Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan 8 Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Ampuh Menarik Konsumen

8 Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Ampuh Menarik Konsumen

-

Iklan merupakan bagian dari pemasaran yang mempunyai manfaat besar dalam upaya memperkenalkan dan menjual banyak produk. Setiap pelaku bisnis maupun perusahaan besar saling bersaing dalam menciptakan iklan produk terbaik mereka. Mengapa demikian?

Karena iklan yang baik akan menarik banyak konsumen untuk mencoba dan membeli produk yang mereka tawarkan. Jangan sampai iklan mereka kalah inovatif dengan produk sejenis yang dimiliki perusahaan pesaing. Oleh karena itu, sebagai seorang pelaku bisnis harus memahami betul bagaimana membuat atau menciptakan iklan yang baik.

Salah satu hal yang harus Anda pahami sebagai seorang pebisnis adalah ciri-ciri bahasa iklan. Sebab bahasa merupakan alat komunikasi yang akan menghubungkan Anda sebagai seorang pebisnis dengan calon konsumen.

Apakah Anda mulai bertanya tanya bagaimana ciri-ciri bahasa iklan yang benar dan tepat? Jika iya, Anda membaca artikel yang tepat! Kali ini kami akan membahas 8 ciri-ciri bahasa iklan yang ampuh untuk menarik perhatian konsumen, khusus untuk Anda pembaca setia blog Markey. Jadi, ikuti dan simak artikel ini hingga akhir.

Pengertian Iklan

pengertian-iklan

Iklan adalah berita atau pesan yang bertujuan membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada produk, baik barang maupun jasa yang ditawarkan. Iklan umumnya dipromosikan melalui media periklanan seperti internet, televisi, radio, koran, dan lain sebagainya.

Iklan yang baik mengandung pemberitahuan kepada masyarakat serta bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu yang dikehendaki. Lebih jauh, iklan tidak hanya sebatas mempromosikan sebuah produk, melainkan juga sebagai media penyedia informasi, seruan atau ajakan melakukan suatu hal. Contohnya ialah ajakan untuk menanam pohon dan membersihkan lingkungan sekitar.

Penayangan dan pembuatan iklan menggunakan dua media, yaitu media cetak dan media digital. Dalam media cetak, iklan akan menghadapi tantangan berupa dibatasi oleh ruang atau tempat. Sedangkan tantangan yang akan dihadapi iklan dalam media digital adalah dibatasi durasi. Oleh karena itu, pembuatan iklan baik dalam media cetak maupun digital haruslah singkat, padat, dan jelas sehingga apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat berhasil.

Artikel terkait  Cara Menggunakan Google Ads Indonesia Bagi Pemula

 

Ciri-Ciri Bahasa Iklan

bahasa-iklan

Iklan yang efektif dan menarik adalah iklan yang dapat memperoleh respon dari audiens serta tidak mendaur ulang konten yang sudah ada. Bahasa iklan akan menjadi umpan untuk memancing perhatian dan minat masyarakat.

Ada anggapan bahwa bahasa iklan yang memancing perhatian negatif lebih baik daripada iklan yang tidak menarik perhatian sama sekali. Ketika melakukan promosi diri, sebuah entitas, merek tertentu, ataupun sebuah produk Anda harus memiliki kemampuan untuk menempatkan citranya agar dapat masuk dalam benak atau pikirian masyarakat atau konsumen yang Anda targetkan.

Ada beberapa atribut yang harus disorot dalam konten iklan yang dibuat, yaitu harga, kategori produk, kualitas, serta persepsi orang yang melihat iklan. Oleh sebab itu bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan harus dan wajib mempunyai kemampuan atau ciri-ciri bahasa iklan seperti ulasan di bawah ini:

Menggugah

Ciri-ciri bahasa iklan yang pertama ialah mampu menggugah konsumen. Bahasa yang digunakan dalam iklan harus mampu mencermati dan memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Juga mampu memberikan solusi atas kebutuhan tersebut.

Iklan yang baik tidak hanya sekadar memperkenalkan dan memasarkan sebuah produk, namun juga menjadikan audiens sebagai bagian dari bisnis Anda yang harus Anda perhatikan. Kembangkalan kata atau kalimat yang menjadi ciri khas usaha Anda sehingga audiens atau konsumen akan mengenali usaha Anda dengan baik.

Informatif

Ciri-ciri bahasa iklan yang kedua ialah informatif, sehingga kata-kata maupun kalimat yang digunakan di dalam konten harus jelas, komunikatif, tidak bertele-tele, serta bersahabat. Hal ini dimaksudkan karena ada durasi penayangan yang harus diperhatikan, dipenuhi, dan tidak boleh diabaikan oleh pembuat iklan.

Perlu diketahui bahwa salah satu kesalahan umum yang dilakukan pada saat menulis konten sebuah iklan adalah pengiklan terlalu banyak memasukkan informasi. Banyaknya informasi yang dimasukkan dalam iklan malah akan membuat pembaca sulit memahami pesan yang ingin Anda sampaikan.

Oleh karena itu, iklan sebaiknya memberikan informasi dengan kalimat aktif dan tidak bertele-tele. Dengan menggunakan bahasa yang sederhana namun informatif maka audiens akan lebih mudah memahaminya.

Persuasif

Ciri-ciri bahasa iklan selanjutnya ialah bahasa iklan yang baik haruslah persuasif atau membujuk. Sehingga rangkaian kalimat yang digunakan dalam iklan harus mampu memnjadikan audiens yang Anda targetkan merasakan senang, nyaman, dan terhibur.

Cara yang dapat Anda lakukan agar iklan Anda mudah dipahami ialah dengan mengembangkan konsep cerita yang menarik sebagai jangkar iklan. Dengan mempunyai jangkar cerita yang kreatif dan menarik, maka akan memungkinkan audiens atau konsumen untuk menghubungkannya dengan perasaan atau emosi mereka sehingga pesan yang akan disampaikan mudah diterima.

Respon emosional yang dirasakan audiens akan mempengaruhi niat seseorang untuk membeli produk,  dibandingkan ketika audiens hanya melihat konten iklan tanpa merasakan sebuah emosi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang membuktikan bahwa konsumen cenderung membeli sebuah produk bukan berdasarkan informasi yang disampaikan, melainkan perasaan emosional yang mereka rasakan ketika melihat sebuah iklan.

Artikel terkait  Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Aplikasi Pasang Iklan Gratis

 

Bertenaga Gerak

Bertenaga gerak merupakan ciri-ciri bahasa iklan selanjutnya. Bertenaga gerak artinya adalah bahwa bahasa yang digunakan dalam iklan haruslah mempunyai komposisi kata-kata yang mampu memaksimalkan waktu selama masa promosi ataupun penawaran yang sedang berlangsung.

Komunikatif dan Persuasif

Berikutnya ialah memiliki ciri ciri komunikatif dan persuasif. Artinya kalimat yang digunakan haruslah nyaman dibaca oleh audiens. Kalimat komunikatif dan persuasif umumnya dimulai dengan kata atau kalimat menggoda namun relevan dengan tujuan iklan.

Efektif

Ciri-ciri bahasa iklan yang tidak kalah penting ialah harus efektif. Penyusunan kata-kata dan rangkaikan kalimat yang digunakan dalam konten iklan harus dapat menonjolkan berbagai atribut penting dari sebuah merek, entitas, atau produk yang sedang diiklankan.

Ketika menyampaikan sebuah ide atau gagasan pikiran ke dalam sebuah bahasa, penulis iklan haruslah mampu mengetahui berbagai aturan yang berlaku. Contohnya adalah tata bahasa, idiom yang umum digunakan masyarakat, kaidah kebahasaan, konotasi atau nuansa dari sebuah kata, dan sebagainya. Ini merupakan sebuah syarat yang mutlak dipenuhi.

Relevan

Ciri-ciri bahasa iklan berikutnya ialah menggunakan bahasa iklan yang relevan dengan audiens atau target pasar. Bahasa yang Anda gunakan dalam mengiklankan produk harus sesuai dengan produk yang Anda tawarkan sekaligus sesuai dengan audiens Anda.

Misalnya ketika Anda mengiklan produk berupa pakaian dan menargetkan audiens wanita dengan rentang usia 17-35 tahun, maka gunakanlah bahasa yang relevan dengan dunia fashion dan kata atau kalimat yang tengah trend dan dipahami oleh kalangan muda.

Simple

Ciri-ciri bahasa iklan yang terakhir adalah simple atau sederhana. Buatlah iklan yang tidak berbelit-belit yang akan membuat audiens atau pembaca Anda bingung memahami apa yang disampaikan dalam iklan yang Anda buat.

Dengan kata-kata yang simple, maka audiens akan lebih tertarik dan mau membaca atau melihat iklan yang Anda buat dan kemungkinan besar membeli apa yang Anda iklankan.

Prinsip-Prinsip Bahasa Iklan

iklan-1

Pada dasarnya, bahasa iklan mempunyai beberapa prinsip yang harus dipenuhi, yaitu:

Mematuhi Aturan yang Berlaku

Iklan mempunyai isi yang merupakan pernyataan yang jujur, bertanggung jawab, dan tidak bertentangan dengan aturan atau hukum yang berlaku di dalam masyarakat, di mana iklan tersebut akan Anda siarkan.

Tidak Mengandung Unsur SARA

Artikel terkait  Apa Itu Endorsement : Pengertian dan Jenis - Jenisnya

Iklan memiliki isi yang adalah sebuah pernyataan yang disusun bukan untuk menyinggung perasaan atau merendahkan martabat suatu negara, susila, agama, budaya, maupun adat, suku bangsa dan golongan tertentu.

Tidak Menjatuhkan Pihak Manapun

Iklan haruslah mempunyai isi yang merupakan sebuah pernyataan yang disusun dengan asas persaingan yang sehat, tidak saling menjatuhkan dengan pesaing.

Penulisan Konten Iklan

Ketika Anda menulis sebuah naskah untuk membuat iklan, Anda harus dan wajib menguasai tata bahasa yang benar. Untuk iklan yang menggunakan Bahasa Indonesia, maka Anda harus menguasai PUEBI. Hal ini bertujuan agar makna yang ingin Anda sampaikan dalam iklan dapat ditangkap atau dipahami oleh audiens yang menjadi target iklan Anda.

Bahasa haruslah menyimpah sebuah makna pada saat digunakan untuk mengungkapkan sebuah ide atau gagasan kepada orang lain. Dengan begitu, audiens atau si penerima pesan dapat memahami apa yang tengah Anda coba ungkapkan dalam iklan.

Bahasa yang informatif harus mampu menjelaskan jawaban dari pertanyaan 5W+1H (what, who, when, where, why, dan how) secara singkat namun jelas. Tidak kalah penting, bahasa yang Anda gunakan harus sesuai dan mencerminkan dengan apa yang Anda iklankan.

Nah, itulah ulasan terkait iklan dan juga 8 ciri-ciri bahasa iklan khusus untuk Anda. Iklan merupakan cara yang sangat efektif dalam upaya memasarkan produk Anda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana membuat iklan yang baik dan benar.

Sehingga ketika Anda membuat iklan terkait produk Anda ataupun hal lainnya, maka iklan Anda akan menarik perhatian konsumen dan tujuan Anda dapat terpenuhi. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya!
[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya