Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Peluang Bisnis Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Eco Friendly Brand?

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Eco Friendly Brand?

-

Jika Anda saat ini sedang mengembangkan sebuah bisnis biasa, kami sarankan bagi Anda untuk beralih menjadi perusahaan eco friendly. Mengapa?

Belakangan ini warganet tengah ramai mengecam beauty brand yang masih menggunakan animal testing. Animal testing adalah metode uji coba bahan kimia produk kecantikan ke hewan percobaan sebelum produk dapat digunakan oleh manusia.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemudahan akses informasi pengetahuan rupanya turut meningkatkan daya kesadaran masyarakat terhadap produk-produk skin care dan make up tidak ramah lingkungan.

Tak hanya skin care dan make up saja, banyak penelitian turut membuktikan bahwa industri fashion juga turut adil menyumbang polusi emisi karbon dunia sebesar 10%. Industri fast fashion (baju-baju musiman) terbukti sanggup menghabiskan hingga 216 triliun liter air hanya untuk membuat aneka t-shirt dan baju.

Alhasil, banyak orang mulai menyadari bahwa dunia fashion adalah industri polutan terbesar kedua setelah minyak.

Berangkat dari kesadaran ini, masyarakat kekinian akhirnya mencoba untuk mencari alternatif baru agar mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Jawabannya berhasil ditemukan pada perusahaan dan produk eco friendly. Pernahkah Anda mendengar istilah ‘eco friendly’ sebelumnya?

Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar eco friendly brand, yuk kita simak bersama artikel berikut ini! Temukan bagaimana cara menjadi eco friendly brand serta contoh-contoh perusahaan eco friendly yang sukses di pasaran lokal dan internasional. Let’s check this out!

Artikel terkait  Anda Investor Pemula? Ini Hal-hal yang Wajib Diketahui Tentang PT (Perseroan Terbatas)

Eco Friendly Selamatkan Bisnis dan Lingkungan Kita

eco-brand-1

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis, kami sarankan untuk lebih berhati-hati sebab para konsumen modern saat ini sudah semakin cerdas.

Dulu, mungkin kita sudah terbiasa menggunakan produk-produk yang tanpa kita sadari bersifat buruk pada lingkungan. Namun saat ini, menjadi perusahaan yang tidak ramah lingkungan sama saja dengan ‘bunuh diri’.

Masyarakat modern yang cerdas sudah memahami bagaimana perusahaan-perusahaan besar dan industri menghasilkan banyak sampah polusi yang semakin merusak bumi. Sebut saja perusahaan skin care dan make up yang masih menggunakan uji bahan kimia kepada hewan dan berakibat pada pembunuhan banyak hewan.

Atau industri fashion yang untuk membuat 1 t-shirt saja bisa memakan sekitar 2.700 liter air. Tak hanya sampai di sana saja, masih banyak perusahaan dari industri lain yang turut menghasilkan sampah. Semisal perusahaan-perusahaan yang masih merilis produk sekali pakai dan masih membungkusnya dengan plastik.

Banyak penelitian membuktikan bahwa saat ini, masyarakat sedang ramai mencari brand perusahaan yang mengedepankan praktik dan action eco friendly. Jika perusahaan Anda sudah menjual produk eco friendly, maka besar kemungkinan produk brand Anda akan lebih cepat laku di pasaran saat ini.

Apa itu eco friendly? Eco friendly adalah istilah bahasa asing yang terdiri dari 2 kata: eco dan friendly. Eco diambil dari kata ekosistem atau lingkungan, sementara friendly berarti ramah. Jadi, dapat dikatakan bahwa eco friendly adalah sifat ramah lingkungan.

Pun perusahaan eco friendly adalah perusahaan yang mengaplikasikan sifat ramah lingkungan. Ciri-ciri perusahaan eco friendly adalah dapat dilihat dari tipe produk yang mereka buat, sistem pengolahan limbah yang dipunya, serta visi misi perusahaan yang turut melibatkan kepekaan dan kesadaran terhadap kondisi lingkungan.

Perusahaan eco friendly adalah perusahaan yang selalu mengedepankan pertimbangan dampak produk mereka terhadap lingkungan dibantu penggunaan teknologi.

Perusahaan eco friendly kekinian sering kali dikembangkan memakai teknologi ramah lingkungan seperti aplikasi, website, augmented reality, dan seterusnya.

Mengapa perusahaan Anda harus beralih menjadi perusahaan eco friendly? Jawabannya kembali lagi pada pernyataan bahwa perusahaan Anda tidak boleh sekadar hadir untuk urusan berbisnis saja.

Perusahaan Anda harus bisa mendapatkan hati masyarakat dan menjawab kegelisahan mereka terhadap isu yang sedang dihadapi. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menjual produk eco friendly.

Selain itu, pikirkan juga bahwa perusahaan Anda turut menjadi pahlawan lingkungan dengan menjual aneka produk ramah lingkungan dan melakukan pengolahan limbah dengan baik. Tidakkah lingkungan yang terjaga juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda selaku manusia yang tinggal di dalamnya?

Alhasil, dapat dikatakan bahwa menjadi perusahaan eco friendly adalah sebuah win-win solution.

Masyarakat dunia belakangan ini sedang menghadapi masalah polusi yang sama, yakni sampah plastik. Tak dapat dielakkan lagi bahwa hampir semua perusahaan masih memakai plastik sebagai wadah pembungkus produk yang mereka jual ke pasaran.

Hasil survey dari sebuah penelitian membuktikan bahwa 43% masyarakat lebih bersedia untuk berbelanja jika brand mengemas produk mereka dengan bungkus yang lebih ramah lingkungan (bukan plastik). 67% masyarakat sepakat bahwa semua perusahaan harus mulai mengganti pengemasan produk mereka dengan packaging yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya sekadar pengemasan produk saja, masyarakat kekinian juga menginginkan produk dengan kandungan yang ramah lingkungan alias bebas atau minim bahan kimia. Hal ini turut diperkuat dengan 56% masyarakat yang positif akan membeli produk dengan kandungan organik, minim bahan kimia dan bebas dari animal testing.

Bagaimana, siapkah perusahaan Anda untuk berubah menjadi perusahaan eco friendly? Ada banyak perusahaan terkenal dunia yang sudah lebih dulu beralih menjadi perusahaan eco friendly. Apa sajakah brand-brand tersebut? Yuk lanjutkan membaca untuk tahu jawabannya!

Artikel terkait  20 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal di Tahun 2020

Inspirasi Perusahaan Eco Friendly

eco-brand-2

Sebelum eco friendly menjadi sebuah tuntutan dan trend tersendiri di masyarakat, rupanya sudah ada banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan beralih menjadi eco friendly.

Anda pun kini bisa bergabung menjadi bagian dari kelompok perusahaan-perusahaan ini. Beberapa contoh perusahaan eco friendly adalah:

Barry M

Pertama adalah Barry M, perusahaan sustainable beauty product asal Inggris yang hadir menawarkan produk-produk skin care organik plus tentunya, eco friendly. Konsep eco friendly adalah hal yang dijunjung tinggi oleh Barry M, hal ini tercermin dari rangkaian produk mereka yang berlabel ‘vegan’ dan ‘cruelty free’ alias bebas animal testing.

Semisal produk cat kuku mereka yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti jagung, kentang dan gandum. Meski menggunakan bahan alami, kualitas skin care dan make up dari Barry M tetap berkualitas tinggi.

H&M

Siapa yang tidak tahu nama retail fashion H&M? Perusahaan raksasa fashion ini belakangan dilihat sedang gencar-gencarnya menerapkan kampanye berbasis eco friendly.

Konsep H&M eco friendly adalah dengan mengganti tas pembungkus pakaian dari plastik dengan paper bag yang lebih mudah terurai dan ramah lingkungan.

Rupahaus

Selanjutnya adalah brand Rupahaus yang berbasis di Australia. Berdiri sejak 2015, brand Rupahaus menghadirkan aneka produk fashion menggunakan bahan tekstil yang ramah lingkungan.

Sistem kerja tim Rupahaus pun sangat unik, sebab tidak seperti perusahaan fashion kebanyakan yang bekerja di pabrik, Rupahaus melakukan kerjasama dengan para penjahit dari beragam desa di Indonesia.

Sehingga, selain membuat produk ramah lingkungan, Rupahaus juga turut berupaya menyejahterakan para penduduk lokal Indonesia. Inspiratif sekali, ya!

Haku

Terakhir adalah Haku, brand alas kaki yang berasal dari Indonesia. Haku menjadi pelopor sepatu vegan (vegan suede dan vegan leather) serta bebas animal testing. Perusahaan ini beroperasi di Jakarta sejak 2017 silam sampai hari ini.

Dalam proses produksinya, sepatu-sepatu Haku dibuat memakai daur ulang aneka plastik dan vinyl yang sudah dibuang oleh masyarakat. Keren!

Semakin tertarik untuk beralih ke perusahaan eco friendly? Ternyata untuk beralih ke perusahaan eco friendly tidak rumit. Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah kecil. Mau tahu bagaimana caranya? Mari lanjutkan scroll ke pembahasan terakhir!

Artikel terkait  15 Bisnis Online Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020

Mulai Dari Sekarang: Cara Simpel Beralih Menjadi Perusahaan Eco Friendly

Yuk beralih ke gaya hidup perusahaan yang eco friendly mulai dari sekarang! Ternyata, menjadi perussahaan eco friendly tidak sulit. Anda bisa memulainya dari hari ini dengan langkah-langkah kecil seperti berikut ini:

Mengganti Kemasan Plastik atau Bahan Susah Terurai

Produk Anda masih dikemas dengan plastik atau bahan susah terurai lainnya? Yuk ganti mulai hari ini dengan bahan-bahan pembungkus yang lebih ramah lingkungan seperti paper bag atau tas plastik bio degradable yang terbuat dari serat ubi. Anda juga bisa mengampanyekan kepada konsumen untuk membawa tas belanja kain sendiri.

Bebas Animal Testing dan Vegan

Mulai pastikan bahwa produk-produk yang Anda jual bersifat vegan dan bebas animal testing. Produk vegan berarti produk yang tidak mengandung bahan dari hewan seperti minyak atau lemak hewan, bulu hewan dan lain sebagainya. Dengan begini, perusahaan Anda sudah turut membantu kelestarian lingkungan dengan tidak melakukan pembunuhan sengaja kepada hewan.

Usahakan Minim Bahan Kimia

Selanjutnya, usahakan produk Anda minim bahan kimia. Saat ini konsumen sudah jeli membaca label komposisi produk. Jika mereka menemukan komposisi kimia yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan, maka besar kemungkinan mereka akan segera berpaling ke brand lain. Usahakan produk-produk yang Anda jual bebas dari paraben, phtalates, formaldehyde, dan polythylene microbeads (plastik).

Kemasan Lucu dan Bisa Didaur Ulang

Tetaplah gunakan kemasan produk yang lucu dan menarik untuk memikat pembeli – namun agar tetap ramah lingkungan, pastikan kemasan produk Anda masih bisa didaur ulang. Beberapa ciri kemasan daur ulang adalah minim jejak karbon, memiliki tanda daur ulang, memakai bahan daur ulang, dan bisa dikomposkan.

Sehingga, konsumen tidak akan sembarangan membuang kemasan produk yang sudah habis terpakai begitu saja. Anda juga bisa sering-sering membuat campaign/kampanye untuk mengajak konsumen mendaur ulang sampah produk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya daur ulang demi menekan jumlah sampah.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang menjadi perusahaan eco friendly. Selain tips di atas, Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah beralih menjadi perusahaan eco friendly.

Pun teknologi internet, seperti media sosial, dapat digunakan juga sebagai sarana untuk mengampanyekan pentingnya kesadaran daur ulang dan memakai produk-produk ramah lingkungan ke masyarakat.

Cara ini akan memberikan banyak manfaat seperti menumbuhkan kesadaran masyarakat, melindungi lingkungan dan juga meraih peningkatan penjualan produk karena brand Anda kini dipandang sebagai perusahaan ramah lingkungan.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya