Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 106

Apa Itu Endorsement : Pengertian dan Jenis – Jenisnya

0
endorsement

Media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi generasi millenial saat ini. Di zaman sekarang ini, setiap orang pasti memiliki akun media sosial entah itu Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan media sosial lainnya. Media sosial sendiri merupakan sebuah media sosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online. Setiap pengguna menggunakan media sosial untuk membagikan kegiatan sehari-hari. Hampir semua orang setiap hari menghabiskan waktu luang untuk memainkan media sosial. Untuk melihat update terbaru dari setiap postingan akun yang mereka ikuti. Terutama akun para public figure.

Nah, sebagai pengguna setia media sosial, Anda pastinya sudah tidak asing dengan apa itu endorsement. Anda tentu sering melihat seseorang yang memiliki banyak pengikut melakukan endorsement. Membagikan info produk, promo produk, dan mengajak Anda untuk turut menggunakan produk yang sama. Entah dengan menggunakan video ataupun foto. Apakah Anda mengetahui apa itu endorsement? Mengapa banyak sekali yang melakukan endorse ini? Temukan jawabannya dengan terus membaca artikel ini sampai akhir ya.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Apa itu Endorsement?

endorsement

Endorsement atau biasa juga disebut endorse, memiliki arti memberikan sebuah dukungan dari para public figure. Dalam dunia bisnis, endorsement menjadi sebuah teknik untuk melakukan promosi secara tepat dan efesien. Banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa seorang artis atau public figure untuk melakukan promosi endorse ini. Dengan melakukannya, maka produk tersebut akan lebih dikenal di masyarakat dan dengan sendirinya mampu meningkatkan penjualan. Biasanya, jumlah pengikut public figure di media sosial lah yang akan menentukan berapa bayaran untuk menggunakan jasanya melakukan endorse.

Dalam melakukan endorse, seorang artis biasanya akan menggunakan media video ataupun foto untuk memberikan informasi terkait produk tertentu mulai dari harga, keunggulan, promo yang sedang dilakukan, yang akhirnya mengajak pengikutnya untuk memakai atau membeli produk yang sama dengannya. Cara ini menjadi cukup efektif karena orang memang memiliki kecenderungan untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh idolanya. Bahkan merasa senang saat memiliki atau melakukan hal yang sama dengan idolanya.

Tidak hanya di posting oleh artis atau tokoh idola tersebut secara langsung, biasanya perusahaan atau pemilik usaha juga memposting video atau foto dari endorse yang dilakukan artis ini. Setelah memposting foto atau video tersebut, perusahaan akan menambahkan caption yang menggiring audience untuk membeli produk.

Apa Manfaat Endorsement?

publik-figur

Setelah mengetahui apa itu endorsement, tentunya kita harus mengetahui tujuan dari melakukan promosi dengan cara satu ini. Keuntungan melakukan endorse tidak hanya bermanfaat bagi pemilik usaha namun juga bagi public figure yang melakukan endorse ini. Oleh karena itulah, endorse ini sangat direkomendasikan dan banyak dilakukan oleh hampir semua produk.

Keuntungan melakukan endorsement bagi pemilik usaha adalah untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat. Selain memperkenalkan produk, endorse juga dapat meningkatkan penjualan mereka, terutama jika dilakukan oleh artis ternama yang memiliki pengrauh besar dan disukai masyarakat.

Keuntungan yang diperoleh bahkan bisa berlipat ganda. Sebab seperti telah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang memiliki idola cenderung akan melakukan hal yang juga dilakukan oleh tokoh idola mereka. Terkadang, bukan karena membutuhkan produknya yang membuat mereka memutuskan membeli, tetapi kecenderungan untuk melakukan hal yang sama dengan idola lah yang membuat mereka memutuskan untuk membeli.

Bagi public figure yang digunakan jasanya untuk melakukan endorse, mereka akan dapat keuntungan berupa bayaran yang diberikan oleh perusahaan untuk mereka. Selain itu, biasanya barang yang diberikan untuk melakukan endorse menjadi hak milik mereka secara gratis.

Dalam pelaksanaannya, biasanya antara public figure dengan perusahaan membuat perjanjian yang disepakati bersama. Berupa jumlah bayaran atau kompensasi juga berapa lama artis ini melakukan endorse. Biasanya dalam rentang waktu tersebut, sang public figure maupun artis ini tidak boleh melakukan endorse di perusahaan lain yang produknya serupa.

Baca juga : Syarat & Ketentuan Paid Promote Adalah [Kiat Rahasia Olshop]

Jenis-jenis Endorsement

Apa itu endorsement sudah Anda pahami, kegunaan atau manfaatnya juga sudah, maka saatnya mengetahui jenis-jenis endorsement. Ada banyak jenis endorsement yang dapat Anda coba, baik sebagai seorang endorse atau yang mengendorse produk. Berikut ulasannya.

Berdasarkan Fitur yang Digunakan

Berdasarkan fiturnya, endorsement dibagi berdasarkan postingan foto, video, dan insta story.

Foto

Endorse menggunakan foto merupakan jenis endorse yang paling sering digunakan. Biasanya artis akan memposting foto dirinya dengan produk yang di endorse. Foto ini juga akan disertai dengan caption sesuai dengan permintaan pemilik produk.

Video

Postingan endorse berupa video ini biasanya bayarannya lebih tinggi dibandingkan foto. Hal ini karena biaya dan waktu produksinya lebih besar dibandingkan foto. Biasanya, dalam video tersebut, artis akan membaca atau menyampaikan narasi tentang produk.

Insta Story atau Insta TV

selain foto dan video, endorse juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur insta story atau insta TV yang saat ini sudah dimiliki oleh hampir semua media sosial. Biasanya ini merupakan endorse dengan bayaran yang lebih rendah dibandingkan dua jenis sebelumnya karena hanya bertahan 24 jam.

Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Apa itu endorsement berdasarkan bentuk kerjasama? Dari bentuk kerjasama, endorsement dibagi dalam dua jenis, yaitu Paid Promote dan Sponsorship.

Paid Promote

Paid Promote merupakan jenis endorse yang paling banyak dikenal dan digunakan. Dalam kategori ini, seperti pada umumnya public figure akan memposting foto atau video bersama produk yang diendorse dan mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan bersama pemilik produk.

Paid Endorse atau Sponsorship

Sponsorship adalah jenis endorsement yang dimana pemilik produk memberikan fasilitas lebih kepada pengendorse. Biasanya, perusahaan yang melakukan endorsement jenis ini adalah perusahaan yang memiliki brand besar. Artis yang digunakan jasanya pun dikontrak secara eksklusif, artinya artis ini tidak boleh mengendorse produk sejenis selama periode yang telah disepakati.

Biasanya yang menggunakan ini adalah perusahaan penerbangan, artis yang mengendorse diberi fasilitas liburan ke luar negeri secara gratis. Bahkan ada beberapa rumah sakit yang juga melakukan endorsement jenis ini, contohnya Melanie Ricardo yang melakukan endorse sebuah rumah sakit untuk kelahiran anak keduanya.

Baca juga : Terkuak! 6 Tips Influencer Endorsement Sukses untuk Pemula

Berdasarkan Jangka Waktu

Endorse biasanya dilakukan dengan jangka waktu yang beragam untuk seorang artis mempertahankan postingannya. Setiap durasi posting tentu saja memiliki harga yang berbeda. Umumnya, postingan sebuah endorse akan dipertahankan selama satu bulan.

Setelah satu bulan, postingan tersebut bisa dihapus. Namun, ada juga yang memposting dalam jangka waktu beragam, bisa satu minggu atau dua minggu, sesuai dengan kesepakatan antara public figure dan pemilik produk.

Namun berbeda dengan artis yang dikontrak secara eksklusif dengan suatu produk, biasanya postingan endorse akan bertahan selama satu tahun penuh. Contohnya Raffi Ahmad, biasanya ia hanya menerima endorse dari brand yang sudah besar dan menerima kontrak selama satu tahun penuh setiap periodenya.

5. Tips Memilih Endorser

endorsement-1

Jika Anda adalah pemilik sebuah usaha yang sedang berkembang, sangat disarankan untuk menggunakan endorsement sebagai salah satu cara promosi. Bagi Anda yang tidak pernah melakukan, berikut 5 tips memilih public figure untuk endorse produk Anda agar endorsement yang dilakukan membawa dampak positif.

1. Perhatikan Track Record Pengendorse

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apakah public figure yang Anda targetkan memiliki pengalaman atau pernah melakukan endorse untuk sebuah produk atau tidak. Jika pernah, perhatikan apakah hasilnya memuaskan atau tidak dengan melihat respon pengikutnya di kolom komentar.

Lalu cari tahu juga apakah ia pernah mengendorse produk serupa dengan produk Anda, selanjutnya lihat hasilnya apakah baik atau tidak. Bagaimana jika belum pernah melakukan apa itu endorsement? Perhatikan poin di bawah ini.

2. Perhatikan Interaksi Pengendorse dengan Pengikutnya

Biasanya, jika seorang public figure atau disebut juga selebgram tidak memiliki interaksi yang baik dengan pengikutnya, maka hasilnya akan kurang bagus. Sebab biasanya orang akan cenderung lebih loyal kepada selebgram yang humble atau ramah dan membalas komentar pengikutnya. Nah, meski tidak memiliki pengalaman endorse sebelumnya, selebgram dengan tipe humble seperti ini boleh Anda gunakan jasanya karena memiliki cukup potensi.

3. Perhatikan Jenis Postingannya

Seorang selebgram umumnya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Ada selebgram yang mengkhususkan diri untuk postingan khusus kuliner, fashion, kesehatan, olahraga atau traveling. Dengan sendirinya, maka pengikutnya juga adalah orang-orang yang menyukai hal yang sama dengannya untuk referensi.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda sesuai dengan ciri khas dari selebgram tersebut. Misalnya, produk Anda adalah produk fashion, maka jangan menggunakan jasa selebgram yang memiliki hobi kuliner karena sangat besar kemungkinan kalau pengikutnya bukanlah orang yang menyukai atau selalu update dengan trend fashion terbaru. Pilihlah selebgram yang memang hobi atau memiliki passion dalam dunia fashion.

Keuntungan lainnya ketika Anda menyesuaikan produk dengan keunikan atau passion selebgram ialah, endorse produk Anda akan terlihat sangat alami sebab mereka memang hobi di bidang tersebut. Apalagi timeline mereka memang berisi postingan sejenis. Pernah mendengar atau melihat kalimat “Iklan yang baik adalah iklan yang tidak terlihat seperti iklan”? ya, iklan Anda akan terlihat seperti itu.

4. Endorse yang Bertolak Belakang dengan Produk Bisa jadi Alternatif

Yang satu ini memang cukup unik, karena terkadang sesuatu yang kontroversial lah yang akan menarik perhatian orang. Seperti misalnya seorang comedian yang tiba-tiba mengendorse produk penghilang  jerawat. Atau misalnya, seseorang yang tidak begitu rupawan mengendorse produk fashion. Ini juga akan membawa hasil yang baik.

Kok bisa? karena fokus pembaca akan tertuju pada produknya, bukan orangnya. Bandingkan dengan ketika seorang artis cantik atau tampan mengendorse produk kecantikan, orang akan lebih tertarik ke visual artisnya, bukan produknya. Komentarnya juga akan tertuju pada betapa kerennya artis, tidak pada produknya.

5. Utamakan Pengendorse yang Bersedia Posting Video

Konten video lebih berpotensi mendatangkan pembeli jika dibandingkan dengan postingan berupa foto. Orang akan lebih tertarik dan penasaran akan isi video dibandingkan foto yang langsung terlihat isinya. Video yang diposting tidak harus berisi info produk atau saat pengendorse menggunakan atau menikmati produk, dapat juga saat ia mengunjungi dan berkeliling toko Anda.

Nah, sekian pembahasan kali ini terkait apa itu endorsement dan informasi pendukung lainnya. Informasi ini tidak hanya ditujukan bagi pemilik usaha, tapi juga bagi Anda yang tertarik melakukan endorse produk, karena kegiatan yang satu ini dapat membawa Anda mendapat penghasilan yang sangat menjanjikan. Terima kasih telah mengikuti sampai akhir, semoga membantu!

Ciri Ciri Iklan yang Baik : Cara Menentukannya

0
ciri-ciri iklan yg baik

Cara terbaik dalam melakukan promosi usaha adalah dengan memasang iklan. Iklan merupakan informasi terhadap suatu produk yang berguna untuk menarik minat serta perhatian orang lain. Beriklan adalah cara yang masih dilakoni banyak pengusaha dari dulu hingga sekarang, dan masih mampu memberikan keberhasilan dalam perdagangan.

Sudah menjadi pemahaman banyak pengusaha bahwa iklan yang unik, menarik dan menggugah perasaan orang yang melihatnya dapat memengaruhi orang tersebut untuk mencoba produk yang diiklankan. Oleh sebab itu, membuat iklan sesungguhnya adalah proses yang susah-susah gampang. Jika iklan produk tidak menarik dan tidak mampu menimbulkan rasa penasaran orang lain, sudah barang tentu sistem promosi Anda dinyatakan gagal.

Sebelum membuat iklan, ada baiknya bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu ciri-ciri iklan yang baik dan benar. Dengan belajar dari ciri-ciri iklan yang baik dan benar, maka Anda dapat merumuskan iklan produk sendiri yang dijamin ampuh memancing minat konsumen. Penasaran seperti apa ciri-ciri iklan yang baik dan benar? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga : Iklan adalah | Tujuan, Unsur, Jenis, dan Contoh Iklan

Apa Itu Iklan?

apa-itu-iklan

Sebelum menelaah ciri-ciri iklan, sebaiknya Anda memahami pengertian iklan terlebih dahulu. Pemahaman ini berguna agar Anda tidak salah saat membuat iklan. Nyatanya, hingga saat ini masih ada banyak pengusaha yang salah dalam merumuskan iklan sebab tidak memahami pengertian iklan dengan baik.

Iklan tak hanya sebuah informasi produk yang disebar kepada orang lain. Agar dapat meraih hasil maksimal, sebuah iklan harus mampu mempersuasi orang lain yang melihatnya. Iklan memuat serangkaian informasi atau pesan yang menarik tentang suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan kata lain, lewat iklan, Anda selaku pengusaha dapat membujuk calon konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Iklan dapat terpasang di beragam media, khususnya media yang mudah dilihat banyak orang. Semakin strategis lokasi pemasangan iklan, maka akan semakin baik sebab dapat diakses oleh banyak orang. Umumnya, iklan dapat dipasang di media-media tradisional seperti televisi, koran, papan reklame, majalah, dan lainnya. Namun seiring berkembangnya teknologi, iklan kini merambah dunia maya. Saat berselancar di internet pun, Anda dapat melihat beragam jenis iklan terpasang di media sosial, blog, website, hingga mesin pencari seperti Google.

Mengenal 9 Ciri-Ciri Iklan yang Bagus

ciri-iklan-yang-bagus

Membuat iklan yang baik dan efektif memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur-unsur penting yang menjadikannya menarik dan mampu menarik minat orang lain. Lalu apa saja ciri-ciri iklan yang baik? Berikut kami punya jawabannya khusus untuk Anda. Let’s check this out!

1) Mengandung Pilihan Kata yang Tepat

Ciri-ciri iklan yang bagus pertama terletak pada pilihan katanya. Iklan yang baik, menarik dan efektif memiliki pilihan kata yang menarik dan tepat. Hindari penggunaan kata-kata yang majemuk, banyak istilah asing, ataupun terlalu formal dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang bagus justru bersifat sopan, mudah diingat, logis dan dapat dicerna oleh semua lapisan masyarakat.

2) Bersifat Persuasif

Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur persuasif. Unsur utama yang membedakan teks iklan dengan teks lainnya adalah keberadaan kalimat persuasif di dalamnya. Persuasif sendiri merupakan bentuk tindak tutur yang dipergunakan untuk merayu serta meyakinkan seseorang melakukan sesuatu. Dalam hal ini, sifat persuasif dipergunakan untuk meyakinkan seseorang membeli barang yang diiklankan. Tanpa adanya unsur persuasif, maka iklan Anda tidak dapat memenuhi ciri-ciri iklan yang baik.

3) Menjelaskan tentang Produk

Berikutnya, ciri-ciri iklan yang baik adalah menjelaskan tentang produk. Gunakan iklan Anda untuk menjelaskan kelebihan dan keunggulan dari produk atau jasa bisnis Anda. Kelebihan dan keunggulan produk merupakan hal penting sebab dapat membuat pembaca merasa tertarik untuk mencoba produk. Meski begitu, Anda tetap harus menjelaskan keunggulan produk secara proporsional. Alias, jangan terlalu bertele-tele dengan rincian dan kelebihan produk.

4) Menonjokan Informasi Utama Produk

Ciri-ciri iklan yang baik adalah menonjolkan informasi produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Saat menjelaskan tentang produk dalam iklan, tonjolkan informasi-informasi yang dirasa penting terkait produk. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk menonjolkan informasi produk, seperti membuat ukuran tulisan atau gambar lebih besar dari yang lain, atau menggunakan warna mencolok pada bagian tersebut. Informasi yang mencolok ini akan menjadi pusat perhatian dari iklan dan menarik perhatian orang yang melihatnya.

5) Tepat Sasaran

Ciri-ciri iklan yang baik harus memenuhi unsur berikutnya yaitu tepat sasaran. Sama seperti ketika Anda menentukan target konsumen dari produk, iklan Anda harus memiliki sasaran yang dituju. Saat membuat iklan, pikirkan target masyarakat yang hendak dituju; Kepada siapa iklan tersebut ditayangkan? Siapa calon konsumen yang Anda ingin dapatkan dari iklan tersebut?

Setelah mengetahui target iklan, arahkan agar iklan Anda dapat menjaring sebanyak mungkin calon konsumen dari kelompok target.  Semisal produk Anda ditargetkan untuk kaum milenial kekinian. Jadi, iklan Anda pun harus menyesuaikan dengan target produk. Dengan demikian, iklan yang harus Anda buat adalah iklan yang kreatif, kekinian, dan unik sehingga mampu dilirik oleh para milenial.

6) Mengombinasikan Unsur Teks dan Visual

Agar iklan tidak terasa membosankan, Anda bisa menggabungkan kombinasi kata-kata dan visual dalam iklan Anda. Ciri-ciri iklan yang baik adalah tentunya tidak membuat penontonnya merasa bosan. Oleh sebab itu, banyak orang kini cenderung membuat iklan dengan menggabungkan beragam unsur seperti teks dan audio visual. Penggunaan unsur visual dinilai ampuh dalam iklan, sebab masyarakat lebih mudah mencerna pesan yang ditampilkan oleh gammbar ketimbang hanya membaca teks.

7) Menggunakan Tagline

Anda juga bisa menggunakan tagline dalam menyusun iklan. Apa itu tagline? Tagline dapat diartikan sebagai slogan. Tagline dibuat untuk mempermudah dalam menginfokan manfaat produk yang diiklankan. Tagline juga dapat dibuat dalam bentuk teks atau gambar, menyesuaikan dengan daya kreativitas Anda selaku pembuat iklan.

Penggunaan tagline banyak dilakukan dalam iklan sebab slogan ini dinilai memiliki kekuatan tersendiri untuk menumbuhkan branding produk di masyarakat. Kelebihan penggunaan tagline adaah mudah diingat orang banyak. Jika banyak orang mengingat tagline perusahaan atau produk Anda, maka bukan tak mungkin mereka akan senantiasa membeli produk Anda saat membutuhkannya.

8) Bersifat Jujur dan Obyektif

Kesalahan banyak pembuat iklan adalah sikap mereka yang tidak jujur saat mendeskripsikan produk. Selalu hindari sifat tidak jujur saat beriklan sebab hal tersebut hanya akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen ketika menggunakan produk. Tanamkan pada diri Anda, bahwa mempromosikan dagangan tidak sama dengan membohongi publik.

Anda boleh saja melakukan promosi dengan gaya hiperbola dan bombastis, namun harus selalu didasari dengan sikap jujur, sesuai fakta dan objektif. Jika produk Anda memiliki kualitas yang kurang baik, langkah yang harus ditempuh adalah memperbaiki kualitas produk, bukan membuat iklan bohong.

9) Tidak Menyinggung Iklan Perusahaan Lain

Unsur terakhir dari ciri-ciri iklan yang baik adalah tidak menyinggung iklan produk serupa yang dikeluarkan perusahaan lain. Dalam iklan, Anda sangat dilarang untuk merendahkan, menyerang, atau menjelekkan iklan produk yang sama dari perusahaan lain. Fokuslah pada keunggulan produk Anda sendiri alih-alih sibuk menjatuhkan pesaing. Menerapkan persaingan sehat merupakan kunci sukses dalam berbisnis, sekaligus menjadi cerminan bahwa perusahaan Anda memiliki budaya yang baik.
Demikianlah pembahasan lengkap terkait ciri-ciri iklan yang baik. Semoga membantu Anda untuk membuat iklan yang bagus dan sukses menggaet konsumen!

Sponsorship Adalah : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

0
sponsorship

 

Sponsorship adalah elemen penting dalam dunia bisnis. Tanpa online sponsorship, bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan baik.

Apa itu sponsorship? Banyak orang mengira sponsorship adalah iklan yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari (seperti iklan sosmed, iklan online, iklan TV, dan lain-lain). Tapi ternyata, pengertian sponsorship berbeda jauh dengan sponsor biasa.

Jangan sampai Anda juga salah memahami pengertian sponsorship! Nah, Anda beruntung karena artikel kali ini akan mengupas tuntas apa itu sponsorship, fungsi dan keuntungan sponsorship, hingga jenis-jenis sponsorship terbaru. Yuk langsung disimak penjelasannya!

Sponsorship Adalah : Apa Itu Sponsorship?

sponsorship-adalah

Sponsorship adalah kata yang familiar di telinga kita. Ketika mendengar apa itu sponsorship, kebanyakan orang langsung teringat dengan sponsor iklan. Padahal, sponsor artinya berbeda lho dengan apa itu sponsorship.

Apa itu sponsorship? Program sponsorship merupakan aktivitas penerapan sistem promosi atau pengiklanan kepada calon konsumen di masyarakat. Aktivitas sponsorship sangat berbeda dari pengertian sponsor biasa yaitu iklan.

Titik fokus dari sponsorship yakni aktivitas pemasangan iklannya. Pun menurut kamus bahasa Indonesia, pengertian sponsorship yakni persponsoran. Kata sponsorship sendiri aslinya diambil dari bahasa Inggris.

2 Cara Kerja Sponsorship

Jika sponsor artinya berbeda dari sponsorship, maka bagaimana cara kerja program sponsorship?

Ada dua cara kerja sponsorship yang umum dilakukan. Begini gambaran cara kerja program sponsorship yang pertama:

  1. Sebuah perusahaan atau bisnis yang ingin beriklan akan menghubungi agensi sponsorship (pengiklan).
  2. Kedua belah pihak melakukan kerja sama (membuat kesepakatan) terkait proses pemasangan iklan.
  3. Pihak perusahaan menyiapkan iklan dan membayar pengiklan.
  4. Pihak pengiklan memasang iklan ke platform atau media yang dimiliki.
  5. Iklan menyebar ke seluruh masyarakat.

Cukup mudah bukan cara kerja program sponsorship? Melalui proses kerja sama ini, kedua belah pihak akan memperoleh keuntungan yang setara. Pihak perusahaan mendapat publikasi iklan yang diinginkan, sedangkan pihak agensi sponsorship memperoleh bayaran atau upah atas kinerjanya.

Namun ada pula yang melakukan sponsorship dengan cara agak berbeda, seperti ini:

  1. Perusahaan membuat kesepakatan dengan panitia sebuah event, organisasi atau pihak individu.
  2. Perusahaan memberikan sumbangan dana modal atau materiil lain guna mendukung acara dari panitia/organisasi.
  3. Sebagai timbal balik, panitia/organisasi wajib mengiklankan nama perusahaan tersebut saat acaranya berlangsung.

Tipe sponsor kedua seperti di atas sering dikenal sebagai event sponsorship. Event sponsorship adalah jenis sponsorship yang menyasar event-event dari organisasi alih-alih agensi pengiklan. Apapun bentuknya, cara kerja sponsorship pasti didasari oleh kerja sama pihak perusahaan dan pengiklan.

Baca juga : Syarat & Ketentuan Paid Promote Adalah [Kiat Rahasia Olshop]

3 Jenis Sponsorship Adalah

sponsorship adalah

Dulu, orang-orang hanya mengenal dua jenis sponsorship yakni event dan brand sponsorship. Namun belakangan ini, muncul jenis sponsorship ketiga yakni “online sponsorship” yang tak kalah ampuh dan praktis untuk dicoba.

Berikut penjelasan lengkap untuk ketiga jenis sponsorship:

1. Event Sponsorship

Event sponsorship adalah upaya sponsor (iklan) yang dilakukan perusahaan melalui perantara organisasi atau panitia sebuah acara. Tujuan dari event sponsorship yakni mendongkrak image, citra dan brand bisnis ke hadapan masyarakat.

Melalui event sponsorship, diharapkan masyarakat atau peserta acara bisa mengenal dan mengingat nama bisnis Anda. Selain itu, event sponsorship adalah trik yang manjur untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, jasa maupun brand bisnis itu sendiri.

Mengikuti event sponsorship cukup gampang. Anda bisa berpartisipasi semudah memberikan bantuan sumbangan kepada sebuah acara. Bentuk sumbangannya pun beragam, mulai dari uang modal, logistik, merchandise, dan lain-lain.

Hanya saja Anda harus jeli dan cermat dalam memilih event untuk disponsori. Sebab setiap event memiliki konsep dan target peserta yang berbeda. Poin-poin yang bisa dipertimbangkan saat hendak mencoba event sponsorship adalah:

  • Siapakah target pemirsa dari event tersebut?
  • Bagaimana citra dari pihak penyelenggara acara di mata masyarakat?
  • Apa saja nilai-nilai yang dimiliki oleh sebuah acara?
  • Apakah nilai acara tersebut cocok dengan bisnis Anda?
  • Bagaimana cara event mendongkrak image bisnis ke hadapan masyarakat?

2. Online Sponsorship

Jenis sponsorship kedua adalah online sponsorship. Online sponsorship merupakan periklanan model baru yang berkembang selama masa pandemi.

Akhir-akhir ini kehidupan digital online berkembang dengan sangat cepat di masyarakat. Pastinya Anda sendiri juga telah ikut merasakannya. Perkembangan dunia online merambah ke semua aspek kehidupan, termasuk dunia marketing dan sponsorship.

Sesuai namanya, sponsorship online merupakan aktivitas periklanan yang dilakukan pada event-event online. Ada banyak sekali event online yang membutuhkan sponsor saat ini, misalnya webinar, kursus online, pelatihan skill, survey dan lain-lain.

Melakukan sponsorship online membutuhkan lebih banyak strategi khusus karena punya tantangannya tersendiri. Namun tenang saja. Kami sudah menyiapkan tips trik khusus melakukan online sponsorship pada akhir artikel ini  pastikan membaca sampai tuntas, ya!

3. Brand Sponsorship

Jenis terakhir adalah brand sponsorship. Di antara ketiga jenis sponsorship, brand sponsorship merupakan aktivitas periklanan yang paling sering dilakukan.

Brand sponsorship merupakan aktivitas periklanan yang dilakukan dengan memasang iklan perusahaan pada media-media tertentu. Misalnya pada iklan TV, baliho, flyer, atau menjadi sponsor acara besar yang ramai penonton/partisipannya.

Pemasaran brand sponsorship tergolong efektif karena publikasinya yang tergolong besar-besaran, mudah dilihat banyak masyarakat, dan memiliki kekuatan promosi yang amat memikat. Tidak ada salahnya mencoba melakukan brand sponsorship jika perusahaan Anda sudah punya modal yang cukup.

4 Fungsi Sponsorship Adalah

Ada beraneka ragam fungsi sponsorship guna mendukung perkembangan bisnis online maupun offline. Beberapa fungsi sponsorship yang umum misalnya:

1. Memperkenalkan Produk atau Jasa

Fungsi sponsorship yang utama sudah pasti membantu memperkenalkan produk dan jasa dari sebuah perusahaan ke masyarakat.

Penyedia jasa layanan sponsorship bertugas sebagai “jembatan penghubung” informasi antara perusahaan dengan konsumen umum. Lewat iklan-iklan yang dipasang, masyarakat bisa mengenal produk atau jasa yang ada di sekitarnya.

2. Memperkenalkan Bisnis

Tidak hanya memperkenalkan produk atau jasa yang dijual saja, sponsorship juga bisa memperkenalkan bisnis kepada masyarakat umum. Jadi, calon konsumen tidak hanya akan mengenal produk atau jasa Anda, tetapi juga nama perusahaan yang menawarkannya.

3. Membangun Branding Bisnis

Pernah tertarik dengan sebuah perusahaan karena iklannya yang unik? Atau mungkin ada bisnis tertentu yang memiliki nilai positif lebih besar di mata Anda, karena perusahaan tersebut sering berdonasi untuk kepentingan sosial?

Nah, aksi-aksi sponsorship bisa turut membangun branding atau citra bisnis Anda di mata masyarakat dengan mudah. Semisal bisnis Anda sering jadi sponsor untuk event kemanusiaan. Secara otomatis, bisnis Anda akan mendulang banyak empati dan dukungan dari masyarakat.

4. Menambah Relasi

Anda pun bisa menambah relasi secara tidak langsung dengan organisasi atau orang-orang yang pernah disponsori. Fungsi sponsorship ini sesungguhnya amat penting tapi masih jarang disadari para pebisnis.

Kita tidak pernah tahu kapan kiranya akan membutuhkan bantuan orang lain. Namun jika Anda sering bersponsor dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang, niscaya mereka akan mau membantu Anda kapanpun dibutuhkan.

3 Keuntungan Sponsorship Adalah

Sedangkan keuntungan sponsorship untuk bisnis dapat dijabarkan dalam tiga poin utama berikut ini:

1. Mendongkrak Penjualan dan Omset

Pemasaran yang gencar lewat sponsor bisa mendongkrak penjualan produk atau jasa di masyarakat. Meningkatnya penjualan otomatis berujung pada peningkatan omset.

Semakin sering bisnis Anda bersponsorship, maka peluang namanya dikenal masyarakat akan semakin besar. Dari sinilah jumlah masyarakat yang tertarik mencoba produk atau jasa Anda akan bertambah.

Kalau Anda bisa melakukan sponsorship seluas mungkin, hasilnya juga akan semakin optimal. Bisnis Anda akan berkesempatan menjaring sebanyak mungkin calon konsumen baru dari luar wilayah, nasional maupun internasional.

2. Menambah Reputasi Bisnis

Keuntungan sponsorship selanjutnya adalah menambah reputasi bisnis (branding). Contohnya seperti brand minuman soda Coca-Cola yang selalu langganan menjadi sponsor utama pertandingan FIFA World Cup. Akibatnya, orang-orang selalu mengingat nama Coca-Cola sebagai pilihan pertama untuk minuman soda.

Sponsorship bisa menambah nilai positif bisnis Anda di mata konsumen. Namun pastikan Anda bersponsor di event yang baik pula, diikuti banyak peserta, serta bisa memberi dampak positif untuk bisnis (timbal-balik positif).

3. Mengungguli Pesaing

Inilah keuntungan sponsorship yang paling unik: bisa mendorong bisnis kita mengungguli pesaing (kompetitor).

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, semua bisnis bisa memasang iklan sendiri dengan mudah lewat sosial media. Namun tetap saja, tidak semua bisnis bisa bersponsorship. Jadi jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini!

Sponsorship akan menambah nilai sekaligus menjadikan nama usaha Anda berbeda dari bisnis kebanyakan. Ketika perusahaan lain masih mengandalkan promosi manual dengan cakupan pemirsa terbatas, usaha Anda jauh lebih terdengar gaungnya karena mengikuti sponsorship. Cakupan pemirsa iklan Anda pastinya akan lebih luas.

3 Trik Jitu Melakukan Online Sponsorship Adalah

Tibalah kita di poin pembahasan terakhir seputar tips trik jitu melakukan online sponsorship yang sukses. Trik ini bisa membantu Anda lebih mudah mengembangkan bisnis online Anda saat ini.

Aktivitas online sponsorship paling cocok dijalankan saat ini. Mengingat seluruh dunia masih dilanda pandemi dan sebagian besar event diadakan secara online, maka bersponsorship lewat dunia maya adalah pilihan terbaik.

Walaupun praktis dan aman, sayangnya bersponsor secara online bisa sedikit lebih rumit dari sponsorship biasa. Ini karena semua aktivitas dilakukan secara online di ruang virtual (tidak tatap muka). Jadi Anda perlu mengetahui sejumlah strategi sponsorship online yang tepat.

Tidak perlu pusing, Anda bisa mencoba sponsorship online dengan 3 trik simpel berikut ini:

1. Pilih Media Sponsorship

Pilih media sponsorship yang mau dilakukan secara online. Pihak pengiklan akan menawarkan sejumlah opsi kepada Anda. Tapi Anda wajib tahu opsi iklan mana yang dirasa paling menguntungkan untuk promosi.

Beberapa jenis media sponsorship online yang bisa dipakai misalnya:

  • Video promosi: video ini dapat dipasang ketika sesi tunggu acara utama dimulai atau saat jam istirahat dan pergantian sesi. Mintalah kepada panitia untuk memutarkan video promosi bisnis Anda pada momen-momen terbaik.
  • Banner: iklan juga bisa dipasang lewat banner atau background webinar. Jadi, peserta akan menyimak iklan Anda sembari mengikuti sesi acara.
  • Iklan pop-up: iklan pop-up dapat ditayangkan di sela-sela acara. Minta panitia untuk menyelipkan link eksternal ke website bisnis supaya peserta yang penasaran dengan iklan Anda bisa mencari informasi sendiri.

2. Cermati Data Audiensnya

Meskipun sesi iklan diadakan secara online, Anda tetap harus membuat target audiens. Hal ini penting supaya iklan Anda tidak beredar secara sia-sia.

Jadi, sebelum memasang iklan di sebuah agensi online atau mensponsori event online, cari tahu dulu siapa saja kelompok audiens yang akan terlibat di sana. Apakah event online yang Anda pilih memiliki pemirsa yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Jangan lupa pula untuk mengukur poin KPI (Key Performance Indicator) dan ROI (Return on Investment) agar memperoleh hasil yang maksimal. Jika dirasa sponsorship mampu mendatangkan timbal balik yang baik, maka segera lakukan sponsorship tanpa ragu.

3. Ikut Terlibat dengan Acara

Anda juga bisa melibatkan diri dengan acara yang ingin disponsori. Cara ini efektif untuk mengetahui feedback dan masukan bagi perusahaan.

Tidak perlu ribet. Anda bisa terlibat dengan berdialog dalam acara selama 1-2 sesi. Saat inilah Anda bisa mempromosikan nilai-nilai perusahaan kepada pemirsa event. Akan lebih bagus lagi jika selama sesi tersebut Anda bisa saling tanya jawab dengan audiens.

Demikianlah pembahasan lengkap artikel kali ini seputar sponsorship! Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda perihal tips trik dunia sponsorship terbaru ya.

Yuk ikuti website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapatkan lebih banyak artikel menarik tentang dunia bisnis dan investasi online. Bisa juga dengan mendownload app MARKEY gratis di Google Play Store (android) dan Apple Store (iOS). Ratusan artikel berwawasan sudah menanti Anda! 

Sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya!

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

0
tahapan produksi

 

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha memerlukan produk sebagai hal yang akan dipasarkan dan dijual kepada konsumen. Untuk melakukan proses atau tahapan produksi diperlukan kerjasama tim yang baik. Dengan kerjasama yang baik maka tahapan produksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Proses merupakan urutan pelaksaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau buatan yang membutuhkan waktu, ruang, sumber daya, dan keahlian untuk menghasilkan suatu hal. Proses yang terjadi akan menyebabkan perubahan pada yang diproses terhadap sifat sesuatu tersebut. Sementara produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru agar lebih bermanfaat demi pemenuhan kebutuhan.

Lalu apa yang dimaksud tahapan produksi? Proses atau tahapan produksi merupakan rangkaian yang bertahap dan langkah-langkah yang berurutan, mulai dari tahapan pengolahan bahan baku, membentuk, mengolah, menyelesaikan serta mengawasi kualitas produk yang dihasilkan hingga akhirnya sampai kepada konsumen. Ada juga yang disebut sebagai proses produksi sekunder di mana proses atau pengolahannya.

Sebuah perusahaan yang menjual produk pasti melakukan proses produksi untuk menciptakan produk yang akan dijual. Sehingga bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, wajib untuk memahami tahapan yang benar dalam tahapan produksi agar produksi yang Anda lakukan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak harus mengalami kegagalan. Yuk simak ulasan lengkap berbagai informasi terkait tahapan produksi!

Tingkatan Produksi

produksi tahapan produksi

Secara umum, ada 3 tingkatan produksi yaitu, produksi primer, sekunder, dan tersier. Penggolongan yang dilakukan ini bertujuan untuk menunjukkan taraf perkembangan kegiatan perekonomian suatu negara. Semakin berkembang suatu negara, maka kebutuhan akan produksi sekunder dan tersier semakin penting bagi masyakat. Berikut ulasannya:

1. Produksi Primer

Merupakan tingkatan produksi yang meliputi usaha ekstraktif dengan tujuan utama menyediakan bahan dasar atau kegunaan dasar, seperti proses produksi pertambangan, pertanian, dan perikanan.

2. Produksi Sekunder

Produksi sekunder adalah produksi yang menghasilkan produk dari produk yang berasal dari produksi premier yang meliputi industri, kerajinan tangan, dan konstruksi.

3. Produksi Tersier

Produksi yang terakhir ini tidak melakukan produksi yang menghasilkan produk berupa barang, melainkan produk jasa untuk memperlancar, membantu, menyalurkan, menghubungkan, serta melaksanakan kegunaan tempat, waktu serta pelayanan. Yang digunakan baik oleh produsen maupun konsumen. Proses produksi ini meliputi perdagangan, pengangkutan atau transportasi, penyimpanan, asuransi, dan perbankan.

Tahapan Produksi

Tahapan produksi secara umum dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Planning atau Perencanaan

Segala hal yang akan kita lakukan tentunya memerlukan perencanaan, mulai dari kegiatan yang sangat sederhana sampai keputusan untuk melakukan hal yang sangat besar dan berpengaruh untuk hidup Anda. Begitu juga dalam tahapan produksi secara umum tentunya sebelum segala proses yang lain dilakukan, Anda memerlukan suatu rencana agar produksi yang dilakukan tidak kehilangan arah atau tujuan.

Rencana yang telah dibuat juga akan membantu Anda menanggulangi masalah yang mungkin akan terjadi. Contohnya, perencanaan penentuan produk yang akan dibuat, bahan yang akan digunakan, waktu pengerjaan, hingga target hasil produksi. Hal-hal di atas adalah beberapa hal penting yang wajib Anda rencanakan.

Lebih rinci, proses produksi yang pertama ini bertujuan menentukan produk yang akan dibuat, bahan baku yang digunakan, jumlah bahan baku yang akan digunakan, biaya proses produksi, upah tenaga kerja, target jumlah hasil produksi yang dilakukan.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan terkait jenis barang produksi dan apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksinya, serta kemampuan produsen. Semakin matang perencanaan yang Anda buat, semakin baik produksi yang dilakukan.

2. Routing atau Penentuan Alur

Routing adalah proses untuk menetapkan dan menentukan urutan kegiatan suatu proses produksi. Dalam tahapan ini Anda harus menentukan alur produksi mulai dari pengolahan awal bahan baku, pembentukan, pemolesan, penyelesaian, pengawasan kualitas produk, sampai melakukan pendistribusian hasil produksi. Dalam tahap ini Anda harus melakukannya secara tepat dan efisien agar produksi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan yang seharusnya.

Selain menentukan urutan yang tepat dalam tahapan produksi, sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus menentukan tenaga kerja yang tepat untuk setiap urutan atau alur yang telah Anda buat. Tempatkan tenaga ahli sesuai dengan bidang keahliannya. Jangan sampai Anda memilih tenaga kerja yang salah untuk ditempatkan pada suatu alur proses produksi. Dengan penetapan tenaga kerja yang tepat, maka tingkat keberhasilan produksi semakin besar.

3. Scheduling atau Penjadwalan

Scheduling atau Penjadwalan adalah proses yang bertujuan untuk menetapkan dan menentukan jadwal setiap alur produksi. Ini dilakukan setelah alurnya rampung di buat. Penjadwalan ini harus Anda buat dengan memperhatikan jam kerja para tenaga kerja dan lama dari setiap alur produksi. Dalam praktiknya, pada tahapan ini akan di buat sebuah master schedule atau jadwal utama yang akan dipecah menjadi jadwal yang lebih rinci dan jelas.

Selama membuat penjadwalan ini, buatlah jadwal yang sesuai dengan setiap alurnya. Akan menjadi semakin baik apabila Anda memberikan sedikit jeda dalam rentang antara jadwal alur satu dengan alur berikutnya.

Waktu jeda ini dapat berfungsi sebagai waktu yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah apabila terjadi. Dengan adanya jeda waktu ini, maka rentang jadwal yang telah Anda tetapkan tidak akan terganggu sehingga produksi akan selesai sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan.

4. Dispatching atau Perintah untuk Memulai Produksi

Tahapan produksi secara umum yang terakhir adalah dispatching yang merupakan proses menetapkan dan menentukan proses memberikan sebuah perintah untuk mulai melakukan produksi. Setelah perencanaan, penetapan alur, serta penjadwalan dilakukan dengan baik, maka dispatching dilakukan untuk menjalankan produksi. Dalam dispatching ini akan dicantumkan hasil tahapan-tahapan sebelumnya. Mulai dari bahan baku, alur produksi, hingga waktu produksi.

Dalam tahapan ini, pastikan produksi yang dilakukan tetap sesuai dengan rencana atau tahapan sebelumnya. Jika terjadi kendala, maka hasil dari tahapan-tahapan sebelumnya dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika tahapan ini mampu dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan proses produksi Anda akan berhasil.

Indikator Keberhasilan Tahapan Produksi Massal

Pendapatan merupakan sesuatu yang identik dengan keberhasilan sebuah usaha sehingga dapat digunakan untuk melakukan penilaian. Keberhasilan dapat pula dikatakan sebagai sebuah kenyataan di mana rencana yang telah dibuat bersesuaian dengan hasil yang dicapai.

Keberhasilan sebuah usaha harus dinilai sesuai dengan tujuan awalnya, dan umumnya tujuan sebuah usaha adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara rinci, untuk menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal, Anda harus memperhatikan:

1. Kemampuan menyesuaikan diri

Sebagai orang yang bekerja atau memimpin sebuah tim, maka menyesuaikan diri adalah kemampuan yang harus Anda miliki. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui potensi setiap pekerja dan memahami pekerja. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan mereka sesuai dengan bidang keahlian.

2. Produktifitas

Produksi yang Anda lakukan haruslah memberikan hasil yang baik, dari segi kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

3. Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja yang dimaksud tidak hanya Anda sebagai objeknya, namun juga termasuk karyawan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi setiap hak pekerja agar mereka dengan sukarela melakukan tanggung jawabnya dalam proses produksi.

4. Kemampuan Mendapatkan Laba dan Pencarian Sumber Daya

Seperti telah di uraikan sebelumnya, laba atau keuntungan yang berhasil Anda dapatkan memang merupakan sebuah indikator untuk melihat apakah produksi yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Jadi, apakah selama ini setiap produksi yang Anda lakukan mendatangkan laba?

Nah, itulah informasi terkait tahapan produksi khusus untuk Anda. Dalam melakukan produksi pastikan untuk melakukannya sesuai dengan tahapan yang benar agar produksi Anda mencapai keberhasilan.

Pastikan juga untuk memperhatikan setiap hasil dari tahapan produksi yang Anda buat agar proses produksi tetap sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Terima kasih telah membaca artikel Markey, semoga berhasil!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Produk dan Situs Jualan Online Terlaris Masa Kini

0
jualan online terlaris

Tren berbisnis online memang sudah menjamur di kalangan masyarakat masa kini. Memang tak dapat dipungkiri bahwa sekarang, berjualan online menjadi jalan terbaik untuk meraup pundi-pundi rupiah. Jualan online terlaris diminati banyak orang karena banyak faktor, seperti dapat dilakukan siapa saja mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga orang tua.

Selain itu, berjualan online juga dapat dilakukan dari rumah tanpa memerlukan modal yang banyak. Anda juga tidak perlu pusing memikirkan lokasi untuk membuka toko atau menyetok barang dalam jumlah banyak. Cukup berbekal koneksi internet dan gadget, Anda pun bisa membuka toko online detik ini juga.

Ingin tahu lebih banyak terkait jualan online terlaris? Artikel ini akan memberi tahu Anda seputar jualan online yang paling laris di Indonesia yang dijamin dapat memberikan keuntungan besar. Yuk, tunggu apa lagi? Ayo cari tahu seputar jualan online yang terlaris berikut ini!

Baca juga : 15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

Produk Jualan Online Terlaris

produk belanja online, jualan online terlaris

Dari tahun ke tahun, produk jualan online mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan konsumen pasar memiliki minat dan kebutuhan yang selalu berubah setiap saat. Maka dari itu, sebelum membuka toko online, Anda harus mengetahui produk jualan online terlaris saat ini. Tentunya dengan memahami produk jualan terlaris saat ini, Anda dapat menentukan produk jualan yang tepat dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Apa saja produk jualan online terlaris saat ini? Berikut jawabannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Baca juga : 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru

Produk Kecantikan atau Skincare

Barang yang banyak diburu pembeli secara online adalah produk-produk kecantikan, atau yang lebih populer dengan istilah skincare. Saat ini ada banyak sekali ragam produk skincare yang dijual secara online, terutama produk-produk buatan luar negeri seperti Korea.

Tingginya minat dan kebutuhan para wanita terhadap produk kecantikan menjadikan bisnis online di bidang ini tergolong menjanjikan. Anda bisa menjual beragam produk skincare, seperti obat jerawat, masker wajah, make up, hingga produk-produk perawatan rambut.

Busana atau Fashion

Dari dulu hingga saat ini, bisnis busana atau fashion tidak pernah sepi peminat. Selain karena busana merupakan kebutuhan primer manusia, aneka ragam model dan corak pakaian menjadikan bisnis ini tidak pernah sepi. Saat ini, peluang bisnis fashion juga merambah dari wanita ke kaum adam dan anak-anak.

Memulai langkah awal dalam bisnis online di bidang fashion juga banyak diminati karena murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mulai dengan menjadi reseller dari toko grosir pakaian, lalu menjual busana yang sesuai dengan tren masyarakat masa kini.

Jangan lupa untuk menjual pernak-pernik aksesoris yang dapat melengkapi pakaian seperti sabuk, jaket, hingga jam tangan. Toko Anda akan semakin menarik pembeli jika memiliki koleksi busana yang lengkap dan bervariasi.

Peralatan Elektronik

Kehidupan yang serba digital saat ini menjadikan peralatan elektronik semakin diburu oleh banyak orang. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berbisnis online, menjual produk digital bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mendapatkan keuntungan. Pasar peralatan elektronik juga tidak akan pernah surut sebab banyak orang mengandalkan alat-alat elektronik untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka.

Anda bisa mulai mencoba berjualan smartphone secara online. Saat ini, smartphone menjadi komoditi jualan online terlaris di Indonesia sebab semua orang menggunakannya untuk bekerja, belajar, atau rekreasi. Selain itu, masih ada banyak peralatan elektronik lain yang bisa Anda jual antara lain laptop, tablet, kamera, hingga aksesoris pendukung seperti headset, charger dan case pelindung gadget.

Makanan

Siapa bilang Anda tidak bisa menjual makanan secara online? Produk makanan juga memiliki daya jual lumayan tinggi dalam perdagangan online. Meskipun sebagai catatan, tidak semua makanan dapat Anda jual secara online. Ini dikarenakan tiap jenis makanan memiliki daya simpan yang berbeda-beda.

Toko-toko yang memasarkan makanan secara online biasanya menjual makanan dengan daya tahan yang cukup lama. Makanan berdaya simpan lama ada banyak jenisnya, seperti frozen food (makanan beku) semisal nugget.

Selain itu, aneka kue kering dan makanan ringan juga dapat Anda jual secara online. Agar berbeda dari toko makanan pada umumnya, Anda bisa menjual aneka camilan dan makanan beku dari luar negeri seperti tteokbokki dan mie ramen.

Peralatan Rumah Tangga atau Stationery

Produk selanjutnya yang menjadi unggulan jualan online terlaris di Indonesia adalah stationery alias peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga memiliki pasar yang menjanjikan sebab akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang.

Alat kebutuhan rumah tangga yang banyak dijual seperti sapu dan pel, peralatan memasak, seprei bantal, dan lainnya. Berbelanja stationery secara online menjadi pilihan banyak orang saat ini karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan toko serta lebih hemat waktu dan tenaga.

Mainan Anak-Anak

Mainan anak-anak adalah barang jualan online terlaris saat ini yang terakhir. Dalam dunia bisnis online, mainan anak-anak mendapat perhatian serta minat konsumen yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan, produk mainan anak-anak yang dijual secara online memiliki kualitas baik dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di toko langsung.

Selain itu, ada begitu banyak ragam mainan anak yang dapat Anda jual dan diminati banyak orang. Mainan anak yang bisa dijual dan menghasilkan banyak keuntungan seperti mainan edukasi, boneka, hingga action figure. Jika Anda ingin menjual mainan anak-anak di toko online, jangan lupa untuk selalu mengupdate perkembangan mainan anak versi terbaru.

5 Situs Jualan Online Terlaris

situs belanja online, jualan online terlaris

Setelah memilih produk unggulan, kini Anda harus menentukan dimana “lokasi” yang baik untuk berjualan. Seperti toko offline yang memiliki tempat khusus berjualan, Anda juga harus memiliki “tempat” berjualan terlebih dahulu agar bisa mulai berbisnis online. Tempat berjualan secara online biasanya berupa akun toko. Nantinya, transaksi jual beli akan berlangsung di akun toko ini.

Dimana Anda bisa membuat akun toko online? Saat ini, sudah ada banyak situs jualan online terlaris yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Berikut 5 situs jualan online yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang di Indonesia sekarang ini.

Shopee

shopee, jualan online terlaris

Shopee adalah situs jualan online terlaris dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berjualan ataupun berbelanja. Platform Shopee digemari banyak orang sebab ia selalu menawarkan beragam diskon besar-besaran, fitur gratis ongkir, hingga flash sale untuk penjualan di seluruh Indonesia.

Selain itu, proses transaksi via Shopee dijamin oleh sistem garansi yang memberikan rasa aman bagi pembeli maupun pedagang. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berjualan online di Shopee.

Lazada

lazada, jualan online terlaris

Situs online berikutnya adalah Lazada. Ada ribuan toko online dalam platform Lazada yang menjual beragam kebutuhan dengan harga murah. Selain itu, Lazada juga menyediakan beragam diskon, fitur gratis ongkir, dan layanan bayar di tempat. Platform Lazada juga tergolong aman dari kasus penipuan sebab terdapat sistem keamanan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan dana.

Tokopedia

tokopedia, jualan online terlaris

Dibandingkan toko lainnya, platform Tokopedia merupakan toko online di Indonesia yang memiliki gelar Unicorn. Anda juga dapat membuka bisnis di Tokopedia secara gratis, mudah dan cepat. Tokopedia sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia karena memiliki sistem pelayanan yang baik.

Jika Anda membuka toko online di Tokopedia, Anda bisa memanfaatkan sejumlah layanan menguntungkan dari platform ini seperti diskon, gratis ongkir dan layanan bayar di tempat. Ini akan membudahkan pembeli dan pedagang. Mulailah untuk berjualan di situs ini.

Blibli.com

blibli, jualan online terlaris

Blibli.com adalah situs toko online lainnya yang tak kalah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Situs ini menyediakan fitur bayar di tempat dan gratis ongkir tanpa minimal belanja. Selain itu, platform Blibli.com memiliki katalog barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap dan murah.

Bukalapak

bukalapak, jualan online terlaris

Toko online yang Anda bisa gunakan sebagai tempat berjualan yang terakhir adalah Bukalapak. Bukalapak tak kalah diminati karena pelayanan konsumennya yang terkenal baik dan menguntungkan. Jika Anda memutuskan berbisnis di Bukalapak, Anda dapat memberikan beragam penawaran menarik untuk konsumen setiap hari seperti diskon dan gratis ongkir.

Selain itu, Anda bisa menetapkan syarat, ketentuan dan jumlah belanja minimal tertentu agar pembeli bisa mendapatkan gratis ongkir atau diskon. Sistem ini akan mendorong konsumen berbelanja lebih banyak di toko Anda.

Demikianlah ulasan lengkap terkait produk dan situs online terpopuler di tahun ini! Semoga bisa membantu Anda dalam merancang bisnis online. Good luck!

Temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Pelayanan Prima : Tujuan, Pengertian, dan Manfaat

0
pelayanan prima

Setiap pebisnis ingin agar usahanya senantiasa laris manis. Maka tak heran jika para pebisnis melancarkan beragam strategi untuk menggaet sebanyak mungkin konsumen. Mulai dari menawarkan beragam diskon hingga memanjakan konsumen, semua dilakukan dengan satu tujuan yakni merebut hati dan loyalitas konsumen. Sebab, semakin banyak konsumen yang datang dan berbelanja di toko Anda, maka sudah pasti toko Anda akan meraup banyak keuntungan.

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. Hingga saat ini, pelayanan prima adalah kunci yang digunakan oleh banyak pengusaha agar usahanya senantiasa didatangi konsumen. Lantas, apa yang dimaksud dengan pelayanan yang prima tersebut? Bagaimana pula cara melayani konsumen dengan baik? Yuk cari tahu lebih lanjut tentang pelayanan prima berikut ini!

Pengertian Pelayanan Prima dalam Bisnis

pengertian-pelayanan-prima

Secara sederhana, pengertian pelayanan prima adalah usaha terbaik dari toko, usaha, atau bisnis dalam melayani kebutuhan konsumennya. Dalam dunia bisnis, bentuk aktivitas ini dikenal pula dengan istilah lain yakni excellent service, customer care dan customer service. Ada pula pengertian pelayanan prima adalah suatu karakteristik untuk melayani orang lain dengan tiga sifat dasar, yakni:

  1. Bersifat abstrak alias tidak berwujud konkret seperti produk;
  2. Bersifat tindakan nyata dari seseorang yang dapat dirasakan langsung oleh orang lain, dan;
  3. Menjadi bagian erat dari kegiatan produksi serta konsumsi.

Akan tetapi pada dasarnya, pelayanan optimal kepada konsumen ini harus mencakup 3 hal mendasar. 3 hal tersebut adalah

  1. Kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan;
  2. Pelayanan dengan sikap terbaik, dan;
  3. Berorientasi kepada standar layanan perusahaan dengan tujuan memuaskan konsumen.

Dengan adanya pelayanan yang optimal terhadap konsumen, maka dapat dipastikan loyalitas konsumen terhadap perusahaan akan terjaga. Sebab, pelayanan yang maksimal ini dapat memberikan rasa puas terhadap pelanggan sekaligus memenuhi keinginan dan kebutuhan yang ia cari. Jika suatu perusahaan tidak melayani konsumen dengan baik, bisa dipercayai bahwa mereka tidak akan mendapatkan rasa loyalitas konsumen. Kalau dibiarkan terus-menerus, hal tersebut dapat menjadi reputasi buruk bagi perusahaan.

Konsep-Konsep Dasar Pelayanan Konsumen

Jangan khawatir jika Anda masih bingung dalam menentukan cara terbaik untuk melayani konsumen. Sebelum masuk ke praktek langsung melayani konsumen, ada baiknya Anda memahami sejumlah konsep dasar dalam pelayanan konsumen. Konsep-konsep dasar pelayanan konsumen dikenal dengan rumus 6A yang meliputi ability, attitude, appearance, attention, action dan accountability. Berikut ini penjelasan lengkap dari rumus 6A tersebut.

Ability

Rumus A pertama adalah ability alias kemampuan. Yang dimaksud dengan kemampuan dalam pelayanan konsumen meliputi kemampuan kerja karyawan itu sendiri. Kemampuan yang harus dimiliki oleh tenaga kerja seperti komunikasi dan interaksi yang efektif, serta mampu menggunakan sarana penunjang untuk melayani pembeli.

Attitude

Komponen berikutnya adalah attitude yaitu sikap. Dalam praktek pelayanan konsumen, Anda harus bertindak sesuai dengan etika, sikap yang ramah dan santun saat menghadapi pelanggan. Selain itu, sikap yang baik dari perusahaan dapat menjadi cerminan budaya perusahaan kepada konsumen. Seperti contohnya sikap 3S (Senyum, Salam, Sapa) yang banyak diterapkan oleh perusahaan.

Appearance

Appearance atau penampilan juga merupakan unsur penting dalam sistem pelayanan konsumen. Penampilan fisik atau non-fisik dapat merefleksikan kredibilitas perusahaan dan tenaga kerja kepada konsumen. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang membuat peraturan agar karyawannya berpakaian rapi seperti mengenakan seragam kerja.

Attention

Dalam Bahasa Indonesia, attention berarti perhatian. Perhatian menjadi unsur penting berikutnya dalam pelayanan konsumen. Seorang pramuniaga yang berhadapan dengan konsumen harus meletakkan kepedulian penuh terhadap permintaan dan kebutuhan sang pembeli. Bahkan ketika pembeli mengutarakan kritik dan saran terhadap produk, sang pramuniaga harus tetap mempertahankan fokus agar dapat mencerna isi pesan dengan baik.

Action

Action adalah tindakan nyata selama melayani konsumen. Tindakan seperti membantu mencarikan barang yang diminta konsumen, atau bentuk pemecahan masalah lainnya yang dapat dirasakan langsung oleh sang pembeli.

Accountability

Unsur terakhir adalah accountability alias tanggung jawab. Ketika pelanggan mengajukan komplain, perusahaan harus menunjukkan rasa tanggung jawab dengan melayani protes tersebut. Pelanggan akan senang apabila mereka dilayani dengan penuh rasa tanggung jawab.

Tujuan Pelayanan Prima bagi Pengusaha

konsep-pelayanan-konsumen

Bentuk-bentuk pelayanan dari perusahaan atau suatu badan usaha dapat Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Semisal Anda memasuki restoran lalu disambut oleh para waiter atau waitress yang menawarkan menu makanan. Atau, di saat Anda mendatangi sebuah hotel dan disambut dengan super ramah oleh petugas front office. Bahkan saat Anda menghubungi customer care di platform toko online pun, Anda sudah merasakan bentuk pelayanan optimal dari perusahaan.

Semua perusahaan tentunya menerapkan sistem pelayanan konsumen yang maksimal dengan berbagai tujuan. Ada sejumlah tujuan pelayanan prima yang wajib Anda tahu sebelum menerapkan sistem tersebut di perusahaan Anda. Tujuan pelayanan prima tersebut adalah:

Mendapatkan Loyalitas Konsumen

Mendapat rasa loyalitas konsumen adalah tujuan utama dari setiap perusahaan. Konsumen memegang peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Selain memberikan pemasukan bagi usaha, konsumen dapat membantu sebuah perusahaan berkembang. Jika perusahaan Anda melayani konsumen dengan prima, besar kemungkinan para konsumen akan merekomendasikan kenalan mereka untuk berbelanja di tempat Anda. Dengan adanya semakin banyak konsumen yang datang, perusahaan Anda akan semakin berkembang baik.

Mengarahkan Konsumen untuk Berbelanja

Ada kalanya konsumen kebingungan saat menentukan barang yang ingin dibeli. Ketika situasi tersebut terjadi, biasanya pramuniaga toko akan datang untuk membantu konsumen. Tak jarang juga para pramuniaga memberikan informasi terkait diskon atau rekomendasi produk terbaik. Berbekal informasi tambahan tersebut, pembeli jadi percaya terhadap kualitas produk, dan tak lagi kesulitan dalam membuat keputusan membeli barang. Secara tidak langsung, bentuk pelayanan terhadap konsumen ini mengarahkan konsumen untuk berbelanja.

Menghindari Tuntutan Pelanggan

Kadangkala, melayani pelanggan dapat menjadi suatu perkara yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Ini disebabkan keinginan serta kebutuhan pelanggan yang berbeda dan beragam. Pelanggan yang tak puas dengan kualitas produk atau pelayanan dapat menjadi masalah besar apabila tidak ditanggapi dengan baik. Ulasan buruk dari pelanggan juga dapat membahayakan reputasi perusahaan. Oleh sebab itu, banyak pengusaha yang menerapkan bentuk layanan optimal kepada pelanggan demi menghindari masalah tak diinginkan dikemudian hari.

Manfaat Pelayanan Prima dalam Usaha

Selain tujuan, terdapat pula manfaat pelayanan prima dalam mendukung perkembangan usaha. Jika perusahaan Anda telah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, besar kemungkinan Anda telah merasakan manfaat pelayanan prima berikut ini. Apa saja manfaat pelayanan yang maksimal kepada konsumen? Berikut jawabannya!

Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Setiap pengusaha tentunya ingin agar perusahaannya memiliki kualitas baik. Salah satu cara meningkatkan kualitas tersebut adalah dengan memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Kualitas perusahaan yang baik akan mendorong perkembangan usaha menjadi semakin maju. Selain itu, sistem pelayanan yang telah diterapkan dapat dijadikan acuan dalam proses pengembangan standar operasional pelayanan konsumen.

Menumbuhkan Suasana Baik antara Konsumen dan Perusahaan

Hubungan antara konsumen dan perusahaan ibarat symbiosis mutualisme. Konsumen yang puas dengan pelayanan baik dari perusahaan akan menjadi pelanggan yang loyal. Dengan kata lain, mereka akan terus berbelanja atau memanfaatkan jasa perusahaan tersebut. Keuntungan juga dirasakan oleh perusahaan, di mana mereka mendapatkan keuntungan dari konsumen yang berbelanja di tempat mereka. Dengan adanya pemasukan, roda aktivitas usaha akan dapat terus bergerak.

Menang dalam Kompetisi Pasar

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan menerapkan pelayanan optimal adalah memenangkan kompetisi pasar. Banyaknya pesaing dan ketatnya kompetisi dalam pasar perdagangan menjadikan setiap perusahaan harus pintar-pintar melancarkan strategi. Tujuannya tentu agar perusahaan dapat bertahan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah melayani konsumen dengan maksimal. Jika reputasi perusahaan Anda dikenal baik oleh konsumen target, maka besar peluang bagi perusahaan Anda untuk jadi lebih unggul dibandingkan usaha kompetitor lainnya.

Contoh Pelayanan Prima dalam Bisnis

contoh-pelayanan-prima

Beberapa contoh pelayanan prima dalam bisnis serta mudah dijumpai dalam keseharian kita adalah sebagai berikut:

  1. Pengusaha di bidang pengiriman atau delivery barang dan makanan berupaya memberikan pengiriman yang cepat, tepat, dan kondisi barang yang baik hingga sampai ke tangan konsumen.
  2. Perusahaan bidang transportasi memberikan layanan konsumen berupa jasa antar yang aman, nyaman, praktis dan dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.
  3. Usaha kuliner menjaga loyalitas konsumen dengan memberikan makanan berasa dan berkualitas baik, penyajian tepat waktu, hingga beragam diskon belanja.

Demikianlah pembahasan terkait pengertian, tujuan, manfaat hingga contoh pelayanan prima kepada konsumen. Semoga membantu Anda dalam memaksimalkan pelayanan kepada konsumen dalam berbisnis!
[business-about]

Pekerja Keras : Contoh Bagi Kalangan Anak Milenial

0
pekerja keras

Di usia yang sangat masih muda, Anda pasti memiliki banyak idola dalam hidup bukan? Idola tersebut akan menjadi motivasi kesuksesan bagi hidup Anda. Banyak alasan bagi Anda untuk mengidolakan seseorang, mulai dari karya, karier, maupun hal lainnya seperti sifat pekerja keras. Sebut saja dalam hal karier seperti, Mark Zuckerberg, Jack Ma, Bill Gates, serta Steve Jobs.

Empat orang tersebut merupakan tokoh yang memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia karena dengan karier mereka yang bagus dan juga keberhasilan mereka dalam mencampurkan banyak sekali jenis ilmu, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis.

Kesuksesan mereka dalam membangun sebuah bisnis besar yang sangat dikenal oleh seluruh dunia, tentunya tidak membutuhkan waktu yang singkat, mereka butuh waktu yang sangat amat panjang untuk dapat sukses dalam bisnis yang mereka tekuni.

Anda bisa mengikuti langkah mereka untuk menjadi sosok yang sukses. Anda harus mencoba segala hal untuk menjadi seperti orang yang Anda idolakan tersebut. Dengan usaha yang sesuai dengan skill yang Anda miliki dan diikuti dengan kerja keras, nantinya Anda akan sukses karena kesuksesan tidak akan datang secara instan.

Untuk Anda para kalangan milenial, agar bisa mencapai sebuah kesuksesan seperti keempat orang tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah dan Anda pasti merasa memiliki banyak kekurangan untuk bisa menjadi sukses seperti keempat orang tersebut.

Kalangan milenial saat ini merupakan kalangan anak muda yang memiliki banyak ide-ide dan juga terobosan baru dalam dunia usaha. Akan tetapi, masih banyak kalangan milenial yang malas untuk menjadikan idenya tersebut sebagai bekal untuk membuka usaha.

Dengan rasa malas tersebut, banyak dari kalangan milenial yang beranggapan bahwa “menjadi sukses itu sulit”. Tetapi dengan ide yang Anda miliki, tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah kesuksesan bagi hidup Anda.

Lalu, apa sih definisi pekerja keras bagi kalangan anak milenial? Tentu ketekunan, dan kerajinan akan mengantarkan Anda menjadi orang yang sukses. Berikut ini akan kami berikan pengertian beserta contohnya yang bisa dilakukan kalangan milenial untuk menjadi sukses.

Pengertian Pekerja Keras

pekerja keras

Pekerja keras adalah seseorang yang memiliki usaha yang dijalankan secara serius atau dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah. Sampai sebuah target yang diinginkan bisa tercapai. Biasanya, para pekerja keras tidak mengenal waktu, jarak, dan kesulitan yang akan mereka tempuh.

Semua ini karena faktor dari memanfaatkan waktu mereka secara optimal, mereka memiliki semangat yang tinggi dan berusaha keras agar mereka mampu mendapatkan hasil yang baik secara maksimal.

Contoh Sikap yang Dimiliki Pekerja Keras

Lalu, apa saja contoh pekerja keras yang bisa dilakukan oleh kalangan milenial? Berikut ini merupakan contoh sikap yang dimiliki pekerja keras.

Menghargai Waktu

menghargai waktu, pekerja keras

Salah satu contoh yang bisa dilakukan oleh para kalangan milenial sebelum merasakan sebuah kesuksesan adalah menghargai waktu. Jika Anda ingin sukses, Anda harus memahami arti penting dari waktu. Orang pekerja keras memahami bahwa waktu bukanlah hak mereka secara pribadi, melainkan waktu tersebut hak milik tempat bekerja. Maka dengan hal inilah, mereka selalu termotivasi untuk menghargai waktu dengan cara disiplin.

Mungkin bagi kebanyakan orang keterlambatan merupakan hal yang biasa atau wajar, tetapi ini tidak berlaku bagi para pekerja keras. Sebuah keterlambatan itu merupakan sikap yang tidak professional terhadap pekerjaan, dan juga mereka akan merasa diremehkan oleh orang-orang di sekitarnya karena keterlambatan yang mereka lakukan tersebut.

Kebanyakan pekerja keras tidak begitu suka menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting, bahkan waktu untuk berisitirahat pun dimanfaatkan oleh mereka untuk mengerjakan sebuah hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, atau untuk usaha milik mereka sendiri. Lantas bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merupakan orang yang menghargai waktu?

Ketekunan

Selain mampu menghargai waktu, ketekunan juga merupakan sebuah hal yang menjadi prioritas bagi para pekerja keras. Saat mereka memiliki komitmen pada suatu bidang, mereka pasti akan bertanggung jawab secara penuh untuk menyelesaikannya.

Meskipun menemukan halangan yang banyak, mereka tidak akan pernah mau putus asa atau pasrah. Mereka sebisa mungkin akan mencari solusi atau akar dari permasalahan yang menghambat kerja mereka tersebut. Bagi mereka, kesuksesan bukanlah hal yang instan melainkan sebuah misteri yang harus mereka pecahkan.

Bagi mereka, perjalanan sebelum menuju sebuah kesuksesan adalah hal yang sangat menarik, sebab darisana mereka bisa belajar untuk menghargai hidup dan juga menjadikan semua itu sebagai pedoman bagi hidup mereka. Jika Anda merupakan orang yang memiliki sikap pantang menyerah dan tekun, pertahankan hal tersebut.

Berinisiatif Tinggi

Sikap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memiliki inisiatif tinggi. Para pekerja keras selalu memiliki inisiatif untuk membantu sesama. Mereka akan membantu rekannya yang tidak mengerti atau mengalami kesuliatan. Bukan hanya untuk sesama saja, mereka juga menerapkan inisiatif tinggi bagi urusan pribadi mereka.

Pekerja keras akan selalu berusaha untuk mencari kesempatan agar mereka bisa mengembangakan diri secara maksimal. Mereka selalu proaktif untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman agar dapat melihat celah untuk berkembang dan terus melangkah maju sampai menemukan sebuah kesuksesan.

Motivasi

motivasi, pekerja keras

Apabila Anda adalah pemuda pekerja keras yang belum merasakan yang namanya sebuah kesuksesan, mungkin Anda belum memiliki motivasi dalam diri Anda. Orang pekerja keras yang sudah merasakan sebuah kesuksesan biasanya memiliki motivasi dalam hidup mereka. Dengan motivasi tersebut, mereka mampu mendorong diri mereka agar menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih fokus lagi terhadap usaha yang mereka jalankan.

Mereka akan bekerja keras sampai motivasi yang ada dalam diri mereka tersebut bisa tercapai. Jika Anda memiliki rekan yang mampu bekerja keras, ini merupakan hal baik untuk Anda yang sedang ingin mencapai sebuah kesuksesan. Karena mereka juga pandai dalam hal menyalurkan motivasi diri bagi Anda yang sedang membutuhkan motivasi.

Mudah Bekerjasama

Sikap terakhir yaitu mudah diajak untuk bekerjasama. Menurut mereka, keberhasilan bersama juga keberhasilan bagi mereka secara pribadi. Reputasi mereka sebagai professional juga pasti akan terangkat apabila mereka mampu membantu secara kolektif dalam mencapai sebuah kesuksesannya.

Kesimpulan

Untuk menjadi kalangan anak milenial yang sukses, Anda tentu tidak boleh patah semangat saat gagal. Mencoba kembali adalah hal yang biasa, tetapi untuk bangkit dari kegagalan adalah hal yang sangat luar biasa. Kesuksesan tidak akan datang apabila kita hanya berdiam diri saja, bangun dari keterpurukan adalah cara berfikir dari orang yang menginginkan sebuah kesuksesan. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Pentingnya Slip Gaji Bagi Karyawan

0
slip gaji

Mendapatkan upah atau gaji merupakan momen favorit dari semua karyawan. Setiap sekali dalam sebulan, para karyawan biasa mendapatkan gaji sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras mereka terhadap perusahaan. Besaran gaji yang diterima oleh karyawan berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut di perusahaan, job desk, hingga jumlah jam kerja per harinya. Agar tidak salah menghitung jumlah pendapatan, biasanya saat menerima gaji, karyawan juga akan menerima sebuah catatan kecil bernama slip gaji karyawan.

Slip gaji memuat perhitungan rinci dari jumlah uang yang diterima oleh seorang karyawan saat menerima upah. Catatan kecil ini merupakan hal penting yang tidak bisa lepas dari sistem keuangan perusahaan. Tanpa adanya catatan rincian gaji, sistem pengelolaan keuangan perusahaan dapat menjadi kacau dan perhitungan upah karyawan dapat diragukan kebenarannya. Tentunya Anda tidak ingin menerima gaji yang tidak sesuai dengan kinerja Anda, bukan?

Ingin tahu lebih banyak perihal kegunaan slip pendapatan karyawan ini? Yuk simak ulasan di bawah ini tentang pengertian, contoh slip gaji karyawan, hingga informasi pinjaman online tanpa slip gaji yang dapat Anda manfaatkan untuk bantuan dana darurat.

Apa itu Slip Gaji?

slip-gaji-1

Gaji merupakan imbalan serta bentuk penghargaan yang diterima karyawan atas kerja kerasnya kepada perusahaan. Sistem gaji yang dimiliki setiap perusahaan berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan gaji secara bulanan, mingguan, bahkan harian. Selain itu, besaran gaji yang diterima oleh setiap karyawan pun berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut di perusahaan, tingkat kesulitan job desk yang ia kerjakan, hingga jumlah total jam kerja karyawan tersebut.

Saat menerima gaji, para karyawan umumnya turut serta menerima rincian gaji masing-masing. Slip gaji atau slip upah merupakan catatan kecil dan ringkas yang memuat jumlah upah kerja dalam periode tertentu serta besar pemotongan upah seperti pajak. Catatan ini berguna agar baik karyawan maupun perusahaan bisa sama-sama memantau proses distribusi gaji. Karyawan dapat mencocokkan jumlah uang yang didapat dengan perhitungan upah dalam lembaran slip.

Bentuk slip upah tradisional biasanya berupa selembar kertas biasa yang isinya diketik lalu print, atau ditulis oleh tangan. Namun berkat kecanggihan teknologi, Anda sekarang bisa menerima slip gaji online. Banyak perusahaan sudah mulai beralih ke metode slip gaji online sebab dapat dibuat dengan cepat, praktis dan efisien. Selain itu, slip gaji online lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas.

Komponen Penting Slip Upah

slip-gaji-2

Sebuah catatan upah tidak bisa dibuat secara sembarangan. Terdapat 4 komponen penting yang wajib tercantum dalam slip upah. Apakah slip upah Anda sudah memuat 4 komponen tersebut? Yuk cari tahu dalam penjelasan berikut ini!

Identitas Perusahaan

Sebuah slip upah yang sah harus mencantumkan identitas perusahaan yang jelas di dalamnya. Identitas perusahaan dalam slip akan memperjelas siapa pemberi upah yang sah, sehingga jika kelak terjadi kesalahan dalam pemberian upah, karyawan tahu harus melapor dan meminta pertanggung jawaban kepada siapa. Identitas perusahaan yang setidaknya harus ada dalam slip upah adalah nama, logo dan cap stempel perusahaan yang menunjukkan legalitas dari slip.

Identitas Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besaran gaji setiap karyawan berbeda-beda. Untuk menghindari kekeliruan dalam pemberian upah, maka setiap slip wajib mencantumkan identitas karyawan seperti nama dan jabatan. Perusahaan juga bisa menambahkan keterangan lainnya seperti nomor pegawai atau nomor pokok wajib pajak dari karyawan jika perusahaan memiliki informasi tersebut.

Periode Gaji

Komponen berikutnya adalah keterangan periode gaji dan tanggal pembayaran. Keterangan ini tidak boleh luput dalam slip upah, sebab tanggal serta periode gaji dapat menjadi bukti sah jika kelak terjadi permasalahan di luar perkiraan terkait gaji. Selain itu, keterangan tanggal dan periode gaji juga akan dicatat oleh bagian keuangan perusahaan ke dalam laporan tahunan perusahaan.

Rincian Pembayaran

Rincian pembayaran merupakan poin penting dari suatu slip upah. Terdapat beberapa rincian yang harus ada dalam slip upah karyawan. Apakah slip upah Anda sudah memuat rincian berikut? Yuk, simak bersama-sama rincian pembayaran dalam slip upah!

Gaji Pokok

Besaran gaji pokok seorang karyawan biasanya ditetapkan menurut jabatan sang karyawan itu sendiri. Biasanya, semakin besar posisi atau jabatannya di suatu perusahaan, maka akan semakit besar pula gaji pokoknya. Namun menurut Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, seorang karyawan harus menerima gaji pokok minimal 75% dari jumlah total upah yang ia dapatkan. Jumlah total upah tersebut melingkupi gaji pokok ditambah tunjangan tetap.

Tunjangan Karyawan

Selain gaji pokok, karyawan juga biasa mendapat tunjangan karyawan. Ada beragam jenis tunjangan yang umum diterima oleh karyawan, seperti tunjangan tetap, tunjangan karir, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi. Tunjangan karyawan biasanya bersifat intensif.

Rincian Potongan dan Pajak

Selain memuat upah yang menjadi hak karyawan, slip juga memuat rincian potongan dana yang ditanggung oleh masing-masing pegawai. Potongan dana ini dilakukan oleh perusahaan untuk membayarkan hal-hal tertentu yang masih berkaitan dengan si karyawan. Contoh potongan yang umum dikenakan pada karyawan seperti potongan pajak, BPJS, dan asuransi hari tua.

Rincian potongan dana ini harus dicantumkan dengan rinci dalam slip upah agar tidak memunculkan kesalahpahaman dalam benak karyawan. Karyawan dapat membaca dan mencocokkan sendiri besaran upah yang dapat mereka kantongi setelah dipotong untuk kebutuhan tersebut.

Upah Lembur dan Komisi

Rincian terakhir yang biasa ada dalam sebuah slip upah adalah keterangan upah lembur dan komisi karyawan. Kadangkala, karyawan harus bekerja melebihi jam kerja asli alias lembur. Sebagai gantinya, perusahaan akan memberikan tambahan lebih berupa uang lembur sebagai bentuk apresiasi.

Sedangkan komisi merupakan bonus yang didapat oleh karyawan, seperti misalnya bonus target penjualan, komisi tunjangan hari raya, dan prestasi-prestasi lainnya. Pemberian komisi dapat mendorong karyawan agar lebih semangat dan baik dalam bekerja.

Contoh Slip Gaji Karyawan

slip-gaji-3

Untuk lebih memperjelas pemahaman Anda tentang slip pembayaran upah, berikut kami berikan contoh slip gaji karyawan sederhana.

KAFE KOPI SUSU POJOKAN

Jl. Hayam Wuruk No 55 Denpasar | Telp 0361-222456

SLIP GAJI KARYAWAN
Periode/Bulan: Mei 2020

NAMA: Ardito Purnama N.

JABATAN: Supervisor Cabang “KAFE KOPI SUSU POJOKAN” Hayam Wuruk

STATUS: Karyawan Full-Time (Penuh Waktu)

RINCIAN GAJI

PENGHASILAN POTONGAN
Gaji pokok (7 jam kerja @ 31 hari) = 2.000.000 PPh 21 = 180.000
Tunjangan jabatan (Supervisor) = 500.000 Asuransi = 100.000
Tunjangan konsumsi = 500.000    
Bonus target = 350.000    
TOTAL (A) = 3.350.000 TOTAL (B) = 280.000
GAJI BERSIH (A-B) = 3.350.000 – 280.000 = 3.070.000

Terbilang: Tiga juta tujuh puluh ribu rupiah

 Denpasar, 1 Juni 2020

Manajer Keuangan

“KAFE KOPI SUSU POJOKAN”

 

Diana Widyanti, S.E.

Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

Telah kita ketahui bahwa slip upah memiliki fungsi utama agar karyawan bisa mencocokkan jumlah uang yang didapat dengan rincian perhitungan kerjanya. Akan tetapi selain itu, tahukah Anda bahwa slip upah dapat digunakan untuk hal lain? Slip upah biasa digunakan untuk mengajukan pinjaman dana seperti kartu kredit, ajuan kredit elektronik dan KPR. Oleh karena itu, banyak karyawan yang suka menyimpan slip upah mereka untuk digunakan kelak di saat genting.

Namun saat ini, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman online tanpa slip gaji. Ada sejumlah perusahaan fintech yang bersedia memberikan pinjaman online tanpa melampirkan slip pendapatan dalam syarat pengajuannya. Anda dapat menjadikan perusahaan fintech berikut ini sebagai solusi untuk mendapatkan pinjaman di saat genting.

Tunaiku

Tunaiku merupakan fasilitator pinjaman KTA dari PT Bank Amar Indonesia dan telah terdaftar OJK. Tunaiku menyediakan pinjaman kredit tanpa harus melampirkan slip upah. Batas pinjaman maksimal yang disediakan Tunaiku mencapai 20 juta rupiah. Proses pengajuan pinjaman cukup mudah melalui aplikasi atau situs resminya. Selain itu, Anda dapat melunasi pinjaman lebih awal tanpa dibebankan bunga.

Dana Rupiah

Fintech berikutnya adalah Dana Rupiah yang berada dalam naungan PT Layanan Keuangan Berbagi. Dana Rupiah bergerak dengan basis P2P online. Sama seperti Tunaiku, proses kerja Dana rupiah dapat dilakukan lewat aplikasi di ponsel. Dana Rupiah memberikan pinjaman mulai dari 400 ribu rupiah hingga maksimal 8 juta rupiah.

Dana Bijak

Alternatif pinjaman terakhir yang tidak memerlukan slip upah yakni Dana Bijak. Dana Bijak memberikan pinjaman uang tanpa agunan, namun masih terbatas di sejumlah daerah saja yakni Jabodetabek. Rentangan pinjaman Dana Bijak mulai dari 350 ribu hingga 3 juta rupiah.

Itu dia pembahasan terkait slip upah, contoh hingga beberapa pinjaman online yang dapat Anda manfaatkan untuk meminjam dana darurat tanpa menggunakan slip upah. Semoga artikel ini bermanfaat!

[online-about]