Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Email Blast Adalah: Arti, Cara & Rekomendasi Aplikasinya

Email Blast Adalah: Arti, Cara & Rekomendasi Aplikasinya

-

Email blast adalah kegiatan mengirim satu pesan promosi ke banyak orang sekaligus. Dibandingkan email marketing manual, email blast terbukti lebih hemat biaya dan ampuh menciptakan peluang transaksi.

Email marketing masih menjadi andalan banyak brand saat ini. Bagaimana tidak, metode pemasaran via email terbukti ampuh menciptakan peluang transaksi hingga 40x lipat daripada jenis iklan lainnya.

Apalagi saat ini ada strategi pemasaran email blast yang lebih manjur menciptakan konversi.  Apa itu email blast dan cara melaksanakannya? Yuk kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Email Blast Adalah

email blast adalah

Email blast adalah kegiatan mengirim satu pesan promosi ke banyak orang sekaligus. Aktivitas ini sama seperti pengiriman pesan broadcast di sosial media.

Cara kerja email blast juga sangat mudah. Anda hanya perlu merancang satu pesan di tool email marketing lalu mengirimkannya. Nantinya pesan tersebut akan terkirim ke seluruh kontak email (mailing list) Anda.

Maka dari itu, email blast adalah strategi email marketing yang efisien. Kita tidak perlu lagi repot mengirim pesan satu per satu selayaknya metode mailing manual.

Banyak perusahaan mengandalkan email blast untuk distribusi newsletter, katalog/buletin, atau penawaran voucher ke konsumen setiap bulan. Email blast pun turut menghindarkan bisnis kita dari anggapan spam akibat mengirim banyak pesan secara kontinu.

Artikel terkait  10 Website Download Template Video Free Terbaik untuk Promosi Olshop

Manfaat Email Blast Adalah

Mengapa memakai email blast lebih dianjurkan bagi bisnis? Tentunya ada cukup banyak manfaat positif dari strategi penawaran satu ini yang sayang untuk dilewatkan.

Adapun manfaat email blast adalah sebagai berikut:

1. Lebih Murah dan Hemat

Keuntungan email blast yang pertama adalah lebih sedikit menghabiskan modal. Anda bisa menghemat banyak biaya, tenaga serta waktu karena promosi dilakukan dalam satu kali klik.

Cukup buat konten penawaran yang menarik agar pesan Anda sukses memancing rasa penasaran audiens. Anda bisa menggunakan elemen-elemen desain grafis dan strategi copywriting yang jitu.

2. Penawaran Bisa Dipersonalisasikan

Meski tidak perlu dikirim satu per satu, isi konten email blast tetap bisa dipersonalisasikan sesuai identitas penerima. Ada banyak tools email marketing yang bisa otomatis membubuhkan nama penerima pesan di subject dan badan email.

Dengan begini, penerima pesan akan merasa dirinya lebih spesial dan tersanjung. Mereka pun jadi tertarik untuk mengecek isi penawaran lebih rinci.

3. Menambah Traffic Situs Bisnis

Marketer sering mencantumkan alamat situs bisnis atau link ecommerce di badan email. Tujuannya adalah untuk mempermudah pemesanan produk/jasa serta menambah traffic kunjungan ke situs perusahaan.

Jadi, semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan penawaran maka makin besar pula potensi traffic yang didapat situs. Kumpulan traffic ini pun bisa membantu website agar lebih terkenal.

4. Mudah Memperoleh Feedback Konsumen

Email blast juga bisa dipakai untuk mengumpulkan feedback dari konsumen. Anda dapat mengirimkan link survey kepuasan konsumen via email blast, atau langsung menerima masukan dari pembeli yang membalas email penawaran Anda.

5. Menjadi Alat Komunikasi yang Baik

Manfaat terakhir email blast adalah turut mampu menjadi media komunikasi bisnis yang baik. Pelanggan bisa langsung mengajukan pertanyaan terkait promosi di kolom reply email.

Banyak orang memilih komunikasi via email karena platform ini jarang mengandalkan chatbot. Pembeli bisa mendapat penjelasan atau solusi yang tepat sesuai permasalahan mereka. Sedangkan chatbot tidak bisa memberi saran sebagaimana admin sungguhan.

Artikel terkait  Strategi & Cara Berjualan di Shopee yang Tepat dan Mudah

7 Cara Membuat Email Blast yang Efektif Memikat Konsumen

email blast adalah

Setelah mengetahui apa itu email blast marketing, kini pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membuat email blast yang efektif menjaring pembeli?

Merumuskan pesan email yang menarik adalah tugas sulit bagi sebagian orang. Namun Anda tidak perlu cemas lagi. Berikut ini ada 7 cara ampuh mempromosikan produk/jasa dengan email blast. Yuk disimak!

1. Pilih Tool Email Blast Marketing

Pertama-tama, pilih dulu tools atau aplikasi email blast terbaik dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan Anda. Saat ini ada banyak email marketing tool yang bisa dicoba, mulai dari yang gratis hingga premium berbayar.

Beberapa rekomendasi tool email blast gratis dan banyak dipakai bisnis kekinian adalah:

  • MailChimp: Layanan email marketing paling populer di dunia. Menyediakan aneka fitur dan template email marketing lengkap, baik untuk pengguna gratis maupun berbayar. Free user bisa mengirim hingga 12.000 email sebulan.
  • email: Aplikasi email blast lokal yang bisa mengirimkan ratusan email sekaligus sesuai mailing list Anda.
  • BenchMark: Platform ini menyediakan kuota pengiriman email blast gratis hingga 14.000 ke 2.000 penerima sebulan. Fitur gratisnya sangat lengkap, mulai dari desain email, template, formulir sign up hingga Google Analytics.
  • Drip: Aplikasi email blast terpopuler di kalangan blogger. Kelebihannya terletak pada integrasi dan koneksi khusus dengan data-data situs Anda. Hal ini memudahkan pengelolaan layanan subscribers/newsletter.
  • Vertical Response: Pengguna gratis dapat membangun mailing list, mengedit template email blast, serta mengirim 4.000 email ke 300 orang sebulan. Kehebatan Vertical Response adalah memiliki template email mobile friendly dan juga bisa sharing ke FB dan Twitter.

Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi email marketing gratis di atas sebagai permulaan. Namun perlu diingat juga bahwa tool-tool gratis ini tidak menghadirkan fitur selengkap versi premium.

2. Buat Mailing List Bisnis

Selanjutnya buatlah daftar tujuan pengiriman email alias mailing list. Daftar ini berisikan kontak alamat email target konsumen.

Ada banyak cara unik mengumpulkan mailing list, seperti:

  • Menampilkan formulir pendaftaran newsletter di website.
  • Memberikan hadiah gratis bermanfaat (seperti e-book atau template) dengan syarat klaim berupa inputalamat email.
  • Menyediakan opsi pendaftaran pengguna aplikasi lewat email.
  • Mengadakan sistem langganan konten (subscribing).

Daftar kontak yang telah terkumpul nantinya harus diolah kembali melalui proses segmentasi. Segmentasi adalah kegiatan membagi pelanggan ke kelompok-kelompok kecil berdasarkan persamaan yang dimiliki.

Semisal Anda mengelompokkan daftar mailing list berdasarkan usia, gender, minat produk, lokasi geografis, level membership, dan lain-lain. Dari sini kita bisa lebih mudah menyusun email promosi sesuai kebutuhan pelanggan.

3. Tetapkan Target Email Marketing

Poin ini masih berkaitan dengan sebelumnya. Hasil segmentasi mailing list memberitahukan kita terkait buyer persona bisnis. Sekarang kita hanya perlu menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan target audiens.

Misalnya ada kelompok konsumen yang bertransaksi saat ada promo. Anda dapat memancing mereka dengan penawaran voucher potongan harga spesial.

Selain isi emailnya, pastikan juga Anda sudah mencantumkan subjek, nama dan alamat email dengan benar. Hal ini penting agar pesan kita mendarat dengan mulus ke inbox konsumen.

4. Personalisasi Isi Email Penawaran

Sebagian besar orang lebih tertarik membaca email yang dialamatkan secara khusus ke dirinya. Bentuk personalisasi email marketing bisa bermacam-macam. Misalnya menyapa audiens langsung dengan nama panggilan mereka, atau menyuguhkan produk dari kategori favorit target.

Tidak perlu cemas, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur khusus di tool email marketing untuk mempersonalisasi badan email secara otomatis. Cukup lakukan sedikit pengaturan agar teks email Anda tampak sempurna menyapa audiens.

Tips tambahan:

  • Selalu gunakan sapaan yang personal.Tools email marketing dapat mengenali nama panggilan yang tepat sesuai alamat email setiap orang.
  • Customisasi alamat email perusahaan agar tampak resmi. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand. Contohnya: customercare@bisnisanda.com.
  • Buat judul yang menarik dan menggugah penasaran. Manfaatkan strategi kepenulisan copywriting dan gaya bahasa sesuai karakter audiens.
  • Pakai layout email yang user friendly. Pakailah template yang sederhana, rapi dan mobile friendlysupaya email tetap enak dibaca meski dibuka dari smartphone.

5. Buat Jadwal Pengiriman Email

Memikirkan waktu pengiriman email blast juga wajib dilakukan. Jangan sampai email penawaran masuk di jam-jam konsumen sedang offline. Hal ini akan memperkecil peluang email Anda dibuka.

Jadwal tetap pun turut membantu menghindarkan Anda dari aksi spam. Terlalu sering mengirim email blast tentu bisa mengganggu kenyamanan target audiens.

Sebaiknya kirimlah pesan di waktu-waktu menjelang event besar, seperti hari raya nasional, ulang tahun bisnis, Black Friday, 12.12, dan lain-lain. Momen-momen ini mempunyai peluang transaksi lebih besar daripada hari biasa.

6. Review Email dan Tes Spam

Sudah selesai menulis email penawaran? Lakukan pengecekan konten sebelum mengirim agar tidak ada kesalahan yang lolos (seperti typo, salah eja, salah mencantumkan informasi, dan lain-lain).

Lanjutkan dengan pengetesan spam untuk memastikan isi konten Anda lolos filter 100%. Beberapa platform email mempunyai sistem penjagaan ketat yang bisa mencurigai pesan tertentu sebagai spam.

Setelah konten lolos review dan uji spam, barulah Anda bisa mengirimkannya pada konsumen.

7. Evaluasi Progres Email Blast

Tahap terakhir dari email blast adalah mengevaluasi progres yang sudah dikerjakan. Tunggu selama beberapa saat usai pengiriman pesan sebelum mengadakan penilaian. Adapun hal-hal yang sebaiknya dikaji antara lain:

  • Jumlah traffic yang didapat usai penawaran email berlangsung.
  • Ada tidaknya peningkatan transaksi dari email marketing.
  • Persentase engagement audiens terhadap konten.
  • Tingkat efektivitas email marketing.
  • Kendala-kendala yang terjadi selama proses pemasaran.

Demikianlah ulasan kali ini terkait email blast. Yuk upgrade strategi email marketing Anda dengan tips dan trik jitu di atas. Semoga bermanfaat!

Follow juga MARKEY agar tidak ketinggalan info-info bisnis online terbaru setiap harinya. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore, ya. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya