Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

-

Pemasaran umumnya dilakukan untuk meningkatkan penjualan dari sebuah usaha. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui internet. Berikut dijelaskan tentang pengertian pemasaran dan dasar-dasar pemasaran internet.

Pengertian pemasaran atau marketing dapat dikatakan mudah, namun sulit untuk dijelaskan. Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian pemasaran. Peter Ferdinand Drucker, salah satu pakar bisnis yang paling terkenal memberikan penjelasan mengenai pengertian pemasaran sebagai berikut.

“ Tujuan ideal dari pemasaran adalah untuk meniadakan kegiatan penjualan. Pemasaran dilakukan untuk memahami pelanggan, menyesuaikan pelayanan dan produk dengan pelanggan agar dapat terjual dengan sendirinya ”.

Kesimpulannya, tujuan ideal dari pemasaran yang diutarakan oleh Drucker adalah meningkatkan jumlah penjualan tanpa melakukan promosi penjualan. Di era seperti sekarang, pemberitahuan tentang informasi yang tepat kepada calon pelanggan dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya dengan memanfaatkan internet. Pemasaran melalui internet dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi saat menggunakan metode penjualan tradisional. Pada artikel ini, akan dijelaskan dasar-dasar pemasaran internet yang perlu diketahui.

Dasar-Dasar Pemasaran atau Marketing

‘Memahami kebutuhan pelanggan’, merupakan dasar dari pemasaran dan juga merupakan hal terpenting dalam pemasaran melalui internet. Oleh karena itu, Anda perlu memahami teori dasar dari pemasaran atau marketing. Penjelasan dalam artikel ini akan berfokus pada pengertian 4P dan 4C yang merupakan kerangka kerja pemasaran yang sangat serbaguna.

Sebelum memasuki penjelasan tentang 4P dan 4C, pertama-tama akan dijelaskan tentang STP (Segmentation Targeting Point) yang merupakan salah satu kerangka kerja pemasaran. STP sangat penting untuk melaksanakan kerangka kerja pemasaran yang menggunakan 4P dan 4C.

 

Artikel terkait  Pengertian Marketing dan Pengenalan Web Marketing

 

Pengertian STP

STP merupakan singkatan dari tiga urutan kata, antara lain ‘Segmentation (pembagian)’, ‘Targeting (mengarahkan)’, ‘Positioning (memposisikan)’.

‘Segmentation’ adalah tahap pembagian kebutuhan pasar menjadi beberapa kelompok. Tahap menentukan kelompok dan kebutuhan seperti apa yang akan diincar disebut dengan ‘Targeting’. Sedangkan, ‘Positioning’ adalah tahap menentukan bagaimana posisi dari harga yang ditawarkan perusahaan Anda dalam pasar saat dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya.

Selanjutnya, penjelasan tentang 4P dan 4C, tetapi sebelumnya perlu dipahami bahwa menentukan target dalam STP adalah hal yang paling mendasar dari rencana pemasaran yang perlu dilakukan saat Anda menggunakan sistem framework (kerangka kerja).

Artikel terkait  Strategi Promosi Pemasaran yang Jitu | Wajib Dicoba

Pengertian 4P

4P adalah singkatan dari empat komponen kata yang terdiri dari ‘Product (produk)’, ‘Price (harga)’, ‘Place (penyaluran)’, dan ‘Promotion (promosi penjualan)’. Kerangka kerja ini diimplementasikan untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan dari produk atau layanan perusahaan Anda dalam pasar dengan melakukan pengelompokkan pasar dan menentukan produk atau layanan perusahaan Anda berdasarkan empat poin tersebut. Metode ini disebut dengan pemasaran campur atau Marketing Mix yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy dari Amerika pada tahun 1960.

Pengertian 4P

Pengertian 4C

30 tahun setelah istilah 4P dikemukakan, Robert Lauterborn kemudian mengemukakan istilah 4C. Walaupun 4C memiliki hubungan erat dengan 4P, dapat dikatakan bahwa 4C merupakan kerangka kerja yang dilakukan dengan mendalami sudut pandang pelanggan, berbeda dengan 4P yang dilakukan berdasarkan pengeluaran produk dari sudut pAndang penjual.

Pengertian 4C

Hubungan Antara 4P dan 4C

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, 4C adalah kerangka kerja yang dilakukan dengan lebih menganalisis dari sudut pAndang pelanggan untuk mendukung komponen-komponen 4P. Anda perlu menggunakan kedua kerangka kerja tersebut dengan efektif, tidak membandingkan mana yang terkesan jadul atau mana yang benar. Tetapi, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kerangka kerja, Anda dapat membaca lebih detail tentang 4P, 4C, dan STP melalui link di bawah ini.

 

Artikel terkait  Pengertian Bauran Pemasaran 7P dan 4P

 

Tiga Karakteristik Pemasaran Internet

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian pemasaran dan dasar-dasar analisis pemasaran atau marketing, berikutnya akan dijelaskan mengenai karakteristik pemasaran internet. Apakah Anda mengetahui perbedaan dari pemasaran tradisional dan pemasaran internet? Berikut penjelasannya yang terbagi ke dalam tiga poin.

1. Kecepatan

Pemasaran internet memerlukan lead time (waktu tunggu) yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan periklanan massal yang digunakan dalam pemasaran tradisional. Selain itu, berbeda dengan periklanan melalui video atau gambar seperti iklan televisi atau media cetak, Anda dapat melakukan proses uji coba dengan mudah karena internet mudah untuk diubah dan ter-update. Seluruh proses dapat terasa cepat karena karakteristik unik yang dimiliki internet.

2. Personalisasi / Segmentasi

Pemasaran internet dapat melakukan pengembangan iklan berdasarkan data atribut pelanggan (golongan/data pribadi). Berbeda dengan pemasaran massal seperti iklan televisi atau iklan majalah yang memiliki keterbatasan dalam membagi karakteristik target iklan, internet dapat membagi langkah-langkah yang perlu dilakukan dengan menentukan target iklan secara detail dan mengubah isi iklan sesuai dengan data atribut target.

3. Kuantitativitas

Sebagian besar hasil dari langkah-langkah pemasaran internet yang telah dilakukan dapat diketahui dalam bentuk data kuantitatif. Dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya, Anda dapat mengetahui data kuantitatif secara detail seperti jumlah tayangan dan klik pada iklan internet, jumlah akses ke situs internet, jumlah penjualan melalui jaringan iklan, dan jumlah pendaftar yang masuk untuk berlangganan.

Artikel terkait  4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

Tiga Langkah dalam Pemasaran Internet

Bagaimanakah cara untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan situs internet yang Anda miliki? Berikut akan dijelaskan tiga tahap pokok yang perlu dilakukan dalam pemasaran internet.

Tahap 1: Pre-Access Untuk Menarik Pelanggan

Tahap yang paling pertama adalah pra-akses, yaitu tahap persiapan agar pengguna internet mengakses situs internet Anda. Tahap ini dilakukan untuk meningkatkan arus calon pelanggan yang mengakses situs internet Anda. Anda perlu memperhatikan bahwa menarik pelanggan dalam pemasaran internet adalah dengan meningkatkan jumlah akses calon pelanggan bukan dengan asal meningkatkan jumlah akses pada situs internet Anda.

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah membuat situs internet yang memiliki konten yang menarik dan berkualitas. Pada saat yang sama, Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk membuat situs internet Anda dikenal luas dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization: pengoptimalan mesin telusur), iklan listing, iklan tampilan, iklan jaringan, iklan afiliasi, iklan media sosial, dan lain-lain.

Distribusi siaran pers juga efektif. Anda dapat menargetkan lebih banyak eksposur dan penyebaran informasi dengan menggunakan layanan distribusi siaran pers, tidak hanya dari situs internet Anda sendiri.

Tahap 2: On-Access Untuk Melayani Pelanggan

Tahap ini adalah proses untuk melayani pengguna internet yang mengunjungi situs internet Anda. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan akses kunjungan biasa dengan pertanyaan, pendaftaran, dan penjualan.

Pada tahap ini diperlukan agar pengunjung merasa nyaman saat berkunjung dan mencegah pengunjung keluar dari situs internet Anda. Untuk itu perlu dilakukan LPO (Landing Page Optimization: optimasi halaman arahan), EFO (Entry Form Optimization: optimasi formulir masuk), optimasi ponsel pintar (smartphone) dengan membuat desain yang responsif, dan lain-lain. Dari sisi sistem, penyempurnaan metode pembayaran juga efektif. Contohnya pada situs EC (E-Commerce), ada kemungkinan calon pelanggan keluar dari situs sebelum membeli karena metode pembayaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Selain itu, tidak perlu dikatakan lagi bahwa hal-hal seperti kualitas konten dan kemudahan UI (User Interface) adalah hal yang penting. Penerbitan informasi yang dicari oleh pengguna internet, kemudahan dalam mencari informasi tersebut, membuat informasi yang mudah dibaca, dan kemudahan saat ingin berpindah menuju halaman informasi terkait merupakan hal-hal yang sangat penting.

Tahap 3: Post-Access Untuk Mendorong Kunjungan Kembali

Ini adalah tahap untuk mendorong agar pengguna internet yang pernah mengakses situs internet Anda berkunjung kembali. Anda perlu melakukan langkah agar hubungan dengan pengguna internet yang p

ernah berkunjung tidak menjadi sia-sia dan dapat terus berkunjung kembali ke situs Anda.
Majalah email (E-Zine) yang dikirim ke daftar pelanggan dan pemasaran email yang mendekati pelanggan secara langsung melalui email dapat dipastikan efektif. Anda perlu menarik kembali minat pengguna internet agar menjadi kemungkinan pengguna tersebut melakukan akses kembali. Selain itu, iklan target ulang yang dilakukan dengan menampilkan kembali iklan perusahaan Anda kepada pelanggan yang pernah berkunjung juga efektif.

Untuk melakukan langkah-langkah ini secara efisien, anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Otomasi Pemasaran (MA). Otomasi Pemasaran adalah sistem yang menyusun dan mengoptimalkan serangkaian arus pemasaran internet kepada pengguna yang mengunjungi situs internet Anda. Contohnya, dengan membuat daftar calon pelanggan dari pengguna internet yang pernah berkunjung dan melakukan pemasaran email atau mengirim majalah email, Anda dapat menyaringnya menjadi calon pelanggan tetap yang memiliki hubungan erat dengan situs internet Anda.

Seperti yang dijelaskan pada tahap 1, tujuan sebenarnya dari menarik pelanggan pada pemasaran internet bukanlah hanya sebatas meningkatkan jumlah akses. Penting untuk mengumpulkan akses dari calon pelanggan dan sangat penting untuk menindaklanjuti pengguna yang pernah berkunjung dengan teliti.

 

Artikel terkait  Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Untuk Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Kebutuhan Pelanggan

Hal yang penting dalam pemasaran internet tidak hanya mengetahui data pelanggan. Tetapi juga memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan aliran atau mekanisme untuk menarik pelanggan. Jika Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan benar, Anda dapat mendekati calon pelanggan dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Namun, di sisi lain, ada banyak kasus dimana sebuah perusahaan tidak dapat melakukan pemasaran internet dengan baik hanya dengan pemasaran secara internal yang dilakukan oleh perusahaan tersebut karena untuk menganalisis data iklan atau akses dan mengukur tingkat keefektifan diperlukan keahlian khusus. Dalam kasus seperti itu, penggunaan alat otomatisasi pemasaran akan menjadi bantuan yang kuat dalam kegiatan pemasaran di internet. Selain analisis data yang akurat, Anda juga dapat melakukan pemasaran email sesuai dengan karakteristik pelanggan dan mengukur efektivitasnya secara efisien.

Pada artikel kali ini, kami telah menjelaskan secara luas tentang pengetahuan dasar pemasaran, dari pre-access sampai on-access dalam pemasaran internet dan penggunaan otomatisasi pemasaran pada post-access. Terapkan strategi pemasaran internet, perdalam pemahaman tentang pemasaran internet, dengan tujuan untuk mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, pertimbangkanlah penggunaan otomatisasi pemasaran.

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

返事を書く

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPTCHA


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya