Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 100

Pengertian Suplier dan Cara Menjadi Suplier yang Handal

0
supplier adalah

Dalam dunia bisnis perdagangan supplier adalah pihak yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan jual beli. Terkadang masih banyak orang yang salah paham dengan supplier atau distributor. Banyak yang mengira pihak yang menyediakan produk untuk dijual kembali merupakan supplier.

Supplier adalah pihak pemasok bahan baku (bukan barang jadi) kepada perusahaan manufaktur ataupun jasa yang kemudian bahan baku tersebut diolah menjadi barang jadi. Kali ini kami akan menjelaskan mengenai supplier lebih dalam lagi.

Pengertian Supplier

Supplier

 Supplier adalah pihak atau individu yang menyediakan produk maupun layanan kepada produsen. Peran dalam bisnis terkait pengertian supplier adalah sebagai penyedia bahan baku berkualitas tinggi dengan harga yang baik kepada produsen, selain itu supplier juga dapat bertindak sebagai perantara produsen dengan distributor untuk memastikan terjalinnya komunikasi dan keadaan stok yang memadai.

Pentingnya Supplier Dalam Siklus Hidup Produk

 Supplier memiliki peran yang sangat penting disetiap tahap siklus hidup produk. Supplier menjadi pihak penyedia bahan baku yang nantinya akan membantu para produsen untuk meningkatkan produksi serta menemukan bahan baku lain apabila pasar mulai kekurangan bahan dengan satu produk, untuk itulah penting perusahaan menjalin hubungan baik dengan supplier agar mendapatkan bahan terbaik untuk produk mereka. Supplier adalah pemasok yang akan membantu perusahaan dalam menentukan bahan baku.

Contoh Peran dari Supplier

Dalam bisnis peran supplier adalah sebagai pemasok yang memenuhi tuntutan karena distributor mengharapkan tingkat kualitas tertentu, dan produsen mengharapkan supplier untuk menjual banyak stok. Karena supplier ini harus fleksibel dan mengerti cara mengelola hubungan. Elemen penting lain dari peran supplier meliputi:

Kepatuhan dengan Hukum Setempat

Supplier harus mematuhi semua hukum dan standar yang relevan, termasuk perlindungan hak asasi manusia dan pekerja anak.

Transaksi yang Adil dari Semua Distributor

Supplier harus memberikan peluang yang sama bagi semua pengecer untuk melakukan bisnis dengan mereka. Distributor tidak boleh ditolak karena lokasinya, atau alasan lain.

Harga Sebaik Mungkin

Supplier perlu menjamin harga dan kualitas dari produk yang ditawarkan kepada produsen maupun distributor sesuai dengan kemampuan mereka sehingga hubungan akan berlandaskan kepercayaan.

Tidak ada Konflik Kepentingan dengan Supplier

Supplier tidak boleh berbisnis dengan mereka yang mungkin memiliki konflik kepentingan dengan mereka. Ini akan mencakup anggota keluarga, teman, dan kolega baru atau lama. Untuk menghindari adanya kemungkinan perlakuan yang tidak adil antar pelanggan sehingga menyebabkan pelanggan kecewa.

Manajemen Hubungan Supplier

Supplier relationship management adalah proses perencanaan dan pengelolaan semua hubungan dengan vendor yang memasok produk atau layanan apapun kebisnis. Ini mungkin melibatkan supplier bahan baku, supplier utilitas atau supplier layanan kebersihan.

Hal ini penting untuk diperhatikan terkait pengelolaan hubungan dengan supplier sehingga bisnis akan tetap dapat berjalan selama pasokan dan layanan menjadi efisien. Membuat dan memelihara proses manajemen supplier yang secara eksplisit menguraikan rute yang harus diambil untuk mengelola supplier penting agar perusahaan dapat memilih supplier yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Proses dari manajemen supplier tidak hanya dalam pemilihan vendor yang tepat, namun juga proses dalam membangun sebuah kepercayaan dan komunikasi yang baik dengan supplier dan menerima peningkatan layanan yang diberikan oleh supplier.

Manfaat dari Manajemen Hubungan Supplier

Hubungan-Supplier

Mengelola hubungan adalah bagian besar dari departemen manapun, tetapi lebih penting bagi supplier karena ini adalah entitas yang bukan internal perusahaan. Untuk itu supplier adalah pihak yang patut diwaspadai apabila hendak menyerahkan informasi terkait perusahaan.

Bisnis harus mencapai keseimbangan yang tepat karena supplier perlu merasa nilai bisnis mereka sebelum mereka akan memberikan layanan yang sangat baik dan berjalan diatas dan diluar kegiatan normal untuk memberikan kesan bisnis.

Pengurangan Biaya

Mengelola hubungan supplier berarti supplier tetap bersama perusahaan untuk waktu yang lama dan dijaga agar tetap minimum. Bekerja dengan satu atau dua supplier yang dapat menyediakan banyak bahan berbeda lebih baik daripada memiliki banyak supplier berbeda. Hal ini berarti perusahaan dapat meminimalkan pengeluaran biaya dengan meningkatkan pelayanan kepada supplier.

Foster Innovation

Ketika sebuah bisnis bekerja sama dengan supplier, mereka dapat bekerja sama untuk memimpin inovasi. Dalam hal ini kedua belah pihak dapat meningkatkan penawaran mereka sesuai dengan kemampuan.

Kolaborasi

Perusahaan dan supplier perlu menjalin hubungan yang kuat, kerjasama yang effisien dan komunikasi yang lebih terbuka akan terus langgeng dalam berhubungan. Kolaborasi menjadi mulus dengan ini dan perusahaan dapat memberikan pengamatan kepada supplier mereka tentang bagaimana meningkatkan layanan kepada mereka begitu pula sebaliknya.

Perbaikan Proses

Hubungan timbal balik yang saling menguntungkan adalah hal biasa dalam bisnis dan supplier. Supplier adalah pihak yang akan cepat belajar dan memahami keinginan produk seperti apakah yang dibutuhkan oleh produsen sehingga mereka dapat menyediakan bahan baku yang tepat.

Praktik Dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Supplier

Membangun Hubungan yang Tahan Lama

Jika sebuah perusahaan berniat menggunakan vendor lebih dari satu kali, perusahaan itu harus berusaha membangun hubungan yang baik dimana mereka dapat mengangkat telepon dan berbicara dengan supplier mereka dengan mudah.

Hubungan ini akan memastikan bahwa mereka akan memahami kemampuan penuh dari supplier mereka sehingga perusahaan tahu kapan mereka akan dapat meminta banyak bahan baku dari supplier mereka. Membangun hubungan yang kuat akan memastikan bahwa supplier mereka akan mengurus kebutuhan bisnis perusahaan produsen di masa depan.

Berinvestasi dalam Teknologi

Dengan adanya software untuk semua kegiatan bisnis, mudah untuk menemukan software manajemen supplier yang tepat untuk perusahaan yang disesuaikan dengan kebutuhan eksplisit mereka.

Dengan teknologi ini, perusahaan dapat melacak supplier, membuat dashboard untuk mengambil snapshot tentang bagaimana semuanya berjalan, dan dengan cepat menemukan titik yang menyakitkan melalui data yang mudah dibaca.

Membayar Supplier Tepat Waktu

Sepertinya tidak menjadi masalah tetapi tepat waktu dalam membayar supplier adalah cara yang bagus untuk menjaga hubungan yang baik dengan supplier. Beberapa perusahaan melacak pengiriman dan pesanan dengan buruk, artinya pembayaran mungkin terlambat.

Ini membuat supplier ditempat yang buruk karena arus kas mereka tidak aman dan mereka mungkin tidak mempercayai pelanggan yang sudah mulai menunggak pembayaran. Sehingga kemungkinan supplier untuk beralih kepelanggan baru yang membayar tepat waktu akan lebih besar.

Dengan menggunakan software pelacakan dan proses manajemen supplier yang baik, perusahaan dapat memastikan bahwa pembayaran dilakukan tepat waktu dan supplier tetap baik.

Menyederhanakan Perjanjian dengan Supplier

Perjanjian supplier yang disederhanakan (SSA) berarti bahwa semua supplier menerima perlakuan yang sama terlepas dari layanan apa yang mereka sediakan. Ketika menyuplai supplier baru, prosesnya jauh lebih cepat karena perjanjiannya akan sama untuk semua supplier.

Pengeditan kecil dapat dilakukan tetapi ini dapat ditandatangani sebagian kecil dari waktu yang diperlukan untuk mendapatkan pengakhiran pada keputusan menjalin kerjasama. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengelola hubungan karena semua orang didepartemen akan tahu seperti apa perjanjian tersebut.

Mengevaluasi Resiko

Perusahaan harus meneliti supplier sebelum perusahaan melakukan bisnis dengan mereka untuk memastikan mereka stabil secara finansial. Perusahaan harus selalu mencari referensi mengenai supplier seperti apa yang dapat menangani dan memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut.

Menanyakan referensi bagaimana supplier menangani peningkatan kapasitas, apakah mereka konsisten dengan waktu pengiriman dan kualitas, supplier yang akan memberikan informasi penting, tingkat layanan purna jual, dan lainnya. Sangat penting untuk manajemen risiko. Penting mengevaluasi sebuah resiko dari adanya kerjasama dengan supplier sebelum memutuskan untuk bergabung dapat mengurangi terjadinya masalah yang muncul dimasa depan.

Perbedaan Supplier Dan Distributor

supplier-kayu

Seperti yang telah dijelaskan diatas, supplier memasok produk atau layanan kepada perusahaan produsen, biasanya distributor yang akan menjual kepedagang grosir atau pengecer. Pengertian supplier juga memiliki kemungkinan untuk menjadi produsen selama memiliki peralatan yang memadai dan juga dapat menggantikan peran distributor.

Akan tetapi kebanyakan perusahaan yang menjadi supplier tidak berani mengambil terlalu banyak peran yang akan menimbulkan resiko terutama dalam hal distribusi sehingga mereka lebih sering menjalin outsourcing dengan perusahaan lain. Distributor adalah pihak atau perorangan yang mendistribusikan barang jadi hasil produksi dari supplier untuk dipasarkan kepedagang kecil.

Umumnya distributor menjual harga sedikit lebih tinggi dari harga produsen untuk mendapat sedikit keuntungan. Perbedaan utama antara dua pihak pengertian supplier adalah pihak yang bekerja sama untuk memasok bahan baku bagi pabrik ataupun produsen sedangkan distributor adalah pihak yang cenderung mendistribusikan barang kepada para pedagang lapangan dengan harga lebih tinggi dari harga supplier.

Cara Menjadi Supplier yang Handal

Meskipun tampak menakutkan bagi beberapa pemilik usaha kecil hingga menengah dalam hal memperluas bisnis, dengan memasok produk atau jasa keperusahaan multinasional yang lebih besar tidak ada yang tidak mungkin. Selain itu dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan Anda.

Banyak UKM berada dalam posisi untuk memperluas bisnis mereka dengan menjadi supplier internasional atau penyedia outsourcing keperusahaan besar. Ada berbagai cara yang dapat digunakan perusahaan untuk menjadi supplier bagi perusahaan lain dan klien pemerintah. Berikut adalah lima langkah cara menjadi supplier untuk membawa perusahaan Anda sukses.

Dekati Perusahaan Besar

Anda dapat mengidentifikasi perusahaan besar yang mungkin memerlukan produk atau layanan Anda dan menghubungi mereka secara langsung untuk menanyakan tentang proses pemilihan supplier perusahaan mereka.

Banyak organisasi juga memiliki situs web yang memungkinkan supplier potensial untuk mendaftar. Situs web ini juga mencantumkan ketentuan yang akan diberlakukan perusahaan pada supplier dan informasi yang mereka perlukan untuk diberikan oleh supplier potensial, seperti laporan kredit.

Menerima Permintaan untuk Kutipan Produk atau Layanan

Apabila pemasaran yang dilakukan perusahaan mampu menarik minat produsen, pasti mereka akan memberikan penawaran sebagai percobaan pertama. Cara perusahaan merespon penawaran yang diberikan oleh customer akan mempengaruhi apakah akan terjalin kerjasama atau tidak.

Sebelum kutipan disiapkan dan dikirim, pemeriksaan menyeluruh atas pertanyaan harus dilakukan untuk menentukan apa yang diminta. Kutipan harus ditulis sedemikian rupa sehingga informasi yang diminta jelas. Minimal harus mengandung informasi berikut:

  • Deskripsi produk atau layanan terperinci.
  • Deskripsi kemasan label atau izin khusus yang diperlukan.
  • Jumlah produk atau jumlah layanan yang ditawarkan.
  • Deskripsi kualitas, proses kualitas, dan jaminan.
  • Mode transportasi, persyaratan transit dan pengiriman atau tanggal pengiriman.
  • Frekuensi pengiriman.
  • Harga mata uang.
  • Penjelasan tentang berapa lama kutipan itu baik.
  • Tempat asal kutipan.
  • Ketentuan penjualan dan pengiriman.
  • Ketentuan pembayaran.
  • Tanggung jawab bea cukai.

Setiap detail khusus yang berkaitan dengan proses ekspor harus dimasukkan dalam kutipan, dan penawaran harus diperiksa dan diverifikasi sebelum dikirim kepada klien potensial. Kutipan Anda adalah komitmen yang mengikat dan penerimaan oleh klien dianggap sebagai perjanjian tanpa syarat dengan ketentuan yang tercantum dalam penawaran.

Menanggapi RFP atau RFQ (Permintaan Informasi atau Penawaran Harga)

Saat mencari supplier atau agen outsourcing, perusahaan akan sering mengirim RFP atau RFQ ke supplier internasional potensial atau mengirim permintaan online untuk penawaran. RFP atau RFQ biasanya dokumen panjang dan terperinci yang berisi persyaratan khusus.

Untuk perusahaan kecil, menanggapi RFP atau RFQ dapat menjadi proses yang menegangkan dan menghabiskan waktu. Beberapa pedoman umum untuk menanggapi RFP atau RFQ tercantum di bawah ini:

  • Baca RFP atau RFQ dengan hati-hati, memastikan hasil yang disampaikan jelas. Catat setiap inkonsistensi atau item yang tidak jelas.
  • Persiapkan jadwal untuk memenuhi tenggang waktu menanggapi RFP atau RFQ.
  • Tinjau persyaratan secara kritis. Sangat penting untuk mempertimbangkan apakah spesifikasi yang diperlukan masuk akal, apakah perusahaan dapat memenuhi spesifikasi dan tenggang waktu yang diinginkan, apakah perusahaan dapat menambah nilai pada proyek dan apakah Anda dapat melakukan tugas yang dibutuhkan dengan biaya yang efektif.
  • Tetapkan karyawan dengan keahlian atau pengetahuan tentang elemen yang diminta untuk menyiapkan konten RFP atau RFQ.
  • Mintalah dukungan manajemen senior perusahaan.
  • Buat konsep garis besar. RFP atau RFQ akan sering memiliki struktur yang sangat spesifik dan responsnya harus mengikuti struktur yang tepat ini, termasuk pos bernomor.
  • Kirim pertanyaan ke perusahaan yang meminta. Sebagian besar RFP atau RFQ membagikan waktu tertentu untuk klarifikasi dan pertanyaan.

Menyelesaikan presentasi dan siapkan dokumen pendukung. Perusahaan akan sering diminta untuk mendukung respons RFP atau RFQ mereka dengan informasi latar belakang keuangan, detail waktu dalam bisnis, informasi tentang proses bisnis dan prosedur manajemen kualitas, kualifikasi karyawan, dan rincian referensi.

Jadikan Perusahaan Anda Telihat Sebagai Prospek Terbesar

Lakukan Kontak dengan Calon Importir di Pameran Dagang Internasional atau Misi Dagang Asing

Konferensi dan pameran dagang industri memberi perusahaan kecil peluang yang ideal untuk menunjukkan penawaran produk atau layanan mereka kepada organisasi yang lebih besar. Berkomunikasi secara efektif ditempat tersebut dapat mengungkapkan peluang untuk mendekati klien potensial.

Lakukan Kontak dengan Organisasi Perdagangan yang Berafiliasi dengan Pemerintah

Sebagian besar lembaga pemerintah memiliki program dan departemen khusus yang membantu perusahaan mengidentifikasi peluang, memfasilitasi perkenalan dan menawarkan informasi luas tentang persyaratan impor dan ekspor.

Berikan Penawaran Secara Realistis

Kemungkinan untuk menjadi supplier atau agen outsourcing internasional untuk organisasi besar, penting bahwa perusahaan hanya mengajukan tawaran kerja jika mereka memiliki kemampuan finansial dan teknis untuk memenuhi kontrak. Membuat penawaran rendah dengan tidak memperhitungkan biaya dan tidak realistis akan terlihat kesepakatan aman dan menjadi milik perusahaan Anda, namun hal ini dapat memungkinkan terjadinya kegagalan proyek karena keterbatasan sumber daya dan kurangnya sumber dana.

Supplier harus siap untuk membagikan informasi latar belakang keuangan mereka dengan perusahaan mana pun yang mereka inginkan. Ini agar organisasi yang meminta dapat percaya diri dalam kesehatan keuangan supplier. Mereka juga harus mau membagikan sampel pekerjaan atau menunjukkan kemampuan mereka.

[marketing-about]

Contoh Email Promosi atau Penawaran Produk yang Baik

0
contoh email

Di zaman sekarang ini, dimana teknologi berkembang pesat, tentunya dunia telekomunikasi juga sudah berkembang pesat, sehingga banyak cara bagi orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Mulai dari chat di media khusus telekomunikasi seperti WhatsApp, LINE, Telegram, atau pun media lainnya seperti sosial media Facebook, Instagram, dan Twitter.

Meskipun begitu, mengirim pesan atau informasi melalui email masih tetap digandrungi, apalagi di kalangan pebisnis atau lingkungan perkantoran. Di kalangan pebisnis atau perkantoran, tentunya ada berbagai macam email, namun yang paling umum kita temui adalah email yang berkaitan dengan promosi atau penawaran produk dari perusahaan atau bisnis tersebut.

Namun dibagi lagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, email perusahaan, email marketing, email penawaran produk hingga email bisnis. Adapun contoh email yang telah dipaparkan sebelumnya adalah sebagai berikut!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

Contoh Email Perusahaan

contoh email

Sebelum mulai membahas email promosi, ada baiknya kita mulai dengan membahas alamat email perusahaan yang kemudian akan dilanjutkan dengan contoh email perusahaan. Alamat email perusahaan adalah hal yang paling dasar yang harus dimiliki sebelum mulai mengirim email promosi.

Anda harus memiliki alamat email, ditambah memilih domain mana yang cocok untuk Anda, sebagai contoh, Yahoo, Gmail, atau mungkin alamat domain lainnya yang dapat Anda pilih sendiri. Tentunya masing-masing domain memberikan kelebihan sekaligus memiliki kekurangan tersendiri.

Sebagai contoh, Gmail, memberikan kelebihan berupa pemberitahuan pesan yang bersifat real time, sekaligus dapat menyimpan email atau data penting dengan aman. Terdapat admin IT yang bertugas untuk mengelola account secara terpusat di seluruh organisasi maupun perangkat Anda.

Selain itu, dengan memilih Gmail sebagai domain Anda, Anda dapat mengakses email kapan pun dan dimana pun, tanpa perlu sambungan internet. Bahkan membaca dan membuat draft pesan dapat dilakukan tanpa memiliki sambungan internet, kemudian pesan siap dikirim saat kembali online.

Apabila Anda memilih domain Gmail, keuntungannya adalah Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan, dengan cara memberikan alamat email yang bersifat profesional kepada domain milik Anda yang nantinya digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan Anda. Contohnya email perusahaan adalah susanti@perusahaananda atau joni@perusahaananda. Anda pun juga dapat membangun milis group, seperti sales@perusahaananda.

Contoh Email Marketing

contoh email

Sekalipun Anda adalah master di bidang marketing yang sangat memahami teknologi yang sedang berkembang, atau bahkan seorang pemula yang baru saja bergerak di bidang marketing, Anda pasti membutuhkan contoh-contoh yang luar biasa. Contoh-contoh ini membuat Anda menjadi lebih kreatif, dapat digunakan sebagai bahan eksperimen, sekaligus meningkatkan marketing itu sendiri.

Di zaman sekarang dimana internet berkembang pesat, inspirasi mudah sekali untuk didapatkan sebab pada umumnya konten marketing dapat diakses oleh semua orang. Anda bisa mencari di internet atau bahkan jejaring sosial, untuk melihat apa yang sedang diperbincangkan oleh orang-orang atau koneksi Anda.

Namun, di tengah hal tersebut, terdapat saluran marketing yang sangat sulit untuk diakses untuk menemukan contoh yang baik, yaitu dalam hal email. Hal ini cukup sulit sebab Anda perlu berlangganan dulu ke sebuah contact list demi menemukan contoh email yang baik.

Bahkan sekalipun Anda sudah berlangganan pada email yang bagus, pihak provider email tersebut akan terus memborbardir Anda setiap hari sehingga cukup sulit bagi Anda untuk menemukan yang paling luar biasa di antara contoh-contoh email tersebut. Berikut ini akan dibahas contoh-contoh email yang baik untuk Anda.

Warby Parker

Contoh email marketing yang satu ini memiliki subject email tersendiri, yaitu “Uh-oh, your prescription is expiring.” Email ini adalah contoh email pemicu yang cerdas, Anda atau pun pelanggan lain akan sangat senang sebab email marketing yang satu ini mengingatkan Anda atau pelanggan lain resep kacamata yang akan segera kadaluarsa atau perlu diperbaharui.

Selain itu terdapat trik marketing dalam email ini, tepatnya di bagian bawah email. Apabila Anda atau seseorang tidak tahu kemana harus pergi untuk meng-upgrade subscription, maka informasi bagi seorang optometris atau pemeriksa mata berada tepat dalam email. Dengan begitu, Anda seolah-olah tidak ada alasan untuk tidak berbelanja kacamata.

Charity : Water

Saat berbicara mengenai email marketing, jangan lupa untuk menyebutkan email transaksional. Apa yang dimaksud dengan email transaksional? Email transaksional adalah email otomatis yang masuk ke dalam inbox Anda setelah Anda melakukan tindakan tertentu terhadap sebuah website.

Konten-konten yang terkandung di dalamnya bisa terdiri dari apa saja, mulai dari mengisi sebuah form bahkan membeli sebuah produk. Email jenis ini identik dengan sumbangan kepada sebuah proyek. Kebanyakan kegiatan amal tersebut tidak menjelaskan rute-rute tersebut.

Sementara Charity: Water, mempergunakan email yang bersifat otomatis untuk menunjukkan kepada para penyumbang bagaimana uang yang mereka berikan berpindah dari waktu ke waktu. Disertai dengan timeline proyek jadwal yang menyertai, sekalipun Anda tidak benar-benar membaca email, Anda dapat langsung mengetahui dimana diri Anda dalam proses secara keseluruhan.

BuzzFeed

Email marketing jenis ini memiliki banyak keistimewaan. Pertama, BuzzFeed, memiliki subject email yang ditulis dengan keren dan terdapat teks pra-tampil atau teks berwarna abu-abu disamping subject email. Selain itu, subject email yang digunakan selalu bersifat singkat sekaligus memikat yang tentunya sangat cocok dan sempurna dengan konten BuzzFeed.

Banyak sekali orang yang suka dengan ide teks pra-tampil yang berfungsi untuk melengkapi subject email. Contoh yang dapat dilihat adalah, jika terdapat subject email yang bersifat pertanyaan, maka teks pra-tampilnya bersifat jawaban. Atau jika subject email bersifat perintah, maka teks pra-tampilnya tampak seperti pikiran yang logis setelah teks tersebut.

Saat Anda membuka email, isinya pun luar biasa. Coba perhatikan teks alternatif yang terdapat dimana seharusnya logo BuzzFeed dan gambar pertama seharusnya berada. Email tersebut masih dapat menyampaikan apa yang ingin disampaikan sekaligus terlihat sangat baik, terlepas dari apakah seseorang mengaaktifkan gambar atau tidak. Sudah jelas, ini adalah sesuatu yang harus ada dalam setiap email marketing.

Contoh Email Penawaran Produk

Adapun contoh email marketing yang juga dapat dipergunakan sebagai email khusus penawaran produk atau promosi adalah sebagai berikut!

1. Canva

Hal menarik dari email produk Canva adalah dalam hal kesederhanannya. Saat email tersebut muncul dengan konsep desain baru atau “new layouts in Canva”, tim dari Canva memungkinkan para subscriber tahu dengan cara mengirimkan sebuah email, dengan konsep tertentu.

Sebagai contoh, Anda diminta untuk memilih dokumen yang disediakan untuk memulai desain baru. Anda diminta untuk memilih tipe desain baru untuk memulai, seperti card, social media, poster dan yang terakhir adalah presentation.  Email ini, untuk masing-masing memberikan deskripsi singkat, menunjukkan halaman pra-tampil, sekaligus mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri!

2. Birchbox

“Kami Melupakan Sesuatu di Box Februari Anda!” adalah subject email yang berasal dari layanan subscription produk kecantikan Birchbox. Dan tentunya tim Birchbox tidak lupa untuk memberikan kode diskon dalam box-nya, tetapi sebenarnya itu adalah cara yang cerdas demi mendapatkan perhatian.

3. Dropbox

Tentunya sulit bagi Anda untuk menyukai sebuah email dari perusahan atau bisnis yang produknya belum pernah Anda gunakan. Namun, Dropbox menemukan sebuah cara untuk membuat email dengan makna “kembali lagi ke kami” miliknya menawan sekaligus lucu.

Tim Dropbox selalu mempertahankan email-nya terlihat singkat dan cantik, demi menekankan pesan bahwa tim Dropbox tidak ingin menganggu. Tim Dropbox hanya ingin mengingatkan penerima bahwa tim Dropbox ada sekaligus mengapa mereka bisa membantu.

Anda dapat menggunakan konsep seperti yang digunakan oleh tim Dropbox, yaitu ketika mengirim jenis-jenis email seperti ini, Anda dapat memasukkan sebuah insentif bagi penerima email untuk datang kembali demi menggunakan layanan Anda. Hal ini seperti sebuah kupon yang ada batas kadaluarsanya.

Ciri-Ciri Email Promosi yang Profesional

contoh email

Menggunakan Alamat Email Khusus Bisnis

Ciri-ciri email promosi profesional yang pertama adalah pengirim email atau email sender-nya menggunakan alamat email dengan nama domain milik sendiri. Khusus alamat bisnis, biasanya memiliki format, yaitu nama@domainanda.ekestensidomain.

Contoh email bisnis, yaitu, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, dan lain sebagainya. Untuk bisa membuat email bisnis seperti yang dicontohkan ini, tentunya caranya sangat mudah. Anda cukup menyediakan hal-hal seperti domain & hosting dan tentunya terdapat tutorial yang mudah untuk diikuti oleh Anda untuk membuat email dengan domain sendiri.

Sedikit Kesalahan Typo

Email adalah media komunikasi yang berfokus pada teks, oleh karena itu penulisan konten dalam email haru benar-benar diperhatikan. Ciri email promosi yang kedua yaitu memiliki kesalahan typo yang sedikit, atau bahkan tidak memiliki kesalahan typo sedikit pun.

Untuk melakukan pengecekan terhadap typo, Anda dapat menggunakan tools berupa Typo Online yang merujuk pada database Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Anda cukup memasukkan teks, dokumen atau halaman website yang Anda inginkan untuk dicek ada atau tidaknya kesalahan penulisan.

Memiliki Link yang Aktif

Ciri ketiga dari email promosi yang profesional adalah memiliki link yang aktif. Maksud dari hal ini adalah link yang disertakan pada sebuah email promosi atau harus bisa di-click dan saat halaman yang dituju terbuka, isinya sesuai apa yang dipromosikan.

Menyediakan Jalan untuk Unsubcribe

Ciri yang ke-empat dari email promosi yaitu menyediakan jalan untuk melakukan unsubscribe. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan pembaca email marketing Anda. Apabila jalan untuk unsubscribe tidak Anda sertakan maka email marketing Anda ditandai sebagai spam atau bahkan dapat diblokir oleh subscriber.

Cara Membuat Email Promosi Produk yang Profesional

Memilih Layanan Email Marketing yang Bagus

Dalam hal memilih layanan email marketing yang bagus, tentunya bagus ini memiliki beberapa parameter, seperti sistemnya stabil, mempunyai pelayanan terhadap pelanggan yang cepat tanggal, sekaligus memiliki konten edukasi yang lengkap.

Mengirimkan Email yang Sesuai sekaligus Relevan dengan Subscriber Anda

Hal ini terkait dengan penyesuaian situasi dan kondisi. Apabila subscriber Anda adalah kalangan ibu-ibu yang memiliki hobi memasak, aka Anda sebaiknya mengirimkan email seputar dunia memasak. Misalnya resep, informasi mengenai alat memasak, tips menjual masakan yang bersifat olahan, dan sebagainya.

Pada intinya, jangan sampai Anda salah dalam hal mengirimkan informasi kepada kalangan masyarakat yang Anda tuju, informasi yang Anda kirimkan harus memiliki keterkaitan dengan kalangan masyarakat tersebut.

Mengukur dan Evaluasi

Cara yang terakhir adalah mengukur sekaligus mengevaluasi. Lalu, apa yang harus diukur sekaligus dievaluasi? Misalnya ada berapa orang yang membuka email Anda, berapa orang yang meng-click link yang Anda kirimkan, dan yang terakhir adalah berapa banyak email yang tidak terkirim.

Setelah Anda ukur dengan metrik yang sudah dipaparkan sebelumnya, Anda dapat mengevaluasi, email yang mana saja yang mempunyai nilai tinggi dan email mana saja yang nilainya rendah.  Email dengan nilai tinggi dapat menjadi referensi Anda untuk membuat email promosi atau penawaran produk berikutnya. Sementara email dengan nilai rendah dapat Anda perbaiki lagi, baik dari segi konten maupun subject email-nya.

Contoh Email Bisnis

Pada dasarnya, email bisnis adalah sama dengan email perusahaan, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pada pembahasan pertama kalinya. Anda diharuskan memilih alamat email sekaligus memilih domain yang cocok, seperti Yahoo, Gmail, dan satu lagi seperti Flockmail.

Dengan menggunakan Flockmail, nama email bisnis Anda menjadi: nama@napaerusahaan.com. Sebagai contoh, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, seperti yang dipaparkan sebelumnya. Selain itu, memiliki kapasitas 30 Gb dan dilengkapi dengan aplikasi Android, Ios, Windows, dan MacOS. Anda pun dapat melakukan video conference atau e-meeting dan juga memiliki Kalender, Kontak, dan sebagainya.

Jadi pada intinya, untuk membuat email bisnis seperti yang diberikan pada contoh email bisnis sebelumnya, Anda harus menyediakan domain dan hosting, kemudian mengikuti tutorial seperti yang telah dipaparkan sebelumnya untuk memiliki email bisnis.

Demikian informasi mengenai contoh email promosi sekaligus penawaran produk yang baik. Semoga informasi dari Markey ini dapat memperdalam wawasan Anda mengenai jenis email yang bermanfaat dalam kehidupan berbisnis.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media Promosi

0
media adalah

 

Dalam berbagai aspek kehidupan, media memiliki peranan penting dalam membantu mempercepat suatu proses. Baik dalam pembelajaran, komunikasi, maupun dalam dunia bisnis. Media adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

Apa sih pengertian media? Apa saja jenis media? Nah, artikel kali ini akan membahas berbagai informasi terkait media. Mulai dari media pembelajaran hingga media promosi. Yuk simak informasi berikut hingga akhir!

Pengertian Media

media-1

Secara umum, pengertian media adalah suatu wadah yang digunakan sebagai alat perantara atau pengantar untuk menyalurkan pesan maupun informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan atau khalayak ramai.

Pendapat lain mengartikan media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jika kita membahas secara etimologi, kata “media” diambil dari bahasa Latin, “medius” yang memiliki arti “tengah, perantara atau pengantar”. Umumnya istilah media ini merujuk kepada sesuatu yang dijadikan wadah, alat, atau sarana yang berguna untuk melakukan komunikasi. Berikut beberapa pengertian media menurut beberapa ahli:

Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, pengertian media adalah segala jenis alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan tertentu.

Leslie J. Briggs

Menurut Leslie J. Briggs, media adalah suatu alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi sebuah materi. Media yang dimaksud dapat berupa video, gambar, buku, televisi, dan lain sebagainya.

Ahmad Rohani

Menurut Ahmad Rohani, pengertian media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap indera manusia dan memiliki fungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk sebuah proses komunikasi.

Arif S. Sadirman

Arif S Sadirman mengartikan media sebagai segala alat fisik yang dapat penyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

Schram

Menurut Scham, pengertian media adalah teknologi yang dapat membawa pesan, dengan begitu dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas pembelajaran.

Fungsi Media

Secara umum, segala jenis media memiliki fungsi yang sama, fungsi media adalah:

  • Sebagai sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat
  • Media membantu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, juga daya indera manusia
  • Sarana mengekspresikan gagasan, ide, pendapat kepada masyarakat atau khalayak ramai
  • Digunakan untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, serta untuk pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  • Digunakan sebagai sarana dalam melakukan pengawasan atau kontrol sosial masyarakat.

Macam-macam Media

media-2

Media Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar, media memiliki peranan yang cukup penting untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran kepada siswa. Secara umum, media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar, segala sesuatu yang dapat memberikan rangsangan untuk pikiran, perasasaan, serta perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta didik.

Tujuan adanya media pembelajaran ialah untuk mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efesiensi proses belajar mengajar, untuk menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan dari pembelajaran, serta untuk membantu konsentrasi peserta didik dalam belajar.

Ada banyak sekali jenis media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar. Terutama di zaman sekarang ini, di mana teknologi sudah berkembang pesat.

Berikut ini jenis-jenis media pembelajaran

Media Audio

Jenis media pembelajaran yang pertama ialah audio yang berfungsi menyalurkan pesan audio dari pengirim ke penerima pesan. Audio ini sangat berkaitan dengan indera pendengaran. Berdasarkan sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal, yaitu bahasa lisan atau kata-kata. Juga dapat menyampaikan pesan nor verbal, yaitu bunyi-bunyian seperti musik. Contoh medianya ialah radio, tape recorder, dan telepon.

Media Visual

Media pembelajaran visual merupakan media yang hanya mengandalkan indera penglihatan, media ini menampilkan materialnya menggunakan alat proyeksi. Beberapa media visual ialah:

  • media visual verbal; berisi pesan verbal atau pesan linguistik dalam bentuk tulisan seperti buku, koran, majalah, dan lain sebagainya
  • media visual grafis; berisi pesan non-verbal yang pesannya berupa simbol atau unsur grafis seperti gambar, foto, sketsa, peta, dan lain sebagainya.
  • media visual non-cetak; berisi pesan yang berbetuk tiga dimensi seperti miniature, specimen, mock up, dan lain sebagainya.

Media Audio Visual

Merupakan jenis media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penglihatan langsung secara bersamaan dalam sebuah proses. Pesan yang disampaikan dalam media ini merupakan gabungan dari media verbal dan non-verbal. Contohnya ialah film, video klip lagu, video documenter, dan lain sebagainya.

Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi terkait sebuah produk yang ditawarkan dan diperjualbelikan kepada masyarakat.  Di era saat ini, ada banyak sekali jenis media promosi yang digunakan oleh seorang pebisnis untuk mempromosikan produknya. Manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan dengan menggunakan media promosi ialah:

  • Konsumen potensial akan mengetahui dengan lengkap informasi terkait produk yang ditawarkan. Dengan begitu maka perusahaan juga dapat menyediakan semua permintaan konsumen yang berhubungan dengan kriteria produk.
  • Dengan media promosi, perusahaan dapat memberikan penjelasan lengkap sehubungan dengan pemasaran yang dilakukan. Mulai dari kegiatan, produk, desain produk, promosi produk, termasuk pengiklanan, dan juga komunikasi dengan konsumen hingga proses pengiriman.
  • Manfaat terakhir yang akan dirasakan perusahaan ialah dapat mengenali dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menjual produk dan dapat laku keras.

Berikut jenis-jenis media yang secara umum paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk:

Internet

Internet merupakan media promosi yang saat ini paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Internet menjadi media yang sangat efektif karena saat ini setiap harinya orang pasti selalu terhubung dengan internet.

Selain mudah dalam hal mengakses, terbukti dengan promosi melalui internet ini akan banyak sekali menghemat biaya. Tentunya ini akan semakin meningkatkan keuntungan dan mempercepat perkembangan bisnis yang Anda tekuni.

Untuk melakukan promosi dengan media internet, Anda dapat memanfaatkan berbagai sosial media yang Anda miliki mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan banyak lainnya. selain media sosial, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan google. Mulai dari mesin pencariannya, Google Maps, Google Ads,  hingga Google Bisnisku. Anda juga dapat melakukan promosi di internet dengan memanfaatkan blog dan artikel dengan jenis penulisan SEO.

Brosur

Media promosi selanjutnya ialah brosur. Brosur adalah lembaran yang dicetak dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas, yang salah satunya dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk.

Brosur biasanya dicetak dalam jumlah banyak dengan kualitas yang baik. Brosur tidak dicetak setiap saat, melainkan di saat-saat tertentu jika dibututuhkan. Contohnya ialah Ketika akan mengadakan suatu event. Maka media promosi yang digunakan dan paling praktis untuk menarik minat masyarakat ialah dengan memanfaatkan brosur.

Poster

poster

Poster merupakan desain grafis atau sebuah karya seni yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas sebuah kertas baik dengan ukuran kecil ataupun besar. Poster adalah salah satu sarana yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi, umumnya digunakan dan akan banyak dijumpai di tempat umum atau fasilitas public yang strategis.

Ukuran poster yang relatif besar memiliki potensi besar untuk menarik perhatian pembaca yang pada dasarnya mengarah pada pesan merek. Seseorang yang menggunakan poster sebagai media promosi haruslah mampu mendesain poster semenarik mungkin. Poster yang menarik memiliki komposisi warna yang cerah, terang, persuasive, dan juga unik.

Banner

Banner adalah salah satu media promosi yang ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan poster. Banner akan dipasang di berbagai tempat strategis agar mudah dilihat. Bentuk serta teknik pemasangan banner sangat bervariasi. Ada juga banner yang disebut dengan X-Banner karena pemasangannya yang menggunakan sebuah rangka berbentuk X agar mudah dipindahkan.

Televisi

Televisi merupakan sarana promosi yang hingga saat ini paling banyak menarik konsumen. Televisi mampu menampung banyak iklan. Televisi yang merupakan media promosi paling efektif ini juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat mengiklankan produk.

Ditambah dengan pembuatan iklan yang membutuhkan banyak waktu, menjadi hambatan tersendiri bagi pebisnis yang ingin memasang iklan di televisi. Iklan yang ditayangkan di media ini umumnya berdurasi singkat, sekitar satu menit karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya. Namun tentu saja bisa lebih, dengan catatan membayar lebih mahal.

Merchandise

Media promosi terakhir yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi sebuah produk adalah merchandise. Merchandise adalah segala bentuk produk yang dibuat dengan tujuan sebagai hadiah. Karena dibuat dengan tujuan sebagai hadiah, umumnya berbagai merchandise diberikan secara gratis atau cuma-cuma kepada mereka yang telah melakukan atau mengikuti kegiatan yang diarahkan atau diwajibkan oleh sebuah perusahaan. merchandise ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari kalender, mug, topi, baju kaos, buku, payung, goody bag, tote bag, bantal, sticker, dan masih banyak jenis lainnya.

Itulah sajian informasi terkait media, mulai dari pengertian media hingga macam-macam media khusus untuk Anda. Manakah media yang sering Anda gunakan dalam berbisnis? Atau jika Anda seorang pelajar atau pendidik, jenis media mana yang lebih sering Anda gunakan?

Dalam memanfaatkan sebuah media, pastikan untuk memilih media yang paling cocok dan sesuai kebutuhan Anda. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga membantu!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Artikel adalah : Pengertian dan Struktur Artikel yang Baik dan Benar

0
artikel adalah

Kata “artikel” sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Artikel adalah salah satu sumber terbaik untuk kita mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait suatu hal. Namun sudahkah Anda memahami pengertian artikel? Apa pula perbedaan antara artikel bahasa Indonesia dengan artikel bahasa Inggris? Berikut ini, kami akan mengupas tuntas perihal penulisan artikel!

Pengertian Artikel

arti-artikel

Pada dasarnya, pengertian artikel adalah sebuah tulisan berbasis fakta, informasi, dan wawasan yang dipublikasikan diberagam media sosial. Artikel dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai media cetak seperti koran, buku dan majalah.

Terlebih lagi berkat perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan dan membaca artikel yang dipublikasikan secara online diwebsite, blog, media sosial menggunakan gadget dan koneksi internet.

Ada pula yang mendefinisikan artikel adalah suatu buah pikir yang dituangkan oleh seseorang kedalam bentuk tulisan. Artikel dapat ditulis menggunakan bahasa apapun. Pemilihan bahasa yang digunakan saat menulis artikel didasarkan kembali pada bahasa yang dikuasai oleh target pembaca yang dituju.

Semisal, sasaran pembaca artikel Anda adalah warga negara Indonesia, maka otomatis Anda akan membuat artikel bahasa Indonesia agar isinya dapat dipahami oleh pembaca. Sementara artikel bahasa Inggris akan jauh lebih mudah dicerna isinya oleh pembaca diluar Indonesia.

Anda jelas tidak bisa mempublikasikan artikel bahasa Indonesia pada masyarakat luar negeri, seperti Amerika. Fungsi dari setiap artikel umumnya sama yakni mengedukasi para pembaca dengan informasi baru sekaligus menghibur mereka dengan informasi unik.

Oleh sebab itu, menulis artikel tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan riset, penelitian, hingga interpretasi informasi yang berbasis fakta agar artikel yang Anda tulis bisa menambah pengetahuan para pembaca.

Kelekatan artikel pada fakta menjadi ciri utama yang membedakan tulisan ini dengan tulisan lain yang juga populer dimasyarakat, seperti karya sastra atau fiksi. Terdapat pula kaidah dan aturan tertentu saat menulis suatu artikel, yang mana akan kita bahas lebih lanjut dibagian selanjutnya. Keep scrolling!

5 Ciri-Ciri Artikel, Yuk Pahami Sebelum Menulis!

Sebuah artikel memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari tulisan jenis lain. Ada 5 ciri khusus yang dimiliki oleh suatu artikel fakta. Penjelasan kelima ciri artikel adalah sebagai berikut.

1. Original

Ciri pertama dari artikel adalah original. Suatu artikel yang baik harus bersifat original dari ide, gagasan dan wawasan sang penulisnya. Janganlah sampai memplagiat atau meniru ide milik tulisan orang lain saat menulis artikel.

2. Bersifat Faktual

Sebuah artikel haruslah bersifat faktual, alias ditulis berdasarkan data fakta dan ilmu pengetahuan dari sumber yang kredibel seperti berita dan buku pengetahuan. Jadi, Anda tidak bisa asal atau sembarangan mengarang suatu artikel berdasarkan imajinasi yang tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Anda bisa mendapatkan data pendukung artikel dari hasil riset, survei, atau wawancara dengan narasumber yang memahami dibidangnya.

3. Singkat dan Jelas

Ciri artikel yang baik selanjutnya adalah ditulis dengan singkat, jelas, lugas dan padat. Artikel yang singkat dan jelas lebih menarik dan mudah untuk dipahami isinya oleh pembaca. Jadi hindari penulisan artikel yang terlalu bertele-tele dan tidak jelas arahnya.

4. Tepat Sasaran

Ciri khas selanjutnya dari suatu artikel adalah tepat sasaran, yakni menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Semisal pembaca ingin tahu seputar dunia investasi saham, maka Anda harus menulis artikel yang membahas tentang saham. Kesesuaian isi artikel dengan kebutuhan masyarakat akan otomatis meningkatkan jumlah orang yang datang dan membaca artikel Anda.

5. Memuat Topik Seputar Fakta

Ciri artikel yang terakhir adalah memuat topik seputar fakta. Anda bisa membuat artikel tentang hasil survey atau penelitian, biografi tokoh berpengaruh atau bersejarah, atau analisis teoritis mendalam terkait suatu peristiwa. Topik ini menjadi bahasan umum suatu artikel sebab memerlukan sejumlah analisis data dan dukungan teori faktual didalamnya.

Struktur Artikel : Pedoman untuk Penulis Pemula

struktur-artikel

Menyusun artikel sesungguhnya tidak sulit. Untuk pemula, Anda dapat menyusun artikel dengan mengikuti struktur artikel yang tepat. Seperti apakah struktur artikel yang baik? Mari simak jawabannya berikut ini!

Kepala atau Judul

Bagian pertama yang harus Anda tulis saat membuat artikel adalah judul. Ibarat anggota tubuh, judul merupakan “kepala” dari artikel tersebut. Bagian ini juga berfungsi untuk menarik minat pembaca pertama kali saat mereka melihat artikel Anda. Jadi, usahakan agar judul artikel Anda tampak menarik, unik, sekaligus mampu menggambarkan inti utama dari tulisan.

Lead

Setelah menulis judul, selanjutnya Anda harus menulis lead atau kalimat pengantar yang bertugas “membuka” isi tulisan Anda. Lead artikel biasanya memaparkan permasalahan utama yang disoroti oleh artikel Anda atau alasan yang mendasari artikel tersebut ditulis. Sebagai catatan penting, jangan menulis lead artikel yang terlalu panjang. Sebuah paragraf pengantar yang baik biasanya hanya berkisar 2 sampai 3 kalimat saja.

Ada beragam cara yang bisa Anda terapkan untuk menulis sebuah lead, seperti dengan metode induktif (menulis pembukaan yang menjurus kepada hal spesifik) dan deduktif (menulis pembukaan yang masih bersifat general atau umum).

Selain dengan dua cara tersebut, Anda juga bisa menyisipkan kutipan menarik tentang pokok bahasan artikel. Setelah bagian ini selesai, barulah Anda melanjutkan pada bagian isi artikel.

Isi (Bridge dan Body)

Bagian isi artikel dapat dibedakan menjadi dua yakni bridge dan body. Bridge merupakan bagian awal dari isi artikel yang berfungsi menghubungkan lead dengan body. Sesuai dengan fungsinya, bridge artikel terletak persis dibawah lead. Bridge biasanya berisikan pemaparan pernyataan yang nantinya akan dijawab lebih mendalam pada body.

Body artikel adalah bahasan utama dalam artikel. Disini Anda harus merinci jawaban, wawasan dan informasi yang menjawab rasa penasaran pembaca terkait permasalahan yang telah dipaparkan pada bagian pembuka.

Selain itu, body juga bisa memuat argumentasi penulis tentang pro dan kontra isu atau permasalahan yang sedang didiskusikan. Bagian body artikel juga kerap memuat semua data dan teori pendukung untuk membangun argumentasi penulis yang valid dan kredibel.

Saat menulis body artikel, usahakan agar Anda memaparkan bahasan secara singkat, padat dan jelas. Hindari penjelasan yang bertele-tele, tidak relevan dengan permasalahan dan bentuk penjelasan lainnya yang berpotensi membingungkan pembaca. Sebab pada bagian inilah pembaca akan mendapatkan penjelasan lengkap terkait permasalahan, informasi serta pengetahuan baru.

Ending

Bagian terakhir dari artikel adalah penutup, atau dikenal juga sebagai ending. Terdapat serangkaian julukan lain untuk bagian penutup ini seperti “kaki artikel”, rangkuman, antiklimaks, dan bagian akhir. Apapun istilah yang Anda pilih untuk digunakan nantinya, pada dasarnya, artikel yang baik selalu diakhiri dengan kesimpulan atas pemaparan yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian body.

Kesalahan dari banyak penulis artikel pemula adalah menyepelekan bagian ending. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa bagian ini tidak penting sebab terletak diakhir. Padahal, tak jarang pula pembaca memilih melompati pembahasan dan langsung menyimak bagian kesimpulan sebab bagian ini memuat inti dari pembahasan yang lebih ringkas.

Jadi, selaku penulis artikel penting untuk Anda bisa senantiasa membuat ending yang menjelaskan isi artikel secara ringkas sekaligus mudah dipahami. Selain itu, Anda bisa menutup artikel dengan menunjukkan keberpihakan Anda selaku penulis terhadap permasalahan yang ada dalam artikel apakah penulis bersikap pro atau kontra dengan isu yang dibahas. Pembaca bisa menilainya sendiri dari isi kesimpulan artikel.

Contoh Artikel Sederhana

contoh-artikel

Anda kini sudah mempelajari ilmu dasar seputar penulisan artikel. Guna memperdalam pemahaman Anda, berikut ini kami sajikan contoh artikel sederhana seputar isu terkini, yakni pandemi virus covid-19 dimasyarakat. Contoh artikel berikut ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait tata cara menjaga kesehatan selama masa pandemi.

Menjaga Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19

Tahun 2020 menjadi masa penuh percobaan bagi banyak didunia akibat penyebaran virus covid-19. Virus yang satu ini dikenal menyerang sistem pernafasan manusia dan tergolong mematikan sekaligus berbahaya. Oleh sebab itu, WHO menyarankan kita untuk senantiasa menjaga diri dan kesehatan. Bagaimana caranya?

Mulailah menjaga kebersihan dari diri sendiri dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan hand-sanitizer, hindari menyentuh wajah dan melakukan social distancing. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan segera memeriksakan diri kedokter jika merasa sakit. Stay safe and healthy!

Demikianlah pembahasan kali ini seputar pembuatan artikel dari kami. Semoga bermanfaat membantu Anda dalam menulis artikel!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Baca juga

Pengertian Email, Cara Kerja, Jenis dan Fungsinya

0
pengertian email

Dahulu, mengirim pesan hanya bisa melalui surat yang menggunakan media kertas dan prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Namun, saat ini mengirim sebuah pesan tidak serumit zaman tersebut. Hal ini karena munculnya email seiring dengan kemajuan teknologi. Lalu, apakah Anda mengetahui apa pengertian email tersebut?

Email adalah sebuah surat elektronik yang berfungsi sebagai alat untuk mengirim pesan. Pesan ini dikirim melalui perantara teknologi komputer, laptop, dan smartphone yang terhubung dalam koneksi internet.

Kini, kehadiran email dapat membantu kita dalam urusan pengiriman sebuah pesan secara daring dengan cepat, efektif dan murah. Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai email di bawah ini. Yuk simak informasinya!

Pengertian Email

email, pengertian email

Pengertian email adalah surat elektronik yang berfungsi sebagai alat untuk mengirim pesan melalui perantara teknologi komputer. Anda juga dapat mengirim data melalui email, entah itu berbentuk file teks, video, foto, ataupun audio.

Sesuai dengan pengertian email tersebut, email juga dapat digunakan untuk mengirim file atau data penting perusahaan dengan aman, cepat dan praktis. Ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan jasa manusia. Hal tersebut karena pengiriman dengan jasa manusia memiliki risiko yang lebih tinggi.

Metode ini tentu akan sedikit membingungkan bagi kalangan generasi tua. Ini karena pada zaman dulu, mengirim surat maupun data penting menggunakan tenaga kerja manusia. Contohnya seperti kantor pos dan lainnya.

Hal ini pastilah sangat runit apabila dilakukan seperti zaman tersebut. Saat ini, zaman sudah semakin ditekuk oleh teknologi dan hampir semuanya kini lebih efektif dan efisien. Semua itu terjadi berkat adanya pengaruh teknologi.

Pada zaman dulu, jika kita ingin menulis sebuah surat, tentunya kita harus memiliki amplop serta prangkonya. Selain itu, Anda juga harus mencari kotak pos ataupun kantor pos yang berada dekat dengan rumah Anda.

Ditambah dengan adanya banyak gangguan seperti alamat yang tidak ditemukan. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ada yang namanya GPS. Jadi, wajar saja jika kurir sering mengalami kesalahan dalam mencari alamat.

Beda cerita dengan zaman sekarang, kini jika Anda mengirim sebuah surat Anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk menyiapkan amplop, perangko, atau pergi ke kantor pos hanya sekedar untuk mengirim sebuah surat yang belum tentu surat tersebut bisa sampai kepada tujuan yang Anda inginkan.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kini mengirim surat, data-data penting sangatlah mudah dan cepat. Dengan bantuan dari email, hanya dengan hitungan detik saja surat atau file-file penting akan terkirim dengan aman.

Perbedaan Email dengan Metode Konvensional

Jika dibandingkan dengan metode konvensional, tentu email jauh lebih menguntungkan. Jika Anda mengirim surat dengan metode konvensional, tentu akan menguras banyak waktu akibat prosesnya yang rumit. Proses tersebut mulai dari mengantre di kantor pos, pengirimannya yang memakan waktu, serta memakan biaya meskipun tidak terlalu mahal.

Maka dari itu, penggunaan email saat ini semakin populer ketimbang harus menggunakan media konvensional. Banyak sekali perusahaan ataupun individu lebih memilih email sebagai wadah untuk pengiriman surat ataupun data yang cepat dan aman.

Kesimpulan dari pengertian email adalah metode pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perantara teknologi seperti komputer, laptop, smartphone yang terhubung dalam koneksi internet.

Cara Kerja Email

email, pengertian email

Setelah mengetahui pengertian email, kita sekarang beralih ke cara kerja email. Secara konsep, mengirim surat ataupun pesan melalui email sama saja dengan Anda mengirim surat secara konvensional.

Pertama, Anda harus melengkapi alamat email yang dituju. Selain itu, Anda harus menyiapkan perangkat untuk pengiriman seperti laptop ataupun smarthpone. Selain perangkat, Anda juga harus memiliki koneksi internet. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja dari email secara singkat.

  1. Yang harus Anda lakukan pertama kali untuk mengirim sebuah email adalah mengetik alamat email yang ingin Anda tuju. Contoh alamat email tujuan seperti, Subscribe34@gmail.com dan lainnya
  2. Setelah Anda mengetikan alamat email tujuan, klik alamat email tersebut dan sertakan isi pesan yang ingin Anda bagikan. Pesan tersebut dapat berupa surat, data-data penting, video, maupun audio.
  3. Lalu, setelah selesai mengisi alamat tujuan dan isi dari pesan yang ingin Anda bagikan tersebut, klik kirim pada halaman email Anda. Maka server akan mengirim pesan Anda tersebut ke server alamat email yang telah Anda tuju tersebut.
  4. Yang keempat, pihak penerima akan menerima notifikasi email baik itu dari laptop ataupun smarthpone yang digunakan. Kemudian, pihak penerima akan membuka pesan yang Anda kirimkan tersebut.
  5. Terakhir, setelah pihak penerima membuka pesan yang Anda kirimkan tersebut, barulah pihak penerima bisa melihat ataupun membaca isi dari pesan yang Anda kirimkan tersebut, baik itu berupa surat, data-data penting, video, maupun audio.

Jenis-Jenis Email

email, pengertian email

Pengertian email sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Selain itu, cara kerja email juga telah dijelaskan secara rinci. Nah, sekarang kita akan lanjut membahas tentang jenis-jenis email.

Mengirim pesan menggunakan email memang terlihat sangat praktis dan mudah, namun tahukah Anda bahwa email ini memiliki banyak jenis dan tergantung dari kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis email yang paling sering digunakan.

POP Mail

POP Mail atau singkatan dari Post Office Protocol merupakan jenis email yang hanya dapat dibuka serta dicari melalui Internet Service Provider yang Anda gunakan. Jenis ini adalah sebuah jenis layanan email yang banyak sekali digunakan oleh perusahaan untuk melakukan sebuah komunikasi secara internal.

Pesan internal ini biasanya ditujukan kepada masing-masing karyawan perusahaan tersebut. Kelebihan dari POP Mail ini adalah layanan email khusus ini dapat berbicara secara luring (luar jaringan) baik itu menggunakan media smarthpone ataupun komputer.

WEB Mail

Jenis email yang satu ini merupakan jenis email yang paling umum atau paling sering digunakan dan dilihat oleh masyarakat. Jenis email ini sama seperti layanan yang terdapat pada Google dan Yahoo. Namun, email ini hanya dapat diakses apabila Anda membuka halaman wesbite email tersebut.

Forward Email

Email jenis ini adalah sebuah layanan bagi mereka para pengguna email yang sering menggonta-ganti alamat email milik mereka. Dengan mendaftarkan diri pada layanan email yang satu ini, pengguna tetap akan mendapatkan notifikasi apabila mendapatkan sebuah pesan baru di alamat email mereka yang lama.

Layanan email ini bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai perantara antara alamat email lainnya. Dengan sifat perantaranya, jangka waktu untuk mengirimkan sebuah email melalui forward email ini biasanya memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan layanan email lainnya.

Fungsi Email

Fungsi email secara literal yaitu untuk mengirim dan menerima sebuah pesan. Dengan adanya fungsi attachement pada email, maka Anda dapat melampirkan berbagai macam jenis data, baik itu berupa file teks, foto, video, audio dan lain-lainnya. Berikut beberapa fungsi email yang umum.

Digunakan sebagai identitas diri secara personal

Maksud pengertian email digunakan sebagai identitas diri secara personal disini adalah, pada era digitalisasi seperti saat ini email dapat dikatakan sebagai wadah untuk memperlihatkan sekaligus mengkonfirmasi identitas diri seseorang.

Selain itu, layanan keuangan digital hingga aktivitas dalam smarthpone sering kali menggunakan sarana dari email untuk mengkonfirmasi identitas pengguna yang sudah terkonfirmasi dan terdaftar.

Sebagai alat pendaftaran media sosial

Kemajuan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter memang sangat pesat. Disini, email juga memiliki peran penting yaitu sebagai alat untuk mendaftarkan diri ke dalam media sosial tersebut.

Bukan hanya sosial media saja, game online pun kini perlu melakukan pendaftaran sebelum masuk dan dapat menggunakan email untuk mendaftar. Setelah Anda melakukan pendaftaran menggunakan email, biasanya akan ada notifikasi masuk ke dalam email Anda yang berisi bahwa email sudah terkonfirmasi kepemilikannya.

Digunakan sebagai media promosi

Para pebisnis online yang memiliki toko secara online, seperti shoppe, bukalapak, tokopedia dan lainnya biasanya melakukan promosi lewat email yang telah di daftarkan pengguna saat baru mengunduh toko online tersebut.

Mulai dari mengirim pesan lewat email mengenai diskon hari ini, hadiah yang di dapatkan, dan masih banyak lagi promosi-promosi lainnya yang dilakukan oleh toko online tersebut melalui email.

Biasanya, para pebisnis online tersebut akan mengumpulkan alamat-alamat email pengguna yang sudah terdaftar di toko mereka melalui layanan berlangganan yang bernama newsletter dalam halaman website-nya. Dengan menggunakan email jenis marketing ini, kegiatan sebuah promosi akan bekerja secara optimal.

Sekian informasi mengenai pengertian email, cara kerja email, jenis-jenis email dan fungsi email kali ini, semoga bermanfaat!

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

Personal Computer Adalah : Berikut Contoh Lengkapnya!

0
personal computer adalah

Dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di zaman sekarang ini, yang semuanya serba canggih, tentunya setiap orang memiliki berbagai macam gadget yang canggih, mulai dari laptop, ponsel, hingga personal computer.

Tetapi apakah Anda yakin sudah memahami masing-masing jenis gadget tersebut dengan baik? Jika belum, tentunya ini saatnya Anda memperluas pengetahuan Anda mengenai gadget-gadget canggih, khususnya personal computer atau komputer pribadi.

Personal computer atau komputer pribadi sendiri sudah menjadi kebutuhan orang banyak meskipun pada awalnya personal computer atau komputer pribadi hanyalah salah satu perkembangan teknologi yang pada awalnya disebut dengan mikrokomputer.

Kemudian mikrokomputer ini terus berkembang hingga saat ini, hingga akhirnya terdapat berbagai jenis komputer, seperti laptop, PC Tablet, notebook, hingga akhirnya personal computer itu sendiri.

Apabila Anda terbiasa menggunakan personal computer, maka alangkah baiknya jika kita memahami apa itu personal computer secara lebih mendalam. Dimulai dari pengertian personal computer, fungsi personal computer, kemudian dilanjutkan dengan spesifikasi personal computer. Setelah itu akan dilanjutkan dengan informasi mengenai contoh sekaligus harga personal computer.

Pengertian Personal Computer

personal-computer-adalah

Secara sederhana dalam Bahasa Inggris, personal computer adalah komputer pribadi. Atau jika ingin lebih diperluas lagi, personal computer adalah seperangkat komputer yang bersifat serba guna yang memiliki ukuran, kemampuan, sekaligus harga tersendiri yang hanya digunakan oleh individu atau seseorang saja.

Berkaitanya dengan fungsinya, personal computer adalah perangkat-perangkat yang berfungsi untuk mengolah data input sekaligus menghasilkan output berupa data atau informasi sesuai dengan perintah dari user atau pengguna. Di zaman sekarang ini, personal computer adalah hal yang umum yang dapat ditemukan dimana saja, harganya pun sudah cukup terjangkau di kalangan masyarakat, dan banyak sekali macamnya atau merk dari komputer tersebut.

Personal computer adalah perangkat komputer yang dimaksudkan untuk digunakan oleh pengguna akhir, bukan untuk para ahli atau teknisi. Personal computer digunakan oleh seseorang secara pribadi dalam waktu yang bebas. Berbeda sekali dengan komputer mini dan mainframe, pengerjaan, pengoperasian dan pembagian waktunya dikerjakan oleh banyak orang di saat yang sama.

Demikian informasi mengenai pengertian personal computer yang tentunya sangat menarik untuk disimak, sekaligus menambah wawasan Anda mengenai personal computer dimulai dari hal yang paling dasar. Selanjutnya akan dibahas fungsi dari personal computer.

Fungsi Personal Computer

Utamanya, fungsi personal computer adalah untuk mengolah data input sekaligus menghasilkan output berupa data atau informasi yang tentunya sesuai dengan keinginan user atau pengguna.

Dalam prosesnya, pengolahan data dimulai dari memasukkan data atau input, untuk menghasilkan atau mengeluarkan output berupa informasi. Proses pengolahan data ini memerlukan suatu perangkat yang merupakan kesatuan elemen atau komponen yang tidak terpisahkan. Sebagai contoh, hardware, software, dan yang terakhir yaitu brainware, yang sering disebut juga dengan perangkat manusia (pengguna atau user).

Adapun fungsi personal computer lainnya, dibedakan menjadi beberapa macam yaitu, data input, data processing, data output, data storage, dan yang terakhir yaitu data movement. Penjelasannya adalah sebagai berikut!

Data Input

Data atau informasi dalam personal computer adalah hal yang diterima oleh personal computer melalui suatu sumber. Data atau informasi tersebut diterima melalui aktivitas di beberapa perangkat sekaligus, seperti mouse, keyboard, bahkan komputer atau perangkat lainnya.

Data Processing

Salah satu fungsi utama dari personal computer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Pada umumnya, data yang diolah oleh personal computer adalah berupa teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Data Output

Fungsi personal computer yang lainnya adalah untuk menghasilkan output atau informasi setelah melalui tahap-tahap proses pengolahan data. Informasi yang dikeluarkan disajikan melalui monitor, alat printer, bahkan speaker.

Data Storage

Personal computer juga dapat dipergunakan sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga data atau informasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah sekaligus digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan dalam memori internal komputer maupun memori eksternal-nya.

Data Movement

Fungsi lainnya dari personal computer adalah untuk memindahkan data dari satu personal computer ke personal computer lainnya, atau bahkan beerbagai alat output lainnya.

Spesifikasi Personal Computer

personal-computer-adalah

Di zaman ini, terdapat berbagai macam gadget, seperti notebook, laptop, iPad, tetapi personal computer atau komputer desktop adalah hal yang masih dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Salah satu contoh fungsinya, yaitu masih dibutuhkan untuk pengolahan data di kantor-kantor. Oleh karena itu, dalam memilih spesifikasi personal computer untuk kantor tidak boleh sembarangan, dikarenakan komputer kantor juga memiliki spesifikasi khusus.


Spesifikasi yang dibutuhkan oleh personal computer khusus kantor atau bisnis, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  • Dalam hal processor, diharuskan memiliki control power consumption yang tentunya baik untuk penghematan listrik;
  • Dalam hal memori, tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk menjalankan aplikasi di bidang perkantoran;
  • Tidak perlu menambahkan kartu grafis tambahan;
  • Pilihlah motherboard dengan spesifikasi yang bagus, sehingga personal computer atau komputer desktop masih bisa di-upgrade sampai beberapa tahun ke depan tanpa harus mengganti motherboard;
  • Tidak perlu memilih harddisk yang kapasitasnya terlalu besar;
  • Tentukan apakah konektivitas jaringan dibutuhkan atau tidak.

Pada umumnya, terdapat dua jenis spesifikasi komputer kantor yang ideal untuk kebutuhan Anda, yaitu sebagai berikut.

Komputer Kantor Hemat

Personal computer yang satu ini adalah jenis personal computer yang memiliki harga ekonomis, sesuai dengan namanya. Artinya, komputer ini dapat menekan harga sehingga harga jualnya sesuai dengan budget konsumen. Meskipun begitu, spesifikasi kantor yang hemat ini tetap dapat digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi pekerjaan kantor yang bersifat dasar dengan cukup baik. Alias masalah harga sama sekali tidak berpengaruh pada kualitas kerjanya. Adapun spesifikasi kantor yang hemat adalah sebagai berikut.

  • Processor, yaitu, bisa dipergunakan untuk tipe Dual Core, Core 2 Duo, Quad Core Coleron;
  • Kebutuhan RAM, minimal 2 Gb;
  • Hardisk, minimal 320Gb;
  • Aksesoris, yaitu DVD RW atau speaker;
  • VGA, yaitu, On Board
  • Monitor, yaitu 16 inch
  • Kecocokan, yaitu untuk aktivitas kantor dengan penggunaan biasa, seperti di Microsoft Office atau Excel, browsing, accounting, kasir, tempat jasa pengetikan, hingga warnet untuk browsing, dan lain-lain, khusus aktivitas bukan editing. Menurut riwayat terakhir, harganya adalah 3,8 juta.

Komputer Kantor Handal

Personal computer yang satu ini mengusung konsep komputer dengan performa terbaik, dimana spesifikasi komputer ini tentunya lebih tinggi dibandingkan komputer pada umumnya. Adapun spesifikasi-nya adalah sebagai berikut.

  • Processor, yaitu, minimal Core i3, Core i5;
  • RAM, yaitu, minimal 2 Gb, direkomendasikan 4 Gb;
  • Harddisk, minimal, 500 Gb
  • Aksesoris, yaitu, DVD RW (Diwajibkan), dan Speaker
  • VGA, yaitu minimal 2 Gb;
  • Monitor, yaitu, minimal 16 inch
  • Kecocokan, yaitu kantor dengan aktivitas penggunaan office untuk hal-hal seperti, designer, jasa editing, software house, designer, warnet khusus game, dan juga kantor dengan penggunaan aplikasi, software berlebih, besar atau khusus. Menurut informasi terakhir, harga personal computer ini adalah lima jutaan untuk i3, dan tujuh jutaan untuk

Demikian informasi mengenai spesifikasi personal computer yang tentunya dapat menambah pengetahuan Anda mengenai spesifikasi komputer yang dibutuhkan oleh suatu kantor, atau bahkan Anda sendiri. Selanjutnya akan dibahas contoh personal computer, yaitu sebagai berikut.

Contoh Personal Computer

personal-computer-adalah

Contoh personal computer tentunya berbeda-beda antara masing-masing zaman, disebabkan oleh perkembangan personal computer itu sendiri. Sebagai contoh, personal computer pada tahun 1975 tentunya berbeda dengan personal computer pada tahun 1977, begitu juga pada tahun-tahun yang lain.

Yang jelas, seiring dengan berkembangnya zaman, harga komputer yang dulunya selangit, semakin berkurang. Bahkan, komputer yang dulunya berukuran besar, semakin berukuran kecil dan harganya dapat dijangkau oleh masyarakat umum.

Di zaman sekarang, komputer tidak hanya dimiliki oleh orang-orang kaya saja, tapi masyarakat umum juga dapat memilikinya. Adapun contoh personal computer pada masing-masing zaman adalah sebagai berikut:

Tahun 1975 (Komputer MITS Altair 8800)

Pada tahun 1975, komputer Altair 8800 adalah contoh personal computer di tahun ini. Komputer ini memiliki processor 2 MHz dengan Intel 8080, kapasitas memori 256 bytes, dan juga dapat ditambahkan hingga maksimum 64 kh. Untuk media, penyimpanan, komputer ini menawarkan 8” floppy disk atau biasa disebut kaset eksternal.

Personal computer ini tidak seperti personal computer yang ditemui saat ini, dimana personal computer sekarang berjalan di atas 5 GHz dan RAM minimum 1 Gb. Personal Computer di zaman ini juga tidak mempunya monitor, keyboard, mouse, sistem operasi, bahkan software aplikasi. Untuk mengoperasikannya pun, seseorang harus memahami bahasa mesin, yang bearti mengubah dudukan saklar menjadi benar dan melihat lamput LED yang terhubung sudah menyala.

Tahun 1977 (Komputer Apple II)

Terdapat Apple I yang diproduksi pada tahun 1976. Tetapi hanya berupa papan sirkuit, sama halnya dengan motherhood di masa ini. Pada tahun ini, Apple II sudah muncul bersama dengan keyboard, monitor, sekaligus media penyimpanan. Komputer ini juga memiliki sistem operasi sekaligus software aplikasi.

Pada awalnya, komputer ini menggunakan media penyimpanan kaset, tetapi pada tahun 1978, floppy disc yang bersifat eksternal dengan kapasitas 143 sudah tersedia. Kemudian, pada tahun 1979, dimunculkan lagi Apple II Plus sekaligus Apple Iiepada tahun 1983. Keduanya memiliki kemiripan dengan Apple II, yang disertai dengan beberapa tambahan sekaligus fitur baru.

Tahun 1981 (Komputer IBM PC)

Pada tahun 1981, tepatnya pada bulan Agustus, sebuah IBM PC yang asli dikeluarkan. PC ini hanya mempunyai memori sebesar 16 Kh, tidak mempunyai hard disk, dan menggunakan media penyimpan kaset sekaligus floppy.

Dikarenakan desainnya yang bersifat terbuka, PC jenis ini sangat mudah di-upgrade. Selain itu, mempunyai slot ekspansi yang terdapat pada papan sirkuit utamanya atau biasa disebut motherboard.

Tahun 1983 (Komputer Compaq PC)

PC jenis ini memiliki ukuran coper yang mempunyai monitor yang bersifat monokrom, dengan ukuran 9 inchi sekaligus memiliki floppy drive berukuran 320 Kb. Sama halnya dengan IBM PC di tahun 1981, Compaq menggunakan sistem operasi DOS.

Selain itu, PC ini juga mempunyai dua port sekaligus yang bersifat paralel dan satu port yang bersifat serial yang berfungsi koneksi ke perangkat eksternal. Dalam hal memori, PC ini mempunya 128 Kb yang dapat ditambahkan lagi hingga 640 Kb.

Tahun 1983 – 1989 (Komputer IBM PC)

Pada tahun ini, IBM mengeluarkan versi terbaru PC-nya. Yaitu, IBM PC XT yang sudah mempunyai hard disk dengan kapasitas mencapai 10 Mb, memori mencapai 128 Kb, dan floppy drive 360 Kb. Kemudian IBM membuat lebih banyak jenis peningkatan sekaligus mengeluarkan IBM PC AT 286 pada tahun 1984.

PC jenis ini menggunakan processor intel 6 MHz atau 80 286.. Peningkatan lainnya adalah hard disk dengan kapasitas lebih dari 20 MGb. Kemudian, seri PC ini diteruskan dengan AT 386 pada tahun 1986 dan AT 486 pada tahun 1989. Kedua  PC ini mempunya kelebihan dalam hal memori dan kecepatan processor.

Tahun 1985 (Komputer Commodore Amiga 1000)

Amiga 100 adalah jenis komputer multimedia yang bersifat canggih yang banyak diminati oleh animator sekaligus desainer grafis pada saat itu. PC ini memiliki monitor berwarna, mendukung suara dari streo  4-kanal, juga mempunya port untuk tempat joystick sekaligus video. Dan lagi, mendukung video mode sampai dengan 4.096 warna.

Tahun 1987 (Komputer IBM PS/2)

Rencana ambisius IBM selanjutnya adalah PS/2 (Personal System/2) dan dirilis pertama kali pada thaun 1987. PS/ 2 mempunyai jenis arsitektur baru. Sebagai contoh, proprietary, yaitu seperti konektor baru (socket) untuk keyboard atau mouse.

Terdapat slot ekspansi yang didesain ulang sekaligus bus, yaitu, jalur elektronik yang menghubungkan slot ini dengan sebuah sistem yang dinamakan Micro Channel Architectur. Arsitektur dari personal computer yang bersifat baru ini, membuat IBM PS/2 sulit sekali untuk diduplikat.

Tahun 1992 (Laptop)

Sebelumnya, sudah muncul berbagai merk personal computer, mulai dari Compaq dan IBM Portable, IBM Convertible, Machintos Portable, Osborn 1, sekaligus Radioshack TRS-80 , pada tahun 1982 mulai muncul Laptop TRS-80 . Contoh terakhir adalah IBM tipe Thinkpad 700 dan Apple Powerbook 100.

Ada banyak sekali jenis laptop di zaman sekarang ini, tepatnya pada tahun 2020, dan tentunya memiliki berbagai macam jenis merk yang berbeda, mulai dari merk ASUS, ACER, APPLE dan berbagai macam merk lainnya.

Harga Personal Computer

Harga personal computer tentunya berbeda antara merk yang satu dengan merk yang lain, disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti jenis merk, spesifikasi komputer, dan berbagai macam faktor lainnya, seperti wilayah yang berbeda.

Tentunya mengenai hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda atau penyesuaian-penyesuaian lainnya. Sebagai contoh, laptop dengan merk ASUS atau ACER dengan tipe processor Core I3, bisa Anda dapatkan dengan harga empat atau lima jutaan, menurut informasi terakhir.

Demikian informasi mengenai personal computer yang dimulai dari pengertian personal computer, fungsi personal computer, dan yang terakhir adalah spesifikasi personal computer yang tentunya dapat Anda pahami. Adapun contoh personal computer bahkan harganya adalah informasi yang bersifat pelengkap yang berguna untuk semakin memperdalam pengetahuan Anda mengenai personal computer. Semoga informasi dari Markey ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Pengertian Implementasi Sistem dan Contohnya (Lengkap)

0
implementasi adalah

Setiap hari, kita bisa kedatangan ide brilian untuk diwujudkan. Ide memajukan bisnis, terobosan guna memenuhi kebutuhan masyarakat, atau inovasi untuk memperbaiki masalah yang dihadapi perusahaan. Ide dan rencana yang baik datang menghampiri kapanpun dan dimanapun, tidak peduli bagaimana cara Anda mendapatkan ide, yang penting adalah mengimplementasikan gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Bayangkan bagaimana rasanya jika ide baik Anda gagal untuk diwujudkan, tentunya menyakitkan melihat gagasan bagus terbuang percuma begitu saja, bukan? Guna mencegah hal tersebut, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba mengimplementasikan gagasan dan rencana menjadi kenyataan.

Kata implementasi memang sudah familiar dimasyarakat. Kata ini identik dengan menjadikan gagasan atau rencana menjadi kenyataan. Namun jika didalami lebih jauh, terdapat sejumlah “pakem” yang harus Anda ketahui untuk bisa mewujudkan proses implementasi dengan hasil maksimal. Apa sajakah?

Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya! Semua sudah terangkum lengkap mulai dari definisi, tujuan, langkah-langkah hingga contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Let’s check this out!

Apa Itu Implementasi? Pengertian Implementasi

arti-implementasi

Implementasi adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun sudahkah Anda mengetahui apa itu implementasi?

Pengertian implementasi adalah penerapan dari ide atau rencana yang dibuat dengan baik sebelumnya. Masyarakat menganggap pengertian implementasi berkaitan dengan aktivitas atau tindakan. Namun implementasi tidak hanya sebatas tindakan penerapan saja.

Implementasi juga merupakan aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya dengan baik guna mencapai tujuan kerja. Pembuatan implementasi juga biasanya mengacu pada aturan tertentu yang mendukung proses kerja. Proses implementasi baru dapat dilaksanakan apabila rencana yang hendak diterapkan sudah dibuat, diteliti, atau dirancang dengan matang. Hal ini penting agar proses implementasi dapat berjalan dengan lancar serta memberikan hasil yang optimal. Kemudian, proses implementasi baru dianggap berakhir atau tuntas saat sistem yang diterapkan sudah dinilai “pas” dan sudah diterapkan secara permanen dalam pekerjaan.

Untuk lebih memahami arti kata implementasi, terdapat pula pengertian implementasi menurut para ahli. Beberapa definisi implementasi adalah sebagai berikut:

Pressman dan Wildavsky (1973)

Arti implementasi menurut Pressman dan Wildavsky adalah sebuah aktivitas  atau kegiatan untuk merealisasikan, mewujudkan, hingga menyelesaikan suatu rencana, kebijakan, dan aturan kerja.

Prof. Tachjan (2006)

Menurut Prof. Tachjan, implementasi adalah suatu kegiatan administratif yang muncul dan dilaksanakan pasca hadirnya suatu kebijakan umum. Biasanya manusia akan menyusun dan menetapkan suatu kebijakan, rencana kerja, atau ide inovatif terlebih dahulu untuk nantinya diaplikasikan secara nyata.

Van Horn dan Van Meter

Selanjutnya, menurut Van Horn dan Van Meter, implementasi merupakan upaya mencapai target spesifik yang telah ditetapkan oleh pihak tertentu sebelumnya, baik itu pemerintah, individu, ataupun pihak swasta.

Hanifah Harsono (2002)

Harsono merumuskan definisi implementasi adalah proses eksekusi dari suatu kebijakan guna menyempurnakan suatu program. Sebagai contoh dikehidupan pemerintahan, sistem implementasi mengubah suatu kebijakan politik menjadi tindakan administratif.

Solichin Abdul Wahab (1997)

Yang terakhir, Solichin Abdul Wahab mendefinisikan implementasi  sebagai sejumlah aksi nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu kebijakan. Implementasi bisa dilakukan oleh pihak manapun, baik kelompok, golongan, ataupun perorangan.

Tujuan Implementasi

tujuan-implementasi

Melakukan implementasi terhadap suatu sistem tidak akan dilakukan tanpa alasan yang jelas. Berikut ini  tujuan dari implementasi yang harus Anda pahami sebelum menerapkan sendiri proses tersebut diperusahaan:

Menguji Rencana yang Telah Dibuat

Tujuan utama dari implementasi adalah untuk menguji kembali rencana kerja serta ide terobosan baru yang telah Anda buat dengan tim. Melalui proses implementasi ini, Anda bisa melihat seberapa efektif rencana ataupun inovasi yang akan digagas. Selain itu, Anda juga bisa melihat kendala yang akan muncul saat sistem yang baru bekerja dan cara memperbaikinya.

Meninjau Sistem dengan Kebutuhan Konsumen

Tujuan selanjutnya dari implementasi adalah meninjau sejauh mana rencana dan inovasi baru yang diterapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mendapatkan feedback dari konsumen terkait implementasi sistem yang baru, Anda dapat menilai apakah inovasi yang baru sudah mampu meningkatkan kualitas pelayanan konsumen atau belum. Jika belum, Anda dapat melakukan perubahan kembali.

Mendokumentasikan Sistem

Disamping menguji kajian atau rencana kerja, proses implementasi juga bertujuan untuk mendokumentasikan pelaksanaan implementasi. Melalui aksi penerapan nyata dari suatu rencana atau kajian, Anda dapat sekaligus melakukan dokumentasi semua tata cara dan langkah yang dibutuhkan.

Membuat dan Merampungkan Desain Sistem

Tujuan terakhir dari pelaksanaan implementasi yaitu untuk membuat serta merampungkan desain yang dibutuhkan oleh sistem. Saat membuat rencana atau kajian, bisa jadi Anda belum memiliki desain gambaran yang utuh dan sesuai dengan kenyataan dilapangan. Alhasil, melalui penerapan dan uji coba sistem, Anda bisa membuat sekaligus melengkapi detailnya guna menghasilkan suatu rangkaian gambaran kerja yang utuh.

Mengenal Implementasi Sistem

Salah satu jenis implementasi adalah implementasi sistem. Implementasi sistem merupakan suatu aktivitas atau kegiatan pasca pembuatan dan penetapan suatu kebijakan. Dalam proses implementasi ini, terdapat serangkaian kegiatan seperti memimpin pekerjaan, mengorganisir, dan mengontrol proses kerja yang tengah berlangsung.

Suatu proses implementasi umumnya tak berdiri sendiri. Ada beberapa aktivitas yang saling berkaitan didalamnya aktivitas inilah yang membangun rangkaian proses implementasi rencana kerja tersebut. Beberapa aktivitas yang biasa hadir dan membangun sistem implementasi kerja adalah:

  • Kepemimpinan kerja.
  • Organisir kegiatan.
  • Penerapan strategi.
  • Pengasawan, kendali dan kontrol kerja.

Setiap aspek yang disebutkan diatas saling berkaitan satu sama lain. Sistem organisir kerja tidak akan mampu berjalan dengan baik tanpa adanya pengawasan kerja, penerapan strategi, dan kepemimpinan tim yang baik. Peranan setiap elemen akan saling melengkapi sehingga menghasilkan suatu sistem implementasi rencana yang lengkap, utuh, dan berjalan dengan baik.

Tahapan – Tahapan Implementasi

tahapan-implementasi

Menjalankan suatu implementasi tak bisa dilakukan begitu saja. Untuk Anda yang belum pernah mengimplementasi suatu rencana atau kajian, proses ini bisa jadi sangat membingungkan untuk pertama kali. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengimplementasikan suatu rencana atau ide baru?

Sebelum bisa terjun praktek, Anda perlu mengetahui sejumlah tahapan yang ada dalam proses implementasi itu sendiri. Apa sajakah tahapan tersebut? Berikut jawabannya.

Tahap Pertama: Pengorganisasian

Tahap pertama dari proses implementasi adalah pengorganisasian. Sebelum bergerak lebih jauh, Anda harus mengorganisir terlebih dahulu sejumlah hal yang nantinya perlu untuk dilakukan. Proses orgnisasi ini berfokus pada menata hal dasar seperti:

  • Mengorganisir kewajiban, hak, wewenang semua pihak yang terlibat.
  • Susunan dan desain organisasi.
  • Pembagian pekerjaan atau
  • Sistem pendelegasian organisasi.
  • Budaya diorganisasi.
  • Sistem rektrut, peletakan, dan pengembangan sumber tenaga kerja.
  • Sistem koordinasi dan integrasi antar anggota, dan masih banyak lainnya.

Tahap Kedua: Kepemimpinan dan Menggerakkan Sistem

Tahap berikutnya adalah menggerakkan sistem sekaligus menjalankan kepemimpinan dalam sistem. Tahap ini, Anda melakukan proses alokasi sumber daya. Termasuk pula didalamnya proses penyesuaian antara sumber daya yang dimiliki dengan proses implementasi. Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan tahapan ini adalah kerja sama, motivasi, negosiasi, norma dan aturan kerja, efektivitas kepemimpinan, komunikasi dan mutu kerja tim itu sendiri.

Proses ini bisa diketuai oleh seseorang yang mengemban tugas selaku pemimpin kerja. Sang pemimpin kerja memiliki kapasitas untuk memilih cara kerja, ruang gerak, dan kuasa untuk membuat keputusan guna mengatasi permasalahan yang menghampiri saat proses kerja berlangsung. Tujuannya agar proses implementasi dapat berjalan lancar.

Tahap Ketiga: Pengendalian

Tahap terakhir dalam sistem implementasi adalah pengendalian (controlling). Dalam tahap ini, Anda melakukan proses pengaturan dan pengawasan (monitoring) berkala.

Beberapa hal yang dapat diawasi dalam pelaksanaan tahap monitoring antara lain:

  • Biaya / keuangan.
  • Desain pengendalian.
  • Sistem informasi manajemen.
  • Kebijakan dan aturan yang menjadi acuan penerapan sistem.

Contoh-Contoh Implementasi

Ada banyak contoh implementasi yang dapat Anda perhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kebijakan sederhana yang implementasinya cukup melibatkan satu implementator (pihak yang mengimplementasi), hingga kebijakan yang lebih kompleks memerlukan keterlibatan lebih banyak pihak.

Contoh dari implementasi kebijakan dikehidupan nyata antara lain program pengentasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur publik untuk masyarakat, dan implementasi kurikulum pendidikan berbasis daring ditengah masa pandemi virus.

Demikianlah pembahasan terkait proses implementasi. Perlu diingat kembali, tingkat keberhasilan  implementasi kebijakan bergantung pada jumlah elemen yang terlibat serta keterkaitannya satu sama lain. Semakin baik kesinergian yang dimiliki sistem, maka proses implementasi rencana Anda akan berjalan dengan semakin baik. Semoga artikel ini membantu menambah pengetahuan Anda!
[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Apa itu Multimedia? Sejarah, Manfaat dan Contohnya

0
multimedia adalah

Dalam kehidupan manusia, komunikasi adalah yang sangat penting untuk bisa saling memahami satu sama lain. Dahulu manusia hanya dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan komunikasi lisan. Dewasa ini, dengan teknologi yang telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan perkembangan yang sangat pesan, komunikasi dilakukan dengan cara baru, menggunakan teknologi multimedia.

Multimedia adalah sarana yang cocok untuk berkomunikasi dan memberikan informasi secara masal yang membuthkan perangkat khusus agar informasi dapat sampai kepada penerima. Apa sih sebenernya pengertian multimedia? Bagaimana kemudian multimedia dapat hadir ditengah-tengah kehidupan manusia?

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan juga memberikan informasi lain terkait multimedia khusus untuk Anda. Oleh karena itu ikuti artikel ini hingga akhir dan temukan jawabannya. Yuk simak pembahasannya!

Pengertian Multimedia

multimedia-adalah

Secara bahasa, multimedia tersusun dari dua kata yaitu “multi” dan “media”. Multi memiliki arti banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan (perantara). Jadi secara bahasa multimedia adalah perantara pesan yang terdiri atas lebih dari satu elemen.

Dalam definisi lain, multimedia adalah salah satu sarana media komunikasi dan informasi pada komputer yang mengkombinasikan antara grafik, teks, animasi, audio, dan video. Kombinasi dari berbagai elemen ini dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, maupun diproses dengan perangkat tertentu. Berikut beberapa pengertian multimedia menurut para ahli:

Mc.Comick, 1996

Menurut Mc. Comick, Multimedia gabungan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yang meliputi suara, tulisan, dan gambar.

Robin dan Linda, 2001

Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang bisa digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis di mana dalam media ini penggunanya dapat mengintergrasikan berbagai macam data mulai dari teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.

Hofstekter, 2001

Menurut Hofsteker, multimedia dalam komputer adalah pemanfaatan teknologi komputer sebagai media dalam pembuatan serta penyatuan data berupa gambar, teks, grafik, serta audio dengan memanfaatkan perangkat lunak sehingga penggunanya mampu berkreasi, berinteraksi, serta komunikasi.

Turban, dkk, 2002

Menurut Turban dkk, multimedia adalah kombinasi dari dua media yaitu input dan output. Media yang dikombinasikan berupa teks, audio, video, gambar, grafis, dan juga animasi.

Sejarah Multimedia

Sesungguhnya istilah multimedia adalah istilah yang berasal dari dunia teater. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media umumnya disebut pertunjukan multimedia. Di mana pertunjukan multimedia mencakup beberapa hal seperti  monitor video, synthesized band, sera karya manusia sebagai sebuah pertunjukan.

Multimedia tidak lepas dari berbagai penemuan berbagai perangkat komunikasi. Gutenberg and Caxton yang pertama kali memperkenalkan media cetak pada abad ke-15. Kemudian dilanjutkan pada abad ke-19, yaitu masa terpenting bagi perkembangan dunia komunikasi. Mattew Brady kemudian mengejutkan publik pada 1862 dengan melakukan pemeran fotografinya.

Selanjutnya ditandai dengan penemuan telegraf oleh Samuel Morse, Alexander Graham Bell yang menemukan telepon, radioa yang ditemukan Gugliemo Marconi. Selanjutnya ialah ide awal penemuan televisi yang digagas John Logie Baird dan Lumiere bersaudara. Revolusi televisi pada akhir tahun 1940-an membawa multimedia kea rah perkembangan yang lebih serius. Ditambah dengan Ketika era komputer dan internet mulai berlangsung sejak tahun 1960-an.

Multimedia kemudian mulai dikenal pada akhir tahun 1980-an yang ditandai dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, juga ditandai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh IBM pada tahun 1989 terkait perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card untuk PS/2. Sejak itu, hampir semua pemasok perangkat keras dan lunak beralih ke multimedia. Hingga pada tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan system multimedia ada di pasaran untuk diperjualbelikan.

Sebuah citra visual dapat dimasukkan ke dalam sistem melalui pekaet perangkat lunak yang menyatukan citra digital, juga dari kamera video, pita dan piringan video, seta scanner optic. Input berupa audio dimasukkan melalaui media microfon, compact disk, dan pita kaset. Setelah tahun 70-an pengguna micro komputer telah bisa membantu menjelaskan berbagai masalah serta mempercepat penyelesaian pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini penggunaan komputer juga menyedia media yang menyebarkan informasi serta menyajikan hiburan untuk pengguna. Saat ini komputer tidak lagi menjadi barang mewah, melainkan suatu kebutuhan bagi setiap orang. Hal ini menunjukkan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi sebuah komputer multimedia.

Dengan munculnya berbagai jenis teknologi ini akhirnya memungkinkan manusia untuk mengkombinasikan berbagai macam media dengan sebuah perangkat. Saat ini internet telah menjadi raksasa media komunikasi pada saat ini. Multimedia memperoleh cakupan wilayah penggunaan yang tak terbatas, apalagi hingga saat ini masih belum ada tanda kemunculan teknologi pengganti yang lebih mutakhir.

Jenis-jenis Multimedia

jenis-multimedia

Didasarkan pada sifat penggunannya, multimedia dikelompokkan dalam beberapa tipe, yaitu:

Multimedia Interaktif

Jenis pertama multimedia adalah multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol berbagai komponen di dalamnya. Tipe yang pertama ini mengutamakan personalisasi pemakaian multimedia yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Multimedia Hiperaktif

Tipe kedua multimedia ini merupakan jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar setiap komponen dalam multimedia. Multimedia hiperaktif ini juga bersifat interaktif sehingga pengguna dapat memilih berbagai asupan informasi sesuai dengan selera mereka melalui berbagai tautan yang tersedia.

Multimedia Linier

Multimedia linier adalah jenis multimedia yang memiliki sifat tidak interaktif. Ini berarti penggunanya hanya dapat menikmati berbagai sajian informasi dengan cara linier. Ini dilakukan tanpa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya secara mandiri.

Multimedia Kits

Tipe selanjutnya dalam multimedia adalah multimedia kits yang digunakan sebagai pembelajaran, di mana melibatkan lebih dari satu jenis media serta diorganisir oleh sebuah topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits ialah CD-ROM, kaset audio, transparansi overhead, gambar statis, dan lain sebagainya. Multimedia yang satu ini banyak dimanfaatkan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam berbagai proyek kecil, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Fungsi Multimedia

Sebuah riset yang dilakukan oleh Computer Technology Research (CTR), memberikan gambaran baru terkait ingatan manusia yang memiliki hubungan dengan komunikasi. Hasil riset ini menyatakan bahwa seseorang akan lebih mudah untuk mengingat informasi berupa audio yang mereka dengarkan, dibandingkan citra visual yang mereka lihat. Seseorang hanya akan mengingat sekitar 20% informasi yang mereka lihat. Sedangkan informasi yang mereka dengarkan akan diingat oleh memori manusia sekitar 30%.

Ini memiliki arti bahwa manusia akan lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan dalam bentuk kombinasi atau penggabugan antara media audio dan visual. Dengan menggabungkan keduanya, maka orang akan mengingat sebesar 50% informasi yang diterimanya dengan cara mendegar dan melihat secara sekaligus.

Hasil riset yang dilakukan CTR ini mengungkapkan bahwa multimedia memiliki fungsi utama sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Multimedia menjadikan komunikasi menjadi lebih efektif dibandingkan dengan metode klasik yang selama ini digunakan, terutama pada saat melakukan komunikasi massal.

Manfaat Multimedia

Saat ini multimedia telah merambah dalam segala aspek kehidupan, apalagi didukung perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Kemajuan teknologi ini membawa manfaat yang sangat luar bisa. Multimedia adalah hal yang sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, berikut ulasannya.

Sarana Informasi Umum

Saat ini, berbagai instansi pelayanan publik lebih mudah dalam menyebarkan informasi dengan memanfaatkan multimedia. Mereka hanya perlu menyediakan infrastruktur perangkat yang memadai untuk kemudian di pasang di berbagai lokasi maupun media strategis.

Dengan begitu, di mana public dapat mengakses dan memperoleh informasi secara langsung dengan mudah. Multimedia dapat ditemukan diberbagai tempat, mulai dari stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, objek wisata, hingga instansi pendidikan. Saat ini juga terdapat berbagai perangkat seperti komputer, laptop, maupun gadget untuk menyebarkan informasi, sehingga tidak perlu mengunjungi suatu temapt khusus untuk memperoleh informasi.

Media Pembelajaran

Manfaat selanjutnya dengan adanya multimedia adalah dapat menjadi sarana atau media pembelajaran. Di berbagai instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi menjadikan multimedia sebagai media pembelajaran.

Pemanfaatan multimedia ini memberikan dampak yang baik karena memang sangat efektif. Metode pengajaran yang dirasa monoton dan membosankan, menjadikan multimedia sebagai inovasi yang sangat menarik sehingga peserta didik lebih memahami dan menyukai metode pengajaran yang memanfaatkan multimedia ini.

Salah satu contoh penerapan pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran adalah pada saat membuat presentasi. Di mana peserta didik juga menggunakan media interaktif untuk melakukan presentasi hasil belajar dengan memanfaatkan perangkat laptop dan proyektor.

Multimedia juga menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui apa saja minat dari setiap peserta didik, mereka mempunyai kebebasan memilih bidang kegemaran masing-masing, belajar sesuai keinginannya, sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Membantu Memajuka Ilmu Kesehatan

Dulu, seorang ibu baru mengetahui jenis kelamin anaknya baru setelah melahirkan. Namun dengan berkembangnya teknologi, terutama multimedia kini seorang ibu bisa mengetahui jenis kelamin anaknya bahkan beberapa bulan sebelum hari kelahiran.

Penemuan piranti pemindai yaitu USG, menjadikan dokter dapat mengetahui kondisi janin dalam kandungan, salah satunya melihat jenis kelamin janin. Ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan multimedia dalam bidang Kesehatan yang sangat membantu manusia.

Piranti USG bukanlah satu-satunya perangkat multimedia yang ditemukan dalam dunia Kesehatan. Ada juga yang disebut dengan Pemindai X-ray, yang menjadi sarana penting bagi dokter untuk melakukan diagnose gangguan kesehatan pada pasiennya. Berbagai penemuan medis ini sangat membantu para tenaga media dalam upaya menyembuhkan dan menyelamatkan pasien mereka.

Contoh Kategori Multimedia

contoh-multimedia

Multimedia Komunikasi

Multimedia komunikasi adalah penggunaan media yang mempunyai fungsi untuk mempublikasikan informasi. Media yang digunakan dalam kategori satu ini ialah TV, radio, game, film, music, entertainment, internet, media cetak, dan tutorial.

Multimedia Content Production

Multimedia content production adalah pemanfaatan multimedia dalam beberapa media yang berbeda. Contohnya ialah teks, audio, animasi, gambar dan grafik, juga video yang telah dipadukan sehingga menghasilkan produk multimedia beruapa game, music, film, dan lain sebagaina, media dalam multimedia satu ini adalah berupa teks, video, audio, animasi, special efek, interactivity, dan garfik.

Nah, itulah berbagai ulasan terkait informasi mengenai multimedia. Multimedia adalah media komunikasi yang sangat membantu dalam upaya penyebaran dan penyampaian informasi. Informasi yang disebarkan ini akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, maupun kehidupan sosial masyarakat.

Apalagi dengan kenyataan bahwa manusia lebih mudah menyerap dan memahami informasi yang disampaikan dengan memanfaatkan berbagai media dalam multimedia seperti video. Setelah mengetahui berbagai hal terkait multimedia, semoga Anda dapat lebih bijak dalam memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Semoga membantu!
[online-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!