Last Updated on August 18, 2023 by appkey
Iklan merupakan bagian dari pemasaran yang mempunyai manfaat besar dalam upaya memperkenalkan dan menjual banyak produk. Setiap pelaku bisnis maupun perusahaan besar saling bersaing dalam menciptakan iklan produk terbaik mereka.
Mengapa demikian?Karena iklan yang baik akan menarik banyak konsumen untuk mencoba dan membeli produk yang mereka tawarkan. Jangan sampai iklan mereka kalah inovatif dengan produk sejenis yang dimiliki perusahaan pesaing.
Oleh karena itu, sebagai seorang pelaku bisnis harus memahami betul bagaimana membuat atau menciptakan iklan yang baik. Salah satu hal yang harus Anda pahami sebagai seorang pebisnis adalah ciri-ciri bahasa iklan. Sebab bahasa merupakan alat komunikasi yang akan menghubungkan Anda sebagai seorang pebisnis dengan calon konsumen.
Apakah Anda mulai bertanya tanya bagaimana ciri-ciri bahasa iklan yang benar dan tepat? Jika iya, Anda membaca artikel yang tepat! Kali ini kami akan membahas 8 ciri-ciri bahasa iklan yang ampuh untuk menarik perhatian konsumen, khusus untuk Anda pembaca setia blog Markey. Jadi, ikuti dan simak artikel ini hingga akhir.
Baca juga : Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan
Daftar Isi
Pengertian Iklan
Iklan adalah berita atau pesan yang bertujuan membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada produk, baik barang maupun jasa yang ditawarkan. Iklan umumnya dipromosikan melalui media periklanan seperti internet, televisi, radio, koran, dan lain sebagainya.
Iklan yang baik mengandung pemberitahuan kepada masyarakat serta bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu yang dikehendaki. Lebih jauh, iklan tidak hanya sebatas mempromosikan sebuah produk, melainkan juga sebagai media penyedia informasi, seruan atau ajakan melakukan suatu hal. Contohnya ialah ajakan untuk menanam pohon dan membersihkan lingkungan sekitar.
Penayangan dan pembuatan iklan menggunakan dua media, yaitu media cetak dan media digital. Dalam media cetak, iklan akan menghadapi tantangan berupa dibatasi oleh ruang atau tempat. Sedangkan tantangan yang akan dihadapi iklan dalam media digital adalah dibatasi durasi. Oleh karena itu, pembuatan iklan baik dalam media cetak maupun digital haruslah singkat, padat, dan jelas sehingga apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat berhasil.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Iklan yang efektif dan menarik adalah iklan yang dapat memperoleh respon dari audiens serta tidak mendaur ulang konten yang sudah ada. Bahasa iklan akan menjadi umpan untuk memancing perhatian dan minat masyarakat.
Ada anggapan bahwa bahasa iklan yang memancing perhatian negatif lebih baik daripada iklan yang tidak menarik perhatian sama sekali. Ketika melakukan promosi diri, sebuah entitas, merek tertentu, ataupun sebuah produk Anda harus memiliki kemampuan untuk menempatkan citranya agar dapat masuk dalam benak atau pikirian masyarakat atau konsumen yang Anda targetkan.
Ada beberapa atribut yang harus disorot dalam konten iklan yang dibuat, yaitu harga, kategori produk, kualitas, serta persepsi orang yang melihat iklan. Oleh sebab itu bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan harus dan wajib mempunyai kemampuan atau ciri-ciri bahasa iklan seperti ulasan di bawah ini:
Menggugah
Ciri-ciri bahasa iklan yang pertama ialah mampu menggugah konsumen. Bahasa yang digunakan dalam iklan harus mampu mencermati dan memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Juga mampu memberikan solusi atas kebutuhan tersebut.
Iklan yang baik tidak hanya sekadar memperkenalkan dan memasarkan sebuah produk, namun juga menjadikan audiens sebagai bagian dari bisnis Anda yang harus Anda perhatikan. Kembangkalan kata atau kalimat yang menjadi ciri khas usaha Anda sehingga audiens atau konsumen akan mengenali usaha Anda dengan baik.
Informatif
Ciri-ciri bahasa iklan yang kedua ialah informatif, sehingga kata-kata maupun kalimat yang digunakan di dalam konten harus jelas, komunikatif, tidak bertele-tele, serta bersahabat. Hal ini dimaksudkan karena ada durasi penayangan yang harus diperhatikan, dipenuhi, dan tidak boleh diabaikan oleh pembuat iklan.
Perlu diketahui bahwa salah satu kesalahan umum yang dilakukan pada saat menulis konten sebuah iklan adalah pengiklan terlalu banyak memasukkan informasi. Banyaknya informasi yang dimasukkan dalam iklan malah akan membuat pembaca sulit memahami pesan yang ingin Anda sampaikan.
Oleh karena itu, iklan sebaiknya memberikan informasi dengan kalimat aktif dan tidak bertele-tele. Dengan menggunakan bahasa yang sederhana namun informatif maka audiens akan lebih mudah memahaminya.
Persuasif
Ciri-ciri bahasa iklan selanjutnya ialah bahasa iklan yang baik haruslah persuasif atau membujuk. Sehingga rangkaian kalimat yang digunakan dalam iklan harus mampu memnjadikan audiens yang Anda targetkan merasakan senang, nyaman, dan terhibur.
Cara yang dapat Anda lakukan agar iklan Anda mudah dipahami ialah dengan mengembangkan konsep cerita yang menarik sebagai jangkar iklan. Dengan mempunyai jangkar cerita yang kreatif dan menarik, maka akan memungkinkan audiens atau konsumen untuk menghubungkannya dengan perasaan atau emosi mereka sehingga pesan yang akan disampaikan mudah diterima.
Respon emosional yang dirasakan audiens akan mempengaruhi niat seseorang untuk membeli produk, dibandingkan ketika audiens hanya melihat konten iklan tanpa merasakan sebuah emosi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang membuktikan bahwa konsumen cenderung membeli sebuah produk bukan berdasarkan informasi yang disampaikan, melainkan perasaan emosional yang mereka rasakan ketika melihat sebuah iklan.
Bertenaga Gerak
Bertenaga gerak merupakan ciri-ciri bahasa iklan selanjutnya. Bertenaga gerak artinya adalah bahwa bahasa yang digunakan dalam iklan haruslah mempunyai komposisi kata-kata yang mampu memaksimalkan waktu selama masa promosi ataupun penawaran yang sedang berlangsung.
Komunikatif dan Persuasif
Berikutnya ialah memiliki ciri ciri komunikatif dan persuasif. Artinya kalimat yang digunakan haruslah nyaman dibaca oleh audiens. Kalimat komunikatif dan persuasif umumnya dimulai dengan kata atau kalimat menggoda namun relevan dengan tujuan iklan.
Efektif
Ciri-ciri bahasa iklan yang tidak kalah penting ialah harus efektif. Penyusunan kata-kata dan rangkaikan kalimat yang digunakan dalam konten iklan harus dapat menonjolkan berbagai atribut penting dari sebuah merek, entitas, atau produk yang sedang diiklankan.
Ketika menyampaikan sebuah ide atau gagasan pikiran ke dalam sebuah bahasa, penulis iklan haruslah mampu mengetahui berbagai aturan yang berlaku. Contohnya adalah tata bahasa, idiom yang umum digunakan masyarakat, kaidah kebahasaan, konotasi atau nuansa dari sebuah kata, dan sebagainya. Ini merupakan sebuah syarat yang mutlak dipenuhi.
Relevan
Ciri-ciri bahasa iklan berikutnya ialah menggunakan bahasa iklan yang relevan dengan audiens atau target pasar. Bahasa yang Anda gunakan dalam mengiklankan produk harus sesuai dengan produk yang Anda tawarkan sekaligus sesuai dengan audiens Anda.
Misalnya ketika Anda mengiklan produk berupa pakaian dan menargetkan audiens wanita dengan rentang usia 17-35 tahun, maka gunakanlah bahasa yang relevan dengan dunia fashion dan kata atau kalimat yang tengah trend dan dipahami oleh kalangan muda.
Simple
Ciri-ciri bahasa iklan yang terakhir adalah simple atau sederhana. Buatlah iklan yang tidak berbelit-belit yang akan membuat audiens atau pembaca Anda bingung memahami apa yang disampaikan dalam iklan yang Anda buat.
Dengan kata-kata yang simple, maka audiens akan lebih tertarik dan mau membaca atau melihat iklan yang Anda buat dan kemungkinan besar membeli apa yang Anda iklankan.
Prinsip-Prinsip Bahasa Iklan
Pada dasarnya, bahasa iklan mempunyai beberapa prinsip yang harus dipenuhi, yaitu:
Mematuhi Aturan yang Berlaku
Iklan mempunyai isi yang merupakan pernyataan yang jujur, bertanggung jawab, dan tidak bertentangan dengan aturan atau hukum yang berlaku di dalam masyarakat, di mana iklan tersebut akan Anda siarkan.
Tidak Mengandung Unsur SARA
Iklan memiliki isi yang adalah sebuah pernyataan yang disusun bukan untuk menyinggung perasaan atau merendahkan martabat suatu negara, susila, agama, budaya, maupun adat, suku bangsa dan golongan tertentu.
Tidak Menjatuhkan Pihak Manapun
Iklan haruslah mempunyai isi yang merupakan sebuah pernyataan yang disusun dengan asas persaingan yang sehat, tidak saling menjatuhkan dengan pesaing.
Penulisan Konten Iklan
Ketika Anda menulis sebuah naskah untuk membuat iklan, Anda harus dan wajib menguasai tata bahasa yang benar. Untuk iklan yang menggunakan Bahasa Indonesia, maka Anda harus menguasai PUEBI. Hal ini bertujuan agar makna yang ingin Anda sampaikan dalam iklan dapat ditangkap atau dipahami oleh audiens yang menjadi target iklan Anda.
Bahasa haruslah menyimpah sebuah makna pada saat digunakan untuk mengungkapkan sebuah ide atau gagasan kepada orang lain. Dengan begitu, audiens atau si penerima pesan dapat memahami apa yang tengah Anda coba ungkapkan dalam iklan.
Bahasa yang informatif harus mampu menjelaskan jawaban dari pertanyaan 5W+1H (what, who, when, where, why, dan how) secara singkat namun jelas. Tidak kalah penting, bahasa yang Anda gunakan harus sesuai dan mencerminkan dengan apa yang Anda iklankan.
Nah, itulah ulasan terkait iklan dan juga 8 ciri-ciri bahasa iklan khusus untuk Anda. Iklan merupakan cara yang sangat efektif dalam upaya memasarkan produk Anda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana membuat iklan yang baik dan benar.
Sehingga ketika Anda membuat iklan terkait produk Anda ataupun hal lainnya, maka iklan Anda akan menarik perhatian konsumen dan tujuan Anda dapat terpenuhi. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya hanya di Markey!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.