Cara Promosi di Instagram: Panduan Lengkap 2020

Dalam dunia bisnis, tentunya strategi promosi, strategi pemasaran, dan media untuk berpromosi sekaligus memasarkan produk-produk adalah hal yang sangat penting bagi Anda. Banyak social media yang dapat digunakan untuk dapat melakukan kegiatan berpromosi, mulai dari Facebook dengan Marketplace, Twitter dengan Twitter Ads dan yang cukup populer saat ini adalah social media Instagram yang memanfaatkan media Instagram Ads.

Instagram Ads adalah salah satu cara promosi di Instagram dengan pengeluaran biaya yang kecil. Anda cukup mengeluarkan dengan budget minimum Rp. 10.000,- tetapi sudah dapat mempromosikan produk-produk Anda di antara pengguna Instagram lain yang mencapai lima ratus juta orang. Sehingga sangat disayangkan sekali jika Anda melewatkan kesempatan tersebut.

Cara Promosi di Instagram dan Panduan Lengkap 2020

Instagram006

Dalam memulai Instagram Ads, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti target audience. Cara Anda menulis untuk iklan milik Anda sendiri, juga konten-konten menarik yang akan Anda gunakan untuk dapat menarik perhatian target audience Anda.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai Instagram Ads di akun Instagram milik Anda.

Log In ke Profil Instagram Bisnis Milik Anda

Sebelum memanfaatkan Instagram Ads, Anda harus membuat Profil Bisnis Instagram. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat akun Instagram Bisnis Anda adalah sebagai berikut.

  1. Log in ke akun Instagram Anda dan buka bagian Profile
  2. Pilih Setting kemudian ubah menjadi profil bisnis
  3. Kemudian Anda akan dihubungkan dengan Facebook Page. Lalu pilih kategori yang sesuai dengan profil yang Anda inginkan
  4. Anda harus melengkapi berbagai macam informasi Pengaturan Profil Bisnis dan usahakan agar Anda memilih kata-kata yang dapat memudahkan konsumen-konsumen Anda jika mereka ingin menghubungi Anda secara langsung.

Setelah semua langkah ini dilaksanakan, maka akun Instagram tersebut tidak akan bisa lagi di-private dan akun Instagram Anda hanya bisa terhubung dengan akun Facebook Page milik Anda.

 Pilih Konten yang Akan Anda Bagikan

INSTAGRAM

Berpromosi di Instagram ini akan semakin mudah jika Anda dapat memanfaatkan feed Instagram milik Anda. Anda dapat memilih konten-konten menarik yang dapat menarik perhatian audiens yang Anda. Copywriting adalah hal yang tidak kalah pentingnya sebab ini akan membuat audience yang menjadi tertarik untuk berinteraksi dengan Anda. Setelah Anda dapat menentukan konten yang Anda ingin bagikan maka selanjutnya Anda dapat memilih pilihan “promosikan” yang terletak di bagian kanan bawah.

Tentukan Goals

Setelah menekan pilihan “promosikan” Anda akan menemukan setting Instagram Ads yang pertama. Ada tiga pilihan tempat yang dapat Anda gunakan untuk dapat menemukan target audience Anda yaitu dengan menggunakan profil Anda, Situs Web, atau pun etalase yang Anda ciptakan sendiri.

Pengaturan Target Audience

Pengaturan target audience adalah langkah yang sangat penting sebab ini menentukan keberhasilan bisnis Anda juga. Anda akan diberikan dua pilihan target yaitu “Otomatis” dan “Buat Milik Sendiri”. Saat Anda memilih opsi “Otomatis” maka akun Instagram Anda akan secara otomatis menargetkan iklan yang Anda buat kepada orang-orang dengan latar belakang serupa dengan follower akun Instagram Anda. Tetapi jika Anda memilih “Buat Milik Sendiri”, Anda akan diminta untuk melakukan setting. Anda harus memasukkan lokasi target audience Anda, minat Anda, usia sekaligus jenis kelamin. Karena itu, saat Anda memutuskan untuk mengikuti langkah-langkah dalam artikel cara promosi di Instagram ini, Anda perlu memahami target pasar dan produk Anda terlebih dahulu.

Penentuan Biaya Iklan di Instagram Ads

Dalam berbisnis, sudah pasti Anda membutuhkan perhitungan termasuk jumlah biaya yang dapat Anda keluarkan untuk beriklan di Instagram Ads. Untuk dapat menggunakan Instagram Ads, Anda dapat memulai dengan jumlah Rp. 10.000,- – Rp. 10.000.000,- per hari. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah Anda juga perlu menentukan durasi penayangan iklan Anda, yang berkisar antara 1 hingga 30 hari.

Jumlah uang yang Anda keluarkan juga akan mempengaruhi jumlah audience yang dapat melihat iklan milik Anda. Sebagai contoh, saat Anda memutuskan untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- per hari, maka total audience yang dapat Anda jangkau berkisar 1.300 – 3.400 orang. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan target audience berkisar antara 7.900 hingga 21.000 maka jumlah uang yang dikeluarkan pun terbilang sangat kecil, yaitu cukup Rp. 50.000,- .

Pencapaian Target Audience dengan Winning Ads

Selain itu, untuk menyempurnakan langkah Anda dalam hal cara promosi di Instagram, maka tidak ada salahnya jika Anda memahami hal lainnya untuk dapat mendapatkan jumlah audience yang Anda inginkan. Dalam langkah yang satu ini, tips untuk dapat mencapai target audience seperti yang Anda inginkan, yaitu dengan memanfaatkan fitur winning campaign. Winning campaigne adalah sebuah fitur yang terletak di bagian setting di Instagram Ads, yang berfungsi untuk dapat membuat budget anggaran iklan Anda semakin besar.

Melihat Preview Iklan

Instagram002

Hal menarik dari menggunakan Instagram Ads adalah Anda dapat memanfaatkan fasilitas preview iklan. Fungsi dari halaman preview iklan ini adalah untuk dapat menampilkan hasil setting iklan Anda secara detail sekaligus memilih metode pembayaran yang tepat. Ada dua metode pembayaran yang dapat Anda pergunakan, yaitu menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Setelah Anda me-review iklan Anda dan yakin bahwa inilah iklan yang Anda inginkan, Anda langsung dapat memilih “Buat Promosi” dan selanjutnya iklan pun akan disebarkan kepada audience yang targetkan. Namun sebelumnya, Anda dapat memilih tampilan konten iklan yang Anda ingin jalankan, yaitu dengan cara memilih “Tampilan Contoh Promosi”. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih antara kabar berita atau story. Tampilan konten akan ditampilkan untuk kabar berita sekaligus story dan Anda pun dapat memilih tampilan mana yang paling Anda inginkan.

Tujuh Format Instagram Ads

Sebenarnya, hal menarik dari Instagram Ads adalah memiliki tujuh format Instagram Ads yaitu Single Image Ads, Instagram Carousel Ads, Instagram Video Ads, Slideshow Ads, Instagram Lead Ads, Instagram Stories Image Ads, dan yang terakhir adalah Instagram Stories Videos Ads. Fungsi dari format-format iklan ini adalah sebagai pilihan bagi Anda untuk dapat mempromosikan produk atau layanan Anda dengan berbagai macam gaya dan konten menarik yang Anda yakini dapat membuat produk atau layanan Anda semakin dikenal.

Demikian informasi menarik seputar cara promosi di Instagram yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda dalam hal berpromosi dan strategi pemasaran produk atau layanan Anda. Strategi pemasaran ini pun dapat Anda variasikan baik dalam hal konten yang Anda bagikan, format iklan yang Anda inginkan, hingga jumlah audience yang Anda targetkan dengan didasarkan pada budget iklan yang Anda persediakan untuk keluarkan.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi, kami juga memiliki kemampuan dalam memperbaiki bug maupun eror pada aplikasi yang sedang dikembangkan sehingga dapat membantu menyelesaikan permalasahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol