Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Pemasaran Cara Lengkap Riset Keyword dan Analisis Web dengan Ubersuggest

Cara Lengkap Riset Keyword dan Analisis Web dengan Ubersuggest

-

Siapa yang ingin bisnis onlinenya maju dan sukses di pasaran? Jika Anda ingin website online perusahaan Anda sukses mengalahkan para kompetitor, maka Anda harus memberikan usaha lebih untuk melakukan optimasi dan analisis website secara berkala.

Bukankah optimasi dan analisis website adalah hal yang sulit? Tenang, Anda kini sudah bisa membuang jauh-jauh anggapan tersebut karena ada banyak tools analytics yang siap membantu pekerjaan Anda secara gratis dan praktis. Salah satu situs web analitik populer yang banyak digunakan pebisnis adalah Ubersuggest Neil Patel.

Apa itu Uberssugest Neil Patel dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengoptimalisasi performa web perusahaan? Mari cari tahu pembahasan selengkapnya pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca.

Apa Itu Ubersuggest Neil Patel?

Istilah SEO (search engine optimization) tentunya sudah bukan hal baru lagi di telinga Anda yang menekuni dunia bisnis online. Gampangnya, SEO adalah aktivitas analisis kondisi dan kinerja web guna memaksimalkan traffic serta posisi website Anda pada menu pencarian Google. Otomatis, aktivitas SEO ini wajib dilakukan jika Anda ingin memajukan perusahaan online yang tengah dijalankan.

Dulu, menjalankan SEO dan analisis web terkesan sebagai hal yang rumit serta membutuhkan banyak teori. Bahkan tak jarang masih ada orang yang kesulitan mempraktekkan penggunaan SEO tools atau situs web analitik meskipun sudah mempelajari teori-teori dasarnya. Daripada terjebak oleh rasa bingung, lebih baik coba gunakan Ubersuggest Neil Patel yang super praktis untuk analisis kondisi website perusahaan apapun.

Situs web analitik ini diciptakan oleh Neil Patel, dan terkenal berkat kemampuan optimalisasi konten website perusahaan via keyword-keyword suggestion yang lengkap. Di situs ini, Anda bisa memperoleh puluhan hingga ratusan trend keyword suggestion secara gratis sehingga konten-konten jualan website Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh masyarakat umum.

Selain fitur keyword dan ide konten, Anda pun bisa melakukan eksplorasi lebih mendalam terkait performa dan kualitas website di Ubersuggest. Tidak seperti tools lainnya, semua fitur-fitur SEO dan analitik Ubersuggest dapat digunakan gratis, jadi dompet Anda dapat tetap hemat dan aman. Untuk lebih lengkapnya terkait fitur-fitur unggulan Ubersuggest, mari melanjutkan scrolling ke bagian berikutnya.

Artikel terkait  SEO Marketing dalam Dunia Digital | Pengertian & Konsepnya

Fitur Unggulan Ubersuggest: Cek Keyword sampai Situasi Kompetitor

ubersuggest-1

Sebagai salah satu situs web analitik terbaik, Ubersuggest tentunya memiliki beragam fitur unggulan guna mendukung aktivitas analisis dan optimalisasi website perusahaan. Yuk kenali semua fitur-fiturnya berikut ini:

Keyword dan Content Ideas

Fitur pertama adalah keyword dan content ideas untuk memperoleh ide kata kunci dan ide konten untuk dipublikasikan ke website perusahaan. Cukup dengan memasukkan satu keyword maka anda bisa memperoleh lebih banyak rekomendasi keyword berdasarkan volume dan nilai per kliknya. Sisipkan keyword ke dalam konten website Anda agar konten bisa muncul ketika dicari oleh pengguna di mesin pencari.

Mengecek Performa Website Kompetitor

Faktor selanjutnya adalah tools website analyzer untuk mengecek performa website dan keyword yang digunakan oleh kompetitor pesaing. Dengan tool ini, Anda bisa mengetahui siapa saja kompetitor perusahaan online Anda dalam hitungan detik. Cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah, yakni dengan memasukkan link website perusahaan kompetitor ke dalam kolom yang telah disediakan dan klik tombol “search”.

Hasilnya, Anda bisa menemukan statistik performa website kompetitor beserta keyword yang digunakan pada konten-konten unggulan mereka. Data ini pun nantinya dapat digunakan untuk menaikkan kualitas dari website Anda.

Mengecek Statistik Domain Web Sendiri

UberSuggest tentunya bisa digunakan untuk mengecek statistik domain Website toko online anda sendiri. Anda bisa mendapatkan informasi langsung terkait keyword organik konten website, rincian sumber traffic secara mendetail, dan jumlah total traffic yang pernah didapatkan oleh website anda. Sangat lengkap, bukan? Data-data ini bisa Anda pakai untuk melakukan optimasi performa website perusahaan.

Memperoleh Data Backlink

Fitur unggulan Ubersuggest terakhir adalah perolehan data-data backlink. Backlink merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang performa website di mesin pencari. Pun dengan fitur ini, Anda bisa melacak segala jenis backlink yang dimiliki oleh website perusahaan dengan mudah dan praktis.

Artikel terkait  Cara Cek SEO Blog untuk Menarik Pengunjung Web

Pedoman Lengkap Riset Keyword & Mengecek Keyword Kompetitor

ubersuggest-2

Sudah tidak sabar mengetahui cara riset keyword untuk optimalisasi website perusahaan sendiri? Yuk siapkan catatan Anda sembari menyimak langkah-langkah lengkap merumuskan keyword dengan Ubersuggest.

1. Tentukan Seed Keyword

Pertama, tentukan terlebih dahulu topik apa yang hendak Anda bahas dalam konten website. Topik umum ini dikenal juga dengan nama “seed keyword”. Seed keyword Anda harus sesuai dengan niche website perusahaan yang dikelola. Semisal website Anda membahas seputar bisnis online, maka seed keyword Anda harus seputar bisnis online.

2. Buka Ubersuggest Neil Patel

Setelah memiliki seed keywords, selanjutnya buka web Ubersuggest Neil Patel di neilpatel.com/ubersuggest. Agar bisa menggunakan layanan Ubersuggest sepenuhnya, Anda harus login atau memiliki akun terlebih dahulu. Lakukan login yang lebih praktis menggunakan akun Gmail.

3. Masukkan Kata Kunci dan Ganti Negara

Berikutnya, masukkan kata kunci ke dalam kolom keyword ideas. Di kolom yang sama juga terdapat keterangan negara. Untuk membuat penelusuran lebih akurat, Anda bisa mengganti keterangan negara tersebut sesuai dengan tempat Anda tinggal atau berada saat ini, seperti Indonesia. Begitu semuanya selesai terinput, cukup klik “search” atau tekan tombol enter.

4. Dapatkan Keyword

Selesai! Kini Anda sudah bisa melihat rekomendasi hasil riset keyword dari website Ubersuggest. Anda bebas memilih keyword mana saja untuk digunakan, baik berdasarkan volume, nilai harga per klik yang dimiliki oleh masing-masing keyword, dan tingkat kompetisi setiap keyword.

Sebagai catatan, untuk memudahkan pencarian konten di mesin pencari, lebih baik gunakan keyword yang tidak terlalu susah atau tidak memiliki tingkat kompetisi tinggi. Para pakar SEO biasanya merekomendasikan keyword dengan nilai kompetitif dibawah 40. Semua keyword juga dapat dieksportir menggunakan file CSV

Gampang sekali bukan, bagaimana cara mendapatkan keyword terbaik untuk mengoptimalkan konten website Anda? Selanjutnya, kami menyediakan tips bonus terkait cara memata-matai keyword milik website kompetitor.

Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda penasaran keyword apa yang digunakan oleh kompetitor dalams konten-konten terbaiknya di website. Nantinya, keyword-keyword milik kompetitor ini bisa dipakai pada konten Anda sendiri untuk menaikkan traffic website di mesin pencari Google. Berikut cara-caranya:

  1. Login ke website Ubersuggest.
  2. Masukkan link website kompetitor Anda di kolom pencarian keyword yang sama seperti di tutorial sebelumnya.
  3. Klik “search” atau enter lalu tunggu sejenak.
  4. Anda akan langsung mendapatkan hasil berupa informasi umum dari kesuksesan keyword milik website kompetitor. Selain itu terdapat pula informasi jumlah traffic website yang sukses mereka dapatkan dan informasi terkait performa website masing-masing perusahaan pesaing.
  5. Untuk mengetahui lebih rinci keyword-keyword mana saja yang unggul dalam konten pesaing, selanjutnya, Anda harus mengklik menu keyword yang terletak di bagian kiri website. Di sana sudah terdapat rincian keyword yang digunakan oleh kompetitor Anda beserta berapa besar volume dan traffic yang berhasil mereka dapat menggunakan keyword-keyword tersebut.

Mudah sekali! Sekarang, keyword-keyword yang sama bisa dapat digunakan sebagai inspirasi bahan konten di website perusahaan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait website analytics bernama Ubersuggest. Semoga bahasan kali ini mampu menambah wawasan Anda terkait analisis performa website toko dan pencarian keyword untuk konten jualan yang lebih laris. Temukan juga lebih banyak informasi menarik tentang dunia bisnis digital lainnya dari kami, ya! Terima kasih sudah membaca.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya