Last Updated on July 8, 2023 by
Dalam era digital ini, memiliki strategi pemasaran yang kuat dan efektif adalah kunci sukses bisnis. Salah satu komponen penting dari strategi pemasaran online yang sukses adalah SEM atau Search Engine Marketing. Tapi apa sebenarnya SEM itu dan bagaimana cara kerjanya? Apakah itu benar-benar penting untuk bisnis Anda?
Artikel ini akan membahas apa itu Search Engine Marketing, bagaimana cara kerjanya, mengapa itu penting untuk bisnis, konsepnya serta manfaatnya untuk bisnis. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini!
Daftar Isi
Apa Itu Search Engine Marketing?
Search engine marketing adalah praktik memasarkan bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari. Pengiklan akan menawarkan kata kunci yang mungkin akan dimasukkan pengguna pada layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu dan memberi pengiklan kesempatan untuk iklannya muncul di sebelah hasil pencarian tersebut.
Iklan-iklan inilah yang sering dikenal dengan istilah iklan pay-per-click yang hadir dalam berbagai format. Beberapa iklan berbasis teks kecil, sementara yang lain, seperti iklan daftar produk lebih visual dan iklan berbasis produk yang memungkinkan konsumen melihat informasi penting sekaligus, seperti harga dan ulasan.
Kekuatan terbesar search engine marketing adalah memberikan peluang kepada pengiklan untuk menempatkan iklan di depan pelanggan yang siap beli pada saat mereka siap untuk melakukan pembelian. Dengan tidak adanya media periklanan lain yang bisa melakukan ini, itulah sebabnya SEM sangat efektif untuk mengembangkan bisnis.
SEM vs SEO
SEM adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs Anda dalam hasil pencarian. Strategi Ini bisa mencakup upaya berbayar dan organik (SEO).
Sementara SEM secara luas mencakup lebih dari sekadar pemasaran berbayar, konsep ini sering juga disebut sebagai pemasaran pay-per-click (PPC). Strategi ini adalah model bisnis di mana pemasar membayar setiap kali seseorang mengklik iklan mereka.
Di sisi lain, SEO mengacu pada hasil organik yang merupakan lalu lintas “gratis” sebagai hasil dari menyediakan konten yang relevan dan berguna yang menempati peringkat baik di Google.
Strategi SEO yang efektif dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas jangka panjang, sementara iklan mesin pencari dapat membantu meningkatkan visibilitas Anda dan mendapatkan klik dari orang yang siap membeli produk Anda.
Mengapa Search Engine Marketing Penting?
Search Engine Marketing penting untuk bisnis Anda karena ini adalah cara langsung untuk meningkatkan visibilitas situs web menggunakan pemasaran pencarian berbayar, iklan kontekstual, dan peringkat mesin pencari.
Singkatnya, SEM adalah pengelolaan kehadiran situs web Anda di mesin pencari melalui strategi pemasaran gabungan dari SEO dan PPC (pay-per-click) bersama-sama. SEM dapat membantu meningkatkan pendapatan dan penjualan melalui optimasi mesin pencari dan pemasaran pencarian berbayar.
Cara Kerja Search Engine Marketing
SEM bisa menjadi cara yang kuat untuk menjangkau pelanggan baru dan mendorong pendapatan karena menempatkan situs Anda di atas hasil organik pada halaman hasil mesin pencari (SERP).
Sangat penting untuk menarik pengguna dari bagian atas SERP jika mereka siap untuk membeli. Jika tidak, mereka mungkin memilih opsi yang paling mudah dan paling terlihat (yang mungkin adalah iklan pesaing Anda). Namun, agar situs Anda muncul di bagian atas SERP, Anda perlu memenangkan lelang iklan.
Konsep Search Engine Marketing
SEM memiliki banyak konsep yang bisa digunakan untuk membantu bisnis perusahaan. Berikut adalah beberapa konsep SEM.
- Kata kunci: ini adalah istilah yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencarian yang memicu iklan atau hasil pencarian tertentu untuk ditampilkan. Mereka tidak harus berupa kata tunggal. Bahkan, biasanya digunakan kelompok kata atau frasa.
- Kesesuaian: ketika menyiapkan kampanye di Google Ads, Anda perlu menentukan derajat kesesuaian antara kata kunci yang Anda pilih dan istilah yang orang gunakan saat mengetik pertanyaan ke mesin pencarian.
- Iklan teks: ini adalah jenis iklan standar yang ditampilkan di mesin pencarian, meskipun saat ini ada berbagai opsi seperti iklan belanja. Iklan teks mencakup judul, URL yang terlihat, serta deskripsi singkat.
- Kelompok iklan: Konsep ini terdiri dari beberapa iklan yang akan menampilkan kata kunci yang sama satu sama lainnya. Dengan cara ini, Anda bisa melihat mana diantara mereka yang paling efektif dalam mesin pencari.
- Kampanye: Kampanye diibaratkan seperti “payung” di mana kelompok iklan dengan tujuan serupa diorganisir. Misalnya, jika Anda menjual alat tulis sekolah secara online, satu kampanye bisa mencakup kelompok iklan yang menampilkan buku teks, tas ransel, maupun bahan menggambar.
- Halaman arahan: Konsep ini mengacu pada halaman web yang diarahkan pada pengguna setelah mengklik iklan. Untuk mencapai hasil yang maksimal, halaman ini harus dioptimalkan untuk mendapatkan banyak konversi dan mendorong pengguna melakukan tindakan tertentu pada halaman tersebut.
- Jaringan Pencarian: Konsep ini merupakan tempat di mana iklan Anda muncul. Opsi penempatan yang paling umum adalah pada bagian atas dan kanan halaman hasil pencarian, dan juga bisa ditampilkan di situs lain seperti YouTube.
- Skor Kualitas: Konsep satu ini merupakan skor yang diberikan oleh Google pada iklan dan kata kunci yang mempengaruhi biaya per klik. Tujuan dari sistem ini adalah agar iklan berkualitas tinggi menduduki posisi lebih tinggi dan memiliki biaya per klik yang lebih rendah.
Manfaat SEM untuk Bisnis Anda
SEM saat ini menjadi solusi yang sangat baik untuk berbagai bisnis dalam meningkatkan berbagai hal. Berikut beberapa manfaat SEM untuk bisnis yang harus diketahui.
1. Menghasilkan Lalu Lintas yang Sangat Berkualitas
Menghasilkan lalu lintas secara organik bisa menjadi proses yang sangat panjang dan melelahkan di mana hasilnya hanya terlihat dalam jangka panjang. Penggunaan pemasaran mesin pencarian akan mempercepat proses ini dan mendapatkan pengguna ke situs web lebih awal. Selain itu, karena pengguna telah mencarinya, Anda dapat yakin bahwa pengguna ini tertarik pada apa yang ditawarkan.
2. Menghasilkan Visibilitas
Muncul dalam hasil teratas Google dan mesin pencari lainnya mengasosiasikan merek Anda dengan kebutuhan spesifik bahkan jika pengguna tidak mengklik pertama kali mereka melihatnya.
3. Menghasilkan Konversi
Tujuan akhir dari Google Ads dan alat lainnya adalah untuk meningkatkan hasil bisnis. Untuk menghasilkan konversi yang baik, Anda perlu membuat halaman arahan yang dioptimalkan yang menempatkan pengguna pada jalur konversi.
4. Mengoptimalkan Anggaran Anda
Keuntungan terbesar dari strategi ini adalah dapat menjadi solusi yang cocok untuk semua perusahaan, karena investasi minimum yang terjangkau. Di sisi lain, jika merek Anda sedang berkembang, Anda dapat meningkatkan investasi dan kompleksitas kampanye Anda untuk menjaga momentum Anda. Juga, karena Anda hanya membayar jika Anda mendapatkan hasil (dalam bentuk klik), Anda dapat yakin bahwa anggaran Anda digunakan dengan efektif.
5. Mendapatkan Hasil yang Dapat Diukur
Solusi pemasaran mesin pencarian seperti Google Ads menyediakan berbagai metrik tentang kampanye dan memungkinkan Anda mengetahui apa yang terjadi setiap saat. Dengan cara ini, sangat mudah untuk memperbaiki jalannya jika perlu dan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Kesimpulan
Dengan semakin meningkatnya persaingan di pasar digital, memanfaatkan Search Engine Marketing menjadi suatu keharusan. Tidak hanya membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas online dan mengarahkan lalu lintas yang berkualitas ke situs web Anda, SEM juga memberikan Anda kesempatan untuk mengukur dan menyesuaikan kampanye pemasaran Anda untuk hasil yang optimal. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.