Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 21

Marketing Mix: Maksimalkan Bisnis Anda!

0
marketing mix

Buat kamu yang berkecimpung dalam dunia pemasaran, tentu familiar dengan berbagai teori yang bisa dijadikan pegangan dalam merancang kampanye. Salah satu teori yang kerap menjadi rujukan adalah prinsip-prinsip dalam pemasaran yang mampu membangun kerangka kerja aplikatif dalam berbagai proyek, dan tentunya, meningkatkan penjualan. Dengan memahami dan menerapkan metode ini, tim perusahaan dapat berkolaborasi dan menciptakan pendekatan yang efektif demi meraih kesuksesan kampanye pemasaran. Nah, dilansir dari indeed.com, di artikel ini kita akan berbincang tentang marketing mix 7P, apa saja kegunaannya, dan bagaimana ia berbeda dari marketing 4P. Kami juga akan memberikan beberapa contoh bagaimana prinsip-prinsip ini dapat diterapkan. Yuk disimak!

marketing mix

Apa saja Marketing Mix 7P?

Marketing mix 7P adalah metode yang terdiri dari tujuh prinsip berbeda. Prinsip-prinsip ini bisa dipakai oleh para profesional pemasaran untuk menciptakan dan menerapkan strategi yang mampu menarik pelanggan, memacu penjualan, dan meningkatkan pendapatan. E. Jerome McCarthy, pencetus 7P pemasaran, meluncurkan konsep ini pada tahun 1960. Prinsip ini mencakup tiga prinsip tambahan yang memperkaya konsep asli dari empat P pemasaran. Yuk, kita bahas setiap elemen dari tujuh P ini dan bagaimana kamu bisa mengaplikasikannya dalam strategi pemasaranmu:

Product (Produk)

Produk adalah representasi dari barang atau layanan fisik yang ditawarkan oleh suatu merek. Produk fisik memerlukan pertimbangan terkait penampilan dan fitur, sementara layanan biasanya berfokus pada kualitas dan hubungan dengan pelanggan. Bagian ini membantu konsumen mengetahui bagaimana produk atau layanan merek dapat menyelesaikan masalah mereka dan mengapa mereka sebaiknya memilihnya. Misalnya, kamu bisa menggunakan SEO, menulis blog atau artikel, atau memanfaatkan influencer marketing untuk memperkenalkan produkmu dalam strategi pemasaran digital.

Price (Harga)

Harga berarti strategi penetapan harga yang digunakan perusahaan untuk produk atau layanannya. Prinsip ini bisa diterapkan dengan meneliti pesaing, menganalisis biaya, dan menetapkan harga produk. Saat menentukan harga, pikirkan berapa yang diharapkan konsumen akan bayar untuk produk tersebut. Misalnya, kamu bisa menawarkan pilihan langganan untuk produk atau layananmu yang memberikan diskon, atau menggunakan email marketing untuk menawarkan kupon dan diskon kepada pelanggan.

Place (Tempat)

Tempat merujuk pada di mana perusahaan menyediakan produknya, bisa jadi di toko fisik atau situs web e-commerce. Pemasar menentukan tempat dengan melihat tren pembelian konsumen dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi siklus pembelian. Siklus pembelian adalah kesadaran konsumen akan tantangan mereka, meneliti produk atau layanan untuk menyelesaikannya, mempertimbangkan pilihan mereka berdasarkan penelitian mereka, memilih dan membeli produk atau layanan dan menilai apakah pembelian tersebut membantu masalah mereka dan apakah konsumen dapat kembali.

Promotion (Promosi)

Pada ranah pemasaran, prinsip promosi memiliki peran penting dalam menentukan di mana dan bagaimana cara pemasar menyebarkan informasi produk atau layanan mereka kepada para pelanggan sasaran. Misalnya, mereka harus mempertimbangkan strategi promosi dan aktivitas pelayanan pelanggan yang tepat dalam menentukan media yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Di dalam strategi pemasaran sebuah perusahaan, berbagai metode promosi, baik secara langsung di toko maupun secara online, dapat dipilih untuk menarik minat konsumen. Beberapa contoh strategi promosi online yang bisa dipertimbangkan antara lain siaran langsung, interaksi melalui fitur chat, atau penyelenggaraan acara eksklusif di media sosial.

Physical Evidence (Bukti Fisik sebagai Validasi)

Bukti fisik dalam konteks ini merujuk pada upaya dalam membentuk reputasi perusahaan, membangun citra merek, dan menegaskan kualitas produk dan layanan, serta meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen secara menyeluruh. Kesadaran merek ini penting bagi konsumen saat mereka mencari solusi untuk tantangan yang mereka hadapi dan mempertimbangkan tempat untuk melakukan pembelian. Bukti fisik dapat dikumpulkan melalui berbagai cara, seperti pembuatan dan distribusi kartu nama perusahaan. Di samping itu, bukti fisik juga dapat berupa bukti transaksi pelanggan, seperti tanda terima digital atau fisik, email follow-up yang mengkonfirmasi pembelian produk, dan faktur.

Misalnya, jika ini adalah toko fisik, bukti fisik dapat mencakup tampilan toko, seragam staf, signage, atau bahkan nota belanja. Untuk bisnis online, ini bisa berupa desain situs web, ulasan pelanggan, atau komunikasi email.

People (Peran Individu dalam Perusahaan)

Elemen ‘orang’ dalam pemasaran merujuk pada individu-individu yang memiliki keahlian dan pengetahuan mendalam, yang membentuk tim pemasaran dan penjualan perusahaan. Elemen ini juga bisa merujuk pada teknologi seperti chatbot di situs web perusahaan, yang dapat membantu konsumen dengan pertanyaan mereka selama berinteraksi online. Para profesional ini bertugas memberikan dukungan kepada pelanggan, membangun relasi dengan mereka, dan menerapkan strategi untuk meningkatkan semua aspek pengalaman pelanggan. Dengan memastikan tim layanan pelanggan berperilaku sopan dan profesional, dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Jika konsumen memiliki pengalaman positif dengan perusahaan, mereka cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain, yang secara langsung dapat mendukung proses penjualan.

Process (Pentingnya Proses)

Elemen ‘proses’ merujuk pada serangkaian prosedur yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghasilkan produk dan layanan mereka, termasuk proses promosi dan penjualan produk baru. Menggunakan prinsip ini, operasi produksi dapat lebih efisien, aktivitas promosi dapat ditingkatkan, dan proses penjualan produk bisa berlangsung lebih cepat. Saat merancang proses bisnis, penting untuk memastikan bahwa proses tersebut sejalan dengan nilai-nilai yang dipegang perusahaan. Misalnya, perusahaan pakaian yang mendapatkan sumber daya dari tempat yang etis harus memastikan bahwa operasinya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Mengapa Marketing Mix 7P Penting dalam Bisnis?

Konsep marketing mix 7P sangat vital karena membantu perusahaan dalam meninjau dan merevisi strategi pemasaran mereka. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka menerapkan teknik-teknik terbaik dan segera mengidentifikasi jika ada tantangan yang harus diatasi. Selain itu, mengaplikasikan teori pemasaran dalam aktivitas bisnis anda akan memberikan berbagai manfaat seperti:

  • Menyadari dan mengikuti tren pasar terbaru untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Memperkuat posisi perusahaan di pasar dan industri
  • Meningkatkan jangkauan pasar dan memperoleh pelanggan baru
  • Membangun minat di pasar baru dan meningkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan penjualan produk, penjualan silang, dan mempertahankan pelanggan

Perbedaan Antara Marketing Mix 7P dan 4P dalam Pemasaran

Tujuh P merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep 4P pemasaran, namun ada beberapa perbedaan utama. Dalam konsep 4P, fondasi pemasaran hanya mencakup produk, harga, tempat, dan promosi. Sementara itu, 7P menambahkan tiga prinsip lagi: proses, orang, dan bukti fisik. Perbedaan lainnya adalah 4P biasanya lebih sesuai untuk bisnis yang menjual produk fisik, sedangkan tambahan prinsip dalam 7P memungkinkannya untuk diterapkan dalam bisnis berbasis layanan.

marketing mix

Contoh Pengaplikasian Marketing Mix 7P dalam Bisnis

Berikut beberapa contoh bagaimana bisnis berbasis produk dan layanan dapat menerapkan konsep 7P dalam strategi pemasaran mereka:

Contoh Marketing Mix 7P (1)

Vanessa’s Aromatherapy Shop menjual campuran aromaterapi melalui toko online. Tim pemasaran menerapkan tujuh P pada setiap aspek pengembangan produk dan siklus penjualan:

Produk: Bisnis ini berfokus pada label dan desain khusus yang indah untuk produk dan toko online serta menyediakan campuran khusus dari permintaan pelanggan.

Price (Harga): Merek ini menganalisis harga pesaing dan membangun strategi penetapan harga untuk produk yang tersedia dan campuran khusus.

Tempat Vanessa’s Aromatherapy Shop adalah bisnis kecil yang menyediakan produknya di toko fisik dan online. Bisnis ini hanya menyediakan bahan-bahan segar dan menyimpan produk dalam jangka waktu yang lebih pendek, yang berarti bisnis ini dapat menghasilkan lebih banyak penjualan online daripada di dalam toko.

Promosi: Kegiatan promosi untuk merek dapat mencakup taktik pemasaran digital dan fisik, seperti iklan media sosial, strategi konten, dan acara pameran kerajinan lokal untuk membangun kesadaran di sekitar bisnis.

Proses: Tim pemasaran bisnis menentukan waktu rata-rata yang dibutuhkan pengrajin untuk membuat produk dan mengidentifikasi waktu dalam memperkenalkan produk baru dan pembelian pelanggan. Informasi ini dapat membantu menghasilkan strategi yang efektif untuk mengurangi waktu penjualan.

Orang: Perusahaan mempekerjakan dua pengrajin yang membuat produk aromaterapi, empat profesional tim pemasaran, tiga spesialis penjualan, tim layanan pelanggan, seorang desainer grafis, pengembang web, spesialis TI, dan pemegang buku. 

Bukti fisik: Untuk membangun kesadaran merek, para pemasar membuat penawaran khusus, menghadiri pameran dagang langsung, dan membangun jaringan dengan para profesional perawatan kesehatan dan terapis pijat. Para profesional juga menerapkan beberapa strategi pemasaran digital untuk membangun reputasi positif dan meningkatkan pengaruh di pasar.

Contoh Marketing Mix 7P (2)

Spring City Computer Repair adalah bisnis kecil yang menawarkan layanan perbaikan dan pemecahan masalah komputer. Tim promosi bisnis ini menggunakan tujuh P untuk mengevaluasi operasi, kualitas layanan, dan efisiensi dalam menghasilkan pendapatan:

Produk: Tim pemasaran menganalisis penawaran bisnis, yang mencakup perbaikan komputer yang cepat dan andal. Perusahaan ini juga berfokus pada kualitas, memberikan waktu hingga tiga bulan kepada pelanggan untuk menguji perbaikan dan meminta layanan tambahan.

Harga: Spring City Computer Repair memiliki harga yang kompetitif, sering kali lebih rendah daripada toko-toko lokal lainnya. Merek ini mungkin mengenakan harga yang lebih tinggi untuk pekerjaan semalam atau komputer dengan suku cadang yang tidak biasa.

Tempat: Perusahaan perbaikan ini memiliki satu lokasi di dekat perguruan tinggi komunitas kotanya dan satu lagi di Main Street. Tim pemasarannya mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap etalase untuk memastikan lingkungan yang bersih dan aman.

Promosi: Satu lokasi toko menggunakan papan reklame dan papan nama lokal untuk mengiklankan layanan perbaikan, sementara lokasi lainnya mengadakan malam permainan untuk mempromosikan layanan perbaikan dan pemeliharaan komputer pribadi berkecepatan tinggi. Bisnis ini juga mempertahankan kehadiran media sosial yang aktif, dan tim TI mengadakan podcast online setiap minggu untuk menjawab pertanyaan dan mempromosikan layanannya.

Proses: Perusahaan memiliki beberapa prosedur untuk menjawab klaim layanan perbaikan secara langsung dan online. Tim pemasaran menerapkan prinsip proses untuk memastikan pelanggan mengalami proses yang sederhana dalam menjawab pertanyaan, meminta perbaikan, dan membayar tagihan layanan.

Orang: Merek ini memastikan stafnya memiliki pengetahuan dan informasi terkini tentang tren teknologi, pendekatan solusi, dan aplikasi perbaikan dan diagnostik komputer terkini. Merek ini mempekerjakan spesialis TI bersertifikat, pengembang perangkat lunak dan perangkat keras, teknisi dukungan pelanggan, dan profesional akuntansi.

Bukti fisik: Spring City Computer Repair menggunakan metode promosi digital dan offline untuk membangun kesadaran, memperkenalkan diskon layanan, dan terlibat dengan komunitas. Bisnis ini mempertahankan kehadiran media sosial dan melibatkan pelanggan saat ini dan masa lalu yang memberikan ulasan pada platform ulasan bisnis online utama.

Kesimpulan

Pemasaran adalah aspek penting dari setiap bisnis yang berfokus pada produk dan/atau layanan. Pendekatan marketing mix 7P dalam pemasaran mencakup prinsip-produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang, dan proses. Prinsip ini membantu bisnis dalam mengatur strategi mereka, memahami pelanggan, dan mencapai tujuan mereka. Selain itu, 7P juga membantu perusahaan dalam mengenali dan mengikuti tren pasar, memperkuat posisi mereka di pasar dan industri, meningkatkan jangkauan pasar, memperoleh pelanggan baru, membangun minat di pasar baru, dan meningkatkan penjualan produk. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

Tagline Bisnis: Kekuatan di Balik Kata-Kata

0
tagline

Menulis tagline yang ringkas adalah suatu seni, yang belum dikuasai oleh banyak orang. Ia mungkin terlihat seperti bagian kecil dari strategi pemasaran, tetapi ia memiliki peran besar dalam merubah pengunjung situs web menjadi klien baru. Jika Anda masih baru dalam menulisnya, gunakanlah tips berikut ini untuk menciptakan moto yang dapat memperkuat kehadiran bisnis online Anda. Dilansir dari Forbes, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

tagline

Peran Apa yang Dimainkan oleh Tagline?

Dalam dunia pemasaran, kesan pertama sangatlah menentukan, khususnya pada situs web Anda. Kala prospek berkunjung ke situs web Anda, Anda mungkin hanya punya waktu beberapa detik untuk meyakinkan mereka agar tetap tinggal. Waktu adalah hal yang sangat berharga, jadi gunakanlah dengan tepat. Visualisasi cerita memang penting, tetapi banyak bisnis yang meremehkan kekuatan tagline yang menggugah.

Tagline adalah kalimat pendek yang digunakan untuk menyampaikan pesan brand Anda di bagian atas halaman web. Ini adalah bagian yang sangat penting dalam pemasaran: dengan menyertakan moto atau slogan ini, nilai-nilai Anda menjadi jelas. Jika Anda berterus terang mengenai visi perusahaan Anda, maka Anda dapat segera menarik perhatian audiens dan merubah pengunjung menjadi pelanggan setia.

Situs web bertanggung jawab untuk memperkenalkan brand Anda kepada calon klien. Konten dan visual digabungkan untuk membentuk identitas yang padu, dan tagline memberikan bantuan dalam proses tersebut. Istilah ini dapat diartikan sebagai moto atau slogan, kalimat yang digunakan untuk memperkuat hubungan brand Anda dengan audiens. Moto atau jargon ini membentuk asosiasi antara citra brand dan kesadaran brand. Secara sederhana, jargon yang mudah diingat memungkinkan calon klien mengenali aspek positif dari brand Anda.

Pertama-tama, pahami apa yang membuat sebuah pesan menjadi jelas. Slogan yang ringkas memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan nilai-nilai Anda secara luas. Anggaplah ia sebagai pembuka dari keseluruhan interaksi brand Anda. Ketika pertama kali berkunjung ke situs web, Anda dapat merasakan pengalaman Anda dengan sebuah brand. Setiap pemasar tahu bahwa kesan pertama sangat penting, dan itulah alasan slogan ini memiliki tanggung jawab yang besar.

Mengenali Ciri-ciri Pesan yang Jelas

Karena tagline biasanya hanya terdiri dari dua sampai delapan kata, setiap kata sangatlah penting. Oleh karena itu, prioritaslah kejelasan. Ia akan menjadi paling efektif jika dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Siapakah Anda?

Apa yang Anda lakukan?

Siapa target audiens Anda?

Bagaimana Anda melakukan apa yang Anda lakukan?

Apa manfaat memilih Anda?

Saat klien berkunjung ke situs web Anda, mereka mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mereka akan langsung tahu bahwa Anda adalah perusahaan yang mereka cari jika Anda memberikan jawabannya dari awal.

Memahami Unsur-unsur Tagline yang Kuat

Sebelum Anda mulai mencoba untuk menciptakan frase yang menarik, pahamilah apa yang membuat sebuah moto atau slogan berhasil. Pondasi dari sebuah moto atau slogan mencakup perjalanan pelanggan, menggali apa yang diinginkan audiens Anda dan menyajikan informasi tersebut dalam frasa yang singkat. Gunakan unsur-unsur berikut ini:

Kesederhanaan 

Tagline harus jelas dan mudah dipahami, tidak boleh membuat bingung. Bahasa yang digunakan harus profesional namun sederhana. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca untuk menarik perhatian khalayak luas. Kalimat sederhana juga lebih mudah diingat daripada kalimat yang berusaha terlalu keras untuk terdengar pintar.

Mari kita ambil contoh seperti Nike, “Just Do It”. Terlihat sangat sederhana, namun memiliki pesan yang kuat dan memotivasi. Tidak ada kerumitan atau jargon yang tidak perlu di dalamnya. Sebaliknya, pesan tersebut langsung, jelas, dan mudah dipahami oleh siapa saja yang membacanya. Ini memungkinkan menciptakan kesan yang kuat dan tahan lama di benak khalayak, yang pada gilirannya meningkatkan keterikatan dan loyalitas merek. Oleh karena itu, saat Anda menulis untuk situs web atau bisnis Anda, pastikan untuk menjaga kalimatnya sederhana, jelas, dan langsung ke tujuan.

Keunikan

Hindari meniru orang lain. Sebaliknya, daripada hanya mengadopsi frasa klise, perhatikan tagline yang menurut Anda efektif dan menarik, dan coba mengerti apa yang membuatnya begitu. Setelah itu, ambil unsur-unsur tersebut dan terapkan pada milik Anda sendiri.

Misalnya, contoh dari Apple, “Think Different,” merupakan contoh unik dan efektif. Ia mencerminkan filosofi perusahaan tentang inovasi dan kreativitas, sekaligus menonjolkan perbedaannya dengan kompetitor. Meski singkat, ia terlihat menarik dan mudah diingat karena keunikan dan keberaniannya. Dari sini, Anda bisa belajar bagaimana sederet kata singkat tersebut dapat merangkum esensi sebuah perusahaan dengan cara yang segar dan berbeda.

Saat Anda menciptakan milik Anda sendiri, jangan mencoba meniru “Think Different” atau slogan populer lainnya. Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang membuat bisnis Anda unik dan bagaimana Anda bisa mengkomunikasikannya dalam bentuk yang ringkas dan menarik. Slogan yang efektif bukanlah yang terdengar bagus saja, tetapi juga mampu menangkap esensi unik dari bisnis Anda dan mengekspresikannya dengan cara yang memikat dan mengesankan.

Fokus pada Manfaat 

Dasarnya, bisnis Anda menawarkan suatu layanan atau produk yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang. Tagline Anda seharusnya dapat menjelaskan secara jelas apa yang akan pelanggan dapatkan dengan memilih bisnis Anda. Hal ini harus disampaikan sejak awal sehingga pengunjung situs web Anda tahu apa yang dapat mereka harapkan.

Sebagai contoh, perhatikan moto atau slogan yang digunakan oleh FedEx: “When it absolutely, positively has to be there overnight.” Ia dengan jelas mengkomunikasikan nilai utama dan manfaat yang ditawarkan oleh FedEx kepada pelanggannya, yaitu keandalan dan pengiriman cepat. Ini memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa paket mereka akan sampai tepat waktu.

Dalam pembuatan milik Anda sendiri, pastikan untuk mempertimbangkan manfaat apa yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan. Apakah itu kecepatan, keandalan, kenyamanan, atau sesuatu yang unik, penting untuk menekankan manfaat tersebut dalam milik Anda. Ini akan memungkinkan pelanggan untuk langsung memahami apa yang mereka dapatkan ketika memilih bisnis Anda.

Kebermaknaan

Untuk menciptakan tagline yang bermakna, Anda perlu mengintegrasikan nilai-nilai perusahaan Anda untuk membangun daya tarik emosional. Anda harus menunjukkan bahwa perusahaan Anda tidak hanya menjalankan bisnis, tapi juga peduli dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam setiap aspek pekerjaannya. Ungkapkan hal ini dengan bahasa yang membangkitkan emosi, namun tetap jangan membuatnya terlalu panjang.

Sebagai contoh, lihat moto atau slogan dari perusahaan pakaian outdoor The North Face: “Never Stop Exploring”. Ia tidak hanya mencerminkan produk mereka – perlengkapan untuk petualangan outdoor – tapi juga membawa makna lebih dalam. “Never Stop Exploring” bukan hanya tentang menjelajahi alam, tapi juga tentang semangat petualangan, penasaran, dan tekad untuk terus tumbuh dan belajar, baik itu dalam perjalanan fisik atau metaforis. Ini sangat bermakna karena beresonansi dengan nilai-nilai dan aspirasi konsumen mereka, serta mencerminkan filosofi perusahaan mereka.

Saat Anda membuat milik Anda sendiri, pikirkan tentang nilai-nilai inti perusahaan Anda dan bagaimana Anda bisa mengekspresikannya dalam beberapa kata yang singkat dan kuat. Slogan yang bermakna bukan hanya slogan yang menarik; mereka berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan Anda pada tingkat emosional, dan membangun ikatan yang lebih dalam dan berkelanjutan.

Daya tarik

Dalam konteks tagline, keberhasilan seringkali terletak pada kemampuannya untuk melekat dalam ingatan audience. Anda menginginkannya mudah dikenang dan diingat sehingga mereka selalu menghubungkannya dengan merek Anda. Aliterasi, permainan kata, atau bahkan humor bisa menjadi elemen yang menarik di dalamnya.

Sebagai contoh, kita bisa melihat moto atau slogan dari perusahaan tiket pesawat online, Traveloka: “Tick Tock, Tiket Tok”. Ia memiliki daya tarik karena menggunakan permainan kata yang kreatif dan berirama (aliterasi), membuatnya menyenangkan dan mudah diingat.

Saat Anda membuat slogan ini, pikirkan cara-cara unik untuk membuatnya menonjol dan mudah diingat. Apakah itu melalui penggunaan aliterasi, permainan kata, atau humor, sebuah slogan yang menarik akan memberikan kesan yang tahan lama pada pelanggan Anda dan membantu merek Anda dikenal lebih luas.

Pada akhirnya, slogan harus mencerminkan apa yang ingin Anda sampaikan. Setiap kata sangatlah penting, jadi kurangi kata-kata pengisi dan pilihlah kata-kata yang inovatif dengan konotasi yang menarik. Dengan cara ini, Anda dapat menyampaikan esensi perusahaan Anda dengan jelas.

tagline

Perhatikan Gambar Banner Anda

Sebuah tagline seharusnya terasa seperti bagian yang mengalir secara alami dalam situs web Anda. Tentu saja, Anda ingin ia terlihat cukup mencolok, tetapi tidak terlalu mencolok sampai-sampai tidak cocok dengan suasana visual situs web Anda. Konsistensi antara semua elemen situs web menciptakan pengalaman pengguna yang harmonis dan mendalam. Jika Anda bingung menentukan kata-kata, coba renungkan makna dari gambar banner yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda adalah pengacara hukum keluarga yang menggunakan gambar keluarga yang sedang tersenyum, Anda bisa membuat kata-kata yang menonjolkan nilai persatuan. Bunyinya bisa seperti, “Dedikasi legal untuk masa depan keluarga lebih baik.”

Integrasi Energi Brand Anda

Setelah Anda mengetahui dasar-dasar tentang tagline dan cara membuatnya yang baik, sekarang saatnya untuk membuat pesan Anda menjadi unik. Untuk membedakan diri Anda, gunakanlah energi unik dari brand Anda. Gabungkan identitas brand Anda yang unik untuk menampilkan kualitas khusus Anda kepada calon klien.

Kesimpulan

Tagline mungkin terlihat seperti bagian kecil dari strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, tetapi ia memiliki peran besar dalam merubah pengunjung situs web menjadi klien baru. Slogan yang ditulis dengan baik akan membuat pengunjung tetap berada di halaman dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia, dan semua ini dimulai dengan kesan pertama yang kuat. Memperhatikan detail akan memperbaiki situs web Anda dan menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa dari awal hingga akhir.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

Instagram Story: 39 Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda!

0

Instagram Story adalah fitur yang populer dan penting dari Instagram, seperti halnya “tautan di bio”. Ini adalah alat yang sangat efektif untuk berinteraksi dengan audiens. Dibandingkan dengan postingan biasa, kamu bisa memposting cerita sepanjang hari tanpa mengganggu pengikutmu. Banyaknya peluang untuk memposting berarti kamu memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens secara kreatif. Tidak heran jika lebih dari 33% responden dari polling Twitter baru-baru ini mengatakan bahwa mereka menggunakan Instagram Stories lebih dari lima kali dalam seminggu. Dilansir dari sproutsocial.com, artikel ini akan memberikanmu 39 ide menarik untuk Cerita Instagram yang dapat memicu ide konten baru, tanpa membuatmu kelelahan. Yuk disimak!

Instagram Story

39 Ide Instagram Story untuk Memantik Kreativitasmu 

Ketika membicarakan jenis cerita apa yang bisa kamu buat, pilihannya sangat beragam. Dalam sebuah polling LinkedIn baru-baru ini, 52% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan Stories untuk berbagi konten lain, tautan, dan berinteraksi dengan audiens mereka.

Kuncinya adalah untuk menciptakan interaksi. Sama seperti postingan biasa, interaksi juga sangat penting dalam menentukan peringkat cerita.

Membuat audiens berinteraksi dengan ceritamu bisa menjadi faktor penentu apakah ceritamu akan muncul di bagian atas feed pengikutmu atau tidak.

Ada banyak tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan interaksi, seperti menggunakan stiker (yang akan kami bahas di artikel ini) dan memposting hingga lima kali sehari. Namun pada akhirnya, kuncinya adalah membuat konten yang menarik bagi audiens. Berikut beberapa ide cerita yang bisa kamu coba.

Ide Instagram Story untuk Bisnis

  1.       Membuat “Pilih A atau B?”

Cara interaktif dan mudah untuk menarik interaksi. Dengan cara ini, orang akan terus mengetuk untuk melihat apa yang dipilih orang lain, dan apa yang akan terjadi berikutnya.

Biasanya, Cerita ini menyertakan stiker Polling sehingga pemirsa dapat memilih “Ini” atau “Itu”. Dan dengan cara yang tak terbatas untuk menggunakannya, mereka selalu terasa segar.

  1.       Promosikan diskon dengan stiker

Cerita adalah salah satu tempat terbaik untuk mempromosikan diskon berbatas waktu. Memasangkannya dengan tautan yang akan membawa pengikut langsung ke produk akan lebih baik. Sertakan kode diskon dan ajakan di Story, bersama dengan stiker tautan sehingga pemirsa dapat berbelanja dengan kodenya langsung dari Story ini. Bisa pula menggunakan kode UTM (Urchin Tracking Module) di tautan untuk stiker Story untuk melacak penjualan dilakukan melalui Story ini. Menyertakan stiker atau background hewan-hewan lucu juga bisa membantu loh!

  1.       Hitung mundur peluncuran produk

Membuat hitungan mundur menjelang peluncuran produk akan membangkitkan rasa penasaran yang kuat. Stiker hitung mundur Instagram memungkinkan audiens untuk mengaktifkan pengingat ketika hitungan mundur selesai sehingga mereka tahu kapan harus berbelanja, checkout, dan banyak lagi!

  1.       Bagikan konten blog dari bisnismu

Gunakan stiker tautan untuk menautkan ke postingan blog, artikel, laporan data, dan lainnya dari ceritamu. Buatlah Cerita yang menimbulkan pertanyaan yang menarik. Saat pemirsa mengetuk untuk melihat lebih lanjut, tautkan mereka ke postingan blog untuk menemukan jawabannya.

  1.       Gunakan stiker untuk menonjolkan konten

Istilah “stiker” di Instagram bisa berarti banyak hal – mulai dari polling interaktif, kuis, kotak pertanyaan, hingga stiker liburan yang sedang tren. Gunakan stiker stiker ini agar kontenmu semakin menonjol!

  1.       Bagikan testimoni positif

Membagikan ulasan produk di ceritamu tidak hanya membangun kepercayaan dengan calon pembeli, tetapi juga mengapresiasi pelanggan yang telah meluangkan waktu untuk memberikan ulasan.

  1.       Bagikan rencana bisnismu

Membagikan rencana atau rutinitas harianmu tidak hanya membuat pekerjaanmu lebih terlihat, tetapi juga bisa menginspirasi orang lain.

  1.       Buat cerita yang bisa ‘dibeli’

Apa yang lebih baik dari menggunakan Instagram untuk bisnis daripada menjual langsung dari ceritamu?

Ada dua cara utama untuk menjual barang langsung dari Story:

Gunakan stiker tautan: Seperti yang telah kami sebutkan, stiker ini akan menautkan pemirsa langsung ke situs web.

Gunakan stiker belanja: Meskipun stiker tautan membawa pemirsa keluar dari platform, stiker belanja memungkinkan mereka untuk berbelanja langsung dari Instagram. Untuk melakukan ini, Anda harus menyiapkan Instagram Shopping.

  1.       ‘Behind The Screen’

Membawa audiens ke balik layar bisnismu bisa sangat menarik dan membuat merekmu lebih manusiawi.

  1.     Perkenalkan timmu

Orang-orang ingin melihat wajah-wajah di balik sebuah merek. Apresiasi dan bagikan budaya perusahaanmu dengan serangkaian cerita tentang karyawan.

Ide Instagram Story yang Menghibur

  1.   Buatlah permainan

Seperti yang telah disebutkan, algoritme Instagram mengutamakan Cerita yang populer, dan berdasarkan sejarah interaksi. Menghadirkan permainan yang menyenangkan akan membuat orang-orang kembali lagi dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan Ceritamu. Mereka terhibur, dan kamu meningkatkan interaksi–itu adalah solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

  1.   Tulis ucapan terima kasih untuk follower setia

Keterlibatan, pengikut, dan konversi lebih dari sekadar angka–itu adalah tindakan yang dilakukan oleh para penggemar. Akun dan bisnismu tidak akan berada di posisinya sekarang tanpa audiens setia. Ketika telah mencapai tonggak sejarah baru, seperti mencapai jumlah pengikut baru atau menjual produk, ucapkan terima kasih kepada mereka di Ceritamu.

  1.   Bagikan konten yang menggembirakan atau menginspirasi

Berbagi konten Cerita yang menginspirasi menciptakan momen emosional dan menggembirakan. Selain itu, konten ini sangat mudah dibagikan. Konten yang menginspirasi bisa sesimple berbagi kutipan yang memotivasi.

  1.   Sertakan hewan peliharaan

Jangan meremehkan kekuatan hewan yang lucu. Menampilkan hewan peliharaan akan menambah faktor keimutan dan menarik perhatian pada Ceritamu. Bisa juga menciptakan momen interaktif dengan memanfaatkan konten buatan pengguna dengan menampilkan hewan peliharaan audiens di Ceritamu.

  1.   Throwback Thursday

Throwback Thursday telah ada sejak awal kemunculan media sosial. Namun, ide ini selalu menarik. Cerita #TBT memberimu seri reguler untuk diposting setiap minggu. Kamu bisa menunjukkan toko saat pertama kali mendapatkannya, menyoroti kantor pertama sebelum bisnis meroket, atau membagikan versi pertama produkmu!

  1.   Bagikan outfit hari ini

Jenis konten ini sangat efektif untuk merek fesyen, influencer, tim olahraga (misalnya: penggemar yang mengenakan outfit terbaru), dan universitas yang menampilkan siswa yang menunjukkan kebanggaan sekolah mereka. Ini juga merupakan cara mudah untuk memanfaatkan konten buatan pengguna. Bagikan outfit hari ini dari pengikut dan penggemar yang menandaimu di postingan dan Cerita mereka.

  1.   Bagikan FAQ audiens

Audiens memberitahu jenis konten apa yang mereka inginkan melalui pertanyaan yang mereka ajukan. Saat kamu membuat Cerita seputar pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens, kamu memiliki kesempatan untuk memberikan nilai dengan menyelesaikan masalah mereka dan memberikan jawaban.

Ide Pertanyaan Instagram Story

  1.   Tanyakan pendapat pengikut tentang suatu topik

Salah satu cara terbaik untuk menjadi merek yang benar-benar interaktif dan menunjukkan bahwa mereka menghargai pengikut mereka adalah dengan menempatkan mereka dalam sorotan. Gunakan stiker pertanyaan untuk meminta pendapat pengikut, lalu tampilkan jawaban mereka.

  1.   Memulai “tanyakan apa saja

“Ask Me Anything” adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan audiens dan memicu ide konten di masa depan. Gunakan stiker pertanyaan untuk mengumpulkan pertanyaan dari pengunjung. Kemudian bagikan kembali di Cerita lain di mana kamu menanggapi pertanyaan mereka.

  1.   Memulai jajak pendapat

Jajak pendapat memungkinkan setiap orang yang menjawabnya untuk melihat hasil jajak pendapat… tetapi hanya setelah mereka memilih. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan dengan memancing rasa penasaran.

  1.   Memulai sebuah prompt

Prompt Instagram adalah ajakan atau seruan dalam Cerita yang bisa diikuti oleh pengikut dan menimbulkan tren baru. Untuk memulai sebuah prompt, awali Story dengan foto atau video yang terkait dengan prompt yang diinginkan. Kemudian, pilih stiker “Tambahkan Milik Anda”, tulis prompt dan bagikan. Kamu akan mendapatkan notifikasi ketika orang lain menambahkan prompt darimu!

  1.   Memulai kuis

Kuis adalah cara yang menyenangkan untuk menguji pengetahuan audiens dan melibatkan mereka. Stiker kuis Instagram memudahkan pembuatan kuis dan bahkan menunjukkan jawaban yang benar setelah seseorang menebak.

Instagram story

Ide untuk Layout Instagram Story

  1.   Coba buat kolase yang menarik

Kolase itu seperti album foto dalam satu gambar. Ini adalah cara praktis untuk menunjukkan beberapa foto dalam satu cerita. Kamu bisa gunakan untuk memperlihatkan produk, stylebook, atau moodboard. Untuk membuat kolase di Instagram, bisa gunakan fitur “Layout”, yang memungkinkan kita memasukkan hingga enam foto dalam satu cerita. Jika ingin lebih kreatif, coba gunakan aplikasi seperti Canva.

  1.   Gunakan alat pengeditan foto untuk layout khusus

Dengan membuat layout dan template khusus, ceritamu akan terlihat lebih unik dan merefleksikan identitas brand. Sangat cocok untuk cerita yang berhubungan dengan brand atau seri tertentu. Jika memiliki tim desain, bisa minta mereka membuatkannya. Atau, kamu juga bisa coba buat sendiri dengan aplikasi seperti Canva.

  1.   Tumpukkan satu foto di atas foto lain

Instagram mempunyai stiker yang bisa digunakan untuk memasang foto kecil di atas latar belakang cerita. Foto kecil ini bisa diganti bentuknya, menjadi lingkaran, bintang, atau persegi panjang. Kamu bisa menggunakan stiker untuk memposting foto kecil di atas latar belakang cerita yang lebih besar, memberikan efek visual yang unik dan menarik.

  1.   Buatlah sebuah panduan

Cerita berisi panduan langkah-demi-langkah, penjelasan, atau daftar bisa membuat pemirsa tetap terpaku dan mengikuti cerita hingga akhir. Bisa juga dilakukan dengan membagikan link blog terdahulu yang berisi panduan yang masih up to date. Hal ini meringankan pekerjaan ekstra dengan menggunakan kembali konten dan mengarahkan traffic ke situs blogmu!

Ide Instagram Story yang Menarik

  1.   Tunjukkan proses pembuatan produk

Cara ini mirip dengan membuat cerita di balik layar. Tunjukkan kepada penggemar bagaimana produk dibuat, seperti proses pembuatan karya seni, pakaian, atau kue. Ini akan membuat mereka merasa lebih terlibat dalam perjalanan produkmu.

  1.   Gunakan slider emoji

Slider emoji adalah fitur unik Instagram yang sederhana namun efektif dan menyenangkan. Ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap pertanyaan atau topik dengan menyeret emoji di sepanjang slider.

  1.   Bagikan aksi penggalangan dana

Penggalangan dana di Instagram adalah cara untuk menunjukkan nilai-nilai brand dan membantu organisasi atau bisnis yang kamu peduli. Kamu bisa melihat berapa banyak yang sudah terkumpul dan siapa saja yang menyumbang.

  1.   Tambahkan avatar meta

Avatar meta adalah cara yang lucu dan cerdas untuk menambahkan nuansa pribadi dan emosional ke dalam ceritamu. Pilih stiker “Tambahkan Meta Avatar Anda” untuk mendapatkan banyak pilihan reaksi dan ekspresi.

  1.   Bagikan meme populer

Meme adalah cara yang menyenangkan dan relevan untuk berinteraksi dengan pengikut dan membangun keterlibatan. Jika ceritamu bisa dibagikan, ini juga bisa meningkatkan kesadaran merek juga.

  1.   Tampilkan perubahan sebelum dan sesudah

Cerita Instagram adalah tempat yang sempurna untuk menunjukkan perubahan sebelum dan sesudah. Misalnya, dalam bidang desain interior, seni, renovasi rumah, makeup, organisasi, dan penataan rambut.

Ide Ulang Tahun Instagram Story

  1.   Buat hitungan mundur ulang tahun 

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk membangkitkan semangat dan antisipasi pengikut menjelang perayaan ulang tahunmu atau merek.

  1.   Buat kartu ulang tahun digital 

Bagikan perayaan ulang tahun dengan pengikut dengan membuat dan memposting kartu ulang tahun digital di ceritamu.

  1.   Buat tagar ulang tahun khusus 

Tagar ulang tahun khusus bisa mendorong pengikut untuk membagikan konten mereka sendiri dan berpartisipasi dalam perayaan.

  1.   Tambahkan lagu selamat ulang tahun

Menambahkan musik ke Story bisa menambah suasana perayaan.

Ide Selfie untuk Instagram Story

  1.   Gunakan filter yang mempromosikan acara atau film baru 

Filter AR (Augmented Reality) bisa digunakan untuk mempromosikan acara atau film baru, dan juga cara yang kreatif untuk membuat selfie menjadi lebih menarik dan berbeda.

  1.   Selfie dengan filter khusus bisnismu

Membuat dan menggunakan filter khusus untuk bisnis atau merek adalah cara yang efektif untuk mempromosikan dan membangun kesadaran merek di antara pengikutmu.

  1.   Gunakan fitur tanpa tangan untuk melakukan tarian 

Fitur “Tanpa Tangan” Instagram memungkinkanmu merekam diri sendiri menari dengan menggunakan timer.

Kesimpulan 

Daftar ini hanya sekelumit dari berbagai ide Instagram story yang bisa dicoba. Ada banyak cara lain untuk membuat cerita yang menarik dan berarti yang bisa meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek. Mulailah dari ide-ide ini, dan terus kembangkan kreativitasmu!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

Copywriting di Era AI: Tantangan dan Peluang!

0
copywriting

Apakah Anda seorang copywriter yang merasa cemas dengan kemunculan alat copywriting berbasis kecerdasan buatan (AI)? Jangan khawatir, karena inilah waktunya untuk beradaptasi, bukan menyerah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang peran AI dalam copywrite saat ini, bagaimana hal tersebut merubah industri, dan tips penting bagi Anda untuk terus berkembang meski AI semakin dominan. Dilansir dari directpaynet.com, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

copywriting

Dampak Alat Copywriting Berbasis AI pada Industri

Alat copywriting berbasis AI menjadi semakin populer di kalangan bisnis dan copywriter, karena alat bantu ini membantu menghasilkan konten berkualitas tinggi sesuai permintaan. Namun, siapa sebenarnya yang paling terpengaruh oleh alat ini? Mari kita telusuri.

Pembuat Konten

Penulis SEO (pengoptimalan mesin pencari) dan penulis lain yang menulis di bidang pembuatan konten bentuk panjang adalah kelompok yang paling terdampak oleh alat copywriting AI. Dengan semakin banyaknya bisnis yang beralih ke solusi otomatis ini untuk kebutuhan konten mereka, ada gerakan untuk menggantikan mereka dalam pemasaran konten.

Namun, hal ini juga membuka peluang bagi penulis berpengalaman untuk mengambil alih kekosongan yang ditinggalkan oleh AI. Pembuat konten yang berspesialisasi dalam menulis untuk industri atau topik tertentu mungkin menemukan diri mereka pada keuntungan tertentu di sini, karena banyak alat copywriting AI tidak dapat menulis tentang fungsi, pasar, dan banyak lagi. Keahlian manusia masih diperlukan.

Selain itu, beberapa perusahaan mungkin lebih menyukai sentuhan manusia dan mempekerjakan penulis berpengalaman untuk meninjau atau menyempurnakan draf yang dihasilkan oleh AI sebelum mempublikasikannya – peluang potensial lainnya bagi penulis manusia di bidang ini.

Editor

Editor dan korektor mungkin juga akan terpengaruh oleh alat bantu penulisan AI, meskipun kemungkinan tidak sebanyak penulis itu sendiri. Meskipun alat-alat ini mampu menghasilkan draf berkualitas tinggi dengan sedikit masukan dari penulis, mereka biasanya masih membutuhkan tinjauan dan perbaikan dari editor manusia sebelum ditayangkan – terutama jika digunakan dalam konteks berisiko tinggi seperti dokumen hukum atau siaran pers.

Oleh karena itu, editor masih harus menemukan banyak pekerjaan di bidang ini, asalkan mereka dapat menunjukkan nilai mereka di luar apa yang dapat diberikan oleh alat AI.

Salah satu area di mana AI akan selalu membutuhkan tangan manusia untuk memperbaiki adalah pemeriksaan fakta. Sistem AI mengaduk-aduk konten berdasarkan data yang diberikan kepadanya, tetapi apa yang diciptakannya tidak selalu benar.

Copywriter

Seorang copywriter adalah profesional yang menciptakan teks atau “copy” yang digunakan dalam iklan dan promosi. Tujuan dari copy ini adalah untuk meyakinkan orang untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar untuk layanan, atau mendukung suatu penyebab.

Copywriter biasanya bekerja di bidang pemasaran atau iklan, baik dalam perusahaan atau sebagai freelancer. Mereka mungkin menulis untuk berbagai format, termasuk iklan TV, radio, cetak, dan digital, brosur, email pemasaran, posting blog, dan banyak lagi.

Copywriter harus memiliki keterampilan penulisan yang kuat, termasuk kemampuan untuk menulis dengan gaya dan nada yang sesuai dengan merek atau pesan khusus. Mereka juga harus bisa berpikir secara kreatif dan strategis, dan memiliki pemahaman yang baik tentang penargetan dan posisi pasar.

Perusahaan yang baik mengetahui nilai dari copywriter mereka dan tidak akan membahayakan pertumbuhan perusahaan mereka atau kesuksesan sebuah produk dengan menggunakan teknologi baru.

Perusahaan baru, perusahaan yang tidak memahami nilai atau proses copywriter, dan copywriter yang buruk adalah yang paling terancam di sini. Perusahaan yang tidak mengerti akan mengotomatiskan setiap ons konten serta perusahaan baru yang tidak mampu membayar copywriter yang berkualitas. Copywriter yang buruk yang tidak berusaha keras atau tidak melihat hasil yang konsisten juga akan merasakan dampaknya.

Perubahan dalam Lanskap Pemasaran Akibat AI Copywriting

Alat copywriting berbasis AI telah mengubah cara profesional pemasaran membuat dan mengeksekusi konten. Dengan AI, pemasar dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan lebih efisien dan hemat biaya. Hal ini juga memudahkan penciptaan konten yang dipersonalisasi dan ditargetkan untuk beresonansi dengan konsumen.

Berbiaya Rendah

AI copywriting dapat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatiskan aspek-aspek tertentu dari proses penulisan. Alih-alih membuat setiap konten secara manual, pemasar dapat menggunakan AI untuk mengembangkan konten yang relevan dengan cepat berdasarkan analisis data pelanggan. Hal ini memungkinkan pemasar untuk memfokuskan upaya mereka dalam mengembangkan strategi sambil menggunakan alur kerja yang memungkinkan AI untuk mengurus detailnya.

Efisien

Selain menghemat waktu dan uang, AI copywriting juga menyederhanakan proses pembuatan konten unik untuk audiens yang berbeda. Dengan memanfaatkan data pelanggan, sistem ini dapat secara otomatis menyesuaikan konten untuk segmen pelanggan yang berbeda atau bahkan menghasilkan ide baru untuk kampanye berdasarkan tren perilaku pelanggan saat ini. Hal ini memastikan bahwa pesan apa pun yang dibuat akan menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat dengan dampak yang maksimal.

Banyak alat AI yang tersedia saat ini dapat membuat jenis konten tertentu, seperti deskripsi produk, garis besar halaman arahan, salinan iklan Facebook, dan banyak lagi, semuanya melalui templat bawaan. Menyederhanakan alur kerja untuk salinan pemasaran akan menghemat waktu dan uang.

Bisa ditargetkan

Konten yang dibuat oleh AI tahu cara berbicara kepada audiens target Anda, tidak peduli seberapa spesifik grup tersebut. AI dapat menggabungkan bahasa dan nada yang diharapkan oleh segmen pelanggan Anda, menciptakan hubungan yang lebih bermakna antara Anda dan mereka.

AI juga memiliki kemampuan untuk belajar dari waktu ke waktu, mengadaptasi konten agar dapat terhubung lebih baik dengan audiens.

copywriting

Kelebihan Otomatisasi dalam Copywriting

Di satu sisi, otomatisasi bisa menjadi penghemat waktu yang bagus untuk bisnis, karena bisa merampingkan tugas copywriting seperti membuat posting media sosial atau konten situs web. Hal ini dapat membebaskan sumber daya dan memungkinkan penulis untuk fokus pada proyek yang lebih besar.

Otomatisasi juga memastikan konsistensi dan akurasi dalam pesan perusahaan, yang dapat membantu menciptakan citra merek yang lebih profesional secara keseluruhan.

Selain itu, sistem otomatis sering kali lebih hemat biaya daripada mempekerjakan beberapa anggota staf untuk mengerjakan tugas-tugas penulisan.

Kekurangan Otomatisasi dalam Copywriting

Di sisi lain, sistem ini sering kali membutuhkan investasi yang signifikan di awal, yang bisa jadi sangat mahal untuk bisnis kecil.

Selain itu, banyak sistem otomatis memiliki kemampuan yang terbatas, yang berarti mereka tidak dapat menangkap nuansa topik atau pesan yang lebih kompleks. Sering kali, konten yang dihasilkan oleh AI tidak memiliki emosi manusia (belum lagi kesalahan tata bahasa).

Selain itu, karena alat ini tidak memiliki kreativitas dan kepribadian manusia-dua aspek kunci dari copywriting yang sangat baik-sering kali alat ini memberikan hasil yang umum yang tidak dapat benar-benar mewakili suara unik merek Anda.

Tips Copywriting untuk Berkembang di Era AI

Di masa depan, copywriter AI diperkirakan akan menjadi lebih umum. Sudah ada beberapa opsi luar biasa seperti Jasper, CopyAI, dan Content at Scale (yang semuanya menggunakan GPT-3).

Karena semakin banyak perusahaan yang beralih ke teknologi ini untuk menyusun pesan mereka, maka akan sangat penting bagi copywriter untuk selalu mengikuti perkembangan dan tren terbaru agar tetap kompetitif. Berikut adalah beberapa tips praktis tentang cara berkembang di masa depan di mana copywriter AI terus berkembang:

1. Asah Keterampilan Anda

Pertama, fokuslah untuk mengasah kemampuan Anda sebagai penulis dan pencerita. Copywriter AI menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan penulis manusia tradisional, tetapi mereka belum dapat menandingi kemampuan kreatif atau kecerdasan emosional kita dalam membuat cerita yang menarik dan menarik perhatian audiens.

Luangkan waktu untuk melatih keahlian menulis Anda dan mengembangkan keterampilan bercerita Anda sehingga Anda dapat menonjol dalam persaingan.

2. Gunakan Alat Baru

Kedua, tetaplah terbuka terhadap teknologi dan alat baru yang dapat membantu Anda membuat konten yang menarik dengan lebih cepat dan efisien.

Copywriter AI menjadi semakin hebat berkat kemajuan dalam Natural Language Processing (NLP) dan teknologi lain yang memungkinkan mereka untuk memahami input bahasa alami dengan lebih baik daripada sebelumnya.

Berinvestasilah untuk mempelajari alat-alat ini sehingga Anda dapat memanfaatkan fitur-fiturnya dan tetap menjadi yang terdepan.

3. Cari Peluang Baru

Ketiga, perhatikan peluang yang muncul di industri seperti otomatisasi pemasaran atau pengembangan chatbot yang dapat membantu meningkatkan prospek karier Anda.

Bidang-bidang ini membutuhkan pengetahuan yang kuat tentang pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mesin, dan topik terkait lainnya yang dapat memberi Anda keunggulan dibandingkan yang lain saat melamar posisi sebagai copywriter AI atau peran serupa.

4. Networking

Terakhir, jangan lupakan networking. Berhubungan dengan para profesional industri adalah kunci untuk mempelajari tren baru atau mendapatkan akses ke peluang kerja. Bergabunglah dengan grup profesional secara online atau hadiri acara industri sehingga Anda dapat bertemu dengan calon klien atau perusahaan yang mungkin memiliki lowongan untuk copywriter AI berpengalaman seperti Anda.

Kesimpulan

Bahkan dengan AI yang menempati ruang dominan di pasar, karier anda tetap bisa berkembang. Jika Anda adalah ahli dalam bidang Anda, tak ada risiko yang perlu ditakuti. Selalu akan ada tempat untuk copywriter manusia; Anda hanya perlu mencari perusahaan yang menghargai keahlian Anda. Copywriter yang kurang berprestasi atau yang hanya mengharapkan hasil tanpa berusaha keras mungkin akan digantikan oleh AI. Inilah realitas yang mungkin sulit diterima. Namun, jika Anda merasa terancam dan berambisi menjadi copywriter yang sukses, inilah saatnya untuk berubah. Bergabunglah dengan forum, temui mentor, dan kembangkan keterampilan Anda. Anda harus mampu menambah nilai pada pekerjaan Anda. Ingatlah, di balik setiap tantangan selalu ada peluang. Jadi, jangan biarkan AI mengintimidasi Anda, tapi gunakanlah ini sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berinovasi.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

Cara Kerja Cerdas : 15 Tips Produktivitas Untuk Diterapkan! 

0
kerja cerdas

Di antara banyak profesional, kerja cerdas adalah kunci menuju produktivitas lebih baik yang dapat menghemat waktu dan energi untuk hal-hal yang penting, seperti tujuan hidup, pertumbuhan pribadi dan kesehatan, serta hubungan interpersonal. Fakta ini juga berlaku di tempat kerja: Bekerja cerdas di kantor menjaga anggota tim tetap terlibat dan tidak merasa kewalahan.

Dilansir dari teamwork.com, mari mendalami apa artinya kerja cerdas (bukan keras) dan memberikan 15 tips tindakan yang dapat digunakan untuk mencapai hal tersebut dengan baik. Mari simak pembahasan lengkapnya secara detail pada ulasan di bawah ini!

kerja cerdas

Apa artinya Kerja Cerdas?

Kerja cerdas dapat membantu untuk lebih produktif tanpa membuang waktu dan energi berharga. Dalam prakteknya, biasanya berarti menggunakan strategi yang jelas untuk memprioritaskan aktivitas dan tujuan yang penting. Ini memungkinkan untuk merawat apa yang paling penting dan mencegah waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas yang kurang penting.

Bergantung pada karir yang ditekuni, bekerja cerdas bisa berarti menerapkan beberapa alat untuk mengotomatisasi tugas yang berulang dan memakan waktu atau mempekerjakan anggota tim tambahan untuk membagi pekerjaan.

Mengapa lebih baik Kerja Cerdas?

Kita hidup dalam masyarakat yang menempatkan nilai tinggi pada produktivitas, jadi bekerja cerdas dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam berbagai aspek kehidupan. Ini dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja secara keseluruhan, kesehatan, dan kebahagiaan karena stres ketika mengelola segalanya akan berkurang.

Produktivitas kerja yang lebih tinggi, ditambah dengan kepuasan kerja yang lebih besar, dapat membuat Anda menjadi aset yang lebih berharga bagi perusahaan. Ini dapat meningkatkan keamanan pekerjaan dan memberikan posisi untuk kenaikan gaji dan promosi.

15 Tips Sukses menerapkan Kerja Cerdas yang Bisa Diikuti

Berikut adalah 15 tips yang dapat diterapkan hari ini untuk membantu membangun kehidupan profesional yang lebih bahagia dan produktivitas yang lebih tinggi.

1. Rencanakan lebih awal 

Dengan merencanakan lebih awal, Anda dapat langsung masuk ke proyek-proyek yang paling mendesak daripada menghabiskan waktu berharga mencoba memprioritaskan semuanya di hari itu. Merencanakan lebih awal untuk hari berikutnya dapat menjadi hal yang bagus untuk dilakukan di akhir hari ketika telah menyelesaikan semua tugas untuk hari itu tetapi masih dalam mode kerja.

2. Minimalisir daftar to-do

Kita semua hanya bisa melakukan begitu banyak dalam sehari. Jika daftar to-do Anda sangat panjang, siapkan diri untuk kekecewaan. Saran yang terbaik adalah menjaga daftar to-do tetap pendek, ringkas, dan realistis. Mencapai tujuan kecil tidak hanya membawa Anda maju, tetapi juga dapat membantu meningkatkan rasa pencapaian.

3. Multitasking terkadang bukan solusi

Berlawanan dengan kepercayaan populer, multitasking tidak berhasil. Bahkan, ketika kita mencoba untuk multitasking, kita sebenarnya mencapai lebih sedikit karena kita perlahan-lahan kehilangan kemampuan untuk fokus cukup untuk belajar. Jadi, daripada mencoba mengerjakan banyak tugas berbeda sekaligus, coba fokus pada satu per satu maka kualitas kerja yang lebih baik dan produktivitas yang lebih tinggi secara keseluruhan akan terlihat.

4. Membatasi notifikasi 

Apakah Anda mendapatkan notifikasi di ponsel atau notifikasi obrolan di komputer dari rekan kerja, satu notifikasi memiliki kemampuan untuk merusak produktivitas selama beberapa menit.

Pikirkan berapa banyak notifikasi yang telah diatur di perangkat Anda. Bukanlah hal yang sulit untuk membayangkan bagaimana Anda bisa dengan mudah teralihkan dan menghabiskan beberapa jam per minggu untuk kembali ke jalur. Untuk membantu melawan ini, bisukan semua notifikasi selama blok waktu sepanjang hari untuk memastikan Anda bebas gangguan.

5. Ambil istirahat 

Membangun istirahat ke dalam hari Anda mungkin terdengar bertentangan dengan produktivitas, tetapi jika telah menjadwalkan istirahat dengan niat, mereka sebenarnya dapat memastikan Anda melakukan lebih banyak. Memberi otak istirahat dapat membantu untuk fokus seefisien mungkin pada tugas yang ada di depan.

Satu teknik istirahat disebut teknik Pomodoro. Teknik pengaturan waktu ini menyarankan untuk mengambil istirahat singkat yang sering untuk mendorong konsentrasi berkelanjutan. Misalnya, Anda dapat mengatur timer selama 25 menit dan fokus pada satu tugas dari daftar to-do. Setelah 25 menit, istirahatlah selama lima menit. Lakukan hal ini empat kali, dan kemudian Anda bisa mengambil istirahat yang lebih panjang (15 hingga 30 menit).

kerja cerdas

6. Selesaikan tugas dalam beberapa bagian

Anda juga bisa menggabungkan pengambilan istirahat dengan menyelesaikan tugas dalam beberapa bagian (potongan, sedikit demi sedikit atau mencicil). Menggabungkan dua tips ini adalah cara yang bagus untuk memastikan kerja cerdas, bukan keras.

Pikirkan tentang memisahkan tugas berdasarkan jenis saat membuat daftar to-do. Misalnya, mungkin lebih bermanfaat untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan kreativitas dalam jangka waktu yang sama. Ini bermanfaat karena akan melatih bagian tertentu dari otak. 

Lalu, ketika beralih ke tugas yang membutuhkan angka-angka keras dan berpikir analitis, Anda bisa beralih untuk fokus sepenuhnya pada kegiatan tersebut alih-alih mencoba berpindah-pindah antara berpikir kreatif dan analitis.

7. Gunakan alat produktivitas dan otomasi 

Perangkat lunak yang dirancang untuk produktivitas dan otomasi bisa menjadi pintasan yang bermanfaat untuk menyederhanakan tugas, mengalirkan alur kerja dan membuat berkolaborasi dengan orang lain menjadi mudah. Alat produktivitas dapat menguntungkan individu dan tim besar yang bekerja pada proyek dengan banyak bagian yang bergerak.

Cara terbaik untuk mengidentifikasi alat produktivitas mana yang akan terbaik adalah dengan melacak apa yang tim habiskan saat waktu ekstra selama satu minggu rata-rata. Setelah memiliki data beberapa minggu, lihat apa yang paling sering muncul dan identifikasi apakah ada alat di luar sana yang dapat membantu memotong jam-jam tersebut. 

Misalnya, jika Anda melihat tugas yang berulang-ulang, alat otomasi adalah cara yang bagus untuk mengambil item-item tersebut dari pekerjaan tim untuk mengurangi beban kerja anggota tim dalam prosesnya.

8. Ajukan pertanyaan lebih awal 

Mengajukan pertanyaan lebih awal dalam proses untuk setiap proyek yang diberikan dapat membantu untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Daripada menunggu pertanyaan satu per satu saat pertanyaan itu muncul, luangkan waktu untuk berpikir kritis tentang proyek di tahap awalnya.

  1. Apa alat atau sumber daya yang akan tim butuhkan untuk menyelesaikan proyek?
  2. Apakah semua orang memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus menjadi produk akhir?
  3. Apakah ada sesuatu yang tidak jelas bagi siapa pun?

Mengajukan pertanyaan ini lebih awal dapat membantu untuk mendapatkan keunggulan atas masalah potensial dan menanganinya sebelum membuat proyek keluar jalur. Ini juga dapat membantu memodifikasi arah proyek jika perlu dan menjaga semua orang berada di halaman yang sama sejak awal.

9. Berfokus pada hasil dan bukan waktu yang dihabiskan 

Ketika lebih banyak orang mulai bekerja dari rumah selama pandemi, satu hal menjadi sangat jelas: Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tidak setara dengan kualitas produk akhir.

Beberapa perusahaan tahu ini sebelum pandemi, tentu saja, tetapi banyak yang masih berpikiran bahwa jika seseorang bekerja kurang jam, itu secara otomatis berarti pekerjaannya tidak selesai dengan baik. Namun, ini jauh dari kebenaran. 

Jika anggota tim bekerja dengan efisien dan mengelola waktunya dengan baik, mereka dapat menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat dengan standar kualitas yang sama. Daripada fokus pada mencatat jam kerja yang lebih lama, fokuslah pada hasil akhir.

10. Perkuat keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi tidak dapat dilebih-lebihkan ketika berbicara tentang bekerja lebih efisien. Jika Anda berkomunikasi secara efektif, tugas dan proyek akan berjalan lebih lancar. Manajer proyek dan anggota tim harus memiliki komunikasi dua arah yang terbuka untuk memastikan semua orang tetap berada di halaman yang sama dan bertanggung jawab atas bagian mereka dari proyek.

11. Mempercepat pertemuan

Jika pernah bekerja sebagai bagian dari tim, Anda tahu betapa pertemuan bisa menghabiskan waktu. Pertemuan adalah hal yang penting dan tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa membuatnya lebih efisien dalam kebanyakan kasus. 

Profesional rata-rata menghabiskan sekitar 21,5 jam dalam pertemuan per minggu. Jadi, mulailah dengan memangkas pertemuan dan menjadi sangat fokus saat memutuskan apa yang akan dibahas dalam pertemuan dan apa yang bisa menjadi email.

12. Tetapkan batas waktu yang pendek 

Jika Anda menetapkan batas waktu yang pendek untuk diri sendiri atau tim, kemungkinan akan terasa lebih tercapai. Batas waktu yang pendek juga membantu orang tetap fokus pada tugas yang ada di depan mereka. 

Jika memiliki batas waktu yang berjarak minggu atau bahkan bulan, Anda mungkin akan lupa beberapa aspek kunci dari proyek dan bahkan kehilangan momentum dan semangat. Menetapkan batas waktu yang pendek bisa menjadi teknik manajemen proyek yang bagus untuk diingat jika Anda berusaha bekerja lebih cerdas. 

13. Cocokkan tugas dengan tingkat energi 

Berfikir tentang daftar tugas sebanding dengan bagaimana perasaan Anda juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memeriksa diri sendiri, karena merenungkan suasana hati hari ini dapat menguntungkan kesejahteraan dan produktivitas secara keseluruhan. Bila memungkinkan, coba cocokkan tugas untuk hari itu dengan seberapa energi yang dimiliki. 

Misalnya, jika ketika bangun merasa berenergi dan bersemangat, Anda mungkin merasa lebih siap untuk mengambil tugas yang menantang secara mental. Sebaliknya, jika merasa sedih atau lelah, Anda mungkin ingin mengerjakan tugas yang lebih sepele yang tidak memerlukan banyak energi dan yang bisa diambil waktunya.

14. Gunakan teknik manajemen stres 

Stres di kalangan pekerja di seluruh dunia mencapai rekor tertinggi pada tahun 2021, dengan 44% karyawan melaporkan bahwa mereka mengalami stres pada hari tertentu. Ketika stres tinggi, produktivitas menurun. Untuk melawan ini, penggunaan teknik manajemen stres secara proaktif adalah solusi. Beberapa teknik ini yang berhubungan dengan kehidupan kerja bisa diterapkan.

  • Menetapkan batas yang kuat untuk melindungi keseimbangan hidup dan kerja, seperti tidak menjawab email setelah jam kerja
  • Mengambil istirahat sepanjang hari untuk makan dengan baik
  • Bergeraklah sepanjang hari (berjalan, meregang, berlari, bersepeda, dll.)
  • Praktekkan mindfulness dan latihan pernafasan
  • Dukung kesehatan mental dengan mencari terapis atau kelompok dukungan

Selain membantu produktivitas, mengelola stres akan membantu Anda menjadi lebih tahan dalam semua aspek kehidupan.

15. Kelola waktu dengan bijaksana 

Terakhir, keterampilan manajemen waktu sangat penting ketika mencoba bekerja lebih cerdas. Ketika Anda menggabungkan tips ini dengan tips pertama kami tentang merencanakan di muka, Anda dapat menjadwalkan hari untuk membantu mendukung produktivitas dan efisiensi tanpa merasa stres.

Dan ingat, mengelola waktu juga termasuk membuat waktu untuk istirahat. Anda tidak bisa bekerja keras tanpa istirahat. Relaksasi sangat penting untuk memastikan produktivitas jangka panjang, jadi dorong tim untuk mengambil istirahat dan berikan saran jika mereka kesulitan mengelola waktu mereka secara efektif.

Kesimpulan

Kerja cerdas adalah kunci untuk mencapai produktivitas yang maksimal. Artikel ini memberikan 15 tips yang dapat diterapkan sekarang untuk membangun kehidupan profesional yang lebih bahagia dan produktif. Ingatlah bahwa tidak ada pendekatan yang sama untuk semua orang dalam bekerja lebih cerdas, dan mungkin perlu memodifikasi strategi ini dari waktu ke waktu berdasarkan kebutuhan diri sendiri dan tim.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

10 Strategi Bisnis & Tren 2023: Pebisnis Wajib Tahu! 

0
strategi bisnis

Di tahun 2023 ini, dunia bisnis telah memasuki paradigma strategi bisnis baru yang didorong oleh teknologi baru seperti kendaraan listrik dan metaverse, serta konflik anarkis seperti yang dipicu oleh Federasi Rusia. Resesi global, perang berkelanjutan di Ukraina, dan tingkat kredit yang meningkat telah menimbulkan tantangan baru bagi bisnis yang ingin berkembang. Namun, penting untuk diingat bahwa kesulitan juga bisa membuka peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Artikel kali ini akan menyajikan 10 strategi bisnis yang dapat digunakan untuk menavigasi tantangan ini dan unggul. Dilansir dari entrepreneur.com, mari langsung saja simak pembahasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini!

strategi bisnis

10 Strategi Bisnis dan tren 2023 yang Harus Diperhatikan

Untuk memaksimalkan potensi bisnis pada tahun 2023 beberapa strategi dan tren baru bisa diterapkan. Berikut 10 strategi bisnis dan tren 2023 yang perlu diperhatikan pebisnis.

1. Diversifikasi penawaran produk atau layanan

Dengan menawarkan berbagai produk atau layanan, bisnis dapat menghindari fluktuasi pasar dan menjamin aliran pendapatan yang stabil. Teknik ini sangat efektif di masa ketidakpastian ekonomi, ketika konsumen mungkin ragu untuk berkomitmen pada satu penawaran produk atau layanan. 

Perhatikan Amazon dan Google, kedua raksasa teknologi ini telah meluaskan ke berbagai pasar dengan mengandalkan pertumbuhan organik, inovasi dan akuisisi strategi bisnis yang menguntungkan. Inovasi dari kedua raksasa tersebut dapat ditiru sehingga bisnis yg sedang dibangun bisaberkembang dan bertahan lebih lama.

2. Ekspansi ke pasar baru

Mengembangkan bisnis ke pasar baru, baik domestik maupun internasional, juga dapat membantu bisnis diversifikasi dan mengurangi risiko. Adanya pasar baru membuat pilihan bagi perusahaan menjadi lebih banyak sehingga  tidak berpusat pada satu pasar seandainya terjadi masalah pada pasar tersebut.

3. Fokus pada retensi pelanggan

Di masa ketidakpastian ekonomi, lebih penting dari sebelumnya untuk memprioritaskan retensi pelanggan. Dengan menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa, bisnis dapat menciptakan pelanggan setia yang lebih mungkin untuk terus berbisnis dengan perusahaan tersebut meski di masa sulit sekalipun. 

Di tahun 2023, layanan yang sangat baik berarti layanan yang personal. Untuk melayani pelanggan dengan nilai transaksi tinggi, diperlukan tenaga kerja manusia yang handal. Banyak orang sukses merasa diabaikan ketika interaksi pelanggan pertama mereka adalah robot, algoritma. Pada akhirnya pekerja pusat panggilan amatir yang membaca dari naskah buruk pun akan membuat kesal.

4. Terima teknologi digital

Pandemi Covid-19 telah mempercepat pergeseran ke teknologi digital, dan bisnis yang menerima teknologi ini akan berada pada posisi yang baik untuk masa depan. Dari platform e-commerce hingga alat kerja jarak jauh, ada banyak cara bagi bisnis untuk memanfaatkan teknologi digital untuk merampingkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan mencapai pelanggan baru. 

Kecerdasan buatan akan menjadi kartu as yang penting di tahun 2023 dengan pemrosesan bahasa alami, media pintar, produk PR dan pembelajaran mesin yang memimpin jalan. Dengan menerapkan kecerdasan buatan pada layanan bisnis akan membuat bisnis tersebut lebih unggul dari pesaing bisnis lainnya dengan jenis yang sama. Penggunaan kecerdasan buatan akan membuat perusahaan memimpin pasar. 

5. Investasikan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan

Investasi dalam pelatihan dan pengembangan karyawan dapat membantu bisnis tetap kompetitif dengan memastikan bahwa tenaga kerjanya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk berhasil. Hal ini bisa sangat penting di masa ketidakpastian ekonomi, ketika bisnis mungkin ragu untuk mempekerjakan karyawan baru. Investasi pada pelatihan bisa menjadi solusi terbaik. 

Perusahaan yang berorientasi ke masa depan harus mempertimbangkan pengelolaan tenaga kerja yang akan bekerja dari rumah atau lokasi remote. Para pemimpin bisnis perlu mempertimbangkan penerapan yang telah digagas oleh Silicon Valley yang merupakan lingkungan kerja komunal yang berfokus pada kesehatan yang didorong oleh manajemen yang dekonstruksi yang memberdayakan karyawannya.

6. Bekerjasama dengan bisnis lain

Hubungan bisnis yang baik tidak hanya karena mereka menandakan kewarganegaraan perusahaan yang baik, tetapi juga karena kompetisi tidak seharusnya mengarah ke permusuhan pada tahun 2023. Ketidakjelasan globalisme tidak nyaman dalam pengaturan geopolitik, dalam lingkungan perusahaan mungkin memiliki efek yang sepenuhnya berbeda, dan globalisme perusahaan harus disambut sebagai cara untuk mengatasi tantangan masuk pasar. 

Bekerjasama dengan bisnis lain, baik melalui kemitraan, usaha bersama, atau pengaturan lainnya, dapat membantu bisnis mengakses sumber keahlian, sumber daya, dan pelanggan baru. Ini bisa sangat relevan bagi bisnis kecil yang mungkin tidak memiliki sumber daya untuk melakukannya sendiri. Adanya kerjasama tersebut memberikan peluang bagi bisnis kecil untuk bisa dikenal dan bersaing dalam pasar yang ketat.

7. Cari peluang pendanaan dan investasi dengan memanfaatkan inovasi teknologi

Walau kondisi ekonomi dapat menjadi tantangan, masih terbuka peluang untuk bisnis dalam mencari pendanaan dan investasi. Pendanaan tersebut bisa diperoleh dari sumber-sumber konvensional seperti bank dan venture capital, atau dari sumber alternatif seperti platform crowdfunding dan akselerator. Di tahun 2023, penting bagi bisnis, termasuk bisnis konvensional, untuk mempertimbangkan penambahan elemen teknologi dalam penawaran mereka, hal ini dapat meningkatkan daya tarik mereka bagi investor dan pemberi pinjaman.

strategi bisnis

8. Tetap tangkas dan mudah beradaptasi

Di masa ketidakpastian seperti yang diantisipasi pada tahun 2023, bijaksana bagi bisnis untuk tetap tangkas dan mudah beradaptasi terhadap perubahan apapun sehingga bisnis dapat cepat berubah seiring berubahnya kondisi pasar. 

Ini mungkin melibatkan penyesuaian model bisnis, menggeser fokus ke produk atau layanan baru atau mengeksplorasi saluran baru untuk pertumbuhan. Pada akhirnya, strategi bisnis di sini adalah untuk merangkul teknologi dan efisiensi karyawan sambil memberdayakan pelanggan.

9. Tekankan nilai produk atau layanan Anda

Di masa ketidakpastian ekonomi, lebih penting dari sebelumnya untuk dengan jelas menyampaikan nilai produk atau layanan kepada pelanggan. Dengan menyoroti manfaat yang dibawa oleh penawaran yang dilakukan, bisnis dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan meyakinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pada bisnis atau layanan yang dibuat.

10. Manfaatkan saluran pemasaran dan periklanan berbiaya rendah

Meskipun saluran pemasaran dan periklanan tradisional mungkin kurang efektif di masa ketidakpastian ekonomi, masih ada banyak opsi berbiaya rendah yang tersedia untuk bisnis. Mulai dari pemasaran media sosial hingga pemasaran konten, bisnis dapat menjangkau pelanggan baru tanpa merusak biaya pengeluaran yang akan dialokasikan.

Kesimpulan

Memasuki 2023, tantangan bisnis semakin kompleks, ditandai oleh konflik global dan percepatan adopsi teknologi baru. Meski tantangan ini memperlihatkan potensi resiko, juga membuka berbagai peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Bisnis dapat menavigasi dan mengatasi risiko ekonomi dan teknologi di tahun 2023 dengan pendekatan strategi bisnis dan tren yang telah disebutkan diatas. Semoga ulasan kali ini bermanfaat!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!

Paradigma Kecerdasan Buatan dalam Dunia Bisnis 

0
kecerdasan buatan

Banyak orang masih membayangkan AI sebagai fiksi ilmiah, namun ini semakin memudar seiring perkembangan AI di sekitar kita. Meski penerimaan AI dalam masyarakat umum adalah fenomena baru, ini bukan konsep baru karena telah ada pada tahun 1956, namun butuh puluhan tahun untuk membuat kemajuan signifikan menuju pengembangan sistem AI dan menjadikannya realitas teknologi. Dalam bisnis, kecerdasan buatan memiliki berbagai macam penggunaan. Bahkan, sebagian besar dari kita berinteraksi dengan AI dalam satu bentuk atau lainnya setiap hari. Dilansir dari businessnewsdaily, berikut pembahasan selengkapnya. Mari disimak.

kecerdasan buatan

Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)?

Sebelum membahas bagaimana teknologi AI mempengaruhi dunia bisnis, penting untuk mendefinisikan istilah tersebut. “Kecerdasan buatan” adalah istilah luas yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer apa pun yang terlibat dalam aktivitas seperti manusia. Menyebut aplikasi spesifik AI sama seperti menyebut mobil “kendaraan”. Untuk memahami jenis AI apa yang mendominasi dalam bisnis, kita harus menggali lebih dalam.

Pembelajaran Mesin

Pembelajaran mesin atau machine learning adalah salah satu jenis kecerdasan buatan yang paling lumrah dalam development untuk bisnis saat ini. Alat ini terutama digunakan untuk melakukan proses data dengan cepat. Jenis AI ini adalah algoritma yang tampaknya belajar seiring waktu.

Jika Anda memberi algoritma pembelajaran mesin lebih banyak data, modelnya akan terus ditingkatkan. Pembelajaran mesin berguna untuk menjadikan gudang data yang sangat besar dalam konteks yang mudah dicerna oleh manusia.

Pembelajaran mesin dapat dengan cepat menganalisis data, mengidentifikasi pola dan anomali. Jika terjadi masalah dalam bisnis, algoritma pembelajaran mesin dapat mendeteksinya dan memberi tahu pengambil keputusan apa yang tepat untuk diterapkan.

Pembelajaran Mendalam

Pembelajaran mendalam adalah versi pembelajaran mesin yang lebih spesifik yang mengandalkan jaringan saraf untuk melakukan apa yang dikenal sebagai penalaran nonlinier. Pembelajaran mendalam penting untuk melakukan fungsi yang lebih canggih.

Pembelajaran mendalam menawarkan banyak potensi dalam bisnis dan kemungkinan akan digunakan lebih sering. Algoritma pembelajaran mesin yang lebih tua cenderung mencapai plateau dalam kemampuan mereka setelah sejumlah data tertentu telah ditangkap, tetapi model pembelajaran mendalam terus meningkatkan kinerjanya seiring lebih banyak data diterima. Ini membuat model pembelajaran mendalam jauh lebih skalabel dan rinci.

Kecerdasan Buatan (AI) dan Bisnis Hari Ini

Kecerdasan buatan secara umum dipandang sebagai alat pendukung, bukan pengganti untuk kecerdasan dan kreativitas manusia. Meskipun AI saat ini memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari di dunia nyata, ia mahir dalam memproses dan menganalisis gudang data jauh lebih cepat dari pada otak manusia. 

Karakteristik tersebut membuat AI sangat berharga di berbagai industri, baik itu hanya membantu pengunjung dan staf menemukan jalan mereka di sekitar kampus perusahaan secara efisien, atau melakukan tugas yang rumit seperti memantau mesin manufaktur untuk memprediksi kapan diperlukan adanya perbaikan.

Penggunaan Umum Kecerdasan Buatan (AI)

Berikut beberapa penggunaan paling standar dari AI.

Pembelajaran Mesin

Contoh penggunaannya misalnya, sistem manajemen energi pintar mengumpulkan data dari sensor yang ditempatkan pada berbagai aset. Gudang data kemudian dikontekstualisasikan oleh algoritma pembelajaran mesin dan disampaikan kepada pengambil keputusan perusahaan untuk memahami lebih baik penggunaan energi dan kebutuhan pemeliharaan.

Cybersecurity

Kecerdasan buatan bahkan menjadi komponen penting ketika mencari celah dalam pertahanan jaringan komputer. Sistem AI dapat mengenali serangan cyber, serta ancaman cyber lainnya, dengan memantau pola dari data masukan. Setelah mendeteksi ancaman, bisa melacak kembali melalui data untuk menemukan sumber dan membantu mencegah ancaman di masa depan. 

Manajemen Hubungan Pelanggan

Contoh dari ini misalnya, program perangkat lunak seperti Salesforce dan Zoho membutuhkan intervensi manusia yang berat untuk tetap akurat. Tetapi ketika menerapkan AI ke platform ini, sistem CRM normal berubah menjadi sistem yang diperbarui secara mandiri, yang tetap menguasai manajemen hubungan Anda.

Penelitian Internet dan Data

Kecerdasan buatan menggunakan sejumlah besar data untuk mengidentifikasi pola dalam perilaku pencarian orang dan memberikan mereka informasi yang lebih relevan mengenai situasi. Semakin banyak pengguna perangkat dan teknologi AI, teknologi ini akan semakin canggih, dan pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih sesuai dengan preferensi mereka.

Asisten Pribadi Digital

Kecerdasan buatan dapat mengubah cara perusahaan beroperasi dari dalam. Bot AI dapat digunakan sebagai asisten pribadi untuk membantu mengelola email, menjaga kalender, dan bahkan memberikan rekomendasi untuk merampingkan proses.

kecerdasan buatan

Masa Depan Kecerdasan Buatan (AI)

Sulit untuk mengatakan bagaimana teknologi akan berkembang dimasa depan, tetapi sebagian besar ahli melihat tugas “akal sehat” tersebut menjadi lebih mudah bagi komputer untuk diproses. Glenister menambahkan bahwa unit pemrosesan grafis (GPU) hanya akan semakin cepat, meningkatkan aplikasi perangkat lunak kecerdasan buatan secara keseluruhan.

Dr. Nathan Wilson, pendiri dan CTO dari Nara Logtics, berpendapat bahwa AI berada di ambang revolusi dalam aktivitas yang akrab seperti makan malam. Ia memprediksi bahwa AI mungkin nantinya bisa digunakan oleh restoran untuk memutuskan musik apa yang harus diputar berdasarkan minat tamu yang hadir. Kecerdasan buatan bahkan bisa mengubah tampilan wallpaper berdasarkan preferensi pengguna.

Jika itu masih belum cukup jauh, Rahnama memprediksi bahwa AI akan mengeluarkan teknologi digital dari bentuk dua dimensi yang terkurung layar yang sudah biasa bagi orang. Sebaliknya, dia memperkirakan bahwa antarmuka pengguna utama akan menjadi lingkungan fisik di sekitar individu.

Apa arti Keceradasan Buatan (AI) bagi tenaga kerja?

Seiring bertambahnya penggunaan AI yang baru, muncul pertanyaan menantang tentang apakah mesin akan menggantikan manusia dalam pekerjaan. Jawabannya masih belum pasti karena beberapa ahli dengan tegas menolak bahwa AI akan mengotomatisasi begitu banyak pekerjaan hingga jutaan orang menjadi pengangguran, sementara ahli lainnya melihatnya sebagai masalah yang mendesak.

Apakah Kecerdasan Buatan (AI) akan menciptakan pekerjaan?

Beberapa ahli percaya bahwa, seiring AI diintegrasikan ke dalam tenaga kerja, akan menciptakan lebih banyak pekerjaan setidaknya dalam jangka pendek. Wilson mengatakan pergeseran ke sistem berbasis AI kemungkinan akan membuat ekonomi menambah pekerjaan yang memfasilitasi transisi ini.

Wilson mengatakan dia berharap bahwa AI di tempat kerja akan memfragmentasikan alur kerja yang telah ada sebelumnya, menciptakan banyak pekerjaan manusia untuk mengintegrasikan alur kerja tersebut.

Lalu bagaimana setelah transisi?

Transisi ini akan memakan waktu tahunan di berbagai sektor bisnis dan tenaga kerja. Jadi, proyeksi ini lebih sulit untuk diidentifikasi, tetapi beberapa ahli lain seperti Husain khawatir bahwa setelah AI menjadi serba ada, pekerjaan tambahan itu (dan yang sudah ada sebelumnya) mungkin mulai berkurang.

Karena ini, Husain bertanya-tanya kemana pekerja tersebut akan pergi dalam jangka panjang. Husain menunjuk truk otonom dan asisten AI seperti Siri dan Cortana sebagai contoh, dengan menyatakan bahwa seiring teknologi ini berkembang, penggunaan yang luas bisa menghilangkan hingga 8 juta pekerjaan di AS saja.

Pergeseran ke keterampilan yang lebih khusus

Seiring AI menjadi bagian terintegrasi, kemungkinan tidak semua pekerjaan manusia akan menghilang. Sebaliknya, banyak yang berpendapat bahwa tenaga kerja manusia fokusnya akan menjadi lebih khusus. Peran-peran ini akan membutuhkan jumlah yang lebih besar dari hal-hal yang tidak dapat disediakan oleh otomatisasi.

Pada dasarnya, selalu akan ada kebutuhan untuk tenaga manusia dalam tenaga kerja, tetapi peran mereka mungkin akan bergeser seiring teknologi menjadi lebih canggih.

Kesimpulan

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi bagian integral dalam dunia bisnis dengan memanfaatkan potensi pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam. AI tidak hanya digunakan untuk menganalisis data dan mendeteksi pola secara cepat, tetapi juga berperan dalam berbagai bidang seperti manajemen energi pintar, cybersecurity, manajemen hubungan pelanggan, penelitian internet dan data, dan sebagai asisten pribadi digital. Meski AI memiliki kemampuan menggantikan beberapa pekerjaan manusia, perspektif yang dominan adalah bahwa AI akan memfasilitasi dan menciptakan pekerjaan baru, khususnya dalam tahap transisi ke sistem berbasis AI. Meski demikian, proyeksi jangka panjang tetap menjadi tantangan, dan pergeseran ke keterampilan yang lebih khusus bagi tenaga manusia mungkin akan menjadi kecenderungan seiring teknologi menjadi lebih canggih.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Bisnis Online: Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Anda!

0
bisnis online

Dalam era digital yang sangat maju ini, memanfaatkan internet untuk memulai bisnis telah menjadi suatu keharusan bagi para pengusaha. Dengan segudang peluang yang tersedia dan biaya operasional yang seringkali lebih rendah dibandingkan bisnis tradisional, bisnis online menawarkan prospek yang sangat menarik. Berikut adalah daftar ide-ide bisnis terbaik yang bisa Anda mulai dengan segera. Dengan potensi pendapatan yang tinggi dan biaya operasional yang relatif rendah, Anda tidak perlu ragu untuk segera memulai. Dilansir dari oberlo.com, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

bisnis online

Buka Toko Online Kaos

Salah satu ide bisnis online adalah membuka toko kaos online. Tetapi tidak harus berupa toko kaos online; Anda bisa membuat toko e-niaga yang menjual apa saja. Kuncinya di sini adalah mempelajari tentang cetak sesuai permintaan, yang menjadi dasar dari bisnis semacam itu.

Bisnis Dropshipping

Dropshipping adalah pilihan termudah untuk memulai bisnis ecommerce tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Anda tidak perlu membayar inventaris hingga produk terjual ke pelanggan. Dari butik online hingga toko perhiasan hingga toko pakaian wanita hingga toko satu produk, dropshipping cocok untuk sebagian besar ide toko online.

Pakar SEO

Salah satu profesi terpanas di dunia online saat ini, bisnis ini adalah tambang emas bagi para pengusaha yang paham teknologi. Meskipun semua orang sedikit terobsesi untuk membuat situs mereka dioptimalkan untuk SEO, tidak banyak orang yang benar-benar bisa memahami topik ini. Jika Anda memutuskan untuk terjun ke bidang ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk menawarkan pembuatan tautan, pembuatan konten, pengoptimalan SEO e-niaga, dan paket sekali pakai yang serupa.

Menjual Kursus Online

Derek Halpern telah membangun merek pribadi yang sangat kuat. Dia adalah pendiri sebuah perusahaan perangkat lunak dan pelatihan bisnis bernama Social Triggers dan menghasilkan BANYAK uang dengan mengajari orang-orang cara menjual apa yang paling mereka kuasai. Dan yang paling dia ketahui adalah bagaimana cara menjual. Jika Anda memiliki keahlian yang serius, mulailah menghasilkan uang dengan menjual kursus online atau sekadar mengajar online.

Bug Testing

Pengujian bug adalah layanan yang tidak dapat diabaikan oleh perusahaan perangkat lunak. Jika Anda bisa membangun sebuah platform untuk mengumpulkan keahlian dan sumber daya ahli untuk menangani bidang ini, maka Anda memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan. Salah satu ide bisnis online yang paling unik, menyediakan sumber daya pengujian bug bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk meningkatkan penghasilan Anda. Untuk menemukan pekerjaan yang relevan, lihatlah daftarnya di ZipRecruiter dan Indeed.

Produser Video atau Youtuber

YouTube adalah situs terbesar kedua di dunia, jadi tidak mengherankan jika video menjadi salah satu media komunikasi utama untuk semua jenis dan ukuran bisnis. Jika anda memiliki pengetahuan tentang pembuatan film atau pengeditan video, anda tidak perlu waktu lama untuk membangun klien anda. Mulai dari lokakarya produksi video dan layanan pengeditan video hingga perpustakaan soundtrack dan tutorial DIY dapat menarik bagi dunia bisnis. Memproduksi video mungkin menjadi salah satu ide bisnis online yang paling menarik dengan banyak kreativitas dan tantangan.

Penerjemah

Jika Anda berbakat dengan lebih dari satu bahasa tapi tidak tertarik untuk mengajar orang lain, cobalah menerjemahkan. Banyak perusahaan membutuhkan situs web dan agunan mereka diterjemahkan ketika mereka pindah ke pasar yang berbeda. Ingatlah bahwa cara penagihan yang paling umum adalah biaya per kata, jadi tentukan harga dengan bijak untuk menghasilkan uang dari ide bisnis online yang hebat ini.

Social Media Manager

Media sosial adalah bagian integral dari bisnis apa pun, tetapi memakan waktu dan selalu berubah – jadi sangat sulit untuk mengikutinya dan, yang lebih penting, memanfaatkannya. Banyak pemilik bisnis yang bersedia mengalihdayakan tugas yang menyita waktu ini, jadi ini adalah peluang besar bagi para penggemar media sosial. Gabungkan beberapa penawaran menarik, seperti “Kit media sosial startup” atau “Kit Pemula Media Sosial Bisnis Kecil” yang mencakup segala sesuatu mulai dari grafik media sosial hingga laporan analisis dan pengalaman yang mulus akan memberi Anda lebih banyak klien daripada yang Anda harapkan.

Remote Customer Service Agent

Jika Anda senang membantu orang lain tetapi tidak ingin terjebak di pusat panggilan atau kantor sepanjang hari, jadilah agen layanan pelanggan jarak jauh dan bantu orang dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Pilihlah antara membantu orang melalui obrolan, email, telepon, video, atau cara lain dan selamatkan hari mereka setiap hari. Ini mungkin tidak akan menghasilkan satu juta dolar, tapi rasanya menyenangkan bisa membantu orang lain.

Virtual Assistant

Ini adalah salah satu ide bisnis online terbaik untuk dilakukan dari rumah. Sebagai asisten virtual, Anda akan menjawab email, menulis konten, dan melakukan tugas-tugas lain atas nama bisnis. Peran ini bisa berarti apa saja, mulai dari orang yang memasukkan data hingga peneliti, jadi, terbukalah untuk mencoba hal-hal baru dan menemukan keterampilan baru sambil dibayar.

bisnis online

Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi adalah di mana seseorang mempromosikan produk yang dijual oleh pedagang lain. Dengan menggunakan iklan, media sosial, blog, dan banyak lagi, pemasar afiliasi dapat menarik pelanggan ke halaman arahan mereka. Ketika pelanggan mengklik tautan untuk membeli produk, mereka kemudian akan dibawa ke toko pedagang untuk membeli produk tersebut. Sebagai ide bisnis internet, ini sangat bagus untuk siapa saja, tidak peduli pengalaman mereka sebelumnya. Lihat panduan kami, Pemasaran Afiliasi: Semua yang Perlu Anda Ketahui, untuk mempelajari lebih lanjut tentang model bisnis ini. 

Menjadi Seorang Influencer

Seorang influencer adalah seseorang dengan basis pengikut yang besar di media sosial yang dipandang sebagai ahli di bidang tertentu, seperti tata rias atau kebugaran. Yang hebat dari ide bisnis internet ini adalah Anda bisa dibayar untuk mempromosikan bisnis ke pengikut Anda, mirip dengan pemasaran afiliasi. Pemasaran influencer adalah tren bisnis online yang sangat besar saat ini yang dapat Anda manfaatkan. Cobalah membuat Vlogging dan memulai Podcast, yang merupakan saluran komunikasi yang kurang dimanfaatkan oleh para influencer saat ini.

Toko Barang Handmade

Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk membuat etalase untuk memamerkan karya anda dan terhubung dengan pelanggan di platform seperti Amazon dan Etsy. Jika anda menyukai kerajinan tangan dan DIY, ini adalah pilihan bisnis yang layak untuk dipertimbangkan. Anda bisa membuat barang sendiri atau membeli dari pemasok di Hong Kong dan Cina.  Jika Anda berada di negara yang memiliki pengiriman ePacket, membeli produk kemungkinan besar merupakan pilihan yang lebih baik dan lebih hemat biaya.

Situs Web Katering

Jika memasak adalah salah satu kegemaran Anda, ada banyak peluang untuk mengubahnya menjadi usaha bisnis yang layak. Anda bisa mulai dengan membuat situs web katering, bereksperimen dengan kedai makanan pop-up dan pasar makanan lokal, atau bergabung dengan platform yang mendorong para penggemar memasak untuk mendapatkan uang dari hasrat mereka. Dan jika Anda tidak malu di depan kamera, Anda bisa mengajari orang lain cara memasak makanan spesial dengan menjual kelas online.

Ahli gizi

Tren makan sehat sedang populer. Namun dengan begitu banyak saran yang bertentangan secara online tentang apa yang baik untuk kita dan apa yang tidak, semakin banyak orang yang beralih ke ahli gizi profesional untuk mendapatkan tips dan panduan khusus. Anda dapat dengan mudah menemukan kursus online gratis untuk mempelajari dasar-dasar profesi ini dan mulai menawarkan rencana nutrisi yang dipersonalisasi secara online.

Toko Kecantikan Alami & Organik

Pembeli online semakin teliti tentang pilihan mereka, dan terutama dalam hal produk kecantikan. Menjalankan toko kecantikan yang dibangun di atas etos dan nilai yang kuat yang beresonansi dengan pecinta alam dan hewan adalah salah satu ide bisnis online terpanas saat ini. Tropic Skin Care tampaknya melakukan pekerjaan yang baik dalam berhubungan dengan para pembeli ini.

Pakaian Olahraga Wanita

Dengan LuluLemon sebagai ujung tombak, toko pakaian olahraga online untuk wanita dengan cepat naik ke puncak ide paling populer di kalangan pengusaha e-niaga. Karena celana yoga jelas akan terus ada, dapat dikatakan bahwa tren olahraga adalah salah satu yang terbaik dan, mungkin, ceruk yang paling jarang dieksplorasi di e-niaga saat ini.

Produk Cetak 3D

Salah satu terobosan teknologi terbesar di zaman ini, pencetakan 3D menentukan strategi baru di dunia e-niaga. Beberapa produk cetak 3D terlaris termasuk perhiasan, aksesori rumah, suku cadang sepeda, aksesori teknologi, dan banyak lagi. Untuk beberapa contoh yang indah, lihat 3DigitalCooks, dan DanitPeleg.

Toko Benda-benda Misterius

Jika anda menyukai barang-barang unik, mungkin menjalankan toko benda-benda misteri bisa membantu anda menggabungkan keinginan untuk ide bisnis yang tidak biasa dengan sumber pendapatan tetap.

Muddy Creatures memakukan konsep pembelian kejutan yang memanfaatkan naluri penjelajah yang dimiliki banyak dari kita. Tidak ada ilmu pasti atau keterampilan yang mendorong ide bisnis ini – biarkan imajinasi Anda menjadi liar…

Penulis

Jika Anda memiliki naskah Harry Potter berikutnya yang tersimpan di laci Anda dan industri penerbitan tidak ramah pada Anda, cobalah menerbitkan sendiri. Menggunakan alat bantu seperti penerbitan langsung Amazon atau bekerja sama dengan konsultan khusus online. Anda tidak hanya mendapatkan kepuasan dengan memublikasikan karya Anda, tetapi juga kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tetaplah berpegang pada apa yang anda ketahui – self-help adalah genre yang menghasilkan uang!

Guru Bahasa Asing

Semua orang tahu bahwa cara tercepat untuk mempelajari bahasa baru adalah dengan bergaul dengan penutur asli. Jika Anda cukup beruntung untuk dilahirkan di negara berbahasa Inggris, Prancis, Spanyol (masukkan salah satu bahasa utama di dunia), maka melewatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan yang Anda anggap remeh sama saja dengan kehilangan kesempatan! Gunakan alat komunikasi online, seperti Skype atau Google Hangouts, untuk terhubung dengan siswa dan memanfaatkan keistimewaan Anda. Waktu adalah uang, jadi aturlah waktu Anda ke dalam sesi mengajar dan Anda siap untuk melakukannya.

Kesimpulan

Memulai bisnis online bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan, terutama dalam era digital ini. Dengan variasi ide yang begitu luas – mulai dari menjadi pakar SEO, menjual kursus online, hingga menjadi guru bahasa asing – ada berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan secara online. Yang terpenting adalah memilih ide yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda, dan tentu saja, dengan pasar yang Anda tuju. Jadi, jangan ragu untuk mengeksplorasi dan memulai petualangan bisnis Anda hari ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!