Last Updated on June 25, 2022 by
Sudah coba berbagai tips branding Twitter tapi olshop Anda tetap sepi? Yuk segera update strategi promosimu dengan 7 cara agar Twitter rame berikut ini cocok untuk olshop, freelancer dan influencer!
Bisnis Twitter saat ini sedang naik daun di kalangan masyarakat. Kepopuleran Twitter yang mencuat di kalangan internasional sukses mendorong banyak orang memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan bisnis, produk, jasa ataupun membangun personal branding.
Namun Anda perlu tahu serangkaian cara agar Twitter rame followers dan konsumen bisnis. Yuk langsung saja kita simak cara-cara selengkapnya!
Daftar Isi
Kenapa Berbisnis Twitter?
Bisnis di sosial media adalah hal yang termudah dilakukan. Namun tidak seperti sosmed lainnya, Twitter menawarkan kesempatan branding dan penjualan yang amat tinggi.
Twitter memiliki nilai daya jangkau pemirsa (reach) dan daya temu (discoverability) yang amat luas. Tweet Anda bisa dijangkau banyak orang dari berbagai kalangan, zona waktu maupun wilayah tanpa batas. Otomatis, bisnis Anda berkesempatan untuk menjaring sebanyak mungkin pelanggan baru.
Maka dari itu Anda tidak boleh melewatkan peluang berbisnis Twitter. Entah Anda ingin mempromosikan produk, jasa freelancer ataupun melakukan self-branding sebagai influencer, semuanya bisa dilakukan di Twitter.
Hanya saja, melakukan strategi branding Twitter bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Agar berhasil, Anda perlu mempelajari bagaimana cara agar Twitter rame dengan cepat.
7 Cara Agar Twitter Rame : Untuk Olshop, Influencer dan Freelancer.
Inilah 7 cara jualan di Twitter yang tepat agar laris-manis sepanjang waktu:
1. Membuat dan Membagikan Press Release Brand
Tips branding Twitter pertama adalah membuat dan membagikan press release seputar bisnis di beranda Twitter. Press release adalah liputan pers yang memuat kabar-kabar terbaru terkait usaha Anda.
Bahkan pihak resmi Twitter Bisnis sendiri pernah mengumumkan keampuhan ulasan pers untuk meningkatkan branding Twitter secara signifikan. Semua jenis bisnis Twitter disarankan minimal pernah mengunggah artikel, kutipan atau postingan berita branding yang positif untuk menarik perhatian audiens online.
Press release dapat membangun rasa penasaran masyarakat terhadap brand Anda. Selain itu, rilisan pers bisa turut menambah kredibilitas usaha di mata konsumen. Liputan media akan menjadi ‘sinyal’ bahwa usaha Anda sungguh-sungguh berdedikasi dan berkualitas layanannya.
Namun jangan lupa untuk mencantumkan caption terima kasih saat me-retweet postingan press release terkait bisnis ke timeline.
2. Memperkenalkan Usaha secara Gamblang
Sebelum menyelam lebih jauh ke cara jualan di Twitter, sebaiknya perkenalkan terlebih dahulu akun bisnis Anda ke masyarakat Twitter.
Perkenalan bisnis Twitter yang baik sepatutnya dilakukan secara gamblang, simpel dan detil (inklusif). Semakin menarik laman profil Twitter Anda, maka konsumen akan semakin tertarik untuk memfollow akun.
Tidak perlu pusing, Anda bisa mulai dengan beberapa langkah sederhana seperti:
- Memasang foto profil dan header yang menarik sekaligus merepresentasikan karakteristik bisnis.
- Tulis bio profil Twitter yang singkat, padat dan unik sehingga bisa langsung ‘menempel’ di ingatan audiens. Anda bisa menyelipkan jargon khas bisnis juga pada bio.
- Sertakan link website bisnis (jika punya) ke profil Twitter. Mengingat laman bio memiliki jumlah karakter yang terbatas (160 karakter), maka link eksternal bisa membantu Anda memperkenalkan usaha dengan lebih baik. Semisal konsumen ingin tahu lebih lanjut tentang usaha, mereka bisa berkunjung ke laman website.
3. Gunakan Alat-Alat Branding Twitter
Bingung bagaimana menjalankan cara jualan di Twitter? Untuk mempermudah kinerja, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi, tools, atau website bantuan untuk branding Twitter.
Tools-tools ini mampu membantu Anda lebih cepat dalam merancang strategi usaha. Misalnya melakukan riset target audiens promosi, menyusun konten, memaksimalkan SEO Twitter, dan lain sebagainya. Pun berbekalkan tools analisa, konten promosi Twitter Anda bisa terdistribusi dengan lebih terarah.
Kabar baiknya, kini ada banyak sekali rekomendasi tools analisa Twitter berfitur canggih yang bisa digunakan secara gratis. Contohnya seperti TweeTap, Demographic Pro App dan Follower Wonk.
4. Memanfaatkan Tweet Chats
Tingkatkan nilai engagement profil Twittermu dengan fitur Tweet Chats. Apa itu?
Tweet Chats adalah laman khusus percakapan yang tersedia langsung di Twitter. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang terkait topik tertentu. Pun Anda bisa menyimak setiap obrolan menurut waktu dan tanggalnya masing-masing.
Setiap percakapan di Tweet Chats memiliki hashtag tertentu sesuai topik obrolan. Jadi kalau ingin ikut berinteraksi, Anda hanya perlu mengklik hashtagnya saja. Tweet Chats bisa menjadi cara asyik baru untuk berkomunikasi dengan konsumen lama ataupun orang-orang kenalan baru di Twitter. Dijamin deh profil Twittermu akan semakin ramai!
Tips menggunakan Tweet Chats: ajukan sejumlah pertanyaan yang bisa ‘memancing’ interaksi dengan audiens. Anda boleh juga melengkapi pertanyaan dengan beragam grafik simpel untuk menampung jawaban konsumen. Pastikan percakapan tetap relevan dengan domain bisnis Anda, ya.
5. Pakai Hashtag
Hashtag adalah salah satu fitur khas di dunia Twitter. Jauh sebelum penggunaan hashtag merebak di berbagai sosial media seperti sekarang, tanda pagar (#) ini digunakan pertama kali di Twitter.
Hashtag bukan hanya sekadar tanda. Lambang ini bermanfaat untuk mengelompokkan berbagai obrolan, postingan dan media ke topik-topik tertentu. Tweet promosi Anda bisa lebih mudah ditemukan jika terdapat hashtag di dalamnya.
Nah, karena itu Anda wajib menyelipkan hashtag khusus ke setiap tweet promosi yang disebar. Banyak pakar SEO Twitter setuju bahwa hashtag mampu mempercepat branding Twitter Anda.
Cukup lakukan sedikit riset untuk menentukan hashtag terbaik yang relevan dengan isi tweet promosi, kemudian selipkan ke postingan! Anda juga bisa memakai hashtag berupa jargon atau keyword-keyword yang sedang populer (masuk trending topic Twitter). Mudah, bukan?
6. Membuat Daftar Twitter (Twitter List)
Tips berikutnya, promosikan usaha Anda dengan membuat daftar Twitter (Twitter List). Ini juga merupakan cara agar Twitter rame yang ampuh, namun sayangnya, belum banyak diketahui oleh banyak pebisnis online.
Daftar Twitter adalah kumpulan akun-akun Twitter yang kerap berinteraksi dengan konten-konten pilihan. Semisal Anda mengumpulkan akun-akun yang aktif merespon konten Anda. Nantinya Anda bisa langsung membagikan info promosi ke mereka dalam 1x tweet. Orang-orang yang berada dalam list dipastikan tak akan kelewatan info sama sekali.
Daftar Twitter bisa menjadi alternatif strategi promosi jika Anda masih bingung bagaimana caranya menentukan kelompok target audiens. Pun Anda bisa membuat daftar sendiri ataupun memakai list milik orang lain secara gratis.
7. Membuat Event Online di Twitter
Cara jualan di Twitter yang menarik terakhir adalah dengan membuat event online untuk mempromosikan dagangan atau brand. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh olshop, influencer maupun freelancer lho. Misalnya dengan mengadakan event giveaway, kampanye, twibbon atau acara kolaborasi.
Event-event online yang menarik bisa mempercepat nama bisnis masuk daftar trending topik. Pasalnya banyak orang akan tertarik membicarakan atau terlibat langsung dalam event Anda. Twitter pun akan mencatat setiap interaksi sebagai isu yang sedang hangat di linimassa mereka.
Dari sinilah akun Anda berkesempatan meraih lebih banyak interaksi baru dan jadi ramai. Selamat mencoba!
Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar tips branding Twitter. Semoga ketujuh cara agar Twitter rame di atas bermanfaat untuk Anda, ya!
Ikuti terus update tips bisnis Twitter maupun sosial media lainnya hanya dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ dan langsung dapatkan ratusan tips bisnis gratis setiap hari tanpa batas. Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play dan Apple Store. Sampai jumpa lagi!
Baca juga
Begini Cara Promosi yang Menarik dengan Trending Twitter Indonesia
Inilah 8 Poin Twitter Analytics yang Bikin Bisnis Sukses
Follower Twitter untuk Optimalkan Omset : 5 Trik Simpel Ampuh
6 Cara Menggunakan Twitter Space untuk Strategi Bisnis Baru
Menggunakan Twitter Advanced Untuk Pemasaran, Efektifkah?
Sukses Berbisnis dengan Iklan Online Twitter Ads | Ini Cara Pakai Terlengkapnya
Begini Cara Promosi yang Menarik dengan Trending Twitter Indonesia
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.