Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 106

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

0
tahapan produksi

 

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha memerlukan produk sebagai hal yang akan dipasarkan dan dijual kepada konsumen. Untuk melakukan proses atau tahapan produksi diperlukan kerjasama tim yang baik. Dengan kerjasama yang baik maka tahapan produksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Proses merupakan urutan pelaksaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau buatan yang membutuhkan waktu, ruang, sumber daya, dan keahlian untuk menghasilkan suatu hal. Proses yang terjadi akan menyebabkan perubahan pada yang diproses terhadap sifat sesuatu tersebut. Sementara produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru agar lebih bermanfaat demi pemenuhan kebutuhan.

Lalu apa yang dimaksud tahapan produksi? Proses atau tahapan produksi merupakan rangkaian yang bertahap dan langkah-langkah yang berurutan, mulai dari tahapan pengolahan bahan baku, membentuk, mengolah, menyelesaikan serta mengawasi kualitas produk yang dihasilkan hingga akhirnya sampai kepada konsumen. Ada juga yang disebut sebagai proses produksi sekunder di mana proses atau pengolahannya.

Sebuah perusahaan yang menjual produk pasti melakukan proses produksi untuk menciptakan produk yang akan dijual. Sehingga bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, wajib untuk memahami tahapan yang benar dalam tahapan produksi agar produksi yang Anda lakukan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak harus mengalami kegagalan. Yuk simak ulasan lengkap berbagai informasi terkait tahapan produksi!

Tingkatan Produksi

produksi tahapan produksi

Secara umum, ada 3 tingkatan produksi yaitu, produksi primer, sekunder, dan tersier. Penggolongan yang dilakukan ini bertujuan untuk menunjukkan taraf perkembangan kegiatan perekonomian suatu negara. Semakin berkembang suatu negara, maka kebutuhan akan produksi sekunder dan tersier semakin penting bagi masyakat. Berikut ulasannya:

1. Produksi Primer

Merupakan tingkatan produksi yang meliputi usaha ekstraktif dengan tujuan utama menyediakan bahan dasar atau kegunaan dasar, seperti proses produksi pertambangan, pertanian, dan perikanan.

2. Produksi Sekunder

Produksi sekunder adalah produksi yang menghasilkan produk dari produk yang berasal dari produksi premier yang meliputi industri, kerajinan tangan, dan konstruksi.

3. Produksi Tersier

Produksi yang terakhir ini tidak melakukan produksi yang menghasilkan produk berupa barang, melainkan produk jasa untuk memperlancar, membantu, menyalurkan, menghubungkan, serta melaksanakan kegunaan tempat, waktu serta pelayanan. Yang digunakan baik oleh produsen maupun konsumen. Proses produksi ini meliputi perdagangan, pengangkutan atau transportasi, penyimpanan, asuransi, dan perbankan.

Tahapan Produksi

Tahapan produksi secara umum dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Planning atau Perencanaan

Segala hal yang akan kita lakukan tentunya memerlukan perencanaan, mulai dari kegiatan yang sangat sederhana sampai keputusan untuk melakukan hal yang sangat besar dan berpengaruh untuk hidup Anda. Begitu juga dalam tahapan produksi secara umum tentunya sebelum segala proses yang lain dilakukan, Anda memerlukan suatu rencana agar produksi yang dilakukan tidak kehilangan arah atau tujuan.

Rencana yang telah dibuat juga akan membantu Anda menanggulangi masalah yang mungkin akan terjadi. Contohnya, perencanaan penentuan produk yang akan dibuat, bahan yang akan digunakan, waktu pengerjaan, hingga target hasil produksi. Hal-hal di atas adalah beberapa hal penting yang wajib Anda rencanakan.

Lebih rinci, proses produksi yang pertama ini bertujuan menentukan produk yang akan dibuat, bahan baku yang digunakan, jumlah bahan baku yang akan digunakan, biaya proses produksi, upah tenaga kerja, target jumlah hasil produksi yang dilakukan.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan terkait jenis barang produksi dan apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksinya, serta kemampuan produsen. Semakin matang perencanaan yang Anda buat, semakin baik produksi yang dilakukan.

2. Routing atau Penentuan Alur

Routing adalah proses untuk menetapkan dan menentukan urutan kegiatan suatu proses produksi. Dalam tahapan ini Anda harus menentukan alur produksi mulai dari pengolahan awal bahan baku, pembentukan, pemolesan, penyelesaian, pengawasan kualitas produk, sampai melakukan pendistribusian hasil produksi. Dalam tahap ini Anda harus melakukannya secara tepat dan efisien agar produksi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan yang seharusnya.

Selain menentukan urutan yang tepat dalam tahapan produksi, sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus menentukan tenaga kerja yang tepat untuk setiap urutan atau alur yang telah Anda buat. Tempatkan tenaga ahli sesuai dengan bidang keahliannya. Jangan sampai Anda memilih tenaga kerja yang salah untuk ditempatkan pada suatu alur proses produksi. Dengan penetapan tenaga kerja yang tepat, maka tingkat keberhasilan produksi semakin besar.

3. Scheduling atau Penjadwalan

Scheduling atau Penjadwalan adalah proses yang bertujuan untuk menetapkan dan menentukan jadwal setiap alur produksi. Ini dilakukan setelah alurnya rampung di buat. Penjadwalan ini harus Anda buat dengan memperhatikan jam kerja para tenaga kerja dan lama dari setiap alur produksi. Dalam praktiknya, pada tahapan ini akan di buat sebuah master schedule atau jadwal utama yang akan dipecah menjadi jadwal yang lebih rinci dan jelas.

Selama membuat penjadwalan ini, buatlah jadwal yang sesuai dengan setiap alurnya. Akan menjadi semakin baik apabila Anda memberikan sedikit jeda dalam rentang antara jadwal alur satu dengan alur berikutnya.

Waktu jeda ini dapat berfungsi sebagai waktu yang bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah apabila terjadi. Dengan adanya jeda waktu ini, maka rentang jadwal yang telah Anda tetapkan tidak akan terganggu sehingga produksi akan selesai sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan.

4. Dispatching atau Perintah untuk Memulai Produksi

Tahapan produksi secara umum yang terakhir adalah dispatching yang merupakan proses menetapkan dan menentukan proses memberikan sebuah perintah untuk mulai melakukan produksi. Setelah perencanaan, penetapan alur, serta penjadwalan dilakukan dengan baik, maka dispatching dilakukan untuk menjalankan produksi. Dalam dispatching ini akan dicantumkan hasil tahapan-tahapan sebelumnya. Mulai dari bahan baku, alur produksi, hingga waktu produksi.

Dalam tahapan ini, pastikan produksi yang dilakukan tetap sesuai dengan rencana atau tahapan sebelumnya. Jika terjadi kendala, maka hasil dari tahapan-tahapan sebelumnya dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika tahapan ini mampu dilaksanakan dengan baik, maka dapat dipastikan proses produksi Anda akan berhasil.

Indikator Keberhasilan Tahapan Produksi Massal

Pendapatan merupakan sesuatu yang identik dengan keberhasilan sebuah usaha sehingga dapat digunakan untuk melakukan penilaian. Keberhasilan dapat pula dikatakan sebagai sebuah kenyataan di mana rencana yang telah dibuat bersesuaian dengan hasil yang dicapai.

Keberhasilan sebuah usaha harus dinilai sesuai dengan tujuan awalnya, dan umumnya tujuan sebuah usaha adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara rinci, untuk menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal, Anda harus memperhatikan:

1. Kemampuan menyesuaikan diri

Sebagai orang yang bekerja atau memimpin sebuah tim, maka menyesuaikan diri adalah kemampuan yang harus Anda miliki. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui potensi setiap pekerja dan memahami pekerja. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan mereka sesuai dengan bidang keahlian.

2. Produktifitas

Produksi yang Anda lakukan haruslah memberikan hasil yang baik, dari segi kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

3. Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja yang dimaksud tidak hanya Anda sebagai objeknya, namun juga termasuk karyawan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi setiap hak pekerja agar mereka dengan sukarela melakukan tanggung jawabnya dalam proses produksi.

4. Kemampuan Mendapatkan Laba dan Pencarian Sumber Daya

Seperti telah di uraikan sebelumnya, laba atau keuntungan yang berhasil Anda dapatkan memang merupakan sebuah indikator untuk melihat apakah produksi yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Jadi, apakah selama ini setiap produksi yang Anda lakukan mendatangkan laba?

Nah, itulah informasi terkait tahapan produksi khusus untuk Anda. Dalam melakukan produksi pastikan untuk melakukannya sesuai dengan tahapan yang benar agar produksi Anda mencapai keberhasilan.

Pastikan juga untuk memperhatikan setiap hasil dari tahapan produksi yang Anda buat agar proses produksi tetap sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Terima kasih telah membaca artikel Markey, semoga berhasil!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Produk dan Situs Jualan Online Terlaris Masa Kini

0
jualan online terlaris

Tren berbisnis online memang sudah menjamur di kalangan masyarakat masa kini. Memang tak dapat dipungkiri bahwa sekarang, berjualan online menjadi jalan terbaik untuk meraup pundi-pundi rupiah. Jualan online terlaris diminati banyak orang karena banyak faktor, seperti dapat dilakukan siapa saja mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga orang tua.

Selain itu, berjualan online juga dapat dilakukan dari rumah tanpa memerlukan modal yang banyak. Anda juga tidak perlu pusing memikirkan lokasi untuk membuka toko atau menyetok barang dalam jumlah banyak. Cukup berbekal koneksi internet dan gadget, Anda pun bisa membuka toko online detik ini juga.

Ingin tahu lebih banyak terkait jualan online terlaris? Artikel ini akan memberi tahu Anda seputar jualan online yang paling laris di Indonesia yang dijamin dapat memberikan keuntungan besar. Yuk, tunggu apa lagi? Ayo cari tahu seputar jualan online yang terlaris berikut ini!

Baca juga : 15 Ide Jualan Online yang Lagi Hits di Tahun ini

Produk Jualan Online Terlaris

produk belanja online, jualan online terlaris

Dari tahun ke tahun, produk jualan online mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan konsumen pasar memiliki minat dan kebutuhan yang selalu berubah setiap saat. Maka dari itu, sebelum membuka toko online, Anda harus mengetahui produk jualan online terlaris saat ini. Tentunya dengan memahami produk jualan terlaris saat ini, Anda dapat menentukan produk jualan yang tepat dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Apa saja produk jualan online terlaris saat ini? Berikut jawabannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Baca juga : 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Tanpa Modal Terbaru

Produk Kecantikan atau Skincare

Barang yang banyak diburu pembeli secara online adalah produk-produk kecantikan, atau yang lebih populer dengan istilah skincare. Saat ini ada banyak sekali ragam produk skincare yang dijual secara online, terutama produk-produk buatan luar negeri seperti Korea.

Tingginya minat dan kebutuhan para wanita terhadap produk kecantikan menjadikan bisnis online di bidang ini tergolong menjanjikan. Anda bisa menjual beragam produk skincare, seperti obat jerawat, masker wajah, make up, hingga produk-produk perawatan rambut.

Busana atau Fashion

Dari dulu hingga saat ini, bisnis busana atau fashion tidak pernah sepi peminat. Selain karena busana merupakan kebutuhan primer manusia, aneka ragam model dan corak pakaian menjadikan bisnis ini tidak pernah sepi. Saat ini, peluang bisnis fashion juga merambah dari wanita ke kaum adam dan anak-anak.

Memulai langkah awal dalam bisnis online di bidang fashion juga banyak diminati karena murah dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mulai dengan menjadi reseller dari toko grosir pakaian, lalu menjual busana yang sesuai dengan tren masyarakat masa kini.

Jangan lupa untuk menjual pernak-pernik aksesoris yang dapat melengkapi pakaian seperti sabuk, jaket, hingga jam tangan. Toko Anda akan semakin menarik pembeli jika memiliki koleksi busana yang lengkap dan bervariasi.

Peralatan Elektronik

Kehidupan yang serba digital saat ini menjadikan peralatan elektronik semakin diburu oleh banyak orang. Oleh sebab itu, jika Anda ingin berbisnis online, menjual produk digital bisa menjadi pilihan yang cocok untuk mendapatkan keuntungan. Pasar peralatan elektronik juga tidak akan pernah surut sebab banyak orang mengandalkan alat-alat elektronik untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka.

Anda bisa mulai mencoba berjualan smartphone secara online. Saat ini, smartphone menjadi komoditi jualan online terlaris di Indonesia sebab semua orang menggunakannya untuk bekerja, belajar, atau rekreasi. Selain itu, masih ada banyak peralatan elektronik lain yang bisa Anda jual antara lain laptop, tablet, kamera, hingga aksesoris pendukung seperti headset, charger dan case pelindung gadget.

Makanan

Siapa bilang Anda tidak bisa menjual makanan secara online? Produk makanan juga memiliki daya jual lumayan tinggi dalam perdagangan online. Meskipun sebagai catatan, tidak semua makanan dapat Anda jual secara online. Ini dikarenakan tiap jenis makanan memiliki daya simpan yang berbeda-beda.

Toko-toko yang memasarkan makanan secara online biasanya menjual makanan dengan daya tahan yang cukup lama. Makanan berdaya simpan lama ada banyak jenisnya, seperti frozen food (makanan beku) semisal nugget.

Selain itu, aneka kue kering dan makanan ringan juga dapat Anda jual secara online. Agar berbeda dari toko makanan pada umumnya, Anda bisa menjual aneka camilan dan makanan beku dari luar negeri seperti tteokbokki dan mie ramen.

Peralatan Rumah Tangga atau Stationery

Produk selanjutnya yang menjadi unggulan jualan online terlaris di Indonesia adalah stationery alias peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga memiliki pasar yang menjanjikan sebab akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang.

Alat kebutuhan rumah tangga yang banyak dijual seperti sapu dan pel, peralatan memasak, seprei bantal, dan lainnya. Berbelanja stationery secara online menjadi pilihan banyak orang saat ini karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan toko serta lebih hemat waktu dan tenaga.

Mainan Anak-Anak

Mainan anak-anak adalah barang jualan online terlaris saat ini yang terakhir. Dalam dunia bisnis online, mainan anak-anak mendapat perhatian serta minat konsumen yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan, produk mainan anak-anak yang dijual secara online memiliki kualitas baik dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di toko langsung.

Selain itu, ada begitu banyak ragam mainan anak yang dapat Anda jual dan diminati banyak orang. Mainan anak yang bisa dijual dan menghasilkan banyak keuntungan seperti mainan edukasi, boneka, hingga action figure. Jika Anda ingin menjual mainan anak-anak di toko online, jangan lupa untuk selalu mengupdate perkembangan mainan anak versi terbaru.

5 Situs Jualan Online Terlaris

situs belanja online, jualan online terlaris

Setelah memilih produk unggulan, kini Anda harus menentukan dimana “lokasi” yang baik untuk berjualan. Seperti toko offline yang memiliki tempat khusus berjualan, Anda juga harus memiliki “tempat” berjualan terlebih dahulu agar bisa mulai berbisnis online. Tempat berjualan secara online biasanya berupa akun toko. Nantinya, transaksi jual beli akan berlangsung di akun toko ini.

Dimana Anda bisa membuat akun toko online? Saat ini, sudah ada banyak situs jualan online terlaris yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Berikut 5 situs jualan online yang terkenal dan digunakan oleh banyak orang di Indonesia sekarang ini.

Shopee

shopee, jualan online terlaris

Shopee adalah situs jualan online terlaris dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berjualan ataupun berbelanja. Platform Shopee digemari banyak orang sebab ia selalu menawarkan beragam diskon besar-besaran, fitur gratis ongkir, hingga flash sale untuk penjualan di seluruh Indonesia.

Selain itu, proses transaksi via Shopee dijamin oleh sistem garansi yang memberikan rasa aman bagi pembeli maupun pedagang. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berjualan online di Shopee.

Lazada

lazada, jualan online terlaris

Situs online berikutnya adalah Lazada. Ada ribuan toko online dalam platform Lazada yang menjual beragam kebutuhan dengan harga murah. Selain itu, Lazada juga menyediakan beragam diskon, fitur gratis ongkir, dan layanan bayar di tempat. Platform Lazada juga tergolong aman dari kasus penipuan sebab terdapat sistem keamanan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan dana.

Tokopedia

tokopedia, jualan online terlaris

Dibandingkan toko lainnya, platform Tokopedia merupakan toko online di Indonesia yang memiliki gelar Unicorn. Anda juga dapat membuka bisnis di Tokopedia secara gratis, mudah dan cepat. Tokopedia sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia karena memiliki sistem pelayanan yang baik.

Jika Anda membuka toko online di Tokopedia, Anda bisa memanfaatkan sejumlah layanan menguntungkan dari platform ini seperti diskon, gratis ongkir dan layanan bayar di tempat. Ini akan membudahkan pembeli dan pedagang. Mulailah untuk berjualan di situs ini.

Blibli.com

blibli, jualan online terlaris

Blibli.com adalah situs toko online lainnya yang tak kalah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Situs ini menyediakan fitur bayar di tempat dan gratis ongkir tanpa minimal belanja. Selain itu, platform Blibli.com memiliki katalog barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap dan murah.

Bukalapak

bukalapak, jualan online terlaris

Toko online yang Anda bisa gunakan sebagai tempat berjualan yang terakhir adalah Bukalapak. Bukalapak tak kalah diminati karena pelayanan konsumennya yang terkenal baik dan menguntungkan. Jika Anda memutuskan berbisnis di Bukalapak, Anda dapat memberikan beragam penawaran menarik untuk konsumen setiap hari seperti diskon dan gratis ongkir.

Selain itu, Anda bisa menetapkan syarat, ketentuan dan jumlah belanja minimal tertentu agar pembeli bisa mendapatkan gratis ongkir atau diskon. Sistem ini akan mendorong konsumen berbelanja lebih banyak di toko Anda.

Demikianlah ulasan lengkap terkait produk dan situs online terpopuler di tahun ini! Semoga bisa membantu Anda dalam merancang bisnis online. Good luck!

Temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online gratis hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!

Pelayanan Prima : Tujuan, Pengertian, dan Manfaat

0
pelayanan prima

Setiap pebisnis ingin agar usahanya senantiasa laris manis. Maka tak heran jika para pebisnis melancarkan beragam strategi untuk menggaet sebanyak mungkin konsumen. Mulai dari menawarkan beragam diskon hingga memanjakan konsumen, semua dilakukan dengan satu tujuan yakni merebut hati dan loyalitas konsumen. Sebab, semakin banyak konsumen yang datang dan berbelanja di toko Anda, maka sudah pasti toko Anda akan meraup banyak keuntungan.

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. Hingga saat ini, pelayanan prima adalah kunci yang digunakan oleh banyak pengusaha agar usahanya senantiasa didatangi konsumen. Lantas, apa yang dimaksud dengan pelayanan yang prima tersebut? Bagaimana pula cara melayani konsumen dengan baik? Yuk cari tahu lebih lanjut tentang pelayanan prima berikut ini!

Pengertian Pelayanan Prima dalam Bisnis

pengertian-pelayanan-prima

Secara sederhana, pengertian pelayanan prima adalah usaha terbaik dari toko, usaha, atau bisnis dalam melayani kebutuhan konsumennya. Dalam dunia bisnis, bentuk aktivitas ini dikenal pula dengan istilah lain yakni excellent service, customer care dan customer service. Ada pula pengertian pelayanan prima adalah suatu karakteristik untuk melayani orang lain dengan tiga sifat dasar, yakni:

  1. Bersifat abstrak alias tidak berwujud konkret seperti produk;
  2. Bersifat tindakan nyata dari seseorang yang dapat dirasakan langsung oleh orang lain, dan;
  3. Menjadi bagian erat dari kegiatan produksi serta konsumsi.

Akan tetapi pada dasarnya, pelayanan optimal kepada konsumen ini harus mencakup 3 hal mendasar. 3 hal tersebut adalah

  1. Kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan;
  2. Pelayanan dengan sikap terbaik, dan;
  3. Berorientasi kepada standar layanan perusahaan dengan tujuan memuaskan konsumen.

Dengan adanya pelayanan yang optimal terhadap konsumen, maka dapat dipastikan loyalitas konsumen terhadap perusahaan akan terjaga. Sebab, pelayanan yang maksimal ini dapat memberikan rasa puas terhadap pelanggan sekaligus memenuhi keinginan dan kebutuhan yang ia cari. Jika suatu perusahaan tidak melayani konsumen dengan baik, bisa dipercayai bahwa mereka tidak akan mendapatkan rasa loyalitas konsumen. Kalau dibiarkan terus-menerus, hal tersebut dapat menjadi reputasi buruk bagi perusahaan.

Konsep-Konsep Dasar Pelayanan Konsumen

Jangan khawatir jika Anda masih bingung dalam menentukan cara terbaik untuk melayani konsumen. Sebelum masuk ke praktek langsung melayani konsumen, ada baiknya Anda memahami sejumlah konsep dasar dalam pelayanan konsumen. Konsep-konsep dasar pelayanan konsumen dikenal dengan rumus 6A yang meliputi ability, attitude, appearance, attention, action dan accountability. Berikut ini penjelasan lengkap dari rumus 6A tersebut.

Ability

Rumus A pertama adalah ability alias kemampuan. Yang dimaksud dengan kemampuan dalam pelayanan konsumen meliputi kemampuan kerja karyawan itu sendiri. Kemampuan yang harus dimiliki oleh tenaga kerja seperti komunikasi dan interaksi yang efektif, serta mampu menggunakan sarana penunjang untuk melayani pembeli.

Attitude

Komponen berikutnya adalah attitude yaitu sikap. Dalam praktek pelayanan konsumen, Anda harus bertindak sesuai dengan etika, sikap yang ramah dan santun saat menghadapi pelanggan. Selain itu, sikap yang baik dari perusahaan dapat menjadi cerminan budaya perusahaan kepada konsumen. Seperti contohnya sikap 3S (Senyum, Salam, Sapa) yang banyak diterapkan oleh perusahaan.

Appearance

Appearance atau penampilan juga merupakan unsur penting dalam sistem pelayanan konsumen. Penampilan fisik atau non-fisik dapat merefleksikan kredibilitas perusahaan dan tenaga kerja kepada konsumen. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang membuat peraturan agar karyawannya berpakaian rapi seperti mengenakan seragam kerja.

Attention

Dalam Bahasa Indonesia, attention berarti perhatian. Perhatian menjadi unsur penting berikutnya dalam pelayanan konsumen. Seorang pramuniaga yang berhadapan dengan konsumen harus meletakkan kepedulian penuh terhadap permintaan dan kebutuhan sang pembeli. Bahkan ketika pembeli mengutarakan kritik dan saran terhadap produk, sang pramuniaga harus tetap mempertahankan fokus agar dapat mencerna isi pesan dengan baik.

Action

Action adalah tindakan nyata selama melayani konsumen. Tindakan seperti membantu mencarikan barang yang diminta konsumen, atau bentuk pemecahan masalah lainnya yang dapat dirasakan langsung oleh sang pembeli.

Accountability

Unsur terakhir adalah accountability alias tanggung jawab. Ketika pelanggan mengajukan komplain, perusahaan harus menunjukkan rasa tanggung jawab dengan melayani protes tersebut. Pelanggan akan senang apabila mereka dilayani dengan penuh rasa tanggung jawab.

Tujuan Pelayanan Prima bagi Pengusaha

konsep-pelayanan-konsumen

Bentuk-bentuk pelayanan dari perusahaan atau suatu badan usaha dapat Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Semisal Anda memasuki restoran lalu disambut oleh para waiter atau waitress yang menawarkan menu makanan. Atau, di saat Anda mendatangi sebuah hotel dan disambut dengan super ramah oleh petugas front office. Bahkan saat Anda menghubungi customer care di platform toko online pun, Anda sudah merasakan bentuk pelayanan optimal dari perusahaan.

Semua perusahaan tentunya menerapkan sistem pelayanan konsumen yang maksimal dengan berbagai tujuan. Ada sejumlah tujuan pelayanan prima yang wajib Anda tahu sebelum menerapkan sistem tersebut di perusahaan Anda. Tujuan pelayanan prima tersebut adalah:

Mendapatkan Loyalitas Konsumen

Mendapat rasa loyalitas konsumen adalah tujuan utama dari setiap perusahaan. Konsumen memegang peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Selain memberikan pemasukan bagi usaha, konsumen dapat membantu sebuah perusahaan berkembang. Jika perusahaan Anda melayani konsumen dengan prima, besar kemungkinan para konsumen akan merekomendasikan kenalan mereka untuk berbelanja di tempat Anda. Dengan adanya semakin banyak konsumen yang datang, perusahaan Anda akan semakin berkembang baik.

Mengarahkan Konsumen untuk Berbelanja

Ada kalanya konsumen kebingungan saat menentukan barang yang ingin dibeli. Ketika situasi tersebut terjadi, biasanya pramuniaga toko akan datang untuk membantu konsumen. Tak jarang juga para pramuniaga memberikan informasi terkait diskon atau rekomendasi produk terbaik. Berbekal informasi tambahan tersebut, pembeli jadi percaya terhadap kualitas produk, dan tak lagi kesulitan dalam membuat keputusan membeli barang. Secara tidak langsung, bentuk pelayanan terhadap konsumen ini mengarahkan konsumen untuk berbelanja.

Menghindari Tuntutan Pelanggan

Kadangkala, melayani pelanggan dapat menjadi suatu perkara yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Ini disebabkan keinginan serta kebutuhan pelanggan yang berbeda dan beragam. Pelanggan yang tak puas dengan kualitas produk atau pelayanan dapat menjadi masalah besar apabila tidak ditanggapi dengan baik. Ulasan buruk dari pelanggan juga dapat membahayakan reputasi perusahaan. Oleh sebab itu, banyak pengusaha yang menerapkan bentuk layanan optimal kepada pelanggan demi menghindari masalah tak diinginkan dikemudian hari.

Manfaat Pelayanan Prima dalam Usaha

Selain tujuan, terdapat pula manfaat pelayanan prima dalam mendukung perkembangan usaha. Jika perusahaan Anda telah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, besar kemungkinan Anda telah merasakan manfaat pelayanan prima berikut ini. Apa saja manfaat pelayanan yang maksimal kepada konsumen? Berikut jawabannya!

Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Setiap pengusaha tentunya ingin agar perusahaannya memiliki kualitas baik. Salah satu cara meningkatkan kualitas tersebut adalah dengan memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Kualitas perusahaan yang baik akan mendorong perkembangan usaha menjadi semakin maju. Selain itu, sistem pelayanan yang telah diterapkan dapat dijadikan acuan dalam proses pengembangan standar operasional pelayanan konsumen.

Menumbuhkan Suasana Baik antara Konsumen dan Perusahaan

Hubungan antara konsumen dan perusahaan ibarat symbiosis mutualisme. Konsumen yang puas dengan pelayanan baik dari perusahaan akan menjadi pelanggan yang loyal. Dengan kata lain, mereka akan terus berbelanja atau memanfaatkan jasa perusahaan tersebut. Keuntungan juga dirasakan oleh perusahaan, di mana mereka mendapatkan keuntungan dari konsumen yang berbelanja di tempat mereka. Dengan adanya pemasukan, roda aktivitas usaha akan dapat terus bergerak.

Menang dalam Kompetisi Pasar

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan menerapkan pelayanan optimal adalah memenangkan kompetisi pasar. Banyaknya pesaing dan ketatnya kompetisi dalam pasar perdagangan menjadikan setiap perusahaan harus pintar-pintar melancarkan strategi. Tujuannya tentu agar perusahaan dapat bertahan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah melayani konsumen dengan maksimal. Jika reputasi perusahaan Anda dikenal baik oleh konsumen target, maka besar peluang bagi perusahaan Anda untuk jadi lebih unggul dibandingkan usaha kompetitor lainnya.

Contoh Pelayanan Prima dalam Bisnis

contoh-pelayanan-prima

Beberapa contoh pelayanan prima dalam bisnis serta mudah dijumpai dalam keseharian kita adalah sebagai berikut:

  1. Pengusaha di bidang pengiriman atau delivery barang dan makanan berupaya memberikan pengiriman yang cepat, tepat, dan kondisi barang yang baik hingga sampai ke tangan konsumen.
  2. Perusahaan bidang transportasi memberikan layanan konsumen berupa jasa antar yang aman, nyaman, praktis dan dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.
  3. Usaha kuliner menjaga loyalitas konsumen dengan memberikan makanan berasa dan berkualitas baik, penyajian tepat waktu, hingga beragam diskon belanja.

Demikianlah pembahasan terkait pengertian, tujuan, manfaat hingga contoh pelayanan prima kepada konsumen. Semoga membantu Anda dalam memaksimalkan pelayanan kepada konsumen dalam berbisnis!
[business-about]

Pekerja Keras : Contoh Bagi Kalangan Anak Milenial

0
pekerja keras

Di usia yang sangat masih muda, Anda pasti memiliki banyak idola dalam hidup bukan? Idola tersebut akan menjadi motivasi kesuksesan bagi hidup Anda. Banyak alasan bagi Anda untuk mengidolakan seseorang, mulai dari karya, karier, maupun hal lainnya seperti sifat pekerja keras. Sebut saja dalam hal karier seperti, Mark Zuckerberg, Jack Ma, Bill Gates, serta Steve Jobs.

Empat orang tersebut merupakan tokoh yang memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia karena dengan karier mereka yang bagus dan juga keberhasilan mereka dalam mencampurkan banyak sekali jenis ilmu, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis.

Kesuksesan mereka dalam membangun sebuah bisnis besar yang sangat dikenal oleh seluruh dunia, tentunya tidak membutuhkan waktu yang singkat, mereka butuh waktu yang sangat amat panjang untuk dapat sukses dalam bisnis yang mereka tekuni.

Anda bisa mengikuti langkah mereka untuk menjadi sosok yang sukses. Anda harus mencoba segala hal untuk menjadi seperti orang yang Anda idolakan tersebut. Dengan usaha yang sesuai dengan skill yang Anda miliki dan diikuti dengan kerja keras, nantinya Anda akan sukses karena kesuksesan tidak akan datang secara instan.

Untuk Anda para kalangan milenial, agar bisa mencapai sebuah kesuksesan seperti keempat orang tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah dan Anda pasti merasa memiliki banyak kekurangan untuk bisa menjadi sukses seperti keempat orang tersebut.

Kalangan milenial saat ini merupakan kalangan anak muda yang memiliki banyak ide-ide dan juga terobosan baru dalam dunia usaha. Akan tetapi, masih banyak kalangan milenial yang malas untuk menjadikan idenya tersebut sebagai bekal untuk membuka usaha.

Dengan rasa malas tersebut, banyak dari kalangan milenial yang beranggapan bahwa “menjadi sukses itu sulit”. Tetapi dengan ide yang Anda miliki, tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah kesuksesan bagi hidup Anda.

Lalu, apa sih definisi pekerja keras bagi kalangan anak milenial? Tentu ketekunan, dan kerajinan akan mengantarkan Anda menjadi orang yang sukses. Berikut ini akan kami berikan pengertian beserta contohnya yang bisa dilakukan kalangan milenial untuk menjadi sukses.

Pengertian Pekerja Keras

pekerja keras

Pekerja keras adalah seseorang yang memiliki usaha yang dijalankan secara serius atau dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah. Sampai sebuah target yang diinginkan bisa tercapai. Biasanya, para pekerja keras tidak mengenal waktu, jarak, dan kesulitan yang akan mereka tempuh.

Semua ini karena faktor dari memanfaatkan waktu mereka secara optimal, mereka memiliki semangat yang tinggi dan berusaha keras agar mereka mampu mendapatkan hasil yang baik secara maksimal.

Contoh Sikap yang Dimiliki Pekerja Keras

Lalu, apa saja contoh pekerja keras yang bisa dilakukan oleh kalangan milenial? Berikut ini merupakan contoh sikap yang dimiliki pekerja keras.

Menghargai Waktu

menghargai waktu, pekerja keras

Salah satu contoh yang bisa dilakukan oleh para kalangan milenial sebelum merasakan sebuah kesuksesan adalah menghargai waktu. Jika Anda ingin sukses, Anda harus memahami arti penting dari waktu. Orang pekerja keras memahami bahwa waktu bukanlah hak mereka secara pribadi, melainkan waktu tersebut hak milik tempat bekerja. Maka dengan hal inilah, mereka selalu termotivasi untuk menghargai waktu dengan cara disiplin.

Mungkin bagi kebanyakan orang keterlambatan merupakan hal yang biasa atau wajar, tetapi ini tidak berlaku bagi para pekerja keras. Sebuah keterlambatan itu merupakan sikap yang tidak professional terhadap pekerjaan, dan juga mereka akan merasa diremehkan oleh orang-orang di sekitarnya karena keterlambatan yang mereka lakukan tersebut.

Kebanyakan pekerja keras tidak begitu suka menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting, bahkan waktu untuk berisitirahat pun dimanfaatkan oleh mereka untuk mengerjakan sebuah hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, atau untuk usaha milik mereka sendiri. Lantas bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merupakan orang yang menghargai waktu?

Ketekunan

Selain mampu menghargai waktu, ketekunan juga merupakan sebuah hal yang menjadi prioritas bagi para pekerja keras. Saat mereka memiliki komitmen pada suatu bidang, mereka pasti akan bertanggung jawab secara penuh untuk menyelesaikannya.

Meskipun menemukan halangan yang banyak, mereka tidak akan pernah mau putus asa atau pasrah. Mereka sebisa mungkin akan mencari solusi atau akar dari permasalahan yang menghambat kerja mereka tersebut. Bagi mereka, kesuksesan bukanlah hal yang instan melainkan sebuah misteri yang harus mereka pecahkan.

Bagi mereka, perjalanan sebelum menuju sebuah kesuksesan adalah hal yang sangat menarik, sebab darisana mereka bisa belajar untuk menghargai hidup dan juga menjadikan semua itu sebagai pedoman bagi hidup mereka. Jika Anda merupakan orang yang memiliki sikap pantang menyerah dan tekun, pertahankan hal tersebut.

Berinisiatif Tinggi

Sikap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memiliki inisiatif tinggi. Para pekerja keras selalu memiliki inisiatif untuk membantu sesama. Mereka akan membantu rekannya yang tidak mengerti atau mengalami kesuliatan. Bukan hanya untuk sesama saja, mereka juga menerapkan inisiatif tinggi bagi urusan pribadi mereka.

Pekerja keras akan selalu berusaha untuk mencari kesempatan agar mereka bisa mengembangakan diri secara maksimal. Mereka selalu proaktif untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman agar dapat melihat celah untuk berkembang dan terus melangkah maju sampai menemukan sebuah kesuksesan.

Motivasi

motivasi, pekerja keras

Apabila Anda adalah pemuda pekerja keras yang belum merasakan yang namanya sebuah kesuksesan, mungkin Anda belum memiliki motivasi dalam diri Anda. Orang pekerja keras yang sudah merasakan sebuah kesuksesan biasanya memiliki motivasi dalam hidup mereka. Dengan motivasi tersebut, mereka mampu mendorong diri mereka agar menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih fokus lagi terhadap usaha yang mereka jalankan.

Mereka akan bekerja keras sampai motivasi yang ada dalam diri mereka tersebut bisa tercapai. Jika Anda memiliki rekan yang mampu bekerja keras, ini merupakan hal baik untuk Anda yang sedang ingin mencapai sebuah kesuksesan. Karena mereka juga pandai dalam hal menyalurkan motivasi diri bagi Anda yang sedang membutuhkan motivasi.

Mudah Bekerjasama

Sikap terakhir yaitu mudah diajak untuk bekerjasama. Menurut mereka, keberhasilan bersama juga keberhasilan bagi mereka secara pribadi. Reputasi mereka sebagai professional juga pasti akan terangkat apabila mereka mampu membantu secara kolektif dalam mencapai sebuah kesuksesannya.

Kesimpulan

Untuk menjadi kalangan anak milenial yang sukses, Anda tentu tidak boleh patah semangat saat gagal. Mencoba kembali adalah hal yang biasa, tetapi untuk bangkit dari kegagalan adalah hal yang sangat luar biasa. Kesuksesan tidak akan datang apabila kita hanya berdiam diri saja, bangun dari keterpurukan adalah cara berfikir dari orang yang menginginkan sebuah kesuksesan. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Pentingnya Slip Gaji Bagi Karyawan

0
slip gaji

Mendapatkan upah atau gaji merupakan momen favorit dari semua karyawan. Setiap sekali dalam sebulan, para karyawan biasa mendapatkan gaji sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras mereka terhadap perusahaan. Besaran gaji yang diterima oleh karyawan berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut di perusahaan, job desk, hingga jumlah jam kerja per harinya. Agar tidak salah menghitung jumlah pendapatan, biasanya saat menerima gaji, karyawan juga akan menerima sebuah catatan kecil bernama slip gaji karyawan.

Slip gaji memuat perhitungan rinci dari jumlah uang yang diterima oleh seorang karyawan saat menerima upah. Catatan kecil ini merupakan hal penting yang tidak bisa lepas dari sistem keuangan perusahaan. Tanpa adanya catatan rincian gaji, sistem pengelolaan keuangan perusahaan dapat menjadi kacau dan perhitungan upah karyawan dapat diragukan kebenarannya. Tentunya Anda tidak ingin menerima gaji yang tidak sesuai dengan kinerja Anda, bukan?

Ingin tahu lebih banyak perihal kegunaan slip pendapatan karyawan ini? Yuk simak ulasan di bawah ini tentang pengertian, contoh slip gaji karyawan, hingga informasi pinjaman online tanpa slip gaji yang dapat Anda manfaatkan untuk bantuan dana darurat.

Apa itu Slip Gaji?

slip-gaji-1

Gaji merupakan imbalan serta bentuk penghargaan yang diterima karyawan atas kerja kerasnya kepada perusahaan. Sistem gaji yang dimiliki setiap perusahaan berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan gaji secara bulanan, mingguan, bahkan harian. Selain itu, besaran gaji yang diterima oleh setiap karyawan pun berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut di perusahaan, tingkat kesulitan job desk yang ia kerjakan, hingga jumlah total jam kerja karyawan tersebut.

Saat menerima gaji, para karyawan umumnya turut serta menerima rincian gaji masing-masing. Slip gaji atau slip upah merupakan catatan kecil dan ringkas yang memuat jumlah upah kerja dalam periode tertentu serta besar pemotongan upah seperti pajak. Catatan ini berguna agar baik karyawan maupun perusahaan bisa sama-sama memantau proses distribusi gaji. Karyawan dapat mencocokkan jumlah uang yang didapat dengan perhitungan upah dalam lembaran slip.

Bentuk slip upah tradisional biasanya berupa selembar kertas biasa yang isinya diketik lalu print, atau ditulis oleh tangan. Namun berkat kecanggihan teknologi, Anda sekarang bisa menerima slip gaji online. Banyak perusahaan sudah mulai beralih ke metode slip gaji online sebab dapat dibuat dengan cepat, praktis dan efisien. Selain itu, slip gaji online lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas.

Komponen Penting Slip Upah

slip-gaji-2

Sebuah catatan upah tidak bisa dibuat secara sembarangan. Terdapat 4 komponen penting yang wajib tercantum dalam slip upah. Apakah slip upah Anda sudah memuat 4 komponen tersebut? Yuk cari tahu dalam penjelasan berikut ini!

Identitas Perusahaan

Sebuah slip upah yang sah harus mencantumkan identitas perusahaan yang jelas di dalamnya. Identitas perusahaan dalam slip akan memperjelas siapa pemberi upah yang sah, sehingga jika kelak terjadi kesalahan dalam pemberian upah, karyawan tahu harus melapor dan meminta pertanggung jawaban kepada siapa. Identitas perusahaan yang setidaknya harus ada dalam slip upah adalah nama, logo dan cap stempel perusahaan yang menunjukkan legalitas dari slip.

Identitas Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besaran gaji setiap karyawan berbeda-beda. Untuk menghindari kekeliruan dalam pemberian upah, maka setiap slip wajib mencantumkan identitas karyawan seperti nama dan jabatan. Perusahaan juga bisa menambahkan keterangan lainnya seperti nomor pegawai atau nomor pokok wajib pajak dari karyawan jika perusahaan memiliki informasi tersebut.

Periode Gaji

Komponen berikutnya adalah keterangan periode gaji dan tanggal pembayaran. Keterangan ini tidak boleh luput dalam slip upah, sebab tanggal serta periode gaji dapat menjadi bukti sah jika kelak terjadi permasalahan di luar perkiraan terkait gaji. Selain itu, keterangan tanggal dan periode gaji juga akan dicatat oleh bagian keuangan perusahaan ke dalam laporan tahunan perusahaan.

Rincian Pembayaran

Rincian pembayaran merupakan poin penting dari suatu slip upah. Terdapat beberapa rincian yang harus ada dalam slip upah karyawan. Apakah slip upah Anda sudah memuat rincian berikut? Yuk, simak bersama-sama rincian pembayaran dalam slip upah!

Gaji Pokok

Besaran gaji pokok seorang karyawan biasanya ditetapkan menurut jabatan sang karyawan itu sendiri. Biasanya, semakin besar posisi atau jabatannya di suatu perusahaan, maka akan semakit besar pula gaji pokoknya. Namun menurut Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, seorang karyawan harus menerima gaji pokok minimal 75% dari jumlah total upah yang ia dapatkan. Jumlah total upah tersebut melingkupi gaji pokok ditambah tunjangan tetap.

Tunjangan Karyawan

Selain gaji pokok, karyawan juga biasa mendapat tunjangan karyawan. Ada beragam jenis tunjangan yang umum diterima oleh karyawan, seperti tunjangan tetap, tunjangan karir, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi. Tunjangan karyawan biasanya bersifat intensif.

Rincian Potongan dan Pajak

Selain memuat upah yang menjadi hak karyawan, slip juga memuat rincian potongan dana yang ditanggung oleh masing-masing pegawai. Potongan dana ini dilakukan oleh perusahaan untuk membayarkan hal-hal tertentu yang masih berkaitan dengan si karyawan. Contoh potongan yang umum dikenakan pada karyawan seperti potongan pajak, BPJS, dan asuransi hari tua.

Rincian potongan dana ini harus dicantumkan dengan rinci dalam slip upah agar tidak memunculkan kesalahpahaman dalam benak karyawan. Karyawan dapat membaca dan mencocokkan sendiri besaran upah yang dapat mereka kantongi setelah dipotong untuk kebutuhan tersebut.

Upah Lembur dan Komisi

Rincian terakhir yang biasa ada dalam sebuah slip upah adalah keterangan upah lembur dan komisi karyawan. Kadangkala, karyawan harus bekerja melebihi jam kerja asli alias lembur. Sebagai gantinya, perusahaan akan memberikan tambahan lebih berupa uang lembur sebagai bentuk apresiasi.

Sedangkan komisi merupakan bonus yang didapat oleh karyawan, seperti misalnya bonus target penjualan, komisi tunjangan hari raya, dan prestasi-prestasi lainnya. Pemberian komisi dapat mendorong karyawan agar lebih semangat dan baik dalam bekerja.

Contoh Slip Gaji Karyawan

slip-gaji-3

Untuk lebih memperjelas pemahaman Anda tentang slip pembayaran upah, berikut kami berikan contoh slip gaji karyawan sederhana.

KAFE KOPI SUSU POJOKAN

Jl. Hayam Wuruk No 55 Denpasar | Telp 0361-222456

SLIP GAJI KARYAWAN
Periode/Bulan: Mei 2020

NAMA: Ardito Purnama N.

JABATAN: Supervisor Cabang “KAFE KOPI SUSU POJOKAN” Hayam Wuruk

STATUS: Karyawan Full-Time (Penuh Waktu)

RINCIAN GAJI

PENGHASILAN POTONGAN
Gaji pokok (7 jam kerja @ 31 hari) = 2.000.000 PPh 21 = 180.000
Tunjangan jabatan (Supervisor) = 500.000 Asuransi = 100.000
Tunjangan konsumsi = 500.000    
Bonus target = 350.000    
TOTAL (A) = 3.350.000 TOTAL (B) = 280.000
GAJI BERSIH (A-B) = 3.350.000 – 280.000 = 3.070.000

Terbilang: Tiga juta tujuh puluh ribu rupiah

 Denpasar, 1 Juni 2020

Manajer Keuangan

“KAFE KOPI SUSU POJOKAN”

 

Diana Widyanti, S.E.

Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

Telah kita ketahui bahwa slip upah memiliki fungsi utama agar karyawan bisa mencocokkan jumlah uang yang didapat dengan rincian perhitungan kerjanya. Akan tetapi selain itu, tahukah Anda bahwa slip upah dapat digunakan untuk hal lain? Slip upah biasa digunakan untuk mengajukan pinjaman dana seperti kartu kredit, ajuan kredit elektronik dan KPR. Oleh karena itu, banyak karyawan yang suka menyimpan slip upah mereka untuk digunakan kelak di saat genting.

Namun saat ini, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman online tanpa slip gaji. Ada sejumlah perusahaan fintech yang bersedia memberikan pinjaman online tanpa melampirkan slip pendapatan dalam syarat pengajuannya. Anda dapat menjadikan perusahaan fintech berikut ini sebagai solusi untuk mendapatkan pinjaman di saat genting.

Tunaiku

Tunaiku merupakan fasilitator pinjaman KTA dari PT Bank Amar Indonesia dan telah terdaftar OJK. Tunaiku menyediakan pinjaman kredit tanpa harus melampirkan slip upah. Batas pinjaman maksimal yang disediakan Tunaiku mencapai 20 juta rupiah. Proses pengajuan pinjaman cukup mudah melalui aplikasi atau situs resminya. Selain itu, Anda dapat melunasi pinjaman lebih awal tanpa dibebankan bunga.

Dana Rupiah

Fintech berikutnya adalah Dana Rupiah yang berada dalam naungan PT Layanan Keuangan Berbagi. Dana Rupiah bergerak dengan basis P2P online. Sama seperti Tunaiku, proses kerja Dana rupiah dapat dilakukan lewat aplikasi di ponsel. Dana Rupiah memberikan pinjaman mulai dari 400 ribu rupiah hingga maksimal 8 juta rupiah.

Dana Bijak

Alternatif pinjaman terakhir yang tidak memerlukan slip upah yakni Dana Bijak. Dana Bijak memberikan pinjaman uang tanpa agunan, namun masih terbatas di sejumlah daerah saja yakni Jabodetabek. Rentangan pinjaman Dana Bijak mulai dari 350 ribu hingga 3 juta rupiah.

Itu dia pembahasan terkait slip upah, contoh hingga beberapa pinjaman online yang dapat Anda manfaatkan untuk meminjam dana darurat tanpa menggunakan slip upah. Semoga artikel ini bermanfaat!

[online-about]

Saluran Distribusi : Pengertian, Macam – Macam dan Fungsinya

0
saluran distribusi

Dunia perdagangan tidak dapat berjalan sendiri. Ada sejumlah elemen yang membangun sekaligus menggerakkan sektor perdagangan tersebut, seperti produsen dan konsumen. Anda mungkin sudah mengetahui atau familiar dengan produsen dan konsumen. Dalam dunia perdagangan, produsen dikenal sebagai pihak penghasil produk, sementara konsumen adalah pihak yang menggunakan produk tersebut. Namun tahukah Anda, bahwa terdapat satu lagi elemen yang tak kalah penting dalam dunia perdagangan?

Elemen penting tersebut bernama saluran atau penyalur distribusi. Kehadiran penyalur distribusi merupakan unsur penting yang tak dapat diabaikan dalam dunia perdagangan. Lantas, apa yang dimaksud dengan penyalur distribusi? Mengapa peranannya sangat penting dalam dunia perdagangan?

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, hingga contoh-contoh penyalur distribusi dalam ulasan berikut ini!

Memahami Pengertian Saluran Distribusi

saluran-distribusi

Istilah penyalur distribusi mungkin masih belum familier di telinga sebagian orang. Oleh sebab itu, masih banyak yang belum mengetahui pengertian saluran distribusi. Secara sederhana, pengertian saluran distribusi adalah pihak khusus yang menjembatani pihak produsen produk dengan konsumen. Saluran distribusi adalah orang-orang atau agen yang bertugas membawa produk hasil produksi agar dapat dijual dan dimanfaatkan oleh konsumen bebas. Itulah mengapa aspek ini bernilai sangat penting dalam dunia perdagangan.

Sejumlah ahli ekonomi juga merumuskan pengertian dari penyalur distribusi produk. Beberapa definisi tersebut dipaparkan sebagai berikut.

Kotler

Penyalur distribusi menurut Kotler (1991: 279) merupakan pihak tertentu, baik perorangan ataupun perusahaan, yang memiliki hak atas produk dan selanjutnya bertugas memindahkan hak kepemilikan tersebut dari tangan produsen ke konsumen.

Nitisemito

Menurut Nitisemito (1993: 102), penyalur distribusi dapat diartikan sebagai suatu lembaga distributor atau tenaga penyalur. Mereka bertugas menyalurkan barang atau jasa hasil produksi ke tangan konsumen.

Warren J. Keegan

Di tahun 2003, Keegan mendefinisikan penyalur distribusi sebagai sarana yang dimiliki dan dimanfaatkan oleh produsen untuk menyebarluaskan produk hasil buatannya kepada konsumen.

Berdasarkan sejumlah pengertian yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi adalah pihak ketiga baik perorangan atau perusahaan yang bertugas menyalurkan barang jadi hasil produksi dari produsen ke tangan konsumen. Tanpa adanya tenaga penyalur produk, mustahil bagi konsumen bisa mendapatkan produk guna memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Mengenal Macam-Macam Saluran Distribusi

distributor-1

Terdapat beberapa macam saluran distribusi yang biasa beroperasi dalam dunia perdagangan. Perbedaan macam-macam saluran distribusi ini didasarkan pada susunan serta panjang pendeknya mata rantai proses penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Setidaknya ada 5 macam-macam saluran distribusi yang umum dikenal di masyarakat. Berikut ini penjelasan dari 5 jenis penyalur distribusi dari susunan terpendek hingga terpanjang.

Produsen > Konsumen

Jenis distribusi yang pertama sekaligus terpendek adalah distribusi dari produsen ke konsumen. Jenis distribusi “produsen > konsumen” ini dikenal juga dengan proses distribusi langsung. Hal ini dikarenakan sistem distribusi langsung dilakukan tanpa melibatkan pihak lain sebagai perantara. Sistemnya adalah produsen menghasilkan barang dan konsumen langsung membeli produk tersebut dari tempat produsen.

Produsen > Pengecer > Konsumen

Jenis distribusi yang kedua tersusun oleh tiga elemen yakni “ produsen > pengecer > konsumen ”. Dibandingkan tipe sebelumnya, dalam tipe distribusi ini, terdapat peranan pengecer yang menjembatani produsen dengan konsumen. Dalam jenis distribusi kedua ini, produsen menjual produk secara besar atau grosir ke pengecer. Kemudian, pengecer menjual barang secara satuan kepada konsumen.

Produsen > Pedagang Usaha Besar > Pengecer > Konsumen

Rantai distribusi tipe ketiga lebih kompleks dibandingkan tipe kedua, sebab terdapat empat elemen yang berperan di dalamnya yaitu “ produsen > pedagang besar > pengecer > konsumen ”. Meski demikian, sistem distribusi inilah yang banyak diterapkan dalam perdagangan di pasar. Sistem ini pun lantas diberi nama sistem distribusi tradisional. Dalam sistem ini, produsen menjual produk kepada pedagang besar saja. Kemudian, barang dijual kembali oleh pedagang besar ke pengecer untuk selanjutnya dijual terakhir kepada konsumen.

Produsen > Agen > Pengecer > Konsumen

Tipe distribusi keempat memang sekilas tampak mirip dengan tipe distribusi ketiga. Padahal sebenarnya kedua alur distribusi ini berbeda. Dalam jenis distribusi ini, produsen hanya menyalurkan produknya melalui agen tertentu yang telah menjalin kerjasama dengannya. Kemudian, agen akan menyalurkan produk kepada pengecer. Terakhir, pengecer menjual produk ke konsumen di pasaran.

Produsen > Agen > Pedagang Usaha Besar > Pengecer > Konsumen

Rantai distribusi terakhir dapat dikatakan yang paling kompleks dan terpanjang dibandingkan jenis-jenis distribusi lainnya. Agen menjadi penyalur distribusi utama dalam mata rantai ini, terutama agen penjualan. Produsen menjual barang kepada agen, kemudian agen meneruskan kepada pedagang besar. Selanjutnya, pedagang besar menjual barang ke pengecer untuk diteruskan kepada konsumen selaku penerima terakhir.

Fungsi Saluran Distribusi

fungsi-saluran-distribusi

Telah kita ketahui bahwa fungsi saluran distribusi yakni untuk menyalurkan barang produksi ke tangan konsumen. Namun masih terdapat beberapa fungsi saluran distribusi yang lain dan tak kalah penting, seperti:

Title

Fungsi title merupakan proses pemindahan hak milik atas produk dari satu pihak ke yang lain. Proses distribusi memindahkan hak kepemilikan produk dari produsen ke konsumen. Dengan begitu, barang yang telah dibeli dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari oleh konsumen.

Promotion

Promotion alias promosi adalah fungsi untuk menyebarkan informasi terkait produk dari produsen kepada konsumen. Selain menjadi tenaga penyalur, distributor juga berperan aktif dalam melakukan aktivitas promosi produk yang disalurkan. Tujuannya tak lain agar semakin banyak konsumen yang datang dan membeli barang tersebut.

Negotiation

Fungsi lainnya yakni negotiation atau negosiasi. Proses negosiasi terjadi antara pihak penyalur dan konsumen. Tujuannya adalah untuk menyepakati harga produk dan ketentuan lainnya agar dapat terjadi proses pembelian barang.

Ordering

Fungsi ordering merupakan proses di mana pihak penyalur memesan atau membeli barang hasil produksi dari produsen. Tanpa adanya fungsi ini, mustahil bagi produsen untuk bisa mulai menyalurkan barang hasil produksinya ke masyarakat luas.

Physical Possession

Proses distribusi berkaitan erat dengan fungsi physical possession. Physical possession adalah proses yang dilakukan oleh distributor untuk mengangkut, memindahkan hingga menyimpan barang produksi hingga sampai ke tangan konsumen.

Financing

Fungsi terakhir adalah financing. Dalam financing, terjadi proses penerimaan dana. Dana tersebut kemudian dimanfaatkan oleh penyalur untuk menjalankan pekerjaan distribusi.

Contoh Saluran Distribusi dalam Perdagangan

contoh-saluran-distribusi

Pada umumnya, ada empat contoh saluran distribusi dalam perdagangan. Contoh saluran distribusi yang dikenal masyarakat antara lain distributor, sub distributor, wholesaler, dan retailer. Ingin tahu penjelasan lebih lanjut terkait masing-masing contoh saluran perdagangan? Yuk, baca rangkuman lengkapnya berikut ini!

Distributor

Distributor merupakan pihak yang dikenal melakukan proses distribusi langsung dari produsen ke penjual. Distributor umumnya berupa perusahaan. Distributor biasa membeli barang langsung dari beberapa produsen, kemudian menjualnya kembali ke toko, pengecer, atau konsumen langsung. Tenaga penyalur ini juga dinilai cocok untuk dijadikan sebagai profesi, sebab keuntungan yang dihasilkan lumayan melimpah. Hal ini dikarenakan distributor biasa membeli barang secara besar-besaran dari produsen, dan mendapatkan harga jauh lebih murah dibandingkan harga milik tenaga penyalur lainnya.

Sub Distributor

Sub distributor memiliki pengertian yang berbeda dari distributor. Sub distributor bertugas membeli produk dari distributor kemudian menyalurkannya kepada konsumen. Proses penyaluran produk oleh sub distributor pun biasanya dilakukan pada titik-titik area yang telah ditentukan sebelumnya oleh distributor. Jadi, mata rantai penyebaran yang dapat disusun adalah  “produsen > distributor > sub distributor > konsumen”.

Wholesaler (Pedagang Grosir)

Contoh tenaga penyalur berikutnya adalah wholesaler. Wholesaler adalah istilah dari pedagang grosir. Wholesaler merupakan sebuah perusahaan dagang yang juga bertindak sebagai penyalur. Sistem kerja pedagang grosir yakni membeli barang dari distributor atau sub distributor dalam jumlah besar. Barang-barang tersebut nantinya dijual kembali ke pedagang eceran atau konsumen langsung. Contoh pedagang grosiran yang biasa kita jumpai seperti pedagang grosir sembako, bahan baku kue, dan peralatan rumah tangga.

 Retailer (Pedagang Eceran)

Contoh tenaga penyalur yang terakhir adalah retailer alias pedagang eceran. Dibandingkan contoh-contoh tenaga distribusi lainnya, pedagang eceran merupakan tenaga distribusi yang paling kecil bentuknya sekaligus yang paling menjamur di masyarakat. Pedagang eceran menduduki mata rantai terakhir dalam sistem penyaluran sebab ia melakukan kegiatan penjualan langsung kepada konsumen. Setelah produk mencapai tangan konsumen, produk tersebut tidak akan dijual kembali, melainkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contoh pedagang eceran yang dapat dijumpai di masyarakat seperti toko-toko, minimarket, dan warung yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.

Itu dia pembahasan lengkap tentang penyalur distribusi produk dalam dunia perdagangan. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan Anda!
[marketing-about]

Go Public Adalah : Syarat dan Pengertian

0
go public adalah

Salah satu cara mengembangkan perusahaan adalah dengan mendapatkan investor pemodal. Kehadiran investor dalam perusahaan menjadi penyuplai tambahan modal agar perusahaan dapat bekerja dengan lebih baik. Sampai hari ini, cara tersebut masih dinilai efektif oleh banyak pemilik perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan yang ingin mengembangkan usaha, maka tak ada salahnya mulai mencoba mencari investor untuk mendukung usaha Anda.

Sayangnya, proses mencari investor ternyata bukan hal yang mudah. Anda memerlukan sejumlah strategi untuk menarik minat investor agar mau berinvestasi di perusahaan Anda. Selain itu, Anda perlu memikirkan keuntungan apa yang sekiranya dapat diberikan oleh perusahaan kepada investor. Jika kedua hal tersebut dapat Anda penuhi, maka dapat dipastikan investor akan berdatangan menanamkan modal pada perusahaan Anda.

Jangan khawatir jika Anda masih belum menemukan cara yang tepat untuk menggaet investor. Dunia investasi, khususnya pasar modal, telah menyediakan jawabannya untuk Anda. Salah satu cara terbaik agar perusahaan Anda dibanjiri investor adalah dengan melakukan go public terhadap perusahaan. Perusahaan go public adalah target terbaik yang banyak diburu investor untuk dijadikan tempat menanam saham.

Apa itu go public? Apa manfaatnya bagi perusahaan? Yuk, simak lebih lengkap tentang pengertian, tujuan hingga syarat-syarat agar perusahaan Anda bisa go public di bawah ini! Dengan menjadi go public, perusahaan Anda dijamin akan kebanjiran investor yang ingin berinvestasi!

Mengenal Istilah Go Public

go-public

Perusahaan go public adalah salah satu hal penting dalam dunia investasi saham. Sederhananya, pengertian go public adalah penawaran saham perusahaan kepada publik. Pengertian go public adalah kegiatan pengubahan status perusahaan dari perusahaan tertutup menjadi terbuka melalui proses penawaran saham ke masyarakat umum.

Perusahaan go public sering dikenal sebagai perusahaan Initial Public Offering alias perusahaan IPO. Dalam Bahasa Indonesia, Initial Public Offering berarti penawaran pasar perdana atau pertama kali ke masyarakat. Kesimpulannya, pengertian go public adalah penawaran umum saham perusahaan. Maka dari itu, perusahaan go public adalah lahan investasi yang banyak dilirik oleh investor saat ini.

Penawaran saham umum yang dilakukan perusahaan go public dilakukan tidak secara sembarangan atau dijual begitu saja. Perusahaan go public menjual saham menggunakan aturan serta tata cara yang dimuat dalam Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Terdapat pula sejumlah aturan yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang harus ditaati oleh perusahaan go public. Aturan-aturan tersebut dapat diakses pada laman resmi OJK dan BEI.

4 Tujuan Go Public Perusahaan

go-public-perusahaan

Saat ini, ada banyak perusahaan yang memilih beralih menjadi go public. Salah satunya adalah perusahaan jejaring sosial raksasa Facebook, yang menjual sahamnya ke ranah publik di tahun 2012. Terdapat sejumlah tujuan yang mendasari keputusan banyak perusahaan beralih dari tertutup menjadi terbuka. Jika Anda masih belum mengetahuinya, jangan khawatir! Yuk simak 4 tujuan go public berikut ini.

Mendapatkan Pendanaan Modal Jangka Panjang

Tujuan go public adalah memberikan jalan bagi perusahaan untuk mendapat asupan dana jangka panjang. Hal ini dirasa amat penting sebab masalah terkait pendanaan cukup sering menimpa berbagai perusahaan, baik perusahaan baru atau perusahaan yang sudah besar sekalipun. Tujuan go public adalah untuk mendapatkan dana tambahan yang akan dimanfaatkan untuk mendukung kinerja perusahaan.

Dengan adanya suplai tetap tambahan dana, perusahaan akan mempunyai struktur permodalan yang baik dan optimal. Hal ini dikarenakan manajemen perusahaan dapat memanfaatkan pasar modal untuk mendapatkan pendanaan berikutnya. Dengan menjadikan perusahaan go public, Anda dapat lebih mudah menarik para investor untuk berinvestasi di perusahaan Anda.

Meningkatkan Company Value

Selain mendapatkan pendanaan modal jangka panjang, tujuan go public adalah untuk meningkatkan company value atau nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat meningkat sebagai efek dari status go public. Ketika suatu perusahaan memiliki saham yang diperjualbelikan secara bebas di Bursa Efek, secara otomatis, publik dapat memantau kegiatan perusahaan tersebut.

Adanya transparansi kegiatan perusahaan akan mendorong pemilik perusahaan untuk meningkatkan kondisi finansial dan kinerja operasional usaha. Semakin baik kedua aspek tersebut, maka harga saham dan nilai perusahaan akan meningkat secara bersamaan. Peningkatan nilai perusahaan juga akan meningkatkan rasa percaya publik serta investor untuk berinvestasi di perusahaan Anda. Hal ini dikarenakan para investor selalu mencari perusahaan dengan reputasi baik sebagai tempat berinvestasi.

Memupuk Loyalitas Tenaga Kerja

Tujuan lain dari pebisnis mengalihkan perusahaannya menjadi go public adalah untuk memupuk rasa loyal dari para tenaga kerja mereka. Rasa loyal dapat ditumbuhkan lewat pemberian bonus insentif yang didapatkan perusahaan. Melibatkan kinerja yang baik seluruh karyawan juga dinilai dapat menumbuhkan rasa loyalitas mereka terhadap perusahaan. Sebab, karyawan sendiri juga akan dapat merasakan keuntungan dari nilai perusahaan yang meningkat berkat kerja keras mereka. Perusahaan dengan tingkat loyalitas karyawan yang tinggi akan beroperasi lebih optimal ketimbang perusahaan yang tingkat loyalitas karyawannya rendah.

Melindungi Kelangsungan Perusahaan

Salah satu penyebab perusahaan mengalami kebangkrutan adalah adanya perpecahan dari para pemiliknya. Perpecahan dapat terjadi seperti perbedaan visi dan misi sehingga antara satu pihak dengan yang lain tak lagi sejalan. Masalah ini dapat dihindari dengan menjadikan perusahaan go public. Dengan menjadi perusahaan go public, setiap anggota grup pemilik perusahaan bisa memiliki saham dengan besaran sesuai porsi masing-masing. Selain itu, pemilik perusahaan go public juga bisa memercayakan manajemen pengelolaan perusahaannya ke orang yang kompeten atau profesional. Mereka dapat senantiasa mengecek dan mengawasi kinerja perusahaan dengan membaca segala informasi termasuk laporan finansial perusahaan yang kini terbuka untuk akses umum.

Syarat-Syarat Menjadi Perusahaan Go Public

perusahaan

Setelah memahami definisi dan tujuan dari perusahaan go public, sekarang waktunya mencari tahu persyaratan agar perusahaan Anda berganti status dari tertutup ke terbuka. Terdapat setidaknya 5 syarat utama yang harus Anda penuhi agar perusahaan Anda bisa go public. 5 syarat go public adalah sebagai berikut.

Memiliki Tim IPO Internal

Salah satu syarat go public adalah memiliki tim IPO internal yang kuat dan baik. Keberadaan tim ini sangat penting sebab merekalah yang akan bekerjasama dengan tenaga ahli eksternal selama proses perubahan status perusahaan menuju IPO. Tim IPO internal berkewajiban untuk menyiapkan dokumen-dokumen prospektus. Oleh sebab itu, saat menentukan anggota tim IPO internal perusahaan, pastikan Anda memilih orang-orang yang kompeten di bidang keuangan dan hukum.

Membuat Daftar Pertimbangan

Syarat go public selanjutnya yakni membuat daftar pertimbangan untuk sejumlah hal-hal yang dirasa krusial.  Beberapa hal yang dapat Anda susun dan pertimbangkan sebagai syarat go public adalah:

  1. Menghitung besaran dana yang diperlukan perusahaan dari IPO;
  2. Menghitung besaran persentase maksimal dari kepemilikan saham publik;
  3. Jika perusahaan memiliki cabang, Anda harus menentukan anak cabang perusahaan mana yang akan dijual sahamnya ke publik;
  4. Memperkirakan perlu atau tidaknya mempersiapkan kebutuhan lain yang harus disiapkan sebelum penawaran dilakukan seperti akuisisi, spin-off, merger, dan lainnya.
  5. Membaca dan mempertimbangkan ketentuan perizinan sebelum menjadi IPO;
  6. Mempertimbangkan keperluan untuk mengubah susunan direksi perusahaan; dan masih banyak lainnya.

Menunjuk Tenaga Profesional Luar

Tenaga profesional luar juga akan Anda butuhkan di samping tim IPO internal. Tenaga profesional eksternal ini meliputi penjamin emisi efek, akuntan publik, konsultan hukum, notaris, penilai, dan biro administrasi efek. Nantinya, para tenaga ahli ini akan membantu Anda dari segi administrasi dan hukum saat proses go public berlangsung.

Mengubah Anggaran Dasar dan Mengadakan RUPS

Syarat selanjutnya adalah perusahaan Anda harus sudah memiliki perubahan anggaran dasar dari perusahaan tertutup ke perusahaan terbuka. Untuk mendapatkan persetujuan go public dari para pemilik saham, Anda juga perlu mengadakan RUPS selama proses persiapan. Persiapan RUPS pun diperlukan guna mendapat persetujuan terkait besaran saham yang akan dijual ke masyarakat umum.

Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Syarat terakhir adalah mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Perusahaan mendaftar untuk menjadi go public di OJK dan mengajukan permohonan pencatatan saham di Bursa Efek. Saat itu, perusahaan harus menyetorkan sejumlah dokumen untuk melengkapi proses pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut melingkupi:

  1. Profil perusahaan (rencana IPO, profesi penunjang dan underwriter)
  2. Laporan keuangan (telah diaudit akuntan publik);
  3. Laporan penilai;
  4. Pendapat dan laporan dari segi hukum oleh konsultan hukum;
  5. Proyeksi keuangan;
  6. Prospektus; dan
  7. Anggaran dasar perusahaan terbuka yang telah disetujui oleh Menteri hukum dan HAM.

Bagaimana? Tertarik untuk melakukan go public terhadap perusahaan Anda guna mendapatkan investor? Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan kepada Anda terkait seluk beluk go public!
[business-about]

8 Ide Bisnis Franchise Murah Terbaru | Yuk Daftar!

0
franchise murah

Sekarang ini, ada banyak orang yang bekerja sembari membuka usaha dengan tujuan mendapatkan tambahan penghasilan. Membuka bisnis sendiri selalu menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus melepaskan pekerjaan tetapnya.

Anda bisa mengelola bisnis di sela-sela jam kosong dari pekerjaan pertama. Pekerjaan mengelola bisnis kekinian pun sudah menjadi semakin mudah berkat kehadiran beragam teknologi dan aplikasi bisnis terbaik. Anda pun bisa selalu mengontrol dan memonitor bisnis rintisan dari jauh semudah menatap layar smartphone.

Namun kecanggihan teknologi sayangnya tetap tidak mengubah fakta bahwa tidak semua orang pandai dalam berbisnis. Apalagi jika Anda tidak pernah memiliki pengetahuan dan pengalaman berbisnis sebelumnya. Wajar saja jika banyak pebisnis pemula akhirnya kebingungan bagaimana cara memulai sebuah bisnis dengan baik.

Akan tetapi, kini juga ada kabar gembira yang bisa membuat Anda merasa lebih lega. Faktanya, kecerdasan tidak menjadi faktor utama penentu keberhasilan dari bisnis seseorang. Ada begitu banyak faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis rintisan.

Beberapa di antaranya adalah pengalaman, sumber daya, modal serta dedikasi, motivasi, tenaga dan jumlah waktu yang diluangkan untuk bisnis. Faktor-faktor ini turut mendukung kelancaran bisnis Anda selain semata-mata mengandalkan kecerdasan pengelola.

Ditambah lagi sekarang ini terdapat banyak metode berbisnis yang mudah dan praktis, sehingga menjadikan lebih banyak orang tanpa skill maupun pengalaman bisnis yang berani unjuk gigi membuka bisnis dan meraih kesuksesan. Salah satu metode bisnis mudah dan praktis tersebut adalah bisnis franchise alias waralaba.

Seperti apa itu bisnis franchise dan di mana letak kemudahannya? Selain itu, apa saja ide-ide bisnis franchise murah meriah dan menguntungkan yang bisa Anda coba jalani?

Anda beruntung karena artikel kali ini akan membahas tuntas perihal seluk-beluk bisnis franchise. Kami juga menyajikan 8 ide bisnis franchise minim modal namun selalu diburu oleh konsumen dari masa ke masa. Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini. Selamat membaca!

Mengenal Potensi Bisnis Franchise Menguntungkan dan Minim Modal

franchise-murah

Pernahkah Anda mendengar istilah bisnis franchise sebelumnya? Bisnis franchise sudah bukan metode usaha yang baru lagi bagi masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan entah Anda menyadarinya atau tidak, di sekitar kita ada banyak sekali bisnis franchise, lho! Sebut saja perusahaan besar seperti McDonald’s, Dunkin Donuts, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kulo, dan masih banyak lagi.

Menjamurnya bisnis franchise ini dikarenakan sistemnya yang super praktis, minim modal untuk dimulai, dan menawarkan prospek yang menjanjikan. Bisnis franchise adalah sistem bisnis di mana Anda bisa membuka bisnis baru menggunakan brand atau merk dagang yang sudah ada dan terkenal.

Ada pula yang mengartikan sistem franchise sebagai sistem membuka usaha di mana Anda membeli lisensi atau hak kepemilikan dari sebuah brand besar, agar kemudian Anda bisa membuka cabang toko yang sama.

Sistem franchise ini jauh lebih mudah dan dijamin pasti untung karena Anda memakai nama brand yang sudah terkenal dan sudah memiliki target pasar jelas. Anda pun tidak perlu lagi repot-repot melakukan branding dari awal dan menunggu cukup lama sampai perusahaan Anda terkenal di masyarakat dan meraup keuntungan besar.

Bagaimana cara kerja franchise? Contohnya seperti ini. Semisal Anda membeli lisensi dan membuka franchise perusahaan makanan cepat saji McDonald’s. Anda akan mendapatkan hak kepemilikan, aturan sistem kerja (SOP) perusahaan, suplai bahan baku dan karyawan dari perusahaan induk McDonald’s. Selebihnya, Anda bisa langsung mulai berbisnis dan mengelola perusahaan menggunakan aturan manajerial milik sendiri. Praktis, bukan?

Dibandingkan dengan mendirikan bisnis biasa dari nol yang bisa memakan puluhan hingga ratusan juta rupiah, bisnis franchise bisa dimulai dengan modal sekitar 5 sampai 10 juta rupiah saja.

Harganya pun bisa menjadi lebih murah jika Anda sudah memiliki gedung sendiri untuk membuka usaha. Jauh lebih hemat!

Meski demikian, tetap tidak menutup kemungkinan ada bisnis franchise terkenal lainnya yang membutuhkan modal awal ratusan hingga milyaran rupiah. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab masih banyak rekomendasi bisnis franchise murah meriah yang menguntungkan dan selalu diburu konsumen.

8 Ide Franchise Murah Terlaris Sepanjang Masa yang Wajib Anda Coba

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini kami sajikan 8 daftar ide bisnis franchise murah dan terlaris sepanjang masa karena produknya selalu diburu pembeli dari seluruh daerah. Wajib dicoba dari sekarang!

1. Franchise Pisang Nugget Kece

Ide bisnis franchise murah dan menguntungkan pertama adalah franchise Pisang Nugget Kece. Jajanan yang dibuat dari bahan baku pisang satu ini selalu banyak diminati dari masa ke masa. Dengan beraneka ragam topping, Pisang Nugget Kece menawarkan kerjasama atau kemitraan franchise murah yang sangat menggiurkan.

Untuk bekerja sama dengan franchise Pisang Nugget Kece ini, Anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 5 juta rupiah saja. Dengan sekali pembayaran di muka, Anda sudah bisa langsung memperoleh peralatan memasak, bahan baku, resep dan stand yang siap digunakan untuk berbisnis.

Meski modalnya hanya Rp5 juta, ternyata pendapatan atau omzet penjualan perbulannya tidak main-main. Omzet franchise Pisang Nugget Kece ini terbukti dapat menyentuh hingga angka 40 juta rupiah di setiap bulannya. Anda pun tidak perlu cemas akan waktu balik modal yang lama, sebab franchise Pisang Nugget Kece terbukti sukses mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat.

Kesuksesan franchise yang satu ini tak lain dikarenakan rasa pisang nugget yang lezat, lengkap dengan aneka topping tambahan, plus harga murah seporsi pisang nugget yang dijual berkisar 15 ribu rupiah saja. Dijamin laris diburu konsumen!

2. Franchise King Cokelat

Siapa yang tidak suka minuman segar seperti es cokelat yang manis? Faktanya, hampir semua orang dari seluruh dunia suka cokelat. Itulah mengapa minuman cokelat nyaris tidak pernah kehilangan penggemar setia di masyarakat. Sehingga, Anda punya peluang yang sangat besar untuk sukses hanya dari membuka atau bekerja sama dengan franchise minuman cokelat!

Anda dapat memilih perusahaan King Cokelat untuk bermitra franchise. Pasalnya, tak seperti franchise minuman kekinian lezat lain, King Cokelat menyediakan franchise murah dan praktis untuk pemula.

Anda dapat bekerja sama dengan King Cokelat hanya dengan modal awal sekitar 3,8 juta rupiah saja. Jauh lebih murah dibandingkan Pisang Nugget Kece. Dengan modal sekecil itu pun Anda sudah akan mendapatkan perlengkapan lengkap berupa booth, poster menu, bahan baku, dan alat bahan lainnya untuk berbisnis.

Bagaimana dengan omzet? Untuk setiap porsi, minuman King Cokelat dijual dengan harga Rp7.000 saja. Jika Anda berhasil menjual lebih dari 100 gelas setiap harinya, maka otomatis dalam sebulan Anda akan mendapatkan untung bersih lebih dari 8,5 juta rupiah. Wah, jika sukses seperti ini terus, maka kurang dalam waktu sebulan saja Anda sudah bisa balik modal bisnis!

3. Franchise Martabak Mini Rainbow

Jajanan kekinian yang satu ini tengah menjadi primadona. Martabak mini adalah inovasi dari makanan khas Indonesia yakni martabak. Martabak adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung dan telur, serta bisa berisi beraneka macam isian topping, mulai dari cokelat, selai, keju, kacang, hingga daging dan sayur-sayuran.

Sementara martabak mini merupakan martabak yang disajikan dengan porsi kecil dan topping yang lebih beraneka ragam. Salah satu franchise martabak mini dan merupakan franchise murah yang terkenal adalah Martabak Mini Rainbow.

Anda dapat memulai bisnis kemitraan Martabak Mini Rainbow dengan modal mulai dari harga 5 juta rupiah. Dengan modal tersebut, Anda akan mendapat paket peralatan lengkap, bahan baku martabak, termasuk poster untuk mempromosikan jualan.

Omzet dari Martabak Mini Rainbow ini juga tidak tanggung-tanggung. Anda berkesempatan untuk mendapatkan omzet hingga angka 35 juta rupiah perbulannya apabila usaha franchise murah Anda sukses. Uniknya, Martabak Mini Rainbow ini dapat Anda jual dengan harga super murah yakni Rp3.000 perporsi. Konsumen pun pasti akan senang berbelanja camilan murah dan lezat dari tempat Anda.

4. Franchise Sizuka Takoyaki

Selanjutnya adalah ide bisnis franchise Takoyaki. Takoyaki sendiri merupakan produk makanan yang berasal dari Jepang. Meski bukan makanan asli Indonesia, namun Takoyaki cukup hits dan disukai di Indonesia. Sehingga, bisnis Takoyaki cukup menjanjikan peluang yang bagus untuk memulai usaha.

Modal bisnis Takoyaki Sizuka ini pun jauh lebih murah dibandingkan harga-harga modal bisnis franchise sebelumnya dalam daftar ini. Jika Anda berminat untuk membuka franchise murah yang satu ini, Anda hanya perlu menyediakan modal sebesar Rp2.2 juta saja! Masih sama seperti bisnis franchise lain, modal 2.2 juta tadi sudah bisa Anda tukar dengan booth portable, banner, sampai kompor dan bahan baku awal untuk mulai berjualan.

Omzet yang akan Anda dapatkan pun bisa mencapai jutaan rupiah. Agar lebih sukses dan laris manis diburu konsumen, kami sarankan untuk berjualan di lokasi yang strategis seperti di daerah sekolah, dekat taman atau tempat hiburan. Pilihlah lokasi-lokasi yang mudah ditemukan konsumen dan selalu ramai, ya!

5. Franchise Chicken Popop

chicken-popop

Usaha franchise yang satu ini sudah berdiri sejak 2013 lalu namun masih eksis sampai hari ini dan tahun-tahun mendatang. Sesuai namanya, Chicken Popop adalah franchise yang menjual chicken popcorn (ayam fillet goreng yang dipotong kecil-kecil dan dibaluri aneka bumbu seperti BBQ, balado, pedas manis, dan lain-lain).

Untuk bekerja sama atau menjalin kemitraan dengan Chicken Popop, Anda hanya perlu menyediakan modal sejumlah Rp6 juta. Dengan modal tersebut, Anda akan mendapatkan perlengkapan bisnis lengkap dengan alat masak dan kompor gas.

Omzetnya? Jika sudah sukses dan diketahui banyak orang, Anda akan mendapat penghasilan hingga 45 juta rupiah setiap bulannya. Fantastis! Dengan berbagai pilihan topping khas Chicken Popop mulai dari keju, sapi panggang, rumput laut, BBQ, cabai pedas hingga balado, dijamin lapak Anda akan mendapatkan banyak pelanggan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Franchise Donat Bakar

Hampir semua orang menyukai jajanan donat. Tua muda, anak kecil hingga orang dewasa, semua pasti pernah makan donat. Seiring berjalannya waktu pun, donat hadir tidak hanya dalam bentuk gorengan. Ada pula kreasi baru donat yang dibuat dari kentang dan dimasak dengan cara dibakar sebelum disajikan seperti produk unggulan khas bisnis Donat Bakar.

Bisnis franchise Donat Bakar adalah inspirasi menarik yang harus Anda coba. Franchise Donat Bakar sudah didirikan sejak tahun 2008 dan sampai hari ini masih beroperasi memuaskan keinginan ngemil masyarakat dengan menyediakan 42 varian rasa. Banyaknya ragam topping dan isian Donat Bakar menjadikan makanan yang satu ini semakin digemari masyarakat.

Untuk Anda yang berminat bermitra dengan franchise murah yang satu ini, Anda harus merogoh kocek yang agak dalam yakni 7.5 juta rupiah. Namun harga yang dipasang sudah jelas sebanding dengan kelengkapan fasilitas dan omzet yang dapat diperoleh. Paket franchise Donat Bakar sudah mencakup peralatan untuk berjualan, seperti booth, banner menu, tabung gas, kompor, seragam karyawan, sampai bahan training pembuatan donat. Tertarik untuk mencoba?

7. Franchise Roti Mr. John Singapore

Roti John adalah produk makanan berasal dari Singapura yang sangat terkenal dan banyak diminati pecinta kuliner Indonesia. Franchise satu ini menyediakan roti berukuran panjang yang memiliki beragam isian, mulai dari sayuran, telur dadar, ham, sampai mayonnaise dan saus sambal.

Franchise Roti John punn menawarkan kemitraan dengan harga mulai dari 8 juta rupiah. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan berjualan serta bonus bahan baku awal sebanyak 50 porsi.

Berdasarkan situs resmi Mr. John, potensi omzet yang mungkin didapatkan untuk satu outlet franchise Mr. John dapat mencapai 9-18 juta setiap bulannya. Jika dalam sehari Anda mampu menjual setidaknya 25 porsi, maka dalam waktu kurang lebih 2,5 bulan Anda sudah dapat balik modal. Lumayan menguntungkan, bukan?

8. Franchise Bakso Benhil

Anda pecinta bakso? Makanan favorit sejuta umat yang satu ini memang memiliki banyak sekali penggemar setia sehingga sangat berpeluang menghasilkan keuntungan besar. Maka dari itu, inspirasi ide franchise terakhir yang selalu laku dari kami adalah franchise Bakso Benhil.

Jika Anda tertarik, Anda dapat menjalin kemitraan dengan Bakso Benhil. Bakso Benhil sudah tidak asing bagi sebagian orang Indonesia, terutama yang bermukim di kota-kota besar. Bakso yang satu ini sudah diliput oleh berbagai media cetak maupun elektronik yang membuat namanya semakin terkenal.

Dengan bermitra dengan Bakso Benhil, Anda akan mendapatkan pelatihan dalam menentukan tampilan rumah makan, pelayanan, harga, cara menghitung profit, hingga strategi promosi. Anda juga tidak haruskan menggunakan peralatan dan perlengkapan memasak dari Bakso Benhil sehingga akan menghemat banyak biaya. Anda hanya memerlukan modal 4 juta saja untuk memulai. Sangat murah untuk fasilitas yang luar biasa lengkap, bukan?

Nah, itulah beberapa franchise makanan murah dan selalu laku dari waktu ke waktu. 8 ide di atas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan sistem waralaba atau franchise. Tidak perlu ragu akan keuntungan yang akan Anda terima, karena franchise-franchise murah di atas sudah terbukti memberikan omzet jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Namun Anda tetap perlu untuk sungguh-sungguh dan berdedikasi dalam menjalankan usaha franchise pilihan. Niscaya, pasti akan ada hasil yang baik bagi mereka yang selalu berusaha keras.

Maksimalkan Bisnis Franchise Murah Meriah Anda Bersama Kami

aplikasi online

Dunia teknologi modern saat ini menjadikan semua jenis bisnis lebih mudah untuk dijalani dan menjanjikan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memaksimalkan bisnis franchise kecil-kecilan Anda dengan bantuan perangkat teknologi seperti aplikasi bisnis berkualitas.

Kami memahami betul keinginan Anda untuk bisa mengembangkan bisnis sejauh-jauhnya dan tanpa keterbatasan apapun. Untuk itu, kami sengaja menghadirkan layanan pengembangan aplikasi android terbaik di APPSHOP khusus untuk Anda.

APPSHOP adalah perusahaan pengembang aplikasi android terbaik di Indonesia dengan segudang pengalaman profesional. Kami menyediakan paket lengkap pengembangan aplikasi bisnis online untuk franchise yang bebas Anda personalisasi dan kustomisasi dengan nama dan identitas brand. Dengan memasarkan bisnis memakai aplikasi, dijamin bisnis Anda akan lebih cepat dijangkau masyarakat serta meraup keuntungan!

Tak terbatas sampai di sana, APPSHOP turut menyediakan layanan konsultasi bisnis IT untuk pemula. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengomunikasikan seluruh permasalahan Anda, karena kami akan siap sedia membantu memberikan jalan keluar terbaik melalui sesi konsultasi gratis!

Tertarik untuk bekerjasama mengembangkan usaha bersama kami? Ayo hubungi APPSHOP di https://appshop.co.id/ sekarang dan langsung raih lebih banyak penawaran menarik lainnya yang sudah kami siapkan khusus untuk Anda. Sampai jumpa di APPSHOP!