Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 70

PBN adalah : Pengertian, Manfaat dan Langkah-Langkah Menggunakannya!

0

Pembahasan tentang SEO memang tidak pernah ada habisnya. Setiap hari, banyak ahli IT dan digital marketer berusaha menemukan aneka strategi untuk memaksimalkan ranking web di laman penelusuran (Search Engine Optimization / SEO).

Tidak hanya dengan mengandalkan kata kunci yang akurat saja, ada cara lain untuk memaksimalkan SEO yakni dengan memakai PBN (Private Blog Network).

PBN SEO adalah cara baru yang bisa Anda praktekkan untuk meningkatkan visibilitas website dan memaksimalkan jumlah traffic. Pun banyak pihak mengklaim bahwa PBN SEO adalah strategi SEO off page yang sangat baik, powerful, dan bersifat eksklusif. Mengapa demikian?

Yuk cari tahu penjelasan lebih detil tentang apa itu PBN SEO, cara mempraktekkannya, hingga beberapa rekomendasi jasa PBN berkualitas Indonesia yang bisa Anda temukan di internet pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Baca juga : Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Website

Apa Itu Private Blog Network (PBN)?

seo-blog-2

PBN adalah istilah yang masih asing di telinga sebagian masyarakat, terutama mereka yang baru terjun ke dunia digital marketing. Namun PBN adalah istilah yang sudah lama mengudara di dunia SEO.

PBN adalah tips SEO yang tergolong eksklusif, sehingga wajar saja jika tidak semua kalangan mengetahui apa itu PBN. Mengapa eksklusif? Kami akan membahasnya sebentar lagi.

Mari berkenalan dengan PBN dari: apa itu PBN? PBN adalah singkatan dari Private Blog Network. PBN adalah salah satu mekanisme SEO ‘abu-abu’ (grey SEO), di mana Anda mengaktivasi sebuah website yang sudah expired untuk digunakan kembali.

Ya, Anda tidak keliru membaca, sekali lagi, PBN adalah taktik SEO di mana Anda menghidupkan dan menggunakan kembali sebuah domain website yang sudah expired (kadaluarsa). Kekadaluarsaan ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti pemilik sebelumnya yang sudah tidak menggunakan dan mengurusi website miliknya atau ia lupa memperpanjang domain.

Namun tidak semua website ‘didaur ulang’ dalam trik PBN ini. Biasanya, user akan memilih website yang dulunya mempunyai kualitas tinggi dengan tujuan tidak perlu lagi mengelola dari 0. Website berkualitas sudah mempunyai cukup banyak backlink dan juga posisi tersendiri dalam SEO.

Jadi, dapat dikatakan bahwa PBN adalah jalan pintas untuk mencapai peringkat teratas SEO – sebab, tugas Anda kini tinggal menyambung kembali progres sebelumnya dari website. Ibaratnya Anda sudah langsung 50% dari goals menuju peringkat 1 SEO.

Ada juga yang menggunakan PBN sebagai jaringan khusus milik sendiri, sehingga Anda bisa menautkan link-link dan backlink sendiri demi menaikkan jumlah traffic ke web. Oleh sebab itulah PBN adalah trik SEO abu-abu yang mahal dan eksklusif.

Meskipun PBN bisa dikerjakan memakai platform apa saja, namun PBN dengan self hoster berbayar tetaplah yang paling kuat performanya. Pun mencari sebuah domain expired berkualitas bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa aspek yang skor metriknya ditinjau guna mengetahui sebaik apa kualitas dari sebuah domain expired, yaitu:

  • PA (Page Authority).
  • DA (Domain Authority).
  • CF (Citation Flow).
  • TF (Trust Flow).
  • Bersih dari spam link dan history clean.

Semakin baik skor dari setiap aspek di atas, maka dapat dipastikan bahwa website expired tersebut mempunyai backlink yang sangat kuat. Bisa saja website expired tersebut memperoleh ganjaran backlink dari web authority tinggi sekelas Yahoo, Wikipedia, CNN, Yellowpages, dan seterusnya.

Kebanyakan orang masih memercayakan tugas-tugas di atas pada jasa PBN berkualitas. Selain pengecekan yang rumit, pembuatan PBN juga akan memerlukan tools-tools premium yang cukup mahal seperti Majestic dan Moz, plus melakukan registrasi berbayar untuk menghidupkan domain, instalasi CMS, pengisian konten dan masih banyak lagi. Harga registrasi domain expired pun biasanya memakan biaya lebih daripada registrasi domain baru.

Nah, tentunya sekarang sudah terbayangkan oleh Anda mengapa PBN adalah trik SEO yang super eksklusif dan hanya mampu diakses oleh orang-orang dari kelompok perekonomian menengah ke atas, bukan?

Jika Anda tertarik dan memiliki modal untuk menjalankan PBN SEO ini, Anda tidak perlu bingung. Sudah ada banyak jasa PBN berkualitas yang menyediakan layanan grey SEO PBN, sebut saja seperti Elang Web, Piranti Soft House, Mastah SEO, dan masih banyak lagi yang bisa Anda telusuri di Google. Untuk Anda yang masih ragu-ragu, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya guna mengetahui apa saja manfaat dari menggunakan PBN!

Apa Manfaat PBN?

seo-blog-1

Anda sudah mengetahui alasan di balik mahalnya trik grey SEO dengan PBN ini. Pertanyaan selanjutnya kini adalah: apakah semua uang yang akan Anda keluarkan demi mengaktivasi website expired ini sebanding dengan hasilnya?

Banyak orang yang menggunakan trik PBN SEO menjawab pertanyaan tersebut dengan 1 kata: “Iya.” Ibarat ungkapan, “Ada harga, ada barang,” besarnya uang yang mungkin Anda keluarkan untuk PBN juga sebanding dengan manfaat yang dapat diberikan kelak untuk Anda – khususnya jika Anda mendaur ulang website berkualitas demi kepentingan bisnis (e-commerce). Tentunya website e-commerce harus mampu menduduki peringkat teratas dalam SEO, bukan?

Saat membayar untuk jasa PBN, sesungguhnya Anda sedang membeli ilmu dari para programmer untuk merampungkan semua pekerjaan membangun PBN: membeli domain expired dari lelang atau marketplace hosting, melakukan aktivasi, mengurus CMS agar tidak meninggalkan jejak footprint, membuat konten dan seterusnya.

Tahap-tahap yang ditempuh pun seringkali harus berulang, mengingat PBN berbasis sistem ‘network’  (jaringan kumpulan blog). Mengembangkan sebuah jaringan sendiri akan memerlukan banyak usaha agar website Anda mampu memperoleh kekuatan maksimal dari high authority backlink website.

Selanjutnya apa? Setelah PBN baru Anda sudah selesai dan siap digunakan, kini Anda bisa memakainya untuk bekerja, mengembangkan usaha atau portofolio konten pribadi dan memperoleh hasil-hasil keuntungan seperti berikut:

  • Jaringan dapat dibentuk menjadi aneka produk CMS, mulai dari blog hingga forum.
  • Keyword-keyword SEO lebih mudah masuk dan dideteksi Google sehingga mempermudah konten muncul di hadapan pengguna.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung dan traffc secara maksimal, bahkan bisa dua kali lipat.
  • Keuntungan hingga miliaran rupiah dalam hitungan bulan dari iklan yang dipasang pada web.
  • Memberikan Anda link juice yang berkualitas.

Tertarik untuk mencoba PBN? Pada bagian berikutnya, kami menyiapkan rangkuman lengkap membangun PBN, mulai dari syarat hingga step-by-step lengkap membuat PBN.

Rangkuman Membangun PBN: Syarat dan Step-by-Step Lengkap

Jadi sampai di sini, Anda tertarik untuk membuat PBN. Anggaplah Anda sudah mempunyai uang modal yang cukup dan ingin mengembangkan PBN untuk memaksimalkan perkembangan bisnis. Kemudian, dari mana Anda harus memulai?

Sebelum terjun ke pembuatan, mula-mula Anda harus memastikan diri sudah memenuhi syarat-syarat pembuatan PBN. Pun syarat-syarat PBN adalah:

  • Modal dana (minimal 10 juta rupiah ke atas).
  • ROI
  • Domain website expired dengan skor DR, PA, CF, DA dan TF yang tinggi.
  • CMS dan themes yang berbeda-beda.
  • Beragam jenis hosting dan name server.
  • Register domain yang berlainan.
  • Domain minimal 6 tahun.
  • Domain bebas blacklink dari web spam, history clean dan bebas spam.

Jika semua sudah terpenuhi, kini Anda bisa mulai ke tahapan pembuatan PBN:

1: Perencanaan PBN

Langkah pertama, buat perencanaan PBN yang matang terlebih dahulu. Jangan sampai semua uang dan usaha Anda sia-sia hanya karena Anda tidak punya rencana dan tujuan pembuatan PBN yang baik. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan di tahap perencanaan adalah:

  • Biaya PBN yang bisa dikeluarkan.
  • Jumlah backlink PBN yang dibutuhkan.
  • Cara menyusun struktur jaringan PBN.
  • Jenis tautan / link yang akan diarahkan ke web milik sendiri.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas pun beragam, mengingat tergantung pada tingkat kompetisi dari bisnis online Anda di pasaran. Namun biasanya, 10 backlink PBN dapat mempermudah website Anda untuk menjuarai persaingan SEO level menengah.

2: Menghitung Biaya

Meskipun Anda mempunyai modal besar, ada baiknya Anda tetap menghitung jumlah biaya untuk membangun PBN agar tidak terjadi ‘kecolongan’ dan berakibat pada pembengkakan dana. Setidaknya ada 3 jenis biaya yang harus dibayarkan untuk PBN:

  • Biaya hosting (hosting yang baik untuk PBN berkisar antara $15 hingga $20 ke atas per tahun).
  • Biaya domain (domain berkualitas tinggi dapat dikenakan harga mulai dari $80 sampai $500 dan bahkan lebih).
  • Biaya konten CMS (artikel konten sekitar 500 kata dikenakan biaya $5. Semakin banyak konten maka harganya akan semakin mahal).

3: Mendiskusikan Pembuatan dengan Penyedia Jasa Pilihan

Jika semua sudah dirasa siap, Anda sudah bisa menghubungi jasa penyedia layanan PBN pilihan untuk melakukan diskusi lebih lanjut. Paparkan kebutuhan, keinginan dan diskusikan paket terbaik untuk pembangunan PBN Anda. Begitu Anda dan pihak developer mencapai kesepakatan, maka Anda bisa membayarkan tarif pengerjaan PBN dan menunggu perkembangan update dari developer.

4 Merawat PBN Jangka Panjang

Tahap terakhir adalah melakukan pengelolaan dan perawatan PBN jangka panjang agar website bisa senantiasa berada di posisi tertinggi dalam SEO. Anda bisa menjaga agar PBN tidak tertaut pada outbound link yang terlalu banyak.

Juga untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa menulis konten artikel sendiri yang original dan unik. Memposting artikel original buatan sendiri juga akan mampu mendongkrak posisi SEO oleh Google. Postinglah artikel secara berkala, seperti 1 minggu, 2 minggu atau 3 minggu.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang PBN alias Private Blog Network. Sebagai catatan penting, Anda perlu berhati-hati jika memang ingin menggunakan PBN sebab cara kerja network ini dapat dikatakan sebagai trik SEO yang curang, karena Anda membangun jejaring network dan backlink sendiri, atau memanfaatkan website populer yang sudah mati sebelumnya.

PBN memang cara praktis memanipulasi algoritma Google, namun Google juga senantiasa mengupgrade performa penelusurannya untuk mengantisipasi kecurangan SEO.

Bahkan sudah tertera pada pedoman resmi Google, bahwa semua pembuatan tautan sendiri merupakan suatu bentuk pelanggaran.

Jika trik Anda ketahuan oleh Google akibat perencanaan yang tidak matang, maka bersiaplah untuk kehilangan seluruh website Anda dalam sekejap.

Apakah Anda masih membutuhkan PBN? Jawabannya kembali ke diri Anda sendiri.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini dari Appkey! Nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia IT hanya dari website kami, ya. Sampai jumpa!

Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

0
email marketing

Email marketing telah berjalan kuat selama beberapa dekade, tetapi karena media sosial dan saluran digital lainnya terus memengaruhi strategi pemasaran, email telah menjadi opsi kedua bagi sebagian merk/brand.

Sebetulnya, email marketing adalah suatu rahasia yang membawa banyak sekali bisnis baru bagi merek/brand Anda.

Daftar email yang solid dapat menguntungkan merek Anda dengan membantu menjangkau pelanggan di luar media sosial atau pemasaran tradisional. Jadi, pada artikel kali ini mari kita membahas mengenai cara membangun daftar email Anda hingga sukses.

1. Gunakan alat email marketing

email-marketing-2

Email marketing bisa cukup membingungkan, jadi mengapa tidak menggunakan alat untuk membantu Anda mengatur hal tersebut? Menjadi teratur adalah langkah penting dalam proses membangun daftar email Anda dan untungnya, ada banyak alat pemasaran email di luar sana untuk membantu Anda dengan langkah ini.

Meskipun setiap platform berbeda, masing-masing menawarkan tempat untuk menyimpan konten email marketing Anda dan informasi tentang daftar email Anda untuk membantu membuat setiap kampanye email menjadi pengalaman bagi pelanggan.

Semua platform memiliki kisaran harga untuk layanan mereka yang terstruktur sesuai dengan ukuran daftar email Anda, dan hampir setiap platform menawarkan beberapa versi paket gratis. Beberapa layanan pemasaran email, bahkan tidak membebani Anda sepeser pun, setidaknya sampai daftar email Anda melampaui apa yang diizinkan oleh paket gratis tersebut.

Luangkan waktu Anda untuk meneliti semua opsi dan putuskan mana yang tepat untuk strategi email marketing Anda. Setelah Anda memilih platform, duduk santailah dulu sambil dan mulai membuat daftar email itu dengan tenang karena mengetahui bahwa fungsi pemasaran email Anda dikelola dengan baik.

2. Tambahkan formulir keikutsertaan ke situs web Anda

Ada pelanggan yang secara aktif ingin mencari cara untuk mendaftar ke daftar email Anda, dan pasti Anda menyukai orang-orang dengan karakteristik tersebut. Jadi jangan membuat proses pendaftarannya rumit agar Anda tidak kehilangan mereka.

Untuk mempermudah pelanggan yang ingin mendaftar, buatlah formulir keikutsertaan yang ramah pengguna. Formulir keikutsertaan pada dasarnya memberikan persetujuan kepada perusahaan untuk mengirim email ke suatu alamat email dan ini sering kali dicapai oleh pelanggan hanya dengan memasukkan email mereka dan menekan “kirim” Kedengarannya mudah, bukan?

Kesederhanaan adalah kunci saat membuat formulir opt-in; tidak ada yang mau melewati rintangan hanya untuk berada di daftar email. Untuk membuatnya lebih mudah diakses, tampilkan formulir keikutsertaan di tempat yang sangat terlihat seperti halaman beranda Anda. Ini akan mencegah formulir hilang bercampur dengan semua konten web Anda yang lain dan membuat pengunjung lebih mungkin untuk mendaftar.

3. Tawarkan insentif untuk berlangganan

Siapa yang tidak suka barang gratisan? Harga penuh sepertinya tidak pernah semenarik itu, tetapi kedengarannya jauh lebih bisa diterapkan dengan diskon yang ditawarkan dengan harga kecil memasukkan alamat email.

Menawarkan insentif adalah cara yang fantastis untuk mengembangkan daftar email Anda, karena hal itu membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan sesuatu sebagai imbalan untuk menerima email merek/brand Anda.

Pastikan diskon yang ditawarkan sepadan dengan waktu pelanggan, karena banyak yang akan melewati penawaran jika mereka merasa itu tidak sepadan dengan uang yang mereka beli. Trik lainnya adalah membuat mereka menebak-nebak keputusan mereka untuk menutup pop-up Anda dengan menjadi kreatif sedikit pun tombolnya.

Lebih mudah untuk menolak tawaran ketika sebuah tombol hanya mengatakan “Tidak, terima kasih” daripada, “Tidak, saya tidak ingin diskon 20 persen dan akses eksklusif ke penjualan khusus pelanggan.” Ini akan mendorong pengguna untuk memikirkan kembali keputusan mereka, memberi mereka diskon berharga sekaligus membangun daftar email Anda.

4. Kirim email selamat datang

Duduk dan pikirkan saat Anda benar-benar merasa diterima di sebuah toko, rumah, atau acara. Apa yang membuat Anda merasa dihargai, hanya karena menginjakkan kaki melalui pintu? Mari terapkan pengalaman itu ke daftar email Anda.

Sama seperti menghadiri suatu acara atau mengunjungi rumah seseorang, pelanggan Anda harus merasa bahwa merek Anda bersemangat karena mereka telah bergabung ke pesta.  Dan tidak ada yang dapat menghentikan perasaan luar biasa itu lebih cepat daripada pesan sederhana “Harap konfirmasi alamat email Anda” yang masuk ke kotak masuk mereka. Pelanggan Anda akan merasa dihargai sejak mereka menekan tombol “kirim” untuk bergabung dengan daftar email Anda.

Kabar baiknya adalah, jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk memberikan perasaan hangat itu dalam email. Berterimakasihlah kepada pelanggan baru Anda karena telah bergabung dan menambahkan informasi yang relevan dan terkini tentang konten berharga yang akan mereka terima mulai sekarang.

5. Buat formulir pop-up

email-marketing

Kita semua pernah melihatnya sebelumnya,  Anda sedang berbelanja di sebuah situs web ketika tiba-tiba, halaman yang Anda lihat diblokir oleh jendela selamat datang yang menawarkan diskon jika Anda memasukkan email Anda.

Sekali lagi, Anda telah terpikat pada trik email marketing yang umum yaitu formulir pop-up. Formulir pop-up adalah taktik yang sangat baik untuk membangun daftar email Anda dengan mudah.

Saat mendesain jendela pop-up, penting untuk berpikir seperti pelanggan daripada seseorang yang perlu membuat daftar email. Tidaklah cukup hanya dengan mengatakan, “Hai, daftar untuk berlangganan email harian kami sekarang,” karena sangat sedikit pelanggan yang akan mencari sesuatu yang tidak menguntungkan bagi mereka.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memasukkan sesuatu untuk menarik perhatian mereka seperti kode diskon untuk pembelian pertama mereka (referensi # 3). Ini akan membangun fondasi untuk hubungan yang baik dengan pelanggan baru Anda, dan membantu Anda mengembangkan daftar email dengan cepat.

6. Iklankan buletin email di media sosial

Media sosial memainkan peran besar dalam pemasaran. Meskipun media sosial cenderung mendapatkan sebagian besar kredit pemasaran, itu tidak berarti Anda harus mengabaikannya sepenuhnya saat mengembangkan strategi pemasaran email Anda.

Banyak pelanggan potensial yang benar-benar duduk dalam jumlah pengikut Anda sekarang, yang berarti mempromosikan buletin email Anda akan menjangkau lebih jauh daripada pop-up tradisional atau formulir opt-in yang biasa dilakukan.

Ingat, saat mempromosikan buletin email Anda di media sosial, pengguna harus diberi alasan yang baik untuk berlangganan, jika tidak, Anda berisiko membuat upaya media sosial Anda sia-sia.

Untuk membantu pengguna merasa mereka benar-benar harus berlangganan ke daftar email Anda, mendorong diskon dan penawaran lain yang hanya bisa didapatkan pengguna saat mendaftar dengan email mereka.

Lebih baik lagi, detail mengenai bagaimana pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari mendaftar, seperti hak istimewa penjualan dan konten merek eksklusif.

Ketika pelanggan merasa bahwa mereka menjadi anggota dari sesuatu yang berharga daripada email spam harian, mereka kemungkinan besar akan tetap berlangganan dan memberi tahu teman-teman mereka juga.

Penutup

Jika Anda tidak yakin tentang cara mengembangkan daftar email Anda, tenang jangan khawatir. Dengan bergesernya pemasaran ke saluran digital populer lainnya, tampaknya email ada di benak konsumen.

Namun, email masih merupakan cara yang berhasil untuk menjangkau pelanggan Anda dan ada nilai yang sangat besar dalam meluangkan waktu untuk membuat daftar email. Cari tahu teknik apa yang paling cocok untuk Anda dan lihat daftar email Anda berkembang!

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

Baca juga

Planogram E-Commerce : Tingkatkan Konversi Online dengan ini!

0
planogram e-commerce

Sejak permulaannya yang sederhana di awal 1990-an, sektor e-commerce telah mengalami pertumbuhan yang pesat dengan proyeksi pertumbuhan penjualan sebesar 599,2 miliar USD pada tahun 2020.

Aksesibilitas dan kenyamanan, harga yang lebih rendah dikombinasikan dengan pilihan yang lebih luas telah menjadikan belanja online sebagai alternatif pilihan di antara kesibukan pembeli saat ini. pembeli.

Sekarang semakin banyak pengecer yang menggunakan platform digital untuk menjual produk mereka, merchandising visual telah menjadi alat penting untuk memaksimalkan penjualan apa pun salurannya. Planogram E-Commerce adalah salah satu alat yang membantu ke arah ini.

Tidak yakin bagaimana planogram E-Commerce dapat diterapkan ke toko E-Commerce (atau bahkan apa planogram itu)? Baca terus untuk mengetahui bagaimana planogram dapat membantu Anda meningkatkan bisnis online dan meningkatkan konversi untuk toko E-Commerce Anda.

Baca juga : Website E Commerce Adalah ? | Pengertian dan Kegunaannya

Apa Itu Planogram E-Commerce?

ecommerce

Planograms E-Commerce adalah software representasi visual yang sering digunakan untuk mendapatkan gambar detail tata letak toko termasuk produk, rak, dan lorong. Planogram memainkan peran penting dalam mengoptimalkan ruang yang tersedia dengan memastikan ketersediaan produk yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Studi terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 60% keputusan pembelian adalah hasil dari pembelian impulsif. Oleh karena itu, planogram yang dirancang dengan baik dapat menjadi vital dalam memotivasi pelanggan untuk membeli produk selain yang mereka cari secara khusus.

Dengan tren yang meningkat yang mendukung penjualan online dibandingkan dengan fisik, taktik pemasaran juga telah banyak berubah. Namun, planogram tetap menjadi pilihan ideal untuk toko fisik atau situs web online.

Ketika perdagangan berpindah dari toko fisik ke internet, banyak taktik pemasaran berubah. Konsep seperti promosi di dalam toko tidak lagi relevan untuk dunia digital. Namun, satu taktik penjualan supermarket fisik tradisional sebenarnya dapat meningkatkan penjualan jika digunakan dalam pengaturan Planogram E-Commerce.

Mengapa Planogram E-Commerce Berguna?

Planogram terdengar lugas mereka bermanfaat karena dapat membantu Anda melihat dan mengetahui di mana semua yang Anda jual berada. Tetapi planogram memiliki manfaat tambahan dalam pengaturan ritel.

Pertama, mereka memastikan bahwa Anda menggunakan semua ruang yang tersedia untuk Anda. Selanjutnya, mereka memastikan bahwa item Anda menarik secara visual, karena pelanggan lebih cenderung membeli di toko yang terlihat menarik bagi mereka.

Selain itu, planogram memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang inventaris Anda, sehingga Anda tahu apa yang tersedia dan apa yang mungkin perlu Anda perbaiki. Akhirnya, planogram adalah dokumen referensi yang bagus untuk staf di dalam toko yang mungkin tidak memiliki tangan dalam penempatan produk, tetapi yang perlu mengisi barang dengan cepat.

Bagaimana Cara Menggunakan Planogram E-Commerce?

planogram-1

Meskipun planogram mungkin terasa spesifik untuk toko ritel fisik, karena pada dasarnya ini adalah skema, planogram E-Commerce juga merupakan alat yang berguna untuk toko online. Planogram E-Commerce adalah rencana visual tentang bagaimana pelanggan akan bertemu dan melihat item Anda saat mereka masuk ke situs web toko Anda.

Ini berarti planogram E-Commerce menjabarkan produk apa yang dijual, bagaimana gambarannya, berapa harganya dan bagaimana pemesanannya di toko online Anda.

Planogram E-Commerce seharusnya tidak hanya memberi Anda, pemilik toko, atau desainer toko ide tentang bagaimana menata halaman dan mengunggah gambar, mereka juga harus menjadi alat strategi. Saat Anda menata toko E-Commerce, Anda dapat menempatkan item di samping satu sama lain yang akan mendorong orang untuk membeli.

Misalnya, Anda dapat menempatkan aksesoris yang cocok dengan pakaian pada halaman di samping pakaian itu. Dengan begitu, pembeli dapat melihat kedua item tersebut secara visual, dan menyadari bahwa pembelian satu item dapat ditingkatkan dengan membeli yang lain.

Kiat untuk memastikan efisiensi planogram E-niaga

Menganalisis data pembelian sebelumnya

Jika planogram diimplementasikan di toko online yang ada, menganalisis data pembelian sebelumnya akan menjadi informatif dalam merancang tata letak yang lebih baik. Misalnya, jika Anda menjual ponsel dan orang-orang sering kali membeli power bank dengan mereka, pertimbangkan untuk menempatkan power bank di sebelah ponsel di planogram Anda .

Jika Anda sudah memiliki toko, lihat data pembelian Anda dan lihat item apa yang dibeli bersama sebelumnya. Kemudian, pertimbangkan untuk menggunakan informasi itu untuk memandu tata letak Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu lari dan orang-orang sering kali membeli kaus kaki, pertimbangkan untuk meletakkan kaus kaki di samping sepatu lari di planogram Anda.

Akurasi

Dalam situasi di mana data pembelian sebelumnya tidak tersedia, toko online dapat membuat halaman sebagai koleksi dan menatanya menggunakan planogram. Misalnya, jika toko Anda menjual pakaian dan aksesori, buat pakaian yang cocok.

Planograms dapat digunakan untuk meletakkan potongan pakaian di dekat satu sama lain – sehingga memungkinkan pelanggan untuk membayangkan seperti apa tampilan pakaian tersebut.

Teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai macam produk termasuk bahan makanan yang menyatu dengan baik, elektronik dan aksesori yang meningkatkan penggunaannya, dan banyak lagi.

Berpikir Secara Musim

Ubah rencana planogram E-Commerce Anda sesuai dengan musim, festival, atau hari libur yang akan datang. Misalnya, saat musim dingin permintaan jaket, selimut, dan sweater cenderung meningkat.

Begitu pula jika sebuah festival akan tampil menonjolkan produk-produk yang sesuai dengan acara tersebut. Dengan mengubah tata letak planogram pada interval yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan melihat apa yang cenderung mereka beli lebih banyak.

Untuk Keberhasilan Planogram E-Commerce, Lakukan Uji  Coba!

Merancang dan menerapkan planogram e-niaga saja tidak menjamin keberhasilan. Menguji planogram secara berkala sangat penting untuk memastikan efisiensi dan tingkat keberhasilan planogram.

Misalnya, mengubah tata letak planograms secara berkala dan menganalisis variasi penjualan setelah setiap tata letak memungkinkan toko e-commerce untuk mengidentifikasi mana yang paling berhasil.

Planogram E-Commerce dapat dirancang dengan menarik dan melepas produk dengan mudah. Ini juga dilengkapi dengan beragam fitur termasuk templat yang dapat disesuaikan, kompatibilitas multi perangkat, kepatuhan yang mudah, mode manual dan otomatis di antara banyak lainnya

Untuk memahami penerapan Planogram e-commerce dengan lebih baik, mari pertimbangkan contoh berikut:

  • Profil perusahaan : Dalam contoh ini kita akan membahas tentang platform layanan video on demand terkemuka yang memiliki aplikasi OTT untuk film.
  • Tantangan Bisnis : Tantangan utamanya adalah memiliki beranda yang ramah pelanggan untuk situs web mereka. Situs web ini memiliki spanduk bergerak yang menunjukkan poster film terbaru yang berubah pada interval tertentu. Namun, ini dilakukan secara manual daripada menggunakan Artificial Intelligence. Persyaratan utama mereka adalah sistem di mana spanduk film secara otomatis akan berubah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan; misalnya, film yang banyak diminati atau film yang mendapat klik maksimum.

Kesimpulan

Meskipun mereka mungkin tampak seperti strategi batu bata dan mortir pada awalnya, planogram juga dapat digunakan secara efektif di ruang digital. Dengan menggunakan planogram, Anda dapat membuat pengalaman belanja yang lebih disesuaikan dan dipersonalisasi untuk pelanggan Anda yang terasa lebih nyaman daripada berbelanja online biasa.

Planogram untuk toko online tidak boleh hanya tentang tata letak halaman atau penempatan gambar di situs web. Hanya dengan menampilkan Anda mungkin juga suka mungkin hanya berhasil dalam jangka pendek karena kebiasaan belanja pelanggan yang bervariasi.

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman belanja yang dipersonalisasi bagi pelanggan dengan saran produk yang sesuai dengan setiap produk. Kadang-kadang menempatkan aksesori yang tepat yang melengkapi produk dapat menjadi faktor penentu apakah item tersebut dibeli atau tidak.

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

10 Buku Belajar Bisnis Online yang Wajib Anda Baca!

0
belajar bisnis online, buku bisnis online

Ada satu kebiasaan yang sama-sama dimiliki oleh orang-orang dengan kekayaan terbesar dan tersukses di dunia. Mereka dengan kesuksesan dan kekayaan yang tidak diragukan lagi itu, sebesar 88 persen memiliki kegemaran membaca buku, terlebih lagi mengenai belajar bisnis online.

Dikatakan, mereka menghabiskan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk membaca. Dengan membaca, mereka menyiapkan amunisi untuk menghadapi persaingan bisnis yang sangat ketat. Karena faktanya, hanya dengan membaca buku seseorang akan mendapat pengetahuan mengenai berbagai hal yang terjadi di seluruh dunia.

Termasuk juga belajar mengenai ilmu-ilmu baru yang belum diketahui sehingga wawasan mereka semakin bertambah. Semakin tinggi wawasan seseorang, maka akan semakin mudah bagi mereka untuk melihat peluang untuk menjalankan bisnis baru.

Untuk seseorang yang masih pemula dalam dunia bisnis, membaca buku adalah cara terbaik belajar bisnis online. jika Anda ingin menjadi sukses, maka Anda harus meniru kebiasaan para pebisnis sukses yang gemar membaca.

Hobi orang kaya satu ini, tidak sulit bukan dijalankan? Mulailah untuk menjadikan membaca hal yang wajib dan harus ada dalam to do list Anda sekarang juga!

Tapi, kira-kira buka bisnis online apa saja yang harus Anda baca untuk belajar tentang bisnis online? Dalam artikel kali ini kami akan merangkum 10 buku bisnis online yang harus Anda baca untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda dalam belajar bisnis online.

Daftar buku-buku ini dapat menjadi pertimbangan mengenai buku bisnis online seperti apa yang pas dijadikan bahan bacaan yang baik. Penasaran apa saja buku itu? Langsung simak penjelasannya di bawah ini!

10 Buku Belajar Bisnis Online Terbaik

belajar bisnis online, buku bisnis online

1. The Lean Startup oleh Eric Ries

Eric Ries adalah seorang penulis ternama yang mengawali karir kepenulisannya melalui blog. Selain penulis, ia juga adalah seorang pengusaha yang sukses. Tidak hanya itu, Eric juga cukup populer sebagai seorang penasihat bisnis untuk berbagai perusahaan besar, startup, bahkan ia sempat menjadi dosen tamu saat diundang di Harvard Business School.

Pada 2014 ia menulis buku The lean startup . Buku ini, seperti judulnya, ditujukan untuk Anda yang memiliki keinginan membangun usaha startup di tengah dunia bisnis yang sangat dinamis. Sebab, seperti bisnis, startup juga identik dengan ketidakpastian sehingga selalu berubah-ubah. Kondisi seperti ini kerap kali mengakibatkan kegagalan bagi pengusaha bisnis Startup ini.

Dalam buku ini, Eric menuangkan pandangannya tentang kegagalan ini di mana menurutnya, kegagalan startup diakibatkan sistem manajemen yang tidak struktur dan rapi. Meskipun fleksibilitas dan kreativitas adalah tolak ukur keberhasilan, namun belum cukup untuk menghadapi situasi pasar yang selalu berubah-ubah.

Dengan alasan tersebut, dalam bukunya yang berjudul “ The Lean Startup” Eric menyajikan sebuah metode baru yang efektif dalam menjalankan bisnis di bidang startup. Dalam buku ini, ia menawarkan sebuah strategi yang memungkinkan pengusaha startup beradaptasi dengan risiko dan biaya minimal dengan tenggat waktu yang singkat.

2. Rework oleh Jason Fried dan David Heinemeier Hansson

Buku belajar bisnis online selanjutnya yang wajib Anda baca adalah Rework. Dalam buku ini disajikan teori bisnis yang terbilang unik namun menarik. Jason Fried dan David Heinemeier Hansson sebagai penulis memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana cara untuk menjalankan bisnis yang sesungguhnya.

Jika selama ini Anda telah terbiasa dengan pola yang dimulai dari business plan, kemudian mengenali pasar, mencari pemberi investasi dan sebagainya, lain halnya dengan buku ini. Dalam buku ini, Anda sama sekali tidak disarankan untuk melakukan hal itu.

Jason dan David justru meminta Anda berhenti mencari investor, tidak lagi berkompetisi, bahkan sampai berhenti menjadi workaholic jika ingin berhasil dan menjadi sukses. Sangat out of the box bukan?

Bahkan kedua orang ini menganggap kebiasaan untuk sering melakukan meeting dan rekrutmen dengan proses panjang merupakan hal yang tidak penting. Pada dasarnya, buku ini akan membuat Anda terkejut pada setiap bagiannya dengan berbagai pandangan dari penulis yang mind blowing.

Berbagai perspektif bisnis yang Anda ketahui dan pahami selama ini akan sangat bertolak belakang dengan buku satu ini. Bahkan dapat dipastikan, Anda akan berkali-kali mengernyitkan dahi saat membaca buku untuk belajar bisnis online satu ini. Yang pasti, buku ini memberikan Anda banyak solusi dan mengubah mindset Anda menjadi anti-mainstream sehingga dapat bertahan saat menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis.

3. The E-Myth Revisited: Why Most Small businesses Don’t Work and What to Do About It oleh Michael Gerber

The E-Myth Revisited adalah buku buku bisnis online yang banyak digemari oleh para pelaku bisnis, terutama di Amerika. Buku ini diterbitkan pada tahun 2004, berisi alasan mengapa banyak bisnis kecil yang akhirnya gagal dan sulit berkembang.

Di dalam buku disebutkan bahwa, seringkali saat mendapatkan masalah, pengusaha kerap kali merasa stuck, menyerah, dan akhirnya tidak ingin melanjutkan usahanya. Apakah Anda pernah merasakan hal yang sama? Jika iya, buku ini dapat memberikan solusi untuk Anda.

Buku ini berisi 19 BAB, di mana pada setiap BAB-nya Anda akan menemukan berbagai contoh studi kasus bisnis rumahan sampai dengan bisnis besar seperti McDonald’s. Buku ini akan mengubah pandangan Anda dalam menghadapi setiap tahap dalam proses bisnis. Dimulai dari proses perintisan, pengembangan, sampai pada saat bisnis mulai mencapai puncak kesuksesan.

4. Don’t Make Me Think oleh Steve Krug

Selain masalah desain, saat membuat website untuk bisnis, banyak aspek lain yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah penggunaan. Dalam buku bisnis online satu ini menjelaskan mengenai penggunaan website dengan penggunaan bahasa yang ringan sehingga tidak membosankan.

Sesuai dengan judulnya, Steve mengungkapkan bahwa salah satu kriteria website yang baik adalah tidak membuat user harus berpikir banyak pada saat menggunakannya. Hal ini karena, tidak ada satupun pengguna yang ingin tersesat ketika membuka dan mengunjungi sebuah website.

Pengunjung website tidak hanya mencari desain yang menarik. Penggunaan yang mudah adalah hal yang tidak kalah penting. Steve Krug yang juga adalah seorang pakar developer merangkum pengalamannya yang ia dapatkan selama bertahun-tahun untuk menulis buku Don’t Make Me Think ini.

Dia memberikan berbagai contoh nyata disertai penjelasan dan pembahasan yang tentunya logis dan efektif. Meskipun desain dan usability website adalah pekerjaan developer, Anda sebagai pebisnis tidak boleh abai, karena ini menyangkut kelangsungan bisnis Anda. Oleh karena itu Anda tetap harus mengetahui apa saja prinsip utama yang penting untuk diketahui dalam membangun website yang tepat.

5. Jab, Jab, Jab, Right Hook oleh Gary Vaynerchuk

belajar bisnis online, buku bisnis online

Semua orang sepertinya sudah mengetahui dan terbiasa, bahwa media sosial saat ini telah beralih menjadi platform utama yang digunakan untuk melakukan promosi bisnis. Namun, bagaimana strategi yang tepat?

Dalam bukunya yang berjudul Jab, Jab, Jab, Right Hook, Gary Vaynerchuk mengajarkan bagaimana cara dan strategi bagi para pengusaha untuk memaksimalkan media sosial untuk media promosi bisnis mereka.

Gary juga menekankan, dari jutaan posting yang setiap harinya dilakukan pengguna sosial media baik di Instagram, Facebook, atau Twitter, bisnis yang Anda memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri.

Dalam buku untuk belajar bisnis online satu ini, Anda akan dikenalkan pada cara menyajikan konten dengan menggunakan konsep story telling atau bercerita. Tidak hanya itu, termasuk didalamnya cara menciptakan karakter kuat yang akan digunakan untuk branding. Selain dua hal tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa Anda tidak dapat memakai strategi yang sama pada setiap platform yang Anda gunakan.

Contohnya, dalam membuat konten pada platform Instagram, sebaiknya menggunakan konsep story telling dengan menciptakan visual yang eye-catching. Juga bagaimana trik untuk tetap dapat mempertahankan engagement agar tetap tinggi di Facebook dengan perubahan algoritma yang tak menentu dan berubah-ubah.

Intinya, buku bisnis online satu ini akan mengajarkan Anda berbagai hal tentang branding melalui media sosial. Sekaligus bagaimana cara membangun hubungan yang kuat dengan audiens atau calon konsumen bisnis Anda.

6. Contagious, Why Thing Catch On oleh Jonah Brager

Pernahkah Anda berpikir apa yang menyebabkan sebuah konten bisa menjadi viral? Mengapa ada iklan yang menjadi perbincangan hangat banyak orang sedangkan iklan yang lainnya tidak?

Kedua pertanyaan besar tersebut dapat Anda temukan jawabannya dalam buku Contagious, Why Things Catch On yang ditulis oleh Jonah Berger ini. Dalam buku bisnis online ini Anda akan mendapat penjelasan mengenai peran strategi word of mouth (WOM) atau mulut ke mulut yang akan membuat konten yang Anda buat berhasil viral.

Contagious, kata dalam buku ini yang berarti “menular” merepresentasikan bagaimana sebuah produk atau iklan bisa menjadi perbincangan banyak orang dalam waktu cepat. Dalam bukunya, Jonah mengungkapkan bahwa komunikasi secara online (telepon/chat) hanya merupakan 7% dari keseluruhan komunikasi yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Padahal, banyak orang selama ini merasa bahwa komunikasi lebih sering dilakukan melalui telepon atau secara online. Buku ini akan membuktikan bahwa sesuatu yang viral tidak hanya dipengaruhi media online saja. Melainkan termasuk juga pengaruh pembicaraan yang dilakukan secara langsung, yaitu dari mulut ke mulut atau secara offline.

7. The $100 Startup: Fire Your Boss, Do What You Love and Work Better To Live More oleh Chris Guillebeau

Apakah Anda tertarik membaca buku satu ini hanya dengan membaca judulnya? Karena nyatanya, buku belajar bisnis online satu telah dinobatkan sebagai New York Time Best Seller!

Buku The $100 Startup ini ditulis oleh Chris Guillebeau setelah berkunjung ke 193 negara untuk melakukan riset mendalam tentang bisnis. Dengan membaca buku ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali insight yang kredibel dan terpercaya dari riset yang dilakukan oleh Chris tentang bagaimana cara untuk sukses dalam berbisnis.

Anda juga akan mendapatkan pembelajaran dari penulisnya yang telah berhasil membangun bisnis  dengan bermodal $100 saja. Dalam buku ini, Anda akan diyakinkan bahwa setiap manusia itu tidak perlu bekerja sebagai pegawai hanya untuk bisa mendapatkan uang. Setiap orang di dunia, termasuk juga Anda, tetap bisa untuk menjadi sukses dan kaya hanya dengan melakukan apa pun yang Anda sukai.

Dalam buku ini Anda akan mendapat pelajaran bagaimana cara untuk memulai bisnis dengan ide sederhana. Anda akan disadarkan bahwa ada banyak hal sepele di sekitar Anda yang memiliki potensi besar untuk dijadikan bisnis.

Jadi, jika saat ini Anda membutuhkan sebuah tips berbisnis yang praktis, mudah, dan dengan modal yang tergolong kecil, buku ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda untuk belajar bisnis online.

8. Crushing It! oleh Gary Vaynerchuk

Gary Vaynerchuk adalah seorang entrepreneur dan pembicara yang inspiratif serta memiliki pengalaman yang luas di dunia bisnis. Dalam buku keduanya yang berjudul “Crushing It!”, sang penulis ingin menunjukkan bagaimana Anda dapat meraih sukses dalam sebuah bisnis dengan menggunakan media sosial sebagai platform untuk promosi utama dari bisnis Anda. Buku ini sangat relevan dengan tren saat ini, dimana media sosial menjadi alat yang sangat kuat untuk membangun dan mempromosikan bisnis.

Dalam buku ini, Gary berbagi kisah sukses dari beberapa entrepreneur yang telah berhasil membangun merek dan bisnis mereka melalui media sosial. Buku ini tidak hanya memberikan Anda inspirasi dan motivasi, tetapi juga strategi dan taktik konkret yang bisa Anda terapkan langsung dalam bisnis Anda. Dengan membaca buku ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis dan meraih sukses.

9. The 4-Hour Workweek oleh Timothy Ferriss

“The 4-Hour Workweek” adalah buku yang ditulis oleh Timothy Ferriss yang menyajikan pandangan baru tentang cara kerja dan sukses dalam bisnis. Dalam buku ini, Ferriss memaparkan bagaimana seseorang bisa meminimalkan jam kerja dan meningkatkan produktivitas dengan cara yang inovatif dan non-konvensional. Buku ini sangat ideal bagi Anda yang ingin mencapai sukses bisnis namun juga menghargai keseimbangan hidup kerja.

Ferriss membagi bukunya menjadi empat bagian, yang disebut sebagai DEAL: Definition, Elimination, Automation, dan Liberation. Setiap bagian ini menawarkan berbagai strategi dan taktik yang membantu Anda meredefinisi tujuan Anda, mengeliminasi tugas-tugas yang tidak produktif, mengotomatisasi pekerjaan Anda, dan membebaskan diri Anda dari pekerjaan tradisional 9-5. Buku ini bukan hanya memberikan Anda gambaran tentang bagaimana bekerja lebih sedikit dan mendapatkan lebih banyak, tetapi juga bagaimana hidup lebih baik.

10, Zero to One oleh Peter Thiel dan Blake Masters

Zero to One adalah buku yang ditulis oleh Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal, dan Blake Masters. Buku ini memberikan pandangan unik dan berwawasan luas tentang bagaimana memulai dan membangun bisnis yang sukses. Buku ini berfokus pada konsep bahwa kemajuan sejati dalam bisnis tidak terjadi dengan melakukan hal yang sama secara berulang, tetapi dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Buku ini menawarkan pemikiran yang mendalam dan pemikiran yang berlawanan arus tentang inovasi dan bagaimana membangun masa depan. Thiel dan Masters mengeksplorasi berbagai topik mulai dari strategi bisnis hingga psikologi dan budaya perusahaan, dan mereka mendorong pembaca untuk berpikir secara kreatif dan berani dalam mengejar tujuan mereka. Zero to One adalah buku yang sangat direkomendasikan bagi setiap entrepreneur atau orang yang berambisi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berdampak.

Itulah tadi 10 rekomendasi buku bisnis online untuk pemula yang ingin mulai terjun untuk belajar bisnis online. Membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dengan manfaat yang sangat besar. Dengan memiliki wawasan dan pengetahuan baru, ini juga akan memudahkan Anda ketika berinteraksi dengan orang lain.

Dengan luasnya wawasan yang Anda miliki, maka akan membantu Anda juga untuk mendapatkan klien. Sebab mereka akan semakin yakin dengan kemampuan Anda. Sekian artikel kali ini, terima kasih telah membaca hingga akhir. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya!

Analisis Proses Bisnis Anda dengan Strategic Dashboard

0
analisis-proses-bisnis

Sebuah perusahaan yang mampu bertahan lama di pasaran pasti sudah menerapkan monitoring dan analisis proses bisnis yang baik. Sebab, hanya dengan menerapkan analisis bisnislah sebuah perusahaan dapat mengukur sudah sejauh mana kinerja dan pencapaian yang ia buat.

Dengan adanya analisis bisnis secara berkala, perusahaan Anda akan lebih mudah untuk bergerak ke tujuan yang diinginkan sedari awal. Namun analisis bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada begitu banyak data dan informasi yang harus Anda kumpulkan untuk bisa diolah dan menjadikan sebuah kesimpulan yang pas sesuai fakta. Kompleksitas data di lapangan akhirnya menuntut kita untuk pintar-pintar menggunakan alat bantu analisis proses bisnis.

Kini terdapat alat bantu analisis proses bisnis modern bernama strategic dashboard. Sudahkah Anda pernah mendengar nama strategic dashboard?

Apa itu pengertian strategic dashboard? Seperti apa pula contoh strategic dashboard? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda, yuk kita langsung mulai ke pembahasan berikutnya di bawah ini. Selamat membaca!

Pengertian Strategic Dashboard

bisnis-analis-1

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa saat berbisnis, kita harus rajin melakukan analisis proses bisnis dan kondisi perusahaan. Kebanyakan masyarakat awam yang baru memulai bisnis mengira bahwa segala pekerjaan sudah selesai ketika mereka mengadakan opening dari toko. Padahal sesungguhnya ini baru titik awal permulaan.

Kondisi pasar selalu berubah dari hari ke hari, menjadikan apa yang sedang tren saat ini bisa jadi sudah ditinggalkan besok. Perubahan tak menentu inilah yang menjadikan kebutuhan analisis proses bisnis semakin penting bagi pengusaha.

Sebab, hanya dari analisis proses bisnis inilah Anda dapat mengetahui dengan pasti bagaimana tren dan minat baru yang sedang digemari di pasaran, minat masyarakat terhadap produk Anda, serta segala kritik dan saran yang diberikan oleh masyarakat untuk perusahaan dan produk Anda.

Analisis proses bisnis ini akan sangat berkaitan erat dengan yang namanya data. Terlebih di era persaingan marketing digital saat ini, hampir semua perusahaan selalu bergelut dengan data.

Tanpa data, perusahaan ibarat kapal yang berlayar tanpa peta yang menunjukkan arah dan tujuan. Namun sering kali analisis proses bisnis sulit dijalankan karena data-data yang harus diteliti terlalu banyak dan kompleks.

Untuk memudahkan analisis proses bisnis Anda, maka kami sarankan untuk menggunakan alat bantu khusus bernama strategic dashboard. Apa itu strategic dashboard? Strategic dashboard adalah salah satu jenis tools yang merupakan turunan dari BI (business intelligence) alias teknologi kecerdasan bisnis.

Strategic dashboard adalah sebuah software yang memiliki kemampuan khusus untuk mengumpulkan data, melakukan analisis, hingga membuatkan laporan akhir berisi kesimpulan untuk Anda baca.

Strategic dashboard adalah software yang seringkali digunakan oleh para pebisnis modern untuk menampilkan informasi dan data yang telah dianalisis dalam beragam bentuk tampilan yang diinginkan, semisal laporan diagram, mekanisme alert, indikator visual dan lain sebagainya.

Dalam analisis proses bisnis, strategic dashboard adalah hal yang membantu kita untuk mengukur sudah sejauh mana proses dan pencapaian dari perusahaan. Software ini pun dapat juga digunakan untuk memonitor proses kerja yang sedang berlangsung saat ini, serta melakukan prediksi untuk kinerja perusahaan di masa mendatang.

Jadi, hanya dengan satu software saja, perusahaan Anda sudah bisa mulai melakukan analisis proses bisnis guna mewujudkan kehidupan dan perkembangan perusahaan yang lebih stabil.

Strategic dashboard membantu Anda untuk lebih mudah menggali ke insight yang lebih dalam dari data, mengecek performa iklan-iklan online milik perusahaan, dan menganalisa traffic web dan media sosial bisnis Anda.

Pada dasarnya, software ini akan membantu Anda untuk memberitahu hal-hal mana yang baik untuk perusahaan dan hal-hal mana yang perlu diubah, ditingkatkan atau dihapuskan. Untuk Anda yang sering kebingungan dalam menentukan langkah selanjutnya dari perusahaan, maka kami sarankan untuk mempertimbangkan memakai software strategic dashboard mulai dari sekarang.

Manfaat Strategic Dashboard

bisnis-inteligent

Setidaknya ada tiga manfaat dari penggunaan strategic dashboard. Ketiga manfaat strategic dashboard adalah sebagai berikut:

Praktis Menyampaikan Informasi

Strategic dashboard mampu menyampaikan informasi ke semua pihak perusahaan dengan lebih mudah dengan memakai ilustrasi grafik, simbol dan bentuk laporan lainnya. Setiap anggota di perusahaan Anda pun dapat membaca hasil analisis proses bisnis dengan lebih mudah. Hingga akhirnya, Anda semua akan mempunyai pemahaman yang sama tentang kondisi perusahaan saat ini.

Membantu Diskusi Strategi Bisnis

Strategic dashboard akan turut memudahkan Anda dalam mengkomunikasikan strategi perusahaan ke depannya.

Para pemimpin perusahaan yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan dapat dengan lebih mudah untuk mendiskusikan langkah selanjutnya dari perusahaan setelah membaca hasil dari strategi dashboard.

Mudah Memonitor dan Mengevaluasi Kerja

Strategi dashboard juga dapat digunakan untuk lebih mudah memonitor dan melakukan evaluasi terhadap proses produksi dan kerja lain di perusahaan.

Apabila suatu hari anda menemukan hasil laporan yang mengalami penurunan, maka anda dapat segera melacak jika terdapat masalah dalam proses kinerja di perusahaan. Sehingga, anda dan tim dapat dengan lebih cepat untuk mencari solusinya.

Contoh Strategic Dashboard

Anda sudah memahami pengertian strategic dashboard dan manfaatnya untuk analisis proses bisnis. Kini kita akan membahas contoh strategic dashboard. Ada 3 contoh strategic dashboard yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Taktikal, Strategis dan Operational. Masing-masing dashboard mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda-beda.

Taktikal

Strategic dashboard taktikal digunakan untuk melakukan analisis cepat sebagai respon perusahaan untuk perubahan yang terjadi secara tek terduga. Dashboard taktikal menyajikan gambaran visualisasi terkait taktik dan perspektif baru untuk segera menjawab perubahan mendadak dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.

Namun dashboard taktikal tidak memberikan data-data yang real time. Pun data-data pada dashboard ini bersifat tidak absolut, alhasil, pihak perusahaan masih perlu untuk melakukan penggalian / explore mendalam terkait kemungkinan lain yang ada di lapangan untuk menyempurnakan laporan.

Strategic dashboard taktikal banyak dipakai oleh pihak manajemen di bagian vice president atau co-founder, divisi marketing, human resources (HRD), dan divisi lain yang sering dituntut membuat keputusan untuk menyelamatkan perusahaan di kala genting. Dashboard ini juga banyak dipakai saat rapat evaluasi dan penarikan keputusan untuk jangka pendek.

Strategis

Tipe kedua adalah dashboard strategis. Dashboard strategis tidak digunakan untuk kebutuhan urgent seperti taktikal dashboard. Kegunaan dari dashboard strategis adalah untuk melacak performa dan kinerja perusahaan.

Dashboard strategis memuat simpulan dari performa perusahaan untuk titik-titik periode tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya.

Dengan dashboard strategis, Anda bisa melakukan banyak pengukuran objektif terkait kondisi perusahaan dan membantu pihak manajerial terkait gambaran kondisi perusahaan. Dari sini pun, pihak manajerial dapat mengagas sebuah strategi baru perusahaan untuk di masa yang akan datang.

Dashboard jenis ini biasa dipakai oleh para CEO, CMO dan CFO karena dashboard ini memiliki sifat berupa sedikitnya data dan keharusan analisa mendalam yang tidak setinggi taktikal.

Seringkali para petinggi seperti CEO mempunyai banyak hal yang harus diurusi, sehingga mereka membutuhkan tampilan laporan yang super praktis dan sangat to the point. Oleh sebab itu, laporan dashboard ini sangat cocok untuk dipakai oleh mereka.

Operational

bisnis-analist

Tipe dashboard terakhir adalah dashboard operational. Sesuai namanya, dashboard operasional adalah laporan analisa bisnis yang berisi visualisasi pekerjaan sehari-hari dalam perusahaan.

Dari sini, pihak-pihak yang berwenang untuk proses monitoring dapat melakukan pemantauan dan penilaian proses kerja terhadap kesesuaian standar serta target perusahaan.

Data-data dashboard operational berbanding terbalik dengan data-data dashboard taktikal. Semua data dalam dashboard operational bersifat real time, absolut dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Data-data yang bersifat transaksional juga turut dianalisis dalam dashboard operational. Kembali lagi, hal ini dikarenakan dashboard operational memiliki tujuan untuk memberi laporan terhadap segala yang terjadi di lapangan.

Jika suatu hari terjadi kendala pada perusahaan, seperti penurunan produksi atau hambatan, maka pihak perusahaan dapat dengan cepat untuk mencari tahu sumber penyebab masalah.

Berangkat dari laporan dashboard operational kita bisa dengan lebih cepat untuk mencari solusi atas permasalahan yang sedang berlangsung di lapangan.

Namun jangan disepelekan, justru dashboard operational adalah tipe dashboard yang paling kompleks dan rumit. Sebab, Anda dituntut untuk bisa menangkap data secara real dalam waktu cepat, kemudian segera menganalisis untuk mengevaluasi jika terjadi suatu kekeliruan atau kendala dalam pekerjaan. Penggunaan dashboard operational akan membutuhkan ketelitian dan keakuratan yang tinggi.

Pada prakteknya, dashboard operational dipakai oleh divisi manajemen ranah praktek, seperti sales dan IT. Mereka yang langsung berkontak dengan lapangan dapat melakukan tindak lanjut yang lebih cepat apabila terjadi kendala menurut hasil laporan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang strategic dashboard. Saran kami, tidak ada salahnya jika Anda sedikit bersusah payah untuk melakukan analisis dan mengimplementaskan software analisis seperti dashboard pada perusahaan.

Kembali lagi, jika Anda memang ingin perusahaan yang dimiliki berkembang besar dan sukses, maka inilah peluang terbaik Anda untuk memaksimalkan segala potensi yang ada untuk keberlangsungan perusahaan.

Strategic dashboard hanyalah alat bantu yang bisa mempermudah Anda untuk mencapai cita-cita perusahaan. Keberhasilan perusahaan yang nyata baru dapat diraih jika Anda benar-benar mulai mendedikasikan diri untuk bergerak sedari sekarang.

Semoga pembahasan artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda tentang strategi marketing yang baik, ya! Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa!

Cara Mengatasi Web Server yang Down Saat Banjir Traffic

0
cara-mengatasi-web-server-yang-down

Siapa di sini yang tidak suka belanja online? Apalagi saat Harbolnas tiba, aneka diskon dan gratis ongkir pasti bertebaran di semua e-commerce! Untuk Anda yang juga sedang menjalankan bisnis online, yuk manfaatkan kesempatan ini  untuk menjaring konsumen dua kali lipat!

Istilah Harbolnas tentunya sudah menjadi sesuatu yang kita pahami atau bahkan selalu ditunggu-tunggu. Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Momen belanja besar-besaran ini pertama kali dilangsungkan pada tanggal 12 Desember 2012 sehingga menjadi angka cantik 12.12.12. Membludaknya partisipan konsumen pada momen Harbolnas menjadikan perayaan belanja online besar-besaran ini dilangsungkan setiap tahun pada bulan Desember.

Tak terasa sebentar lagi pun kita akan merayakan momen Harbolnas di bulan Desember 2020. Apakah Anda sudah siap untuk menyambut arus pelanggan yang lebih besar dari biasanya? Eits, jangan terfokus pada besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan saja, ya! Sebelum Harbolnas tiba, Anda harus mencari tahu persiapan website untuk Harbolnas.

Mencari tahu persiapan website untuk Harbolnas adalah sebuah keharusan agar aktivitas jualan dapat berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Salah satunya adalah menjaga kondisi website agar tidak down karena diakses banyak pengunjung dalam satu kurun waktu.

Salah satu kendala yang sering mengganggu kelancaran harbolnas (hari belanja online nasional) adalah web e-commerce yang tiba-tiba down karena kebanjiran traffic. Untuk mengatasinya, berikut ini kami berikan tips mempersiapkan dan cara mengatasi web server yang down saat kebanjiran traffic. Selamat membaca!

Yuk! Lakukan Persiapan Website untuk Menyambut Harbolnas

web-ecommerce

Harbolnas adalah salah satu momen “emas” yang ditunggu-tunggu oleh para pedagang online. Hal ini tentunya tidak mengherankan sebab Harbolnas identik dengan ratusan promo besar-besaran yang sangat menarik minat konsumen. Untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat dari biasanya, maka Anda wajib untuk mengikuti Harbolnas 2020!

Jumlah peminat Harbolnas pun selalu bertambah dari tahun ke tahun. Tahun lalu (2019) ada kurang lebih 250 platform e-commerce yang turut berpartisipasi dalam perayaan momen Harbolnas dengan jumlah pencapaian transaksi mencapai lebih dari 9 triliun rupiah! Fantastis sekali, bukan?

Meski masih kurang lebih sebulan lagi, namun momen Harbolnas 2020 pun tampaknya sudah dinanti-nanti oleh masyarakat. Terlebih seperti yang kita tahu, 2020 adalah tahun yang cukup ‘menyedihkan’ karena pandemi Covid-19 sehingga Indonesia mengalami resesi dan penurunan aktivitas penjualan. Alhasil, Harbolnas pun menjadi momen emas bagi semua orang untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Sayangnya, di balik semua keuntungan yang sudah menanti Anda saat Harbolnas, terdapat kendala yang cukup signifikan yang bisa mengganggu proses transaksi selama Harbolnas. Kendala tersebut tak lain adalah website e-commerce yang bisa down karena kebanjiran traffic. Jika Anda tidak melakukan persiapan website untuk Harbolnas, maka besar kemungkinan Anda tidak akan tahu bagaimana cara mengatasi web server yang down mendadak akibat diakses bersamaan oleh banyak orang.

Nyatanya, masih banyak pelaku bisnis online yang tidak menyadari pentingnya mempersiapkan cara mengatasi web server yang down sebelum menghadapi Harbolnas. Kebanyakan pedagang masih terfokus pada keinginan mendapat keuntungan lebih saat Harbolnas tiba.

Sekarang bayangkan jika di tengah-tengah masa Harbolnas, website Anda justru tiba-tiba down dan Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasi web server yang down. Jika sudah begini, bukannya untung saat Harbolnas, Anda justru akan melewatkan Harbolnas dengan sia-sia.

Namun Anda tidak perlu cemas. Berikut ini kami sudah rangkum secara khusus persiapan menghadapi Harbolnas dan cara mengatasi web server yang down karena kebanjiran traffic:

Melakukan Optimalisasi Website

Jika toko online Anda berdiri sendiri pada website khusus, maka Anda harus melakukan optimalisasi website dan mengaplikasikan cara mengatasi web server yang down jauh-jauh hari sebelum Harbolnas.

Saat Harbolnas tiba, website Anda otomatis akan menjadi “senjata utama” untuk mempromosikan produk dan didatangi oleh konsumen. Dengan website pula, Anda bisa menyesuaikan produk dan aneka diskon untuk Harbolnas.

Anda bisa membuat halaman khusus promo katalog Harbolnas untuk memudahkan konsumen dalam menemukan barang-barang diskon special. Anda juga bisa menampilkan ‘pengumuman menjelang Harbolnas’ melalui notifikasi pop up atau banner kecil di website agar pengunjung juga mengetahui perihal Harbolnas di toko Anda dan bersiap-siap untuk berbelanja.

Meningkatkan Kecepatan dan Update Server

server-web

Selanjutnya adalah meningkatkan kecepatan dan update server. Melakukan update server dan hosting adalah cara mengatasi web server yang down terbaik. Jadi, sebelum Harbolnas tiba, maka Anda harus memastikan kondisi server dan hosting web sudah ada dalam keadaan terbaik.

Saat Harbolnas, traffic web Anda otomatis akan melonjak tajam akibat diakses oleh banyak pengunjung dibandingkan pada hari biasa. Jika Anda tidak mengupdate server dan hosting, maka web Anda otomatis akan down mendadak saat Harbolnas.

Selain mengupdate server, Anda juga harus rajin mengecek kondisi dan kecepatan website saat meloading request user. Jika website Anda tidak dapat loading secara cepat, maka konsumen akan merasa kesal dan bosan menunggu. Alhasil, mereka akan lebih memilih untuk berbelanja di tempat lain.

Memaksimalkan Web Seluler

Cara mengatasi web server yang down saat Harbolnas selanjutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan web seluler. Saat ini pun mayoritas masyarakat Indonesia lebih gemar mengakses website versi seluler dengan menggunakan smartphone masing-masing. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa website Anda dapat tetap terakses dengan baik dan memiliki tampilan layout yang mudah digunakan oleh user meski sedang membuka website via smartphone. Anda bisa mengecek dan meninjau ulang tampilan situs web e-commerce Anda memakai tes ‘Google’s Mobile Friendly’.

Memaksimalkan Performa Bandwith dan Database

Memaksimalkan performa bandwith dan database juga mencari cara mengatasi web server yang down. Saat Harbolnas, website Anda akan otomatis terus aktif menerima akses dari pengunjung. Hal ini akan berujung pada penggunaan bandwith yang lebih besar dari biasanya. Jika tidak diantisipasi, maka website Anda pun bisa mengalami down server.

Anda bisa memanfaatkan CDN (Content Delivery Network) untuk memaksimalkan kecepatan web. Selain itu jangan lupa untuk mengupgrade kapasitas database dan meningkatkan bandwith web ya!

Strategi Afiliasi Marketing

Cara mengatasi web server yang down terakhir adalah dengan menggunakan strategi afiliasi marketing. Strategi afiliasi marketing ini adalah sistem kerja sama antara Anda dengan pelapak online lainnya.

Jadi, pedagang lain dapat turut mempromosikan produk Anda dan mendapatkan keuntungan. Andai kata website Anda down, Anda juga tidak perlu panik sebab konsumen dapat membeli produk Anda dari toko online lain yang telah berafiliasi marketing dengan Anda. Praktis dan aman, bukan?

Saran dari kami, Anda tidak perlu merasa khawatir jika website tiba-tiba mengalami down server ketika Harbolnas. Berbekalkan tips dan trik di atas dari kami, Anda kini sudah bisa mempersiapkan diri untuk mengecek dan mengupdate server, hosting dan database dari web agar tidak down saat kebanjiran traffic.

Saat ini pun sudah ada banyak jasa layanan update hosting, server, database dan bandwith yang menawarkan aneka paket update dengan harga beragam. Pilihlah paket update performa website dengan harga terjangkau sekaligus dapat menampung jumlah traffic yang tinggi seperti 1 juta pengunjung per bulan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mengatasi web server yang down dan persiapan website untuk Harbolnas. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda, ya! Terima kasih sudah membaca, nantikan artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya dari Markey.id. Sayonara!

Lean Startup adalah : Definisi, Keunggulan dan Cara Memulai

0
lean-startup-adalah

Setelah istilah ‘startup’ populer di masyarakat, kini muncul pembahasan lain yang masih berkaitan dengan dunia startup yakni ‘lean startup’. Istilah lean startup mungkin masih asing bagi sebagian besar masyarakat. Apakah Anda juga baru pertama kali mendengar istilah yang satu ini?

Pembahasan tentang lean startup baru-baru ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat, khususnya para pegiat bisnis digital. Nama lean startup ini juga menambah daftar panjang dari pembicaraan seputar dunia startup. Sesungguhnya, apa sih lean startup itu?

Daripada bertanya-tanya sendiri, lebih baik kita simak artikel edisi kali ini tentang definisi, keunggulan dan cara mempraktekkan metode lean untuk membuat bisnis startup yang lebih efektif! Selamat membaca!

Mengenal Lean Startup: Bikin Startup Lebih Praktis dan Efisien

lean-startup-1

Kita tentunya sudah tahu apa itu startup. Startup adalah sebuah bisnis rintisan pribadi (swasta) yang mana sebagian besar pekerjaan di dalamnya mengandalkan kecanggihan teknologi digital. Dengan kata lain, startup adalah perusahaan berbasis digital marketing milik swasta atau rintisan sendiri.

Di era teknologi modern saat ini pun, sudah banyak anak muda Indonesia yang turut mendirikan aneka startup demi meraih keuntungan berbisnis sekaligus berkontribusi membantu masyarakat. Beberapa perusahaan startup ternama di Indonesia antara lain Tokopedia, Go-Jek Indonesia, OVO, dan Bibit Reksadana.

Banyak orang juga masih menganggap bahwa mengembangkan dan merintis sebuah startup adalah hal yang sulit, sehingga masih cukup banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk membangun startup.

Kini Anda tidak perlu ikut-ikutan mengubur mimpi mendirikan startup, sebab sudah ada sebuah metode ampuh untuk mendirikan startup sendiri secara efektif dan simpel. Apa itu?

Namanya adalah ‘lean startup’.  Lean startup adalah sebuah metode khusus untuk mendirikan startup beserta aneka teknologi di dalamnya. Sederhananya, tujuan lean startup adalah untuk mempermudah proses tersebut.

Namun secara lebih spesifik, tujuan lean startup adalah untuk memaksimalkan kecepatan penciptaan prototype pada perusahaan startup, agar perusahaan bisa lebih cepat menguji prototype ke user atau sampel pasar target.

Sistem uji coba yang cepat juga akan mendatangkan feedback yang lebih cepat. Alhasil, perusahaan startup Anda bisa segera memperbaiki aneka kekurangan yang terdapat pada prototype produk sebelum produk final diluncurkan kembali ke masyarakat.

Praktek metode pengembangan startup yang satu ini memang menekankan pada fokus kecepatan kerja, sebab tujuan lean startup adalah juga untuk menghindari pembuangan (waste) produk yang gagal.

Dengan menguji prototype terlebih dahulu, perusahaan dapat mencegah produksi massal untuk produk yang belum sempurna – sehingga tidak akan ada tenaga, biaya dan waktu produksi yang sia-sia.

Metode pengembangan bisnis startup ini pertama kali dipopulerkan oleh alumnus Yale University bernama EricRies di tahun 2011 silam melalui buku berjudul “The Lean Startup”. Sampai hari ini, teori dan metodologi lean startup telah diajarkan pada 25 lebih universitas di seluruh dunia serta ratusan platform belajar digital marketing online semisal Udacity.com.

Sedangkan dari ranah praktek sendiri, metodologi lean startup ini sudah digunakan oleh begitu banyak perusahaan ternama dunia, antara lain:

Dropbox

Dibalik kesuksesannya saat ini, Dropbox ternyata menerapkan metodologi lean startup untuk mengembangkan bisnisnya.

Setelah menerapkan metodologi lean startup, perusahaan Dropbox bisa menciptakan aneka produk dan layanan konsumen dengan lebih cepat, efisien dan tepat sasaran (sesuai keinginan konsumen).

Hasilnya pun cukup mencengangkan, di mana Dropbox sukses meraih lebih dari 3,5 juta konsumen baru hanya dalam kurun waktu 15 bulan.

Grockit

Grockit adalah perusahaan media sosial yang berfokus pada media belajar interaktif jarak jauh. Untuk bisa menghasilkan aneka produk pembelajaran pun, Grockit menerapkan metode lean startup.

Hasilnya, perusahaan Grockit online kini sanggup melakukan hosting untuk lebih dari 1000 interaksi di lebih 150 negara seluruh dunia.

Wealthfront

Contoh perusahaan terakhir yang sukses mengaplikasikan metode lean startup adalah Wealthfront, sebuah perusahaan reksadana yang berawal dari game kecil-kecilan bernama kaChing.

Berangkat dari mewadahi investor-investor amatir, berkat bantuan metode lean startup, Wealthfront kini sukses mempraktekkan continuous development yang sudah mengelola lebih dari $2M setiap harinya.

Bagaimana, tidakkah Anda tertarik juga untuk mengembangkan bisnis startup menggunakan metode lean startup? Kira-kira seperti apa ya prinsip-prinsip yang terdapat dalam lean startup? Yuk lanjutkan membaca untuk mengetahui jawabannya!

Prinsip Lean Cycle: Cara Mempraktekkan Metode Lean Startup

lean-startup-2

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, lean startup adalah sebuah metode baru dalam berbisnis digital. Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa membangun perusahaan startup dengan lebih mudah, praktis dan simpel.

Metode lean startup berisikan aneka proses efektif dan praktis dengan tujuan menghasilkan prototype produk atau jasa layanan yang bisa segera diuji coba ke calon konsumen target.

Prinsip dasar lean startup adalah untuk mengatur posisi seimbang antara ide dan kepuasan konsumen, mengingat kedua hal ini akan saling berkaitan dan mempengaruhi dalam perjalanan bisnis digital.

Tinggi redahnya tingkat kepuasan pelanggan akan memengaruhi ide selanjutnya untuk dikembangkan oleh pihak pengelola startup. Dari menilai sejauh apa tingkat kepuasan pelanggan, maka Anda bisa kembali mencari ide-ide segar untuk menghadirkan inovasi produk dan layanan ke masyarakat. Hasilnya, bisnis startup Anda akan terus sukses beredar di pasaran.

Untuk mencapai tujuan lean startup yakni mempersingkat siklus pengembangan produk, maka terdapat 3 prinsip utama dari metodologi pengembangan startup yang satu ini. Ketiga prinsip tersebut tersusun ke dalam sebuah rangkaian alur yakni build (menghasilkan produk), learn (menghasilkan ideas) dan measure (menghasilkan data).

Ketiga prinsip ini juga dikenal dengan nama ‘lean cycle’. Lean cycle inilah yang akan Anda terus praktekkan guna mencapai target bisnis startup dan kepuasan konsumen.

Build

Pertama adalah build. Di fase ini, perusahaan startup Anda akan membangun MVP (minimum viable product) dari ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Biasanya, ide-ide yang digunakan berisi aneka solusi terbaik atas permasalahan yang ada di masyarakat.

Tugas Anda pada tahap ini adalah mencari masalah dan membuat jawaban hipotesis sementara untuk permasalahan tersebut. Selanjutnya, Anda sudah bisa menguji asumsi-asumsi hipotesi tersebut.

Dari proses build ini Anda dapat menghasilkan product sederhana sebagai ‘tester’ dari produk asli. Produk tester inilah yang akan Anda sebar ke konsumen target untuk mendapatkan respon mereka.

Measure

Selanjutnya adalah measure. Di sini, tugas Anda adalah mengukur dan memastikan efektivitas minimal dari produk tester. Beberapa pengujian atau evaluasi produk tester yang bisa Anda lakukan antara lain pengujian kuantitatif seperti user engagement dan pengujian kualitatif seperti tes penggunaan dan session monitoring.

Ada juga metode lain yakni A/B testing yang digunakan untuk membandingkan dua situasi yang dialami oleh user.

Dari proses measure, Anda akan memperoleh data yang harus diolah untuk ditarik kesimpulannya terkait respon masyarakat, kelebihan dan kekurangan atas produk. Dengan hasil olahan data pula Anda bisa menyusun strategi selanjutnya untuk perkembangan usaha.

Learn

Tahap learn merupakan proses penentuan apakah perusahaan startup Anda harus mengganti business model yang telah dirancang di awal atau melakukan pivot (mengganti rencana).

Jika hasil penelitian dan uji tester ke masyarakat rupanya memberikan respon yang melenceng jauh dari perkiraan pada business model, maka tidak ada salahnya untuk menyesuaikan rancangan dengan apa yang ada di realita / lapangan. Sehingga perusahaan startup Anda akan menjadi lebih mudah untuk diterima masyarakat pasca peluncuran secara resmi.

Sekali lagi, inti dari prinsip dan proses metode lean startup adalah untuk menciptakan pekerjaan dan produk yang efisien, strategis dan tepat sasaran sehingga perusahaan tidak akan banyak mendapat kerugian seperti produk gagal atau tidak laku.

Jika Anda ingin menciptakan perusahaan startup sendiri memakai metode ini, maka Anda harus memutar otak sedemikian rupa mencari dan memecahkan masalah yang masih melekat pada kehidupan masyarakat sehari-hari.

Metode lean startup ini juga sangat efektif dan disarankan untuk dicoba, sebab segala perhitungan di dalam metode ini terbukti ampuh meminimalisir ,bahkan menghapus total  kerugian produksi! Otomatis, yang Anda akan dapatkan dari mempraktekkan metodologi lean startup ini hanyalah keuntungan saja. Tertarik untuk mencoba dari sekarang?

Demikianlah pembahasan tentang lean startup. Semoga pembahasan kali ini berguna untuk menjawab aneka pertanyaan yang masih membayangi benak Anda tentang memulai bisnis startup, ya. Semangat mencari dan membaca lebih banyak referensi, serta jangan pernah patah arang berusaha sampai akhirnya perusahaan startup Anda sukses di masyarakat!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali sampai di sini. Nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Markey.id, ya. Sampai jumpa!

ASO vs SEO : Mana yang Terbaik untuk Memaksimalkan Aplikasi Bisnis?

0
ASO-vs-SEO

Saat berkecimpung di dunia bisnis digital, kita tentunya akan menemukan banyak istilah yang mungkin masih asing di telinga seperti SEO dan ASO. Banyak masyarakat awam yang tentunya tidak begitu memahami apa itu SEO dan ASO, mengingat dua istilah ini memang hanya dipergunakan dalam ranah bisnis atau marketing digital saja.

Namun ada juga orang-orang yang mengira ASO dan SEO itu sama persis, karena keduanya memiliki target yang sama yakni menjadikan web dan aplikasi Anda mampu menduduki peringkat teratas di kolom pencarian Google. Padahal sesungguhnya, ada perbedaan SEO dan ASO yang sangat signifikan sehingga kedua istilah ini tidak boleh Anda campur aduk sesuka hati.

Lantas, apa sajakah perbedaan SEO dan ASO tersebut? Bagaimana cara menggunakan SEO dan ASO? Metode mana yang paling baik untuk memaksimalkan toko online Anda?

Daripada kebingungan sendiri, lebih baik kita cari jawabannya yang sudah terangkum lengkap pada artikel edisi kali ini. Yuk langsung kita mulai pembahasan tentang perbedaan SEO dan ASO!

Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

Perbedaan SEO dan ASO: Sama-Sama Optimalisasi, Tapi Beda Fungsi

asoseo1

Suatu kekeliruan yang umum dilakukan oleh masyarakat awam adalah menyamakan istilah SEO dan ASO. Meskipun jika ditelusuri secara lebih mendalam, kesalahpahaman ini masuk akal untuk terjadi mengingat kegunaan SEO dan ASO memang mirip yaitu untuk mengoptimalkan visibilitas dari produk-produk software seperti website, blog, dan aplikasi saat dicari oleh masyarakat di Google.

Namun, ketika Anda menyadari perbedaan SEO dan ASO, maka Anda akan mendapati bahwa kedua metode optimalisasi software ini tidak bisa diaplikasikan menggunakan 1 cara yang sama persis. Meskipun kinerja SEO dan ASO sama-sama berdasar pada pencarian dan pengaplikasian keyword, traffic organik, pencarian user / konsumen, namun output untuk keduanya sangatlah berbeda.

SEO adalah cara memaksimalkan pertumbuhan website secara organik, sedangkan ASO dipakai untuk memaksimalkan pertumbuhan aplikasi. Sederhananya, Anda tidak bisa mengaplikasikan cara optimalisasi website untuk aplikasi dan sebaliknya. Cara-cara meraih ranking 1 untuk website dan aplikasi tentunya akan jauh berbeda.

Jika Anda masih bertanya-tanya “mengapa?” berikut ini kami jelaskan lebih rinci perbedaan SEO dan ASO.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Pernahkah Anda mendengar kata SEO sebelumnya? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO adalah cara-cara untuk menjadikan website Anda sukses menduduki ranking 1 di halaman mesin pencari (seperti Google, Yahoo dan Bing).

SEO digunakan untuk mengoptimalisasi performa website Anda sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh masyarakat umum di internet. Pernahkah Anda mengetikkan suatu keyword dan menemukan sejumlah artikel yang muncul sesuai keyword tersebut? Nah, itulah salah satu contoh dari pengaplikasian SEO.

Ada banyak aspek pengaplikasian SEO, seperti membubuhkan keyword ke konten-konten yang dipublikasikan oleh website. Semakin tepat sasaran dan baik kata kunci yang Anda gunakan pada website, maka Google akan semakin mudah menemukan konten Anda dan menampilkannya ke hadapan user. Selain penggunaan kata kunci (keyword), kinerja SEO juga biasanya menggunakan aneka tautan, backlink dan navigasi situs yang baik untuk mengoptimalkan performa web.

Semakin banyak user yang mengklik artikel Anda, maka website Anda akan mempunyai traffic organik yang lebih banyak pula. Dari sinilah perlahan-lahan posisi website Anda akan terus naik hingga menduduki peringkat teratas (no. 1) di kolom pencarian Google. Semakin populer website Anda, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Ada 3 jenis SEO yang umum dikenal dalam dunia digital marketing yakni: White hat SEO, Grey hat SEO dan Black hat SEO. Beberapa keuntungan SEO adalah:

  • Dapat diakses oleh semua kalangan dan tipe bisnis (kecil ataupun besar).
  • Fleksibel, bisa disesuaikan dengan kemampuan, sumber daya dan budget yang dimiliki.
  • Sudah dilengkapi dengan panduan aturan serta pedoman lain menurut Google, sehingga akan sangat efektif dan relevan ketika web bekerja di Google.

Apa Itu ASO (App Store Optimization)?

Selanjutnya adalah ASO. Apa itu ASO? Apa perbedaan ASO dari SEO?

Pada dasarnya, program ASO setara dengan SEO. Bedanya, alih-alih digunakan untuk mencari keyword dan menampilkan ranking website tertentu, ASO dipakai untuk mencari ranking aplikasi pada toko aplikasi seperti Google Play Store dan Apple App Store.

Konten-konten yang dipahami oleh ASO semuanya berkisar tentang aplikasi Anda: mulai dari keyword pada deskripsi aplikasi, nama aplikasi, icon dan screenshot aplikasi, dan seterusnya. ASO menelaah pola pencarian masyarakat terhadap sebuah aplikasi untuk kemudian menilai dan mengurutkan aplikasi-aplikasi yang tersebar di toko app mulai dari yang paling relevan dan yang tidak.

Dari sini Anda sudah bisa melihat mengapa teknik SEO tidak dapat diaplikasikan pada ASO, ya tentunnya karena objek yang disasar sangat berbeda. Selain itu, ruang Anda untuk mendeskripsikan aplikasi dengan keyword juga tidak sebanyak saat menulis konten website. Jadi Anda memerlukan strategi penyusunan deskripsi dan keyword yang lebih efisien, singkat dan lugas untuk menggambarkan aplikasi.

Apa Perbedaan SEO dan ASO?

seo

Kita sudah melihat perbedaan mendasar dari SEO dan ASO. Selain perbedaan objek yang ditelusuri dan diranking, masih ada perbedaan SEO dan ASO yang lainnya, yaitu:

Pola Pencarian yang Berbeda

Masyarakat cenderung melakukan pola pencarian yang berbeda. Pada website (SEO), masyarakat cenderung mencari hal-hal yang bersifat informatif, teoritis atau studi. Sedangkan pada aplikasi (ASO), masyarakat cenderung mencari hal yang berbasis fitur atau aplikatif.

Kompleksitas Faktor Ranking

Perbedaan kedua terletak pada tingkat kompleksitas dari ASO dan SEO. Faktor-faktor penentu ranking pada SEO jauh lebih kompleks dan banyak dibandingkan pada SEO. Google SEO sendiri diketahui memakai lebih dari 200 faktor untuk menentukan halaman website yang bisa menduduki peringkat teratas.

Sementara ASO mempertimbangkan faktor-faktor yang lebih sedikit seperti nama aplikasi, keyword, deskripsi, icon, backlink, tautan, dan screenshot. Selain itu, ASO bisa menampilkan hasil penelusuran dengan tampilan yang lebih kreatif dan menarik dibandingkan SEO yang tampilannya polos.

Pencarian Keyword

Meski sama-sama memanfaatkan penelusuran berbasis keyword, nyatanya masih terdapat perbedaan dari pencarian keyword untuk ASO dan SEO. Di SEO, Anda bisa mengakses data-data yang akurat dengan rincian volume yang dianalisis secara tepat secara periodik. Sementara di ASO, melakukan riset kata kunci akan lebih rumit karena sampai hari ini masih belum ada sistem terbaik untuk benar-benar meriset kata kunci beserta volumenya di toko aplikasi.

Rating Aplikasi dan Review Pengguna

Perbedaan terakhir sekaligus terbesar antara SEO dan ASO adalah rating aplikasi dan review pengguna. Setiap aplikasi pada toko aplikasi mempunyai kolom khusus untuk menampung review pengguna dan rating aplikasi. Sedangkan SEO tidak. Faktor ini juga yang menjadi pertimbangan dari ASO untuk menentukan ranking aplikasi.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang perbedaan ASO dan SEO. Terima kasih sudah mengikuti artikel ini sampai di sini. Temukan lebih banyak pembahasan menarik dan berwawasan tentang IT hanya dari website Markey! Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula