Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 106

Kualitas Produk | Pengertian, Manfaat, dan Pengaruh

0
kualitas produk

Kualitas produk adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Di mana kualitas produk menentukan tingkat kepuasan pelanggan dan masa depan usaha Anda.

Perkembangan bisnis yang bergerak secara dinamis menuntut setiap perusahaan untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang ditawarkan serta memperbaharui teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk tersebut. Dalam artikel ini akan membahas terkait pengertian kualitas produk, manfaat, dan pengaruh seperti apa yang akan didapat pada bisnis Anda.

Pengertian Kualitas Produk

pengertian-kualitas-produk

Kualitas Produk adalah suatu kondisi secara fisik, fungsi dan sifat dari sebuah produk entah itu merupakan barang ataupun layanan yang didasarkan pada tingkat mutu sesuai dengan durabilitas, reliabilitas, mudahnya pengoperasian, kesesuaian, reparasi dan atribut lainnya dengan tujuan memenuhi kepuasan serta kebutuhan pelanggan.

Menurut Prawirosentono (2002) dijelaskan bahwa kualitas produk adalah keadaan suatu produk yang baik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Kesimpulan yang dapat diambil mengenai penjelasan kualitas produk adalah karakteristik suatu produk yang berkemampuan untuk memenuhi harapan serta ekspektasi dari pelanggan.

Dimensi Kualitas Produk

dimensi-kualitas-produk

1. Performance (Kinerja)

Karakteristik kegiatan utama dari produk inti dan dapat diartikan sebagai tampilan sebuah produk yang sebenarnya. Performance merupakan gambaran bagaimana produk tersebut disajikan dan ditampilkan kepada pelanggan. Tingkat pengukuran performance mengacu pada karakteristik dasar produk tersebut. Contoh dimensi performance dari makanan adalah rasa.

2. Reliability (Keandalan)

Tingkat keandalan suatu produk maupun konsistensi produk tersebut dalam proses operasional di mata pelanggan. Reliability terkait dengan kemampuan produk untuk menarik minat pelanggan dan mendapat kepercayaan pelanggan.

3. Features (Keistimewaan)

Karakter sekunder yang hadir sebagai pelengkap dan dapat dimaknai sebagai kelengkapan atribut-atribut yang ada pada sebuah produk. Pada waktu tertentu kemungkinan performance sebuah produk akan sama dengan pesaingnya namun yang membedakan adalah fitur yang ada di dalamnya.

4. Conformance (Kesesuaian)

Karakteristik yang berkaitan dengan desain suatu produk dimana hasil yang diperoleh sesuai dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

5. Durability (Daya Tahan)

Suatu karakteristik yang berhubungan dengan berapa lama ketahanan sebuah produk. Untuk produk jenis makanan dan minuman biasanya didefinisikan ke dalam tanggal kadarluasa sebuah produk.

6. Kemampuan Melayani

Kecepatan, kompetensi, serta kenyamanan yang mampu diberikan sebuah perusahaan kepada pelanggan terkait penanganan apabila ada keluhan terhadap produk yang dimiliki suatu perusahaan

7. Estetika

Keindahan sebuah produk yang berkaitan dengan panca indera di mana produk tersebut dapat mempresentasikan suatu keindahan yang terkait dengan rasa, warna, desain, aroma dan lain sebagainya.

8. Persepsi Kualitas

Persepsi atau pendapat dari pelanggan terkait dengan keunggulan yang dimiliki keseluruhan produk.

Manfaat Kualitas Produk

manfaat-kualitas-produk

Manfaat yang didapat dengan membuat kualitas produk yang baik ialah :

1. Meningkatkan Pangsa Pasar

Target dari pemasaran akan meningkat seiring dengan banyaknya pelanggan yang percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Meminimalisir Biaya

Dalam pembuatan produk yang berupa layanan ataupun barang akan lebih mengurangi biaya dengan adanya customer satisfaction yaitu kemampuan perusahaan untuk berorientasi pada jenis, tipe, waktu, dan jumlah produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

3. Memberikan Dampak Internasional

Semakin banyaknya pelanggan yang Anda dapatkan, produk yang Anda miliki tentu saja akan semakin terkenal tidak hanya di pasar lokal saja namun produk Anda akan dilirik di pasar internasional

4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan Anda

Perusahaan yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas baik tentunya akan mendapat predikat perusahaan yang mengutamakan kualitas di mata konsumen dan hal ini tentu saja akan menaikan citra perusahaan.

Indikator Yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu kualitas produk, di antaranya :

Human

SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan unsur terpenting yang memungkinkan berlangsungnya proses penambahan nilai, hal ini didapat tentunya dari hasil pemikiran dan ide serta tenaga dari manusia.

Metode

Prosedur kerja atau SOP di mana setiap orang diwajibkan untuk melaksanakan sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Mesin

Peralatan yang digunakan dalam proses produksi yang mendukung penambahan nilai suatu produk.

Bahan Baku

Bahan utama yang akan diproses sehingga menghasilkan suatu produk yang telah ditentukan.

Lingkungan

Tempat atau lokasi di mana proses produksi dilaksanakan sehingga sangat mempengaruhi hasil dan kinerja proses produksi.

Pengaruh Kualitas Produk

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan atau satisfaction berasal dari bahasa latin yaitu “satin” yang bermakna cukup baik, memadai dan “facio” yang berarti melakukan. Kepuasan dapat didefinisikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu hal.

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang terkhusus pelanggan setelah mendapat hasil yang dirasakannya dari perbandingan kinerja dan harapannya. Kepuasan dapat berupa perasaan senang maupun perasaan kecewa yang muncul terhadap produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil yang diharapkan.

Terkait dengan rasa kepuasan atau kekecewaan yang didapat pelanggan merupakan suatu respon yang dirasakan setelah proses pembelian.

Indikator kepuasan pelanggan antara lain:

  1. Pilihan untuk suatu penyedia layanan adalah satu hal yang baik
  2. Melakukan hal yang benar dengan berlangganan pada perusahaan penyedia produk
  3. Layanan yang diberikan memuaskan

Pengukuran kepuasan pelanggan perlu dilakukan perusahaan untuk memperoleh informasi terkait kinerja perusahaan menurut sudut pandang konsumen, berikut metodenya :

  1. Sistem keluhan dan saran
  2. Ghost shopper
  3. Lost costumer analys
  4. Survey kepuasan pelanggan

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah sebuah komitmen pelanggan terhadap suatu merk, berdasarkan sikap positif yang tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten.

Loyalitas pelanggan terkait dengan respon yang diberikan pelanggan untuk terus berkomitmen melakukan pembelian berkelanjutan.

Loyalitas berkembang berdasarkan tahap berikut ini :

Loyalitas Kognitif

Pelanggan yang memiliki loyalitas ini didasarkan pada basis informasi yang memaksa menunjuk pada satu merk. Loyalitas ini didasarkan pada aspek kesadaran

Loyalitas Afektif

Sikap yang didasarkan pada pengharapan di periode awal pembelian dan merupakan fungsi dari sikap kepuasan di periode setelah penggunaan.

Loyalitas Tindakan

Komitmen pembelian ulang yang dilakukan secara teratur bukan karena keterpaksaan untuk membeli produk tersebut dikarenakan sebagai produk pengganti.

Dengan kualitas produk yang baik tentunya keinginan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan akan terpenuhi. Apabila mutu produk yang diterima lebih tinggi dari yang diharapkan maka kualitas produk tersebut akan dianggap memuaskan. Dengan adanya kepuasan pelanggan maka pelanggan akan selalu menggunakan produk Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk menemukan ide produk penghasil uang dari rumah. Dan jangan lupa download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak ulasan, tips-tips, serta ide-ide bermanfaat lainnya khusus untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya hanya di Markey!

Industri Adalah : Pengertian, Jenis dan Contoh Industri

0
industri adalah

 

Kawasan industri adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan perekonomian masyarakat. Industri memegang peranan penting dalam menggerakkan roda ekonomi sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Pentingnya peranan industri turut didukung pula dengan banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang memilih berkecimpung bekerja di sektor perindustrian.

Namun, apa sebenarnya pengertian industri? Mengapa industri memegang peranan penting dalam roda perekonomian? Yuk cari tahu jawabannya dalam penjelasan lengkap pengertian, jenis dan contoh-contoh industri berikut ini.

Mengenal Arti Kawasan Industri

kawasan-industri

Ada banyak sekali pengertian dari kata industri. Masyarakat umumnya mengenal kawasan industri adalah suatu bentuk usaha yang mengolah bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi suatu produk jadi. Nantinya, produk jadi hasil olahan industri tersebut akan memiliki nilai tambah saat dijual ke masyarakat. Selain membuat barang jadi, industri juga memiliki aspek lain seperti reparasi produk dan jasa.

Kemudian, terdapat pula definisi industri menurut sejumlah ahli ekonomi. Kuncoro (2007: 167) membagi definisi industri menjadi dua, yakni definisi dalam cakupan sempit dan definisi luas. Dalam arti yang sempit, industri adalah sekumpulan perusahaan yang memiliki kemiripan dari segi produk jadi, bahan baku, proses pengolahan, hingga tipe konsumennya. Sementara dalam arti luas, kawasan industri adalah sekumpulan perusahaan yang menghasilkan produk maupun jasa dengan elastisitas silang tinggi serta positif.

Pengertian industri selanjutnya yakni menurut Sandy (1985: 154). Sandy mendefinisikan industri sebagai proses pembuatan barang jadi dalam skala besar yang menggunakan bahan mentah tertentu. Tujuan memproduksi barang dalam skala besar oleh sektor industri adalah untuk mendapat barang bermutu setinggi-tingginya dengan harga satuan yang serendah-rendahnya.

Akan tetapi dalam istilah ekonomi, arti industri dibedakan dari pengertian luas dan sempit. Secara luas, industri merupakan keseluruhan aktivitas ekonomi yang bersifat produktif. Sementara secara sempit, industri merujuk pada kegiatan pengubahan barang mentah menjadi barang setengah jadi menggunakan mekanisme kimia, mekanis ataupun tangan.

Definisi industri juga tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 Tentang Perindustrian Pasal 1, di mana industri adalah semua jasa dan aktivitas ekonomi yang bertujuan mengolah bahan mentah dan atau memanfaatkan sumber daya industri untuk menghasilkan barang yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah lebih tinggi dari sebelumnya.

Revolusi Industri

Saat ini, dunia industri sangat terkenal dan dibutuhkan oleh masyarakat. Hampir seluruh negara di dunia ini memiliki sektor industri yang mendongkrak roda perputaran ekonomi masing-masing. Namun tahukah Anda bahwa dunia industri tidak muncul serta-merta dan terkenal begitu saja?

Hingga saat ini, perkembangan revolusi industri telah berlangsung dari poin 1.0 hingga 4.0. Di era 2019-2020, revolusi industri telah menginjak poin 4.0. Sehingga tidak heran jika Anda kerap mendengar masyarakat menyebut “revolusi industri 4.0” belakangan ini.

Revolusi industri adalah suatu perubahan besar-besaran dalam cara manusia mengolah sumber daya atau bahan baku untuk menghasilkan suatu barang layak pakai. Revolusi industri adalah fenonema yang muncul antara tahun 1750-1850 lalu. Kala itu, revolusi industri adalah kejadian perubahan aktivitas produksi secara besar-besaran. Perubahan ini terjadi secara khusus dalam bidang pertanian, pertambangan, teknologi, manufaktur, dan transportasi. Revolusi industri yang terjadi kala itu turut mengubah kondisi sosial, ekonomi, serta budaya dunia.

Dari awal kemunculannya hingga saat ini, terjadi empat kali revolusi industri dengan fenomena perubahan yang berbeda-beda. Revolusi terbaru yang kita rasakan saat ini adalah industri 4.0 di mana dunia industri bergabung dengan teknologi siber. Tentunya bukan tidak mungkin jika revolusi industri akan berkembang semakin canggih lagi mengikuti perkembangan zaman ke depannya.

Jenis-Jenis Sektor Industri

revolusi-industri

Ada banyak sekali sektor industri yang berkembang di masyarakat sehingga harus dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing. Alasan dilakukannya penggolongan sektor industri adalah untuk mempermudah masyarakat mengenali suatu jenis industri dengan kriteria dan tujuannya tertentu. Oleh sebab itu, terdapat setidaknya 4 kelompok sektor industri yang umum dikenal oleh masyarakat. Jenis-jenis sektor industri adalah sebagai berikut.

1) Jenis Sektor Industri menurut Bahan Baku Produksi

Sektor industri dapat dibedakan dari bahan baku produksi yang digunakan. Penggunaan bahan baku yang berbeda ini dikarenakan setiap industri bertujuan memproduksi barang yang berbeda-beda.

Ada 3 jenis sektor industri dalam kelompok ini, yakni:

Industri Ekstraktif

Sektor industri ini memakai sumber daya alam sebagai bahan baku.

Industri Nonekstraktif

Berbanding terbalik dengan industri ekstraktif, jenis industri nonekstraktif menggunakan bahan baku yang berasal dari hasil industri lain.

Industri Fasilitatif

Industri tipe ini berfokus menyediakan dan menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

2) Jenis Sektor Industri menurut Tenaga Kerja

Klasifikasi berikutnya yakni menurut tenaga kerja yang digunakan oleh setiap industri. Terdapat 4 kelompok industri menurut tipe ini, yaitu:

Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga memiliki skala paling kecil dibandingkan kelompok lainnya. Kelompok industri rumah tangga memiliki tenaga kerja sejumlah kurang dari 4 orang.

Industri Kecil

Selanjutnya adalah industri kecil. Industri kecil agak lebih besar dari industri rumah tangga, di mana kawasan industri ini memiliki tenaga kerja berjumlah 5 – 19 orang.

Industri Sedang

Industri sedang memiliki besaran skala menengah. Industri sedang menggunakan tenaga kerja sekitar 20-99 orang.

Industri Besar

Kelompok terakhir sekaligus yang paling besar adalah industri besar. Industri besar mempekerjakan tenaga kerja lebih dari 100 orang dalam 1 pabrik. Oleh karena itu, tak heran jika industri besar selalu menghasilkan produk terbanyak dibandingkan kelompok industri lain.

3) Jenis Sektor Industri menurut Hasil Produksi

Sektor industri dapat juga dikelompokkan berdasarkan hasil produksi. Terdapat 3 jenis industri menurut hasil barang jadi yang dibuat:

Industri Pimer

Kelompok industri primer berfokus menghasilkan barang jadi sepenuhnya, alias produk yang tidak memerlukan proses pengolahan lagi.

Industri Sekunder

Industri sekunder adalah sektor pabrik yang membuat barang setengah jadi. Barang-barang setengah jadi ini masih memerlukan proses pengolahan lebih lanjut agar dapat dijual dan digunakan masyarakat.

Industri Tersier

Tipe terakhir adalah industri tersier. Berbeda dengan industri primer dan sekunder, industri tersier lebih berfokus pada penyediaan jasa layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi, industri tersier tidak memproduksi barang-barang untuk digunakan.

4) Jenis Sektor Industri menurut Tipe Bahan Mentah

Sepintas, kelompok sektor industri yang terakhir ini mirip dengan kelompok sektor industri pertama. Namun pengelompokkan industri menurut tipe bahan mentah lebih berfokus pada jenis bahan mentah yang diolah oleh pabrik. Biasanya terdapat 3 jenis bahan mentah yang biasa diolah oleh sektor industri yakni:

Industri Pertanian

Industri pertanian berfokus mengolah barang jadi menggunakan bahan baku dari hasil pertanian, seperti gandum, beras, sayur-sayuran, dan lainnya.

Industri Pertambangan

Industri pertambangan yakni sekumpulan pabrik yang menggunakan bahan baku dari kawasan pertambangan, seperti minyak bumi, batu mulia, dan lainnya.

Industri Jasa

Terakhir adalah industri jasa. Sektor industri jasa berorientasi pada pengolahan jasa pelayanan guna mempermudah dalam proses memenuhi kebutuhan masyarakat.

Contoh-Contoh Industri di Indonesia

contoh-industri

Indonesia memiliki banyak sektor industri yang berkembang di dalamnya, mulai dari skala kecil, industri yang baru berkembang, hingga sektor industri besar. Apa saja contoh-contoh industri yang dapat ditemui di Tanah Air? Berikut ini kami sajikan 4 contoh industri di Indonesia yang dapat Anda kenali dengan mudah.

Industri Tekstil

Yang pertama adalah industri tekstil. Industri tekstil berfokus memproduksi kain dan busana guna memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Industri tekstil dapat dijumpai dengan mudah di kota-kota besar, seperti Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan. Industri tekstil berkembang semakin pesat di Indonesia setelah adanya temuan mesin-mesin jahit dan produksi kain modern.

Industri Pengolahan Pangan

Sebagai negara agraris, tak heran jika Indonesia memiliki banyak industri pengolahan pangan yang berkembang di dalamnya. Beragam contoh industri pengolahan pangan di Indonesia antara lain industri minyak kelapa sawit, kopi, coklat, teh, pabrik tepung, dan masih banyak lagi.

Industri Farmasi

Selanjutnya adalah industri farmasi. Kota-kota besar di Indonesia memiliki banyak contoh industri farmasi, seperti pabrik garam kimia, pupuk, pembasmi kimia, plastik, dan lainnya. Pertumbuhan sektor industri kimia juga tergolong pesat di Indonesia sebab kebutuhan manusia akan barang-barang jadi seperti plastik, pupuk, pembasmi hama dan lainnya semakin tinggi.

Industri Pengolahan Kayu

Sebagai negara yang banyak memiliki kawasan perhutanan, masuk akal jika industri pengolahan kayu menjadi marak di Indonesia. Industri pengolahan kayu berfokus memproduksi bahan bangunan serta perabot rumah tangga seperti kursi, dan meja. Industri pengolahan kayu di Indonesia biasa mengekspor barang produksinya ke luar negeri seperti Eropa, Amerika, Jepang dan Timur Tengah.

Sekian pembahasan kali ini terkait industri. Terima kasih telah mengikuti sampai akhir, semoga menambah wawasan Anda.
[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Biaya Operasional | Pengertian, Jenis, Manfaat Untuk Bisnis

0
biaya operasional

 

Dalam menjalankan sebuah usaha tentunya Anda melakukan berbagai aktivitas operasional perusahaan. mulai dari kegiatan produksi sampai kegiatan administrasi. Setiap kegiatan yang dilakukan ini tentunya memerlukan biaya untuk dapat dijalankan. Biaya yang Anda keluarkan ini beragam jenis. Lalu, pada akhir bulan ataupun akhir periode Anda melakukan perhitungan biaya untuk setiap kegiatan operasional perusahaan.

Biaya operasional ini sangat penting untuk dihitung kemudian dievalusi. Apakah Anda mengetahui bagian apa saja yang termasuk dalam biaya tersebut? Mengapa penting untuk melakukan perhitungan? Untuk menjawab pertanyaan di atas dan menambah pengetahuan Anda dalam dunia bisnis, baca artikel ini sampai akhir, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Biaya Operasional

penghitungan-biaya

Biaya operasional adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan segala kegiatan keseharian perusahaan. Biaya ini mencakup penggajian, komisi penjualan, tunjangan karyawan dan konrtibusi pensiun, perjalanan dan transportasi, depresiasi serta amortisasi, perbaikan, biaya sewa, sampai dengan pajak.

Biaya operasional harus dicatat secara rutin dan baik oleh perusahaan, termasuk juga biaya yang berkaitan secara tidak langsung dengan aktivitas operasional, yang disebut sebgai biaya non-operasional. Dengan mencatat kedua jenis pengeluaran ini, akuntan pada sebuah perusahaan dapat memutuskan bagaimana biaya-biaya itu berhubungan dengan kegiatan yang mendatangkan pendapatan atau keuntungan bagi perusahaan.

Selain untuk mempermudah akuntan dalam membuat keputusan, fungsi lain dari pencatatan biaya operasional adalah melihat bagaiamana masa depan sebuah perusahaan. apakah bisnis dari perusahaan tersebut masih dapat berjalan atau tidak. Secara umum, didefinisikan bahwa biaya operasional merupakan komponen utama dari perhitungan pendapatan perusahaan. Semakin rendah biaya yang dikeluarkan maka semakin menguntungkan sebuah bisnis.

Strategi penetapan harga, harga dari bahan baku, dan tenaga kerja adalah beberapa hal yang mempengaruhi biaya operasional yang secara langsung berkaitan dengan keputusan yang diambil oleh seorang manajer. Tindakan finasial yang diambil manajer berdasarkan biaya ini juga adalah ukuran fleksibilitas manajerial dan kompetensi, terutama dalam menghadapi masa ekonomi yang sulit.

