Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Blog Perusahaan Anda Gagal? Begini Cara Mengatasinya

Blog Perusahaan Anda Gagal? Begini Cara Mengatasinya

-

Sebanyak 1,7 juta situs web di dunia ini, 600 juta dari jumlah keseluruhan adalah blog. Sementara itu, jumlah blogger AS ditetapkan mencapai 31,7 juta pada tahun 2020.

Tentu dalam dunia bisnis, blog menjadi media yang penting. Dengan menggunakan blog, Anda dapat terus menerus bersaing untuk mendapatkan perhatian dari para pelanggan. Bagi banyak orang manfaat yang diberikan blog sangat besar daripada waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan.

Hal tersebut karena pada 2019 lalu, pemasar yang lebih memprioritaskan blog menerima ROI 13 kali lebih banyak daripada perusahaan lain yang menempatkan blog di urutan terbawah.

Tujuan blog tak hanya mengenai pendapatan, blog menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek, berbagi artikel yang menarik, dan mengundang pelanggan baru. Namun kenyataannya tidak semudah itu loh, sebelum mengunggah konten blog, pastikan konten yang Anda unggah tidak membawa dampak buruk kepada blog Anda.

Survei pada tahun 2020 yang dilakukan oleh Orbit Media menemukan bahwa hanya sebesar 21% responden yang tidak tahu apakah blog mereka memberikan nilai atau malah sebaliknya, memberikan hasil yang mengecewakan.

Kira-kira apa yaa yang membuat blog gagal? Beberapa poin berikut akan menjelaskannya:

1. Tidak menyiapkan strategi konten yang baik

Salah satu alasan blog Anda gagal adalah karena kurangnya konten blog yang memiliki topik yang jelas dan kurang menarik.

Konten asli menjadi salah satu jenis yang penting bagi pemasar, presentase menunjukkan sebanyak 58 persen. Maksud dari konten yang bertujuan menurut Google adalah konten asli yang dapat menambah nilai bagi pengguna.

Sementara, arti dari nilai tersebut adalah konten yang bermakna, seperti informasi tambahan mengenai harga, lokasi pembelian, atau kategori produk.

Anda bisa membuat konten blog yang bermanfaat bagi pengguna Anda dengan cara menjadikannya sebagai prioritas. Dimulai dari perencanaan dengan strategi blog yang terdokumentasi dengan baik.

Sebanyak 65% blogger Amerika Utara yang paling sukses memiliki strategi pemasaran konten yang tergambar dengan baik. Sementara yang kurang berhasil sebanyak 14% blogger yang menuliskan strategi dan 39% mengakui bahwa mereka tidak memiliki strategi apapun.

Setelah menentukan perencanaan, selanjutnya Anda bisa membuat konten blog yang menarik dan mengunggahnya.

2. Blog tidak dioptimalkan untuk pencarian

konten-blog-1

Ketika Anda merasa telah melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkan blog Anda tetapi algoritma berubah. Tandanya, jangan sampai Anda benar-benar mengabaikan SEO. Tidak mengoptimalkan SEO menjadi salah satu alasan gagalnya blog Anda.

Dalam bisnis, Anda membutuhkan orang untuk membaca, menemukan, dan membagikan blog Anda, tetapi hal tersebut tidak mungkin ada jika tanpa pengoptimalan. Pada dasarnya di semua industri, pencarian menjadi sumber lalu lintas teratas untuk blog.

Pada 2019 lalu, sebanyak 68% lalu lintas web berasal dari penelusuran berbayar dan organik yang mengalahkan saluran tampilan dan media sosial. Beberapa langkah berikut akan membantu Anda untuk lebih sukses dalam mengoptimalkan konten blog Anda untuk pencarian.

Artikel terkait  10 Poin Penting dalam Pengoptimalan WordPress SEO

Kata kunci penelitian

Kata kunci pada dasarnya merupakan rangkaian kata pendek yang membantu mesin pencari memahami mengenai isi dari halaman web tersebut. Sementara itu, para ahli memperdebatkan apakah kata kunci masih relevan untuk SEO atau tidak.

Anda perlu menganalisis kata kunci yang tepat bagi konten Anda, dengan begitu konten Anda akan muncul ketika pengguna memasukkan kata kunci tertentu di pencarian.

Tulis deskripsi untuk gambar dan video

Teks dalam konten sangatlah penting. Karena teks yang menjadi dasar dari pencarian. Maka dapat diartikan, Anda akan mendapatkan peringkat yang baik jika Anda membuat salinan yang dapat dipahami oleh algoritma.

Jika terdapat gambar atau video di dalam konten Anda, tambahkanlah teks deskripsi dari gambar atau video tersebut, agar pembaca lebih memahami apa yang dimuat.

Optimalkan untuk pencarian suara

Saat ini dengan melihat banyaknya pengguna yang menggunakan asisten yang dioperasikan dengan suara, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan blog yang Anda miliki. Caranya dengan mengoptimalkan blog Anda untuk melakukan pencarian suara, agar blog Anda menjadi yang terdepan dalam permainan SEO.

3. Blog tidak didesain dengan baik

Desain blog menjadi salah satu komponen penting dalam membangun citra perusahaan. Bayangkan saja ada pelanggan yang baru saja mengunjungi blog Anda pertama kali, dan pelanggan tersebut melihat blog Anda memiliki gambar yang berkualitas rendah, waktu loading yang lambat, dan tata letak yang tidak diatur sedemikian rupa.

Kemungkinan besar pelanggan tersebut tidak akan berlama-lama berada di situs Anda. Karena nyatanya, sebanyak 90 persen orang telah meninggalkan situs web dengan desain yang buruk.

Tak hanya tampilan yang perlu Anda perhatikan, arsitektur situs yang dirancang dengan baik juga akan membantu mesin pencari untuk mengatur dan mengindeks halaman blog Anda.

Desain pengalaman pengguna (UX) tentu memiliki keistimewaannya sendiri. Lakukan yang terbaik dan bekerja dengan profesional.

4. Mengunggah konten tidak secara konsisten

konten-blog-2

Untuk menggapai kesuksesan blog Anda, sangat diperlukan adanya konsistensi. Banyak orang cenderung bersemangat di hari pertama mereka meluncurkan blog, rencana besar disusun sedemikian rupa.

Namun kenyataannya dua minggu setelahnya, mereka tidak bersemangat lagi, bahkan mengunggah konten bisa satu minggu sekali. Tentu hal tersebut bukan tindakan yang benar.

Pada kenyataannya untuk mencapai tujuan dalam blogging memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Satu tahun yang lalu, tepatnya pada 2019 blogger rata-rata menghabiskan waktu selama tiga jam 57 menit untuk menulis satu postingan. Anda juga harus memperhitungkan waktu dalam menambahkan gambar, mengedit, memformat, membagikan, dan mempromosikan.

Banyak sekali langkah-langkah yang harus dilakukan. Sedangkan untuk perusahaan kecil, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat konten blog bisnis terutama setiap harinya.

Mengunggah konten satu sampai empat kali dalam seminggu sudah terbilang cukup bagi bisnis kecil. Berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki banyak sumber daya sehingga dapat membagikan konten lebih banyak.

Namun jangan terlalu khawatir mengenai berapa kali Anda mengunggah konten dalam satu minggu. Tantangan terbesar bagi 52% blogger adalah menemukan waktu untuk membuat dan mempromosikan konten. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan jadwal blog yang konsisten :

Artikel terkait  Apa Itu Microformat? Inilah Format Kode Khusus Optimalisasi SEO

Gunakan template

Meskipun membuat konten tidak mudah, tetapi Anda jangan berpikir terlalu rumit. Anda tidak harus memulai semuanya dari awal. Saat ini tersedia template posting blog yang dapat Anda manfaatkan untuk blog Anda sendiri. Ini akan membantu Anda menemukan pemikiran kreatif dan melakukan format pada postingan.

Terinspirasi

Anda perlu mengetahui hal apa saja yang sedang ramai diperbincangkan. Setelah itu, Anda bisa mencari informasinya, kemudian buatlah judul yang menarik dan buat konten Anda sendiri dengan menambahkan statistik, gambar, contoh, dan pemikiran. Dengan begitu, pengguna yang membaca konten Anda akan tertarik dengan apa yang Anda sajikan.

Buat kalender editorial

Penelitian psikolog menunjukkan bahwa 90% kasus dengan sasaran yang jelas, spesifik dan menantang akan menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada sasaran yang tidak dikemas dengan baik.

Anda bisa memanfaatkan penetapan tujuan sebagai keuntungan Anda dengan merencanakan konten blog dalam jangka waktu satu, tiga, atau enam bulan ke depan.

Memang terdapat banyak alasan blog mengalami kegagalan. Tetapi Anda dapat meminimalisir kegagalan tersebut setelah memahami empat poin di atas.

Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk membuat blog yang muncul di hasil pencarian, menawarkan konten blog menarik, dan membuat pengguna kembali lagi untuk membaca konten Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya