Media Bisnis Online | by APPKEY

BisnisKetrampilanSEO Lokal : Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian...

SEO Lokal : Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

-

Last Updated on February 8, 2023 by

SEO Lokal adalah strategi optimalisasi bisnis online yang paling banyak dimainkan saat ini. Bukan tanpa alasan, strategi Local SEO terbukti lebih ampuh untuk menarik calon pembeli serius di sekitar lokasi bisnis Anda.

Tahukah Anda bahwa hasil pencarian search engine dapat mencerminkan informasi terkait lokasi keberadaan seseorang saat ini? Misalnya, ketika Anda berada di Bali dan menelusuri kata kunci “café”, maka hasil pencarian akan menunjukkan nama-nama café terdekat dari posisi Anda sekarang.

Dalam SEO Lokal, halaman peta akan muncul pada bagian atas hasil pencarian disertai informasi-informasi yang relevan dengan keyword. Oleh karena itu, hasil pencarian lokal selalu berbeda menyesuaikan lokasi user.

Ada banyak ragam manfaat yang dihadirkan oleh Local SEO. Salah satunya yakni mendapatkan lebih banyak traffic serta menghadirkan hasil penelusuran yang lebih relevan.

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan lebih lanjut mengenai metode Local SEO, lengkap dengan strategi pemakaiannya agar nama situs bisnis Anda muncul di peringkat teratas dalam beranda user.

Apa Itu SEO Lokal?

seo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

SEO Lokal merupakan bentuk optimalisasi mesin pencari namun dikhususkan untuk pencarian informasi lokal. Adapun mesin pencari yang dimaksud di sini sejenis Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Optimalisasi Local SEO mulai dipandang penting karena banyak calon pembeli serius yang memilih belanja di toko-toko terdekat. Dengan mendatangi bisnis terdekat, mereka bisa memperoleh servis yang lebih cepat, praktis, dan murah (tidak perlu membayar ongkir tambahan).

Ciri utama pencarian Local SEO adalah memuat keyword-keyword khusus yang mempersempit hasil penelusuran. Contohnya penggunaan kata “terdekat”, “di sekitar saya”, atau langsung menyebut nama daerahnya (“Bali”, “Depok”, “Aceh”, dll).

Perbedaan SEO Lokal dengan SEO Umum

Perbedaan utama Local SEO dengan SEO umum adalah cakupan spesifik dari informasi yang dicari.

Dalam SEO umum, Anda akan memperoleh rekomendasi tanpa memandang dimana lokasi asal web/postingan. Sedangkan Local SEO hanya menampilkan informasi dari area di sekitar Anda.

Namun keduanya masih memiliki tujuan yang sama, yakni membantu website bisnis menduduki ranking 1 di search engine. Bisnis-bisnis lokal kecil seperti UMKM akan lebih terbantu jika menerapkan Local SEO.

Artikel terkait  Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini

Cara Kerja SEO Lokal Adalah

Bagaimana Local SEO bekerja? Jawabannya ternyata cukup sederhana. Sistem algoritma mesin pencari akan melakukan pemindaian, lalu memilih informasi yang relevan dengan keyword berdasarkan posisi Anda saat ini.

Misalnya Anda sedang berada di Surabaya dan hendak mencari informasi ATM terdekat. Dari sini ada dua poin yang dicocokkan oleh mesin pencari, yakni “ATM” dan “lokasi Surabaya”. Terakhir, barulah rekomendasi ditampilkan dalam bentuk hasil penelusuran.

Dari sisi pemilik bisnis, lokal SEO bekerja dengan cara memberitahu mesin pencari bahwa website Anda berada di sebuah daerah dan layak untuk diberitahu kepada masyarakat lain yang berada di sekitarnya.

Jadi ada baiknya mencantumkan informasi lokasi yang jelas di website bisnis Anda demi meningkatkan nilai visibilitasnya.

Artikel terkait  6 Cara Mencari LSI Keyword yang Tepat Sesuai Topik Konten

Keuntungan SEO lokal

seo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

Metode ini digunakan untuk menampilkan bisnis di pencarian lokal yang sangat berkaitan dengan Google Bisnisku. Keuntungan dari adanya Local SEO sangat banyak jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik.

Sebuah riset menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal. Bahkan 29% pencarian lokal selalu berujung pada pembelian. Local SEO dapat membantu Anda mendapatkan calon pembeli.

Begitu pun sebaliknya, pembeli dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda. Mereka bisa memperoleh berbagai informasi lengkap, mulai dari produk yang Anda tawarkan, alamat, hingga jam operasionalnya.

Apa manfaat menggunakan fungsi pencarian lokal? Contoh sederhananya adalah meningkatkan jumlah pembeli yang berbelanja di café, toko atau restoran milik Anda. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jika Anda ingin pergi ke kafe atau restoran, Google akan mengarahkan Anda ke café atau restoran terdekat.

Nah, ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk keuntungan jasa Local SEO Google yang membantu café, restoran, atau bisnis Anda untuk menggaet pelanggan datang.

Contoh kasus lainnya, agen real estate yang mengoperasikan beberapa toko dapat meningkatkan traffic dengan kepastian transaksi lebih tinggi dan menghasilkan keuntungan dengan menargetkan kata-kata seperti “wilayah + properti sewaan”.

Bahkan keyword populer dengan kompetisi tinggi sekalipun jadi tetap lebih unggul apabila menambahkan informasi lokasi, yang akan mengarah pada peningkatan traffic.

Artikel terkait  Riset Keyword dengan Google Adword Keywords Planner

Mempraktekkan SEO Lokal dengan Google Bisnisku

Bagaimana cara mendapatkan ranking yang lebih tinggi di Local SEO? Jawaban paling mudahnya adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku (Google My Business). Proses pendaftaran ini sepenuhnya gratis.

Bisnis-bisnis yang terdaftar di Google Bisnisku pun bisa langsung muncul di hasil pencarian lokal. Dengan memasukkan informasi terbaru di Google Bisnisku, bisnis Anda juga akan ditampilkan di Google Search, Map, Google+.

Jika Anda melakukan pencarian dengan keyword café, maka hasil pencariannya akan tampil seperti gambar di atas. Apabila Anda mengklik “lebih lanjut”, maka informasi yang terdaftar di Google Bisnisku akan turut ditampilkan.

Semua informasi yang muncul terkait bisnis diambil dari data-data yang Anda cantumkan ketika mendaftar Google My Business. Oleh sebab itu Anda wajib mengisi formulir dengan benar dan seakurat mungkin, terutama di bagian waktu operasional perusahaan.

Namun memanfaatkan jasa Local SEO dari Google ini terbukti sangat membantu bisnis besar maupun kecil untuk menunjukkan eksistensinya di ranah lokal maupun regional.

Artikel terkait  Pedoman Lengkap YouTube Analisis : Rahasia Menaikkan Traffic

5 Strategi Seo Lokal Terampuh untuk Menampilkan Bisnis Anda di Ranking 1

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengguna mesin pencari cenderung hanya mengklik hasil pencarian teratas dari pada yang berada di bawahnya. Oleh karena itu, ada 5 langkah penting yang wajib Anda tempuh supaya web bisnis bisa menduduki peringkat pertama search engine:

1. Melengkapi Seluruh Poin Google Bisnisku dengan Tepat

Penting untuk melengkapi 6 poin berikut ini ketika mendaftar pada Google Bisnisku:

  • Masukkan informasi bisnis terbaru di layar manajemen Google Bisnisku.
  • Masukkan data terperinci terkait bisnis (nama perusahaan, alamat, jam operasional, dll).
  • Konfirmasi identitas pemilik bisnis.
  • Jaga agar informasi jam kerja akurat.
  • Kelola dan balas ulasandari pelanggan.
  • Menambahkan foto dan video terkait perusahaan atau produk yang dijual.

Poin-poin di atas wajib dilengkapi agar Google lebih “mempercayai” dan “menyukai” profil usaha Anda. Calon konsumen pun akan merasa lebih aman untuk bertransaksi di toko Anda karena profilnya terbukti asli.

2. Menambahkan Informasi Kontak dengan Detil

Pastikan Anda mencantumkan informasi yang lengkap terkait dengan NAP (Name, address, phone) alias nama, alamat, dan nomor telepon. Seluruh informasi tersebut hendaknya ditulis di halaman web dengan benar dan konsisten (jika mencantumkannya pada laman-laman lain, seperti Google My Business, sosmed, dll).

Anda juga dapat menambahkan URL social media bisnis Anda (jika punya) pada kolom deskripsi yang tersedia. Profil social media seperti Facebook dan Instagram yang mempunyai banyak followers akan berpengaruh terhadap peringkat website bisnis di search engine. Strategi ini juga efektif untuk optimalisasi Local SEO.

3. Menanamkan Backlink Lokal Sebanyak Mungkin

Tips selanjutnya adalah menanamkan backlink lokal sebanyak mungkin. Strategi yang satu ini biasa disebut link building dan sering menjadi andalan para penyedia jasa Local SEO.

Lokal SEO pun memerlukan banyak backlink selayaknya SEO umum. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ranking website dan profil bisnis Anda. Namun backlink Local SEO haruslah berasal dari website lokal yang satu lokasi dengan posisi Anda. Alangkah baiknya lagi jika Anda berhasil memperoleh link-link rekomendasi dari web-web populer.

4. Mengumpulkan Testimoni Pembeli

Mulailah mengumpulkan testimoni pembeli toko Anda di Google Business Profile maupun situs web. Ini karena semakin banyak ulasan asli dari pembeli—khususnya yang bernada positif—tentu semakin bagus juga ranking Local SEO Anda.

Review bisnis yang bagus juga mempermudah orang-orang memercayai profil Anda. Jadi tak hanya berpeluang naik peringkat SEO, kumpulan testi akan menarik banyak calon pembeli baru tanpa diminta.

5. Mendesain Website yang Mobile Friendly

Terakhir, pastikan website bisnis Anda memiliki tampilan yang mobile friendly. Hal ini penting mengingat hampir 90% orang menelusuri profil bisnis lokal via ponsel. Jadi bisa dibilang bahwa optimasi Local SEO saat ini sangat dipengaruhi oleh pemakaian smartphone.

Mempunyai web yang mobile friendly juga menguntungkan Anda selaku pemilik. Konsumen Anda bisa melakukan navigasi dengan mudah dan memperoleh informasi lengkap seputar penawaran.

Artikel terkait  Cara Terbaik Mencari Kata Kunci untuk Toko Online Anda

Tiga Elemen Pencarian Lokal

lseo lokal, seo adalah, local seo, jasa seo lokal

Terdapat sejumlah faktor penting yang turut memengaruhi ranking website menurut Local SEO. Adapun faktor-faktor utama tersebut adalah:

1. Relevansi

Sangat penting untuk meningkatkan relevansi pencarian bisnis Anda dengan melakukan listing lokal (menyimpan informasi yang terdaftar di Bisnis Saya).

Anda bisa menambah relevansi bisnis terhadap keyword user dengan memasukkan sebanyak mungkin informasi usaha, termasuk kata-kata yang berhubungan dengan layanan di Google Bisnisku.

Informasi bisnis tersebut mencakup 9 item, yakni nama, alamat, nomor telepon, situs web, kategori, jam kerja, URL menu, atribut, dan foto.

Misalnya, apabila bisnis Anda adalah café, maka Anda dapat mendaftarkannya pada kategori “cafe” dengan atribut seperti “dengan kursi teras”; atau dengan atribut lain yang masih relevan (misal “menyediakan WiFi gratis”, “coworking space”, “area outdoor” dll).

2. Lokasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, lokasi menentukan hasil pencarian Local SEO Anda. Andaikan lokasi Anda saat ini adalah di rumah. Lalu ketika Anda mengetikkan “Café” pada mesin pencari, maka hasil yang ditampilkan adalah beberapa café terdekat dari rumah Anda.

Begitu pula sebaliknya. Jika Anda berada di luar rumah, maka hasil pencarian akan menyesuaikan lokasi Anda saat itu.

3. Popularitas

Faktanya, bisnis yang popular dan telah berdiri lebih lama cenderung memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis yang baru dirintis. Namun peristiwa ini masih terbilang wajar.

Untuk menyiasatinya, Anda harus mampu mengenalkan bisnis secara bertahap kepada calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan jasa Local SEO Google untuk menambah popularitas usaha di masyarakat.

Artikel terkait  Keyword Tool yang Bagus untuk Riset Kata Kunci SEO

Kesimpulan Serba-Serbi SEO Lokal

Sejauh ini Anda sudah melihat cara-cara mengoptimalkan Local SEO untuk memperoleh ranking website yang lebih tinggi.

Pada intinya, lima poin berikut ini wajib Anda praktekkan supaya website bisnis bisa sering muncul di pencarian lokal:

  • Mendaftar Google Bisnisku.
  • Menambahkan informasi kontak perusahaan.
  • Melakukan backlink lokal.
  • Mengumpulkan testimoni pembeli.
  • Mendesain web agar mobile friendly.

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa fitur dan jasa Local SEO dari Google sangat efektif untuk meraih traffic regional yang tinggi dengan memanfaatkan hasil pencarian berbasis lokasi.

Inti dari Local SEO pun sama dengan SEO biasa, dengan menciptakan konten yang relevan sesuai keinginan pengguna. Jadi tunggu apa lagi? Untuk Anda yang mengelola toko, kafe, restoran dan bisnis-bisnis lokal lain, mari segera upgrade SEO Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan dan keuntungan!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

</div


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya