Last Updated on December 8, 2022 by
Email blast adalah kegiatan mengirim satu pesan promosi ke banyak orang sekaligus. Dibandingkan email marketing manual, email blast terbukti lebih hemat biaya dan ampuh menciptakan peluang transaksi.
Email marketing masih menjadi andalan banyak brand saat ini. Bagaimana tidak, metode pemasaran via email terbukti ampuh menciptakan peluang transaksi hingga 40x lipat daripada jenis iklan lainnya.
Apalagi saat ini ada strategi pemasaran email blast yang lebih manjur menciptakan konversi. Apa itu email blast dan cara melaksanakannya? Yuk kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Daftar Isi
Pengertian Email Blast Adalah
Email blast adalah kegiatan mengirim satu pesan promosi ke banyak orang sekaligus. Aktivitas ini sama seperti pengiriman pesan broadcast di sosial media.
Cara kerja email blast juga sangat mudah. Anda hanya perlu merancang satu pesan di tool email marketing lalu mengirimkannya. Nantinya pesan tersebut akan terkirim ke seluruh kontak email (mailing list) Anda.
Maka dari itu, email blast adalah strategi email marketing yang efisien. Kita tidak perlu lagi repot mengirim pesan satu per satu selayaknya metode mailing manual.
Banyak perusahaan mengandalkan email blast untuk distribusi newsletter, katalog/buletin, atau penawaran voucher ke konsumen setiap bulan. Email blast pun turut menghindarkan bisnis kita dari anggapan spam akibat mengirim banyak pesan secara kontinu.
Manfaat Email Blast Adalah
Mengapa memakai email blast lebih dianjurkan bagi bisnis? Tentunya ada cukup banyak manfaat positif dari strategi penawaran satu ini yang sayang untuk dilewatkan.
Adapun manfaat email blast adalah sebagai berikut:
1. Lebih Murah dan Hemat
Keuntungan email blast yang pertama adalah lebih sedikit menghabiskan modal. Anda bisa menghemat banyak biaya, tenaga serta waktu karena promosi dilakukan dalam satu kali klik.
Cukup buat konten penawaran yang menarik agar pesan Anda sukses memancing rasa penasaran audiens. Anda bisa menggunakan elemen-elemen desain grafis dan strategi copywriting yang jitu.
2. Penawaran Bisa Dipersonalisasikan
Meski tidak perlu dikirim satu per satu, isi konten email blast tetap bisa dipersonalisasikan sesuai identitas penerima. Ada banyak tools email marketing yang bisa otomatis membubuhkan nama penerima pesan di subject dan badan email.
Dengan begini, penerima pesan akan merasa dirinya lebih spesial dan tersanjung. Mereka pun jadi tertarik untuk mengecek isi penawaran lebih rinci.
3. Menambah Traffic Situs Bisnis
Marketer sering mencantumkan alamat situs bisnis atau link ecommerce di badan email. Tujuannya adalah untuk mempermudah pemesanan produk/jasa serta menambah traffic kunjungan ke situs perusahaan.
Jadi, semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan penawaran maka makin besar pula potensi traffic yang didapat situs. Kumpulan traffic ini pun bisa membantu website agar lebih terkenal.
4. Mudah Memperoleh Feedback Konsumen
Email blast juga bisa dipakai untuk mengumpulkan feedback dari konsumen. Anda dapat mengirimkan link survey kepuasan konsumen via email blast, atau langsung menerima masukan dari pembeli yang membalas email penawaran Anda.
5. Menjadi Alat Komunikasi yang Baik
Manfaat terakhir email blast adalah turut mampu menjadi media komunikasi bisnis yang baik. Pelanggan bisa langsung mengajukan pertanyaan terkait promosi di kolom reply email.
Banyak orang memilih komunikasi via email karena platform ini jarang mengandalkan chatbot. Pembeli bisa mendapat penjelasan atau solusi yang tepat sesuai permasalahan mereka. Sedangkan chatbot tidak bisa memberi saran sebagaimana admin sungguhan.
7 Cara Membuat Email Blast yang Efektif Memikat Konsumen
Setelah mengetahui apa itu email blast marketing, kini pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membuat email blast yang efektif menjaring pembeli?
Merumuskan pesan email yang menarik adalah tugas sulit bagi sebagian orang. Namun Anda tidak perlu cemas lagi. Berikut ini ada 7 cara ampuh mempromosikan produk/jasa dengan email blast. Yuk disimak!
1. Pilih Tool Email Blast Marketing
Pertama-tama, pilih dulu tools atau aplikasi email blast terbaik dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan Anda. Saat ini ada banyak email marketing tool yang bisa dicoba, mulai dari yang gratis hingga premium berbayar.
Beberapa rekomendasi tool email blast gratis dan banyak dipakai bisnis kekinian adalah:
- MailChimp: Layanan email marketing paling populer di dunia. Menyediakan aneka fitur dan template email marketing lengkap, baik untuk pengguna gratis maupun berbayar. Free user bisa mengirim hingga 12.000 email sebulan.
- email: Aplikasi email blast lokal yang bisa mengirimkan ratusan email sekaligus sesuai mailing list Anda.
- BenchMark: Platform ini menyediakan kuota pengiriman email blast gratis hingga 14.000 ke 2.000 penerima sebulan. Fitur gratisnya sangat lengkap, mulai dari desain email, template, formulir sign up hingga Google Analytics.
- Drip: Aplikasi email blast terpopuler di kalangan blogger. Kelebihannya terletak pada integrasi dan koneksi khusus dengan data-data situs Anda. Hal ini memudahkan pengelolaan layanan subscribers/newsletter.
- Vertical Response: Pengguna gratis dapat membangun mailing list, mengedit template email blast, serta mengirim 4.000 email ke 300 orang sebulan. Kehebatan Vertical Response adalah memiliki template email mobile friendly dan juga bisa sharing ke FB dan Twitter.
Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi email marketing gratis di atas sebagai permulaan. Namun perlu diingat juga bahwa tool-tool gratis ini tidak menghadirkan fitur selengkap versi premium.
2. Buat Mailing List Bisnis
Selanjutnya buatlah daftar tujuan pengiriman email alias mailing list. Daftar ini berisikan kontak alamat email target konsumen.
Ada banyak cara unik mengumpulkan mailing list, seperti:
- Menampilkan formulir pendaftaran newsletter di website.
- Memberikan hadiah gratis bermanfaat (seperti e-book atau template) dengan syarat klaim berupa inputalamat email.
- Menyediakan opsi pendaftaran pengguna aplikasi lewat email.
- Mengadakan sistem langganan konten (subscribing).
Daftar kontak yang telah terkumpul nantinya harus diolah kembali melalui proses segmentasi. Segmentasi adalah kegiatan membagi pelanggan ke kelompok-kelompok kecil berdasarkan persamaan yang dimiliki.
Semisal Anda mengelompokkan daftar mailing list berdasarkan usia, gender, minat produk, lokasi geografis, level membership, dan lain-lain. Dari sini kita bisa lebih mudah menyusun email promosi sesuai kebutuhan pelanggan.
3. Tetapkan Target Email Marketing
Poin ini masih berkaitan dengan sebelumnya. Hasil segmentasi mailing list memberitahukan kita terkait buyer persona bisnis. Sekarang kita hanya perlu menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan target audiens.
Misalnya ada kelompok konsumen yang bertransaksi saat ada promo. Anda dapat memancing mereka dengan penawaran voucher potongan harga spesial.
Selain isi emailnya, pastikan juga Anda sudah mencantumkan subjek, nama dan alamat email dengan benar. Hal ini penting agar pesan kita mendarat dengan mulus ke inbox konsumen.
4. Personalisasi Isi Email Penawaran
Sebagian besar orang lebih tertarik membaca email yang dialamatkan secara khusus ke dirinya. Bentuk personalisasi email marketing bisa bermacam-macam. Misalnya menyapa audiens langsung dengan nama panggilan mereka, atau menyuguhkan produk dari kategori favorit target.
Tidak perlu cemas, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur khusus di tool email marketing untuk mempersonalisasi badan email secara otomatis. Cukup lakukan sedikit pengaturan agar teks email Anda tampak sempurna menyapa audiens.
Tips tambahan:
- Selalu gunakan sapaan yang personal.Tools email marketing dapat mengenali nama panggilan yang tepat sesuai alamat email setiap orang.
- Customisasi alamat email perusahaan agar tampak resmi. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand. Contohnya: customercare@bisnisanda.com.
- Buat judul yang menarik dan menggugah penasaran. Manfaatkan strategi kepenulisan copywriting dan gaya bahasa sesuai karakter audiens.
- Pakai layout email yang user friendly. Pakailah template yang sederhana, rapi dan mobile friendlysupaya email tetap enak dibaca meski dibuka dari smartphone.
5. Buat Jadwal Pengiriman Email
Memikirkan waktu pengiriman email blast juga wajib dilakukan. Jangan sampai email penawaran masuk di jam-jam konsumen sedang offline. Hal ini akan memperkecil peluang email Anda dibuka.
Jadwal tetap pun turut membantu menghindarkan Anda dari aksi spam. Terlalu sering mengirim email blast tentu bisa mengganggu kenyamanan target audiens.
Sebaiknya kirimlah pesan di waktu-waktu menjelang event besar, seperti hari raya nasional, ulang tahun bisnis, Black Friday, 12.12, dan lain-lain. Momen-momen ini mempunyai peluang transaksi lebih besar daripada hari biasa.
6. Review Email dan Tes Spam
Sudah selesai menulis email penawaran? Lakukan pengecekan konten sebelum mengirim agar tidak ada kesalahan yang lolos (seperti typo, salah eja, salah mencantumkan informasi, dan lain-lain).
Lanjutkan dengan pengetesan spam untuk memastikan isi konten Anda lolos filter 100%. Beberapa platform email mempunyai sistem penjagaan ketat yang bisa mencurigai pesan tertentu sebagai spam.
Setelah konten lolos review dan uji spam, barulah Anda bisa mengirimkannya pada konsumen.
7. Evaluasi Progres Email Blast
Tahap terakhir dari email blast adalah mengevaluasi progres yang sudah dikerjakan. Tunggu selama beberapa saat usai pengiriman pesan sebelum mengadakan penilaian. Adapun hal-hal yang sebaiknya dikaji antara lain:
- Jumlah traffic yang didapat usai penawaran email berlangsung.
- Ada tidaknya peningkatan transaksi dari email marketing.
- Persentase engagement audiens terhadap konten.
- Tingkat efektivitas email marketing.
- Kendala-kendala yang terjadi selama proses pemasaran.
Demikianlah ulasan kali ini terkait email blast. Yuk upgrade strategi email marketing Anda dengan tips dan trik jitu di atas. Semoga bermanfaat!
Follow juga MARKEY agar tidak ketinggalan info-info bisnis online terbaru setiap harinya. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore, ya. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.