Jenis-jenis Biaya Operasional

biaya operasional

Sebuah perusahaan mau tidak mau harus mengeluarkan agar bisnisnya dapat berjalan, biaya ini terdiri dari biaya administrasi dan biaya pemasaran yang kemudian membentuk biaya operasional. Jika Anda mampu mempelajari rincian setiap biaya yang Anda keluarkan untuk operasional perusahaan, Anda akan dapat menemukan cara untuk mengurangi biaya dan melakukan evaluasi efektivitas dana yang Anda keluarkan demi menjaga bisnis dapat terus berjalan.

Anda harus bisa membagi biaya tersebut ke dalam berbagai kategori sehingga Anda memahami bagaimana Anda akan menanggung biaya tersebut setiap bulannya. Biaya-biaya ini secara umum dibagi menjadi empat kategori, yaitu biaya tetap, biaya variable, biaya bunga, dan penyusutan.

Biaya Tetap

Biaya tetap adalah berbagai jenis biaya yang Anda keluarkan dengan nominal yang tetap setiap bulannya, biaya ini tidak terpengaruh oleh kegiatan produksi perusahaan. Contoh dari biaya tetap ialah biaya sewa atau hipotek, gaji karyawan non-produksi, hosting internet, layanan telepon, dan biaya pemeliharaan gedung. Oleh karena biaya tetap ini akan selalu Anda keluarkan setiap bulan tidak perduli banyak atau sedikitnya produksi yang dilakukan perusahaan, Anda harus mencari cara bagaimana agar pendapatan perusahaan bisa lebih tinggi. Carilah cara untuk meningkatkan penjualan perusahaan sembari memangkas biaya tetap, dengan melakukannya, Anda dapat memperoleh keuntungan untuk perusahaan lebih besar.

Biaya Variabel

Selain mengeluarkan biaya yang jumlahnya sama setiap bulan, Anda juga harus mengeluarkan beberapa biaya yang jumlahnya akan berubah setiap bulan, bahkan setiap minggunya. Biaya ini akan mengalami kenaikan apabila jumlah produksi Anda meningkat, sebaliknya akan mengalami penurunan ketika jumlah produksi Anda berkurang. Beberapa yang termasuk dalam kategori ini adalah biaya bahan baku, biaya pengiriman, serta upah pekerja produksi yang gajinya bergantung dari banyaknya produksi yang dilakukan.

Anda dapat mengetahui berapa pastinya biaya variabel ini selama periode setahun lalu membaginya dengan 12 bulan. Ini berguna untuk mengetahui berapa rata-rata pengeluaran yang Anda lakukan untuk biaya variabel setiap bulannya. Ingatlah bahwa biaya produksi akan mengalami perubahan seiring dengan berubahnya jumlah produksi yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu bijaklah dalam memutuskan masalah produksi Anda.

Biaya Bunga

Meski ada yang mengkategorikan pengeluaran untuk membayar bunga dari pinjaman adalah bagian dari biaya tetap karena jumlahnya yang sama setiap bulan, namun Anda harus melihat dan mengkategorikan secara terpisah. Anggaplah biaya bunga ini merupakan biaya tersendiri yang Anda keluarkan karena melakukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis. Anda harus selalu memantau pengeluaran untuk pinjaman, kartu kredit milik perusahaan, juga saldo yang Anda keluarkan untuk membayar vendor. Kategorikan berbagai hal ini sebagai biaya bunga ketika Anda melakukan perhitungan total biaya operasional perusahaan.

Setiap kali Anda memutuskan untuk melakukan pendanaan ekspansi bisnis dengan uang yang Anda dapatkan dari pinjaman, Anda akan tahu bahwa akhirnya itu akan meningkatkan jumlah bunga dari biaya opersional perusahaan. Jadi, pastikan untuk melakukan pinjaman dengan rencana dan tujuan yang sudah matang dan berpotensi besar untuk berhasil.

Penyusutan

Biaya penyusutan adalah biaya yang mencakup nilai yang dihilangkan setiap bulannya untuk bangunan, peralatan kantor, dan kendaraan. Biaya penyususutan ini dihitung sebagai biaya operasional yang tengah berlangsung dan harus dimasukkan ketika Anda melakukan pembukuan pada setiap akhir atau awal bulan.

Manfaat Perhitungan Biaya Opersional untuk Bisnis

biaya-operasional

Setiap perusahaan membutuhkan data-data biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulannya atau dalam periode satu tahun. Kebutuhan akan data biaya opersional ini bergantung pada kondisi yang ada, tujuan yang diharapkan, dan pihak yang memerlukan. Biaya-biaya ini akan dikategorikan sesuai dengan yang diinginkan untuk kemudian disajikan dan dianalisa agar bermanfaat bagi manajemen perusahaan. Berikut penjelasannya.

Pengawasan Data

Data beban yang dikeluarkan oleh seorang akuntan biaya akan digunakan oleh bagian manajemen sebagai acuan dalam membuat perencanaan dan mengambil keputusan. Dalam hal ini, yang menjadi acuan atau patokan adalah anggaran. Masing-masing biaya akan dicatat dan diakumulasikan. Selisih yang didapatkan dari anggaran dengan realisasi yang sebenarnya ini akan menunjukkan apakah pemakaian biaya opersional tersebut efisien atau tidak.

Pengendalian Beban

Pengendalian beban dalam hal ini merupakan pengendalian melalui akuntansi pertanggung jawaban. Akuntansi pertanggung jawaban adalah sebuah sistem akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan untuk semua tingkatan dan bagian organisasi yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Hasil laporan ini kemudian akan digunakan pimpinan perusahaan untuk mengendalikan kegiatan dan biaya operasi. Dengan begitu, seseorang harus bertanggung jawab atas tindakannya sesuai kedudukannya dalam organisasi.

Data penilaian dari pimpinan ini berguna untuk mengendalikan bawahan serta mengetahui sejauh mana bagian tersebut melakukan penyimpangan biaya yang telah dianggarkan. Pimpinan akan mengetahui apakah terjadinya penyimpangan ini merupakan tanggung jawab sepenuhnya satu bagian organisasi atau penyimpangan yang terjadi itu merupakan hal yang memang tidak dapat dikendalikan oleh keputusan manajemen yang terlalu tinggi.

Pengambilan Keputusan

Data dari perhitungan beban sangat dibutuhkan oleh seorang manajer untuk mempertimbangkan keputusan yang akan di ambil. Ada beberapa hal yang harus terpenuhi sebelum seorang manajer mengambil keputusan, diperlukan data yang dapat diukur, analisi yang tepat, serta kemungkinan apakah keputusan tersebut dapat dilaksanakan atau tidak. Langkah-langkah dalam membuat keputusan ialah:

Penentuan Masalah

Tentunya harus ada masalah atau kendala yang dihadapi oleh perusahaan untuk diselesaikan jika akan membuat suatu keputusan. Misalnya, penggantian mesin lama yang sudah tidak berfungsi dengan baik untuk digantikan dengan mesin baru.

Mengenal dengan baik segala kemungkinan atau alternatif yang ada

ini harus Anda lakukan sebelum memantapkan pengambilan keputusan. Bisa saja sebenarnya tidak harus mengganti mesin, namun cukup mengganti beberapa bagian mesin saja.

Menetapkan data biaya opersional yang relevan

data yang menjadi acuan dalam pengambilan keputusan haruslah revelan dengan masalah yang sedang di atasi. Jangan sampai mesin yang merupakan biaya tetap menggunakan acuan data dari biaya variabel.

Mengevaluasi data

evaluasi data harus Anda lakukan dengan metode yang berkaitan dengan alternatif atau evaluasi sesuai dengan bagaimana seharusnya data itu dibuat.

Keputusan dan alasan

keputusan yang akhirnya diputuskan oleh seorang manajer haruslah memiliki alasan dan penjelasan yang logis.

Itulah ulasan terkait biaya operasional yang harus Anda ketahui. Sepertinya halnya masalah keuangan lainnya, Anda harus melakukan perbandingan selama beberapa periode pelaporan. Ini akan berguna bagi perusahaan karena terkadang dapat dilakukan pemangkasan biaya dalam kuartal tertentu yang dapat memperbesar pendapatan dalam kurun waktu tersebut.

Ini juga berguna untuk Anda yang berada diposisi investor. Ini akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan melakukan investasi diperusahaan terkait atau tidak. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya, semoga membantu!

[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Endorsement : Pengertian dan Jenis – Jenisnya

0
endorsement

Media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi generasi millenial saat ini. Di zaman sekarang ini, setiap orang pasti memiliki akun media sosial entah itu Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan media sosial lainnya. Media sosial sendiri merupakan sebuah media sosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online. Setiap pengguna menggunakan media sosial untuk membagikan kegiatan sehari-hari. Hampir semua orang setiap hari menghabiskan waktu luang untuk memainkan media sosial. Untuk melihat update terbaru dari setiap postingan akun yang mereka ikuti. Terutama akun para public figure.

Nah, sebagai pengguna setia media sosial, Anda pastinya sudah tidak asing dengan apa itu endorsement. Anda tentu sering melihat seseorang yang memiliki banyak pengikut melakukan endorsement. Membagikan info produk, promo produk, dan mengajak Anda untuk turut menggunakan produk yang sama. Entah dengan menggunakan video ataupun foto. Apakah Anda mengetahui apa itu endorsement? Mengapa banyak sekali yang melakukan endorse ini? Temukan jawabannya dengan terus membaca artikel ini sampai akhir ya.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Apa itu Endorsement?

endorsement

Endorsement atau biasa juga disebut endorse, memiliki arti memberikan sebuah dukungan dari para public figure. Dalam dunia bisnis, endorsement menjadi sebuah teknik untuk melakukan promosi secara tepat dan efesien. Banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa seorang artis atau public figure untuk melakukan promosi endorse ini. Dengan melakukannya, maka produk tersebut akan lebih dikenal di masyarakat dan dengan sendirinya mampu meningkatkan penjualan. Biasanya, jumlah pengikut public figure di media sosial lah yang akan menentukan berapa bayaran untuk menggunakan jasanya melakukan endorse.

Dalam melakukan endorse, seorang artis biasanya akan menggunakan media video ataupun foto untuk memberikan informasi terkait produk tertentu mulai dari harga, keunggulan, promo yang sedang dilakukan, yang akhirnya mengajak pengikutnya untuk memakai atau membeli produk yang sama dengannya. Cara ini menjadi cukup efektif karena orang memang memiliki kecenderungan untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh idolanya. Bahkan merasa senang saat memiliki atau melakukan hal yang sama dengan idolanya.

Tidak hanya di posting oleh artis atau tokoh idola tersebut secara langsung, biasanya perusahaan atau pemilik usaha juga memposting video atau foto dari endorse yang dilakukan artis ini. Setelah memposting foto atau video tersebut, perusahaan akan menambahkan caption yang menggiring audience untuk membeli produk.

Apa Manfaat Endorsement?

publik-figur

Setelah mengetahui apa itu endorsement, tentunya kita harus mengetahui tujuan dari melakukan promosi dengan cara satu ini. Keuntungan melakukan endorse tidak hanya bermanfaat bagi pemilik usaha namun juga bagi public figure yang melakukan endorse ini. Oleh karena itulah, endorse ini sangat direkomendasikan dan banyak dilakukan oleh hampir semua produk.

Keuntungan melakukan endorsement bagi pemilik usaha adalah untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat. Selain memperkenalkan produk, endorse juga dapat meningkatkan penjualan mereka, terutama jika dilakukan oleh artis ternama yang memiliki pengrauh besar dan disukai masyarakat.

Keuntungan yang diperoleh bahkan bisa berlipat ganda. Sebab seperti telah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang memiliki idola cenderung akan melakukan hal yang juga dilakukan oleh tokoh idola mereka. Terkadang, bukan karena membutuhkan produknya yang membuat mereka memutuskan membeli, tetapi kecenderungan untuk melakukan hal yang sama dengan idola lah yang membuat mereka memutuskan untuk membeli.

Bagi public figure yang digunakan jasanya untuk melakukan endorse, mereka akan dapat keuntungan berupa bayaran yang diberikan oleh perusahaan untuk mereka. Selain itu, biasanya barang yang diberikan untuk melakukan endorse menjadi hak milik mereka secara gratis.

Dalam pelaksanaannya, biasanya antara public figure dengan perusahaan membuat perjanjian yang disepakati bersama. Berupa jumlah bayaran atau kompensasi juga berapa lama artis ini melakukan endorse. Biasanya dalam rentang waktu tersebut, sang public figure maupun artis ini tidak boleh melakukan endorse di perusahaan lain yang produknya serupa.

Baca juga : Syarat & Ketentuan Paid Promote Adalah [Kiat Rahasia Olshop]

Jenis-jenis Endorsement

Apa itu endorsement sudah Anda pahami, kegunaan atau manfaatnya juga sudah, maka saatnya mengetahui jenis-jenis endorsement. Ada banyak jenis endorsement yang dapat Anda coba, baik sebagai seorang endorse atau yang mengendorse produk. Berikut ulasannya.

Berdasarkan Fitur yang Digunakan

Berdasarkan fiturnya, endorsement dibagi berdasarkan postingan foto, video, dan insta story.

Foto

Endorse menggunakan foto merupakan jenis endorse yang paling sering digunakan. Biasanya artis akan memposting foto dirinya dengan produk yang di endorse. Foto ini juga akan disertai dengan caption sesuai dengan permintaan pemilik produk.

Video

Postingan endorse berupa video ini biasanya bayarannya lebih tinggi dibandingkan foto. Hal ini karena biaya dan waktu produksinya lebih besar dibandingkan foto. Biasanya, dalam video tersebut, artis akan membaca atau menyampaikan narasi tentang produk.

Insta Story atau Insta TV

selain foto dan video, endorse juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur insta story atau insta TV yang saat ini sudah dimiliki oleh hampir semua media sosial. Biasanya ini merupakan endorse dengan bayaran yang lebih rendah dibandingkan dua jenis sebelumnya karena hanya bertahan 24 jam.

Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Apa itu endorsement berdasarkan bentuk kerjasama? Dari bentuk kerjasama, endorsement dibagi dalam dua jenis, yaitu Paid Promote dan Sponsorship.

Paid Promote

Paid Promote merupakan jenis endorse yang paling banyak dikenal dan digunakan. Dalam kategori ini, seperti pada umumnya public figure akan memposting foto atau video bersama produk yang diendorse dan mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan bersama pemilik produk.

Paid Endorse atau Sponsorship

Sponsorship adalah jenis endorsement yang dimana pemilik produk memberikan fasilitas lebih kepada pengendorse. Biasanya, perusahaan yang melakukan endorsement jenis ini adalah perusahaan yang memiliki brand besar. Artis yang digunakan jasanya pun dikontrak secara eksklusif, artinya artis ini tidak boleh mengendorse produk sejenis selama periode yang telah disepakati.

Biasanya yang menggunakan ini adalah perusahaan penerbangan, artis yang mengendorse diberi fasilitas liburan ke luar negeri secara gratis. Bahkan ada beberapa rumah sakit yang juga melakukan endorsement jenis ini, contohnya Melanie Ricardo yang melakukan endorse sebuah rumah sakit untuk kelahiran anak keduanya.

Baca juga : Terkuak! 6 Tips Influencer Endorsement Sukses untuk Pemula

Berdasarkan Jangka Waktu

Endorse biasanya dilakukan dengan jangka waktu yang beragam untuk seorang artis mempertahankan postingannya. Setiap durasi posting tentu saja memiliki harga yang berbeda. Umumnya, postingan sebuah endorse akan dipertahankan selama satu bulan.

Setelah satu bulan, postingan tersebut bisa dihapus. Namun, ada juga yang memposting dalam jangka waktu beragam, bisa satu minggu atau dua minggu, sesuai dengan kesepakatan antara public figure dan pemilik produk.

Namun berbeda dengan artis yang dikontrak secara eksklusif dengan suatu produk, biasanya postingan endorse akan bertahan selama satu tahun penuh. Contohnya Raffi Ahmad, biasanya ia hanya menerima endorse dari brand yang sudah besar dan menerima kontrak selama satu tahun penuh setiap periodenya.

5. Tips Memilih Endorser

endorsement-1

Jika Anda adalah pemilik sebuah usaha yang sedang berkembang, sangat disarankan untuk menggunakan endorsement sebagai salah satu cara promosi. Bagi Anda yang tidak pernah melakukan, berikut 5 tips memilih public figure untuk endorse produk Anda agar endorsement yang dilakukan membawa dampak positif.

1. Perhatikan Track Record Pengendorse

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apakah public figure yang Anda targetkan memiliki pengalaman atau pernah melakukan endorse untuk sebuah produk atau tidak. Jika pernah, perhatikan apakah hasilnya memuaskan atau tidak dengan melihat respon pengikutnya di kolom komentar.

Lalu cari tahu juga apakah ia pernah mengendorse produk serupa dengan produk Anda, selanjutnya lihat hasilnya apakah baik atau tidak. Bagaimana jika belum pernah melakukan apa itu endorsement? Perhatikan poin di bawah ini.

2. Perhatikan Interaksi Pengendorse dengan Pengikutnya

Biasanya, jika seorang public figure atau disebut juga selebgram tidak memiliki interaksi yang baik dengan pengikutnya, maka hasilnya akan kurang bagus. Sebab biasanya orang akan cenderung lebih loyal kepada selebgram yang humble atau ramah dan membalas komentar pengikutnya. Nah, meski tidak memiliki pengalaman endorse sebelumnya, selebgram dengan tipe humble seperti ini boleh Anda gunakan jasanya karena memiliki cukup potensi.

3. Perhatikan Jenis Postingannya

Seorang selebgram umumnya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Ada selebgram yang mengkhususkan diri untuk postingan khusus kuliner, fashion, kesehatan, olahraga atau traveling. Dengan sendirinya, maka pengikutnya juga adalah orang-orang yang menyukai hal yang sama dengannya untuk referensi.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda sesuai dengan ciri khas dari selebgram tersebut. Misalnya, produk Anda adalah produk fashion, maka jangan menggunakan jasa selebgram yang memiliki hobi kuliner karena sangat besar kemungkinan kalau pengikutnya bukanlah orang yang menyukai atau selalu update dengan trend fashion terbaru. Pilihlah selebgram yang memang hobi atau memiliki passion dalam dunia fashion.

Keuntungan lainnya ketika Anda menyesuaikan produk dengan keunikan atau passion selebgram ialah, endorse produk Anda akan terlihat sangat alami sebab mereka memang hobi di bidang tersebut. Apalagi timeline mereka memang berisi postingan sejenis. Pernah mendengar atau melihat kalimat “Iklan yang baik adalah iklan yang tidak terlihat seperti iklan”? ya, iklan Anda akan terlihat seperti itu.

4. Endorse yang Bertolak Belakang dengan Produk Bisa jadi Alternatif

Yang satu ini memang cukup unik, karena terkadang sesuatu yang kontroversial lah yang akan menarik perhatian orang. Seperti misalnya seorang comedian yang tiba-tiba mengendorse produk penghilang  jerawat. Atau misalnya, seseorang yang tidak begitu rupawan mengendorse produk fashion. Ini juga akan membawa hasil yang baik.

Kok bisa? karena fokus pembaca akan tertuju pada produknya, bukan orangnya. Bandingkan dengan ketika seorang artis cantik atau tampan mengendorse produk kecantikan, orang akan lebih tertarik ke visual artisnya, bukan produknya. Komentarnya juga akan tertuju pada betapa kerennya artis, tidak pada produknya.

5. Utamakan Pengendorse yang Bersedia Posting Video

Konten video lebih berpotensi mendatangkan pembeli jika dibandingkan dengan postingan berupa foto. Orang akan lebih tertarik dan penasaran akan isi video dibandingkan foto yang langsung terlihat isinya. Video yang diposting tidak harus berisi info produk atau saat pengendorse menggunakan atau menikmati produk, dapat juga saat ia mengunjungi dan berkeliling toko Anda.

Nah, sekian pembahasan kali ini terkait apa itu endorsement dan informasi pendukung lainnya. Informasi ini tidak hanya ditujukan bagi pemilik usaha, tapi juga bagi Anda yang tertarik melakukan endorse produk, karena kegiatan yang satu ini dapat membawa Anda mendapat penghasilan yang sangat menjanjikan. Terima kasih telah mengikuti sampai akhir, semoga membantu!

Ciri Ciri Iklan yang Baik : Cara Menentukannya

0
ciri-ciri iklan yg baik

Cara terbaik dalam melakukan promosi usaha adalah dengan memasang iklan. Iklan merupakan informasi terhadap suatu produk yang berguna untuk menarik minat serta perhatian orang lain. Beriklan adalah cara yang masih dilakoni banyak pengusaha dari dulu hingga sekarang, dan masih mampu memberikan keberhasilan dalam perdagangan.

Sudah menjadi pemahaman banyak pengusaha bahwa iklan yang unik, menarik dan menggugah perasaan orang yang melihatnya dapat memengaruhi orang tersebut untuk mencoba produk yang diiklankan. Oleh sebab itu, membuat iklan sesungguhnya adalah proses yang susah-susah gampang. Jika iklan produk tidak menarik dan tidak mampu menimbulkan rasa penasaran orang lain, sudah barang tentu sistem promosi Anda dinyatakan gagal.

Sebelum membuat iklan, ada baiknya bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu ciri-ciri iklan yang baik dan benar. Dengan belajar dari ciri-ciri iklan yang baik dan benar, maka Anda dapat merumuskan iklan produk sendiri yang dijamin ampuh memancing minat konsumen. Penasaran seperti apa ciri-ciri iklan yang baik dan benar? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga : Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan

Apa Itu Iklan?

apa-itu-iklan

Sebelum menelaah ciri-ciri iklan, sebaiknya Anda memahami pengertian iklan terlebih dahulu. Pemahaman ini berguna agar Anda tidak salah saat membuat iklan. Nyatanya, hingga saat ini masih ada banyak pengusaha yang salah dalam merumuskan iklan sebab tidak memahami pengertian iklan dengan baik.

Iklan tak hanya sebuah informasi produk yang disebar kepada orang lain. Agar dapat meraih hasil maksimal, sebuah iklan harus mampu mempersuasi orang lain yang melihatnya. Iklan memuat serangkaian informasi atau pesan yang menarik tentang suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan kata lain, lewat iklan, Anda selaku pengusaha dapat membujuk calon konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Iklan dapat terpasang di beragam media, khususnya media yang mudah dilihat banyak orang. Semakin strategis lokasi pemasangan iklan, maka akan semakin baik sebab dapat diakses oleh banyak orang. Umumnya, iklan dapat dipasang di media-media tradisional seperti televisi, koran, papan reklame, majalah, dan lainnya. Namun seiring berkembangnya teknologi, iklan kini merambah dunia maya. Saat berselancar di internet pun, Anda dapat melihat beragam jenis iklan terpasang di media sosial, blog, website, hingga mesin pencari seperti Google.

Mengenal 9 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus

ciri-iklan-yang-bagus

Membuat iklan yang baik dan efektif memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur-unsur penting yang menjadikannya menarik dan mampu menarik minat orang lain. Lalu apa saja ciri-ciri iklan yang baik? Berikut kami punya jawabannya khusus untuk Anda. Let’s check this out!

1) Mengandung Pilihan Kata yang Tepat

Ciri-ciri iklan yang bagus pertama terletak pada pilihan katanya. Iklan yang baik, menarik dan efektif memiliki pilihan kata yang menarik dan tepat. Hindari penggunaan kata-kata yang majemuk, banyak istilah asing, ataupun terlalu formal dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang bagus justru bersifat sopan, mudah diingat, logis dan dapat dicerna oleh semua lapisan masyarakat.

2) Bersifat Persuasif

Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur persuasif. Unsur utama yang membedakan teks iklan dengan teks lainnya adalah keberadaan kalimat persuasif di dalamnya. Persuasif sendiri merupakan bentuk tindak tutur yang dipergunakan untuk merayu serta meyakinkan seseorang melakukan sesuatu. Dalam hal ini, sifat persuasif dipergunakan untuk meyakinkan seseorang membeli barang yang diiklankan. Tanpa adanya unsur persuasif, maka iklan Anda tidak dapat memenuhi ciri-ciri iklan yang baik.

3) Menjelaskan tentang Produk

Berikutnya, ciri-ciri iklan yang baik adalah menjelaskan tentang produk. Gunakan iklan Anda untuk menjelaskan kelebihan dan keunggulan dari produk atau jasa bisnis Anda. Kelebihan dan keunggulan produk merupakan hal penting sebab dapat membuat pembaca merasa tertarik untuk mencoba produk. Meski begitu, Anda tetap harus menjelaskan keunggulan produk secara proporsional. Alias, jangan terlalu bertele-tele dengan rincian dan kelebihan produk.

4) Menonjokan Informasi Utama Produk

Ciri-ciri iklan yang baik adalah menonjolkan informasi produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Saat menjelaskan tentang produk dalam iklan, tonjolkan informasi-informasi yang dirasa penting terkait produk. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk menonjolkan informasi produk, seperti membuat ukuran tulisan atau gambar lebih besar dari yang lain, atau menggunakan warna mencolok pada bagian tersebut. Informasi yang mencolok ini akan menjadi pusat perhatian dari iklan dan menarik perhatian orang yang melihatnya.

5) Tepat Sasaran

Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur berikutnya yaitu tepat sasaran. Sama seperti ketika Anda menentukan target konsumen dari produk, iklan Anda harus memiliki sasaran yang dituju. Saat membuat iklan, pikirkan target masyarakat yang hendak dituju; Kepada siapa iklan tersebut ditayangkan? Siapa calon konsumen yang Anda ingin dapatkan dari iklan tersebut?

Setelah mengetahui target iklan, arahkan agar iklan Anda dapat menjaring sebanyak mungkin calon konsumen dari kelompok target.  Semisal produk Anda ditargetkan untuk kaum milenial kekinian. Jadi, iklan Anda pun harus menyesuaikan dengan target produk. Dengan demikian, iklan yang harus Anda buat adalah iklan yang kreatif, kekinian, dan unik sehingga mampu dilirik oleh para milenial.

6) Mengombinasikan Unsur Teks dan Visual

Agar iklan tidak terasa membosankan, Anda bisa menggabungkan kombinasi kata-kata dan visual dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang baik adalah tentunya tidak membuat penontonnya merasa bosan. Oleh sebab itu, banyak orang kini cenderung membuat iklan dengan menggabungkan beragam unsur seperti teks dan audio visual. Penggunaan unsur visual dinilai ampuh dalam iklan, sebab masyarakat lebih mudah mencerna pesan yang ditampilkan oleh gammbar ketimbang hanya membaca teks.

7) Menggunakan Tagline

Anda juga bisa menggunakan tagline dalam menyusun iklan. Apa itu tagline? Tagline dapat diartikan sebagai slogan. Tagline dibuat untuk mempermudah dalam menginfokan manfaat produk yang diiklankan. Tagline juga dapat dibuat dalam bentuk teks atau gambar, menyesuaikan dengan daya kreativitas Anda selaku pembuat iklan.

Penggunaan tagline banyak dilakukan dalam iklan sebab slogan ini dinilai memiliki kekuatan tersendiri untuk menumbuhkan branding produk di masyarakat. Kelebihan penggunaan tagline adaah mudah diingat orang banyak. Jika banyak orang mengingat tagline perusahaan atau produk Anda, maka bukan tak mungkin mereka akan senantiasa membeli produk Anda saat membutuhkannya.

8) Bersifat Jujur dan Obyektif

Kesalahan banyak pembuat iklan adalah sikap mereka yang tidak jujur saat mendeskripsikan produk. Selalu hindari sifat tidak jujur saat beriklan sebab hal tersebut hanya akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen ketika menggunakan produk. Tanamkan pada diri Anda, bahwa mempromosikan dagangan tidak sama dengan membohongi publik.

Anda boleh saja melakukan promosi dengan gaya hiperbola dan bombastis, namun harus selalu didasari dengan sikap jujur, sesuai fakta dan objektif. Jika produk Anda memiliki kualitas yang kurang baik, langkah yang harus ditempuh adalah memperbaiki kualitas produk, bukan membuat iklan bohong.

9) Tidak Menyinggung Iklan Perusahaan Lain

Unsur terakhir dari ciri-ciri iklan yang baik adalah tidak menyinggung iklan produk serupa yang dikeluarkan perusahaan lain. Dalam iklan, Anda sangat dilarang untuk merendahkan, menyerang, atau menjelekkan iklan produk yang sama dari perusahaan lain. Fokuslah pada keunggulan produk Anda sendiri alih-alih sibuk menjatuhkan pesaing. Menerapkan persaingan sehat merupakan kunci sukses dalam berbisnis, sekaligus menjadi cerminan bahwa perusahaan Anda memiliki budaya yang baik.
Demikianlah pembahasan lengkap terkait ciri-ciri iklan yang baik. Semoga membantu Anda untuk membuat iklan yang bagus dan sukses menggaet konsumen!

Sponsorship Adalah : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

0
sponsorship

 

Sponsorship adalah elemen penting dalam dunia bisnis. Tanpa online sponsorship, bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan baik.

Apa itu sponsorship? Banyak orang mengira sponsorship adalah iklan yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari (seperti iklan sosmed, iklan online, iklan TV, dan lain-lain). Tapi ternyata, pengertian sponsorship berbeda jauh dengan sponsor biasa.

Jangan sampai Anda juga salah memahami pengertian sponsorship! Nah, Anda beruntung karena artikel kali ini akan mengupas tuntas apa itu sponsorship, fungsi dan keuntungan sponsorship, hingga jenis-jenis sponsorship terbaru. Yuk langsung disimak penjelasannya!

Sponsorship Adalah : Apa Itu Sponsorship?

sponsorship-adalah

Sponsorship adalah kata yang familiar di telinga kita. Ketika mendengar apa itu sponsorship, kebanyakan orang langsung teringat dengan sponsor iklan. Padahal, sponsor artinya berbeda lho dengan apa itu sponsorship.

Apa itu sponsorship? Program sponsorship merupakan aktivitas penerapan sistem promosi atau pengiklanan kepada calon konsumen di masyarakat. Aktivitas sponsorship sangat berbeda dari pengertian sponsor biasa yaitu iklan.

Titik fokus dari sponsorship yakni aktivitas pemasangan iklannya. Pun menurut kamus bahasa Indonesia, pengertian sponsorship yakni persponsoran. Kata sponsorship sendiri aslinya diambil dari bahasa Inggris.

2 Cara Kerja Sponsorship

Jika sponsor artinya berbeda dari sponsorship, maka bagaimana cara kerja program sponsorship?

Ada dua cara kerja sponsorship yang umum dilakukan. Begini gambaran cara kerja program sponsorship yang pertama:

  1. Sebuah perusahaan atau bisnis yang ingin beriklan akan menghubungi agensi sponsorship (pengiklan).
  2. Kedua belah pihak melakukan kerja sama (membuat kesepakatan) terkait proses pemasangan iklan.
  3. Pihak perusahaan menyiapkan iklan dan membayar pengiklan.
  4. Pihak pengiklan memasang iklan ke platform atau media yang dimiliki.
  5. Iklan menyebar ke seluruh masyarakat.

Cukup mudah bukan cara kerja program sponsorship? Melalui proses kerja sama ini, kedua belah pihak akan memperoleh keuntungan yang setara. Pihak perusahaan mendapat publikasi iklan yang diinginkan, sedangkan pihak agensi sponsorship memperoleh bayaran atau upah atas kinerjanya.

Namun ada pula yang melakukan sponsorship dengan cara agak berbeda, seperti ini:

  1. Perusahaan membuat kesepakatan dengan panitia sebuah event, organisasi atau pihak individu.
  2. Perusahaan memberikan sumbangan dana modal atau materiil lain guna mendukung acara dari panitia/organisasi.
  3. Sebagai timbal balik, panitia/organisasi wajib mengiklankan nama perusahaan tersebut saat acaranya berlangsung.

Tipe sponsor kedua seperti di atas sering dikenal sebagai event sponsorship. Event sponsorship adalah jenis sponsorship yang menyasar event-event dari organisasi alih-alih agensi pengiklan. Apapun bentuknya, cara kerja sponsorship pasti didasari oleh kerja sama pihak perusahaan dan pengiklan.

Baca juga : Syarat & Ketentuan Paid Promote Adalah [Kiat Rahasia Olshop]

3 Jenis Sponsorship Adalah

sponsorship adalah

Dulu, orang-orang hanya mengenal dua jenis sponsorship yakni event dan brand sponsorship. Namun belakangan ini, muncul jenis sponsorship ketiga yakni “online sponsorship” yang tak kalah ampuh dan praktis untuk dicoba.

Berikut penjelasan lengkap untuk ketiga jenis sponsorship:

1. Event Sponsorship

Event sponsorship adalah upaya sponsor (iklan) yang dilakukan perusahaan melalui perantara organisasi atau panitia sebuah acara. Tujuan dari event sponsorship yakni mendongkrak image, citra dan brand bisnis ke hadapan masyarakat.

Melalui event sponsorship, diharapkan masyarakat atau peserta acara bisa mengenal dan mengingat nama bisnis Anda. Selain itu, event sponsorship adalah trik yang manjur untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, jasa maupun brand bisnis itu sendiri.

Mengikuti event sponsorship cukup gampang. Anda bisa berpartisipasi semudah memberikan bantuan sumbangan kepada sebuah acara. Bentuk sumbangannya pun beragam, mulai dari uang modal, logistik, merchandise, dan lain-lain.

Hanya saja Anda harus jeli dan cermat dalam memilih event untuk disponsori. Sebab setiap event memiliki konsep dan target peserta yang berbeda. Poin-poin yang bisa dipertimbangkan saat hendak mencoba event sponsorship adalah:

  • Siapakah target pemirsa dari event tersebut?
  • Bagaimana citra dari pihak penyelenggara acara di mata masyarakat?
  • Apa saja nilai-nilai yang dimiliki oleh sebuah acara?
  • Apakah nilai acara tersebut cocok dengan bisnis Anda?
  • Bagaimana cara event mendongkrak image bisnis ke hadapan masyarakat?

2. Online Sponsorship

Jenis sponsorship kedua adalah online sponsorship. Online sponsorship merupakan periklanan model baru yang berkembang selama masa pandemi.

Akhir-akhir ini kehidupan digital online berkembang dengan sangat cepat di masyarakat. Pastinya Anda sendiri juga telah ikut merasakannya. Perkembangan dunia online merambah ke semua aspek kehidupan, termasuk dunia marketing dan sponsorship.

Sesuai namanya, sponsorship online merupakan aktivitas periklanan yang dilakukan pada event-event online. Ada banyak sekali event online yang membutuhkan sponsor saat ini, misalnya webinar, kursus online, pelatihan skill, survey dan lain-lain.

Melakukan sponsorship online membutuhkan lebih banyak strategi khusus karena punya tantangannya tersendiri. Namun tenang saja. Kami sudah menyiapkan tips trik khusus melakukan online sponsorship pada akhir artikel ini  pastikan membaca sampai tuntas, ya!

3. Brand Sponsorship

Jenis terakhir adalah brand sponsorship. Di antara ketiga jenis sponsorship, brand sponsorship merupakan aktivitas periklanan yang paling sering dilakukan.

Brand sponsorship merupakan aktivitas periklanan yang dilakukan dengan memasang iklan perusahaan pada media-media tertentu. Misalnya pada iklan TV, baliho, flyer, atau menjadi sponsor acara besar yang ramai penonton/partisipannya.

Pemasaran brand sponsorship tergolong efektif karena publikasinya yang tergolong besar-besaran, mudah dilihat banyak masyarakat, dan memiliki kekuatan promosi yang amat memikat. Tidak ada salahnya mencoba melakukan brand sponsorship jika perusahaan Anda sudah punya modal yang cukup.

4 Fungsi Sponsorship Adalah

Ada beraneka ragam fungsi sponsorship guna mendukung perkembangan bisnis online maupun offline. Beberapa fungsi sponsorship yang umum misalnya:

1. Memperkenalkan Produk atau Jasa

Fungsi sponsorship yang utama sudah pasti membantu memperkenalkan produk dan jasa dari sebuah perusahaan ke masyarakat.

Penyedia jasa layanan sponsorship bertugas sebagai “jembatan penghubung” informasi antara perusahaan dengan konsumen umum. Lewat iklan-iklan yang dipasang, masyarakat bisa mengenal produk atau jasa yang ada di sekitarnya.

2. Memperkenalkan Bisnis

Tidak hanya memperkenalkan produk atau jasa yang dijual saja, sponsorship juga bisa memperkenalkan bisnis kepada masyarakat umum. Jadi, calon konsumen tidak hanya akan mengenal produk atau jasa Anda, tetapi juga nama perusahaan yang menawarkannya.

3. Membangun Branding Bisnis

Pernah tertarik dengan sebuah perusahaan karena iklannya yang unik? Atau mungkin ada bisnis tertentu yang memiliki nilai positif lebih besar di mata Anda, karena perusahaan tersebut sering berdonasi untuk kepentingan sosial?

Nah, aksi-aksi sponsorship bisa turut membangun branding atau citra bisnis Anda di mata masyarakat dengan mudah. Semisal bisnis Anda sering jadi sponsor untuk event kemanusiaan. Secara otomatis, bisnis Anda akan mendulang banyak empati dan dukungan dari masyarakat.

4. Menambah Relasi

Anda pun bisa menambah relasi secara tidak langsung dengan organisasi atau orang-orang yang pernah disponsori. Fungsi sponsorship ini sesungguhnya amat penting tapi masih jarang disadari para pebisnis.

Kita tidak pernah tahu kapan kiranya akan membutuhkan bantuan orang lain. Namun jika Anda sering bersponsor dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang, niscaya mereka akan mau membantu Anda kapanpun dibutuhkan.

3 Keuntungan Sponsorship Adalah

Sedangkan keuntungan sponsorship untuk bisnis dapat dijabarkan dalam tiga poin utama berikut ini:

1. Mendongkrak Penjualan dan Omset

Pemasaran yang gencar lewat sponsor bisa mendongkrak penjualan produk atau jasa di masyarakat. Meningkatnya penjualan otomatis berujung pada peningkatan omset.

Semakin sering bisnis Anda bersponsorship, maka peluang namanya dikenal masyarakat akan semakin besar. Dari sinilah jumlah masyarakat yang tertarik mencoba produk atau jasa Anda akan bertambah.

Kalau Anda bisa melakukan sponsorship seluas mungkin, hasilnya juga akan semakin optimal. Bisnis Anda akan berkesempatan menjaring sebanyak mungkin calon konsumen baru dari luar wilayah, nasional maupun internasional.

2. Menambah Reputasi Bisnis

Keuntungan sponsorship selanjutnya adalah menambah reputasi bisnis (branding). Contohnya seperti brand minuman soda Coca-Cola yang selalu langganan menjadi sponsor utama pertandingan FIFA World Cup. Akibatnya, orang-orang selalu mengingat nama Coca-Cola sebagai pilihan pertama untuk minuman soda.

Sponsorship bisa menambah nilai positif bisnis Anda di mata konsumen. Namun pastikan Anda bersponsor di event yang baik pula, diikuti banyak peserta, serta bisa memberi dampak positif untuk bisnis (timbal-balik positif).

3. Mengungguli Pesaing

Inilah keuntungan sponsorship yang paling unik: bisa mendorong bisnis kita mengungguli pesaing (kompetitor).

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, semua bisnis bisa memasang iklan sendiri dengan mudah lewat sosial media. Namun tetap saja, tidak semua bisnis bisa bersponsorship. Jadi jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini!

Sponsorship akan menambah nilai sekaligus menjadikan nama usaha Anda berbeda dari bisnis kebanyakan. Ketika perusahaan lain masih mengandalkan promosi manual dengan cakupan pemirsa terbatas, usaha Anda jauh lebih terdengar gaungnya karena mengikuti sponsorship. Cakupan pemirsa iklan Anda pastinya akan lebih luas.

3 Trik Jitu Melakukan Online Sponsorship Adalah

Tibalah kita di poin pembahasan terakhir seputar tips trik jitu melakukan online sponsorship yang sukses. Trik ini bisa membantu Anda lebih mudah mengembangkan bisnis online Anda saat ini.

Aktivitas online sponsorship paling cocok dijalankan saat ini. Mengingat seluruh dunia masih dilanda pandemi dan sebagian besar event diadakan secara online, maka bersponsorship lewat dunia maya adalah pilihan terbaik.

Walaupun praktis dan aman, sayangnya bersponsor secara online bisa sedikit lebih rumit dari sponsorship biasa. Ini karena semua aktivitas dilakukan secara online di ruang virtual (tidak tatap muka). Jadi Anda perlu mengetahui sejumlah strategi sponsorship online yang tepat.

Tidak perlu pusing, Anda bisa mencoba sponsorship online dengan 3 trik simpel berikut ini:

1. Pilih Media Sponsorship

Pilih media sponsorship yang mau dilakukan secara online. Pihak pengiklan akan menawarkan sejumlah opsi kepada Anda. Tapi Anda wajib tahu opsi iklan mana yang dirasa paling menguntungkan untuk promosi.

Beberapa jenis media sponsorship online yang bisa dipakai misalnya:

  • Video promosi: video ini dapat dipasang ketika sesi tunggu acara utama dimulai atau saat jam istirahat dan pergantian sesi. Mintalah kepada panitia untuk memutarkan video promosi bisnis Anda pada momen-momen terbaik.
  • Banner: iklan juga bisa dipasang lewat banner atau background webinar. Jadi, peserta akan menyimak iklan Anda sembari mengikuti sesi acara.
  • Iklan pop-up: iklan pop-up dapat ditayangkan di sela-sela acara. Minta panitia untuk menyelipkan link eksternal ke website bisnis supaya peserta yang penasaran dengan iklan Anda bisa mencari informasi sendiri.

2. Cermati Data Audiensnya

Meskipun sesi iklan diadakan secara online, Anda tetap harus membuat target audiens. Hal ini penting supaya iklan Anda tidak beredar secara sia-sia.

Jadi, sebelum memasang iklan di sebuah agensi online atau mensponsori event online, cari tahu dulu siapa saja kelompok audiens yang akan terlibat di sana. Apakah event online yang Anda pilih memiliki pemirsa yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jangan lupa pula untuk mengukur poin KPI (Key Performance Indicator) dan ROI (Return on Investment) agar memperoleh hasil yang maksimal. Jika dirasa sponsorship mampu mendatangkan timbal balik yang baik, maka segera lakukan sponsorship tanpa ragu.

3. Ikut Terlibat dengan Acara

Anda juga bisa melibatkan diri dengan acara yang ingin disponsori. Cara ini efektif untuk mengetahui feedback dan masukan bagi perusahaan.

Tidak perlu ribet. Anda bisa terlibat dengan berdialog dalam acara selama 1-2 sesi. Saat inilah Anda bisa mempromosikan nilai-nilai perusahaan kepada pemirsa event. Akan lebih bagus lagi jika selama sesi tersebut Anda bisa saling tanya jawab dengan audiens.

Demikianlah pembahasan lengkap artikel kali ini seputar sponsorship! Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda perihal tips trik dunia sponsorship terbaru ya.

Yuk ikuti website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapatkan lebih banyak artikel menarik tentang dunia bisnis dan investasi online. Bisa juga dengan mendownload app MARKEY gratis di Google Play Store (android) dan Apple Store (iOS). Ratusan artikel berwawasan sudah menanti Anda! 

Sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya!

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

0
tahapan produksi

 

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha memerlukan produk sebagai hal yang akan dipasarkan dan dijual kepada konsumen. Untuk melakukan proses atau tahapan produksi diperlukan kerjasama tim yang baik. Dengan kerjasama yang baik maka tahapan produksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Proses merupakan urutan pelaksaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau buatan yang membutuhkan waktu, ruang, sumber daya, dan keahlian untuk menghasilkan suatu hal. Proses yang terjadi akan menyebabkan perubahan pada yang diproses terhadap sifat sesuatu tersebut. Sementara produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru agar lebih bermanfaat demi pemenuhan kebutuhan.

Lalu apa yang dimaksud tahapan produksi? Proses atau tahapan produksi merupakan rangkaian yang bertahap dan langkah-langkah yang berurutan, mulai dari tahapan pengolahan bahan baku, membentuk, mengolah, menyelesaikan serta mengawasi kualitas produk yang dihasilkan hingga akhirnya sampai kepada konsumen. Ada juga yang disebut sebagai proses produksi sekunder di mana proses atau pengolahannya.

Sebuah perusahaan yang menjual produk pasti melakukan proses produksi untuk menciptakan produk yang akan dijual. Sehingga bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, wajib untuk memahami tahapan yang benar dalam tahapan produksi agar produksi yang Anda lakukan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak harus mengalami kegagalan. Yuk simak ulasan lengkap berbagai informasi terkait tahapan produksi!

Tingkatan Produksi

produksi tahapan produksi

Secara umum, ada 3 tingkatan produksi yaitu, produksi primer, sekunder, dan tersier. Penggolongan yang dilakukan ini bertujuan untuk menunjukkan taraf perkembangan kegiatan perekonomian suatu negara. Semakin berkembang suatu negara, maka kebutuhan akan produksi sekunder dan tersier semakin penting bagi masyakat. Berikut ulasannya:

1. Produksi Primer

Merupakan tingkatan produksi yang meliputi usaha ekstraktif dengan tujuan utama menyediakan bahan dasar atau kegunaan dasar, seperti proses produksi pertambangan, pertanian, dan perikanan.

2. Produksi Sekunder

Produksi sekunder adalah produksi yang menghasilkan produk dari produk yang berasal dari produksi premier yang meliputi industri, kerajinan tangan, dan konstruksi.

3. Produksi Tersier

Produksi yang terakhir ini tidak melakukan produksi yang menghasilkan produk berupa barang, melainkan produk jasa untuk memperlancar, membantu, menyalurkan, menghubungkan, serta melaksanakan kegunaan tempat, waktu serta pelayanan. Yang digunakan baik oleh produsen maupun konsumen. Proses produksi ini meliputi perdagangan, pengangkutan atau transportasi, penyimpanan, asuransi, dan perbankan.

Tahapan Produksi

Tahapan produksi secara umum dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Planning atau Perencanaan

Segala hal yang akan kita lakukan tentunya memerlukan perencanaan, mulai dari kegiatan yang sangat sederhana sampai keputusan untuk melakukan hal yang sangat besar dan berpengaruh untuk hidup Anda. Begitu juga dalam tahapan produksi secara umum tentunya sebelum segala proses yang lain dilakukan, Anda memerlukan suatu rencana agar produksi yang dilakukan tidak kehilangan arah atau tujuan.

Rencana yang telah dibuat juga akan membantu Anda menanggulangi masalah yang mungkin akan terjadi. Contohnya, perencanaan penentuan produk yang akan dibuat, bahan yang akan digunakan, waktu pengerjaan, hingga target hasil produksi. Hal-hal di atas adalah beberapa hal penting yang wajib Anda rencanakan.

Lebih rinci, proses produksi yang pertama ini bertujuan menentukan produk yang akan dibuat, bahan baku yang digunakan, jumlah bahan baku yang akan digunakan, biaya proses produksi, upah tenaga kerja, target jumlah hasil produksi yang dilakukan.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan terkait jenis barang produksi dan apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksinya, serta kemampuan produsen. Semakin matang perencanaan yang Anda buat, semakin baik produksi yang dilakukan.

2. Routing atau Penentuan Alur

Routing adalah proses untuk menetapkan dan menentukan urutan kegiatan suatu proses produksi. Dalam tahapan ini Anda harus menentukan alur produksi mulai dari pengolahan awal bahan baku, pembentukan, pemolesan, penyelesaian, pengawasan kualitas produk, sampai melakukan pendistribusian hasil produksi. Dalam tahap ini Anda harus melakukannya secara tepat dan efisien agar produksi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan yang seharusnya.

Selain menentukan urutan yang tepat dalam tahapan produksi, sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus menentukan tenaga kerja yang tepat untuk setiap urutan atau alur yang telah Anda buat. Tempatkan tenaga ahli sesuai dengan bidang keahliannya. Jangan sampai Anda memilih tenaga kerja yang salah untuk ditempatkan pada suatu alur proses produksi. Dengan penetapan tenaga kerja yang tepat, maka tingkat keberhasilan produksi semakin besar.

3. Scheduling atau Penjadwalan

Scheduling atau Penjadwalan adalah proses yang bertujuan untuk menetapkan dan menentukan jadwal setiap alur produksi. Ini dilakukan setelah alurnya rampung di buat. Penjadwalan ini harus Anda buat dengan memperhatikan jam kerja para tenaga kerja dan lama dari setiap alur produksi. Dalam praktiknya, pada tahapan ini akan di buat sebuah master schedule atau jadwal utama yang akan dipecah menjadi jadwal yang lebih rinci dan jelas.

Selama membuat penjadwalan ini, buatlah jadwal yang sesuai dengan setiap alurnya. Akan menjadi semakin baik apabila Anda memberikan sedikit jeda dalam rentang antara jadwal alur satu dengan alur berikutnya.

Waktu jeda ini dapat berfungsi sebagai waktu yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah apabila terjadi. Dengan adanya jeda waktu ini, maka rentang jadwal yang telah Anda tetapkan tidak akan terganggu sehingga produksi akan selesai sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan.

4. Dispatching atau Perintah untuk Memulai Produksi

Tahapan produksi secara umum yang terakhir adalah dispatching yang merupakan proses menetapkan dan menentukan proses memberikan sebuah perintah untuk mulai melakukan produksi. Setelah perencanaan, penetapan alur, serta penjadwalan dilakukan dengan baik, maka dispatching dilakukan untuk menjalankan produksi. Dalam dispatching ini akan dicantumkan hasil tahapan-tahapan sebelumnya. Mulai dari bahan baku, alur produksi, hingga waktu produksi.

Dalam tahapan ini, pastikan produksi yang dilakukan tetap sesuai dengan rencana atau tahapan sebelumnya. Jika terjadi kendala, maka hasil dari tahapan-tahapan sebelumnya dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika tahapan ini mampu dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan proses produksi Anda akan berhasil.

Indikator Keberhasilan Tahapan Produksi Massal

Pendapatan merupakan sesuatu yang identik dengan keberhasilan sebuah usaha sehingga dapat digunakan untuk melakukan penilaian. Keberhasilan dapat pula dikatakan sebagai sebuah kenyataan di mana rencana yang telah dibuat bersesuaian dengan hasil yang dicapai.

Keberhasilan sebuah usaha harus dinilai sesuai dengan tujuan awalnya, dan umumnya tujuan sebuah usaha adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara rinci, untuk menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal, Anda harus memperhatikan:

1. Kemampuan menyesuaikan diri

Sebagai orang yang bekerja atau memimpin sebuah tim, maka menyesuaikan diri adalah kemampuan yang harus Anda miliki. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui potensi setiap pekerja dan memahami pekerja. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan mereka sesuai dengan bidang keahlian.

2. Produktifitas

Produksi yang Anda lakukan haruslah memberikan hasil yang baik, dari segi kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

3. Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja yang dimaksud tidak hanya Anda sebagai objeknya, namun juga termasuk karyawan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi setiap hak pekerja agar mereka dengan sukarela melakukan tanggung jawabnya dalam proses produksi.

4. Kemampuan Mendapatkan Laba dan Pencarian Sumber Daya

Seperti telah di uraikan sebelumnya, laba atau keuntungan yang berhasil Anda dapatkan memang merupakan sebuah indikator untuk melihat apakah produksi yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Jadi, apakah selama ini setiap produksi yang Anda lakukan mendatangkan laba?

Nah, itulah informasi terkait tahapan produksi khusus untuk Anda. Dalam melakukan produksi pastikan untuk melakukannya sesuai dengan tahapan yang benar agar produksi Anda mencapai keberhasilan.

Pastikan juga untuk memperhatikan setiap hasil dari tahapan produksi yang Anda buat agar proses produksi tetap sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Terima kasih telah membaca artikel Markey, semoga berhasil!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Produk dan Situs Jualan Online Terlaris Masa Kini

0
jualan online terlaris

Tren berbisnis online memang sudah menjamur di kalangan masyarakat masa kini. Memang tak dapat dipungkiri bahwa sekarang, berjualan online menjadi jalan terbaik untuk meraup pundi-pundi rupiah. Jualan online terlaris diminati banyak orang karena banyak faktor, seperti dapat dilakukan siapa saja mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga orang tua.

Selain itu, berjualan online juga dapat dilakukan dari rumah tanpa memerlukan modal yang banyak. Anda juga tidak perlu pusing memikirkan lokasi untuk membuka toko atau menyetok barang dalam jumlah banyak. Cukup berbekal koneksi internet dan gadget, Anda pun bisa membuka toko online detik ini juga.

Ingin tahu lebih banyak terkait jualan online terlaris? Artikel ini akan memberi tahu Anda seputar jualan online yang paling laris di Indonesia yang dijamin dapat memberikan keuntungan besar. Yuk, tunggu apa lagi? Ayo cari tahu seputar jualan online yang terlaris berikut ini!

Baca juga : 15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

Produk Jualan Online Terlaris

produk belanja online, jualan online terlaris

Dari tahun ke tahun, produk jualan online mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan konsumen pasar memiliki minat dan kebutuhan yang selalu berubah setiap saat. Maka dari itu, sebelum membuka toko online, Anda harus mengetahui produk jualan online terlaris saat ini. Tentunya dengan memahami produk jualan terlaris saat ini, Anda dapat menentukan produk jualan yang tepat dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Apa saja produk jualan online terlaris saat ini? Berikut jawabannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Baca juga : 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru

Produk Kecantikan atau Skincare

Barang yang banyak diburu pembeli secara online adalah produk-produk kecantikan, atau yang lebih populer dengan istilah skincare. Saat ini ada banyak sekali ragam produk skincare yang dijual secara online, terutama produk-produk buatan luar negeri seperti Korea.

Tingginya minat dan kebutuhan para wanita terhadap produk kecantikan menjadikan bisnis online di bidang ini tergolong menjanjikan. Anda bisa menjual beragam produk skincare, seperti obat jerawat, masker wajah, make up, hingga produk-produk perawatan rambut.

Busana atau Fashion

Dari dulu hingga saat ini, bisnis busana atau fashion tidak pernah sepi peminat. Selain karena busana merupakan kebutuhan primer manusia, aneka ragam model dan corak pakaian menjadikan bisnis ini tidak pernah sepi. Saat ini, peluang bisnis fashion juga merambah dari wanita ke kaum adam dan anak-anak.

Memulai langkah awal dalam bisnis online di bidang fashion juga banyak diminati karena murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mulai dengan menjadi reseller dari toko grosir pakaian, lalu menjual busana yang sesuai dengan tren masyarakat masa kini.

Jangan lupa untuk menjual pernak-pernik aksesoris yang dapat melengkapi pakaian seperti sabuk, jaket, hingga jam tangan. Toko Anda akan semakin menarik pembeli jika memiliki koleksi busana yang lengkap dan bervariasi.

Peralatan Elektronik

Kehidupan yang serba digital saat ini menjadikan peralatan elektronik semakin diburu oleh banyak orang. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berbisnis online, menjual produk digital bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mendapatkan keuntungan. Pasar peralatan elektronik juga tidak akan pernah surut sebab banyak orang mengandalkan alat-alat elektronik untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka.

Anda bisa mulai mencoba berjualan smartphone secara online. Saat ini, smartphone menjadi komoditi jualan online terlaris di Indonesia sebab semua orang menggunakannya untuk bekerja, belajar, atau rekreasi. Selain itu, masih ada banyak peralatan elektronik lain yang bisa Anda jual antara lain laptop, tablet, kamera, hingga aksesoris pendukung seperti headset, charger dan case pelindung gadget.

Makanan

Siapa bilang Anda tidak bisa menjual makanan secara online? Produk makanan juga memiliki daya jual lumayan tinggi dalam perdagangan online. Meskipun sebagai catatan, tidak semua makanan dapat Anda jual secara online. Ini dikarenakan tiap jenis makanan memiliki daya simpan yang berbeda-beda.

Toko-toko yang memasarkan makanan secara online biasanya menjual makanan dengan daya tahan yang cukup lama. Makanan berdaya simpan lama ada banyak jenisnya, seperti frozen food (makanan beku) semisal nugget.

Selain itu, aneka kue kering dan makanan ringan juga dapat Anda jual secara online. Agar berbeda dari toko makanan pada umumnya, Anda bisa menjual aneka camilan dan makanan beku dari luar negeri seperti tteokbokki dan mie ramen.

Peralatan Rumah Tangga atau Stationery

Produk selanjutnya yang menjadi unggulan jualan online terlaris di Indonesia adalah stationery alias peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga memiliki pasar yang menjanjikan sebab akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang.

Alat kebutuhan rumah tangga yang banyak dijual seperti sapu dan pel, peralatan memasak, seprei bantal, dan lainnya. Berbelanja stationery secara online menjadi pilihan banyak orang saat ini karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan toko serta lebih hemat waktu dan tenaga.

Mainan Anak-Anak

Mainan anak-anak adalah barang jualan online terlaris saat ini yang terakhir. Dalam dunia bisnis online, mainan anak-anak mendapat perhatian serta minat konsumen yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan, produk mainan anak-anak yang dijual secara online memiliki kualitas baik dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di toko langsung.

Selain itu, ada begitu banyak ragam mainan anak yang dapat Anda jual dan diminati banyak orang. Mainan anak yang bisa dijual dan menghasilkan banyak keuntungan seperti mainan edukasi, boneka, hingga action figure. Jika Anda ingin menjual mainan anak-anak di toko online, jangan lupa untuk selalu mengupdate perkembangan mainan anak versi terbaru.

5 Situs Jualan Online Terlaris

situs belanja online, jualan online terlaris

Setelah memilih produk unggulan, kini Anda harus menentukan dimana “lokasi” yang baik untuk berjualan. Seperti toko offline yang memiliki tempat khusus berjualan, Anda juga harus memiliki “tempat” berjualan terlebih dahulu agar bisa mulai berbisnis online. Tempat berjualan secara online biasanya berupa akun toko. Nantinya, transaksi jual beli akan berlangsung di akun toko ini.

Dimana Anda bisa membuat akun toko online? Saat ini, sudah ada banyak situs jualan online terlaris yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Berikut 5 situs jualan online yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang di Indonesia sekarang ini.

Shopee

shopee, jualan online terlaris

Shopee adalah situs jualan online terlaris dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berjualan ataupun berbelanja. Platform Shopee digemari banyak orang sebab ia selalu menawarkan beragam diskon besar-besaran, fitur gratis ongkir, hingga flash sale untuk penjualan di seluruh Indonesia.

Selain itu, proses transaksi via Shopee dijamin oleh sistem garansi yang memberikan rasa aman bagi pembeli maupun pedagang. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berjualan online di Shopee.

Lazada

lazada, jualan online terlaris

Situs online berikutnya adalah Lazada. Ada ribuan toko online dalam platform Lazada yang menjual beragam kebutuhan dengan harga murah. Selain itu, Lazada juga menyediakan beragam diskon, fitur gratis ongkir, dan layanan bayar di tempat. Platform Lazada juga tergolong aman dari kasus penipuan sebab terdapat sistem keamanan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan dana.

Tokopedia

tokopedia, jualan online terlaris

Dibandingkan toko lainnya, platform Tokopedia merupakan toko online di Indonesia yang memiliki gelar Unicorn. Anda juga dapat membuka bisnis di Tokopedia secara gratis, mudah dan cepat. Tokopedia sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia karena memiliki sistem pelayanan yang baik.

Jika Anda membuka toko online di Tokopedia, Anda bisa memanfaatkan sejumlah layanan menguntungkan dari platform ini seperti diskon, gratis ongkir dan layanan bayar di tempat. Ini akan membudahkan pembeli dan pedagang. Mulailah untuk berjualan di situs ini.

Blibli.com

blibli, jualan online terlaris

Blibli.com adalah situs toko online lainnya yang tak kalah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Situs ini menyediakan fitur bayar di tempat dan gratis ongkir tanpa minimal belanja. Selain itu, platform Blibli.com memiliki katalog barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap dan murah.

Bukalapak

bukalapak, jualan online terlaris

Toko online yang Anda bisa gunakan sebagai tempat berjualan yang terakhir adalah Bukalapak. Bukalapak tak kalah diminati karena pelayanan konsumennya yang terkenal baik dan menguntungkan. Jika Anda memutuskan berbisnis di Bukalapak, Anda dapat memberikan beragam penawaran menarik untuk konsumen setiap hari seperti diskon dan gratis ongkir.

Selain itu, Anda bisa menetapkan syarat, ketentuan dan jumlah belanja minimal tertentu agar pembeli bisa mendapatkan gratis ongkir atau diskon. Sistem ini akan mendorong konsumen berbelanja lebih banyak di toko Anda.

Demikianlah ulasan lengkap terkait produk dan situs online terpopuler di tahun ini! Semoga bisa membantu Anda dalam merancang bisnis online. Good luck!

Temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!