Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 42

10 Cara Monetize TikTok | Bisa Raih Jutaan Rupiah Sehari

0
cara-monetize-tiktok

Ada banyak cara monetize TikTok mudah yang bisa Anda coba untuk meraih penghasilan tambahan. Apa sajakah? Pas sekali, kami punya jawaban lengkapnya di bawah ini!

TikTok adalah salah satu sosial media dengan pertumbuhan “gila-gilaan” di abad ini. Platform video pendek ini sukses mempunyai lebih dari 23 juta pengguna aktif per bulan, dan nilai traffic di atas Google. Menakjubkan, bukan?

Kepopuleran TikTok di Indonesia pun tidak perlu dipertanyakan. Maka dari itu, yuk kita coba manfaatkan peluang emas ini dengan memonetisasi akun TikTok lewat 10 cara ini. Cus langsung disimak tips dan triknya!

10 Cara Monetize TikTok Terbaru, Mudah dan Tanpa Modal

cara-monetize-tiktok

Menurut kamus, kata monetize atau monetisasi adalah proses mengubah hal-hal di sekitar kita menjadi sumber penghasilan uang.

Jadi, TikTok monetize dapat diartikan sebagai upaya memperoleh uang dari sosmed TikTok. Cara monetisasi TikTok sendiri sudah sah diakui oleh hukum sehingga aman untuk dijalankan.

Anda sangat bisa memperoleh ratusan hingga jutaan rupiah melalui 10 cara monetize TikTok simpel berikut ini:

Baca juga : 10 Cara Monetize TikTok | Bisa Raih Jutaan Rupiah Sehari

1. Mengumpulkan Gift dari TikTok Live

Cara monetize TikTok tergampang yang banyak dilakukan saat ini adalah mengumpulkan gift dari sesi TikTok Live.

Fitur live streaming TikTok memang sedikit berbeda dibandingkan sosial media lainnya. Biasanya, penonton live streaming biasanya cuma bisa memberi komentar dan like.

Tetapi khusus di TikTok, Anda dapat menyumbangkan gift virtual pada kreator. Setiap gift TikTok tersebut mempunyai nilai dan dapat ditukar langsung sebagai saldo uang.

Otomatis, semakin banyak gift yang dikumpulkan maka semakin besar juga pemasukan yang bisa dikantongi. Cukup menarik, bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera mulai siaran Live TikTok Anda!

Tapi jangan lupa untuk mengikuti tips berikut supaya hasil TikTok Live lebih maksimal:

  • Pakai rekomendasi hastag TikTok FYP pada caption sesi live untuk mempermudah audiens menemukan siaran Anda.
  • Cek dan pastikan kekuatan koneksi dan gadget Anda. Usahakan memakai jaringan yang stabil supaya live streaming berjalan mulus.
  • Lakukan live di jam terbaik, yakni ketika mayoritas followers Anda sedang online.
  • Adakan live dengan pembahasan yang seru, menghibur dan berdurasi cukup lama.
  • Hidupkan filter block untuk auto menghapus komentar buruk dari penonton saat live.
  • Lakukan analisa calon penonton demi mengetahui minat, kebutuhan dan kesukaan mereka. Anda bisa memakai fitur TikTok Analytics.

2. Membuat Sponsored Content

Pernahkah Anda menonton video TikTok dan melihat label “sponsored” pada captionnya? Konten seperti ini dikenal dengan nama sponsored content.

Sponsored content bekerja dengan sistem kerjasama antara perusahaan dengan influencer. Anda akan dibayar untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada para followers. Itulah mengapa konten ini sering diunggah oleh para kreator TikTok yang populer.

Anda harus memiliki daya pengaruh dan image positif supaya bisa diajak bekerjasama membuat sponsored content. Besar bayaran per sponsored content juga berbeda, tergantung dari kesepakatan bersama.

3. Menjalankan TikTok Shop

Kini, kreator TikTok bisa langsung menyediakan fitur check out produk yang dipromosikan lewat video memakai TikTok Shop. Apa itu?

TikTok Shop adalah lapak ecommerce khusus yang ada di TikTok. Ia ditandai dengan label keranjang kuning di bagian atas caption video. Cara kerjanya mirip dengan Instagram Shop.

Jika tombol ini diklik, Anda akan dibawa ke halaman toko berisi produk dan bisa langsung membelinya. Tak tanggung-tanggung, TikTok Shop juga menyediakan fitur gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jadi Anda tidak perlu lagi repot menyertakan link marketplace eksternal!

4. Memasang TikTok Ads

Anda juga dapat memonetisasi konten dengan mendaftarkannya sebagai TikTok Ads. Strategi ini sangat cocok bagi bisnis online yang ingin mempopulerkan namanya di TikTok.

Keunggulan utama TikTok Ads adalah mampu mempromosikan konten terbaik Anda ke seluruh pengguna TikTok. Iklan akan terselip secara natural di beranda FYP sehingga memperbesar peluangnya ditonton oleh masyarakat.

Sebagai catatan, TikTok Ads sedikit berbeda dari sponsored content. Konten Ads akan memiliki label “Iklan”, dan memiliki harga pemasangan (Anda membayar pada TikTok).

Sementara sponsored content berupa konten kerjasama antara brand dan influencer (Anda yang dibayar oleh brand).

Pro tips: Anda dapat mengombinasikan TikTok Shop dan Ads untuk memaksimalkan hasil penjualan online.

5. Menjadi Seleb TikTok

Saat ini banyak orang tertarik menjadi seleb atau influencer TikTok. Sebab faktanya, profesi ini turut menghasilkan pendapatan besar dari banyak adsense.

Kabar baiknya, menjadi seorang kreator TikTok yang ramai traffic tidaklah terlalu susah. Anda bisa langsung mulai dengan menerapkan beberapa poin berikut:

  • Melengkapi profil TikTok dan membangun personal branding.
  • Memilih tipe konten yang ingin dibuat dan dikembangkan. Anda dapat menyesuaikannya dengan trend dan karakteristik target audiens.
  • Rajin memposting konten dan mengoptimalkan distribusinya memakai tools-tools TikTok marketing.
  • Melakukan endorsement, affiliate marketing, hingga memposting sponsored content.

6. Mengikuti Program TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund adalah program monetisasi TikTok terbaru. Mungkin Anda baru pertama kali mendengar nama layanan ini, mengingat sifatnya yang masih eksklusif.

TikTok Creator Fund merupakan bantuan uang dari tim TikTok official untuk kreator terpilih. Uang tersebut dapat dipakai untuk memaksimalkan karya di TikTok maupun menunjang kehidupan Anda sehari-hari.

Namun tidak sembarang orang dapat bergabung ke program Creator Fund. Terdapat syarat dan proses seleksi ketat yang harus dilewati, misalnya:

  • Mempunyai followers minimal 10 ribu orang.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki jumlah penonton video akumulatif minimal 100 ribu kali dalam 1 bulan terakhir.
  • Aktif dan rajin memposting konten.
  • Akun dinyatakan “bersih”, tidak pernah melanggar Pedoman Komunitas serta Persyaratan Layanan TikTok.
  • Sampai hari ini, program Creator Fund masih berlaku di beberapa negara seperti Amerika, Italia, Jerman, Spanyol, Inggris dan Perancis. Negara lain akan menyusul seiring berjalannya waktu.

7. Menjual Akun TikTok

Selain menjadi kreator, Anda bisa juga memperoleh uang dari menjual akun-akun TikTok milik pribadi. Strategi ini disering disebut sebagai “Beternak Akun”.

Para peternak akun TikTok akan mengembangkan akun-akun mereka agar mempunyai sebanyak mungkin followers dan engagement (like, view dan comment). Setelahnya, akun dapat dijual kepada orang lain yang membutuhkan, seperti toko online yang baru dirintis.

Memperjual-belikan akun TikTok dapat dilakukan oleh siapa saja, namun harus tetap memperhatikan aturan platform. Pastikan juga tidak ada informasi pribadi penting yang tertinggal sebelum menyerahkan akun pada pembeli.

8. Menjual Karya Merchandise

Punya kreativitas dalam membuat sesuatu? Atau, Anda punya brand sendiri yang disukai warganet? Inilah kesempatan Anda untuk memperluas channel monetisasi di TikTok dengan cara menjual merchandise buatan sendiri.

Kreator-kreator TikTok DIY (Do It Yourself) sering kebanjiran order karena mampu membuat aneka item unik bermanfaat. Anda juga dapat memposting karya merchandise buatan sendiri ke TikTok untuk menarik konsumen.

Beberapa contoh inspirasi penjualan merchandise di TikTok misalnya:

  • Menggambar fan art atau open commision ilustrasi lalu dijadikan sebagai gantungan kunci dan pajangan akrilik.
  • Membuat karya seni daur ulang bermanfaat, seperti totebag, kotak tisu, tempat pensil, bingkai foto, dan lain-lain.
  • Menciptakan merchandise dari show atau nama brand sendiri. Misalnya merchandise kaus “Nerror” khas kreator cerita horor Nessie Judge; atau merch “Mak Beti” dari komedian Arif Muhammad.

9. Mengadakan TikTok Crowdfunding

Cara monetize TikTok yang terakhir adalah mengadakan penggalangan dana atau TikTok Crowdfunding.

Fitur terbaru TikTok memungkinkan kreator untuk mengadakan kampanye crowdfunding dengan simpel. Informasi penggalangan dana pun dapat langsung tersebar cepat di komunitas.

Sebagai catatan, tips ini sebaiknya dilakukan untuk kepentingan sosial saja. Seperti menolong korban bencana, yatim piatu, dan membantu pembangunan fasilitas milik bersama.

Selain mudah mengumpulkan uang untuk kepentingan bersama, fitur crowdfunding juga ampuh mengoptimalkan citra positif kreatornya. Anda akan dikenal sebagai seleb TikTok dengan pengaruh baik bagi masyarakat.

Itulah 10 cara monetize TikTok sederhana yang bisa Anda coba lakukan. Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak tips bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Langsung baca gratis ratusan artikel kaya wawasan dari https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian Tanpa Modal

0
promosi-produk-makanan

Siapa bilang pemasaran produk makanan tidak bisa dilakukan secara gratis? Berikut ini kami punya 10 contoh pemasaran produk makanan kekinian tanpa modal dan dijamin ampuh menarik konsumen!

Industri makanan masih menjadi bisnis paling menguntungkan abad ini. Apabila dipasarkan dengan tepat, produk makanan Anda sangat bisa meraup untung jutaan rupiah dalam waktu singkat.

Anda juga tidak perlu cemas memikirkan modal untuk mempromosikan usaha makanan. Yuk langsung intip 10 contoh pemasaran produk makanan kecil dan rumahan berikut ini, semuanya bisa dijalankan gratis!

Gratis! 10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian untuk Bisnis Kecil

contoh-pemasaran-produk-makanan

Mempromosikan produk makanan ke konsumen bukan hal yang sulit. Pertama-tama, Anda perlu mencari dan memahami siapa target konsumen restoran Anda. Hal ini penting supaya promosi berjalan tepat sasaran.

Setelahnya, barulah Anda bisa memilih dan menerapkan contoh-contoh pemasaran produk makanan berikut:

Baca juga : 10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian Tanpa Modal

1. Promosi di Sosmed

Manfaatkanlah teknologi online untuk memasarkan produk bisnis seluas-luasnya. Tidak perlu repot memakai website atau aplikasi yang rumit, Anda bisa mulai dari sosial media yang simpel.

Saat ini hampir semua brand memiliki akun sosial media sendiri. Platform sosmed bisa digunakan untuk beragam kebutuhan sekaligus, seperti mempromosikan produk, menumbuhkan awareness, memposting katalog, dan transaksi melayani konsumen.

Beberapa tips yang bisa dicoba untuk pemasaran makanan di sosmed:

  • Pilih sosial media yang paling ramai dikunjungi oleh target konsumen.
  • Rajin posting konten setiap hari di jam-jam terbaik (ketika mayoritas followers Anda sedang online).
  • Jangan posting terlalu banyak konten sekaligus.
  • Jangan gunakan terlalu banyak sosial media demi menjaga fokus dan mengoptimalkan promosi.
  • Optimasi profil akun Anda, seperti menggunakan foto profil, deskripsi bio, caption postingan, dan lain-lain.
  • Balas chat konsumen dengan cepat dan ramah.

2. Update Media Pembayaran Toko

Kolaborasi resto dengan media pembayaran digital juga merupakan contoh pemasaran produk makanan kekinian. Coba perhatikan bagaimana masyarakat kekinian tergerak memesan makanan karena ada promo eksklusif dari GoPay, OVO, ShopeePay dan lain-lain.

Jadi jangan sampai bisnis Anda ketinggalan kereta. Dengan mengupdate media pembayaran toko Anda dengan payment gateway, Anda tidak hanya memperoleh kesempatan promosi gratis tapi juga dimudahkan dari segi transaksi.

3. Open Reseller

Bisnis makanan juga bisa open reseller, lho. Membuka program reseller akan membantu proses pemasaran produk tanpa modal.

Para reseller lah yang akan memasarkan produk ke pembeli, sedangkan Anda hanya perlu menyediakan produk makanannya saja. Begitu ada pesanan masuk, Anda bisa langsung mengirimkan makanan ke konsumen langsung.

Semakin banyak dan luas jaringan reseller Anda maka hasilnya cenderung lebih baik. Bayangkan jika 1 reseller bisa mendatangkan keuntungan 100 ribu per hari. Kalau Anda punya 10 reseller, maka total pendapatan bisa menembus 100 ribu x 10 = 1 juta rupiah sehari!

Baca juga : 15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

4. Gunakan Katalog Foto Produk yang Bagus

Sudah rajin mempromosikan produk makanan di sosial media tapi masih sepi pembeli? Bisa jadi Anda belum mengoptimalkan tampilan foto produk saat ini.

Daya tarik bisnis makanan terletak pada tampilan visual dagangan Anda. Hampir semua konsumen terpancing oleh foto produk makanan yang jelas, proporsional dan menarik menggugah selera.

Misalnya Anda berbisnis jualan pisang cokelat lumer. Supaya dagangan lebih menarik, postinglah foto kue piscok berukuran besar dan padat berisi lelehan cokelat.

Atau perhatikan cara restoran cepat saji menampilkan menu ayam goreng dan hamburger mereka. Kebanyakan menu sengaja ditampilkan agak zoom dan dengan hightlight warna khusus. Cara ini ampuh untuk mempertegas bentuk, tekstur dan kesegaran makanan pada konsumen.

Tips penting lain ketika membuat katalog produk makanan:

  • Boleh sisipkan watermark atau logo kecil untuk menjaga orisinalitas foto.
  • Jangan terlalu banyak mengedit foto katalog, apalagi kalau tampilan akhirnya jadi “terlalu jauh” dibandingkan produk asli.
  • Ciptakan beragam variasi dan perspektif dengan memfoto produk dari berbagai sisi.
  • Buat set khusus atau gunakan latar belakang foto yang bagus.
  • Pelajari sebanyak mungkin contoh foto katalog makanan terbaru dari sosial media.

5. Buat Kemasan yang Menarik

Contoh pemasaran produk makanan lainnya adalah dengan memanfaatkan kemasan produk. Setiap makanan pasti akan dibungkus untuk menjaga kebersihan dan kandungannya. Namun akhir-akhir ini, tak jarang masyarakat membeli makanan karena tertarik dengan kemasannya.

Misalnya brand Chatime yang mengemas Purple Series Tea mereka dengan cup limited edition karakter BTS BT21. Produk tersebut sukses viral karena mayoritas pembeli ingin mengoleksi cup kemasannya.

Di lebih banyak kasus, konsumen sering “jatuh cinta” dengan sebuah produk makanan karena kemasannya yang menarik. Bungkus yang menjanjikan juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli pada produk Anda, lho.

Tips tambahan terkait pengemasan produk:

  • Buatlah kemasan yang paling sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya bungkus makanan yang ramah lingkungan dan aman bagi anak akan lebih disukai oleh ibu rumah tangga; sedangkan bungkus makanan lucu lebih mudah menarik perhatian gadis remaja.
  • Pelajari contoh-contoh kemasan yang digunakan oleh kompetitor.
  • Kombinasikan kemasan dengan trend saat ini agar produk lebih eye catching.
  • Pastikan kemasan memuat logo, label komposisi, dan warna yang identik dengan brand.
  • Buat kemasan yang efisien agar tidak terkesan boros atau mencoba ‘menipu’ publik.
  • Jangan takut untuk melakukan sejumlah trial and error demi menemukan bentuk kemasan produk terbaik.

6. Repost UGC (User Generated Content)

Pelanggan Anda pernah mereview atau memberi testimoni produk? Jangan sia-siakan dengan merepost konten tersebut di akun sosmed bisnis!

Konten review buatan konsumen sering disebut dengan nama UGC (User Generated Content). Postingan ini sering dijadikan bukti sosial oleh brand, dan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan massa.

Dengan kata lain, semakin banyak orang memberi testimoni positif pada brand Anda, maka kualitas produk makanan yang Anda jual tidak perlu lagi dipertanyakan.

Memposting ulang konten dari audiens juga bisa menjadi bentuk ‘terima kasih’ dan kepedulian Anda terhadap suara konsumen. Ini juga merupakan langkah awal yang baik untuk membangun loyalitas pembeli.

7. Daftarkan Bisnis di Google My Business

Contoh pemasaran produk makanan gratis lainnya adalah menggunakan Google My Business. Ini adalah fitur khusus dari Google untuk mempermudah pemasaran usaha-usaha offline di internet.

Banyak pemilik bisnis makanan mendaftarkan outlet mereka di platform ini, supaya konsumen bisa melihat seluruh informasi terkait resto, seperti:

  • Alamat dan rute ke lokasi dengan Google Maps.
  • Rating toko dan testimoni pengunjung sebelumnya.
  • Deskripsi toko.
  • Jam operasional.
  • Menu yang dijual.

Sangat lengkap, bukan? Bisnis yang terdaftar di Google My Business juga berkesempatan muncul di kolom teratas beranda konsumen saat ditelusuri.

Bagusnya lagi, seluruh proses pendaftaran ini gratis. Anda bisa langsung mulai dengan mengunjungi situs Google My Business dan mempelajari mekanisme pendaftarannya.

8. Lengkapi Deskripsi Produk dengan Copywriting

Lengkapi deskripsi atau caption produk dengan gaya penulisan persuasif (copywriting). Taktik copywriting sering dimanfaatkan di semua ranah bisnis karena ampuh meyakinkan konsumen untuk berbelanja.

Ada banyak contoh copywriting menarik untuk bisnis makanan yang bisa Anda modifikasi. Beberapa di antaranya seperti, “Diskon 50% off Khusus Senin”, “Beli 1 Gratis 1”, atau “Gratis Makanan untuk yang Ultah di Bulan Ini!”

9. Melakukan Giveaway Kecil-Kecilan

Promosi giveaway juga sangat menarik bagi banyak orang. Tidak hanya konsumen atau peserta giveaway saja yang akan diuntungkan, tapi juga bisnis Anda. Bagaimana caranya?

Giveaway selalu terbukti ampuh untuk menciptakan promosi yang viral di dunia maya. Misalnya Anda mengadakan giveaway dengan hadiah 1 set box makanan gratis dengan syarat merepost postingan tertentu.

Secara otomatis, masyarakat yang ingin mendapat hadiah akan mengikuti aturan giveaway tadi. Mereka akan memposting konten promosi Anda, alias, tanpa sadar membantu mengiklankan produk.

Tips mengadakan giveaway yang sukses:

  • Sesuaikan rules atau aturan giveaway dengan tujuan promosi Anda – seperti menambah followers, mempromosikan konten, mempopulerkan hashtag, dan lain-lain.
  • Anda bisa memberi hadiah yang sederhana saja, seperti produk makanan ke pemenang.
  • Sesuaikan kemampuan Anda, jangan memberi terlalu banyak hadiah saat giveaway.
  • Selalu umumkan pemenang giveaway secara terbuka untuk meningkatkan kredibilitas brand.

10. Menyediakan Layanan Delivery

Contoh pemasaran produk makanan yang terakhir adalah menyediakan layanan delivery. Poin ini masih sejalan dengan mengupdate media pembayaran yang telah dijelaskan sebelumnya.

Faktanya, masyarakat masa kini tertarik memesan makanan lewat platform delivery—seperti ShopeeFood, GoFood dan GrabFood. Layanan pesan antar online dirasa lebih praktis dan mempunyai banyak promo.

Anda bisa mencoba mendaftarkan bisnis resto saat ini ke layanan-layanan serupa demi memaksimalkan jumlah pembeli. Dengan bergabung, toko Anda akan berkesempatan dipromosikan secara gratis dan memiliki jasa delivery khusus dari platform. Menarik, bukan?

Beberapa layanan delivery ini tidak mengenakan biaya pendaftaran. Namun ada baiknya untuk tetap mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku demi mencegah terjadinya miskomunikasi.

Itulah 10 contoh pemasaran produk makanan yang bisa Anda coba dari sekarang. Nah, supaya hasil promosinya lebih maksimal, kombinasikan juga cara-cara di atas dengan aneka tips lain di MARKEY.

Temukan lebih banyak rahasia sukses bisnis online hanya di https://markey.id/ atau baca gratis via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Selamat mencoba dan sampai bertemu lagi!

Copywriting VS Content Writing dalam Bisnis : Apa Bedanya?

0
copywriting vs content writing

Copywriting vs content writing dalam dunia bisnis sangat berbeda. Inilah tujuan, ciri-ciri dan cara menulis copywriting vs content writing yang benar.

Masih banyak orang keliru menyamakan aktivitas copywriting dan content writing. Keduanya memang mempunyai peran dalam marketing, namun, Anda tidak bisa menyamakan fungsinya.

Ketika ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada perbedaan yang cukup signifikan antara copywriting vs content writing. Manakah kira-kira yang paling pas untuk kita pakai dalam promosi bisnis?

Yuk langsung simak jawaban selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Arti Copywriting vs Content Writer dalam Bisnis

copywriting-vs-content-writing-1

Akhir-akhir ini, profesi copywriting dan content writer cukup banyak dicari oleh perusahaan. Penyebabnya adalah pemakaian tulisan yang kian marak dalam kampanye digital marketing kekinian.

Namun karena sering disandingkan, lambat laun banyak orang mengira bahwa copywriting dan content writing merupakan dua hal yang sama. Padahal sejatinya tidak, lho.

Copywriting adalah tulisan-tulisan persuasif untuk meyakinkan pembaca agar mau mencoba jasa atau produk milik bisnis. Copywriting diharapkan mampu membawa hasil marketing dalam waktu singkat.

Misalnya, seseorang men-check out promo dari toko Anda usai membaca copywriting penawaran di sosial media.

Sementara content writing adalah tulisan edukatif dengan tujuan soft-selling. Di sini Anda menulis artikel berisi informasi, pesan atau wawasan yang menghibur audiens. Tulisan Anda nantinya dapat diunggah di laman blog milik website perusahaan.

Tulisan content writing juga selalu menekankan pada trend terkini. Contohnya, topik “Citayam Fashion Week” sedang marak dibicarakan. Anda dapat mengulas tentang event tersebut ke dalam artikel.

Perbedaan Copywriting vs Content Writing

Jika diringkas, maka perbedaan copywriting vs content writing dapat disimak selengkapnya pada tabel di bawah:

Aspek Copywriting Content Writing
Tujuan ·  Membujuk konsumen

·  Menciptakan penjualan (tujuan komersil)

·  Mengiklankan dagangan

· Mengedukasi dan menghibur konsumen

· Menumbuhkan brand awareness

· Mendongkrak website di mesin pencari menurut SEO

Durasi Hasil Jangka pendek, instan Jangka panjang
Bentuk Tulisan pendek:

· Caption/deskripsi sosmed, ecommerce

· Iklan TV

· Judul post/katalog

· Push notification

Tulisan panjang :

· Artikel blog situs website

Cara Kerja · Menganalisis kebutuhan konsumen, lalu memadukannya dengan keunggulan penawaran dan tren · Meriset trending topik dan isu terkini lalu mengulasnya sebagai artikel

· Menyelipkan kata kunci yang relevan dalam tulisan

Dikerjakan Oleh Copywriter Content Writer

 

Jika diringkas, maka perbedaan copywriting vs content writing dapat disimak selengkapnya

Persamaan Copywriting VS Content Writing dalam Marketing

copywriting-vs-content-writing-2

Nah, walaupun copywriting dan content writing berbeda, mereka tetap memiliki persamaan dalam marketing.

Ada 3 poin persamaan copywriting dan content marketing, antara lain:

1. Membutuhkan Skill Kepenulisan yang Baik

Anda perlu menguasai skill kepenulisan yang baik agar bisa menjadi seorang copywriter ataupun content writer.

Seseorang dengan kemampuan menulis yang bagus pasti tahu cara merangkai kata, menyampaikan ide, membujuk pembaca, hingga meriset topik-topik menarik untuk diulas.

Pun untuk bisa memiliki skill kepenulisan yang mumpuni, Anda disarankan untuk mau banyak membaca dan berlatih.

2. Digunakan untuk Menyampaikan Pesan

Persamaan lain terletak pada inti fungsi copywriting dan content writing, yakni sebagai penyampai pesan ke audiens.

Ketika membaca sebuah caption promo (copywriting) atau artikel review (content writing), sudah pasti Anda akan memperoleh informasi tertentu di dalamnya. Bahkan tak jarang juga informasi yang disampaikan oleh kedua media ini bersifat saling melengkapi.

Misalnya Anda sedang membaca artikel review printer untuk mengetahui jenis-jenis printer keluaran terbaru. Lalu setelahnya, Anda menemukan copywriting penawaran diskon untuk printer merek tertentu di sosmed.

3. Menargetkan Audiens Tertentu

Terakhir, baik copywriting maupun content writing sama-sama mempunyai target audiens-nya sendiri secara spesifik.

Sebelum menulis artikel blog, seorang content writer pasti akan mencari tahu terlebih dahulu siapa target pembacanya. Mereka akan melakukan riset mendalam untuk menentukan topik dan arah distribusi artikel.

Misalnya artikel produk kecantikan yang mayoritas dibaca oleh kaum wanita. Itulah mengapa Anda bisa menemukan penggunaan kata-kata sapaan khusus seperti “Ladies”, “Moms” dan “Girls” di artikel-artikel tersebut.

Begitu juga dengan tulisan copywriting. Para copywriter wajib mengenali target pemasaran mereka supaya penawaran berhasil tepat sasaran. Semakin dalam wawasan copywriter terhadap goals, rincian produk, dan target market, maka semakin mudah mereka mempersuasi pembaca.

Tugas Copywriting VS Content Writer

Tertarik menggunakan tulisan sebagai sarana promosi bisnis? Jika iya, maka ada baiknya untuk memahami perbedaan tugas copywriting dan content writer terlebih dahulu di sini.

Mengingat tujuan keduanya sangat berbeda dalam bisnis, maka sudah pasti rincian tugas-tugasnya juga berlainan. Berikut penjabarannya:

6 Tugas Copywriting Adalah

Tugas utama seorang copywriter adalah memasarkan produk, jasa atau brand ke masyarakat sekaligus meyakinkan mereka untuk membelinya.

Hasil yang diharapkan dari copywriting hanya satu, yakni meningkatkan jumlah penjualan produk. Oleh karena itu, menguasai gaya kepenulisan persuasif sangat penting dalam teknik ini.

Copywriting juga harus disertai riset mendalam terkait keunggulan dan spesifikasi produk, trend market dan karakteristik pembeli. Anda harus dapat menghubungkan semuanya dalam tulisan singkat demi menumbuhkan minat belanja.

Anda bisa memposting copywriting di banyak platform sekaligus, mulai dari website, sosial media, TV, billboard, flyer, email dan notifikasi dalam aplikasi. Namun di sisi lain, Anda juga dituntut untuk memahami karakteristik dari berbagai platform.

Kesimpulannya, inilah tugas-tugas seorang copywriter:

  • Mampu menulis dengan gaya persuasif.
  • Mampu meriset produk dan kondisi target marketing.
  • Mampu menulis dengan baik dan singkat/pendek.
  • Mampu mengembangkan daya kreativitas setinggi-tingginya.
  • Mampu beradaptasi dengan perubahan trend.
  • Mampu menulis untuk banyak platform.

5 Tugas Content Writing Adalah

Berbeda dari sebelumnya, tugas utama content writing adalah membangun kesadaran (awareness) dan kepercayaan (trust) masyarakat terhadap brand Anda.

Tidak ada content writing yang berfokus pada penjualan produk selayaknya copywriting. Ini karena para content writer paham bahwa masyarakat cenderung berbelanja dari brand yang mereka suka.

Alhasil, penulis harus bisa memperkenalkan nilai-nilai brand pada pembaca demi menumbuhkan kepercayaan dan minat belanja. Salah satu caranya adalah dengan memposting artikel edukasi secara teratur.

Beberapa perusahaan membagi jobdesc content writer dengan editor dan tim riset, namun masih banyak juga yang tidak. Oleh karena itu, Anda harus menguasai cara riset topik, trend dan kata kunci di samping cara menulis artikel yang menarik.

Content writing juga dapat meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari dengan turut menerapkan SEO. Namun, Anda harus bersabar karena hasil implementasi SEO dan konversi dari artikel bisa memakan waktu panjang berbulan-bulan.

Kesimpulannya, inilah tugas-tugas seorang content writer:

  • Mampu memperkenalkan visi misi dan nilai perusahaan.
  • Mampu menumbuhkan brand awareness dan consumer trust.
  • Mampu meriset trend, topik, gagasan dan kata kunci yang relevan.
  • Mampu melaksanakan dasar-dasar SEO.
  • Mampu mengedukasi dan menghibur pembaca lewat tulisan.

Itulah ulasan lengkap terkait persamaan dan perbedaan copywriting vs content writer. Semoga penjelasan di atas bermanfaat memperkaya wawasan Anda, ya!

Ikuti terus pembahasan menarik terkait dunia digital marketing hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya sekarang juga di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!

 

Komunikasi Pemasaran Adalah? Ini 10 Manfaatnya bagi Bisnis

0
komunikasi-pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah kunci utama jika Anda ingin bisnis lebih dikenal masyarakat. Apa itu komunikasi pemasaran, fungsi dan cara kerjanya?

Sebuah bisnis nyatanya tidak dapat berdiri sendiri. Toko Anda wajib dikelola dari berbagai sisi supaya senantiasa lebih unggul dari kompetitor.

Nah, salah satu cara agar brand Anda lebih cepat terkenal adalah dengan melaksanakan komunikasi pemasaran yang benar. Strategi ini terbukti ampuh membuka banyak jalan baru menggapai calon konsumen setiap hari.

Daripada penasaran, ayo simak sampai tuntas artikel berikut ini terkait definisi, manfaat, fungsi dan contoh-contoh komunikasi pemasaran bisnis online. Selamat membaca!

Arti Komunikasi Pemasaran Adalah

komunikasi-pemasaran-adalah-1

Pengertian komunikasi pemasaran adalah cara-cara pebisnis menyalurkan informasi dan pesan tertentu kepada calon konsumen mereka.

Komunikasi pemasaran adalah “jembatan” yang menghubungkan bisnis Anda (selaku penyedia produk dan jasa) dengan masyarakat pengguna. Peluang terciptanya penjualan juga akan meningkat melalui pelaksanaan komunikasi pemasaran yang baik.

Ada juga yang mengartikan komunikasi pemasaran sebagai strategi marketing (promosi) pada umumnya. Hal tersebut masuk akal, mengingat kemiripan tujuan komunikasi pemasaran dengan aktivitas promosi, yakni mengedukasi konsumen demi menciptakan minat belanja.

Definisi Para Ahli tentang Komunikasi Pemasaran Adalah

Terdapat cukup banyak ahli ekonomi dan marketing yang pernah mendefinisikan komunikasi pemasaran, yakni:

  • Kotler dan Keller : Komunikasi pemasaran merupakan sarana bisnis untuk membujuk, mengingatkan, serta menyampaikan informasi terkait barang dagangan ke pembeli, baik secara langsung atau tidak.
  • Nickles : Komunikasi pemasaran ialah proses pertukaran pesan secara persuasif untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan penjualan.
  • Kennedy : Komunikasi pemasaran yakni aneka aktivitas marketing/periklanan dengan strategi komunikasi ke masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pembelian produk atau pemakaian jasa.
  • Soemanagara : Strategi komunikasi pemasaran yakni cara berkomunikasi dengan tujuan tertentu, khususnya bagi pelaku usaha. Dengan cara ini, pemasaran bisnis dapat mencakup segmentasi konsumen seluas-luasnya.
  • The American Marketing Association : Komunikasi pemasaran merupakan serangkaian proses dengan sekumpulan perintah untuk mengirim dan menukar penawaran beserta nilainya pada konsumen, klien, atau masyarakat umum.

3 Komponen Inti Komunikasi Pemasaran Adalah

Selain definisi, terdapat 3 komponen inti yang mendasari aktivitas komunikasi pemasaran. Anda wajib memahami elemen-elemen tersebut agar bisa komunikasi pemasaran jadi tepat sasaran.

Adapun 3 komponen inti dari komunikasi pemasaran adalah:

Message (Isi Pesan)

Apa yang ingin Anda sampaikan pada orang lain? Seluruh informasi penting harus tercakup di sini. Misalnya seperti nama produk, spesifikasi, keunggulan, harga, promo, manfaat, dan seterusnya.

Promosi Anda tidak akan menarik konsumen jika hanya memiliki tampilan luar yang “wah” namun isinya “kosong” atau tidak jelas.

Target (Lawan Bicara)

Setiap bentuk komunikasi pasti memiliki target alias lawan bicara. Konsumen seperti apa yang cocok menerima informasi penawaran?

Jangan pernah asal menyebar info penawaran ke sembarang orang (acak). Masih banyak pebisnis yang menganggap cara ini sangat baik untuk menjaring konsumen. Nyatanya, promosi tanpa target jelas akan menelan banyak modal dan menghasilkan return profit rendah.

Media (Sarana)

Terakhir, apa sajakah media yang Anda ingin gunakan untuk berbicara ke audiens? Pemilihan bentuk media juga sangat penting, apalagi di masa teknologi canggih saat ini.

Saat ini ada banyak sekali sarana pemasaran online modern yang bisa kita gunakan. Tapi Anda tidak wajib menggunakan semuanya karena dapat membingungkan dan boros biaya.

Jadi, cukup pilih sarana komunikasi yang paling banyak digunakan target saja untuk mengefektifkan pemasaran.

Seluruh komponen ini wajib saling melengkapi demi mewujudkan promosi yang terarah, efisien, dan tepat sasaran. Semakin jitu cara komunikasi pemasaran bisnis Anda, otomatis semakin besar peluang konsumen membeli produk/jasa. Beberapa perusahaan mengaplikasikan ketiga elemen komunikasi pemasaran tadi dengan strategi marketing 4P.

Fungsi dan Manfaat Komunikasi Pemasaran

Apa sajakah fungsi dan manfaat dari komunikasi pemasaran? Apakah aktivitas ini hanya berguna untuk menarik pembeli potensial?

Tentu saja tidak. Ada lebih banyak keuntungan yang dapat diraih bisnis Anda kelak dengan menerapkan komunikasi pemasaran yang benar.

Fungsi Komunikasi Pemasaran Adalah

Beberapa fungsi nyata dari komunikasi pemasaran bagi perkembangan bisnis adalah:

  • Menjaring konsumen yang tepat – Nyatanya, tidak semua orang membutuhkan produk/jasa Anda. Hemat waktu dan tenaga promosi Anda dengan langsung menawarkan produk ke orang-orang yang benar memerlukan.
  • Membangun consumer awareness dan trust – Konsumen saat ini lebih percaya dengan pengetahuan (awareness) dan kepercayaan publik (trust) terhadap brand. Komunikasi bertahap dapat membantu mereka memercayai kualitas produk.
  • Menggapai hasil ROI yang positif – Komunikasi pemasaran terbukti membantu pencapaian ROI bisnis serta konversi audiens dari “penonton iklan” menjadi “pembeli sungguhan”.
  • Memperjelas visi misi bisnis – Nilai kredibilitas toko Anda akan meningkat jika konsumen mengetahui visi misi usaha dengan jelas.
  • Membantu mencari investor – Komunikasi yang baik juga akan membantu usaha Anda selangkah lebih dekat dengan para investor/pemodal.

Manfaat Komunikasi Pemasaran Adalah

Sedangkan manfaat-manfaat esensial dari komunikasi pemasaran antara lain:

  • Mengungguli pesaing – Komunikasi yang baik akan menumbuhkan rasa loyalitas konsumen terhadap brand. Mereka akan tetap mengutamakan produk/jasa Anda walaupun ada penawaran lain yang lebih murah.
  • Mengedukasi produk dengan tepat – Konsumen zaman sekarang sudah sangat jeli dan cermat memilih produk. Bantu mereka mempelajari seluk-beluk produk atau layanan Anda melalui komunikasi yang baik. Mereka akan lebih menghargai cara ini ketimbang sekadar menyuapi promo.
  • Menumbuhkan minat belanja – Minat belanja akan ikut tumbuh secara otomatis setelah konsumen memahami produk/jasa Anda. Mereka akan dengan sukarela bertransaksi tanpa dorongan atau paksaan.
  • Memaksimalkan layanan bisnis – Komunikasi dengan konsumen juga merupakan salah satu bentuk pelayanan usaha. Bisnis yang rajin mengedukasi, menjawab dan menanggapi suara pembeli akan lebih disukai dan dipilih.
  • Merawat loyalitas konsumen – Pertahankan konsumen lama Anda dengan senantiasa menawarkan item-item baru sesuai kebutuhan atau minat mereka. Konsumen yang tidak pernah menerima penawaran baru akan cepat bosan dan memilih beralih ke toko lain.

3 Contoh dan Cara Melakukan Komunikasi Pemasaran

Saat ini ada banyak contoh komunikasi pemasaran yang bisa Anda jadikan inspirasi, lho. Khususnya pemasaran yang dilakukan secara online.

Contoh pelaksanaan komunikasi pemasaran misalnya promosi di sosial media, memasang iklan online (Google Ads), menulis artikel blog, dan memposting video YouTube marketing.

Sedangkan contoh komunikasi pada konsumen secara offline antara lain pemasangan baliho, iklan TV, menyebarkan flyer/brosur, dan promosi langsung mulut-ke-mulut. Sama sekali tidak rumit, bukan?

Dari seluruh contoh di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa melakukan komunikasi pemasaran itu cukup sederhana. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, cukup asah kreativitas demi menemukan jalan terbaik menggapai calon pembeli.

Lalu supaya cara komunikasi marketing kita semakin lancar, ada baiknya untuk mengikuti 3 langkah simpel berikut ini:

1. Cari Tahu dan Pahami Siapa Konsumen Anda

Apakah Anda akan menerima penawaran yang tidak pas dengan kebutuhan? Sudah pasti “tidak”, bukan?

Nah, orang lain juga begitu. Anda harus mencari tahu dan memahami siapa calon konsumen agar tidak salah menawarkan produk/jasa. Jangan sampai usaha Anda sia-sia karena audiens sejatinya tidak memerlukan tawaran Anda.

Beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Mempelajari dan mengelompokkan konsumen ke dalam customer persona.
  • Tentukan target utama konsumen. Kelompok konsumen mana yang paling tepat untuk menerima penawaran? Atau adakah sub-sub grup lain yang bisa turut dijaring?
  • Mencari tahu kebutuhan masyarakat sekitar dan mencocokkannya dengan kegunaan dan manfaat produk/jasa.
  • Rajin menyimak trend dan inovasi terbaru untuk memperkaya wawasan terkait karakter audiens kekinian.
  • Posisikan diri sebagai konsumen supaya pendekatan terasa lebih menyentuh dan mudah diterima calon pembeli.

2. Sesuaikan Konten dan Media Promosi

Jangan lupa untuk menyesuaikan konten dengan media (channel) yang dipakai berpromosi. Hal ini dikarenakan setiap media mempunyai daya jangkau yang berbeda.

Semisal para anak muda dan milenial lebih banyak menggunakan sosial media sebagai alat komunikasi dan mencari informasi. Gen Z masih mengandalkan Google dan membaca berita online. Lalu para boomer dan generasi yang lebih tua lebih suka dijangkau lewat email dan media offline.

Selain itu, setiap media juga punya ketentuan berbeda untuk konten marketing yang diperbolehkan. Membuat caption penawaran di sosial media sudah jelas akan berbeda dengan email marketing ataupun blog.

Tips:

  • Cari tahu media apa saja yang banyak dipakai target konsumen Anda.
  • Fokuskan promosi pada media pilihan calon konsumen potensial.
  • Pelajari cara-cara membuat konten yang menarik pada platform tersebut, termasuk hal-hal yang boleh dan tidak untuk diposting.
  • Boleh menggunakan lebih dari satu channel promosi, tapi jangan terlalu banyak karena akan membuyarkan fokus.
  • Rajin memposting dan mengevaluasi performa konten secara teratur.

3. Jaga Komunikasi Anda dengan Klien

Terakhir, jaga komunikasi yang sudah Anda bangun sebaik-baiknya. Jangan hanya fokus dan semangat memberi penawaran di awal masa berbisnis saja.

Masih banyak sekali bisnis yang bersikap seperti ini. Semangat mereka hanya membara di masa-masa awal pembukaan toko dan memudar seiring berjalannya waktu.

Padahal, komunikasi jangka panjang akan membuka lebih banyak peluang bagi usaha untuk bertahan. Anggaplah hal ini sebagai investasi bagi pertumbuhan bisnis ke arah yang lebih baik.

Tips:

  • Upayakan selalu cepat dan sigap membalas pertanyaan, kritik dan saran dari konsumen.
  • Selesaikan permasalahan konsumen dengan kepala dingin, berorientasi pada solusi dan kepuasan pelanggan.
  • Pakai sarana komunikasi yang mudah dijangkau, seperti sosial media.
  • Cantumkan jam operasional untuk chat langsung dengan admin.
  • Boleh gunakan chatbot untuk membantu komunikasi dan distribusi pesan pada ratusan konsumen sekaligus.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar komunikasi pemasaran dalam bisnis online. Bagaimana, sudahkah Anda siap memulai komunikasi yang benar dengan target audiens?

Terima kasih sudah setia mengikuti update tips dan trik bisnis menarik dari MARKEY. Tentunya masih ada lebih banyak lagi info-info seru yang bisa Anda dapatkan di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Ikuti terus dan jangan sampai kelewatan ya, sayonara!

25 Contoh Copywriting Instagram Keren untuk Olshop Zaman Now

0
contoh-copywriting-instagram

Ingin tahu apa saja contoh copywriting Instagram yang keren untuk olshop kekinian? Pas sekali! Yuk langsung intip 25 contoh copywriting Instagram terupdate di bawah ini!

Postingan Instagram Anda tetap akan kurang “sedap” tanpa dibumbui komposisi copywriting yang tepat. Tidak selamanya informasi dalam foto/video cukup untuk memuaskan hasrat keingintahuan konsumen. Alhasil, Anda perlu menampilkan deskripsi yang lebih rinci di caption.

Lalu seperti apa contoh copywriting Instagram yang ampuh memikat audiens? Langsung saja kita simak listnya berikut ini.

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

25 Contoh Copywriting Instagram Bisnis Kekinian

contoh-copywriting-Instagram

Inilah berbagai contoh copywriting Instagram bisnis dari berbagai industri masa kini. Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk caption promosi produk/jasa sendiri:

Contoh Copywriting Instagram Marketplace

  1. Giveaway ShopeeAda iPhone 13 GRATIS cuma dari Shopee! Mau dong dapetin iPhone 13 terbaru secara gratis?? Yuk, langsung join giveaway ini – cuma follow Instagram Shopee_id. Gampang banget, kan?
  2. Review Tokopedia Cantik Mau cobain blush hacks yang lagi viral nih!! Siapa yang tertarik cobain look ini juga? Cuss langsung klik link di bio untuk dapetin blush ini langsung dari Tokped.
  3. Promosi event Lazada Siapa bilang hiburan buat healing susah dicari? Nih, mendingan kamu langsung nonton keseruan event Lazada bareng artis-artis ngetop Indonesia! Jangan sampai kelewatan, karena bakal ada sesi bagi-bagi hadiah Apple Watch dan voucher jutaan rupiah!

Di atas adalah contoh copywriting caption Instagram dari beberapa marketplace ternama Indonesia. Perhatikan bagaimana setiap copywriting dirangkai sesuai tujuan masing-masing, seperti giveaway, review produk dagangan, dan promosi event.

Contoh Copywriting Olshop Fashion

4. Promo Eksklusif Erigo Apparel Exclusive Erigo Summer Collection is here! Langsung check Erigo Official Store sekarang juga!

5. Promo Hijabenka Pas banget nih, Hijabenka punya 2 promo langka yang tidak boleh dilewatin. Hanya hari ini, semua jam tangan diskon sampai 54%! Cek stories untuk tahu promo menarik lainnya, ya.

6. Launching produk baru Kuruu.co Desain pertama yang rilis resmi bulan ini! Satu lagi desain kaus anime “Gojo” buatmu, hadir dalam warna hitam. Langsung swipe untuk details!

Setiap brand bisnis pakaian di Instagram mempunyai tema dan konsep masing-masing. Hal tersebut bisa memengaruhi gaya penulisan copywriting, seperti pada ketiga contoh di atas.

Brand Erigo mempunyai ‘ciri khas’ deskripsi produk dan penawaran yang ringkas, hanya 1-2 kalimat saja. Sedangkan copywriting Hijabenka dan Kuruu menonjolkan keunggulan dari produk maupun promosi di lapak mereka.

Contoh Copywriting IG Bisnis Kopi & Kafe Kekinian

7. Rekomendasi Janji Jiwa Hai Teman Sejiwa! Kali ini kami mau kasih rekomendasi tempat ngopi asik di Jaksel. Yuk tonton reels-nya sampai habis dan jangan lupa untuk ajak bestie-mu ngopi bareng di sini!

8. Quiz + promo Point Coffee Mystery Monday is back! Siapa nih yang nggak sabar nunggu Senin buat promo I Like Monday? Cek terus IG stories dan dapatkan promo 50% mystery drink!

9.  Katalog produk Mixue Hmm, pilih ice cream jasmine tea atau ice cream earl grey tea ya? Ah, dua-duanya aja deh, soalnya sama-sama nyegerin! Ayo comment varian mixue kesukaanmu di bawah sini.

Ketiga contoh tulisan copywriting Instagram di atas sama-sama diakhiri dengan CTA yang kuat, yakni “tonton reels”, “cek IG stories” dan “beri komentar”.

Langkah tersebut sangat baik untuk mendorong engagement audiens dengan postingan Anda.

Contoh Copywriting Bisnis Skincare

  1. Review Azarine 3X LEBIH AMPUH HEMPAS JERAWAT! Siapa yang jerawatnya langsung kempes usai totolin serum ini? Yess!! Serum ini super duper nampol untuk usir jerawat bandel. Yuk-yuk bagi testimoni kamu di sini!
  2. Solusi masalah Madame GieYuk absen yang nggak percaya diri karena lipatan gelap di tubuh?? Tenang, Madame Gie sekarang punya solusinya. Langsung check out Pretty Pits dengan 5% Niaciamide sekarang untuk usir area gelap di lipatan-lipatan tubuhmu.
  3. Promosi Before VS After Vaseline Mana yang menggambarkan kondisi bibirmu sekarang: Bad Lips atau Good Lips? Punya good lips sekarang simpel banget, lho! Cukup mulai rawat bibir dengan Lip Balm Vaseline.

Saat ini ada banyak sekali brand skincare bermunculan di IG. Setiap merek menawarkan produk dengan spesifikasi masing-masing, namun jika diperhatikan kembali, Anda akan melihat adanya kesamaan dari copywriting setiap brand skincare.

Dari ketiga contoh di atas terlihat jelas bahwa postingan promo skincare selalu menekankan pada solusi atas masalah konsumen (jerawat, lipatan gelap, dan bibir kering). Taktik ini sangat ampuh untuk meyakinkan audiens bahwa produk skincaremu siap memenuhi kebutuhan mereka.

Contoh Copywriting Instagram Bisnis Makanan

  1. Rilis produk baru McD Kelezatan Apple Pie jadi lebih “nikmat + gemas” dengan kemasan khusus Minion! Sudahkah kamu menuntaskan misi menemukan Minion di Apple Pie McD? Segera pesan di gerai McD terdekat atau via online.
  2. Inovasi produk KFC Ada yang baru dan lembut dari KFC! Makan burger jadi lebih nikmat dengan sensasi kelembutan roti yang bikin ketagihan. Yuk buruan pesan hanya di KFC!
  3. Katalog baru Burger King JINJJA?? Ada cita rasa Busan baru di BK?! Betulllss, ini lah Black Busan series! Langsung swipe untuk lihat apa saja menu baru yang hadir untukmu.

Bisnis-bisnis makanan mempunyai beragam pendekatan copywriting yang unik. Postingan McD lebih menekankan pada trend terbaru, yakni perilisan film Minion 2022 yang sedang hype di masyarakat.

Begitu pula Burger King yang merilis menu ala Korea, mengingat trend budaya Kpop masih menjamur di Indonesia.

Sedangkan KFC lebih banyak bermain dengan sensory words (“kelembutan roti”) untuk menciptakan bayangan kelezatan produk di benak konsumen.

Contoh Copywriting Instagram Bisnis Minuman

  1. Promo Fruju Bosan, tidak punya rencana berakhir pekan? Kenapa tidak coba piknik seru bersama keluarga? Meriahkan jalan-jalan kamu di hari libur bareng koleksi jus lezat hanya dari Fruju!
  2. Promo Chatime 32 derajat celcius, panas banget! Tapi tidak perlu cemas, ada banyak minuman Chatime yang siap nemanin kamu siang ini.
  3. Promo Dum Dum Thai Drinks Gimana sih rasanya pas lagi mumet di kantor, eh dikasih Dum Dum Thai Drinks? Share ekspresi kalian dengan emoji di komentar, yuks!

Apa persamaan dari ketiga caption copywriting promo di atas? Betul, semuanya sama-sama mengedepankan perasaan atau emosi konsumen (bosan, gerah, dan mumet). Penawaran Anda dapat lebih mudah diterima jika berhasil mengenai sisi emosional konsumen seperti pada contoh.

Contoh Copywriting Produk Hygiene

  1. Post edukasi Antis Indonesia Ini tipe-tipe salaman orang Indonesia, gaya kamu yang mana? Eits, apapun cara salamanmu, jangan lupa semprotkan Antis dulu supaya kuman tidak nyebar.
  2. Ucapan hari raya Pepsodent Selamat menyambut hari raya Idul Adha, Sahabat Pepsodent! Sudah siap menyantap makanan khas Idul Adha? Jangan lupa bersihkan gigi setelah makan dengan Pepsodent Siwak untuk gigi putih, bersih dan nafas segar.
  3. Promo trend Dettol Sudah waktunya kembali ke sekolah, berarti inilah saatnya melindungi si kecil dengan Dettol! Lakukan 4 hal wajib ini supaya anak tidak mudah jatuh sakit.

Jika Anda berbisnis menjual produk-produk hygiene (penjaga kesehatan), maka pastikan untuk selalu mengaitkan fungsi produk dengan sisi kesehatan. Seperti “mencegah penularan kuman”, “mendapat gigi putih bersih”, dan “mencegah anak sakit”.

Tentunya tidak seorangpun ingin jatuh sakit. Maka dari itu, memperjelas manfaat produk dengan bahasa sederhana dapat membuat konsumen tertarik mencoba produk hygiene Anda.

Contoh Copywriting IG Bisnis Bimbel/Kursus

  1. Promo kelas Ruang Guru Si kecil susah konsentrasi dan mudah bosan belajar sendiri? Yuk belajar bareng guru baru Dafa dan Lulu! Belajar dijamin makin asyik dan seru bareng teman-teman online di Ruang Guru. Daftar free trial class gratisnya sekarang di sini.
  2. Promo MyskillFullstack intensive bootcamp dengan harga spesial. Dilengkapi tutor dari berbagai background, paket materi komplit, dan harga paket. Registrasi sekarang juga di website Myskill.

Siapa bilang bisnis bimbel tidak bisa dipromosikan lewat copywriting IG?

Konsumen kursus biasanya ingin tahu info-info lengkap terkait les yang akan dijalani, seperti harga kelas, manfaat/hasil, metode belajar yang digunakan, materi dan background guru. Kumpulan info ini akan membantu konsumen memilih untuk mencoba kursus atau tidak.

Oleh sebab itu Anda wajib menyusun info-info dari les bimbel dengan cermat dan apik seperti contoh-contoh di atas.

Contoh Copywriting IG Bisnis Properti

  1. Post edukasi Property.coid LANGKAH MUDAH MEMBELI TANAH. Cek video ini kalau teman-teman masih sering bingung gimana caranya beli tanah yang bagus. Jangan lupa like, share dan komen pendapatmu di bawah ya.
  2. Post edukasi Mamikos TIPE-TIPE ORANG CARI KOSAN. Coba kasih tahu dong, kamu biasa cari kos yang kayak gimana? Nih, biar booking kos makin lancar, download Mamikos sekarang. Dijamin cari kos tipe apapun pasti ada!

Terakhir ada contoh copywriting IG untuk bisnis properti. Selain menawarkan aneka macam tipe hunian atau tanah, kebanyakan akun IG bisnis real estae juga rajin memposting konten edukasi.

Kenapa? Salah satu penyebabnya adalah masyarakat zaman now yang sudah melek properti dan tertarik untuk belajar. Akun bisnis Anda dijamin lebih cepat terkenal jika sering menghadirkan konten sesuai kebutuhan masyarakat.

Itulah contoh-contoh copywriting Instagram bisnis masa kini yang bisa dipelajari atau dijadikan inspirasi. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda, ya!

Yuk terus pelajari beraneka kiat sukses bisnis online gratis di MARKEY. Baca kumpulan tips dan trik menariknya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai bertemu lagi!

10+ Contoh Copywriting Makanan yang Bikin Konsumen Tergoda

0
contoh copywriting makanan

Sering bingung menyusun caption promosi makanan? Segera intip 10+ contoh copywriting makanan terbaik berikut ini, bisa langsung disalin templatenya untuk bisnis sendiri!

Menyusun kata-kata promosi super ampuh memang cukup menantang. Namun jika sudah berhasil dilakukan, maka iklan Anda dijamin sukses menggaet banyak konsumen setiap hari.

Nah, kabar gembiranya sekarang ada banyak contoh dan kiat sederhana menulis copywriting bisnis restoran yang “sangat menjual”. Apa sajakah? Mari langsung ungkap rahasianya di sini!

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

10+ Template Contoh Copywriting Makanan Laris Manis, Langsung Copas!

contoh-copywriting-makanan

Inilah contoh-contoh copywriting makanan sederhana yang akan membuat restoran Anda kebanjiran order:

Contoh Copywriting Makanan dengan Solusi Praktis

  1. Laper tapi hujan lebat? Pesan paket makan hemat di Warung ABC sekarang!
  2. Tetap makan enak di tanggal tua dengan paket voucher promo 80%! Order di sini sekarang, tanpa minimal pesanan.
  3. Kini hadir paket diet sehat, murah, tapi tetap enak cuma di Mama Catering! Pesan sekarang.
  4. Mau gratis ongkir makanan sepuasnya? Klaim promo bundling resto di sini, ada ratusan voucher menunggumu!

Baca juga : 15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda

Copywriting Makanan Event Spesial

5. Rayakan momen kemenangan Idul Fitri ramai-ramai dengan Paket Lebaran Spesial, hemat hingga 100 ribu rupiah!

6. Kupon anniversary TokoKita hadir spesial buat kamu! Cuss klaim voucher kombo diskon 80% + gratong di sini dan order sepuasnya!

7. Hanya di minggu ini! Sambut libur Natal bersama keluarga sambil makan Korean Grill hemat. Pesan online pakai voucher diskon di sini.

Copywriting Promo untuk Konsumen Target

8. Anti mager berangkat kerja dengan diskon 30% all coffee untuk para pekerja. Klaim di sini!

9. Dapatkan bonus ice cream sundae FREE. Cukup tunjukin kartu pelajar kamu di setiap transaksi.

10. Ada paket makan siang hemat 70% untuk Moms dan keluarga, nih! Sudah gratis ongkir juga. Yuk pesan sekarang.

Copywriting dengan Target Mood

11. Bete ditinggal ayang main game? Happy Donuts kini hadir untuk memperbaiki mood kamu! Manis gurih donat hangatnya dijamin bikin happy lagi!

12. Hujan-hujan gini enaknya makan yang pedas-pedas ya, Foodies? Pas banget, MinFood punya menu “Fire Cheese Chicken Winger” lengkap dengan promo 50% buat kamu!

Copywriting Sensory Word

13. Cobain kenikmatan baru “Tropical Beef Pizza”, dilengkapi irisan buah nanas segar, pinggiran roti super crunchy, lelehan keju mozzarella dan potongan daging sapi panggang Jepang yang renyah dan extra juicy. Dijamin bikin nambah lagi dan lagi!

14. Sudah tahu kalau Nikmat Cheese Tea punya varian baru “Strawberry Korean Honey”? Segarkan harimu dengan manisnya perpaduan madu dan asam-legi strawberry dalam susu fresh milk segar. Ditambah es super dingin dan topping boba manis kenyal, dijamin nambah semangat!

Copywriting dengan Promo

  1. Beli 3 gratis 2 thai tea varian classic, bebas pilih topping semaunya. Buruan order!
  2. Diskon gede-gedean 7.7 sampai 77 ribu di all resto Jabodetabek. Promo hanya berlaku hari ini.
  3. Makan hemat akhir pekan cuma 15 ribu berdua di ABC Korean Resto. Super daebak! Sikat promonya sekarang juga!

6 Tips Simpel & Ampuh Menulis Contoh Copywriting Makanan

Selain memakai template-template contoh copywriting makanan di atas, Anda juga bisa menulis sendiri caption promosi yang tak kalah menarik. Caranya?

Tidak perlu pusing! Berikut adalah 6 tips menulis copywriting makanan yang bisa langsung dicoba:

1. Aktif Libatkan Pembaca

Tips menulis copywriting menarik pertama adalah selalu melibatkan pembaca. Tulislah deskripsi yang seolah-olah “mengajak” konsumen ikut bersuara dalam narasi.

Strategi ini sangat berbeda dibandingkan dengan gaya kepenulisan lain. Dalam teks artikel biasa, penulis cenderung memposisikan pembaca 100% sebagai penyimak dan pasif.

Jika taktik yang sama diterapkan dalam copywriting iklan, maka sudah pasti postingan Anda tidak akan mendapat engagement dengan maksimal. Sayang, bukan?

Tulisan copy yang melibatkan audiens juga sudah terbukti ampuh meningkatkan engagement pada postingan. Apalagi jika Anda sudah tahu siapa target pasar sasaran; dijamin lebih mudah lagi untuk menggaet interaksi audiens dalam copywriting!

Contoh:

  • Dear Kpopers, sekarang kamu bisa bebas foto bareng standee Oppa kesayanganmu di ABC Cafe! Yuk datang sekarang dan dapatkan juga diskon 20% untuk seluruh transaksi.

Perhatikan bahwa kata-kata “Dear Kpopers” di awal kalimat merujuk secara spesifik pada target konsumen. Caption di atas ‘mengajak’ para konsumen pecinta Kpop untuk datang ke ABC Cafe.

2. Pakai Kalimat Sederhana

Tujuan artikel copywriting tentu sangat berbeda dari karya sastra puisi atau novel. Otomatis, pemilihan kata-kata yang digunakan tidak sama.

Penulisan copywriting lebih dianjurkan memakai kalimat sederhana, santai dan efisien. Cara ini akan membantu konsumen memahami info produk/jasa. Anda boleh memakai bahasa santai sehari-hari, kosakata gaul populer, atau menyesuaikan bahasa dengan audiens sasaran.

Hindari penggunaan gaya bahasa hiperbola atau puitis karena akan membingungkan target konsumen. Selain itu, pastikan juga paragraf tulisan Anda tidak ambigu dan terlalu panjang.

Contoh:

  • Laper tapi mager? Kuy pesan makan lewat Ojol sekarang! Gratis ongkir tanpa minimal order + diskon up to 70% khusus hari ini.

Copywriting di atas menggunakan kalimat sederhana, ringkas dan padat informasi. Selain itu ada beberapa kosakata ‘informal’ yang digunakan namun tetap sopan di telinga audiens, yakni “laper”, “mager” dan “kuy”.

3. Bubuhkan Promo atau Diskon

Copywriting pastinya tidak akan menarik perhatian tanpa info promo atau diskon. Pun tak dapat dipungkiri bahwa promo adalah hal yang selalu dicari konsumen di setiap penawaran.

Ada banyak sekali momen pembeli tertarik dengan makanan Anda, tapi enggan membeli karena tidak ada promo. Jadi, jangan ragu untuk membubuhkan info promo dan diskon terbaik supaya konsumen “terdorong” berbelanja.

Menulis info diskon di caption copywriting juga sebaiknya langsung to the point, seperti:

  • Makan hemat sekeluarga, cuma 40 ribu berempat!
  • Segarkan Seninmu dengan “Buy 1 Free 1 Coffee” hari ini.

4. Cantumkan Sensory Words

Tips menulis copywriting berikutnya adalah mencantumkan sensory words. Apa itu?

Sensory words adalah kosakata yang secara khusus mendeskripsikan hal-hal terkait panca indera kita (item yang bisa dirasakan, didengar, dilihat, dicium dan dikecap). Kosakata sensory ini menjadi elemen khusus yang hanya ada untuk copywriting produk makanan.

Banyak restoran memadukan gaya persuasif dan sensory words untuk menciptakan bayangan kelezatan makanan di benak konsumen. Alhasil, mereka jadi “ngiler” dan ingin membeli. Contoh:

  • Cobain kenikmatan baru “Tropical Beef Pizza”, dilengkapi irisan buah nanas segar, pinggiran roti super crunchy, lelehan keju mozzarella dan potongan daging sapi panggang Jepang yang renyah dan extra juicy. Dijamin bikin nambah lagi dan lagi!

Contoh caption di atas memainkan sensory words untuk indera rasa, pengecap (lidah), dan pengelihatan (mata). Cara cukup sederhana, yakni dengan menjabarkan bentuk, rasa dan tekstur dari masing-masing komponen penyusun menu.

5. Mencantumkan Solusi bagi Konsumen

Jangan lupa untuk mencantumkan solusi bagi pembeli dalam tulisan iklan. Ini adalah kiat wajib dalam setiap jenis copywriting, termasuk penawaran makanan.

Ada kalanya konsumen tetap tidak tertarik berbelanja meski disuguhi diskon. Kemungkinan besar penyebabnya adalah produk Anda tidak solutif, atau tidak memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk mencegahnya, Anda wajib mencantumkan solusi atas permasalahan yang mungkin dihadapi konsumen. Misalnya pembeli sangat sibuk dan tidak bisa mampir ke resto untuk makan siang. Alternatifnya, Anda bisa menawarkan delivery gratis ongkir.

Contoh:

  • Lapar tapi kerjaan menggunung? Panggil makanan datang ke tempatmu lewat Ojol Food!

6. Selalu Tutup dengan Call To Action

Rumus terakhir menulis copywriting makanan yang ampuh menggaet konsumen adalah menutup deskripsi dengan call to action (CTA).

Call to action adalah kalimat-kalimat persuasift yang mengajak audiens untuk bertindak. Anda bebas menentukan sendiri isi dari CTA, misalnya memesan makanan, mengklaim voucher diskon, dan lain-lain.

Contoh penulisan CTA copywriting makanan:

  • Kupon anniversarry hadir spesial buat kamu! Cuss klaim voucher kombo diskon 80% + gratong di sini dan order sepuasnya!

Berdasarkan contoh, terlihat bahwa call to action yang diselipkan berupa klaim voucher diskon. Konsumen dibujuk untuk berbelanja dengan voucher yang disediakan gratis oleh resto.

Demikianlah 10+ contoh copywriting makanan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan dagangan, lengkap dengan tips-tips menulis iklan yang simpel tapi terbukti ampuh. Selamat mencoba strategi iklan bisnis restoran di atas!

Yuk cari tahu lebih banyak kiat sukses berbisnis lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang via https://markey.id/ atau lewat MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi!

8 Email Marketing Tool Otomatis untuk Bisnis Kecil

0
marketing-tool

Email marketing tool adalah alat pemasaran yang wajib dimiliki setiap bisnis online, baik skala kecil, menengah dan besar. Sayangnya, menemukan media email marketing terbaik cukup sulit bagi pemula.

Jangan salah, email marketing masih menjadi media pemasaran online yang efektif di tengah-tengah gempuran sosial media. Promosi via email sanggup menciptakan rate konversi lebih tinggi dibandingkan sarana lain.

Buat Anda yang selama ini bingung memilih aplikasi email marketing terbaik, kini ada kabar gembira. Berikut kami sudah siapkan 8 rekomendasi email marketing tool otomatis yang cocok bagi olshop kecil-menengah. Yuk langsung disimak!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

8 Email Marketing Tool Gratis Terbaik untuk Bisnis Kecil dan UMKM

email marketing tool

Ingin bisnis online kecil Anda jadi lebih ramai pembeli? Jika iya, maka Anda wajib mencoba strategi email marketing.

Sesuai namanya, email marketing adalah teknik promosi one by one melalui sarana pesan email. Anda bisa mengirimkan beragam tawaran produk, jasa, atau diskon menarik sesuai minat dan kebutuhan tiap konsumen.

Memulai pemasaran via email sesungguhnya gampang. Anda hanya perlu memakai email marketing tool yang tepat supaya prosesnya berjalan lancar. Saat ini juga sudah ada banyak tool email marketing berfitur lengkap dan gratis.

Inilah 8 aplikasi email marketing terbaik yang selalu direkomendasikan baik untuk marketer pemula, pengelola bisnis kecil dan UMKM:

1. Omnisend

Email marketing tool pertama adalah Omnisend. Meski merupakan salah satu media baru, nama software ini langsung cepat terkenal di kalangan digital marketer. Kenapa?

Omnisend adalah aplikasi email marketing yang gratis, kaya fitur canggih, dan mudah dipahami cara pakainya. Seluruh kepraktisan tersebutlah yang menjadikan banyak orang jatuh cinta pada software satu ini.

Pun Omnisend versi terbaru kini menghadirkan lebih banyak opsi media pemasaran yang mempunyai nilai konversi tinggi, seperti:

  • Email marketing – buat dan kirim email penawaran otomatis ke banyak konsumen sekaligus.
  • SMS marketing – melakukan promosi singkat, padat dan jelas via pesan singkat (SMS dan MMS).
  • Sosmed marketing dan online ads – buat 1 iklan di Omnisend, lalu bagikan ke lebih dari satu sosmed ataupun iklan online (Facebook Ads, Google Ads, IG, WhatsApp, dan Messenger).
  • E-commerce – desain iklan untuk e-commerce dan lacak proses distribusinya.

Jadi Anda bebas memilih mau berpromosi dengan jalur apa lewat Omnisend. Tidak perlu menginstal banyak tool pemasaran lainnya. Sangat menghemat waktu, biaya dan tenaga Anda.

Download Omnisend di sini: https://www.omnisend.com/

2. Mailchimp

Kalau Anda hanya ingin fokus menggencarkan promosi via email, maka sebaiknya gunakanlah Mailchimp.

Mailchimp menawarkan tool-tool email marketing gratis dan premium mulai dari $99,9 per bulan. Meski begitu, versi gratisnya saja sudah cukup lengkap untuk kebutuhan promosi online.

Aplikasi Mailchimp gratis punya kapasitas email hingga 10.000 pesan dan 2.000 subscibers (penerima). Jumlah tersebut sekiranya sudah mencukupi untuk bisnis-bisnis rintisan dan pemula.

Namun jika dilihat dari fungsi, fitur-fitur Mailchimp gratis tak kalah hebat dari premium. Beberapa menu unggulan yang banyak digunakan di app ini adalah:

  • Smart recommendation – fitur prediksi dan analisis perilaku target konsumen Anda. Sangat membantu dalam merancang isi email agar sesuai dengan karakteristik, minat dan kebutuhan calon konsumen.
  • Penyimpanan cloud – simpan, amankan dan sinkronisasi data-data bisnis Anda ke sistem pencadangan awan.
  • Editor drag and drop – susun konten email dengan lebih cepat dan gampang. Cukup seret (drag) dan lepas (drop) objek di posisi yang diinginkan.
  • Perpustakaan media – memuat kumpulan foto ilustrasi, gif, template dan background gratis untuk mempercantik isi email.

Download Mailchimp di sini: https://mailchimp.com/

3. Sender

Berikutnya ada Sender, aplikasi email marketing dan pembuat newsletter tersimpel.

Biasanya newsletter manual dibuat dengan coding HTML. Tapi dengan memakai Sender, Anda bisa langsung menulis pesan tanpa pemrograman sama sekali.

Cukup pilih template, masukkan teks, dan tambahkan media pendukung lain (gambar, animasi, atau video) sesuai kebutuhan. Newsletter Anda bisa langsung siap kirim dalam hitungan menit.

Koleksi template newsletter gratis di Sender juga sangat lengkap dan langsung terbagi ke berbagai kategori, seperti holiday, flash sale, anniversarry, dan seterusnya. Jadi Anda tidak perlu lagi pusing mencari inspirasi konten di berbagai sumber!

Download Sender email marketing di sini: https://www.sender.net/

4. ConvertKit

Inilah salah satu fakta yang menyedihkan: banyak alat email marketing hadir dengan tampilan antarmuka yang rumit. Akibatnya, banyak orang jadi kesulitan saat menggunakannya.

Namun tentunya masih ada tool-tool email marketing dengan interface yang sederhana, seperti ConvertKit. Software ini sengaja didesain seringkas mungkin dengan fitur-fitur marketing esensial agar tidak membingungkan pengguna.

Hasilnya sangat memuaskan. Anda bisa memakai ConvertKit untuk berbagai keperluan promosi tanpa banyak bertele-tele. Mulai dari mendesain newsletter kilat dengan template, mengirim email otomatis, menyusun list subscribers, dan membuat landing page simpel.

Versi terbaru ConvertKit kini resmi ditambah dengan menu preview. Alat ini membantu kita mengecek tampilan final email sebelum dikirim untuk mencegah kesalahan dalam konten.

Download ConvertKit di sini: https://convertkit.com/features/email-marketing

5. Benchmark Email

Menulis email marketing yang memikat mungkin terasa sulit bagi pemula. Untuk itu, Benchmark Email hadir sebagai alat bantu yang bisa diandalkan.

Writing tool yang ada di Benchmark akan membantu Anda menyusun email yang menarik, baik dari segi ejaan, pemilihan kata, dan layout visualnya. Ia juga merupakan software pembuat newsletter pertama yang dilengkapi fitur stiker dan efek untuk konten.

Hebatnya lagi, tampilan email bisa otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran layar perangkat milik pembaca (laptop, tablet, smartphone). Jadi jangan khawatir layout pesan akan berantakan akibat diakses dari banyak media.

Download Benchmark Email di sini: https://www.benchmarkemail.com/

6. Keap Email Marketing Tool

Keap adalah aplikasi email marketing buatan perusahaan CRM all in one terkenal bernama “Infusionsoft”. Alhasil kualitasnya sebagai media pemasaran tak perlu diragukan lagi.

Banyak bisnis yang memakai Keap mengakui komunikasi mereka dengan klien menjadi lebih rapi, efisien, dan terarah. Aplikasi ini sangat hebat untuk menyusun dan melacak progres follow up transaksi, seperti menjadwalkan pesan reminder atau mengirim email dan invoice otomatis.

Selain itu, Keap juga masih bisa diandalkan untuk tugas-tugas administratif lain. Contohnya mencatat email list, mengirim newsletter dengan jadwal custom, melacak riwayat kontak, dan mengustomisasi informasi personal klien.

Download Keap di sini: https://keap.com/

7. Hubspot Email Marketing

Siapa yang tidak tahu layanan digital marketing Hubspot? Tak mau ketinggalan, channel marketing terpopuler dunia Hubspot juga turut menghadirkan tool email marketing gratis.

Adalah Hubspot Email Marketing, yakni sebuah media pemasaran email dengan pengguna terbanyak di berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk pengguna Hubspot CRM, Anda kini hanya perlu sinkronisasikan app tersebut dengan tool ini saja.

Fitur-fiturnya tak jauh berbeda dibanding aplikasi email marketing lain. Anda bisa membuat email newsletter custom sesuai buyer persona dengan template dan menu drag and drop.

Mau mengolah data dari Hubspot CRM sebagai bahan email marketing juga bisa. Cukup impor data dari CRM, lalu filter dan segmentasi memakai fitur khusus di Hubspot Email Marketing.

Download Hubspot Email Marketing di sini: https://www.hubspot.com/products/marketing/email

GetResponse Email Marketing Tool

Rekomendasi tool email marketing terakhir adalah GetResponse. Aplikasi ini menawarkan solusi pemasaran lengkap dalam satu platform, seperti:

  • Membuat newsletter dengan drag and drop.
  • Mengirim email penawaran otomatis terjadwal.
  • Koleksi +5000 template email dan gambar premium Shutterstock.
  • Memantau dan mengukur efisiensi email pemasaran.

Semua keunggulan di atas sudah bisa didapatkan lewat aplikasi GetResponse gratis. Namun jika Anda ingin eksplorasi strategi marketing yang lebih mendalam, maka disarankan untuk mencoba berlangganan GetResponse premium.

Itulah 8 email marketing tool pendukung bisnis kecil dan menengah yang bisa Anda coba.

Anda bebas memilih software mana saja, dengan catatan, bahwa media pilihan memuat fitur dan fungsi sesuai kebutuhan bisnis saat ini. Selamat mencoba!

Dapatkan lebih banyak tips, ilmu, dan insight seputar digital marketing dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikel bisnis terbaru hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Merchant Acquisition Adalah : Review Tugas, Skill dan Pendapatannya

0
merchant acquisition adalah

Merchant acquisition adalah perantara bisnis kecil Anda untuk ikut meramaikan pasar marketplace atau ecommerce. Inilah pengertian, tugas dan keuntungan dari menjadi merchant acquisition!

Kehadiran e-commerce melahirkan cukup banyak peluang bisnis baru, salah satunya adalah merchant acquisition. Posisi ini berperan penting dalam kelancaran e-commerce dan memiliki potensi gaji super tinggi, lho.

Kabar baiknya, semua orang kini bisa merintis karir sebagai merchant acquisition tanpa memerdulikan latar belakang pendidikan atau punya modal awal. Tertarik mencoba?

Yuk langsung simak selengkapnya kiat-kiat menjadi merchant acquisition sukses berikut ini!

Pengertian Merchant Acquisition Adalah

merchant-acquisition-adalah

Merchant acquisition adalah salah satu bagian dari divisi acquisition. Meskipun baru terkenal, lowongan pekerjaan ini sejatinya sudah ada sedari dulu dalam ilmu marketing.

Acquisition adalah divisi yang bertugas mencari, mengakuisisi dan mengajak kerjasama sebuah elemen secara terus-menerus demi keberlangsungan perusahaan. Tim acquisition terbagi-bagi lagi dalam 3 sub-divisi sesuai tujuannya, antara lain:

  • Merchant acquisition.
  • Talent acquisition.
  • Customer acquisition.

Di sini kita akan berfokus pada merchant acquisition. Sesuai namanya, merchant acquisition adalah pihak ketiga yang menjembatani para pedagang (merchant) dengan perusahaan.

Namun ada juga merchant acquisition yang menengahi pihak penjual (toko-toko) dengan layanan lain seperti bank.

Dalam ruang lingkup e-commerce, merchant acquisition berperan sebagai fasilitator antara toko-toko di masyarakat dengan marketplace itu sendiri. Mereka bertugas untuk mengajak para pemilik bisnis untuk membuka lapak online di marketplace.

Contoh Pekerjaan Merchant Acquisition Adalah

Pernahkah Anda membuka layanan GoFood dan menemukan keterangan “Seller Mitra /Merchant” pada resto-resto di platform tersebut?

Nah, jauh sebelum toko-toko tersebut resmi bergabung di GoJek, mereka biasanya akan dijapri terlebih dahulu oleh seorang merchant acquisition. Proses pendaftaran bisnis ke GoFood akan dilakukan oleh pemilik bisnis dengan pihak acquisition.

Merchant acquisition tidak hanya bekerja mencari mitra untuk layanan delivery makanan saja. Tetapi juga untuk e-commerce (perusahaan/mall dengan merek sendiri), layanan kasir POS dan e-wallet (pengguna Moka Pos, OVO, QRIS, dll), dan bahkan bank (bisnis-bisnis yang ber-partner dengan bank).

Lalu toko-toko yang bergabung lewat acquisition biasanya akan menerima label “Partner/Mitra (Nama Perusahaan)”. Label tersebut bisa berupa keterangan deskripsi (untuk toko online), atau disematkan pada banner dan spanduk (usaha offline).

Keuntungan Gaji Merchant Acquisition  Adalah

Besar nominal gaji seorang merchant acquisition faktanya sangat fantastis. Melansir dari portal loker Indeed, rata-rata gaji merchant acquisition di Indonesia adalah Rp59.324.563 per tahunnya.

Apabila dibagi untuk setiap bulannya, maka Anda bisa memperoleh sekitar Rp4.943.713 sebulan. Cukup menjanjikan, bukan? Nominal tersebut bahkan sudah berada di atas kisaran upah minimun (UMR) berbagai daerah.

Tentunya jumlah gaji tersebut sudah sepadan dengan tanggung jawab seorang merchant acquisition. Tanpa tim ini, mustahil bagi perusahaan e-commerce bisa bertahan berbisnis jangka panjang.

4 Tugas Merchant Acquisition Adalah

Tugas utama merchant acquisition adalah mengembangkan kerjasama e-commerce dengan mitra-mitra pembantu demi meraih keuntungan bersama. Namun pada prakteknya, ada lebih banyak lagi tugas merchant acquisition yang harus dipenuhi, yakni:

1. Bertanggung Jawab Penuh atas Kerjasama

Merchant acquisition harus selalu bertanggung jawab terhadap mitra dagang selama proses kerjasama berlangsung. Mereka harus memenuhi seluruh hak dan kewajiban sebagai penyedia lapak dagang ke mitra sesuai perjanjian.

Pun demi alasan keamanan bersama, mitra dan merchant acquisition selalu menandatangani kontrak hukum di awal kerjasama dagang.

2. Melakukan Negosiasi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merchant acquisition harus jago bernegosiasi. Skill ini penting supaya mereka bisa membujuk dan mengajak para pedagang bergabung menjadi mitra.

Di beberapa kasus pun merchant acquisition harus tawar-menawar ketika menyelesaikan masalah dengan mitra. Negosiasi diharapkan bisa memberi jalan keluar yang tetap menguntungkan kedua belah pihak.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Mitra

Seorang merchant acquisition harus terus menjaga hubungan baik dengan mitra. Sering kali brand tetap bersikap ramah pada toko-toko yang sudah putus kontrak kerjasama.

Hal ini penting demi menjaga citra dan nama baik perusahaan di mata masyarakat. Di samping itu masih ada kemungkinan di masa depan toko-toko tersebut kembali bekerjasama dengan brand.

4. Memanajemen dan Mengevaluasi Kerjasama

Terakhir, merchant acquisition bertugas untuk memanajemen dan mengevaluasi kerjasama yang berlangsung. Mereka harus jeli memahami situasi, kebutuhan dan trend masyarakat supaya bisa memilih bisnis yang tepat untuk diajak kerjasama.

Evaluasi partnership juga wajib dilakukan secara berkala demi mengontrol keuntungan, pengeluaran, dan gesit memperbaiki aneka masalah yang dihadapi mitra.

5 Skill yang Wajib Dikuasai untuk Menjadi Merchant Acquisition Adalah

Kabar baiknya, siapapun bisa mulai bergabung menjadi tim merchant acquisition. Tidak seperti profesi lainnya, peluang karir ini tidak memandang riwayat pendidikan atau menuntut pengalaman khusus.

Namun supaya jenjang karir Anda berjalan mulus, tidak ada salahnya membekali diri terlebih dahulu dengan 5 skill penting merchant acquisition berikut ini:

1. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Meski berstatus sebagai pegawai kantor, anggota merchant acquisition tetap akan lebih banyak bekerja turun lapangan. Dengan kata lain, Anda akan banyak bepergian ke tempat baru dan bertemu orang-orang dengan kepribadian unik.

Untuk itu Anda wajib memiliki skill mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Sikap yang ramah, hangat dan tidak kaku akan mempermudah orang lain menerima kehadiran Anda.

2. Keterampilan Komunikasi dan Public Speaking

Selanjutnya ada skill komunikasi dan public speaking. Dua keterampilan ini sangat wajib dimiliki kalau ingin menjadi merchant acquisition profesional.

Komunikasi adalah kunci utama pelancar negosiasi dengan berbagai pihak selama Anda bekerja sebagai merchant acquisition. Akan tetapi komunikasi yang dimaksud di sini tidak hanya sebatas mengutarakan pikiran saja.

Anda juga harus mampu mendengarkan perkataan lawan bicara, memahami permasalahan mereka, lalu memberikan jawaban-jawaban terbaik. Sebisa mungkin hindari sikap miskomunikasi karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam kerjasama.

3. Termotivasi dan Punya Insiatif Tinggi

Salah satu tantangan pekerja lapangan adalah sanggup mengatasi situasi di luar dugaan.

Anda mungkin sudah merencanakan negosiasi dengan mitra sebaik mungkin. Namun bentuk antisipasi tersebut tetap tak bisa mengendalikan kejadian nyata di lapangan. Misalnya mitra terbaik yang Anda targetkan tetap menolak tawaran kerjasama.

Di sinilah Anda harus tetap mempunyai motivasi dan rasa inisiatif tinggi. Jangan cepat putus asa apalagi marah-marah menyalahkan orang lain karena rencana tidak berjalan sebagaimana mestinya.

4. Keterampilan Kepemimpinan (Skill Interpersonal)

Selain menjaga komunikasi dan emosi, Anda disarankan untuk terus mengasah kemampuan interpersonal seperti kepemimpinan, menjalin relasi, dan team work. Mengapa?

Alasannya tak lain karena cara kerja merchant acquisition sebagai tim. Anda akan banyak bersinggungan dengan orang lain, baik itu sesama rekan tim ataupun para pedagang. Otomatis, pola pikir Anda harus dilatih supaya terbiasa mengedepankan kepentingan dan goals bersama.

Anda bisa mulai berlatih memahami kemampuan interpesonal diri sedini mungkin dengan langkah-langkah simpel. Misalnya mengamati dan meniru cara komunikasi orang lain yang baik, memilah gestur dan gaya bicara, serta meminta feedback dari orang lain terhadap kemampuan Anda.

5. Presentasi dan Evaluasi

Bekal skill terakhir untuk merchant acquisition adalah jago melakukan presentasi dan evaluasi. Akan ada saatnya Anda diminta menjelaskan seputar program kerjasama pada mitra, atau memaparkan progres ke atasan. Di sinilah skill presentasi Anda digunakan.

Terdapat beberapa indikator presentasi bagus yang meski dikuasai. Misalnya sanggup menjaga perhatian audiens, bisa meyakinkan pendengar terkait info/materi, dan dibawakan dengan lancar (tidak terbata-bata).

Selain presentasi, merchant acquisition juga harus bisa mengevaluasi kinerja mitra, tim, dan dirinya sendiri secara berkala. Ia tidak akan ragu untuk belajar dan mengimprovisasi hal-hal yang masih perlu peningkatan menurut laporan evaluasinya.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait merchant acquisition, mulai dari definisi, tugas, skill hingga rata-rata jumlah gajinya dalam setahun. Bagaimana, tertarikkah Anda mencoba berkarir di bidang ini?

Peluang sukses berbisnis sebagai seorang merchant acquisition tentu sayang untuk dilewatkan, apalagi mengingat pesatnya pertumbuhan e-commerce saat ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat menginspirasi Anda terkait peluang usaha dan karir kekinian, ya!

Yuk selalu up to date dengan info-info terkini seputar dunia bisnis online bersama MARKEY. Baca kumpulan artikel gratisnya sekarang juga di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!