Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 12 Cara Membuat Instagram Ads Simpel dan Tanpa Kartu...

12 Cara Membuat Instagram Ads Simpel dan Tanpa Kartu Kredit

-

Instagram ads adalah metode iklan yang sangat efektif. Cara membuat Instagram ads pun cukup mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda melihat 12 cara membuat Instagram ads yang simpel, ampuh memikat konsumen, dan tanpa menggunakan kartu kredit.

Instagram menjadi sosial media terpopuler di abad ini dengan miliaran pengguna. Otomatis, Anda punya peluang yang sangat besar untuk menjaring konsumen baru di IG dengan mudah.

Meski ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis di Instagram, mayoritas bisnis lebih memilih IG ads karena praktis dan sudah terbukti berhasil mendatangkan pembeli setiap hari.

Penasaran seperti apa cara membuat Instagram ads yang benar? Yuk langsung simak tutorial komplitnya di bawah ini!

12 Cara Membuat Instagram Ads Pemula: Tidak Perlu Pakai CC (Credit Card)

cara membuat instagram ads

Membuat Instagram ads masih dianggap sulit bagi sebagian orang, terutama karena adanya keharusan pemakaian credit card (kartu kredit). Apakah Anda juga mengalami permasalahan serupa?

Anda kini tidak perlu cemas lagi. Berikut ini kami telah sajikan step by step membuat iklan Instagram bagi pemula tanpa perlu membayar dengan kartu kredit:

1. Login ke FB Ads Manager

Langkah pertama membuat Instagram ads adalah dengan masuk ke halaman Facebook Ads Manager. Laman tersebut bisa anda akses juga di sini. Ingat, gunakan akun Facebook yang terkoneksi dengan profil Instagram untuk login.

Mengapa login ke Facebook? Bukankah kita sedang membuat iklan Instagram?

Instagram dan Facebook telah bergabung menjadi satu, di mana seluruh pengelolaan iklan dipusatkan pada laman FB. Itulah mengapa kita memulai proses pembuatan Instagram ads di Facebook.

2. Buka Menu Pembuatan Iklan Terpadu

Selanjutnya, klik menu “Pembuatan Iklan Terpadu” lalu opsi “Pembuatan Iklan Cepat”. Fitur ini membantu menghasilkan Instagram ads yang spesifik sehingga lebih mudah ditemukan calon target konsumen.

Berikut cara mengakses menu Pembuatan Iklan Terpadu:

  1. Buka menu “Kampanye”.
  2. Klik opsi “Buat Iklan”.
  3. Anda akan melihat dua opsi pembuata IG Ads: “Pembuatan Iklan Terpadu” dan “Pembuatan Iklan Cepat”.
  4. Pilih “Pembuatan Iklan Terpadu”.

3. Memilih Tujuan Iklan

Step ketiga adalah memilih tujuan Instagram ads supaya konten promosi Anda menjaring audiens yang tepat. Facebook Ads Manager menyediakan tiga jenis tujuan iklan yakni Awareness (Kesadaran), Consideration (Pertimbangan), dan Conversion (Konversi).

3.1 Awareness (Kesadaran)

Tujuan Awareness mengarah pada keinginan Anda untuk meningkatkan brand awareness bisnis di IG. Poin ini mempunyai fitur dan keuntungan berupa:

  • Jangkauan Ads: menampilkan iklan ke seluruh target audiens sesuai budget Semisal Anda mengatur publikasi iklan untuk 500 orang sehari. Secara otomatis, iklan Anda akan ditayangkan ke seluruh target tersebut (500 orang per hari).
  • Kesadaran Merek: meningkatkan brand awareness sekaligus menjangkau audiens yang memiliki minat sesuai topik promosi.

3.2. Consideration (Pertimbangan)

Consideration adalah jenis tujuan Instagram ads untuk meningkatkan interaksi (engagement), kunjungan ke website toko (traffic), dan tindakan-tindakan konsumen lainnya.

Sejumlah manfaat Consideration adalah:

  • Interaksi: menambah interaksi audiens pada postingan Instagram Anda, seperti angka share, like, komentar, dan lain-lain.
  • Trafik: mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs online shop dari Instagram.
  • Instalasi: meningkatkan jumlah orang yang mau menginstal dan memakai aplikasi Anda.
  • Data Konsumen: mempermudah mengumpulkan data-data calon konsumen atau konsumen baru dari IG (seperti alamat email, nama, nomor telepon).
  • Pesan: mengarahkan konsumen untuk menghubungi layanan bisnis Anda di DM, Messenger, atau WhatsApp.
  • Tonton Video: menambah jumlah penonton konten video Anda di Instagram.

3.3. Conversion (Konversi)

Tipe tujuan yang terakhir adalah Conversion. Pilihlah opsi ini jika Anda ingin meningkatkan jumlah pembeli produk.

Manfaat Conversion adalah:

  • Konversi: meningkatkan jumlah penjualan produk online.
  • Kunjungan Toko Online: menambah kedatangan pembeli ke toko Anda, baik toko online di website maupun toko biasa (fisik; offline).
  • Penjualan Katalog Item: mempromosikan katalog-katalog produk pada target audiens demi memancing keinginan belanja mereka.

Setelah memahami berbagai jenis tujuan iklan di atas, sekarang Anda hanya perlu memilih satu opsi yang paling sesuai dengan target pemasaran.

4. Pilih Jenis Iklan

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan IG Anda. Terdapat dua jenis iklan di Facebook yakni: Uji Split dan Optimalisasi Anggaran. Sama seperti sebelumnya, pilihlah iklan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan.

Catatan: Cukup pilih satu iklan saja karena kedua iklan ini tidak dapat digunakan secara bersamaan.

4.1 Iklan Uji Split

Uji Split mempunyai performa yang lebih unggul karena bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai wilayah. Banyak orang memanfaatkan Uji Split untuk meningkatkan transaksi olshop IG mereka. Di sisi lain, Uji Split mempunyai tarif yang lebih mahal.

Bagaimana cara kerja iklan Uji Split? Anda akan diminta untuk membuat dua materi promosi berbeda. Masing-masing konten akan dinamai sebagai A dan B.

Setelahnya, target audiens Anda juga akan dibagi menjadi dua. Setiap kelompok akan melihat konten yang berbeda dan memberi hasil yang beragam. Dari hasil inilah Anda bisa mengetahui konten promosi mana yang lebih unggul.

4.2 Iklan Optimalisasi Anggaran

Sesuai namanya, iklan ini lebih menyesuaikan dengan budget Anda alias tidak terlalu mahal. Maka dari itu pilihlah menu ini jika Anda baru pertama kali memasang iklan atau ingin berpromosi dengan modal terbatas. Sebagai gantinya, efektivitas iklan ini kurang maksimal dibandingkan Uji Split.

Setelah memilih salah satu tipe di atas, sertakan pula nominal anggaran iklan Anda ke kolom yang tersedia. Anda bebas memasukkan angka budget sesuai ketersediaan dana.

5. Lengkapi Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Cara membuat Instagram ads berikutnya yakni mencantumkan nama iklan dan tujuan trafik.

Keterangan nama akan memudahkan Anda mengecek performa ads yang berlangsung, terutama jika Anda menjalankan lebih dari satu kampanye sekaligus. Jadi Anda tidak akan bingung mengenali sebuah iklan dengan yang lain.

Sedangkan tujuan trafik adalah arahan lalu lintas yang ingin didapat dari Instagram Ads. Semisal Anda ingin menghubungkan iklan IG dengan website toko atau link chat WhatsApp.

Facebook menyediakan beberapa tujuan traffic yang dapat dipilih khusus yakni WhatsApp, website olshop, FB Messenger, dan aplikasi ecommerce.

Artikel terkait  Trend dan Tips Instagram Marketing Terbaru!

6. Aktifkan Menu Tampilkan Promo

Klik menu “Tampilkan Promo” supaya IG ads Anda bisa dipromosikan. Anda juga dapat mencentang pilihan promo untuk memperlihatkan aneka penawaran di toko pada audiens.

7. Tentukan Target Penonton atau Konsumen

Sejauh ini kita sudah menetapkan bentuk, tujuan dan anggaran iklan. Langkah selanjutnya adalah mengatur target penonton.

Terdapat tujuh rincian yang harus dilengkapi terkait target penonton Instagram ads, yakni:

7.1 Usia Penonton

Atur rentang usia penonton agar iklan tersebar pada kelompok audiens yang tepat. Misalnya Anda ingin mempromosikan jualan laptop bagi mahasiswa. Jadi rentang usia audiens dapat diatur pada kisaran umur mahasiswa, yakni 18 sampai 24 tahun.

7.2 Lokasi Penonton

Instagram digunakan oleh masyarakat dari berbagai dunia. Maka dari itu, Anda wajib mengatur lokasi audiens demi mempercepat proses penyebaran iklan. Keterangan lokasi penonton mencakup:

  • Negara.
  • Provinsi.
  • Kabupaten.
  • Kota.
  • Kode pos dan alamat-alamat lain yang lebih spesifik.

Apabila target konsumen Anda adalah warga Indonesia, maka tetapkan lokasi penonton di Indonesia juga. Begitu juga jika audiens sasaran berada di luar negeri. Anda bebas mencantumkan satu atau lebih lokasi distribusi iklan.

7.3 Bahasa

Pilihlah bahasa yang Anda gunakan untuk beriklan atau bahasa sesuai target audiens. Instagram Ads punya puluhan jenis bahasa lokal setiap negara yang bisa dipilih lebih dari 1.

7.4  Audiens Khusus

Audiens khusus adalah kelompok-kelompok tertentu yang ingin dijadikan target pemirsa iklan. Misalnya Anda hanya ingin mempromosikan katalog pada followers akun olshop, atau masyarakat yang pernah mengunjungi website online shop.

7.5  Gender atau Jenis Kelamin

Cantumkan jenis kelamin audiens yang ingin disasar, baik itu pria, wanita, atau keduanya. Misal Anda memasang ads produk otomotif yang lebih banyak diminati kaum adam. Otomatis jenis kelamin yang sebaiknya dicantumkan adalah “pria”.

7.6  Target Terperinci

Target terperinci terdiri atas minat, kesukaan, atau kategori favorit audiens. Fitur ini merupakan filter agar iklan menyasar penonton yang tepat. Semisal audiens pecinta fashion akan lebih banyak mendapat iklan pakaian terbaru. Anda juga dapat memilih beberapa kategori minat sekaligus.

7.7  Koneksi

Poin terakhir adalah koneksi. Saat diaktifkan, iklan Anda dapat tersebar di kelompok penonton yang saling terkoneksi di Instagram.

Contohnya Adi dan Budi saling follow di IG. Jika iklan Anda tersebar kepada Adi, maka Budi sebagai followers Adi juga dapat melihat konten promosi yang sama.

8. Pilih Penempatan Otomatis Ads

Langkah berikutnya adalah memilih penempatan otomatis iklan. Fitur ini membantu iklan Instagram tersebar di seluruh platform dalam naungan Meta atau Facebook.

Namun Anda tetap bisa memilih untuk menempatkan iklan di Instagram saja. Caranya cukup dengan mengklik “Edit Penempatan” lalu centang opsi “Instagram”.

9. Pilih Jadwal Penayangan Iklan

Berapa lama Anda ingin iklan ditayangkan di Instagram? Kembali lagi, setiap orang bebas menentukan durasi sesuai cepat-lamanya pencapaian target. Anda boleh memilih jadwal tayang iklan semaunya, seperti satu bulan, enam bulan, atau beberapa minggu saja.

10. Memilih Format Iklan

Instagram punya banyak format konten, seperti:

  • Instagram Stories: video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit dan dapat bertahan selama 24 jam.
  • Reel: video pendek dengan waktu tayangan dan masa tayang lebih lama dari Stories.
  • Foto tunggal: iklan dengan satu buah gambar.
  • Video pendek tunggal: iklan dengan satu video.
  • Carousel: 2 atau lebih foto dan video yang dapat disimak dengan cara digeser.
  • Koleksi: iklan gabungan video dan foto.
  • Tayangan slide: iklan gambar atau video hingga 10 buah (maksimal).

Nah, iklan Anda pun bisa ditayangkan sesuai format di atas. Kalau Anda ingin menampilkan iklan di IG Stories maka pilihlah format Stories.

11. Lengkapi Deskripsi Ads

Di langkah ini, Anda perlu melengkapi sisa deskripsi terkait iklan Instagram. Poin-poin tersebut mencakup:

  • Foto atau video pendukung iklan.
  • Link website toko online atau akun ecommerce.
  • Judul iklan yang menarik.
  • Akun Instagram yang terhubung dengan laman Facebook.
  • Teks copywriting deskripsi tentang iklan.

12. Lakukan Pembayaran

Cara membuat Instagram ads yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Pastikan seluruh informasi dan deskripsi iklan sudah benar sebelum membayar.

Dulu pembayaran IG ads bisa dilakukan dengan kartu kredit saja. Tapi saat ini, Instagram menyediakan opsi pembayaran lain dengan kartu debit dan transfer bank digital.

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pencet tombol konfirmasi. Iklan Anda akan langsung ditayangkan setelah pembayaran dinyatakan berhasil.

Demikianlah cara-cara membuat Instagram ads yang bisa Anda coba. Cukup mudah, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera buat iklan Instagram pertama Anda hari ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tutorial atau tips-tips sukses bisnis online? Baca MARKEY solusinya!

Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk langsung memperoleh ratusan ilmu digital marketing terbaru. Sampai bertemu lagi di ulasan selanjutnya, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya