Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 39

Apa Itu Affiliate Lazada? Ini Cara Daftar & Tarik Komisinya!

0
affiliate-lazada

Saat ini ada banyak cara memperoleh uang gratis dari internet yang bisa Anda coba seperti Lazada Affiliate. Program ini menjanjikan komisi berlimpah hingga 15% per transaksi, lho!

Lazada adalah salah satu marketplace ternama di Indonesia. Namun tidak hanya sebagai tempat belanja online, Lazada juga menyediakan lapangan pekerjaan yang mudah untuk mendapat uang tambahan yakni “Lazada Affiliate”.

Penasaran bagaimana caranya bergabung ke program affiliate Lazada? Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait cara kerja, komisi dan tutorial pendaftaran Lazada affiliate di sini.

Cara Kerja Affiliate Lazada

affiliate-lazada-1

Cara kerja affiliate Lazada hampir mirip seperti program marketing afiliasi pada umumnya.

Tugas Anda hanyalah membagikan link produk kepada orang lain. Anda bisa menyebarkan berbagai tautan produk di sosial media atau via chat pada teman, keluarga, dan warganet lain.

Link produk afiliasi Lazada dikenal juga dengan nama “tracking link”. Tautan ini didesain khusus agar bisa mengarahkan calon pembeli ke halaman produk yang dipromosikan. Link dapat tetap aktif meski dikemas dalam berbagai bentuk konten pemasaran.

Selanjutnya Anda berhak menerima komisi jika ada orang yang membeli produk dari link yang Anda bagikan. Semakin banyak orang yang memesan maka semakin besar pula total komisi yang diraih. Pun seluruh progres penjualan, nominal saldo, invoice dan riwayat penarikan dapat dikelola mandiri di dashboard affiliate Lazada.

Jumlah Komisi Affiliate Lazada yang Menggiurkan

Berapa jumlah komisi yang ditawarkan oleh program afiliasi Lazada? Pertanyaan ini sering dicari oleh banyak orang.

Tak tanggung-tanggung, Lazada memberikan jumlah komisi affiliate yang terbesar hingga maksimal 15%. Besaran upah juga menyesuaikan dengan kategori produk yang dibeli, seperti pada tabel berikut:

Kategori Produk Lazada Komisi Lazada Affiliate
Pembeli Baru Pembeli Lama
Kebutuhan sehari-hari 7% 5%
Furnitur dan dekorasi rumah 7% 5%
Pakaian dan aksesoris fashion 7% 5%
Mainan anak-anak 7% 5%
Peralatan olahraga dan outdoor 7% 5%
Tas dan peralatan travel 7% 5%
Perkakas dan DIY 7% 5%
Perabotan kasur, kamar tidur, dan kamar mandi 7% 5%
Perabotan dapur dan makan 7% 5%
Kesehatan dan kecantikan 7% 5%
Laundry dan alat-alat kebersihan 7% 5%
ATK 7% 5%
Perawatan hewan 7% 5%
Buku, musik dan hiburan 7% 5%
Kebutuhan ibu dan bayi 3% 2%
Kebutuhan rumah tangga 3% 2%
Kamera 3% 2%
Laptop dan komputer 3% 2%
Televisi, smart-gadget (smart watch), game online, audio/video 3% 2%
Digital goods (streaming, ebook, voucher, dll) 3% 2%
Smartphone dan tablet 2% 1%
Sepeda motor 1,5% 1%

 

Affiliator juga tidak dibatasi dalam mempromosikan produk kategori apa saja. Misalnya Anda mempromosikan link produk laptop (3%), furnitur (7%) dan kitchen (5%). Jika ada konsumen yang membeli dari seluruh link, otomatis Anda langsung menerima komisi total 15%.

Tentunya program ini jauh lebih menguntungkan dibanding affiliate lain dengan persentase komisi tetap (standar; flat).

Kapan Komisi Affiliate Lazada Cair?

Komisi affiliate akan langsung dicairkan ke rekening bank Anda paling lama (maksimal) 21 hari pasca penarikan di setiap bulan. Akan tetapi, saldo Anda harus memenuhi jumlah syarat minimal terlebih dahulu:

  • Transfer lokal ke rekening bank: minimal 350 ribu rupiah (IDR)
  • Transfer internasional (bank luar): minimal 100 USD/EUR/GBP atau setara 1,5 juta rupiah (IDR).

Jika saldo affiliate belum memenuhi target, maka komisi Anda akan tetap tertahan dan diakumulasikan dengan pendapatan di bulan selanjutnya. Begitu seterusnya hingga saldo mencukupi.

Cara Cepat Mencairkan Komisi Affiliate Lazada

affiliate-lazada

Sistem Lazada secara otomatis memvalidasi transaksi yang Anda peroleh beserta persenan komisinya. Anda bisa mengecek jumlah saldo pemasukan secara praktis lewat dashboard Lazada Affiliate.

Sedangkan cara mencairkan komisi di Lazada adalah sebagai berikut:

  1. Anda akan mendapat notifikasi pesanan baru beserta nominal komisi ketika ada konsumen yang membeli produk lewat link Anda. Status dana Anda dalam tahap ini adalah ‘PENDING’.
  2. Seluruh komisi yang masuk divalidasi dan direkap oleh sistem.
  3. Apabila transaksi sukses terselesaikan, status dana akan berubah menjadi ‘APPROVED’ dan masuk ke dashboard. Jika sebaliknya, komisi akan berstatus ‘FAILED’ dan tidak terhitung.
  4. Rekapan invoice afiliasi akan muncul otomatis di dashboard setiap bulan.
  5. Untuk memulai penarikan, masukkan rekening bank Anda terlebih dahulu ke menu yang tersedia di dashboard.
  6. Komisi yang telah memenuhi syarat akan langsung ditransfer otomatis ke rekening paling lama 21 hari usai pencairan.

Tutorial Bergabung ke Lazada Affiliate untuk Pemula

Program afiliasi Lazada terbukti sangat menguntungkan sekali bukan? Nah untuk Anda yang tertarik bergabung bisa langsung mencoba tutorial mendaftar affiliate Lazada berikut ini:

  1. Buka browser Anda di smartphone atau laptop.
  2. Klik halaman program Lazada Affiliate di https://adsense.lazada.co.id/.
  3. Login ke akun Lazada Anda.
  4. Apabila belum memiliki akun Lazada, Anda dapat mendaftarkan diri dengan mengklik tombol “Sign Up”. Lengkapilah data diri Anda di form dan klik “Daftar”.
  5. Anda akan diarahkan otomatis ke laman registrasi Lazada Affiliate. Begitu Anda memulai proses pendaftaran ini, sistem akan mengirimkan kode verifikasi otomatis ke email Anda yang terhubung dengan akun Lazada.
  6. Masukkan email dan kode verifikasi tersebut, lalu klik “Continue”.
  7. Lanjutkan dengan melengkapi identitas diri sebenar-benarnya di kolom “Basic Information”. Identitas ini mencakup:
  • Nama depan dan nama belakang (sesuai KTP).
  • Member type (Anda bisa pilih ‘Individual’).
  • Tanggal lahir.
  • Gender
  • Bukti identitas diri (KTP).
  1. Klik “Continue” jika seluruh data diri telah terisi lengkap.
  2. Pilih jenis akun yang akan digunakan untuk menyebarkan link afiliasi (sosial media, blog atau website). Masukkan juga link URL username sosmed/blog/website Anda.
  3. Terakhir, baca seluruh syarat dan ketentuan afiliator Lazada lalu klik “Submit Now”.

Seluruh data akan diproses dan divalidasi kembali oleh tim. Tunggu sejenak hingga muncul notifikasi pendaftaran telah sukses dilakukan. Setelah itu barulah Anda bisa memilih produk dan membagikannya ke sosial media/web/blog dan sejenisnya.

Anda juga dapat langsung mencantumkan informasi bank untuk menarik komisi saat proses pendaftaran. Namun langkah ini bersifat opsional, Anda bisa mengisinya nanti kalau saat ini masih belum mempunyai rekening bank sendiri. Selamat mencoba!

Demikianlah serba-serbi lengkap seputar cara kerja, jumlah komisi beserta cara pendaftaran program affiliate Lazada. Sangat mudah, bukan? Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips dan trik bisnis online kekinian lainnya hanya dari MARKEY. Yuk baca gratis ratusan artikelnya sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

0
jualan-online-yang-lagi-hits

Apa ide jualan online yang lagi hits di tahun ini? Nah, artikel kali ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis online kekinian!

Membuka bisnis online dapat menjadi strategi yang baik untuk menambah pemasukan. Masalahnya, masih banyak orang bingung menentukan ide atau produk jualan yang terbaik.

Apakah Anda juga mengalami kendala serupa? Tenang, kami sudah merangkum ide-ide jualan online terbaik yang lagi viral di tahun ini. Semuanya bisa langsung Anda coba dari rumah tanpa perlu mengumpulkan banyak modal.

15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits dan Beromset Besar, Wajib Coba!

jualan-online-yang-lagi-hits

Inilah dia 15 ide jualan online yang lagi hits, menjanjikan omset besar, dan bisa dimulai tanpa banyak modal di tahun ini. Yuk langsung disimak bersama listnya!

1. Frozen Nugget Ayam Sayur

Ide jualan online pertama adalah frozen nugget ayam sayur. Lauk olahan satu ini mulai menjadi buah bibir di sosial media karena praktis dan bergizi tinggi. Menu ini juga membantu para ibu untuk membiasakan anak-anak mereka mengonsumsi sayuran.

Nugget ayam sayur bisa Anda buat sendiri di rumah lalu jual online di sosmed. Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan sehari-hari: cukup blender daging ayam cincang dengan aneka sayur-mayur sesuai selera Anda.

Selanjutnya, bentuk nugget menjadi bola atau kotak dan bekukan di freezer. Packing nugget ke dalam plastik yang bersegel kuat agar produk tidak rusak selama proses pengiriman.

2. Camilan Korea Beku (Tteokbokki, Corndog, Hottang, Dll)

Film drama Korea tidak hanya membuat para penontonnya baper, tetapi juga ngiler ingin mencoba makanan-makanan khas yang ditampilkan seperti corndog, tteokbokki, hottang, dan ramen. Kabar baiknya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Korea hanya untuk mencicipi makanan tersebut.

Kini sudah ada banyak resep camilan Korea lezat yang bisa dibuat memakai bahan-bahan lokal. Mirip seperti ide sebelumnya, Anda bisa membuat sendiri camilan Korea dan menjualnya dalam bentuk beku (frozen).

3. Jualan Aplikasi Premium

Berikutnya ada ide jualan online berupa aplikasi premium, seperti Netflix, Spotify, dan Canva. Bisnis ini sangat mudah dijalankan secara online serta tidak memakan banyak modal.

Layanan-layanan streaming memang sedang banyak diminati, namun, tidak semua orang mengerti cara berlangganannya. Ada juga yang tidak bisa memakai app prem karena tidak memiliki kartu kredit sebagai syarat berlangganan.

Di sinilah peluang Anda untuk menjadi jasa subscription aplikasi premium. Misalnya membuka sharing akun streaming dengan harga murah per bulan.

4. Sarung Bantal dan Seprei Aesthetic

Item dekorasi dan furnitur rumah tangga juga tidak ketinggalan dari list ini. Aneka sarung bantal, seprei serta selimut aesthetic mulai menjadi incaran di berbagai ecommerce, lho!

Permintaan atas seprei dan sarung bantal aesthetic mencuat akibat konten-konten bedroom make-over yang viral di sosial media. Konsumen, khususnya anak muda, mulai tertarik mendekorasi kamar tidur mereka supaya terlihat lebih rapi, minimalis serta estetik seperti di film-film.

Selain itu, penjualan sarung bantal juga semakin menjanjikan setelah tumbuhnya kepekaan warga terhadap kesehatan kulit. Orang-orang membeli banyak sarung dan seprei supaya mereka bisa rajin mengganti alas tidur untuk menghindari jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Wewangian (Parfum, Scented Candle, Essential Oil)

Rekomendasi produk hits berikutnya adalah aneka wewangian seperti parfum, essential oil dan scented candle. Produk wewangian ini bermanfaat sebagai pengharum badan, ruangan, mobil, hingga metode relaksasi.

Sayangnya, memproduksi item wewangian sendiri masih cukup sulit. Namun tidak perlu bersedih, Anda masih bisa berjualan aneka parfum melalui metode reseller di online shop.

6. Skincare

Siapa yang tidak mengenal produk-produk skincare? Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas pecinta skincare dari berbagai kalangan. Alhasil bisa dikatakan bahwa skincare sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat kekinian.

Omset bisnis ini juga tidak main-main. Sudah banyak orang sukses mendapat pemasukan ribaun hingga jutaan dari berjualan skincare di ecommerce. Anda sendiri dapat mencoba memasarkan aneka produk kosmetik dari brand lokal maupun luar.

Namun jangan lupa untuk mempelajari isi kandungan skincare dan mencocokkannya dengan kebutuhan konsumen Anda supaya proses pemasaran berlangsung tepat sasaran.

7. Rice Bowl

Untuk Anda yang punya hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba ide jualan online yang lagi viral ini: bisnis rice bowl. Rice bowl adalah paket mangkuk nasi lengkap dengan aneka lauk pauk di dalamnya.

Makanan ini banyak diburu karena praktis, bergizi, dan bisa disantap sebagai sarapan, bekal makan siang, ataupun makan malam yang murah. Anda dapat memasarkan aneka menu rice bowl buatan rumah di sosmed/ecommerce, lalu menjualnya dengan sistem online delivery.

8. Fashion (Pakaian dan Aksesoris)

Fashion adalah ide jualan online yang lagi hits yang wajib Anda coba. Mengapa? Banyak survey digital marketing membuktikan bahwa bisnis fashion tidak pernah mati di masyarakat, termasuk ketika pandemi Covid-19 melanda dunia akhir-akhir ini.

Hal ini masuk akal mengingat pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Alhasil tidak heran jika usaha-usaha fashion dapat meraup untung hingga puluhan juta dengan mudah. Apalagi perkembangan sosmed dan ecommerce kekinian turut mempermudah pemasaran produk fashion saat ini.

Meski begitu, bisnis ini bisa sangat menantang karena perkembangan trend fashion yang super cepat. Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba menjual produk-produk fashion seperti:

  • Busana wanita (blouse, kulot, dress, dll).
  • Kaos dan kemeja untuk pria.
  • Aneka celana jeans dan kain.
  • Pakaian anak-anak.
  • Baju setelan (seragam), hoodie, jaket.
  • Aksesoris pendukung pakaian (syal, pin, cardigan, sepatu, sandal, cincin, kalung, dll).

9. Snack Kiloan

Warga Indonesia terkenal sebagai juaranya ngemil. Camilan selalu menjadi pilihan terbaik untuk menemani waktu kerja, belajar, atau bersantai. Dengan kata lain, Anda punya peluang besar untuk berbisnis snack camilan kiloan.

Snack kiloan mulai viral karena menawarkan porsi besar dengan harga murah. Ragam varian camilan besar ini juga banyak, mulai dari snack yang gurih, pedas hingga manis. Beberapa contoh snack kiloan yang sedang populer saat ini adalah:

  • Biskuit cokelat seperti oreo crumbs.
  • Mie lidi pedas.
  • Makaroni asin dan pedas.
  • Kue-kue kering.
  • Kerupuk ikan.
  • Keripik kulit ayam, dan masih banyak lagi.

10. Frozen Instant Food (Seblak, Baso Aci, Dll)

Menjual aneka frozen instant food seperti seblak, baso aci, cimol dan mie juga merupakan ide jualan online yang lagi hits. Anda bisa menemukan banyak distributor frozen food di e-commerce yang produknya bebas dijual kembali.

Ide bisnis ini pun dijamin laris manis, sebab semua orang suka menyantap makanan siap saji yang murah meriah. Data dari Google Trend juga memperlihatkan bahwa penjualan frozen food selalu stabil dari tahun ke tahun.

11. Merchandise K-Pop dan Anime

Masyarakat Indonesia tengah dilanda demam K-Pop dan anime. Jadi mengapa tidak memanfaatkan fenomena ini dengan berjualan merchandise K-pop dan anime?

Merchandise atau pernak-pernik fandom menjadi item yang wajib dikoleksi oleh para remaja kekinian. Ada banyak sekali contoh merch K-pop dan anime yang bisa Anda buat sendiri dan jual, seperti:

  • Totebag custom.
  • Photocards
  • Standee akrilik.
  • Boneka
  • Lightstick K-pop.
  • Kaos anime.
  • Album, sticker, pin, case hp dan lain-lain.

Namun Anda harus stay up to date agar tidak ketinggalan info item K-pop dan anime yang sedang hits saat ini. Selain itu, buatlah merchandise yang berkualitas supaya produk Anda tidak mengecewakan konsumen.

12. Reseller Case HP Custom

Pesatnya perkembangan smartphone android dan iOS melahirkan kebutuhan berupa casing HP custom, khususnya dari konsumen milenial. Case HP lucu menjadi item tambahan wajib untuk melindungi ponsel sekaligus meningkatkan nilai estetikanya.

Anda bisa memulai bisnis case HP dengan menjadi reseller atau dropshipper. Cukup cari distributor casing yang menarik di e-commerce, kemudian pasarkan ulang produk-produk mereka dengan harga baru. Disarankan untuk berjualan di e-commerce atau sosmed karena lebih mudah dijangkau pembeli.

13. Es “Kopsu” (Kopi Susu) Kekinian

Es “Kopsu” (kopi susu) juga masuk ke list rekomendasi ide jualan online yang lagi hits tahun ini. Minuman segar dan manis ini mulai ramai diminati masyarakat terutama semenjak pandemi.

Bagusnya lagi, peluang bisnis es kopsu tidak memerlukan banyak modal. Anda tidak perlu repot membuka kedai mewah, cukup buat minumannya di rumah sesuai resep lalu pasarkan secara online.

Anda juga bisa menjual es kopsu rumahan di aplikasi food delivery untuk mempermudah konsumen saat memesan.

14. Hijab Pashmina

Selain fashion umum, Anda juga bisa meraup banyak cuan dengan menjual hijab pashmina. Produk ini sangat diminati oleh wanita-wanita Muslim se-Indonesia mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Hijab pashmina menjadi viral karena kualitasnya yang premium, lembut, dan murah harganya. Warna-warni kain hijab yang tersedia juga cukup beragam dan menarik seperti warna pastel. Alhasil tak heran kalau produk ini selalu diburu oleh masyarakat baik di hari biasa maupun menjelang hari raya Idul Fitri.

15. Endorse ala Content Creator

Ide jualan online yang lagi hits terakhir adalah menjadi content creator lalu mengumpulkan adsense dan endorse. Selain menguntungkan, profesi ini juga sangat menyenangkan, lho.

Pasalnya, Anda bisa berkarya sesuai passion sembari berjualan produk alias melakukan endorsement. Keuntungan Anda pun bisa berlipat ganda dari iklan adsense serta jualan endorse. Belum lagi kesempatan emas lain yang mungkin Anda peroleh seperti menjadi brand ambassador.

Tertarik mencoba? Nah, Anda bisa mulai dengan membuat konten edukatif atau lucu sesuai passion masing-masing.

Misalnya Anda mencintai dunia skincare dan kosmetik. Maka dari itu, Anda bisa mulai berkonten dengan mereview produk-produk skincare populer. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mulai memasarkan produk dalam video (seperti TikTok affiliate) atau merilis brand skincare sendiri.

Demikianlah 15 ide jualan online yang lagi hits dan bisa Anda coba dari rumah. Gali juga beragam tips dan trik digital marketing sukses di MARKEY supaya bisnis online Anda lebih lancar! Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

0
cara foto makanan untuk jualan online

Ingin bisnis makanan Anda kebanjiran order? Ikuti 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini, dijamin bikin konsumen tergoda mencicipi!

Tampilan makanan dan minuman yang lezat selalu ampuh memikat perhatian konsumen. Kesegaran komposisi makanan dapat dengan mudah memicu rasa lapar sehingga orang-orang tertarik memesan di resto Anda.

Maka dari itu, memfoto produk makanan tidak bisa sembarangan. Buat yang belum tahu bagaimana cara foto makanan untuk jualan online, berikut kami punya tips rahasianya secara lengkap. Yuk langsung disimak!

15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online dengan Smartphone

cara-foto-makanan-untuk-jualan-online

Membuat katalog makanan yang bagus sekarang tidak mesti menggunakan kamera DSLR canggih. Cukup gunakan smartphone Anda saja dibarengi 15 cara foto makanan untuk jualan online berikut ini:

1. Foto Makanan yang Masih Segar atau Panas

Tips pertama, fotolah makanan yang masih segar atau masih panas, alias, baru keluar dari kompor. Kondisi makanan yang segar tentu akan menjadikan foto katalog lebih menggugah selera. Anda sendiri pastinya lebih menikmati makanan yang masih panas daripada dingin dan melempem, bukan?

2. Sajikan dalam Porsi Kecil

Sangat disarankan untuk memfoto makanan dalam porsi yang kecil atau secukupnya saja. Audiens bisa lebih gampang fokus menikmati foto hidangan yang porsinya pas.

Bahkan ada juga fotografer makanan yang meyakini, “Semakin sedikit sajian makanan di piring, maka semakin baik.” Anda juga bisa menambahkan properti seperti sendok dan garpu di sekitar piring agar hasil foto tidak terlalu sepi.

3. Utamakan Pencahayaan Alami

Gunakan pencahayaan alami (sinar matahari) supaya hasil foto makanan tampak natural dan memikat. Namun jika situasi tidak memungkinkan, Anda dapat menyiasatinya dengan cahaya lampu dan reflector.

Jangan pernah menggunakan flash kamera karena akan menjadikan foto terlalu terang, susah diedit, dan kurang alami. Lebih baik soroti objek dengan lampu, lalu perbaiki pencahayaannya di aplikasi pengedit foto seperti Photoshop.

4. Maksimalkan Cahaya dengan White Paper

Sudah menggunakan cahaya alami tapi masih ada bayang-bayang gelap? Tenang, Anda bisa memaksimalkan kualitas sinar dengan kertas putih (white paper).

White paper terbukti ampuh mengurangi bayangan yang timbul akibat pencahayaan alami yang terlalu keras dari satu arah. Pasang kertas di bawah objek (sebagai background), lalu ia akan memantulkan sinar dan menghapus bayang-bayang objek di foto.

5. Sisakan Ruang dalam Foto

Salah satu kesalahan umum ketika membuat foto katalog makanan adalah tidak memberikan ruang (space). Sebaiknya berikan ruang kosong di sisi kiri, kanan, atas dan bawah untuk memudahkan proses editing foto seperti men-crop atau menyisipkan tulisan.

6. Tentukan Angle Foto

Angle atau sudut pengambilan gambar selalu menjadi pertimbangan dalam setiap pemotretan, termasuk foto makanan. Model angle foto pun bisa bermacam-macam, seperti landscape, potrait, atau miring dalam beberapa derajat saja.

Lalu bagaimana cara menentukan angle foto yang bagus? Sejatinya tidak ada aturan baku mengenai bentuk angle yang pas. Fotograferlah yang berhak menentukan sudut kemiringan pengambilan gambar masing-masing.

Namun untuk pemula, Anda bisa menentukan angle gambar dengan cara sederhana berikut:

  1. Posisikan makanan di bagian tengah kamera.
  2. Untuk mempermudah, aktifkan mode grid di kamera, lalu posisikan menu di kotak bagian tengah.
  3. Jepret gambar dan lakukan cropping sesuai kebutuhan.
  4. Lakukan eksplorasi dengan mencoba memotret menu dari berbagai sisi: atas, sisi kanan, kiri, agak miring, tegak lurus, dan lain-lain.

7. Pakai Rumus KKB (Kanan Kiri Belakang)

Rumus KKB (kanan, kiri dan belakang) adalah cara foto makanan untuk jualan online yang populer diterapkan. Seperti apa trik KKB ini?

KKB adalah rincian jarak proporsional untuk foto produk, yaitu kiri 9 cm, kanan 3 cm dan belakang 12 cm. Angka-angka ini masih bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, angle, dan tingkat ketajaman cahaya yang digunakan.

Namun jangan sampai Anda memotret makanan dari depan karena hasilnya cenderung kurang baik.

8. Tonjolkan Komposisi Makanan

Cara foto makanan untuk jualan online yang berikutnya adalah dengan menonjolkan komposisi menu Anda. Misalnya Anda memfoto minuman es kopi susu. Di sekitar gelas es kopi susu tersebut, Anda dapat meletakkan bahan-bahan dasarnya yakni biji kopi.

Atau Anda ingin mempromosikan camilan pie buah. Supaya foto lebih memikat, usahakan buah-buah lezat sebagai topping pie tersorot kamera dengan sempurna.

9. Potret dari Atas

Anda boleh memfoto menu dari sisi mana saja, namun angle terbaik tetaplah dari atas. Banyak orang sudah membuktikan teori ini.

Pengambilan foto makanan dari sisi atas akan menjadikan hasil jepretan lebih jelas, detil dan menyeluruh. Anda dapat mengaplikasikan cara ini untuk berbagai item makanan, seperti sop, kopi, mie, kue-kue, buah, pizza dan seterusnya.

Khusus hamburger, lebih disarankan untuk menjepretnya dari sisi samping agar komposisi dan kelezatannya lebih mudah tertangkap kamera.

10. Mainkan Fitur Kamera Smartphone

Hampir semua smartphone kekinian memiliki fitur kamera lengkap dan canggih. Pun tak jarang fitur-fitur tersebut berkualitas setara dengan kamera profesional.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali seluruh fitur yang ada di kamera ponsel Anda sebelum memotret. Beberapa fitur kamera HP yang sering digunakan untuk memfoto produk makanan adalah:

  • Grid: membantu menempatkan objek di tengah frame foto.
  • Aspek ratio: perbandingan panjang dan lebar foto.
  • Titik fokus: memfokuskan cahaya dan eksposur pada objek utama.
  • HDR: menjadikan hasil foto tampak lebih terang dan hidup.
  • Scene: berisi filter bawaan untuk memaksimalkan kualitas jepretan foto.
  • Mode manual: mengaktifkan ISO, bukaan lensa dan kecepatan rana.
  • Dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda temukan, tergantung pada merk smartphone masing-masing.

Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan lensa kamera supaya tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Dengan begini hasil foto Anda bisa jadi lebih jernih.

11. Pakai Fitur Wide Lens

Salah satu fitur yang direkomendasikan untuk fotografi makanan adalah wide lens (lensa wide). Fitur wide lens akan menjaga resolusi gambar supaya tidak mudah pecah ketika di-zoom. Anda wajib memanfaatkannya, terutama untuk memotret detil isian makanan dalam jarak dekat.

12. Jepret Saat Chef Beraksi

Beberapa orang berkreasi dengan menambahkan sedikit ‘aksi’ dalam foto makanan mereka. Strategi ini dapat menambah daya tarik foto serta keinginan konsumen untuk mencicipi makanan Anda.

Aksi yang dimaksud pun bisa beragam. Misalnya foto ilustrasi tangan sedang memarut keju di atas cheese cake; tangan barista yang membentuk latte art di kopi susu hangat; atau chef yang meniriskan ayam goreng krispi dari wajan penggorengan.

13. Buat Dekor Simpel di Sekitar Objek Utama

Berikan dekorasi simpel di sekitar hidangan Anda agar hasil foto tampak lebih menarik. Anda dapat menambahkan alat peraga sederhana saja, seperti pisau, sendok, sumpit atau garpu.

Yang terpenting adalah menyesuaikan dekorasi dengan tema foto katalog makanan. Misalnya foto Sushi ala Jepang dilengkapi dengan seperangkat sumpit dan piring kecil berisi saus Wasabi.

Selain itu, atur juga jarak antar alat peraga agar tidak terlalu dekat atau jauh dari menu utama. Singkirkan objek-objek lain yang tidak relevan supaya tidak mengganggu pemandangan.

Tips tambahan :

  • Pakai alat peraga yang sederhana, bermotif polos dan tidak mencolok. Jangan sampai perhatian audiens justru teralihkan dari makanan ke alat peraga.

14. Terapkan Filter Terbaik

Anda boleh saja menggunakan filter saat memfoto hidangan. Akan tetapi, jangan pakai filter yang terlalu kaya efek atau kontras karena dapat mengubah wujud menu secara drastis. Contohnya seperti filter B&W (Black and White), Sepia, Vintage, dan lain-lain.

Pilihlah filter yang bisa memperbaiki warna, cahaya, atau mempertajam fokus objek. Misalnya seperti efek HDR.

15. Selalu Gunakan Latar yang Simpel

Cara foto makanan untuk jualan online yang terakhir adalah selalu menggunakan latar yang simpel. Hindari pemakaian background yang ramai, penuh pernak-pernik, atau terlalu warna-warni karena dapat mengaburkan fokus pada objek utama.

Sedangkan background yang polos dan bersih dapat mempertajam fokus menu. Alhasil katalog Anda bisa lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

Nah, itulah 15 cara foto makanan untuk jualan online yang bisa Anda coba. Segera praktekkan tips-tips di atas agar foto katalog makanan Anda lebih kuat memikat konsumen, ya. Selamat mencoba!

Temukan juga lebih banyak tips, inspirasi dan inovasi menarik bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Seperti Apa Perencanaan Promosi yang Akurat? Ini 8 Tipsnya!

0
perencanaan promosi

Perencanaan promosi harus dipersiapkan dengan matang agar bisnis online Anda lebih cepat menarik keuntungan. Nah, berikut ini juga ada 8 tips perencanaan promosi bisnis online terbaik yang wajib Anda coba!

Semua usaha pasti perlu melakukan promosi, termasuk toko-toko online. Hanya dengan cara inilah produk atau jasa online Anda lebih cepat dikenal masyarakat.

Sayangnya, tidak semua orang menguasai cara menyusun strategi promosi yang tepat dan menghasilkan. Apakah Anda juga masih bingung?

Tenang, inilah ulasan lengkap cara membuat rencana promosi olshop yang sudah terbukti ampuh menggaet konsumen. Yuk langsung scroll ke bawah!

Apa Itu Perencanaan Promosi?

Perencanaan promosi adalah serangkaian proses optimalisasi strategi dan sumber daya marketing Anda. Adapun tujuan perencanaan promosi adalah meningkatkan jumlah pembelian produk/jasa sehingga perusahaan dapat mencapai goals yang diinginkan.

Selain itu, rencana promosi juga membantu menciptakan strategi marketing yang efisien dan tepat sasaran. Bisnis dengan strategi promosi yang baik cenderung terhindar dari pemborosan biaya serta masalah-masalah marketing lainnya.

8 Langkah Perencanaan Promosi Bisnis Online Anti Gagal

perencanaan-promosi

Sudah siap menyusun rencana promosi bisnis? Masih bingung darimana sebaiknya mulai menyusun sebuah rencana promosi?

Gunakan pedoman lengkap berikut ini agar strategi promosi Anda kian tepat sasaran, yuk simak sampai habis!

1. Menganalisis Kebutuhan Promosi

Tahap paling pertama dalam membuat rencana promosi adalah menentukan kebutuhan pemasaran Anda. Masih banyak orang melewatkan step ini, sehingga promosi menjadi kurang terarah serta tidak nampak hasilnya.

Kebutuhan promosi bisnis umumnya menyangkut:

  • Tipe jasa atau barang (produk) yang hendak dipromosikan.
  • Calon target konsumen atau audiens yang dituju oleh promosi.
  • Pesan atau informasi utama yang ingin disampaikan.
  • Alat-alat atau aplikasi analisis yang akan digunakan untuk mengukur hasil kampanye.
  • Jumlah anggaran biaya promosi.
  • Bentuk strategi promosi dan media yang hendak digunakan.
  • Durasi waktu promosi.
  • Hasil (goal) yang hendak dicapai melalui kampanye.

Dengan mengetahui seluruh informasi dasar ini, Anda dapat lebih mudah membayangkan alur promosi yang tepat sekaligus menghindari aksi pemborosan sumber daya marketing (waktu, biaya, dan tenaga).

2. Buat Goals Promosi

Langkah selanjutnya, susun target alias goals promosi Anda. Target dapat menjadi tolak ukur dalam proses evaluasi kampanye nantinya.

Semisal goal promosi Anda adalah menjual 500 produk seminggu. Kemudian, Anda bisa mengecek keberhasilan promosi dengan mencocokkan angka penjualan yang diperoleh usai kampanye. Jika transaksi mencapai 500 (sesuai goal) atau bahkan lebih, itu artinya promosi Anda berjalan sukses begitupun sebaliknya.

Target kampanye bisa berbeda-beda sesuai keinginan Anda selaku marketer. Beberapa contoh goal perencanaan promosi adalah :

  • Menambah jumlah followers.
  • Meningkatkan eksposur atau brand awareness bisnis.
  • Meningkatkan angka penjualan dan omset.
  • Mendorong transaksi dari konsumen lama.
  • Menjaring pembeli-pembeli baru.
  • Mengungguli kompetitor dengan meningkatkan jumlah pengguna produk/jasa.
  • Dan masih banyak lagi.

Tips tambahan :

  • Buatlah goal yang rinci dan konkret agar lebih mudah dijalankan dan dicapai.
  • Jangan menerapkan terlalu banyak target pemasaran karena dapat membuyarkan fokus promosi. Cukup pilih 2-3 target untuk setiap kampanye.
  • Sesuaikan bentuk dan strategi promosi dengan tujuan.

3. Merancang Perencanaan Promosi

Apabila Anda sudah mengetahui target dan kebutuhan promosi, kini tiba waktunya untuk merancang rencana pemasaran. Proses ini mencakup teknis kampanye yang akan dilakukan kelak.

3.1 Menentukan Durasi Promosi

Tentukan berapa lama waktu promosi yang ingin dilakukan. Setiap perusahaan memiliki timeline pemasaran yang berbeda-beda, tergantung pada goals yang hendak dicapai.

Semisal Anda ingin menambah awareness toko di masyarakat. Proses penumbuhan image bisnis tentu tidak bisa secepat kilat, sehingga Anda perlu melakukan promosi secara kontinyu dan lama.

Tapi kalau Anda ingin menjual produk dengan sistem flash sale atau diskon terbatas, proses pemasarannya bisa berlangsung lebih cepat.

Tips tambahan :

  • Tentukan juga waktu pengunggahan atau penayangan iklan Anda. Sebisa mungkin terbitkan iklan di prime time jam terbaik ketika konsumen paling aktif menyimak sebuah media.

3.2 Memilih Alat dan Media Promosi

Bagaimana konten promosi akan disebarkan ke audiens? Itulah yang menjadi fokus utama Anda di sini.

Saat ini ada banyak alat dan media yang dapat digunakan untuk berpromosi. Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus jeli dalam memilih.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran yang lebih cepat, luas dan murah, maka cobalah memakai media online seperti sosial media, website, email, ecommerce dan iklan online.

Namun kalau Anda ingin menjangkau target konsumen tertentu, menggunakan media pemasaran offline sejenis baliho, TV, koran dan brosur adalah pilihan terbaik.

Tips tambahan :

  • Selalu sesuaikan media pemasaran dengan target audiens Anda. Gaya pendekatan pada konsumen di desa dan kota tentu akan berbeda, begitu juga model iklan yang disukai remaja dan orang tua akan berlainan.

3.3 Personalisasi Pesan Promosi

Jangan lupa cantumkan pesan yang menggugah dalam setiap konten promosi Anda. Iklan Anda akan kurang menarik tanpa adanya pesan yang memikat.

Gunakan bahasa yang lugas dan to the point supaya isi pesan bisa langsung dipahami audiens. Anda juga dapat mengemas pesan memakai CTA (call to action) dan copywriting.

Tips tambahan :

  • Jadikan solusi masalah audiens sebagai pesan utama iklan. Misalnya, “Serum penyembuh jerawat 5x lebih cepat, bikin lebih pede depan doi!” atau “Mau makan enak akhir bulan? Cus ada promo beli 1 gratis 1 hanya hari ini!”

4. Merancang Budget Promosi

Merancang taktik promosi juga mencakup proses pembuatan budget yang efisien. Langkah ini sebaiknya jangan dilewatkan demi mencegah pemborosan dana.

Banyak bisnis berakhir gulung tikar akibat salah kaprah. Mereka menganggap memperbesar dana promosi sebagai bentuk optimalisasi marketing. Padahal hasil yang diperoleh belum tentu sebanding dengan biaya yang keluar.

Membakar terlalu banyak modal hanya untuk promosi dapat merusak sistem serta menghambat laju bisnis. Sebaiknya tentukanlah budget iklan dengan memperhitungkan hal-hal dasar seperti :

  • Laporan hasil pemasukan/pendapatan dari iklan.
  • Target pemasaran.
  • Durasi waktu pemasaran.
  • Media promosi.
  • Daya jangkau iklan.
  • Faktor-faktor tak terduga yang perlu diantisipasi oleh bisnis Anda.

Tips tambahan :

  • Manfaatkan aplikasi perancangan budget atau software akuntansi untuk mempermudah menyusun anggaran marketing.
  • Apabila Anda sudah pernah mengadakan kampanye iklan sebelumnya, gunakanlah laporan tersebut sebagai bahan referensi penyusunan budget berikutnya.

5. Belajar dari Kompetitor Bisnis

Tidak ada salahnya untuk belajar atau memetik inspirasi dari strategi iklan kompetitor. Langkah ini sangat disarankan, khususnya bagi pemula yang belum banyak memiliki pengalaman mengadakan kampanye.

Cobalah untuk mengamati para pesaing Anda, kemudian cari tahu cara mereka memasarkan produk/jasanya. Dari sini Anda dapat mengumpulkan lebih banyak ide atau trend yang sedang viral sebagai bahan inspirasi konten promosi.

Tips tambahan :

  • Anda boleh belajar dari pesaing, namun jangan sekali-kali mencontek konten mereka hingga mirip 100%. Tindakan ini merupakan aksi plagiat dan dapat merusak nama baik brand.
  • Pilihlah brand-brand yang memang setipe atau mempunyai niche bisnis sama dengan Anda. Ini karena target konsumen mereka pasti mirip dengan Anda sehingga pendekatan marketingnya jauh lebih pas.

6. Lakukan Uji Coba

Seluruh rancangan promosi Anda sudah hampir siap! Sekarang Anda perlu melakukan uji coba sebelum benar-benar memulai kampanye.

Mengapa perencanaan promosi wajib diuji coba? Tindakan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang tak disadari dalam iklan. Anda juga bisa segera memperbaiki masalah tersebut demi mencapai hasil akhir yang lebih baik.

Uji coba rencana marketing mencakup poin-poin berikut ini:

  • Efektivitas pemakaian budget modal.
  • Daya kemampuan konten memikat konsumen (baik itu copywriting deskripsinya, foto atau video iklan).
  • Tingkat respon audiens pada konten.
  • Keakuratan isi iklan (menghindari kesalahan ejaan, editing, dan memastikan tidak ada elemen dalam iklan yang bersifat menyinggung).

7. Mulai Berkampanye!

Inilah waktu yang kita tunggu-tunggu! Anda boleh mulai menjalankan kampanye begitu strategi promosi dinyatakan lolos proses uji coba.

Perhatikan juga lead time dan sell in time yang berlangsung selama masa promosi. Lead time adalah durasi yang dibutuhkan dari proses pemesanan bahan baku hingga kedatangannya.

Sementara sell in time adalah periode dari pertama kali konten iklan dirilis sampai terjadinya penjualan. Angka lead time bisa bersifat tetap maupun tidak, sedangkan persentase ukuran sell in time umumnya mencapai 90-95% transaksi.

8. Lakukan Evaluasi

Proses terakhir dari menyusun strategi promosi adalah melakukan evaluasi akhir. Evaluasi bertujuan untuk memeriksa ketercapaian target kampanye. Jika evaluasi menunjukkan hasil negatif, maka Anda perlu mengganti strategi pemasaran ke depannya—begitu juga sebaliknya.

Tips tambahan:

  • Manfaatkan aplikasi analisis manajemen untuk mempermudah mengolah data kampanye dengan akurat.
  • Gunakan target promosi sebagai acuan keberhasilan promosi.
  • Pilih metode perhitungan kuantitatif dalam evaluasi untuk memperoleh kesimpulan yang benar.
  • Disarankan untuk mengesampingkan faktor-faktor eksternal (di luar kendali bisnis) seperti bencana alam, resesi, permintaan musiman, dan lain-lain demi mendapat hasil yang objektif.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar perencanaan promosi bisnis online. Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera ramaikan online shop Anda dengan mencoba tips-tips di atas!

Gali lebih banyak tips, strategi dan inspirasi bisnis online gratis hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terbarunya sekarang juga di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sayonara!

9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis

0
Rencana pemasaran produk makanan

9 rencana pemasaran produk makanan online berikut ini sudah terbukti ampuh meningkatkan omset penjualan. Penasaran apa saja strateginya? Tenang, kami punya seluruh jawabannya lengkap untuk Anda di sini!

Berbisnis makanan tidak cukup dengan mengandalkan kekuatan rasa atau tampilan saja. Anda harus memiliki serangkaian rencana pemasaran produk makanan agar bisnis laris-manis diburu pembeli setiap hari.

Sayangnya, masih sedikit yang tahu cara mempromosikan bisnis makanan online yang menarik. Nah, 9 tips berikut ini dapat Anda jadikan pedoman baru dalam memasarkan produk makanan di toko online. Yuk langsung disimak!

9 Rencana Pemasaran Produk Makanan di Toko Online : Simpel, Murah dan Ampuh

rencana pemasaran produk makanan

Bisnis makanan online Anda masih terpantau sepi? Jangan khawatir, masih belum terlambat untuk memperbaiki keadaan.

Anda hanya perlu mengaplikasikan 9 rencana pemasaran produk makanan online simpel di bawah ini demi mendatangkan lebih banyak konsumen:

Baca juga : 15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

1. Mempelajari Target Konsumen

Mempelajari target konsumen adalah rencana pemasaran produk makanan yang harus dilakukan paling pertama. Anda wajib untuk sudah mengetahui siapa konsumen sasaran sebelum memulai promosi.

Mengapa begitu? Taktik pemasaran wajib menyesuaikan dengan target konsumen supaya berhasil memikat perhatian. Anda sendiri pasti juga tidak tertarik membeli makanan yang bukan selera Anda, ‘kan?

Setiap konsumen faktanya mempunyai selera makanan masing-masing. Semakin tepat metode promosi dan produk dengan keinginan masyarakat, otomatis semakin besar pula peluang mereka untuk berbelanja.

Beberapa hal yang wajib dicari tahu ketika mempelajari target konsumen adalah:

  • Lokasi/domisili konsumen.
  • Gender atau jenis kelamin.
  • Latar belakang (pekerjaan atau pendidikan).
  • Kebiasaan pola makan (apakah konsumen cenderung menikmati makanan pedas, bersantan, organik, dan lain-lain).
  • Gaya belanja (apakah konsumen lebih suka datang langsung ke resto atau pesan online).

2. Pakai Kemasan yang Eye Catching

Contoh sederhana lain dari rencana pemasaran produk makanan adalah kualitas kemasan produk. Banyak laporan di F&B (Food and Beverage) marketing menunjukkan keinginan masyarakat mencicipi makanan sangat dipengaruhi oleh baik-buruk bungkusnya.

Sering kali masyarakat ‘ragu-ragu’ mencoba cemilan karena bungkusnya yang tidak menarik. Padahal boleh jadi makanan tersebut sejatinya sangat lezat dan bergizi. Begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, yuk mulai coba mengemas produk makanan dengan bungkus yang menarik alias eye catching! Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan hanya karena penyajian produk yang kurang baik.

Namun tetap pastikan bungkus makanan Anda berfungsi sebagaimana harusnya. Kemasan harus menjaga makanan agar tetap bersih (steril), hangat/dingin, dan menampung seluruh isi makanan (tidak tumpah).

Tips tambahan:

  • Sesuaikan bentuk kemasan produk dengan karakteristik target konsumen. Semisal target pasar Anda adalah remaja/muda-mudi pengguna sosmed. Jadi, Anda bisa membuat desain packing produk yang aesthetic untuk difoto.

3. Gencarkan Promosi di Sosial Media

Hampir semua masyarakat zaman sekarang aktif di beragam sosmed seperti Instagram, TikTok, Twitter dan Facebook. Otomatis, Anda harus ikut aktif mempromosikan bisnis makanan di platform-platform tersebut agar cepat dilirik konsumen.

Menjajakan produk di sosmed juga salah satu strategi yang praktis. Anda hanya perlu membuat profil toko makanan, memposting katalog, lalu menerima order secara online. Bisnis Anda juga dapat lebih cepat terkenal karena disimak oleh jutaan pengguna sosmed di berbagai wilayah.

Tips tambahan :

  • Untuk mempermudah proses pemesanan, Anda dapat menautkan link ecommerce bisnis atau jasa antar online (food delivery).
  • Pastikan mengemas makanan dengan baik dan rapat agar produk tidak rusak selama proses pengiriman.
  • Pemasaran makanan kering/beku/tidak cepat basi mempunyai daya jangkau lebih luas ketimbang makanan yang sudah siap santap.

4. Buka Sistem Reseller dan Franchise

Tidak ingin repot memasarkan makanan buatan sendiri? Coba buka reseller dan franchise saja! Keduanya merupakan bentuk usaha kerjasama di bidang makanan yang sangat populer dan sudah terbukti menguntungkan, lho.

Bisnis makanan Anda akan sangat terbantu oleh tangan-tangan reseller dan franchise ini. Salah satunya, Anda tidak perlu pusing menyusun strategi pemasaran sendirian. Pihak reseller lah yang akan bergerak mempromosikan produk sekaligus menjualnya ke masyarakat luas.

Omset yang didapat juga bisa semakin tinggi mengikuti jumlah cabang franchise/reseller yang berhasil Anda miliki. Andaikan bisnis makanan Anda mempunyai 50 reseller di seluruh Indonesia; itu artinya, penjualan Anda sudah terdongkrak hingga 15x lipat dari biasa.

Tips tambahan :

  • Selalu lakukan seleksi yang ketat dan mendalam sebelum merekrut reseller atau menerima franchise. Cari tahu bagaimana latar belakang dari pihak yang akan diajak kerjasama demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
  • Sebaiknya buka franchise jika produk makanan Anda sudah mempunyai nama baik, terkenal, atau high demand di masyarakat.

5. Ciptakan Inovasi Makanan Baru

Tips berikutnya yang wajib dipraktekkan adalah menciptakan inovasi makanan baru. Ada banyak resep makanan kekinian sesuai trend yang bisa dimasak demi meraih cuan.

Resto yang sering berinovasi dan banyak punya varian makanan akan jauh lebih mudah mendatangkan konsumen. Pasalnya, masyarakat cenderung mudah terpancing rasa penasarannya jika disuguhi hidangan-hidangan baru.

Beberapa contoh inovasi makanan baru yang laris manis di sekitar kita yakni:

  • Mini tart cake ala Korea.
  • Ayam geprek pedas.
  • Mie pedas berlevel.
  • Risoles mayo keju.
  • Es embun nitrogen, dan masih banyak lagi.

6. Pakai Foto atau Video Produk yang Unik

Jangan lupa untuk mengunggah foto atau video makanan Anda sebagai bahan promosi. Pun bukan hanya sekadar foto/video biasa, tetapi postinglah konten yang terbaik, unik, sekaligus menggiurkan bagi pembeli.

Tampilan visual foto/video makanan yang menggugah selera dapat mendorong konsumen untuk segera memesan. Anda juga bisa menambahkan “bumbu-bumbu” berupa deskripsi copywriting, tagline, atau judul yang memikat perhatian audiens.

Tips tambahan:

  • Gunakan kamera berkualitas bagus ketika memfoto atau memvideokan makanan.
  • Pilih foto/video dengan resolusi yang jelas, jernih dan tidak pecah ketika di-zoom (HD).
  • Jangan mengedit foto/video terlalu banyak seperti menambahkan filter. Hal ini dapat mengubah wujud asli produk.
  • Posisikan objek foto/video secara proporsional agar tampilannya semakin baik.
  • Atur ukuran foto/video supaya pas dengan frame platform unggahan (Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dll).

7. Kerjasama dengan Influencer (Endorse)

Rencana pemasaran produk makanan dengan influencer juga efektif, khususnya untuk menambah brand awareness.

Para influencer dikenal mempunyai pengaruh besar untuk memperkenalkan produk makanan Anda ke masyarakat. Review mereka pun lebih mudah dipercaya, sehingga akan ada banyak orang yang tertarik mencoba berkunjung ke toko Anda.

Tips tambahan :

  • Pilihlah influencer yang memang sudah terkenal di bidang kuliner. Jangan mengendorse jasa selebriti yang tidak linier dengan bidang bisnis Anda, karena target pasarnya juga akan berbeda.

8. Join dan Update Google My Business

Di samping aktif berpromosi di sosmed, daftarkan pula resto Anda di Google My Business. Platform ini akan mempermudah bisnis ditemukan para pengguna Google.

Google My Business menyediakan fitur lengkap untuk memasarkan usaha makanan, mulai dari arah lokasi resto, rating dan testimoni konsumen, daftar menu, foto, hingga informasi jam operasional. Pelanggan Anda dijamin jadi lebih mudah untuk berkunjung.

9. Promosi ‘Out of the Box’

Rencana pemasaran produk makanan yang terakhir adalah mencoba promosi dengan gaya yag ‘out of the box’ alias super unik. Cara ini dapat mempermudah konten Anda menjadi viral, khususnya di dunia maya.

Salah satu contoh promosi out of the box adalah promo “I Do(n’t) Like Monday” dari Point Coffee. Melalui akun Instagramnya, mereka memancing rasa penasaran konsumen dengan menggelar kuis tebak menu yang diskon 50% di setiap hari Senin.

Strategi tersebut sangat ampuh menarik perhatian masyarakat sekaligus menambah jumlah followers. Masyarakat merasa ikut terlibat aktif dalam kuis serta tidak mau ketinggalan info diskon seru dari brand.

Tips tambahan:

  • Perbanyak gunakan kata-kata yang bisa membangkitkan emosi atau rasa penasaran audiens. Contohnya: “Borong 2 diskon 50%”, “Beli 2 gratis 1 lagi”, “Promo terbatas”, “Hanya hari ini”, dan lain-lain.
  • Ajak pemirsa terlibat aktif dalam konten, seperti mendorong mereka memberikan komentar, like, share, atau mengadakan giveaway dan kuis kecil.
  • Perbanyak mencari inspirasi metode promosi dari brand lain yang sudah sukses, lalu kreasikan dengan ide-ide sendiri.

Itulah 9 rencana pemasaran produk makanan online yang bisa langsung Anda terapkan saat ini. Tidak sulit, bukan kiat-kiatnya? Selamat mencoba!

Ikuti terus update dari MARKEY seputar tips dan trik sukses bisnis online. Baca gratis ratusan artikel digital marketing terbaru hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

12 Cara Membuat Instagram Ads Simpel dan Tanpa Kartu Kredit

0

Instagram ads adalah metode iklan yang sangat efektif. Cara membuat Instagram ads pun cukup mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda melihat 12 cara membuat Instagram ads yang simpel, ampuh memikat konsumen, dan tanpa menggunakan kartu kredit.

Instagram menjadi sosial media terpopuler di abad ini dengan miliaran pengguna. Otomatis, Anda punya peluang yang sangat besar untuk menjaring konsumen baru di IG dengan mudah.

Meski ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis di Instagram, mayoritas bisnis lebih memilih IG ads karena praktis dan sudah terbukti berhasil mendatangkan pembeli setiap hari.

Penasaran seperti apa cara membuat Instagram ads yang benar? Yuk langsung simak tutorial komplitnya di bawah ini!

12 Cara Membuat Instagram Ads Pemula: Tidak Perlu Pakai CC (Credit Card)

cara membuat instagram ads

Membuat Instagram ads masih dianggap sulit bagi sebagian orang, terutama karena adanya keharusan pemakaian credit card (kartu kredit). Apakah Anda juga mengalami permasalahan serupa?

Anda kini tidak perlu cemas lagi. Berikut ini kami telah sajikan step by step membuat iklan Instagram bagi pemula tanpa perlu membayar dengan kartu kredit:

1. Login ke FB Ads Manager

Langkah pertama membuat Instagram ads adalah dengan masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Laman tersebut bisa anda akses juga di sini. Ingat, gunakan akun Facebook yang terkoneksi dengan profil Instagram untuk login.

Mengapa login ke Facebook? Bukankah kita sedang membuat iklan Instagram?

Instagram dan Facebook telah bergabung menjadi satu, di mana seluruh pengelolaan iklan dipusatkan pada laman FB. Itulah mengapa kita memulai proses pembuatan Instagram ads di Facebook.

2. Buka Menu Pembuatan Iklan Terpadu

Selanjutnya, klik menu “Pembuatan Iklan Terpadu” lalu opsi “Pembuatan Iklan Cepat”. Fitur ini membantu menghasilkan Instagram ads yang spesifik sehingga lebih mudah ditemukan calon target konsumen.

Berikut cara mengakses menu Pembuatan Iklan Terpadu:

  1. Buka menu “Kampanye”.
  2. Klik opsi “Buat Iklan”.
  3. Anda akan melihat dua opsi pembuata IG Ads: “Pembuatan Iklan Terpadu” dan “Pembuatan Iklan Cepat”.
  4. Pilih “Pembuatan Iklan Terpadu”.

3. Memilih Tujuan Iklan

Step ketiga adalah memilih tujuan Instagram ads supaya konten promosi Anda menjaring audiens yang tepat. Facebook Ads Manager menyediakan tiga jenis tujuan iklan yakni Awareness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan), dan Conversion (Konversi).

3.1 Awareness (Kesadaran)

Tujuan Awareness mengarah pada keinginan Anda untuk meningkatkan brand awareness bisnis di IG. Poin ini mempunyai fitur dan keuntungan berupa:

  • Jangkauan Ads: menampilkan iklan ke seluruh target audiens sesuai budget Semisal Anda mengatur publikasi iklan untuk 500 orang sehari. Secara otomatis, iklan Anda akan ditayangkan ke seluruh target tersebut (500 orang per hari).
  • Kesadaran Merek: meningkatkan brand awareness sekaligus menjangkau audiens yang memiliki minat sesuai topik promosi.

3.2. Consideration (Pertimbangan)

Consideration adalah jenis tujuan Instagram ads untuk meningkatkan interaksi (engagement), kunjungan ke website toko (traffic), dan tindakan-tindakan konsumen lainnya.

Sejumlah manfaat Consideration adalah:

  • Interaksi: menambah interaksi audiens pada postingan Instagram Anda, seperti angka share, like, komentar, dan lain-lain.
  • Trafik: mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs online shop dari Instagram.
  • Instalasi: meningkatkan jumlah orang yang mau menginstal dan memakai aplikasi Anda.
  • Data Konsumen: mempermudah mengumpulkan data-data calon konsumen atau konsumen baru dari IG (seperti alamat email, nama, nomor telepon).
  • Pesan: mengarahkan konsumen untuk menghubungi layanan bisnis Anda di DM, Messenger, atau WhatsApp.
  • Tonton Video: menambah jumlah penonton konten video Anda di Instagram.

3.3. Conversion (Konversi)

Tipe tujuan yang terakhir adalah Conversion. Pilihlah opsi ini jika Anda ingin meningkatkan jumlah pembeli produk.

Manfaat Conversion adalah:

  • Konversi: meningkatkan jumlah penjualan produk online.
  • Kunjungan Toko Online: menambah kedatangan pembeli ke toko Anda, baik toko online di website maupun toko biasa (fisik; offline).
  • Penjualan Katalog Item: mempromosikan katalog-katalog produk pada target audiens demi memancing keinginan belanja mereka.

Setelah memahami berbagai jenis tujuan iklan di atas, sekarang Anda hanya perlu memilih satu opsi yang paling sesuai dengan target pemasaran.

4. Pilih Jenis Iklan

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan IG Anda. Terdapat dua jenis iklan di Facebook yakni: Uji Split dan Optimalisasi Anggaran. Sama seperti sebelumnya, pilihlah iklan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan.

Catatan: Cukup pilih satu iklan saja karena kedua iklan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan.

4.1 Iklan Uji Split

Uji Split mempunyai performa yang lebih unggul karena bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai wilayah. Banyak orang memanfaatkan Uji Split untuk meningkatkan transaksi olshop IG mereka. Di sisi lain, Uji Split mempunyai tarif yang lebih mahal.

Bagaimana cara kerja iklan Uji Split? Anda akan diminta untuk membuat dua materi promosi berbeda. Masing-masing konten akan dinamai sebagai A dan B.

Setelahnya, target audiens Anda juga akan dibagi menjadi dua. Setiap kelompok akan melihat konten yang berbeda dan memberi hasil yang beragam. Dari hasil inilah Anda bisa mengetahui konten promosi mana yang lebih unggul.

4.2 Iklan Optimalisasi Anggaran

Sesuai namanya, iklan ini lebih menyesuaikan dengan budget Anda alias tidak terlalu mahal. Maka dari itu pilihlah menu ini jika Anda baru pertama kali memasang iklan atau ingin berpromosi dengan modal terbatas. Sebagai gantinya, efektivitas iklan ini kurang maksimal dibandingkan Uji Split.

Setelah memilih salah satu tipe di atas, sertakan pula nominal anggaran iklan Anda ke kolom yang tersedia. Anda bebas memasukkan angka budget sesuai ketersediaan dana.

5. Lengkapi Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Cara membuat Instagram ads berikutnya yakni mencantumkan nama iklan dan tujuan trafik.

Keterangan nama akan memudahkan Anda mengecek performa ads yang berlangsung, terutama jika Anda menjalankan lebih dari satu kampanye sekaligus. Jadi Anda tidak akan bingung mengenali sebuah iklan dengan yang lain.

Sedangkan tujuan trafik adalah arahan lalu lintas yang ingin didapat dari Instagram Ads. Semisal Anda ingin menghubungkan iklan IG dengan website toko atau link chat WhatsApp.

Facebook menyediakan beberapa tujuan traffic yang dapat dipilih khusus yakni WhatsApp, website olshop, FB Messenger, dan aplikasi ecommerce.

6. Aktifkan Menu Tampilkan Promo

Klik menu “Tampilkan Promo” supaya IG ads Anda bisa dipromosikan. Anda juga dapat mencentang pilihan promo untuk memperlihatkan aneka penawaran di toko pada audiens.

7. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Sejauh ini kita sudah menetapkan bentuk, tujuan dan anggaran iklan. Langkah selanjutnya adalah mengatur target penonton.

Terdapat tujuh rincian yang harus dilengkapi terkait target penonton Instagram ads, yakni:

7.1 Usia Penonton

Atur rentang usia penonton agar iklan tersebar pada kelompok audiens yang tepat. Misalnya Anda ingin mempromosikan jualan laptop bagi mahasiswa. Jadi rentang usia audiens dapat diatur pada kisaran umur mahasiswa, yakni 18 sampai 24 tahun.

7.2 Lokasi Penonton

Instagram digunakan oleh masyarakat dari berbagai dunia. Maka dari itu, Anda wajib mengatur lokasi audiens demi mempercepat proses penyebaran iklan. Keterangan lokasi penonton mencakup:

  • Negara.
  • Provinsi.
  • Kabupaten.
  • Kota.
  • Kode pos dan alamat-alamat lain yang lebih spesifik.

Apabila target konsumen Anda adalah warga Indonesia, maka tetapkan lokasi penonton di Indonesia juga. Begitu juga jika audiens sasaran berada di luar negeri. Anda bebas mencantumkan satu atau lebih lokasi distribusi iklan.

7.3 Bahasa

Pilihlah bahasa yang Anda gunakan untuk beriklan atau bahasa sesuai target audiens. Instagram Ads punya puluhan jenis bahasa lokal setiap negara yang bisa dipilih lebih dari 1.

7.4  Audiens Khusus

Audiens khusus adalah kelompok-kelompok tertentu yang ingin dijadikan target pemirsa iklan. Misalnya Anda hanya ingin mempromosikan katalog pada followers akun olshop, atau masyarakat yang pernah mengunjungi website online shop.

7.5  Gender atau Jenis Kelamin

Cantumkan jenis kelamin audiens yang ingin disasar, baik itu pria, wanita, atau keduanya. Misal Anda memasang ads produk otomotif yang lebih banyak diminati kaum adam. Otomatis jenis kelamin yang sebaiknya dicantumkan adalah “pria”.

7.6  Target Terperinci

Target terperinci terdiri atas minat, kesukaan, atau kategori favorit audiens. Fitur ini merupakan filter agar iklan menyasar penonton yang tepat. Semisal audiens pecinta fashion akan lebih banyak mendapat iklan pakaian terbaru. Anda juga dapat memilih beberapa kategori minat sekaligus.

7.7  Koneksi

Poin terakhir adalah koneksi. Saat diaktifkan, iklan Anda dapat tersebar di kelompok penonton yang saling terkoneksi di Instagram.

Contohnya Adi dan Budi saling follow di IG. Jika iklan Anda tersebar kepada Adi, maka Budi sebagai followers Adi juga dapat melihat konten promosi yang sama.

8. Pilih Penempatan Otomatis Ads

Langkah berikutnya adalah memilih penempatan otomatis iklan. Fitur ini membantu iklan Instagram tersebar di seluruh platform dalam naungan Meta atau Facebook.

Namun Anda tetap bisa memilih untuk menempatkan iklan di Instagram saja. Caranya cukup dengan mengklik “Edit Penempatan” lalu centang opsi “Instagram”.

9. Pilih Jadwal Penayangan Iklan

Berapa lama Anda ingin iklan ditayangkan di Instagram? Kembali lagi, setiap orang bebas menentukan durasi sesuai cepat-lamanya pencapaian target. Anda boleh memilih jadwal tayang iklan semaunya, seperti satu bulan, enam bulan, atau beberapa minggu saja.

10. Memilih Format Iklan

Instagram punya banyak format konten, seperti:

  • Instagram Stories: video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit dan dapat bertahan selama 24 jam.
  • Reel: video pendek dengan waktu tayangan dan masa tayang lebih lama dari Stories.
  • Foto tunggal: iklan dengan satu buah gambar.
  • Video pendek tunggal: iklan dengan satu video.
  • Carousel: 2 atau lebih foto dan video yang dapat disimak dengan cara digeser.
  • Koleksi: iklan gabungan video dan foto.
  • Tayangan slide: iklan gambar atau video hingga 10 buah (maksimal).

Nah, iklan Anda pun bisa ditayangkan sesuai format di atas. Kalau Anda ingin menampilkan iklan di IG Stories maka pilihlah format Stories.

11. Lengkapi Deskripsi Ads

Di langkah ini, Anda perlu melengkapi sisa deskripsi terkait iklan Instagram. Poin-poin tersebut mencakup:

  • Foto atau video pendukung iklan.
  • Link website toko online atau akun ecommerce.
  • Judul iklan yang menarik.
  • Akun Instagram yang terhubung dengan laman Facebook.
  • Teks copywriting deskripsi tentang iklan.

12. Lakukan Pembayaran

Cara membuat Instagram ads yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Pastikan seluruh informasi dan deskripsi iklan sudah benar sebelum membayar.

Dulu pembayaran IG ads bisa dilakukan dengan kartu kredit saja. Tapi saat ini, Instagram menyediakan opsi pembayaran lain dengan kartu debit dan transfer bank digital.

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pencet tombol konfirmasi. Iklan Anda akan langsung ditayangkan setelah pembayaran dinyatakan berhasil.

Demikianlah cara-cara membuat Instagram ads yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera buat iklan Instagram pertama Anda hari ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tutorial atau tips-tips sukses bisnis online? Baca MARKEY solusinya!

Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk langsung memperoleh ratusan ilmu digital marketing terbaru. Sampai bertemu lagi di ulasan selanjutnya, ya!

10 Contoh Copywriting Skincare yang Menghipnotis Konsumen

0
copywriting-skincare

Bingung bagaimana cara menulis caption promosi yang menarik khusus untuk produk skincare? Tidak perlu mencari kemana-mana lagi, berikut ini ada 10 contoh copywriting skincare yang terbukti sukses memikat konsumen!

Copywriting merupakan salah satu strategi ampuh menarik perhatian pembeli. Kalimat-kalimat persuasif di copywriting dapat dengan mudah meyakinkan seseorang untuk mencoba produk kecantikan Anda.

Seperti apa contoh copywriting skincare tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita intip aneka template caption promosi skincarenya di bawah ini!

10 Contoh Copywriting Skincare Terbaik Saat Ini

Lebih dari 70% konsumen online terbukti membeli skincare usai membaca caption produk yang menggugah selera. Tulisan copywriting deskripsi tidak hanya membantu menjelaskan spesifikasi produk pada konsumen, tetapi juga meyakinkan mereka terhadap khasiat dan manfaatnya.

Mungkin saat ini Anda sendiri masih penasaran cara menulis copywriting yang benar, khususnya bagi bisnis skincare. Untuk itu, berikut ini kami telah siapkan 10 contoh copywriting skincare yang lagi populer digunakan berbagai brand kekinian:

1. Contoh Copywriting Skincare di Headline (Judul)

copywriting-skincare contoh copywriting skincare

Headline atau judul harus ditulis semenarik mungkin untuk mencuri perhatian audiens. Semakin membuat penasaran judul Anda, maka makin besar pula keinginan seseorang membaca caption produk.

Anda mungkin perlu menyiapkan strategi penulisan headline mengingat bagian inilah yang pertama kali dilirik audiens. Beberapa contoh copywriting skincare bagian headline yang bisa Anda gunakan misalnya:

  • Cemas Kulit Kusam? Ubah Kebiasaan Buruk Ini Sekarang Juga!
  • Terkuak! Inilah Penyebab Jerawat Bandel yang Sering Tak Disadari
  • 10 Skincare Artis Korea yang Bikin Kulit Awet Muda, Wajib Punya!
  • Mau Punya Kulit Cerah, Sehat dan Kenyal? Ikuti 1 Langkah Mudah Ini
  • Hempas Seluruh Masalah Kulit dengan 1 Solusi Murah
  • Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Tips menulis headline promosi skincare :

  • Gunakan rangkaian kalimat yang memikat rasa penasaran.
  • Cantumkan kata-kata pembangkit emosi, seperti “terkuak”, “rahasia”, “ampuh”, “terpercaya”, “murah”, “ORI”, “proses instan” dan lain-lain.
  • Buat judul yang singkat, padat dan jelas.
  • Selipkan kata kunci terkait produk di judul.

2. Copywriting Iklan Skincare di Tagline

Tagline berbeda dari headline. Tagline atau jargon adalah sebuah kalimat singkat yang mencirikan brand Anda. Oleh sebab itu, jargon sangat bermanfaat sebagai media pembangun brand awareness.

Misalnya, brand kosmetik lokal Wardah punya tagline “Feel The Beauty” dan Emina dengan “You Born to be Loved”. Anda pun bebas membuat sendiri jargon sesuai visi, misi atau jati diri yang dimiliki brand.

Beberapa contoh copywriting skincare tagline simpel adalah:

  • Awet muda di sepanjang usia.
  • Solusi semua wajah asli Nusantara.
  • Cantik mempesona luar dalam.
  • Pancarkan kemilau diri setiap perempuan.
  • Sahabat terbaik semua wanita.
  • Bersih dan sehat tanpa jerawat.
  • Dan masih banyak lagi.

Tips menulis tagline bisnis skincare :

  • Buat jargon yang singkat, memakai bahasa sederhana, dan mudah diingat.

3. Copywriting Iklan Skincare dengan Trend

Anda juga bisa mengemas isi tulisan copy agar jadi lebih menarik dengan membubuhkan berbagai trend. Khusus dalam bisnis skincare, terdapat 4 kelompok trend yang selalu ampuh memikat perhatian audiens, yakni:

  • Tampilan sempurna (Flawless): Semua orang ingin mempunyai tampilan wajah yang sempurna, bebas dari segala permasalahan kulit.
  • Penyembuhan Instan: Para pengguna skincare mengharapkan hasil penyembuhan kulit yang super kilat dari berbagai bahan aktif.
  • Treatment Ramah Lingkungan: Banyak orang masih meyakini bahwa produk-produk dari lingkungan memberi hasil terbaik bagi kulit wajah.
  • Personalisasi Kebutuhan: Inovasi produk skincare dari masalah/kebutuhan konsumen lebih diminati dan dinilai tepat sasaran.

Contoh copywriting iklan skincare dengan informasi sesuai trend adalah :

  • Memperkenalkan skincare organik terbaru untuk kulit wajah sensitif. 100% bebas alkohol, parfum, dan bahan kimia berbahaya à contoh trend “treatment ramah lingkungan” dan “personalisasi kebutuhan”.
  • Usir jerawat membandel dalam semalam dengan serum ABC! Inovasi pertama dengan anti jerawat 10x lipat lebih efektif, yuk cobain! à contoh trend “penyembuhan instan”.
  • Lelah menghadapi kulit kusam, jerawat, kemerahan dan diwarnai kerut-kerut halus? Tenang, Bestie! Yuk sempurnakan kecantikan dirimu dengan #skincarekit baru keluaran Emina berikut ini. à contoh trend “tampilan sempurna”.

Tips menulis copywriting skincare dengan trend :

  • Sering-sering gali trend terbaru seputar masalah kecantikan di masyarakat.
  • Sesuaikan trend dengan permasalahan konsumen serta keunggulan produk Anda.

4. Copywriting Iklan Skincare di Kalimat Pembuka

Selanjutnya adalah menulis copywriting bagian pembuka (opening) dari iklan skincare Anda. Bagian ini bermanfaat untuk memperkenalkan isi konten yang lebih lengkap pada audiens.

Selain itu, kalimat opening juga bertujuan untuk memberi gambaran-gambaran menarik supaya audiens tertarik mengenal atau membeli produk kecantikan Anda. Beberapa contoh kalimat copywriting bagian pembuka yang baik adalah :

  • Sering tidak percaya diri gara-gara jerawat membandel? Sekarang tidak perlu minder lagi, kami punya solusi terbaiknya di sini khusus buat kamu.
  • Semua orang di dunia pasti ingin punya kulit yang sehat, bersih dan cerah.
  • Bayangkan jika kulitmu bisa bebas minyak walau beraktivitas di bawah terik matahari sepanjang hari. Sekarang hal tersebut bukan mimpi lagi!
  • Miliki kulit cantik sempurna bak idol Korea dengan satu metode ini saja.

Tips copywriting kalimat pembuka iklan skincare :

  • Cantumkan manfaat utama produk atau keuntungan yang bisa diperoleh konsumen saat memakai skincare Anda.
  • Kaitkan masalah yang dihadapi audiens dengan solusi atau hasil akhir pasca pemakaian produk.

5. Copywriting Iklan Skincare dengan Urgensi Belanja

Sudah menulis copywriting yang menarik tapi masih gagal membujuk pembaca membeli produk? Bisa jadi penyebabnya karena Anda belum mencantumkan urgensi atau tekanan untuk memakai produk.

Ada banyak sekali alasan seseorang menunda membeli produk impiannya. Sikap ini tentu harus disiasati supaya upaya promosi tidak berujung sia-sia. Nah, salah satu cara termudahnya ialah dengan menekankan kepentingan produk atau penawaran di caption seperti:

  • Khusus pembelian hari ini! Dapatkan gratis ongkir plus diskon 70% untuk pembelian produk skincare BeautyCare.
  • Beli sekarang sebelum kehabisan dan menyesal!
  • Kapan lagi borong kit basic skincare diskon setengah harga? Khusus di bulan September ini aja lho, yuk segera check out.
  • Jangan tunda lindungi kulitmu dari sinar UV pakai sunscreen. Cobain perlindungan ekstra UVA dan UVB dari HealthySkin di sini sekarang.
  • Limited stock paket Glowing and Lovely kembali tersedia di ecommerce kesayanganmu. Beli sekarang sebelum kehabisan lagi.

Tips copywriting iklan dengan urgensi :

  • Mainkan emosi konsumen agar mereka tergerak membeli produk Anda. Misalnya emosi ‘takut ketinggalan promo’ atau ‘tidak ingin ketinggalan hype’.

6. Contoh Copywriting Iklan Skincare dengan Benefit

Inilah unsur terpenting yang selalu dicari audiens dalam deskripsi produk skincare: benefit (keuntungan).

Poin ini dapat langsung memengaruhi keputusan belanja konsumen. Jika rincian manfaat produk dirasa sesuai dengan kebutuhan, maka dijamin, konsumen akan langsung check out produk tanpa berpikir dua kali!

Contohnya:

  • Moisturizer gel berbahan dasar air sehingga tidak lengket atau berbekas di tangan.
  • SPF 50 sunscreen yang melindungi kulit dari kanker sekaligus ampuh sebagai dasar beda. No whitecast!
  • Sheetmask dengan vitamin ABC murni dari buah pomegranate dapat menangkal radikal bebas yang mengancam kecantikanmu.

Tips menulis copywriting skincare dengan unsur benefit :

  • Rangkai kalimat dengan kosakata yang sederhana agar konsumen mudah memahami keunggulan produk.
  • Sesuaikan keunggulan skincare dengan kebutuhan pembeli.

7. Copywriting Iklan Skincare di Testimoni

Copywriting tidak melulu seputar benefit, tetapi bisa juga dengan testimoni. Mengiklankan produk skincare lewat testi pun sama efektifnya dengan benefit maupun judul yang memikat.

Testimoni keberhasilan sebuah produk sangat memengaruhi penilaian calon konsumen. Kebanyakan orang saat ini tertarik membeli produk kalau reviewnya bagus dan meyakinkan.

Contoh copywriting testimoni:

  • 9 dari 10 wanita Indonesia telah membuktikan kehebatan Nature Beauty dalam menghempas jerawat.
  • “Pertama sih aku ragu mau coba, tapi setelah direkomendasikan oleh sahabat aku, ternyata sabun Honey Bee ampuh mencerahkan kulitku dengan seketika!” –pelanggan 1.
  • Yuk bergabung dengan ribuan perempuan lain yang kulitnya sehat dan cantik alami dengan cobain skincare kit Fair and Flawless. Sudah teruji klinis!

8. Copywriting Iklan Skincare dengan Alasan

“Alasan” yang dimaksud di sini adalah poin-poin khusus yang menjadikan produk Anda wajib dipertimbangkan audiens. Untuk bisa menulis poin ini, Anda wajib mengetahui hal-hal yang dilihat konsumen saat berbelanja skincare Anda.

Beberapa contoh penulisan iklan skincare yang menarik dengan alasan-alasan kuat:

  • Mengapa mencoba produk kami? Tentu saja karena bahan-bahan yang kami gunakan 100% alami dari alam dan tanpa uji binatang.
  • Pelembab malam X dirancang dengan sistem hydra-lock 12 jam. Bangun-bangun kulit kamu bakal lebih kenyal, lembab dan kinclong!
  • Ini 5 alasan kenapa kamu harus mulai pakai sunscreen SPF 50 dari Gluta, salah satunya bisa melindungi kulit dari ancaman kanker dan paparan sinar biru. Yakin mau skip?

Tips menulis :

  • Tawarkan informasi yang bisa bermanfaat dalam jangka panjang (di masa sekarang maupun masa depan).
  • Jabarkan benefit produk dengan lebih rinci.

9. Copywriting Iklan Skincare dengan Keunggulan Unik Brand

Anda juga bisa menulis keunggulan unik brand untuk memperdalam wawasan audiens. Dengan begini, pembaca bisa menilai sendiri manfaat skincare Anda yang tidak dimiliki brand pesaing.

Saat ini ada banyak produk skincare dengan khasiat serupa beredar di pasaran. Maka dari itu juga, Anda wajib menonjolkan kelebihan produk supaya brand Anda dilirik. Contoh kalimat copywritingnya:

  • Inilah serum ajaib yang bisa meredakan jerawat dalam 3 hari saja!
  • Sunscreen pertama dalam bentuk stik sehingga mudah digunakan setiap saat.
  • Mencerahkan kulit dalam 7 hari? No! Sleeping mask Aqua dapat meremajakan kulit langsung dari pemakaian pertama.

Tips menulis iklan skincare dengan keunggulan brand :

  • Tetaplah jujur saat menonjolkan kelebihan produk. Jangan sampai Anda membohongi pelanggan atau melebih-lebihkan.

10. Copywriting Iklan Skincare dengan Customer Persona

Contoh copywriting skincare yang terakhir adalah menulis dengan informasi customer persona. Customer persona merupakan karateristik target konsumen. Informasi ini sangat penting dalam setiap teknik marketing, sebab dapat mempermudah masyarakat menerima penawaran produk/jasa.

Sederhananya, customer persona membantu mencocokkan kebutuhan konsumen dengan keunggulan produk. Semakin tepat solusi yang ditawarkan dengan masalah, maka kian besar juga keinginan seseorang membeli skincare Anda.

Data informasi konsumen biasanya terdiri atas:

  • Usia
  • Pekerjaan
  • Demografi (lokasi).
  • Jenis kelamin.
  • Masalah yang dihadapi.
  • Cara belanja.
  • Emosi-emosi yang dihadapi oleh pembeli.
  • Keinginan, harapan, atau ekspektasi konsumen.

Contoh copywriting bisnis skincare dengan customer persona :

  • Sering dicuekin gebetan karena kulit kusam? Atasi segera dengan paket serum + essence kaya vitamin C dari KamiBeauty! Ampuh mencerahkan wajah dalam 3 hari saja.
  • Tidak cuma kulit wajah yang harus dirawat, badan Anda juga harus mulus. Dapatkan kulit sehat, halus dan cerah anti belang dengan serum lotion Gluta Hya di sini.
  • Kini hadir paket Skincare For Men harga terjangkau di toko AdaFlawless. Biar laki tak kalah glowing dan memikat!

Tips menulis copy dengan customer persona:

  • Kumpulkan informasi data diri target konsumen melalui riset atau survey secara berkala.
  • Tetapkan target konsumen yang sesuai dengan visi, misi atau khasiat produk skincare.

Itulah contoh-contoh copywriting skincare yang ampuh menarik perhatian calon pembeli. Yuk maksimalkan omset bisnis skincare Anda dengan mengupdate caption promosi sesuai contoh di atas!

Temukan lebih banyak tips, trik dan inspirasi bisnis online terbaru hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel tentang digital marketing di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store atau AppStore, ya. Sampai bertemu lagi!

15 Contoh Service Excellence di Berbagai Usaha Kekinian

0
contoh-service-excellence

Service excellence adalah kunci utama mempertahankan kesetiaan pelanggan. Namun seperti apa contoh service excellence yang baik dan benar?

Setiap bisnis wajib mengetahui tata cara memanjakan konsumen masing-masing. Hal ini penting agar toko Anda tidak pernah sepi pembeli. Adapun proses memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sering disebut sebagai service excellence.

Bagaimana dengan usaha Anda sendiri? Sudahkah Anda melayani konsumen dengan maksimal? Atau, Anda justru masih bingung dengan contoh-contoh service excellence?

Tepat sekali, berikut ini kami telah rangkum berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha. Anda bisa langsung mengikutinya demi memaksimalkan kualitas bisnis sendiri!

13 Contoh Service Excellence di Beragam Bidang Usaha [Wajib Ditiru!]

contoh-service-excellence-1

Kepuasan konsumen selalu menjadi hal nomor satu dalam bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa ataupun menjual produk.

Namun nyatanya masih banyak juga yang belum mengetahui bentuk-bentuk pelayanan konsumen yang baik (service excellence). Maka dari itu, yuk simak berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha berikut ini:

1. Contoh Service Excellence di Rumah Sakit

Contoh service excellent yang pertama datang dari bisnis medis, seperti rumah sakit, klinik dan puskesmas.

Selain sigap dan fokus menangani penyakit dan keluhan pasien, rumah sakit Anda tetap harus memenuhi poin-poin penting pelayanan konsumen seperti:

  • Menyediakan ruang tunggu yang aman dan nyaman bagi keluarga pasien.
  • Memberikan pelayanan pengobatan yang jelas dan transparan.
  • Mengantongi izin operasi secara legal dari badan hukum.
  • Mengedepankan pertolongan pertama bagi pasien, khususnya yang masuk UGD.
  • Senantiasa bersikap ramah dalam menanggapi pertanyaan, keluhan, permintaan dan kebutuhan pasien.

2. Service Excellence di Bank

Bank adalah perusahaan dengan contoh pelayanan publik yang baik untuk ditiru selanjutnya. Bagi Anda yang tengah mengelola bisnis perbankan, kami sarankan untuk menerapkan contoh-contoh excellent service berikut ini:

  • Membukakan pintu, menyapa, dan mengarahkan nasabah sesuai tujuan mereka.
  • Menyediakan petugas security untuk menjamin rasa aman konsumen ketika bertransaksi.
  • Melayani seluruh kebutuhan nasabah dengan ramah, sopan, dan cekatan.
  • Menyediakan alur pelayanan yang jelas, terstruktur dan transparan.
  • Menerima seluruh keluhan dan pertanyaan klien, serta menyelesaikannya dengan baik.

3. Service Excellence di Toko Produk dan Ritel

Khusus untuk bisnis jualan produk atau ritel, Anda dapat menerapkan contoh pelayanan konsumen seperti:

  • Memastikan stok selalu ready atau tersedia. Pantaulah jumlah stok secara berkala, dan segera isi ulang produk yang hampir habis. Dengan begini, konsumen akan selalu senang dan puas sebab bisa memenuhi kebutuhan di toko Anda.
  • Menyambut pelanggan dengan sopan, ramah dan penuh kesabaran.
  • Menuntun pengunjung mencari produk-produk sesuai kebutuhannya.
  • Bersedia menjawab dan menjelaskan informasi terkait produk yang ditanyakan oleh konsumen.
  • Sebisa mungkin menyediakan produk-produk yang sedang trending, viral atau best-seller. Sangat besar peluang masyarakat membeli produk yang sedang naik daun.

4. Contoh Service Excellence di Supermarket

Pelayanan konsumen di supermarket tidak jauh berbeda dengan ritel. Ketika ada konsumen, usahakan untuk menyambut mereka dengan senyum, sapaan ramah, atau kalimat seperti, “Selamat datang, adakah yang bisa kami bantu?”.

Setelah pelanggan selesai berbelanja, Anda bisa membantu menghitung jumlah harga pesanan dan menawarkan produk atau diskon lain kepada mereka. Ucapkan pula terima kasih kepada konsumen sebelum mereka meninggalkan toko Anda.

5. Service Excellence di Lembaga Kursus, Pelatihan & Bimbingan Belajar

Tidak hanya bisnis jual-beli produk, usaha-usaha yang bergerak di bidang jasa juga wajib menyediakan service excellence yang baik. Salah satunya adalah lembaga kursus, pelatihan dan bimbel.

Beberapa contoh sikap excellent services di lembaga kursus adalah:

  • Menyambut pelajar dengan hangat, ramah dan sopan.
  • Menyediakan tenaga pengajar yang berkompeten, tahu cara membimbing siswa, serta ahli di bidangnya.
  • Menerima diskusi dengan siswa terkait kesepakatan metode belajar.
  • Mempersiapkan diri dan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

6. Contoh Service Excellence di Toko Online (Online Shop)

Bisnis online saat ini sedang naik daun. Selain karena mudah, online shop juga tidak memakan banyak biaya modal. Alhasil banyak orang tertarik mengembangkannya.

Meskipun online shop bisa dikelola dengan praktis via aplikasi ecommerce, jangan sampai Anda tidak memberi pelayanan konsumen yang baik, ya. Beberapa contoh excellent service khusus untuk online shop misalnya:

  • Menjawab seluruh pesan, keluhan dan pertanyaan dari konsumen.
  • Berusaha untuk menjawab pesan masuk secara cepat (fast response).
  • Memberikan informasi terkait pesanan secara jelas.
  • Menyediakan klaim garansi atau pengembalian barang yang rusak dan tidak sesuai katalog.
  • Menyusun metode check out pesanan dengan simpel dan praktis.
  • Menghadirkan fitur-fitur belanja online yang menguntungkan konsumen, seperti klaim diskon, cashback, keranjang belanja, dan lain-lain.

7. Service Excellence di Hotel

Hotel terkenal sebagai bisnis dengan pelayanan dan keramahtamahan tingkat tinggi. Service excellence sangat menentukan rating bintang sebuah hotel. Semakin banyak konsumen yang puas dengan layanan Anda, maka semakin terkenal pula nama hotel Anda.

Lalu seperti apa bentuk pelayanan hotel yang baik? Jawabannya cukup sederhana. Anda bisa menerapkan poin-poin berikut:

  • Menyambut tamu yang baru tiba dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa).
  • Menyediakan jasa vallet parking dan bellboy untuk membantu tamu membawa barang-barang mereka.
  • Menanggapi permintaan, pertanyaan, hingga keluhan dari tamu dengan sigap.
  • Membersihkan dan menata kembali kamar hotel ketika tamu sedang bepergian.
  • Menjaga sanitasi dan kebersihan ruangan kamar hotel seperti mengganti seprai, menyapu, mengepel, mengganti perabotan sekali pakai untuk tamu (seperti sikat gigi, handuk, sabun, dll).
  • Menjaga privasi data-data tamu.

8. Service Excellence Layanan Delivery

Contoh pelayanan konsumen terbaik selanjutnya datang dari usaha delivery (pesan antar makanan). Perusahaan Pizza Hut memberikan contoh excellence service yang bisa Anda tiru. Mereka memberikan “garansi uang kembali” jika makanan pesanan tiba lebih lama dari seharusnya.

Taktik tersebut terbukti ampuh membangun rasa penasaran sekaligus kesan baik di benak konsumen. Konsumen jadi merasa “lebih aman” dan “tetap untung” meski harus mengalami kondisi pengiriman yang buruk. Alhasil mereka akan lebih betah menggunakan jasa Anda.

9. Service Excellence Restoran

Cukup banyak restoran kekinian menyediakan promo spesial atau gratis makanan/minuman bagi pelanggan yang berulang tahun. Salah satunya adalah Starbucks.

Member Starbucks bisa memperoleh kue gratis di hari ulang tahun mereka. Strategi service excellence ini bisa Anda tiru demi mempererat loyalitas konsumen.

Selain memberikan kado khusus pada konsumen, masih ada lebih banyak contoh pelayanan konsumen di bidang restoran misalnya:

  • Menjaga kehigienisan tempat makan, dapur, dan pesanan konsumen. Pun apabila terjadi hal tak diinginkan yang merusak makanan, Anda harus dengan sigap mengganti pesanan dengan yang baru.
  • Menyediakan ruang makan yang nyaman, tidak terlalu sempit atau berisik.
  • Menyediakan layanan pesan antar online sehingga konsumen bisa tetap berbelanja tanpa perlu datang ke resto.

10. Service Excellence Bisnis Gadget

Khusus untuk bisnis jual-beli gadget, Anda bisa menyediakan excellence service berupa terima tukar tambah.

Gadget smartphone dan laptop sering mengalami pembaharuan dan penurunan harga di masyarakat. Alhasil, sistem tukar tambah bisa membantu konsumen mendapat produk impian dengan harga terjangkau.

Anda juga dapat memberikan garansi dalam jangka waktu lama (1 atau 2 tahun) bagi setiap pembelian gadget. Kehadiran garansi dapat menambah rasa keamanan dan kepercayaan konsumen terhadap brand.

11. Service Excellence Butik atau Toko Pakaian

Apakah Anda tertarik membuka bisnis butik? Usaha di bidang fashion memiliki arus pergerakan yang cepat. Supaya bisnis bisa bertahan, maka Anda harus menjaga hubungan dengan konsumen melalui beberapa trik service excellence ini:

  • Rutin memperbaharui informasi terkait stok produk atau koleksi busana pada konsumen. Banyak orang tertarik membeli pakaian-pakaian keluaran terbaru. Toko Anda pun bisa mendapat rating lebih tinggi karena dianggap up to date.
  • Berikan penawaran produk sesuai selera, minat, atau riwayat belanja konsumen.
  • Bangun komunikasi dua arah yang baik dengan konsumen. Jangan hanya getol mengabari konsumen ketika ingin menawarkan produk. Selalu balas pesan mereka kapanpun dimanapun.

12. Service Excellence di Perusahaan Asuransi

Bentuk service excellence yang paling menonjol di bisnis asuransi adalah sikap menghormati keputusan pelanggan. Semisal Anda sudah menawarkan berbagai produk asuransi pada konsumen, namun pada akhirnya mereka tidak jadi membeli.

Situasi seperti itu sangat sering terjadi dan Anda mungkin merasa kecewa. Akan tetapi, Anda harus mengedepankan sikap profesional serta menghargai keputusan pembeli.

Jangan sekali-kali menunjukkan wajah kecewa apalagi marah-marah karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman. Berlapang dadalah, lalu bangkit mencari konsumen yang lain.

13. Service Excellence di Toko Kosmetik atau Bisnis Skincare

Contoh terakhir datang dari bisnis kosmetika atau skincare. Bisnis skincare juga sangat marak digeluti dewasa ini. Target konsumennya pun beragam, mulai dari remaja, wanita, hingga pria.

Jika ingin bisnis skincare Anda sukses, maka usahakanlah untuk selalu mengenali kebutuhan pelanggan Anda. Mengetahui permasalahan konsumen beserta solusinya menjadi kunci utama keberhasilan usaha produk kecantikan masa kini.

Selain itu, hargai pula privasi konsumen. Banyak konsumen merasa kurang nyaman membeli skincare secara langsung di toko karena ‘terlalu diawasi’ gerak-geriknya oleh sales.

Akan lebih baik jika Anda bertanya pada konsumen terlebih dahulu apabila mereka membutuhkan bantuan saat berbelanja. Selebihnya, cukup ikuti kemauan pembeli saja.

Pun untuk menghindari hal-hal tak diinginkan seperti pencurian, Anda dapat memasang kamera CCTV yang mengawasi areal toko dengan lebih baik.

Demikianlah 13 contoh service excellence dari berbagai jenis usaha masa kini. Cukup mudah, bukan? Yuk segera praktekkan contoh-contoh pelayanan konsumen di atas pada bisnis sendiri!

Follow terus MARKEY karena ada ratusan tips dan trik bermanfaat terkait bisnis online spesial khusus untuk Anda. Baca gratis sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau MARKEY APP di Play Store atau AppStore. Sampai bertemu lagi!