Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 100

Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media Promosi

0
media adalah

 

Dalam berbagai aspek kehidupan, media memiliki peranan penting dalam membantu mempercepat suatu proses. Baik dalam pembelajaran, komunikasi, maupun dalam dunia bisnis. Media adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

Apa sih pengertian media? Apa saja jenis media? Nah, artikel kali ini akan membahas berbagai informasi terkait media. Mulai dari media pembelajaran hingga media promosi. Yuk simak informasi berikut hingga akhir!

Pengertian Media

media-1

Secara umum, pengertian media adalah suatu wadah yang digunakan sebagai alat perantara atau pengantar untuk menyalurkan pesan maupun informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan atau khalayak ramai.

Pendapat lain mengartikan media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jika kita membahas secara etimologi, kata “media” diambil dari bahasa Latin, “medius” yang memiliki arti “tengah, perantara atau pengantar”. Umumnya istilah media ini merujuk kepada sesuatu yang dijadikan wadah, alat, atau sarana yang berguna untuk melakukan komunikasi. Berikut beberapa pengertian media menurut beberapa ahli:

Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, pengertian media adalah segala jenis alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan tertentu.

Leslie J. Briggs

Menurut Leslie J. Briggs, media adalah suatu alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi sebuah materi. Media yang dimaksud dapat berupa video, gambar, buku, televisi, dan lain sebagainya.

Ahmad Rohani

Menurut Ahmad Rohani, pengertian media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap indera manusia dan memiliki fungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk sebuah proses komunikasi.

Arif S. Sadirman

Arif S Sadirman mengartikan media sebagai segala alat fisik yang dapat penyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

Schram

Menurut Scham, pengertian media adalah teknologi yang dapat membawa pesan, dengan begitu dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas pembelajaran.

Fungsi Media

Secara umum, segala jenis media memiliki fungsi yang sama, fungsi media adalah:

  • Sebagai sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat
  • Media membantu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, juga daya indera manusia
  • Sarana mengekspresikan gagasan, ide, pendapat kepada masyarakat atau khalayak ramai
  • Digunakan untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, serta untuk pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  • Digunakan sebagai sarana dalam melakukan pengawasan atau kontrol sosial masyarakat.

Macam-macam Media

media-2

Media Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar, media memiliki peranan yang cukup penting untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran kepada siswa. Secara umum, media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar, segala sesuatu yang dapat memberikan rangsangan untuk pikiran, perasasaan, serta perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta didik.

Tujuan adanya media pembelajaran ialah untuk mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efesiensi proses belajar mengajar, untuk menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan dari pembelajaran, serta untuk membantu konsentrasi peserta didik dalam belajar.

Ada banyak sekali jenis media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar. Terutama di zaman sekarang ini, di mana teknologi sudah berkembang pesat.

Berikut ini jenis-jenis media pembelajaran

Media Audio

Jenis media pembelajaran yang pertama ialah audio yang berfungsi menyalurkan pesan audio dari pengirim ke penerima pesan. Audio ini sangat berkaitan dengan indera pendengaran. Berdasarkan sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal, yaitu bahasa lisan atau kata-kata. Juga dapat menyampaikan pesan nor verbal, yaitu bunyi-bunyian seperti musik. Contoh medianya ialah radio, tape recorder, dan telepon.

Media Visual

Media pembelajaran visual merupakan media yang hanya mengandalkan indera penglihatan, media ini menampilkan materialnya menggunakan alat proyeksi. Beberapa media visual ialah:

  • media visual verbal; berisi pesan verbal atau pesan linguistik dalam bentuk tulisan seperti buku, koran, majalah, dan lain sebagainya
  • media visual grafis; berisi pesan non-verbal yang pesannya berupa simbol atau unsur grafis seperti gambar, foto, sketsa, peta, dan lain sebagainya.
  • media visual non-cetak; berisi pesan yang berbetuk tiga dimensi seperti miniature, specimen, mock up, dan lain sebagainya.

Media Audio Visual

Merupakan jenis media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penglihatan langsung secara bersamaan dalam sebuah proses. Pesan yang disampaikan dalam media ini merupakan gabungan dari media verbal dan non-verbal. Contohnya ialah film, video klip lagu, video documenter, dan lain sebagainya.

Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi terkait sebuah produk yang ditawarkan dan diperjualbelikan kepada masyarakat.  Di era saat ini, ada banyak sekali jenis media promosi yang digunakan oleh seorang pebisnis untuk mempromosikan produknya. Manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan dengan menggunakan media promosi ialah:

  • Konsumen potensial akan mengetahui dengan lengkap informasi terkait produk yang ditawarkan. Dengan begitu maka perusahaan juga dapat menyediakan semua permintaan konsumen yang berhubungan dengan kriteria produk.
  • Dengan media promosi, perusahaan dapat memberikan penjelasan lengkap sehubungan dengan pemasaran yang dilakukan. Mulai dari kegiatan, produk, desain produk, promosi produk, termasuk pengiklanan, dan juga komunikasi dengan konsumen hingga proses pengiriman.
  • Manfaat terakhir yang akan dirasakan perusahaan ialah dapat mengenali dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menjual produk dan dapat laku keras.

Berikut jenis-jenis media yang secara umum paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk:

Internet

Internet merupakan media promosi yang saat ini paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Internet menjadi media yang sangat efektif karena saat ini setiap harinya orang pasti selalu terhubung dengan internet.

Selain mudah dalam hal mengakses, terbukti dengan promosi melalui internet ini akan banyak sekali menghemat biaya. Tentunya ini akan semakin meningkatkan keuntungan dan mempercepat perkembangan bisnis yang Anda tekuni.

Untuk melakukan promosi dengan media internet, Anda dapat memanfaatkan berbagai sosial media yang Anda miliki mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan banyak lainnya. selain media sosial, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan google. Mulai dari mesin pencariannya, Google Maps, Google Ads,  hingga Google Bisnisku. Anda juga dapat melakukan promosi di internet dengan memanfaatkan blog dan artikel dengan jenis penulisan SEO.

Brosur

Media promosi selanjutnya ialah brosur. Brosur adalah lembaran yang dicetak dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas, yang salah satunya dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk.

Brosur biasanya dicetak dalam jumlah banyak dengan kualitas yang baik. Brosur tidak dicetak setiap saat, melainkan di saat-saat tertentu jika dibututuhkan. Contohnya ialah Ketika akan mengadakan suatu event. Maka media promosi yang digunakan dan paling praktis untuk menarik minat masyarakat ialah dengan memanfaatkan brosur.

Poster

poster

Poster merupakan desain grafis atau sebuah karya seni yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas sebuah kertas baik dengan ukuran kecil ataupun besar. Poster adalah salah satu sarana yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi, umumnya digunakan dan akan banyak dijumpai di tempat umum atau fasilitas public yang strategis.

Ukuran poster yang relatif besar memiliki potensi besar untuk menarik perhatian pembaca yang pada dasarnya mengarah pada pesan merek. Seseorang yang menggunakan poster sebagai media promosi haruslah mampu mendesain poster semenarik mungkin. Poster yang menarik memiliki komposisi warna yang cerah, terang, persuasive, dan juga unik.

Banner

Banner adalah salah satu media promosi yang ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan poster. Banner akan dipasang di berbagai tempat strategis agar mudah dilihat. Bentuk serta teknik pemasangan banner sangat bervariasi. Ada juga banner yang disebut dengan X-Banner karena pemasangannya yang menggunakan sebuah rangka berbentuk X agar mudah dipindahkan.

Televisi

Televisi merupakan sarana promosi yang hingga saat ini paling banyak menarik konsumen. Televisi mampu menampung banyak iklan. Televisi yang merupakan media promosi paling efektif ini juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat mengiklankan produk.

Ditambah dengan pembuatan iklan yang membutuhkan banyak waktu, menjadi hambatan tersendiri bagi pebisnis yang ingin memasang iklan di televisi. Iklan yang ditayangkan di media ini umumnya berdurasi singkat, sekitar satu menit karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya. Namun tentu saja bisa lebih, dengan catatan membayar lebih mahal.

Merchandise

Media promosi terakhir yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi sebuah produk adalah merchandise. Merchandise adalah segala bentuk produk yang dibuat dengan tujuan sebagai hadiah. Karena dibuat dengan tujuan sebagai hadiah, umumnya berbagai merchandise diberikan secara gratis atau cuma-cuma kepada mereka yang telah melakukan atau mengikuti kegiatan yang diarahkan atau diwajibkan oleh sebuah perusahaan. merchandise ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari kalender, mug, topi, baju kaos, buku, payung, goody bag, tote bag, bantal, sticker, dan masih banyak jenis lainnya.

Itulah sajian informasi terkait media, mulai dari pengertian media hingga macam-macam media khusus untuk Anda. Manakah media yang sering Anda gunakan dalam berbisnis? Atau jika Anda seorang pelajar atau pendidik, jenis media mana yang lebih sering Anda gunakan?

Dalam memanfaatkan sebuah media, pastikan untuk memilih media yang paling cocok dan sesuai kebutuhan Anda. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga membantu!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Artikel adalah : Pengertian dan Struktur Artikel yang Baik dan Benar

0
artikel adalah

Kata “artikel” sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Artikel adalah salah satu sumber terbaik untuk kita mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait suatu hal. Namun sudahkah Anda memahami pengertian artikel? Apa pula perbedaan antara artikel bahasa Indonesia dengan artikel bahasa Inggris? Berikut ini, kami akan mengupas tuntas perihal penulisan artikel!

Pengertian Artikel

arti-artikel

Pada dasarnya, pengertian artikel adalah sebuah tulisan berbasis fakta, informasi, dan wawasan yang dipublikasikan diberagam media sosial. Artikel dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai media cetak seperti koran, buku dan majalah.

Terlebih lagi berkat perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan dan membaca artikel yang dipublikasikan secara online diwebsite, blog, media sosial menggunakan gadget dan koneksi internet.

Ada pula yang mendefinisikan artikel adalah suatu buah pikir yang dituangkan oleh seseorang kedalam bentuk tulisan. Artikel dapat ditulis menggunakan bahasa apapun. Pemilihan bahasa yang digunakan saat menulis artikel didasarkan kembali pada bahasa yang dikuasai oleh target pembaca yang dituju.

Semisal, sasaran pembaca artikel Anda adalah warga negara Indonesia, maka otomatis Anda akan membuat artikel bahasa Indonesia agar isinya dapat dipahami oleh pembaca. Sementara artikel bahasa Inggris akan jauh lebih mudah dicerna isinya oleh pembaca diluar Indonesia.

Anda jelas tidak bisa mempublikasikan artikel bahasa Indonesia pada masyarakat luar negeri, seperti Amerika. Fungsi dari setiap artikel umumnya sama yakni mengedukasi para pembaca dengan informasi baru sekaligus menghibur mereka dengan informasi unik.

Oleh sebab itu, menulis artikel tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan riset, penelitian, hingga interpretasi informasi yang berbasis fakta agar artikel yang Anda tulis bisa menambah pengetahuan para pembaca.

Kelekatan artikel pada fakta menjadi ciri utama yang membedakan tulisan ini dengan tulisan lain yang juga populer dimasyarakat, seperti karya sastra atau fiksi. Terdapat pula kaidah dan aturan tertentu saat menulis suatu artikel, yang mana akan kita bahas lebih lanjut dibagian selanjutnya. Keep scrolling!

5 Ciri-Ciri Artikel, Yuk Pahami Sebelum Menulis!

Sebuah artikel memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari tulisan jenis lain. Ada 5 ciri khusus yang dimiliki oleh suatu artikel fakta. Penjelasan kelima ciri artikel adalah sebagai berikut.

1. Original

Ciri pertama dari artikel adalah original. Suatu artikel yang baik harus bersifat original dari ide, gagasan dan wawasan sang penulisnya. Janganlah sampai memplagiat atau meniru ide milik tulisan orang lain saat menulis artikel.

2. Bersifat Faktual

Sebuah artikel haruslah bersifat faktual, alias ditulis berdasarkan data fakta dan ilmu pengetahuan dari sumber yang kredibel seperti berita dan buku pengetahuan. Jadi, Anda tidak bisa asal atau sembarangan mengarang suatu artikel berdasarkan imajinasi yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Anda bisa mendapatkan data pendukung artikel dari hasil riset, survei, atau wawancara dengan narasumber yang memahami dibidangnya.

3. Singkat dan Jelas

Ciri artikel yang baik selanjutnya adalah ditulis dengan singkat, jelas, lugas dan padat. Artikel yang singkat dan jelas lebih menarik dan mudah untuk dipahami isinya oleh pembaca. Jadi hindari penulisan artikel yang terlalu bertele-tele dan tidak jelas arahnya.

4. Tepat Sasaran

Ciri khas selanjutnya dari suatu artikel adalah tepat sasaran, yakni menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Semisal pembaca ingin tahu seputar dunia investasi saham, maka Anda harus menulis artikel yang membahas tentang saham. Kesesuaian isi artikel dengan kebutuhan masyarakat akan otomatis meningkatkan jumlah orang yang datang dan membaca artikel Anda.

5. Memuat Topik Seputar Fakta

Ciri artikel yang terakhir adalah memuat topik seputar fakta. Anda bisa membuat artikel tentang hasil survey atau penelitian, biografi tokoh berpengaruh atau bersejarah, atau analisis teoritis mendalam terkait suatu peristiwa. Topik ini menjadi bahasan umum suatu artikel sebab memerlukan sejumlah analisis data dan dukungan teori faktual didalamnya.

Struktur Artikel : Pedoman untuk Penulis Pemula

struktur-artikel

Menyusun artikel sesungguhnya tidak sulit. Untuk pemula, Anda dapat menyusun artikel dengan mengikuti struktur artikel yang tepat. Seperti apakah struktur artikel yang baik? Mari simak jawabannya berikut ini!

Kepala atau Judul

Bagian pertama yang harus Anda tulis saat membuat artikel adalah judul. Ibarat anggota tubuh, judul merupakan “kepala” dari artikel tersebut. Bagian ini juga berfungsi untuk menarik minat pembaca pertama kali saat mereka melihat artikel Anda. Jadi, usahakan agar judul artikel Anda tampak menarik, unik, sekaligus mampu menggambarkan inti utama dari tulisan.

Lead

Setelah menulis judul, selanjutnya Anda harus menulis lead atau kalimat pengantar yang bertugas “membuka” isi tulisan Anda. Lead artikel biasanya memaparkan permasalahan utama yang disoroti oleh artikel Anda atau alasan yang mendasari artikel tersebut ditulis. Sebagai catatan penting, jangan menulis lead artikel yang terlalu panjang. Sebuah paragraf pengantar yang baik biasanya hanya berkisar 2 sampai 3 kalimat saja.

Ada beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk menulis sebuah lead, seperti dengan metode induktif (menulis pembukaan yang menjurus kepada hal spesifik) dan deduktif (menulis pembukaan yang masih bersifat general atau umum).

Selain dengan dua cara tersebut, Anda juga bisa menyisipkan kutipan menarik tentang pokok bahasan artikel. Setelah bagian ini selesai, barulah Anda melanjutkan pada bagian isi artikel.

Isi (Bridge dan Body)

Bagian isi artikel dapat dibedakan menjadi dua yakni bridge dan body. Bridge merupakan bagian awal dari isi artikel yang berfungsi menghubungkan lead dengan body. Sesuai dengan fungsinya, bridge artikel terletak persis dibawah lead. Bridge biasanya berisikan pemaparan pernyataan yang nantinya akan dijawab lebih mendalam pada body.

Body artikel adalah bahasan utama dalam artikel. Disini Anda harus merinci jawaban, wawasan dan informasi yang menjawab rasa penasaran pembaca terkait permasalahan yang telah dipaparkan pada bagian pembuka.

Selain itu, body juga bisa memuat argumentasi penulis tentang pro dan kontra isu atau permasalahan yang sedang didiskusikan. Bagian body artikel juga kerap memuat semua data dan teori pendukung untuk membangun argumentasi penulis yang valid dan kredibel.

Saat menulis body artikel, usahakan agar Anda memaparkan bahasan secara singkat, padat dan jelas. Hindari penjelasan yang bertele-tele, tidak relevan dengan permasalahan dan bentuk penjelasan lainnya yang berpotensi membingungkan pembaca. Sebab pada bagian inilah pembaca akan mendapatkan penjelasan lengkap terkait permasalahan, informasi serta pengetahuan baru.

Ending

Bagian terakhir dari artikel adalah penutup, atau dikenal juga sebagai ending. Terdapat serangkaian julukan lain untuk bagian penutup ini seperti “kaki artikel”, rangkuman, antiklimaks, dan bagian akhir. Apapun istilah yang Anda pilih untuk digunakan nantinya, pada dasarnya, artikel yang baik selalu diakhiri dengan kesimpulan atas pemaparan yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian body.

Kesalahan dari banyak penulis artikel pemula adalah menyepelekan bagian ending. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa bagian ini tidak penting sebab terletak diakhir. Padahal, tak jarang pula pembaca memilih melompati pembahasan dan langsung menyimak bagian kesimpulan sebab bagian ini memuat inti dari pembahasan yang lebih ringkas.

Jadi, selaku penulis artikel penting untuk Anda bisa senantiasa membuat ending yang menjelaskan isi artikel secara ringkas sekaligus mudah dipahami. Selain itu, Anda bisa menutup artikel dengan menunjukkan keberpihakan Anda selaku penulis terhadap permasalahan yang ada dalam artikel apakah penulis bersikap pro atau kontra dengan isu yang dibahas. Pembaca bisa menilainya sendiri dari isi kesimpulan artikel.

Contoh Artikel Sederhana

contoh-artikel

Anda kini sudah mempelajari ilmu dasar seputar penulisan artikel. Guna memperdalam pemahaman Anda, berikut ini kami sajikan contoh artikel sederhana seputar isu terkini, yakni pandemi virus covid-19 dimasyarakat. Contoh artikel berikut ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait tata cara menjaga kesehatan selama masa pandemi.

Menjaga Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Tahun 2020 menjadi masa penuh percobaan bagi banyak didunia akibat penyebaran virus covid-19. Virus yang satu ini dikenal menyerang sistem pernafasan manusia dan tergolong mematikan sekaligus berbahaya. Oleh sebab itu, WHO menyarankan kita untuk senantiasa menjaga diri dan kesehatan. Bagaimana caranya?

Mulailah menjaga kebersihan dari diri sendiri dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan hand-sanitizer, hindari menyentuh wajah dan melakukan social distancing. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan segera memeriksakan diri kedokter jika merasa sakit. Stay safe and healthy!

Demikianlah pembahasan kali ini seputar pembuatan artikel dari kami. Semoga bermanfaat membantu Anda dalam menulis artikel!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Baca juga

Pengertian Email, Cara Kerja, Jenis dan Fungsinya

0
pengertian email

Dahulu, mengirim pesan hanya bisa melalui surat yang menggunakan media kertas dan prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Namun, saat ini mengirim sebuah pesan tidak serumit zaman tersebut. Hal ini karena munculnya email seiring dengan kemajuan teknologi. Lalu, apakah Anda mengetahui apa pengertian email tersebut?

Email adalah sebuah surat elektronik yang berfungsi sebagai alat untuk mengirim pesan. Pesan ini dikirim melalui perantara teknologi komputer, laptop, dan smartphone yang terhubung dalam koneksi internet.

Kini, kehadiran email dapat membantu kita dalam urusan pengiriman sebuah pesan secara daring dengan cepat, efektif dan murah. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai email di bawah ini. Yuk simak informasinya!

Pengertian Email

email, pengertian email

Pengertian email adalah surat elektronik yang berfungsi sebagai alat untuk mengirim pesan melalui perantara teknologi komputer. Anda juga dapat mengirim data melalui email, entah itu berbentuk file teks, video, foto, ataupun audio.

Sesuai dengan pengertian email tersebut, email juga dapat digunakan untuk mengirim file atau data penting perusahaan dengan aman, cepat dan praktis. Ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan jasa manusia. Hal tersebut karena pengiriman dengan jasa manusia memiliki risiko yang lebih tinggi.

Metode ini tentu akan sedikit membingungkan bagi kalangan generasi tua. Ini karena pada zaman dulu, mengirim surat maupun data penting menggunakan tenaga kerja manusia. Contohnya seperti kantor pos dan lainnya.

Hal ini pastilah sangat runit apabila dilakukan seperti zaman tersebut. Saat ini, zaman sudah semakin ditekuk oleh teknologi dan hampir semuanya kini lebih efektif dan efisien. Semua itu terjadi berkat adanya pengaruh teknologi.

Pada zaman dulu, jika kita ingin menulis sebuah surat, tentunya kita harus memiliki amplop serta prangkonya. Selain itu, Anda juga harus mencari kotak pos ataupun kantor pos yang berada dekat dengan rumah Anda.

Ditambah dengan adanya banyak gangguan seperti alamat yang tidak ditemukan. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ada yang namanya GPS. Jadi, wajar saja jika kurir sering mengalami kesalahan dalam mencari alamat.

Beda cerita dengan zaman sekarang, kini jika Anda mengirim sebuah surat Anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk menyiapkan amplop, perangko, atau pergi ke kantor pos hanya sekedar untuk mengirim sebuah surat yang belum tentu surat tersebut bisa sampai kepada tujuan yang Anda inginkan.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kini mengirim surat, data-data penting sangatlah mudah dan cepat. Dengan bantuan dari email, hanya dengan hitungan detik saja surat atau file-file penting akan terkirim dengan aman.

Perbedaan Email dengan Metode Konvensional

Jika dibandingkan dengan metode konvensional, tentu email jauh lebih menguntungkan. Jika Anda mengirim surat dengan metode konvensional, tentu akan menguras banyak waktu akibat prosesnya yang rumit. Proses tersebut mulai dari mengantre di kantor pos, pengirimannya yang memakan waktu, serta memakan biaya meskipun tidak terlalu mahal.

Maka dari itu, penggunaan email saat ini semakin populer ketimbang harus menggunakan media konvensional. Banyak sekali perusahaan ataupun individu lebih memilih email sebagai wadah untuk pengiriman surat ataupun data yang cepat dan aman.

Kesimpulan dari pengertian email adalah metode pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perantara teknologi seperti komputer, laptop, smartphone yang terhubung dalam koneksi internet.

Cara Kerja Email

email, pengertian email

Setelah mengetahui pengertian email, kita sekarang beralih ke cara kerja email. Secara konsep, mengirim surat ataupun pesan melalui email sama saja dengan Anda mengirim surat secara konvensional.

Pertama, Anda harus melengkapi alamat email yang dituju. Selain itu, Anda harus menyiapkan perangkat untuk pengiriman seperti laptop ataupun smarthpone. Selain perangkat, Anda juga harus memiliki koneksi internet. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja dari email secara singkat.

  1. Yang harus Anda lakukan pertama kali untuk mengirim sebuah email adalah mengetik alamat email yang ingin Anda tuju. Contoh alamat email tujuan seperti, Subscribe34@gmail.com dan lainnya
  2. Setelah Anda mengetikan alamat email tujuan, klik alamat email tersebut dan sertakan isi pesan yang ingin Anda bagikan. Pesan tersebut dapat berupa surat, data-data penting, video, maupun audio.
  3. Lalu, setelah selesai mengisi alamat tujuan dan isi dari pesan yang ingin Anda bagikan tersebut, klik kirim pada halaman email Anda. Maka server akan mengirim pesan Anda tersebut ke server alamat email yang telah Anda tuju tersebut.
  4. Yang keempat, pihak penerima akan menerima notifikasi email baik itu dari laptop ataupun smarthpone yang digunakan. Kemudian, pihak penerima akan membuka pesan yang Anda kirimkan tersebut.
  5. Terakhir, setelah pihak penerima membuka pesan yang Anda kirimkan tersebut, barulah pihak penerima bisa melihat ataupun membaca isi dari pesan yang Anda kirimkan tersebut, baik itu berupa surat, data-data penting, video, maupun audio.

Jenis-Jenis Email

email, pengertian email

Pengertian email sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Selain itu, cara kerja email juga telah dijelaskan secara rinci. Nah, sekarang kita akan lanjut membahas tentang jenis-jenis email.

Mengirim pesan menggunakan email memang terlihat sangat praktis dan mudah, namun tahukah Anda bahwa email ini memiliki banyak jenis dan tergantung dari kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis email yang paling sering digunakan.

POP Mail

POP Mail atau singkatan dari Post Office Protocol merupakan jenis email yang hanya dapat dibuka serta dicari melalui Internet Service Provider yang Anda gunakan. Jenis ini adalah sebuah jenis layanan email yang banyak sekali digunakan oleh perusahaan untuk melakukan sebuah komunikasi secara internal.

Pesan internal ini biasanya ditujukan kepada masing-masing karyawan perusahaan tersebut. Kelebihan dari POP Mail ini adalah layanan email khusus ini dapat berbicara secara luring (luar jaringan) baik itu menggunakan media smarthpone ataupun komputer.

WEB Mail

Jenis email yang satu ini merupakan jenis email yang paling umum atau paling sering digunakan dan dilihat oleh masyarakat. Jenis email ini sama seperti layanan yang terdapat pada Google dan Yahoo. Namun, email ini hanya dapat diakses apabila Anda membuka halaman wesbite email tersebut.

Forward Email

Email jenis ini adalah sebuah layanan bagi mereka para pengguna email yang sering menggonta-ganti alamat email milik mereka. Dengan mendaftarkan diri pada layanan email yang satu ini, pengguna tetap akan mendapatkan notifikasi apabila mendapatkan sebuah pesan baru di alamat email mereka yang lama.

Layanan email ini bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai perantara antara alamat email lainnya. Dengan sifat perantaranya, jangka waktu untuk mengirimkan sebuah email melalui forward email ini biasanya memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan layanan email lainnya.

Fungsi Email

Fungsi email secara literal yaitu untuk mengirim dan menerima sebuah pesan. Dengan adanya fungsi attachement pada email, maka Anda dapat melampirkan berbagai macam jenis data, baik itu berupa file teks, foto, video, audio dan lain-lainnya. Berikut beberapa fungsi email yang umum.

Digunakan sebagai identitas diri secara personal

Maksud pengertian email digunakan sebagai identitas diri secara personal disini adalah, pada era digitalisasi seperti saat ini email dapat dikatakan sebagai wadah untuk memperlihatkan sekaligus mengkonfirmasi identitas diri seseorang.

Selain itu, layanan keuangan digital hingga aktivitas dalam smarthpone sering kali menggunakan sarana dari email untuk mengkonfirmasi identitas pengguna yang sudah terkonfirmasi dan terdaftar.

Sebagai alat pendaftaran media sosial

Kemajuan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter memang sangat pesat. Disini, email juga memiliki peran penting yaitu sebagai alat untuk mendaftarkan diri ke dalam media sosial tersebut.

Bukan hanya sosial media saja, game online pun kini perlu melakukan pendaftaran sebelum masuk dan dapat menggunakan email untuk mendaftar. Setelah Anda melakukan pendaftaran menggunakan email, biasanya akan ada notifikasi masuk ke dalam email Anda yang berisi bahwa email sudah terkonfirmasi kepemilikannya.

Digunakan sebagai media promosi

Para pebisnis online yang memiliki toko secara online, seperti shoppe, bukalapak, tokopedia dan lainnya biasanya melakukan promosi lewat email yang telah di daftarkan pengguna saat baru mengunduh toko online tersebut.

Mulai dari mengirim pesan lewat email mengenai diskon hari ini, hadiah yang di dapatkan, dan masih banyak lagi promosi-promosi lainnya yang dilakukan oleh toko online tersebut melalui email.

Biasanya, para pebisnis online tersebut akan mengumpulkan alamat-alamat email pengguna yang sudah terdaftar di toko mereka melalui layanan berlangganan yang bernama newsletter dalam halaman website-nya. Dengan menggunakan email jenis marketing ini, kegiatan sebuah promosi akan bekerja secara optimal.

Sekian informasi mengenai pengertian email, cara kerja email, jenis-jenis email dan fungsi email kali ini, semoga bermanfaat!

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

Personal Computer Adalah : Berikut Contoh Lengkapnya!

0
personal computer adalah

Dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di zaman sekarang ini, yang semuanya serba canggih, tentunya setiap orang memiliki berbagai macam gadget yang canggih, mulai dari laptop, ponsel, hingga personal computer.

Tetapi apakah Anda yakin sudah memahami masing-masing jenis gadget tersebut dengan baik? Jika belum, tentunya ini saatnya Anda memperluas pengetahuan Anda mengenai gadget-gadget canggih, khususnya personal computer atau komputer pribadi.

Personal computer atau komputer pribadi sendiri sudah menjadi kebutuhan orang banyak meskipun pada awalnya personal computer atau komputer pribadi hanyalah salah satu perkembangan teknologi yang pada awalnya disebut dengan mikrokomputer.

Kemudian mikrokomputer ini terus berkembang hingga saat ini, hingga akhirnya terdapat berbagai jenis komputer, seperti laptop, PC Tablet, notebook, hingga akhirnya personal computer itu sendiri.

Apabila Anda terbiasa menggunakan personal computer, maka alangkah baiknya jika kita memahami apa itu personal computer secara lebih mendalam. Dimulai dari pengertian personal computer, fungsi personal computer, kemudian dilanjutkan dengan spesifikasi personal computer. Setelah itu akan dilanjutkan dengan informasi mengenai contoh sekaligus harga personal computer.

Pengertian Personal Computer

personal-computer-adalah

Secara sederhana dalam Bahasa Inggris, personal computer adalah komputer pribadi. Atau jika ingin lebih diperluas lagi, personal computer adalah seperangkat komputer yang bersifat serba guna yang memiliki ukuran, kemampuan, sekaligus harga tersendiri yang hanya digunakan oleh individu atau seseorang saja.

Berkaitanya dengan fungsinya, personal computer adalah perangkat-perangkat yang berfungsi untuk mengolah data input sekaligus menghasilkan output berupa data atau informasi sesuai dengan perintah dari user atau pengguna. Di zaman sekarang ini, personal computer adalah hal yang umum yang dapat ditemukan dimana saja, harganya pun sudah cukup terjangkau di kalangan masyarakat, dan banyak sekali macamnya atau merk dari komputer tersebut.

Personal computer adalah perangkat komputer yang dimaksudkan untuk digunakan oleh pengguna akhir, bukan untuk para ahli atau teknisi. Personal computer digunakan oleh seseorang secara pribadi dalam waktu yang bebas. Berbeda sekali dengan komputer mini dan mainframe, pengerjaan, pengoperasian dan pembagian waktunya dikerjakan oleh banyak orang di saat yang sama.

Demikian informasi mengenai pengertian personal computer yang tentunya sangat menarik untuk disimak, sekaligus menambah wawasan Anda mengenai personal computer dimulai dari hal yang paling dasar. Selanjutnya akan dibahas fungsi dari personal computer.

Fungsi Personal Computer

Utamanya, fungsi personal computer adalah untuk mengolah data input sekaligus menghasilkan output berupa data atau informasi yang tentunya sesuai dengan keinginan user atau pengguna.

Dalam prosesnya, pengolahan data dimulai dari memasukkan data atau input, untuk menghasilkan atau mengeluarkan output berupa informasi. Proses pengolahan data ini memerlukan suatu perangkat yang merupakan kesatuan elemen atau komponen yang tidak terpisahkan. Sebagai contoh, hardware, software, dan yang terakhir yaitu brainware, yang sering disebut juga dengan perangkat manusia (pengguna atau user).

Adapun fungsi personal computer lainnya, dibedakan menjadi beberapa macam yaitu, data input, data processing, data output, data storage, dan yang terakhir yaitu data movement. Penjelasannya adalah sebagai berikut!

Data Input

Data atau informasi dalam personal computer adalah hal yang diterima oleh personal computer melalui suatu sumber. Data atau informasi tersebut diterima melalui aktivitas di beberapa perangkat sekaligus, seperti mouse, keyboard, bahkan komputer atau perangkat lainnya.

Data Processing

Salah satu fungsi utama dari personal computer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Pada umumnya, data yang diolah oleh personal computer adalah berupa teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Data Output

Fungsi personal computer yang lainnya adalah untuk menghasilkan output atau informasi setelah melalui tahap-tahap proses pengolahan data. Informasi yang dikeluarkan disajikan melalui monitor, alat printer, bahkan speaker.

Data Storage

Personal computer juga dapat dipergunakan sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga data atau informasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah sekaligus digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan dalam memori internal komputer maupun memori eksternal-nya.

Data Movement

Fungsi lainnya dari personal computer adalah untuk memindahkan data dari satu personal computer ke personal computer lainnya, atau bahkan beerbagai alat output lainnya.

Spesifikasi Personal Computer

personal-computer-adalah

Di zaman ini, terdapat berbagai macam gadget, seperti notebook, laptop, iPad, tetapi personal computer atau komputer desktop adalah hal yang masih dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Salah satu contoh fungsinya, yaitu masih dibutuhkan untuk pengolahan data di kantor-kantor. Oleh karena itu, dalam memilih spesifikasi personal computer untuk kantor tidak boleh sembarangan, dikarenakan komputer kantor juga memiliki spesifikasi khusus.


Spesifikasi yang dibutuhkan oleh personal computer khusus kantor atau bisnis, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  • Dalam hal processor, diharuskan memiliki control power consumption yang tentunya baik untuk penghematan listrik;
  • Dalam hal memori, tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk menjalankan aplikasi di bidang perkantoran;
  • Tidak perlu menambahkan kartu grafis tambahan;
  • Pilihlah motherboard dengan spesifikasi yang bagus, sehingga personal computer atau komputer desktop masih bisa di-upgrade sampai beberapa tahun ke depan tanpa harus mengganti motherboard;
  • Tidak perlu memilih harddisk yang kapasitasnya terlalu besar;
  • Tentukan apakah konektivitas jaringan dibutuhkan atau tidak.

Pada umumnya, terdapat dua jenis spesifikasi komputer kantor yang ideal untuk kebutuhan Anda, yaitu sebagai berikut.

Komputer Kantor Hemat

Personal computer yang satu ini adalah jenis personal computer yang memiliki harga ekonomis, sesuai dengan namanya. Artinya, komputer ini dapat menekan harga sehingga harga jualnya sesuai dengan budget konsumen. Meskipun begitu, spesifikasi kantor yang hemat ini tetap dapat digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi pekerjaan kantor yang bersifat dasar dengan cukup baik. Alias masalah harga sama sekali tidak berpengaruh pada kualitas kerjanya. Adapun spesifikasi kantor yang hemat adalah sebagai berikut.

  • Processor, yaitu, bisa dipergunakan untuk tipe Dual Core, Core 2 Duo, Quad Core Coleron;
  • Kebutuhan RAM, minimal 2 Gb;
  • Hardisk, minimal 320Gb;
  • Aksesoris, yaitu DVD RW atau speaker;
  • VGA, yaitu, On Board
  • Monitor, yaitu 16 inch
  • Kecocokan, yaitu untuk aktivitas kantor dengan penggunaan biasa, seperti di Microsoft Office atau Excel, browsing, accounting, kasir, tempat jasa pengetikan, hingga warnet untuk browsing, dan lain-lain, khusus aktivitas bukan editing. Menurut riwayat terakhir, harganya adalah 3,8 juta.

Komputer Kantor Handal

Personal computer yang satu ini mengusung konsep komputer dengan performa terbaik, dimana spesifikasi komputer ini tentunya lebih tinggi dibandingkan komputer pada umumnya. Adapun spesifikasi-nya adalah sebagai berikut.

  • Processor, yaitu, minimal Core i3, Core i5;
  • RAM, yaitu, minimal 2 Gb, direkomendasikan 4 Gb;
  • Harddisk, minimal, 500 Gb
  • Aksesoris, yaitu, DVD RW (Diwajibkan), dan Speaker
  • VGA, yaitu minimal 2 Gb;
  • Monitor, yaitu, minimal 16 inch
  • Kecocokan, yaitu kantor dengan aktivitas penggunaan office untuk hal-hal seperti, designer, jasa editing, software house, designer, warnet khusus game, dan juga kantor dengan penggunaan aplikasi, software berlebih, besar atau khusus. Menurut informasi terakhir, harga personal computer ini adalah lima jutaan untuk i3, dan tujuh jutaan untuk

Demikian informasi mengenai spesifikasi personal computer yang tentunya dapat menambah pengetahuan Anda mengenai spesifikasi komputer yang dibutuhkan oleh suatu kantor, atau bahkan Anda sendiri. Selanjutnya akan dibahas contoh personal computer, yaitu sebagai berikut.

Contoh Personal Computer

personal-computer-adalah

Contoh personal computer tentunya berbeda-beda antara masing-masing zaman, disebabkan oleh perkembangan personal computer itu sendiri. Sebagai contoh, personal computer pada tahun 1975 tentunya berbeda dengan personal computer pada tahun 1977, begitu juga pada tahun-tahun yang lain.

Yang jelas, seiring dengan berkembangnya zaman, harga komputer yang dulunya selangit, semakin berkurang. Bahkan, komputer yang dulunya berukuran besar, semakin berukuran kecil dan harganya dapat dijangkau oleh masyarakat umum.

Di zaman sekarang, komputer tidak hanya dimiliki oleh orang-orang kaya saja, tapi masyarakat umum juga dapat memilikinya. Adapun contoh personal computer pada masing-masing zaman adalah sebagai berikut:

Tahun 1975 (Komputer MITS Altair 8800)

Pada tahun 1975, komputer Altair 8800 adalah contoh personal computer di tahun ini. Komputer ini memiliki processor 2 MHz dengan Intel 8080, kapasitas memori 256 bytes, dan juga dapat ditambahkan hingga maksimum 64 kh. Untuk media, penyimpanan, komputer ini menawarkan 8” floppy disk atau biasa disebut kaset eksternal.

Personal computer ini tidak seperti personal computer yang ditemui saat ini, dimana personal computer sekarang berjalan di atas 5 GHz dan RAM minimum 1 Gb. Personal Computer di zaman ini juga tidak mempunya monitor, keyboard, mouse, sistem operasi, bahkan software aplikasi. Untuk mengoperasikannya pun, seseorang harus memahami bahasa mesin, yang bearti mengubah dudukan saklar menjadi benar dan melihat lamput LED yang terhubung sudah menyala.

Tahun 1977 (Komputer Apple II)

Terdapat Apple I yang diproduksi pada tahun 1976. Tetapi hanya berupa papan sirkuit, sama halnya dengan motherhood di masa ini. Pada tahun ini, Apple II sudah muncul bersama dengan keyboard, monitor, sekaligus media penyimpanan. Komputer ini juga memiliki sistem operasi sekaligus software aplikasi.

Pada awalnya, komputer ini menggunakan media penyimpanan kaset, tetapi pada tahun 1978, floppy disc yang bersifat eksternal dengan kapasitas 143 sudah tersedia. Kemudian, pada tahun 1979, dimunculkan lagi Apple II Plus sekaligus Apple Iiepada tahun 1983. Keduanya memiliki kemiripan dengan Apple II, yang disertai dengan beberapa tambahan sekaligus fitur baru.

Tahun 1981 (Komputer IBM PC)

Pada tahun 1981, tepatnya pada bulan Agustus, sebuah IBM PC yang asli dikeluarkan. PC ini hanya mempunyai memori sebesar 16 Kh, tidak mempunyai hard disk, dan menggunakan media penyimpan kaset sekaligus floppy.

Dikarenakan desainnya yang bersifat terbuka, PC jenis ini sangat mudah di-upgrade. Selain itu, mempunyai slot ekspansi yang terdapat pada papan sirkuit utamanya atau biasa disebut motherboard.

Tahun 1983 (Komputer Compaq PC)

PC jenis ini memiliki ukuran coper yang mempunyai monitor yang bersifat monokrom, dengan ukuran 9 inchi sekaligus memiliki floppy drive berukuran 320 Kb. Sama halnya dengan IBM PC di tahun 1981, Compaq menggunakan sistem operasi DOS.

Selain itu, PC ini juga mempunyai dua port sekaligus yang bersifat paralel dan satu port yang bersifat serial yang berfungsi koneksi ke perangkat eksternal. Dalam hal memori, PC ini mempunya 128 Kb yang dapat ditambahkan lagi hingga 640 Kb.

Tahun 1983 – 1989 (Komputer IBM PC)

Pada tahun ini, IBM mengeluarkan versi terbaru PC-nya. Yaitu, IBM PC XT yang sudah mempunyai hard disk dengan kapasitas mencapai 10 Mb, memori mencapai 128 Kb, dan floppy drive 360 Kb. Kemudian IBM membuat lebih banyak jenis peningkatan sekaligus mengeluarkan IBM PC AT 286 pada tahun 1984.

PC jenis ini menggunakan processor intel 6 MHz atau 80 286.. Peningkatan lainnya adalah hard disk dengan kapasitas lebih dari 20 MGb. Kemudian, seri PC ini diteruskan dengan AT 386 pada tahun 1986 dan AT 486 pada tahun 1989. Kedua  PC ini mempunya kelebihan dalam hal memori dan kecepatan processor.

Tahun 1985 (Komputer Commodore Amiga 1000)

Amiga 100 adalah jenis komputer multimedia yang bersifat canggih yang banyak diminati oleh animator sekaligus desainer grafis pada saat itu. PC ini memiliki monitor berwarna, mendukung suara dari streo  4-kanal, juga mempunya port untuk tempat joystick sekaligus video. Dan lagi, mendukung video mode sampai dengan 4.096 warna.

Tahun 1987 (Komputer IBM PS/2)

Rencana ambisius IBM selanjutnya adalah PS/2 (Personal System/2) dan dirilis pertama kali pada thaun 1987. PS/ 2 mempunyai jenis arsitektur baru. Sebagai contoh, proprietary, yaitu seperti konektor baru (socket) untuk keyboard atau mouse.

Terdapat slot ekspansi yang didesain ulang sekaligus bus, yaitu, jalur elektronik yang menghubungkan slot ini dengan sebuah sistem yang dinamakan Micro Channel Architectur. Arsitektur dari personal computer yang bersifat baru ini, membuat IBM PS/2 sulit sekali untuk diduplikat.

Tahun 1992 (Laptop)

Sebelumnya, sudah muncul berbagai merk personal computer, mulai dari Compaq dan IBM Portable, IBM Convertible, Machintos Portable, Osborn 1, sekaligus Radioshack TRS-80 , pada tahun 1982 mulai muncul Laptop TRS-80 . Contoh terakhir adalah IBM tipe Thinkpad 700 dan Apple Powerbook 100.

Ada banyak sekali jenis laptop di zaman sekarang ini, tepatnya pada tahun 2020, dan tentunya memiliki berbagai macam jenis merk yang berbeda, mulai dari merk ASUS, ACER, APPLE dan berbagai macam merk lainnya.

Harga Personal Computer

Harga personal computer tentunya berbeda antara merk yang satu dengan merk yang lain, disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti jenis merk, spesifikasi komputer, dan berbagai macam faktor lainnya, seperti wilayah yang berbeda.

Tentunya mengenai hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda atau penyesuaian-penyesuaian lainnya. Sebagai contoh, laptop dengan merk ASUS atau ACER dengan tipe processor Core I3, bisa Anda dapatkan dengan harga empat atau lima jutaan, menurut informasi terakhir.

Demikian informasi mengenai personal computer yang dimulai dari pengertian personal computer, fungsi personal computer, dan yang terakhir adalah spesifikasi personal computer yang tentunya dapat Anda pahami. Adapun contoh personal computer bahkan harganya adalah informasi yang bersifat pelengkap yang berguna untuk semakin memperdalam pengetahuan Anda mengenai personal computer. Semoga informasi dari Markey ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Pengertian Implementasi Sistem dan Contohnya (Lengkap)

0
implementasi adalah

Setiap hari, kita bisa kedatangan ide brilian untuk diwujudkan. Ide memajukan bisnis, terobosan guna memenuhi kebutuhan masyarakat, atau inovasi untuk memperbaiki masalah yang dihadapi perusahaan. Ide dan rencana yang baik datang menghampiri kapanpun dan dimanapun, tidak peduli bagaimana cara Anda mendapatkan ide, yang penting adalah mengimplementasikan gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Bayangkan bagaimana rasanya jika ide baik Anda gagal untuk diwujudkan, tentunya menyakitkan melihat gagasan bagus terbuang percuma begitu saja, bukan? Guna mencegah hal tersebut, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba mengimplementasikan gagasan dan rencana menjadi kenyataan.

Kata implementasi memang sudah familiar dimasyarakat. Kata ini identik dengan menjadikan gagasan atau rencana menjadi kenyataan. Namun jika didalami lebih jauh, terdapat sejumlah “pakem” yang harus Anda ketahui untuk bisa mewujudkan proses implementasi dengan hasil maksimal. Apa sajakah?

Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya! Semua sudah terangkum lengkap mulai dari definisi, tujuan, langkah-langkah hingga contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Let’s check this out!

Apa Itu Implementasi? Pengertian Implementasi

arti-implementasi

Implementasi adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun sudahkah Anda mengetahui apa itu implementasi?

Pengertian implementasi adalah penerapan dari ide atau rencana yang dibuat dengan baik sebelumnya. Masyarakat menganggap pengertian implementasi berkaitan dengan aktivitas atau tindakan. Namun implementasi tidak hanya sebatas tindakan penerapan saja.

Implementasi juga merupakan aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya dengan baik guna mencapai tujuan kerja. Pembuatan implementasi juga biasanya mengacu pada aturan tertentu yang mendukung proses kerja. Proses implementasi baru dapat dilaksanakan apabila rencana yang hendak diterapkan sudah dibuat, diteliti, atau dirancang dengan matang. Hal ini penting agar proses implementasi dapat berjalan dengan lancar serta memberikan hasil yang optimal. Kemudian, proses implementasi baru dianggap berakhir atau tuntas saat sistem yang diterapkan sudah dinilai “pas” dan sudah diterapkan secara permanen dalam pekerjaan.

Untuk lebih memahami arti kata implementasi, terdapat pula pengertian implementasi menurut para ahli. Beberapa definisi implementasi adalah sebagai berikut:

Pressman dan Wildavsky (1973)

Arti implementasi menurut Pressman dan Wildavsky adalah sebuah aktivitas  atau kegiatan untuk merealisasikan, mewujudkan, hingga menyelesaikan suatu rencana, kebijakan, dan aturan kerja.

Prof. Tachjan (2006)

Menurut Prof. Tachjan, implementasi adalah suatu kegiatan administratif yang muncul dan dilaksanakan pasca hadirnya suatu kebijakan umum. Biasanya manusia akan menyusun dan menetapkan suatu kebijakan, rencana kerja, atau ide inovatif terlebih dahulu untuk nantinya diaplikasikan secara nyata.

Van Horn dan Van Meter

Selanjutnya, menurut Van Horn dan Van Meter, implementasi merupakan upaya mencapai target spesifik yang telah ditetapkan oleh pihak tertentu sebelumnya, baik itu pemerintah, individu, ataupun pihak swasta.

Hanifah Harsono (2002)

Harsono merumuskan definisi implementasi adalah proses eksekusi dari suatu kebijakan guna menyempurnakan suatu program. Sebagai contoh dikehidupan pemerintahan, sistem implementasi mengubah suatu kebijakan politik menjadi tindakan administratif.

Solichin Abdul Wahab (1997)

Yang terakhir, Solichin Abdul Wahab mendefinisikan implementasi  sebagai sejumlah aksi nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu kebijakan. Implementasi bisa dilakukan oleh pihak manapun, baik kelompok, golongan, ataupun perorangan.

Tujuan Implementasi

tujuan-implementasi

Melakukan implementasi terhadap suatu sistem tidak akan dilakukan tanpa alasan yang jelas. Berikut ini  tujuan dari implementasi yang harus Anda pahami sebelum menerapkan sendiri proses tersebut diperusahaan:

Menguji Rencana yang Telah Dibuat

Tujuan utama dari implementasi adalah untuk menguji kembali rencana kerja serta ide terobosan baru yang telah Anda buat dengan tim. Melalui proses implementasi ini, Anda bisa melihat seberapa efektif rencana ataupun inovasi yang akan digagas. Selain itu, Anda juga bisa melihat kendala yang akan muncul saat sistem yang baru bekerja dan cara memperbaikinya.

Meninjau Sistem dengan Kebutuhan Konsumen

Tujuan selanjutnya dari implementasi adalah meninjau sejauh mana rencana dan inovasi baru yang diterapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mendapatkan feedback dari konsumen terkait implementasi sistem yang baru, Anda dapat menilai apakah inovasi yang baru sudah mampu meningkatkan kualitas pelayanan konsumen atau belum. Jika belum, Anda dapat melakukan perubahan kembali.

Mendokumentasikan Sistem

Disamping menguji kajian atau rencana kerja, proses implementasi juga bertujuan untuk mendokumentasikan pelaksanaan implementasi. Melalui aksi penerapan nyata dari suatu rencana atau kajian, Anda dapat sekaligus melakukan dokumentasi semua tata cara dan langkah yang dibutuhkan.

Membuat dan Merampungkan Desain Sistem

Tujuan terakhir dari pelaksanaan implementasi yaitu untuk membuat serta merampungkan desain yang dibutuhkan oleh sistem. Saat membuat rencana atau kajian, bisa jadi Anda belum memiliki desain gambaran yang utuh dan sesuai dengan kenyataan dilapangan. Alhasil, melalui penerapan dan uji coba sistem, Anda bisa membuat sekaligus melengkapi detailnya guna menghasilkan suatu rangkaian gambaran kerja yang utuh.

Mengenal Implementasi Sistem

Salah satu jenis implementasi adalah implementasi sistem. Implementasi sistem merupakan suatu aktivitas atau kegiatan pasca pembuatan dan penetapan suatu kebijakan. Dalam proses implementasi ini, terdapat serangkaian kegiatan seperti memimpin pekerjaan, mengorganisir, dan mengontrol proses kerja yang tengah berlangsung.

Suatu proses implementasi umumnya tak berdiri sendiri. Ada beberapa aktivitas yang saling berkaitan didalamnya aktivitas inilah yang membangun rangkaian proses implementasi rencana kerja tersebut. Beberapa aktivitas yang biasa hadir dan membangun sistem implementasi kerja adalah:

  • Kepemimpinan kerja.
  • Organisir kegiatan.
  • Penerapan strategi.
  • Pengasawan, kendali dan kontrol kerja.

Setiap aspek yang disebutkan diatas saling berkaitan satu sama lain. Sistem organisir kerja tidak akan mampu berjalan dengan baik tanpa adanya pengawasan kerja, penerapan strategi, dan kepemimpinan tim yang baik. Peranan setiap elemen akan saling melengkapi sehingga menghasilkan suatu sistem implementasi rencana yang lengkap, utuh, dan berjalan dengan baik.

Tahapan – Tahapan Implementasi

tahapan-implementasi

Menjalankan suatu implementasi tak bisa dilakukan begitu saja. Untuk Anda yang belum pernah mengimplementasi suatu rencana atau kajian, proses ini bisa jadi sangat membingungkan untuk pertama kali. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengimplementasikan suatu rencana atau ide baru?

Sebelum bisa terjun praktek, Anda perlu mengetahui sejumlah tahapan yang ada dalam proses implementasi itu sendiri. Apa sajakah tahapan tersebut? Berikut jawabannya.

Tahap Pertama: Pengorganisasian

Tahap pertama dari proses implementasi adalah pengorganisasian. Sebelum bergerak lebih jauh, Anda harus mengorganisir terlebih dahulu sejumlah hal yang nantinya perlu untuk dilakukan. Proses orgnisasi ini berfokus pada menata hal dasar seperti:

  • Mengorganisir kewajiban, hak, wewenang semua pihak yang terlibat.
  • Susunan dan desain organisasi.
  • Pembagian pekerjaan atau
  • Sistem pendelegasian organisasi.
  • Budaya diorganisasi.
  • Sistem rektrut, peletakan, dan pengembangan sumber tenaga kerja.
  • Sistem koordinasi dan integrasi antar anggota, dan masih banyak lainnya.

Tahap Kedua: Kepemimpinan dan Menggerakkan Sistem

Tahap berikutnya adalah menggerakkan sistem sekaligus menjalankan kepemimpinan dalam sistem. Tahap ini, Anda melakukan proses alokasi sumber daya. Termasuk pula didalamnya proses penyesuaian antara sumber daya yang dimiliki dengan proses implementasi. Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan tahapan ini adalah kerja sama, motivasi, negosiasi, norma dan aturan kerja, efektivitas kepemimpinan, komunikasi dan mutu kerja tim itu sendiri.

Proses ini bisa diketuai oleh seseorang yang mengemban tugas selaku pemimpin kerja. Sang pemimpin kerja memiliki kapasitas untuk memilih cara kerja, ruang gerak, dan kuasa untuk membuat keputusan guna mengatasi permasalahan yang menghampiri saat proses kerja berlangsung. Tujuannya agar proses implementasi dapat berjalan lancar.

Tahap Ketiga: Pengendalian

Tahap terakhir dalam sistem implementasi adalah pengendalian (controlling). Dalam tahap ini, Anda melakukan proses pengaturan dan pengawasan (monitoring) berkala.

Beberapa hal yang dapat diawasi dalam pelaksanaan tahap monitoring antara lain:

  • Biaya / keuangan.
  • Desain pengendalian.
  • Sistem informasi manajemen.
  • Kebijakan dan aturan yang menjadi acuan penerapan sistem.

Contoh-Contoh Implementasi

Ada banyak contoh implementasi yang dapat Anda perhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kebijakan sederhana yang implementasinya cukup melibatkan satu implementator (pihak yang mengimplementasi), hingga kebijakan yang lebih kompleks memerlukan keterlibatan lebih banyak pihak.

Contoh dari implementasi kebijakan dikehidupan nyata antara lain program pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur publik untuk masyarakat, dan implementasi kurikulum pendidikan berbasis daring ditengah masa pandemi virus.

Demikianlah pembahasan terkait proses implementasi. Perlu diingat kembali, tingkat keberhasilan  implementasi kebijakan bergantung pada jumlah elemen yang terlibat serta keterkaitannya satu sama lain. Semakin baik kesinergian yang dimiliki sistem, maka proses implementasi rencana Anda akan berjalan dengan semakin baik. Semoga artikel ini membantu menambah pengetahuan Anda!
[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Apa itu Multimedia? Sejarah, Manfaat dan Contohnya

0
multimedia adalah

Dalam kehidupan manusia, komunikasi adalah yang sangat penting untuk bisa saling memahami satu sama lain. Dahulu manusia hanya dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan komunikasi lisan. Dewasa ini, dengan teknologi yang telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan perkembangan yang sangat pesan, komunikasi dilakukan dengan cara baru, menggunakan teknologi multimedia.

Multimedia adalah sarana yang cocok untuk berkomunikasi dan memberikan informasi secara masal yang membuthkan perangkat khusus agar informasi dapat sampai kepada penerima. Apa sih sebenernya pengertian multimedia? Bagaimana kemudian multimedia dapat hadir ditengah-tengah kehidupan manusia?

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan juga memberikan informasi lain terkait multimedia khusus untuk Anda. Oleh karena itu ikuti artikel ini hingga akhir dan temukan jawabannya. Yuk simak pembahasannya!

Pengertian Multimedia

multimedia-adalah

Secara bahasa, multimedia tersusun dari dua kata yaitu “multi” dan “media”. Multi memiliki arti banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan (perantara). Jadi secara bahasa multimedia adalah perantara pesan yang terdiri atas lebih dari satu elemen.

Dalam definisi lain, multimedia adalah salah satu sarana media komunikasi dan informasi pada komputer yang mengkombinasikan antara grafik, teks, animasi, audio, dan video. Kombinasi dari berbagai elemen ini dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, maupun diproses dengan perangkat tertentu. Berikut beberapa pengertian multimedia menurut para ahli:

Mc.Comick, 1996

Menurut Mc. Comick, Multimedia gabungan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yang meliputi suara, tulisan, dan gambar.

Robin dan Linda, 2001

Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang bisa digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis di mana dalam media ini penggunanya dapat mengintergrasikan berbagai macam data mulai dari teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.

Hofstekter, 2001

Menurut Hofsteker, multimedia dalam komputer adalah pemanfaatan teknologi komputer sebagai media dalam pembuatan serta penyatuan data berupa gambar, teks, grafik, serta audio dengan memanfaatkan perangkat lunak sehingga penggunanya mampu berkreasi, berinteraksi, serta komunikasi.

Turban, dkk, 2002

Menurut Turban dkk, multimedia adalah kombinasi dari dua media yaitu input dan output. Media yang dikombinasikan berupa teks, audio, video, gambar, grafis, dan juga animasi.

Sejarah Multimedia

Sesungguhnya istilah multimedia adalah istilah yang berasal dari dunia teater. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media umumnya disebut pertunjukan multimedia. Di mana pertunjukan multimedia mencakup beberapa hal seperti  monitor video, synthesized band, sera karya manusia sebagai sebuah pertunjukan.

Multimedia tidak lepas dari berbagai penemuan berbagai perangkat komunikasi. Gutenberg and Caxton yang pertama kali memperkenalkan media cetak pada abad ke-15. Kemudian dilanjutkan pada abad ke-19, yaitu masa terpenting bagi perkembangan dunia komunikasi. Mattew Brady kemudian mengejutkan publik pada 1862 dengan melakukan pemeran fotografinya.

Selanjutnya ditandai dengan penemuan telegraf oleh Samuel Morse, Alexander Graham Bell yang menemukan telepon, radioa yang ditemukan Gugliemo Marconi. Selanjutnya ialah ide awal penemuan televisi yang digagas John Logie Baird dan Lumiere bersaudara. Revolusi televisi pada akhir tahun 1940-an membawa multimedia kea rah perkembangan yang lebih serius. Ditambah dengan Ketika era komputer dan internet mulai berlangsung sejak tahun 1960-an.

Multimedia kemudian mulai dikenal pada akhir tahun 1980-an yang ditandai dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, juga ditandai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh IBM pada tahun 1989 terkait perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card untuk PS/2. Sejak itu, hampir semua pemasok perangkat keras dan lunak beralih ke multimedia. Hingga pada tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan system multimedia ada di pasaran untuk diperjualbelikan.

Sebuah citra visual dapat dimasukkan ke dalam sistem melalui pekaet perangkat lunak yang menyatukan citra digital, juga dari kamera video, pita dan piringan video, seta scanner optic. Input berupa audio dimasukkan melalaui media microfon, compact disk, dan pita kaset. Setelah tahun 70-an pengguna micro komputer telah bisa membantu menjelaskan berbagai masalah serta mempercepat penyelesaian pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini penggunaan komputer juga menyedia media yang menyebarkan informasi serta menyajikan hiburan untuk pengguna. Saat ini komputer tidak lagi menjadi barang mewah, melainkan suatu kebutuhan bagi setiap orang. Hal ini menunjukkan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi sebuah komputer multimedia.

Dengan munculnya berbagai jenis teknologi ini akhirnya memungkinkan manusia untuk mengkombinasikan berbagai macam media dengan sebuah perangkat. Saat ini internet telah menjadi raksasa media komunikasi pada saat ini. Multimedia memperoleh cakupan wilayah penggunaan yang tak terbatas, apalagi hingga saat ini masih belum ada tanda kemunculan teknologi pengganti yang lebih mutakhir.

Jenis-jenis Multimedia

jenis-multimedia

Didasarkan pada sifat penggunannya, multimedia dikelompokkan dalam beberapa tipe, yaitu:

Multimedia Interaktif

Jenis pertama multimedia adalah multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol berbagai komponen di dalamnya. Tipe yang pertama ini mengutamakan personalisasi pemakaian multimedia yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Multimedia Hiperaktif

Tipe kedua multimedia ini merupakan jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar setiap komponen dalam multimedia. Multimedia hiperaktif ini juga bersifat interaktif sehingga pengguna dapat memilih berbagai asupan informasi sesuai dengan selera mereka melalui berbagai tautan yang tersedia.

Multimedia Linier

Multimedia linier adalah jenis multimedia yang memiliki sifat tidak interaktif. Ini berarti penggunanya hanya dapat menikmati berbagai sajian informasi dengan cara linier. Ini dilakukan tanpa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya secara mandiri.

Multimedia Kits

Tipe selanjutnya dalam multimedia adalah multimedia kits yang digunakan sebagai pembelajaran, di mana melibatkan lebih dari satu jenis media serta diorganisir oleh sebuah topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits ialah CD-ROM, kaset audio, transparansi overhead, gambar statis, dan lain sebagainya. Multimedia yang satu ini banyak dimanfaatkan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam berbagai proyek kecil, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Fungsi Multimedia

Sebuah riset yang dilakukan oleh Computer Technology Research (CTR), memberikan gambaran baru terkait ingatan manusia yang memiliki hubungan dengan komunikasi. Hasil riset ini menyatakan bahwa seseorang akan lebih mudah untuk mengingat informasi berupa audio yang mereka dengarkan, dibandingkan citra visual yang mereka lihat. Seseorang hanya akan mengingat sekitar 20% informasi yang mereka lihat. Sedangkan informasi yang mereka dengarkan akan diingat oleh memori manusia sekitar 30%.

Ini memiliki arti bahwa manusia akan lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan dalam bentuk kombinasi atau penggabugan antara media audio dan visual. Dengan menggabungkan keduanya, maka orang akan mengingat sebesar 50% informasi yang diterimanya dengan cara mendegar dan melihat secara sekaligus.

Hasil riset yang dilakukan CTR ini mengungkapkan bahwa multimedia memiliki fungsi utama sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Multimedia menjadikan komunikasi menjadi lebih efektif dibandingkan dengan metode klasik yang selama ini digunakan, terutama pada saat melakukan komunikasi massal.

Manfaat Multimedia

Saat ini multimedia telah merambah dalam segala aspek kehidupan, apalagi didukung perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Kemajuan teknologi ini membawa manfaat yang sangat luar bisa. Multimedia adalah hal yang sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, berikut ulasannya.

Sarana Informasi Umum

Saat ini, berbagai instansi pelayanan publik lebih mudah dalam menyebarkan informasi dengan memanfaatkan multimedia. Mereka hanya perlu menyediakan infrastruktur perangkat yang memadai untuk kemudian di pasang di berbagai lokasi maupun media strategis.

Dengan begitu, di mana public dapat mengakses dan memperoleh informasi secara langsung dengan mudah. Multimedia dapat ditemukan diberbagai tempat, mulai dari stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, objek wisata, hingga instansi pendidikan. Saat ini juga terdapat berbagai perangkat seperti komputer, laptop, maupun gadget untuk menyebarkan informasi, sehingga tidak perlu mengunjungi suatu temapt khusus untuk memperoleh informasi.

Media Pembelajaran

Manfaat selanjutnya dengan adanya multimedia adalah dapat menjadi sarana atau media pembelajaran. Di berbagai instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi menjadikan multimedia sebagai media pembelajaran.

Pemanfaatan multimedia ini memberikan dampak yang baik karena memang sangat efektif. Metode pengajaran yang dirasa monoton dan membosankan, menjadikan multimedia sebagai inovasi yang sangat menarik sehingga peserta didik lebih memahami dan menyukai metode pengajaran yang memanfaatkan multimedia ini.

Salah satu contoh penerapan pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran adalah pada saat membuat presentasi. Di mana peserta didik juga menggunakan media interaktif untuk melakukan presentasi hasil belajar dengan memanfaatkan perangkat laptop dan proyektor.

Multimedia juga menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui apa saja minat dari setiap peserta didik, mereka mempunyai kebebasan memilih bidang kegemaran masing-masing, belajar sesuai keinginannya, sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Membantu Memajuka Ilmu Kesehatan

Dulu, seorang ibu baru mengetahui jenis kelamin anaknya baru setelah melahirkan. Namun dengan berkembangnya teknologi, terutama multimedia kini seorang ibu bisa mengetahui jenis kelamin anaknya bahkan beberapa bulan sebelum hari kelahiran.

Penemuan piranti pemindai yaitu USG, menjadikan dokter dapat mengetahui kondisi janin dalam kandungan, salah satunya melihat jenis kelamin janin. Ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan multimedia dalam bidang Kesehatan yang sangat membantu manusia.

Piranti USG bukanlah satu-satunya perangkat multimedia yang ditemukan dalam dunia Kesehatan. Ada juga yang disebut dengan Pemindai X-ray, yang menjadi sarana penting bagi dokter untuk melakukan diagnose gangguan kesehatan pada pasiennya. Berbagai penemuan medis ini sangat membantu para tenaga media dalam upaya menyembuhkan dan menyelamatkan pasien mereka.

Contoh Kategori Multimedia

contoh-multimedia

Multimedia Komunikasi

Multimedia komunikasi adalah penggunaan media yang mempunyai fungsi untuk mempublikasikan informasi. Media yang digunakan dalam kategori satu ini ialah TV, radio, game, film, music, entertainment, internet, media cetak, dan tutorial.

Multimedia Content Production

Multimedia content production adalah pemanfaatan multimedia dalam beberapa media yang berbeda. Contohnya ialah teks, audio, animasi, gambar dan grafik, juga video yang telah dipadukan sehingga menghasilkan produk multimedia beruapa game, music, film, dan lain sebagaina, media dalam multimedia satu ini adalah berupa teks, video, audio, animasi, special efek, interactivity, dan garfik.

Nah, itulah berbagai ulasan terkait informasi mengenai multimedia. Multimedia adalah media komunikasi yang sangat membantu dalam upaya penyebaran dan penyampaian informasi. Informasi yang disebarkan ini akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, maupun kehidupan sosial masyarakat.

Apalagi dengan kenyataan bahwa manusia lebih mudah menyerap dan memahami informasi yang disampaikan dengan memanfaatkan berbagai media dalam multimedia seperti video. Setelah mengetahui berbagai hal terkait multimedia, semoga Anda dapat lebih bijak dalam memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Semoga membantu!
[online-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan

0
iklan adalah

Advertensi selalu ada, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya. Iklan adalah berita atau pesan pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual yang dijual oleh suatu perusahaan.

Publisitas biasanya dipasang di dalam media massa seperti di media social, majalah, dan surat kabar. Iklan adalah sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Ini biasanya merupakan pesan yang dibayar oleh orang-orang yang mengirimnya dan dimaksudkan untuk memberi tahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerimanya.

Perusahaan yang perlu mengiklankan diri atau produknya menyewa agen periklanan. Perusahaan memberi pengarahan kepada agensi mengenai merek, citra, cita-cita dan nilai-nilai di baliknya, segmen target, dan sebagainya.

Tugas Agensi iklan adalah mengubah ide dan konsep untuk membuat visual, teks, tata letak dan tema untuk berkomunikasi dengan pengguna. Setelah persetujuan dari klien, iklan ditayangkan, sesuai pemesanan yang dilakukan oleh unit pembelian media agensi. Berikut ini kami akan membahas tentang jenis-jenis iklan, ayo simak!

Baca juga : Content Placement SEO Murah Terlengkap (100% Bergaransi!)

Iklan Adalah | Tujuan Iklan

iklan adalah

Ajakan

Persepsi umum tentang iklan adalah terkait dengan ajakan, mendorong konsumen untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan atau organisasi. Iklan seperti ini dapat ditemukan dalam bentuk iklan produk. Jenis iklan ini biasanya mempromosikan produk atau layanan tertentu, memperkenalkan penawaran baru, atau mempromosikan penjualan atau acara mendatang.

Pemasaran dan Promosi

Upaya pemasaran dan promosi menggunakan iklan sebagai sarana untuk memajukan agenda atau citra. Promosi dalam hal ini adalah contoh iklan yang tidak selalu mendesak konsumen untuk melakukan pembelian segera. Tetapi, iklan produk ini memaksa mereka untuk menjadi lebih tertarik dan berinvestasi dalam subjek iklan.

Meningkatkan Kesadaran

Kampanye iklan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran menggunakan banyak prinsip yang sama dari iklan ajakan. Pesan-pesan dalam iklan ini tidak mencoba untuk menjual sesuatu kepada konsumen, tetapi bekerja untuk membuat mereka mengetahui masalah.

Pendidikan dan Informasi

Iklan sering digunakan sebagai sarana untuk mendidik dan memberi informasi kepada publik tentang berbagai masalah. Misalnya, kampanye iklan keselamatan jalan maupun kampanye politik.

Sebagai Kritik

Iklan dapat digunakan untuk mengkritik atau mengesampingkan kompetisi. Dalam hal ini, individu atau organisasi yang membeli iklan tidak mencoba untuk menjual produk atau meningkatkan kesadaran akan suatu masalah, tetapi mencari cara yang efektif untuk membuat publisitas negatif untuk entitas lain untuk mendapatkan keuntungan.

Unsur Iklan

iklan adalah

Pada dasarnya, iklan bertujuan untuk membujuk atau menarik perhatian agar membeli produk yang ditawarkan dan menguntungkan untuk si pembuat iklan. Iklan terdiri dari beberapa unsur, yaitu sebagai berikut:

  • Ketertarikan: Membuat para calon pembeli merasa tertarik dan memiliki keingintahuan yang tinggi tentang iklan produk yang dipasang.
  • Menarik Perhatian: Ide iklan yang dipromosikan harus menarik dan bisa terus diingat hingga kapan saja.
  • Kepercayaan: Image produk harus terlihat baik di mata customer. Terutama untuk produk baru.
  • Keinginan: Iklan produk yang dipasarkan setidaknya bisa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
  • Tindakan: Iklan produk yang ditawarkan bisa membuat masyarakat tertarik dan membeli. Atau mungkin sekadar menanyakan tentang produk.
  • Nama produk: Ini sebagai identitas produk yang ditawarkan. Tentu saja, setiap iklan proudk pasti akan mencantumkan nama produk.
  • Gambar produk: Selain nama, gambar produk juga penting. Untuk mengetahui produk yang ditawarkan seperti apa.
  • Kalimat iklan: Berisi tulisan yang bisa membujuk para calon pelanggan. Lebih baik jika terlihat simpel, singkat dan mudah terlihat.
  • Keunggulan produk: Untuk lebih menarik perhatian, kelebihan dan keunggulan produk juga bisa dijelaskan.
  • Harga produk: Agar pembeli bisa memperkirakan nilai produk yang diiklankan.

Jenis Iklan

pemasangan iklan, iklan adalah

Iklan Bergambar

Ini termasuk iklan digital dan surat kabar. Iklan digital adalah versi terbaru dari iklan surat kabar. Ini berarti membeli ruang iklan di situs yang menarik untuk target Anda. Anda dapat membuat iklan teks, yang pada dasarnya terlihat seperti iklan media cetak tradisional, spanduk mengambang di atas kontak situs dan bahkan wallpaper dengan produk atau layanan Anda di latar belakang situs.

Iklan Media Sosial

Instagram, Facebook dan hampir semua situs media sosial menawarkan iklan yang relatif murah. Iklan media sosial berbayar adalah jenis iklan yang berfokus pada menjangkau audiens target Anda dengan berapa banyak Anda membayar disesuaikan dengan berapa banyak yang melihatnya dan terlibat dengannya

Surat Kabar dan Majalah

Jenis iklan ini bersifat tradisional, namun tidak kalah efektif. Banyak orang masih meraih koran pagi atau majalah mereka. Selain itu, sebagian besar media cetak sekarang memiliki versi digital dan dapat menggabungkan jenis iklan ini dengan versi virtualnya.

Iklan Luar Ruang

Ini adalah jenis iklan lain yang berada di luar ruangan. Fitur produk atau layanan Anda di bus, taksi hingga becak. Mempromosikan dengan cara ini memberi Anda pengakuan merek yang sangat baik karena jenis iklan ini terlihat di mana-mana setiap hari dan membuat penawaran Anda sulit untuk dilupakan.

Radio dan Podcast

Promosi verbal adalah jenis iklan yang sering dapat diulang sebagai bagian dari acara radio atau podcast. Anda dapat membuat jenis iklan tradisional direkam untuk diputar atau ada juga peluang untuk mensponsori.

Brosur atau Surat

Mengirim surat yang meyakinkan kepada audiens target Anda, dapat menawarkan pengembalian investasi yang sehat untuk usaha kecil. Atau dengan menggunakan brosur yang dibagi-bagikan.

Iklan Video

Buat video pendek dan upload di media sosial Anda atau bayar seorang konten kreator untuk menampilkannya di situs-situs seperti YouTube.

Penempatan Produk

Jenis iklan ini lebih terlihat oleh masyarakat luas. Mudahnya, merek Anda ditampilkan saat acara talkshow di televisi.

Sponsor Acara

Menjadi sponsir dalam sebuah acara akan membuat sebagian besar orang mendengar merek Anda dan mengaitkannya dengan acara itu. Banyak perusahaan juga mencari konvensi untuk iklan niche dengan cara semacam ini.

Email

Semacam iklan yang berfokus pada pelanggan Anda yang sudah ada, pemasaran email melibatkan mereka untuk mendaftar pada penjualan promosi atau buletin yang berfokus pada merek Anda.

Contoh Iklan Produk Atau Iklan Niaga

Iklan produk adalah metode komunikasi yang berfokus tentang promosi suatu produk dalam upaya membujuk calon pelanggan untuk membeli produk. Iklan biasanya memerlukan pembayaran ke saluran komunikasi.

Tujuan umum iklan adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan menunjukkan perbedaan antara produk dengan produk pesaing untuk menjualnya. Berikut beberapa dari contoh iklan produk yang ada.

  • Makanan
  • Makanan ringan
  • Minuman
  • Minuman kesehatan
  • Sabun
  • Pencuci lantai
  • Kecantikan
  • Handphone
  • Shampo
  • Kopi
  • Mie instan
  • Produk obat

Mengapa Iklan Penting?

Iklan adalah metode yang terjamin untuk menjangkau audiens. Dengan membuat iklan yang menarik dan pengeluaran yang cukup untuk menjangkau banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung pada bisnis. Efek ini dapat dilihat dalam peningkatan perdagangan atau peningkatan pengakuan merek di antara banyak metrik yang berbeda.

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Baca juga

Coreldraw adalah? | Definisi, Fungsi, Manfaat dan Versi Corel Draw

0
corel draw

Saat ini, kebutuhan desain visual semakin meningkat di masyarakat, baik untuk mempromosikan usaha atau kebutuhan pribadi seperti mendesain undangan pernikahan. Oleh sebab itu, tak heran jika saat ini ada beragam software yang dapat digunakan untuk membuat beragam produk desain, seperti Adobe Illustrator, Photoshop, PicsArt, dan Corel Draw. Di artikel kali ini, kita akan berkenalan dengan Corel Draw, aplikasi editing foto yang terkenal karena kualitasnya yang bagus.

Mengenal Corel Draw, Aplikasi Editing Serbaguna

corel-draw-1

Corel Draw adalah software editing vektor dan grafis. Kegunaannya sudah mencakup cukup banyak hal seperi membuat desain, layout website, hingga tipografi. Corel dapat digunakan untuk mengedit gambar, animasi, dan vektor guna menghasilkan berbagai jenis produk visual. Anda bisa membeli Corel Draw secara resmi dan versi full-pack di situs resminya: coreldraw.com.

Sekilas sejarah soal Corel, aplikasi ini diciptakan oleh Michael Cowpland dibantu programmer bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne. Pengerjaan software Corel Draw ini memerlukan waktu selama 2 tahun dan baru pertama kali dirilis di tahun 1989. Nama Corel sendiri diambil dari perusahaan rintisan Cowpland yakni Cowpland Research Laboratory.

Fungsi dan Manfaat Corel Draw, Desainer Wajib Tahu!

corel-draw-3

Corel Draw menjadi “senjata” dari para grafis desainer bukan tanpa sebab. Ada banyak fungsi serta manfaat aplikasi editing dan animasi satu ini. Sejumlah fungsi dan manfaat dari Corel Draw adalah sebagai berikut.

Membuat Vektor Berkualitas Baik

Salah satu fungsi dan manfaat Corel Draw adalah membuat vektor berkualitas baik. Tidak banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vektor. Namun Anda beruntung, sebab Corel Draw adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat vektor berkualitas baik. Vektor sendiri merupakan gambar yang tidak akan “pecah” saat Anda memperbesar ukurannya.

Membuat Tipografi Baru dengan Basic Font

Corel Draw adalah software yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat tipografi baru dan menarik dengan basic font yang sudah ada. Nantinya, font baru ini dapat Anda gunakan untuk mempercantik desain yang tengah Anda buat.

Membuat Produk-Produk Desain (Logo, Brosur, Poster, Undangan, dll)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita memerlukan beragam produk-produk desain untuk mempercantik branding perusahaan, mempromosikan produk, hingga melakukan presentasi di hadapan orang lain. Kini Anda tidak perlu kebingungan lagi soal mendapatkan produk desain untuk kebutuhan. Anda bisa membuatnya dengan Corel Draw!

Sebagai aplikasi editing, sudah tentu manfaat utama dari Corel Draw adalah untuk membuat beragam produk desain. Mulai dari logo perusahaan, poster, brosur, undangan, hingga sampul buku bisa Anda buat sendiri sesuatu daya kreativitas masing-masing. Corel Draw adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan desain sebab aplikasi ini menyediakan beragam fitur editing, warna dan font yang dapat Anda manfaatkan saat membuat desain.

Mendesain Website dan Membuat Ilustrasi

Manfaat terakhir dari Corel Draw adalah untuk mendesain website sekaligus membuat beragam ilustrasi yang bisa mendongkrak penampilan situs perusahaan ataupun pribadi milik Anda.

Salah satu cara untuk bisa menaikkan jumlah pengunjung website Anda adalah dengan mendesainnya sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang cantik. Saat ini, memiliki website dengan beragam ilustrasi visual yang menarik bukanlah sesuatu yang sulit! Sebab, Corel Draw adalah solusinya.

Dengan Corel, Anda bisa membuat beragam ilustrasi yang dapat digunakan pada halaman iklan dari website Anda. Corel Draw adalah pilihan banyak orang untuk membuat beragam ilustrasi karena hasilnya yang dikenal memiliki kualitas tinggi. Selain itu, Corel juga dapat digunakan untuk mendesain user interface website agar terlihat lebih baik, praktis dan menarik saat digunakan pengunjung.

Versi-Versi Corel Draw: Dari Dulu Hingga Terbaru

corel-draw-2

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Corel Draw dirilis pertama kali di tahun 1989. Sejak saat itu hingga hari ini, ada begitu banyak versi Corel Draw yang pernah dirilis. Setiap versi memiliki kemampuan, perkembangan dan perbaikannya.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Corel Draw menjadi semakin baik dan memiliki fitur serta kegunaan yang semakin lengkap. Penasaran seperti apa perkembangan Corel Draw dari tahun ke tahun? Yuk lanjut membaca!

Corel Versi 1.0

Versi pertama dari aplikasi editing gambar ini adalah Corel Draw 1.0 yang dirilis pada 1989. Aplikasi ini sudah mampu digunakan untuk membuat sejumlah desain seperti brosur, kartu undangan hingga kop surat. Hanya saja, versi ini cuma bisa dipakai di Windows versi 3.0 dan 3.1.

Corel Versi 2.0 dan 2.5

Beberapa tahun berikutnya, tepatnya di 1990, dilakukan pembaharuan Corel Draw versi 2.0. Pada versi ini, pengguna sudah bisa memanfaatkan fitur perspective serta envelope tool. Namun setahun kemudian, Corel kembali di update menjadi versi 2.5.

Corel Versi 3.0 dan 4.0

Versi 3.0 mengalami peningkatan di mana Anda bisa menggunakan aplikasi dengan memori yang lebih sedikit dan efisien. Selain itu, Corel 3.0 dilengkapi dengan fitur preview hasil desain. Sementara versi 4.0 sudah bisa digunakan sebagai aplikasi desktop publishing dan memiliki fitur multi-page. Kedua fitur ini masing-masing dirilis pada tahun 1992 dan 1993.

Corel Versi 5.0 hingga 10.0

Seiring perjalanan waktu, Corel Draw mulai “rajin” mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Pembaharuan dilakukan di setiap tahunnya mulai dari 1994 hingga 2000 untuk Corel Draw versi 5.0 hingga 10.0. Mulai dari versi 5.0, aplikasi ini mulai terkenal dikalangan grafis desainer sebab kelengkapan fiturnya seperti bitmap effect, display calibration, pengaturan warna dan efek lensa. Selanjutnya di versi 6.0, Corel Draw sudah bisa digunakan untuk sistem operasi arsitek 32-bit dan Windows 95.

Fitur-fitur baru pun ditambahkan lagi seperti review printing, transparency tool, spell checker, dan blend tool pada Corel versi 7.0. Corel pun semakin enggan untuk berkembang di tahun selanjutnya. Saat merilis versi 8.0, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan lain seperti distorsi dan drop shadows.

Gebrakan paling hebat dari Corel terjadi di versi 9.0, di mana penggunanya sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat animasi vektor. Terjadi peningkatan yang cukup drastis dari yang sebelumnya Corel hanya digunakan untuk mengedit gambar, kini Corel sudah bisa digunakan untuk membuat animasi. Selain itu, Corel 9.0 bisa juga digunakan untuk membuat elemen website. HIngga akhirnya di tahun 2000, pengguna sudah bisa menyimpan file grafis dengan format SVG di Corel versi 10.0.

Corel Versi 11.0 dan 12.0

Corel 11.0 dan 12.0 merupakan 2 versi terakhir sebelum Corel memasuki era atau series “X”. Pada versi 11.0, pembaharan difokuskan pada fitur-fitur desain website. Sementara versi 12.0 memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar yang lebih presisi. Masing-masing versi dirilis pada tahun 2002-2003.

Corel X Series

Move on dari seluruh versi sebelumnya, mulai dari tahun 2005, Corel Draw berevolusi menjadi versi “X series”. Dari 2005 hingga 2016, Corel merilis versi X3 sampai X8, yang mana fitur-fiturnya sudah jauh lebih canggih dibanding sebelumnya. Berikut ini akan kita bahas setiap versi Corel X satu demi satu.

Corel Draw X3 menjadi pelopor perubahan super drastis dari Corel Draw, di mana terjadi perubahan signifikan terkait fitur sekaligus user interface. Kemudian dilanjutkan dengan versi X4 yang diperbaharui sehingga bisa digunakan pada Windows Vista. Nama Corel X4 melejit drastis pada masanya sebab sudah bisa mensupport format RAW.

Tak berhenti sampai di sana, Corel melahirkan versi X5 yang sudah stabil untuk sistem Windows 7 dan processor Multi-Core ke atas. Versi ini juga dilengkapi dengan update berupa beragam format file, mesh tool transparansi, dan pixel view. Kekurangan dari versi X5 lalu diperbaiki oleh versi X6 dalam bentuk 32-bit dan 64-bit di tahun 2012.

Versi X7 lahir 2 tahun sebelumnya dan masih banyak dipakai hingga hari ini, lho! Corel X7 masih menjadi unggulan sebab terdapat banyak fitur editing foto yang menarik dan interface flat yang dimilikinya. Perbaikan dari X7 dirilis ke dalam bentuk Corel X8, yang sudah bisa digunakan oleh Windows 10. Semakin canggih, ya!

Corel Versi 2017 dan 2018

Akhirnya, tibalah kita di versi terakhir Corel yakni versi 2017 dan 2018. Kedua versi ini dirilis mengingat tingginya kebutuhan akan desain grafis pada era modern. Agar dapat tetap up to date dan memenuhi kebutuhan masyarakat, Corel akhirnya merilis versi termutakhir. Kedua versi Corel ini sudah disupport dengan fitur modern pengedit foto dan support touch-screen sehingga dapat digunakan juga pada gadget seperti tablet.

Menarik sekali bukan pembahasan tentang Corel Draw? Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba belajar editing foto dengan Corel Draw? Semoga artikel ini berguna menambah wawasan Anda, ya! Sampai bertemu di artikel lainnya dari kami.

[application-about]