Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 77

Keywords adalah : Mendapatkan Keywords Terbaik untuk Konten Blog atau Website

0
keyword adalah

Berbicara tentang SEO untuk meningkatkan peringkat web di mesin pencari, keywords adalah pemegang peranan yang penting untuk menentukan keberhasilan sebuah situs.

Ahli SEO yang saya kenal pernah mengatakan, bahwa untuk membuat sebuah website yang baik dengan peringkat yang baik juga, terlebih dahulu kita harus menentukan keyword yang tepat untuk itu.

Meski saat ini usaha untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari masih dilakukan dengan mendapatkan backlink dengan cara apapun dan pengawasan yang tidak begitu ketat, sehingga mudah dilakukan.

Namun kini seiring dengan semakin majunya teknologi internet, mekanisme Google untuk menaikkan peringkat situs pun semakin rumit yaitu dengan mengharuskan pengelola situs untuk memiliki konten yang berkualitas yang dibuat berdasarkan keywords yang relevan. Lalu, apa itu keywords?

Baca juga : Keyword adalah : Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO

Keywords Adalah

keywords

Pengertian keywords yaitu kata yang paling menggambarkan konten pada blog atau postingan Anda. Keywords adalah kata pencarian yang ingin Anda peringkatkan melalui halaman tertentu.

Misalkan Anda memiliki situs web tentang piano yang Anda gunakan untuk menjual segala macam dan jenis piano. Anda memiliki blog tentang apa yang harus dilihat ketika membeli piano dan Anda berbagi ulasan tentang piano yang Anda tawarkan di toko online Anda.

Anda menjual piano digital oleh karena itu Anda juga telah membuat halaman kategori produk tentang piano digital. Lalu tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan ini:

  • Jenis pencarian seperti apa yang Anda inginkan?
  • Kata-kata apa yang menurut Anda akan digunakan orang di mesin pencari untuk menemukan produk Anda?

“Piano digital”, adalah keywords Anda. Karena kata kunci ini mencerminkan yang terbaik pada halaman yang Anda miliki. Dengan kata ini Anda akan bisa menjelaskan bagaimana gambaran produk yang Anda miliki.

Keywords akan digunakan sepanjang waktu kita mengelola blog atau situs web, namun ini tidak berarti keywords hanya terdiri dari satu kata. Sering kali itu terdiri dari beberapa kata. Jadi keywords adalah tentang kata kunci yang bukan hanya satu kata.

Keywords menjelaskan isi dari halaman yang Anda buat, semakin banyak kata kunci dihalaman Anda maka semakin mudah pula menemukan halaman tersebut. Google tidak akan memiliki petunjuk kata mana yang penting dan mana yang tidak.

Oleh karena itu keywords adalah kata yang kita gunakan sebagai petunjuk untuk Google menemukan halaman yang kita kelola, dan memberitahu mesin pencari lainnya tentang apa halaman atau postingan yang Anda buat.

Jadi, jika Anda ingin membuat Google mengerti tentang halaman Anda, Anda harus sering menggunakan keywords tersebut.

Tetapi bagi Google bukan satu-satunya alasan mengapa keywords adalah sesuatu yang penting. Karena Anda juga harus fokus dengan isi artikel yang ingin Anda sajikan.

Dengan SEO, orang-orang akan membaca di situs web Anda saat menggunakan istilah pencarian atau keywords tertentu. Anda harus menggunakan kata-kata yang mereka gunakan saat mereka mencari.

Jika riset keywords Anda menggunakan kata yang salah, maka Anda tidak akan pernah mendapatkan pengunjung yang Anda inginkan, karena teks Anda tidak cocok dengan apa yang dicari oleh audiens potensial Anda.

Tetapi jika Anda menggunakan kata-kata yang dicari orang, maka blog yang Anda buat dapat berkembang.

Jadi jika Anda melihatnya seperti itu, keywords adalah hal yang harus mencerminkan tentang apa yang dicari audiens Anda. Dengan keywords yang salah, Anda akan berakhir dengan audiens yang salah.

Bagaimana Menggunakan Keywords Didalam Page dan Post

kata-kunci

Ada waktu di mana kita dapat menambahkan banyak keywords ke blog dan postingan, dan peringkat di mesin pencari. Perlu diperhatikan dalam sebuah teks dengan banyak kata yang sama di dalamnya bukanlah bacaan yang menyenangkan.

Hal ini menyebabkan pengguna menemukan bacaan yang membosankan untuk dibaca. Itu sebabnya keywords bisa memberi peringkat di Google tentunya dengan membuat konten yang menarik untuk pengguna.

Jadi apa aturan praktisntya? Pertama, sangat penting bahwa konten Anda mudah dibaca. Tentu saja, Anda harus menggunakan keywords dalam teks Anda, tetapi jangan masukkan kata kunci Anda di hampir setiap kalimat.

Secara umum, pastikan semuanya didistribusikan dengan baik di seluruh teks Anda. Jangan masukkan semua kata kunci Anda pada paragraf pertama dengan berpikir Anda sudah selesai dengan bagian optimasi itu.

Sebarkan secara alami ke seluruh halaman atau postingan Anda. Gunakan keywords Anda dalam judul atau beberapa subjudul, tergantung pada panjang halaman atau blog  Anda dan gunakan dalam judul halaman Anda, paragraf pertama, dan deskripsi  Anda. Anda dapat menemukan semua rekomendasi ini dalam analisis SEO Yoast.

Kini Anda telah memahami apa itu keywords. Kami harap ini akan dapat membantu Anda dalam menentukan keywords dalam menerapkan langkah-langkah SEO di dalam situs Anda.

Bagaimana Menargetkan Keywords Melalui Postingan Blog

Sekarang setiap pemasar web tahu bahwa setiap halaman situs web harus menargetkan keywords yang dipilih dan diteliti dengan baik, apakah mereka menindak lanjuti strategi ini atau tidak.

Faktanya banyak orang melewatkan langkah penelitian kata kunci sepenuhnya ketika blogging. Keywords adalah peluang, karena posting blog yang dioptimalkan kata kunci dapat membantu Anda sekarang dan nanti:

  • Posting blog memungkinkan Anda menargetkan topik hangat dan sedang tren yang tidak layak untuk dicurahkan untuk konten situs permanen. Anda dapat menangkap lalu lintas pencarian saat frasa kata kunci itu populer, dan membiarkan posting tersebut terkubur dalam arsip blog Anda setelah tren selesai.
  • Posting blog, terutama artikel bagaimana cara, membuat konten hijau yang hebat yang tidak hanya peringkat cepat tetapi dapat terus peringkat yang baik dan menarik lalu lintas selama berbulan-bulan dan tahun-tahun mendatang.

Jika Anda memiliki blog makanan, lakukan sedikit riset keywords sebelum memberi judul dan menerbitkan posting Anda.

Orang-orang mencari resep online setiap saat. Sebagai contoh, beberapa hari yang lalu saya mencari resep saus tomat khusus yang dibuat dengan mentega dan bawang.

Googling “saus tomat dengan bawang mentega” mengembalikan sejumlah hasil dengan kata kunci tersebut dalam judul.

3 Langkah mudah untuk riset keywords untuk konten blog

Step 1: Mengidentifikasikan Peluang Sebuah Keywords

Sebelum Anda dapat menargetkan apa pun, Anda perlu menentukan keywords apa yang mungkin mendatangkan traffic yang relevan. Jenis penelitian yang Anda lakukan akan tergantung pada tujuan Anda untuk posting tersebut.

Jika Anda mengejar topik yang tepat waktu – gunakan google trends atau google suggest untuk menemukan keywords. Alat kata kunci tradisional juga dapat digunakan di sini. Alat kata kunci gratis kami, misalnya “plug” menarik data baru sehingga Anda dapat meneliti peristiwa terkini lebih cepat.

Jika Anda mengejar lalu lintas berulang, kami telah mengatakan sebelumnya, cara terbaik untuk menemukan keywords yang relevan dengan audiens Anda dalam jangka panjang adalah dengan berkonsultasi dengan data analitik Anda sendiri.

Secara khusus, cari keywords dan yang lebih penting, grup kata kunci terkait yang mengarahkan lalu lintas atau konversi, tetapi Anda belum memiliki halaman khusus. Misalnya, jika orang menemukan blog makanan Anda dengan kata kunci “guacamole” tetapi Anda tidak memiliki posting yang didedikasikan untuk akhiran bahagia ini untuk alpukat.

Sebuah posting dengan keywords dalam tag judul tidak hanya akan peringkat lebih tinggi untuk pencarian tersebut, itu akan lebih jelas relevan, meningkatkan klik-tayang.

Step 2: Persempit Topik

Sebagai topik, “guacamole” agak luas. Anda sangat tidak mungkin untuk peringkat di halaman pertama untuk kata kunci itu. Anda harus memilih topik yang lebih sempit yang lebih menarik bagi banyak pembaca.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak pengelompokan keywords, seperti WordStream untuk SEO (plug shameless), Anda dapat dengan cepat menemukan variasi yang spesifik dan relevan. Kalau tidak, gunakan alat kata kunci dan penilaian terbaik Anda untuk menentukan keywords yang sesuai.

Jika Anda memiliki kamera flip yang Anda inginkan, Anda mungkin memutuskan bahwa “video cara membuat guacamole” adalah pilihan yang baik.

Ini jauh lebih spesifik, dan Anda bisa membuatnya lebih spesifik jika Anda memilih “video cara membuat guacamole dari awal, “video cara membuat guacamole segar terbaik”.

Step 3: Tulis dan Optimasi Postingan Anda

Saya selalu merasa memilih keywords adalah bagian yang sulit dari blogging, begitu Anda tahu apa yang ingin Anda tulis, penulisan yang sebenarnya akan menjadi mudah! saya sadar tidak semua orang merasakan hal ini.

Berikut beberapa tips yang perlu diingat saat menulis posting bertarget keywords adalah:

  • Seperti disebutkan di atas, jangan lupa untuk menggunakan keywords Anda di tag judul. Itu sinyal kunci untuk mesin pencari.
  • Bahkan jika Anda melakukan posting video, Anda akan menginginkan beberapa teks pada halaman, dalam hal ini. Gunakan keywords Anda dengan variasi yang relevan pada kata kunci Anda, dalam teks.
  • Gunakan keywords dalam tag meta yang sesuai, seperti deskripsi meta dan nama file serta teks alternatif gambar Anda. Juga gunakan dalam judul dan deskripsi video Anda.
  • Gunakan tautan internal untuk keuntungan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki halaman indeks video dan resep dip lainnya, tambahkan tautan ke video dari keduanya, dengan teks jangkar yang dioptimalkan.
  • Jangan lupa untuk mempromosikan posting Anda di twitter, facebook, dll. Ini juga mendorong tautan eksternal.

Nah, itu tidak terlalu sulit tentang pengertian keywords? sebenarnya, menargetkan keywords dengan posting blog lebih mudah daripada melakukannya dengan halaman web, karena Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana mereka masuk ke dalam arsitektur situs Anda.

Selain itu, promosi seringkali lebih alami dan penelitian keywords adalah cara yang baik untuk membuat topik tentang blog.

 

Belajar Berbisnis Melalui 10 Kisah Inspiratif dari Pengusaha Muda Sukses Ini!

0
010

Pernahkah terlintas dipikiran Anda, sampai kapan Anda harus menjadi seorang karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja? Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah memikirkan hal ini dan sebagian lagi belum pernah terpikirkan sama sekali.

Menjadi karyawan bagi beberapa orang merupakan keputusan yang paling baik. Gaji sudah pasti akan diterima setiap bulan dan selalu memiliki potensi untuk naik gaji setiap tahunnya mengikuti UMK (Upah Minimum Kabupaten).

Adanya jumlah gaji yang jelas, yang akan Anda terima setiap bulannya. Tentu menciptakan rasa aman bagi seorang karyawan. Bisa menentukan penggunaan porsi pemakaian gaji saat ini, maka Anda bisa merencanakan masa depan keuangan Anda kedepannya. Seperti mengkredit rumah atau mengambil cicilan.

Tidak Semua Orang Suka Menjadi Karyawan

Tapi tidak semua orang suka bekerja pada orang lain sebagai karyawan. Ada juga orang yang ingin mewujudkan hasil dari pemikirannya menjadi sebuah bisnis baru yang juga akan membantu kehidupan sosial di sekitarnya.

Kegiatan yang dilakukan bisa berupa mencoba inovasi ataupun mengembangkan ide-ide bisnis di berbagai bidang dengan memanfaatkan peluang sesuai dengan situasi yang ada. Tidak bekerja di bawah orang lain dan berusaha membuat bisnis sendiri bisa disebut sebagai seorang pengusaha.

Memiliki status sebagai seorang pengusaha memang tak kalah prestis dibandingkan dengan menjadi seorang karyawan dengan level tinggi di perusahaan. Tak jarang para pengusaha dapat meraup pundi-pundi keuntungan yang berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan seorang karyawan berlevel tinggi.

Hal ini tentu saja karena ia mengelola usahanya sendiri, sehingga dapat mengatur berbagai hal sesuai dengan apa yang ia pikirkan dan bisa mengaplikasikan ide baru yang lebih segar dibandingkan ikut dengan suatu perusahaan. Membuka usaha sendiri, juga artinya ikut membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar Anda.

Indonesia saat ini sudah semakin melek teknologi dan juga berpikir lebih terbuka lagi mengenai potensi untuk menjadi seorang pengusaha muda. Waktu adalah teman terbaik yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha. Perlu waktu bagi mereka yang baru terjun di bidang-bidang tertentu untuk membangun brand dan kepercayaan masyarakat terhadap produk mereka. Berkembangnya teknologi dengan memanfaatkan internet juga membantu para pengusaha untuk memperluas lingkup pasar yang bisa diraihnya.

Kisah Inspiratif Pengusaha Muda

Berawal dari membaca kisah inspiratif seseorang bisa juga menjadi motivasi untuk membuka usaha. Indonesia kini sudah memiliki panutan yang cemerlang bagi orang-orang yang ingin menjadi pengusaha sukses di Indonesia.

Dari kisah-kisah inspiratif mereka, pastinya ada nilai-nilai positif yang dapat dijadikan pegangan untuk terus mengejar cita-cita menjadi pengusaha muda yang sukses. Berikut ini merupakan 10 kisah inspiratif dari pengusaha muda sukses yang tentunya bisa Anda ambil nilai-nilai positifnya.

Nadiem Makarim

pengusaha-muda-2 (1)

Siapa sih yang saat ini tidak mengenal istilah ojek online? Salah satu perusahaan yang terkenal adalah Gojek. Gojek merupakan perusahaan di Indonesia satu-satunya yang menyandang gelar Decacorn. Jelas, hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia.

Kesuksesan yang sudah terkenal sampai-sampai membuatnya terpilih menjadi Menteri Pendidikan periode 2019-2024. Nadiem sendiri menempuh pendidikannya di luar negeri dan akhirnya kembali ke Indonesia untuk kembali berkarir. Saat berada di Indonesia, Nadiem merasakan bagaimana rasanya kemacetan parah di Jakarta. Dari situlah ide ojek online berasal. Nadiem benar-benar memanfaatkan situasi untuk meraih market bagi produknya.

Adamas Belva Syah Devara

Belva adalah salah satu kebanggaan putra bangsa Indonesia. Belva juga sama, menghabiskan banyak waktunya untuk pendidikan di beberapa universitas bergengsi di luar negeri.

Saat kembali bekerja di Indonesia, Ia terlibat dalam studi internasional soal transformasi sistem pendidikan. Pada tahun 2014, Ia mendirikan Ruangguru yang merupakan startup teknologi di bidang pendidikan berdasarkan dari pengalaman yang ia miliki.

Ruangguru adalah platform dimana siswa bisa belajar online soal materi-materi sekolah mereka dan latihan untuk ujian ataupun ulangan. Jadi anak-anak tidak perlu jauh-jauh mencari guru yang dapat mengajari mereka semua pelajaran, bahkan orang yang berada di pelosok desa pun bisa mengaksesnya asalkan mempunyai kuota dan juga gadget. Harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah karena belajar di rumah masing-masing.

William Tanuwijaya

pengusaha-muda-3

Dulunya adalah seorang anak dengan latar belakang sederhana, bahkan pernah menjadi seorang penjaga warnet. Dari situlah ketertarikannya dibidang internet berasal. Seusai lulus kuliah, Ia bekerja pada perusahaan pengembangan software.

Sampai akhirnya mempunyai keinginan untuk membangun bisnis sendiri. Akhirnya Ia menciptakan konsep mall online dengan nama Tokopedia. Pada 2009 akhirnya Ia berhasil merilis Tokopedia sebagai startup jual beli online yang menghubungkan antara penjual dan pembeli di seluruh Indonesia dengan biaya gratis. Bahkan sekarang Tokopedia sudah masuk ke jajaran startup unicorn asal Indonesia.

Achmad Zaky

Sama seperti Tokopedia, Zaky juga menciptakan platform e-commerce untuk membantu para UMKM kecil untuk memperluas market mereka lewat internet. Zaky yang awalnya memang sedari dulu berbakat di bidang IT, akhirnya berfikir untuk terjun di bidang entrepreneurship.

Berbekal keahliannya akhirnya ia menciptakan marketplace untuk menghubungkan UKM kecil kepada pembeli yang lebih banyak lagi. Sehingga dapat membantu menaikkan taraf kehidupan para pelaku UKM

Andrew Darwis

Andrew merupakan pendiri dari komunitas online terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus. Bermula dari tugas kuliahnya untuk membuat situs web pribadi berisi pengalaman hidupnya.

Jadilah ia membuat web komunitas. Awalnya, Kaskus hanya sebuah tempat untuk berbagi kerinduan tentang Indonesia untuk kalangan mahasiswa yang berkuliah di Seattle dan Amerika Serikat. Mulanya, portal tersebut hanya berisikan berita atau informasi mengenai Indonesia.

Saat ini membernya sudah beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, profesional dan entrepreneur. Pembahasan di komunitas itu pun menjadi lebih besar seiring adanya berbagai macam member yang tergabung. Forum Jual Beli (FJB) dan Lounge saat ini menjadi bagian favorit yang dikunjungi para kaskuser.

Ferry Unardi

pengusaha-muda-4

Satu lagi startup unicorn dari Indonesia. Ferry sebagai founder Traveloka, mendapatkan ide mencoba bisnis ini pada saat Ia sedang liburan ke China. Ia merasa kesulitan untuk membeli tiket untuk dirinya sendiri.

Dari sanalah ia berpikir untuk membuat bisnis di bidang pemesanan tiket pesawat online. Awalnya situs ini hanya merupakan situs pembanding harga saja. Namun karena banyaknya permintaan agar bisa langsung memesan tiket pada situs itu, Ferry terus mengembangkan startup-nya.

Sampai akhirnya menyediakan banyak layanan seperti bundle hotel dan pesawat, tiket masuk ke tempat wisata dan banyak lagi.

Hal ini dilakukan untuk membuat daya tarik Traveloka lebih naik lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk persiapan liburan Anda, hanya dalam satu situs ini.

Diajeng Lestari

Diajeng merupakan istri dari Achmad Zaky. Awalnya ia berprofesi sebagai pegawai kantoran. Diajeng kerap kali kesulitan menemukan hijab untuk digunakan pada kesehariannya. Mendapat dukungan penuh dari suami, maka Diajeng memutuskan untuk membuat situs Hijup.

Situs ini mengkhususkan diri pada penjualan busana muslim, khususnya bagi kaum hawa. Dikutip dari Wikipedia, Hijup adalah islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang berdiri pada tahun 2011.

Situs ini merupakan perantara dari designer dengan para calon pembeli nya. Mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, maka bisnis ini cukup menjanjikan.

Amanda Cole

Melihat trend berbelanja online yang sedang naik daun membuat Amanda berfikir untuk ikut terjun juga dalam kegiatan tersebut. Ia akhirnya menciptakan Sayurbox, dengan tujuan ingin membantu petani lokal dengan memotong rantai panjang pendistribusian produk. Jadinya, hasil dari petani lokal bisa langsung tersalurkan kepada konsumen dengan harga yang lebih baik jika dibandingkan dengan tengkulak.

Haryanto Tanjo

Haryanto membuat aplikasi yang bernama Mobile Kasir atau yang lebih dikenal sebagai Moka. Ia mendapatkan ide ini ketika melihat tiap tahunnya semakin banyak bermunculan UMKM. Namun, selalu bermasalah pada pengelolaan kasirnya.

Moka memiliki fitur untuk membuat kategori barang, harga, stok, keterangan tambahan dan membuat laporan bisnis dengan cepat dan secara real time dimanapun dan kapanpun. Bahkan bukti pembayarannya tidak harus dicetak tapi bisa diakses secara online.

Jonathan Sudharta

Berawal dari latar belakang keluarga yang selalu memperhatikan kesehatan, Jonathan pun akhirnya membuat aplikasi Halodoc. Mengingat jumlah dokter masih tersentralisasi di Pulau Jawa, maka akses mengenai kesehatan di daerah pelosok-pelosok masih cukup lama.

Aplikasi ini juga diciptakan untuk meminimalisir waktu tunggu jika Anda pergi ke dokter. Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mitra-mitra dokter yang ada di aplikasi. Ada juga fitur antar obat ke rumah. Jadi saat-saat tidak ada orang yang mengantar untuk membeli obat, Anda bisa mengandalkan aplikasi ini.

Nah, jika kita perhatikan dari kisah-kisah mereka. Semuanya memanfaatkan kemajuan teknologi secara online dengan memanfaatkan situasi dengan kondisi lingkungan di sekitar mereka.

Anda bisa belajar cara menjadi pengusaha muda dengan belajar berbisnis online. Kedepannya teknologi akan semakin lebih maju lagi. Hal yang mulanya secara konvensional, sekarang secara perlahan berubah menjadi digital. Perhatikanlah celah-celah disekitar Anda yang dapat diubah sebagai peluang bisnis. Tentunya dengan bantuan teknologi digital.

Internet of Things (IoT) Adalah? Semua yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga!

0
INTERNET ADALAH

Sekarang, di tahun 2020, kita tengah memasuki era dimana benda-benda di sekeliling kita memiliki akses ke internet, sehingga membuat setiap benda saling “komunikasi”, terhubung, dan terintegrasi antara satu dengan yang lainnya secara selaras.

Hal ini memang sulit untuk dimengerti. Tetapi kenyataannya, sekarang ini kita telah memasuki era teknologi IoT aka Internet of Things.

Kecanggihan teknologi IoT, mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Jika dulu teknologi IoT hanya sebatas teknologi imajinasi atau khayalan belaka yang hanya ada di film-film Sci-Fi. Sekarang, kecanggihan teknologi Internet of Things sudah menjadi kenyataan dan diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai peralatan yang ada di sekeliling kita, seperti mobil, jam tangan, lampu, kulkas, lemari, TV, galon aqua, dan banyak peralatan lainnya, kini telah menjadi “pintar”. Karena, telah ditanam teknologi IoT di dalamnya. Dengan teknologi IoT, peralatan atau benda tersebut dapat memiliki sensor dan akses internet, sehingga benda-benda menjadi “smart”.

Oke, setelah mengulas sedikit mengenai Internet of Things. Sekarang, kita akan membahas apa itu Internet of Things. Apakah pernah mendengar istilah Internet of Things (IoT)?

Sebenarnya, prototipe Internet of Things sudah ada sejak tahun 1990-an, saat John Romkey melakukan eksperimen dengan membuat pemanggang roti yang bisa dinyalakan atau dimatikan secara otomatis lewat internet. Kemudian, menginjak tahun 1999, Kevin Aston memperkenalkan konsep Internet of Things dalam presentasinya.

Setelah itu, perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Microsoft, Intel, Oracle tertarik untuk lebih mendalami Internet of Things. Pada tahun yang sama (1999), ditemukan juga mesin yang sistemnya berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Dari penemuan RFID ini, barulah Internet of Things mulai populer.

Teknologi IoT juga sudah lama dibahas di film-film Sci-fi produksi Hollywood. Salah satu film Sci-fi yang membahas teknologi IoT adalah film Back The Future II karya Steven Spielberg (1989).

Film yang mengkisahkan pertemanan seorang ilmuwan nyentrik yang bernama Emmet “Doc” Brown dengan seorang remaja yang bernama Marty McFly.

Tokoh Emmet dan Marty di dalam film itu, diceritakan hidup di tahun 1985, pernah melakukan perjalanan lintas-waktu kembali ke masa lalu di tahun 1885 dan 1955 dengan mobil sebagai mesin waktunya.

Sementara, Emmet yang melakukan perjalanan ke masa depan, melihat teknologi IoT di masa depan (masa depan di film ini sampai tahun 2015). Kemudian, dia menceritakan pengalamannya itu ke Marty melalui surat yang dikirim lewat email.

Berikut surat dari Prof. Emmet ke Marty yang ada di dalam film Back to the Future II yang membahas IoT di dalam ceritanya, yang sudah saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Dari: Doc Emmet Brown

Kepada: Marty Mcfly

Dear Marty,

Jika perhitungan saya benar. terakhir kali kita bertemu adalah tahun 1985. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1995, Kau mengikuti jejak ayahmu menjadi penulis fiksi ilmiah.

Marty, aku menulis ini untuk mengingatkanmu tentang gangguan besar di masa depan teknologi. Teknologi ini akan membuat di mana mobil bisa terbang, Nike yang bisa bergerak sendiri, dan hoverboard.

Teknologi yang kau gunakan untuk pertama kali pada tahun 1995, internet, ya Marty, itu akan mengubah masa depan umat manusia dengan cara yang tidak dapat Kau bayangkan! Marty, saat ini Kau menggunakan ponsel dan modem untuk mengakses internet. Di masa depan, dua puluh tahun dari sekarang, kita akan berada di awal era di mana setiap perangkat di sekitar mu akan mengakses internet.

Perangkat ini akan saling berbicara! Kau tidak akan mengerti, tetapi ini adalah awal dari IOT alias Internet of Things. Mobilmu, ponselmu, AC, dan setiap perangkat akan memiliki kapasitas untuk berbicara dengan perangkat “pintar” di sekitarnya.

Marty, saya mengambil risiko email otomatis ini karena saya tahu bahwa ketika ini sampai padamu, Kau akan dapat menghindari kesalahan yang dibuat oleh penulis fiksi ilmiah lain ketika menulis tentang masa depan. Saya telah membuat daftar beberapa film fiksi ilmiah terkenal. Beberapa judulnya mungkin sudah kau ketahui atau mungkin saja belum.

Saya telah meluangkan waktu untuk memberi Anda sinopsis masing-masingnya dan bagaimana teknologi IoT akan memengaruhi semuanya!

Nah, itulah email yang dikirim Emmet “doc” Brown ke Marty McFly yang di dalamnya, ada bagian yang menceritakan tentang teknologi canggih Internet of Things.

Untuk lebih mendalami mengenai Internet of Things, silahkan simak pengertian untuk Internet of Things berikut ini.

Pengertian Internet of Things adalah

Internet-of-Things

Jika diartikan secara kasar atau harfiah, Internet of Things adalah benda internet.

Internet of Things aka IoT adalah benda-benda yang dilengkapi dengan sensor yang terkoneksi ke jaringan internet melalui smartphone atau komputer yang dapat membuat setiap benda-benda itu menjadi “pintar” dan mesin-mesin juga dapat saling berinteraksi antara satu sama lain.

Sekarang, dengan munculnya Internet of Things (atau IoT), koneksi internet berkembang bukan hanya di gawai smartphone, tablet, dan komputer. Tetapi, benda-benda yang biasa digunakan seperti TV, kulkas, jam tangan, AC, lemari, pemanggang roti, lampu, mobil, CCTV, GPS, dan banyak yang lainnya dapat dikoneksikan juga ke internet, sehingga kita dapat mengatur, mengawasi, melacak atau mengambil informasi dari benda-benda tersebut kapan saja dan dimana saja.

Benda-benda dengan teknologi IoT saking canggihnya, seperti satu benda “berbicara” atau berinteraksi ke benda lainnya secara otomatis. Tetapi, kecanggihan ini hanyalah awal dari pertumbuhan IoT. Karena, banyak yang memprediksikan teknologi IoT akan terus berkembang lebih maju lagi untuk kedepannya.

Pada dasarnya, IoT terdiri dari teknologi sensor, smartphone yang terkoneksi internet, dan perangkat/benda. Dengan menggabungkan antara perangkat-perangkat itu; teknologi sensor, smartphone, dan benda yang tertanam teknologi sensor, lalu secara bersamaan dikoneksikan dengan internet melalui smartphone.

Maka, secara otomatis akan membuat perangkat-perangkat berinteraksi secara selaras dan memiliki akselerasi kemampuan yang jauh lebih canggih dan pintar.

Sementara itu, menurut versi lain, pengertian Internet of Things adalah mengacu pada benda yang dapat diidentifikasi secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur yang berbasis internet.

Fungsi IoT

fungsi-LOT

Fungsi yang mendasar dari IoT, yaitu memonitoring aktivitas, mengumpulkan informasi, mengontrol sesuatu dari jarak jauh, tracking/melacak suatu lokasi, dan menganalisa data yang terekam.

Dari kelima fungsi teknologi IoT itu, maka IoT jelas sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam berbagai bidang. Mulai dari smart home, pendidikan, lingkungan, transportasi, kesehatan, pertanian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Kerja IoT

Cara kerja IoT terdiri dari beberapa proses.

Pertama

Sensor atau perangkat mengumpulkan data dari lingkungannya, seperti mengukur suhu atau merekam video. Mengapa disebut Sensor/perangkat? Karena, terkadang beberapa sensor sudah ada dalam perangkat atau bagian dari perangkat. Misalnya perangkat itu berupa smartphone. Umumnya, smartphone telah memiliki banyak fitur sensor di dalamnya seperti kamera, GPS, pengukur suhu, DLL.

Kedua

Data-data yang telah dikumpulkan itu dikirim ke cloud melalui smartphone, satelit, Wi-Fi, Bluetooth, ataupun Ethernet. Setiap opsi, pastinya memiliki konekvitas yang berbeda-beda. Hal itu tergantung konsumsi daya, rentang, dan bandwidth.

Ketiga

Setelah data sampai ke Cloud, data diproses oleh software. Contohnya, seperti memeriksa kisaran suhu AC dari data yang diterima. Jika, suhu terlalu tinggi, AC akan menginformasikan ke user, supaya mengatur ulang suhu AC.

Keempat

Informasi yang dibagikan oleh AC ke user dengan menggunakan beberapa cara, seperti melalui pesan teks ke WA, notification, email, dll. Setelah itu, user dapat melihat informasi dan memeriksa sistem melalui aplikasi. Kemudian, mengatur suhu AC dari jarak jauh lewat aplikasi Smartphone.

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

sejarah-internet

IoT adalah penerapan koneksi internet yang dikembangkan di luar ponsel, tablet, dan komputer. Lalu, apa internet itu? Bagaimana sejarahnya di masa silam? Yuk, kita simak informasinya berikut ini.

Internet biasa disingkat dengan “Net” adalah sistem jaringan komputer di seluruh dunia dimana pengguna komputer memperoleh izin untuk mengakses informasi dari komputer lain. Terkadang, sistem jaringan komputer ini dapat digunakan juga para penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain di komputer lain.

Secara teknis, internet adalah jaringan yang menggunakan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/ IP).

Sementara itu, awal mula internet masih simpang siur hingga sekarang. Belum ada tanggal yang pasti kapan internet pertama kali ditemukan. Namun, kira-kira internet muncul pada awal tahun 1960-an, setelah J.C.R MIT Licklider memperkenalkan jaringan intergalaksi. Tidak berapa lama kemudian, para ilmuwan komputer di AS mengembangkan Packet Switching.

Konsep Pakcket Switching ini adalah sarana/alat untuk mengirim pesan dari satu titik ke titik akses yang lain, dari komputer satu ke komputer yang lain di dalam jaringan. Konsep Packet Switching ini diadopsi dari konsep milik Donald Davies, yaitu seorang Inggris yang mengembangkan sendiri konsep Packet Switching secara indipenden tanpa mendapat dukungan dana dari manapun.

Kemudian, konsepnya diadopsi dan dikembangkan lagi ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di Pentagon pada tahun 1969.

29 Oktober 1969, ARPANET melakukan percobaan pertamanya dengan mengirimkan sebuah pesan LOGIN dari satu komputer ke komputer lain. Dari titik akses komputer pertama yang berada di UCLA ke titik akses kedua di Stanford. Tetapi, percobaan itu gagal. Komputer penerima yang di Standford hanya menerima 2 huruf pertama dari pesan yang dikirimkan itu.

Meskipun, ARPANET gagal dalam percobaannya. Tetapi dalam proses berikutnya ARPANET berhasil melakukan percobaan Packet Switching. Bahkan, ARPANET menemukan penemuan baru, yaitu email.

Memasuki tahun 1970-an, Robert E. Kahn dan Vinton Cerf berhasil mengembangkan TCP/IP yang menjadi dasar utama bagi internet modern saat ini. TCP/IP dikembangkan untuk memecahkan masalah pada transmisi data Packet Switching yang sebelumnya pernah dilakukan oleh ARPANET.

Model TCP/IP bukan hanya membantu proses transmisi data secara node to node. Tetapi, data dapat ditransmisikan dari satu komputer ke beberapa jaringan komputer lain.

Setelah berhasil menemukan sistem TCP/IP, Vinton Cerf dan Robert E. Khan ikut bergabung dengan ARPANET di tahun 1970. Lalu, untuk pertama kalinya ARPANET mendemonstrasikan sistem penemuannya secara terbuka ke publik di Konferensi Komunikasi Komputer Internasional di Washington DC pada 1972.

Maka setelah itu, banyak ilmuwan dan peneliti dari berbagai universitas yang ada di Amerika Serikat tertarik untuk turut andil dengan proyek komputer antar jaringan yang dikembangkan ARPANET, terutama mereka yang ingin mengembangkan sistem TCP/IP.

Pada tahun 1983, ARPANET mulai mengadopsi sepenuhnya sistem TCP/IP. Hal ini sebagai cikal bakal internet modern seperti sekarang ini. Setelah banyak ilmuwan dan peneliti yang turut bergabung dalam proyek ARPANET. Maka, ARPANET dibagi menjadi dua bagian, yaitu ARPANET dan MILNET. ARPANET untuk kepentingan sipil dan MILNET untuk kepentingan militer.

Namun, kedua bagian ini tetap bisa saling berinteraksi satu sama lain melalui jaringan DARPANET. Kemudian, DARPANET disederhanakan lagi menjadi internet.

Setelah ARPANET mengadopsi TCP/IP, ternyata dapat mempercepat perkembangan teknologi internetworking. Teknologi internet menyebar dengan cepat tak terbendung. Terutama masuk ke lingkungan universitas-universitas di seluruh AS.

Pada tahun 1985, NSFNET diluncurkan oleh para ilmuwan dan peneliti sebagai media komunikasi ilmiah seluruh departemen ilmu komputer pada universitas-universitas yang ada di AS. Perlahan tapi pasti, NSFNET menjadi pusat pengembangan internet di AS menggeser ARPANET. Pada akhirnya, ARPANET dihapuskan pada tahun 1990.

Memasuki periode 1990-an, pengembangan internet semakin gencar. Hal ini terlihat dari munculnya HTTP yang ditemukan oleh Tim Benner Lee dari CERN. Http diciptakan untuk standarisasi setiap ragam komputer agar bisa mengakses situs internet yang sama. Tidak lama kemudian, di tahun 1993 di NCSA (National Center for Supercomputing Application) ditemukan web browser pertama, yaitu Mosaic.

Web browser Mosaic ini merupakan produk unggulan dari NSFNET. Web browser Mosaic dapat menampilkan gambar sesuai dengan teks yang diketik. Selain itu, Mosaic memberikan user interface yang baik seperti yang kita gunakan sekarang ini. Seperti menyediakan bilah alamat URL Browser dan opsi untuk back, forward, atau reloaxd untuk masuk ke halaman web.

Seiring berjalannya waktu, NSFNET mengubah kebijakannya dalam hal penggunaan teknologi internet, di mana kebijakan itu supaya internet dapat menguntungkan dari sisi komersil dan lebih terbuka untuk publik, tidak hanya digunakan untuk keperluan riset kampus atau militer. Semenjak saat itu, banyak bermunculan perusahaan penyedia layanan internet, sehingga internet menjadi komersil dan hingga sekarang internet adalah teknologi yang sudah digunakan oleh 2,3 miliar orang di seluruh dunia.

Kesimpulan

Pada mulanya, koneksi internet adalah koneksi yang hanya berkembang pada perangkat komputer, ponsel, dan laptop. Adanya IoT, membuat koneksi internet dapat diterapkan pada berbagai perangkat yang ada di sekitar kita, seperti kulkas, AC, lampu, lemari, galon air mineral, oven, kompor, penyiram rumput, jam tangan, cctv, pengukur suhu, dan mobil berubah menjadi perangkat-perangkat yang ‘pintar”

Penggunaan IoT di dalam kehidupan sehari-hari sangat membantu. Karena, dengan teknologinya semua hal terasa lebih praktis dan cepat. Dipercaya oleh banyak orang, IoT masih dalam tahap pertumbuhan dan IoT akan terus dikembangkan secara lebih serius lagi, karena memiliki potensi yang besar.

Teknologi perangkat pintar yang dikembangkan IoT, bukan suatu teknologi yang sederhana yang dirancang hanya untuk kepentingan mengurusi rumah tangga saja. Tetapi, teknologi yang dapat membantu berbagai bidang kehidupan manusia, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, transportasi, pertanian, dan industri.

Teknologi IoT berangkat dari bawah, bukan dari sebuah proyek besar yang menarik perhatian banyak orang. IoT berawal dari percobaan iseng-iseng John Romkey yang berhasil membuat pemanggang rotinya bisa on/off secara otomatis lewat koneksi internet. Berbeda dengan IoT, internet berawal dari proyek besar ARPANET yang dibentuk kalangan elite militer AS.

Proyek ARPANET ini bertujuan membuat sistem jaringan komputer untuk mengamankan data-data penting, jika terjadi serangan nuklir ke AS. Cara mengamankannya itu dengan mengirimkan data dari satu komputer ke komputer-komputer lainnya.

Walaupun, IoT bukanlah teknologi yang berawal dari kalangan elite. Tetapi, IoT memiliki potensi yang lebih besar daripada internet. Bahkan, jika IoT terus-menerus diinovasi dan diperkenalkan kepada masyarakat, maka IoT akan menjadi the Next Big Things di abad 21 ini.

Cara Mengecek Backlink Pesaing & Cara Kreatif untuk Mendapatkan Backlink di Web

0
025

Apa itu backlink? Mengapa kita perlu tahu cara mengecek backlink? Backlink adalah tautan balik, juga dikenal sebagai tautan eksternal dan tautan masuk, adalah tautan pada situs web yang mengarah ke situs web Anda.

Banyaknya backlink yang terarah ke situs web, akan menentukan peringkat SEO situs Anda di mesin pencari. Dan pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana cara mengecek backlink tersebut di dalam sebuah website. Namun sebelum itu mari kita pahami:
Baca juga : Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website

Mengapa Kita Perlu Tahu Cara Mengecek Backlink?

backlink

Ketika pengunjung situs web mengklik backlink Anda, mereka akan dikirim ke situs web Anda. Ini dikenal sebagai lalu lintas rujukan.

Lebih penting lagi, backlink adalah faktor kunci dalam SEO (optimasi mesin pencari) yang membantu konten Anda muncul di bagian atas hasil pencarian online.

Ketika sebuah situs web menambahkan backlink ke situs web Anda, ini memberitahu mesin pencari bahwa Anda telah membuat konten yang relevan dan berharga yang dipercaya orang lain.

Mesin pencari meninjau kuantitas dan kualitas backlink Anda untuk menentukan posisi konten situs web Anda di SERP (halaman hasil mesin pencari). Semakin tinggi peringkat Anda di halaman hasil ini, semakin banyak lalu lintas organik yang akan Anda dapatkan.

Jadi, untuk mendapat peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari dan menarik lalu lintas organik ke situs web Anda, Anda perlu mengawasi kuantitas dan kualitas backlink Anda. Cara mengecek backlink adalah dengan menggunakan tool online yang banyak tersedia di internet baik yang berbayar maupun gratis.

Apa yang bisa dilakukan dengan informasi backlink?

Ada banyak cara mengecek backlink dengan menggunakan alat pengecek backlink yang banyak bertebaran di internet. Lalu setelah mendapatkan hasilnya, apa yang dapat kita lakukan dengan adanya informasi tautan balik tersebut?

Melakukan analisis backlink

Dengan melakukannya, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang kesehatan profil backlink Anda dan dampaknya pada kinerja SEO Anda.

Meningkatkan jumlah backlink

Dapatkan lebih banyak tautan tambahan dengan tautan yang sudah Anda miliki. Carilah webmaster ketika backlink memiliki teks jangkar yang kurang optimal, memiliki atribut nofollow, atau tautan ke konten yang kedaluwarsa. Tolak semua backlink berkualitas buruk yang Anda temukan sehingga SEO negatif tidak menurunkan konten Anda.

Meningkatkan SEO situs

Buat konten yang sangat baik dan layak tautan, dan fokuskan lebih banyak energi pada pembuatan tautan, kemudian gunakan Pemeriksa Tautan Balik Gratis untuk melihat perubahan pada 300 tautan utama Anda.

Meningkatkan kualitas konten

Lihat halaman situs web Anda mana yang telah mendapatkan 300 backlink teratas. Apakah ada beberapa konten yang merupakan “tautan magnet” dan menarik semua perhatian? Buat lebih banyak konten untuk mendapatkan lebih banyak backlink.

Memata-matai Pesaing Anda

Perlu inspirasi untuk pembuatan konten dan pembuatan tautan? Mulailah dengan riset pesaing. Masukkan URL situs web pesaing di Free Backlink Checker untuk mencari analisis backlink pesaing dan lihat dari mana mereka mendapatkan backlink mereka yang paling kuat-kemudian rencanakan penjangkauan membangun tautan Anda sesuai dengan itu.

“Tautan Balik,” yang berarti situs yang menautkan ke situs Anda, adalah, bagi sebagian besar mesin pencari, faktor peringkat tertinggi. Jadi semakin banyak lalu lintas organik.

Karena lalu lintas yang terkait langsung dengan kualitas backlink yang dimiliki situs web Anda, semakin banyak situs web otoritatif yang menautkan Anda, semakin baik peringkat dan lalu lintas yang akan Anda peroleh.

Dan tentu saja Anda ingin mengawasi peringkat Google Anda. Saat merayapi web, Google mencari backlink situs web Anda, khususnya untuk memahami bagaimana halaman Anda terhubung satu sama lain dan dengan cara apa. Tentunya ada ratusan faktor peringkat. Tetapi backlink merupakan metrik terpenting untuk SEO.

Sekarang, tentu saja, backlink yang berkualitas sulit didapat, tetapi itu bukan alasan untuk tidak berusaha meningkatkannya. Sebenarnya ada cara pintar untuk membangun atau mendapatkan backlink, untuk mendapatkan situs web resmi untuk menautkan ke bisnis online Anda.

Cara Mudah Mengecek & Mendapatkan Backlink

backlink-garis

1. Cara membangun link yang rusak

Saya suka metode pembangunan broken-link karena ini berfungsi sempurna untuk membuat backlink satu arah. Teknik ini melibatkan menghubungi webmaster untuk melaporkan tautan yang rusak di situs webnya. Pada saat yang sama, Anda merekomendasikan situs web lain untuk mengganti tautan itu.

Dan di sini, tentu saja, Anda menyebutkan situs web Anda sendiri. Karena Anda melakukan bantuan webmaster dengan melaporkan tautan yang rusak, kemungkinan backlink kembali ke situs web Anda tinggi.

Jadi, untuk menggunakan metode broken-link, pertama temukan situs web yang relevan di ceruk Anda yang memiliki halaman sumber. Temukan mereka dengan menggunakan permintaan pencarian ini di Google:

  • Keywords Anda + links
  • Keywords anda + resources
  • keywords inurl:links

Misalnya, jika saya memiliki situs web parenting, saya akan mencari tautan + parenting.

Untuk dengan mudah menemukan tautan yang rusak pada halaman-halaman itu, unduh dan instal plugin Google Chrome yang disebut Check my Links. Menggunakan plugin ini, kita dengan cepat menemukan semua tautan berstatus 404 dari halaman ini:

Sekarang, kembali ke webmaster tersebut, saat Anda menemui mereka bersikaplah ramah dan perkenalkan diri Anda. Beri tahu orang ini bahwa Anda sedang ingin memperbaiki tautan yang tidak lagi tersedia.

Selalu berikan lokasi yang tepat dari tautan yang rusak, sehingga mereka dapat dengan mudah ditemukan. Berikan beberapa alternatif untuk mengganti tautan tersebut, termasuk situs web Anda sendiri.

Cobalah untuk membantu, jangan serakah untuk mendapatkan backlink. Seringkali, metode ini akan berhasil, tetapi akan ada kasus ketika webmaster akan menolak untuk menautkan kembali kepada Anda.

2. Tautan balik melalui infografis

Infografis adalah salah satu metode paling populer untuk mendatangkan traffic ke situs web Anda dan mendapatkan backlink yang berharga. Mereka juga hebat karena mereka mudah dimengerti dan dibagikan.

Semua orang suka data visual, kan? Itu sebabnya permintaan akan infografis meningkat pesat. Pertimbangkan bahwa publikasi online yang berpengaruh seperti Mashable mempublikasikan banyak infografis dari seluruh Internet.

Sekarang, pilih infografis Anda dengan hati-hati: Masing-masing harus menyertakan cerita yang unik dan menarik untuk audiens Anda. Untuk menentukan pilihan Anda, ikuti topik yang sedang tren saat ini dan lihat apa yang dicari orang, lalu buat infografis Anda menggunakan data statistik.

Untuk memulai, teliti dan kumpulkan data untuk konten. Kemudian temukan seseorang untuk membuat konten Anda menjadi visual.

Ada kesalahpahaman bahwa membuat infografis itu mahal; itu tidak selalu terjadi. Angka pada harga rata-rata antara $ 150 dan $ 300. Dengan asumsi Anda dapat menghasilkan 10 backlink per infografis, Anda akan membayar $ 15 per tautan. Untuk lima backlink, harganya akan menjadi $ 30 per tautan.

Itu sangat murah untuk backlink yang diperoleh melalui moderasi webmaster. Dan jika infografis Anda menjadi viral. Anda menang lebih banyak.

Coba gunakan Dribble untuk menemukan desainer dengan portofolio bagus. Hubungi mereka secara langsung dengan memutakhirkan akun Anda ke status PRO, hanya dengan $ 20 setahun. Kemudian cukup gunakan filter pencarian dan ketik “infografis.”

Setelah menemukan seseorang yang Anda sukai, klik “sewa saya” dan kirim pesan yang merinci kebutuhan Anda dan meminta harga. Fiver adalah tempat lain untuk menemukan desainer hebat yang bersedia membuat infografis murah.

Selanjutnya, setelah infografik siap, Anda harus memudahkan orang lain untuk membagikannya. Untuk melakukan ini, buat kode semat Anda sendiri menggunakan generator Siege Media.

Setelah semuanya ada, dan infografis Anda bersinar di situs web Anda, saatnya untuk mendistribusikannya. Ada banyak direktori infografis tempat Anda dapat mengirimkan milik Anda. Misalnya, berikut adalah daftar dengan lebih dari 100 tempat untuk mengirimkan infografis Anda.

Yang terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, lakukan penjangkauan email kepada orang-orang yang sebelumnya terhubung dengan infografis serupa atau telah membagikannya di media sosial. Mintalah umpan balik tentang infografis Anda, tetapi jangan pernah meminta tautan secara langsung. Jika mereka menyukai infografis Anda, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan.

3. Pentingnya artikel pengunjung

Blogging tamu adalah cara paling efektif untuk menjangkau pemirsa baru. Dengan menerbitkan artikel di situs web populer lainnya, Anda akan mendapatkan konten Anda di depan pembaca baru dan memenangkan lebih banyak pemaparan. Terkadang, ini bukan hanya tentang backlink, tetapi tentang meningkatkan reputasi online Anda atau pengikut media sosial Anda.

Blogging tamu membantu Anda meningkatkan hubungan Anda dan memperluas audiens Anda. Jika Anda ragu dengan postingan tamu, pertimbangkan bahwa bahkan Google menerima kontributor tamu di blog Google Analytics-nya.

Gunakan permintaan pencarian Google untuk menemukan blog yang menerima kontributor tamu:

  • kata kunci Anda + inurl: write-for-us
  • kata kunci + posting tamu Anda
  • kata kunci Anda + inurl: pedoman-posting-tamu
  • kata kunci Anda + menjadi kontributor
  • kata kunci + blogger yang Anda inginkan
  • kata kunci Anda + kirim artikel
  • kata kunci + Anda ingin ditulis untuk
  • kata kunci Anda + berkontribusi
  • kata kunci Anda + menjadi penulis
  • kata kunci + posting tamu Anda oleh
  • kata kunci Anda + sekarang menerima posting tamu

Temukan influencer yang mempublikasikan posting tamu secara teratur dan cobalah berkontribusi di bagian yang sama

Anda bisa coba memperhatikan profil seorang penulis lepas, yang mana mereka biasanya akan berkontribusi dalam penulisan artikel di berbagai tempat. Cobalah meniru apa yang dia lakukan.

Ulangi proses ini dengan influencer lain, dan Anda akan menemukan peluang tanpa akhir untuk mempublikasikan konten di situs web pihak ketiga.

Gunakan sosial media untuk menemukan pilihan lain

aplikasi-membuat-backlink

Apabila hal tersebut masih kurang menurut Anda, kita selalu bisa menggunakan sosial media untuk usaha lanjutan. Misalnya Anda bisa mencari penulis lepas juga melalui sosial media yang Anda ikuti tersebut.

4. Mata-matai pesaing Anda

Jika Anda serius untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik, tetap up to date dengan strategi pemasaran online pesaing utama Anda adalah wajib. Anda harus memata-matai pesaing Anda di media sosial dan mencari teknik membangun tautan atau menghasilkan uang, serta metode pemasaran konten mereka. Berikut beberapa tips untuk Anda melakukannya:

Dapatkan pemberitahuan setiap pesaing Anda memperbarui konten mereka

Berlangganan newsletter email mereka atau ikuti mereka di media sosial. Cara cerdas lain untuk mengejar ketinggalan dengan konten baru mereka adalah dengan membuat lansiran Google untuk kata kunci “situs: yourcompetitor.com.” Misalnya, jika pesaing saya adalah TechCrunch, saya dapat mengatur lansiran Google menggunakan kata kunci: situs: techcrunch. com

Ketahui kapan dan apa backlink yang dibangun atau diraih oleh pesaing Anda.

Ini akan membantu Anda meniru backlink terbaik mereka dan lebih memahami metode apa yang mereka gunakan untuk mempromosikan situs web mereka. Jika mereka mendapatkan tautan melalui blog tamu, cobalah menjadi penulis tamu di situs web yang sama.

Jika sebagian besar tautan mereka berasal dari ulasan blog, hubungi blogger tersebut dan tawarkan mereka uji coba untuk menguji alat Anda. Akhirnya, mereka mungkin menulis ulasan tentang itu.

Alat favorit saya untuk memata-matai backlink pesaing saya disebut Monitor Backlinks. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan empat pesaing paling penting Anda. Di sini, Anda akan mendapatkan laporan mingguan yang berisi semua tautan baru yang telah mereka peroleh.

Di dalam alat, Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang tautan ini dan dapat mengurutkannya berdasarkan nilainya dan metrik SEO lainnya.

Dengan menggunakan teknik ini, saya dapat dengan mudah menentukan peluang membangun tautan baru.

Dengan Monitor Backlinks, kita dapat melacak semua backlink yang dihasilkan situs web kita. Setiap kali usaha membangun tautan itu berhasil, kita dapat melihat semua backlink baru yang kita dapatkan di dasbor.

5. Membangun link link internal

Tautan internal adalah faktor kunci untuk menjalankan blog yang sukses. Mereka melewati jus tautan, dan Anda dapat menggunakan teks jangkar Anda.

Dengan struktur tautan internal yang baik, Anda dapat membantu pengguna dengan mudah menavigasi situs web Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Ada alat yang dapat secara otomatis membuat tautan internal di blog Anda, terutama jika Anda menjalankan WordPress, tetapi Anda harus melakukan ini secara manual.

6. Promosikan konten Anda

Konten hebat tidak akan memberi Anda backlink kecuali Anda tahu cara mempromosikannya dengan benar. Anda harus keluar di dunia dan melakukan penjangkauan email untuk mempromosikan artikel terbaik Anda.

Salah satu strategi terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menghubungi blogger atau situs web yang menjalankan pengumpulan mingguan atau bulanan. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan Google dan mencari kueri seperti “kata kunci + pembulatan.” Pastikan Anda memilih, untuk melihat hasil hanya dari minggu atau bulan terakhir.

Kemudian hubungi webmaster dan beri mereka pengantar cepat ke situs web Anda. Dengan pesan Anda, kirim tautan ke salah satu tutorial atau panduan terbaik Anda. Jika mereka menemukan sumber daya Anda berguna, mereka dapat menautkan kembali kepada Anda dalam pertemuan mingguan berikutnya. Para blogger ini terus mencari konten yang hebat, sehingga mereka pasti ingin mendengar dari Anda.

Seperti teknik lainnya, pastikan Anda tidak menyalahgunakan hubungan Anda dengan webmaster apa pun dengan meminta tautan secara langsung.

7. Tulis Testimoni

Metode mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan menulis testimonial untuk situs web yang Anda gunakan. Anda hanya akan menghabiskan beberapa menit, dan Anda dapat memperoleh tautan dari beranda situs web yang resmi.

Selama Anda adalah pelanggan dari produk itu, ada kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan tautan dengan imbalan testimonial.

Daftarkan semua alat yang saat ini Anda gunakan dan jangkau untuk membahas kemungkinan menampilkan kesaksian Anda di situs web yang diinginkan.

8. Kontak jurnalis dan blogger penting

Untuk mendapatkan tautan ke situs web Anda, Anda harus menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Dan cara apa yang lebih baik untuk melakukan ini selain penjangkauan email kepada jurnalis dan influencer dari niche Anda? Menemukan alamat email seseorang bisa jadi menantang, tetapi tidak ada alasan untuk berkecil hati.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengirim pesan menggunakan media sosial, dengan Google Plus atau Linkedin untuk menghubungi orang yang menurut Anda sesuai dengan kriteria influencer yang Anda butuhkan.

Juga pertimbangkan bahwa setiap hal yang ingin Anda sampaikan harus pendek dan to the point. Tidak ada yang punya waktu untuk email yang panjang dan membosankan dari orang asing.

9. Donasi

Ya, Anda bisa mendapatkan backlink dengan menyumbang ke organisasi nirlaba. Metode ini cepat dan mudah. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan situs web di ceruk Anda yang menerima sumbangan dan menautkan kembali ke situs yang telah disumbangkan. Cukup kirimkan jumlah donasi yang ingin Anda lakukan dan tulis URL situs web Anda.

Menemukan situs web ini memerlukan beberapa pencarian di Google. Gunakan kombinasi pencarian berikut untuk mendapatkan hasil yang baik:

  • halaman kontributor + donasi + kata kunci Anda
  • donasi + kontributor + kata kunci Anda
  • halaman kontributor + kata kunci Anda

10. Ikuti wawancara

Wawancara online sedang panas saat ini, dan cara yang bagus dan mudah untuk mendapatkan backlink ke situs web Anda. Setelah Anda menjadi otoritas di niche Anda, Anda akan mendapatkan banyak undangan wawancara, tetapi sampai saat itu, untuk memulai, Anda harus membuat langkah pertama. Cari situs web yang menjalankan wawancara dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin berpartisipasi dan pengetahuan apa yang dapat Anda kontribusikan.

Kesimpulan

Cara mengecek backlink dan kemudian menghasilkan backlink yang berkualitas terkadang sulit, tetapi Anda dapat dengan mudah menemukan peluang membangun tautan dengan menggunakan sumber daya dan metode yang tepat.

Akhirnya, ingatlah bahwa menjaga backlink Anda sama pentingnya dengan membangunnya. Jadi, pantau backlink yang diperoleh situs web Anda secara berkala.

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Iklan yang Bermanfaat Untuk Pemasaran Bisnis Anda

0
009

Memulai bisnis dan menjalankan bisnis memang tidaklah mudah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk bisa masuk dan meraih pasar yang sudah ada. Persaingan antara produk yang serupa juga menambah poin penting yang harus diperhatikan para pengusaha.

Memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen merupakan salah satu poin penting yang harus digarisbawahi. Tidak hanya berlaku untuk produk baru saja, tetapi produk lama juga harus terus mempertahankan ke eksistensinya.

Agar tidak dilupakan dan tenggelam karena banyaknya produk serupa yang terus bermunculan. Salah satu cara para pengusaha dan pebisnis untuk mempertahankannya adalah dengan cara mengiklankan produknya. Saat ini, semua produk maupun jasa pastinya melakukan pengiklanan untuk menarik minat pasar agar membeli produk mereka.

Bahkan bisnis online dan bisnis kecil pun juga melakukan kegiatan pengiklanan untuk produknya. Contohnya saja, mahasiswa yang berjualan pulsa di kelasnya. Ia mengiklankan dirinya dengan cara menginfokan teman-teman terdekatnya bahwa Ia menjual pulsa.

Tak butuh waktu lama, bahkan orang-orang diluar kelasnya yang tak ia kenal pun bisa membeli pulsa padanya. Hal itu karena adanya iklan yang disebarkan oleh orang sekitarnya ke lingkup yang lebih luas lagi dengan metode informasi dari mulut ke mulut.

Baca juga : Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan

Apa yang Dimaksud dengan Iklan

iklan

Dari tadi kita sudah membahas mengenai iklan, tapi apa yang dimaksud iklan?

Iklan sebenarnya adalah segala bentuk pesan promosi yang bisa berupa untuk barang ataupun jasa dan disampaikan melalui media yang ditujukan kepada masyarakat. Biasanya keberadaan iklan lewat media-media terpilih akan dibiayai oleh si pemilik produk.

Iklan Zaman Dahulu

Iklan sebenarnya bukan lagi sebuah hal yang baru. Pada zaman dahulu pun, orang-orang sudah mengenal iklan dan menerapkannya pada kehidupan di zaman tersebut.

Iklan tulis sebenarnya mulai dikenal pada zaman Yunani Kuno. Pada zaman itu, tujuan iklan adalah untuk menginformasikan adanya penyelenggaraan pertandingan gladiator.

Bisa juga tujuan iklan untuk menginformasikan masyarakat bahwa ada budak yang kabur dari tuannya. Sehingga orang-orang yang pernah melihatnya bisa melaporkan keberadaannya kepada tuannya.

Tujuan Iklan

Kita sudah mengetahui apa itu iklan dan perkembangannya dari masa lalu. Lalu  apakah tujuan iklan yang lainnya selain membuat iklan untuk melakukan promosi dan pemberian informasi?

Berikut ini beberapa tujuan iklan selain untuk promosi:

  1. Suatu upaya untuk menimbulkan citra yang baik terhadap produk, jasa maupun suatu ide yang diiklankan
  2. Memberikan informasi mengenai produk, jasa maupun suatu ide
  3. Mempermudah masyarakat untuk mengetahui spesifikasi, harga, fungsi dan manfaat dari suatu produk
  4. Meyakinkan masyarakat yang merupakan penerima iklan mengenai kebenaran tentang suatu produk
  5. Mempengaruhi target pasar untuk menggunakan atau membeli produk yang diiklankan

Fungsi Iklan

Untuk bisa mencapai tujuan iklan, maka iklan akan memiliki beberapa fungsi. Fungsi iklan adalah seperti, informing (memberikan informasi), reminding (mengingatkan), persuading (membujuk) dan juga adding value (memberikan nilai tambah).

Jenis Iklan

Untuk dapat bisa menyampaikan tujuan iklan kepada masyarakat luas, maka Anda juga harus menentukan target iklan Anda berdasarkan media penyebarannya. Anda bisa mendapatkan kepercayaan pada produk maupun jasa Anda sesuai target Anda dengan memanfaatkan media yang paling sering digunakan oleh target pasar Anda. Iklan dibagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan media yang digunakannya, contohnya adalah seperti berikut:

Iklan Cetak

Merupakan iklan yang dipublikasikan pada media cetak, seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya. Iklan pada media ini, kadang dipecah lagi sesuai dengan bentuknya, yaitu iklan kolom maupun iklan baris.

Iklan Elektronik

Iklan ini merupakan jenis iklan yang publikasinya melalui media elektronik, seperti TV, radio dan juga melalui internet maupun media digital.

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah saat memberikan himbauan ke arah yang lebih baik ataupun sesuai dengan peraturan yang berlaku. Iklan ini bisa menjadi media sosialisasi terhadap peraturan maupun himbauan-himbauan baru.

Iklan Perusahaan

Adanya iklan perusahaan ini bertujuan untuk membangun citra dari perusahaan tersebut. Terbangunnya citra yang baik soal perusahan tersebut maka akan semakin banyak orang yang percaya dan akan menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

Jika Anda menyasar target pada pasar anak-anak muda, maka pilihlah jenis iklan elektronik dengan memanfaatkan media digital. Seperti yang bisa kita lihat, hampir semua anak muda selalu aktif pada media sosial.

Jika pasar Anda ada pada orang-orang yang berumur, maka Anda bisa memasang iklan pada media cetak seperti koran. Semakin tepat jenis iklan dan medianya yang Anda pilih, maka semakin besar potensi untuk meraih pasar dengan efektif. Tentu saja dengan bantuan iklan yang komunikatif.

Jika Anda sadari, hampir semua perusahaan termasuk juga kegiatan bisnis menengah pastinya memiliki team pemasaran tersendiri untuk memasarkan jasa maupun produk mereka. Team pemasaran tentunya berfokus pada cara memasarkan mana yang tepat bagi produk ataupun jasa yang diwakilinya.

Kegiatan promosi periklanan yang dilakukan biasanya berkaitan dengan promosi penjualan, publisitas dan juga hubungan masyarakat. Dalam pembuatannya, iklan memiliki beberapa unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur tersebut seperti kalimat deskriptif untuk menjelaskan produk maupun jasa yang diiklankan dan juga kalimat persuasif yang paling penting untuk mempengaruhi orang-orang agar menggunakan produk dan layanan Anda.

Jika mengikuti perkembangan zaman saat ini, semua orang akan lebih banyak memfokuskan iklan mereka pada jenis iklan elektronik yang memanfaatkan dunia digital. Entah iklan melalui website, adword, media sosial ataupun media lainnya. Perkembangan informasi yang sangat cepat dan juga kemudahan akses internet mendukung pergerakan informasi yang super cepat. Sehingga lebih efektif untuk memberikan informasi menggunakan media tersebut dibandingkan media lainnya.

Kalaupun dibandingkan dengan metode konvensional yang dulu sering digunakan seperti, cetak brosur, menempel pamflet di jalan ataupun membuat promo di jalan besar agar menarik minat orang-orang untuk mampir ke booth Anda sekarang sudah dirasa tidak efektif lagi. Adanya bantuan media sosial sangat amat mempermudah Anda dalam melakukan pemasaran.

Orang-orang yang telah melihat iklan promosi Anda pada media sosial juga bisa ikut membagikan iklan tersebut kepada orang-orang disekitarnya. Sehingga terjadi juga pemasaran secara organik yang dilakukan orang-orang tanpa sadar dan menciptakan market yang lebih luas lagi tanpa perlu menambah biaya pemasaran untuk melakukan hal tersebut.

Keberadaan iklan untuk bisnis Anda pastinya akan Anda butuhkan setiap saat. Sesuai dengan tujuan dari adanya sebuah iklan, mulai dari untuk memperkenalkan identitas produk maupun perusahaan Anda kepada masyarakat.

Hal ini tentunya akan membangun hubungan secara emosional dengan konsumen dan calon konsumen Anda. Anda perlu mengingatkan jika brand Anda masih ada dan tetap eksis dalam bisnis tersebut. Serta semakin banyak orang-orang yang aware terhadap brand Anda maka akan semakin besar potensi orang-orang untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.

Kemudian juga dengan bantuan iklan, ada bisa memberikan informasi yang spesifik terhadap barang Anda. Seperti dimana mereka bisa mendapatkannya, apa manfaatnya, tersedia dalam ukuran apa dan informasi-informasi penting lainnya.

Pemilihan kata-kata dalam periklanan juga sangat penting untuk mempengaruhi minat masyarakat agar membeli produk Anda. Persuasif adalah misi inti dari dibuatnya sebuah iklan.

Dari penjelasan tujuan iklan tersebut, sekarang bisa membuat iklan untuk produk Anda sendiri. Anda tinggal menyesuaikan target pasar Anda sesuai dengan jenis iklan yang Anda pilih. Tidak ketinggalan pula, Anda bisa memilih berdasarkan kemampuan Anda untuk membeli jasa periklanan yang sesuai dengan keuangan bisnis Anda.

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/

Marketplace Adalah : Layakah Menjadi Tempat Berjualan?

0
marketplace adalah

Di era digital, perdagangan sudah berubah dari ranah gerai menjadi virtual alias online. Pada dunia online ini, kita mengenal adanya marketplace, yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Marketplace adalah pilihan yang bijak jika kita ingin membuka usaha e-commerce dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun.

Meningkatkan penjualan dan mencapai jumlah klien potensial setinggi mungkin dengan cara tercepat merupakan hal yang menjadi tujuan dari sebagian besar atau bahkan semua pelaku bisnis online.

Menjual lebih banyak selalu merupakan hal yang baik, tetapi apakah menjual di marketplace adalah sesuatu yang layak untuk dilakukan? Amankah? Banyak sekali pertanyaan yang muncul di kepala kita. Khususnya saya dan mungkin juga Anda.

Oleh karena itu, saya beberapa hari ini berselancar di dunia maya dan berhasil mendapat sedikit pengetahuan yang akan saya bagi dengan Anda

Marketplace Adalah

marketplace-8

Mari kita mulai dengan definisinya. Marketplace adalah pusat perbelanjaan virtual layaknya pasar yang berfungsi sebagai perantara antara pembeli dan penjual yang ingin bertransaksi secara online. Untuk lebih memahami, coba simak contoh berikut:

Pikirkan tentang apa sebenarnya pusat perbelanjaan fisik itu. Marketplace adalah tempat di mana ribuan pengguna atau pembeli berkunjung karena mereka merasa nyaman untuk berbelanja di satu tempat dengan berbagai toko.

Ini juga merupakan tempat di mana sebagai pemilik toko, kita akan tertarik karena ada banyak pelanggan yang pergi ke sana setiap hari.

Marketplace adalah hal yang sama di dalam dunia e-commerce. Kedengarannya menarik, bukan? Bersiaplah karena kita akan berjalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan terbesar dan paling terkenal di sekitar kita.

Marketplace yang Paling Terkenal dan Banyak Digunakan di Indonesia

Berbicara tentang pasar berarti berbicara tentang berbagai situs belanja online terkenal di Indonesia seperti Tokopedia dan lain-lain. Berikut daftar beberapa marketplace paling terkenal di Indonesia.

Tokopedia

Tokopedia merupakan mall online yang merupakan marketplace terdepan yang ada di Indonesia. Pada marketplace ini, pengguna bisa memilih dan membeli produk yang mereka inginkan. Kemudian sebagai pemasok barang (pemilik toko) juga bisa membuka gerai online kita melalui situs ini.

Bahkan, jika kita tidak punya modal sekalipun tetap bisa menggunakan Tokopedia untuk memulai membuka usaha dagang secara online. Caranya yaitu dengan menggunakan fitur yang disebut dengan dropship.

Shopee

Sebenarnya Shopee bukanlah marketplace Indonesia, ini adalah perusahaan kelas internasional yang mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2015 lalu. Dengan konsep C to C, Shopee adalah platform marketplace yang menawarkan berbagai kebutuhan pengguna. Dengan dilengkapi system pembayaran yang lumayan lengkap, ini menjadikannya lebih nyaman digunakan dan juga praktis.

Bukalapak

Kelebihan yang dimiliki oleh marketplace ini adalah memberikan jaminan 100% uang Anda dikembalikan apabila gagal bertransaksi menggunakan situs ini. Satu lagi, ini adalah aplikasi made in Indonesia yang dibuat oleh seorang mahasiswa kreatif dari ITB pada tahun 2010 lalu.

Lazada

Lazada dibuat oleh perusahaan internet dari Berlin dengan target pasar Asia Tenggara. Mereka juga meniru model bisnis retail Amazon. Seperti yang lainnya, marketplace ini menggunakan model c to c yang menyediakan berbagai kebutuhan penggunanya setiap hari.

Selain contoh diatas, masih banyak lagi contoh marketplace lainnya yang bisa digunakan untuk berjualan online dan membeli berbagai kebutuhan hingga barang langka sekalipun.

Kekurangan dan Kelebihan Berjualan di Marketplace Adalah

Menjual melalui marketplace adalah pilihan yang sangat menarik untuk mendapatkan akses ke audiens yang lebih luas. Tetapi hati-hati, multiplatform ini tidak selalu aman dan layak untuk Anda gunakan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

marketplace-5

Kelebihan Marketplace Adalah

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, keunggulan utama dari menggunakan marketplace adalah adanya jumlah pelanggan yang memiliki akses ke produk Anda melalui marketplace. Namun, semua itu belum bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakan platform ini menjadi awal mula bisnis online Anda.

Adanya traffic besar yang bahkan sudah skala internasional

Dengan membuka toko online Anda di marketplace, jumlah orang yang dapat mengunjungi Anda jauh lebih tinggi daripada jumlah orang yang akan belajar tentang Anda hanya dari e-commerce official yang Anda miliki. Selain itu, Anda dapat meningkatkan permintaan internasional tanpa perlu upaya tambahan.

Tidak perlu memusingkan masalah teknis

Anda tidak perlu memiliki situs web sendiri untuk menjual pada portal online ini. Platform ini sendiri biasanya menawarkan ruang di mana Anda dapat menambahkan katalog dan Anda tidak perlu khawatir tentang langkah selanjutnya. Sehingga, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengelola semua produk Anda.

Metode pembayaran yang mudah

Dengan kemudahan pembayaran yang ditawarkan, baik pembeli maupun penjual tidak perlu khawatir dengan keamanan pembayaran yang sering kita khawatirkan saat berjualan secara konvensional. Hal ini karena semua pembayaran akan ditampung terlebih dahulu di rekening bersama yang baru bisa dicairkan dalam beberapa waktu.

Modal rendah

Karena Anda tidak perlu memiliki situs web sendiri, Anda dapat menghemat banyak pengeluaran (dan jam kerja) yang terkait dengan pemasaran digital. Ini karena marketplace menyediakan sistem dimana Anda bisa segera berjualan setelah Anda mendaftar.

Misalnya, Anda tidak perlu berinvestasi pada hal-hal berikut ini:

  • Nama domain
  • Hosting
  • Desain web
  • Implementasi SEO
  • Atau beberapa aspek lainnya

Artinya, Anda tidak akan memegang kendali penuh atas gambar bisnis online Anda karena akan dibatasi oleh opsi yang ditawarkan sistem. Tapi sebagai gantinya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berurusan dengan aspek bisnis itu.

Meningkatkan kredibilatas Anda dan kepercayaan klien

Salah satu keberatan penjualan yang paling umum untuk bisnis toko online adalah kurangnya kepercayaan yang mungkin dimiliki klien ketika menyelesaikan pembelian mereka dan melakukan pembayaran.

Ketika Anda menjual melalui platform portal online, prestise membantu Anda karena keengganan klien Anda berkurang akibat jaminan yang ditawarkan oleh platform.

Selain itu, jika klien memutuskan untuk mengembalikan produk atau mengajukan keluhan, pihak manajemennya akan bertanggung jawab. Ini berarti akan menghemat waktu dan uang Anda.

Ini adalah keuntungan yang sangat membantu jika Anda memiliki toko kecil, jika Anda baru saja membukanya, atau jika masih memiliki citra merek yang relatif lemah.

Kekurangan Marketplace Adalah

Jelas, semua keuntungan itu datang dan kita diwajibkan untuk memberikan timbal balik karena marketplace juga merupakan bisnis yang ingin mendapatkan keuntungan. Jadi, sekarang mari kita lihat sisi lainnya yang ternyata tidak begitu bersahabat jika kita akan beralih ke bisnis online sendiri.

Anda akan dipungut komisi untuk semua penjualan Anda

Bergantung pada pasar, komisi untuk setiap produk yang dijual dapat berkisar dari 5 hingga 20%. Anda harus mengingatnya saat menghitung seberapa menguntungkan produk Anda sebelum memutuskan apakah marketplace itu layak atau tidak.

Anda berbisnis dengan berdampingan langsung dengan pesaing

Meskipun pesaing tidak selalu menjadi faktor negatif, kenyataannya adalah bahwa antara penjual yang berbeda di pasar mungkin ada perang harga dan produk yang terjadi dan akhirnya menjadi mimpi buruk nyata. Karena banyaknya pesaing di satu tempat, Anda harus terus-menerus merevisi harga Anda, yang dapat menyebabkan margin Anda berkurang.

Tidak bisa mengontrol data pelanggan

Ketika menjual melalui platform marketplace, Anda harus menyerahkan semua informasi tentang klien Anda. Ini menghambat Anda untuk meluncurkan strategi penargetan ulang atau berlangganan yang sebaliknya akan membantu Anda meningkatkan penjualan di e-commerce normal.

Anda akan kehilangan segalanya ketika berhenti menggunakan platform marketplace

Jika Anda pernah memutuskan untuk meninggalkan platform dan fokus pada penjualan Anda melalui e-commerce Anda sendiri, semua yang telah Anda lakukan dan dapatkan di marketplace tidak akan bisa dibawa, termasuk:

  • Deskripsi produk
  • Sejarah penjualan
  • Statistik tentang pesanan, penjualan, dan pengembalian
  • Data klien
  • Ulasan dan rekomendasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, informasi tentang klien dan pesanan Anda adalah kunci untuk menciptakan strategi penjualan yang efektif dan lebih menguntungkan. Sehingga, kehilangan semua data dapat berubah menjadi hambatan nyata jika Anda memutuskan untuk membebaskan diri.

Marketplace dapat menyimpan niche Anda

Jika pasar besar melihat produk atau ceruk niche yang menguntungkan, ia memiliki sumber daya yang lebih besar untuk memonopoli bisnis tersebut. Pasar dapat memberikan banyak tekanan pada pemasok Anda jika mereka tertarik pada produk tersebut. Jadi, cobalah untuk menemukan keseimbangan antara melakukan dengan baik dan tidak terlalu menonjol.

Dapat terjadi konflik dengan toko online yang telah Anda miliki

Jika Anda memiliki dua saluran penjualan (e-commerce Anda sendiri dan marketplace), mungkin saja kebijakan harga yang diberlakukan oleh pasar menyebabkan harga situs web Anda lebih tinggi daripada yang ditawarkan melalui pasar.

Hal ini dapat merusak beberapa hal. Berikut beberapa hal yang bisa rusak atau terjadi konflik akibat adanya marketplace.

  • Citra merek Anda
  • Kepuasan klien langsung Anda
  • Profitabilitas Anda (penjualan melalui pasar menawarkan keuntungan yang lebih rendah karena komisi dan biaya penyimpanan dan logistik).

Jadi, Anda harus berhati-hati sebelum mulai bekerja dengannya. Periksa kembali ketentuannya dan hitung dengan cermat margin keuntungan Anda.

Apakah Marketplace Layak Layak Menjadi Tempat Berjualan?

Memang benar bahwa terlihat relatif mudah dan menguntungkan untuk menjual produk melalui marketplace. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, marketplace adalah pilihan bagus untuk meningkatkan penjualan online Anda.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa memiliki kendali atas produk dan klien Anda merupakan cara terbaik untuk berbisnis.  Ketika Anda mendasarkan semuanya pada platform pihak ketiga, Anda berisiko kehilangan kendali atas bisnis Anda.

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/

SEO Teknis adalah? Panduan Utama untuk Anda Memulai

0
022

Diera digital saat ini, segalanya serba online. Bahkan, jika internet super cepat 5G, sudah diperkenalkan di Indonesia. Sehingga mau apa saja bisa lewat online seperti belajar, ujian, bekerja, audisi, rapat, jualan, belanja, promo, beli tiket, bayar tagihan, mengurus rumah yang dilengkapi teknologi IoT, hingga kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting. Artinya, kini kita harus segera memiliki website sendiri untuk keperluan bisnis atau organisasi.

Mengapa Harus Memiliki Website?

Website merupakan suatu wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online. Dengan memiliki website, segala aktivitas online Anda dapat terjamin keamanannya.

Saat ini, sebenarnya sebagian besar masyarakat sudah memiliki website. Namun, kebanyakan masih mengembangkan atau meningkatkan websitenya tersebut. Karena, dari segi trafik atau jumlah pengunjung yang datang kewebsite masih sedikit, dan posisi website juga belum berada dihalaman pertama hasil pencarian search engine.

Bagi yang sudah memiliki website dan sudah terbiasa menggunakan website tentu sudah tahu cara untuk meningkatkan website, tetapi bagi pemula yang baru memiliki website atau baru belajar website, terkadang mereka masih bingung atau tidak tahu cara meningkatkan website. Hal ini memang wajar, karena mereka belum paham bagaimana seluk-beluk website.

Pengertian SEO

pengertian-seo

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. SEO adalah tindakan atau upaya mengoptimalkan sebuah website agar website mencapai rangking teratas dihasil pencarian google atau search engine lain.

Dengan memperoleh rangking teratas dihalaman pertama hasil pencarian, peluang website atau blog untuk mendapatkan trafik organik semakin meningkat.

Analogi Sederhana Mengenai SEO

Kami ilustrasikan SEO adalah dengan stand makanan tradisional yang ada diacara culinary night yang sering diadakan saat weekend dipusat kota. Misalnya, Anda ikut berjualan makanan tradisional lokal dengan menaruh stand diacara culinary night.

Pada acara festival kuliner itu, selain stand atau lapak Anda ada juga ratusan stand jajanan milik pedagang lain yang sejenis dengan stand jajanan milik Anda. Jika demikian, ada kemungkinan, para pengunjung atau pelanggan akan kesulitan untuk menemukan dengan mudah stand Anda.

Tetapi, lain halnya bila distand diberikan penanda khusus agar mudah ditemukan atau dilirik pengunjung, seperti lampu kerlap-kerlip yang dipasang pada stand, warna spaduk yang mencolok yang menampilkan gambar menu jualan Anda, memutar musik pada stand, promo pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya. Hal ini kemungkinan dapat menarik banyak pengunjung dengan cepat datang kestand Anda.

Kita anggap stand jajanan adalah halaman website yang berisi konten. Sedangkan, stand jajanan yang telah diberikan penanda khusus, diilustrasikan sebagai sebuah halaman website yang sudah dilakukan atau ditanam berbagai SEO teknis dan lokasi acara culinary night sebagai internet.

Dengan melihat dari ciri atau tanda khusus yang mudah dikenali, search engine akan mudah menemukan sebuah halaman website yang paling relevan dengan keyword yang si pencari. Sehingga akan membuat sebuah website mendapatkan rekomendasi dari search engine dan website terpampang dihalaman pertama hasil pencarian (SERPS).

Otomatis website juga akan mendapatkan banyak pengunjung. Setelah menjelaskan pengertian dari SEO adalah, selanjutnya kami akan mulai membahas topik utama pada artikel kali ini yaitu SEO teknis.

SEO Teknis

SEO-Teknis

SEO teknis adalah cara, pola, dan formula yang tepat untuk optimalisasi website dengan SEO yang sebelumnya telah dipelajari atau dikembangkan oleh beberapa orang pakar SEO. Teknis ini merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan seluruh proses SEO.

Jika melakukan SEO teknis yang salah, maka kemungkinan upaya melakukan SEO pada website tidak akan berhasil atau tidak memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan (rangking website dimesin penelusuran tidak meningkat dan tidak ada trafik pengunjung kepada website Anda).

Karena penting SEO adalah teknis yang maka banyak orang ingin belajar SEO dan mencoba untuk mendalami SEO teknis dengan mengikuti pelatihan atau kursus SEO online ataupun offline yang disediakan oleh penyedia jasa SEO.

Bahkan ada juga yang belajar sendiri dari buku panduan atau artikel yang tersedia diwebsite yang mengupas tuntas habis semua hal tentang SEO. Pada dasarnya, dalam dunia SEO terdapat dua SEO teknis, yaitu teknik black hat dan teknik white hat. Untuk lebih jelasnya lagi tentang dua SEO teknis tersebut. Simak informasi berikut ini:

Teknik Black Hat SEO

Teknik optimasi SEO adalah yang hitam, kotor, dan spam yang dilakukan dengan cara mengakali peraturan term of service search engine agar websitenya cepat terindeks oleh search engine. Jika, terdeteksi oleh search engine.

Maka website yang menggunakan teknik ini akan mendapatkan hukuman penalti dari search engine dan websitenya akan tenggelam bahkan dihapus dari daftar mesin pencarian. Ada beberapa contoh teknik yang 2 atau 3 tahun lalu masih dianggap teknik bersih SEO.

Sekarang, telah digolongkan menjadi teknik black hat. Karena sudah diblacklist atau dicap sebagai spam oleh search engine. Contoh-contohnya itu seperti guest book, blog comments, link wheel, pyramid, web 2.0, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teknik White Hat SEO

Teknik optimasi SEO adalah yang “bersih”, halus, dan natural. SEO teknis yang tidak melanggar aturan term of service search engine. Melakukan SEO pada sebuah website dengan menggunakan teknik white hat merupakan pekerjaan yang memerlukan proses.

Karena, dilakukan bukan hanya sekali yang hasilnya akan diperoleh secara instan, melainkan harus dikerjakan terus menerus secara konsisten. Maka hasilnya akan terlihat dalam jangka panjang dan website juga tetap aman. Teknik white hat ini merupakan teknik yang disarankan oleh para pakar SEO.

Jadi, jika Anda belajar dan menerapkan teknik SEO ini, bukanlah tindakan yang salah atau sekadar buang waktu saja. Berdasarkan ruang lingkupnya, teknik white hat SEO adalah yang dilakukan untuk mengoptimasi website terbagi menjadi dua bagian.

SEO On Page

SEO-On-Page

SEO On Page adalah segala teknik SEO yang dilakukan untuk optimasi website dari dalam halaman website itu sendiri dengan memperhatikan UX dan UI: seperti mengatur dan menganalisa meta tags, loading speed, mobile friendly, dan riset keyword untuk menentukan keyword (judul, deskriptif, dan isi konten). Berikut penjelasan mengenai beberapa SEO teknis tersebut.

Mengatur dan Menganalisa Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tags dan meta description.

Title Tags

Ini adalah judul yang judul dihalaman hasil pencarian search engine. Buatlah judul yang menarik, singkat, padat dan jelas. Menggunakan kata-kata yang tidak terlalu panjang agar tidak melewati batas yang sudah ditentukan search engine.

Meta Description

Meta description adalah teks yang singkat yang letaknya berada di bawah title tags. Teks ini berisi sebuah penjelasan singkat mengenai isi artikel atau konten website. Umumnya, teks tulisan dengan 120 karakter.

Loading Speed

Menurut survey yang telah dilakukan google, 57% pengunjung akan bosan dengan loading speed yang lambat yang kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik. Meningkatkan loading speed adalah teknis yang harus dilakukan dalam optimasi website.

Karena, loading speed merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan ranking sebuah website di hasil pencarian. Betapa pentingnya loading speed ini, sampai google membuat alat untuk meningkatkan loading speed pada website. Nama alatnya disebut google light house.

Mobile Friendly

Mengoptimasi website menjadi mobile friendly adalah salah satu SEO teknis yang sangat penting. Hal ini karena, website mobile friendly menjadi prioritas utama bagi mesin pencari dan pengguna internet kekinian.

Website mobile friendly ini adalah website yang dapat diakses oleh pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile apapun seperti hp smartphone, tablet, dan laptop. Website mobile friendly disebut juga website yang responsif dan adaptif.

Artinya, website yang dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan ukuran layar pada perangkat yang sedang digunakan. Ketika website mobile friendly ini diakses pada hp smartphone, tampilan website seperti ukuran huruf teks, gambar, dan video akan terlihat ikut mengecil, menyesuaikan ukuran layar hp smartphone.

Riset Keyword

Riset keyword adalah SEO teknis yang paling advanced. Penulis artikel atau blog diwebsite wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten.

Hal ini agar mengetahui trend apa yang sering dicari pengguna internet disearch engine. Setelah itu, penulis dapat menentukan keyword yang paling relevan dengan konten website yang akan dibuatnya.

Pada dasarnya, riset keyword dilakukan supaya dapat membantu dalam menyusun konten website yang lebih baik lagi. Untuk dapat melakukan riset keyword dengan mudah, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa tool riset keyword yang tersedia secara gratis pada internet. Adapun beberapa contoh “tool” untuk riset keyword tersebut adalah sebagai berikut:

• Google Trends
• SEMrush
• Ubersuggest
• KW Finder
• Keyword Shitter
• Google Related Search
• Answer The Public
• Soovle
• Moz

Off Page SEO

Selain dari dalam halaman website, optimasi website dapat diterapkan dari luar halaman website. Teknik itu disebut dengan off Page SEO.

Teknik SEO ini seperti membangun backlink (link building), share di jejaring sosial, branding (mempopulerkan brand website agar mudah ditemukan pengunjung), dan masih banyak lagi teknik yang lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa dijaman sekarang kita harus memiliki website sendiri yang dapat digunakan sebagai wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online yang terkait dengan urusan bisnis ataupun organisasi.

Akan tetapi, membangun sebuah website itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan proses yang panjang agar website berada diranking teratas hasil pencarian google dan search engine lainnya.

Untuk membangun website, ternyata tidak cukup hanya merilis konten yang banyak. Diperlukan juga berbagai SEO teknis yang efektif dan legal. SEO teknis yang efektif artinya, teknis SEO yang paling cocok diterapkan untuk mengoptimasi website.

Karena, setiap website mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Cara atau SEO teknis yang digunakan juga bisa berbeda-beda pula. Sedangkan, SEO teknis legal artinya, SEO teknis yang “bersih” dan natural, tidak menyalahi pedoman term of service dari search engine.

SEO teknis yang legal ini disebut juga teknis white SEO. Pada intinya, mempraktikkan serangkaian SEO teknis ini, membutuhkan proses yang panjang dan tentunya waktu yang tidak sedikit. Perlu kesabaran dan upaya yang konsisten dalam menerapkannya untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Jangan mengambil “jalan pintas” dengan menggunakan berbagai teknis black hat SEO yang dilarang. Karena,cepat atau lambat tindakan Anda itu, pasti terdeteksi oleh algoritma pencarian. Jika, sudah terdeteksi, maka akan fatal akibatnya.

Bukan membuat website Anda menjadi naik peringkat dan banyak pengunjung. Tetapi, website Anda akan tenggelam dan lebih fatal lagi website Anda akan dibanned dari daftar hasil pencarian search engine.

Demikianlah,pembahasan artikel kali ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat. Selamat mencoba SEO teknis White hat yang sudah dijelaskan tadi di atas.

Digital Image: Bisakah Kualitas Gambar Digital Produk Mempengaruhi Kesan Perusahaan dan Hasil Penjualan?

0
008

Saat ini semuanya serba mudah, termasuk juga untuk akses informasi. Informasi apapun bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui internet, termasuk tentang digital image. Hanya tinggal menuliskan keyword pada search box dari search engine Anda, semua hasilnya akan muncul seketika.

Anda tinggal memilih informasi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Berlaku pula saat Anda ingin berbelanja. Saat ini Anda tidak perlu lagi datang ke toko untuk melihat koleksi baju apa saja yang sedang ada di toko tersebut. Anda bisa berdiam diri dirumah saja dan hanya perlu mengunjungi toko tersebut secara online.

Semua koleksi yang ada di toko tersebut dapat Anda lihat melalui kumpulan foto yang ada pada sosial media ataupun website yang dimiliki oleh toko tersebut. Informasi mengenai, harga, ukuran, warna dan lainnya pastinya tersedia bersamaan dengan gambaran dari produk tersebut.

Anda bisa langsung memilihnya dan langsung membayarnya baik secara Cash on Delivery (COD) ataupun membayarnya terlebih dahulu dengan cara ditransfer. Tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengambil baju yang telah Anda bayar, karena nantinya akan diantarkan langsung ke rumah.

Gambar yang Mewakili

digital-image

Saat Anda sedang melihat-lihat katalog baju secara online sebelum menentukan pilihan, hal pertama yang Anda perhatikan pasti adalah bagaimana tampilan baju yang ditampilkan dalam sebuah gambar digital.

Misalnya, seperti pada sebuah foto. Semakin bagus kualitas foto yang ditampilkan, maka akan terasa lebih menyakinkan bagi calon pembelinya. Anda dapat melihat detail yang ada pada baju tersebut lebih jelas lagi dan hampir seperti melihat baju tersebut secara langsung.

Jika resolusi dan kualitas gambar yang di upload pada media online tersebut masuk ke kategori tinggi atau high quality. Tapi apakah Anda yakin? gambar yang Anda lihat tersebut adalah foto bukannya gambar digital atau digital image?

Apa Itu Digital Image

Bagi kebanyakan orang, kemungkinan besar masih tidak bisa membedakan mana yang disebut foto dan mana yang merupakan hasil dari digital imaging. Digital image ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan memanfaatkan jaringan internet. Seperti pada website, media sosial, blog dan lainnya.

Foto juga demikian, bisa diupload dimanapun dengan adanya jaringan internet. Anda benar-benar butuh ketelitian untuk membedakan mana yang hasil karya jepretan fotografer langsung dan mana yang merupakan hasil karya pengolahan gambar digital imaging menggunakan Photoshop ataupun aplikasi pengolahan gambar lainnya. Jadi bagaimana cara membedakannya? Kita mulai saja dengan pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Digital image adalah pencitraan gambar dengan cara menciptakan gambar secara digital. Kegiatan penciptaannya meliputi pengolahan, kompresi, penyimpanan dan juga pencetakkan. Anda dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada gambar ataupun memperbaiki warna gambar sesuai dengan selera Anda.

Hanya dengan memanfaatkan digital imaging ini. Sebuah gambar digital atau digital image tidaklah mewakili apa yang dilihat oleh si pembuatnya. Tetapi merupakan hasil dari terjemahan ide si pembuatnya dan bukan merupakan kejadian yang sebenarnya. Meskipun begitu, untuk proses pengolahannya bisa juga memanfaatkan kamera.

Sedangkan untuk foto itu sendiri, merupakan hasil jepretan dari kamera analog ataupun digital. Salah satu prosesnya, yaitu sebelum mengambil foto orang akan membidikkan kameranya ke suatu objek dan melihat objek tersebut melalui  LCD monitor ataupun melalui pentamirror (lubang kecil untuk melihat objek pada kamera).

Jadi foto merupakan hasil yang mewakili apa yang dilihat oleh si fotografer. Foto bisa menangkap segala kejadian yang terjadi, umumnya foto digunakan untuk menyimpan memori kenangan kejadian yang pernah terjadi dalam hidup.

Contoh Digital Image

Kembali lagi, pada topik digital image. Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing istilah. Jadi Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai cara membedakan antara foto dan digital image. Mungkin akan lebih mudah lagi, untuk Anda mengerti apa itu digital image dari contoh hasil karyanya.

Pernahkah Anda melihat hasil-hasil foto prewedding? ataupun hasil foto studio dan majalah. Apakah Anda berpikir hasil jepretan dari fotografer langsung menghasilkan gambar yang sebagus itu? Jawabannya belum tentu. Kebanyakan hasil yang Anda lihat bukanlah hasil raw atau asli dari jepretan sang fotografer.

Biasanya hasil foto akan melalui pengolahan terlebih dahulu menggunakan aplikasi yang mendukung untuk menghasilkan foto yang indah. Hasil akhirnya tidak bisa lagi disebut sebagai foto, namun itu adalah hasil digital imaging. Langit yang awalnya menampakkan sedikit semburat oranye, warnanya bisa diubah lagi dengan menonjolkan warna orange yang lebih pekat lagi.

Sehingga menghasilkan warna langit sunset yang benar-benar indah dan menonjol, tidak lagi terlihat secara samar. Foto di studio juga demikian. Awalnya model akan berpose dengan menggunakan background green screen. Nantinya editor bisa mengubah background tersebut sesuai dengan tema majalah.

Entah dalam ruangan ataupun menampilkan gambar outdoor yang indah. Bisa pula menggabungkan beberapa foto dan menghasilkan hasil karya baru sesuai dengan ide yang dipikirkan oleh si editor menggunakan aplikasi edit foto.

Pengaruh Digital Image Terhadap Hasil Penjualan

digital-image-2

Apa yang membuat Anda tertarik pada suatu benda? pastinya karena tampilannya. Penampilan atau cara menampilkan sesuatu adalah hal pertama yang bisa dinilai oleh mata kita. Maka dari itu, hasil foto akan diedit sedemikian rupa untuk menarik minat pembeli.

Hasil foto tidak selalu bisa menghasilkan gambar 100% sama dengan aslinya. Akan ada perubahan hasil, mungkin terpengaruh dari lighting ataupun faktor lainnya. Maka dari itu, adanya digital image bisa melakukan manipulasi terhadap hasil foto. Agar hasilnya terlihat sempurna. Proses yang bisa dilakukan digital imaging untuk menghasilkan hasil akhir yang sempurna seperti,

Image-Restoration

Sebuah proses yang memperbaiki kecacatan image,contohnya seperti noise. Terjadi saat pengambilan gambar yang kurang pencahayaan.

Image-Enchantment

Sebuah proses untuk memperbaiki kualitas gambar. Seperti mempertajam ataupun perbaikan kontras.

Image-Reconstruction

Sebuah proses yang berfungsi untuk membentuk ulang objek dari hasil proyeksi objek.

Image-Segmentation

Proses untuk memecah gambar menjadi beberapa bagian

Image-Analysis

Sebuah proses untuk besaran kuantitatif image, contohnya mendeteksi tepi objek dan representasi area.

Seperti yang sudah dibicarakan di awal, saat ini sedang berlangsung trend berbelanja secara online. Saat Anda mengetikkan keyword barang yang akan Anda beli, akan ada banyak sekali hasil yang keluar pada marketplace.

Poin yang pertama yang mempengaruhi calon konsumen adalah tampilan produk yang ditampilkan. Jika gambarnya tidak menarik dan resolusi gambarnya rendah sehingga gambarnya agak buram. Maka jangan salahkan pembeli jika Ia melewati produk Anda karena tak menarik perhatian.

Meski tidak semua manusia adalah makhluk visual. Namun informasi akan lebih cepat diserap jika ditampilkan melalui gambar. Jika ingin produk atau jasa Anda laku, maka Anda harus bisa memanfaat digital image.

Anda bisa melakukan manipulasi dan menggabungkan beberapa foto sehingga terlihat lebih artistik. Hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi dengan bantuan digital image. Tentunya hal ini berlaku untuk orang-orang yang menawarkan jasa potret dan editing foto.

Lain lagi halnya jika produk Anda adalah sebuah benda. Anda bisa saja membuat background yang menarik untuk produk Anda ataupun membuatnya sesuai tema dengan bantuan digital image. Bisa juga mempertegas warna dan mengatur saturasi untuk memperbaiki hasil foto yang kurang maksimal.

Kualitas gambar digital yang Anda sampaikan kepada masyarakat melalui platform online akan berbanding searah dengan kesan dan hasil penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Semakin menarik dan kreatif Anda dalam menyampaikan gambaran produk Anda kepada calon pembeli maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat produk Anda. Tentu saja tujuan akhirnya adalah agar mereka membeli produk Anda. Segera belajar dan manfaatkan digital image atau gambar digital untuk meraih pasar yang lebih banyak lagi.

Ingin tips bisnis online dan manajemen bisnis yang lebih menarik? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!