settings, Alias Toko. Terdapat kegunaan-kegunaan yang dapat Anda terima apabila Anda menggunakan fitur Alias Toko untuk fitur Dropship di fitur Alias Toko.

Pengaturan Stock

Seperti yang telah dipahami sebelumnya, kelebihan dari sistem ini adalah dapat mengatur akun marketplace Anda dalam satu waktu dan satu dashboard, dengan cara ter-sinkronisasi-nya satu perubahan ke seluruh akun marketplace Anda secara langsung.

Sebagai contoh, untuk sub-setting Kurangi Stock Order Baru, pada saat Anda menerima pesanan baru, saat setting ini dihidupkan, semua produk dalam pesanan tersebut akan dikurangi jumlah stock sesuai pesanan. Setelah stock ini dikurangi, stock produk Anda akan di-sinkronisasikan ke seluruh akun marketplace sehingga setiap jumlah stock akan sinkron.

Kemudian sub-setting Tambah Stock saat terjadi penolakan atau cancel order. Apabila Anda menggunakan fitur di atas, jika terjadi penolakan atau pembatalan pesanan untuk alasan apapun, dengan menggunakan sub-setting ini jumlah stock produk Anda akan dikembalikan ke posisi semula, dengan cara ditambahkan sebanyak jumlah produk yang dibatalkan.

Dengan mengaktifkan ke dua sub-setting ini, Anda sebagai seorang dropshipper juga akan terbantu dalam hal mengetahui jumlah stock produk Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda merupakan seorang dropshipper yang juga menyimpan stock sendiri, apabila Anda tetap  memenuhi sebagian pesanan Anda via dropship, maka jumlah stock di tangan Anda seharusnya tidak berubah.

Dengan menggunakan setting ini melalui ke dua sub-setting sebelumnya, yaitu Kurangi Stock Order Baru dan Tambah Stock saat terjadi penolakan atau cancel order, sekaligus mengintegrasikannya dengan fitur Dropship yang terintegrasi di sistem ini, Anda dapat melakukan hal tersebut. Alias men-track jumlah stock yang ada di tangan Anda.

Chat

Anda pun dapat menggunakan chat auto reply otomatis, juga dapat mengatur auto reply untuk pertanyaan mengenai ketersediaan stock.

Sebagai contoh, dalam sistem aplikasi ini, melalui setting Greeting Anda dapat memiliki suatu sistem yang dapat membalas secara otomatis, mengenai pertanyaan yang memenuhi kriteria:

  • Chat dari customer baru;
  • Chat belum terbaca

Anda bisa mengatur chat balasan yang dikirimkan ke customer melalui Message Template.

Kemudian juga dapat mengatur chat balasan mengenai pertanyaan tentang ketersediaan stock.

Apabila Anda sering menerima pertanyaan mengenai apakah barang ready, atau apakah produk ini masih ada, Anda bisa menggunakan setting untuk mengatur pesan yang akan dibalaskan dengan berdasarkan stock real produk Anda.

Produk

Di marketmanager.id Anda dapat menggunakan satu detail produk yang menjadi kunci utama informasi untuk semua akun marketplace yang ter-publish.

Hal ini tentunya akan sangat menghemat waktu juga tenaga Anda!

Bayangkan jika Anda memiliki tujuh sampai delapan akun marketplace yang dikelola, tentunya akan sangat merepotkan mengelolanya secara bergantian.

Namun, dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat menampilkan satu detail informasi yang menjadi kunci utama informasi kemudian menyinkronkan informasi tersebut untuk seluruh akun marketplace Anda.

Selain itu, informasi yang menjadi kunci utama informasi dapat disesuaikan per marketplace, jika diperlukan.

Kemudian, terdapat kelebihan lain yang dapat marketmanager.id berikan, yaitu hanya dengan menambahkan satu produk saja, Anda dapat mem-publish satu toko untuk masing-masing marketplace, sebagai contoh, Anda dapat mem-publish satu produk ke satu akun Tokopedia, satu akun Shopee Anda, satu akun Bukalapak, dan satu di Lazada, bahkan Anda bisa melakukan publishing lebih dari lima akun sekaligus, alias dapat mengelola akun marketplace sebanyak-banyaknya.

Bayangkan jika Anda dapat mem-publish lebih dari satu produk, ke lebih dari lima akun marketplace, tentunya Anda dapat menilai sendiri kesanggupan marketmanager.id dalam mengelola akun-akun marketplace Anda.

Prestasi Penjualan

Aplikasi ini menawarkan segudang manfaat untuk Anda, salah satunya yang manfaatnya dapat Anda rasakan adalah kemampuan sinkronisasi ke seluruh akun marketplace Anda, baik itu ke tujuh atau delapan akun marketplace Anda.

Melalui aplikasi yang satu ini, Anda dapat melakukan banyak hal, alias aktif di berbagai akun marketplace Anda.

Sebagai contoh, kemudahan dalam menambahkan satu, tiga atau lima produk, kemudian keaktifan Anda di akun marketplace Anda yang semakin termudahkan karena adanya aplikasi ini, yaitu adanya sinkronisasi ke seluruh akun marketplace milik Anda.

Kemudian, hal yang tidak kalah pentingnya, Anda dapat membalas chat secara langsung, dari marketplace manapun, dan sebelumnya sudah memiliki fasilitas auto reply. Kemampuan Anda untuk membalas chat dengan baik, kemudian dari segi keaktifan bagus juga, membuat Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda.

Selain itu, tidak pernah melakukan spam toko atau spam produk, dengan begitu Anda akan memiliki banyak follower atau mendapatkan predikat tertentu, seperti predikat Star Seller yang terdapat di Shopee.

Download Aplikasi-nya Melalui Google Play Store

Dalam mengembangkan bisnis Anda, untuk memudahkan Anda, Anda dapat men-download aplikasi ini di Google Play Store. Aplikasi ini menawarkan sejumlah kemudahan untuk Anda, mulai dari sinkronisasi, dropshipper, balasan chat auto reply seperti setting Greeting dan Pertanyaan Stock, adanya Auto Upload Resi Id, dan sebagainya.

Untuk semakin menambahkan keaktifan Anda dalam mengelola toko-toko online Anda, Anda dapat men-download aplikasinya ke ponsel pintar Anda.

Dengan begitu, kemanapun Anda pergi, Anda dapat tetap mengelola toko-toko online Anda.

Bagaimana Apakah Anda Tertarik untuk Menggunakan Market Manager?

Kunjungi https://marketmanager.id/register, kemudian cari kata Sign Up di pojok kanan atas. Dari sini Anda bisa melakukan register. Anda akan mendapatkan free trial selama satu minggu sekaligus bonus sign up sebesar Rp. 20.000,-.

Untuk menggunakan sistem ini, Anda diwajibkan memberikan fee kepada tim marketmanager.id, hanya sebesar 0,5% dari jumlah penjualan sukses Anda.

Dalam melakukan pembayaran, Anda harus melakukan top up kepada virtual account dari berbagai pilihan bank. Dengan begitu Anda akan memiliki saldo di virtual account, dan fee 0,5% akan dipotong dari saldo virtual account Anda.

Karena itu, top up dengan menggunakan hasil keuntungan transaksi Anda yang sukses dan jangan sampai transaksi Anda menjadi nol, demi kelanjutan kemitraan Anda dengan aplikasi yang satu ini.

Dengan hanya menyumbangsihkan 0,5% saja dari jumlah penjualan sukses Anda, Anda sudah bisa menikmati bergam fitur di sistem ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.

 

SEO Lokal : Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

0
seo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

SEO Lokal adalah strategi optimalisasi bisnis online yang paling banyak dimainkan saat ini. Bukan tanpa alasan, strategi Local SEO terbukti lebih ampuh untuk menarik calon pembeli serius di sekitar lokasi bisnis Anda.

Tahukah Anda bahwa hasil pencarian search engine dapat mencerminkan informasi terkait lokasi keberadaan seseorang saat ini? Misalnya, ketika Anda berada di Bali dan menelusuri kata kunci “café”, maka hasil pencarian akan menunjukkan nama-nama café terdekat dari posisi Anda sekarang.

Dalam SEO Lokal, halaman peta akan muncul pada bagian atas hasil pencarian disertai informasi-informasi yang relevan dengan keyword. Oleh karena itu, hasil pencarian lokal selalu berbeda menyesuaikan lokasi user.

Ada banyak ragam manfaat yang dihadirkan oleh Local SEO. Salah satunya yakni mendapatkan lebih banyak traffic serta menghadirkan hasil penelusuran yang lebih relevan.

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan lebih lanjut mengenai metode Local SEO, lengkap dengan strategi pemakaiannya agar nama situs bisnis Anda muncul di peringkat teratas dalam beranda user.

Apa Itu SEO Lokal?

seo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

SEO Lokal merupakan bentuk optimalisasi mesin pencari namun dikhususkan untuk pencarian informasi lokal. Adapun mesin pencari yang dimaksud di sini sejenis Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Optimalisasi Local SEO mulai dipandang penting karena banyak calon pembeli serius yang memilih belanja di toko-toko terdekat. Dengan mendatangi bisnis terdekat, mereka bisa memperoleh servis yang lebih cepat, praktis, dan murah (tidak perlu membayar ongkir tambahan).

Ciri utama pencarian Local SEO adalah memuat keyword-keyword khusus yang mempersempit hasil penelusuran. Contohnya penggunaan kata “terdekat”, “di sekitar saya”, atau langsung menyebut nama daerahnya (“Bali”, “Depok”, “Aceh”, dll).

Perbedaan SEO Lokal dengan SEO Umum

Perbedaan utama Local SEO dengan SEO umum adalah cakupan spesifik dari informasi yang dicari.

Dalam SEO umum, Anda akan memperoleh rekomendasi tanpa memandang dimana lokasi asal web/postingan. Sedangkan Local SEO hanya menampilkan informasi dari area di sekitar Anda.

Namun keduanya masih memiliki tujuan yang sama, yakni membantu website bisnis menduduki ranking 1 di search engine. Bisnis-bisnis lokal kecil seperti UMKM akan lebih terbantu jika menerapkan Local SEO.

Cara Kerja SEO Lokal Adalah

Bagaimana Local SEO bekerja? Jawabannya ternyata cukup sederhana. Sistem algoritma mesin pencari akan melakukan pemindaian, lalu memilih informasi yang relevan dengan keyword berdasarkan posisi Anda saat ini.

Misalnya Anda sedang berada di Surabaya dan hendak mencari informasi ATM terdekat. Dari sini ada dua poin yang dicocokkan oleh mesin pencari, yakni “ATM” dan “lokasi Surabaya”. Terakhir, barulah rekomendasi ditampilkan dalam bentuk hasil penelusuran.

Dari sisi pemilik bisnis, lokal SEO bekerja dengan cara memberitahu mesin pencari bahwa website Anda berada di sebuah daerah dan layak untuk diberitahu kepada masyarakat lain yang berada di sekitarnya.

Jadi ada baiknya mencantumkan informasi lokasi yang jelas di website bisnis Anda demi meningkatkan nilai visibilitasnya.

Keuntungan SEO lokal

seo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

Metode ini digunakan untuk menampilkan bisnis di pencarian lokal yang sangat berkaitan dengan Google Bisnisku. Keuntungan dari adanya Local SEO sangat banyak jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik.

Sebuah riset menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal. Bahkan 29% pencarian lokal selalu berujung pada pembelian. Local SEO dapat membantu Anda mendapatkan calon pembeli.

Begitu pun sebaliknya, pembeli dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda. Mereka bisa memperoleh berbagai informasi lengkap, mulai dari produk yang Anda tawarkan, alamat, hingga jam operasionalnya.

Apa manfaat menggunakan fungsi pencarian lokal? Contoh sederhananya adalah meningkatkan jumlah pembeli yang berbelanja di café, toko atau restoran milik Anda. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jika Anda ingin pergi ke kafe atau restoran, Google akan mengarahkan Anda ke café atau restoran terdekat.

Nah, ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk keuntungan jasa Local SEO Google yang membantu café, restoran, atau bisnis Anda untuk menggaet pelanggan datang.

Contoh kasus lainnya, agen real estate yang mengoperasikan beberapa toko dapat meningkatkan traffic dengan kepastian transaksi lebih tinggi dan menghasilkan keuntungan dengan menargetkan kata-kata seperti “wilayah + properti sewaan”.

Bahkan keyword populer dengan kompetisi tinggi sekalipun jadi tetap lebih unggul apabila menambahkan informasi lokasi, yang akan mengarah pada peningkatan traffic.

Mempraktekkan SEO Lokal dengan Google Bisnisku

Bagaimana cara mendapatkan ranking yang lebih tinggi di Local SEO? Jawaban paling mudahnya adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku (Google My Business). Proses pendaftaran ini sepenuhnya gratis.

Bisnis-bisnis yang terdaftar di Google Bisnisku pun bisa langsung muncul di hasil pencarian lokal. Dengan memasukkan informasi terbaru di Google Bisnisku, bisnis Anda juga akan ditampilkan di Google Search, Map, Google+.

Jika Anda melakukan pencarian dengan keyword café, maka hasil pencariannya akan tampil seperti gambar di atas. Apabila Anda mengklik “lebih lanjut”, maka informasi yang terdaftar di Google Bisnisku akan turut ditampilkan.

Semua informasi yang muncul terkait bisnis diambil dari data-data yang Anda cantumkan ketika mendaftar Google My Business. Oleh sebab itu Anda wajib mengisi formulir dengan benar dan seakurat mungkin, terutama di bagian waktu operasional perusahaan.

Namun memanfaatkan jasa Local SEO dari Google ini terbukti sangat membantu bisnis besar maupun kecil untuk menunjukkan eksistensinya di ranah lokal maupun regional.

5 Strategi Seo Lokal Terampuh untuk Menampilkan Bisnis Anda di Ranking 1

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengguna mesin pencari cenderung hanya mengklik hasil pencarian teratas dari pada yang berada di bawahnya. Oleh karena itu, ada 5 langkah penting yang wajib Anda tempuh supaya web bisnis bisa menduduki peringkat pertama search engine:

1. Melengkapi Seluruh Poin Google Bisnisku dengan Tepat

Penting untuk melengkapi 6 poin berikut ini ketika mendaftar pada Google Bisnisku:

  • Masukkan informasi bisnis terbaru di layar manajemen Google Bisnisku.
  • Masukkan data terperinci terkait bisnis (nama perusahaan, alamat, jam operasional, dll).
  • Konfirmasi identitas pemilik bisnis.
  • Jaga agar informasi jam kerja akurat.
  • Kelola dan balas ulasandari pelanggan.
  • Menambahkan foto dan video terkait perusahaan atau produk yang dijual.

Poin-poin di atas wajib dilengkapi agar Google lebih “mempercayai” dan “menyukai” profil usaha Anda. Calon konsumen pun akan merasa lebih aman untuk bertransaksi di toko Anda karena profilnya terbukti asli.

2. Menambahkan Informasi Kontak dengan Detil

Pastikan Anda mencantumkan informasi yang lengkap terkait dengan NAP (Name, address, phone) alias nama, alamat, dan nomor telepon. Seluruh informasi tersebut hendaknya ditulis di halaman web dengan benar dan konsisten (jika mencantumkannya pada laman-laman lain, seperti Google My Business, sosmed, dll).

Anda juga dapat menambahkan URL social media bisnis Anda (jika punya) pada kolom deskripsi yang tersedia. Profil social media seperti Facebook dan Instagram yang mempunyai banyak followers akan berpengaruh terhadap peringkat website bisnis di search engine. Strategi ini juga efektif untuk optimalisasi Local SEO.

3. Menanamkan Backlink Lokal Sebanyak Mungkin

Tips selanjutnya adalah menanamkan backlink lokal sebanyak mungkin. Strategi yang satu ini biasa disebut link building dan sering menjadi andalan para penyedia jasa Local SEO.

Lokal SEO pun memerlukan banyak backlink selayaknya SEO umum. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ranking website dan profil bisnis Anda. Namun backlink Local SEO haruslah berasal dari website lokal yang satu lokasi dengan posisi Anda. Alangkah baiknya lagi jika Anda berhasil memperoleh link-link rekomendasi dari web-web populer.

4. Mengumpulkan Testimoni Pembeli

Mulailah mengumpulkan testimoni pembeli toko Anda di Google Business Profile maupun situs web. Ini karena semakin banyak ulasan asli dari pembeli—khususnya yang bernada positif—tentu semakin bagus juga ranking Local SEO Anda.

Review bisnis yang bagus juga mempermudah orang-orang memercayai profil Anda. Jadi tak hanya berpeluang naik peringkat SEO, kumpulan testi akan menarik banyak calon pembeli baru tanpa diminta.

5. Mendesain Website yang Mobile Friendly

Terakhir, pastikan website bisnis Anda memiliki tampilan yang mobile friendly. Hal ini penting mengingat hampir 90% orang menelusuri profil bisnis lokal via ponsel. Jadi bisa dibilang bahwa optimasi Local SEO saat ini sangat dipengaruhi oleh pemakaian smartphone.

Mempunyai web yang mobile friendly juga menguntungkan Anda selaku pemilik. Konsumen Anda bisa melakukan navigasi dengan mudah dan memperoleh informasi lengkap seputar penawaran.

Tiga Elemen Pencarian Lokal

lseo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

Terdapat sejumlah faktor penting yang turut memengaruhi ranking website menurut Local SEO. Adapun faktor-faktor utama tersebut adalah:

1. Relevansi

Sangat penting untuk meningkatkan relevansi pencarian bisnis Anda dengan melakukan listing lokal (menyimpan informasi yang terdaftar di Bisnis Saya).

Anda bisa menambah relevansi bisnis terhadap keyword user dengan memasukkan sebanyak mungkin informasi usaha, termasuk kata-kata yang berhubungan dengan layanan di Google Bisnisku.

Informasi bisnis tersebut mencakup 9 item, yakni nama, alamat, nomor telepon, situs web, kategori, jam kerja, URL menu, atribut, dan foto.

Misalnya, apabila bisnis Anda adalah café, maka Anda dapat mendaftarkannya pada kategori “cafe” dengan atribut seperti “dengan kursi teras”; atau dengan atribut lain yang masih relevan (misal “menyediakan WiFi gratis”, “coworking space”, “area outdoor” dll).

2. Lokasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, lokasi menentukan hasil pencarian Local SEO Anda. Andaikan lokasi Anda saat ini adalah di rumah. Lalu ketika Anda mengetikkan “Café” pada mesin pencari, maka hasil yang ditampilkan adalah beberapa café terdekat dari rumah Anda.

Begitu pula sebaliknya. Jika Anda berada di luar rumah, maka hasil pencarian akan menyesuaikan lokasi Anda saat itu.

3. Popularitas

Faktanya, bisnis yang popular dan telah berdiri lebih lama cenderung memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis yang baru dirintis. Namun peristiwa ini masih terbilang wajar.

Untuk menyiasatinya, Anda harus mampu mengenalkan bisnis secara bertahap kepada calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan jasa Local SEO Google untuk menambah popularitas usaha di masyarakat.

Kesimpulan Serba-Serbi SEO Lokal

Sejauh ini Anda sudah melihat cara-cara mengoptimalkan Local SEO untuk memperoleh ranking website yang lebih tinggi.

Pada intinya, lima poin berikut ini wajib Anda praktekkan supaya website bisnis bisa sering muncul di pencarian lokal:

  • Mendaftar Google Bisnisku.
  • Menambahkan informasi kontak perusahaan.
  • Melakukan backlink lokal.
  • Mengumpulkan testimoni pembeli.
  • Mendesain web agar mobile friendly.

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa fitur dan jasa Local SEO dari Google sangat efektif untuk meraih traffic regional yang tinggi dengan memanfaatkan hasil pencarian berbasis lokasi.

Inti dari Local SEO pun sama dengan SEO biasa, dengan menciptakan konten yang relevan sesuai keinginan pengguna. Jadi tunggu apa lagi? Untuk Anda yang mengelola toko, kafe, restoran dan bisnis-bisnis lokal lain, mari segera upgrade SEO Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan dan keuntungan!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

</div

Apa Hubungan SEO dengan Jumlah Karakter dalam Konten? Ketahui Tekniknya untuk Hasil yang Memuaskan!

0
45

Bagi Anda yang masuk ke dunia SEO pasti ingin mencapai suatu tujuan bukan? Terdapat banyak faktor keberhasilan dalam SEO, salah satunya yaitu situs Anda perlu mendapatkan penilaian dari Google bahwa situs Anda adalah situs yang berguna bagi pengguna.

Berguna yang dimaksud adalah situs Anda berisi informasi yang benar-benar diinginkan oleh pengguna, nyaman untuk dikunjungi oleh pengguna, dan lainnya. Lalu bagaimana caranya mencapai keberhasilan dalam SEO? Jika berbicara tentang SEO, tentu tidak akan ada habisnya. Banyak indikator yang harus Anda lakukan dan perhatikan.

Jadi, Anda tidak bisa fokus terhadap satu indikator saja. Konten judul dan judul, jumlah tautan internal, kata kunci, konten informatif, desain halaman, isi artikel, dan masih banyak lagi. Tentu tidak mudah melakukan itu semua, terutama mengenai artikel.

Artikel Informatif

seo

Artikel yang dibuat harus informatif, kemudian apakah artikel Anda lebih banyak mengandung informasi dari artikel lainnya? Pengunaan bahasa pun harus diperhatikan, dan masih banyak lagi. Jika membayangkannya saja dirasa sulit, bagaimana ketika membuatnya?

Bagi Anda yang mungkin tidak mau terlalu sulit dalam membuat artikel untuk situs Anda, jangan khawatir. Saat ini Anda bisa menggunakan jasa artikel SEO yang bisa membantu Anda dalam pembuatan artikel. Sangat membantu sekali bukan? Lalu di mana Anda bisa menemukan jasa artikel SEO?

Sekali lagi tidak perlu panik, Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari Google. Di sana terdapat banyak jasa artikel SEO yang siap Anda gunakan, Anda tinggal memilihnya. Namun, di artikel kali ini akan lebih fokus menjelaskan tentang hubungan antara SEO dan jumlah karakter. Kira-kira ada hubungan apa ya?

Hubungan antara SEO dan Jumlah Karakter | Haruskah Memiliki Lebih Banyak Karakter?

Pernahkah Anda mendengar dari perspektif SEO bahwa lebih banyak karakter dalam satu konten akan lebih bagus? Banyak orang yang baru terjun di dalam SEO bertanya berapa banyak karakter yang dibutuhkan supaya peringkat naik.

Apakah benar jumlah karakter memengaruhi terhadap kenaikan peringkat situs? Jawabannya adalah tergantung pada kata kunci yang Anda gunakan. Setiap kata kunci memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Jadi, tidak bisa dikatakan bahwa jumlah karakter yang banyak akan menghasilkan peringkat yang lebih tinggi. Di awal pastikan Anda memilih kata kunci yang tidak memiliki kesulitan yang tinggi.

Dikatakan dari Google bahwa jumlah karakter tidak terkait secara langsung. Menurut webmaster, mereka cenderung memeriksa suatu halaman secara keseluruhan dan juga memastikan bahwa konten ini benar-benar konten yang menarik dan bermanfaat bagi pengguna.

Mereka juga tidak mempermasalahkan konten tersebut panjang atau pendek, banyak gambar atau tidak. Jika dirasa sulit, Anda bisa menggunakan jasa artikel SEO untuk membantu Anda dalam pembuatan konten yang ideal.

Mengapa Teks Panjang Bagus | Tentang SEO

struktur-artikel

Kalimat panjang cenderung berada di peringkat yang lebih tinggi. Lalu apakah Anda harus membuat artikel dengan jumlah karakter yang banyak terus menerus? Sebenarnya tidak juga, walaupun kenyataannya kalimat panjang berada di peringkat lebih tinggi.

Jika Anda ingin membuat artikel dengan jumlah karakter yang banyak agar mudah dievaluasi, itu tidak salah. Namun, pastikan dengan jumlah karakter yang banyak tersebut semua berisi informasi yang berguna bagi pengguna.

Jangan sampai konten yang Anda buat terdapat banyak jumlah karakter namun hanya berisi sedikit informasi di dalamnya. Pengguna akan malas membaca konten Anda dan hal tersebut akan berdampak buruk bagi Anda. Atau dalam kata lain cobalah memasukkan informasi yang diinginkan oleh pengguna, itu akan memperbanyak jumlah karakter Anda secara alami.

Sebenarnya jumlah karakter juga tidak terkait langsung dengan hasil pencarian. Oleh karena itu, volume kalimat tidak berhubungan langsung dengan SEO. Tetapi kenyataan bahwa konten dengan jumlah karakter banyak termasuk ke dalam informasi yang berguna bagi pengguna peringkat tinggi.

Hal tersebut karena konten tersebut berkualitas. Tidak hanya memikirkan jumlah kalimatnya saja, namun juga memikirkan informasi apa yang diinginkan oleh pengguna dan memuatnya di dalam konten tersebut.

Penting untuk Menyadari Kelengkapan

Kelengkapan adalah kunci apakah di dalam konten tersebut mengandung informasi yang terkait dengan kata kunci yang akan dipromosikan atau tidak.

Cara untuk mengetahui maksud pencarian terkait cenderung merujuk kepada konten situs pesaing. Selain itu, kata kunci yang ditampilkan di kotak pencarian Google juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui pencarian terkait. Kata kunci pencarian terkait di bawah hasil pencarian, dan lain-lain.

Terdapat satu hal yang harus Anda perhatikan ketika merujuk kepada konten situs pesaing Anda. Bahwa Anda tidak harus fokus terhadap jumlah karakter yang terdapat di dalam konten mereka. Karena tidak mungkin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi hanya dengan menambahkan lebih banyak karakter daripada situs lain.

Hindari juga menggunakan kalimat yang terlalu lama karena situs pesaing Anda memiliki relevansi dengan kata kunci. Kelengkapan tidak hanya mencakup penyertaan kata kunci terkait, tetapi juga penambahan informasi yang lebih rinci tentang kata kunci terkait.

Dengan memperdalam kata kunci terkait, Anda dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan meningkatkan jumlah teks secara alami. Jika Anda merasa tidak bisa membuat artikel seperti itu, Anda bisa menggunakan jasa artikel SEO yang sudah banyak tersedia di mesin pencari.

Alat Pencarian Kata Kunci Terkait

Tentu sudah banyak alat yang bisa membantu Anda dalam melakukan langkah-langkah di dalam SEO. Alat pencarian kata kunci terkait juga sudah banyak yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mencarinya di mesin pencari..

Tak hanya satu alat saja yang tersedia, terdapat beberapa alat yang bisa Anda gunakan sehingga Anda bisa memilih satu dari sekian banyak alat yang tersedia. Cobalah jangan terlalu terobsesi dengan jumlah karakter di dalam suatu konten. Jangan terlalu terpaku terhadap jumlah karakter saja. Tapi mari lihat dari sisi lain, akan lebih baik jika Anda lebih memikirkan berapa banyak jumlah informasi yang terdapat d dalam suatu konten.

Tentunya setelah memahami apa yang benar-benar diinginkan oleh pengguna. Dengan begitu, jumlah karakter akan naik secara alami dan peluang untuk naik ke peringkat yang lebih tinggi akan lebih besar.

Membandingkan konten Anda dengan konten situs pesaing dalam hal jumlah karakter dan lain-lain termasuk hal yang wajar. Jumlah karakter yang optimal dalam SEO harus diturunkan.

Saat ini jelas bahwa banyaknya jumlah karakter dalam suatu konten tidak berpengaruh terhadap naiknya peringkat situs ke posisi yang lebih tinggi. Karena jumlah karakter tidak terkait langsung dengan peringkat dalam SEO.

Cobalah untuk membuat artikel yang memuat informasi yang diinginkan pengguna, mudah dipahami oleh mereka dan mengandung kalimat yang langsung membahas poin yang terdapat di konten tersebut. Anda juga bisa menggunakan jasa artikel SEO untuk memudahkan Anda dalam pembuatannya.