Pemasangan Iklan | Pentingnya Iklan di Media Sosial

Iklan merupakan bagian penting dari promosi yang dilakukan suatu perusahaan. Iklan merupakan media yang akan memperkenalkan produk Anda kepada para calon konsumen. Melalui iklan juga Anda dapat memberikan informasi terkait produk, promo, serta berbagai hal lainnya terkait produk.

Pemasangan iklan saat ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Dulu, bentuk pemasangan iklan dilakukan melalui media seperti brosur, pamflet, banner, sampai di papan-papan iklan di tempat-tempat strategis. Namun seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, orang-orang mulai menggunakan cara baru yang lebih praktis dan efisien.

Online Advertising atau iklan online merupakan metode pemasangan iklan yang memanfaatkan internet untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk. Iklan online dapat dirancang sesuai kebutuhan. Saat ini hampir semua aplikasi atau media internet mulai dari Google, e-commerce, website banner, hingga media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan hampir semua aplikasi di smartphone yang Anda miliki menyediakan jasa pemasangan iklan. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan Anda dan sesuai dengan produk Anda.

Nah, kali ini kami akan membagikan tips memasang iklan melalui media sosial khusus untuk Anda. Selain itu akan di bahas juga manfaat memasang iklan secara online. Jadi, baca artikelnya sampai selesai ya. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memasang Iklan di Media Sosial

online-advertisement

1. Buat Konten Iklan Menarik dan Viral

Viral merupakan penomena yang akan sangat membantu brand Anda naik pesat dengan gratis. Sehingga membuat konten yang menarik dan unik akan membuat potensi iklan Anda menjadi viral. Dengan menjadi viral, iklan Anda akan mampu menjangkau audiens lebih luas. Apabila iklan yang Anda buat menarik dan berpotensi viral, biasanya akan ditayangkan di awal media sosial. Ini bertujuan agar iklan tersebut mematik viralitas.

2. Iklankan Produk Baru dan Unik

Jika Anda menawarkan produk atau layanan jasa yang baru dan memiliki keunikan, maka dengan melakukan pemasangan iklan online akan menjadi terobosan baru yang sangat menjanjikan untuk perkembangan perusahaan. Anda dapat mempelajari hal ini dari jejaring online seperti peer to peer lending atau Okupo dan Amartha. Jasa layanan ini tergolong baru, meski pada kenyataannya ini merupakan pembaharuan dari produk konvensional terdahulu yang pernah ada.

3. Jual Produk Impulsive

Pemasangan iklan melalui media sosial akan sangat potensial terhadap produk yang dapat dibeli secara impulsive, yaitu pembelian yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa melakukan pertimbangan yang dilakukan oleh konsumen. Anda hanya perlu membuat dan memastikan iklan tersebut terlihat meyakinkan dan menarik, meski sebenarnya produk tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh konsumen. Produk-produk yang dapat diiklankan secara impulsive ialah produk fashion, serta produk pernak-pernik yang memiliki tampilan menarik dengan harga murah.

4. Konsep Iklan Remarketing dan Retargeting

Produk yang ditawarkan kepada masyarakat bermacam-macam, dan tidak semua akan dibeli langsung oleh konsumen. Sebagian konsumen kadang kala melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk untuk kemudian dibandingkan dengan produk serupa namun dengan brand yang berbeda. Setelah menemukan yang pas dan dirasa paling bagus, barulah konsumen memutuskan untuk membeli. Mengonsep iklan produk sebagai bentuk peringatan dan penargetan ulang, sangat perlu diterapkan jika Anda memiliki produk tiket, smartphone, hotel, dan jenis jasa lainnya. Anda dapat menargetkan kembali orang-orang yang pernah membuka situs website produk Anda.

5. Optimalkan Fitur Penargetan

Berbeda dengan iklan di media massa, iklan di media sosial memiliki fitur penargetan yang dapat menyasar langsung calon konsumen yang potensial dan merupakan target pasar Anda. Oleh karena itu, optimalkan dan manfaatkan sebaik mungkin fitur Anda. Misalnya Anda menjual perabotan rumah tangga, maka pilihlah target pasar pada wanita, dengan rentang usia 25-40 tahun. Jangan menargetkan pada pria atau pengguna media sosial dengan usia remaja.

6. Desain Iklan Friendly untuk Mobile

Pengguna media sosial yang menggunakan mobile atau smartphone berjumlah 80%. Ini menjadi acuan sebelum memasang iklan di media sosial, jadi usahakan desain iklan yang Anda buat bersifat mobile friendly. Hindari memasang iklan yang banner iklannya susah diklik atau membutuhkan waktu lama untuk dibuka. Jika terjadi, itu akan membuat calon konsumen enggan membuka iklan.

7. Pantau Iklan Anda

Setelah memasang iklan di media sosial, jangan sampai Anda melepas iklan tersebut begitu saja dan tidak melakukan pemantauan. Pemantauan iklan yang terposting bertujuan untuk melihat apakah iklan yang Anda buat berhasil atau malah gagal. Jika tidak dipantau, bisa saja Anda mengalami kerugian padahal sudah berinvestasi cukup besar demi pemasangan iklan di media sosial. Lakukanlah monitoring atau pemantauan, dan ambillah keputusan yang tepat dalam usaha meningkatkan penjualan Anda.

Manfaat Pemasangan Iklan Online

pemasangan-iklan

Biaya Lebih Efisien

Iklan online sudah terbukti memang lebih hemat dibandingkan dengan iklan yang dilakukan secara konvensional. Efisiensi anggaran biaya ini tentunya akan memberi keuntungan untuk usaha Anda karena iklan dapat sesuai target yang telah Anda tetapkan.

Iklan Lebih Terukur

Dengan menggunakan iklan secara online, akan mempermudah Anda dalam menganalisa dan melakukan pengukuran. Sehingga efektivitasnya dapat terukur lebih akurat. Iklan yang Anda pasang akan mudah dipantau karena situs penyedia iklan akan selalu menyajikan sejumlah data pendukung terkait aktivitas yang berkaitan dengan hasil iklan Anda.

Formatnya Sangat Beragam

Format iklan yang Anda pasang secara online dapat Anda buat dan atur sesuai keinginan dan kebutuhan perusahaan Anda. Jumlah format iklan online yang ada sangat beragam sehingga iklan Anda dapat ditayangkan dalam bentuk teks, video, gambar, atau bahkan gabungan dari format tersebut. Semakin menarik iklan yang Anda buat, semakin tinggi nilai konversi penjualan yang akan Anda dapatkan.

Lebih Cepat

Iklan online akan lebih mudah dan cepat. Iklan online sudah terbukti hemat waktu, berbeda jika dibandingkan iklan konvensional yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jangkauan Luas

Calon konsumen yang dapat dijangkau oleh iklan online tidak terbatas pada wilayah tertentu. Jika Anda melakukan iklan online, maka Anda dapat menjangkau hingga pasar global, selama mereka tersambung akses internet. Dengan jangkauan global, Anda akan berpotensi mendapatkan konsumen baik dari dalam maupun luar negeri.

Pilihan Situs Iklan Online di Media Sosial

youtube

Google Adwords

Tidak dapat dipungkiri, Google merupakan tempat semua orang bergantung ketika membutuhkan suatu informasi. Tidak hanya informasi seperti berita dan berbagai pengetahuan, orang juga mulai mencari produk yang diinginkan melalui Google.

Dengan menggunakan jasa pemasangan iklan Google Adwords, tentunya Anda akan memiliki peluang mendapatkan konsumen yang sangat besar. Menariknya, Google hanya akan mengambil bayaran dari pemasang iklan pada saat user atau konsumen mengklik iklan untuk mengunjungi atau menghubungi perusahaan Anda. Jadi, Google hanya akan mengambil bayaran, ketika usaha Anda telah memiliki potensi memperoleh keuntungan.

Tidak sampai disitu, masih perihal pembayaran, Anda dapat mengatur batas anggaran untuk iklan setiap bulannya. Google tidak akan mengambil bayaran atau memberikan tagihan lebih dari anggaran yang sudah Anda tetapkan. Jasa pemasangan iklan Google ini juga akan memfasilitasi Anda untuk menjangkau pelanggan yang lebih relevan dan sesuai anggaran Anda. Dengan menggunakan jasa iklan Google akan membantu Anda untuk menyempurnakan iklan Anda dari waktu ke waktu sehinga hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal.

Dengan menggunakan jasa pemasangan iklan Google, tidak hanya informasi terkait perusahaan Anda yang akan ditayangkan, melainkan juga alamat website Anda, nomor telepon perusahaan Anda, bahkan alamat lengkap tempat usaha Anda yang sudah tersambung Google Maps sehingga memudahkan konsumen untuk menjangkaunya.

YouTube

YouTube merupakan platform sharing video terbesar di dunia. Bahkan banyak orang menjadikan YouTube sebagai mata pencaharian karena memang, jika sudah berhasil dan terkenal, penghasilan yang didapat sangat banyak, bahkan bisa hingga ratusan juta setiap bulannya. Selain mendapat bayaran dari konten video, para YouTuber juga mendapat bayaran dari iklan yang muncul dalam video mereka. Jadi, jika Anda menggunakan jasa iklan YouTube, di video-video ungguhan YouTuber lah iklan Anda akan muncul.

Format dan jenis iklan di YouTube sangat beragam, sehingga Anda akan mendapat banyak pilihan untuk mencari yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertama, iklan display yang ditampilkan disudut kanan atas sebelum video yang disarankan pada saat Anda sedang menonton. Kedua, format iklan overlay yang berada di bagian bawah video yang sedang ditonton dan bisa ditutup dengan mengklik tanda “X”.

Ketiga, ada iklan dalam format video yang bisa muncul di awal, ditengah, atau mendekati akhir video dengan durasi beragam. Namun, bisa dilewati setelah 5 detik, ada juga yang tidak bisa dilewati sehingga harus ditonton hingga habis. Yang terakhir adalah jenis iklan bumper, yaitu iklan yang tidak bisa dilewati dan harus ditonton hingga selesai selama 6-10 detik.

Harga pemasangan iklan di YouTube bergantung pada jumlah tayangan yang diinginkan pemasang iklan yang menggunakan jasa agen digital marketing. Umumnya berkisar antara Rp392.000 hingga Rp1.750.000 jika Anda memilih waktu penayangan selama 2 minggu. Untuk penayangan selama satu bulan, Anda harus membayar dengan harga berkisar antara Rp810.000 hingga Rp3.655.000. Bagaimana jika ingin memasang selama 3 bulan berturut-turut, maka Anda harus membayar mulai dari Rp2.430.000 sampai dengan Rp5.425.000.

Harga pemasangan iklan di YouTube sangat beragam tergantung jasa pemasangan iklan mana yang Anda gunakan, karena ada banyak sekali agen yang menyediakan jasa ini. Namun harga iklan di YouTube akan menjadi lebih terjangkau jika Anda bisa mengurus dan mendaftar di Google Adsense secara mandiri.

Dengan Google Adsense, Anda akan diminta untuk membuat video iklan yang menarik, selanjutnya Anda dapat memilih audiens atau penonton iklan Anda berdasarkan minat, usia, lokasi, dan hal lainnya. Terakhir, sama halnya dengan Google Adwords, Anda akan diminta untuk menetapkan batas anggaran harian atau bulanan Anda sesuai kebutuhan.

Instagram

Semenjak kemunculannya hingga saat ini, Instagram masih menjadi media sosial yang hits dan banyak digunakan pengguna internet. Ini menjadikan Instagram merupakan platform yang sangat berpotensi sebagai media penyedia iklan. Instagram juga mengklaim menggunakan alat periklanan yang tidak kalah hebat dibandingkan facebook.

Untuk memasang iklan di Instagrampun caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan konten iklan baik berupa gambar maupun video yang sudah atau belum Anda posting. Instagram biasanya akan meminta akses otomatis untuk menentukan audiens dari iklan Anda berdasarkan jenis akun yang menjadi pengikut Anda. Untuk harga, Instagram memasang harga mulai dari Rp25.000 perhari. Jumlah yang Anda bayarkan akan berbeda tergantung banyaknya orang yang dijangkau iklan yang Anda pasang.

Nah, sekian informasi terkait pemasangan iklan yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih media untuk memasang iklan. Selain YouTube, Google, dan Isntagram, ada banyak sosial media lain yang dapat Anda pilih. Carilah informasi dari sumber-sumber terpercaya sebelum memilih media sosial yang tepat. Semoga dapat membantu!

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol