Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 39

12 Cara Membuat Instagram Ads Simpel dan Tanpa Kartu Kredit

0

Instagram ads adalah metode iklan yang sangat efektif. Cara membuat Instagram ads pun cukup mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda melihat 12 cara membuat Instagram ads yang simpel, ampuh memikat konsumen, dan tanpa menggunakan kartu kredit.

Instagram menjadi sosial media terpopuler di abad ini dengan miliaran pengguna. Otomatis, Anda punya peluang yang sangat besar untuk menjaring konsumen baru di IG dengan mudah.

Meski ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis di Instagram, mayoritas bisnis lebih memilih IG ads karena praktis dan sudah terbukti berhasil mendatangkan pembeli setiap hari.

Penasaran seperti apa cara membuat Instagram ads yang benar? Yuk langsung simak tutorial komplitnya di bawah ini!

12 Cara Membuat Instagram Ads Pemula: Tidak Perlu Pakai CC (Credit Card)

cara membuat instagram ads

Membuat Instagram ads masih dianggap sulit bagi sebagian orang, terutama karena adanya keharusan pemakaian credit card (kartu kredit). Apakah Anda juga mengalami permasalahan serupa?

Anda kini tidak perlu cemas lagi. Berikut ini kami telah sajikan step by step membuat iklan Instagram bagi pemula tanpa perlu membayar dengan kartu kredit:

1. Login ke FB Ads Manager

Langkah pertama membuat Instagram ads adalah dengan masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Laman tersebut bisa anda akses juga di sini. Ingat, gunakan akun Facebook yang terkoneksi dengan profil Instagram untuk login.

Mengapa login ke Facebook? Bukankah kita sedang membuat iklan Instagram?

Instagram dan Facebook telah bergabung menjadi satu, di mana seluruh pengelolaan iklan dipusatkan pada laman FB. Itulah mengapa kita memulai proses pembuatan Instagram ads di Facebook.

2. Buka Menu Pembuatan Iklan Terpadu

Selanjutnya, klik menu “Pembuatan Iklan Terpadu” lalu opsi “Pembuatan Iklan Cepat”. Fitur ini membantu menghasilkan Instagram ads yang spesifik sehingga lebih mudah ditemukan calon target konsumen.

Berikut cara mengakses menu Pembuatan Iklan Terpadu:

  1. Buka menu “Kampanye”.
  2. Klik opsi “Buat Iklan”.
  3. Anda akan melihat dua opsi pembuata IG Ads: “Pembuatan Iklan Terpadu” dan “Pembuatan Iklan Cepat”.
  4. Pilih “Pembuatan Iklan Terpadu”.

3. Memilih Tujuan Iklan

Step ketiga adalah memilih tujuan Instagram ads supaya konten promosi Anda menjaring audiens yang tepat. Facebook Ads Manager menyediakan tiga jenis tujuan iklan yakni Awareness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan), dan Conversion (Konversi).

3.1 Awareness (Kesadaran)

Tujuan Awareness mengarah pada keinginan Anda untuk meningkatkan brand awareness bisnis di IG. Poin ini mempunyai fitur dan keuntungan berupa:

  • Jangkauan Ads: menampilkan iklan ke seluruh target audiens sesuai budget Semisal Anda mengatur publikasi iklan untuk 500 orang sehari. Secara otomatis, iklan Anda akan ditayangkan ke seluruh target tersebut (500 orang per hari).
  • Kesadaran Merek: meningkatkan brand awareness sekaligus menjangkau audiens yang memiliki minat sesuai topik promosi.

3.2. Consideration (Pertimbangan)

Consideration adalah jenis tujuan Instagram ads untuk meningkatkan interaksi (engagement), kunjungan ke website toko (traffic), dan tindakan-tindakan konsumen lainnya.

Sejumlah manfaat Consideration adalah:

  • Interaksi: menambah interaksi audiens pada postingan Instagram Anda, seperti angka share, like, komentar, dan lain-lain.
  • Trafik: mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs online shop dari Instagram.
  • Instalasi: meningkatkan jumlah orang yang mau menginstal dan memakai aplikasi Anda.
  • Data Konsumen: mempermudah mengumpulkan data-data calon konsumen atau konsumen baru dari IG (seperti alamat email, nama, nomor telepon).
  • Pesan: mengarahkan konsumen untuk menghubungi layanan bisnis Anda di DM, Messenger, atau WhatsApp.
  • Tonton Video: menambah jumlah penonton konten video Anda di Instagram.

3.3. Conversion (Konversi)

Tipe tujuan yang terakhir adalah Conversion. Pilihlah opsi ini jika Anda ingin meningkatkan jumlah pembeli produk.

Manfaat Conversion adalah:

  • Konversi: meningkatkan jumlah penjualan produk online.
  • Kunjungan Toko Online: menambah kedatangan pembeli ke toko Anda, baik toko online di website maupun toko biasa (fisik; offline).
  • Penjualan Katalog Item: mempromosikan katalog-katalog produk pada target audiens demi memancing keinginan belanja mereka.

Setelah memahami berbagai jenis tujuan iklan di atas, sekarang Anda hanya perlu memilih satu opsi yang paling sesuai dengan target pemasaran.

4. Pilih Jenis Iklan

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan IG Anda. Terdapat dua jenis iklan di Facebook yakni: Uji Split dan Optimalisasi Anggaran. Sama seperti sebelumnya, pilihlah iklan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan.

Catatan: Cukup pilih satu iklan saja karena kedua iklan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan.

4.1 Iklan Uji Split

Uji Split mempunyai performa yang lebih unggul karena bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai wilayah. Banyak orang memanfaatkan Uji Split untuk meningkatkan transaksi olshop IG mereka. Di sisi lain, Uji Split mempunyai tarif yang lebih mahal.

Bagaimana cara kerja iklan Uji Split? Anda akan diminta untuk membuat dua materi promosi berbeda. Masing-masing konten akan dinamai sebagai A dan B.

Setelahnya, target audiens Anda juga akan dibagi menjadi dua. Setiap kelompok akan melihat konten yang berbeda dan memberi hasil yang beragam. Dari hasil inilah Anda bisa mengetahui konten promosi mana yang lebih unggul.

4.2 Iklan Optimalisasi Anggaran

Sesuai namanya, iklan ini lebih menyesuaikan dengan budget Anda alias tidak terlalu mahal. Maka dari itu pilihlah menu ini jika Anda baru pertama kali memasang iklan atau ingin berpromosi dengan modal terbatas. Sebagai gantinya, efektivitas iklan ini kurang maksimal dibandingkan Uji Split.

Setelah memilih salah satu tipe di atas, sertakan pula nominal anggaran iklan Anda ke kolom yang tersedia. Anda bebas memasukkan angka budget sesuai ketersediaan dana.

5. Lengkapi Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Cara membuat Instagram ads berikutnya yakni mencantumkan nama iklan dan tujuan trafik.

Keterangan nama akan memudahkan Anda mengecek performa ads yang berlangsung, terutama jika Anda menjalankan lebih dari satu kampanye sekaligus. Jadi Anda tidak akan bingung mengenali sebuah iklan dengan yang lain.

Sedangkan tujuan trafik adalah arahan lalu lintas yang ingin didapat dari Instagram Ads. Semisal Anda ingin menghubungkan iklan IG dengan website toko atau link chat WhatsApp.

Facebook menyediakan beberapa tujuan traffic yang dapat dipilih khusus yakni WhatsApp, website olshop, FB Messenger, dan aplikasi ecommerce.

6. Aktifkan Menu Tampilkan Promo

Klik menu “Tampilkan Promo” supaya IG ads Anda bisa dipromosikan. Anda juga dapat mencentang pilihan promo untuk memperlihatkan aneka penawaran di toko pada audiens.

7. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Sejauh ini kita sudah menetapkan bentuk, tujuan dan anggaran iklan. Langkah selanjutnya adalah mengatur target penonton.

Terdapat tujuh rincian yang harus dilengkapi terkait target penonton Instagram ads, yakni:

7.1 Usia Penonton

Atur rentang usia penonton agar iklan tersebar pada kelompok audiens yang tepat. Misalnya Anda ingin mempromosikan jualan laptop bagi mahasiswa. Jadi rentang usia audiens dapat diatur pada kisaran umur mahasiswa, yakni 18 sampai 24 tahun.

7.2 Lokasi Penonton

Instagram digunakan oleh masyarakat dari berbagai dunia. Maka dari itu, Anda wajib mengatur lokasi audiens demi mempercepat proses penyebaran iklan. Keterangan lokasi penonton mencakup:

  • Negara.
  • Provinsi.
  • Kabupaten.
  • Kota.
  • Kode pos dan alamat-alamat lain yang lebih spesifik.

Apabila target konsumen Anda adalah warga Indonesia, maka tetapkan lokasi penonton di Indonesia juga. Begitu juga jika audiens sasaran berada di luar negeri. Anda bebas mencantumkan satu atau lebih lokasi distribusi iklan.

7.3 Bahasa

Pilihlah bahasa yang Anda gunakan untuk beriklan atau bahasa sesuai target audiens. Instagram Ads punya puluhan jenis bahasa lokal setiap negara yang bisa dipilih lebih dari 1.

7.4  Audiens Khusus

Audiens khusus adalah kelompok-kelompok tertentu yang ingin dijadikan target pemirsa iklan. Misalnya Anda hanya ingin mempromosikan katalog pada followers akun olshop, atau masyarakat yang pernah mengunjungi website online shop.

7.5  Gender atau Jenis Kelamin

Cantumkan jenis kelamin audiens yang ingin disasar, baik itu pria, wanita, atau keduanya. Misal Anda memasang ads produk otomotif yang lebih banyak diminati kaum adam. Otomatis jenis kelamin yang sebaiknya dicantumkan adalah “pria”.

7.6  Target Terperinci

Target terperinci terdiri atas minat, kesukaan, atau kategori favorit audiens. Fitur ini merupakan filter agar iklan menyasar penonton yang tepat. Semisal audiens pecinta fashion akan lebih banyak mendapat iklan pakaian terbaru. Anda juga dapat memilih beberapa kategori minat sekaligus.

7.7  Koneksi

Poin terakhir adalah koneksi. Saat diaktifkan, iklan Anda dapat tersebar di kelompok penonton yang saling terkoneksi di Instagram.

Contohnya Adi dan Budi saling follow di IG. Jika iklan Anda tersebar kepada Adi, maka Budi sebagai followers Adi juga dapat melihat konten promosi yang sama.

8. Pilih Penempatan Otomatis Ads

Langkah berikutnya adalah memilih penempatan otomatis iklan. Fitur ini membantu iklan Instagram tersebar di seluruh platform dalam naungan Meta atau Facebook.

Namun Anda tetap bisa memilih untuk menempatkan iklan di Instagram saja. Caranya cukup dengan mengklik “Edit Penempatan” lalu centang opsi “Instagram”.

9. Pilih Jadwal Penayangan Iklan

Berapa lama Anda ingin iklan ditayangkan di Instagram? Kembali lagi, setiap orang bebas menentukan durasi sesuai cepat-lamanya pencapaian target. Anda boleh memilih jadwal tayang iklan semaunya, seperti satu bulan, enam bulan, atau beberapa minggu saja.

10. Memilih Format Iklan

Instagram punya banyak format konten, seperti:

  • Instagram Stories: video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit dan dapat bertahan selama 24 jam.
  • Reel: video pendek dengan waktu tayangan dan masa tayang lebih lama dari Stories.
  • Foto tunggal: iklan dengan satu buah gambar.
  • Video pendek tunggal: iklan dengan satu video.
  • Carousel: 2 atau lebih foto dan video yang dapat disimak dengan cara digeser.
  • Koleksi: iklan gabungan video dan foto.
  • Tayangan slide: iklan gambar atau video hingga 10 buah (maksimal).

Nah, iklan Anda pun bisa ditayangkan sesuai format di atas. Kalau Anda ingin menampilkan iklan di IG Stories maka pilihlah format Stories.

11. Lengkapi Deskripsi Ads

Di langkah ini, Anda perlu melengkapi sisa deskripsi terkait iklan Instagram. Poin-poin tersebut mencakup:

  • Foto atau video pendukung iklan.
  • Link website toko online atau akun ecommerce.
  • Judul iklan yang menarik.
  • Akun Instagram yang terhubung dengan laman Facebook.
  • Teks copywriting deskripsi tentang iklan.

12. Lakukan Pembayaran

Cara membuat Instagram ads yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Pastikan seluruh informasi dan deskripsi iklan sudah benar sebelum membayar.

Dulu pembayaran IG ads bisa dilakukan dengan kartu kredit saja. Tapi saat ini, Instagram menyediakan opsi pembayaran lain dengan kartu debit dan transfer bank digital.

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pencet tombol konfirmasi. Iklan Anda akan langsung ditayangkan setelah pembayaran dinyatakan berhasil.

Demikianlah cara-cara membuat Instagram ads yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera buat iklan Instagram pertama Anda hari ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tutorial atau tips-tips sukses bisnis online? Baca MARKEY solusinya!

Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk langsung memperoleh ratusan ilmu digital marketing terbaru. Sampai bertemu lagi di ulasan selanjutnya, ya!

10 Contoh Copywriting Skincare yang Menghipnotis Konsumen

0
copywriting-skincare

Bingung bagaimana cara menulis caption promosi yang menarik khusus untuk produk skincare? Tidak perlu mencari kemana-mana lagi, berikut ini ada 10 contoh copywriting skincare yang terbukti sukses memikat konsumen!

Copywriting merupakan salah satu strategi ampuh menarik perhatian pembeli. Kalimat-kalimat persuasif di copywriting dapat dengan mudah meyakinkan seseorang untuk mencoba produk kecantikan Anda.

Seperti apa contoh copywriting skincare tersebut? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita intip aneka template caption promosi skincarenya di bawah ini!

10 Contoh Copywriting Skincare Terbaik Saat Ini

Lebih dari 70% konsumen online terbukti membeli skincare usai membaca caption produk yang menggugah selera. Tulisan copywriting deskripsi tidak hanya membantu menjelaskan spesifikasi produk pada konsumen, tetapi juga meyakinkan mereka terhadap khasiat dan manfaatnya.

Mungkin saat ini Anda sendiri masih penasaran cara menulis copywriting yang benar, khususnya bagi bisnis skincare. Untuk itu, berikut ini kami telah siapkan 10 contoh copywriting skincare yang lagi populer digunakan berbagai brand kekinian:

1. Contoh Copywriting Skincare di Headline (Judul)

copywriting-skincare contoh copywriting skincare

Headline atau judul harus ditulis semenarik mungkin untuk mencuri perhatian audiens. Semakin membuat penasaran judul Anda, maka makin besar pula keinginan seseorang membaca caption produk.

Anda mungkin perlu menyiapkan strategi penulisan headline mengingat bagian inilah yang pertama kali dilirik audiens. Beberapa contoh copywriting skincare bagian headline yang bisa Anda gunakan misalnya:

  • Cemas Kulit Kusam? Ubah Kebiasaan Buruk Ini Sekarang Juga!
  • Terkuak! Inilah Penyebab Jerawat Bandel yang Sering Tak Disadari
  • 10 Skincare Artis Korea yang Bikin Kulit Awet Muda, Wajib Punya!
  • Mau Punya Kulit Cerah, Sehat dan Kenyal? Ikuti 1 Langkah Mudah Ini
  • Hempas Seluruh Masalah Kulit dengan 1 Solusi Murah
  • Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Tips menulis headline promosi skincare :

  • Gunakan rangkaian kalimat yang memikat rasa penasaran.
  • Cantumkan kata-kata pembangkit emosi, seperti “terkuak”, “rahasia”, “ampuh”, “terpercaya”, “murah”, “ORI”, “proses instan” dan lain-lain.
  • Buat judul yang singkat, padat dan jelas.
  • Selipkan kata kunci terkait produk di judul.

2. Copywriting Iklan Skincare di Tagline

Tagline berbeda dari headline. Tagline atau jargon adalah sebuah kalimat singkat yang mencirikan brand Anda. Oleh sebab itu, jargon sangat bermanfaat sebagai media pembangun brand awareness.

Misalnya, brand kosmetik lokal Wardah punya tagline “Feel The Beauty” dan Emina dengan “You Born to be Loved”. Anda pun bebas membuat sendiri jargon sesuai visi, misi atau jati diri yang dimiliki brand.

Beberapa contoh copywriting skincare tagline simpel adalah:

  • Awet muda di sepanjang usia.
  • Solusi semua wajah asli Nusantara.
  • Cantik mempesona luar dalam.
  • Pancarkan kemilau diri setiap perempuan.
  • Sahabat terbaik semua wanita.
  • Bersih dan sehat tanpa jerawat.
  • Dan masih banyak lagi.

Tips menulis tagline bisnis skincare :

  • Buat jargon yang singkat, memakai bahasa sederhana, dan mudah diingat.

3. Copywriting Iklan Skincare dengan Trend

Anda juga bisa mengemas isi tulisan copy agar jadi lebih menarik dengan membubuhkan berbagai trend. Khusus dalam bisnis skincare, terdapat 4 kelompok trend yang selalu ampuh memikat perhatian audiens, yakni:

  • Tampilan sempurna (Flawless): Semua orang ingin mempunyai tampilan wajah yang sempurna, bebas dari segala permasalahan kulit.
  • Penyembuhan Instan: Para pengguna skincare mengharapkan hasil penyembuhan kulit yang super kilat dari berbagai bahan aktif.
  • Treatment Ramah Lingkungan: Banyak orang masih meyakini bahwa produk-produk dari lingkungan memberi hasil terbaik bagi kulit wajah.
  • Personalisasi Kebutuhan: Inovasi produk skincare dari masalah/kebutuhan konsumen lebih diminati dan dinilai tepat sasaran.

Contoh copywriting iklan skincare dengan informasi sesuai trend adalah :

  • Memperkenalkan skincare organik terbaru untuk kulit wajah sensitif. 100% bebas alkohol, parfum, dan bahan kimia berbahaya à contoh trend “treatment ramah lingkungan” dan “personalisasi kebutuhan”.
  • Usir jerawat membandel dalam semalam dengan serum ABC! Inovasi pertama dengan anti jerawat 10x lipat lebih efektif, yuk cobain! à contoh trend “penyembuhan instan”.
  • Lelah menghadapi kulit kusam, jerawat, kemerahan dan diwarnai kerut-kerut halus? Tenang, Bestie! Yuk sempurnakan kecantikan dirimu dengan #skincarekit baru keluaran Emina berikut ini. à contoh trend “tampilan sempurna”.

Tips menulis copywriting skincare dengan trend :

  • Sering-sering gali trend terbaru seputar masalah kecantikan di masyarakat.
  • Sesuaikan trend dengan permasalahan konsumen serta keunggulan produk Anda.

4. Copywriting Iklan Skincare di Kalimat Pembuka

Selanjutnya adalah menulis copywriting bagian pembuka (opening) dari iklan skincare Anda. Bagian ini bermanfaat untuk memperkenalkan isi konten yang lebih lengkap pada audiens.

Selain itu, kalimat opening juga bertujuan untuk memberi gambaran-gambaran menarik supaya audiens tertarik mengenal atau membeli produk kecantikan Anda. Beberapa contoh kalimat copywriting bagian pembuka yang baik adalah :

  • Sering tidak percaya diri gara-gara jerawat membandel? Sekarang tidak perlu minder lagi, kami punya solusi terbaiknya di sini khusus buat kamu.
  • Semua orang di dunia pasti ingin punya kulit yang sehat, bersih dan cerah.
  • Bayangkan jika kulitmu bisa bebas minyak walau beraktivitas di bawah terik matahari sepanjang hari. Sekarang hal tersebut bukan mimpi lagi!
  • Miliki kulit cantik sempurna bak idol Korea dengan satu metode ini saja.

Tips copywriting kalimat pembuka iklan skincare :

  • Cantumkan manfaat utama produk atau keuntungan yang bisa diperoleh konsumen saat memakai skincare Anda.
  • Kaitkan masalah yang dihadapi audiens dengan solusi atau hasil akhir pasca pemakaian produk.

5. Copywriting Iklan Skincare dengan Urgensi Belanja

Sudah menulis copywriting yang menarik tapi masih gagal membujuk pembaca membeli produk? Bisa jadi penyebabnya karena Anda belum mencantumkan urgensi atau tekanan untuk memakai produk.

Ada banyak sekali alasan seseorang menunda membeli produk impiannya. Sikap ini tentu harus disiasati supaya upaya promosi tidak berujung sia-sia. Nah, salah satu cara termudahnya ialah dengan menekankan kepentingan produk atau penawaran di caption seperti:

  • Khusus pembelian hari ini! Dapatkan gratis ongkir plus diskon 70% untuk pembelian produk skincare BeautyCare.
  • Beli sekarang sebelum kehabisan dan menyesal!
  • Kapan lagi borong kit basic skincare diskon setengah harga? Khusus di bulan September ini aja lho, yuk segera check out.
  • Jangan tunda lindungi kulitmu dari sinar UV pakai sunscreen. Cobain perlindungan ekstra UVA dan UVB dari HealthySkin di sini sekarang.
  • Limited stock paket Glowing and Lovely kembali tersedia di ecommerce kesayanganmu. Beli sekarang sebelum kehabisan lagi.

Tips copywriting iklan dengan urgensi :

  • Mainkan emosi konsumen agar mereka tergerak membeli produk Anda. Misalnya emosi ‘takut ketinggalan promo’ atau ‘tidak ingin ketinggalan hype’.

6. Contoh Copywriting Iklan Skincare dengan Benefit

Inilah unsur terpenting yang selalu dicari audiens dalam deskripsi produk skincare: benefit (keuntungan).

Poin ini dapat langsung memengaruhi keputusan belanja konsumen. Jika rincian manfaat produk dirasa sesuai dengan kebutuhan, maka dijamin, konsumen akan langsung check out produk tanpa berpikir dua kali!

Contohnya:

  • Moisturizer gel berbahan dasar air sehingga tidak lengket atau berbekas di tangan.
  • SPF 50 sunscreen yang melindungi kulit dari kanker sekaligus ampuh sebagai dasar beda. No whitecast!
  • Sheetmask dengan vitamin ABC murni dari buah pomegranate dapat menangkal radikal bebas yang mengancam kecantikanmu.

Tips menulis copywriting skincare dengan unsur benefit :

  • Rangkai kalimat dengan kosakata yang sederhana agar konsumen mudah memahami keunggulan produk.
  • Sesuaikan keunggulan skincare dengan kebutuhan pembeli.

7. Copywriting Iklan Skincare di Testimoni

Copywriting tidak melulu seputar benefit, tetapi bisa juga dengan testimoni. Mengiklankan produk skincare lewat testi pun sama efektifnya dengan benefit maupun judul yang memikat.

Testimoni keberhasilan sebuah produk sangat memengaruhi penilaian calon konsumen. Kebanyakan orang saat ini tertarik membeli produk kalau reviewnya bagus dan meyakinkan.

Contoh copywriting testimoni:

  • 9 dari 10 wanita Indonesia telah membuktikan kehebatan Nature Beauty dalam menghempas jerawat.
  • “Pertama sih aku ragu mau coba, tapi setelah direkomendasikan oleh sahabat aku, ternyata sabun Honey Bee ampuh mencerahkan kulitku dengan seketika!” –pelanggan 1.
  • Yuk bergabung dengan ribuan perempuan lain yang kulitnya sehat dan cantik alami dengan cobain skincare kit Fair and Flawless. Sudah teruji klinis!

8. Copywriting Iklan Skincare dengan Alasan

“Alasan” yang dimaksud di sini adalah poin-poin khusus yang menjadikan produk Anda wajib dipertimbangkan audiens. Untuk bisa menulis poin ini, Anda wajib mengetahui hal-hal yang dilihat konsumen saat berbelanja skincare Anda.

Beberapa contoh penulisan iklan skincare yang menarik dengan alasan-alasan kuat:

  • Mengapa mencoba produk kami? Tentu saja karena bahan-bahan yang kami gunakan 100% alami dari alam dan tanpa uji binatang.
  • Pelembab malam X dirancang dengan sistem hydra-lock 12 jam. Bangun-bangun kulit kamu bakal lebih kenyal, lembab dan kinclong!
  • Ini 5 alasan kenapa kamu harus mulai pakai sunscreen SPF 50 dari Gluta, salah satunya bisa melindungi kulit dari ancaman kanker dan paparan sinar biru. Yakin mau skip?

Tips menulis :

  • Tawarkan informasi yang bisa bermanfaat dalam jangka panjang (di masa sekarang maupun masa depan).
  • Jabarkan benefit produk dengan lebih rinci.

9. Copywriting Iklan Skincare dengan Keunggulan Unik Brand

Anda juga bisa menulis keunggulan unik brand untuk memperdalam wawasan audiens. Dengan begini, pembaca bisa menilai sendiri manfaat skincare Anda yang tidak dimiliki brand pesaing.

Saat ini ada banyak produk skincare dengan khasiat serupa beredar di pasaran. Maka dari itu juga, Anda wajib menonjolkan kelebihan produk supaya brand Anda dilirik. Contoh kalimat copywritingnya:

  • Inilah serum ajaib yang bisa meredakan jerawat dalam 3 hari saja!
  • Sunscreen pertama dalam bentuk stik sehingga mudah digunakan setiap saat.
  • Mencerahkan kulit dalam 7 hari? No! Sleeping mask Aqua dapat meremajakan kulit langsung dari pemakaian pertama.

Tips menulis iklan skincare dengan keunggulan brand :

  • Tetaplah jujur saat menonjolkan kelebihan produk. Jangan sampai Anda membohongi pelanggan atau melebih-lebihkan.

10. Copywriting Iklan Skincare dengan Customer Persona

Contoh copywriting skincare yang terakhir adalah menulis dengan informasi customer persona. Customer persona merupakan karateristik target konsumen. Informasi ini sangat penting dalam setiap teknik marketing, sebab dapat mempermudah masyarakat menerima penawaran produk/jasa.

Sederhananya, customer persona membantu mencocokkan kebutuhan konsumen dengan keunggulan produk. Semakin tepat solusi yang ditawarkan dengan masalah, maka kian besar juga keinginan seseorang membeli skincare Anda.

Data informasi konsumen biasanya terdiri atas:

  • Usia
  • Pekerjaan
  • Demografi (lokasi).
  • Jenis kelamin.
  • Masalah yang dihadapi.
  • Cara belanja.
  • Emosi-emosi yang dihadapi oleh pembeli.
  • Keinginan, harapan, atau ekspektasi konsumen.

Contoh copywriting bisnis skincare dengan customer persona :

  • Sering dicuekin gebetan karena kulit kusam? Atasi segera dengan paket serum + essence kaya vitamin C dari KamiBeauty! Ampuh mencerahkan wajah dalam 3 hari saja.
  • Tidak cuma kulit wajah yang harus dirawat, badan Anda juga harus mulus. Dapatkan kulit sehat, halus dan cerah anti belang dengan serum lotion Gluta Hya di sini.
  • Kini hadir paket Skincare For Men harga terjangkau di toko AdaFlawless. Biar laki tak kalah glowing dan memikat!

Tips menulis copy dengan customer persona:

  • Kumpulkan informasi data diri target konsumen melalui riset atau survey secara berkala.
  • Tetapkan target konsumen yang sesuai dengan visi, misi atau khasiat produk skincare.

Itulah contoh-contoh copywriting skincare yang ampuh menarik perhatian calon pembeli. Yuk maksimalkan omset bisnis skincare Anda dengan mengupdate caption promosi sesuai contoh di atas!

Temukan lebih banyak tips, trik dan inspirasi bisnis online terbaru hanya di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel tentang digital marketing di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store atau AppStore, ya. Sampai bertemu lagi!

15 Contoh Service Excellence di Berbagai Usaha Kekinian

0
contoh-service-excellence

Service excellence adalah kunci utama mempertahankan kesetiaan pelanggan. Namun seperti apa contoh service excellence yang baik dan benar?

Setiap bisnis wajib mengetahui tata cara memanjakan konsumen masing-masing. Hal ini penting agar toko Anda tidak pernah sepi pembeli. Adapun proses memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sering disebut sebagai service excellence.

Bagaimana dengan usaha Anda sendiri? Sudahkah Anda melayani konsumen dengan maksimal? Atau, Anda justru masih bingung dengan contoh-contoh service excellence?

Tepat sekali, berikut ini kami telah rangkum berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha. Anda bisa langsung mengikutinya demi memaksimalkan kualitas bisnis sendiri!

13 Contoh Service Excellence di Beragam Bidang Usaha [Wajib Ditiru!]

contoh-service-excellence-1

Kepuasan konsumen selalu menjadi hal nomor satu dalam bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa ataupun menjual produk.

Namun nyatanya masih banyak juga yang belum mengetahui bentuk-bentuk pelayanan konsumen yang baik (service excellence). Maka dari itu, yuk simak berbagai contoh service excellence dari beragam bidang usaha berikut ini:

1. Contoh Service Excellence di Rumah Sakit

Contoh service excellent yang pertama datang dari bisnis medis, seperti rumah sakit, klinik dan puskesmas.

Selain sigap dan fokus menangani penyakit dan keluhan pasien, rumah sakit Anda tetap harus memenuhi poin-poin penting pelayanan konsumen seperti:

  • Menyediakan ruang tunggu yang aman dan nyaman bagi keluarga pasien.
  • Memberikan pelayanan pengobatan yang jelas dan transparan.
  • Mengantongi izin operasi secara legal dari badan hukum.
  • Mengedepankan pertolongan pertama bagi pasien, khususnya yang masuk UGD.
  • Senantiasa bersikap ramah dalam menanggapi pertanyaan, keluhan, permintaan dan kebutuhan pasien.

2. Service Excellence di Bank

Bank adalah perusahaan dengan contoh pelayanan publik yang baik untuk ditiru selanjutnya. Bagi Anda yang tengah mengelola bisnis perbankan, kami sarankan untuk menerapkan contoh-contoh excellent service berikut ini:

  • Membukakan pintu, menyapa, dan mengarahkan nasabah sesuai tujuan mereka.
  • Menyediakan petugas security untuk menjamin rasa aman konsumen ketika bertransaksi.
  • Melayani seluruh kebutuhan nasabah dengan ramah, sopan, dan cekatan.
  • Menyediakan alur pelayanan yang jelas, terstruktur dan transparan.
  • Menerima seluruh keluhan dan pertanyaan klien, serta menyelesaikannya dengan baik.

3. Service Excellence di Toko Produk dan Ritel

Khusus untuk bisnis jualan produk atau ritel, Anda dapat menerapkan contoh pelayanan konsumen seperti:

  • Memastikan stok selalu ready atau tersedia. Pantaulah jumlah stok secara berkala, dan segera isi ulang produk yang hampir habis. Dengan begini, konsumen akan selalu senang dan puas sebab bisa memenuhi kebutuhan di toko Anda.
  • Menyambut pelanggan dengan sopan, ramah dan penuh kesabaran.
  • Menuntun pengunjung mencari produk-produk sesuai kebutuhannya.
  • Bersedia menjawab dan menjelaskan informasi terkait produk yang ditanyakan oleh konsumen.
  • Sebisa mungkin menyediakan produk-produk yang sedang trending, viral atau best-seller. Sangat besar peluang masyarakat membeli produk yang sedang naik daun.

4. Contoh Service Excellence di Supermarket

Pelayanan konsumen di supermarket tidak jauh berbeda dengan ritel. Ketika ada konsumen, usahakan untuk menyambut mereka dengan senyum, sapaan ramah, atau kalimat seperti, “Selamat datang, adakah yang bisa kami bantu?”.

Setelah pelanggan selesai berbelanja, Anda bisa membantu menghitung jumlah harga pesanan dan menawarkan produk atau diskon lain kepada mereka. Ucapkan pula terima kasih kepada konsumen sebelum mereka meninggalkan toko Anda.

5. Service Excellence di Lembaga Kursus, Pelatihan & Bimbingan Belajar

Tidak hanya bisnis jual-beli produk, usaha-usaha yang bergerak di bidang jasa juga wajib menyediakan service excellence yang baik. Salah satunya adalah lembaga kursus, pelatihan dan bimbel.

Beberapa contoh sikap excellent services di lembaga kursus adalah:

  • Menyambut pelajar dengan hangat, ramah dan sopan.
  • Menyediakan tenaga pengajar yang berkompeten, tahu cara membimbing siswa, serta ahli di bidangnya.
  • Menerima diskusi dengan siswa terkait kesepakatan metode belajar.
  • Mempersiapkan diri dan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

6. Contoh Service Excellence di Toko Online (Online Shop)

Bisnis online saat ini sedang naik daun. Selain karena mudah, online shop juga tidak memakan banyak biaya modal. Alhasil banyak orang tertarik mengembangkannya.

Meskipun online shop bisa dikelola dengan praktis via aplikasi ecommerce, jangan sampai Anda tidak memberi pelayanan konsumen yang baik, ya. Beberapa contoh excellent service khusus untuk online shop misalnya:

  • Menjawab seluruh pesan, keluhan dan pertanyaan dari konsumen.
  • Berusaha untuk menjawab pesan masuk secara cepat (fast response).
  • Memberikan informasi terkait pesanan secara jelas.
  • Menyediakan klaim garansi atau pengembalian barang yang rusak dan tidak sesuai katalog.
  • Menyusun metode check out pesanan dengan simpel dan praktis.
  • Menghadirkan fitur-fitur belanja online yang menguntungkan konsumen, seperti klaim diskon, cashback, keranjang belanja, dan lain-lain.

7. Service Excellence di Hotel

Hotel terkenal sebagai bisnis dengan pelayanan dan keramahtamahan tingkat tinggi. Service excellence sangat menentukan rating bintang sebuah hotel. Semakin banyak konsumen yang puas dengan layanan Anda, maka semakin terkenal pula nama hotel Anda.

Lalu seperti apa bentuk pelayanan hotel yang baik? Jawabannya cukup sederhana. Anda bisa menerapkan poin-poin berikut:

  • Menyambut tamu yang baru tiba dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa).
  • Menyediakan jasa vallet parking dan bellboy untuk membantu tamu membawa barang-barang mereka.
  • Menanggapi permintaan, pertanyaan, hingga keluhan dari tamu dengan sigap.
  • Membersihkan dan menata kembali kamar hotel ketika tamu sedang bepergian.
  • Menjaga sanitasi dan kebersihan ruangan kamar hotel seperti mengganti seprai, menyapu, mengepel, mengganti perabotan sekali pakai untuk tamu (seperti sikat gigi, handuk, sabun, dll).
  • Menjaga privasi data-data tamu.

8. Service Excellence Layanan Delivery

Contoh pelayanan konsumen terbaik selanjutnya datang dari usaha delivery (pesan antar makanan). Perusahaan Pizza Hut memberikan contoh excellence service yang bisa Anda tiru. Mereka memberikan “garansi uang kembali” jika makanan pesanan tiba lebih lama dari seharusnya.

Taktik tersebut terbukti ampuh membangun rasa penasaran sekaligus kesan baik di benak konsumen. Konsumen jadi merasa “lebih aman” dan “tetap untung” meski harus mengalami kondisi pengiriman yang buruk. Alhasil mereka akan lebih betah menggunakan jasa Anda.

9. Service Excellence Restoran

Cukup banyak restoran kekinian menyediakan promo spesial atau gratis makanan/minuman bagi pelanggan yang berulang tahun. Salah satunya adalah Starbucks.

Member Starbucks bisa memperoleh kue gratis di hari ulang tahun mereka. Strategi service excellence ini bisa Anda tiru demi mempererat loyalitas konsumen.

Selain memberikan kado khusus pada konsumen, masih ada lebih banyak contoh pelayanan konsumen di bidang restoran misalnya:

  • Menjaga kehigienisan tempat makan, dapur, dan pesanan konsumen. Pun apabila terjadi hal tak diinginkan yang merusak makanan, Anda harus dengan sigap mengganti pesanan dengan yang baru.
  • Menyediakan ruang makan yang nyaman, tidak terlalu sempit atau berisik.
  • Menyediakan layanan pesan antar online sehingga konsumen bisa tetap berbelanja tanpa perlu datang ke resto.

10. Service Excellence Bisnis Gadget

Khusus untuk bisnis jual-beli gadget, Anda bisa menyediakan excellence service berupa terima tukar tambah.

Gadget smartphone dan laptop sering mengalami pembaharuan dan penurunan harga di masyarakat. Alhasil, sistem tukar tambah bisa membantu konsumen mendapat produk impian dengan harga terjangkau.

Anda juga dapat memberikan garansi dalam jangka waktu lama (1 atau 2 tahun) bagi setiap pembelian gadget. Kehadiran garansi dapat menambah rasa keamanan dan kepercayaan konsumen terhadap brand.

11. Service Excellence Butik atau Toko Pakaian

Apakah Anda tertarik membuka bisnis butik? Usaha di bidang fashion memiliki arus pergerakan yang cepat. Supaya bisnis bisa bertahan, maka Anda harus menjaga hubungan dengan konsumen melalui beberapa trik service excellence ini:

  • Rutin memperbaharui informasi terkait stok produk atau koleksi busana pada konsumen. Banyak orang tertarik membeli pakaian-pakaian keluaran terbaru. Toko Anda pun bisa mendapat rating lebih tinggi karena dianggap up to date.
  • Berikan penawaran produk sesuai selera, minat, atau riwayat belanja konsumen.
  • Bangun komunikasi dua arah yang baik dengan konsumen. Jangan hanya getol mengabari konsumen ketika ingin menawarkan produk. Selalu balas pesan mereka kapanpun dimanapun.

12. Service Excellence di Perusahaan Asuransi

Bentuk service excellence yang paling menonjol di bisnis asuransi adalah sikap menghormati keputusan pelanggan. Semisal Anda sudah menawarkan berbagai produk asuransi pada konsumen, namun pada akhirnya mereka tidak jadi membeli.

Situasi seperti itu sangat sering terjadi dan Anda mungkin merasa kecewa. Akan tetapi, Anda harus mengedepankan sikap profesional serta menghargai keputusan pembeli.

Jangan sekali-kali menunjukkan wajah kecewa apalagi marah-marah karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman. Berlapang dadalah, lalu bangkit mencari konsumen yang lain.

13. Service Excellence di Toko Kosmetik atau Bisnis Skincare

Contoh terakhir datang dari bisnis kosmetika atau skincare. Bisnis skincare juga sangat marak digeluti dewasa ini. Target konsumennya pun beragam, mulai dari remaja, wanita, hingga pria.

Jika ingin bisnis skincare Anda sukses, maka usahakanlah untuk selalu mengenali kebutuhan pelanggan Anda. Mengetahui permasalahan konsumen beserta solusinya menjadi kunci utama keberhasilan usaha produk kecantikan masa kini.

Selain itu, hargai pula privasi konsumen. Banyak konsumen merasa kurang nyaman membeli skincare secara langsung di toko karena ‘terlalu diawasi’ gerak-geriknya oleh sales.

Akan lebih baik jika Anda bertanya pada konsumen terlebih dahulu apabila mereka membutuhkan bantuan saat berbelanja. Selebihnya, cukup ikuti kemauan pembeli saja.

Pun untuk menghindari hal-hal tak diinginkan seperti pencurian, Anda dapat memasang kamera CCTV yang mengawasi areal toko dengan lebih baik.

Demikianlah 13 contoh service excellence dari berbagai jenis usaha masa kini. Cukup mudah, bukan? Yuk segera praktekkan contoh-contoh pelayanan konsumen di atas pada bisnis sendiri!

Follow terus MARKEY karena ada ratusan tips dan trik bermanfaat terkait bisnis online spesial khusus untuk Anda. Baca gratis sekarang juga hanya di https://markey.id/ atau MARKEY APP di Play Store atau AppStore. Sampai bertemu lagi!

4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis Anda

0
manfaat-influencer

Manfaat influencer bagi bisnis online salah satunya adalah mempopulerkan nama usaha di masyarakat. Namun tahukah Anda, bahwa ada lebih banyak lagi manfaat influencer yang tak kalah menjanjikan?

Pemasaran melalui influencer masih gencar dilakukan oleh banyak brand. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menggaet artis lokal maupun luar untuk memperkenalkan produk/jasa ke masyarakat.

Sebut saja seperti kampanye GoJek dan BTS, atau kolaborasi seleb TikTok viral Kak Jill dengan brand make up Madame Gie. Tentunya promosi-promosi ini digencarkan dengan alasan khusus, salah satunya produk/jasa lebih cepat terkenal berkat “didongkrak” oleh sang influencer.

Nah selain itu pun masih ada lagi 4 manfaat influencer yang tak boleh dilewatkan setiap bisnis online. Apa sajakah? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

4 Manfaat Influencer untuk Bisnis Online Kekinian dan Masa Depan

manfaat-influencer-1

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang wajib Anda lirik. Mengapa?

Taktik pemasaran ini terbukti menyimpan banyak manfaat positif bagi olshop, baik yang berupa jangka panjang maupun pendek. Bisnis Anda pun bisa tumbuh lebih cepat dengan strategi influencer ini.

Mengutip dari hasil riset terbaru Impact.com, berikut adalah sejumlah manfaat influencer marketing bagi olshop kekinian:

1. Mencegah Konsumen Melewati Iklan

Tidak ingin iklan Anda di-skip begitu saja oleh konsumen? Kini hadir solusi agar iklan Anda disimak setiap orang, yakni dipromosikan lewat jasa influencer!

Survey global Impact di berbagai negara maju Eropa, Asia, Amerika Utara dan Australia menemukan bahwa 73% brand meraup keuntungan promosi yang tinggi berkat influencer. Hampir semua materi promosi produk/jasa mereka sukses mendapat engagement tinggi ketika diposting oleh selebriti.

Selaras dengan hal tersebut, 75% brand sukses menumbuhkan awareness produk yang luar biasa di masyarakat berkat influencer marketing. Produk/jasa yang disampaikan influencer lebih berpeluang disimak karena dikemas dengan gaya unik, menarik, serta mengundang penasaran.

Interaksi konsumen juga lebih mudah dipancing karena para influencer cenderung aktif memasarkan sebuah produk atau jasa. Iklan-iklan yang interaktif terbukti lebih memikat perhatian. Maka dari itu jangan heran kalau video marketing seperti Reels dan Stories lebih marak beredar daripada pamflet atau flyer.

Baca juga: AI dalam Influencer Marketing: Solusi Bisnis Anda!

2. Menambah Nilai Orisinalitas Brand

Benefit influencer marketing yang kedua adalah mampu menambah nilai keaslian atau originalitas brand. 85% konsumen yakin bahwa konten influencer punya nilai original yang lebih tinggi daripada konten lain.

Kepercayaan ini mulai muncul dan menguat sejak banyak kreator memperlihatkan cara pembuatan konten mereka, alias behind the scene. Konten-konten ini punya dampak yang super positif karena memperlihatkan nilai effort (perjuangan), original, dan kreativitas sang kreator.

Hasilnya para penonton akan memercayai keaslian konten endorsement tersebut. Mereka berpikir bahwa produk atau jasa yang ditampilkan oleh influencer memang sungguh berkualitas, sehingga layak untuk dicoba.

3. Memperluas Peluang Kemitraan

Manfaat influencer lainnya yang tak kalah mencengangkan adalah mampu memperluas peluang kemitraan bisnis Anda. Brand yang punya hubungan baik dengan influencer ternyata mampu menarik lebih banyak organisasi, individu, hingga investor!

Influencer atau Brand Ambassador (BA) kini dilihat sebagai wajah perusahaan. Alhasil kualitas serta dampak influencer juga akan ikut memengaruhi image brand.

Semakin baik hubungan bisnis dan influencer di mata komunitas, maka makin besar pula ketenaran yang bisa diraih. Dalam hal ini juga termasuk peluang orang lain membeli produk Anda, menawarkan kolaborasi, atau menginvestasikan modal usaha.

Satu-kesatuan perusahaan dan influencer juga mendorong bisnis memilih promotor dengan image yang selaras. Misalnya brand eksklusif sekelas Louis Vuitton, Gucci, dan Dior diendorse oleh artis Hollywood dan miliarder kelas atas.

Sedangkan perusahaan yang mengusung konsep humanis dan merakyat lebih memilih kerjasama dengan influencer yang humoris, misalnya para komedian, seleb sosmed milenial, dan lain-lain.

4. Mempererat Hubungan Brand dan Konsumen

Influencer marketing juga bermanfaat untuk mempererat hubungan brand dan konsumen. Tidak perlu khawatir iklan Anda sepi penonton karena nyatanya, konten influencer selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang.

Keakraban influencer dengan para followersnya juga mempermudah postingan Anda mendulang banyak engagement, baik berupa komentar, like hingga datang langsung ke toko online Anda.

Baru! 4 Kiat Influencer Marketing yang Terbukti Ampuh Melariskan Dagangan

Anda sudah melihat apa saja manfaat influencer yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis. namun pertanyaan berikutnya adalah, “Bagaimana caranya bisnis Anda mendapat seluruh keuntungan dari endorsement influencer?”

Jawabannya ternyata cukup sederhana. Anda hanya perlu mempraktekkan 4 kiat berikut supaya kerjasama bisnis dengan influencer mendatangkan hasil yang optimal:

1. Lakukan Seleksi Influencer

Setiap bisnis punya kriteria pemilihan influencer yang berbeda-beda. Namun satu hal yang terpenting adalah pilihlah influencer dengan image atau reputasi sesuai bisnis Anda.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, influencer kini dipandang sebagai wajah brand. Anda boleh memilih siapa saja yang dirasa sanggup mewakili nama baik perusahaan.

Jadi sudah tidak ada lagi “keharusan” memilih influencer berfollowers jutaan agar kampanye Anda sukses. Influencer kecil sekalipun bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan, asalkan nilai reputasinya tepat dengan brand serta tujuan kampanye.

Sejumlah tips memilih dan menyeleksi influencer:

  • Pastikan portofolionya menarik sesuai tujuan pemasaran Anda.
  • Pilih influencer dari industri yang sama dengan bisnis Anda. Semisal Anda berbisnis jual-beli produk gadget, maka gunakanlah jasa endorse selebriti di bidang IT.
  • Komunikasikan syarat, metode, dan tarif kerjasama sebelum membuat keputusan dengan influencer.

Baca juga: 5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian

2. Sesuaikan Strategi Influencer dengan Selera Konsumen

Konsumen kekinian hanya mau menyimak konten yang sesuai selera mereka. Jadi mau tak mau Anda harus menyesuaikan strategi influencer dengan selera audiens.

Penelitian terbaru mendapati bahwa penonton muda lebih suka menyimak konten dengan unsur visual yang kuat. Misalnya seperti konten bertema aesthetic dengan gambar-gambar cantik khas Instagram, filter foto warna-warni pastel, dan sejenisnya.

Ada juga kelompok yang lebih suka nonton karya artis TikTok micro (dengan followers <100 ribu) daripada selebriti sungguhan. Ini karena para seleb TikTok micro suka memposting konten lucu, edukatif, dan bertema kehidupan sehari-hari.

Di sinilah Anda harus cermat menilai selera audiens yang menjadi target market. Akurasi pilihan sosok influencer, isi dan cara penyampaian konten akan memperbanyak engagement yang diraih.

3. Jalin Hubungan Jangka Panjang yang Bernilai dengan Influencer

Berusahalah menjalin hubungan jangka panjang dengan nilai positif bersama influencer. Tips ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas serta ketenaran brand di masyarakat.

Brand yang sering gonta-ganti influencer cenderung dipandang negatif oleh warganet. Alih-alih terkesan inovatif, audiens justru akan menduga brand Anda bermasalah sehingga tidak ada satupun influencer yang betah bekerjasama.

Sebaliknya, hubungan brand-influencer yang positif dan awet bisa memperkuat kesan baik di benak calon pembeli. Bisnis Anda akan dinilai berkualitas dan tahu cara memperlakukan influencer sehingga masyarakat tertarik untuk ikut mendukung usaha Anda.

Namun Anda juga tetap harus tahu kapan sebaiknya memberhentikan kerjasama, seperti ketika brand ambassador terbukti melakukan skandal yang menyeret nama baik serta karirnya.

Brand yang kekeuh mempertahankan ambassador berperangai buruk juga bisa ikut terkena getahnya. Orang-orang akan mengira brand Anda sama problematiknya selayaknya si influencer.

Daripada mengorbankan reputasi, lebih baik sudahi kerjasama Anda sesegera mungkin. Akan tetapi jangan lupa beritahu audiens mengapa influencer tersebut diberhentikan.

Baca juga: Terkuak! 6 Tips Influencer Endorsement Sukses untuk Pemula

4. Kedepankan Hubungan Mutualisme

Ciptakanlah jalinan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya brand Anda yang mendapat keuntungan, tapi juga para influencer yang diajak kerjasama.

Mayoritas konten kreator saat ini menginginkan kerjasama yang adil dan setara. Mereka tidak mau diperlakukan selayaknya bawahan, tetapi sebagai mitra kerja dengan kendali sendiri pada alur produksi konten endorsement.

Komunikasi dan kejujuran merupakan kunci utama di sini. Cobalah untuk memikirkan kembali benefit yang bisa Anda sediakan pada influencer, mulai dari gaji, kompensasi, hingga hal-hal lainnya yang dirasa perlu untuk diberikan.

Pun apabila masih terdapat kendala, jangan ragu untuk mengomunikasikan secara terbuka terkait pembagian profit pada pihak yang bersangkutan. Selamat mencoba!

Itulah aneka ragam manfaat influencer bagi bisnis online beserta kiat-kiat baru agar kampanye Anda lebih sukses. Yuk padukan tips di atas dengan strategi bisnis inovatif lainnya di MARKEY.

Baca sekarang ratusan artikel inspiratif seputar digital marketing di https://markey.id/ atau MARKEY APP di Play Store atau AppStore, gratis! Sampai bertemu lagi di pembahasan seru berikutnya, ya!

Terkuak! 6 Tips Influencer Endorsement Sukses untuk Pemula

0
influencer-endorsement

 

Influencer endorsement adalah strategi promosi kekinian yang paling marak dilakukan. Beragam jenis bisnis, mulai dari rintisan hingga brand ternama, berbondong-bondong menggaet influencer demi memperkenalkan produk dan jasanya ke masyarakat.

Kenapa influencer endorsement sangat digandrungi? Faktanya, pengaruh aktivitas “endorsement” dari influencer sosial media terbilang tidak main-main.

Para influencer sangat dicintai oleh masyarakat, sehingga mereka dapat dengan mudah membujuk orang-orang untuk mencoba sesuatu hal termasuk produk/jasa tertentu. Alhasil, tak heran kalau banyak brand tertarik bekerjasama dengan para selebriti ini.

Namun melakukan endorsement tidak boleh dengan cara yang sembarangan. Anda harus mengetahui kiat-kiat ampuh strategi endorsement supaya promosi sukses mendatangkan konsumen.

Apa sajakah rahasia tersebut? Yuk langsung scroll ke bawah untuk mengungkap jawabannya!

Inilah Keuntungan Influencer Endorsement untuk Olshop Masa Kini

influencer-endorsement

Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan bisnis dengan bantuan influencer? Jika belum, mungkin Anda akan tertarik mencoba strategi endorse setelah membaca kumpulan fakta mengejutkan di bawah ini!

Studi terbaru dari MediaCom menyebut bahwa lebih dari 51% konsumen online tertarik membeli produk atau jasa yang dipromosikan oleh influencer sosial media. Angka yang sangat besar ini menunjukkan dengan jelas betapa besar pengaruh selebriti sosmed dewasa ini.

Hasil tersebut didapat dari survei yang dilakukan pada masyarakat Inggris. Tim peneliti juga mendapati tingginya persentase keinginan belanja online akibat dorongan influencer sebesar 71% (Pinterest), 61% (TikTok), 58% (podcast), 56% (Instagram), 58% (Twitter), dan 57% (Facebook).

Pencapaian fantastis tersebut terjadi bukan tanpa sebab. Kehadiran influencer dan konten kreator lebih cepat disukai berkat dampak positif yang mereka bagikan, baik itu berupa wawasan baru, hiburan seru, maupun inspirasi unik tersendiri.

Banyak orang juga menjadikan mereka sebagai “panutan”, terutama anak-anak muda serta remaja. Influencer dipandang sebagai sosok yang keren dan menginspirasi, alhasil semakin banyak orang mendengarkan “rekomendasi” dari mereka termasuk rekomendasi produk atau jasa.

Dari segi keberlangsungan bisnis, survei MediaCom menemukan 55% konsumen langsung membeli produk usai menyimak rekomendasi influencer dan 72% memilih membeli setelah menonton influencer kesayangannya mendemonstrasikan cara pakai produk/jasa beserta hasil akhirnya.

Sedangkan dari segi loyalitas konsumen, ada sekitar 30% orang berlangganan suatu produk/jasa karena influencer favoritnya menjadi Brand Ambassador tetap perusahaan tersebut. Mereka percaya bahwa brand pasti mempunyai kualitas baik dari seberapa lama influencer ‘betah’ bekerjasama dengannya.

Jika Anda tertarik mencoba kerjasama influencer endorsement, maka ada baiknya untuk lebih berhati-hati. Jangan sembarangan memilih influencer karena hal ini bisa memengaruhi penilaian dan image brand di mata konsumen!

6 Strategi Influencer Endorsement Ampuh dan Praktis untuk Pemula

Sudah siap mencoba strategi influencer endorsement? Nah, jangan lupa terapkan 6 tips berikut ini agar promosi influencer Anda sukses besar meraup banyak profit:

1. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Bingung memilih influencer yang tepat untuk diajak kerjasama? Jangan khawatir, Anda bisa mulai dengan menentukan target penonton kontennya terlebih dahulu.

Menentukan target audiens selalu menjadi poin pertama dari setiap strategi pemasaran, termasuk endorsement influencer.

Ingat, goals utama Anda adalah menjaring konsumen sebanyak-banyaknya lewat promosi. Sedangkan influencer hanyalah “perantara” brand dengan masyarakat.

Contoh perencanaan strategi endorsement yang tepat adalah seperti ini:

Misalnya brand Anda menjual produk-produk kebutuhan ibu dan bayi. Otomatis, konsumen Anda adalah para ibu yang memiliki bayi atau ibu-ibu muda.

Selebihnya Anda hanya perlu menentukan influencer mana yang memiliki pengaruh positif di kalangan para ibu muda tadi.

2. Tentukan Target Promosi

Setelah mengetahui target audiens dan calon kandidat influencer, lanjutkan dengan menentukan target promosi Anda.

Setiap konten endorse faktanya mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang diarahkan untuk menambah followers olshop, memperkenalkan produk, atau menyebarkan info promo.

Menentukan target promosi sangat diperlukan karena akan memengaruhi strategi endorsement. Apabila strategi endorse tidak sesuai target, tentu saja promosi Anda akan berakhir sia-sia.

Contoh bentuk endorsement yang sesuai dengan target marketing adalah:

Anda ingin meningkatkan penjualan produk skincare melalui promosi endorse. Untuk itu, Anda bisa mempromosikan promo flash sale atau diskon gila-gilaan melalui influencer.

3. Memilih Influencer sesuai Kebutuhan

Sekarang tibalah waktunya untuk memilih influencer sesuai kebutuhan marketing (target promosi dan target audiens)!

Biasanya terdapat dua jenis influencer yang bisa Anda ajak kerjasama, yaitu micro influencer dan macro influencer. Apa bedanya?

Perbedaan utama micro dan macro influencer adalah jumlah followers-nya. Micro influencer adalah seseorang yang mempunyai pengikut sosial media berkisar dari 1.000 sampai 100.000 orang. Otomatis dampak pengaruhnya tidak sebesar macro influencer.

Sedangkan macro influencer mempunyai followers lebih dari 100 ribu orang. Pengaruh mereka bisa jauh lebih tinggi dibandingkan micro influencer. Pun tak menutup kemungkinan dampak macro influencer bisa sampai ke luar negeri.

Namun tentunya harga macro influencer berkali-kali lipat dari micro. Maka dari itu Anda wajib mensurvey seluruh syarat, ketentuan, tarif dan return yang bisa dihasilkan oleh calon influencer pilihan.

4. Jangan Ragu Berkonsultasi dengan Influencer

Anda akan bekerjasama dengan seorang influencer atau selebriti. Maka dari itu, jangan takut berkonsultasi secara langsung dengan mereka.

Mengapa? Ini karena para influencer yang akan berhubungan langsung dengan masyarakat. Mereka lebih memahami karakteristik followers, tipe konten dan strategi yang efektif memikat audiens.

Influencer juga perlu memastikan konten endorse tidak memuat hal-hal negatif yang bisa merusak nama baik mereka. Mereka wajib mengenali produk/jasa Anda sedetil mungkin, apalagi saat ini ada banyak sekali kasus endorsement yang merugikan karir influencer.

Namun kembali lagi, setiap brand bebas menentukan sendiri strategi endorsement yang diinginkan. Ada juga influencer yang menerima materi yang sudah disiapkan oleh perusahaan.

Agar tidak salah langkah, selalu sempatkan waktu berkomunikasi atau bernegosiasi dengan influencer pilihan, ya! Pastikan Anda membicarakan hal-hal berikut dengan sang influencer:

  • Ketentuan kerjasama, seperti jumlah postingan, waktu dan frekuensi postingan, serta bentuk/tipe konten.
  • Hal-hal yang boleh dan tidak untuk dibahas dalam postingan.
  • Tarif per postingan.
  • Mekanisme pembuatan konten.
  • Benefit atau keuntungan bagi influencer dan brand, dan lain-lain.

5. Kenali Platform yang Dipakai Influencer

Tips sukses influencer endorsement berikutnya adalah mengenali platform promosi yang digunakan. Setiap influencer mempunyai platform pilihan masing-masing. Contohnya Ria Ricis yang terkenal di YouTube, sedangkan Awkarin lebih populer di Instagram.

Anda dapat memilih influencer yang tepat berdasarkan platform andalan mereka. Kembali lagi, sesuaikanlah platform dan influencer dengan target audiens Anda.

Semisal calon mayoritas konsumen Anda adalah pecinta TikTok. Jadi bekerjasamalah dengan seleb-seleb TikTok seperti Sisca Kohl. Memposting konten endorse di platform kesukaan audiens akan memperbesar peluang produk/jasa Anda ditemukan oleh calon konsumen.

6. Evaluasi dan Ukur Hasil Kampanye

Tips terakhir, lakukan evaluasi dan ukur hasil kampanye endorsement yang sudah dilakukan. Evaluasi merupakan proses yang penting guna mengetahui tingkat keberhasilan promosi.

Namun bagaimana cara mengukur hasil endorse influencer? Bukankah kita tidak memiliki akses ke dashboard maupun statistik para influencer tersebut?

Tenang, Anda tetap dapat mengamati ada tidaknya dampak kampanye dari perubahan pada akun toko online Anda. Misalnya seperti:

  • Terdapat penambahan jumlah followers, subscribers, atau viewers
  • Terjadi peningkatan engagement di konten-konten Anda (komentar, like, share).
  • Terjadi penambahan jumlah kunjungan langsung ke toko, maupun traffic ke online shop.
  • Terdapat peningkatan konversi, transaksi, dan lain-lain.

Selain dengan pengamatan sederhana di atas, cobalah juga untuk menghitung persentase dan angka-angka pencapaian bisnis pasca endorsement. Lalu bandingkan dengan kondisi sebelumnya. apakah terjadi perubahan?

Kalau jawabannya adalah “iya”, itu berarti Anda sudah memperoleh dampak positif dari endorsement influencer. Selamat!

Demikianlah pembahasan lengkap terkait strategi influencer endorsement untuk pemula. Yuk langsung coba metode pemasaran ini dan raih pemasukan bisnis sebanyak-banyaknya!

Ingin dapat lebih banyak tips, rahasia, dan inspirasi sukses berbisnis online kekinian? Follow terus MARKEY di https://markey.id atau download MARKEY APP di Play Store atau AppStore sekarang juga, karena ada ratusan artikel bisnis informatif yang kami rangkum khusus untuk Anda. Sampai bertemu lagi!

Content Placement SEO Murah Terlengkap (100% Bergaransi!)

0
content-placement-1

Butuh jasa content placement SEO yang lengkap, murah dan terpercaya untuk semua jenis bisnis? Jangan khawatir, karena Anda sudah menemukan jawabannya di sini!

Placement content adalah taktik pemasaran website yang murah dan mudah dilakukan. Strategi ini sangat membantu meningkatkan popularitas bisnis di masyarakat sekaligus mempercepat laju penjualan.

Apa itu placement content, manfaat dan cara melakukannya? Yuk langsung simak informasi selengkapnya berikut ini!

Pengertian Content Placement

content-placement-1

Content placement adalah trik marketing website berupa pemasangan konten artikel milik orang lain di lapak Anda.

Semisal Anda mempunyai website dengan reputasi dan jumlah traffic yang tinggi. Kepopuleran website Anda lantas menarik minat pebisnis lain untuk bekerjasama mempromosikan usaha mereka.

Akhirnya, Anda pun membuka layanan placement content di mana Anda bersedia memposting artikel iklan dari suatu perusahaan dengan tarif tertentu. Strategi promosi ini sangat sering dilakukan karena terbukti mampu mendongkrak nama bisnis dengan cukup cepat.

Apakah Content Placement sama dengan Iklan Web?

Pemasangan konten promosi memang termasuk ke dalam trik digital marketing. Akan tetapi, bentuknya berbeda dari iklan web biasa.

Konten placement umumnya hanya berupa artikel tulisan seperti postingan blog biasa. Sedangkan iklan website berupa banner online yang “ditempelkan” pada berbagai sisi website atau berupa pop up di konten.

Materi promosi konten juga bisa disiapkan sendiri oleh perusahaan (penyewa jasa) atau dibuatkan oleh pengelola blog/web sesuai kesepakatan dan tarifnya.

4 Manfaat Instan dari Jasa Content Placement

Mengapa Anda harus mencoba strategi promosi yang satu ini? Tentunya karena ada banyak manfaat instan yang bisa langsung diraih perusahaan Anda lewat jasa placement content, seperti :

1. Lebih Cepat Mempopulerkan Nama Bisnis

Nama produk, jasa, atau toko Anda bisa lebih cepat terkenal jika dipromosikan melalui platform yang sudah terkenal.

Bayangkan Anda memakai jasa placement content dengan 100 ribu pembaca aktif setiap harinya. Otomatis nama perusahaan atau produk Anda bisa langsung dikenal oleh 100 ribu orang saat itu juga!

2. Toko Anda Jadi Sering Muncul di Urut 1 Google

Siapa yang tidak ingin situs olshopnya muncul di urutan pertama Google? Sudah menjadi rahasia umum bahwa 90% pembaca hanya mengklik artikel di posisi teratas Google saja.

Jasa konten placement bisa membantu mewujudkan cita-cita tersebut dengan mudah, lho. Website placement populer tentunya sudah didukung oleh optimasi SEO berkualitas. Alhasil konten promosi Anda bisa melejit di nomor 1 tanpa perlu bersusah payah.

3. Mendapat Banyak Support Backlink

Support backlink selalu dicari oleh web-web toko online kekinian. Semakin banyak link pendukung yang Anda miliki, maka makin besar pula kesempatan web toko online Anda masuk halaman 1 Google.

Namun mengumpulkan backlink yang organik tidak semudah kedengarannya. Anda mungkin harus membuat banyak konten dan bersusah-payah menaikkan reputasi web sebelum orang lain tertarik memakai platform Anda sebagai referensi mereka (backlink).

Untungnya taktik memasang konten bisa menyederhanakan tugas rumit tersebut. Kerjasama placement secara otomatis memberikan situs baru Anda lebih banyak backlink dengan instan. Para pembaca juga bisa dengan mudah mendatangi situs Anda usai membaca artikel.

4. Praktis Membangun Reputasi Brand di Masyarakat

Terakhir, strategi pemasangan konten dapat membantu membangun reputasi brand Anda di masyarakat. Ini karena konten artikel dinilai lebih user friendly dan informatif bagi masyarakat.

Penulis sengaja mengemas materi secara soft selling, tidak spamming, dan langsung mencantumkan link toko untuk membantu pembaca yang berminat mencoba produk/jasa.

Otomatis, jumlah pembaca artikel promosi jauh lebih besar ketimbang iklan-iklan model lainnya.

Ketentuan Jasa Content Placement APPKEY

Tertarik mencoba promosi usaha lewat jasa pemasangan konten? Pas sekali! Anda bisa langsung mencoba jasa pemasangan konten spesial dari APPKEY!

Mengapa APPKEY? Kami menyediakan jasa pemasangan konten web lengkap yang murah sekaligus bergaransi untuk seluruh kategori bisnis se-Indonesia.

Mulai dari UMKM, start up, bisnis rumahan sampai perusahaan ternama semuanya bisa pasang konten blog dengan harga terjangkau di sini.

Selain itu, APPKEY mempunyai banyak website media dengan ratusan ribu pembaca setiap harinya. Anda juga bisa memposting konten untuk audiens lokal Indonesia maupun luar negeri dalam 1 paket hemat.

Seluruh artikel kami juga sudah teroptimasi SEO dan selalu sukses tembus halaman 1 Google. Alhasil, konten iklan Anda bisa lebih cepat mendatangkan konsumen harian sesuai target.

1. Layanan Placement Content APPKEY

Tidak seperti layanan placement lain, APPKEY memungkinkan Anda untuk memasang artikel dengan beragam cara: mengirimkan karya sendiri, menggunakan jasa penulis profesional, dan memasang konten di situs luar negeri.

Berikut adalah rincian lengkap layanan publikasi konten promosi di situs-situs APPKEY:

  1. Artikel yang Ditulis/Dikirim oleh Klien
  2. Artikel harus sesuai dengan niche website-website APPKEY dan tetap memuat poin-poin yang informatif serta bermanfaat bagi audiens.
  3. Tulisan harus memenuhi standar dan ketentuan kepenulisan APPKEY, termasuk sudah ditulis menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengikuti EYD dan kaidah dasar SEO.
  4. Anda dapat mengirimkan artikel dalam format Microsoft Word (.doc atau .docx) ke alamat email APPKEY.
  5. Tim editor APPKEY berhak untuk mengecek, mengedit dan menyesuaikan kembali bagian-bagian dalam artikel yang dirasa kurang sesuai dengan standar kami termasuk pula judul dan struktur artikel.
  6. Tim editor APPKEY akan selalu memberitahukan alasan pengeditan artikel kepada klien terlebih dahulu.
  7. Artikel yang Ditulis oleh Penulis Profesional APPKEY
  8. Apabila klien ingin artikel promosinya disediakan oleh tim penulis APPKEY, maka kami akan menyiapkan tulisan sesuai informasi, masukan ataupun request dari Anda.
  9. Tim penulis juga dapat mengumpulkan informasi dari situs-situs perusahaan klien.
  10. Klien dapat memeriksa kesesuaian tema dengan isi artikel yang sudah dibuat sebelum persetujuan penayangan.
  11. Tim akan memproses revisi dari klien sesegera mungkin.
  12. Ketentuan Placement Content di Situs Luar Negeri
  13. Jika konten ditulis oleh klien: artikel akan melalui proses penerjemahan dengan biaya khusus. (Ketentuan harga layanan terjemahan akan ditentukan secara terpisah dari ketentuan ini.)
  14. Jika konten disiapkan oleh penulis APPKEY: artikel akan langsung disiapkan lengkap sesuai permintaan dan dalam bahasa target. Namun biaya penerjemahan tetap dibebankan kepada klien. (Ketentuan harga layanan terjemahan akan ditentukan secara terpisah dari ketentuan ini.)
  15. Klien dengan target website lokal maupun luar negeri wajib memilih salah satu paket pemasangan konten APPKEY. Daftar paket dapat disimak di bagian akhir artikel.

2. Aturan Konten Promosi APPKEY

Demi menjaga kenyamanan pembaca dan menaati aturan Google, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan klien terkait isi konten yang dilarang:

  1. Dilarang memposting konten yang membahas hal-hal negatif seperti judi, trading saham ilegal, konten dewasa dan pornografi, Blog AGC, dan seterusnya.
  2. Dilarang mengunggah konten dengan SARA atau isu-isu tertentu yang bisa menggiring opini dan keributan di masyarakat.
  3. Dilarang menulis konten yang berisikan ajakan kekerasan dan hal lain yang bertentangan dengan hukum serta undang-undang yang berlaku di Indonesia.

3. Prosedur Pemesanan Content Placement APPKEY

  1. Terdapat 3 (tiga) paket placement content yang dapat dipilih oleh klien, yakni basic, standard dan premium.
  2. Wajib sertakan nama perusahaan, link situs profil perusahaan (company profile site), nomor telepon, alamat email dan alamat perusahaan untuk kebutuhan pengiriman invoice dan atau informasi lainnya sehubungan dengan layanan kami. (Bisa dikirimkan lewat email atau kontak yang tertera).
  3. Tim APPKEY akan mengirimkan invoice setelah Anda memilih paket layanan placement.
  4. Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank yang kami sediakan dalam kurun waktu 2 x 24 jam sejak tanggal yang tertera di invoice.
  5. Setelah pembayaran terkonfirmasi, tim APPKEY akan mengarahkan Anda ke tahap selanjutnya.
  6. Apabila Anda tidak melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan di atas, maka pemesanan dianggap batal. Silahkan menghubungi kami kembali apabila Anda ingin melanjutkan pemesanan.
  7. Ketentuan waktu publikasi konten akan ditetapkan secara terpisah dari ketentuan ini.

4. Daftar Paket Content Placement APPKEY

  PAKET BASIC PAKET STANDARD PAKET PREMIUM
Durasi penayangan Selamanya Selamanya Selamanya
Jumlah backlink 1 1 2 (+Bonus: link artikel klien akan dimasukkan di konten artikel APPKEY terpopuler)
Ketentuan gambar Disiapkan oleh klien:

·  1 thumbnail (size): 1100 x 619

·  1 ilustrasi artikel (size): 1000 x 667

· Sesuai materi/isi konten, bebas copyright.

Disiapkan langsung oleh tim APPKEY dengan persetujuan dari klien. Disiapkan langsung oleh tim APPKEY dengan persetujuan dari klien.
Pilihan penempatan artikel Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.) Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.) Sesuai niche dan tema media APPKEY (kategori konten, dll.)
Pembuatan artikel oleh tim penulis APPKEY Tidak Ya (1 artikel 500 kata; isi sesuai permintaan atau request klien) Ya (1 artikel 500 kata; isi sesuai permintaan atau request klien)
Bonus posting di Facebook APPKEY Tidak Ya Ya
Harga Rp 350.000 (sudah termasuk pajak) Rp 500.000 (sudah termasuk pajak) Rp 750.000 (sudah termasuk pajak)
Ketentuan lain ·  Artikel disiapkan oleh klien

·  Artikel wajib bebas plagiarisme

·  Artikel akan diedit kembali oleh tim editor.

 

*catatan penting: Rincian harga bisa berubah sewaktu-waktu nantinya mengikuti perubahan situasi dan kondisi. Klien disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum pemesanan.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera order jasa content placement APPKEY di sini selagi masih banyak slot tersedia!

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi tim APPKEY via WhatsApp, e-mail, atau simak penjelasan selengkapnya di https://markey.id/content-placement atau di https://appkey.id/content-placement/

3 Masalah Umum Konten Marketing dan Cara Mudah Mengatasinya

0
konten-marketing

Sudah yakin konten marketing Anda efektif menjaring minat pembeli? Yuk pastikan dulu konten-konten pemasaran Anda sudah bebas dari 3 masalah umum ini!

Memposting konten pemasaran merupakan strategi terbaik untuk memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat. Banyak brand saat ini mengunggah konten buatan sendiri karena lebih murah, simpel dan efektif.

Bahkan Anthony Welgemoed, CEO dari Ziflow, mengakui perusahaannya mendulang banyak keuntungan dari konten marketing. Konten pemasaran baginya sangat ampuh dalam menarik konsumen baru, mempertahankan loyalitas pelanggan, serta membedakan brandnya dari kompetitor.

Tapi sayangnya, peningkatan produksi konten bisa berujung pada masalah baru. Tingginya persaingan antar konten mendorong marketer membuat banyak konten setiap hari, dan terkadang, terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari di dalamnya.

Lalu apa sajakah masalah-masalah dalam konten pemasaran kekinian? Tanpa basa-basi lagi, mari langsung meluncur ke bawah untuk menemukan jawaban sekaligus solusi simpel membuat konten marketing yang baik!

3 Masalah Konten Marketing yang Bikin Sepi View

konten-marketing-1

Konten yang susah payah Anda buat justru sepi penonton (view)? Bisa jadi Anda masih melakukan tiga kesalahan berikut ini tanpa disadari.

Inilah 3 masalah umum dalam pembuatan konten marketing yang wajib diantisipasi:

1. Isi Konten Marketing kurang Jelas

Masalah pertama, konten Anda mungkin masih kurang jelas isinya.

Ketidakjelasan konten bisa terjadi dalam tahap perancangan konsep, pembuatan isi, hingga distribusinya ke platform. Masalah ini masih sering menimpa banyak konten kreator, baik yang bekerja mandiri atau tim.

Ketidakjelasan konsep konten dapat menyerang banyak pihak, termasuk tim marketing Anda. Anggota tim akan kebingungan mencari cara terbaik mengeksekusi ide konten, sehingga hasilnya jadi kurang optimal.

Begitu juga dari sisi konsumen. Penyampaian pesan iklan yang “abu-abu” akan membingungkan audiens, menurunkan image perusahaan, serta yang paling fatal gagal membujuk masyarakat agar mau membeli produk Anda.

2. Umpan Balik yang Berceceran

Membuat konten pemasaran yang bagus sering kali tidak mudah. Untuk itu, banyak brand mengandalkan kesuksesan kampanye mereka di tangan tim konten kreator handal berpengalaman.

Namun bekerja dalam tim juga tidak gampang, terutama dari segi pengumpulan feedback (umpan balik). Semakin banyak orang terlibat dalam tim konten, otomatis umpan balik terkait konten bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Pun sering kali feedback-feedback tersebut tidak dikumpulkan atau dicatat dengan rapi. Nah, hal inilah yang bisa berujung pada masalah baru.

Feedback yang relevan dan akurat adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas konten marketing. Seluruh anggota tim kreator Anda wajib memberi masukan dan persetujuan demi menghindari error pasca publikasi.

Banyak sekali nama brand yang tercoreng akibat konten mereka masih berisi kesalahan info walau sudah dirilis. Tentunya akan sangat memalukan jika kesalahan tersebut “lolos” dari mata tim editor perusahaan namun diungkap oleh warganet.

3. Mengurangi Pemanfaatan Sumber Daya

Masalah konten kreator marketing yang ketiga adalah terlalu mengurangi pemanfaatan sumber daya perusahaan. Hal ini terjadi akibat kekeliruan kreator ketika menanggapi permintaan konsumennya.

Masyarakat digital sekarang menginginkan lebih banyak konten seru di hampir semua platform online. Tuntutan ini akhirnya memaksa tim pemasaran untuk memproduksi lebih banyak konten secara gila-gilaan.

Marketer cenderung mencari cara praktis membuat konten low budget demi memenuhi target posting harian. Hasil survey dari Ziflow juga menunjukkan hampir 50% pemasar tidak memakai teknologi dan sumber daya yang mereka punya.

Mereka justru ‘salah langkah’ mengorbankan sumber daya seperti anggota tim dengan alasan efisiensi pengeluaran. Anda mungkin menduga bahwa mempekerjakan sedikit orang adalah langkah terbaik ketika harus membuat banyak konten.

Sayangnya Anda salah besar. Mengganti kreator dengan aplikasi atau template konten simpel justru memperbesar kemonotonan konten. Konsumen tidak akan tertarik menyimak promosi Anda karena dinilai mirip, membosankan, dan kurang kreatif.

Yang lebih berbahaya, mempekerjakan sedikit pegawai dengan tugas selangit akan memperbesar potensi burn out. Mereka akan mulai kehabisan ide segar untuk dijadikan bahan promosi.

3 Solusi Simpel Membuat Konten Marketing yang Memikat

Anda sudah mengetahui masalah yang sering muncul ketika membuat konten pemasaran. Sekarang tiba waktunya untuk mengatasi semua problem tersebut!

Tidak apa-apa kalau konten Anda masih jauh dari kata sempurna saat ini. Masih belum terlambat untuk memperbaiki kekeliruan tersebut dengan 3 solusi simpel berikut ini:

1. Fokuskan Tujuan Konten Anda

Tahan dulu keinginan Anda untuk mengambil gambar atau menulis caption konten yang menarik! Sebelum mulai membuat materi pemasaran, ada baiknya menentukan tujuan, pesan dan fokus utama konten Anda terlebih dahulu.

Setiap konten pemasaran wajib mempunyai goals yang ingin dicapai, seperti:

  • Meningkatkan engagement (komentar, like, share, view, repost, dan lain-lain).
  • Menambah jumlah followers atau subscribers.
  • Mempererat hubungan brand dengan audiens.
  • Memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat
  • Mendorong konsumen untuk membeli produk baru.
  • Mendatangkan pembeli-pembeli potensial baru, dan lain-lain.

Hindari memasukkan lebih dari 1 – 2 tujuan dalam sebuah konten. Hal ini penting demi menjaga fokus Anda maupun audiens.

Misalnya konten pertama Anda hanya ditujukan untuk memperkenalkan produk. Kemudian konten kedua mengajak konsumen memfollow akun sosial media brand. Lalu konten ketiga meyakinkan konsumen membeli produk lewat review khasiat, dan seterusnya.

Tentunya Anda bisa menetapkan sendiri goals yang ingin dicapai lewat setiap konten pemasaran. Namun pastikan agar tujuan tersebut tersampaikan dengan jelas; mulai dari isi pesan, narasi, kalimat CTA, waktu posting, platform terbaik, dan lain-lain.

2. Buat Checklist Isi Konten

Tips kedua, buatlah checklist isi konten agar Anda tidak melewatkan hal-hal yang penting—mulai dari ide brainstorming, tren terkini, data kebutuhan konsumen, hingga feedback dari seluruh anggota tim.

Seluruh ide dan masukan wajib ditampung supaya tim marketing Anda tidak kekurangan bahan pemasaran. Kumpulkan seluruh umpan balik masukan yang Anda terima, lalu pilih mana saja yang perlu diaplikasikan.

Cara termudah mendapat masukan adalah dengan mengadakan diskusi. Berikut beberapa tips diskusi yang bisa Anda coba:

  • Tugaskan seseorang menjadi moderator yang memimpin sekaligus mengarahkan sesi brainstorming ide konten.
  • Tugaskan satu orang lagi sebagai notulen dalam setiap sesi rapat, diskusi, maupun evaluasi konten.
  • Gunakan alat-alat bantu kerja kolaborasi seperti Google Workspace dan Trello supaya setiap orang bisa memberi feedback dengan rapi.
  • Latih komunikasi dan sikap terbuka (transparansi) antar karyawan supaya terbiasa menerima beragam jenis masukan, baik yang positif dan negatif.
  • Selalu lakukan cross check sebelum perilisan konten.
  • Buat survey kecil-kecilan untuk menampung feedback dari audiens terhadap konten. Anda juga bisa membaca masukan warganet dari kolom komentar konten.

Setelah selesai merangkum seluruh ide masukan, beri juga kesempatan bagi seluruh kreator konten mengecek poin-poin checklist. Cara ini tidak hanya bermanfaat untuk menyempurnakan kampanye, tetapi juga bisa mempererat kerjasama tim Anda.

3. Manfaatkan Sumber Daya Tim dan Evaluasi Rutin

Anda tidak harus memberhentikan konten kreator terbaik di tim demi menekan budget konten. Justru sebaliknya, manfaatkanlah sumber daya yang Anda punya semaksimal mungkin supaya hasil yang diraih lebih besar.

Jangan sering-sering merekrut orang baru karena hasilnya akan lebih boros ketimbang memberdayakan karyawan lama. Lebih baik beri pelatihan rutin untuk mengasah skill, ilmu dan ide-ide tim Anda. Dari sini mereka akan mampu membuat lebih banyak konten menarik.

Memaksimalkan kegunaan tools pembuat konten juga termasuk langkah yang bagus. Anda bisa berlangganan aplikasi premium untuk menggunakan lebih banyak fitur canggih sesuai kebutuhan.

Mengapa tidak memakai template gratis saja? Template memang lebih simpel dan cepat, namun setiap konten kreator wajib tahu kapan waktunya berhenti mengandalkan format yang sudah jadi ini.

Konsumen digital kekinian sudah sangat cerdas. Mereka menginginkan konten yang segar dan unik yang mana keduanya tidak ada dalam template biasa. Oleh karena itulah membuat konten sendiri jauh lebih disarankan.

Terakhir jangan lupa untuk mengadakan evaluasi progres kinerja tim. Evaluasi dapat membantu mencegah pemborosan modal dengan menyetop konten pemasaran yang gagal dan memaksimalkan yang sukses.

Itulah aneka permasalahan yang masih sering ditemui dalam pembuatan konten marketing beserta solusinya. Yuk segera perbaiki isi konten agar konsumen lebih tertarik mencoba produk atau jasa Anda!

Temukan lebih banyak tips dan trik bisnis online yang ampuh dan sukses hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

2 Kunci Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Omset Olshop

0
manajemen-pemasaran

Ingin mendapat hasil penjualan online shop yang lebih banyak? Gampang sekali, Anda hanya perlu mengoptimalkan dua kunci rahasia manajemen pemasaran berikut ini!

Banyak orang penasaran bagaimana cara meningkatkan omset online shop dengan cepat. Jawabannya ternyata cukup sederhana, yakni dengan menerapkan ilmu manajemen marketing atau pemasaran.

Akan tetapi Anda tidak perlu mempelajari banyak trik sekaligus. Cukup terapkan 2 poin terpenting dari manajemen pemasaran ini saja dan omset bisnis Anda sudah bisa melejit bak kilat!

Penasaran apa saja kiat-kiatnya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Marketing adalah bidang keilmuan yang kompleks. Ada banyak teknologi, taktik, dan alat-alat yang diklaim bisa mempercepat kesuksesan bisnis setiap orang.

Namun banyak orang telah membuktikan bahwa menguasai manajemen pemasaran jauh lebih ampuh untuk meraup omset besar dengan cepat.

Manajemen marketing adalah komponen penting yang wajib dijalankan setiap bisnis. Pengertian manajemen pemasaran adalah aktivitas mengukur, menganalisis, dan mengoptimalkan strategi marketing sebuah perusahaan demi meraih target pasar yang sesuai.

Maka dari itu, bisnis akan lebih cepat maju jika Anda menguasai manajemen marketing yang tepat begitu pula sebaliknya.

2 Strategi Manajemen Pemasaran untuk Menambah Omset dengan Cepat

manajemen-pemasaran

Semua orang tentu ingin meraup keuntungan bisnis dengan mudah, banyak, dan cepat. Kabar gembiranya, sekarang Anda benar-benar bisa mendapat omset tinggi dengan cepat lewat 2 trik management pemasaran berikut ini :

1. Eksperimen Manajemen Pemasaran

Tips manajemen marketing sukses yang pertama adalah memberanikan diri untuk bereksperimen.

Eksperimen yang dimaksud di sini adalah aktivitas menguji, mencoba, dan mengukur hasil dari strategi pemasaran yang Anda buat. Strategi ini wajib dicoba karena sangat ampuh khususnya untuk mengefektifkan kinerja bisnis.

Mengapa begitu? Sebab faktanya, kita tidak pernah tahu strategi pemasaran mana yang akan sungguh-sungguh berhasil.

Tim Anda mungkin sudah berjuang merancang trik pemasaran yang kreatif saat ini. Namun apakah ada jaminan 100% bahwa strategi tersebut akan berhasil saat dijalankan? Jawabannya tetap “tidak”.

Mulai dari tim Anda, vendor, agensi, mitra, influencer, hingga mentor bisnis Anda sekalipun tidak ada yang bisa memprediksi situasi pasti di lapangan. Itulah mengapa uji coba dan penilaian menjadi hal yang penting.

Selain karena unsur “ketidakpastian” tersebut, masih ada lebih banyak faktor yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah strategi pemasaran. Sebut saja perubahan kebiasaan konsumen, inovasi teknologi, tingkat kompetisi antar penjual, bahkan budaya dan tren sehari-hari di masyarakat.

Seluruh perubahan tersebut sangat mungkin untuk menjungkirbalikkan laju marketing Anda. Namun eksperimen akan membantu Anda mengungkap caraa promosi mana yang memberikan hasil terbaik pada perusahaan.

Hasil eksperimen juga akan memberikan banyak data yang akurat terkait kondisi target konsumen. Dengan begini, Anda tidak perlu “menebak-nebak” kebutuhan konsumen dan isi materi iklan terbaik untuk disampaikan.

Beberapa aspek yang bisa Anda uji dalam manajemen marketing antara lain:

  • ROI (Return On Investment).
  • Tingkat konversi (conversion rate).
  • Persentase traffic dan sumber kunjungan konsumen ke website olshop.
  • Biaya pemasangan iklan online dan keuntungannya.
  • Dan masih banyak lagi.

2. Optimalisasi Pemasaran

Selain eksperimen, optimalisasi pada management pemasaran juga merupakan hal yang penting dilakukan. Pengoptimalan akan membantu bisnis Anda bertumbuh lebih pesat.

Optimalisasi adalah proses membuat peningkatan usaha secara konstan dan bertahap. Melalui proses teratur ini, pemasaran dapat berjalan lebih efektif alias mendatangkan untung besar dan sedikit modal.

Inilah mengapa banyak bisnis kekinian memilih fokus pada optimalisasi pemasaran mereka. Bisnis akan lebih cepat tenggelam jika tidak dioptimalkan pemasarannya. Namun di sisi lain, tidak semua marketer memahami maksud optimalisasi pemasaran yang benar.

Ada banyak sekali tim yang mengoptimalkan promosi mereka dengan cara memposting konten iklan terus-menerus. Cara ini nyatanya belum tentu efektif untuk mendatangkan pembeli ke toko kita.

Optimalisasi manajemen pemasaran tidak semata-mata memposting lebih banyak promosi. Sejumlah studi di bidang marketing membuktikan taktik ini justru menghabiskan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga untuk hasil yang tak seberapa.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan management pemasaran yang tepat?

Pertama, kumpulkan data-data yang tepat. Data akan memberitahu Anda peluang untuk memaksimalkan promosi supaya iklan berhasil menggaet konsumen.

Kedua, fokuskan proses optimalisasi pemasaran Anda. Banyak orang sering kebingungan memilih aspek mana yang harus dimaksimalkan dalam usaha mereka. Namun Anda bisa langsung mulai dari dua area ini:

  • Bagian yang mempunyai dampak tertinggi (alias, poin yang paling memikat konsumen untuk bertransaksi).
  • Bagian yang bisa direalisasikan oleh tim marketing Anda.

Ketiga, manfaatkan hasil eksperimen untuk memulai optimalisasi. Kedua poin management pemasaran ini sejatinya saling berkaitan.

Ini karena kadang kala, kita tidak tahu persis bagian yang benar-benar memerlukan peningkatan. Misalnya landing page Anda tidak mendatangkan pengunjung sebanyak kompetitor, padahal bentuk desain laman Anda sudah mirip dengan miliknya.

Dari masalah inilah kita harus segera mengevaluasi diri. Uji coba akan mengungkap kenapa ide-ide pemasaran Anda gagal atau berhasil. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengaplikasikan poin-poin yang positif untuk menyempurnakan iklan. Cukup mudah, bukan?

Keempat, lakukan optimalisasi secara menyeluruh. Hal ini juga terbukti membantu meningkatkan kualitas usaha di mata konsumen.

Semisal Anda menemukan strategi email marketing baru yang sukses menciptakan banyak pesanan. Cobalah untuk mengembangkan trik yang sama pada konten sosial media, landing page, dan iklan-iklan Anda yang lain lalu review hasilnya.

Siapa tahu langkah kecil ini justru memperbesar peluang bisnis Anda meraup omset hingga melampaui target!

Terakhir, selalu konsisten dalam mengoptimalkan bisnis Anda. Seluruh ide marketing brilian Anda akan terbuang sia-sia tanpa upaya yang konsisten. Kerahkan juga sikap-sikap positif dalam tim seperti rajin bekoordinasi, berkolaborasi dan berkomunikasi yang baik agar implementasi pemasaran berjalan sesuai harapan.

Strategi Manajemen Pemasaran yang Terbaik

Mungkin Anda bertanya-tanya, manakah yang lebih baik antara melakukan “eksperimen” dan “optimalisasi”? Strategi mana yang sebaiknya digalakkan demi mencapai kemajuan usaha?

Sebagian besar pebisnis masih lebih menekankan pada optimalisasi marketing. Mereka berpegang teguh pada prinsip “semakin banyak promosi sama dengan semakin besar profitnya”.

Tak jarang juga, pebisnis-pebisnis ini lupa melakukan evaluasi karena terlalu fokus berpromosi. Akibatnya hasil yang diperoleh tetap tidak sesuai target.

Maka dari itu, sebisa mungkin seimbangkan porsi antara optimalisasi dengan eksperimen atau penilaian strategi. Anda boleh menerapkan berbagai inovasi baru ke dalam iklan, namun jangan sampai lupa untuk mengukur hasilnya.

Apabila strategi baru tersebut tidak begitu menguntungkan, maka cepat-cepatlah untuk mengganti dengan yang lain. Namun jika hasilnya positif, segera aplikasikan trik yang sama pada seluruh channel marketing Anda.

Itulah dia dua kunci rahasia manajemen pemasaran yang bisa Anda coba untuk meningkatkan hasil penjualan. Yuk segera aplikasikan tipsnya mulai dari sekarang!

Mau mendapat lebih banyak tips jualan online yang bermanfaat? Baca MARKEY solusinya! Ikuti terus update info dan tips sukses bisnis hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!