Last Updated on March 20, 2023 by
Masih bingung mau mencantumkan caption apa di bio Instagram online shop Anda? Tenang, +20 ide bio Instagram terbaru berikut ini akan menjadikan profil bisnis Anda lebih menarik di mata konsumen.
Bio Instagram adalah elemen pertama yang memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat. Itulah mengapa setiap online shop di IG hendaknya mencantumkan sebuah bio yang menarik.
Bio IG pun bisa ikut membangun image dan first impression yang baik dari usaha Anda. Tapi masih ada banyak olshop yang kebingungan menulis bio Instagram yang estetik sekaligus memikat.
Apakah Anda juga mengalami masalah tersebut? Yuk langsung simak kumpulan ide bio Instagram bisnis terbaik pilihan kami di bawah ini!
Daftar Isi
20+ Ide Bio Instagram Bisnis Terbaru dari Berbagai Niche
Tidak perlu pusing-pusing mencari inspirasi bio profil Instagram bisnis yang menarik. Berikut telah kami rangkum aneka ide bio IG dari berbagai brand populer di Indonesia, luar negeri, profil influencer, start-up dan bisnis-bisnis kategori lainnya.
Anda bisa menjadikan ide-ide ini sebagai inspirasi untuk membuat bio IG yang unik sendiri:
Ide Bio Instagram Usaha Makanan
1) “Rehat sejenak, temukan seteguk kebahagiaan dari nikmatnya olahan teh” – @rehat.refreshertea
Terdapat penggunaan nama usaha sebagai jargon dalam bio IG bisnis.
2) “Korean Cakes | Choux | Brownies | Kue Kering | Cupcakes | Burnt Cheesecake
PO H-2″ – @uripatisserie
Mencantumkan menu yang dijual ke bio untuk memudahkan konsumen mengetahui produk.
3) “Tangan ajaib Mak Kembar
Sambal Dadakan Masa Kini” – @sambalgamimakkembar
Menyelipkan slogan khas yang menggambarkan citra bisnis sebagai bio IG.
4) “Bringing the Vibe to the Suburb
Paddy view ���| special dish : Bebek Ketumbar” – @sunfieldbali
Anda dapat membuat bio IG dari kelebihan-kelebihan bisnis. Seperti di contoh ini, terdapat ciri khas resto dan menu spesialnya.
5) “Official Page of Solaria Resto” – @solaria.indonesia
Mencantumkan keterangan ‘official page’ akan memudahkan konsumen membedakan brand Anda dari akun-akun peniru atau kompetitor.
Ide Bio Instagram Bisnis Kafe Kopi
6) “Open daily
10.00 – 23.00 WITA
Available on Gofood” – @moodcoffeebali
Berikan penjelasan ringkas terkait jam operasional dan ketersediaan pesan online untuk membantu konsumen bertransaksi.
7) “Mon – Sun : 8.00 – 22.00
Indoor & Outdoor space
Free WiFi” – @espressoul.coffee
Anda dapat menonjolkan layanan yang dimiliki kafe Anda untuk menjadikannya berbeda.
8) “Make today a good day. ���” – @starbucks
Sebuah kalimat sederhana dari visi brand Anda bisa menjadi bio IG yang menarik. Anda dapat menambahkan emoji yang sesuai dengan tema branding.
9) “World Branding Awards – Retailer Coffee 2022-2023
MURI – Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam 1 Tahun
900+ Jilid di Indonesia” – @kopijanjijiwa
Bisnis Anda punya penghargaan yang membanggakan? Tidak ada salahnya untuk mencantumkannya sebagai bio Instagram agar pembeli merasa terkesan terhadap brand.
10) “Indonesia Specialty Coffee
JKT•BALI•MKS” – @anomalicoffee
Bio IG sederhana dengan mencantumkan ciri utama layanan, produk, dan lokasi-lokasi store cabang yang aktif.
Ide Bio Instagram untuk Influencer
11) “Sharing and collaborating to hand in hand achieve meaningfulness and fulfillment and advance our collective quality of life.” – @awkarin
Visi misi Anda selaku influencer bisa menjadi inspirasi banyak orang juga. Alhasil, pakailah visi tersebut sebagai bio IG untuk memperluas awareness.
12) “Founder Narasi @narasi.tv @narasinewsroom” – @najwashihab
Tulis pencapaian besar atau posisi penting Anda saat ini sebagai bio IG agar orang-orang lebih mengenal sosok Anda.
13) “Your virtual work bestie
Toodaloo!” – @loewhaley
Buat bio IG dari ranah konten yang menjadi spesialisasi Anda. Tak lupa cantumkan juga jargon ciri khas Anda, apabila punya.
14) “The Internet’s favorite American English Pronunciation teacher!” – @rachelsenglish
Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memasang titel yang menggambarkan diri Anda selaku influencer di bio.
15) “RATU SALOMEH COMEBACK” – @lucintaluna_manjalita
Bio influencer tidak harus selalu bernada serius dan kaku. Contohnya seperti bio IG satu ini yang humoris dan sesuai dengan image sang influencer yang jenaka.
Ide Bio Instagram Bisnis Start Up
16) “Nih, aku kasih konten-konten menarik buat nemenin hari kamu!���” – @gojekindonesia
Contoh bio IG bisnis yang singkat, luwes dan to the point menyampaikan fungsi utama laman profil bisnis ke masyarakat. Penggunaan gaya bahasa di bio IG juga bisa disesuaikan dengan target market Anda.
17) “#HanyadiLazada #LazadaCepatGratis” – @lazada_id
Menggunakan hashtag-hashtag bisnis yang unik untuk memperkenalkan brand ke masyarakat.
18) “Go with ease ➡️ Go with friends ➡️
Go with confidence ➡️ Go anywhere ���
Hop in ⬇️
(linktree)” – @uber
Menyusun manfaat-manfaat layanan dalam sebuah alur yang mudah dipahami memakai emoji. Terdapat pula selipan Call To Action di bio Instagram yang mendorong audiens agar segera memesan jasa dari brand.
19) “WEAR YOUR WONDERFUL
���Get featured using #SHEINforAll or tag @SHEINOFFICIAL” – @sheinofficial
Bio IG ini adalah contoh terbaik untuk memotivasi konsumen agar mau aktif terlibat dengan brand.
Ide Bio Instagram Bisnis Kesehatan
20) “Chat Dokter, Beli Obat, Layanan Home Lab
klik ���
(link)” – @halodoc
Cukup tampilkan ringkasan servis pelayanan dan cara memesannya secara ringkas.
21) “���Chat Bersama Dokter
���Buat Janji Konsultasi
���Baca Artikel Kesehatan
☂️Dapatkan Proteksi Kesehatan
���Belanja Produk Kesehatan di Aloshop” – @alodokter_id
Contoh bio Instagram ini mirip dengan sebelumnya, namun mempunyai bentuk layout yang berbeda.
22) “Official Account of PT Kimia Farma Tbk.
���Call Center : 1500-255
FB: Kimia Farma Care
IG: kimiafarma.ind
Twitter: kimiafarmaind” – @kimiafarma.ind
Jika bisnis Anda mempunyai official page di sosmed lain, maka Anda bisa mencantumkannya juga di bio Instagram sebagai info tambahan ke konsumen.
23) “Surga Kesehatan & Kecantikan
#keGuardianYuk #HealthyBeauty” – @guardian_id
Kombinasi jargon dan hashtag unik brand sebagai bio Instagram juga boleh dicoba. Contohnya seperti bio yang satu ini.
Ide Bio Instagram Bisnis Elektronik dan IT
24) “Be inspired to #DoWhatYouCant
What we do���
@samsungmobile
@samsungtv
@samsung_bespoke
@samsungnotebook
@samsungsemiconductor” – @samsung
Tampilkanlah kalimat atau hal yang menginspirasi kehidupan bisnis Anda, lengkap dengan layanan-layanan yang berhasil Anda hadirkan berkatnya.
25) “Everyone has a story to tell.
Tag #ShotoniPhone to take part.” – @apple
Ini adalah contoh bio Instagram dengan CTA yang bisa Anda ikuti.
26) “The future of AI at work” – @microsoft
Bio IG yang memikat bisa Anda ciptakan dari proyek-proyek yang sedang dikembangkan brand. Dalam contoh ini, Microsoft tengah mengembangkan proyek AI di layanannya.
Ide Bio IG Brand Fashion
27) “The global official Instagram #UNIQLO #LifeWear” – @uniqlo
Simpel, lugas dan tegas menggambarkan siapa brand Anda.
28) “Empowering Women With Fashion. Indonesian Brand. Founded by a Girl, Wife & Mother” – @thisisapril_
Merangkum visi misi, asal, dan latar belakang dari brand secara ringkas dan catchy di bio IG.
Ide Bio IG Toko Buku, Mainan dan Hobi
29) “#LebihDekat
Untuk Informasi promo follow @gramediapromo” – @gramedia
Punya lebih dari 1 channel informasi tentang brand? Anda bisa menyebutkan sub-akun tersebut di bio IG utama seperti yang dilakukan brand ini.
30) “Happy The Glory Day, yeoreobun” – @netflixid
Pembahasan terkait produk best-seller Anda selalu bisa menjadi inspirasi ide caption bio IG yang bagus.
8 Cara Membuat Bio Instagram Bisnis yang Memikat dan Kreatif
Menulis bio Instagram memang terkesan mudah. Anda hanya perlu menulis deskripsi yang menggambarkan usaha Anda. Tujuannya supaya konsumen memahami layanan atau produk di store.
Namun kenyataannya, tidak sedikit juga yang kebingungan mengolah informasi untuk dicantumkan ke dalam bio IG bisnis mereka. Apalagi bio Instagram mempunyai limit tulisan sebanyak 150 karakter saja. Otomatis Anda tidak dapat menuangkan seluruh info bisnis ke bio IG secara rinci.
Lalu bagaimana caranya menulis bio Instagram bisnis yang singkat tapi tetap bagus? Berikut ada 8 cara simpel membuat bio online shop di Instagram yang bisa Anda coba:
1. Gali Inspirasi dari Bisnis-Bisnis Serupa
Sebagai pemula, Anda boleh mencari inspirasi bio Instagram dari profil bisnis-bisnis lainnya yang serupa. Misalnya Anda mempunyai usaha toko baju online. Cari dan simak bio-bio Instagram dari akun-akun olshop IG fashion lainnya yang Anda ketahui.
Dari sini Anda akan tahu bio seperti apa yang biasa digunakan bisnis-bisnis di niche tersebut. Anda juga dapat membandingkan beberapa model bio Instagram untuk mengetahui plus dan minus-nya dalam hal memaparkan usaha ke konsumen.
2. Pilih Informasi yang Mau Disampaikan ke Konsumen
Anda mungkin ingin menampilkan banyak info ke konsumen di bio IG. Namun sebaiknya, pilihlah informasi tertentu saja agar calon pembeli lebih mudah memahami pesan Anda.
Di sinilah Anda harus melakukan seleksi informasi dengan cermat demi menemukan info yang paling layak untuk dicantumkan. Misalnya kategori utama produk/layanan, link pemesanan, lokasi dan jam operasional bisnis.
3. Deskripsikan Bisnis Anda dengan Ringkas
Mengingat adanya keterbatasan karakter bio Instagram, maka mau tak mau Anda harus menyingkat deskripsi bisnis. Namun dengan catatan, kalimat di bio tetap mengandung pesan yang penting.
Tidak perlu bertele-tele dalam menyampaikan keunggulan usaha di bio. Cukup cantumkan poin-poin intinya saja, baik dalam bentuk kata atau kalimat sederhana seperti di pada contoh-contoh ide yang sudah kita simak sebelumnya.
4. Tambahkan Kategori
Fitur Instagram bisnis kini sudah semakin lengkap. Kini Anda bisa memilih dan menambahkan kategori usaha sebagai pelengkap informasi bio. Menambahkan kategori bisa membantu audiens memahami niche bisnis Anda, serta memberi gambaran terkait layanan yang mungkin tersedia.
Jenis kategori bisnis IG pun ada bermacam-macam. Mulai dari kecantikan, kesehatan, ritel, belanja, layanan, influencer, profesional, IT, pendidikan, blogger, hiburan dan seterusnya.
5. Gunakan Tagline, Jargon atau Hashtag
Salah satu cara mudah mengoptimalkan bio Instagram bisnis Anda adalah dengan memakai tagline, jargon dan hashtag. Beberapa brand hanya menggunakan jargon atau hashtag tertentu sebagai bio, dan itu saja sudah dipandang menarik oleh audiens.
Di sisi lain, hashtag juga bermanfaat untuk membantu konsumen menemukan postingan bisnis Anda. Mereka hanya perlu mengklik tanda pagar hashtag dan akan langsung diarahkan ke laman khusus berisi seluruh postingan brand.
6. Pakai Link Eksternal
Anda bisa menambahkan link bio IG eksternal untuk menambahkan informasi-informasi penting lainnya. Misalnya seperti link website bisnis, ecommerce, pesan delivery, maps, dan call centre. Jangan lupa bubuhkan keterangan seperti “klik di sini” untuk mengarahkan calon pembeli.
7. Sesuaikan Gaya Bahasa Bio
Tips penting berikutnya ketika menulis bio IG adalah menyesuaikan gaya bahasa yang Anda gunakan. Sejatinya tidak ada aturan khusus mengenai gaya bahasa yang terbaik untuk bio Instagram, asalkan sudah sesuai dengan target audiens Anda.
Anda bebas menggunakan gaya bahasa formal, semi-formal, gaul atau menyelipkan humor candaan ke bio untuk mendukung image olshop. Sebagai contoh, brand yang banyak menyasar Gen Z dan milenial cenderung memakai gaya bahasa santai, tidak formal, namun tetap sopan.
8. Tutup dengan CTA (Call To Action)
Akhiri deskripsi bio Instagram Anda dengan kalimat CTA (Call To Action) singkat. Contohnya seperti, “klik di sini”, “klaim segera”, “klik untuk memfollow”, “unduh sekarang” dan lain-lain. Tujuan CTA adalah mendorong audiens agar mau bertindak sesuai keinginan kita.
Demikianlah pembahasan terkait 20+ ide bio profil IG terbaru dari berbagai brand populer. Semoga dapat menambah inspirasi Anda, ya!
Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan update aneka insight digital marketing terbaru. Klik https://markey.id/ untuk membaca atau download MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.