Last Updated on July 11, 2023 by appkey
Dalam dunia bisnis, tentunya strategi promosi, strategi pemasaran, dan media untuk berpromosi sekaligus memasarkan produk-produk adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Namun saat ini Anda sudah beruntung karena promosi sudah bisa dilakukan secara mudah, praktis dan juga gratis berkat adanya sosial media.
Banyak social media yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berpromosi, mulai dari Facebook dengan Marketplace, Twitter dengan Twitter Ads, hingga media yang populer saat ini adalah social media Instagram yang memanfaatkan media Instagram Ads.
Instagram Ads adalah salah satu cara promosi di Instagram dengan pengeluaran biaya yang kecil. Anda cukup mengeluarkan dengan budget minimum Rp. 10.000,- tetapi sudah dapat mempromosikan produk-produk Anda di antara pengguna Instagram lain yang mencapai lima ratus juta orang. Sehingga sangat disayangkan sekali jika Anda melewatkan kesempatan tersebut.
Ingin tahu bagaimana cara memasang promosi dengan praktis di Instagram? Jika iya, maka Anda wajib menuntaskan membaca artikel kali ini karena kami sudah menyajikan pedoman lengkap melakukan promosi di Instagram untuk olshop. Yuk langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya bersama-sama!
Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?
Daftar Isi
Panduan Lengkap Promosi di Instagram yang Wajib Anda Coba
Sebelum memulai Instagram Ads, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal supaya iklan yang Anda jalankan terarah dengan baik dan menghasilkan keuntungan secara efektif. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan siapkan antara lain: target audience, cara menulis iklan sendiri, dan tipe-tipe konten menarik yang bisa menarik perhatian target audience Anda.
Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami paparkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai Instagram Ads di akun Instagram bisnis milik usaha sendiri:
Langkah 1 : Log In ke Profil Instagram Bisnis
Sebelum memanfaatkan Instagram Ads, Anda harus membuat profil Bisnis Instagram sendiri. Anda tidak bisa menggunakan Instagram Ads dan berpromosi dengan akun pribadi. Selain itu, menggunakan akun pribadi juga akan menimbulkan tidak profesional pada bisnis di kalangan calon konsumen.
Membuat akun atau profil Instagram Bisnis tidak sulit. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat akun Instagram Bisnis Anda adalah sebagai berikut:
- Buat akun Instagram baru seperti biasa, menggunakan e-mail dan nomor telepon aktif.
- Log in ke akun Instagram Anda dan buka bagian Profile.
- Pilih Setting kemudian ubah menjadi profil bisnis.
- Kemudian Anda akan dihubungkan dengan Facebook Page. Lalu pilih kategori yang sesuai dengan profil yang Anda inginkan
- Anda harus melengkapi berbagai macam informasi Pengaturan Profil Bisnis dan usahakan agar Anda memilih kata-kata yang dapat memudahkan konsumen-konsumen Anda jika mereka ingin menghubungi Anda secara langsung.
Sebagai catatan, setelah semua langkah ini dilaksanakan maka akun Instagram Bisnis Anda tidak akan bisa di-private dan akun Instagram hanya bisa terhubung dengan akun Facebook Page milik bisnis Anda. Tidak memprivate akun Instagram Bisnis adalah hal yang penting, sebab bagaimana caranya konsumen bisa tertarik dan melihat-lihat toko Anda jika Anda “mengunci” akun dari publik?
Langkah 2 : Pilih Konten yang Akan Anda Bagikan
Berpromosi di Instagram ini akan semakin mudah jika Anda dapat memanfaatkan feed Instagram yang sudah Anda buat sebelumnya. Anda dapat memilih konten-konten terbaik yang pernah dipublikasikan sebelumnya untuk menarik perhatian audiens bisnis Anda.
Tak hanya mengandalkan foto terbaik, copywriting adalah hal yang tidak kalah penting dalam postingan Instagram. Kombinasi foto estetik dan copywriting memikat akan membuat audience atau orang yang baru mengetahui bisnis Anda menjadi tertarik untuk berinteraksi dengan profil toko Anda lebih lanjut.
Setelah Anda menentukan konten yang Anda ingin bagikan sebagai iklan toko, maka selanjutnya Anda dapat memilih pilihan menu “promosikan” yang terletak di bagian kanan bawah postingan.
Langkah 3: Tentukan Goals atau Target Promosi
Setelah menekan menu pilihan “promosikan”, Anda akan menemukan setting Instagram Ads yang pertama. Di sini terdapat tiga pilihan tempat yang dapat Anda gunakan untuk dapat menemukan target audience bisnis yaitu dengan menggunakan followers profil Instagram Bisnis, daftar subscribers situs web bisnis, mailing list, atau pun etalase promosi yang Anda ciptakan sendiri.
Langkah 4 : Lakukan Pengaturan Target Audience
Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pengaturan target audience. Ini adalah langkah yang sangat penting sebab ini menentukan keberhasilan bisnis Anda juga di platform Instagram.
Anda akan diberikan dua pilihan target yaitu “Otomatis” dan “Buat Milik Sendiri”. Saat Anda memilih opsi “Otomatis”, maka akun Instagram Anda akan secara otomatis menargetkan iklan yang Anda buat kepada orang-orang dengan latar belakang serupa dengan follower akun Instagram Bisnis Anda. Anda pun tidak perlu repot menyusun target audience sendiri, semua sudah diproses oleh Instagram.
Tetapi jika Anda memilih opsi “Buat Milik Sendiri”, Anda akan diminta untuk melakukan setting. Anda harus memasukkan lokasi target audience Anda, minat Anda, usia sekaligus jenis kelamin secara manual. Oleh karena itu, saat Anda memutuskan untuk mengikuti langkah-langkah dalam artikel cara promosi di Instagram ini, Anda perlu untuk sudah memahami target pasar dan produk Anda terlebih dahulu.
Melakukan pemasaran yang sesuai antara kelebihan produk dengan target kelompok masyarakat yang membutuhkannya. Mempromosikan produk ke kelompok calon konsumen yang tepat memperbesar kemungkinan produk atau jasa laku terjual sebab mereka adalah masyarakat yang dipastikan membutuhkan produk Anda.
Baca juga : 12 Contoh Online Shop Bio IG untuk Jualan [Gratis Copas!]
Langkah 5 : Tentukan Biaya Iklan di Instagram Ads
Dalam berbisnis, apapun jenisnya, sudah pasti Anda akan menghabiskan sejumlah modal. Termasuk saat mempromosikan iklan Instagram. Oleh sebab itulah, Anda membutuhkan perhitungan modal biaya yang dapat Anda keluarkan untuk beriklan di Instagram Ads ini.
Namun tidak perlu cemas, sebab biaya Instagram Ads sangat murah! Untuk dapat menggunakan Instagram Ads, Anda dapat memulai dengan jumlah Rp. 10.000,- – Rp. 10.000.000,- per hari. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah Anda juga perlu menentukan durasi penayangan iklan Anda, yang berkisar antara 1 hingga 30 hari.
Jumlah uang yang Anda keluarkan juga akan mempengaruhi jumlah audience yang dapat melihat iklan milik Anda. Sebagai contoh, saat Anda memutuskan untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- per hari, maka total audience yang dapat Anda jangkau berkisar 1.300 – 3.400 orang. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan target audience berkisar antara 7.900 hingga 21.000 maka jumlah uang yang dikeluarkan pun terbilang sangat kecil, yaitu cukup Rp. 50.000,- .
Langkah 6 : Pencapaian Target Audience dengan Winning Ads
Untuk menyempurnakan langkah Anda dalam hal cara promosi di Instagram, maka tidak ada salahnya jika Anda memahami hal lainnya untuk dapat mendapatkan jumlah audience yang Anda inginkan, yakni mencapai target dengan winning ads. Apa itu?
Anda bisa memanfaatkan fitur winning campaign untuk mencapai target audience sesuai keinginan saat berpromosi dengan Instagram Ads. Winning campaign adalah sebuah fitur yang terletak di bagian setting di Instagram Ads, yang berfungsi untuk dapat membuat budget anggaran iklan Anda semakin besar. Dengan demikian, maka daya persebaran dan jangkauan iklan Instagram dapat menjadi semakin luas dan maksimal.
Langkah 7 : Melihat Preview Iklan
Hal menarik dari menggunakan Instagram Ads adalah Anda dapat memanfaatkan fasilitas preview iklan. Fungsi dari halaman preview iklan ini adalah untuk dapat menampilkan hasil setting iklan Anda secara detail sebelum proses publikasi, sekaligus Anda memilih metode pembayaran yang tepat dengan santai. Ada dua metode pembayaran yang dapat Anda pergunakan, yaitu menggunakan kartu debit atau kartu kredit.
Setelah Anda me-review iklan dan yakin bahwa inilah iklan yang Anda inginkan, Anda bisa langsung memilih “Buat Promosi”. Selanjutnya selesai sudah! Iklan Instagram Anda akan mulai disebarkan kepada audience yang targetkan sebelumnya.
Sebelum mempublikasikan iklan pun Anda dapat memilih tampilan konten iklan yang Anda ingin jalankan dengan cara memilih “Tampilan Contoh Promosi”. Ketika mengklik opsi tersebut, Anda akan diminta untuk memilih antara tampilan feeds / kabar berita atau Instagram story. Sekarang semuanya terserah pada Anda untuk menampilkan iklan pada menu beranda kabar berita, Instagram story ataupun keduanya sekaligus. Selamat mencoba!
6 Format Instagram Ads yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini
Sebenarnya, poin paling menarik dari Instagram Ads adalah tersedianya enam format Instagram Ads yang berbeda dan unik. Keenam format Instagram Ads tersebut adalah Single Image Ads (Photo Ads), Instagram Collection Ads, Instagram Carousel Ads, Instagram Video Ads, Instagram Explore Ads dan Instagram Stories Ads. Pilihan format iklan di Instagram inipun dinilai sebagai yang paling banyak dan beragam dibandingkan platform social media lainnya, lho.
Adapun fungsi dari format-format iklan ini adalah sebagai pilihan bagi Anda untuk dapat mempromosikan produk atau layanan Anda dengan berbagai macam gaya dan konten menarik yang Anda yakini dapat membuat produk atau layanan Anda semakin dikenal. Berikut adalah penjabaran lengkap dari masing-masing format Instagram:
1. Single Image Ads (Photo Ads)
Pertama adalah Single Image Ads yang merupakan promosi Instagram paling basic atau sederhana dalam format foto. Foto yang dipromosikan bisa dalam bentuk portrait maupun landscape. Bahkan saking sederhananya, Single Image Ads hanya memungkinkan Anda untuk menambahkan 1 foto dengan caption per 1 iklan.
Iklan ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin coba-coba mempromosikan toko online di Instagram. Single Image Ads bisa dijalankan dalam format stories maupun feeds, serta bisa diinput CTA (Call to Action) yang ditautkan ke website eksternal milik toko Anda.
2. Instagram Collection Ads
Selanjutnya ada Instagram Collection Ads yang ditujukan khusus untuk mempermudah calon konsumen mencari, menemukan dan membeli produk atau jasa via Instagram. Berbeda dari Single Ads, Collection IG Ads akan menampilkan gambar utama disertai tiga gambar kecil di bawah dalam susunan grid.
Nantinya hanya dengan mengklik foto tersebut, calon konsumen sudah bisa langsung diarahkan ke informasi detil produk dan tata cara checkout (instant experience).
Keunggulan Instagram Collection Ads adalah memungkinkan calon konsumen untuk menelusuri, mengklik hingga benar-benar membeli produk secara langsung dalam Instagram.
Dengan kata lain, konsumen bisa menggunakan Instagram selayaknya marketplace sungguhan! Iklan ini berpotensi menghasilkan conversion yang sangat tinggi karena kebanyakan konsumen paling senang untuk bisa berbelanja praktis tanpa perlu berpindah app.
3. Instagram Carousel Ads
Jenis Instagram Ads ketiga adalah Carousel Ads. Di Carousel Ads, Anda bisa menambahkan 2 sampai 10 foto dan video sekaligus. Carousel Ads sangat cocok untuk mempromosikan aneka katalog terbaik produk ke calon konsumen sekaligus.
Namun penggunaan Carousel Ads paling baik hanya untuk tampilan feeds atau kabar berita. Apabila Carousel Ads dibawa ke Stories, maka hasilnya justru akan menimbulkan spam karena Anda bisa menampilkan sampai 10 gambar dalam 1x posting.
4. Instagram Video Ads
Ingin berpromosi khusus video? Gunakan Instagram Video Ads sebagai pilihan terbaik Anda! Dengan fitur Video Ads IG, Anda bisa mempromosikan produk, jasa atau menceritakan profil bisnis memakai film pendek berdurasi 60 detik.
Format video untuk Instagram Video Ads juga bisa berupa landscape atau portrait. Supaya promosi dengan Instagram Video Ads semakin menarik dan efektif, cobalah untuk membuat isi video yang unik, kreatif dan beda dari biasanya, ya!
5. Instagram Explore Ads
Fitur iklan IG terbaru adalah Explore Ads. Sesuai namanya, ini adalah iklan IG khusus untuk menu explore. Iklan explore ini muncul dikarenakan belakangan ini, mulai banyak masyarakat yang tertarik untuk menelusuri konten-konten Instagram berdasarkan kategori tertentu di menu explore.
Menurut statistik IG sendiri, ada lebih dari 50% akun memakai feeds explore di setiap bulannya hanya untuk melihat berbagai foto terkait kategori tertentu. Menemukan bisnis juga paling mudah jika dilakukan di explore.
Biasanya, olshop yang mempromosikan kontennya menggunakan IG Explore Ads adalah olshop yang memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap produk.
6. Instagram Stories Ads
Terakhir adalah IG Stories Ads yang memanfaatkan platform stories. Berbeda dengan jenis-jenis ads lainnya di IG yang kebanyakan muncul di beranda (feeds), Stories Ads muncul dalam deretan Stories pengguna.
Iklan Stories juga berpotensi besar untuk mendapatkan banyak view karena dewasa ini, kebanyakan pengguna IG cenderung mengklik stories ketika pertama kali mereka membuka IG.
Strategi pengaplikasian IG Stories Ads juga tergolong cerdik karena iklan muncul dan “disisipkan” di antara Instastory milik para following yang Anda sedang simak. IG Stories Ads biasanya muncul ketika Anda berpindah dari satu Instastory ke Instastory yang lainnya. Uniknya, IG Stories Ads juga memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten foto, video, menyelipkan CTA, link eksternal dan swipe-up. Sangat lengkap! Tertarik untuk mencoba IG Stories Ads ini?
Demikian informasi menarik seputar cara promosi di Instagram yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda dalam hal berpromosi dan strategi pemasaran produk atau layanan Anda.
Strategi pemasaran ini pun dapat Anda variasikan baik dalam hal konten yang Anda bagikan, format iklan yang Anda inginkan, hingga jumlah audience yang Anda targetkan dengan didasarkan pada budget iklan yang Anda persediakan untuk keluarkan. Selamat mencoba kumpulan tips di atas, ya!
Dapatkan ratusan informasi strategi bisnis online lainnya setiap hari dari MARKEY di https://markey.id/ , atau download aplikasinya di Play Store atau AppStore. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.